BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. diperoleh dari penyebaran kuesioner pada konsumen.

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. diperoleh dari penyebaran kuesioner pada konsumen."

Transkripsi

1 56 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. Gambaran Umum Responden 1. Tempat dan Waktu Penelitian Pada bab ini, penulis melakukan analisis secara keseluruhan mengenai pengaruh citra merek dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian Blackberry Smartphone berdasarkan data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner pada konsumen. Pengumpulan data dengan memberikan kuesioner pada responden yaitu pengguna Blackberry di Jakarta Barat. Penelitian ini telah mengumpulkan data primer dari 100 responden. Responden diminta mengisi daftar pernyataan dalam kuesioner yang meliputi dua bagian pernyataan. Bagian pertama, pernyataan mengenai karakteristik responden dan bagian kedua, meliputi pernyataan citra merek dan kepercayaan merek serta keputusan pembelian ponsel Blackberry. Setelah data dari kuesioner terkumpul yang selanjutnya disebut data mentah, maka data mentah tersebut diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS. Program analisis data mentah diawali dengan coding yang merupakan pemberian angka atau kode pada setiap jawaban pertanyaan kemudian dilanjutkan dengan program tabulasi data dengan memasukan ke dalam tabel.

2 57 Data dalam tabel berupa angka sesuai bobot dengan skala likert. Setelah program tabulasi selesai, dilakukan analisis perhitungan frekuensi terhadap data tersebut. Proses yang terakhir dilakukan adalah analisis pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. 2. Karakteristik Profil Responden Konsumen yang dipilih sebagai responden adalah pengguna Blackberry Smartphone di Jakarta Barat dengan jumlah sampel 100 responden. Untuk mengetahui gambaran umum tentang karakteristik responden dapat diketahui dari seluruh jawaban responden sebagai berikut: a. Deskripsi Responden Berdasarkan Jenis Kelamin Hasil perhitungan frekuensi dari karakteristik jenis kelamin responden terdapat dalam tabel berikut: Tabel 4.1 Jenis Kelamin Responden Frequency Pria Wanita Sumber : Data kuesioner (diolah)

3 58 Berdasarkan tabel 4.1 dapat dijelaskan bahwa sebagian besar konsumen yang menggunakan ponsel Blackberry di Jakarta Barat adalah wanita dengan presentase 51%, sedangkan laki-laki sebesar 49%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengguna ponsel Blackberry di Jakarta Barat didominasi oleh wanita. b. Deskripsi Responden Berdasarkan Usia Hasil perhitungan frekuensi dari karakteristik usia responden terdapat dalam tabel berikut: Tabel 4.2 Usia Responden Frequency < 20 thn thn thn thn Sumber : Data kuesioner (diolah) Berdasarkan tabel 4.2 dapat dijelaskan bahwa sebagian besar konsumen pengguna ponsel Blackberry di Jakarta Barat, memiliki usia tahun. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa konsumen ponsel Blackberry di Jakarta Barat kebanyakan dari anak muda.

4 59 c. Deskripsi Responden Berdasarkan Pendidikan Hasil perhitungan frekuensi dari karakteristik pendidikan responden terdapat dalam tabel berikut: Tabel 4.3 Pendidikan Responden Frequency SMA Mahasiswa D S S Sumber : Data kuesioner (diolah) Berdasarkan tabel 4.3 dapat dijelaskan bahwa sebagian besar konsumen yang membeli ponsel Blackberry di Jakarta Barat memiliki pendidikan S1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa konsumen ponsel Blackberry merupakan golongan berpendidikan tinggi. d. Deskripsi Responden Berdasarkan Pekerjaan Hasil perhitungan frekuensi dari karakteristik Pekerjaan responden terdapat dalam tabel berikut:

5 60 Tabel 4.4 Pekerjaan Responden Frequency Mahasiswa Karyawan Swasta PNS Wiraswasta Lain-lain Sumber : Data kuesioner (diolah) Berdasarkan tabel 4.4 dapat dijelaskan bahwa sebagian besar konsumen pengguna ponsel Blackberry di Jakarta Barat berprofesi sebagai karyawan swasta, dengan demikian konsumen Blackberry memiliki penghasilan dari pekerjaan sebagai karyawan swasta. B. Hasil Uji Statistik Deskriptif 1. Analisis Variabel a. Analisis Citra Merek pada pengguna Ponsel Blackberry di Jakarta Barat (X 1 ) Distribusi jawaban responden atas pernyataan-pernyataan dalam variabel X 1, dapat dilihat pada tabel sebagai berikut:

6 61 Tabel 4.5 Blackberry memiliki logo yang tidak mudah di contoh Frequency Sangat Tidak Setuju Tidak Setuju Netral Setuju Sangat Setuju Dari tabel 4.5 di atas dapat dijelaskan bahwa sebagian besar konsumen setuju bahwa ponsel Blackberry memiliki logo yang tidak mudah dicontoh. Tabel 4.6 Logo Blackberry mudah di ingat Frequency Sangat Tidak Setuju Tidak Setuju Netral Setuju Sangat Setuju

7 62 Dari tabel 4.6 di atas dapat dijelaskan bahwa mayoritas konsumen yang membeli ponsel Blackberry mudah mengingat logo dari produk tersebut. Tabel 4.7 Produk Blackberry selalu up to date Frequency Sangat Tidak Setuju Tidak Setuju Netral Setuju Sangat Setuju Dari tabel 4.7 di atas dapat dijelaskan bahwa mayoritas konsumen yang membeli ponsel Blackberry menyatakan netral terhadap pernyataan bahwa produk Blackberry selalu up to date, fenomena ini bisa dianalisis bahwa konsumen kurang mengetahui berbagai ponsel Blackberry keluaran terbaru yang up to date.

8 63 Tabel 4.8 Blackberry memiliki banyak tipe handphone Frequency Sangat Tidak Setuju Tidak Setuju Netral Setuju Sangat Setuju Dari tabel 4.8 di atas dapat dijelaskan bahwa sebagian besar konsumen yang membeli ponsel Blackberry menyatakan setuju bahwa ponsel Blackberry memiliki banyak tipe handphone. Tabel 4.9 Blackberry memudahkan cara berkomunikasi yang cepat Frequency Sangat Tidak Setuju Tidak Setuju Netral Setuju Sangat Setuju

9 64 Dari tabel 4.9 di atas dapat dijelaskan bahwa sebagian besar konsumen yang membeli ponsel Blackberry menyatakan setuju bahwa ponsel Blackberry memudahkan cara berkomunikasi yang cepat. Tabel 4.10 Selain untuk menelpon dan SMS, ponsel Blackberry juga dapat digunakan untuk chatting, browsing dan . Frequency Sangat Tidak Setuju Tidak Setuju Netral Setuju Sangat Setuju Dari tabel 4.10 di atas dapat dijelaskan bahwa sebagian besar konsumen yang membeli ponsel Blackberry di Jakarta Barat menyatakan setuju bahwa selain untuk menelpon dan sms, ponsel Blackberry juga dapat digunakan untuk chatting, browsing dan .

10 65 Tabel 4.11 Blackberry merupakan merek ponsel terkenal Frequency Sangat Tidak Setuju Tidak Setuju Netral Setuju Sangat Setuju Dari tabel 4.11 di atas dapat dijelaskan bahwa sebagian besar konsumen yang membeli ponsel Blackberry di Jakarta Barat menyatakan setuju bahwa Blackberry merupakan merek ponsel terkenal. Tabel 4.12 Ponsel Blackberry memiliki tampilan yang menarik Frequency Sangat Tidak Setuju Tidak Setuju Netral Setuju Sangat Setuju

11 66 Dari tabel 4.12 di atas dapat dijelaskan bahwa sebagian besar konsumen yang membeli ponsel Blackberry di Jakarta Barat menyatakan netral terhadap pernyataan bahwa Blackberry memiliki tampilan yang menarik. Tabel 4.13 Ponsel Blackberry memiliki fitur blackberry messenger yang berbeda dari ponsel lainnya Frequency Sangat Tidak Setuju Tidak Setuju Netral Setuju Sangat Setuju Dari tabel 4.13 di atas dapat dijelaskan bahwa mayoritas konsumen yang membeli ponsel Blackberry di Jakarta Barat menyatakan tidak setuju bahwa Ponsel Blackberry memiliki fitur Blackberry messenger yang berbeda dari ponsel lainnya.

