RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Save this PDF as:
Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN"

Transkripsi

1 1. Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan Menanggapi penjelasan nara sumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan dll). 1. Mencatat pokok-pokok pembicaraan nara sumber. 2. Menanggapi penjelasan nara sumber. 3. Menceritakan kembali penjelasan nara sumber. 4. Menuliskan kembali penjelasan nara sumber Mencatat pokok-pokok pembicaraan nara sumber Menulis jawaban dari nara sumber Menyimpulkan jawaban nara sumber Menanggapi isi penjelasan nara sumber dengan memperhatikan santun bahasa Menceritakan kembali penjelasan nara sumber Menuliskan kembali penjelasan nara sumber. - Penjelasan dari nara sumber misalnya : pedagang buah-buahan. - Presentasi. I. Pendahuluan. a. Siswa bertanya jawab tentang berbagai informasi yang pernah didengar dari seorang (nara sumber). b. Salah satu siswa menceritakan informasi yang pernah didengarkan. c. Siswa memahami tujuan pembelajaran yang akan dicapai. II. Inti. a. Siswa mendengarkan penjelasan dari nara sumber. b. Siswa mencatat pokok-pokok pembicaraan dari nara sumber. c. Siswa mempresentasikan hasil kerjanya. d. Siswa lain menanggapi. e. Siswa menyempurnakan hasil kerjanya berdasarkan tanggapan siswa lain. f. Secara berpasangan, siswa menyusun pertanyaan sesuai dengan pokok-pokok pembicaraan. g. Setiap pasangan tampil di depan kelas untuk mengajukan pertanyaan secara lisan sesuai dengan pokok-pokok pembicaraan. h. Pasangan lain menjawab tersebut. i. Salah satu siswa dari pasangan yang mengajukan pertanyaan mencatat jawaban tersebut. j. Secara berpasangan siswa menyimpulkan jawaban nara sumber. k. Siswa membacakan hasil simpulannya. l. Siswa lain menaggapi simpulan tersebut. m. Secara mandiri siswa, menanggapi isi penjelasan nara sumber dengan memperhatikan santun bahasa. n. Siswa lain mengomentari bahasa dan isi tanggapan teman lain.

2 III. Penutup. a. Siswa mengungkapkan berbagai permasalahan yang muncul saat KBM. b. Siswa mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa. c. Siswa mencari informasi lain (dari nara sumber lain) sebagai tugas tambahan, yang akan dibicarakan pada kegiatan pembelajaran berikutnya. H. SUMBER/ALAT/BAHAN 1. Sumber/Nara sumber : pedagang buah-buahan. 2. Alat/Media a. Teks (contoh penjelasan dari nara sumber). b. Radio, tape recorder, TV, rekaman kaset, CD/DVD. a. Tulis dan lisan. b. Mandiri/kelompok. c. Soal/tugas.

3 1. Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan Mengidentifikasi unsur cerita tentang cerita rakyat yang didengarnya. 1. Mendaftarkan nama-nama tokoh beserta wataknya dalam cerita yang didengarkan. 2. Menceritakan kembali cerita yang didengar secara lisan. 3. Menuliskan kembali cerita yang didengar dengan kata-katanya sendiri secara runtut dan mudah dipahami Menyebutkan tokoh dalam cerita Menyebutkan watak tokoh dalam cerita Menceritakan kembali cerita yang didengar secara lisan Menulis ringkasan cerita yang didengar dengan kalimat sendiri. Cerita rakyat. 1. Pendahuluan. Tanya jawab tentang cerita. 2. Inti. - Mendengarkan cerita. - Menceritakan kembali. - Menuliskan ringkasan cerita. 3. Penutup. - Penguatan hasil kerja anak. - Pemberian tugas. H. SUMBER/ALAT/BAHAN Alat : Rekaman kaset, tape recorder. Sumber : Buku cerita rakyat, media cerita lain. - Tes tertulis.

4 2. Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa. 1. Menjelaskan persoalan atau peristiwa yang terjadi dengan kalimat runtut. 2. Menanggapi persoalan atau peristiwa yang terjadi. 3. Memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa Menjelaskan persoalan atau peristiwa yang terjadi dengan kalimat yang runtut Menanggapi persoalan atau peristiwa yang terjadi Memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa. POKOK Tanggapan terhadap suatu persoalan atau peristiwa dan saran pemecahan masalahnya. G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN A. Kegiatan Awal. - Tanya jawab tentang suatu peristiwa. - Menyiapkan alat peraga. B. Kegiatan Inti. - Menjelaskan persoalan/peristiwa yang terjadi dengan kalimat yang runtut. - Murid berdiskusi untuk menanggapi persoalan/peristiwa yang terjadi. - Membacakan hasil diskusi. - Menanggapi hasil kerja teman lain. - Guru memberikan saran pemecahannya. - Menyimpulkan pelajaran hasil diskusi. C. Penutup. - Penguatan hasil kerja anak. - Pemberian tugas. - Kesimpulan dari keseluruhan materi. H. SUMBER/ALAT - Alat : - Teks tentang persoalan atau peristiwa. - Kaset dan tape recorder. - Sumber : - Media cetak, buku, kosakata Bahasa Indonesia. - Tes lisan. - Tugas.

