RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)"

Transkripsi

1 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SD Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan Kelas/Semester : 2/2 Tema : Peristiwa yang Mengesankan Standar Kompetensi : Seni Rupa 8. Mengapresiasi karya seni rupa. Seni Musik 10. Mengenal unsur musik. Seni Tari 12. Mengapresiasi karya seni tari. Kompentensi Dasar : 8.1. Mengidentifikasi unsur rupa pada karya seni rupa Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada karya seni rupa tiga dimensi Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alat musik konvensional Membedakan antara nada dengan irama Mengidentifikasi gerak alam semesta Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak alam semesta. Indikator : Mengamati macam-macam karya seni rupa tiga dimensi Mengamati bentuk dan rupa karya seni rupa tiga dimensi Menyebutkan unsur rupa dari karya seni rupa tiga dimensi yang diamati Siswa mampu menjelaskan unsur-unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alat musik konvensional Siswa mampu menentukan unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alat musik konvensional Siswa mampu menunjukkan dengan peragaan unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alat musik konvensional Siswa mampu menjelaskan perbedaan antara nada dengan irama Siswa mampu menentukan nada dan irama Siswa mampu memperagakan nada dan irama Menyebutkan berbagai gerak alam semesta Mengidentifikasi gerak alam semesta (air, angin, dan gunung) Mengamati berbagai gerak alam semesta Menirukan gerak alam semesta (air, angin, dan gunung) dengan gerak anggota tubuh.

2 Mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak alam semesta (air, angin, dan gunung) Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak alam semesta (air, angin, dan gunung) di depan orang lain. Alokasi Waktu : A. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat mengidentifikasi unsur rupa pada karya seni rupa. 2. Siswa dapat menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada karya seni rupa tiga dimensi. 3. Siswa dapat mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alat musik konvensional. 4. Siswa dapat membedakan antara nada dengan irama. 5. Siswa dapat mengidentifikasi gerak alam semesta. 6. Siswa dapat menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak alam semesta. B. Materi Pembelajaran 1. Unsur rupa pada karya seni rupa tiga dimensi. 2. Apresiasi terhadap unsur rupa pada karya seni rupa tiga dimensi. 3. Unsur-unsur musik. 4. Unsur musik dalam alat musik. 5. Pengamatan. 6. Gerak alam semesta. 7. Keindahan gerak tari menirukan gerak alam semesta. C. Metode Pembelajaran 1. Ceramah 2. Pengamatan 3. Tanya jawab 4. Demonstrasi D. Langkah-Langkah Pembelajaran 1. Pertemuan Kesatu 1) Saling bertukar pengalaman tentang benda seni yang pernah dilihat. 2) Salah satu siswa menceritakan ciri-ciri (bentuk dan rupa) benda seni yang pernah dilihat. 1) Siswa menyebutkan jenis benda yang termasuk karya seni tiga dimensi. 2) Siswa menceritakan ciri-ciri (bentuk dan rupa) karya seni rupa tiga dimensi yang pernah dilihat. 3) Siswa mengamati karya seni rupa tiga dimensi di sekitarnya. 4) Siswa menyebutkan jenis, bentuk, dan rupa serta kegunaan karya seni rupa tiga dimensi yang diamati. Siswa menerima pekerjaan rumah untuk mengamati berbagai karya seni rupa tiga dimensi dan menuliskan nama, bentuk atau rupa, dan kegunaan benda/karya seni tiga dimensi yang diamati.

3 2. Pertemuan Kedua Siswa mengumpulkan pekerjaan rumah yang diberikan pada pertemuan sebelumnya. 1) Siswa mengamati karya seni rupa tiga dimensi yang ditunjukkan oleh guru. 2) Siswa menyebutkan nama karya seni rupa tiga dimensi yang ditunjukkan guru. 3) Siswa menyebutkan ciri-ciri (bentuk dan rupa) karya seni rupa tiga dimensi yang ditunjukkan oleh guru. 4) Siswa menyebutkan kegunaan karya seni rupa tiga dimensi yang ditunjukkan oleh guru. 1) Siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, yaitu mengamati dan menanggapi karya seni topeng dan keramik. 2) Siswa menerima tugas menjawab soal isian. 3) Siswa mendapat pekerjaan rumah mencari berbagai gambar karya seni rupa tiga dimensi. 3. Pertemuan Ketiga 1) Siswa mendengarkan cerita guru tentang peristiwa ulang tahun di panti asuhan. 2) Siswa menyebutkan alat musik yang dimainkan pada acara tersebut. 1) Siswa memperhatikan penjelasan guru unsur musik pada alat musik. 2) Siswa mengenali unsur musik pada alat musik. 3) Siswa menyebutkan unsur musik yang ada pada alat musik. 4) Siswa menunjukkan alat musik yang menghasilkan nada atau irama. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang unsur musik yang ada dalam alat musik. 4. Pertemuan Keempat 1) Siswa diajak menyanyikan lagu anak-anak. 2) Tanya jawab tentang unsur-unsur musik yang ada dalam lagu yang dinyanyikan. 1) Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang nada dan irama. 2) Siswa diajak membunyikan tangga nada naik dan tangga nada turun. 3) Siswa diajak membunyikan nada panjang dan pendek. 4) Siswa diajak menyebutkan warna suara manusia. 5) Siswa diajak menyebutkan warna suara alat musik. 6) Siswa diajak membunyikan nada yang keras dan nada lemah. 7) Siswa diajak mendefinisikan irama. 8) Siswa diajak mendefinisikan panjang pendek nada dalam birama 2/4. 9) Siswa diajak membedakan antara nada dan irama. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang nada dan irama.

4 5. Pertemuan Kelima 1) Siswa diminta untuk menceritakan keindahan pemandangan di pantai. 2) Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai beberapa hal yang ada di pantai (air bergelombang dan pohon-pohon yang tertiup angin). 1) Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai gerak alam semesta. 2) Siswa menyebutkan berbagai gerak alam semesta. 3) Siswa menceritakan bagaimana gerak air, angin, dan gunung. 4) Siswa mengamati gambar gerak air, angin, dan gunung. Siswa bereksplorasi menggerakkan tubuhnya menirukan gerak air, angin, dan gunung. 6. Pertemuan Keenam 1) Siswa memperhatikan guru yang memperagakan gerak alam semesta. 2) Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai peragaan gerak alam semesta. 1) Siswa mengamati berbagai gerak tubuh menirukan gerak alam semesta. 2) Siswa menirukan berbagai gerak alam semesta dengan gerak tubuh. 3) Siswa mengidentifikasi/menguraikan gerak anggota tubuh yang dilakukan. 4) Siswa menyebutkan keindahan gerak anggota tubuh menirukan gerak alam semesta. 1) Siswa memperagakan gerak alam semesta (air, angin, dan gunung) di depan guru. 2) Siswa memperhatikan masukan guru mengenai gerak yang dilakukan. E. Sumber Belajar 1. Buku Seni Budaya dan Keterampilan Kelas 2 Semester 2, Intan Pariwara. 2. Berbagai benda/karya seni rupa tiga dimensi. F. Penilaian 1. Teknik : tes tertulis, perbuatan, kinerja, lisan. 2. Bentuk : pengamatan, mencari gambar, bercerita di depan kelas, menjawab soal isian, kuis, performance. 3. Instrumen a. Pengamatan 1) Amatilah berbagai karya seni rupa tiga dimensi, sebutkan jenis, bentuk atau rupa, dan kegunaannya. Tuliskan hasil pengamatanmu pada tabel berikut. No. Jenis Karya Seni Bentuk atau Rupa Kegunaan

