BAB IV HASIL PENELITIAN

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "BAB IV HASIL PENELITIAN"

Transkripsi

1 BAB IV HASIL PENELITIAN A. Deskripsi Data Penelitian dengan judul Pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi belajar siswa Mata Pelajaran Korespondensi kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Karanganyar 2014/2015 terdiri dari dua variabel bebas (independen) dan satu variabel terikat (dependen). Adapun variabelvariabel tersebut adalah sebagai berikut: 1. Lingkungan keluarga, sebagai variabel bebas (X 1 ) 2. Motivasi belajar intrinsik, sebagai variabel bebas (X 2 ) 3. Prestasi belajar siswa, sebagai variabel terikat (Y) Penelitian ini obyeknya adalah seluruh kelas X Administrasi Perkantoran yang jumlah populasinya sebanyak 72 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil sebanyak 52 siswa diluar sampel uji coba. Peneliti menggunakan angket sebagai teknik utama untuk memperoleh data tentang lingkungan keluarga dan motivasi belajar intrinsik. Sedangkan untuk prestasi belajar menggunakan nilai raport. Adapun dokumentasi digunakan untuk memperoleh data pendukung yaitu daftar nama siswa serta foto ketika peneliti melakukan penelitian. Sebelum angket digunakan sebagai instrumen penelitian, terlebih dahulu dilakukan try out kepada 20 siswa diluar sampel. Try out ini digunakan untuk menghitung validitas dan reliabilitas angket sebagai instrument penelitian. 1. Hasil Uji Validitas Hasil uji validitas angket untuk aspek lingkungan keluarga sebanyak 16 butir pernyataan terdapat 2 butir yang tidak valid, yaitu pernyataan nomor 6 dan 10, Hasil uji validitas angket motivasi belajar intrinsik sebanyak 18 butir pernyataan dan terdapat 2 butir pernyataan yang tidak valid, yaitu pernyataan nomor 24 dan 29. Butir pernyataan di dalam angket yang tidak valid selanjutnya tidak digunakan atau 47

2 48 dihilangkan dalam mengambil data penelitian dan tidak dimasukkan dalam penyusunan atau tidak membuat item baru karena sudah terwakili oleh item pernyataan lain yang masih termasuk dalam satu indikator. Dengan demikian item pernyataan yang valid adalah sebanyak 30 item yang digunakan sebagai instrumen dalam penelitian ini. 2. Hasil Uji Reliabilitas Hasil uji reliabilitas dari aspek lingkungan keluarga (X 1 ) diperoleh nilai sebesar 0,873 yang apabila dikonsultasikan dengan r tabel dengan taraf signifikansi 0,05 dan jumlah sampel sebanyak 20 maka didapat nilai r tabel sebesar 0,444. Dengan demikian 0,873 > 0,444 maka instrumen variabel X 1 dinyatakan reliabel. Hasil nilai untuk motivasi belajar intrinsik (X 2 ) diperoleh nilai sebesar 0,848 yang apabila dikonsultasikan dengan r tabel dengan taraf signifikansi 0,05 dan jumlah sampel sebanyak 20 maka didapat nilai r tabel sebesar 0,444. Dengan demikian 0,848 > 0,444 maka instrumen variabel X 2 dinyatakan reliabel. Hasil dari pengumpulan data melalui angket kemudian di-skoring dan melalui proses tabulasi. Sehingga tabulasi data meliputi lingkungan keluarga, motivasi belajar intrinsik dan prestasi belajar. Kemudian dirangkum dalam sebuah tabel data induk penelitian. Berdasarkan data induk tersebut kemudian dilakukan deskripsi data sebagai mana dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

3 49 Tabel 4.1 Hasil Analisis Deskripsi Data Statistics Lingkungan Keluarga Motivasi Belajar Intrinsik Prestasi Belajar N Valid Missing Mean Median Mode Std. Deviation Variance Range Minimum Maximum Sum Dari data di atas, maka peneliti mendeskripsi data sebagai berikut: 1. Lingkungan Keluarga (X 1 ) Lingkungan Keluarga merupakan variabel bebas pertama (X1) dalam penelitian ini. Dari tabulasi data variabel lingkungan keluarga dapat diketahui bahwa: a. Nilai tertinggi = 52 b. Nilai terendah = 34 c. Nilai rata-rata = 43,31 Angket lingkungan keluarga terdiri dari 14 pernyataan yang pengukurannya dinilai dengan 4 alternatif jawaban dengan skor 1-4. Apabila dihitung dengan persentase maka diperoleh jumlah skor tertinggi sebesar 4 x 14 x 42 = Jumlah skor hasil pengumpulan data lingkungan keluarga (X 1 ) = Dengan demikian tingkat lingkungan keluarga di kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Karanganyar tahun ajaran 2014/2015 sebesar = 2252 : 2912 = 0,7736 atau sebesar 77,36%. Distribusi data lingkungan keluarga dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

4 Frekuensi 50 Tabel 4.2 Distribusi Frekuensi Data Lingkungan Keluarga Interval Frekuensi Persentase , , , , , ,69 Jumlah Berdasarkan tabel distribusi data variabel lingkungan keluarga di atas dapat diketahui bahwa pada distribusi data variabel X 1 diperoleh kelas sebanyak 6 dan panjang interval 2. Nilai yang paling banyak muncul terdapat pada interval dengan frekuensi sebanyak 14. Gambaran mengenai distribusi variabel lingkungan keluarga dapat dilihat pada gambar di bawah ini: Lingkungan Keluarga Gambar 4.1 Histogram Data Lingkungan Keluarga

5 51 2. Motivasi Belajar Intrinsik (X 2 ) Motivasi intrinsik merupakan variabel bebas kedua (X 2 ) dalam penelitian ini. Dari tabulasi data variabel motivasi belajar intrinsik dapat diketahui sebagai berikut: a. Nilai tertinggi = 54 b. Nilai terendah = 44 c. Nilai rata-rata = 48,77 Angket tentang motivasi belajar intrinsik terdiri dari 16 pernyataan yang pengukurannya dinilai dengan 4 alternatif jawaban dengan skor 1-4. Apabila dihitung dengan presentase maka diperoleh jumlah skor tertinggi sebesar 4 x 16 x 52 = Jumlah skor hasil pengumpulan data motivasi intrinsik (X 2 ) = Dengan demikian tingkat motivasi intrinsik di kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Karanganyar tahun ajaran 2014/2015 sebesar 2536 : 3328 = 0,7620 atau sebesar 76,2%. Distribusi data motivasi belajar intrinsik dapat dilihat pada tabel di bawah ini: Tabel 4.3 Distribusi Frekuensi Motivasi Belajar Intrinsik Interval Frekuensi Persentase , , , , , ,92 Jumlah Berdasarkan tabel distribusi data variabel motivasi belajar intrinsik di atas dapat diketahui bahwa pada distribusi data variabel X 2 diperoleh kelas sebanyak 6 dan panjang interval 1. Nilai yang paling banyak muncul terdapat pada interval dengan frekuensi sebanyak 17. Gambaran mengenai distribusi motivasi belajar intrinsik dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

6 Frekuensi Motivasi Intrinsik Gambar 4.2 Histogram Data Motivasi Intrinsik 3. Prestasi Belajar Siswa (Y) Prestasi belajar siswa merupakan variabel terikat (Y) dalam penelitian ini. Dari tabulasi data variabel prestasi belajar siswa dapat diketahui bahwa: d. Nilai tertinggi = 88 e. Nilai terendah = 82 f. Nilai rata-rata = 85,60 Pengukuran nilai dari prestasi belajar setiap orang adalah 100. Apabila dihitung dengan presentase maka diperoleh jumlah skor tertinggi sebesar 100 x 52 =5200. Jumlah skor hasil pengumpulan data prestasi belajar siswa (Y) = Dengan demikian tingkat prestasi belajar siswa mata pelajaran Korespondensi kelas X Administrasi Perkantoran tahun ajaran 2014/2015 sebesar 4451 : 5200 = 0,8559 atau sebesar 85,59%. Distribusi data prestasi belajar siswa dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

7 Frekuensi 53 Tabel 4.4 Distribusi Frekuensi Data Prestasi Belajar Siswa Interval Frekuensi Persentase Jumlah Berdasarkan tabel distribusi data variabel prestasi belajar di atas dapat diketahui bahwa pada distribusi data variabel Y diperoleh kelas sebanyak 7 dan panjang interval 0. Nilai yang paling banyak muncul terdapat pada interval 85 dengan frekuensi sebanyak 14. Gambaran mengenai distribusi variabel prestasi belajar siswa dapat dilihat pada gambar di bawah ini: Prestasi Belajar Gambar 4.3 Histogram Data Prestasi Belajar Siswa