12 67 Tabel 4.14 Garansi dan service pasca pembelian ponsel BlackBerry memuaskan Frequency Sangat Tidak Setuju Tidak Setuju Netral Setuju Sangat Setuju Dari tabel 4.14 di atas dapat dijelaskan bahwa sebagian besar konsumen yang membeli ponsel Blackberry di Jakarta Barat menyatakan netral tehadap pernyataan bahwa garansi dan service pasca pembelian ponsel Blackberry memuaskan, fenomena ini bisa dianalisis bahwa konsumen ponsel Blackberry kurang mengetahui mengenai pelayanan garansi dan service ponsel Blackberry.

13 68 Tabel 4.15 Ponsel Blackberry memiliki kualitas yang baik Frequency Sangat Tidak Setuju Tidak Setuju Netral Setuju Sangat Setuju Dari tabel 4.15 di atas dapat dijelaskan bahwa sebagian besar konsumen yang membeli ponsel Blackberry di Jakarta Barat menyatakan setuju bahwa Ponsel Blackberry memiliki kualitas yang baik.

14 69 Tabel 4.16 Hasil Rekapitulasi Kuesioner Variabel Citra Merek (X 1 ) No. Indikator Blackberry memiliki logo yang 1 tidak mudah di contoh Logo Blackberry mudah di 2 ingat Produk Blackberry selalu up to 3 date Blackberry memiliki banyak 4 tipe handphone Blackberry memudahkan cara 5 berkomunikasi yang cepat Selain untuk menelpon dan SMS, ponsel Blackberry juga 6 dapat digunakan untuk chatting, browsing dan . Blackberry merupakan merek 7 ponsel terkenal Ponsel Blackberry memiliki 8 tampilan yang menarik Ponsel Blackberry memiliki fitur 9 blackberry messenger yang berbeda dari ponsel lainnya Garansi dan service pasca 10 pembelian ponsel BlackBerry memuaskan Ponsel Blackberry memiliki 11 kualitas yang baik Pernyataan Responden STS TS N S SS Dari tabel 4.16 rekapitulasi pernyataan responden variabel citra merek di atas dapat dijelaskan dari semua pernyataan dari indikator citra merek rata-rata dari 100 responden menyatakan setuju. Hal ini berarti

15 70 citra merek ponsel Blackberry di wilayah Jakarta Barat direspon positif oleh konsumen. b. Analisis Kepercayaan Merek pada pengguna Ponsel Blackberry di Jakarta Barat (X 2 ) Distribusi jawaban responden atas pernyataan-pernyataan dalam variabel X 2, dapat dilihat pada tabel sebagai berikut: Tabel 4.17 Secara keseluruhan fitur yang ditampilkan Blackberry memenuhi kebutuhan saya Frequency Sangat Tidak Setuju Tidak Setuju Netral Setuju Sangat Setuju Dari tabel 4.17 di atas dapat dijelaskan bahwa sebagian besar konsumen yang membeli ponsel Blackberry di Jakarta Barat menyatakan setuju dengan pernyataan bahwa Secara keseluruhan fitur yang ditampilkan Blackberry memenuhi kebutuhan saya.

16 71 Tabel 4.18 Blackberry memberi nilai/value yang sesuai dengan harga yang saya bayarkan Frequency Sangat Tidak Setuju Tidak Setuju Netral Setuju Sangat Setuju Dari tabel 4.18 di atas dapat dijelaskan bahwa sebagian besar konsumen yang membeli ponsel Blackberry di Jakarta Barat menyatakan setuju bahwa Blackberry memberi nilai/value yang sesuai dengan harga yang saya bayarkan.

17 72 Tabel 4.19 Sistem operasi Blackberry memiliki tingkat keamanan yang baik Frequency Sangat Tidak Setuju Tidak Setuju Netral Setuju Sangat Setuju Dari tabel 4.19 di atas dapat dijelaskan bahwa sebagian besar konsumen yang membeli ponsel Blackberry di Jakarta Barat menyatakan netral terhadap pernyataan sistem operasi Blackberry memiliki tingkat keamanan yang baik, fenomena ini bisa dianalisis bahwa konsumen ponsel Blackberry kurang mengetahui bahwa sistem operasi ponsel Blackberry memiliki tingkat keamanan yang baik.

18 73 Tabel 4.20 Ponsel Blackberry dapat digunakan dalam jangka panjang Frequency Sangat Tidak Setuju Tidak Setuju Netral Setuju Sangat Setuju Dari tabel 4.20 di atas dapat dijelaskan bahwa sebagian besar konsumen yang membeli ponsel Blackberry di Jakarta Barat menyatakan tidak setuju terhadap pernyataan bahwa Ponsel Blackberry dapat digunakan dalam jangka panjang.

19 74 Tabel 4.21 Hasil Rekapitulasi Kuesioner Variabel Kepercayaan Merek (X 2 ) No Indikator Secara keseluruhan fitur yang ditampilkan Blackberry memenuhi kebutuhan saya Blackberry memberi nilai/value yang sesuai dengan harga yang saya bayarkan Sistem operasi Blackberry memiliki tingkat keamanan yang baik Ponsel BlackBerry dapat digunakan dalam jangka panjang Pernyataan Responden STS TS N S SS Dari tabel 4.21 Rekapitulasi pernyataan responden variabel kepercayaan merek di atas dapat dijelaskan dari semua pernyataan dari indikator kecayaan merek rata-rata dari 100 responden menyatakan setuju. Hal ini berarti kepercayaan merek ponsel Blackberry di wilayah Jakarta Barat direspon positif oleh konsumen.

20 75 c. Analisis keputusan pembelian pada pengguna Ponsel Blackberry di Jakarta Barat Distribusi jawaban responden atas pernyataan-pernyataan dalam variabel Y, dapat dilihat pada tabel sebagai berikut: Tabel 4.22 Saya membeli Blackberry karena dapat memenuhi kebutuhan dalam berkomunikasi Frequency Sangat Tidak Setuju Tidak Setuju Netral Setuju Sangat Setuju Dari tabel 4.22 di atas dapat dijelaskan bahwa sebagian besar konsumen yang membeli ponsel Blackberry di Jakarta Barat menyatakan setuju bahwa membeli Blackberry dapat memenuhi kebutuhan dalam berkomunikasi

21 76 Tabel 4.23 Saya membeli Blackberry karena memudahkan pekerjaan Frequency Sangat Tidak Setuju Tidak Setuju Netral Setuju Sangat Setuju Dari tabel 4.23 di atas dapat dijelaskan bahwa sebagian besar konsumen yang membeli ponsel Blackberry di Jakarta Barat menyatakan setuju dengan pernyataan bahwa dengan membeli Blakberry dapat memudahkan pekerjaan.

22 77 Tabel 4.24 Saya membeli Blackberry karena merupakan produk import Frequency Sangat Tidak Setuju Tidak Setuju Netral Setuju Sangat Setuju Dari tabel 4.24 di atas dapat dijelaskan bahwa sebagian besar konsumen yang membeli ponsel Blackberry di Jakarta Barat menyatakan setuju dengan pernyataan bahwa saya membeli Blackberry karena merupakan produk impor. Tabel 4.25 Saya membeli blackberry karena mutu produknya Frequency Sangat Tidak Setuju Tidak Setuju Netral Setuju Sangat Setuju

23 78 Dari tabel 4.25 di atas dapat dijelaskan bahwa sebagian besar konsumen yang membeli ponsel Blackberry di Jakarta Barat menyatakan setuju dengan pernyataan bahwa saya membeli Blackberry karena mutu produknya. Tabel 4.26 Dengan menggunakan Blackberry saya merasa lebih modern Frequency Sangat Tidak Setuju Tidak Setuju Netral Setuju Sangat Setuju Dari tabel 4.26 di atas dapat dijelaskan bahwa sebagian besar konsumen yang membeli ponsel Blackberry di Jakarta Barat menyatakan tidak setuju dengan pernyataan Dengan menggunakan Blackberry saya merasa lebih modern.

24 79 Tabel 4.27 Saya membeli Blackberry karena harganya sesuai Frequency Sangat Tidak Setuju Tidak Setuju Netral Setuju Sangat Setuju Dari tabel 4.27 di atas dapat dijelaskan bahwa sebagian besar konsumen yang membeli ponsel Blackberry di Jakarta Barat menyatakan setuju dengan pernyataan bahwa saya membeli blackberry karena harganya sesuai.

25 80 Tabel 4.28 Saya membeli Blackberry karena kemudahan mendapatkan pelayanan purna jual Frequency Sangat Tidak Setuju Tidak Setuju Netral Setuju Sangat Setuju Dari tabel 4.28 di atas dapat dijelaskan bahwa sebagian besar konsumen yang membeli ponsel Blackberry di Jakarta Barat menyatakan setuju dengan pernyataan saya membeli Blackberry karena kemudahan mendapatkan pelayanan purna jual.