5 : 2. Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara Menceritakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa yang runtut, baik dan benar. 1. Menulis pokok-pokok hasil pengamatan. 2. Menyusun laporan hasil pengamatan. 3. Melaporkan hasil pengamatan secara lisan. 4. Menulis laporan Menulis pokok-pokok hasil pengamatan Menyusun laporan hasil pengamatan Melaporkan hasil pengamatan secara lisan Menulis laporan. Hasil pengamatan/kunjungan. G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN A. Kegiatan Awal. - Apersepsi tentang pengamatan/kunjungan. - Motivasi siswa untuk terampil menulis laporan. - Menjelaskan tujuan pembelajaran dan penilaian yang akan dicapai. B. Kegiatan Inti. - Secara berkelompok siswa mengadakan suatu kunjungan. - Guru menjelaskan cara menyusun laporan. - Siswa menulis pokok-pokok hasil pengamatan. - Menyusun laporan. - Secara bergantian melaporkan hasil pengamatan. - Menulis lapran secara berkelompok. C. Kegiatan Akhir. - Siswa mengungkapkan berbagai masalah yang muncul saat KBM. - Tindak lanjut. H. SUMBER/ALAT Tes lisan dan kinerja (menceritakan hasil pengamatan).

6 2. Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara Berwawancara sederhana dengan nara sumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa. 1. Menulis daftar pertanyaan yang akan diwawancarakan. 2. Melakukan wawancara dengan nara sumber. 3. Mencatat/menulis hasil wawancara. 4. Melaporkan hasil wawancara Menulis daftar pertanyaan yang akan diwawancarakan Melakukan wawancara Mencatat hasil wawancara Melaporkan hasil wawancara. Contoh teks wawancara dengan nara sumber. - Presentasi. 1. Kegiatan Awal. - Apersepsi. - Mempersiapkan alat-alat. 2. Kegiatan Inti. - Mendiskusikan topik untuk wawancara. - Menentukan nara sumber. - Menulis daftar pertanyaan untuk wawancara sesuai dengan topik. - Melakukan kegiatan wawancara dengan nara sumber sesuai dengan daftar pertanyaan yang di susun. - Mencatat hasil wawancara. - Melaporkan hasil wawancara. - Mengomentari hasil kerja teman lain. 3. Penutup. - Tindak lanjut. H. ALAT/SUMBER Alat : Contoh teks wawncara. Sumber : Nara sumber. - Lisan. - Tulisan.

7 3. Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat. 1. Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang wajar. 2. Mencatat hal-hal yang penting dari hasil percakapan. 3. Menceritakan kembali teks percakapan yang dibaca dengan bahasa yang baik dan benar Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang wajar Mencatat pokok-pokok isi percakapan Menceritakan kembali teks percakapan yang dibaca dengan bahasa yang baik dan benar. Teks percakapan. 1. Kegiatan Awal. Tanya jawab tentang cara membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang wajar. 2. Kegiatan Inti. - Membaca teks percakapan dalam hati. - Memberikan jeda dalam teks dan percakapan. - Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat (membaca bersuara). - Mengomentari lafal dan intonasi terhadap pembacaan teks percakapan teman lain. - Mencatat pokok-pokok isi percakapan. - Menceritakan kembali tentang teks percakapan. - Mengomentari hasil kerja teman lain. - Menyempurnakan hasil kerjanya. 3. Penutup. - Siswa mengungkapkan berbagai permasalahan yang muncul saat KBM. - Tindak lanjut (tugas). H. ALAT/SUMBER Alat : Teks percakapan. Sumber : Media cetak. - Lisan. - Kinerja.

8 3. Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi Menemukan gagasan antara suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit. 1. Membaca dengan kecepatan 75 kata/menit. 2. Mencatat hal-hal penting dari hasil percakapan. 3. Menceritakan kembali teks percakapan yang dibaca dengan bahasa yang baik dan benar Membaca dengan kecepatan 75 kata/menit Mencatat hal-hal penting dari hasil percakapan Menjawab pertanyaan isi teks bacaan Menceritakan kembali teks percakapan yang dibaca dengan bahasa yang baik dan benar. Teks bacaan ( kata). I. Pendahuluan. Apersepsi. Mempersiapkan alat. II. Inti. - Membaca cepat teks bacaan. - Mencatat hal-hal penting dari teks yang dibaca. - Menjawab pertanyaan isi teks bacaan. - Menentukan gagasan utama teks bacaan. - Mempresentasikan hasil kerja. - Menanggapi hasil kerja teman lain. III. Penutup. - Tindak lanjut (tugas/pr). H. ALAT/SUMBER Alat : Teks bacaan. Sumber : - Media cetak. - Buku pembelajaran membaca untuk SD. Tertulis.

