RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)"

Transkripsi

1 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SD Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan Kelas/Semester : 1/1 Tema : Diri Sendiri Standar Kompetensi : Seni Rupa 1. Mengapresiasi karya seni rupa. Seni Musik 3. Mengapresiasi karya seni musik. Seni Tari 5. Mengapresiasi karya seni tari. Kompetensi Dasar : 1.1. Mengidentifikasi unsur seni rupa pada benda di alam sekitar Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur seni rupa pada benda di alam sekitar Mengidentifikasi unsur/elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia Menunjukkan sikap apresiatif terhadap sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat. Indikator : Mampu menyebutkan unsur-unsur seni rupa Mampu membuat bermacam-macam garis Mampu menyebutkan bentuk bidang yang diamati Mampu menyebutkan bentuk benda yang diamati Mampu membuat berbagai macam bidang dan bangun ruang serta mewarnainya Mampu menggambar orang dengan menggunakan bintik, lingkaran, garis lurus, garis lengkung, garis, dan garis bergelombang Mampu menyebutkan unsur rupa pada diri sendiri Mampu menyebutkan unsur rupa pada tas sendiri Mampu menyebutkan unsur rupa pada diri teman Mampu menyebutkan bunyi yang keluar dari tubuh manusia Mampu mempraktikkan hal-hal yang menghasilkan suara (tepuk tangan, bersiul, dan lain-lain) Mampu memasangkan gambar dan suaranya Mampu membedakan suara keras dan lemah Mampu membedakan suara tinggi dan suara rendah Mampu mempraktikkan suara tinggi dan suara rendah Mampu membedakan bunyi panjang dan bunyi pendek.

2 Mampu mempraktikkan bunyi panjang dan bunyi pendek Mampu mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia Mampu membedakan keindahan bunyi dari tubuh manusia Mampu menyebutkan suara yang indah maupun yang tidak indah dari tubuh manusia Mampu membentuk irama dengan bertepuk tangan Mampu menyanyi lagu anak-anak sambil bertepuk tangan sesuai irama Mampu menyebutkan gerakan yang dapat dilakukan dengan tangan Mampu menyebutkan gerakan yang dapat dilakukan dengan kaki Mampu memperagakan gerakan-gerakan tangan Mampu memperagakan gerakan-gerakan yang dilakukan dengan kaki Mampu memperagakan gerakan-gerakan di tempat dengan masing-masing anggota tubuh. Alokasi Waktu : A. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat mengidentifikasi unsur seni rupa pada benda di alam sekitar. 2. Siswa dapat menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur seni rupa pada benda di alam sekitar. 3. Siswa dapat mengidentifikasi unsur/elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia. 4. Siswa dapat mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia. 5. Siswa dapat menunjukkan sikap apresiatif terhadap sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia. 6. Siswa dapat mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat. B. Materi Pembelajaran 1. Unsur seni rupa pada benda di alam sekitar. 2. Unsur rupa pada diri sendiri. 3. Bunyi dari tubuh manusia. 4. Unsur musik dari tubuh manusia. 5. Bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia: bunyi-bunyi lemah, bunyi tinggi-bunyi rendah, bunyi panjang-bunyi pendek. 6. Keindahan bunyi. 7. Fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat. C. Metode Pembelajaran 1. Belajar sambil bermain 2. Tanya jawab 3. Demonstrasi 4. Ceramah 5. Pemodelan 6. Pengamatan gambar

3 D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Pertemuan Pertama 1) Siswa diajak menyanyi lagu Pelangi bersama-sama. 2) Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang macam-macam warna. 3) Siswa mengamati dan menyebutkan warna-warna pada diri sendiri. Misal: rambut, kulit, seragam yang dipakai, dan lain-lain. 1) Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang unsur rupa. 2) Siswa membuat bintik dan garis. 3) Siswa membuat bermacam-macam garis: garis lurus, garis lengkung, garis berkelok, garis bergelombang. 4) Siswa mengamati bentuk-bentuk bidang dan menyebutkan namanya, misalnya: lingkaran, segitiga, segi empat. 5) Siswa mengamati berbagai bentuk benda dan menyebutkan namanya misalnya: bola, tabung, balok, kubus. 6) Siswa mengamati berbagai gambar benda, kemudian menyebutkan nama dan warnanya. 7) Siswa membuat berbagai garis, bidang, dan bangun ruang berbagai ukuran dan mewarnainya. 8) Siswa menggambar orang dengan menggunakan lingkaran, garis lengkung, garis lurus, bintik, segi empat, dan garis bergelombang. 1) Siswa menerima motivasi dari guru. 2) Siswa menerima tugas rumah untuk menggambar orang dengan menggunakan berbagai unsur rupa dan mewarnainya. 2. Pertemuan Kedua 1) Siswa diajak menyanyi bersama lagu Dua Mata Saya. 2) Siswa dan guru mengadakan tanya jawab tentang anggota tubuh. 1) Siswa mengamati teman. 2) Siswa menyebutkan unsur rupa pada diri teman itu. Misalnya: alis berbentuk garis lengkung, mata berbentuk bulat, dan seterusnya. 3) Siswa mengamati tas sekolah masing-masing. 4) Siswa menyebutkan unsur rupa pada tas itu. Misalnya: tas berbentuk balok, berwarna biru, dan seterusnya. 5) Siswa bemain suit dengan teman sebangku. Siswa yang menang menunjuk bagian tubuh, siswa yang kalah menyebutkan namanya. 1) Siswa mengamati gambar orang membawa kaleng, dan menyebutkan bentuk bagian-bagiannya. 2) Siswa menerima tugas rumah untuk menggambar bermacam-macam bangun ruang dengan berbagai ukuran dan mewarnainya dengan berbagai warna.

4 3. Pertemuan Ketiga 1) Siswa diajak menyanyi lagu Petik Jari bersama-sama sambil memperagakan. 2) Siswa menjawab pertanyaan guru tentang bunyi jari yang dipetik-petik, tepuk tangan, hentak kaki, dan sebagianya. 1) Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang bunyi dari tubuh manusia. 2) Siswa mempraktikkan: mendengarkan suara teman, tepuk tangan, bersiul, mendengarkan detak jantung, dan lain-lain. 3) Siswa menyebutkan bunyi yang keluar (terdengar) dari apa yang dipraktikkan tadi. 4) Siswa memasangkan gambar dan suara. Siswa bersama-sama menyanyi sambil bertepuk tangan. 4. Pertemuan Keempat 1) Siswa diajak menyanyi lagu Mari Bertepuk Tangan bersama-sama. 2) Siswa menjawab pertanyaan guru tentang bunyi/suara tepuk tangan. 1) Siswa melakukan tepuk tangan keras, kemudian lemah. 2) Siswa menjawab pertanyaan guru tentang bunyi yang ditimbulkan tadi, dan membedakannya antara bunyi kuat dan bunyi lemah. 3) Siswa memperhatikan guru menyanyi dengan suara tinggi dan suara rendah. 4) Siswa membandingkan suara-suara tersebut dan menyebutkan tinggi rendahnya. 5) Siswa membuktikan suara tinggi dan suara rendah dengan air yang ditaruh ke dalam beberapa gelas yang sama, banyak air berbeda-beda kemudian dilentingkan dengan sendok. 6) Siswa mempraktikkan siulan panjang dan siulan pendek. 7) Siswa mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi tubuh manusia. Siswa menyanyi lagu Balonku bersama-sama dengan suara keras sambil bertepuk tangan. 5. Pertemuan Kelima 1) Siswa diajak menyanyi lagu Matahari Terbenam bersama-sama sambil bertepuk tangan. 2) Siswa menjawab pertanyaan guru tentang lagu tersebut. b. Kegiatan Inti 1) Siswa mempraktikkan tepuk tangan berirama dan tidak berirama. 2) Siswa membandingkan keindahan tepukan tersebut. 3) Siswa memainkan pola irama dengan tepukan keras dan tepukan lemah. 4) Siswa menyebutkan contoh suara manusia yang indah. 5) Siswa menyebutkan contoh suara manusia yang tidak indah atau sumbang. 6) Siswa menyanyi lagu anak-anak (Pelangi atau yang lain) sambil bertepuk tangan. Dilakukan secara kelompok.