26 81 Tabel 4.29 Saya membeli Blackberry karena kelengkapan produknya Frequency Sangat Tidak Setuju Tidak Setuju Netral Setuju Sangat Setuju Dari tabel 4.29 di atas dapat dijelaskan bahwa sebagian besar konsumen yang membeli ponsel Blackberry di Jakarta Barat menyatakan setuju dengan pernyataan bahwa saya membeli Blackberry karena kelengkapan produknya.

27 82 Tabel 4.30 Hasil Rekapitulasi Kuesioner Variabel Keputusan Pembelian (Y) No. 1 Indikator Pernyataan Responden STS TS N S SS Saya membeli Blackberry karena dapat memenuhi kebutuhan dalam berkomunikasi Saya membeli Blackberry karena memudahkan pekerjaan Saya membeli Blackberry karena merupakan produk import Saya membeli blackberry karena mutu produknya Dengan menggunakan Blackberry saya merasa lebih modern 6 Saya membeli Blackberry karena harganya sesuai Saya membeli Blackberry karena kemudahan mendapatkan pelayanan purna jual Saya membeli Blackberry karena kelengkapan produknya Dari tabel 4.30 Rekapitulasi pernyataan responden variabel keputusan pembelian di atas dapat dijelaskan dari semua pernyataan indikator keputusan pembelian rata-rata dari 100 responden menyatakan

28 83 setuju. Hal ini berarti keputusan pembelian ponsel Blackberry di wilayah Jakarta Barat cukup baik. C. Hasil Uji Kualitas Data 1. Hasil Uji itas Sebuah instrumen dikayakan valid jika mampu mengukur apa yang hendak diukur dapat menungkapkan data dari variabel yang diteliti secara tepat. Pengukuran validitas dengan menggunakan korelasi product moment dengan tingkat kepercayaan 95% (α = 5%). Hasil pengujian dalam penelitian ini dapat dilihat pada tabel berikut: No of Item Tabel Hasil Uji itas Instrumen Penelitian Variable r hitung Sig. (2-tailed) r table N = 100 Α = 0,05 Keterangan hasil Item 1 X , Item 2 X , Item 3 X , Item 4 X , Item 5 X , Item 6 X ,

29 84 No of Item Variable r hitung Sig. (2-tailed) r table N = 100 Α = 0,05 Keterangan hasil Item 7 X , Item 8 X , Item 9 X , Item 10 X , Item 11 X , Item 12 X , Item 13 X , Item 14 X , Item 15 X , Item 16 Y , Item 17 Y , Item 18 Y , Item 19 Y , Item 20 Y , Item 21 Y , Item 22 Y , Item 23 Y ,

30 85 Berdasarkan tabel 4.31 diatas menunjukan bahwa dari dua puluh tiga pernyataan dalam kuesioner mengenai varibel citra merek, kepercayaan merek dan keputusan pembelian yang diberikan kepada responden, nilai r hitung > r tabel, sehingga dapat dikatakan bahwa penyataan pada kuesioner telah valid. 2. Hasil Uji Reliabilitas Untuk mengetahui hasil dari uji reliabilitas variabel citra merek, kepercayaan merek dan keputusan pembelian, dapat dilihat pada tabel berikut ini: Tabel 4.32 Hasil Uji Reliabilitas Citra Merek Cronbach's Alpha Reliability Statistics N of Items

31 86 Tabel 4.33 Hasil Uji Reliabilitas Kepercayaan Merek Reliability Statistics Cronbach's Alpha N of Items Tabel 4.34 Hasil Uji Reliabilitas Keputusan Pembelian Reliability Statistics Cronbach's Alpha N of Items Reabilitas merupakan indeks yang menunjukan sejauh mana suatu alat pengukur dapat dipercaya atau dapat diandalkan. Berdasarkan tabel 4.32, tabel 4.33 dan tabel 4.34 diatas dapat dijelaskan hasil dari analisis reabilitas dengan teknik Cronbach s Alpha diketahui nilainya adalah 0,691 pada variabel citra merek dan 0,651 pada variabel kepercayaan merek serta 0,684 pada variabel keputusan pembelian. Hal ini

32 87 membuktikan instrument penelitian berupa kuesioner ini adalah reliabel karena r alpha yang bernilai lebih besar dari 0,60. D. Hasil Uji Asumsi Klasik Pengujian asumsi klasik dilakukan untuk mengetahui kondisi data yang ada agar dapat menentukan model analisis yang tepat. 1. Hasil Uji Normalitas Tabel 4.35 One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test KEPUTUSAN CITRA KEPERCAYAAN PEMBELIAN MEREK MEREK N Normal Parameters a,b Std. Deviation Mean Absolute Most Extreme Positive Differences Negative Kolmogorov-Smirnov Z Asymp. Sig. (2-tailed) a. Test distribution is Normal. b. Calculated from data. Berdasarkan tabel 4.35 diatas diperoleh hasil uji Kolmogorov- Smirnov, untuk variabel X 1 yaitu citra merek didapat nilai Asymp. Sig.

33 88 (2-tailed) = 0,103 dan untuk variabel X 2 kepercayaan merek didapat nilai Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,269 serta variabel Y yaitu keputusan pembelian didapat nilai Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,300. Karena nilai Asymp. Sig. (2-tailed) > 0,05 maka Ho diterima, sehingga disimpulkan bahwa data diambil dari populasi berdistribusi normal. 2. Hasil Uji Multikolinearitas Tabel 4.36 Coefficients a Model 95.0% Confidence Interval for B Correlations Collinearity Statistics Lower Bound Upper Bound Zeroorder Partial Part Tolerance VIF (Constant) X X a. Dependent Variable: Y Berdasarkan tabel 4.36 diatas diperoleh nilai tolerance menunjukan tidak ada variabel independen yang memiliki nilai < 0,10 yang berarti tidak ada korelasi di antara variabel independen. Hasil perhitungan VIF juga menunjukan hal yang sama tidak ada satu variabel independen yang memiliki nilai VIF > 10.

34 89 3. Hasil Uji Heteroskedastisitas Gambar 4.1 Grafik Scatterplot Berdasarkan gambar 4.1 diatas tampak bahwa titik-titik menyebar dan tidak membentuk pola tertentu. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi Heteroskedastisitas.

35 90 E. Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Keputusan Pembelian Dalam penelitian ini variabel dianalisis dengan rincian yaitu variabel citra merek dan kepercayaan merek sebagai variabel bebas (independen) dan variabel keputusan pembelian sebagai variabel terikat (dependen). Kedua variabel tersebut diolah menggunakan analisis regresi linear berganda. 1. Persamaan Regresi Linear Berganda Tabel 4.37 Coefficients a Model Unstandardized Standardized t Sig. Coefficients Coefficients B Std. Error Beta (Constant) X X a. Dependent Variable: Y Berdasarkan tabel 4.37 diatas dapat diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y = a + b 1 X 1 + b 2 X 2 + Y = X X 2

36 91 Dari persamaan di atas dapat diinterpretasikan sebagai berikut: 1. Konstanta (a) menunjukan bahwa keputusan pembelian ponsel Blackberry akan bertambah jika ada pengaruh dari X 1 (citra merek) dan X 2 (kepercayaan merek). 2. Keputusan pembelian akan meningkat untuk setiap penambahan satu satuan X 1 (citra merek). Jadi apabila citra merek mengalami peningkatan 1 satuan, maka keputusan pembelian akan meningkat dengan asumsi variabel yang lainnya dianggap konstan. 3. Keputusan pembelian akan meningkat untuk setiap penambahan satu satuan X 2 (kepercayaan merek). Jadi apabila kepercayaan merek mengalami peningkatan 1 satuan, maka keputusan pembelian akan meningkat dengan asumsi variabel yang lainnya dianggap konstan. F. Hasil Uji Hipotesis 1. Uji Koefisien Determinasi (R 2 ) Tabel 4.38 Model Summary b Model R R Square Adjusted R Square Std. Error of the Estimate a a. Predictors: (Constant), X2, X1 b. Dependent Variable: Y

37 92 Hasil dari analisis Model Summary pada tabel 4.38 diatas dapat dijelaskan nilai Adjusted R Square (R 2 ) menunjukkan koefisien determinasi. Angka Adjusted R Square diubah dalam bentuk persen, yang artinya persentase kontribusi variabel independen terhadap variabel dependen. Nilai Adjusted R Square pada tabel diatas adalah 0,622. Hal ini berarti 62,2% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variasi dari kedua variabel independen (citra merek dan kepercayaan merek). Sedangkan sisanya sebesar 37,8% dipengaruhi oleh variabel lain. 2. Uji Signifikansi Parameter Individual (uji t) t test digunakan untuk mengetahui apakah masing-masing variabel bebas secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terkait. Dapat juga dikatakan jika Apabila t tabel > t hitung maka H 0 diterima dan H a ditolak sedangkan Apabila t tabel < t hitung maka H 0 ditolak dan H a diterima.