9 3. Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat. 1. Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat. 2. Menulis puisi dengan kosakatanya sendiri Memberi jeda pada teks puisi Membaca puisi dengan mimik yang sesuai/tepat Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat Menulis puisi dengan kosakata sendiri. Puisi anak. I. Pendahuluan. - Tanya jawab tentang puisi. - Mempersiapkan alat-alat (kaset & tape recorder). II. Inti. - Mendengarkan rekaman pembacaan puisi. - Mengomentari contoh pembacaan puisi. - Memberi penanda pertalian (jeda) pada teks puisi. - Membaca puisi dengan mimik, lafal dan intonasi yang tepat. - Mengomentari pembacaan puisi teman lain. - Menulis puisi dengan kosakata sendiri. III. Penutup. - Tindak lanjut. H. SUMBER/ALAT/BAHAN Sumber : - Buku kumpulan puisi anak. - Buku teknik membaca puisi. Alat : - Teks puisi. - Rekaman pembacaan puisi. - Kaset/CD. - Tape recorder. Tes lisan dan kinerja.

10 : 6 Jam Pelajaran 4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan dan dialog tertulis Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan. 1. Menceritakan pengalaman sendiri. 2. Menulis pokok pikiran tentang cerita pengalaman. 3. Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan menggunakan bahasa sendiri serta ejaan dan tanda baca yang benar Menceritakan pengalaman sendiri Menulis pokok pikiran tentang cerita pengalaman Membuat kerangka karangan Menulis karangan berdasarkan pengalaman denagn menggunakan bahasa sendiri serta ejaan dan tanda baca yang benar. Karangan berdasarkan pengalaman pribadi. - Presentasi. I. Pendahuluan. - Tanya jawab tentang pengalaman masing-masing anak. - Salah satu siswa menceritakan pengalamannya waktu libur. II. Inti. - Siswa secara bergiliran menceritakan pengalamannya masing-masing didepan kelas. - Setiap siswa menulis pokok pikiran tentang cerita pengalaman. - Membuat kerangka karangan. - Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan menggunakan bahasa sendiri serta serta ejaan dan tanda baca yang benar. - Mempresentasikan hasil karangannya didepan kelas. - Mengumpulkan hasil kerjanya. III. Penutup. - Tindak lanjut (PR). H. SUMBER/ALAT Sumber : - Pengalaman pribadi. - Buku kosakata Bahasa Indonesia. - Buku ejaan dan tanda baca. Alat : - Contoh karangan berdasarkan pengalaman pribadi. - Lisan. - Tulisan. - Tugas.

11 : 6 Jam Pelajaran 4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan dan dialog tertulis Menulis surat undangan (ultah, acara agama, kegiatan sekolah, kenaikan kelas dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan. 1. Mengidentifikasi ciri-ciri surat. 2. Menentukan isi dan tujuan surat. 3. Menulis surat dengan menggunakan bahasa surat yang benar Mengidentifikasi ciri-ciri surat Menentukan isi dan tujuan surat Menulis surat dengan menggunakan bahasa surat yang benar. Surat Undangan. I. Pendahuluan. - Memperhatikan contoh-contoh surat undangan II. Inti. - Mendiskusikan berbagai contoh surat undangan (dari segi isi, sistematika, kalimat dan bahasanya). - Mengidentifikasi ciri-ciri surat. - Menentukan isi dan tujuan surat. - Menulis surat undangan sesuai dengan topik kegiatan. - Menggunakan kalimat efektif dan ejaan yang tepat dalam surat undangan. - Menukarkan hasil kerja dengan teman. - Mengomentari hasil kerja orang lain. - Menyempurnakan hasil kerja. - Memajang hasil kerja. III. Penutup. - Tindak lanjut/tugas. H. ALAT/SUMBER Alat : Berbagai contoh surat undangan. Sumber : Menulis surat resmi Bahasa Indonesia. - Lisan dan tulisan.

12 : 6 Jam Pelajaran 4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan dan dialog tertulis Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh denagn memperhatikan isi serta perannya. 1. Memilih/menentukan materi dialog. 2. Melakukan dialog dengan bahasa sendiri. 3. Menulis dialog sederhana Menentukan materi dialog Melakukan dialog dengan bahasa sendiri Menulis dialog sederhana. Dialog sederhana. I. Pendahuluan. - Apersepsi. - Mempersiapkan alat-alat (tape recorder). II. Inti. - Mendengarkan dialog sederhana melalui rekaman kaset. - Mengomentari dialog sederhana. - Menentukan topik dialog sederhana. - Mendiskusikan topik untuk dialog sederhana. - Menulis dialog sederhana antara 2 atau 3 orang. - Membacakan dialog sederhana secara bergantian. - Mengomentari isi dialog teman lain. - Menyempurnakan hasil kerjanya. III. Penutup. - Tindak lanjut. - Memajang hasil karya. H. ALAT/SUMBER Alat : - Rekaman kaset (dialog sederhana). - Tape recorder. - Contoh teks dialog sederhana. Sumber : Media cetak. Tulisan.

PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR KELAS V SEMESTER

PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR KELAS V SEMESTER PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR KELAS V SEMESTER 1 1 PROGRAM SEMESTER TAHUN PELAJARAN 20 / 20 MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia KELAS / SEMESTER : V (Lima) / 1 (satu) Standar Kompetensi

Lebih terperinci

Maksimum. 1. Kebenaran jawaban Bahasa (ejaan dan tambahan) Ketepatan waktu 20. Pagerpelah, 13 Juli Mengetahui

Maksimum. 1. Kebenaran jawaban Bahasa (ejaan dan tambahan) Ketepatan waktu 20. Pagerpelah, 13 Juli Mengetahui Pertemuan Ke- : 1 Standar Kompetensi : Memahami penjelasan narasumber dan cerita rakyat secara lisan. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi unsur cerita tentang cerita rakyat yang didengarnya. Indikator

Lebih terperinci

SEKOLAH DASAR (SD) / MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)

SEKOLAH DASAR (SD) / MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA KELAS IV SEMESTER 1 SEKOLAH DASAR (SD) / MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) PROGRAM TAHUNAN Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Satuan Pendidikan : Tahun Pelajaran : Kelas : IV Smt

Lebih terperinci

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH UJIAN PRAKTIK

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH UJIAN PRAKTIK KISI-KISI UJIAN SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH UJIAN PRAKTIK Mata Pelajaran Jumlah Soal : Bahasa Indonesia : 10 Soal No. Urut Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Kelas Indikator No soal 1. 1. Memahami

Lebih terperinci

MATA PELAJARAN MULOK BAHASA JAWA

MATA PELAJARAN MULOK BAHASA JAWA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN MULOK BAHASA JAWA KELAS VII SEMESTER GANJIL SMP... RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah : SMP...... Mata Pelajaran : Bahasa Daerah (Jawa) Kelas/

Lebih terperinci

PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR KELAS V SEMESTER 2

PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR KELAS V SEMESTER 2 PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR KELAS V SEMESTER 2 1 PROGRAM SEMESTER TAHUN PELAJARAN 20 / 20 MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia KELAS / SEMESTER : V (Lima) / 2 (dua) Standar Kompetensi

Lebih terperinci

31. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)

31. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) 31. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) A. Latar Belakang Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik

Lebih terperinci

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL Mata Pelajaran Kelas/Semester : BAHASA INDONESIA : IV (C dan D) / Ganjil STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MENDENGARKAN 1. Mendengarkan tentang petunjuk denah dan symbol/lambing Korps 1.1 Menjelaskan

Lebih terperinci

SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS VI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN

SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS VI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS VI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2009-2010 Kompetensi Dasar MENDENGARKAN 1.1 Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televisi atau radio. Indikator Pencapaian (peserta didik

Lebih terperinci

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pertemuan Ke- : 1, 2, 3, 4 Alokasi Waktu : 4 40 menit Standar Kompetensi : Memahami pembacaan puisi Kompetensi Dasar : Menanggapi cara pembacaan puisi 1. mengungkapkan isi puisi 2. menangkap isi puisi

Lebih terperinci

Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Karsidi MODEL Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Inilah Bahasa Indonesiaku untuk Kelas VI SD dan MI 6 Berdasarkan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi dan Permendiknas Nomor

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN

SILABUS PEMBELAJARAN Nama Sekolah :... : Kelas / Semester : V / 2 SILABUS PEMBELAJARAN Dasar Alokasi Waktu 5. Mendengarkan Memehami tentang suatu peristiwa dan pendek anak yang disampaikan secara lisan 5.1 Menang-gapi tentang

Lebih terperinci

Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Surana MODEL Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Aku Cinta Bahasa Indonesia Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 5A untuk Kelas V SD dan MI Semester 1 Berdasarkan Permendiknas Nomor 22

Lebih terperinci

Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :

Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut : 07. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia A. Latar Belakang Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari

Lebih terperinci

Menyampaikan tanggapan. Memberikan tanggapan terhadap pernyataanpernyataan. Melakukan tanya jawab dengan teman. terhadap isi penjelasan

Menyampaikan tanggapan. Memberikan tanggapan terhadap pernyataanpernyataan. Melakukan tanya jawab dengan teman. terhadap isi penjelasan 10 Sekolah : SD dan MI Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : V/1 Tema : Pertanian Standar : Mendengarkan 1. Memahami dan cerita rakyat secara lisan 1.1 Menanggapi (petani, pedagang, nelayan,

Lebih terperinci

PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR KELAS VI SEMESTER 2

PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR KELAS VI SEMESTER 2 PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR KELAS VI SEMESTER 2 1 PROGRAM SEMESTER TAHUN PELAJARAN 20 / 20 MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia KELAS / SEMESTER : VI (Enam) / 2 (dua) Standar Kompetensi

Lebih terperinci

SILABUS. Kegiatan Pembelajaran

SILABUS. Kegiatan Pembelajaran KELAS XII SEMESTER 1 SILABUS Semester : 1 Standar : Mendengarkan 1. Memahami informasi dari berbagai laporan 1.1 Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan Laporan laporan kegiatan OSIS

Lebih terperinci

SILABUS. Semester : 1 Standar Kompetensi : Mendengarkan 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung

SILABUS. Semester : 1 Standar Kompetensi : Mendengarkan 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung KELAS X SEMESTER 1 SILABUS Nama Sekolah : SMA / MA... Semester : 1 Standar Kompetensi : Mendengarkan 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung 1.1 Menanggapi siaran

