BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN"

Transkripsi

1 78 BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Hasil penelitian yang dilakukan di PT. Kiyokuni Indonesia ini terkait untuk menganalisis dan menjelaskan gaya kepemimpinan, motivasi dan disiplin berpengaruh signifikan positif baik secara parsial maupun simultan terhadap kinerja karyawan. Objek penelitiannya adalah terhadap karyawan yang berstatus permanen dan menjadi anggota serikat pekerja yang ada di PT. Kiyokuni Indonesia. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner sebagai data primer yang dibagikan kepada responden pada tanggal 27 Februari 2015 sebanyak 90 kuesioner. Hasil dari pengisian kuesioner tersebut diterima pada tanggal 4 Maret 2015 sebanyak 85 kuesioner dan yang akan dipakai dalam analisa dalam penelitian ini adalah 82 kuesioner sesuai dengan sampel yang direncanakan. Rincian distribusi kuesioner dalam penelitian ini disajikan dalam table berikut ini Tabel 5.1 Proses Penyebaran dan Penerimaan Kuesioner Responden Jumlah Prosentase Kuesioner yang disebar % Kuesioner yang tidak kembali 5 5,6% Kuesioner kembali namun tidak dapat diolah 3 3,3% Kuesioner yang dapat diolah 82 91,1% Sumber : Data primer yang diolah dari kuesioner (2015) Penyebaran kuesioner dilakukan melalui pihak manajemen perusahaan untuk melihat respon dari karyawan yang dipilih secara random. Tabel di atas menunjukkan bahwa kuesioner yang dibagikan kepada responden memiliki tingkat pengembalian sebesar 94,4% yang berarti bisa menggambarkan tingkat disiplin dan kepatuhan responden terhadap instruksi atasannya masih kurang.

2 Karakteristik Responden Ada beberapa karakteristik responden dalam penelitian ini yang ingin diketahui sebagai referensi atau bahan pertimbangan dalam menarik kesimpulan yaitu jenis kelamin, masa kerja, posisi, dan pendidikan. Hasil yang didapatkan dari data responden terhadap masing-masing karakteristik disajikan dalam bentuk diagram lingkaran yang menunjukkan komposisinya dalam prosentase agar terlihat jelas Karakteristik Responden Menurut Jenis Kelamin Wanita 62% 51 Pria 38% 31 Gambar 5.1 Distribusi Menurut Jenis Kelamin Sumber: Data primer yang diolah dari kuesioner (2015) Berdasarkan gambar 5.1 di atas ditunjukkan bahwa karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin diketahui responden wanita dalam penelitian ini sebanyak 62% (51 orang), dan pria sebanyak 38% (31 orang). Ini menunjukkan jumlah karyawan wanita lebih banyak dari pada jumlah karyawan pria karena jenis pekerjaannya menuntut karyawan.harus teliti, telaten, dan mengikuti standar kerja yang sudah ditetapkan.

3 Karakteristik Responden Menurut Masa Kerja thn 12% thn 7% thn 38% thn 43% 35 Gambar 5.2 Distribusi Menurut Masa Kerja Sumber: Data primer yang diolah dari kuesioner (2015) Berdasarkan gambar 5.2 di atas ditunjukkan bahwa karakteristik responden berdasarkan masa kerja diketahui responden dengan masa kerja 0-5 tahun paling besar yaitu 43% (35 orang), berikutnya 6-10 tahun yaitu 38% (31 orang), tahun yaitu 12% (10 orang), dan masa kerja tahun yaitu 7% (6 orang). Ini menunjukkan bahwa mayoritas karyawannya masih muda guna menunjang pekerjaannya yang menuntut fisik yang kuat dan produktifitas yang tinggi Karakteristik Responden Menurut Posisi SV 2% 2 Staff 37% 30 Leader 6% 5 Oprtor 55% 45 Gambar 5.3 Distribusi Menurut Posisi Sumber: Data primer yang diolah dari kuesioner (2015)

4 81 Berdasarkan gambar 5.3 di atas ditunjukkan bahwa karakteristik responden berdasarkan posisi diketahui responden dengan posisi operator paling besar yaitu 55% (45 orang), berikutnya staff yaitu 37% (30 orang), leader yaitu 6% (5 orang), dan supervisor yaitu 2% (2 orang) Karakteristik Responden Menurut Pendidikan D3 6% 5 D1 1% 1 S1/ D4 1% 1 SMU 92% 75 Gambar 5.4 Distribusi Menurut Pendidikan Sumber: Data primer yang diolah dari kuesioner (2015) Berdasarkan gambar 5.4 di atas ditunjukkan bahwa karakteristik responden berdasarkan pendidikan diketahui responden dengan latarbelakang pendidikan SMU paling besar yaitu 92% (75 orang), D3 yaitu 6% (5 orang), D1 yaitu 1% (1 orang), dan D4/ S1 yaitu 1% (1 orang). Ini menunjukkan bahwa memang untuk operator assembly banyak diisi oleh orang berlatar pendidikan SMU Deskripsi Statistik Variabel Penelitian Statistik deskriptif adalah statistik yang digunakan untuk menganalisis data yang telah terkumpul sebagaimana adanya atau aslinya tanpa bermaksud untuk membuat kesimpulan yang berlaku secara umum. Dalam penelitian ini

5 82 penulis menggunakan kuesioner dalam mengumpulkan data yang terdiri dari sejumlah pertanyaan/ pernyataan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari setiap responden tentang pribadi dan ruang lingkup kerjanya, atau hal-hal yang ia ketahui untuk analisa ada atau tidaknya dan seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi dan disiplin terhadap kinerja karyawan di PT. Kiyokuni Indonesia. Kuesioner disebar kepada 82 responden, terdiri dari 93 butir pertanyaan/ pernyataan yang mewakili empat variabel yang diteliti yaitu variabel gaya kepemimpinan (X1) yang terdiri dari 19 butir pertanyaan/ pernyataan, motivasi (X2) yang terdiri dari 24 butir pertanyaan/ pernyataan, disiplin (X3) yang terdiri dari 16 butir pertanyaan/ pernyataan, dan terakhir variabel kinerja karyawan (Y) yang terdiri dari 34 butir pertanyaan/ pernyataan. Sedangkan proses analisis yang dilakukan terhadap data-data responden pada variabel gaya kepemimpinan, motivasi, disiplin, dan kinerja karyawan ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan interval/ bobot. Variabel-variabel dalam penelitian ini yang meliputi variabel independen (eksogen, bebas) yaitu gaya kepemimpinan (X1), motivasi (X2), disiplin (X3), dan variabel dependen (endogen, terikat) yaitu kinerja karyawan (Y) yang akan diuji secara statistik deskriptif dan menghasilkan deskripsi data penelitian dari keempat variabel tersebut yang dinyatakan dalam skor rata-rata/ means (ẋ), median (Me), modus (Mo), standard deviation (s), varians (s2), serta range, minimum, maximum, sum, dan percentiles seperti yang terlihat pada tabel 5.2 di bawah ini:

6 83 Tabel 5.2 Hasil Uji Statistik Deskriptif Statistics Data Gaya Kepemimpin Motivasi Disiplin Kinerja (Y) an (X1) (X2) (X3) N Valid Missing Mean Median Mode Std. Deviation Variance Range Minimum Maximum Sum Percentiles Sumber : Data output SPSS versi 22 (2015) Deskripsi Data Gaya Kepemimpinan (X1) Variabel gaya kepemimpinan (X1) yang terdiri dari 19 item pertanyaan/ pernyataan (indikator) itu dirangkum dalam lima dimensi yaitu menantang proses, memberi inspirasi, mudah bekerja sama, menjadi model pemecahan, dan memberi semangat. Berdasarkan hasil uji statistik deskriptif pada table 5.2 di atas menunjukan dari jumlah responden sebanyak 82 orang nilai gaya kepemimpinan (X1) semua tidak ada yang missing, nilai terendah adalah 3,00 dan nilai gaya kepemimpinan tertinggi adalah 4,88. Nilai rata-rata (means) gaya kepemimpinan dari responden adalah 3,9846 dengan standar deviasi sebesar 0, Distribusi datanya seperti terlihat pada gambar 5.5 grafik histogram variabel X1.

7 84 Gambar 5.5 Histogram Distribusi Variabel X1 Sumber: Data primer yang diolah dari kuesioner (2015) Deskripsi Data Motivasi (X2) Pada variabel motovasi (X2) yang terdiri dari 24 butir pertanyaan/ pernyataan (indikator) itu dirangkum ke dalam lima dimensi yaitu keberhasilan, pengakuan/ penghargaan, pekerjaan itu sendiri, tanggung-jawab, dan pengembangan. Sementara itu dilihat dari nilai motivasinya (X2) nya, semua tidak ada yang missing, yang terendah adalah 3,06 dan nilai motivasi tertingginya 5,00. Nilai rata-rata (means) motivasi dari 82 responden adalah 4,0638 dengan nilai standar deviasi sebesar 0, Distribusi datanya seperti terlihat pada gambar 5.6 grafik histogram variabel X2.

8 85 Gambar 5.6 Histogram Distribusi Variabel X2 Sumber: Data primer yang diolah dari kuesioner (2015) Deskripsi Data Disiplin (X3) Pada variabel disiplin (X3) yang terdiri dari 16 butir pertanyaan/ pernyataan (indikator) itu dirangkum ke dalam empat dimensi yaitu ketepatan waktu, pemanfaatan sarana, tanggung-jawab kerja, dan ketaatan. Jika dilihat dari nilai disiplin (X3), maka nilai terendahnya adalah 3,50 dan nilai disiplin tertinggi adalah 5,00 sedangkan nilai rata-rata (means) disiplin dari 82 responden adalah 4,1585, semua tidak ada yang missing dengan nilai standar deviasinya sebesar 0, Distribusi datanya seperti terlihat pada gambar 5.6 grafik histogram variabel X3.