38 93 Tabel 4.39 Uji t/ Parsial Coefficients a Model Unstandardized Standardized t Sig. Coefficients Coefficients B Std. Error Beta (Constant) X X a. Dependent Variable: Y Berdasarkan tabel 4.39 diatas diperoleh hasil sebagai berikut: 1. (X 1 ) citra merek memiliki t hitung > t tabel (4,341 > 1,661) dan signifikansi (0,000 < 0,05), maka hasil keputusan hipotesis nol (Ho) ditolak, yang secara parsial (X 1 ) citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap variabel (Y) keputusan pembelian. 2. (X 2 ) kepercayaan merek memiliki t hitung > t tabel (2,731 > 1,661) dan signifikansi (0,008 < 0,05), maka hasil keputusan hipotesis nol (Ho) ditolak, yang secara parsial (X 2 ) kepercayaan merek berpengaruh secara signifikan terhadap variabel (Y) keputusan pembelian. 3. Uji Signifikansi Simultan (Uji F) Uji statistic F adalah menunjukkan apakah semua variabel independen yang dimaksud dalam model mempunyai pengaruh

39 94 secara bersama-sama terhadap variabel dependen. Jika hasilnya signifikan, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat juga dik atakan sebagai berikut: Ho di tolak jika F hitung > F tabel Ho diterima jika F hitung < F tabel Tabel 4.40 Uji F/ Serempak ANOVA a Model Sum of Squares df Mean Square F Sig. Regression b 1 Residual Total a. Predictors: (Constant), citra merek, kepercayaan merek b. Dependent Variable: keputusan pembelian Dalam penelitian ini mempunyai persamaan regresi dengan dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Jumlah sampel pembentuk regresi tersebut sebanyak 100. Maka df 1= k 1 = 3 1 = 2, sedangkan df2 = n k = = 97. Jika pengujian dilakukan pada α = 5%, maka nilai F tabelnya adalah 3,09.

40 95 Berdasarkan tabel 4.39 diatas, nilai F hitung sebesar > F tabel sebesar 3.09 maka model analisis regresi adalah signifikan. Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa citra merek dan kepercayaan merek berpengaruh secara bersama-sama atau simultan terhadap variabel terikat, yaitu keputusan pembelian. G. Pembahasan Hasil Penelitian Dari hasil pengolahan data diatas mengenai pengaruh citra merek dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian Blackberry smartphone diperoleh hasil sebagai berikut: 1. Pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa t hitung (4,341) > t tabel (1,661) yang menggambarkan bahwa citra merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian Blackberry smartphone. Hal ini sesuai dengan penelitian dalam Fristiana (2012) yang menyatakan bahwa citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Adanya pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian disebabkan karena Blackberry memiliki citra merek yang kuat dimata para konsumennya sehingga ketika Blackberry mengalami penurunan penjualan pengaruh citra merek sangat penting untuk menanamkan kepercayaan konsumen.

41 96 Berdasarkan uji korelasi antar dimensi pada citra merek terhadap keputusan pembelian Blackberry smartphone yang paling kuat hubungannya adalah Blackberry memudahkan cara berkomunikasi yang cepat karena memiliki nilai koefisien = 0,693. Hal ini menunjukan bahwa aspek Blackberry memudahkan kegiatan berkomunikasi yang cepat memiliki hubungan yang kuat terhadap peningkatan volume penjualan. 2. Pengaruh Kepercayaan Merek terhadap Keputusan Pembelian Hasil penelitian menunjukan bahwa kepercayaan merek memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian Blackberry smartphone. Hal ini sesuai dengan penelitian dalam Trista, Apriatni, dan Saryadi (2013) yang menunjukan hubungan positif antara kepercayaan merek dengan keputusan pembelian. Berdasarkan uji korelasi antar dimensi pada kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian Blackberry smartphone yang paling kuat hubungannya adalah ponsel Blackberry dapat digunakan dalam jangka panjang karena memiliki nilai koefisien = 0,745. Hal ini menunjukan kepercayaan merek yang baik dan kuat dari konsumen akan menciptakan keputusan pembelian terhadap merek tersebut.

42 97 3. Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Keputusan Pembelian Hasil penelitian menunjukan bahwa citra merek dan kepercayaan merek memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian Blackberry smartphone. Hal ini sesuai dengan penelitian dalam Trista, Apriatni, dan Saryadi (2013) yang menunjukan hubungan positif antara citra merek dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian. Variabel citra merek dan kepercayaan merek mempunyai pengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian dengan melihat Adjusted R Square atau koefisien determinasi sebesar 0,622 atau 62,2%, sehingga hipotesis diterima. Citra merek dan kepercayaan merek yang dimiliki Blackberry smartphone dapat dikategorikan baik (62,2 %). Hal ini membuktikan citra merek dan kepercayaan merek yang dimiliki sebagian besar konsumen terhadap Blackberry adalah positif.

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Gambaran Umum Responden Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa responden yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pada Universitas

Lebih terperinci

BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. 5.1 Karakteristik Responden Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk melihat kuat pengaruh

BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. 5.1 Karakteristik Responden Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk melihat kuat pengaruh BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 5.1 Karakteristik Responden Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk melihat kuat pengaruh MSDM, motivasi terhadap kinerja Karyawan dengan melakukan penyebaran

Lebih terperinci

Lampiran 1. Kuesioner

Lampiran 1. Kuesioner Lampiran 1 Kuesioner A. Data Responden Nama Responden : Jenis Kelamin : Fakultas : Uang Saku : < Rp 500.000 >Rp 500.000-1.000.000 >Rp 1.000.000-1.500.000 >Rp 1.500.000-2.000.000 > Rp 2.000.000 Lama Penggunaan

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN Analisis pada bab ini dilakukan dari hasil kuisioner yang telah dikumpulkan. Responden dalam penelitian ini adalah pelanggan yang memiliki hubungan kerja dalam pemanfaatan

Lebih terperinci

KUESIONER DETERMINAN TUNGGAKAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA MEDAN

KUESIONER DETERMINAN TUNGGAKAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA MEDAN LAMPIRAN 1 KUESIONER DETERMINAN TUNGGAKAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA MEDAN 1. Identititas Responden b. Nama : c. Umur : d. Jenis Kelamin : 1. Pria 2. Wanita e. Pendidikan Terakhir : 1. SD 2. SMP

Lebih terperinci

BAB IV PENGUJIAN. Uji validitas adalah suatu ukuran yang menunjukkan tingkat tingkat kevalidan atau

BAB IV PENGUJIAN. Uji validitas adalah suatu ukuran yang menunjukkan tingkat tingkat kevalidan atau BAB IV PENGUJIAN 4.3 Uji Validitas dan Reliabilitas 4.3. Uji Validitas Uji validitas adalah suatu ukuran yang menunjukkan tingkat tingkat kevalidan atau kesahihan sesuatu instrumen. Uji validitas digunakan

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN Pada bab ini, penulis melakukan analisis secara keseluruhan mengenai pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT Sincere Music Yamaha Jakarta,

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL PEMBAHASAN 4.1 Analisis Profil Responden 4.1.1 Statistik Deskriptif Statistik deskriptif digunakan untuk melihat gambaran secara umum data yang telah dikumpulkan dalam penelitian

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN. dibutuhkan untuk mengetahui latar belakang dari responden. Dalam penelitian ini

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN. dibutuhkan untuk mengetahui latar belakang dari responden. Dalam penelitian ini BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN 4.1 Karakteristik Responden Pada bagian ini membahas tentang karakteristik dari responden yang diperoleh dari penyebaran kuesioner terhadap 60 responden. Profil responden

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Hasil 1. Statistik Deskriptif a. Analisis Deskriptif Statistik Statistik deskriptif digunakan untuk melihat gambaran secara umum data yang telah dikumpulkan

Lebih terperinci

BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 5.1. Karakteristik Responden Responden dalam penelitian ini adalah konsumen di rumah makan Mie Ayam Oplosan Kedai Shoimah. Responden yang menjadi objek penelitian

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. 4.1 Analisis Karakteristik Berdasarkan Responden