8 54 B. Pengujian Persyaratan Analisis Langkah selanjutnya yang peneliti lakukan adalah dengan melaksanakan pengujian persyaratan analisis yang merupakan langkah dalam melakukan pengujian hipotesis yaitu membuktikan hipotesis yang dirumuskan diterima atau ditolak. Persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat melakukan analisis data dengan uji regresi regresi ganda yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: 1. Uji Normalitas 2. Uji Linearitas 3. Uji Multikolinearitas 4. Uji Heteroskedastisitas Untuk memenuhi syarat-syarat dalam pelaksanaan pengujian hipotesis maka dilakukan kegiatan sebagai berikut: 1. Melakukan Uji Normalitas untuk setiap variabel X 1, X 2 dan Y Uji normalitas digunakan untuk menguji apakah data yang telah diperoleh mempunyai sebaran data yang normal, maksudnya penyebaran nilai dari sampel yang mewakili telah mencerminkan populasinya. Uji normalitas dalam penelitian ini menggunakan Uji One Sample Kolmogorov-Smirnov. Hasil dari uji normalitas data penelitian ini dapat dilihat pada tabel sebagai berikut:

9 55 Tabel 4.5 Hasil Uji Normalitas Data One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test Lingkungan Keluarga Motivasi Belajar Intrinsik Prestasi Belajar N Normal Parameters a,,b Mean Std. Deviation Most Extreme Differences Absolute Positive Negative Kolmogorov-Smirnov Z Asymp. Sig. (2-tailed) a. Test distribution is Normal. b. Calculated from data. Dari hasil tersebut, maka dapat dijelaskan sebagai berikut: a. Uji Normalitas Lingkungan Keluarga (X 1 ) Dari hasil perhitungan uji normalitas data motivasi (X 1 ) dengan menggunakan program SPSS 17 diperoleh output yaitu nilai signifikansi atau asymp. sig. sebesar 0,751. Apabila dibandingkan dengan taraf signifikansi 5% maka sig. X 1 > 0,05 atau 0,751 > 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa distribusi data normal. b. Uji Normalitas Motivasi Belajar Intrinsik (X 2 ) Dari hasil perhitungan uji normalitas data motivasi intrinsik (X 2 ) dengan menggunakan program SPSS 17 diperoleh output yaitu nilai signifikansi atau asymp. sig. sebesar 0,144. Apabila dibandingkan dengan taraf signifikansi 5% maka sig. X 2 > 0,05 atau 0,144 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penyebaran data motivasi belajar intrinsik berdistribusi normal.

10 56 c. Uji Normalitas Prestasi Belajar (Y) Dari hasil perhitungan uji normalitas data prestasi belajar (Y) dengan menggunakan program SPSS 17 diperoleh output yaitu nilai signifikansi atau asymp. sig. sebesar 0,170. Apabila dibandingkan dengan taraf signifikansi 5% maka sig. Y > 0,05 atau 0,170 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penyebaran data prestasi belajar berdistribusi normal. 2. Melakukan Uji Linearitas X1 terhadap Y dan X2 terhadap Y Uji linearitas dalam penelitian ini digunakan untuk menguji apakah terdapat pengaruh yang linear terhadap variabel yang diukur. Kelinearan suatu variabel yang dimaksud adalah bahwa jika terdapat kenaikan nilai variabel bebas, maka akan diikuti pula oleh kenaikan variabel terikat. Uji linearitas X terhadap Y dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS 17. Hasil dari uji linearitas data penelitian ini dapat dilihat sebagai berikut: a. Linearitas Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa (X 1 - Y) Tabel 4.6 Hasil Uji Linearitas X 1 Y ANOVA Table Sum of Squares df Mean Square F Sig. Prestasi Belajar * Lingkungan Keluarga Between Groups (Combined) Linearity Deviation from Linearity Within Groups Total

11 57 Dari hasil perhitungan uji linearitas data pada tabel ANOVA diperoleh harga F hitung Deviation from linearity pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar sebesar 0,829 dan nilai signifikansi sebesar 0,635. Apabila dikonsultasikan dengan taraf signifikansi 5% maka diperoleh 0,635 > 0,05. Sedangkan nilai F hitung apabila dikonsultasikan dengan nilai F tabel diperoleh F hitung < F tabel atau 0,829 < 3,187 maka model linear yang diambil cocok. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh kedua variabel bersifat linear (X 1 linear terhadap Y). b. Linearitas Motivasi Belajar Intrinsik terhadap Prestasi Belajar (X 2 Y) Tabel 4.7 Hasil Uji Linearitas X 2 Y ANOVA Table Sum of Squares df Mean Square F Sig. Prestasi Belajar * Motivasi Belajar Intrinsik Between Groups (Combined) Linearity Deviation from Linearity Within Groups Total Dari hasil perhitungan uji linearitas data pada tabel ANOVA diperoleh harga F hitung Deviation from linearity pengaruh antara motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi belajar sebesar 0,858 dan nilai signifikansi sebesar 0,569. Apabila dikonsultasikan dengan taraf signifikansi 5% maka diperoleh 0,569 > 0,05. Sedangkan nilai F hitung apabila dikonsultasikan dengan nilai F tabel diperoleh F hitung < F tabel atau 0,858 < 3,187 maka model linear yang diambil cocok. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh kedua variabel bersifat linear (X 2 linear terhadap Y).

12 58 3. Melakukan Uji Multikolenearitas Tujuan utama dari uji multikolinearitas ini adalah untuk menguji apakah pada model regresi ditemukan adanya regresi antara variabel independen. Adapun hasil uji dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Tabel 4.8 Hasil Uji Multikolenearitas Data Coefficients a Unstandardized Coefficients Standardize d Coefficients Collinearity Statistics Model B Std. Error Beta t Sig. Tolerance VIF 1 (Constant) Lingkungan Keluarga Motivasi Belajar Intrinsik a. Dependent Variable: Prestasi Belajar Berdasarkan uji multikolinearitas di atas dapat dilihat bahwa nilai VIF variabel lingkungan keluarga (X 1 ) dan motivasi belajar intrinsik (X 2 ) kurang dari 5 dan mendekati angka 1. Maka, dapat disimpulkan bahwa kedua variabel bebas tersebut terbebas dari masalah multikolinearitas atau tidak ada pengaruh antara variabel bebas. (lampiran)

13 59 4. Uji Heteroskedastisitas Gambar 4.4 Scatterplot Sebaran data (titik-titik) menyebar diantara garis 0 secara vertical maupun horizontal menunjukkan bahwa tidak ada gejala heteroskedastisitas. C. Pengujian Hipotesis Pengujian hipotesis dilakukan untuk mengetahui apakah hipotesis alternatif yang diajukan dapat diterima atau ditolak. Hipotesis diterima apabila hasil analisis dari data yang telah terkumpul memiliki data yang signifikan, sehingga dapat membuktikan pernyataan di dalam hipotesis. Sebaliknya hipotesis akan ditolak

14 60 apabila hasil analisis data tidak signifikan yang berarti tidak dapat membuktikan pernyataan di dalam hipotesis. Langkah-langkah yang dilakukan dalam pengujian hipotesis dalam penelitian ini meliputi: 1. Penafsiran Hasil Analisis Data 2. Penafsiran Pengujian Hipotesis 3. Kesimpulan Pengujian Hipotesis Adapun penjabaran dari langkah-langkah dalam pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Pengujian Hasil Analisis Data Data yang telah terkumpul disusun secara sistematis dalam data induk dan tabel kerja analisis data. Selanjutnya melakukan pengujian persyaratan analisis yang merupakan langkah dalam melakukan pengujian hipotesis. Persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat melakukan analisis data dengan uji regresi ganda yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan program SPSS 17.0 sebagai berikut: a. Menguji koefisien regresi 1) Menguji koefisien regresi sederhana antara X 1 terhadap Y dan X 2 terhadap Y

15 61 a) Pengujian koefisien regresi sederhana X 1 Y Tabel Hasil Uji Koefisien Regresi Sederhana X 1 -Y Correlations Prestasi Belajar Lingkungan Keluarga Prestasi Belajar Pearson Correlation ** Sig. (2-tailed).001 N Lingkungan Keluarga Pearson Correlation.461 ** 1 Sig. (2-tailed).001 N **. Correlation is significant at the 0.01 level (2-tailed). Dari hasil perhitungan uji koefisien regresi sederhana diperoleh harga r hitung (pearson correlation) pengaruh antara variabel lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar sebesar 0,461 dan nilai signifikansi sebesar 0,001. Apabila dikonsultasikan dengan taraf signifikansi 5% maka diperoleh 0,001 < 0,05. Sedangkan nilai r tabel untuk N= 52 adalah 0,273. Apabila r hitung dikonsultasikan dengan r tabel maka r hitung > r tabel atau 0,461 > 0,273. Maka Ho ditolak, sedangkan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga dan prestasi belajar siswa.