9 86 Gambar 5.7 Histogram Distribusi Variabel X3 Sumber: Data primer yang diolah dari kuesioner (2015) Deskripsi Data Kinerja Karyawan (Y) Terakhir pada variabel kinerja karyawan (Y) yang terdiri dari 34 butir pertanyaan/ pernyataan (indikator) itu dirangkum ke dalam lima dimensi yaitu perbaikan kinerja, pengembangan karyawan, kepuasan karyawan, keputusan kompensasi, dan keterampilan berkomunikasi. Nilai variabel yang terakhir adalah kinerja karyawan (Y), dimana semua tidak ada yang missing,nilai terendahnya adalah 3,26 dan nilai tertinggi 4,76. Nilai rata-rata (means) kinerja karyawan dari 82 responden adalah 4,0208 dengan nilai standar deviasi sebesar 0, Distribusi datanya seperti terlihat pada gambar 5.8 grafik histogram variabel Y.

10 87 Gambar 5.8 Histogram Distribusi Variabel Y Sumber: Data primer yang diolah dari kuesioner (2015) 5.3. Hasil Pengujian Instrumen Penelitian Uji Validitas Instrumen Uji validitas digunakan untuk mengukur valid atau tidaknya suatu kuesioner. Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan Pearson Correlation, yaitu dengan cara menghitung korelasi antara nilai yang diperoleh dari pertanyaan-pertanyaan (Imam Ghozali, 2011: 53). Pedoman suatu model dikatakan valid jika r hitung lebih besar dari r tabel dan nilai r positif. Dalam penelitian ini, perhitungan koefisien korelasi dilakukan dengan software SPSS versi 22.

11 Variabel Gaya Kepemimpinan (X1) Tabel 5.3 Uji Validitas Gaya Kepemimpinan Scale Scale Mean if Variance if Corrected Item Item Item-Total Deleted Deleted Correlation Cronbach's Alpha if Item Deleted Status Item Pertanyaan X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid Sumber : Data output SPSS versi 22 (2015) Berdasarkan hasil tabel 5.3 di atas menunjukan bahwa semua pertanyaan/ pernyataan dari variabel independen gaya kepemimpinan (X1) dinyatakan valid karena memiliki nilai r hitung (Corrected Item Total Correlation) yang lebih besar dari nilai r tabel (0,1829) yang diperoleh dari melihat tabel-r dengan menggunakan nilai df = N-2 dan tingkat signifikansi yang digunakan, sehingga dengan ini dapat disimpulkan bahwa indikator-indikator kuesioner pada variabel gaya kepemimpinan (X1) ini dapat dinyatakan valid dan digunakan sebagai alat ukur variabel.

12 Variabel Motivasi (X2) Item Pertanyaan Tabel 5.4 Uji Validitas Motivasi Scale Scale Mean if Variance if Corrected Item Item Item-Total Deleted Deleted Correlation Cronbach's Alpha if Item Deleted Status X Valid X Valid X Valid X Valid X Tidak Valid X Valid X Valid X Tidak Valid X Tidak Valid X Tidak Valid X Valid X Valid X Tidak Valid X Valid X Valid X Valid X Tidak Valid X Tidak Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid Sumber : Data output SPSS versi 22 (2015) Berdasarkan hasil table 5.4 di atas menunjukan bahwa beberapa nilai r hitung (Corrected Item Total Correlation) < r table (0,1829), maka disimpulkan bahwa indikator-indikator kuesioner tersebut dinyatakan tidak valid untuk digunakan sebagai alat ukur variabel sehingga harus dihapus.

13 90 Tabel 5.5 Uji Validitas Motivasi Revisi Scale Scale Mean if Variance if Corrected Item Item Item-Total Deleted Deleted Correlation Cronbach' s Alpha if Item Deleted Status Item Pertanyaan X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid Sumber : Data output SPSS versi 22 (2015) Setelah beberapa indikator-indikator yang tidak valid dihapus, maka nilai Alpha Croncbach berubah dari menjadi dan semua pertanyaan sudah memiliki nilai r hitung (Corrected Item Total Correlation) > r table (0,1829) terlihat pada table 5.5 di atas, maka disimpulkan bahwa indikator-indikator kuesioner variabel ini dinyatakan valid untuk digunakan sebagai alat ukur variabel Variabel Disiplin (X3) Tabel 5.6 Uji Validitas Disiplin Scale Variance if Corrected Item Item-Total Deleted Correlation Scale Mean if Item Deleted Cronbach's Alpha if Item Deleted Status Item Pertanyaan X Valid X Valid

14 91 Tabel 5.6 Uji Validitas Disiplin (lanjutan) X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid X Valid Sumber : Data output SPSS versi 22 (2015) Berdasarkan hasil tabel 5.6 di atas menunjukan semua pertanyaan dari variabel independen disiplin (X3) adalah valid karena memiliki nilai r hitung (Corrected Item Total Correlation) lebih besar dari nilai r tabel (0,1829), maka disimpulkan bahwa indikator-indikator kuesioner variabel ini dinyatakan valid untuk digunakan sebagai alat ukur variabel Variabel Kinerja Karyawan (Y) Tabel 5.7 Uji Validitas Kinerja Scale Variance if Corrected Item Item-Total Deleted Correlation Scale Mean if Item Deleted Cronbach's Alpha if Item Deleted Status Item Pertanyaan Y Valid Y Valid Y Valid Y Valid Y Valid Y Valid Y Valid Y Valid Y Valid Y Valid

15 92 Tabel 5.7 Uji Validitas Kinerja (lanjutan) Y Valid Y Valid Y Valid Y Valid Y Valid Y Valid Y Valid Y Valid Y Valid Y Valid Y Valid Y Valid Y Valid Y Valid Y Valid Y Valid Y Valid Y Valid Y Valid Y Valid Y Valid Y Valid Y Valid Y Valid Sumber : Data output SPSS versi 22 (2015) Berdasarkan hasil tabel 5.6 di atas menunjukan semua pertanyaan dari variabel dependen kinerja adalah valid karena memiliki nilai r hitung (Corrected Item Total Correlation) lebih besar dari nilai r tabel (0,1829) Uji Reliabilitas Instrumen Uji Reliabilitas adalah alat untuk mengukur suatu kuesioner yang merupakan indikator dari variabel atau konstruk. Suatu kuesioner dikatakan reliable atau handal jika jawaban seseorang terhadap pernyataan adalah konsisten atau stabil dari waktu ke waktu. Teknik yang digunakan untuk mengukur

16 93 reliabilitas pengamatan adalah Cronbach Alpha dengan cara membandingkan nilai alpha dengan standarnya (Ghozali, 2011:48), dengan ketentuan jika: 1. Apabila hasil koefisien Alpha lebih besar dari taraf signifikansi 70% atau 0,7 maka kuesioner tersebut reliabel. 2. Apabila hasil koefisien Alpha lebih kecil dari taraf signifikansi 70% atau 0,7 maka kuesioner tersebut tidak reliabel. Tabel 5.8 Uji Reliabilitas Variabel Cronbach s Status Alpha Gaya Kepemimpinan (X 1 ) 0,886 Reliabel Motivasi (X 2 ) 0,807 Reliabel Disiplin (X 3 ) 0,908 Reliabel Kinerja (Y) 0,916 Reliabel Sumber : Data output SPSS versi 22 (2015) Tabel 5.8 ini menunjukan bahwa nilai cronbach s alpha atas variabel gaya kepemimpinan sebesar 0,886, motivasi sebesar 0,807, disiplin sebesar 0,908 dan kinerja sebesar 0,916. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pertanyaan dalam kuesioner ini reliabel karena mempunyai nilai cronbach s alpha lebih besar atau sama dengan 0, Hasil Pengujian Asumsi Klasik Uji Multikolonieritas Uji Multikolinearitas bertujuan untuk menguji apakah model regresi ditemukan adanya korelasi antara variabel bebas (independen). Uji Multikolinearitas dilakukan dengan membandingkan nilai toleransi (tolerance value) dan nilai variance inflation factor (VIF) dengan nilai yang disyaratkan.

17 94 Nilai yang umum dipakai untuk menunjukkan adanya multikolonieritas adalah nilai toleransi 0,10 atau sama dengan nilai VIF 10 (Ghozali, 2013: 106). Variabel Tabel 5.9 Hasil Uji Multikolinieritas Collinearity Statistics Ketera Tolerance VIF ngan Ketera ngan Gaya Kepemimpinan (X1) 0,755 0,10 1, Motivasi (X2) 0,578 0,10 1, Disiplin (X3) 0,497 0,10 2, Sumber : Data output SPSS versi 22. Tabel 5.9 ini menunjukan bahwa dalam penelitian ini nilai toleransi seluruh variabel independen 0,10 dan nilai VIF variabel independen 10 sehingga dapat dikatakan bahwa tidak terjadi multikolonieritas di antara variabel independen Uji Heteroskedastisitas Uji heteroskedastisitas bertujuan untuk menguji apakah dalam model regresi terjadi ketidaksamaan varians dari residual satu pengamatan ke pengamatan yang lain. Model regresi yang baik adalah tidak terjadi heteroskedastisitas. Cara untuk mendeteksi ada atau tidaknya heteroskedastisitas yaitu dengan melihat grafik plot antara nilai prediksi variabel terikat (dependen) yaitu ZPRED dengan residualnya SRESID (Ghozali, 2013: 139).