Lebih terperinci

PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2

PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2 PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2 1 PROGRAM SEMESTER TAHUN PELAJARAN 20 / 20 MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia KELAS / SEMESTER : III (Tiga) / 2 (dua) Standar Kompetensi

Lebih terperinci

Kelas Tema Materi Waktu P1 Diri sendiri Mendengarkan

Kelas Tema Materi Waktu P1 Diri sendiri Mendengarkan Kelas Tema Materi Waktu P1 Diri sendiri Juli Membedakan berbagai bunyi bahasa Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dengan bahasa yang santun nyaring suku kata dengan lafal Menyalin berbagai

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Nama Sekolah Kelas / Jurusan Semester : BHUDI DARMA : IV (Empat) : I (satu) : ( 8 Jam Pelajaran ) 3 x Pertemuan A. Standar Kompetensi : 2. Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk

Lebih terperinci

SILABUS. Jenis Tagihan: pokok-pokok isi. Mendengarkan sambutan atau khotbah. tugas individu sambutan/ isi sambutan. khotbah yang didengarkan

SILABUS. Jenis Tagihan: pokok-pokok isi. Mendengarkan sambutan atau khotbah. tugas individu sambutan/ isi sambutan. khotbah yang didengarkan KELAS XI SEMESTER 1 SILABUS Semester : 1 Standar Kompetensi : Mendengarkan 1. Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara 1.1 Menemukan pokok-pokok isi sambutan/ khotbah yang didengar

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN

SILABUS PEMBELAJARAN SILABUS PEMBELAJARAN Nama Sekolah : Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas : XII Semester : 2 Standar : Mendengarkan 9. Memahami dari berbagai sumber secara lisan Dasar 9.1Mengajukan saran perbaikan tentang

Lebih terperinci

PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR KELAS VI SEMESTER 1

PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR KELAS VI SEMESTER 1 PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR KELAS VI SEMESTER 1 1 MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia KELAS / SEMESTER : VI (enam) / 1 (satu) Standar Kompetensi : 1. Memahami teks dan cerita anak

Lebih terperinci

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR BAHASA DAERAH (JAWA) SMP/ MTs

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR BAHASA DAERAH (JAWA) SMP/ MTs STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR BAHASA DAERAH (JAWA) SMP/ MTs KELAS/ SEMESTER VIII/ 1 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR Mendengarkan 1. Memahami unsur instrinsik tembang melalui kegiatan 1. Menemukan

Lebih terperinci

34. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Luar Biasa Tunadaksa (SDLB-D)

34. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Luar Biasa Tunadaksa (SDLB-D) 34. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Luar Biasa Tunadaksa (SDLB-D) A. Latar Belakang Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik

Lebih terperinci

SILABUS. Nama Sekolah : SMP Negeri 3 Bukittinggi Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas / Semester : VII / I Tahun Pelajaran :

SILABUS. Nama Sekolah : SMP Negeri 3 Bukittinggi Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas / Semester : VII / I Tahun Pelajaran : SILABUS Nama Sekolah : SMP Negeri 3 Bukittinggi Mata Pelajaran : Kelas / Semester : VII / I Tahun Pelajaran : 2010-2011 1.1 Menyimpulkan isi berita dibacakan dalam beberapa kalimat : Mendengarkan 1. Memahami

Lebih terperinci

Silabus. Bahasa Indonesia 5 SD/MI. Kompetensi Dasar. Pembelajaran. Materi Pokok/ Menjawab pertanyaan tentang isi cerita.

Silabus. Bahasa Indonesia 5 SD/MI. Kompetensi Dasar. Pembelajaran. Materi Pokok/ Menjawab pertanyaan tentang isi cerita. 5 Silabus Sekolah : SD dan MI Kelas/Semester : V/1 Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tema : Peristiwa Standar : Mendengarkan 1. Memahami penjelasan narasumber dan cerita rakyat secara lisan Kegiatan Indikator

Lebih terperinci

34. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Tunarungu (SMALB B)

34. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Tunarungu (SMALB B) 279 34. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Tunarungu (SMALB B) A. Latar Belakang Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional

Lebih terperinci

Silabus. 30 Silabus. Kompetensi Dasar. makna imbuhan. Unsur cerita (tokoh dan latar) Pembelajaran. Materi Pokok/ ter- Menuliskan kalimat

Silabus. 30 Silabus. Kompetensi Dasar. makna imbuhan. Unsur cerita (tokoh dan latar) Pembelajaran. Materi Pokok/ ter- Menuliskan kalimat 30 Silabus Silabus Sekolah : SD dan MI Kelas/Semester : V/2 Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tema : Kegiatan Standar : Mendengarkan 5. Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang

Lebih terperinci

SILABUS. Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu

SILABUS. Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu KELAS XII SEMESTER 1 SILABUS Semester : 1 Standar Kompetensi : Mendengarkan 1. Memahami informasi dari berbagai laporan 1.1 Membedakan Laporan Mencatat pokok-pokok antara fakta Laporan kegiatan isi laporan

Lebih terperinci

31. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)

31. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) 31. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) A. Latar Belakang Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN

SILABUS PEMBELAJARAN SILABUS PEMBELAJARAN Nama Sekolah : Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas : XI Semester : 1 Standar : Mendengarkan 1. Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan 1.1 Menemukan pokok-pokok isi

Lebih terperinci

SILABUS. Nama Sekolah :

SILABUS. Nama Sekolah : SILABUS Nama Sekolah : Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : III/1 Tema : Lingkungan Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan.