16 62 b) Pengujian koefisien regresi sederhana X 2 Y Tabel Hasil Uji Koefisien Regresi Sederhana X 2 Y Correlations Prestasi Belajar Motivasi Belajar Intrinsik Prestasi Belajar Pearson Correlation ** Sig. (2-tailed).006 N Motivasi Belajar Intrinsik Pearson Correlation.377 ** 1 Sig. (2-tailed).006 N **. Correlation is significant at the 0.01 level (2-tailed). Dari hasil perhitungan uji koefisien regresi sederhana diperoleh harga r hitung (pearson correlation) pengaruh antara motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi belajar sebesar 0,377 dan nilai signifikansi sebesar 0,006. Apabila dikonsultasikan dengan taraf signifikansi 5% maka diperoleh 0,006 < 0,050. Sedangkan nilai r tabel untuk N= 52 adalah 0,273. Apabila r hitung dikonsultasikan dengan r tabel maka r hitung > r tabel atau 0,377 > 0,273 Maka Ho ditolak, sedangkan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar intrinsik dan prestasi belajar siswa 2) Pengujian koefisien regresi multipel antara kriterium Y dengan prediktor X 1 dan prediktor X 2 Apabila menghitung koefisien multipel antara kriterium Y dengan prediktor X 1 dan prediktor X 2 menggunakan program SPSS 17 dapat dilihat pada output Model Summary sebagai berikut:

17 63 Tabel Hasil Uji koefisien regresi multiple Model Summary b Adjusted R Std. Error of the Model R R Square Square Estimate Durbin-Watson a a. Predictors: (Constant), Motivasi Belajar Intrinsik, Lingkungan Keluarga b. Dependent Variable: Prestasi Belajar Berdasarkan hasil penghitungan pada model summary diperoleh harga koefisien regresi multipel (R) sebesar 0,544 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel Y dengan kedua variabel independennya adalah kuat karena lebih besar dari 0,05 atau 0,544 > 0,05. Sedangkan harga koefisien determinasi (R 2 ) atau angka R Square sebesar 0,296. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa besarnya kontribusi kedua variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 29,6%. Sedangkan sisanya (100% - 29,6% = 70,4%) selebihnya sebesar 70,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

18 64 b. Pengujian Taraf Signifikansi Tabel Hasil Uji Signifikansi ANOVA b Model Sum of Squares Df Mean Square F Sig. 1 Regression a Residual Total a. Predictors: (Constant), Motivasi Belajar Intrinsik, Lingkungan Keluarga b. Dependent Variable: Prestasi Belajar Dari hasil perhitungan uji signifikansi pada tabel ANOVA diperoleh nilai F hitung uji signifikansi koefisien regresi ganda sebesar 10,311 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Apabila dibandingkan dengan taraf signifikansi 5% maka diperoleh 0,000 < 0,05. Sedangkan nilai F tabel sebesar 3,187. Apabila dibandingkan dengan nilai F tabel maka nilai F hitung > F tabel atau 10,311 > 3,187. Maka Ho ditolak, sedangkan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga dan motivasi belajar intrinsik secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. c. Garis Regresi Linear Multipel Persamaan regresi dperoleh dari hasil penghitungan data yang ada pada tabel coefficient. Persamaan regresi dapat dilihat pada output program SPSS 17.0 sebagai berikut:

19 65 Tabel Hasil Uji Persamaan Regresi Multipel Coefficients a Unstandardized Coefficients Standardized Coefficients Collinearity Statistics Toleran Model B Std. Error Beta t Sig. ce VIF 1 (Constant) Lingkungan Keluarga Motivasi Belajar Intrinsik a. Dependent Variable: Prestasi Belajar Berdasarkan tabel di atas, diperoleh persamaan regresi linear multipel sebagai berikut : Ŷ = 71, ,140 X 1 + 0,173 X 2 Keterangan: Ŷ : Prestasi Belajar Siswa X 1 X 2 : Lingkungan Keluarga : Motivasi Belajar Intrinsik Konstanta sebesar 71,102 menyatakan bahwa jika nilai variabel bebas X 1 dan X 2 sama dengan nol, maka nilai Y adalah 71,102. Koefisien regresi X 1 = 0,140 menyatakan bahwa setiap terjadi peningkatan atau penurunan satu unit lingkungan keluarga maka akan meningkatkan atau menurunkan prestasi belajar siswa sebesar 0,140. Koefisien regresi X 2 = 0,173 menyatakan bahwa setiap terjadi peningkatan atau penurunan satu unit motivasi belajar intrinsik maka akan meningkatkan atau menurunkan prestasi belajar siswa sebesar 0,173.

20 66 d. Penghitungan Sumbangan Relatif dan Sumbangan Efektif X 1 dan X 2 terhadap Y Setelah melalui perhitungan sesuai dengan rumus seperti yang terlihat pada (lampiran) diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Sumbangan relatif X 1 dan X 2 terhadap Y a) Sumbangan relatif lingkungan kelurga (X 1 ) terhadap prestasi belajar siswa (Y) sebesar 62,40% b) Sumbangan relatif motivasi belajar intrinsik (X 2 ) terhadap prestasi belajar siswa (Y) sebesar 37,60% 2) Sumbangan efektif X 1 dan X 2 terhadap Y a) Sumbangan efektif lingkungan keluarga (X 1 ) terhadap prestasi belajar siswa (Y) sebesar 18,47% b) Sumbangan efektif motivasi belajar intrinsik (X 2 ) terhadap prestasi belajar siswa (Y) sebesar 11,13% 2. Penafsiran Pengujian Hipotesis Setelah dilakukan analisis data untuk pengujian hipotesis selanjutnya dilakukan penafsiran pengujian hipotesis. Penafsiran terhadap regresi linear hanya dapat dipertanggungjawabkan bila r hitung dan F hitung yang diperoleh berarti atau signifikan. Penafsiran pengujian hipotesis yang dapat dikemukakan sebagai berikut: a. Uji Koefisien Regresi Sederhana 1) Regresi antara X 1 terhadap Y Dari pengujian hasil analisis data pada tabel Pearson Correlation (lampiran), untuk mengetahui keberartian lingkungan keluargai (X 1 ) terhadap prestasi belajar siswa (Y) diperoleh nilai r hitung sebesar 0,461 sedangkan taraf signifikansi 5%, N= 52 responden diperoleh r tabel sebesar 0,273. Dengan demikian maka r hitung lebih besar dari r tabel atau 0,461 >

21 67 0,273. Sehingga dapat ditafsirkan bahwa lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Besarnya pengaruh dalam penelitian ini dapat dilihat dari besarnya sumbangan relatif lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa sebesar 62,40% dan sumbangan efektif sebesar 18,47%. Besarnya nilai sumbangan diperoleh dari aspek-aspek yang terdapat dalam lingkungan keluarga. Dari aspek-aspek yang ada tersebut, apabila terlaksana akan membantu siswa dalam usahanya meningkatkan prestasi belajar yang tinggi. 2) Regresi antara X 2 terhadap Y Dari pengujian hasil analisis pada tabel Pearson Correlation (lampiran), untuk mengetahui keberartian motivasi belajar intrinsik (X 2 ) terhadap prestasi belajar siswa (Y) diperoleh nilai r hitung sebesar 0,377 sedangkan pada taraf signifikansi 5%, N= 52 responden diperoleh r tabel sebesar 0,273. Dengan demikian maka r hitung lebih besar dari r tabel atau 0,377 > 0,273. Sehingga dapat ditafsirkan bahwa motivasi belajar intrinsik berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Besarnya pengaruh dalam penelitian ini dapat dilihat dari besarnya sumbangan relatif motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi belajar siswa sebesar 37,60% dan sumbangan efektif sebesar 11,13%. Besarnya nilai sumbangan diperoleh dari aspek-aspek yang terdapat dalam motivasi belajar intrinsik. Dari aspek-aspek yang ada tersebut, apabila terlaksana akan menunjang prestasi belajar siswa. b. Regresi Multipel X 1 dan X 2 terhadap Y Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai R 2 = 0,296. Hal ini berarti lingkungan keluarga dan motivasi belajar intrinsik secara bersamasama memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar siswa. Kontribusi tersebut yaitu sebesar 29,6%. Karena besarnya kontribusi belum mencapai