18 95 Gambar 5.9 Hasil Uji Heterokedasitas Sumber : Data output SPSS versi 22 (2015) Dari gambar 5.9 diagram scatterplot menunjukan bahwa titik-titik tidak terbentuk pola tertentu yang teratur, titik-titik tersebar diatas dan dibawah angka 0 pada sumbu Y. Sehingga hal ini dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi heteroskedastisitas pada model regresi dalam penelitian ini Uji Normalitas Uji normalitas digunakan untuk menguji apakah dalam sebuah model regresi variabel independen dan dependen memiliki distribusi normal. Pengujian normalitas ini dilakukan dengan Normal Probability Plot (P-Plot). Distributor normal akan membentuk satu garis lurus diagonal dan ploting data residual akan dibandingkan dengan garis diagonal. Jika distribusi data residual normal, maka

19 96 garis yang menggambarkan data sesungguhnya akan mengikuti garis diagonalnya sehingga dapat dikatakan model regresi memenuhi asumsi normalitas (Ghozali, 2013: 163). Dari hasil uji normalitas menggunakan program SPSS 22.0 seperti yang terlihat pada grafik histogram di atas, secara penampakan visual residual standar regresi berdistribusi secara normal, karena disribusi residual mendekati distribusi normal teoritis (bentuk lonceng).

20 97 Gambar 5.10 Hasil Uji Normalitas Sumber : Data output SPSS versi 22 (2015) Dalam gambar 5.10 dapat disimpulkan bahwa pada grafik histrogram yang memberikan pola distribusi yang normal (tidak terjadi kemiringan), begitu pula pada grafik normal probability plot terlihat titik-titik menyebar di sekitar garis diagonal dan penyebarannya mengikuti arah garis diagonal. Kedua grafik di atas menunjukkan bahwa model regresi layak dipakai karena memenuhi asumsi normalitas Uji Linearitas Uji Linearitas digunakan untuk melihat apakah spesifikasi model yang digunakan sudah benar atau tidak dalam artian untuk memperoleh informasi apakah model empiris sebaiknya berbentuk linear, kuadrat, atau kubik.

21 98 Interprestasinya adalah lihat kolom Sig. pada baris Linearity di Table Anova, jika nilainya < 0,05, maka berarti bersifat linear sehingga dapat disimpulkan memenuhi syarat linearitas. Tabel 5.10 Hasil Uji Linieritas Tabel Anova F Sig Kinerja (Y) * Between (Combined) Gaya Groups Linearity Kepemimpinan Deviation from (X1) Linearity Kinerja (Y) * Motivasi (X2) Kinerja (Y) * Disiplin (X3) Between Groups Between Groups Linearity Sumber : Data output SPSS versi 22 (2015) (Combined) Linearity Deviation from Linearity (Combined) Linearity Deviation from Dari tabel 5.10 dapat dilihat pada kolom Sig. pada baris Linearity di Table Anova di atas terlihat semua nilainya < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan masing-masing antara variabel independen gaya kepemimpinan (X1), motivasi (X2), dan disiplin (X3) dengan variabel dependen kinerja karyawan (Y) telah memenuhi syarat linearitas Teknik Analisis Data Analisis Regresi Berganda Analisis regresi linear berganda digunakan untuk meramalkan bagaimana keadaan (naik turunnya) variabel dependen, bila dua atau lebih variabel independen sebagai faktor prediksi dimanipulasi (dinaik turunkan nilainya) (Sugiyono, 2010: 277).

22 99 Tabel 5.11 Hasil Analisis Regresi Berganda Model Unstandardized Standardized t Sig. Coefficients Coefficients B Std. Error Beta (Constant) Total_Gaya Kepemimpinan Total_Motivasi Total_Disiplin Sumber : Data output SPSS versi 22 (2015) Berdasarkan tabel 5.11 di atas maka dapat ditulis dari persamaan regresi berganda adalah sebagai berikut: Y = 1, ,146* X1 + 0,218*X2 + 0,354*X3 Dimana : Y = Kinerja Pegawai Konstanta = 1,082 Koefisien regresi = 0,146 ; 0,218 ; 0,354 X 1 X 2 X 3 = Gaya Kepemimpinan = Motivasi = Disiplin Dari persamaan tersebut dapat dijelaskan bahwa: 1. Konstanta bernilai positif sebesar 1,082 yang berarti jika variabel gaya kepemimpinan, motivasi, dan disiplin bernilai nol, kinerja karyawan masih positif walau masih rendah. 2. Koefisien regresi gaya kepemimpinan memberikan nilai sebesar 0,146 yang berarti bahwa jika gaya kepemimpinan semakin baik dengan asumsi variabel lain tetap maka kinerja karyawan akan mengalami peningkatan atau sebaliknya.

23 Koefisien regresi motivasi memberikan nilai sebesar 0,218 yang berarti bahwa jika motivasi kerja semakin tinggi dengan asumsi variabel lain tetap maka kinerja karyawan akan mengalami peningkatan atau sebaliknya. 4. Koefisien regresi disiplin memberikan nilai sebesar 0,354 yang berarti bahwa jika disiplin semakin kuat dengan asumsi variabel lain tetap maka kinerja karyawan akan mengalami peningkatan atau sebaliknya Uji F-Simultan Uji hipotesis secara simultan pada dasarnya menunjukkan apakah semua variabel independen (gaya kepemimpinan, motivasi dan disiplin) yang dimasukkan dalam model regresi yang mempunyai pengaruh secara bersamasama terhadap variabel dependen (kinerja karyawan). (Ghozali, 2013: 98). Uji F dilakukan dengan cara membandingkan antara F-hitung dengan F-tabel. Dalam penelitian ini diperoleh hasil uji anova (uji F) sebagai berikut: Hipotesis: Tabel 5.12 Hasil Uji F-Simultan ANOVA a Model Sum of Squares Df Mean Square F Sig. 1 Regression b Residual Total a. Dependent Variable: Kinerja (Y) b. Predictors: (Constant), Disiplin (X3), Gaya Kepemimpinan (X1), Motivasi (X2) Sumber : Data output SPSS versi 22. Ho: variabel-variabel independen secara bersama-sama tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen.

24 101 Ha : variabel-variabel independen secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Dasar Pengambilan Keputusan Jika probabilitasnya (nilai sig) > 0.05 atau F hitung < F tabel maka Ho tidak ditolak dan jika probabilitasnya (nilai sig) < 0.05 atau F hitung > F tabel maka Ho ditolak. Keputusan: Pada tabel 5.12 di atas nilai sig = < 0.05, sehingga Ho ditolak, yang berarti variabel-variabel independen secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Nilai F-tabel yang didapat dari perhitungan df1=4-1=3 dan df2=82-4=78, dengan taraf signifikansi 0,1 maka didapat F-tabel = 2,17. Dari tabel 5.10 uji anova didapat F-hitung = 29,305 sehingga F-tabel < F-hitung (2,17 < 29,305) yang berarti juga Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh signifikan secara bersama-sama (simultan) antara variabel gaya kepemimpinan (X1), motivasi (X2) dan disiplin (X3) terhadap variabel kinerja (Y) Uji t-parsial Uji t pada dasarnya menunjukan seberapa jauh pengaruh satu variabel bebas secara individual dalam menerangkan variasi variabel dependen yang diuji pada tingkat signifikasi 0,05 atau dengan membandingkan nilai t tabel (1,99085) dengan t hitung:

25 Jika t tabel t hitung +t tabel maka Ho diterima dan Ha ditolak 2. JIka t hitung < -tabel, atau t hitung > t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. (Ghozali, 2013: 99). Hipotesis: Tabel 5.13 Hasil Uji t-parsial Model t Sig. (Constant) Total_Gaya Kepemimpinan Total_Motivasi Total_Disiplin Sumber : Data output SPSS versi 22 (2015) Ho : variabel independen secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Ha : variabel independen secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Dasar Pengambilan Keputusan Jika probabilitasnya (nilai sig) > 0.05 atau - t tabel< t hitung< t tabel maka Ho tidak ditolak. Jika probabilitasnya (nilai sig) < 0.05 atau t hitung< - t tabel atau t hitung> t tabel maka Ho ditolak. Keputusan: 1. Pada tabel 5.13 di atas nilai sig variabel X1 = < 0.05 sehingga Ho ditolak, yang berarti variabel independen ini secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y. Makin tinggi X1, makin tinggi Y. Demikian juga sebaliknya. 2. Pada tabel 5.13 di atas nilai sig variabel X2 = < 0.05 sehingga Ho