5 2) Amatilah karya seni topeng dan keramik berikut. Bagaimana bentuk topeng dan periuk tersebut? Apa kegunaan topeng dan periuk tersebut? b. Isian 1) Gambar di samping menunjukkan karya seni.... 2) Perhatikan kembali soal nomor 1. Karya seni tersebut berbentuk... dan berguna sebagai.... 3) Tulis perbedaan nada dan irama pada tabel berikut! No. Nada Irama ) Gerak alam semesta ada gerak tumbuhan, binatang, angin, dan.... 5) Angin yang berhembus kencang disebut angin.... 6) Keindahan gerak tari menirukan air mengalir di antaranya semua gerak tubuh tampak.... c. Mencari Gambar Carilah berbagai gambar karya seni rupa tiga dimensi. Tempelkan gambar tersebut pada keratas karton. d. Lisan Buatlah tanggapan terhadap gambar karya seni rupa tiga dimensi yang kamu peroleh. Ceritakan di depan teman-temanmu. e. Perbuatan Peragakan gerak menirukan alam semesta. Tunjukkan pada guru dan temantemanmu. Ungkapkan dengan kata-kata keindahan gerak yang kamu lakukan.

6 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SD Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan Kelas/Semester : 2/2 Tema : Hidup Hemat Standar Kompetensi : Keterampilan 14. Menerapkan teknologi sederhana dalam keterampilan. Kompentensi Dasar : Menjelaskan cara pembuatan cat pewarna dari bahan buatan yang aman Menyiapkan bahan buatan yang aman untuk pembuatan cat Membuat cat pewarna dari bahan buatan yang aman. Indikator : Menyebutkan jenis bahan buatan yang mengandung warna Menceritakan cara pembuatan cat pewarna dari bahan buatan Menyiapkan bahan dan alat untuk membuat pewarna dari bahan buatan yang aman Membuat pewarna dari bahan buatan yang aman. Alokasi Waktu : A. Tujuan Pembelajaran: 1. Siswa dapat menjelaskan cara pembuatan cat pewarna dari bahan buatan yang aman. 2. Siswa dapat menyiapkan bahan buatan yang aman untuk pembuatan cat. 3. Siswa mampu membuat cat pewarna dari bahan buatan. B. Materi Pembelajaran 1. Penjelasan cara membuat cat pewarna dari bahan buatan yang aman. 2. Membuat cat pewarna dari bahan buatan yang aman. C. Metode Pembelajaran 1. Ceramah 2. Tanya jawab 3. Percobaan 4. Demonstrasi/praktik D. Langkah-Langkah Pembelajaran 1. Pertemuan kesatu 1) Guru bercerita tentang keuntungan membuat pewarna buatan sendiri. 2) Guru memberikan berbagai contoh bahan pewarna buatan. 1) Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cat pewarna dari bahan buatan. 2) Guru menyebutkan contoh berbagai bahan buatan yang menghasilkan warna.

7 3) Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cara membuat cat pewarna dari bahan buatan yang aman. 4) Tanya jawab guru dengan siswa tentang bahan pewarna buatan yang aman. 1) Siswa menjawab soal isian yang diberikan guru. 2) Siswa maju ke depan kelas untuk menceritakan salah satu cara memperoleh pewarna baru dari bahan kimia. 2. Pertemuan kedua Salah seorang siswa diminta maju untuk menceritakan cara memperoleh cat pewarna dari bahan buatan yang pernah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. 1) Siswa menyiapkan bahan dan alat untuk membuat pewarna dari bahan buatan yang aman. 2) Siswa membuat pewarna dari bahan buatan yang aman. 3) Siswa menggunakan pewarna yang dibuat untuk mewarnai benang atau kain. 1) Siswa mengerjakan soal isian yang diberikan guru. 2) Siswa mendapat tugas melakukan percobaan di rumah secara berkelompok. E. Sumber Belajar : Buku Seni Budaya dan Keterampilan Kelas 2 Semester 2, Intan Pariwara. Alat dan bahan : Kesumba, soda kue, kertas krep, tawas, tabung percobaan/gelas bening, pengaduk dsb. F. Penilaian 1. Teknik a. Tes tertulis b. Lisan c. Perbuatan 2. Bentuk a. Isian b. Bercerita di depan kelas c. Percobaan dan praktik 3. Instrumen a. Isian 1) Di antara bahan-bahan berikut pilihlah yang termasuk bahan buatan! kunyit kesumba biji saga arang tawas kertas krep 2) Sebutkan jenis bahan kimia untuk membuat pewarna yang aman.... 3) Kesumba termasuk jenis pewarna.... 4) Cat air menggunakan pengencer.... 5) Cuka dan tawas termasuk bahan buatan yang.... b. Lisan Ceritakan salah satu cara membuat pewarna baru dari bahan kimia.

8 c. Percobaan 1) Siapkan larutan kesumba warna merah, kuning, dan hijau. Siapkan juga larutan kertas krep ungu dan hijau. Masukkan cuka, tawas, dan soda kue ke dalam tiap-tiap larutan. Warna apa yang dihasilkan? Tuliskan dalam tabel berikut. No. Warna Larutan Kesumba Bahan yang ditambahkan Warna yang dihasilkan 1. kuning a. kertas krep ungu... b. soda kue... c. tawas merah a. kertas krep hijau... b. soda kue... c. tawas hijau a. cuka... b. soda kue... c. kesumba kuning... 2) Siapkan kain putih/benang, wol putih, warnailah kain dan benang wol tersebut dengan pewarna buatanmu.

9 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SD Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan Kelas/Semester : 2/2 Tema : Menggapai Cita-Cita Standar Kompetensi : Seni Rupa 9. Mengekspresikan diri melalui seni rupa. Seni Musik 11. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik. Seni Tari 13. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari. Kompentensi Dasar : 9.1. Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresi Menggunakan klise cetak timbul Mengekspresikan diri melalui teknik cetak timbul Memperagakan dinamik sederhana Membedakan antara nada dengan irama Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana Menggerakkan tubuh secara spontan mengikuti bunyi perangsang gerak Menanggapi gerak alam semesta dalam bentuk gerakan tari Menyajikan beberapa ragam gerak tari di depan penonton. Indikator : Menggambar ekspresi dengan objek imajinatif Cara menggunakan klise cetak timbul dari bahan alam Membuat gambar cetak dengan teknik cetak timbul Siswa mampu menunjukkan bermacam-macam dinamik Siswa mampu menerapkan bermacam-macam dinamik dalam sebuah melodi Siswa mampu menyanyikan melodi menggunakan dinamik Siswa mampu menjelaskan teknik permainan alat musik/ sumber bunyi sederhana Siswa mampu menerapkan teknik permainan alat musik/ sumber bunyi sederhana Siswa mampu mempraktikkan alat musik/sumber bunyi sederhana Siswa mampu menjelaskan teknik menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana Siswa mampu menerapkan teknik menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana.

