BAB IV HASIL PENELITIAN

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "BAB IV HASIL PENELITIAN"

Transkripsi

1 BAB IV HASIL PENELITIAN A. Deskripsi Data Penelitian dengan judul Pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi belajar siswa Mata Pelajaran Korespondensi kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Karanganyar 2014/2015 terdiri dari dua variabel bebas (independen) dan satu variabel terikat (dependen). Adapun variabelvariabel tersebut adalah sebagai berikut: 1. Lingkungan keluarga, sebagai variabel bebas (X 1 ) 2. Motivasi belajar intrinsik, sebagai variabel bebas (X 2 ) 3. Prestasi belajar siswa, sebagai variabel terikat (Y) Penelitian ini obyeknya adalah seluruh kelas X Administrasi Perkantoran yang jumlah populasinya sebanyak 72 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil sebanyak 52 siswa diluar sampel uji coba. Peneliti menggunakan angket sebagai teknik utama untuk memperoleh data tentang lingkungan keluarga dan motivasi belajar intrinsik. Sedangkan untuk prestasi belajar menggunakan nilai raport. Adapun dokumentasi digunakan untuk memperoleh data pendukung yaitu daftar nama siswa serta foto ketika peneliti melakukan penelitian. Sebelum angket digunakan sebagai instrumen penelitian, terlebih dahulu dilakukan try out kepada 20 siswa diluar sampel. Try out ini digunakan untuk menghitung validitas dan reliabilitas angket sebagai instrument penelitian. 1. Hasil Uji Validitas Hasil uji validitas angket untuk aspek lingkungan keluarga sebanyak 16 butir pernyataan terdapat 2 butir yang tidak valid, yaitu pernyataan nomor 6 dan 10, Hasil uji validitas angket motivasi belajar intrinsik sebanyak 18 butir pernyataan dan terdapat 2 butir pernyataan yang tidak valid, yaitu pernyataan nomor 24 dan 29. Butir pernyataan di dalam angket yang tidak valid selanjutnya tidak digunakan atau 47

2 48 dihilangkan dalam mengambil data penelitian dan tidak dimasukkan dalam penyusunan atau tidak membuat item baru karena sudah terwakili oleh item pernyataan lain yang masih termasuk dalam satu indikator. Dengan demikian item pernyataan yang valid adalah sebanyak 30 item yang digunakan sebagai instrumen dalam penelitian ini. 2. Hasil Uji Reliabilitas Hasil uji reliabilitas dari aspek lingkungan keluarga (X 1 ) diperoleh nilai sebesar 0,873 yang apabila dikonsultasikan dengan r tabel dengan taraf signifikansi 0,05 dan jumlah sampel sebanyak 20 maka didapat nilai r tabel sebesar 0,444. Dengan demikian 0,873 > 0,444 maka instrumen variabel X 1 dinyatakan reliabel. Hasil nilai untuk motivasi belajar intrinsik (X 2 ) diperoleh nilai sebesar 0,848 yang apabila dikonsultasikan dengan r tabel dengan taraf signifikansi 0,05 dan jumlah sampel sebanyak 20 maka didapat nilai r tabel sebesar 0,444. Dengan demikian 0,848 > 0,444 maka instrumen variabel X 2 dinyatakan reliabel. Hasil dari pengumpulan data melalui angket kemudian di-skoring dan melalui proses tabulasi. Sehingga tabulasi data meliputi lingkungan keluarga, motivasi belajar intrinsik dan prestasi belajar. Kemudian dirangkum dalam sebuah tabel data induk penelitian. Berdasarkan data induk tersebut kemudian dilakukan deskripsi data sebagai mana dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

3 49 Tabel 4.1 Hasil Analisis Deskripsi Data Statistics Lingkungan Keluarga Motivasi Belajar Intrinsik Prestasi Belajar N Valid Missing Mean Median Mode Std. Deviation Variance Range Minimum Maximum Sum Dari data di atas, maka peneliti mendeskripsi data sebagai berikut: 1. Lingkungan Keluarga (X 1 ) Lingkungan Keluarga merupakan variabel bebas pertama (X1) dalam penelitian ini. Dari tabulasi data variabel lingkungan keluarga dapat diketahui bahwa: a. Nilai tertinggi = 52 b. Nilai terendah = 34 c. Nilai rata-rata = 43,31 Angket lingkungan keluarga terdiri dari 14 pernyataan yang pengukurannya dinilai dengan 4 alternatif jawaban dengan skor 1-4. Apabila dihitung dengan persentase maka diperoleh jumlah skor tertinggi sebesar 4 x 14 x 42 = Jumlah skor hasil pengumpulan data lingkungan keluarga (X 1 ) = Dengan demikian tingkat lingkungan keluarga di kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Karanganyar tahun ajaran 2014/2015 sebesar = 2252 : 2912 = 0,7736 atau sebesar 77,36%. Distribusi data lingkungan keluarga dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

4 Frekuensi 50 Tabel 4.2 Distribusi Frekuensi Data Lingkungan Keluarga Interval Frekuensi Persentase , , , , , ,69 Jumlah Berdasarkan tabel distribusi data variabel lingkungan keluarga di atas dapat diketahui bahwa pada distribusi data variabel X 1 diperoleh kelas sebanyak 6 dan panjang interval 2. Nilai yang paling banyak muncul terdapat pada interval dengan frekuensi sebanyak 14. Gambaran mengenai distribusi variabel lingkungan keluarga dapat dilihat pada gambar di bawah ini: Lingkungan Keluarga Gambar 4.1 Histogram Data Lingkungan Keluarga

5 51 2. Motivasi Belajar Intrinsik (X 2 ) Motivasi intrinsik merupakan variabel bebas kedua (X 2 ) dalam penelitian ini. Dari tabulasi data variabel motivasi belajar intrinsik dapat diketahui sebagai berikut: a. Nilai tertinggi = 54 b. Nilai terendah = 44 c. Nilai rata-rata = 48,77 Angket tentang motivasi belajar intrinsik terdiri dari 16 pernyataan yang pengukurannya dinilai dengan 4 alternatif jawaban dengan skor 1-4. Apabila dihitung dengan presentase maka diperoleh jumlah skor tertinggi sebesar 4 x 16 x 52 = Jumlah skor hasil pengumpulan data motivasi intrinsik (X 2 ) = Dengan demikian tingkat motivasi intrinsik di kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Karanganyar tahun ajaran 2014/2015 sebesar 2536 : 3328 = 0,7620 atau sebesar 76,2%. Distribusi data motivasi belajar intrinsik dapat dilihat pada tabel di bawah ini: Tabel 4.3 Distribusi Frekuensi Motivasi Belajar Intrinsik Interval Frekuensi Persentase , , , , , ,92 Jumlah Berdasarkan tabel distribusi data variabel motivasi belajar intrinsik di atas dapat diketahui bahwa pada distribusi data variabel X 2 diperoleh kelas sebanyak 6 dan panjang interval 1. Nilai yang paling banyak muncul terdapat pada interval dengan frekuensi sebanyak 17. Gambaran mengenai distribusi motivasi belajar intrinsik dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

6 Frekuensi Motivasi Intrinsik Gambar 4.2 Histogram Data Motivasi Intrinsik 3. Prestasi Belajar Siswa (Y) Prestasi belajar siswa merupakan variabel terikat (Y) dalam penelitian ini. Dari tabulasi data variabel prestasi belajar siswa dapat diketahui bahwa: d. Nilai tertinggi = 88 e. Nilai terendah = 82 f. Nilai rata-rata = 85,60 Pengukuran nilai dari prestasi belajar setiap orang adalah 100. Apabila dihitung dengan presentase maka diperoleh jumlah skor tertinggi sebesar 100 x 52 =5200. Jumlah skor hasil pengumpulan data prestasi belajar siswa (Y) = Dengan demikian tingkat prestasi belajar siswa mata pelajaran Korespondensi kelas X Administrasi Perkantoran tahun ajaran 2014/2015 sebesar 4451 : 5200 = 0,8559 atau sebesar 85,59%. Distribusi data prestasi belajar siswa dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

7 Frekuensi 53 Tabel 4.4 Distribusi Frekuensi Data Prestasi Belajar Siswa Interval Frekuensi Persentase Jumlah Berdasarkan tabel distribusi data variabel prestasi belajar di atas dapat diketahui bahwa pada distribusi data variabel Y diperoleh kelas sebanyak 7 dan panjang interval 0. Nilai yang paling banyak muncul terdapat pada interval 85 dengan frekuensi sebanyak 14. Gambaran mengenai distribusi variabel prestasi belajar siswa dapat dilihat pada gambar di bawah ini: Prestasi Belajar Gambar 4.3 Histogram Data Prestasi Belajar Siswa