26 103 ditolak, yang berarti variabel independen ini secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y. Makin tinggi X2, makin tinggi Y. Demikian juga sebaliknya. 3. Pada tabel 5.13 di atas nilai sig variabel X3 = < 0.05 sehingga Ho ditolak, yang berarti variabel independen ini secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y. Makin tinggi X3, makin tinggi Y. Demikian juga sebaliknya Koefisien Determinasi Koefisien Determinasi (R²) pada intinya mengukur seberapa jauh kemampuan model dalam menerangkan variasi variabel dependen. Nilai koefisien determinasi dapat dikatakan kuat apabila dalam menerangkan variasi variabel independen terhadap variabel dependen antara 0 (nol) dan 1 (satu) (Ghozali, 2013: 100). Tabel 5.14 Analisis Koefisien Determinasi Model Summary b Adjusted R Model R R Square Square Std. Error of the Estimate a a. Predictors: (Constant), Tot_Disiplin, Tot_GyPimpinan, Tot_Motivasi b. Dependent Variable: Total_Kinerja Sumber : Data output SPSS versi 22 (2015) Berdasarkan tabel 5.14 dapat dilihat bahwa nilai koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 0,530, hal ini berarti 53,0% variabel dependen kinerja pegawai dapat dikatakan semakin kuat oleh variabel independen gaya kepemimpinan, motivasi, dan disiplin karyawan. Sedangkan sisanya sebesar yaitu 0,47 atau 47,0% (1-

27 104 0,53) dijelaskan oleh sebab-sebab lain yang tidak disertakan dalam model penelitian ini Uji Korelasi Antar Dimensi Uji korelasi antar dimensi adalah uji yang dilakukan untuk melihat tingkat kuat lemahnya hubungan dua variabel atau dimensi yang ditunjukkan oleh nilai Pearson Correlation (R) dimana kesimpulan dari nilainya secara umum dibagi menjadi sbb: korelasi sangat lemah, korelasi moderat, korelasi kuat, korelasi sangat kuat Korelasi Antar Dimensi Variabel Gaya Kepemimpinan (X1) Terhadap Kinerja Karyawan (Y). Tabel 5.15 Hasil Uji Korelarasi Antar Dimensi Variabel X1 dan Y Variabel Kinerja Karyawan (Y) Dependen Variabel Independen Gaya Kepemimpinan (X1) Dimensi Y1 Y2 Y3 Y4 Y5 Sumber : Data output SPSS versi 22 (2015) X X X X X Dari tabel 5.15 dapat dilihat bahwa hasil uji korelasi antar dimensi dari variabel gaya kepemimpinan (X1) terhadap variabel kinerja karyawan (Y) didapatkan nilai yang terendah terdapat pada hubungan dimensi mudah bekerjasama (X1.3)

28 105 terhadap dimensi keterampilan berkomunikasi (Y5) yaitu sebesar yang berarti tingkat hubungan antar kedua dimensi ini dinilai sangat lemah dan nilai yang terbesar ada pada korelasi dimensi mudah bekerjasama (X1.3) terhadap dimensi kepuasan karyawan (Y3) yaitu sebesar yang berarti tingkat hubungan antar kedua dimensi tersebut dinilai kuat berdasarkan standar nilai Pearson Correlation (R) Korelasi Antar Dimensi Variabel Motivasi (X2) Terhadap Kinerja Karyawan (Y). Tabel 5.16 Hasil Uji Korelarasi Antar Dimensi Variabel X2 dan Y Variabel Kinerja Karyawan (Y) Dependen Variabel Independen Motivasi (X2) Dimensi Y1 Y2 Y3 Y4 Y5 Sumber : Data output SPSS versi 22 (2015) X X X X X Dari tabel 5.16 dapat dilihat bahwa hasil uji korelasi antar dimensi dari variabel motivasi (X2) terhadap variabel kinerja karyawan (Y) didapatkan nilai yang terendah ada pada hubunhan dimensi pengakuan/ penghargaan (X2.2) terhadap dimensi keputusan kompensasi (Y4) yaitu sebesar yang berarti tingkat hubungan antar kedua dimensi ini dinilai sangat lemah dan nilai yang terbesar ada pada korelasi dimensi pengembangan (X2.5) terhadap dimensi perbaikan kerja (Y1) yaitu sebesar yang berarti tingkat hubungan antar kedua dimensi tersebut dinilai kuat berdasarkan standar nilai Pearson Correlation (R).

29 Korelasi Antar Dimensi Variabel DisiplinTerhadap Kinerja Karyawan Tabel 5.17 Hasil Uji Korelarasi Antar Dimensi Variabel X3 dan Y Variabel Kinerja Karyawan (Y) Dependen Variabel Independen Disiplin (X3) Dimensi Y1 Y2 Y3 Y4 Y5 Sumber : Data output SPSS versi 22 (2015) X X X X Dari tabel 5.17 dapat dilihat bahwa hasil uji korelasi antar dimensi dari variabel disiplin (X3) terhadap variabel kinerja karyawan (Y) didapatkan nilai yang terendah ada pada hubungan dimensi tanggung-jawab kerja (X3.3) terhadap dimensi pengembangan karyawan (Y2) yaitu sebesar yang berarti tingkat hubungan antar kedua dimensi ini dinilai sangat lemah dan nilai yang terbesar ada pada hubugan dimensi tanggung-jawab kerja (X3.3) terhadap dimensi perbaikan kerja (Y1) yaitu sebesar yang berarti tingkat hubungan antar kedua dimensi tersebut dinilai kuat berdasarkan standar nilai Pearson Correlation (R). Gaya Kepemimpinan (X1) Motivasi (X2) Disiplin (X3) Tabel 5.18 Hasil Uji Korelarasi Antar Variabel Gaya Kepemimpinan Motivasi (X1) (X2) Disipli n (X3) Kinerja (Y) Pearson Correlation **.494 **.489 ** Sig. (2-tailed) N Pearson Correlation.345 ** **.592 ** Sig. (2-tailed) N Pearson Correlation.494 **.649 ** ** Sig. (2-tailed) N

30 107 Tabel 5.18 Hasil Uji Korelarasi Antar Variabel (lanjutan) Kinerja (Y) Pearson.489 **.592 **.679 ** 1 Correlation Sig. (2-tailed) N Sumber : Data output SPSS versi 22 (2015) 1. Hipotesis korelasi variabel X1 dan Y: Ho : Tidak ada korelasi yang nyata antara X1 dan Y. Ha : Ada korelasi yang nyata antara X1 dan Y. Dasar Pengambilan Keputusan Jika probalitasnya (nilai sig) > 0.05 maka Ho tidak ditolak. Jika probalitasnya (nilai sig) < 0.05 maka Ho ditolak. Keputusan: Pada tabel 5.18 di atas, nilai sig = < 0.05 Ho ditolak, yang berarti ada korelasi positif yang nyata antara X1 dan Y. Koefisen korelasi R = menunjukkan tingkat hubungan kedua variabel pada tingkat moderat untuk skala 0 1. Tanda **) pada nilai R menunjukkan bahwa korelasi tersebut nyata pada taraf nyata (level of signnificance) adalah Hipotesis korelasi variabel X2 dan Y: Ho : Tidak ada korelasi yang nyata antara X2 dan Y. Ha : Ada korelasi yang nyata antara X2 dan Y. Dasar Pengambilan Keputusan Jika probalitasnya (nilai sig) > 0.05 maka Ho tidak ditolak. Jika probalitasnya (nilai sig) < 0.05 maka Ho ditolak.

31 108 Keputusan: Pada tabel 5.18 di atas, nilai sig = < 0.05 Ho ditolak, yang berarti ada korelasi positif yang nyata antara X2 dan Y. Koefisen korelasi R = menunjukkan tingkat hubungan kedua variabel pada tingkat kuat untuk skala 0 1. Tanda **) pada nilai R menunjukkan bahwa korelasi tersebut nyata pada taraf nyata (level of signnificance) adalah Hipotesis korelasi variabel X3 dan Y: Ho: Tidak ada korelasi yang nyata antara X3 dan Y Ha: Ada korelasi yang nyata antara X3 dan Y Dasar Pengambilan Keputusan Jika probalitasnya (nilai sig) > 0.05 maka H0 tidak ditolak Jika probalitasnya (nilai sig) < 0.05 maka H0 ditolak Keputusan: Pada tabel 5.18 di atas, nilai sig = < 0.05 Ho ditolak, yang berarti ada korelasi positif yang nyata antara X3 dan Y. Koefisen korelasi R = menunjukkan tingkat hubungan kedua variabel pada tingkat kuat untuk skala 0 1. Tanda **) pada nilai R menunjukkan bahwa korelasi tersebut nyata pada taraf nyata (level of signnificance) adalah Pembahasan. Berdasarkan hasil pengujian secara statistik terlihat jelas bahwa dari hasil data 82 responden semua tidak ada yang missing, nilai meansnya mendekati 4 yang artinya dalam kategori setuju dan juga secara parsial (individu) semua variabel bebas (independen) berpengaruh terhadap variabel terikat (dependen).