22 68 100%, maka sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini, yaitu sebesar 70,4%. Berdasarkan analisis data pada tabel Model Summary, yang telah dilakukan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga (X 1 ) dan motivasi belajar intrinsik (X 2 ) secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa (Y) diperoleh hasil nilai F hitung sebesar 10,311 dan F tabel sebesar 3,187 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Apabila dibandingkan maka F hitung > F tabel atau 10,311> 3,187. Karena itu dapat ditafsirkan bahwa lingkungan keluarga dan motivasi belajar intrinsik secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. 3. Kesimpulan Pengujian Hipotesis Setelah dilakukan pengujian hipotesis dan penafsiran pengujian hipotesis, maka selanjutnya dikemukakan kesimpulan pengujian hipotesis. Kesimpulan pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: a. Hipotesis 1 Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh nilai rhitung variabel lingkungan keluarga (X 1 ) sebesar 0,461 dan r tabel sebesar 0,273. Sehingga dapat dikatakan bahwa nilai r hitung > r tabel atau 0,461 > 0,273 maka Ha diterima dan Ho ditolak pada taraf signifikansi sebesar 0,05. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa Mata Pelajaran Korespondensi kelas X Administrasi Perkantoran SMK N 1 Karanganyar tahun ajaran 2014/2015 terbukti dapat diterima. b. Hipotesis 2 Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh nilai rhitung variabel motivasi intrinsik (X 2 ) sebesar 0,377 dan r tabel sebesar 0,273. Sehingga dapat dikatakan bahwa nilai r hitung > r tabel atau 0,377 > 0,273 maka Ha diterima dan Ho ditolak pada taraf signifikansi sebesar 0,05. Dengan demikian hipotesis

23 69 yang menyatakan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi belajar siswa Mata Pelajaran Korespondensi kelas X Administrasi Perkantoran SMK N 1 Karanganyar tahun ajaran 2014/2015 terbukti dapat diterima. c. Hipotesis 3 Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh F hitung sebesar 10,311 dan F tabel sebesar 3,187. Sehingga dapat dikatakan bahwa nilai F hitung > F tabel atau 10,311 > 3,187. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga dan motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi belajar siswa Mata Pelajaran Korespondensi kelas X Administrasi Perkantoran SMK N 1 Karanganyar tahun ajaran 2014/2015 terbukti dapat diterima. D. Pembahasan Hasil Analisis Data Setelah dilakukan analisis data untuk pengujian hipotesis kemudian dilakukan pembahasan hasil analisis data. Pembahasan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Lingkungan Keluarga Berdasarkan hasil analisis uji r bahwa ada pengaruh yang signifikan dari variabel lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Korespondensi kelas X Administrasi SMK N 1 Karanganyar dengan r hitung sebesar 0,464 yang dikonsultasikan dengan r tabel maka didapat hubungan yang kuat antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini berarti lingkungan keluarga mempunyai pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar siswa. Sesuai dengan teori Slameto yang mengemukakan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi lingkungan keluarga yang meliputi cara orang tua mendidik, relasi antar anggota keluarga, suasana rumah dan keadaan ekonomi orang tua. Dari hasil pengumpulan data, tingkat pencapaian variabel lingkungan keluarga (X 1 ) adalah 77,36%. Angka tersebut diperoleh dengan membandingkan

24 70 hasil angket yang diberikan kepada 52 siswa dengan skor tertinggi kriterium untuk setiap variabel. Berdasarkan pada persentase tersebut dapat diketahui bahwa lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa SMK N 1 Karanganyar masih perlu ditingkatkan pengaruh positifnya agar lebih baik, hal ini dapat dilihat karena belum terpenuhinya sebagian aspek yang mendukung dalam lingkungan keluarga. Pencapaian variable lingkungan keluarga adalah 77,36% berarti masih terdapat beberapa hal-hal yang belum terpenuhi. Dari data yang telah terkumpul, item soal nomor 6 mendapatkan skor tertinggi yaitu sebesar 168 yang berisi pernyataan Di dalam keluarga saya sering terjadi konflik atau pertengkaran sehingga saya sering terganggu ketika belajar. Hal itu berarti bahwa kondisi lingkungan keluarga khususnya di dalam rumah cenderung kondusif, sehingga dapat memungkinkan siswa untuk belajar dengan baik dan tenang. Selain itu dari data yang telah terkumpul item soal nomor 2 yang mendapatkan skor terendah yaitu 154 yang berisi pernyataan Orang tua saya selalu mengingatkan saya untuk belajar ketika di rumah. Hal itu berarti bahwa sebagian orang tua kurang memperhatikan perkembangan belajar dari anak-anaknya yang dapat dilihat dari hasil nilai ulangan yang mereka dapatkan. 2. Motivasi Belajar Intrinsik Berdasarkan hasil analisis uji r bahwa ada pengaruh yang signifikansi dari variabel motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Korespondensi kelas X Administrasi Perkantoran SMK N 1 Karanganyar tahun ajaran 2014/2015 dengan r hitung sebesar 0,377 yang dikonsultasikan dengan r tabel maka didapat hubungan yang kuat antara variabel motivasi intrinsik dengan prestasi belajar siswa. Hal ini berarti motivasi belajar intrinsik mempunyai pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar siswa. Dari hasil pengumpulan data, tingkat pencapaian variabel motivasi belajar intrinsik (X 2 ) adalah 76,2%. Angka tersebut diperoleh dengan

25 71 membandingkan hasil angket yang diberikan kepada 52 siswa dengan skor tertinggi kriterium untuk setiap variabel. Berdasarkan pada persentase tersebut, maka motivasi belajar intrinsik siswa SMK N 1 Karanganyar tahun ajaran 2014/2015 belum maksimal karena belum mencapai 100%. Oleh karena itu, motivasi belajar intrinsik siswa masih perlu untuk ditingkatkan. Karena belum terpenuhinya sebagian aspek yang mendukung dalam motivasi belajar intrinsik. Pencapaian tingkat motivasi belajar intrinsik adalah 76,2% berarti masih terdapat beberapa hal-hal yang belum terpenuhi. Dari data yang terkumpul, pernyataan nomor 17 mendapatkan skor tertinggi yaitu sebesar 169 yang berisi pernyataan Saya malu bertanya kepada guru ketika kurang paham akan materi yang disampaikan oleh guru. Hal itu berarti siswa memiliki motivasi untuk memahami materi pelajaran dengan baik. Selain itu, dari data yang terkumpul, pernyataan dengan jumlah skor terendah yaitu 148 pada item nomor 26 yang berisi pernyataan Saya merasa tidak perlu mengulang kembali pelajaran yang disampai oleh guru di rumah. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian siswa kurang memiliki motivasi belajar intrinsik untuk mengulang kembali pelajaran yang telah di sampaikan guru ketika di rumah. Sehingga hal tersebut mengakibatkan prestasi belajar yang dicapai belum optimal. 3. Prestasi Belajar Siswa Berdasarkan hasil pengumpulan data, tingkat pencapaian variable prestasi belajar siswa (Y) mata pelajaran korespondensi kelas X Administrasi Perkantoran SMK N 1 Karanganyar tahun ajaran 2014/2015 adalah 85,59%. Angka tersebut diperoleh dengan melihat nilai rapor dari 52 siswa dengan skor tertinggi kriterium untuk setiap variabel. Berdasarkan persentase tersebut, maka prestasi belajar siswa mata pelajaran korespondensi kelas X Administrasi Perkantoran SMK N 1 Karanganyar tahun ajaran 2014/2015 belum mencapai skor maksimal yaitu 100%. Oleh karena itu, prestasi belajar siswa masih perlu ditingkatkan untuk kedepannya.