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. 4.1 Analisis Karakteristik Berdasarkan Responden BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Analisis Karakteristik Berdasarkan Responden Penulis telah melakukan penelitian mengenai pengaruh motivasi dan kepuasan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan di Casa

Lebih terperinci

KUESIONER PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, SALURAN DISTRIBUSI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA OPPO SMARTPHONE

KUESIONER PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, SALURAN DISTRIBUSI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA OPPO SMARTPHONE 1 LAMPIRAN I KUESIONER PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, SALURAN DISTRIBUSI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA OPPO SMARTPHONE Responden yang terhormat, Saya mahasiswa dari Universitas

Lebih terperinci

BAB IV ANALISA HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISA HASIL DAN PEMBAHASAN 58 BAB IV ANALISA HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Hasil 1. Statistik Deskriptif a. Analisis Deskriptif Statistik Deskriptif digunakan untuk melihat gambaran secara umum data yang telah dikumpulkan dalam

Lebih terperinci

KUESIONER PENELITIAN

KUESIONER PENELITIAN LAMPIRAN1 KUESIONER PENELITIAN NO: PENGARUH GAYA HIDUP, CITRA MEREK DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN WARDAH PADA MAHASISWA PROGRAM EKSTENSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

Lebih terperinci

Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Ayam Bakar Kia-Kila

Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Ayam Bakar Kia-Kila Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Ayam Bakar Kia-Kila Oleh : Isti Komaria Ulfa 14213562 Dosen Pembimbing : Edy Nursanta, S.E, M.M PENDAHULUAN P E

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN 31 BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Statistik Deskriptif Statistik deskriptif ini digunakan untuk memberikan gambaran mengenai demografi responden penelitian. Data demografi tersebut antara lain

Lebih terperinci

PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN INSENTIF TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BIRO HUKUM SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI SUMATERA UTARA

PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN INSENTIF TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BIRO HUKUM SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI SUMATERA UTARA Lampiran 1. Kuesioner Penelitian PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN INSENTIF TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BIRO HUKUM SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI SUMATERA UTARA Responden yang terhormat, Bersama ini saya

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN. Cabang Pekalongan yang berjumlah nasabah. Dengan

BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN. Cabang Pekalongan yang berjumlah nasabah. Dengan BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN A. Deskripsi Data 1. Deskripsi Responden Penelitian Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang pengaruh pelayanan, produk, promosi dan lokasi terhadap kepuasan nasabah.

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN Dalam bab ini membahas hasil data yang telah dikumpulkan dari para responden yaitu karyawan Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangerang di Tangerang. Data hasil kuesioner yang telah

Lebih terperinci

KUESIONER PENELITIAN. dilakukan oleh peneliti selaku Mahasiswi Program Studi S1 Manajemen

KUESIONER PENELITIAN. dilakukan oleh peneliti selaku Mahasiswi Program Studi S1 Manajemen Lampiran I No : KUESIONER PENELITIAN Kuesioner ini dibuat dalam rangka menunjang kegiatan penelitian yang dilakukan oleh peneliti selaku Mahasiswi Program Studi S1 Manajemen. Maka saya mengharapkan kesediaan

Lebih terperinci

Angkatan/Stambuk : 2007 : Departemen Manajemen, Fakultas ekonomi, Universitas Sumatera Utara

Angkatan/Stambuk : 2007 : Departemen Manajemen, Fakultas ekonomi, Universitas Sumatera Utara KUESIONER PENELITIAN ANALISIS FAKTOR TINGKAT PENDIDIKAN, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP BERWIRAUSAHA Studi Kasus : Yayasan Persatuan Persaudaraan Putra Solo Sumatera Utara Di Medan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN. Dari 62 kuesioner yang telah diambil dan diolah, maka terdapat data-data

BAB IV HASIL PENELITIAN. Dari 62 kuesioner yang telah diambil dan diolah, maka terdapat data-data BAB IV HASIL PENELITIAN 4.1 Data Responden Dari 62 kuesioner yang telah diambil dan diolah, maka terdapat data-data responden dari pengunjung event Glorious Lifestyle Of Women. Data-data ini dirangkum

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN Pada bab ini penulis melakukan analisis secara keseluruhan mengenai pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada Dinas Pertamanan Pemakaman

Lebih terperinci

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ACE HARDWARE DI MARGO CITY DEPOK

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ACE HARDWARE DI MARGO CITY DEPOK PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ACE HARDWARE DI MARGO CITY DEPOK Nama : Rival Ardiansyah NPM : 18212368 Jurusan : Manajemen Pembimbing : Dr. Teddy Oswari Latar Belakang Masalah

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Gambaran Umum Responden Penelitian. Jumlah responden yang berpartisipasi dalam penelitian survei ini

BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Gambaran Umum Responden Penelitian. Jumlah responden yang berpartisipasi dalam penelitian survei ini BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 4.1 Penyajian Data Penelitian 4.1.1 Gambaran Umum Responden Penelitian Jumlah responden yang berpartisipasi dalam penelitian survei ini seluruhnya berjumlah 100 orang.

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL PENELITIAN. Data-data yang diolah dalam penelitian ini adalah kuesioner yang

BAB 4 HASIL PENELITIAN. Data-data yang diolah dalam penelitian ini adalah kuesioner yang BAB 4 HASIL PENELITIAN 4.1 Data Responden Data-data yang diolah dalam penelitian ini adalah kuesioner yang desebarkan kepada pengguna website Kreavi.com melalui email admin. Dari kuesioner diperoleh data

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN. transaksi untuk pembelian fashion muslim melalui e-commerce, maka akan. Tabel 4.1 Data responden berdasarkan gender

BAB IV HASIL PENELITIAN. transaksi untuk pembelian fashion muslim melalui e-commerce, maka akan. Tabel 4.1 Data responden berdasarkan gender BAB IV HASIL PEELITIA A. Gambaran Umum Responden Untuk mengetahui gambaran karakteristik responden yang pernah melakukan transaksi untuk pembelian fashion muslim melalui e-commerce, maka akan dijelaskan

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN 37 BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN Penelitian ini bertujuan untuk meneliti adanya pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan PT PLN (Persero) pada Perumahan Pondok Bahar

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Hasil Penelitian 1. Pelaksanaan Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris apakah masing-masing unsur motivasi yang meliputi: motivasi

Lebih terperinci

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA BELANJA ONLINE ELEVENIA STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA BELANJA ONLINE ELEVENIA STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA BELANJA ONLINE ELEVENIA STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA Nama : Fusi Windi Haqima Npm : 13213604 Kelas : 3EA29

Lebih terperinci

Jumlah Responden Berdasarkan Jenis Kelamin

Jumlah Responden Berdasarkan Jenis Kelamin BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Analisis Deskriptif 1. Deskriptif Responden Berikut ini dijelaskan gambaran responden penelitian a. Identifikasi Responden Berdasarkan Jenis Kelamin Berdasarkan

Lebih terperinci

LAMPIRAN 1 (KUISIONER PENELITIAN) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA

LAMPIRAN 1 (KUISIONER PENELITIAN) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA LAMPIRAN 1 (KUISIONER PENELITIAN) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PRODI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS USU TAHUN 2012 No. Responden:..

Lebih terperinci

Kuesioner Penelitian. Pendidikan : a. SLTA b. Diploma c. S1 d. S2 e. S3. 1. Berapa lama Anda sudah menggunakan produk smartphone Samsung?

Kuesioner Penelitian. Pendidikan : a. SLTA b. Diploma c. S1 d. S2 e. S3. 1. Berapa lama Anda sudah menggunakan produk smartphone Samsung? Lampiran 1 Kuesioner Penelitian Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, dan Fitur Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Pada Staf Wahana Visi Indonesia Jakarta A. Karakteristik Responden

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Deskripsi Data Hasil Penelitian Statistik deskriptif digunakan untuk melihat gambaran secara umum data yang telah dikumpulkan dalam penelitian ini. Berikut hasil

Lebih terperinci

LAMPIRAN 1 KUESIONER. IDENTITAS RESPONDEN No. Responden : Umur : Pendidikan : Pekerjaan : Lama Menggunakan : a. < 1 tahun b. 1 3 tahun c.