32 109 Pengaruh yang diberikan ketiga variabel bebas tersebut bersifat positif artinya semakin tinggi gaya kepemimpinan, motivasi, dan disiplin kerja maka mengakibatkan semakin tinggi pula kinerja karyawan yang dihasilkan atau sebaliknya. Hasil tersebut sesuai dengan hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian ini juga sesuai dengan hasil penelitian sebelumnya. Penjelasan dari masingmasing pengaruh variabel dijelaskan sebagai berikut: Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Hasil pengujian hipotesis (H1) telah membuktikan terdapat pengaruh antara gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan. Melalui hasil perhitungan yang telah dilakukan diperoleh nilai t hitung sebesar 2,185 dengan taraf signifikansi hasil sebesar 0,032 tersebut lebih kecil dari 0,05 yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menerima Ha dan menolak Ho. Pengujian ini secara statistik membuktikan bahwa gaya kepemimpinan secara individu atau parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Artinya bahwa ada pengaruh antara variabel gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan di PT. Kiyokuni Indonesia dimana jika kepemimpinan terhadap karyawan tinggi dalam mengarahkan dan memimpin perusahaan maka kinerja karyawannya dalam menjalankan kewajiban dan tugasnya juga akan tinggi atau sebaliknya. Hasil ini didukung oleh Tampubolon (2007:3) yang menyatakan gaya kepemimpinan adalah perilaku dan strategi sebagai hasil kombinasi dari falsafah, keterampilan, sifat dan sikap yang sering diterapkan seorang pemimpin karena ia mencoba mempengaruhi kinerja bawahannya. Demikian juga Thoha (2007:23) yang menyatakan bahwa gaya kepemimpinan merupakan norma perilaku yang

33 110 dipergunakan oleh seseorang pemimpin pada saat mencoba mempengaruhi perilaku orang lain atau bawahan. Hal ini berarti gaya kepemimpinan mempengaruhi kinerja pegawai, sehingga pengaruh dari gaya kepemimpinan tersebut mempengaruhi dalam peningkatan kinerja pegawai. Hasil penelitian ini juga konsisten dengan penelitian Riyadi (2012), Prawira, et.al (2013), Susanty, et.al (2013), Permana (2013), Santoso (2013), Bagus(2014), Pratama (2014), Aris, et.al (2014), Frederick, et.al (2013), Jonathan, et.al (2013), Kaiman (2013) yang menyatakan gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan karena tingkat signifikan variabel gaya kepemimpinan lebih kecil dari 0, Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Hasil pengujian hipotesis (H2) telah membuktikan terdapat pengaruh antara motivasi terhadap kinerja karyawan. Melalui hasil perhitungan yang telah dilakukan diperoleh nilai t hitung sebesar 2,483 dengan taraf signifikansi hasil sebesar 0,015 tersebut lebih kecil dari 0,05 yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menerima Ha dan menolak Ho. Pengujian ini secara statistik membuktikan bahwa motivasi secara individu atau parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Artinya bahwa ada pengaruh antara variabel motivasi terhadap kinerja karyawan di PT. Kiyokuni Indonesia dimana jika kondisi motivasi karyawannya tinggi dalam menjalankan kewajiban dan tugasnya maka akan menghasilkan kinerja yang tinggi juga atau sebaliknya. Hasil penelitian ini sesuai dengan teori Veithzal Rivai yang menyatakan bahwa motivasi merupakan adalah serangkaian sikap dan nilai-nilai yang

34 111 mempengaruhi individu untuk mencapai hal yang spesifik sesuai dengan tujuan individu. Sikap dan nilai tersebut merupakan suatu yang invesible yang memberikan kekuatan untuk mendorong individu tersebut bertingkah laku dalam mencapai tujuan Hasil penelitian ini juga senada dengan penelitian Riyadi (2012), Prawira, et.al (2013), Permana (2013), Santoso (2013), Bagus(2014), Pratama (2014), Aris, et.al (2014), Frederick, et.al (2013) yang menyatakan bahwa motivasi memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja Pengaruh Disiplin Terhadap Kinerja Karyawan Hasil pengujian hipotesis (H3) telah membuktikan terdapat pengaruh antara disiplin kerja terhadap kinerja karyawan. Melalui hasil perhitungan yang telah dilakukan didapat nilai t hitung sebesar 3,799 dengan taraf signifikansi hitung sebesar 0,000 tersebut lebih kecil dari 0,05 yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menolak Ho dan menerima Ha, Pengujian ini secara statistik membuktikan bahwa secara individu atau parsial disiplin berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Artinya bahwa ada pengaruh antara variabel disiplin kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Kiyokuni Indonesia dimana jika kondisi disiplin karyawannya tinggi dalam menjalankan tugas dan kewajibannya maka akan menghasilkan kinerja yang tinggi juga atau sebaliknya. Hasil ini didukung oleh teori Setiyawan dan Waridin yang menyatakan disiplin adalah suatu bentuk ketaatan terhadap aturan, baik tertulis maupun tidak tertulis yang telah ditetapkan. Disiplin kerja pada dasarnya selalu diharapkan menjadi ciri setiap sumber daya manusia dalam organisasi, karena dengan

35 112 kedisplinan organisasi akan berjalan dengan baik dan bisa mencapai tujuannya dengan baik pula (Setiyawan dan Waridin, 2006:189). Hasil penelitian ini juga didukung oleh penelitian Prawira, et.al (2013), Susanty, et.al (2013), Permana (2013), Santoso (2013), Bagus (2014), Pratama (2014), Aris, et.al (2014) yang menyatakan disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi, dan Disiplin Secara Simultan Terhadap Kinerja Karyawan Hasil pengujian hipotesis (H4) telah membuktikan terdapat pengaruh antara variabel bebas (gaya kepemimpinan, motivasi, dan disiplin) secara simultan terhadap variabel terikat (kinerja karyawan) yang disyaratkan dari nilai koefisien korelasi berganda (R) sebesar 0,728. Koefisien determinasi berganda (R 2 ) variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 0,530 (antara nol dan satu) yang berarti sebesar 53,0% variasi yang terjadi pada variabel kinerja karyawan dapat diprediksi oleh ketiga variabel bebas (ada hubungan yang kuat). Pengujian ini secara statistik membuktikan bahwa gaya kepemimpinan, motivasi, dan disiplin secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Artinya ada pengaruh antara variabel bebas (gaya kepemimpinan, motivasi, dan disiplin) terhadap variabel terikat (kinerja karyawan) di PT. Kiyokuni Indonesia. Hasil penelitian ini juga didukung oleh penelitian Prawira, et.al (2013), Pratama (2014), dan Aris, et.al (2014). yang menyatakan gaya kepemimpinan, motivasi, dan disiplin secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.

BAB IV ANALISIS HASIL PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL PEMBAHASAN 4.1 Analisis Profil Responden 4.1.1 Statistik Deskriptif Statistik deskriptif digunakan untuk melihat gambaran secara umum data yang telah dikumpulkan dalam penelitian

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Statistik Deskriptif Berdasarkan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 85 nasabah, yang akan disajikan gambaran karakteristik dari nasabah

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Gambaran Umum Responden Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa responden yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pada Universitas

Lebih terperinci

BAB IV PENGUJIAN. Uji validitas adalah suatu ukuran yang menunjukkan tingkat tingkat kevalidan atau

BAB IV PENGUJIAN. Uji validitas adalah suatu ukuran yang menunjukkan tingkat tingkat kevalidan atau BAB IV PENGUJIAN 4.3 Uji Validitas dan Reliabilitas 4.3. Uji Validitas Uji validitas adalah suatu ukuran yang menunjukkan tingkat tingkat kevalidan atau kesahihan sesuatu instrumen. Uji validitas digunakan

Lebih terperinci

BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Pengujian hipotesis pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Tujuan analisis penelitian ini adalah menjawab

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN. A. Penyajian Statistik Deskripsi Hasil Penelitian. kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, baik mengenai

BAB IV HASIL PENELITIAN. A. Penyajian Statistik Deskripsi Hasil Penelitian. kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, baik mengenai 61 BAB IV HASIL PENELITIAN A. Penyajian Statistik Deskripsi Hasil Penelitian Statistik deskriptif ini digunakan sebagai dasar untuk menguraikan kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel,

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. melalui kuesioner. Kuesioner yang disebar sebanyak 34 kuesioner, pekerjaan, dan tingkat pendidika terakhir.

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. melalui kuesioner. Kuesioner yang disebar sebanyak 34 kuesioner, pekerjaan, dan tingkat pendidika terakhir. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Karakteristik Responden Analisis karakteristik dalam penelitian ini digunakan untuk melihat gambaran secara umum karakteristik data responden yang telah dikumpulkan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. Novotel Jakarta Mangga Dua Square, hotel bintang 4 yang didirikan pada

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. Novotel Jakarta Mangga Dua Square, hotel bintang 4 yang didirikan pada 38 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. Gambaran Umum Perusahaan Novotel Jakarta Mangga Dua Square, hotel bintang 4 yang didirikan pada tahun 2005. Perusahaan ini merayakan ulang tahun setiap tanggal 8 Agustus.

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN 37 BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN Penelitian ini bertujuan untuk meneliti adanya pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan PT PLN (Persero) pada Perumahan Pondok Bahar

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN. berada di meruya selatan. dengan total 100 kuesioner yang diantarkan langsung

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN. berada di meruya selatan. dengan total 100 kuesioner yang diantarkan langsung BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Deskripsi Responden Berdasarkan kuesioner yang telah disebar kepada konsumen Warteg yang berada di meruya selatan. dengan total 100 kuesioner yang diantarkan langsung

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Demografi Responden Dalam Bab ini penulis akan membahas mengenai hasil penelitian dan analisisnya yang telah dilakukan. Data penelitian ini diolah dengan

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Hasil Setelah melalui beberapa tahap kegiatan penelitian, dalam bab IV ini diuraikan analisis hasil penelitian dan pembahasan hasil penelitian. Analisis

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL PEMBAHASAN. Berikut ini diringkas pengiriman dan penerimaan kuesioner : Tabel 4.1. Rincian pengiriman Pengembalian Kuesioner

BAB IV ANALISIS HASIL PEMBAHASAN. Berikut ini diringkas pengiriman dan penerimaan kuesioner : Tabel 4.1. Rincian pengiriman Pengembalian Kuesioner BAB IV ANALISIS HASIL PEMBAHASAN 4.1 Deskripsi Responden Berdasarkan data yang telah disebar kepada pelanggan Alfamart dengan total 100 kuesioner yang diberikan langsung kepada para pelanggan Alfamart.