26 72 Berdasarkan dari data yang diperoleh, dapat diketahui bahwa siswa yang mempunyai skor tinggi dalam variabel lingkungan keluarga dan motivasi intrinsik mempunyai angka yang tinggi pula dalam prestasi belajar siswa. Pernyataan ini dibuktikan dengan nilai regresi yang bertanda positif dan memiliki nilai yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa lingkungan keluarga dan motivasi belajar intrinsik, mempengaruhi tinggi rendahnya prestasi belajar siswa yang didapatkan. Namun, dari data yang diperoleh, peneliti beranggapan bahwa prestasi belajar siswa tidak hanya dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan motivasi belajar intrinsik, melainkan juga dipengaruhi oleh variabel variabel lain yang tidak tercakup dalam penelitian ini.

commit 77 to user BAB IV HASIL PENELITIAN

commit 77 to user BAB IV HASIL PENELITIAN BAB IV HASIL PENELITIAN A. Karakteristik Responden Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 51 siswa. Berdasarkan dokumentasi mengenai data siswa, dapat diketahui karakteristik responden dipandang dari

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN. kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, baik mengenai

BAB IV HASIL PENELITIAN. kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, baik mengenai BAB IV HASIL PENELITIAN A. Deskripsi Data Statistik deskriptif ini digunakan sebagai dasar untuk menguraikan kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, baik mengenai kinerja guru, motivasi

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN. kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, tentang budaya. religius dan pembentukan karakter peserta didik.

BAB IV HASIL PENELITIAN. kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, tentang budaya. religius dan pembentukan karakter peserta didik. 101 BAB IV HASIL PENELITIAN A. Deskripsi Data Statistik deskriptif ini digunakan sebagai dasar untuk menguraikan kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, tentang budaya religius dan pembentukan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN

BAB IV HASIL PENELITIAN BAB IV HASIL PENELITIAN A. Deskripsi Data Statistik deskriptif ini digunakan sebagai dasar untuk menguraikan kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, baik mengenai kompetensi profesional

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN. kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, baik mengenai

BAB IV HASIL PENELITIAN. kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, baik mengenai BAB IV HASIL PENELITIAN A. Deskripsi Data Statistik deskriptif digunakan sebagai dasar untuk menguraikan kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, baik mengenai kompetensi guru, motivasi

Lebih terperinci

STATISTIK DESKRIPTIF. Statistics. Strategi Membaca

STATISTIK DESKRIPTIF. Statistics. Strategi Membaca 2 Lampiran 8 Statistics N Mean Median Mode Std. Deviation Variance Range Minimum Maximum Sum Valid Missing STATISTIK DESKRIPTIF Statistics Strategi Membaca Variables Penguasaan Kosakata Kemampuan Memahami

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN. kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, baik tadarus Al- Qur an, shalat

BAB IV HASIL PENELITIAN. kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, baik tadarus Al- Qur an, shalat BAB IV HASIL PENELITIAN A. Deskripsi Data Statistik deskriptif ini digunakan sebagai dasar untuk menguraikan kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, baik tadarus Al- Qur an, shalat berjama

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN

BAB IV HASIL PENELITIAN 143 BAB IV HASIL PENELITIAN Pada bab ini diuraikan tentang: a) deskripsi data; b) uji prasyarat analisis; dan c) pengujian hipotesis penelitian. A. Deskripsi Data Penyajian statistik deskripsi hasil penelitian

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN

BAB IV HASIL PENELITIAN BAB IV HASIL PENELITIAN A. Penyajian Statistik Deskripsi Hasil Penelitian Statistik deskriptif ini digunakan sebagai dasar untuk menguraikan kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, baik

Lebih terperinci

DAFTAR LAMPIRAN. Data Variabel Pertumbuhan Ekonomi Atas Dasar Harga Berlaku. Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Barat Tahun

DAFTAR LAMPIRAN. Data Variabel Pertumbuhan Ekonomi Atas Dasar Harga Berlaku. Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Barat Tahun DAFTAR LAMPIRAN LAMPIRAN 1 Data Variabel Pertumbuhan Ekonomi Atas Dasar Harga Berlaku Kabupaten/Kota 58,25 66,09 74,57 24,14 27,38 30,66 23,78 26,43 28,68 29,58 36,27 36,27 119,35 136,05 150,45 35,59 40,61

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN. A. Deskripsi Data Penelitian ini dilakukan terhadap siswa di MAN se Kabupaten Blitar

BAB IV HASIL PENELITIAN. A. Deskripsi Data Penelitian ini dilakukan terhadap siswa di MAN se Kabupaten Blitar BAB IV HASIL PENELITIAN A. Deskripsi Data Penelitian ini dilakukan terhadap siswa di MAN se Kabupaten Blitar yang berjumlah 92 responden, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keterampilan dasar mengajar

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Deskripsi Data Hasil Penelitian Statistik deskriptif digunakan untuk melihat gambaran secara umum data yang telah dikumpulkan dalam penelitian ini. Berikut hasil

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Gambaran Umum Responden Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa responden yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pada Universitas

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN. A. Penyajian Statistik Deskripsi Hasil Penelitian. kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, baik mengenai

BAB IV HASIL PENELITIAN. A. Penyajian Statistik Deskripsi Hasil Penelitian. kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, baik mengenai 61 BAB IV HASIL PENELITIAN A. Penyajian Statistik Deskripsi Hasil Penelitian Statistik deskriptif ini digunakan sebagai dasar untuk menguraikan kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel,

Lebih terperinci

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ACE HARDWARE DI MARGO CITY DEPOK

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ACE HARDWARE DI MARGO CITY DEPOK PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ACE HARDWARE DI MARGO CITY DEPOK Nama : Rival Ardiansyah NPM : 18212368 Jurusan : Manajemen Pembimbing : Dr. Teddy Oswari Latar Belakang Masalah

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN. Mei 2016 terhadap siswa pada mata pelajaran Akidah akhlak di MTsN Kunir

BAB IV HASIL PENELITIAN. Mei 2016 terhadap siswa pada mata pelajaran Akidah akhlak di MTsN Kunir 133 BAB IV HASIL PENELITIAN Pada bab ini diuraikan tentang: a) Deskripsi Data; b) Uji Persyratan Analisis; c) Pengujian Hipotesis Penelitian. A. Deskripsi Data Penelitian ini dilakukan pada tanggal 01

Lebih terperinci

Nama : Nurlita NPM : Pembimbing : Rini Tesniwati,SE.,MM

Nama : Nurlita NPM : Pembimbing : Rini Tesniwati,SE.,MM PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, UKURAN PERUSAHAAN DAN MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERDAGANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Nama : Nurlita NPM :

Lebih terperinci

DAFTAR LAMPIRAN. Kriteria Sampel Nama Provinsi

DAFTAR LAMPIRAN. Kriteria Sampel Nama Provinsi DAFTAR LAMPIRAN LAMPIRAN 1 Proses Pemilihan Sampel Penelitian Kriteria Sampel No Nama Provinsi Sampel 1 2 3 4 1 Provinsi Aceh 1 2 Provinsi Sumatera Utara 2 3 Provinsi Sumatera Barat 3 4 Provinsi Riau 4

Lebih terperinci

Contoh Analisis Data Korelasi Kecerdasan Emosi terhadap Stress Kerja 1. Sebaran Data Kecerdasan Emosi Hasil Skoring Kuesioner

Contoh Analisis Data Korelasi Kecerdasan Emosi terhadap Stress Kerja 1. Sebaran Data Kecerdasan Emosi Hasil Skoring Kuesioner Contoh Analisis Data Korelasi Kecerdasan Emosi terhadap Stress Kerja 1. Sebaran Data Kecerdasan Emosi Hasil Skoring Kuesioner 1. Sebaran Data Stress Kerja Hasil Skoring Kuesioner 2. Jumlah Skor Setiap

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN 37 BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Statistik Deskriptif Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Laba Bersih dan Arus Kas Operasi sebagai variabel independen (X) dan Dividen Kas sebagai

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN

BAB IV HASIL PENELITIAN BAB IV HASIL PENELITIAN A. DESKRIPSI DATA Data hasil penelitian terdiri dari dua variabel bebas yaitu variabel gaya belajar siswa (X1) dan variabel minat belajar siswa (X2) serta satu variabel terikat

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DATA

BAB IV ANALISIS DATA BAB IV ANALISIS DATA A. Deskripsi Data Penelitian ini berjudul Pengaruh Penggunaan Media Cetak dan Media Audio Visual Terhadap Prestasi Belajar Al-Qur an Hadits di MTs Negeri Aryojeding. Penelitian ini

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI DAN ANALISI DATA

BAB IV DESKRIPSI DAN ANALISI DATA BAB IV DESKRIPSI DAN ANALISI DATA A. Deskripsi Data Hasil Penelitian 1. Deskripsi Data Umum Penelitian Deskripsi data umum berisi mengenai gambaran umum tempat penelitian yakni di SMP N 1 Pamotan. SMP

Lebih terperinci

LAMPIRAN 1 INSTRUMEN PENELITIAN. a. Sebelum Uji b. Setelah Uji

LAMPIRAN 1 INSTRUMEN PENELITIAN. a. Sebelum Uji b. Setelah Uji LAMPIRAN 1 INSTRUMEN PENELITIAN a. Sebelum Uji b. Setelah Uji 110 111 SEBELUM UJI ANGKET UJI COBA INSTRUMEN Petunjuk Pengisian Angket 1. Tulislah terlebih dahulu NAMA dan NIM pada tempat yang telah disediakan.