5 1) Siswa mendengarkan suara tertentu dari kaset atau suara guru, dan menebak suara itu. 2) Siswa menerima tugas untuk menyanyi dengan irama tepuk tangan. 6. Pertemuan Keenam 1) Siswa diajak menyanyi lagu Jari dan Jempol bersama-sama sambil memperagakan gerakan jari dan jempol. 2) Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang gerakan-gerakan dalam lagu tersebut. 1) Siswa mengamati gambar orang menari. 2) Siswa menyebutkan gerak yang dilakukan masing-masing anggota tubuh. 3) Siswa memperagakan gerak tari menirukan orang menulis, makan, mencuci, menyisir rambut, menendang bola, melompat, berjalan, berlari, dan lain-lain. 4) Siswa menyebutkan gerakan yang dapat dilakukan dengan tangan. 5) Siswa menyebutkan gerakan yang dapat dilakukan dengan kaki. 6) Siswa memperagakan gerakan di tempat (lutut ditekuk kemudian diluruskan, berdiri tegap kedua tangan melambai ke kanan dan ke kiri). 1) Salah satu siswa memperagakan orang jalan berlenggang dan siswa lain memberi komentar. 2) Siswa menerima saran-saran dan motivasi dari guru. E. Sumber Belajar 1. Buku Seni Budaya dan Keterampilan Kelas 1 Semester 1, Intan Pariwara, halaman Benda-benda berbentuk bangun ruang. 3. Diri sendiri, teman, tas, dan benda-benda di sekitar. F. Penilaian 1. Teknik : tes perbuatan 2. Bentuk Instrumen : performance, unjuk kerja 3. Instrumen : a. Gambarlah seorang anak perempuan dengan menggunakan: Lingkaran untuk kepala, garis lengkung untuk alis dan bibir, bintik untuk mata, bidang segi empat untuk badan, dan seterusnya! b. Buatlah bermacam-macam bangun ruang dengan berbagai ukuran dan warnailah dengan menarik. c. Nyanyikan lagu Balonku dengan suara keras diikuti irama tepuk tangan. d. Lakukan gerakan-gerakan tari berikut! 1) Melompat, melenggang, berlari, dan menendang bola. 2) Menyisir rambut, menulis, dan makan. 3) Melambaikan tangan ke kanan dan ke kiri. 4) Lutut ditekuk dan diluruskan. 5) Timpuh, kepala menengok ke kanan dan ke kiri. Catatan: Tes dilakukan langsung setiap pertemuan.

6 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SD Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan Kelas/Semester : 1/1 Tema : Keluarga Standar Kompetensi : Seni Musik 4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik. Seni Tari 5. Mengapresiasi karya seni tari. Kompetensi Dasar : 4.1. Menampilkan permainan pola irama sederhana Mengekspresikan diri melalui vokal Mengekspresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah. Indikator : Mampu melakukan tepuk tangan kuat berulang-ulang Mampu melakukan tepuk tangan lemah berulang-ulang Mampu menampilkan permainan musik dengan pola irama tepuk tangan keras lemah Mampu membaca tangga nada dengan tepat Mampu membaca nada panjang Mampu membaca nada pendek Mampu mengucapkan vokal dengan jelas Mampu mengatur pernapasan dalam menyanyi Mampu menyebutkan lima alat musik Mampu memainkan melodi sederhana dengan alat musik sederhana Mampu menyuarakan/menyiulkan/menyenandungkan melodi sederhana Mampu melakukan gerak di tempat dengan tingkat rendah Mampu memperagakan gerak di tempat dengan tingkat rendah Mampu menampilkan gerak dengan tingkat tinggi Mampu memperagakan gerak tari tingkat tinggi (menirukan teman bermain lompat tali, memetik buah, dan lain-lainnya) Mampu memperagakan gerak tari tingkat sedang (menirukan teman menyapu, menulis, dan lain-lain) Mampu memperagakan gerak tari tingkat rendah (menirukan ibu mencuci, adik main kelereng, dan lain-lain). Alokasi waktu :

7 A. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat menampilkan permainan pola irama sederhana. 2. Siswa dapat mengekspresikan diri melalui vokal. 3. Siswa dapat mengekspresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia. 4. Siswa dapat menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi-rendah. 5. Siswa dapat menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah. B. Materi Pembelajaran 1. Permainan pola irama 2. Teknik vokal 3. Alat musik sederhana 4. Gerak tari menurut tingkatan 5. Keindahan gerak tari menurut tingkatannya C. Metode Pembelajaran 1. Permainan 2. Permodelan 3. Tanya jawab 4. Ceramah 5. Demonstrasi D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Pertemuan Pertama 1) Siswa diajak menyanyi lagu Satu-Satu Aku Sayang Ibu bersama-sama, sambil bertepuk tangan. 2) Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang lagu tersebut. 3) Mengamati gambar orang menyanyi, kemudian menceritakannya. b. Kegiatan Inti 1) Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang pola irama. 2) Siswa bermain pola irama dengan tepuk tangan kuat lemah. 3) Siswa berkelompok menjadi dua, yaitu kelompok putra dan kelompok putri. 4) Kelompok putra tepuk tangan kuat, kelompok putri tepuk tangan lemah. 5) Siswa bermain musik dengan pola irama tepuk tangan (diseratai nyanyian). 1) Siswa menyanyi bersama lagu anak-anak disertai musik sederhana pola irama tepuk tangan kuat lemah. 2) Siswa menerima pesan, saran dari guru. 2. Pertemuan Kedua 1) Siswa diajak menyanyi bersama lagu Kasih Ibu. 2) Siswa bercerita tentang pengalamannya menyanyi. b. Kegiatan Inti 1) Siswa memperhatikan penjelasan dan contoh guru tentang ketepatan nada dan tangga nada. 2) Siswa membaca tangga nada naik dengan benar, kemudian tangga nada turun. 3) Siswa membaca nada loncat, misalnya

8 4) Siswa membaca nada panjang dan nada pendek sesuai dengan penjelasan dan contoh dari guru. Misalnya: ) Siswa mengucapkan vokal dengan jelas. Misal: aaa..., iii..., uuu..., dan seterusnya. 6) Siswa melakukan latihan pernapasan. 3. Kegiatan akhir 1) Siswa secara bersama-sama membaca nada dengan teknik yang tepat. Misalnya nada-nada berikut: dan seterusnya. 2) Siswa menerima saran-saran dan perbaikan dari guru. 3. Pertemuan Ketiga 1) Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang alat musik. 2) Siswa memukul batu atau kayu sebagai alat musik sederhana. 1) Siswa melakukan percobaan membuat alat musik dengan air yang dimasukkan ke dalam gelas, kemudian didentingkan dengan sendok. 2) Siswa memainkan melodi dengan alat musik gelas tersebut. 3) Siswa bersiul dengan melodi tertentu. 4) Siswa bersenandung dengan melodi tertentu. 1) Siswa menerima penjelasan guru tentang alat musik sederhana seperti yang telah mereka buat atau bunyikan. 2) Siswa bersama-sama menyenandungkan melodi. Misalnya: Pertemuan Keempat 1) Siswa diajak menyanyi bersama: Adikku yang kusayangi... dan seterusnya. 2) Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang gerak-gerik adik yang lucu. b. Kegiatan Inti 1) Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai gerak tari tingkat rendah tingkat sedang, dan tingkat tinggi, serta contoh-contohnya. 2) Siswa menirukan gerakan adik merangkak. 3) Siswa dalam posisi timpuh, kemudian mengayunkan tangan ke atas dan ke bawah, menelungkupkan kepala dan badan. 4) Siswa dalam posisi separuh anggota tubuh hampir menyentuh lantai, melakukan gerak mengayunkan tangan ke atas, ke bawah, lutut ditekuk. 5) Siswa duduk timpuh, pantat diangkat, melambaikan kedua tangan ke kiri dan ke kanan. 6) Siswa posisi berdiri. Melambaikan kedua tangan ke kiri dan ke kanan. Kaki jinjit kemudian ditapakkan. Jalan melenggang. Siswa secara bersama-sama menyanyi dan memperagakan lagu Berlenggang (Berjalan berlenggang, berlengganglah, berlenggang... dan seterusnya).