Lebih terperinci

35. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Luar Biasa Tunalaras (SDLB-E)

35. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Luar Biasa Tunalaras (SDLB-E) 35. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Luar Biasa Tunalaras (SDLB-E) A. Latar Belakang Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Kelas/Semester : II/ Pertemuan Ke- : Alokasi Waktu : x 5 menit Standar Kompetensi : Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan Kompetensi Dasar : Menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya

Lebih terperinci

32. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Luar Biasa Tunanetra (SDLB-A)

32. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Luar Biasa Tunanetra (SDLB-A) 32. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Luar Biasa Tunanetra (SDLB-A) A. Latar Belakang Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik

Lebih terperinci

Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) Mendeskripsikan isi Puisi

Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) Mendeskripsikan isi Puisi SILABUS Nama Sekolah : Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : II/1 Tema : Diri Sendiri Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan 2. Berbicara

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) B. KOMPETENSI DASAR 5.1 Menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) B. KOMPETENSI DASAR 5.1 Menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Sekolah :... Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas / Semester : IV / Alokasi Waktu : x 35 menit A. STANDAR KOMPETENSI 5. Mendengarkan pengumuman B. KOMPETENSI

Lebih terperinci

SILABUS. Penilaian. Sumber Belajar. Kompetensi Dasar. Materi Pokok. Alokasi Waktu. Kegiatan Pembelajaran. Bentuk Instrumen

SILABUS. Penilaian. Sumber Belajar. Kompetensi Dasar. Materi Pokok. Alokasi Waktu. Kegiatan Pembelajaran. Bentuk Instrumen Sekolah : SMPN 2 Mejayan Mata Pelajaran : Bahasa Jawa Kelas/ Semester : VII/ I Standar : Mendengarkan 1. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan 1.1 Menemukan isi/ pesan dongeng 1.2 Memberikan tanggapan

Lebih terperinci

SILABUS BAHASA JAWA KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR JAWA TENGAH

SILABUS BAHASA JAWA KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR JAWA TENGAH SILABUS BAHASA JAWA KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR JAWA TENGAH Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok Keterangan Kelas 1 1. Mendengarkan Mampu mendengarkan dan memahami

Lebih terperinci

33. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Luar Biasa Tunarungu (SDLB B)

33. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Luar Biasa Tunarungu (SDLB B) 33. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Luar Biasa Tunarungu (SDLB B) A. Latar Belakang Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik

Lebih terperinci

32. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah (MA)

32. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah (MA) 32. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah (MA) A. Latar Belakang Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta

Lebih terperinci

33. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Tunanetra (SMALB A)

33. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Tunanetra (SMALB A) 271 33. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Tunanetra (SMALB A) A. Latar Belakang Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional

Lebih terperinci

Narasumber. (siswa) menit 2 x 40. Tentukan pola. Tulislah enam pokok laporan dari laporan. urutan laporan dan buktikan. dengarkan! yang kamu.

Narasumber. (siswa) menit 2 x 40. Tentukan pola. Tulislah enam pokok laporan dari laporan. urutan laporan dan buktikan. dengarkan! yang kamu. Sekolah : SMP/MTs... Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : VIII/ Silabus Standar Kompetensi : Mendengarkan Memahami wacana lisan berbentuk laporan Kompetensi Dasar Materi Pokok/ Pembelajaran

Lebih terperinci

SILABUS. Sumber/Bahan Alat (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian. yang berada dalam denah. lisan denah.

SILABUS. Sumber/Bahan Alat (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian. yang berada dalam denah. lisan denah. SILABUS Nama Sekolah : Kelas/Semester : IV/I Tema : Pendidikan Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan Mendengarkan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps. 2. Berbicara Mendiskripsikan secara

Lebih terperinci

Silabus. Bahasa Indonesia 4 SD/MI 19. Kompetensi Dasar. Pengumuman Mendengarkan pengumuman. Pembelajaran. Materi Pokok/ Mampu mengembangkan

Silabus. Bahasa Indonesia 4 SD/MI 19. Kompetensi Dasar. Pengumuman Mendengarkan pengumuman. Pembelajaran. Materi Pokok/ Mampu mengembangkan Bahasa Indonesia 4 SD/MI 19 Sekolah : SD dan MI Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : IV/2 Tema : Lingkungan Standar : Mendengarkan 5. Mendengarkan dan pembacaan 5.1 M e n y a m - paikan kembali

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN

SILABUS PEMBELAJARAN SILABUS PEMBELAJARAN Sekolah :... Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu) Standar : Mendengarkan 1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita 1. 1 Menyimpulkan

Lebih terperinci

PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR KELAS IV SEMESTER 2

PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR KELAS IV SEMESTER 2 PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR KELAS IV SEMESTER 2 1 MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA Standar Kompetensi : 5. Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun MENDENGARKAN 5.1.Menyampaikan