Lebih terperinci

BAB IV PENGUJIAN. Uji validitas adalah suatu ukuran yang menunjukkan tingkat tingkat kevalidan atau

BAB IV PENGUJIAN. Uji validitas adalah suatu ukuran yang menunjukkan tingkat tingkat kevalidan atau BAB IV PENGUJIAN 4.3 Uji Validitas dan Reliabilitas 4.3. Uji Validitas Uji validitas adalah suatu ukuran yang menunjukkan tingkat tingkat kevalidan atau kesahihan sesuatu instrumen. Uji validitas digunakan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. instrumen yang telah valid dan reliabel yaitu instrumen supervisi akademik

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. instrumen yang telah valid dan reliabel yaitu instrumen supervisi akademik BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 4.1. Hasil Penelitian Hasil penelitian berupa data jawaban 70 orang responden terhadap tiga instrumen yang telah valid dan reliabel yaitu instrumen supervisi akademik

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Hasil 1. Statistik Deskriptif Statistik deskriptif menggambarkan tentang ringkasan data data penelitian seperti jumlah data yang diolah, nilai minimum,

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN

BAB IV HASIL PENELITIAN 110 BAB IV HASIL PENELITIAN Pada bab ini diuraikan tentang: a) deskripsi data; b) uji prasyarat; dan c) pengujian hipotesis penelitian. A. Deskripsi Data Penelitian ini berjudul Pengaruh Profesionalisme

Lebih terperinci

Jumlah Responden Berdasarkan Jenis Kelamin

Jumlah Responden Berdasarkan Jenis Kelamin BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Analisis Deskriptif 1. Deskriptif Responden Berikut ini dijelaskan gambaran responden penelitian a. Identifikasi Responden Berdasarkan Jenis Kelamin Berdasarkan

Lebih terperinci

BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN 4.1 Hasil Penelitian 4.1.1 Data Pendapatan Bunga Tabel 4.1 PT Bank Mandiri (Persero), Tbk Perkembangan Pendapatan Bunga Tahun 2007 2011 (dalam jutaan) Tahun Pendapatan Bunga

Lebih terperinci

BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN A. Statistik Deskriptif. Statistik deskriptif adalah ilmu statistik yang mempelajari cara-cara pengumpulan, penyusunan dan penyajian data suatu penilaian. Tujuannya adalah

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Hasil Penelitian 1. Pelaksanaan Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris apakah masing-masing unsur motivasi yang meliputi: motivasi

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Data Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pendapatan margin pembiayaan murabahah dan pendapatan bagi hasil pembiayaan mudharabah terhadap NPM

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI DAN ANALISIS DATA

BAB IV DESKRIPSI DAN ANALISIS DATA BAB IV DESKRIPSI DAN ANALISIS DATA A. Deskripsi Data Hasil Penelitian 1. Deskripsi Data Umum Deskripsi data umum berisi mengenai gambaran umum tempat penelitian yakni di MTs N 1 Kudus. MTs N 1 Kudus beralamatkan

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL PEMBAHASAN 4.1 Analisis Profil Responden 4.1.1 Statistik Deskriptif Statistik deskriptif digunakan untuk melihat gambaran secara umum data yang telah dikumpulkan dalam penelitian

Lebih terperinci

BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. 5.1 Karakteristik Responden Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk melihat kuat pengaruh

BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. 5.1 Karakteristik Responden Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk melihat kuat pengaruh BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 5.1 Karakteristik Responden Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk melihat kuat pengaruh MSDM, motivasi terhadap kinerja Karyawan dengan melakukan penyebaran

Lebih terperinci

Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Ayam Bakar Kia-Kila

Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Ayam Bakar Kia-Kila Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Ayam Bakar Kia-Kila Oleh : Isti Komaria Ulfa 14213562 Dosen Pembimbing : Edy Nursanta, S.E, M.M PENDAHULUAN P E

Lebih terperinci

BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN. statistik Kolmogorov- Smirnov (uji K-S). Dasar untuk pengambilan

BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN. statistik Kolmogorov- Smirnov (uji K-S). Dasar untuk pengambilan BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN 4.1 Uji Normalitas Pengujian normalitas distribusi data populasi dilakukan dengan menggunakan statistik Kolmogorov- Smirnov (uji K-S). Dasar untuk pengambilan keputusan yaitu

Lebih terperinci

LAMPIRAN. Jumlah Tabungan, Deposito, dan Kredit Tahun (dalam Rp 000)

LAMPIRAN. Jumlah Tabungan, Deposito, dan Kredit Tahun (dalam Rp 000) LAMPIRAN Lampiran i Jumlah Tabungan, Deposito, dan Kredit Tahun 2005-2008 (dalam Rp 000) 2005 2006 2007 2008 Tabungan 3,505,782,603 3,580,721,966 4,266,928,564 5,191,304,160 Deposito 303,031,000 408,810,750

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN Analisis pada bab ini dilakukan dari hasil kuisioner yang telah dikumpulkan. Responden dalam penelitian ini adalah pelanggan yang memiliki hubungan kerja dalam pemanfaatan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Gambaran Umum dan Subyek Penelitian Penelitian ini dilaksanakan di SMK Tarunatama Getasan yang beralamat di Jalan Raya Salatiga-Kopeng KM. 09 Kecamatan Getasan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. Kedisiplinan dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. Kedisiplinan dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran 58 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Pada bab ini penulis akan membahas hasil penelitian tentang Kontribusi Kedisiplinan dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Menggambar Konstruksi

Lebih terperinci

LAMPIRAN HASIL PERHITUNGAN DATA PERUSAHAAN. EVA (Rp) EVA (Rp) EVA (Rp)

LAMPIRAN HASIL PERHITUNGAN DATA PERUSAHAAN. EVA (Rp) EVA (Rp) EVA (Rp) LAMPIRAN HASIL PERHITUNGAN DATA.AALI 2007 28,000 2008 2,322,65 5,503,624 5.96% 3.24%,443,635 5,435,000 6,986,53 8,448,847 9,800-65.00% 2009,805,596 6,632,423 4.67% 30.83%,495,758 35,83,250 9,80,622 26,650,628

Lebih terperinci

Cahaya Fajrin R Pembimbing : Dr.Syntha Noviyana, SE., MMSI

Cahaya Fajrin R Pembimbing : Dr.Syntha Noviyana, SE., MMSI ANALISIS PENGARUH PERIODE PERPUTARAN HUTANG DAGANG DAN RASIO LANCAR, TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi pada perusahaan manufaktur sektor Tekstil dan Garmen yang terdaftar di BEI tahun 2010-2012)

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN 34 BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Statistik Deskriptif Analisis data yang dilakukan dalam bab ini pada dasarnya dapat dikelompokkan menjadi dua bagian. Bagian pertama merupakan analisis

Lebih terperinci

BAB IV PELAKSANAAN DAN HASILPENELITIAN

BAB IV PELAKSANAAN DAN HASILPENELITIAN BAB IV PELAKSANAAN DAN HASILPENELITIAN Pengumpulan data penelitian ini di lakukan pada tanggal 18 Mei 2014 sampai tanggal 21 Mei 2014. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan

Lebih terperinci

DAFTAR LAMPIRAN. Data Variabel Pertumbuhan Ekonomi Atas Dasar Harga Berlaku. Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah Tahun

DAFTAR LAMPIRAN. Data Variabel Pertumbuhan Ekonomi Atas Dasar Harga Berlaku. Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah Tahun DAFTAR LAMPIRAN LAMPIRAN 1 Data Variabel Pertumbuhan Ekonomi Atas Dasar Harga Berlaku Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah Tahun 2013-2015 1 Kab. Banjarnegara 10,56 13,03 10,99 2 Kab. Batang 10,26 12,26

Lebih terperinci

BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN. Statistik Deskriptif menjelaskan karakteristik dari masing-masing

BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN. Statistik Deskriptif menjelaskan karakteristik dari masing-masing BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN A. Statistik Deskriptif Statistik Deskriptif menjelaskan karakteristik dari masing-masing variabel yang terdapat dalam penelitian, baik variabel dependen maupun variabel independent

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Hasil 1. Statistik Deskriptif Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari pendapatan premi, klaim, hasil investasi, dan laba. Statistik

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN 40 BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Statistik Deskriptif Statistik Deskriptif menjelaskan karakteristik dari masing-masing variabel yang terdapat dalam penelitian, baik variabel dependen maupun

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN. Populasi dalam penelitian ini adalah PT. Bank Syariah Mandiri dan Bank

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN. Populasi dalam penelitian ini adalah PT. Bank Syariah Mandiri dan Bank BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Deskripsi Sampel Penelitian Populasi dalam penelitian ini adalah PT. Bank Syariah Mandiri dan Bank Indonesia. Sampel adalah wakil dari populasi yang diteliti. Dalam

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. Textile dan Otomotif yang terdaftar di BEI periode tahun

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. Textile dan Otomotif yang terdaftar di BEI periode tahun BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Hasil Analisa Penelitian ini menggunakan data skunder berupa laporan keuangan audit yang diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu www.idx.co.id.