9 5. Pertemuan Kelima 1) Siswa diajak menyanyi lagu Berlenggang bersama-sama. 2) Siswa memperhatikan beberapa contoh gerak tari dari guru. 1) Siswa mengamati dan menirukan gerak tari yang dicontohkan guru. 2) Siswa memperhatikan dan memperagakan gerak tari menirukan: a) Ayah membersihkan langit-langit. b) Kakak sedang menulis. c) Ibu sedang mencuci, dan seterusnya. 1) Siswa berkelompok lima orang, melakukan gerak tari menirukan ibu mencuci. 2) Siswa lain memberi komentar/penilaian. 3) Siswa menerima pesan, saran, perbaikan, dan motivasi guru. E. Sumber Belajar 1. Buku Seni Budaya dan Keterampilan Kelas 1 Semester 1, Intan Pariwara, halaman Lingkungan. F. Penilaian: 1. Teknik : tes perbuatan 2. Bentuk : psikomotor performance Dilakukan pada setiap akhir pertemuan atau dalam proses kegiatan pembelajaran. 3. Instrumen : a. Buatlah kelompok yang terdiri dari dua orang. Tampilkan permainan musik dengan pola irama tepuk tangan keras-lemah sambil bernyanyi! b. Bacalah nada berikut dengan tepat! c. Senandungkan melodi berikut ini! d. Peragakan! 1) Berdiri tegap melambaikan kedua tangan ke kiri dan ke kanan, dengan 4 hitungan. 2) Kaki jinjit, kemudian ditapakkan dengan 4 hitungan. 3) Jalan melenggang, dengan 8 hitungan. 4) Perhatikan gerak teman-temanmu sebagai berikut. a) Teman bermain lompat tali. b) Teman menulis. c) Teman bermain kelereng. Tirukan gerak teman-temanmu tersebut dengan gerak tari.

10 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SD Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan Kelas/Semester : 1/1 Tema : Sekolah Standar Kompetensi : Seni Musik 4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik. Kompetensi Dasar : 4.1. Menampilkan permainan pola irama sederhana Mengekspresikan diri melalui vokal Mengekspresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia. Indikator : Mampu mengucapkan syair lagu Pergi Belajar dengan lafal yang benar Mampu memberi tanda ( ) untuk ambil napas Mampu membaca syair lagu Pergi Belajar dengan lafal dan pemenggalan yang benar Mampu menyanyikan lagu Pergi Belajar secara klasikal Mampu menyanyikan lagu Pergi Belajar secara kelompok Mampu menyanyikan lagu Pergi Belajar secara individu. Alokasi Waktu : 4 35 (2 pertemuan) A. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat melafalkan lagu anak-anak. 2. Siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok, maupun klasikal. B. Materi Pembelajaran 1. Lafal lagu anak-anak. 2. Lagu anak-anak Pergi Belajar. C. Metode Pembelajaran 1. Menirukan ucapan 2. Pemodelan D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Pertemuan Pertama 1) Siswa diajak menyanyi bersama lagu anak-anak. 2) Siswa menjawab pertanyaan guru tentang lagu tersebut. 3) Siswa memperhatikan dan mencermati syair lagu Pergi Belajar yang telah ditulis di depan kelas. b. Kegiatan Inti 1) Siswa membaca syair lagu Pergi Belajar. 2) Siswa mengucapkan kata-kata (syair) lagu Pergi Belajar dengan lafal yang benar, kalimat demi kalimat.

11 3) Siswa memberi tanda ( ) untuk ambil napas. 4) Siswa membaca syair lagu Pergi Belajar dengan lafal dan pemenggalan yang benar. 1) Siswa memperhatikan contoh dan penjelasan guru melafalkan syair lagu Pergi Belajar. 2) Siswa menirukan contoh guru menyanyikan lagu Pergi Belajar. 2. Pertemuan Kedua 1) Siswa melafalkan syair lagu Pergi Belajar. 2) Siswa mencoba menyanyikan lagu Pergi Belajar. b. Kegiatan Inti 1) Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang lagu Pergi Belajar. 2) Siswa menirukan contoh guru menyanyikan lagu Pergi Belajar, kalimat demi kalimat berulang-ulang. 3) Siswa menyanyikan bersama lagu Pergi Belajar. 4) Siswa menyanyikan lagu Pergi Belajar secara kelompok. kelompok putra dan kelompok putri. 5) Siswa menyanyikan lagu Pergi Belajar secara kelompok permeja atau bangku. 6) Siswa menyanyikan lagu Pergi Belajar secara individu di depan kelas. 1) Siswa menerima kritik, saran, dan perbaikan dari guru. 2) Siswa bersama-sama menyanyikan lagu Pergi Belajar. E. Sumber Belajar Buku Seni Budaya dan Keterampilan Kelas 1, Intan Pariwara, halaman F. Penilaian 1. Teknik : tes perbuatan 2. Bentuk : performance 3. Instrumen : Bacalah syair lagu Pergi Belajar dengan lafal dan pemenggalan yang benar. a. Nyanyikan lagu Pergi Belajar bersama-sama! b. Nyanyikan lagu Pergi Belajar bersama seorang temanmu! c. Nyanyikan lagu Pergi Belajar sendiri (bergantian) di depan kelas!

12 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SD Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan Kelas/Semester : 1/1 Tema : Hewan dan Tumbuhan Standar Kompetensi : Seni Rupa 4. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa. Seni Tari 6. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari. Kompetensi Dasar : 2.1. Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresi Menanggapi rangsangan bunyi dengan gerakan spontan Menampilkan unsur gerak tari di depan penonton. Indikator : Mampu membuat gambar ekspresi dengan pensil warna atau krayon dengan tema binatang Mampu memperagakan gerak spontan di tempat bila mendengar bunyi tertentu Mampu bergerak sesuka hati tetapi selaras dengan irama yang diperdengarkan Mampu memperagakan beragam gerak tari Mampu menampilkan beragam gerak tari di depan penonton. Alokasi Waktu : A. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat mengekspresikan diri melalui gambar ekspresi. 2. Siswa dapat menanggapi rangsangan bunyi dengan gerakan spontan. 3. Siswa dapat menampilkan unsur gerak tari di depan penonton. B. Materi Pembelajaran 1. Gambar ekspresi 2. Bunyi dan gerakan spontan 3. Beragam gerak tari C. Metode Pembelajaran 1. Pengamatan 2. Demonstrasi 3. Ceramah 4. Tugas D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Pertemuan Pertama 1) Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang pengalaman menggambar. 2) Siswa menyebutkan alat-alat yang diperlukan untuk menggambar.

13 1) Siswa mengamati berbagai contoh gambar ekspresi bertema hewan dan tumbuhan. 2) Siswa menganalisis gambar dan alat yang diperlukan untuk mewarnai gambar tersebut. 3) Siswa menggambar ekspresi tentang binatang atau tumbuhan dengan pensil warna atau krayon. Misalnya menggambar gajah, kupu-kupu, ikan, atau binatang kesayangannya atau menggambar pohon mangga, bunga matahari, bunga mawar, dan lainlain. 1) Siswa menerima saran, kritik, dan pesan dari guru. 2) Siswa menerima tugas rumah untuk menggambar ekspresi tentang hewan atau tumbuhan, diwarnai dengan pensil warna atau krayon hingga indah. 2. Pertemuan Kedua 1) Siswa diajak menyanyi lagu Hujan bersama-sama. 2) Siswa menebak bermacam-macam bunyi yang diperdengarkan. 1) Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang bunyi alam dan bunyi buatan. 2) Siswa menyebutkan contoh bunyi alam dan bunyi buatan. 3) Siswa memperagakan gerak spontan seolah mendengar bunyi tertentu (petir, nyamuk, cicak, dan lain-lain). 4) Siswa mendengarkan kaset lagu anak-anak. 5) Siswa bergerak (menari) sesuka hati sesuai irama lagu yang didengar. 1) Siswa menerima pengarahan dari guru. 2) Siswa menari (bergerak) bersama-sama sesuai dengan irama/lagu yang didengar. 3. Pertemuan Ketiga 1) Siswa menyanyi lagu Kupu-Kupu sambil bergerak sesuka hati. 2) Siswa menjawab pertanyaan guru tentang berbagai gerak kupu-kupu. 1) Siswa mengamati berbagai gerak tari. 2) Siswa memperagakan gerak tari menirukan kupu-kupu terbang dibimbing guru. 3) Siswa memperagakan gerak tari menirukan angsa berjalan dengan bimbingan guru. 4) Siswa memperagakan gerak tari menirukan kijang berlari dibimbing guru. 5) Siswa memperagakan gerak tari menirukan pohon tertiup angin. 6) Siswa memperagakan gerak tari menirukan tumbuhan putri malu di bawah bimbingan guru. 1) Siswa menampilkan gerak tari menirukan kupu-kupu terbang dan gerak tari yang lain di depan guru dan teman-teman. 2) Kelompok lain menirukan pohon tertiup angin, dan seterusnya. 3) Siswa dan guru mengadakan refleksi.