10 Siswa mampu menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana Mendefinisikan bunyi perangsang gerak dari luar tubuh Menyebutkan berbagai alat musik perkusi dan alat musik tiup yang menghasilkan bunyi perangsang gerak Mengamati berbagai gerak tari yang mengikuti bunyi perangsang gerak Menggerakkan tubuh secara spontan mengikuti bunyi perangsang gerak Mengamati gerak alam semesta (kuncup bunga mengembang dan air bergelombang) Menirukan gerak alam semesta (kuncup bunga mengembang dan air bergelombang) dalam bentuk gerakan tari secara berkelompok Menanggapi gerak alam semesta dalam bentuk gerakan tari Menjelaskan persiapan penyajian ragam gerak tari di depan penonton Mengamati beberapa ragam gerak tari Menirukan beberapa ragam gerak tari yang telah diamati sesuai dengan iringannya Memperagakan beberapa ragam gerak tari sesuai dengan iringannya Menyajikan beberapa ragam gerak tari sesuai dengan iringannya di depan penonton. Alokasi Waktu : A. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat mengekspresikan diri melalui gambar ekspresi. 2. Siswa dapat menggunakan klise cetak timbul. 3. Siswa dapat mengekspresikan diri melalui teknik cetak timbul. 4. Siswa dapat memperagakan dinamik sederhana. 5. Siswa dapat membedakan antara nada dengan irama. 6. Siswa dapat menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan. 7. Siswa dapat menggerakkan tubuh spontan mengikuti bunyi perangsang gerak. 8. Siswa dapat menanggapi gerak alam semesta dalam bentuk gerakan tari. 9. Siswa dapat menyajikan beberapa ragam gerak tari di depan penonton. B. Materi Pembelajaran 1. Menggambar ekspresi dengan objek imajinatif menggunakan teknik inkblot dan teknik tarikan benang. 2. Berkarya cetak timbul. 3. Membuat gambar cetak dengan acuan (klise cetak timbul). 4. Dinamik. 5. Teknik permainan alat musik/sumber bunyi sederhana. 6. Lagu wajib. 7. Lagu anak. 8. Bergerak sesuai iringan.

11 9. Menarikan gerak alam semesta. 10. Menari di depan penonton. C. Metode Pembelajaran 1. Ceramah. 2. Demontrasi/praktik. 3. Tanya jawab 4. Drill 5. Pengamatan D. Langkah-Langkah Pembelajaran 1. Pertemuan Pertama Siswa mengumpulkan pekerjaan rumah yang diberikan pada pertemuan sebelumnya. 1) Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang gambar ekspresi. 2) Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang objek khayalan. 3) Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk menggambar objek khayalan. 4) Siswa menggambar objek khayalan dengan teknik inkblot. 5) Siswa menggambar objek khayalan dengan teknik tarikan benang. 1) Siswa mengerjakan soal isian yang diberikan guru. 2) Siswa menerima pekerjaan rumah untuk membuat gambar khayalan dengan teknik inkblot dan tarikan benang. 2. Pertemuan Kedua Siswa mengumpulkan pekerjaan rumah yang diberikan guru pada pertemuan sebelumnya. 1) Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cetak timbul. 2) Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cara membuat dan menggunakan acuan/klise cetak timbul. 3) Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk berkarya cetak timbul. 4) Siswa membuat acuan/klise cetak timbul dari bahan alam. 5) Siswa membuat gambar cetak menggunakan klise cetak timbul yang dibuat sendiri. 1) Siswa mengerjakan soal isian yang diberikan oleh guru. 2) Siswa menerima pekerjaan rumah untuk membuat karya gambar cetak dengan menggunakan klise cetak timbul dari bahan alam. 3. Pertemuan Ketiga 1) Siswa menyanyikan rangkaian melodi. 2) Tanya jawab tentang dinamik.

12 1) Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang dinamik. 2) Siswa menyanyikan lagu yang menggunakan dinamik. Siswa diberi tugas oleh guru menyanyikan lagu menggunakan tanda dinamik. 4. Pertemuan Keempat 1) Siswa bermain tamborin atau kastanyet dalam irama 3/4. 2) Tanya jawab tentang cara bermain alat musik ritmis dan melodis. 1) Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang teknik bermain alat musik ritmis dan melodis. 2) Siswa diajak bermain tamborin atau kastanyet dalam birama 2/4, 3/4, dan 4/4. 3) Siswa diajak mengenal letak nada-nada pada alat musik pianika. 4) Siswa memainkan melodi dengan menggunakan alat musik pianika. Siswa diberi tugas memainkan perpaduan melodi dan irama dengan alat musik melodis dan ritmis. 5. Pertemuan Kelima 1) Siswa diajak menyanyi bersama lagu Halo-Halo Bandung. 2) Tanya jawab tentan jenis lagu wajib dan lagu anak. 1) Siswa diajak menyanyikan lagu Kasih Ibu. 2) Siswa diajak menyanyikan lagu Merah Putih. Siswa diajak bersama-sama menyanyikan salah satu lagu anak-anak. 6. Pertemuan Keenam 1) Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai cita-citanya. 2) Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai pentingnya berani tampil di depan orang lain. 1) Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai iringan tari. 2) Siswa menyebutkan iringan tari dari luar tubuh manusia. 3) Siswa menyebutkan berbagai alat musik perkusi dan alat musik tiup. 4) Siswa menyuarakan bunyi alat musik ketipung dan alat musik seruling. 5) Siswa mengamati gerak tari yang mengikuti bunyi alat musik seruling dan alat musik ketipung. 6) Siswa memperagakan gerak tari mengikuti bunyi alat musik ketipung dan alat musik seruling. Siswa menggerakkan tubuh secara spontan mengikuti bunyi perangsang gerak dari kaset yang diputar oleh guru melalui tape recorder.