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN. : SD Negeri 2 Kampung Baru. Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN. : SD Negeri 2 Kampung Baru. Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Waktu : SD Negeri 2 Kampung Baru : Bahasa Indonesia : V (lima)/ganjil : 2x35 menit A. Standar Kompetensi : Membaca Memahami teks dengan

Lebih terperinci

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran 7

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran 7 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran 7 Sekolah : SD dan MI Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : V/2 Standar Kompetensi : Mendengarkan 5. Memahami cerita tentang suatu peristiwa

Lebih terperinci

KISI-KISI ULANGAN TENGAH SEMESTER SDN BALEWANGI 01 TP Indikator/ Materi Soal

KISI-KISI ULANGAN TENGAH SEMESTER SDN BALEWANGI 01 TP Indikator/ Materi Soal KISI-KISI ULANGAN TENGAH SEMESTER SDN BALEWANGI 01 TP. 2013-2014 Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Bentuk Bobot STI Kelas / Semester : V / I Pilhan Ganda 15 1 15 Isian 10 2 20 soal/ waktu : 30/90 menit

Lebih terperinci

MATA PELAJARAN MULOK BAHASA JAWA

MATA PELAJARAN MULOK BAHASA JAWA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN MULOK BAHASA JAWA KELAS IX SEMESTER GANJIL SMP... RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah : SMP... Mata Pelajaran : Bahasa Daerah (Jawa) Kelas/ Semester

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nomor 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nomor 1 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nomor 1 Sekolah : SMA Titian Teras Jambi Mata pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas : XI Semester : 1 Tahun pelajaran : 2009/2010 A. STANDAR KOMPETENSI : Mendengarkan

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN

SILABUS PEMBELAJARAN SILABUS PEMBELAJARAN Sekolah :... Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas /Semester : VII (Tujuh) /2 (Dua) Standar : Mendengarkan 9. Memahami wacana lisan dalam kegiatan wawancara Kegiatan 9.1 Menyimpulkan

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN

SILABUS PEMBELAJARAN Nama Sekolah : Kelas/Program : XII/IPS Standar : Mendengarkan 1. Memahami informasi dari berbagai laporan SILABUS PEMBELAJARAN 1.1 Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan Laporan

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN

SILABUS PEMBELAJARAN SILABUS PEMBELAJARAN Nama Sekolah : Standar : Mendengarkan 9. Memahami pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam diskusi atau seminar 9.1 Merangkum isi pembicaraa n dalam suatu diskusi atau seminar

Lebih terperinci

Sumber/Bahan/Alat (8) Tak Putus Dirundung. Alokasi (7) Waktu. Penilaian (6) Pembelajaran. Kegiatan (5) novel. Indikator (4) Mampu.

Sumber/Bahan/Alat (8) Tak Putus Dirundung. Alokasi (7) Waktu. Penilaian (6) Pembelajaran. Kegiatan (5) novel. Indikator (4) Mampu. Silabus Nama Sekolah :... Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : IX/2 Tema : Kepedulian Sosial Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan Mamahami wacana sastra melalui kegiatan mendengarkan pembacaan

Lebih terperinci

MATA PELAJARAN MULOK BAHASA JAWA

MATA PELAJARAN MULOK BAHASA JAWA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN MULOK BAHASA JAWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP... 1 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah : SMP... Mata Pelajaran : Bahasa Daerah (Jawa) Kelas/

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Perananan bahasa dalam dunia pendidikan sangat penting. Disamping

BAB I PENDAHULUAN. Perananan bahasa dalam dunia pendidikan sangat penting. Disamping 2 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Perananan bahasa dalam dunia pendidikan sangat penting. Disamping sebagai sarana komunikasi, bahasa juga sebagai bahasa ilmiah. Untuk itu, bahasa khususnya

Lebih terperinci

SILABUS. Mendengarkan diskusi Merangkum seluruh isi pembicaraan. Menanggapi rangkuman yang dibuat teman. Mendengarkan pendapat seseorang

SILABUS. Mendengarkan diskusi Merangkum seluruh isi pembicaraan. Menanggapi rangkuman yang dibuat teman. Mendengarkan pendapat seseorang Alokasi Waktu : 4 x 45 Menit Mendengarkan Standar si : 9. Memahami pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam diskusi atau seminar PEMAN KEGIATAN PEMAN INDIKATOR PENILAIAN WAKTU 9.1. Merangkum isi

Lebih terperinci

PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR KELAS I SEMESTER 2

PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR KELAS I SEMESTER 2 PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR KELAS I SEMESTER 2 1 PROGRAM SEMESTER Standar Kompetensi : 5. Memahami wacana lisan tentang deskripsi bendabenda di sekitar dan dongeng MENDENGARKAN

Lebih terperinci

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik KELAS. Semester 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik KELAS. Semester 2 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik KELAS 3 Semester 2 2 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Mata Pelajaran : IPS dan Bahasa Indonesia

Lebih terperinci

Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Surana MODEL Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Aku Cinta Bahasa Indonesia Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 3A untuk Kelas III SD dan MI Semester 1 Berdasarkan Permendiknas Nomor 22