14 E. Sumber Belajar 1. Buku Seni Budaya dan Keterampilan Kelas 1 Semester 1, Intan Pariwara, halaman Kaset. 3. Suara alam. F. Penilaian 1. Teknik : tes perbuatan 2. Bentuk : unjuk kerja, performance 3. Instrumen : a. Buatlah sebuah gambar ekspresi dengan tema binatang! Gunakan pensil warna atau krayon untuk mewarnainya! b. Dengarkan irama musik melalui kaset yang diputar. Menarilah atau bergeraklah sesukamu sesuai irama. c. Peragakan gerak tari sebagai berikut. 1) Kupu-kupu terbang 2) Angsa berjalan 3) Kijang berlari 4) Pohon tertiup angin 5) Tumbuhan putri malu

15 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SD Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan Kelas/Semester : 1/1 Tema : Benda Standar Kompetensi : Seni Rupa 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa. Kompetensi Dasar : 2.2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa. Indikator : Mampu membuat tiruan baju dari kertas Mampu membuat tiruan perabot dari kertas Mampu membuat tiruan kursi makan dari kertas. Alokasi Waktu : A. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat mengekspresikan diri melalui teknik menggunting/menyobek. B Materi Pembelajaran Tiruan benda dengan teknik menggunting. C. Metode Pembelajaran 1. Ceramah 2. Demonstrasi 3. Tugas D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Kegiatan awal a. Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang bermacam-macam kertas. b. Siswa bercerita tentang manfaat kertas. 2. Kegiatan inti a. Siswa mempersiapkan peralatan: kertas, gunting, pensil warna. b. Siswa mengambil kertas putih, dilipat menjadi dua, dibuat gambar baju pada satu sisi kertas kemudian gambar baju digunting, dan dihiasi dengan pensil warna. Boleh juga dihiasi lubang-lubang kecil di bawah. c. Siswa mengambil kertas karton putih persegi panjang, dilipat menjadi tiga sisi lipatan. Dua sisi lipatan mempunyai ukuran sama dan ditandai dengan titiktitik (...). Bagian yang bertanda titik-titik (...) digunting. Bagian yang tersisa menjadi kaki meja. Tiruan meja sudah jadi, siswa menghiasinya dengan pensil warna atau krayon atau spidol. d. Siswa membuat tiruan kursi makan. 3. Kegiatan akhir a. Siswa menerima penilaian dari guru. b. Siswa menerima tugas rumah untuk membuat tiruan perabot dari kertas (meja, kursi, atau lainnya). E. Sumber Belajar 1. Buku Seni Budaya dan Keterampilan Kelas 1 Semester 1, Intan Pariwara, halaman Model-model benda.

16 F. Penilaian 1. Teknik : tes perbuatan 2. Bentuk : unjuk kerja 3. Instrumen : Sediakan kertas karton putih, gunting, dan pensil warna, krayon atau spidol. Buatlah tiruan benda dari kertas tersebut dengan cara menggunting (seperti yang pernah kamu praktikkan). Hiasilah tiruan benda tersebut dengan menggunakan pensil warna atau krayonmu hingga nampak indah!

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SD Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan Kelas/Semester : 2/1 Tema : Aku Standar Kompetensi : Seni Rupa 1. Mengapresiasi karya seni rupa. Kompetensi

Lebih terperinci

Seni Budaya Dan Keterampilan Untuk SD/MI kelas I

Seni Budaya Dan Keterampilan Untuk SD/MI kelas I Hak Cipta buku ini pada Kementerian Pendidikan Nasional. Dilindungi oleh Undang-undang. Seni Budaya Dan Keterampilan Untuk SD/MI kelas I Penyusun: Ari Subekti, Rantinah, Supriyantiningtyas Ilustrator:

Lebih terperinci

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS I - SEMESTER 1

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS I - SEMESTER 1 PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS I - SEMESTER 1 1 MATA PELAJARAN : SBK Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni rupa PROGRAM SEMESTER SENI RUPA Kompetensi Dasar

Lebih terperinci

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS I SEMESTER 2

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS I SEMESTER 2 PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS I SEMESTER 2 1 Standar Kompetensi : 7. Mengapresiasi karya seni rupa PROGRAM SEMESTER SENI RUPA Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SD Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan Kelas/Semester : 2/2 Tema : Peristiwa yang Mengesankan Standar Kompetensi : Seni Rupa 8. Mengapresiasi

Lebih terperinci

SILABUS MATERI POKOK KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU

SILABUS MATERI POKOK KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU : 5. Lingkungan 5. Seni Rupa ( Mengapresiasi karya seni rupa) 6. Seni Musik ( Mengapresiasi karya seni musik) Mengidentifikasi unsur seni rupa pada benda di alam 6.1. Mengidentifikasi unsur/elemen musik

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SD Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan Kelas/Semester : 6/2 Standar Kompetensi : Seni Rupa 9. Mengapresiasi karya seni rupa. Kompetensi Dasar

Lebih terperinci

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Nama Sekolah : SD Negeri 1 Pagerpelah Kelas/Semester : 2 / 1 Tema : Kasih Sayang Alokasi Waktu : 2 Minggu Pelaksanaan : Minggu ke-1 s.d. 2 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik A. Kompetensi Dasar Mengenal

Lebih terperinci

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1 PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1 1 PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : SBK Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni rupa SENI RUPA Kompetensi Dasar

Lebih terperinci

Kompetensi Materi Kegiatan. Dasar Pembelajaran Pembelajaran Teknik Bentuk Contoh Instrumen Waktu Belajar. Indikator SILABUS. Penilaian Alokasi Sumber

Kompetensi Materi Kegiatan. Dasar Pembelajaran Pembelajaran Teknik Bentuk Contoh Instrumen Waktu Belajar. Indikator SILABUS. Penilaian Alokasi Sumber Silabus SBK SD 15 Standar Kompetensi : Seni Rupa 9. Mengapresiasi karya seni rupa. 9.1. Mengidentifikasi jenis pada karya seni Jenis motif hias motif hias rupa nusantara pada karya daerah lain. seni rupa

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SD Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan Kelas/Semester : 4/2 Standar Kompetensi : Seni Rupa 9. Mengapresiasi karya seni rupa. Kompetensi Dasar

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SD Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan Kelas/Semester : 5/2 Standar Kompetensi : Seni Rupa 9. Mengapresiasi karya seni rupa. Kompetensi Dasar

Lebih terperinci

KB PAUD JATENG TERPADU RENCANA PROGRAM SEMESTER (PROMES) KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KB-A (USIA 2 3 TAHUN)

KB PAUD JATENG TERPADU RENCANA PROGRAM SEMESTER (PROMES) KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KB-A (USIA 2 3 TAHUN) KB PAUD JATENG TERPADU RENCANA PROGRAM (PROMES) KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KB-A (USIA 2 3 TAHUN) 1 & 2 TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018 YAYASAN PENGELOLA PENDIDIKAN BERMAIN KB PAUD JATENG TERPADU

Lebih terperinci

Memahami wacana lisan tentang benda-benda di sekitar dan dongeng.