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL PENELITIAN

BAB IV ANALISIS HASIL PENELITIAN 60 BAB IV ANALISIS HASIL PENELITIAN 4.1 Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Untuk menguji validitas dan realiabilitas instrumen, penulis menggunakan analisis dengan SPSS. Berikut hasil pengujian validitas.

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN 31 BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Statistik Deskriptif Statistik deskriptif ini digunakan untuk memberikan gambaran mengenai demografi responden penelitian. Data demografi tersebut antara lain

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Hasil Penelitian 1. Pelaksanaan Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris apakah masing-masing unsur motivasi yang meliputi: motivasi

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. Gambaran Umum Objek Penelitian 1. Tempat dan Waktu Penelitian 1. Tempat Penelitian Penelitian akan dilaksanakan di beberapa UMKM wilayah Jakarta Barat. Agar penelitian ini

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. penelitian yang terdiri dari variabel terikat (dependen) yaitu tingkat

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. penelitian yang terdiri dari variabel terikat (dependen) yaitu tingkat BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Statistik Deskriptif Statistik deskriptif memberikan gambaran atau deskripsi suatu data yang dilihat dari nilai rata rata (Mean), standar deviasi, maksimum, minimum,

Lebih terperinci

BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN. yang didirikan pada tahun 1999 dengan kantor yang berlokasi di The East

BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN. yang didirikan pada tahun 1999 dengan kantor yang berlokasi di The East BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN A. Gambaran Umum dan Objek Penelitian. PT Mitracomm Ekasarana adalah anak perusahaan dari Phintraco Group yang didirikan pada tahun 1999 dengan kantor yang berlokasi

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN Analisis pada bab ini dilakukan dari hasil kuisioner yang telah dikumpulkan. Responden dalam penelitian ini adalah pelanggan yang memiliki hubungan kerja dalam pemanfaatan

Lebih terperinci

BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. 5.1 Karakteristik Responden Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk melihat kuat pengaruh

BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. 5.1 Karakteristik Responden Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk melihat kuat pengaruh BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 5.1 Karakteristik Responden Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk melihat kuat pengaruh MSDM, motivasi terhadap kinerja Karyawan dengan melakukan penyebaran

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. responden, kualitas website, kepuasan pelanggan, uji validitas dan reliabilitas, uji

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. responden, kualitas website, kepuasan pelanggan, uji validitas dan reliabilitas, uji BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN Pada bab ini akan membahas mengenai hasil dan pembahasan dari analisis yang telah dilakukan. Hasil dan pembahasan ini terdiri dari gambaran umum responden, kualitas website,

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN. dari karyawan koperasi pondok pesantren Az-Zahra Pedurungan Semarang

BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN. dari karyawan koperasi pondok pesantren Az-Zahra Pedurungan Semarang BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN 4.1 Karakteristik Responden Sebelum dilakukan analisis, terlebih dahulu penulis akan menjelaskan mengenai data-data responden yang digunakan sebagai sampel yang diambil

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN A. Deskripsi Data 1. Deskripsi Responden Penelitian Responden dari penelitian ini adalah nasabah KOPENA Pekalongan. Pada bagian ini dijelaskan mengenai identitas reponden

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. Gambar Umum Objek Penelitian 1. Tempat dan Waktu Penelitian Proses peneliti ini di perkirakan membutuhkan waktu november sampai dengan juni 2016. Penelitian ini dilaksanakan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL dan PEMBAHASAN. buah. Dari 105 kuesioner yang dikirimkan kepada seluruh

BAB IV HASIL dan PEMBAHASAN. buah. Dari 105 kuesioner yang dikirimkan kepada seluruh BAB IV HASIL dan PEMBAHASAN 4.1. Gambaran Umum Obyek Penelitian Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner. Responden dalam penelitian

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. Gambaran Umum Grogol Petamburan Jakarta Barat merupakan salah satu kecamatan di wilayah Jakarta Barat, wilayah ini tidak hanya digunakan sebagai kawasan tempat tinggal namun

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. yang telah dilakukan. Hasil dan pembahasan ini terdiri dari kualitas website, uji

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. yang telah dilakukan. Hasil dan pembahasan ini terdiri dari kualitas website, uji BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN Pada bab ini akan membahas mengenai hasil dan pembahasan dari analisis yang telah dilakukan. Hasil dan pembahasan ini terdiri dari kualitas website, uji validitas dan reliabilitas,

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN

BAB IV HASIL PENELITIAN BAB IV HASIL PENELITIAN A. Penyajian Statistik Deskripsi Hasil Penelitian Statistik deskriptif ini digunakan sebagai dasar untuk menguraikan kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, baik

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN. dan karyawan di bagian akuntansi dan keuangan pada 5 (lima) Perusahaan

BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN. dan karyawan di bagian akuntansi dan keuangan pada 5 (lima) Perusahaan BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN A. Deskriptif Data Umum Responden dalam penelitian ini adalah Satuan Pengawas Internal (SPI) dan karyawan di bagian akuntansi dan keuangan pada 5 (lima) Perusahaan Badan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. nama awalnya Perum Pelabuhan Jakarta Cengkareng berdiri sejak tahun 1984.

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. nama awalnya Perum Pelabuhan Jakarta Cengkareng berdiri sejak tahun 1984. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. Gambaran Umum Objek Penelitian PT. Angkasa Pura II (Persero) adalah perusahaan BUMN yang bergerak di bidang jasa pengelolaan kebandarudaraan. PT. Angkasa Pura II (Persero)

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. berkembang dari tahun ke tahun, dan pada tahun 2004 PT. Bank Danamon

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. berkembang dari tahun ke tahun, dan pada tahun 2004 PT. Bank Danamon BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. Gambaran Umum Objek Penelitian 1. Sejarah Singkat Perusahaan PT. Adira Finance tbk. Berdiri pada bulan Maret 1990, yang beralamat di Graha Adira Menteng Jakarta Selatan.

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Hasil 1. Statistik Deskriptif a. Analisis Deskriptif Statistik Statistik deskriptif digunakan untuk melihat gambaran secara umum data yang telah dikumpulkan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN

BAB IV HASIL PENELITIAN BAB IV HASIL PENELITIAN A. Deskripsi Data Penelitian dengan judul Pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi belajar siswa Mata Pelajaran Korespondensi kelas X Administrasi

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK DI DESA PROTO KEDUNGWUNI PEKALONGAN

BAB IV ANALISIS PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK DI DESA PROTO KEDUNGWUNI PEKALONGAN BAB IV ANALISIS PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK DI DESA PROTO KEDUNGWUNI PEKALONGAN A. Analisis Uji Validitas dan Reliabilitas Pembahasan pada bab ini merupakan hasil

Lebih terperinci

BAB 4 ANALISIS DAN BAHASAN. Untuk memperoleh data dalam pengujian ini, penulis telah membagikan

BAB 4 ANALISIS DAN BAHASAN. Untuk memperoleh data dalam pengujian ini, penulis telah membagikan BAB 4 ANALISIS DAN BAHASAN 4.1 Profil Responden Untuk memperoleh data dalam pengujian ini, penulis telah membagikan kuesioner kepada 60 responden. Jumlah responden tersebut dihasilkan dari rumus perhitungan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. Textile dan Otomotif yang terdaftar di BEI periode tahun

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. Textile dan Otomotif yang terdaftar di BEI periode tahun BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Hasil Analisa Penelitian ini menggunakan data skunder berupa laporan keuangan audit yang diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu www.idx.co.id.

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. Lazada Indonesia merupakan top online retailer di Indonesia. Perusahaan

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. Lazada Indonesia merupakan top online retailer di Indonesia. Perusahaan BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. Gambar umum Lazada Indonesia Lazada Indonesia merupakan top online retailer di Indonesia. Perusahaan ini memberikan kesempatan kepada konsumen untuk membeli segala jenis

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL PENELITIAN

BAB IV ANALISIS HASIL PENELITIAN 84 4.1. Analisis Kuantitatif BAB IV ANALISIS HASIL PENELITIAN 4.1.1 Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Untuk menguji validitas dan realiabilitas instrumen, penulis menggunakan analisis dengan SPSS.

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. website, uji validitas dan reabilitas, uji asumsi, analisis regresi linear berganda.