13 7. Pertemuan Ketujuh 1) Siswa memperhatikan guru yang menunjukkan gambar karya tari yang dilakukan secara perorangan dan berkelompok. 2) Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai gambar mana yang menunjukkan karya tari yang dilakukan perorangan dan yang berkelompok. 1) Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai bentuk tari yang dilakukan secara perorangan dan berkelompok. 2) Siswa menyebutkan hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan gerak tari secara berkelompok. 3) Siswa mengamati gerak tari menirukan gerak alam semesta (kuncup bunga mengembang dan air bergelombang). 4) Siswa membentuk kelompok, tiap kelompok terdiri dari lima anak. 5) Siswa menirukan gerak alam semesta (kuncup bunga mengembang dan air bergelombang) dalam bentuk gerakan tari secara berkelompok. 6) Siswa memperagakan gerak alam semesta dalam bentuk gerakan tari secara berkelompok di depan guru dan kelompok lain. 1) Siswa menanggapi gerak alam semesta yang diperagakan oleh siswa lain secara berkelompok. 2) Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai gerak yang telah dilakukan. 8. Pertemuan Kedelapan Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai penyajian ragam gerak tari di depan penonton. 1) Siswa menyebutkan persiapan penyajian ragam gerak tari di depan penonton. 2) Siswa mengamati beberapa ragam gerak tari dengan iringan lagu Memandang Alam. 3) Siswa menirukan ragam gerak tari yang diamati. 4) Siswa menyesuaikan gerak tari dengan iringannya. 5) Siswa memperagakan ragam gerak tari sesuai dengan iringannya. 6) Siswa menyiapkan ragam gerak tari sesuai dengan iringan. Siswa menyajikan beberapa ragam gerak tari sesuai dengan iringan lagu Memandang Alam yang dinyanyikan oleh temanya di depan penonton. E. Sumber Belajar 1. Buku Seni Budaya dan Keterampilan SD Kelas 2 Semester 2, Intan Pariwara. 2. Bahan dan alat: wortel, kentang, ubi jalar, pewarna makanan, pisau, palet dsb. 3. Gambar-gambar karya tari. 4. Alat musik untuk iringan tari. 5. Kaset iringan tari dan tape recorder. F. Penilaian 1. Teknik : tes tertulis, perbuatan. 2. Bentuk : praktik, performance.

14 3. Instrumen a. Isian 1) Gambar ungkapan perasaan disebut juga gambar.... 2) Gambar yang dibuat berdasarkan angan-angan disebut gambar.... 3) Menggambar dengan teknik inkblot berarti menggambar menggunakan noda.... 4) Cetak timbul disebut juga cetak.... 5) Contoh alat yang menggunakan cetak timbul yaitu.... 6) Iringan tari berupa kandang, ketipung, dan drum termasuk alat musik.... 7) Bunyi-bunyian dari permainan alat musik merupakan iringan tari dari.... 8) Gerak tari dengan iringannya harus.... 9) Nyanyian merupakan iringan tari dari ) Gambar di atas menunjukkan gerak tari menirukan.... b. Praktik 1) Buatlah gambar khayalan dengan teknik inkblot! Buatlah gambar khayalan dengan teknik tarikan benang! 2) Siapkan ubi jalar, wortel, atau kentang. Buatlah karya gambar cetak timbul menggunakan bahan-bahan tersebut! 3) Nyanyikan melodi berikut! Keterangan: tanda dinyanyikan keras. tanda dinyanyikan lembut. 4) Tirukan gerak tari mengikuti bunyi alat musik ketipung dan alat musik seruling. Sambil bergerak tirukan bunyi iringannya. Tunjukkan di depan guru dan temantemanmu! 5) Tirukanlah gerak alam semesta bersama empat orang temanmu. Tunjukkan di depan guru dan kelompok lain. Mintalah guru dan kelompok lain untuk menilai gerak yang dilakukan oleh kelompokmu. 6) Peragakan gerak tari yang diiringi lagu Memandang alam. Mintalah temanmu untuk mengiringi dengan menyanyikan lagu Memandang alam. Berlatihlah sampai gerakanmu terlihat indah dan sesuai dengan iringannya. Tunjukkan di depan guru!

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SD Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan Kelas/Semester : 2/1 Tema : Aku Standar Kompetensi : Seni Rupa 1. Mengapresiasi karya seni rupa. Kompetensi

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SD Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan Kelas/Semester : 6/2 Standar Kompetensi : Seni Rupa 9. Mengapresiasi karya seni rupa. Kompetensi Dasar

Lebih terperinci

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1 PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1 1 PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : SBK Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni rupa SENI RUPA Kompetensi Dasar

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SD Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan Kelas/Semester : 4/2 Standar Kompetensi : Seni Rupa 9. Mengapresiasi karya seni rupa. Kompetensi Dasar

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SD Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan Kelas/Semester : 5/2 Standar Kompetensi : Seni Rupa 9. Mengapresiasi karya seni rupa. Kompetensi Dasar

Lebih terperinci

Kompetensi Materi Kegiatan. Dasar Pembelajaran Pembelajaran Teknik Bentuk Contoh Instrumen Waktu Belajar. Indikator SILABUS. Penilaian Alokasi Sumber

Kompetensi Materi Kegiatan. Dasar Pembelajaran Pembelajaran Teknik Bentuk Contoh Instrumen Waktu Belajar. Indikator SILABUS. Penilaian Alokasi Sumber Silabus SBK SD 15 Standar Kompetensi : Seni Rupa 9. Mengapresiasi karya seni rupa. 9.1. Mengidentifikasi jenis pada karya seni Jenis motif hias motif hias rupa nusantara pada karya daerah lain. seni rupa

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SD Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan Kelas/Semester : 1/1 Tema : Diri Sendiri Standar Kompetensi : Seni Rupa 1. Mengapresiasi karya seni rupa.

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Nama Sekolah : Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan Kelas/Semester : III (tiga)/ii (dua) Pertemuan Ke : Alokasi Waktu : x 35 Standar Kompetensi SENI RUPA

Lebih terperinci

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS I SEMESTER 2

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS I SEMESTER 2 PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS I SEMESTER 2 1 Standar Kompetensi : 7. Mengapresiasi karya seni rupa PROGRAM SEMESTER SENI RUPA Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok

Lebih terperinci

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS I - SEMESTER 1

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS I - SEMESTER 1 PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS I - SEMESTER 1 1 MATA PELAJARAN : SBK Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni rupa PROGRAM SEMESTER SENI RUPA Kompetensi Dasar

Lebih terperinci

Kompetensi Materi Kegiatan. Dasar Pembelajaran Pembelajaran Teknik Bentuk Contoh Instrumen Waktu Belajar. Indikator SILABUS. Penilaian Alokasi Sumber

Kompetensi Materi Kegiatan. Dasar Pembelajaran Pembelajaran Teknik Bentuk Contoh Instrumen Waktu Belajar. Indikator SILABUS. Penilaian Alokasi Sumber Silabus SBK SD 11 Standar Kompetensi : Seni Rupa 9. Mengapresiasi karya seni rupa 9.1.Menjelaskan makna seni rupa murni. Karya seni rupa murni. Siswa diminta menyebutkan 9.1.1. Menjelaskan definisi Tes

Lebih terperinci

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Nama Sekolah : SD Negeri 1 Pagerpelah Kelas/Semester : 2 / 1 Tema : Kasih Sayang Alokasi Waktu : 2 Minggu Pelaksanaan : Minggu ke-1 s.d. 2 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik A. Kompetensi Dasar Mengenal

Lebih terperinci

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1 PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1 1 Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni rupa PROGRAM SEMESTER SENI RUPA Kompetensi Dasar Indikator Materi