Memahami wacana lisan tentang benda-benda di sekitar dan dongeng. RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK Nama Sekolah :... Tema : Permainan Kelas/Semester : I / 2 Alokasi Waktu : 3 minggu Standar Kompetensi : 1. PKn : Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di

Lebih terperinci

SILABUS TEMATIK KELAS I

SILABUS TEMATIK KELAS I SILABUS TEMATIK KELAS I Tema 6 Subtema 1 Mata PPKN Bahasa Indonesia : Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri : Lingkungan Rumahku 3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari

Lebih terperinci

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Sekolah : SD Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : I/1 Tema : Diri Sendiri, Keluarga Standar Kompetensi : 1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan

Lebih terperinci

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran 1

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran 1 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran Sekolah : SD dan MI Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : I/ Tema : Diri Sendiri Standar Kompetensi :. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan

Lebih terperinci

bab 1 bilangan aku dan keluargaku lingkunganku tema

bab 1 bilangan aku dan keluargaku lingkunganku tema bab 1 tema aku dan keluargaku lingkunganku bilangan namaku bayu rumahku di jalan pemuda nomor 1 aku sangat sayang kepada ayah dan ibu saudaraku 2 orang kakakku bernama salfa adikku bernama gagah aku juga

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Nama Sekolah : Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan Kelas/Semester : III (tiga)/ii (dua) Pertemuan Ke : Alokasi Waktu : x 35 Standar Kompetensi SENI RUPA

Lebih terperinci

Kegemaran 15. Bab 2. Kegemaran

Kegemaran 15. Bab 2. Kegemaran Kegemaran 15 Bab 2 Kegemaran Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari bab ini kamu diharapkan mampu: 1) membuat kipas dari kain sisa berdasarkan penjelasan guru; 2) menanggapi cerita pengalaman dengan kalimat

Lebih terperinci

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik KELAS. 1 Semester 1

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik KELAS. 1 Semester 1 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik KELAS 1 Semester 1 2 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia, IPS

Lebih terperinci

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 28 November 2012 SILABUS Kelas I Tema 8 : Peristiwa Alam Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 2012 TEMA KELAS I Peristiwa Alam KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KEGIATAN

Lebih terperinci

MODEL. Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PEMBELAJARAN TEMATIK untuk Kelas II SD/MI Semester 1

MODEL. Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PEMBELAJARAN TEMATIK untuk Kelas II SD/MI Semester 1 MODEL Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PEMBELAJARAN TEMATIK untuk Kelas II SD/MI Semester 1 Berdasarkan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi dan Permendiknas Nomor 23

Lebih terperinci

SILABUS TEMATIK KELAS I

SILABUS TEMATIK KELAS I SILABUS TEMATIK KELAS I Satuan Pendidikan Kelas Kompetensi Inti : SD/MI : I (satu) KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RPP Kelas 1 Tema : Pengalamanku Satuan Pendidikan :... Kelas / Semester : I (Satu) / 2 Tema / Topik : Pengalamanku Petemuan ke : 1 Alokasi Waktu : 1 Hari A. KOMPETENSI

Lebih terperinci

Diri Sendiri 3 Minggu Mengenal diriku Mengenal tubuhku Kesukaanku

Diri Sendiri 3 Minggu Mengenal diriku Mengenal tubuhku Kesukaanku RKM PEMBELAJARAN KELOMPOK 2-4 Tahun Pembiasaan Mengucapkan doa sebelum dan sesudah makan Menyanyi lagu Doa Menyanyi lagu Aku Punya Tangan dan Kaki Menyanyi lagu Tuhan Maha Esa Mencuci tangan sebelum dan

Lebih terperinci

Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PEMBELAJARAN TEMATIK 2A

Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PEMBELAJARAN TEMATIK 2A MODEL Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PEMBELAJARAN TEMATIK 2A untuk Kelas II SD Semester 1 Berdasarkan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi dan Permendiknas Nomor 23

Lebih terperinci

Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) Mata Pelajaran Seni Musik Sumber: KTSP 2006

Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) Mata Pelajaran Seni Musik Sumber: KTSP 2006 (SK) dan (KD) Mata Pelajaran Sumber: KTSP 2006 52. Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) A. Latar Belakang Muatan seni budaya dan keterampilan sebagaimana

Lebih terperinci

4-5. Checklist Indikator. PERKEMBANGANANAK Usia 4-5 tahun. Sumber: Konsep Pengembangan PAUD Non Formal, Pusat Kurikulum Diknas, 2007

4-5. Checklist Indikator. PERKEMBANGANANAK Usia 4-5 tahun. Sumber: Konsep Pengembangan PAUD Non Formal, Pusat Kurikulum Diknas, 2007 4-5 Checklist Indikator PERKEMBANGANANAK Usia 4-5 tahun Sumber: Konsep Pengembangan PAUD Non Formal, Pusat Kurikulum Diknas, 2007 Diolah oleh: http://www.rumahinspirasi.com MORAL & NILAI AGAMA a. Dapat

Lebih terperinci

ANALISIS KURIKULUM & BAHAN AJAR TK B SEMESTER I. LATAR BELAKANG Manusia diciptakan Tuhan unik :

ANALISIS KURIKULUM & BAHAN AJAR TK B SEMESTER I. LATAR BELAKANG Manusia diciptakan Tuhan unik : TK B SEMESTER I 1. Berjalan mundur dan ke samping pada garis lurus sejauh 2-3 m sambil membawa beban (D.3.16). 2. Berjalan maju pada garis lurus (D.3.15). 3. Menangkap, melempar bola dan bola kecil dengan

Lebih terperinci

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1 PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1 1 Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni rupa PROGRAM SEMESTER SENI RUPA Kompetensi Dasar Indikator Materi

Lebih terperinci

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik KELAS. Semester 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik KELAS. Semester 2 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik KELAS 1 Semester 2 2 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia, IPA

Lebih terperinci

SILABUS TEMATIK KELAS II

SILABUS TEMATIK KELAS II SILABUS TEMATIK KELAS II Satuan Pendidikan Kelas Kompetensi Inti : SD/MI : II (Dua) KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,

Lebih terperinci

Menghormati Orang Lain

Menghormati Orang Lain BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Desain Sikap Toleran Pada Buku Teks Tematik Kelas 1 SD Desain sikap toleran pada buku teks tematik kelas 1 SD meliputi: sikap menghormati orang lain, bekerjasama,

Lebih terperinci

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS IV SEMESTER 2

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS IV SEMESTER 2 PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS IV SEMESTER 2 1 Standar Kompetensi : 9.Mengapresiasi karya seni rupa SENI RUPA 9.1 Menjelaskan makna seni rupa murni - Menjelaskan arti

Lebih terperinci

ANALISIS KURIKULUM & BAHAN AJAR TK A SEMESTER II

ANALISIS KURIKULUM & BAHAN AJAR TK A SEMESTER II 1. Berlari sambil melompat (D.3.20). 2. Meniru gerakan binatang/senam fantasi (D.3.23) 3. Berdiri dengan tumit di atas satu kaki selama 10 detik (D.3.19). 4. Mereyap dan merangkak lurus ke depan (D.3.22).

Lebih terperinci

ANALISIS KURIKULUM & BAHAN AJAR TK B SEMESTER II. LATAR BELAKANG Pekerjaan penting untuk mendapatkan penghasilan memenuhi kebutuhan seharihari.