8 54 B. Pengujian Persyaratan Analisis Langkah selanjutnya yang peneliti lakukan adalah dengan melaksanakan pengujian persyaratan analisis yang merupakan langkah dalam melakukan pengujian hipotesis yaitu membuktikan hipotesis yang dirumuskan diterima atau ditolak. Persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat melakukan analisis data dengan uji regresi regresi ganda yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: 1. Uji Normalitas 2. Uji Linearitas 3. Uji Multikolinearitas 4. Uji Heteroskedastisitas Untuk memenuhi syarat-syarat dalam pelaksanaan pengujian hipotesis maka dilakukan kegiatan sebagai berikut: 1. Melakukan Uji Normalitas untuk setiap variabel X 1, X 2 dan Y Uji normalitas digunakan untuk menguji apakah data yang telah diperoleh mempunyai sebaran data yang normal, maksudnya penyebaran nilai dari sampel yang mewakili telah mencerminkan populasinya. Uji normalitas dalam penelitian ini menggunakan Uji One Sample Kolmogorov-Smirnov. Hasil dari uji normalitas data penelitian ini dapat dilihat pada tabel sebagai berikut:

9 55 Tabel 4.5 Hasil Uji Normalitas Data One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test Lingkungan Keluarga Motivasi Belajar Intrinsik Prestasi Belajar N Normal Parameters a,,b Mean Std. Deviation Most Extreme Differences Absolute Positive Negative Kolmogorov-Smirnov Z Asymp. Sig. (2-tailed) a. Test distribution is Normal. b. Calculated from data. Dari hasil tersebut, maka dapat dijelaskan sebagai berikut: a. Uji Normalitas Lingkungan Keluarga (X 1 ) Dari hasil perhitungan uji normalitas data motivasi (X 1 ) dengan menggunakan program SPSS 17 diperoleh output yaitu nilai signifikansi atau asymp. sig. sebesar 0,751. Apabila dibandingkan dengan taraf signifikansi 5% maka sig. X 1 > 0,05 atau 0,751 > 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa distribusi data normal. b. Uji Normalitas Motivasi Belajar Intrinsik (X 2 ) Dari hasil perhitungan uji normalitas data motivasi intrinsik (X 2 ) dengan menggunakan program SPSS 17 diperoleh output yaitu nilai signifikansi atau asymp. sig. sebesar 0,144. Apabila dibandingkan dengan taraf signifikansi 5% maka sig. X 2 > 0,05 atau 0,144 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penyebaran data motivasi belajar intrinsik berdistribusi normal.

10 56 c. Uji Normalitas Prestasi Belajar (Y) Dari hasil perhitungan uji normalitas data prestasi belajar (Y) dengan menggunakan program SPSS 17 diperoleh output yaitu nilai signifikansi atau asymp. sig. sebesar 0,170. Apabila dibandingkan dengan taraf signifikansi 5% maka sig. Y > 0,05 atau 0,170 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penyebaran data prestasi belajar berdistribusi normal. 2. Melakukan Uji Linearitas X1 terhadap Y dan X2 terhadap Y Uji linearitas dalam penelitian ini digunakan untuk menguji apakah terdapat pengaruh yang linear terhadap variabel yang diukur. Kelinearan suatu variabel yang dimaksud adalah bahwa jika terdapat kenaikan nilai variabel bebas, maka akan diikuti pula oleh kenaikan variabel terikat. Uji linearitas X terhadap Y dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS 17. Hasil dari uji linearitas data penelitian ini dapat dilihat sebagai berikut: a. Linearitas Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa (X 1 - Y) Tabel 4.6 Hasil Uji Linearitas X 1 Y ANOVA Table Sum of Squares df Mean Square F Sig. Prestasi Belajar * Lingkungan Keluarga Between Groups (Combined) Linearity Deviation from Linearity Within Groups Total

11 57 Dari hasil perhitungan uji linearitas data pada tabel ANOVA diperoleh harga F hitung Deviation from linearity pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar sebesar 0,829 dan nilai signifikansi sebesar 0,635. Apabila dikonsultasikan dengan taraf signifikansi 5% maka diperoleh 0,635 > 0,05. Sedangkan nilai F hitung apabila dikonsultasikan dengan nilai F tabel diperoleh F hitung < F tabel atau 0,829 < 3,187 maka model linear yang diambil cocok. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh kedua variabel bersifat linear (X 1 linear terhadap Y). b. Linearitas Motivasi Belajar Intrinsik terhadap Prestasi Belajar (X 2 Y) Tabel 4.7 Hasil Uji Linearitas X 2 Y ANOVA Table Sum of Squares df Mean Square F Sig. Prestasi Belajar * Motivasi Belajar Intrinsik Between Groups (Combined) Linearity Deviation from Linearity Within Groups Total Dari hasil perhitungan uji linearitas data pada tabel ANOVA diperoleh harga F hitung Deviation from linearity pengaruh antara motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi belajar sebesar 0,858 dan nilai signifikansi sebesar 0,569. Apabila dikonsultasikan dengan taraf signifikansi 5% maka diperoleh 0,569 > 0,05. Sedangkan nilai F hitung apabila dikonsultasikan dengan nilai F tabel diperoleh F hitung < F tabel atau 0,858 < 3,187 maka model linear yang diambil cocok. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh kedua variabel bersifat linear (X 2 linear terhadap Y).

12 58 3. Melakukan Uji Multikolenearitas Tujuan utama dari uji multikolinearitas ini adalah untuk menguji apakah pada model regresi ditemukan adanya regresi antara variabel independen. Adapun hasil uji dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Tabel 4.8 Hasil Uji Multikolenearitas Data Coefficients a Unstandardized Coefficients Standardize d Coefficients Collinearity Statistics Model B Std. Error Beta t Sig. Tolerance VIF 1 (Constant) Lingkungan Keluarga Motivasi Belajar Intrinsik a. Dependent Variable: Prestasi Belajar Berdasarkan uji multikolinearitas di atas dapat dilihat bahwa nilai VIF variabel lingkungan keluarga (X 1 ) dan motivasi belajar intrinsik (X 2 ) kurang dari 5 dan mendekati angka 1. Maka, dapat disimpulkan bahwa kedua variabel bebas tersebut terbebas dari masalah multikolinearitas atau tidak ada pengaruh antara variabel bebas. (lampiran)

13 59 4. Uji Heteroskedastisitas Gambar 4.4 Scatterplot Sebaran data (titik-titik) menyebar diantara garis 0 secara vertical maupun horizontal menunjukkan bahwa tidak ada gejala heteroskedastisitas. C. Pengujian Hipotesis Pengujian hipotesis dilakukan untuk mengetahui apakah hipotesis alternatif yang diajukan dapat diterima atau ditolak. Hipotesis diterima apabila hasil analisis dari data yang telah terkumpul memiliki data yang signifikan, sehingga dapat membuktikan pernyataan di dalam hipotesis. Sebaliknya hipotesis akan ditolak

14 60 apabila hasil analisis data tidak signifikan yang berarti tidak dapat membuktikan pernyataan di dalam hipotesis. Langkah-langkah yang dilakukan dalam pengujian hipotesis dalam penelitian ini meliputi: 1. Penafsiran Hasil Analisis Data 2. Penafsiran Pengujian Hipotesis 3. Kesimpulan Pengujian Hipotesis Adapun penjabaran dari langkah-langkah dalam pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Pengujian Hasil Analisis Data Data yang telah terkumpul disusun secara sistematis dalam data induk dan tabel kerja analisis data. Selanjutnya melakukan pengujian persyaratan analisis yang merupakan langkah dalam melakukan pengujian hipotesis. Persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat melakukan analisis data dengan uji regresi ganda yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan program SPSS 17.0 sebagai berikut: a. Menguji koefisien regresi 1) Menguji koefisien regresi sederhana antara X 1 terhadap Y dan X 2 terhadap Y

15 61 a) Pengujian koefisien regresi sederhana X 1 Y Tabel Hasil Uji Koefisien Regresi Sederhana X 1 -Y Correlations Prestasi Belajar Lingkungan Keluarga Prestasi Belajar Pearson Correlation ** Sig. (2-tailed).001 N Lingkungan Keluarga Pearson Correlation.461 ** 1 Sig. (2-tailed).001 N **. Correlation is significant at the 0.01 level (2-tailed). Dari hasil perhitungan uji koefisien regresi sederhana diperoleh harga r hitung (pearson correlation) pengaruh antara variabel lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar sebesar 0,461 dan nilai signifikansi sebesar 0,001. Apabila dikonsultasikan dengan taraf signifikansi 5% maka diperoleh 0,001 < 0,05. Sedangkan nilai r tabel untuk N= 52 adalah 0,273. Apabila r hitung dikonsultasikan dengan r tabel maka r hitung > r tabel atau 0,461 > 0,273. Maka Ho ditolak, sedangkan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga dan prestasi belajar siswa.