LAMPIRAN 1 KUESIONER. IDENTITAS RESPONDEN No. Responden : Umur : Pendidikan : Pekerjaan : Lama Menggunakan : a. < 1 tahun b. 1 3 tahun c. LAMPIRAN 1 KUESIONER PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KECAP MANIS MEREK BANGO (STUDI KASUS PARA IBU RUMAH TANGGA DI KOMPLEK VILLA MUTIARA JOHOR II DAN TAMAN

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. Perusahaan didirikan pada tanggal 20 Maret 1958 di Jakarta. Ruang lingkup

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. Perusahaan didirikan pada tanggal 20 Maret 1958 di Jakarta. Ruang lingkup BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Gambaran Umum Objek Penelitian PT Maskapai Asuransi Raya (selanjutnya disebut PT Asuransi Raya atau Perusahaan didirikan pada tanggal 20 Maret 1958 di Jakarta.

Lebih terperinci

PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA (STUDI KASUS PADA USAHA UKM DI JL. DR. MANSYUR)

PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA (STUDI KASUS PADA USAHA UKM DI JL. DR. MANSYUR) Lampiran 1: Kuisioner Penelitian PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA (STUDI KASUS PADA USAHA UKM DI JL. DR. MANSYUR) I. Identitas Responden Nama Usaha : Jenis

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL PENELITIAN. per bulan. Dengan demikian diharapkan dapat mengetahui gambaran yang

BAB IV ANALISIS HASIL PENELITIAN. per bulan. Dengan demikian diharapkan dapat mengetahui gambaran yang BAB IV ANALISIS HASIL PENELITIAN A. Gambaran Umum Responden Gambaran umum responden digunakan untuk mengetahui karakteristik dari responden berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan dan penghasilan per

Lebih terperinci

LAMPIRAN. Lampiran1 Tabel Nilai-Nilai Dalam Distribusi t

LAMPIRAN. Lampiran1 Tabel Nilai-Nilai Dalam Distribusi t LAMPIRAN Lampiran Tabel Nilai-Nilai Dalam Distribusi t α untuk uji dua fihak (two tail test) 0,50 0,20 0,0 0,05 0,02 0,0 α untuk uji satu fihak (one tail test) Dk 0,25 0,0 0,005 0,025 0,0 0,005 2 3 4 5

Lebih terperinci

Kuesioner Penelitian

Kuesioner Penelitian Lampiran I Kuesioner Penelitian ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN AIR MINERAL AQUA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SUMATERA UTARA No. Responden :.

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN Pada bab ini, penulis melakukan analisis secara keseluruhan mengenai pengaruh personal selling dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada PT. Telkom Indonesia

Lebih terperinci

BAB 4. Analisis Data dan Penyajian. korelasional, dimana penelitian yang dilakukan untuk menguji hubungan antara

BAB 4. Analisis Data dan Penyajian. korelasional, dimana penelitian yang dilakukan untuk menguji hubungan antara BAB 4 Analisis Data dan Penyajian 4.1 Penyajian data penelitian Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional, dimana penelitian yang dilakukan untuk menguji hubungan

Lebih terperinci

41-50 tahun Lebih dari 50 tahun tahun 2. Lama Bekerja : < 5 tahun 6-10 tahun

41-50 tahun Lebih dari 50 tahun tahun 2. Lama Bekerja : < 5 tahun 6-10 tahun Lampiran 1 Kuesioner Penelitian Bersamaan dengan ini Saya mohon kesediaan Bapak untuk mengisi daftar pernyataan atas penelitian saya tentang Pengaruh Karaktersitik Individu, Karakteristik Pekerjaan dan

Lebih terperinci

KUESIONER PENGARUH PERILAKU WIRAUSAHA DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEBERHASILAN USAHA KULINER SETIA BUDI MEDAN

KUESIONER PENGARUH PERILAKU WIRAUSAHA DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEBERHASILAN USAHA KULINER SETIA BUDI MEDAN Lampiran 1 KUESIONER PENGARUH PERILAKU WIRAUSAHA DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEBERHASILAN USAHA KULINER SETIA BUDI MEDAN Responden yang terhormat Penelitian ini dilakukan oleh mahasiswa jurusan S-1

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Karakteristik Responden Dari 12 KPP Pratama yang ada di wilayah Jakarta Selatan, hanya 4 KPP yang bersedia untuk mengisi kuesioner. Data kuesioner yang berhasil

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN. berada di meruya selatan. dengan total 100 kuesioner yang diantarkan langsung

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN. berada di meruya selatan. dengan total 100 kuesioner yang diantarkan langsung BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Deskripsi Responden Berdasarkan kuesioner yang telah disebar kepada konsumen Warteg yang berada di meruya selatan. dengan total 100 kuesioner yang diantarkan langsung

Lebih terperinci

KUESIONER PENGARUH STRES KERJA DAN KONFLIK KERJA TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN PADA PT PERKEBUNAN NUSANTARA II KEBUN KLUMPANG

KUESIONER PENGARUH STRES KERJA DAN KONFLIK KERJA TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN PADA PT PERKEBUNAN NUSANTARA II KEBUN KLUMPANG Lampiran 1 No. Kuesioner : KUESIONER PENGARUH STRES KERJA DAN KONFLIK KERJA TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN PADA PT PERKEBUNAN NUSANTARA II KEBUN KLUMPANG Bersama ini saya mohon kesediaan Bapak-Bapak

Lebih terperinci

KUESIONER FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KAUM IBU MELAKUKAN PEMBELIAN DI MATAHARI DEPARTMENT STORE PLAZA MEDAN FAIR MEDAN

KUESIONER FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KAUM IBU MELAKUKAN PEMBELIAN DI MATAHARI DEPARTMENT STORE PLAZA MEDAN FAIR MEDAN LAMPIRAN 1. KUESIONER FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KAUM IBU MELAKUKAN PEMBELIAN DI MATAHARI DEPARTMENT STORE PLAZA MEDAN FAIR MEDAN I. Identitas Responden Nama : Alamat : Jenis Kelamin : Umur : Pekerjaan

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN A. Gambaran Karakteristik Responden Dalam bab IV disajikan analisis terhadap data yang diperoleh selama penelitian. Data yang terkumpul merupakan data primer, yaitu

Lebih terperinci

KUESIONER PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEPERCAYAAN, IMAGE TERHADAP KEPUASAN NASABAH YANG MEMINJAM DANA

KUESIONER PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEPERCAYAAN, IMAGE TERHADAP KEPUASAN NASABAH YANG MEMINJAM DANA Lampiran 1 KUESIONER PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEPERCAYAAN, IMAGE TERHADAP KEPUASAN NASABAH YANG MEMINJAM DANA PADA PT BPR MILALA MEDAN 1. Identitas Responden Nama : Umur : Tahun : Jenis Kelamin : Pekerjaan

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN. angkatan XI dan XII.Gambaran umum responden dalam penelitian ini adalah sebagai

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN. angkatan XI dan XII.Gambaran umum responden dalam penelitian ini adalah sebagai BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN 4.1 Analisis Karakteristik Responden Data penelitian yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden Mahasiswa dan lulusan program kelas karyawan jurusan manajemen

Lebih terperinci

LAMPIRAN 1 KUESIONER PENELITIAN

LAMPIRAN 1 KUESIONER PENELITIAN LAMPIRAN 1 KUESIONER PENELITIAN Kuesioner Penelitian No. Responden : PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE), PELAYANAN (RETAIL SERVICE), DAN PRODUK (MERCHANDISE) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BRASTAGI

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN. A. Penyajian Statistik Deskripsi Hasil Penelitian. kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, baik mengenai

BAB IV HASIL PENELITIAN. A. Penyajian Statistik Deskripsi Hasil Penelitian. kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, baik mengenai 61 BAB IV HASIL PENELITIAN A. Penyajian Statistik Deskripsi Hasil Penelitian Statistik deskriptif ini digunakan sebagai dasar untuk menguraikan kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel,

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. Gambaran Umum Perusahaan Dettol adalah nama merek yang merupakan disinfektan cair antiseptik yang diproduksi oleh Reckitt Benckiser dan adalah salah satu produk kesehatan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN

BAB IV HASIL PENELITIAN BAB IV HASIL PENELITIAN A. DESKRIPSI DATA Data hasil penelitian terdiri dari dua variabel bebas yaitu variabel gaya belajar siswa (X1) dan variabel minat belajar siswa (X2) serta satu variabel terikat

Lebih terperinci

Kuesioner Penelitian Pengaruh Penilaian Program Kesejahteraan dan. Desain Pekerjaan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada PTP.