Lebih terperinci

Kompetensi Materi Kegiatan. Dasar Pembelajaran Pembelajaran Teknik Bentuk Contoh Instrumen Waktu Belajar. Indikator SILABUS. Penilaian Alokasi Sumber

Kompetensi Materi Kegiatan. Dasar Pembelajaran Pembelajaran Teknik Bentuk Contoh Instrumen Waktu Belajar. Indikator SILABUS. Penilaian Alokasi Sumber Silabus SBK SD 17 SILABUS Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan Kelas/Semester : 5/2 Standar Kompetensi : Seni Rupa 9. Mengapresiasi seni rupa 9.1.Mengidentifikasi jenis motif hias pada seni rupa

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN

SILABUS PEMBELAJARAN SILABUS PEMBELAJARAN SEKOLAH MATA PELAJARAN KELAS SEMESTER STANDAR KOMPETENSI : : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN : III : 2 (Genap) : 8. Mengapresiasi karya seni rupa Kompetensi Dasar 8.1 Menjelaskan simbol

Lebih terperinci

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2 PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2 1 PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : SBK Standar Kompetensi : 8. Mengapresiasi karya seni rupa SENI RUPA Kompetensi Dasar

Lebih terperinci

52. Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)

52. Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) 52. Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) A. Latar Belakang Muatan seni budaya dan keterampilan sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah

Lebih terperinci

untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)

untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) PANDUAN PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan (SBK) Kelas III (3) s/d VI (6) Semester - untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) 33 33

Lebih terperinci

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS V SEMESTER

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS V SEMESTER PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS V SEMESTER 1 1 PROGRAM SEMESTER TAHUN PELAJARAN 20 / 20 MATA PELAJARAN : SBK KELAS / SEMESTER : V (Lima) / 1 (satu) Standar Kompetensi

Lebih terperinci

Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) Mata Pelajaran Seni Musik Sumber: KTSP 2006

Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) Mata Pelajaran Seni Musik Sumber: KTSP 2006 (SK) dan (KD) Mata Pelajaran Sumber: KTSP 2006 52. Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) A. Latar Belakang Muatan seni budaya dan keterampilan sebagaimana

Lebih terperinci

KOMPETENSI DASAR SENI BUDAYA DAN PRAKARYA SEKOLAH DASAR KELAS I - VI

KOMPETENSI DASAR SENI BUDAYA DAN PRAKARYA SEKOLAH DASAR KELAS I - VI SENI BUDAYA DAN PRAKARYA SEKOLAH DASAR KELAS I - VI KELAS I KOMPETENSI INTI 1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. 2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Nama Sekolah : Mata Pelajaran : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN Kelas/Semester : IV (empat) / I (satu) Pertemuan Ke : Alokasi Waktu : x 35 Standar Kompetensi SENI

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN

SILABUS PEMBELAJARAN SILABUS PEMBELAJARAN SEKOLAH MATA PELAJARAN KELAS SEMESTER STANDAR KOMPETENSI : : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN : VI : 2 (Genap) : 9. Mengapresiasikan karya seni rupa Kompetensi Dasar 9.1 Mengiden-tifikasi

Lebih terperinci

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS V SEMESTER 2

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS V SEMESTER 2 PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS V SEMESTER 2 1 PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : SBK Standar Kompetensi : 9. Mengapresiasi seni rupa SENI RUPA 9.1. Mengidentifikasi

Lebih terperinci

SILABUS. Mata Pelajaran Kelas/Semester : II/ 2 Standar Kompetensi : Seni Rupa 5. Mengapresisasi karya seni rupa

SILABUS. Mata Pelajaran Kelas/Semester : II/ 2 Standar Kompetensi : Seni Rupa 5. Mengapresisasi karya seni rupa SILABUS Nama Sekolah Standar Kompetensi : Seni Rupa 5. Mengapresisasi karya seni rupa 5.1 Mengidentifikasi unsur rupa pada karya seni rupa 5.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada karya

Lebih terperinci

53. Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan untuk Sekolah Dasar Luar Biasa Tunanetra (SDLB A)

53. Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan untuk Sekolah Dasar Luar Biasa Tunanetra (SDLB A) 53. Mata Pelajaran Seni Budaya dan untuk Sekolah Dasar Luar Biasa Tunanetra (SDLB A) A. Latar Belakang Muatan seni budaya dan keterampilan sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Republik

Lebih terperinci

MODEL. Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PEMBELAJARAN TEMATIK untuk Kelas II SD/MI Semester 1

MODEL. Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PEMBELAJARAN TEMATIK untuk Kelas II SD/MI Semester 1 MODEL Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PEMBELAJARAN TEMATIK untuk Kelas II SD/MI Semester 1 Berdasarkan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi dan Permendiknas Nomor 23

Lebih terperinci

KISI-KISI SEKOLAH DASAR DAN MADRASAH IBTIDAIYAH UJIAN PRAKTIK

KISI-KISI SEKOLAH DASAR DAN MADRASAH IBTIDAIYAH UJIAN PRAKTIK Mata Pelajaran : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN Aspek : Seni Rupa Jumlah : (enam) Standar Kompetensi Kompetensi Dasar.. Mengekspresikan diri rupa.. 0. Mengekspresikan diri rupa... Mengekpresikan diri rupa...

Lebih terperinci

SILABUS MATERI POKOK KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU

SILABUS MATERI POKOK KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU : 5. Lingkungan 5. Seni Rupa ( Mengapresiasi karya seni rupa) 6. Seni Musik ( Mengapresiasi karya seni musik) Mengidentifikasi unsur seni rupa pada benda di alam 6.1. Mengidentifikasi unsur/elemen musik

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN

SILABUS PEMBELAJARAN SILABUS PEMBELAJARAN SEKOLAH MATA PELAJARAN KELAS SEMESTER STANDAR KOMPETENSI : : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN : IV : 1 (Ganjil) : 1. Mengapresiasi karya seni rupa Kompetensi Dasar 1.1. Menjelaskan makna

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SMP... Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Rupa) Kelas / Semester : VII (tujuh) / (satu) Standar Kompetensi :. Mengapresiasikan Karya Seni Rupa Kompetensi

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN

SILABUS PEMBELAJARAN SILABUS PEMBELAJARAN SEKOLAH MATA PELAJARAN KELAS SEMESTER STANDAR KOMPETENSI : : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN : III : 1 (Ganjil) : 1. Mengapresiasi karya seni rupa Dasar 1.1 Menjelaskan symbol dalam karya

Lebih terperinci

52. Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)

52. Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) 52. Mata Pelajaran Seni Budaya dan untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) A. Latar Belakang Muatan seni budaya dan keterampilan sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Republik

Lebih terperinci

Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PEMBELAJARAN TEMATIK 2A

Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PEMBELAJARAN TEMATIK 2A MODEL Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PEMBELAJARAN TEMATIK 2A untuk Kelas II SD Semester 1 Berdasarkan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi dan Permendiknas Nomor 23