ANALISIS KURIKULUM & BAHAN AJAR TK B SEMESTER II. LATAR BELAKANG Pekerjaan penting untuk mendapatkan penghasilan memenuhi kebutuhan seharihari. 1. Memanjat, bergantung, dan berayun (D.3.18). 2. Senam fantasi bentuk meniru (D.3.24). 3. Melambangkan dan menangkap bola (D.2.1). 4. Menendang bola ke depan dan ke belakang (D.3.21). 5. Berlari sambil

Lebih terperinci

untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)

untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) PANDUAN PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan (SBK) Kelas III (3) s/d VI (6) Semester - untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) 33 33

Lebih terperinci

untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)

untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) PANDUAN PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan (SBK) Kelas III (3) s/d VI (6) Semester - untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) 33 33

Lebih terperinci

RENCANA KEGIATAN HARIAN. Kelompok : B Hari/Tanggal : Senin, 10 Agustus 2015 Tema : Binatang Semester : I

RENCANA KEGIATAN HARIAN. Kelompok : B Hari/Tanggal : Senin, 10 Agustus 2015 Tema : Binatang Semester : I 44 RENCANA KEGIATAN HARIAN Kelompok : B Hari/Tanggal : Senin, 10 Agustus 2015 Tema : Binatang Semester : I Indikator - Membedakan perbuatan yang baik dan benar (nam 28) - - Berjalan ke berbagai arah, misal;

Lebih terperinci

PROGRAM EVALUASI. Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Semester : Ganjil Kelas : I (Satu) Tahun Pelajaran : 2011/2012

PROGRAM EVALUASI. Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Semester : Ganjil Kelas : I (Satu) Tahun Pelajaran : 2011/2012 PROGRAM EVALUASI Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Semester : Ganjil Kelas : I (Satu) Tahun Pelajaran : 2011/2012 No. Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Hidup rukun 1. a. Perbedaan

Lebih terperinci

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Nama Sekolah : SD Negeri 1 Pagerpelah Kelas /Semester : 3 / 1 Tema : Peristiwa Alokasi Waktu : 3 Minggu (Minggu ke-1 s.d. 3) Tanggal Pelaksanaan : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik A. Kompetensi

Lebih terperinci

ANALISIS KURIKULUM & BAHAN AJAR TK A SEMESTER I

ANALISIS KURIKULUM & BAHAN AJAR TK A SEMESTER I SEMESTER I 1. Berjalan maju pada garis lurus (D.3.15). 2. Berjalan mundur dan ke samping (D.3.16). 3. Menirukan berbagai gerakan binatang atau senam 4. Merayap dan merangkak lurus ke depan (D.3.22). Manusia

Lebih terperinci

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 28 November 2012 SILABUS Kelas I Tema 2 : Kegemaranku Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 2012 SILABUS KELAS: 1 TEMA: KEGEMARANKU KOMPETENSI DASAR INDIKATOR

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Disusun untuk memenuhi tugas Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Dosen Pengampu: Dra. Murtiningsih, M.Pd. Oleh: Umi Muslimah 13108241159 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Lebih terperinci

Nama Sekolah :... : Lingkungan Kelas/Semester : I / 2 Alokasi Waktu : 3 minggu

Nama Sekolah :... : Lingkungan Kelas/Semester : I / 2 Alokasi Waktu : 3 minggu RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK Nama Sekolah :... Tema : Lingkungan Kelas/Semester : I / 2 Alokasi Waktu : 3 minggu Standar Kompetensi : 1. PKn : Menerapkan kewajiban anak di rumah dan

Lebih terperinci

Kami sering melakukan kegiatan bersama, yaitu

Kami sering melakukan kegiatan bersama, yaitu Sebutkan anggota keluargamu di rumah? Sebutkan sifat-sifat anggota keluargamu tersebut! Ceritakan dalam bahasa tulis sederhana mengenai kebersamaan keluargamu! Anggota keluargaku adalah Sifat-sifat mereka

Lebih terperinci

Nama Sekolah :... : Budi Pekerti Kelas/Semester : I / 2 Alokasi Waktu : 3 minggu

Nama Sekolah :... : Budi Pekerti Kelas/Semester : I / 2 Alokasi Waktu : 3 minggu RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK Nama Sekolah :... Tema : Budi Pekerti Kelas/Semester : I / 2 Alokasi Waktu : 3 minggu Standar Kompetensi : 1. PKn : Menerapkan kewajiban anak di rumah dan

Lebih terperinci

MATERI KELAS 1. B. Indonesia

MATERI KELAS 1. B. Indonesia MATERI KELAS 1 TEMA 1 SUB TEMA 1 : Diriku : Aku dan Teman Baru B. Indonesia 1. Mengenal huruf a-z melalui lagu. a. Mengenal dan melafalkan huruf vokal : a, i, u, e, o b. Mengenal dan melafalkan huruf konsonan

Lebih terperinci

Lampiran 1 Kuesioner kompetensi perkembangan anak usia tahun NO INDIKATOR KOGNITIF TES PERBUATAN PENILAIAN

Lampiran 1 Kuesioner kompetensi perkembangan anak usia tahun NO INDIKATOR KOGNITIF TES PERBUATAN PENILAIAN Lampiran Kuesioner kompetensi perkembangan anak usia 2.5 3.4 tahun NO INDIKATOR KOGNITIF TES PERBUATAN PENILAIAN. Menyebutkan 4 warna Sebutkan warna-warna yang kamu ketahui? 2. Menjodohkan warna-warna

Lebih terperinci

2-3. Checklist Indikator. PERKEMBANGANANAK Usia 2-3 tahun. Sumber: Konsep Pengembangan PAUD Non Formal, Pusat Kurikulum Diknas, 2007

2-3. Checklist Indikator. PERKEMBANGANANAK Usia 2-3 tahun. Sumber: Konsep Pengembangan PAUD Non Formal, Pusat Kurikulum Diknas, 2007 2-3 Checklist Indikator PERKEMBANGANANAK Usia 2-3 tahun Sumber: Konsep Pengembangan PAUD Non Formal, Pusat Kurikulum Diknas, 2007 Diolah oleh: http://www.rumahinspirasi.com MORAL & NILAI AGAMA a. Dapat

Lebih terperinci

2. IPA : Mengenal bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.

2. IPA : Mengenal bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya. RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK Nama Sekolah :... Tema : Diri Sendiri Kelas/Semester : I / 1 Alokasi Waktu : 3 minggu Standar Kompetensi : 1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga

Lebih terperinci

52. Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)

52. Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) 52. Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) A. Latar Belakang Muatan seni budaya dan keterampilan sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah

Lebih terperinci

KISI-KISI SEKOLAH DASAR DAN MADRASAH IBTIDAIYAH UJIAN PRAKTIK

KISI-KISI SEKOLAH DASAR DAN MADRASAH IBTIDAIYAH UJIAN PRAKTIK Mata Pelajaran : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN Aspek : Seni Rupa Jumlah : (enam) Standar Kompetensi Kompetensi Dasar.. Mengekspresikan diri rupa.. 0. Mengekspresikan diri rupa... Mengekpresikan diri rupa...

Lebih terperinci

IPA No Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator KD 1 Mengidentifikasi sumber-sumber energi Energi dan Perubahannya Menyebutkan sumber-sumber energi

IPA No Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator KD 1 Mengidentifikasi sumber-sumber energi Energi dan Perubahannya Menyebutkan sumber-sumber energi IPA No Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator KD 1 Mengidentifikasi sumber-sumber energi Energi dan Perubahannya Menyebutkan sumber-sumber energi (panas, listrik, cahaya, dan bunyi) yang ada dalam kehidupan

Lebih terperinci

Nama Sekolah :... Kelas/Semester : I / 2 Alokasi Waktu : 2 minggu

Nama Sekolah :... Kelas/Semester : I / 2 Alokasi Waktu : 2 minggu RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK Nama Sekolah :... Tema : Keluarga Kelas/Semester : I / 2 Alokasi Waktu : 2 minggu Standar Kompetensi : 1. PKn : Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di

Lebih terperinci

KISI - KISI PENULISAN SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER TAHUN PELAJARAN 2013/2014. : PG = 15 butir Isian = 10 butir UT 5 butir

KISI - KISI PENULISAN SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER TAHUN PELAJARAN 2013/2014. : PG = 15 butir Isian = 10 butir UT 5 butir KISI - KISI PENULISAN ULANGAN AKHIR SEMESTER NAMA SEKOLAH MATA PELAJARAN WAKTU JUMLAH : SDN/S : IPS : 90 menit : 30 soal : PG = 15 butir Isian = 10 butir UT 5 butir NO KOMPETENSI DASAR MATERI INDIKATOR

Lebih terperinci

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Sekolah : SD/MI Kelas : II Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Tema : Aku Semester : I (satu) Standar Kompetensi 1. Mengenal bagian-bagian utama hewan dan

Lebih terperinci

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA ANAK

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA ANAK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA ANAK PENGABDIAN MASYARAKAT MAHASISWA PROGRAM D-IV BIDAN PENDIDIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SUMATRA UTARA T.A. 2007/2008 P E R T UMB UH AN Pertumbuhan PERTAMBAHAN

Lebih terperinci

Dalam pengembangan kegiatan pembelajaran perlu dibuat sebuah perencanaan yang disebut silabus.