16 62 b) Pengujian koefisien regresi sederhana X 2 Y Tabel Hasil Uji Koefisien Regresi Sederhana X 2 Y Correlations Prestasi Belajar Motivasi Belajar Intrinsik Prestasi Belajar Pearson Correlation ** Sig. (2-tailed).006 N Motivasi Belajar Intrinsik Pearson Correlation.377 ** 1 Sig. (2-tailed).006 N **. Correlation is significant at the 0.01 level (2-tailed). Dari hasil perhitungan uji koefisien regresi sederhana diperoleh harga r hitung (pearson correlation) pengaruh antara motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi belajar sebesar 0,377 dan nilai signifikansi sebesar 0,006. Apabila dikonsultasikan dengan taraf signifikansi 5% maka diperoleh 0,006 < 0,050. Sedangkan nilai r tabel untuk N= 52 adalah 0,273. Apabila r hitung dikonsultasikan dengan r tabel maka r hitung > r tabel atau 0,377 > 0,273 Maka Ho ditolak, sedangkan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar intrinsik dan prestasi belajar siswa 2) Pengujian koefisien regresi multipel antara kriterium Y dengan prediktor X 1 dan prediktor X 2 Apabila menghitung koefisien multipel antara kriterium Y dengan prediktor X 1 dan prediktor X 2 menggunakan program SPSS 17 dapat dilihat pada output Model Summary sebagai berikut:

17 63 Tabel Hasil Uji koefisien regresi multiple Model Summary b Adjusted R Std. Error of the Model R R Square Square Estimate Durbin-Watson a a. Predictors: (Constant), Motivasi Belajar Intrinsik, Lingkungan Keluarga b. Dependent Variable: Prestasi Belajar Berdasarkan hasil penghitungan pada model summary diperoleh harga koefisien regresi multipel (R) sebesar 0,544 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel Y dengan kedua variabel independennya adalah kuat karena lebih besar dari 0,05 atau 0,544 > 0,05. Sedangkan harga koefisien determinasi (R 2 ) atau angka R Square sebesar 0,296. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa besarnya kontribusi kedua variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 29,6%. Sedangkan sisanya (100% - 29,6% = 70,4%) selebihnya sebesar 70,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

18 64 b. Pengujian Taraf Signifikansi Tabel Hasil Uji Signifikansi ANOVA b Model Sum of Squares Df Mean Square F Sig. 1 Regression a Residual Total a. Predictors: (Constant), Motivasi Belajar Intrinsik, Lingkungan Keluarga b. Dependent Variable: Prestasi Belajar Dari hasil perhitungan uji signifikansi pada tabel ANOVA diperoleh nilai F hitung uji signifikansi koefisien regresi ganda sebesar 10,311 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Apabila dibandingkan dengan taraf signifikansi 5% maka diperoleh 0,000 < 0,05. Sedangkan nilai F tabel sebesar 3,187. Apabila dibandingkan dengan nilai F tabel maka nilai F hitung > F tabel atau 10,311 > 3,187. Maka Ho ditolak, sedangkan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga dan motivasi belajar intrinsik secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. c. Garis Regresi Linear Multipel Persamaan regresi dperoleh dari hasil penghitungan data yang ada pada tabel coefficient. Persamaan regresi dapat dilihat pada output program SPSS 17.0 sebagai berikut:

19 65 Tabel Hasil Uji Persamaan Regresi Multipel Coefficients a Unstandardized Coefficients Standardized Coefficients Collinearity Statistics Toleran Model B Std. Error Beta t Sig. ce VIF 1 (Constant) Lingkungan Keluarga Motivasi Belajar Intrinsik a. Dependent Variable: Prestasi Belajar Berdasarkan tabel di atas, diperoleh persamaan regresi linear multipel sebagai berikut : Ŷ = 71, ,140 X 1 + 0,173 X 2 Keterangan: Ŷ : Prestasi Belajar Siswa X 1 X 2 : Lingkungan Keluarga : Motivasi Belajar Intrinsik Konstanta sebesar 71,102 menyatakan bahwa jika nilai variabel bebas X 1 dan X 2 sama dengan nol, maka nilai Y adalah 71,102. Koefisien regresi X 1 = 0,140 menyatakan bahwa setiap terjadi peningkatan atau penurunan satu unit lingkungan keluarga maka akan meningkatkan atau menurunkan prestasi belajar siswa sebesar 0,140. Koefisien regresi X 2 = 0,173 menyatakan bahwa setiap terjadi peningkatan atau penurunan satu unit motivasi belajar intrinsik maka akan meningkatkan atau menurunkan prestasi belajar siswa sebesar 0,173.

20 66 d. Penghitungan Sumbangan Relatif dan Sumbangan Efektif X 1 dan X 2 terhadap Y Setelah melalui perhitungan sesuai dengan rumus seperti yang terlihat pada (lampiran) diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Sumbangan relatif X 1 dan X 2 terhadap Y a) Sumbangan relatif lingkungan kelurga (X 1 ) terhadap prestasi belajar siswa (Y) sebesar 62,40% b) Sumbangan relatif motivasi belajar intrinsik (X 2 ) terhadap prestasi belajar siswa (Y) sebesar 37,60% 2) Sumbangan efektif X 1 dan X 2 terhadap Y a) Sumbangan efektif lingkungan keluarga (X 1 ) terhadap prestasi belajar siswa (Y) sebesar 18,47% b) Sumbangan efektif motivasi belajar intrinsik (X 2 ) terhadap prestasi belajar siswa (Y) sebesar 11,13% 2. Penafsiran Pengujian Hipotesis Setelah dilakukan analisis data untuk pengujian hipotesis selanjutnya dilakukan penafsiran pengujian hipotesis. Penafsiran terhadap regresi linear hanya dapat dipertanggungjawabkan bila r hitung dan F hitung yang diperoleh berarti atau signifikan. Penafsiran pengujian hipotesis yang dapat dikemukakan sebagai berikut: a. Uji Koefisien Regresi Sederhana 1) Regresi antara X 1 terhadap Y Dari pengujian hasil analisis data pada tabel Pearson Correlation (lampiran), untuk mengetahui keberartian lingkungan keluargai (X 1 ) terhadap prestasi belajar siswa (Y) diperoleh nilai r hitung sebesar 0,461 sedangkan taraf signifikansi 5%, N= 52 responden diperoleh r tabel sebesar 0,273. Dengan demikian maka r hitung lebih besar dari r tabel atau 0,461 >

21 67 0,273. Sehingga dapat ditafsirkan bahwa lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Besarnya pengaruh dalam penelitian ini dapat dilihat dari besarnya sumbangan relatif lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa sebesar 62,40% dan sumbangan efektif sebesar 18,47%. Besarnya nilai sumbangan diperoleh dari aspek-aspek yang terdapat dalam lingkungan keluarga. Dari aspek-aspek yang ada tersebut, apabila terlaksana akan membantu siswa dalam usahanya meningkatkan prestasi belajar yang tinggi. 2) Regresi antara X 2 terhadap Y Dari pengujian hasil analisis pada tabel Pearson Correlation (lampiran), untuk mengetahui keberartian motivasi belajar intrinsik (X 2 ) terhadap prestasi belajar siswa (Y) diperoleh nilai r hitung sebesar 0,377 sedangkan pada taraf signifikansi 5%, N= 52 responden diperoleh r tabel sebesar 0,273. Dengan demikian maka r hitung lebih besar dari r tabel atau 0,377 > 0,273. Sehingga dapat ditafsirkan bahwa motivasi belajar intrinsik berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Besarnya pengaruh dalam penelitian ini dapat dilihat dari besarnya sumbangan relatif motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi belajar siswa sebesar 37,60% dan sumbangan efektif sebesar 11,13%. Besarnya nilai sumbangan diperoleh dari aspek-aspek yang terdapat dalam motivasi belajar intrinsik. Dari aspek-aspek yang ada tersebut, apabila terlaksana akan menunjang prestasi belajar siswa. b. Regresi Multipel X 1 dan X 2 terhadap Y Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai R 2 = 0,296. Hal ini berarti lingkungan keluarga dan motivasi belajar intrinsik secara bersamasama memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar siswa. Kontribusi tersebut yaitu sebesar 29,6%. Karena besarnya kontribusi belum mencapai