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN

SILABUS PEMBELAJARAN SILABUS PEMBELAJARAN Sekolah Kelas / Semester Mata Pelajaran Standar : SMP : VII (Tujuh) / 1 (Satu) : SENI BUDAYA : SENI RUPA 1. Mengapresiasi Karya Seni Rupa 1.1. Mengindentifikasi jenis karya seni rupa

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN

SILABUS PEMBELAJARAN SILABUS PEMBELAJARAN SEKOLAH : MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS : IV SEMESTER : 2 (genap) STANDAR KOMPETENSI : 9. Mengapresiasi karya seni rupa Kompetensi Dasar Materi Pengalaman Belajar

Lebih terperinci

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS IV SEMESTER 2

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS IV SEMESTER 2 PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS IV SEMESTER 2 1 Standar Kompetensi : 9.Mengapresiasi karya seni rupa SENI RUPA 9.1 Menjelaskan makna seni rupa murni - Menjelaskan arti

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN

SILABUS PEMBELAJARAN SILABUS PEMBELAJARAN SEKOLAH MATA PELAJARAN KELAS SEMESTER STANDAR KOMPETENSI : : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN : V I : 1 (Ganjil) : 1. Mengapresiasi karya seni rupa Kompetensi Dasar 1.1. Mengidentifikasi

Lebih terperinci

56. Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan untuk Sekolah Dasar Luar Biasa Tunalaras (SDLB E)

56. Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan untuk Sekolah Dasar Luar Biasa Tunalaras (SDLB E) 56. Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan untuk Sekolah Dasar Luar Biasa Tunalaras (SDLB E) A. Latar Belakang Muatan seni budaya dan keterampilan sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Nama Sekolah : Mata Pelajaran : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN Kelas/Semester : IV (empat) / II (dua) Pertemuan Ke : Alokasi Waktu : x 35 Standar Kompetensi SENI

Lebih terperinci

PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)

PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) PENENTUAN KRITERIA UNTASAN MINIMAL (KKM) SEKOLAH : SD NEGERI JATILABA 03 KELAS : II MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) TAHUN PELAJARAN : 2009/2010 NOMOR KRITERIA PENETAPAN KRITERIA UNTASAN

Lebih terperinci

55. Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan untuk Sekolah Dasar Luar Biasa Tunadaksa (SDLB D) A. Latar Belakang

55. Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan untuk Sekolah Dasar Luar Biasa Tunadaksa (SDLB D) A. Latar Belakang 55. Mata Pelajaran Seni Budaya dan untuk Sekolah Dasar Luar Biasa Tunadaksa (SDLB D) A. Latar Belakang Muatan seni budaya dan keterampilan sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Republik

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN

SILABUS PEMBELAJARAN SILABUS PEMBELAJARAN SEKOLAH MATA PELAJARAN KELAS SEMESTER STANDAR KOMPETENSI : : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN : V : 2 (Genap) : 9. Mengapresiasi karya seni rupa Kompetensi Dasar 9.1 mengidentifi-kasi

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1 TEMA: TEMPAT UMUM

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1 TEMA: TEMPAT UMUM SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1 TEMA: TEMPAT UMUM Standar Dasar 1. PKn Membiasakan hidup bergotong royong 2. IPS Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SMP/ MTs Kelas : VIII Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik Semester : 1 (satu / Gasal ) Alokasi Waktu : 4 x 40 menit Standar kompetensi : Mengapresiasi

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Nama Sekolah :... Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan Kelas/Semester : V/ I Pertemuan Ke : Alokasi Waktu : x 35 Menit SENI RUPA Standar Kompetensi. Mengapresiasi

Lebih terperinci

Nama Sekolah : : Tempat Umum Kelas/Semester : II / 1 Alokasi Waktu : 3 minggu

Nama Sekolah : : Tempat Umum Kelas/Semester : II / 1 Alokasi Waktu : 3 minggu RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK Nama Sekolah : Tema : Tempat Umum Kelas/Semester : II / 1 Alokasi Waktu : 3 minggu Standar Kompetensi : 1. PKn Membiasakan hidup bergotong royong 2. IPS

Lebih terperinci

PANDUAN PENGEMBANGAN RENCANA PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (RPP) II. Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

PANDUAN PENGEMBANGAN RENCANA PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (RPP) II. Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PANDUAN PENGEMBANGAN RENCANA PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (RPP) I. Pendahuluan Dalam rangka mengimplementasikan pogram pembelajaran yang sudah dituangkan di dalam silabus, guru harus menyusun Rencana Pelaksanaan

Lebih terperinci

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS IV SEMESTER 1

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS IV SEMESTER 1 PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS IV SEMESTER 1 1 Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni rupa SENI RUPA 1.1 Menjelaskan makna seni rupa terapan - Menjelaskan

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP No. 1.1) : SMP Negeri 2 Gerokgak

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP No. 1.1) : SMP Negeri 2 Gerokgak RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP No. 1.1) Sekolah : SMP Negeri 2 Gerokgak Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Rupa Kelas/Semester : IX / I Pertemuan ke : 1-2 Alokasi Waktu : 4 x 40 menit Satandar

Lebih terperinci

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Nama Sekolah : SD Negeri 1 Pagerpelah Kelas /Semester : 3 / 1 Tema : Peristiwa Alokasi Waktu : 3 Minggu (Minggu ke-1 s.d. 3) Tanggal Pelaksanaan : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik A. Kompetensi

Lebih terperinci

SILABUS PENGALAMAN BELAJAR. Mendengarkan penjelasan guru tentang macammacam

SILABUS PENGALAMAN BELAJAR. Mendengarkan penjelasan guru tentang macammacam 1 Nama Sekolah : V (lima) / 1 (Ganjil) : 1. Mengapresiasi karya seni musik. HASIL MATERI POKOK 1.1. Mengidentifikasi berbagai ragam. 1.2. Menjelaskan makna sejenis. dengan iringan di depan penonton. 1.3.

Lebih terperinci

TEMATIK KELAS II SEMESTER 1

TEMATIK KELAS II SEMESTER 1 TEMATIK KELAS II SEMESTER 1 560 Prrotah Tematik PROGRAM TAHUNAN Satuan Pendidikan :. Kelas : II Semester : I Tahun : 20 /20 Smtr Tema Stándar Kompetensi 1 Diri Sendiri 1. PKn Membiasakan hidup bergotong

Lebih terperinci

SILABUS TEMATIK KELAS I

SILABUS TEMATIK KELAS I SILABUS TEMATIK KELAS I Tema 5 Subtema 1 : Pengalamanku : Pengalaman Masa Kecil Mata PPKn 3.1 3.2 3.4 4.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila Mengenal tata tertib

Lebih terperinci

L. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR SENI BUDAYA SDLB TUNAGRAHITA

L. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR SENI BUDAYA SDLB TUNAGRAHITA - 953 - L. KOMPETENSI INTI DAN SENI BUDAYA SDLB TUNAGRAHITA KELAS : I 3.1 Mengenal gambar ekspresi 4.1 Menggambar ekspresi 3.2 Mengenal kolase 4.2 Membuat gambar kolase 3.3 Mengenal lagu bertanda birama