Dalam pengembangan kegiatan pembelajaran perlu dibuat sebuah perencanaan yang disebut silabus. Dalam pengembangan kegiatan pembelajaran perlu dibuat sebuah perencanaan yang disebut silabus. a. Silabus Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas,

Lebih terperinci

CARA PENYUSUNAN RENCANA PEMBELAJARAN UNTUK KELOMPOK USIA 4-5

CARA PENYUSUNAN RENCANA PEMBELAJARAN UNTUK KELOMPOK USIA 4-5 CARA PENYUSUNAN RENCANA PEMBELAJARAN UNTUK KELOMPOK USIA 4-5 TAHUN 1. Menyusun silabi yang diturunkan dari indikator kompetensi NO INDIKATOR KOMPETENSI SILABI- KONSEP/MATERI 1. Agama dan Moral Menyanyikan

Lebih terperinci

Kompetensi Materi Kegiatan. Dasar Pembelajaran Pembelajaran Teknik Bentuk Contoh Instrumen Waktu Belajar. Indikator SILABUS. Penilaian Alokasi Sumber

Kompetensi Materi Kegiatan. Dasar Pembelajaran Pembelajaran Teknik Bentuk Contoh Instrumen Waktu Belajar. Indikator SILABUS. Penilaian Alokasi Sumber Silabus SBK SD 11 Standar Kompetensi : Seni Rupa 9. Mengapresiasi karya seni rupa 9.1.Menjelaskan makna seni rupa murni. Karya seni rupa murni. Siswa diminta menyebutkan 9.1.1. Menjelaskan definisi Tes

Lebih terperinci

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 28 November 2012 SILABUS Kelas I Tema 4: Keluargaku Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 2012 JARINGAN INDIKATOR PPKn Menunjukkan perilaku baik (jujur, disiplin,

Lebih terperinci

Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar

Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar Membantu guru dan tenaga kependidikan lainnya dalam menjabarkan kompetensi

Lebih terperinci

SILABUS TEMATIK. Satuan Pendidikan : SD/ MI Kelas/ Semester : I/ 1 : Diri Sendiri

SILABUS TEMATIK. Satuan Pendidikan : SD/ MI Kelas/ Semester : I/ 1 : Diri Sendiri SILABUS TEMATIK Satuan Pendidikan : SD/ MI Kelas/ Semester : I/ 1 Tema : Diri Sendiri Kompetensi Dasar Mendengarkan 1.1 Membedakan berbagai bunyi bahasa Indikator 1.1.1Mengenal bunyi bahasa (a, i, m, n)

Lebih terperinci

Nama Sekolah :... : Kesehatan Kelas/Semester : I / 2 Alokasi Waktu : 3 minggu

Nama Sekolah :... : Kesehatan Kelas/Semester : I / 2 Alokasi Waktu : 3 minggu RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK Nama Sekolah :... Tema : Kesehatan Kelas/Semester : I / 2 Alokasi Waktu : 3 minggu Standar Kompetensi : 1. PKn : Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RPP Kelas 1 Tema : Kegemaranku Satuan Pendidikan :... Kelas / Semester : I (Satu) / 1 Tema / Topik : KEGEMARANKU Petemuan ke : 1 : 1 Hari A. KOMPETENSI INTI 1. Menerima

Lebih terperinci

BAB II KAJIAN PUSTAKA. Dalam kamus arti kosakata adalah pembendaharaan kata. Sedangkan. perbendaharaan kata atau kosakata adalah kumpulan kata-kata

BAB II KAJIAN PUSTAKA. Dalam kamus arti kosakata adalah pembendaharaan kata. Sedangkan. perbendaharaan kata atau kosakata adalah kumpulan kata-kata BAB II KAJIAN PUSTAKA 2.1 Peguasaan Kosakata 2.1.1 Pengertian Kosakata Dalam kamus arti kosakata adalah pembendaharaan kata. Sedangkan perbendaharaan kata atau kosakata adalah kumpulan kata-kata yang dimiliki

Lebih terperinci

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran 9

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran 9 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran 9 Sekolah : SD dan MI Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : V/2 Standar Kompetensi : Mendengarkan 5. Memahami cerita tentang suatu peristiwa

Lebih terperinci

JARINGAN INDIKATOR DALAM TEMA KELAS I SEMESTER 1

JARINGAN INDIKATOR DALAM TEMA KELAS I SEMESTER 1 JARINGAN INDIKATOR DALAM TEMA KELAS I SEMESTER 1 Bahasa Indonesia Matematika Ilmu Pengetahuan Sosial Memberi nama benda-benda Menempatkan lambang bilangan Menyebutkan nama Menyebutkan benda yang ada di

Lebih terperinci

Tema 4 : Keluargaku Subtema 1 : Anggota Keluargaku

Tema 4 : Keluargaku Subtema 1 : Anggota Keluargaku Tema 4 : Keluargaku Subtema 1 : Anggota Keluargaku Mata PPKn 3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah. 3.3 Mengenal keberagaman karakteristik individu

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 2 TEMA: LINGKUNGAN

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 2 TEMA: LINGKUNGAN SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 2 TEMA: LINGKUNGAN Standar Dasar IPS : Mendeskripsikan lingkungan rumah IPA/ Sains : Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan

Lebih terperinci

SILABUS. Kelas I. Tema 1 : Diri Sendiri : Jujur, Tertib Dan Bersih. Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah

SILABUS. Kelas I. Tema 1 : Diri Sendiri : Jujur, Tertib Dan Bersih. Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah 28 November 2012 SILABUS Kelas I Tema 1 : Diri Sendiri : Jujur, Tertib Dan Bersih Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 2012 KD PPKn Menerima keberagaman karakteristik

Lebih terperinci

Nama Sekolah :... : Kebersihan Kelas/Semester : I / 2 Alokasi Waktu : 3 minggu

Nama Sekolah :... : Kebersihan Kelas/Semester : I / 2 Alokasi Waktu : 3 minggu RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK Nama Sekolah :... Tema : Kebersihan Kelas/Semester : I / 2 Alokasi Waktu : 3 minggu Standar Kompetensi : 1. PKn : Menerapkan hak anak di rumah dan di sekolah.

Lebih terperinci

KOMPETENSI DASAR SENI BUDAYA DAN PRAKARYA SEKOLAH DASAR KELAS I - VI

KOMPETENSI DASAR SENI BUDAYA DAN PRAKARYA SEKOLAH DASAR KELAS I - VI SENI BUDAYA DAN PRAKARYA SEKOLAH DASAR KELAS I - VI KELAS I KOMPETENSI INTI 1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. 2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,

Lebih terperinci

SILABUS Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Kelas : I Semester : 1

SILABUS Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Kelas : I Semester : 1 SILABUS Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Kelas : I Semester : 1 No Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Pengalaman Belajar Alokasi Waktu 1 1. Mengenal anggota Bagian-bagian

Lebih terperinci

DAFTAR ISI... HALAMAN SAMPUL DALAM... PERNYATAAN KEASLIAN... PERSETUJUAN PEMBIMBING TESIS... PENGESAHAN TIM PENGUJI TESIS... TRANSLITERASI...