22 68 100%, maka sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini, yaitu sebesar 70,4%. Berdasarkan analisis data pada tabel Model Summary, yang telah dilakukan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga (X 1 ) dan motivasi belajar intrinsik (X 2 ) secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa (Y) diperoleh hasil nilai F hitung sebesar 10,311 dan F tabel sebesar 3,187 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Apabila dibandingkan maka F hitung > F tabel atau 10,311> 3,187. Karena itu dapat ditafsirkan bahwa lingkungan keluarga dan motivasi belajar intrinsik secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. 3. Kesimpulan Pengujian Hipotesis Setelah dilakukan pengujian hipotesis dan penafsiran pengujian hipotesis, maka selanjutnya dikemukakan kesimpulan pengujian hipotesis. Kesimpulan pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: a. Hipotesis 1 Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh nilai rhitung variabel lingkungan keluarga (X 1 ) sebesar 0,461 dan r tabel sebesar 0,273. Sehingga dapat dikatakan bahwa nilai r hitung > r tabel atau 0,461 > 0,273 maka Ha diterima dan Ho ditolak pada taraf signifikansi sebesar 0,05. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa Mata Pelajaran Korespondensi kelas X Administrasi Perkantoran SMK N 1 Karanganyar tahun ajaran 2014/2015 terbukti dapat diterima. b. Hipotesis 2 Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh nilai rhitung variabel motivasi intrinsik (X 2 ) sebesar 0,377 dan r tabel sebesar 0,273. Sehingga dapat dikatakan bahwa nilai r hitung > r tabel atau 0,377 > 0,273 maka Ha diterima dan Ho ditolak pada taraf signifikansi sebesar 0,05. Dengan demikian hipotesis

23 69 yang menyatakan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi belajar siswa Mata Pelajaran Korespondensi kelas X Administrasi Perkantoran SMK N 1 Karanganyar tahun ajaran 2014/2015 terbukti dapat diterima. c. Hipotesis 3 Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh F hitung sebesar 10,311 dan F tabel sebesar 3,187. Sehingga dapat dikatakan bahwa nilai F hitung > F tabel atau 10,311 > 3,187. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga dan motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi belajar siswa Mata Pelajaran Korespondensi kelas X Administrasi Perkantoran SMK N 1 Karanganyar tahun ajaran 2014/2015 terbukti dapat diterima. D. Pembahasan Hasil Analisis Data Setelah dilakukan analisis data untuk pengujian hipotesis kemudian dilakukan pembahasan hasil analisis data. Pembahasan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Lingkungan Keluarga Berdasarkan hasil analisis uji r bahwa ada pengaruh yang signifikan dari variabel lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Korespondensi kelas X Administrasi SMK N 1 Karanganyar dengan r hitung sebesar 0,464 yang dikonsultasikan dengan r tabel maka didapat hubungan yang kuat antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini berarti lingkungan keluarga mempunyai pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar siswa. Sesuai dengan teori Slameto yang mengemukakan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi lingkungan keluarga yang meliputi cara orang tua mendidik, relasi antar anggota keluarga, suasana rumah dan keadaan ekonomi orang tua. Dari hasil pengumpulan data, tingkat pencapaian variabel lingkungan keluarga (X 1 ) adalah 77,36%. Angka tersebut diperoleh dengan membandingkan

24 70 hasil angket yang diberikan kepada 52 siswa dengan skor tertinggi kriterium untuk setiap variabel. Berdasarkan pada persentase tersebut dapat diketahui bahwa lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa SMK N 1 Karanganyar masih perlu ditingkatkan pengaruh positifnya agar lebih baik, hal ini dapat dilihat karena belum terpenuhinya sebagian aspek yang mendukung dalam lingkungan keluarga. Pencapaian variable lingkungan keluarga adalah 77,36% berarti masih terdapat beberapa hal-hal yang belum terpenuhi. Dari data yang telah terkumpul, item soal nomor 6 mendapatkan skor tertinggi yaitu sebesar 168 yang berisi pernyataan Di dalam keluarga saya sering terjadi konflik atau pertengkaran sehingga saya sering terganggu ketika belajar. Hal itu berarti bahwa kondisi lingkungan keluarga khususnya di dalam rumah cenderung kondusif, sehingga dapat memungkinkan siswa untuk belajar dengan baik dan tenang. Selain itu dari data yang telah terkumpul item soal nomor 2 yang mendapatkan skor terendah yaitu 154 yang berisi pernyataan Orang tua saya selalu mengingatkan saya untuk belajar ketika di rumah. Hal itu berarti bahwa sebagian orang tua kurang memperhatikan perkembangan belajar dari anak-anaknya yang dapat dilihat dari hasil nilai ulangan yang mereka dapatkan. 2. Motivasi Belajar Intrinsik Berdasarkan hasil analisis uji r bahwa ada pengaruh yang signifikansi dari variabel motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Korespondensi kelas X Administrasi Perkantoran SMK N 1 Karanganyar tahun ajaran 2014/2015 dengan r hitung sebesar 0,377 yang dikonsultasikan dengan r tabel maka didapat hubungan yang kuat antara variabel motivasi intrinsik dengan prestasi belajar siswa. Hal ini berarti motivasi belajar intrinsik mempunyai pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar siswa. Dari hasil pengumpulan data, tingkat pencapaian variabel motivasi belajar intrinsik (X 2 ) adalah 76,2%. Angka tersebut diperoleh dengan

25 71 membandingkan hasil angket yang diberikan kepada 52 siswa dengan skor tertinggi kriterium untuk setiap variabel. Berdasarkan pada persentase tersebut, maka motivasi belajar intrinsik siswa SMK N 1 Karanganyar tahun ajaran 2014/2015 belum maksimal karena belum mencapai 100%. Oleh karena itu, motivasi belajar intrinsik siswa masih perlu untuk ditingkatkan. Karena belum terpenuhinya sebagian aspek yang mendukung dalam motivasi belajar intrinsik. Pencapaian tingkat motivasi belajar intrinsik adalah 76,2% berarti masih terdapat beberapa hal-hal yang belum terpenuhi. Dari data yang terkumpul, pernyataan nomor 17 mendapatkan skor tertinggi yaitu sebesar 169 yang berisi pernyataan Saya malu bertanya kepada guru ketika kurang paham akan materi yang disampaikan oleh guru. Hal itu berarti siswa memiliki motivasi untuk memahami materi pelajaran dengan baik. Selain itu, dari data yang terkumpul, pernyataan dengan jumlah skor terendah yaitu 148 pada item nomor 26 yang berisi pernyataan Saya merasa tidak perlu mengulang kembali pelajaran yang disampai oleh guru di rumah. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian siswa kurang memiliki motivasi belajar intrinsik untuk mengulang kembali pelajaran yang telah di sampaikan guru ketika di rumah. Sehingga hal tersebut mengakibatkan prestasi belajar yang dicapai belum optimal. 3. Prestasi Belajar Siswa Berdasarkan hasil pengumpulan data, tingkat pencapaian variable prestasi belajar siswa (Y) mata pelajaran korespondensi kelas X Administrasi Perkantoran SMK N 1 Karanganyar tahun ajaran 2014/2015 adalah 85,59%. Angka tersebut diperoleh dengan melihat nilai rapor dari 52 siswa dengan skor tertinggi kriterium untuk setiap variabel. Berdasarkan persentase tersebut, maka prestasi belajar siswa mata pelajaran korespondensi kelas X Administrasi Perkantoran SMK N 1 Karanganyar tahun ajaran 2014/2015 belum mencapai skor maksimal yaitu 100%. Oleh karena itu, prestasi belajar siswa masih perlu ditingkatkan untuk kedepannya.

26 72 Berdasarkan dari data yang diperoleh, dapat diketahui bahwa siswa yang mempunyai skor tinggi dalam variabel lingkungan keluarga dan motivasi intrinsik mempunyai angka yang tinggi pula dalam prestasi belajar siswa. Pernyataan ini dibuktikan dengan nilai regresi yang bertanda positif dan memiliki nilai yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa lingkungan keluarga dan motivasi belajar intrinsik, mempengaruhi tinggi rendahnya prestasi belajar siswa yang didapatkan. Namun, dari data yang diperoleh, peneliti beranggapan bahwa prestasi belajar siswa tidak hanya dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan motivasi belajar intrinsik, melainkan juga dipengaruhi oleh variabel variabel lain yang tidak tercakup dalam penelitian ini.

BAB IV HASIL PENELITIAN. kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, tentang budaya. religius dan pembentukan karakter peserta didik.