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. website, uji validitas dan reabilitas, uji asumsi, analisis regresi linear berganda. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN Pada bab ini akan membahas mengenai hasil dari analisis yang dilakukan. Hasil dan pembahasan ini terdiri dari gambaran umum responden, kualitas website, uji validitas dan reabilitas,

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN Pada bab ini, penulis melakukan analisis secara keseluruhan mengenai pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT Sincere Music Yamaha Jakarta,

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN A. Analisis Statistik Deskriptif Responden Penelitian ini melibatkan para pemakai sistem informasi akuntansi (SIA) pada sakter Direktorat Bandar Udara Kementerian Perhubungan

Lebih terperinci

BAB 4 ANALISIS DAN BAHASAN Hasil Jawaban Responden Atas Variabel Kepatuhan Wajib Pajak. kerelaan nilai dalam membayar pajak sebagai berikut :

BAB 4 ANALISIS DAN BAHASAN Hasil Jawaban Responden Atas Variabel Kepatuhan Wajib Pajak. kerelaan nilai dalam membayar pajak sebagai berikut : BAB 4 ANALISIS DAN BAHASAN 4.1 Hasil Jawaban Responden 4.1.1 Hasil Jawaban Responden Atas Variabel Kepatuhan Wajib Pajak Variabel kepatuhan wajib pajak memiliki tiga buah indikator yang dijelaskan terdiri

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. Elektronik CASIO yang di dirikan sejak tahun Memiliki 125

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. Elektronik CASIO yang di dirikan sejak tahun Memiliki 125 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN 1. Sejarah PT. MITRA USAHA CEMERLANG PT. MITRA USAHA CEMERLANG adalah perusahaan yang bergerak dibidang Distributor Elektronik CASIO yang di dirikan

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. ANALISIS HASIL 1. Hasil Sampling Responden dalam hasil penelitian ini adalah wajib pajak badan yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Kembangan

Lebih terperinci

BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 5.1 Gambaran Umum Lokasi Penelitian Jumlah responden yang diambil sebagai sampel penelitian adalah sebanyak 98 responden. Penelitian dilakukan pada pelanggan PT. Optima

Lebih terperinci

Jumlah Responden Berdasarkan Jenis Kelamin

Jumlah Responden Berdasarkan Jenis Kelamin BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Analisis Deskriptif 1. Deskriptif Responden Berikut ini dijelaskan gambaran responden penelitian a. Identifikasi Responden Berdasarkan Jenis Kelamin Berdasarkan

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI DAN ANALISIS DATA

BAB IV DESKRIPSI DAN ANALISIS DATA BAB IV DESKRIPSI DAN ANALISIS DATA A. Deskripsi Data Data penelitian ini diperoleh dari siswa kelas V SD Islam Al Madina Semarang tahun pelajaran 2015/2016 sebagai subyek penelitian dan merupakan populasi

Lebih terperinci

Pengaruh Media Iklan, Kepercayaan, Kesesuaian Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Zalora

Pengaruh Media Iklan, Kepercayaan, Kesesuaian Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Zalora Pengaruh Media Iklan, Kepercayaan, Kesesuaian Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Zalora Nama : Alfianta Sah Putra NPM : 10212615 Jurusan : Manajemen (S1) Pembimbing :

Lebih terperinci

ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN TEMPAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RESTORAN RICHEESE FACTORY CABANG DEPOK KELAPA DUA

ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN TEMPAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RESTORAN RICHEESE FACTORY CABANG DEPOK KELAPA DUA ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN TEMPAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RESTORAN RICHEESE FACTORY CABANG DEPOK KELAPA DUA Nama : Azura Geby Ryanti NPM : 11212325 Dosen Pembimbing : Dr. Ambo Sakka,SE.,

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN

BAB IV HASIL PENELITIAN 143 BAB IV HASIL PENELITIAN Pada bab ini diuraikan tentang: a) deskripsi data; b) uji prasyarat analisis; dan c) pengujian hipotesis penelitian. A. Deskripsi Data Penyajian statistik deskripsi hasil penelitian

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. 1. Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kebon Jeruk Satu. mengoptimalkan penerimaan pajak.

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. 1. Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kebon Jeruk Satu. mengoptimalkan penerimaan pajak. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. Gambaran Umum Objek Penelitian 1. Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kebon Jeruk Satu Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kebon Jeruk Satu merupakan salah satu kantor

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh Wajib Pajak Orang Pribadi

BAB IV HASIL PENELITIAN. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh Wajib Pajak Orang Pribadi BAB IV HASIL PENELITIAN 4. Gambaran Umum Responden Responden dalam penelitian ini adalah seluruh Wajib Pajak Orang Pribadi Universitas Dian Nuswantoro yang tahu mengenai penggunaan e-filing dan yang sedang

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 110 responden yang berada di

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 110 responden yang berada di BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. Gambaran umum responden Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 110 responden yang berada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana Kampus Meruya Jakarta,

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN ANALISIS PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN ANALISIS PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN ANALISIS PEMBAHASAN A. Gambaran Umum Objek Penelitian Sarinah adalah pusat perbelanjaan setinggi 74 meter dan 15 lantai yang terletak di Menteng, Jakarta.Gedung ini mulai dibangun pada

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN. Cabang Pekalongan yang berjumlah nasabah. Dengan

BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN. Cabang Pekalongan yang berjumlah nasabah. Dengan BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN A. Deskripsi Data 1. Deskripsi Responden Penelitian Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang pengaruh pelayanan, produk, promosi dan lokasi terhadap kepuasan nasabah.

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Penyajian dan Analisis Data Pada penelitian ini, penulis melakukan survei di KPP Pratama Cempaka Putih, dan penulis memperoleh data pertumbuhan jumlah Wajib Pajak

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. 4.1 Analisis Karakteristik Berdasarkan Responden

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. 4.1 Analisis Karakteristik Berdasarkan Responden BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Analisis Karakteristik Berdasarkan Responden Penulis telah melakukan penelitian mengenai pengaruh motivasi dan kepuasan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan di Casa

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN. pola asuh orang tua, motivasi belajar dan prestasi belajar IPS. 1. Pola asuh orang tua

BAB IV HASIL PENELITIAN. pola asuh orang tua, motivasi belajar dan prestasi belajar IPS. 1. Pola asuh orang tua BAB IV HASIL PENELITIAN A. Deskripsi Data Statistik deskriptif ini digunakan sebagai dasar untuk menguraikan kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, baik mengenai pola asuh orang tua,

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. pengujian yang telah dilakukan yaitu terdiri dari analisis deskriptif, dan beberapa

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. pengujian yang telah dilakukan yaitu terdiri dari analisis deskriptif, dan beberapa 28 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN Pada bab ini akan dijelaskan mengenai hasil dan pembahasan dari hasil pengujian yang telah dilakukan yaitu terdiri dari analisis deskriptif, dan beberapa hasil pegujian terhadap

Lebih terperinci

BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN A. Statistik Deskriptif. Statistik deskriptif adalah ilmu statistik yang mempelajari cara-cara pengumpulan, penyusunan dan penyajian data suatu penilaian. Tujuannya adalah

Lebih terperinci

BAB IV ANALISA HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISA HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISA HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Data 1. Analisa Statistik Deskriptif Statistik deskriftif menggambarkan tentang ringkasan data-data penelitian seperti minimum, maksimum, mean, dan standar

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN. Dalam penelitian ini data yang dianaisis adalah Fasilitas belajar (X 1 ),

BAB IV HASIL PENELITIAN. Dalam penelitian ini data yang dianaisis adalah Fasilitas belajar (X 1 ), BAB IV HASIL PENELITIAN Dalam penelitian ini data yang dianaisis adalah Fasilitas belajar (X 1 ), disiplin belajar (X 2 ) dan Hasil belajar Pengukuran Dasar Survey.(Y). berdasarkan pengelohan data, maka

Lebih terperinci

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN ALAM WISATA RESTO. Ahmad Mustakim

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN ALAM WISATA RESTO. Ahmad Mustakim PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN ALAM WISATA RESTO Ahmad Mustakim 10213444 PENDAHULUAN LATAR BELAKANG MASALAH Seorang pemimpin juga merupakan merupakan salah satu cara

Lebih terperinci

Pembahasan. 4.1 Uji Validitas

Pembahasan. 4.1 Uji Validitas BAB IV HASIL PENELITIAN Dalam bab ini peneliti akan menguraikan dan menganalisis data dari hasil penelitian yang dilakukan tentang Efektivitas Kegiatan Sarasehan di Radio Sky 90,50 FM Bandung terhadap

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Karakteristik Responden Berdasarkan penyebaran data kepada auditor di Kantor Akuntan Publik yang berada di Jakarta Barat jumlah kuesioner yang disebar sebanyak 80

Lebih terperinci

BAB V HASIL DAN ANALISIS

BAB V HASIL DAN ANALISIS BAB V HASIL DAN ANALISIS 5.1 Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Pernyataan-pernyataan yang terkandung dalam kuesioner untuk variabel Motivasi (X 1 ), Pelatihan (X 2 ), Kompensasi (X 3 ) dan Kinerja

Lebih terperinci

BAB IV PEMBAHASAN. Provinsi dan tercatat kedalam Rumah Sakit Tipe D. RS ini telah terdaftar

BAB IV PEMBAHASAN. Provinsi dan tercatat kedalam Rumah Sakit Tipe D. RS ini telah terdaftar BAB IV PEMBAHASAN A. Gambaran Obyek Penelitian Rumah Sakit Umum Kecamatan Kalideres yakni satu dari sekian RS milik Pemprop Jakarta Barat yang berwujud RSU, dinaungi oleh Pemerintah Provinsi dan tercatat

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN. Mei 2016 terhadap siswa pada mata pelajaran Akidah akhlak di MTsN Kunir

BAB IV HASIL PENELITIAN. Mei 2016 terhadap siswa pada mata pelajaran Akidah akhlak di MTsN Kunir 133 BAB IV HASIL PENELITIAN Pada bab ini diuraikan tentang: a) Deskripsi Data; b) Uji Persyratan Analisis; c) Pengujian Hipotesis Penelitian. A. Deskripsi Data Penelitian ini dilakukan pada tanggal 01

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. Perusahaan didirikan pada tanggal 20 Maret 1958 di Jakarta. Ruang lingkup

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. Perusahaan didirikan pada tanggal 20 Maret 1958 di Jakarta. Ruang lingkup BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Gambaran Umum Objek Penelitian PT Maskapai Asuransi Raya (selanjutnya disebut PT Asuransi Raya atau Perusahaan didirikan pada tanggal 20 Maret 1958 di Jakarta.