Kuesioner Penelitian Pengaruh Penilaian Program Kesejahteraan dan. Desain Pekerjaan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada PTP. Kuesioner Penelitian Pengaruh Penilaian Program Kesejahteraan dan Desain Pekerjaan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada PTP. N-II (Persero) Tanjung Morawa Kebun Sawit Seberang Saya mahasiswa Fakultas

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL PENELITIAN

BAB 4 HASIL PENELITIAN BAB 4 HASIL PENELITIAN 4.1 Penyajian Data Penelitian 4.1.1 Analisis Karakteristik Responden Responden yang diteliti dalam penelitian ini adalah konsumen pengguna PT. Mega Auto Finance cabang Kedoya. Penjelasan

Lebih terperinci

KUESIONER. Terimakasih atas kesediaan saudara(i) untuk berpartisipasi mengisi dan menjawab. penelitian yang berjudul PENGARUH BRAND IMAGE DAN KELOMPOK

KUESIONER. Terimakasih atas kesediaan saudara(i) untuk berpartisipasi mengisi dan menjawab. penelitian yang berjudul PENGARUH BRAND IMAGE DAN KELOMPOK LAMPIRAN 1 KUESIONER Dengan Hormat, Terimakasih atas kesediaan saudara(i) untuk berpartisipasi mengisi dan menjawab seluruh pernyataan yang ada dalam kuesioner ini. Kuesioner ini digunakan untuk menyusun

Lebih terperinci

Lampiran 1: KUESIONER PENELITIAN KUESIONER PENELITIAN Pengaruh Kompensasi terhadap Prestasi Kerja Guru pada SMK Eka Prasetya Medan.

Lampiran 1: KUESIONER PENELITIAN KUESIONER PENELITIAN Pengaruh Kompensasi terhadap Prestasi Kerja Guru pada SMK Eka Prasetya Medan. Lampiran 1: KUESIONER PENELITIAN KUESIONER PENELITIAN Pengaruh Kompensasi terhadap Prestasi Kerja Guru pada SMK Eka Prasetya Medan. Bersama ini, saya mengharapkan kesediaan waktu Bapak/Ibu Guru untuk mengisi

Lebih terperinci

KUESIONER. A. Identitas Responden (No. Responden: ) Nama :

KUESIONER. A. Identitas Responden (No. Responden: ) Nama : KUESIONER PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TEH KOTAK ULTRA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SUMATERA UTARA Untuk mengetahui seberapa

Lebih terperinci

LAMPIRAN. Tabel 4.1 Item-Total Statistics

LAMPIRAN. Tabel 4.1 Item-Total Statistics LAMPIRAN Scale Mean if Item Deleted Tabel 4.1 Item-Total Statistics Scale Variance if Item Deleted Corrected Item-Total Correlation Cronbach's Alpha if Item Deleted VAR00001 44,0000 24,966,644,836 VAR00002

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. melalui kuesioner. Kuesioner yang disebar sebanyak 34 kuesioner, pekerjaan, dan tingkat pendidika terakhir.

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. melalui kuesioner. Kuesioner yang disebar sebanyak 34 kuesioner, pekerjaan, dan tingkat pendidika terakhir. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Karakteristik Responden Analisis karakteristik dalam penelitian ini digunakan untuk melihat gambaran secara umum karakteristik data responden yang telah dikumpulkan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN. Mei 2016 terhadap siswa pada mata pelajaran Akidah akhlak di MTsN Kunir

BAB IV HASIL PENELITIAN. Mei 2016 terhadap siswa pada mata pelajaran Akidah akhlak di MTsN Kunir 133 BAB IV HASIL PENELITIAN Pada bab ini diuraikan tentang: a) Deskripsi Data; b) Uji Persyratan Analisis; c) Pengujian Hipotesis Penelitian. A. Deskripsi Data Penelitian ini dilakukan pada tanggal 01

Lebih terperinci

KUESIONER. Responden yang terhormat,

KUESIONER. Responden yang terhormat, KUESIONER Responden yang terhormat, Saya Ardanis Fitri Pitaloka, saya adalah mahasiswa S1 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) yang sedang melakukan penelitian tentang konsumen belanja online

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DATA

BAB IV ANALISIS DATA BAB IV ANALISIS DATA A. Deskripsi Data Penelitian ini berjudul Pengaruh Penggunaan Media Cetak dan Media Audio Visual Terhadap Prestasi Belajar Al-Qur an Hadits di MTs Negeri Aryojeding. Penelitian ini

Lebih terperinci

KUESIONER PRA SURVEY. untuk data pra survey dalam rangka penyusunan skripsi pada Program Sarjana

KUESIONER PRA SURVEY. untuk data pra survey dalam rangka penyusunan skripsi pada Program Sarjana Lampiran 1 KUESIONER PRA SURVEY Responden yang terhormat,pertanyaan dibawah ini hanya semata-mata untuk data pra survey dalam rangka penyusunan skripsi pada Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Lebih terperinci

DAFTAR LAMPIRAN. Data Variabel Pertumbuhan Ekonomi Atas Dasar Harga Berlaku. Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Barat Tahun

DAFTAR LAMPIRAN. Data Variabel Pertumbuhan Ekonomi Atas Dasar Harga Berlaku. Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Barat Tahun DAFTAR LAMPIRAN LAMPIRAN 1 Data Variabel Pertumbuhan Ekonomi Atas Dasar Harga Berlaku Kabupaten/Kota 58,25 66,09 74,57 24,14 27,38 30,66 23,78 26,43 28,68 29,58 36,27 36,27 119,35 136,05 150,45 35,59 40,61

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN. kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, baik mengenai

BAB IV HASIL PENELITIAN. kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, baik mengenai BAB IV HASIL PENELITIAN A. Deskripsi Data Statistik deskriptif ini digunakan sebagai dasar untuk menguraikan kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, baik mengenai kinerja guru, motivasi

Lebih terperinci

LAMPIRAN 1 KUESIONER PENELITIAN

LAMPIRAN 1 KUESIONER PENELITIAN LAMPIRAN 1 KUESIONER PENELITIAN NO: PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE DI SITUS LAZADA.CO.ID PADA MAHASISWA/I FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

Lebih terperinci

BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN 4.1. Gambaran Umum Responden Penelitian Sebelum melakukan pembahasan lebih lanjut mengenai hasil penelitian ini, terlebih dahulu akan dibahas mengenai gambaran umum

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. Gambaran Umum Objek Penelitian 1. Tempat dan Waktu Penelitian 1. Tempat Penelitian Penelitian akan dilaksanakan di beberapa UMKM wilayah Jakarta Barat. Agar penelitian ini

Lebih terperinci

b. Identitas Responden Nama : Umur : Stambuk : Jenis Kelamin : a. Laki laki

b. Identitas Responden Nama : Umur : Stambuk : Jenis Kelamin : a. Laki laki LAMPIRAN 1 KUESIONER PENELITIAN No. Responden: a. Umum Responden yang terhormat, Pertanyaan yang ada di kuesioner ini bertujuan untuk melengkapi data penelitian dalam rangka penyusunan skripsi dengan judul

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. Gambaran Umum Grogol Petamburan Jakarta Barat merupakan salah satu kecamatan di wilayah Jakarta Barat, wilayah ini tidak hanya digunakan sebagai kawasan tempat tinggal namun

Lebih terperinci

BAB IV ANALISA HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISA HASIL DAN PEMBAHASAN 53 BAB IV ANALISA HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisa Hasil 1. Statistik Deskriptif a. Analisis Frekuensi Analisis frekuensi dalam penelitian ini digunakan untuk melihat gambaran secara umum karakteristik

Lebih terperinci

Data Deskriptif Keterangan Jumlah %

Data Deskriptif Keterangan Jumlah % BAB 4 ANALISIS DAN BAHASAN 4.1 Gambaran Umum Responden Gambaran umum responden dapat dilihat melalui profil responden. Profil responden pada penelitian ini meliputi kepemilikan NPWP, jenis kelamin, usia,

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Demografi Responden Dalam Bab ini penulis akan membahas mengenai hasil penelitian dan analisisnya yang telah dilakukan. Data penelitian ini diolah dengan

Lebih terperinci

KUESIONER A. Identitas Responden : B. Petunjuk Pengisian

KUESIONER A. Identitas Responden : B. Petunjuk Pengisian LAMPIRAN 66 KUESIONER A. Identitas Responden : 1. Umur : a. < 15 tahun d. 26 30 tahun b. 16 20 tahun e. > 30 tahun c. 21 25 tahun 2. Jenis kelamin : a. Pria b. Wanita 3. Pendidikan Terakhir : a. SD d.

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN 37 BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Statistik Deskriptif Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Laba Bersih dan Arus Kas Operasi sebagai variabel independen (X) dan Dividen Kas sebagai

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. Textile dan Otomotif yang terdaftar di BEI periode tahun

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. Textile dan Otomotif yang terdaftar di BEI periode tahun BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Hasil Analisa Penelitian ini menggunakan data skunder berupa laporan keuangan audit yang diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu www.idx.co.id.