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. ANALISIS HASIL 1. Hasil Sampling Responden dalam hasil penelitian ini adalah wajib pajak badan yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Kembangan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. 4.1 Analisis Karakteristik Berdasarkan Responden

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. 4.1 Analisis Karakteristik Berdasarkan Responden BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Analisis Karakteristik Berdasarkan Responden Penulis telah melakukan penelitian mengenai pengaruh motivasi dan kepuasan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan di Casa

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Uji Statistik Deskriptif Statistik Deskriptif memberikan gambaran atau deskriptif suatu data yang dilihat dari nilai rata-rata (mean), standar deviasi, varian, maksimum

Lebih terperinci

UJI PRASYARAT DATA 1. UJI NORMALITAS DATA a. Uji Normalitas Data Kinerja Mengajar Guru (Y) One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test N 104

UJI PRASYARAT DATA 1. UJI NORMALITAS DATA a. Uji Normalitas Data Kinerja Mengajar Guru (Y) One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test N 104 UJI PRASYARAT DATA 1. UJI NORMALITAS DATA a. Uji Normalitas Data Kinerja Mengajar (Y) Lampiran 5 One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test Kinerja Mengajar N 104 Normal Parameters a,b Mean 79.51 Std. Deviation

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN 46 A. Statistik Deskriptif BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN Statistik deskriptif menggambarkan tentang ringkasan data-data penelitian seperti nilai minimum, maksimum, mean, dan standard deviasi dari masing-masing

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Hasil Penelitian 1. Deskripsi Tempat Penelitian Pondok Pesantren Sunan Pandanaran beralamat di jalan Demuk Gg. Roda Ngunut. Pondok ini dikhususkan bagi para siswi

Lebih terperinci

BAB 4 PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN

BAB 4 PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN BAB 4 PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN 41 Hasil Uji Statistik 411 Statistik Deskriptif Pada bagian ini akan dibahas mengenai hasil pengolahan data statistik deskriptif dari variabel-variabel yang diteliti Langkah

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Statistik Deskriptif Statistik deskriptif menjelaskan informasi karakteristik variabel-variabel dan data penelitian. Data yang digunakan pada tabel statistik deskriptif

Lebih terperinci

CHAIRUNNISA NURSANI

CHAIRUNNISA NURSANI PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, EARNING MANAGEMENT, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERBANKAN (Studi pada Emiten Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015)

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. data dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi Analisis bivariate

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. data dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi Analisis bivariate digilib.uns.ac.id BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Penelitian ini dilakukan pada ibu yang mempunyai bayi umur 6 12 bulan. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Mei 2013 di desa Krebet. Analisis data

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN

BAB IV HASIL PENELITIAN BAB IV HASIL PENELITIAN A. Deskripsi Pelaksanaan Penelitian Proses pelaksanaan penelitian ini diawali dengan pengajuan surat izin penlitian ke MTsN 2 Tulungagung pada tanggal 9 Desember 2015. Setelah surat

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN. A. Analisis Jumlah WP, Jumlah Pokok Ketetapan PBB dan Realisasi TABEL 4.1 JUMLAH WAJIB PAJAK DAN KETETAPAN PBB

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN. A. Analisis Jumlah WP, Jumlah Pokok Ketetapan PBB dan Realisasi TABEL 4.1 JUMLAH WAJIB PAJAK DAN KETETAPAN PBB BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Jumlah WP, Jumlah Pokok Ketetapan PBB dan Realisasi Oleh karena penelitian ini mengarah kepada perpajakan khususnya PBB, maka data yang disajikan pada gambaran

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Hasil Penelitian 1. Statistik Deskriptif Statistik deskriptif menggambarkan tentang ringkasan data-data penelitian seperti jumlah data, rata-rata, nilai

Lebih terperinci

BAB IV HASIL ANALISA DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL ANALISA DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL ANALISA DAN PEMBAHASAN A. Statistik Deskriptif Penelitian ini menggunakan analisa regresi yang tujuannya adalah untuk meramalkan suatu nilai variabel dependen dengan adanya perubahan dari

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Statistik Deskriptif Statistik deskriptif menggambarkan tentang ringkasan data-data penelitian seperti nilai minimum, maksimum, mean, dan standar deviasi

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN. Dengan rasio aktivitas, kita dapat mengetahui tingkat persediaan,

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN. Dengan rasio aktivitas, kita dapat mengetahui tingkat persediaan, BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN A. Analisa Deskriptif 1. Deskriptif Statistik Dengan rasio aktivitas, kita dapat mengetahui tingkat persediaan, penjualan serta perputaran aktiva tetap pada suatu perusahaan.

Lebih terperinci

BAB IV ANALISA HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISA HASIL DAN PEMBAHASAN 58 BAB IV ANALISA HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Hasil 1. Statistik Deskriptif a. Analisis Deskriptif Statistik Deskriptif digunakan untuk melihat gambaran secara umum data yang telah dikumpulkan dalam

Lebih terperinci

HASIL UJI REGRESI PENGARUH KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY. Descriptive Statistics

HASIL UJI REGRESI PENGARUH KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY. Descriptive Statistics LAMPIRAN 3 HASIL UJI REGRESI PENGARUH KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY Deskripsi Data Descriptive Statistics N Minimum Maximum Mean Std. Deviation TA 42 3.386499 8.013065

Lebih terperinci

DAFTAR SAMPEL PENELITIAN

DAFTAR SAMPEL PENELITIAN Lampiran i DAFTAR SAMPEL PENELITIAN No Kabupaten/Kota Kriteria Sampel Penelitian 1 2 Sampel 1 Kab. Banyuasin Sampel 1 2 Kab. Empat Lawang Sampel 2 3 Kab. Lahat Sampel 3 4 Kab. Muara Enim - 5 Kab. Musi

Lebih terperinci

BAB IV PEMBAHASAN. Berdasarkan data olahan SPSS yang meliputi audit delay, ukuran

BAB IV PEMBAHASAN. Berdasarkan data olahan SPSS yang meliputi audit delay, ukuran BAB IV PEMBAHASAN A. Analisis Data 1. Uji Statistik Deskriptif Berdasarkan data olahan SPSS yang meliputi audit delay, ukuran perusahaan, tingkat profitabilitas, rasio solvabilitas dan opini auditor, maka

Lebih terperinci

BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Statistik Deskriptif Satistik deskriptif masing masing variabel penelitian ini ditampilkan untuk mempermudah dalam mengetahui tanggapan umum responden terhadap

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. Tabel 4.1 Hasil Statistik Deskriptif. Berdasarkan tabel 4.1 dapat diketahui bahwa dengan jumlah

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. Tabel 4.1 Hasil Statistik Deskriptif. Berdasarkan tabel 4.1 dapat diketahui bahwa dengan jumlah BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. Hasil Uji Analisis Deskriptif Tabel 4.1 Hasil Statistik Deskriptif Descriptive Statistics N Minimum Maximum Mean Std. Deviation DPR 117.00 2.12.2176.37171 CR 117.22 5.77

Lebih terperinci

KUESIONER PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEPERCAYAAN, IMAGE TERHADAP KEPUASAN NASABAH YANG MEMINJAM DANA

KUESIONER PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEPERCAYAAN, IMAGE TERHADAP KEPUASAN NASABAH YANG MEMINJAM DANA Lampiran 1 KUESIONER PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEPERCAYAAN, IMAGE TERHADAP KEPUASAN NASABAH YANG MEMINJAM DANA PADA PT BPR MILALA MEDAN 1. Identitas Responden Nama : Umur : Tahun : Jenis Kelamin : Pekerjaan

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Hasil 1. Statistik Deskriptif Analisis statistik deskriptif digunakan untuk memberi gambaran atau deskripsi suatu data pada variabel variabel penelitian