BAB IV HASIL PENELITIAN. kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, tentang budaya. religius dan pembentukan karakter peserta didik. 101 BAB IV HASIL PENELITIAN A. Deskripsi Data Statistik deskriptif ini digunakan sebagai dasar untuk menguraikan kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, tentang budaya religius dan pembentukan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN. kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, baik mengenai

BAB IV HASIL PENELITIAN. kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, baik mengenai BAB IV HASIL PENELITIAN A. Deskripsi Data Statistik deskriptif digunakan sebagai dasar untuk menguraikan kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, baik mengenai kompetensi guru, motivasi

Lebih terperinci

STATISTIK DESKRIPTIF. Statistics. Strategi Membaca

STATISTIK DESKRIPTIF. Statistics. Strategi Membaca 2 Lampiran 8 Statistics N Mean Median Mode Std. Deviation Variance Range Minimum Maximum Sum Valid Missing STATISTIK DESKRIPTIF Statistics Strategi Membaca Variables Penguasaan Kosakata Kemampuan Memahami

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN

BAB IV HASIL PENELITIAN BAB IV HASIL PENELITIAN A. Penyajian Statistik Deskripsi Hasil Penelitian Statistik deskriptif ini digunakan sebagai dasar untuk menguraikan kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, baik

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN

BAB IV HASIL PENELITIAN 143 BAB IV HASIL PENELITIAN Pada bab ini diuraikan tentang: a) deskripsi data; b) uji prasyarat analisis; dan c) pengujian hipotesis penelitian. A. Deskripsi Data Penyajian statistik deskripsi hasil penelitian

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN. A. Deskripsi Data Penelitian ini dilakukan terhadap siswa di MAN se Kabupaten Blitar

BAB IV HASIL PENELITIAN. A. Deskripsi Data Penelitian ini dilakukan terhadap siswa di MAN se Kabupaten Blitar BAB IV HASIL PENELITIAN A. Deskripsi Data Penelitian ini dilakukan terhadap siswa di MAN se Kabupaten Blitar yang berjumlah 92 responden, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keterampilan dasar mengajar

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Deskripsi Data Hasil Penelitian Statistik deskriptif digunakan untuk melihat gambaran secara umum data yang telah dikumpulkan dalam penelitian ini. Berikut hasil

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Gambaran Umum Responden Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa responden yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pada Universitas

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN

BAB IV HASIL PENELITIAN BAB IV HASIL PENELITIAN A. DESKRIPSI DATA Data hasil penelitian terdiri dari dua variabel bebas yaitu variabel gaya belajar siswa (X1) dan variabel minat belajar siswa (X2) serta satu variabel terikat

Lebih terperinci

Contoh Analisis Data Korelasi Kecerdasan Emosi terhadap Stress Kerja 1. Sebaran Data Kecerdasan Emosi Hasil Skoring Kuesioner

Contoh Analisis Data Korelasi Kecerdasan Emosi terhadap Stress Kerja 1. Sebaran Data Kecerdasan Emosi Hasil Skoring Kuesioner Contoh Analisis Data Korelasi Kecerdasan Emosi terhadap Stress Kerja 1. Sebaran Data Kecerdasan Emosi Hasil Skoring Kuesioner 1. Sebaran Data Stress Kerja Hasil Skoring Kuesioner 2. Jumlah Skor Setiap

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. instrumen yang telah valid dan reliabel yaitu instrumen supervisi akademik

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. instrumen yang telah valid dan reliabel yaitu instrumen supervisi akademik BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 4.1. Hasil Penelitian Hasil penelitian berupa data jawaban 70 orang responden terhadap tiga instrumen yang telah valid dan reliabel yaitu instrumen supervisi akademik

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Hasil 1. Statistik Deskriptif Statistik deskriptif menggambarkan tentang ringkasan data data penelitian seperti jumlah data yang diolah, nilai minimum,

Lebih terperinci

LAMPIRAN 1 INSTRUMEN PENELITIAN. a. Sebelum Uji b. Setelah Uji

LAMPIRAN 1 INSTRUMEN PENELITIAN. a. Sebelum Uji b. Setelah Uji LAMPIRAN 1 INSTRUMEN PENELITIAN a. Sebelum Uji b. Setelah Uji 110 111 SEBELUM UJI ANGKET UJI COBA INSTRUMEN Petunjuk Pengisian Angket 1. Tulislah terlebih dahulu NAMA dan NIM pada tempat yang telah disediakan.

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN

BAB IV HASIL PENELITIAN 110 BAB IV HASIL PENELITIAN Pada bab ini diuraikan tentang: a) deskripsi data; b) uji prasyarat; dan c) pengujian hipotesis penelitian. A. Deskripsi Data Penelitian ini berjudul Pengaruh Profesionalisme

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL PEMBAHASAN 4.1 Analisis Profil Responden 4.1.1 Statistik Deskriptif Statistik deskriptif digunakan untuk melihat gambaran secara umum data yang telah dikumpulkan dalam penelitian

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI DAN ANALISIS DATA

BAB IV DESKRIPSI DAN ANALISIS DATA BAB IV DESKRIPSI DAN ANALISIS DATA A. Deskripsi Data Hasil Penelitian 1. Deskripsi Data Umum Deskripsi data umum berisi mengenai gambaran umum tempat penelitian yakni di MTs N 1 Kudus. MTs N 1 Kudus beralamatkan

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN Analisis pada bab ini dilakukan dari hasil kuisioner yang telah dikumpulkan. Responden dalam penelitian ini adalah pelanggan yang memiliki hubungan kerja dalam pemanfaatan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. Kedisiplinan dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. Kedisiplinan dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran 58 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Pada bab ini penulis akan membahas hasil penelitian tentang Kontribusi Kedisiplinan dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Menggambar Konstruksi

Lebih terperinci

LAMPIRAN HASIL PERHITUNGAN DATA PERUSAHAAN. EVA (Rp) EVA (Rp) EVA (Rp)

LAMPIRAN HASIL PERHITUNGAN DATA PERUSAHAAN. EVA (Rp) EVA (Rp) EVA (Rp) LAMPIRAN HASIL PERHITUNGAN DATA.AALI 2007 28,000 2008 2,322,65 5,503,624 5.96% 3.24%,443,635 5,435,000 6,986,53 8,448,847 9,800-65.00% 2009,805,596 6,632,423 4.67% 30.83%,495,758 35,83,250 9,80,622 26,650,628

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Hasil 1. Statistik Deskriptif Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari pendapatan premi, klaim, hasil investasi, dan laba. Statistik

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN 40 BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Statistik Deskriptif Statistik Deskriptif menjelaskan karakteristik dari masing-masing variabel yang terdapat dalam penelitian, baik variabel dependen maupun

Lebih terperinci

BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN. Statistik Deskriptif menjelaskan karakteristik dari masing-masing

BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN. Statistik Deskriptif menjelaskan karakteristik dari masing-masing BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN A. Statistik Deskriptif Statistik Deskriptif menjelaskan karakteristik dari masing-masing variabel yang terdapat dalam penelitian, baik variabel dependen maupun variabel independent

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. 4.1 Analisis Karakteristik Berdasarkan Responden

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. 4.1 Analisis Karakteristik Berdasarkan Responden BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Analisis Karakteristik Berdasarkan Responden Penulis telah melakukan penelitian mengenai pengaruh motivasi dan kepuasan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan di Casa

Lebih terperinci

Cahaya Fajrin R Pembimbing : Dr.Syntha Noviyana, SE., MMSI

Cahaya Fajrin R Pembimbing : Dr.Syntha Noviyana, SE., MMSI ANALISIS PENGARUH PERIODE PERPUTARAN HUTANG DAGANG DAN RASIO LANCAR, TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi pada perusahaan manufaktur sektor Tekstil dan Garmen yang terdaftar di BEI tahun 2010-2012)

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. ANALISIS HASIL 1. Hasil Sampling Responden dalam hasil penelitian ini adalah wajib pajak badan yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Kembangan

Lebih terperinci

CHAIRUNNISA NURSANI

CHAIRUNNISA NURSANI PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, EARNING MANAGEMENT, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERBANKAN (Studi pada Emiten Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015)

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN 46 A. Statistik Deskriptif BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN Statistik deskriptif menggambarkan tentang ringkasan data-data penelitian seperti nilai minimum, maksimum, mean, dan standard deviasi dari masing-masing

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Hasil Penelitian 1. Deskripsi Tempat Penelitian Pondok Pesantren Sunan Pandanaran beralamat di jalan Demuk Gg. Roda Ngunut. Pondok ini dikhususkan bagi para siswi