Lebih terperinci

PT. Perkebunan Nusantara IV (Persero) Unit Kebun Tanah Itam Ulu. Dalam rangka menyelesaikan pendidikan program Magister Ilmu

PT. Perkebunan Nusantara IV (Persero) Unit Kebun Tanah Itam Ulu. Dalam rangka menyelesaikan pendidikan program Magister Ilmu Lampiran 1. Angket (Kuesioner) Kepada, Yth. Bapak/Ibu Karyawan PT. Perkebunan Nusantara IV (Persero) Unit Kebun Tanah Itam Ulu Di Tempat Dengan hormat, Dalam rangka menyelesaikan pendidikan program Magister

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN 34 BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Statistik Deskriptif Analisis data yang dilakukan dalam bab ini pada dasarnya dapat dikelompokkan menjadi dua bagian. Bagian pertama merupakan analisis

Lebih terperinci

PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK DAN MOTIVASI EKSTRINSIK TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN DI PT. BANK RAKYAT INDONESIA CABANG KISARAN

PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK DAN MOTIVASI EKSTRINSIK TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN DI PT. BANK RAKYAT INDONESIA CABANG KISARAN LAMPIRAN 1 KUESIONER PENELITIAN PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK DAN MOTIVASI EKSTRINSIK TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN DI PT. BANK RAKYAT INDONESIA CABANG KISARAN I. UMUM Responden yang terhormat, Pernyataan

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN. Populasi dalam penelitian ini adalah PT. Bank Syariah Mandiri dan Bank

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN. Populasi dalam penelitian ini adalah PT. Bank Syariah Mandiri dan Bank BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Deskripsi Sampel Penelitian Populasi dalam penelitian ini adalah PT. Bank Syariah Mandiri dan Bank Indonesia. Sampel adalah wakil dari populasi yang diteliti. Dalam

Lebih terperinci

KUESIONER PENELITIAN

KUESIONER PENELITIAN Lampiran 1 KUESIONER PENELITIAN Responden yang terhormat, Bersama ini saya memohon kesediaan Anda untuk mengisi penelitian dengan judul Pengaruh Kompensasi terhada Produktivitas Kerja pada PT. Carsurindo

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. Tabel 4.1 Hasil Statistik Deskriptif. Berdasarkan tabel 4.1 dapat diketahui bahwa dengan jumlah

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. Tabel 4.1 Hasil Statistik Deskriptif. Berdasarkan tabel 4.1 dapat diketahui bahwa dengan jumlah BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. Hasil Uji Analisis Deskriptif Tabel 4.1 Hasil Statistik Deskriptif Descriptive Statistics N Minimum Maximum Mean Std. Deviation DPR 117.00 2.12.2176.37171 CR 117.22 5.77

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN

BAB IV HASIL PENELITIAN BAB IV HASIL PENELITIAN A. Penyajian Statistik Deskripsi Hasil Penelitian Statistik deskriptif ini digunakan sebagai dasar untuk menguraikan kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, baik

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN

BAB IV HASIL PENELITIAN 110 BAB IV HASIL PENELITIAN Pada bab ini diuraikan tentang: a) deskripsi data; b) uji prasyarat; dan c) pengujian hipotesis penelitian. A. Deskripsi Data Penelitian ini berjudul Pengaruh Profesionalisme

Lebih terperinci

I. Data Responden. Universitas Sumatera Utara

I. Data Responden. Universitas Sumatera Utara LAMPIRAN 1 KUESIONER PENELITIAN Responden yang terhormat, Bersama ini, Saya memohon kesediaannya untuk mengisi daftar kuesioner yang diberikan. Informasi yang diberikan sebagai data penelitian dalam rangka

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN

BAB IV HASIL PENELITIAN BAB IV HASIL PENELITIAN A. Deskripsi Data Penelitian dengan judul Pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi belajar siswa Mata Pelajaran Korespondensi kelas X Administrasi

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL PEMBAHASAN. Berikut ini diringkas pengiriman dan penerimaan kuesioner : Tabel 4.1. Rincian pengiriman Pengembalian Kuesioner

BAB IV ANALISIS HASIL PEMBAHASAN. Berikut ini diringkas pengiriman dan penerimaan kuesioner : Tabel 4.1. Rincian pengiriman Pengembalian Kuesioner BAB IV ANALISIS HASIL PEMBAHASAN 4.1 Deskripsi Responden Berdasarkan data yang telah disebar kepada pelanggan Alfamart dengan total 100 kuesioner yang diberikan langsung kepada para pelanggan Alfamart.

Lebih terperinci

Kuesioner Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Produk Tempe (Pada Pabrik Tempe H.M. YASIN Medan)

Kuesioner Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Produk Tempe (Pada Pabrik Tempe H.M. YASIN Medan) LAMPIRAN 1 Kuesioner Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Produk Tempe (Pada Pabrik Tempe H.M. YASIN Medan) No. Responden :... I. Identitas Responden Nama : Usia : Jenis

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 52 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. Hasil Uji Analisis Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan model regresi berganda. Tujuannya adalah untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh mengenai

Lebih terperinci

KUESIONER PENELITIAN SKRIPSI ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI PENERAPAN AKUNTANSI PADA PARA PEMILIK UKM (USAHA KECIL

KUESIONER PENELITIAN SKRIPSI ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI PENERAPAN AKUNTANSI PADA PARA PEMILIK UKM (USAHA KECIL KUESIONER PENELITIAN SKRIPSI ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI PENERAPAN AKUNTANSI PADA PARA PEMILIK UKM (USAHA KECIL DAN MENENGAH) TOKO BANGUNAN DI DAERAH CENGKARENG, JAKARTA BARAT Responden

Lebih terperinci

PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE DI INSTAGRAM

PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE DI INSTAGRAM PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE DI INSTAGRAM Nama: Fadhilah Kurnia Fitri NPM: 13214747 Kelas: 3EA10 LATAR BELAKANG Teknologi merupakan

Lebih terperinci

Kuisioner. Bapak/Ibu Responden Yth,

Kuisioner. Bapak/Ibu Responden Yth, L1 Kuisioner Bapak/Ibu Responden Yth, Saya adalah mahasiswa dari universitas Bina Nusantara yang sedang melakukan penelitian tentang EFEKTIVITAS PROMOSI DALAM MENARIK MINAT PENGUNJUNG EVENT G.L.O.W (Glorious

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL PENELITIAN. responden dari pengunjung event Glorious Lifestyle Of Women. Data-data ini

BAB 4 HASIL PENELITIAN. responden dari pengunjung event Glorious Lifestyle Of Women. Data-data ini BAB 4 HASIL PENELITIAN 4.1 Data Responden Dari 68 kuesioner yang telah diambil dan diolah, maka terdapat data-data responden dari pengunjung event Glorious Lifestyle Of Women. Data-data ini dirangkum dalam

Lebih terperinci

LAMPIRAN 1 KUESIONER PENELITIAN

LAMPIRAN 1 KUESIONER PENELITIAN LAMPIRAN 1 KUESIONER PENELITIAN PENGARUH KEMAMPUAN MELIHAT PELUANG (OPPORTUNITY RECOGNITION) DAN JARINGAN (NETWORKING) TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN

Lebih terperinci

A. Isilah keterangan dibawah ini atau beri tanda centang / check list (V) pada. 1. Nama : (Boleh tidak diisi) 3. Jenis Kelamin : Laki-laki Perempuan

A. Isilah keterangan dibawah ini atau beri tanda centang / check list (V) pada. 1. Nama : (Boleh tidak diisi) 3. Jenis Kelamin : Laki-laki Perempuan Lampiran 1: Kuesioner Penelitian A. Isilah keterangan dibawah ini atau beri tanda centang / check list (V) pada pertanyaan pilihan. Demografi Responden 1. Nama : (Boleh tidak diisi) 2. Umur :. Tahun 3.

Lebih terperinci

DAFTAR PERTANYAAN KUESIONER KREATIVITAS, INOVASI DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA WIRAUSAHA MUDA PAJAK USU PADANG BULAN

DAFTAR PERTANYAAN KUESIONER KREATIVITAS, INOVASI DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA WIRAUSAHA MUDA PAJAK USU PADANG BULAN LAMPIRAN I DAFTAR PERTANYAAN KUESIONER KREATIVITAS, INOVASI DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA WIRAUSAHA MUDA PAJAK USU PADANG BULAN MEDAN Para pengusaha yang terhormat, Bersama

Lebih terperinci