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL PENELITIAN

BAB 4 HASIL PENELITIAN BAB 4 HASIL PENELITIAN 4.1 Penyajian Data Penelitian 4.1.1 Analisis Karakteristik Responden Responden yang diteliti dalam penelitian ini adalah konsumen pengguna PT. Mega Auto Finance cabang Kedoya. Penjelasan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN. kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, baik mengenai

BAB IV HASIL PENELITIAN. kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, baik mengenai BAB IV HASIL PENELITIAN A. Deskripsi Data Statistik deskriptif ini digunakan sebagai dasar untuk menguraikan kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, baik mengenai kinerja guru, motivasi

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN. adalah Seluruh Karyawan pada PT. Aditama Graha Lestari. hubungan yang bersifat sebab akibat dimana variabel independen

BAB III METODE PENELITIAN. adalah Seluruh Karyawan pada PT. Aditama Graha Lestari. hubungan yang bersifat sebab akibat dimana variabel independen 47 BAB III METODE PENELITIAN A. Waktu dan Tempat Penelitian Penelitian ini dilakukan pada perusahaan PT. Aditma Graha Lestari yang beralamat di Komplek Ruko Puri Kembangan Indah No. 168 D, Kembangan Selatan,

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN A. Analisis Statistik Deskriptif Untuk memberikan gambaran dan informasi mengenai data variabel dalam penelitian ini maka digunakanlah tabel statistik deskriptif. Tabel

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Waktu dan Tempat Penelitian Adapun lokasi perusahaan tempat penulis dalam memperoleh data-data yang dibutuhkan dan dalam proses penelitian yaitu: Nama Perusahaan Alamat Perusahaan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. instrumen yang telah valid dan reliabel yaitu instrumen supervisi akademik

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. instrumen yang telah valid dan reliabel yaitu instrumen supervisi akademik BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 4.1. Hasil Penelitian Hasil penelitian berupa data jawaban 70 orang responden terhadap tiga instrumen yang telah valid dan reliabel yaitu instrumen supervisi akademik

Lebih terperinci

BAB V HASIL PENELITIAN. disebarkan ke seluruh sampel. Jumlah kuesioner yang kembali sebanyak 45

BAB V HASIL PENELITIAN. disebarkan ke seluruh sampel. Jumlah kuesioner yang kembali sebanyak 45 BAB V HASIL PENELITIAN 5.1 Responden Penelitian Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 48 orang dan kuesioner disebarkan ke seluruh sampel. Jumlah kuesioner yang kembali sebanyak 45 kuesioner (respon

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN 46 A. Statistik Deskriptif BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN Statistik deskriptif menggambarkan tentang ringkasan data-data penelitian seperti nilai minimum, maksimum, mean, dan standard deviasi dari masing-masing

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN

BAB IV HASIL PENELITIAN BAB IV HASIL PENELITIAN 4.1 DESKRIPSI TEMPAT PENELITIAN Pusat Pengembangan Anak (PPA) adalah suatu bentuk kemitraan antara Yayasan Compassion Indonesia (YCI) yang berkantor Negara di Bandung untuk Indonesia,

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN. A. Deskripsi Data Penelitian ini dilakukan terhadap siswa di MAN se Kabupaten Blitar

BAB IV HASIL PENELITIAN. A. Deskripsi Data Penelitian ini dilakukan terhadap siswa di MAN se Kabupaten Blitar BAB IV HASIL PENELITIAN A. Deskripsi Data Penelitian ini dilakukan terhadap siswa di MAN se Kabupaten Blitar yang berjumlah 92 responden, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keterampilan dasar mengajar

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN 34 BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Statistik Deskriptif Statistik deskriptif berkaitan dengan pengumpulan dan peringkat data yang menggambarkan karakteristik sampel yang digunakan dalam

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN. kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, tentang budaya. religius dan pembentukan karakter peserta didik.

BAB IV HASIL PENELITIAN. kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, tentang budaya. religius dan pembentukan karakter peserta didik. 101 BAB IV HASIL PENELITIAN A. Deskripsi Data Statistik deskriptif ini digunakan sebagai dasar untuk menguraikan kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, tentang budaya religius dan pembentukan

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN HASIL

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN HASIL BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN HASIL Dalam bab ini akan disajikan gambaran umum penelitian, hasil uji validitas dan reliabilitas, statistik deskriptif tiap variabel, uji asumsi klasik, pengujian hipotesis

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN

BAB IV HASIL PENELITIAN BAB IV HASIL PENELITIAN A. Deskripsi Data Statistik deskriptif ini digunakan sebagai dasar untuk menguraikan kecenderungan jawaban responden dari tiap-tiap variabel, baik mengenai kompetensi profesional

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Hasil Penelitian 1. Uji Validitas dan Reliabilitas a. Uji Validitas Untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen, penulis menggunakan analisis SPSS. Uji

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN A. Analisis Data 1. Statistik Deskriptif Statistik deskriptif pada penelitian ini akan menggambarkan data penelitian tentang FDR, ROE,dan NOM. Sampel penelitian sebanyak

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN Pengelompokan Responden Berdasarkan Usia. Salam Sari dapat dilihat pada tabel 3.1 adalah sebagai berikut :

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN Pengelompokan Responden Berdasarkan Usia. Salam Sari dapat dilihat pada tabel 3.1 adalah sebagai berikut : BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN 4.1 Data Responden 4.1.1 Pengelompokan Responden Berdasarkan Usia Adapun data berdasarkan usia responden karyawan Toko Buku Salam Sari dapat dilihat pada tabel 3.1 adalah

Lebih terperinci

BAB IV ANALISA HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISA HASIL DAN PEMBAHASAN 58 BAB IV ANALISA HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Hasil 1. Statistik Deskriptif a. Analisis Deskriptif Statistik Deskriptif digunakan untuk melihat gambaran secara umum data yang telah dikumpulkan dalam

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN

BAB IV HASIL PENELITIAN 110 BAB IV HASIL PENELITIAN Pada bab ini diuraikan tentang: a) deskripsi data; b) uji prasyarat; dan c) pengujian hipotesis penelitian. A. Deskripsi Data Penelitian ini berjudul Pengaruh Profesionalisme

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Karakteristik Responden Dari 12 KPP Pratama yang ada di wilayah Jakarta Selatan, hanya 4 KPP yang bersedia untuk mengisi kuesioner. Data kuesioner yang berhasil

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN. A. Deskrispsi Data

BAB IV HASIL PENELITIAN. A. Deskrispsi Data BAB IV HASIL PENELITIAN A. Deskrispsi Data Penelitian yang berjudul Pengaruh Persepsi Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Sukoharjo

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. menjadi sampel dalam penelitian mengenai pengaruh harga, kualitas produk, citra merek

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. menjadi sampel dalam penelitian mengenai pengaruh harga, kualitas produk, citra merek BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 4.1 Hasil Penelitian 4.1.1 Deskripsi Objek Penelitian Deskripsi responden disini akan menganalisa identitas para konsumen yang menjadi sampel dalam penelitian mengenai

Lebih terperinci

BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN A. Deskripsi Data Hasil Penelitian 1. Deskripsi Lokasi Penelitian Penelitian merupakan suatu penyelidikan yang sistematis untuk meningkatkan sejumlah pengetahuan, juga merupakan

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL PENELITIAN. Dalam bab ini akan diuraikan hal-hal yang berkaitan dengan data-data

BAB IV ANALISIS HASIL PENELITIAN. Dalam bab ini akan diuraikan hal-hal yang berkaitan dengan data-data BAB IV ANALISIS HASIL PENELITIAN Dalam bab ini akan diuraikan hal-hal yang berkaitan dengan data-data yang berhasil dikumpulkan, hasil pengolahan data dan pembahasan dari hasil pengolahan tersebut. Berdasarkan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. yang terdaftar dalam LQ-45 di Bursa Efek Indonesia periode

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. yang terdaftar dalam LQ-45 di Bursa Efek Indonesia periode BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. Gambaran Umum Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah perusahaan yang terdaftar dalam LQ-45 di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015. Teknik yang digunakan

Lebih terperinci

Data Deskriptif Keterangan Jumlah %

Data Deskriptif Keterangan Jumlah % BAB 4 ANALISIS DAN BAHASAN 4.1 Gambaran Umum Responden Gambaran umum responden dapat dilihat melalui profil responden. Profil responden pada penelitian ini meliputi kepemilikan NPWP, jenis kelamin, usia,

Lebih terperinci

BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN. syarat, jika harga koefisien rhitung 0,300 (Riduwan, 2005:109;

BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN. syarat, jika harga koefisien rhitung 0,300 (Riduwan, 2005:109; BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN 4.1 Uji Validitas dan Realiabilitas Hasil uji coba instrumen dilakukan pada 25 responden. Suatu instrument/angket atau bahan test dinyatakan valid atau dianggap memenuhi syarat,

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner

BAB IV HASIL PENELITIAN. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner BAB IV HASIL PENELITIAN A. Gambaran Umum Responden Pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner penelitian kepada mahasiswa STIQ (Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur an) yang ada diruangan

Lebih terperinci

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA BELANJA ONLINE ELEVENIA STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA BELANJA ONLINE ELEVENIA STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA BELANJA ONLINE ELEVENIA STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA Nama : Fusi Windi Haqima Npm : 13213604 Kelas : 3EA29

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DATA

BAB IV ANALISIS DATA 75 BAB IV ANALISIS DATA A. Analisis Kuantitatif Berikut ini akan dijelaskan mengenai analisis kuantitatif terkait dengan tema dalam penelitian ini yaitu pengaruh kualitas layanan ATM Banking terhadap kepuasan

Lebih terperinci