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. data dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi Analisis bivariate

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. data dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi Analisis bivariate digilib.uns.ac.id BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Penelitian ini dilakukan pada ibu yang mempunyai bayi umur 6 12 bulan. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Mei 2013 di desa Krebet. Analisis data

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN. A. Analisis Jumlah WP, Jumlah Pokok Ketetapan PBB dan Realisasi TABEL 4.1 JUMLAH WAJIB PAJAK DAN KETETAPAN PBB

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN. A. Analisis Jumlah WP, Jumlah Pokok Ketetapan PBB dan Realisasi TABEL 4.1 JUMLAH WAJIB PAJAK DAN KETETAPAN PBB BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Jumlah WP, Jumlah Pokok Ketetapan PBB dan Realisasi Oleh karena penelitian ini mengarah kepada perpajakan khususnya PBB, maka data yang disajikan pada gambaran

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Statistik Deskriptif Statistik deskriptif menggambarkan tentang ringkasan data-data penelitian seperti nilai minimum, maksimum, mean, dan standar deviasi

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN. Dengan rasio aktivitas, kita dapat mengetahui tingkat persediaan,

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN. Dengan rasio aktivitas, kita dapat mengetahui tingkat persediaan, BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN A. Analisa Deskriptif 1. Deskriptif Statistik Dengan rasio aktivitas, kita dapat mengetahui tingkat persediaan, penjualan serta perputaran aktiva tetap pada suatu perusahaan.

Lebih terperinci

HASIL UJI REGRESI PENGARUH KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY. Descriptive Statistics

HASIL UJI REGRESI PENGARUH KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY. Descriptive Statistics LAMPIRAN 3 HASIL UJI REGRESI PENGARUH KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY Deskripsi Data Descriptive Statistics N Minimum Maximum Mean Std. Deviation TA 42 3.386499 8.013065

Lebih terperinci

BAB IV ANALISA HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISA HASIL DAN PEMBAHASAN 58 BAB IV ANALISA HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Hasil 1. Statistik Deskriptif a. Analisis Deskriptif Statistik Deskriptif digunakan untuk melihat gambaran secara umum data yang telah dikumpulkan dalam

Lebih terperinci

BAB IV PEMBAHASAN. Berdasarkan data olahan SPSS yang meliputi audit delay, ukuran

BAB IV PEMBAHASAN. Berdasarkan data olahan SPSS yang meliputi audit delay, ukuran BAB IV PEMBAHASAN A. Analisis Data 1. Uji Statistik Deskriptif Berdasarkan data olahan SPSS yang meliputi audit delay, ukuran perusahaan, tingkat profitabilitas, rasio solvabilitas dan opini auditor, maka

Lebih terperinci

BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Statistik Deskriptif Satistik deskriptif masing masing variabel penelitian ini ditampilkan untuk mempermudah dalam mengetahui tanggapan umum responden terhadap

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN. Statistik deskriptif menggambarkan tentang ringkasan data-data penelitian

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN. Statistik deskriptif menggambarkan tentang ringkasan data-data penelitian BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Statistik Deskriptif Statistik deskriptif menggambarkan tentang ringkasan data-data penelitian seperti nilai minimum, maksimum, mean, dan standard deviasi dari masingmasing

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN 31 BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Statistik Deskriptif Statistik deskriptif ini digunakan untuk memberikan gambaran mengenai demografi responden penelitian. Data demografi tersebut antara lain

Lebih terperinci

Responden. Yang terhormat,

Responden. Yang terhormat, LAMPIRAN 113 114 PENGARUH BESAR MODAL USAHA (MODAL SENDIRI), PEMBERIAN KREDIT, DAN TINGKAT SUKU BUNGA KREDIT TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PEDAGANG KECIL DI DESA TIRTONIRMOLO KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN

Lebih terperinci

DAFTAR SAMPEL PENELITIAN

DAFTAR SAMPEL PENELITIAN Lampiran i DAFTAR SAMPEL PENELITIAN No Kabupaten/Kota Kriteria Sampel Penelitian 1 2 Sampel 1 Kab. Banyuasin Sampel 1 2 Kab. Empat Lawang Sampel 2 3 Kab. Lahat Sampel 3 4 Kab. Muara Enim - 5 Kab. Musi

Lebih terperinci

BAB IV ANALISA DAN HASIL PEMBAHASAN

BAB IV ANALISA DAN HASIL PEMBAHASAN BAB IV ANALISA DAN HASIL PEMBAHASAN A. Statistik Deskriptif Dalam analisis statistik obyek penelitian pada sub bab ini, peneliti akan menjabarkan hasil perhitungan nilai minimum, nilai maksimum, ratarata

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. teori yang menjadi dasar dan data yang diperoleh dari Badan

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. teori yang menjadi dasar dan data yang diperoleh dari Badan BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Bab ini menguraikan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan membandingkan teori yang menjadi dasar dan data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL PENELITIAN. Data-data yang diolah dalam penelitian ini adalah kuesioner yang

BAB 4 HASIL PENELITIAN. Data-data yang diolah dalam penelitian ini adalah kuesioner yang BAB 4 HASIL PENELITIAN 4.1 Data Responden Data-data yang diolah dalam penelitian ini adalah kuesioner yang desebarkan kepada pengguna website Kreavi.com melalui email admin. Dari kuesioner diperoleh data

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. diperoleh dari penyebaran kuesioner pada konsumen.

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. diperoleh dari penyebaran kuesioner pada konsumen. 56 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. Gambaran Umum Responden 1. Tempat dan Waktu Penelitian Pada bab ini, penulis melakukan analisis secara keseluruhan mengenai pengaruh citra merek dan kepercayaan merek

Lebih terperinci

BAB 4 ANALISIS DAN PEMBAHASAN

BAB 4 ANALISIS DAN PEMBAHASAN 43 BAB 4 ANALISIS DAN PEMBAHASAN 4.1 Deskriptif Sampel 1. Gambaran Umum Sampel Perusahaan manufaktur merupakan perusahaan yang kegiatan utamanya adalah memproduksi atau membuat bahan baku menjadi barang

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Statistik Deskriptif Dalam penelitian yang dimaksud dengan Analisis Statistik Deskriptif adalah proses transformasi data penelitian dalam bentuk tabulasi

Lebih terperinci

KUESIONER PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEPERCAYAAN, IMAGE TERHADAP KEPUASAN NASABAH YANG MEMINJAM DANA

KUESIONER PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEPERCAYAAN, IMAGE TERHADAP KEPUASAN NASABAH YANG MEMINJAM DANA Lampiran 1 KUESIONER PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEPERCAYAAN, IMAGE TERHADAP KEPUASAN NASABAH YANG MEMINJAM DANA PADA PT BPR MILALA MEDAN 1. Identitas Responden Nama : Umur : Tahun : Jenis Kelamin : Pekerjaan

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN. Perusahaan emiten manufaktur sektor (Consumer Goods Industry) yang

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN. Perusahaan emiten manufaktur sektor (Consumer Goods Industry) yang BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Deskripsi Objek Penelitian Perusahaan emiten manufaktur sektor (Consumer Goods Industry) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia memiliki beberapa perusahaan, dan

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN EVALUASI DATA. Tabel 4.1. Hasil Perhitungan Rasio-Rasio Keuangan. PT. Indofood Tbk. Periode

BAB IV ANALISIS DAN EVALUASI DATA. Tabel 4.1. Hasil Perhitungan Rasio-Rasio Keuangan. PT. Indofood Tbk. Periode BAB IV ANALISIS DAN EVALUASI DATA 1.1 Analisis Rasio Keuangan Tabel 4.1 Hasil Perhitungan Rasio-Rasio Keuangan PT. Indofood Tbk Periode 2006-2010 Tahun Triwulan ROE % EPS DER% Return Saham 2006 TW I 0,011748025

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN 37 BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN Penelitian ini bertujuan untuk meneliti adanya pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan PT PLN (Persero) pada Perumahan Pondok Bahar

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN Dalam bab ini membahas hasil data yang telah dikumpulkan dari para responden yaitu karyawan Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangerang di Tangerang. Data hasil kuesioner yang telah

Lebih terperinci

BAB IV ANALISA HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISA HASIL DAN PEMBAHASAN 42 BAB IV ANALISA HASIL DAN PEMBAHASAN A. Statistik Deskriptif Statistik deskriptif digunakan untuk melihat gambaran secara umum data yang telah dikumpulkan dalam penelitian ini. Gambaran tersebut dapat

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN Dalam bab ini penulis akan menerangkan mengenai hasil penelitian yang telah dilakukan atas data sekunder yaitu berupa komponen-komponen laporan keuangan yang diperoleh

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN A. Deskripsi Data 1. Deskripsi Responden Penelitian Responden dari penelitian ini adalah nasabah KOPENA Pekalongan. Pada bagian ini dijelaskan mengenai identitas reponden

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN 39 BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Statistik Deskriptif Berdasarkan nilai pada masing-masing variabel dapat diketahui nilai penelitian seperti nilai minimum, maksimum, mean dan standard deviasi

Lebih terperinci

BAB IV. Tabel 4.1. dan Pendapatan Bagi Hasil. Descriptive Statistics. Pembiayaan_Mudharabah E6 4.59E E E9

BAB IV. Tabel 4.1. dan Pendapatan Bagi Hasil. Descriptive Statistics. Pembiayaan_Mudharabah E6 4.59E E E9 BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Hasil 1. Uji Statistik Deskriptif Statistika deskriptif digunakan untuk melihat gambaran secara umum data yang sudah dikumpulkan dalam penelitian ini. Berikut

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Deskripsi Data Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah nilai kemampuan memori, kemampuan analisis terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Koloid.