Lebih terperinci

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) Mata Pelajaran : an Agama Islam Semester : 1 (Satu) Kelas : III (Tiga) Jumlah KD : 9 (Sembilan) Standar Al Qur an 1. Mengenal kalimat dalam Al Qur an 1.1 Membaca kalimat dalam Al Qur an 1.2 Menulis kalimat

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan : Kelas / Semester : II / 1 Tema 3 : Tugasku Sehari-Hari Sub Tema 3 : Tugasku Sebagai Umat Beragama Pembelajaran Ke : 1 Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP) Sekolah :... Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Rupa Kelas/Semester : IX ( sembilan ) / 2 (dua) Pertemuan ke : 1 Alokasi Waktu : 2 x 40 menit Standar Kompetensi

Lebih terperinci

MODUL PRAKTIKUM. Penyusun: Tim

MODUL PRAKTIKUM. Penyusun: Tim MODUL PRAKTIKUM Penyusun: Tim PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2015 BUKU PANDUAN PANDUAN PRAKTIKUM PENDIDIKAN SENI MUSIK

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 2 TEMA: LINGKUNGAN

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 2 TEMA: LINGKUNGAN SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 2 TEMA: LINGKUNGAN Standar Dasar IPS : Mendeskripsikan lingkungan rumah IPA/ Sains : Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan

Lebih terperinci

SILABUS. - Memberikan definisi simbol - Memberikan contoh gambar simbol - Tanya jawab tentang berbagai benda dua dimensi yang mengandung simbol.

SILABUS. - Memberikan definisi simbol - Memberikan contoh gambar simbol - Tanya jawab tentang berbagai benda dua dimensi yang mengandung simbol. Nama Sekolah : : III / I : Norma 1. Mengapresiasi karya seni rupa 3. Mengapresiasi karya seni musik 1.1. Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi 3.1. Menunjukkan sikap simbol dalam karya seni

Lebih terperinci

SILABUS PENGALAMAN BELAJAR. Mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian musik nusantara

SILABUS PENGALAMAN BELAJAR. Mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian musik nusantara 1 Nama Sekolah : VI (Enam) / 1 (Ganjil) : 1. Mengapresiasi karya seni musik. HASIL INDIKATOR ALOKASI WAKTU 1.1 Mengidentifikasi berbagai ragam. 1.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai musik

Lebih terperinci

Musik dan Lagu Anak Usia Dini

Musik dan Lagu Anak Usia Dini (RPP) Mata Kuliah Musik dan Lagu Anak Usia Dini Oleh : Marini., M.Pd Maria Denok., S.Pd JURUSAN PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP VETERAN SEMARANG Semester/ SKS :

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah Kelas Mata Pelajaran Semester Alokasi Waktu : SMP / MTs : IX : Seni Budaya / Seni Musik : 1 (satu) : 2 x 40 menit Standar kompetensi : 3. Mengapresiasi karya

Lebih terperinci

Nama Sekolah :... : Lingkungan Kelas/Semester : I / 2 Alokasi Waktu : 3 minggu

Nama Sekolah :... : Lingkungan Kelas/Semester : I / 2 Alokasi Waktu : 3 minggu RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK Nama Sekolah :... Tema : Lingkungan Kelas/Semester : I / 2 Alokasi Waktu : 3 minggu Standar Kompetensi : 1. PKn : Menerapkan kewajiban anak di rumah dan

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SMP NEGERI 2 BANJAR Kelas : VII Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik Semester : 1 ( satu ) Alokasi Waktu : 2 x 40 menit Standar kompetensi : 3. Mengapresiasi

Lebih terperinci

Memahami wacana lisan tentang benda-benda di sekitar dan dongeng.

Memahami wacana lisan tentang benda-benda di sekitar dan dongeng. RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK Nama Sekolah :... Tema : Permainan Kelas/Semester : I / 2 Alokasi Waktu : 3 minggu Standar Kompetensi : 1. PKn : Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di

Lebih terperinci

Nama Sekolah :... : Budi Pekerti Kelas/Semester : I / 2 Alokasi Waktu : 3 minggu

Nama Sekolah :... : Budi Pekerti Kelas/Semester : I / 2 Alokasi Waktu : 3 minggu RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK Nama Sekolah :... Tema : Budi Pekerti Kelas/Semester : I / 2 Alokasi Waktu : 3 minggu Standar Kompetensi : 1. PKn : Menerapkan kewajiban anak di rumah dan

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan : Kelas / Semester : II / 1 Tema 3 : Tugasku Sehari-Hari Sub Tema 2 : Tugasku Sehari-Hari di Sekolah Pembelajaran Ke : 3 Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan

Lebih terperinci

Desyandri, S.Pd., M.Pd NIP

Desyandri, S.Pd., M.Pd NIP RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Mata Pelajaran Kelas/Semester Alokasi Waktu : Bernyanyi : III/2 : 4 x 35 menit Oleh, Desyandri,

Lebih terperinci

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS VI SEMESTER 2

PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS VI SEMESTER 2 PROGRAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS VI SEMESTER 2 1 PROGRAM SEMESTER TAHUN PELAJARAN 20 / 20 MATA PELAJARAN : SBK KELAS / SEMESTER : VI (Enam) / 2 (dua) Standar Kompetensi

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah : MTsN Bantul Kota Kelas : VII ( tujuh ) Mata Pelajaran : SENI BUDAYA / SENI MUSIK Semester : (satu) Alokasi Waktu : x 40 menit Standar Kompetensi :. Mengapresiasikan

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN

SILABUS PEMBELAJARAN Nama Sekolah :... Kelas/ Semester : VII (Tujuh)/ 2 (Dua) Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Rupa) Standar : 9. Mengapresiasi Karya Seni Rupa. * 9.1 Mengindetifikasi jenis karya seni rupa terapan daerah

Lebih terperinci

KURIKULUM 2004 STANDAR KOMPETENSI. Mata Pelajaran

KURIKULUM 2004 STANDAR KOMPETENSI. Mata Pelajaran KURIKULUM 2004 STANDAR KOMPETENSI Mata Pelajaran KERAJINAN TANGAN DAN KESENIAN SEKOLAH DASAR dan MADRASAH IBTIDAIYAH DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL Jakarta, Tahun 2003 Katalog dalam Terbitan Indonesia.

Lebih terperinci

PANDUAN PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

PANDUAN PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PANDUAN PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) I. Pendahuluan Dalam rangka mengimplementasikan pogram pembelajaran yang sudah dituangkan di dalam silabus, guru harus menyusun Rencana Pelaksanaan

Lebih terperinci

Mata Pelajaran : Tematik Satuan Pendidikan : SD/MI Kelas/Semester : II / 1. Nama Guru :... NIP/NIK :... Sekolah :...