DAFTAR ISI... HALAMAN SAMPUL DALAM... PERNYATAAN KEASLIAN... PERSETUJUAN PEMBIMBING TESIS... PENGESAHAN TIM PENGUJI TESIS... TRANSLITERASI... xiii DAFTAR ISI HALAMAN SAMPUL DALAM... PERNYATAAN KEASLIAN... PERSETUJUAN PEMBIMBING TESIS... PENGESAHAN TIM PENGUJI TESIS... TRANSLITERASI... MOTTO... PERSEMBAHAN... ABSTRAK... KATA PENGANTAR... DAFTAR

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan :... Kelas / Semester : I (Satu) / 2 Tema / Topik : Benda, Binatang, dan Tanaman di Sekitarku Petemuan ke : 1 Alokasi Waktu : 1 Hari A. KOMPETENSI

Lebih terperinci

SILABUS TEMATIK KELAS II - 1 -

SILABUS TEMATIK KELAS II - 1 - Tema 5 Subtema 1 : Hidup Bersih dan Sehat : Hidup Bersih dan Sehat di Rumah SILABUS TEMATIK KELAS II Mata PPKn Bahasa Indonesia 3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN

SILABUS PEMBELAJARAN SILABUS PEMBELAJARAN SEKOLAH MATA PELAJARAN KELAS SEMESTER STANDAR KOMPETENSI : : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN : VI : 2 (Genap) : 9. Mengapresiasikan karya seni rupa Kompetensi Dasar 9.1 Mengiden-tifikasi

Lebih terperinci

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) KELAS I (SATU) TAHUN PELAJARAN 2010/2011

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) KELAS I (SATU) TAHUN PELAJARAN 2010/2011 KELAS I (SATU) TAHUN PELAJARAN 2010/2011 No. Mata Pelajaran KKM Semester 1 Semester 2 Keterangan 1. an Agama 2. an Kewarganegaraan 3. Bahasa Indonesia 4. Matematika 5. Ilmu Pengetahuan Alam 6. Ilmu Pengetahuan

Lebih terperinci

PROGRAM TAHUNAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I SEMESTER 2 SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)

PROGRAM TAHUNAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I SEMESTER 2 SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) PROGRAM TAHUNAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I SEMESTER 2 SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) 1 PROGRAM TAHUNAN Satuan Pendidikan :... Kelas : I Semester : 2 Tahun : No Smtr Tema Stándar Kompetensi

Lebih terperinci

SILABUS KELAS: I (satu)

SILABUS KELAS: I (satu) Format Silabus Edisi 04-03-2013 SILABUS KELAS: I (satu) Format Silabus Edisi 04-03-2013 Satuan Pendidikan : SD Kompetensi Inti* KI 1: Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya KI 2 : Memiliki

Lebih terperinci

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2 PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2 1 PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : SBK Standar Kompetensi : 8. Mengapresiasi karya seni rupa SENI RUPA Kompetensi Dasar

Lebih terperinci

BAB II PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR DAN TEMA SDLB TUNAGRAHITA SEDANG KELAS I SEMESTER 1

BAB II PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR DAN TEMA SDLB TUNAGRAHITA SEDANG KELAS I SEMESTER 1 BAB II PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR DAN TEMA SDLB TUNAGRAHITA SEDANG KELAS I SEMESTER 1 2 1. 2. PKN 1. Standar hidup rukun dirumah 2. Menerapkan hidup rukun dengan teman sekelas

Lebih terperinci

penjasorkes untuk SD/MI Kelas I

penjasorkes untuk SD/MI Kelas I penjasorkes untuk SD/MI Kelas I 1 Hak Cipta buku ini pada Kementerian Pendidikan Nasional Dilindungi Undang-undang penjasorkes untuk SD/MI Kelas I 1Penyusun : Agus Budhi Juli Hari Pariman Nuryono Editor

Lebih terperinci

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran 4

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran 4 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran Sekolah : SD dan MI Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : I/ Tema : Hewan dan Tumbuhan Standar Kompetensi :. Memahami bunyi bahasa, perintah,

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK. Satuan Pendidikan : SD

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK. Satuan Pendidikan : SD SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK Satuan Pendidikan : SD Kelas : I (Satu) Kompetensi Inti KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,

Lebih terperinci

Kompetensi Dasar : 1. IPS : Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga. 2. IPA : Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat.

Kompetensi Dasar : 1. IPS : Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga. 2. IPA : Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat. RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK Nama Sekolah :... Tema : Budi Pekerti Kelas/Semester : I / 1 Alokasi Waktu : 2 minggu Standar Kompetensi : 1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga

Lebih terperinci

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran 7

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran 7 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran 7 Sekolah : SD dan MI Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : V/2 Standar Kompetensi : Mendengarkan 5. Memahami cerita tentang suatu peristiwa

Lebih terperinci

Kompetensi Materi Kegiatan. Dasar Pembelajaran Pembelajaran Teknik Bentuk Contoh Instrumen Waktu Belajar. Indikator SILABUS. Penilaian Alokasi Sumber

Kompetensi Materi Kegiatan. Dasar Pembelajaran Pembelajaran Teknik Bentuk Contoh Instrumen Waktu Belajar. Indikator SILABUS. Penilaian Alokasi Sumber Silabus SBK SD 17 SILABUS Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan Kelas/Semester : 5/2 Standar Kompetensi : Seni Rupa 9. Mengapresiasi seni rupa 9.1.Mengidentifikasi jenis motif hias pada seni rupa

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan :... Kelas / Semester : 3 / 2 Tema / Topik : Berperilaku Baik dalam Kehidupan Sehari-hari Minggu ke : 1 Semester : 2 (satu) : 1 Hari A. KOMPETENSI

Lebih terperinci

Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PEMBELAJARAN TEMATIK 1A

Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PEMBELAJARAN TEMATIK 1A MODEL Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PEMBELAJARAN TEMATIK 1A untuk Kelas I SD Semester 1 Berdasarkan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi dan Permendiknas Nomor 23 Tahun

Lebih terperinci

Checklist Indikator. PERKEMBANGANANAK Usia 0-1 tahun. Sumber: Konsep Pengembangan PAUD Non Formal, Pusat Kurikulum Diknas, 2007

Checklist Indikator. PERKEMBANGANANAK Usia 0-1 tahun. Sumber: Konsep Pengembangan PAUD Non Formal, Pusat Kurikulum Diknas, 2007 -1 Checklist Indikator PERKEMBANGANANAK Usia 0-1 tahun Sumber: Konsep Pengembangan PAUD Non Formal, Pusat Kurikulum Diknas, 2007 Diolah oleh: http://www.rumahinspirasi.com MORAL & NILAI AGAMA a. Dapat

Lebih terperinci

Nama Sekolah : : Tempat Umum Kelas/Semester : II / 1 Alokasi Waktu : 3 minggu

Nama Sekolah : : Tempat Umum Kelas/Semester : II / 1 Alokasi Waktu : 3 minggu RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK Nama Sekolah : Tema : Tempat Umum Kelas/Semester : II / 1 Alokasi Waktu : 3 minggu Standar Kompetensi : 1. PKn Membiasakan hidup bergotong royong 2. IPS

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan :... Kelas / Semester : 3 / 1 Tema / Topik : Pengalaman yang Mengesankan Petemuan ke : 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan :... Kelas / Semester : 3 / 1 Tema / Topik : Pengalaman yang Mengesankan Petemuan ke : 1 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan :... Kelas / Semester : 3 / 1 Tema / Topik : Pengalaman yang Mengesankan Petemuan ke : 1 Semester : 1 (satu) : 1 Hari A. KOMPETENSI INTI Menerima,

Lebih terperinci

Tema 5 : Permainana Tradisional Subtema 1 : Olahraga Tradisional di Daerahku

Tema 5 : Permainana Tradisional Subtema 1 : Olahraga Tradisional di Daerahku Tema 5 : Permainana Tradisional Subtema 1 : Olahraga Tradisional di Daerahku Mata PPKN Bahasa Indonesia 3.4 Mengetahui arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat 4.4 Mensimulasikan

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan pendidikan : SEKOLAH DASAR Kelas / semester : 1 / 2 Tema / topik : Lingkungan bersih dan sehat Petemuan ke : 1 Semester : 2 (dua) Alokasi waktu : 1 Hari A.

Lebih terperinci

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS V SEMESTER 2

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS V SEMESTER 2 PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS V SEMESTER 2 1 PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : SBK Standar Kompetensi : 9. Mengapresiasi seni rupa SENI RUPA 9.1. Mengidentifikasi

Lebih terperinci

Standar Kompetensi 1. Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan.

Standar Kompetensi 1. Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan. pelajaran 9 ulang tahun Standar Kompetensi 1. Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan. Kompetensi Dasar 1.1 Membedakan berbagai bunyi bahasa. 1.2. Melaksanakan sesuatu sesuai dengan

Lebih terperinci