Lebih terperinci

PENGUKURAN KINERJA KEUANGAN DENGAN METODE EARLY WARNING SYSTEM

PENGUKURAN KINERJA KEUANGAN DENGAN METODE EARLY WARNING SYSTEM PENGUKURAN KINERJA KEUANGAN DENGAN METODE EARLY WARNING SYSTEM DAN RISK BASED CAPITAL TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PREMI PERUSAHAAN PADA PT. LIPPO GENERAL INSURANCE, Tbk NAMA : Rani Eva Dewi NPM : 16212024

Lebih terperinci

LAMPIRAN. Daftar sampel penelitian Perusahaan Sub-Sektor Otomotif dan Komponen Periode

LAMPIRAN. Daftar sampel penelitian Perusahaan Sub-Sektor Otomotif dan Komponen Periode 99 LAMPIRAN Lampiran 1 Daftar sampel penelitian Perusahaan Sub-Sektor Otomotif dan Komponen Periode 2009-2013. NO KODE PERUSAHAAN NAMA PERUSAHAAN 1 ASII PT. Astra International, Tbk 2 AUTO PT. Astra Auto

Lebih terperinci

LAMPIRAN 1 KUESIONER. IDENTITAS RESPONDEN No. Responden : Umur : Pendidikan : Pekerjaan : Lama Menggunakan : a. < 1 tahun b. 1 3 tahun c.

LAMPIRAN 1 KUESIONER. IDENTITAS RESPONDEN No. Responden : Umur : Pendidikan : Pekerjaan : Lama Menggunakan : a. < 1 tahun b. 1 3 tahun c. LAMPIRAN 1 KUESIONER PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KECAP MANIS MEREK BANGO (STUDI KASUS PARA IBU RUMAH TANGGA DI KOMPLEK VILLA MUTIARA JOHOR II DAN TAMAN

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Statistik Deskriptif Statistika deskriptif membahas ruang lingkup distribusi frekuensi mencakup tendensi sentral, dispersi, dan grafik / diagram distribusi.

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Deskriptif Variabel Penelitian Sebelum analisis data dilakukan untuk membuktikan suatu hipotesis, terlebih dahulu harus mengumpulkan data yang dibutuhkan. Ini untuk

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN. berada di meruya selatan. dengan total 100 kuesioner yang diantarkan langsung

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN. berada di meruya selatan. dengan total 100 kuesioner yang diantarkan langsung BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Deskripsi Responden Berdasarkan kuesioner yang telah disebar kepada konsumen Warteg yang berada di meruya selatan. dengan total 100 kuesioner yang diantarkan langsung

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN 42 BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Statistik Deskriptif Analisis Statistik deskriptif adalah statistik yang berfungsi untuk mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap obyek yang diteliti

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Statistik Deskriptif Statistik deskriptif digunakan untuk melihat gambaran secara umum data yang telah dikumpulkan dalam penelitian ini. Hasil yang telah diperoleh

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Demografi Responden Dalam Bab ini penulis akan membahas mengenai hasil penelitian dan analisisnya yang telah dilakukan. Data penelitian ini diolah dengan

Lebih terperinci

ANALISIS HUBUNGAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP PELAYANAN PT. BANK CENTRAL ASIA (BCA)

ANALISIS HUBUNGAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP PELAYANAN PT. BANK CENTRAL ASIA (BCA) ANALISIS HUBUNGAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP PELAYANAN PT. BANK CENTRAL ASIA (BCA) Nama : Siti Ayuningtyas Proborini NPM : 19210085 Jurusan : Manajemen Pembimbing : Sriyanto, SE., MM Latar Belakang 1. Persaingan

Lebih terperinci

BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 5.1. Karakteristik Responden Responden dalam penelitian ini adalah konsumen di rumah makan Mie Ayam Oplosan Kedai Shoimah. Responden yang menjadi objek penelitian

Lebih terperinci

KUESIONER PENELITIAN ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEDAGANG PAKAIAN WANITA DI PASAR KOTA TANJUNG MORAWA

KUESIONER PENELITIAN ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEDAGANG PAKAIAN WANITA DI PASAR KOTA TANJUNG MORAWA KUESIONER PENELITIAN ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEDAGANG PAKAIAN WANITA DI PASAR KOTA TANJUNG MORAWA Nama Responden : Usia : Jenis Kelamin : Tingkat Pendidikan : Status : Jumlah

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Hasil Penelitian 1. Deskripsi Data Penyajian gambaran data dari masing - masing variabel yang diperoleh dari hasil penelitian di lapangan. Adapun variabel dalam

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Statistik Deskriptif Berdasarkan data yang diinput dari Annual Report (2008-2012) maka dapat dihitung rasio-rasio keuangan yang digunakan dalam penelitian

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK DI DESA PROTO KEDUNGWUNI PEKALONGAN

BAB IV ANALISIS PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK DI DESA PROTO KEDUNGWUNI PEKALONGAN BAB IV ANALISIS PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK DI DESA PROTO KEDUNGWUNI PEKALONGAN A. Analisis Uji Validitas dan Reliabilitas Pembahasan pada bab ini merupakan hasil

Lebih terperinci

Daftar Kabupaten/Kota Sampel. Nama Kabupaten/Kota

Daftar Kabupaten/Kota Sampel. Nama Kabupaten/Kota Lampiran 1 Daftar Kabupaten/Kota Sampel No. Tahun Nama Kabupaten/Kota 2005 2006 2007 Jumlah 1. Kabupaten Lima Puluh Kota Sampel 1 2. Kabupaten Agam Sampel 2 3. Kabupaten Kepulauan Mentawai Sampel 3 4.

Lebih terperinci

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA BELANJA ONLINE ELEVENIA STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA BELANJA ONLINE ELEVENIA STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA BELANJA ONLINE ELEVENIA STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA Nama : Fusi Windi Haqima Npm : 13213604 Kelas : 3EA29

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. Gambaran Umum Objek Penelitian PT Sinde Multi Kemasindo merupakan anak perusahan PT Sinde Bumi Sentosa. PT Sinde Multi Kemasindo didirikan pada tahun 2001, bergerak di bidang

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Statistik Deskriptif Pembuatan statistik deskriptif untuk sampel tersebut dibantu dengan menggunakan program komputer Statisical Package for Sosial Science atau

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. keputusan investasi terhadap nilai perusahaan pada perusahaan Consumer

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. keputusan investasi terhadap nilai perusahaan pada perusahaan Consumer BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. Gambaran Umum Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh struktur modal dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan pada perusahaan Consumer Goods yang terdaftar

Lebih terperinci

BAB IV PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN

BAB IV PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN 56 BAB IV PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN A. Deskripsi Data Hasil Penelitian 1. Data Tentang Model Pembelajaran Glasser a. Nilai Mean Setelah pemberian skor angket pada 21 responden yang sudah diuji dengan

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN. penelitian ini meliputi jumlah sampel (N), nilai minimum, nilai maksimum,

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN. penelitian ini meliputi jumlah sampel (N), nilai minimum, nilai maksimum, 44 BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Statistik Deskriptif Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif, maka pada Tabel 4.1 berikut ini akan ditampilkan karakteristik sample yang digunakan

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Uji Statistik Deskriptif Statistik deskriptif menjelaskan karakteristik dari masing-masing variabel yang terdapat dalam penelitian ini, baik variabel dependen maupun

Lebih terperinci

PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK DAN MOTIVASI EKSTRINSIK TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN DI PT. BANK RAKYAT INDONESIA CABANG KISARAN

PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK DAN MOTIVASI EKSTRINSIK TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN DI PT. BANK RAKYAT INDONESIA CABANG KISARAN LAMPIRAN 1 KUESIONER PENELITIAN PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK DAN MOTIVASI EKSTRINSIK TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN DI PT. BANK RAKYAT INDONESIA CABANG KISARAN I. UMUM Responden yang terhormat, Pernyataan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. atau populasi dan untuk mengetahui nilai rata-rata (mean), minimum, Tabel 4.1. Hasil Uji Statistik Deskriptif

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. atau populasi dan untuk mengetahui nilai rata-rata (mean), minimum, Tabel 4.1. Hasil Uji Statistik Deskriptif BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. Statistik Deskriptif Statistik deskriptif merupakan statistik yang berfungsi untuk memberikan gambaran terhadap objek yang diteliti melalui data sampel atau populasi dan

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN. Statistik deskriptif menggambarkan atau mendeskripsikan suatu data yang

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN. Statistik deskriptif menggambarkan atau mendeskripsikan suatu data yang 41 BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Statistik Deskriptif Statistik deskriptif menggambarkan atau mendeskripsikan suatu data yang dilihat dari nilai rata-rata (mean), standar deviasi, maksimum, minimum,

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN 36 BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Prosedur Pemilihan Sampel Penelitian Penelitian dilakukan dengan menggunakan perusahaan perbankan yang listing pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011 2013

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL PEMBAHASAN. Berikut ini diringkas pengiriman dan penerimaan kuesioner : Tabel 4.1. Rincian pengiriman Pengembalian Kuesioner

BAB IV ANALISIS HASIL PEMBAHASAN. Berikut ini diringkas pengiriman dan penerimaan kuesioner : Tabel 4.1. Rincian pengiriman Pengembalian Kuesioner BAB IV ANALISIS HASIL PEMBAHASAN 4.1 Deskripsi Responden Berdasarkan data yang telah disebar kepada pelanggan Alfamart dengan total 100 kuesioner yang diberikan langsung kepada para pelanggan Alfamart.

Lebih terperinci

mempunyai nilai ekstrim telah dikeluarkan sehingga data diharapkan

mempunyai nilai ekstrim telah dikeluarkan sehingga data diharapkan 47 mempunyai nilai ekstrim telah dikeluarkan sehingga data diharapkan mendekati normal. Tabel 4.2 Deskripsi Statistik PT. Indofood Sukses Makmur Periode Pengamatan 2003-2008 Mean Std. Deviation N RETURN.007258.1045229

Lebih terperinci

- Lama bekerja sebagai pekerja Amalgamasi dalam sehari : jam. - Lama bekerja sebagai pekerja amalgamasi dalam (tahun ): Tahun

- Lama bekerja sebagai pekerja Amalgamasi dalam sehari : jam. - Lama bekerja sebagai pekerja amalgamasi dalam (tahun ): Tahun A. Identitas Subjek No. Subjek : Nama Subjek (Inisial) : Umur : Pendidikan : - Tidak Sekolah : - SD : - SMP : - SMA : - Perguruan Tinggi : - Lama bekerja sebagai pekerja Amalgamasi dalam sehari : jam -

Lebih terperinci

Angkatan/Stambuk : 2007 : Departemen Manajemen, Fakultas ekonomi, Universitas Sumatera Utara

Angkatan/Stambuk : 2007 : Departemen Manajemen, Fakultas ekonomi, Universitas Sumatera Utara KUESIONER PENELITIAN ANALISIS FAKTOR TINGKAT PENDIDIKAN, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP BERWIRAUSAHA Studi Kasus : Yayasan Persatuan Persaudaraan Putra Solo Sumatera Utara Di Medan

Lebih terperinci

PETUNJUK MENGERJAKAN

PETUNJUK MENGERJAKAN NAMA : NO. : NIP : PETUNJUK MENGERJAKAN 1. Sebelum mengerjakan isilah terlebih dahulu data diri anda pada tempat yang telah disediakan. 2. Bacalah setiap pernyataan yang ada dengan hati-hati dan teliti,

Lebih terperinci

Disusun oleh : Nama : Lonella Dwita NPM : Jurusan : Akuntansi Pembimbing : Dr. Widyatmini, SE., MM.

Disusun oleh : Nama : Lonella Dwita NPM : Jurusan : Akuntansi Pembimbing : Dr. Widyatmini, SE., MM. PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, UMUR PERUSAHAAN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KELENGKAPAN PENGUNGKAPAN SUKARELA PERUSAHAAN LQ-45 YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA Disusun oleh : Nama : Lonella

Lebih terperinci

Hasil perhitungan Kolmogorov-Smirnov menunjukkan bahwa ketiga sampel atau variabel tersebut adalah distribusi normal.

Hasil perhitungan Kolmogorov-Smirnov menunjukkan bahwa ketiga sampel atau variabel tersebut adalah distribusi normal. NORMALITAS DATA One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test N Normal Parameters a,b Most Extreme Differences Kolmogorov-Smirnov Z Asymp. Sig. (2-tailed) a. Test distribution is Normal. b. Calculated from data.

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN 41 BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Hasil Pengumpulan Data Dalam bab ini, penulis akan menerangkan mengenai hasil penelitian yang akan dilakukan penulis terhadap data sekunder yaitu berupa komponen-komponen

Lebih terperinci

KUESIONER PENELITIAN. kejujuran dalam pengisian sangat saya harapkan.

KUESIONER PENELITIAN. kejujuran dalam pengisian sangat saya harapkan. LAMPIRAN Lampiran 1. Kuesioner Penelitian KUESIONER PENELITIAN Bapak/Ibu/Saudara yang terhormat, Penelitian ini mengangkat topik perpajakan, khususnya kemauan membayar pajak. Saya berharap Bapak/Ibu/Saudara

Lebih terperinci

BAB 4 PEMBAHASAN. Penelitian ini menguji pengaruh perputaran persediaan dan perputaran piutang baik

BAB 4 PEMBAHASAN. Penelitian ini menguji pengaruh perputaran persediaan dan perputaran piutang baik BAB 4 PEMBAHASAN 4.1 Gambaran Umum Objek Penelitian Penelitian ini menguji pengaruh perputaran persediaan dan perputaran piutang baik secara individual maupun secara bersama-sama terhadap likuiditas perusahaan.

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN. Penelitian ini dilaksanakan terhadap guru-guru SMA Negeri di Kabupaten

BAB IV HASIL PENELITIAN. Penelitian ini dilaksanakan terhadap guru-guru SMA Negeri di Kabupaten BAB IV HASIL PENELITIAN A. Data Penelitian Penelitian ini dilaksanakan terhadap guru-guru SMA Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dengan sampel sebanyak 140 orang. Data penelitian diambil menggunakan

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN. dan karyawan di bagian akuntansi dan keuangan pada 5 (lima) Perusahaan

BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN. dan karyawan di bagian akuntansi dan keuangan pada 5 (lima) Perusahaan BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN A. Deskriptif Data Umum Responden dalam penelitian ini adalah Satuan Pengawas Internal (SPI) dan karyawan di bagian akuntansi dan keuangan pada 5 (lima) Perusahaan Badan

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS KORELASI ANTARA NILAI BTQ DENGAN PRESTASI BELAJAR MAPEL PAI DI SD KANDANG PANJANG 01 PEKALONGAN

BAB IV ANALISIS KORELASI ANTARA NILAI BTQ DENGAN PRESTASI BELAJAR MAPEL PAI DI SD KANDANG PANJANG 01 PEKALONGAN BAB IV ANALISIS KORELASI ANTARA NILAI BTQ DENGAN PRESTASI BELAJAR MAPEL PAI DI SD KANDANG PANJANG 01 PEKALONGAN A. Analisis Data tentang Nilai BTQ SD Kandang Panjang 01 Pekalongan Setelah dikumpulkan dengan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. periode dan dipilih dengan cara purposive sampling artinya metode

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. periode dan dipilih dengan cara purposive sampling artinya metode BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. Gambaran Umum Objek Penelitian Objek penelitian yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa komponen-komponen laporan keuangan yang diperoleh dari

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN. data yang sudah dikumpulkan dalam penelitian ini.berikut hasil analisis

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN. data yang sudah dikumpulkan dalam penelitian ini.berikut hasil analisis BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Statistik Deskriptif Statistik deskriptif digunakan untuk melihat gambaran secara umum data yang sudah dikumpulkan dalam penelitian ini.berikut hasil analisis

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN Pada bab ini, penulis melakukan analisis secara keseluruhan mengenai pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT Sincere Music Yamaha Jakarta,

Lebih terperinci