Mata Pelajaran : Tematik Satuan Pendidikan : SD/MI Kelas/Semester : II / 1. Nama Guru :... NIP/NIK :... Sekolah :... PERANGKAT PEMBELAJARAN SPIDER WEB JARINGAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI Mata Pelajaran : tik Satuan Pendidikan : SD/MI Kelas/Semester : II / 1 Nama Guru :... NIP/NIK :... Sekolah :... KURIKULUM TINGKAT

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan : Kelas / Semester : II / 1 Tema 3 : Tugasku Sehari-Hari Sub Tema 2 : Tugasku Sehari-Hari di Sekolah Pembelajaran Ke : 1 Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan

Lebih terperinci

30. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR SENI BUDAYA DAN PRAKARYA SD/MI

30. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR SENI BUDAYA DAN PRAKARYA SD/MI 30. KOMPETENSI INTI DAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA SD/MI KELAS: I Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual adalah Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial adalah

Lebih terperinci

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik KELAS. Semester 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik KELAS. Semester 2 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik KELAS 3 Semester 2 2 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Mata Pelajaran : IPS dan Bahasa Indonesia

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah :... Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Rupa Kelas/Semester : IX / I Alokasi Waktu : 2 x 40 menit Satandar Kompetensi : 1 Mengapresiasi karya seni rupa Kompetensi

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN

SILABUS PEMBELAJARAN SILABUS PEMBELAJARAN Sekolah Kelas / Semester Mata Pelajaran : SMP : VIII (Delapan) / 1 (Satu) : SENI BUDAYA Standar : SENI RUPA 1. Mengapresiasi karya seni rupa Kegiatan 1.1 Mengidentifikasi jenis karya

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Program Semester. : SMA Negeri 6 Yogyakarta : Seni Budaya ( Seni Musik) : X / Umum : 2 (Dua) : 3 x 45 menit A. Standar Kompetensi

Lebih terperinci

SILABUS. Kegiatan Pembelajaran Teknik

SILABUS. Kegiatan Pembelajaran Teknik SILABUS Sekolah Kelas/ Semester Mata Pelajaran Standar : SMP : VIII (Delapan)/ 1 (Satu) : SENI BUDAYA : SENI RUPA 1. Mengapresiasi karya seni rupa 1.1 Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan Sejarah

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan :... Kelas / Semester : III (Tiga) / 2 Tema / Topik : Menjaga Kelestarian Lingkungan Petemuan ke : 1 Alokasi Waktu : 1 Hari A. KOMPETENSI INTI 1.

Lebih terperinci

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran 4

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran 4 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran Sekolah : SD dan MI Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : I/ Tema : Hewan dan Tumbuhan Standar Kompetensi :. Memahami bunyi bahasa, perintah,

Lebih terperinci

Nama Sekolah : Kelas / Semester : 2 / 2 : Lingkungan Waktu : 4 minggu

Nama Sekolah : Kelas / Semester : 2 / 2 : Lingkungan Waktu : 4 minggu Nama Sekolah : Kelas / Semester : 2 / 2 Tema : Lingkungan Waktu : 4 minggu Standar Kompetensi B. Indonesia Berbicara RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK Mengungkapkan secara lisan beberapa

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1 TEMA: DIRI SENDIRI

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1 TEMA: DIRI SENDIRI SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1 TEMA: DIRI SENDIRI Standar 1. PKn Membiasakan hidup bergotong royong 2. IPS Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis Dasar

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Berkenaan dengan pendidikan seni dalam Permendiknas no.22 tahun

BAB I PENDAHULUAN. Berkenaan dengan pendidikan seni dalam Permendiknas no.22 tahun BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Berkenaan dengan pendidikan seni dalam Permendiknas no.22 tahun 2006 tentang Standar Isi Kurikulum 2006 dijelaskan bahwa mata pelajaran Seni Budaya pada dasarnya merupakan

Lebih terperinci

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran 4

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran 4 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran 4 Sekolah : SD dan MI Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : IV/ Tema : Lambang Daerah Standar Kompetensi :. Mendengarkan penjelasan tentang

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan : Kelas / Semester : II / 1 Tema 3 : Tugasku Sehari-Hari Sub Tema 2 : Tugasku Sehari-Hari di Sekolah Pembelajaran Ke : 4 Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan

Lebih terperinci

PROGRAM TAHUNAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I SEMESTER 2 SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)

PROGRAM TAHUNAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I SEMESTER 2 SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) PROGRAM TAHUNAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I SEMESTER 2 SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) 1 PROGRAM TAHUNAN Satuan Pendidikan :... Kelas : I Semester : 2 Tahun : No Smtr Tema Stándar Kompetensi

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1 TEMA: HIBURAN

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1 TEMA: HIBURAN SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1 TEMA: HIBURAN Standar Dasar 1. PKn Membiasakan hidup bergotong royong 2. IPS Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis Melaksanakan

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN

SILABUS PEMBELAJARAN Nama Sekolah :... Kelas / Semester : VIII (Delapan) / 1 (Satu) : Seni Budaya/Seni Rupa Standar : Mengapresiasi karya seni rupa. Kegiatan * Contoh 1.1 Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan Tekstils

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1 TEMA: PERISTIWA

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1 TEMA: PERISTIWA SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1 TEMA: PERISTIWA Standar Dasar 1. PKn Membiasakan hidup bergotong royong 2. IPS Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis

Lebih terperinci

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) KELAS II (DUA) SEMESTER 1 DAN II. KKM Semester 1 Semester 2. Mata Pelajaran. Keterangan. 1.

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) KELAS II (DUA) SEMESTER 1 DAN II. KKM Semester 1 Semester 2. Mata Pelajaran. Keterangan. 1. KELAS II (DUA) SEMESTER 1 DAN II No. Mata Pelajaran KKM Semester 1 Semester 2 Keterangan 1. an Agama 2. an Kewarganegaraan 3. Bahasa Indonesia 4. Matematika 5. Ilmu Pengetahuan Alam 6. Ilmu Pengetahuan

Lebih terperinci

54. Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan untuk Sekolah Dasar Luar Biasa Tunarungu (SDLB B) A. Latar Belakang

54. Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan untuk Sekolah Dasar Luar Biasa Tunarungu (SDLB B) A. Latar Belakang 54. Mata Pelajaran Seni Budaya dan untuk Sekolah Dasar Luar Biasa Tunarungu (SDLB B) A. Latar Belakang Muatan seni budaya dan keterampilan sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Republik

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 2 TEMA: LINGKUNGAN

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 2 TEMA: LINGKUNGAN SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 2 TEMA: LINGKUNGAN Standar Dasar B. Indonesia : Berbicara : Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi mendeskripsikan benda dan bercerita.

Lebih terperinci

.3. IPA Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan.

.3. IPA Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan. RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK Nama Sekolah : Tema : Kesehatan Kelas/Semester : II / 1 Alokasi Waktu : 3 minggu Standar Kompetensi : 1. PKn Membiasakan hidup bergotong royong 2. IPS Memahami

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan : Kelas / Semester : II / 1 Tema 3 : Tugasku Sehari-Hari Sub Tema 3 : Tugasku Sebagai Umat Beragama Pembelajaran Ke : 4 Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan

Lebih terperinci