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN. Statistik deskriptif menggambarkan tentang ringkasan data-data penelitian

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN. Statistik deskriptif menggambarkan tentang ringkasan data-data penelitian BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Statistik Deskriptif Statistik deskriptif menggambarkan tentang ringkasan data-data penelitian seperti nilai minimum, maksimum, mean, dan standard deviasi dari masingmasing

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Hasil 1. Statistik Deskriptif a. Analisis Deskriptif Statistik Statistik deskriptif digunakan untuk melihat gambaran secara umum data yang telah dikumpulkan

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN 31 BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Statistik Deskriptif Statistik deskriptif ini digunakan untuk memberikan gambaran mengenai demografi responden penelitian. Data demografi tersebut antara lain

Lebih terperinci

Responden. Yang terhormat,

Responden. Yang terhormat, LAMPIRAN 113 114 PENGARUH BESAR MODAL USAHA (MODAL SENDIRI), PEMBERIAN KREDIT, DAN TINGKAT SUKU BUNGA KREDIT TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PEDAGANG KECIL DI DESA TIRTONIRMOLO KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN

BAB IV HASIL PENELITIAN BAB IV HASIL PENELITIAN Empat bagian penting yaitu bagian deskripsi data, pengujian persyaratan analisis, pengujian hipotesis penelitian, dan bagian keterbatasan penelitian akan disajikan di sini, dan

Lebih terperinci

41-50 tahun Lebih dari 50 tahun tahun 2. Lama Bekerja : < 5 tahun 6-10 tahun

41-50 tahun Lebih dari 50 tahun tahun 2. Lama Bekerja : < 5 tahun 6-10 tahun Lampiran 1 Kuesioner Penelitian Bersamaan dengan ini Saya mohon kesediaan Bapak untuk mengisi daftar pernyataan atas penelitian saya tentang Pengaruh Karaktersitik Individu, Karakteristik Pekerjaan dan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN

BAB IV HASIL PENELITIAN BAB IV HASIL PENELITIAN 4.1 DESKRIPSI TEMPAT PENELITIAN Pusat Pengembangan Anak (PPA) adalah suatu bentuk kemitraan antara Yayasan Compassion Indonesia (YCI) yang berkantor Negara di Bandung untuk Indonesia,

Lebih terperinci

ANALISIS PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, BI RATE DAN RETURN ON ASSETS (ROA) TERHADAP PEMBERIAN KREDIT PADA BANK BUMN

ANALISIS PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, BI RATE DAN RETURN ON ASSETS (ROA) TERHADAP PEMBERIAN KREDIT PADA BANK BUMN ANALISIS PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, BI RATE DAN RETURN ON ASSETS (ROA) TERHADAP PEMBERIAN KREDIT PADA BANK BUMN Nama : Dian Ayu Lestari NPM : 12212022 Jurusan : Manajemen Dosen Pembimbing : Neltje F.

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN HASIL

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN HASIL BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN HASIL Dalam bab ini akan disajikan gambaran umum penelitian, hasil uji validitas dan reliabilitas, statistik deskriptif tiap variabel, uji asumsi klasik, pengujian hipotesis

Lebih terperinci

Surat Pengantar Pengisian Angket Angket Uj i Coba Instrumen Penelitian Reka pitulasi Data Hasil Uji Coba Instrumen Hasil Validitas dan Reliabilitas

Surat Pengantar Pengisian Angket Angket Uj i Coba Instrumen Penelitian Reka pitulasi Data Hasil Uji Coba Instrumen Hasil Validitas dan Reliabilitas 90 91 LAMPIRAN I Surat Pengantar Pengisian Angket Angket Uji Coba Instrumen Penelitian Rekapitulasi Data Hasil Uji Coba Instrumen Hasil Validitas dan Reliabilitas 92 Surat Uji Coba Instrumen Penelitian

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Statistik Deskriptif Berdasarkan nilai pada masing-masing variabel dapat diketahui nilai penelitian seperti nilai minimum, maksimum, mean dan standard deviasi dari

Lebih terperinci

LAMPIRAN 1 SURAT IJIN PENELITIAN

LAMPIRAN 1 SURAT IJIN PENELITIAN LAMPIRAN 69 LAMPIRAN 1 SURAT IJIN PENELITIAN 70 71 72 73 74 LAMPIRAN 2 SURAT KETERANGAN VALIDASI EXPERT JUDGEMENT 75 76 77 78 79 LAMPIRAN 3 INSTRUMEN PENELITIAN 80 ANGKET PENELITIAN PETUNJUK PENGISIAN

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan FKIP-UKSW

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan FKIP-UKSW BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Pada bab IV ini diuraikan tentang Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Prestasi Belajar terhadap Minat Menjadi Guru Ekonomi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN. serta nilai dari tes kemampuan menyelesaikan soal cerita materi poko. penyajian data hasil penelitian sebagai berikut:

BAB IV HASIL PENELITIAN. serta nilai dari tes kemampuan menyelesaikan soal cerita materi poko. penyajian data hasil penelitian sebagai berikut: BAB IV HASIL PENELITIAN A. Penyajian Data Setelah diadakan penelitian, baik melaui tes maupun dokumentasi, selanjutnya akan disajikan data yang telah diperoleh. Data yang akan disajikan berupa skor tes

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 1 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Gambaran Umum Subjek Penelitian Penelitian dilaksanakan di SMP Kristen Satya Wacana yang terletak di Jalan Diponegoro, Salatiga. Populasi penelitian adalah semua

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN. penelitian ini rasio likuiditas yang digunakan adalah Current Ratio (CR)

BAB IV HASIL PENELITIAN. penelitian ini rasio likuiditas yang digunakan adalah Current Ratio (CR) BAB IV HASIL PENELITIAN A. Deskripsi Data 1. Analisis Rasio Likuiditas BCA Syariah Rasio likuiditas ini mengukur kemampuan perusahaan atau bank dalam memenuhi kewajiban jangka pendek yang jatuh tempo.

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN 39 BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Statistik Deskriptif Berdasarkan nilai pada masing-masing variabel dapat diketahui nilai penelitian seperti nilai minimum, maksimum, mean dan standard deviasi

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN

BAB IV HASIL PENELITIAN BAB IV HASIL PENELITIAN A. DESKRIPSI DATA Deskripsi data bisa diartikan sebagai suatu upaya untuk menampilkan data agar data tersebut bisa dipaparkan secara baik dan diinterpretasikan dengan mudah. 159

Lebih terperinci

BAB IV ANALISA DAN HASIL PEMBAHASAN

BAB IV ANALISA DAN HASIL PEMBAHASAN BAB IV ANALISA DAN HASIL PEMBAHASAN A. Statistik Deskriptif Dalam analisis statistik obyek penelitian pada sub bab ini, peneliti akan menjabarkan hasil perhitungan nilai minimum, nilai maksimum, ratarata

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL PENELITIAN. Data-data yang diolah dalam penelitian ini adalah kuesioner yang

BAB 4 HASIL PENELITIAN. Data-data yang diolah dalam penelitian ini adalah kuesioner yang BAB 4 HASIL PENELITIAN 4.1 Data Responden Data-data yang diolah dalam penelitian ini adalah kuesioner yang desebarkan kepada pengguna website Kreavi.com melalui email admin. Dari kuesioner diperoleh data

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. A. Pengaruh Rasio Profitabilitas, Rasio Solvabilitas Dan Rasio Likuiditas Terhadap

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. A. Pengaruh Rasio Profitabilitas, Rasio Solvabilitas Dan Rasio Likuiditas Terhadap BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Pengaruh Rasio Profitabilitas, Rasio Solvabilitas Dan Rasio Likuiditas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Perdagangan, Jasa Dan Investasi Di Daftar Efek Syariah

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. teori yang menjadi dasar dan data yang diperoleh dari Badan

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. teori yang menjadi dasar dan data yang diperoleh dari Badan BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Bab ini menguraikan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan membandingkan teori yang menjadi dasar dan data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Statistik Deskriptif Dalam penelitian yang dimaksud dengan Analisis Statistik Deskriptif adalah proses transformasi data penelitian dalam bentuk tabulasi

Lebih terperinci

BAB 4 ANALISIS DAN PEMBAHASAN

BAB 4 ANALISIS DAN PEMBAHASAN 43 BAB 4 ANALISIS DAN PEMBAHASAN 4.1 Deskriptif Sampel 1. Gambaran Umum Sampel Perusahaan manufaktur merupakan perusahaan yang kegiatan utamanya adalah memproduksi atau membuat bahan baku menjadi barang

Lebih terperinci