Lebih terperinci

PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1

PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1 PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1 1 PROGRAM SEMESTER TAHUN PELAJARAN 20 / 20 MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia KELAS / SEMESTER : II (Dua) / I Standar Kompetensi :

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN. Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif. Pengalaman Belajar

SILABUS PEMBELAJARAN. Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif. Pengalaman Belajar Nama Sekolah : SMA Negeri 4 Purworejo Kelas/Program : XII/ IPA IPS Standar : Mendengarkan 1. Memahami informasi dari berbagai laporan SILABUS PEMBELAJARAN 1.1 Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai

Lebih terperinci

dkk, 2006, hlm. 64 Wendi Widya R. D., Indonesia 5 SD/MI, Buku Bahasa (5 35 menit) Dengarkan terdapat Ular n Daung cerita rakyat cerita yang

dkk, 2006, hlm. 64 Wendi Widya R. D., Indonesia 5 SD/MI, Buku Bahasa (5 35 menit) Dengarkan terdapat Ular n Daung cerita rakyat cerita yang Bahasa Indonesia 5 SD/MI 19 Sekolah : SD dan MI Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : V/1 Tema : Keamanan dan Keselamatan Standar : Mendengarkan 1. Memahami penjelasan narasumber dan cerita

Lebih terperinci

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Nama Sekolah :... Pertemuan Ke- : 1, 2, 3 Alokasi Waktu : 3 x 40 menit Standar Kompetensi : Memahami isi berita dari radio/televisi Kompetensi Dasar : 1. Menemukan

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SEMESTER : 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SEMESTER : 1 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SEKOLAH : SMA N 1 Teras MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia KELAS : X SEMESTER : 1 A. STANDAR KOMPETENSI Mendengarkan : 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Madrasah : MI IMAMI Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Kelas/Semester : V/ Standar Kompetensi :. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks

Lebih terperinci

07. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. A. Latar Belakang

07. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. A. Latar Belakang 07. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia A. Latar Belakang Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasian dalam mempelajari

Lebih terperinci

Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Surana MODEL Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Aku Cinta Bahasa Indonesia Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 6A untuk Kelas VI SD dan MI Semester 1 Berdasarkan Permendiknas Nomor 22

Lebih terperinci

SILABUS. Nama Sekolah : SMA Negeri 3 Medan Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : XII / 1 Alokasi Waktu : 4 x 45 Menit

SILABUS. Nama Sekolah : SMA Negeri 3 Medan Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : XII / 1 Alokasi Waktu : 4 x 45 Menit Alokasi Waktu : 4 x 45 Menit Mendengarkan : 1. Memahami informasi dari berbagai laporan PEMAN KEGIATAN PEMAN INDIKATOR PENILAIAN WAKTU 1.1 Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan/ informasi

Lebih terperinci

31. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)

31. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) 31. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) A. Latar Belakang Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAANAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAANAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAANAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah :... Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : VIII (delapan)/ 1 Standar Kompetensi : 1. Memahami wacana lisan berbentuk laporan Kompetensi

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Nama Sekolah :... Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas / Semester : IX/1 Standar Kompetensi : 1. Memahami dialog interaktif pada tayangan televise / siaran radio

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. antar warga akan berlangsung dengan baik.

BAB I PENDAHULUAN. antar warga akan berlangsung dengan baik. 1 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Bahasa mempunyai fungsi utama sebagai media komunikasi. Interaksi dan segala macam kegiatan dalam masyarakat tidak akan berjalan tanpa bahasa. Dengan demikian

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN

SILABUS PEMBELAJARAN Sekolah :... Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 1 (Satu) Standar : Mendengarkan 1. Memahami dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio SILABUS PEMBELAJARAN 1.1

Lebih terperinci

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran 6

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran 6 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran 6 Sekolah : SD dan MI Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : V/2 Standar Kompetensi : Mendengarkan 5. Memahami cerita tentang suatu peristiwa

Lebih terperinci

PROGRAM TAHUNAN dan PROGRAM SEMESTER

PROGRAM TAHUNAN dan PROGRAM SEMESTER PROGRAM TAHUNAN dan PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN, BAHASA INDONESIA, MATEMATIKA, ILMU PENGETAHUAN ALAM, DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEMESTER GANJIL DAN GENAP ROSMAYASARI, S.PD.

Lebih terperinci

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran 9

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran 9 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran 9 Sekolah : SD dan MI Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : V/2 Standar Kompetensi : Mendengarkan 5. Memahami cerita tentang suatu peristiwa

Lebih terperinci

Nama Sekolah : Kelas / Semester : 2 (Dua) / 2 (Dua) : Kesehatan Waktu : 2 Minggu

Nama Sekolah : Kelas / Semester : 2 (Dua) / 2 (Dua) : Kesehatan Waktu : 2 Minggu RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK Nama Sekolah : Kelas / Semester : (Dua) / (Dua) Tema : Kesehatan Waktu : Minggu STANDAR KOMPETENSI Mendengarkan Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN. Kegiatan Pembelajaran Teknik Teks. Siswa mende-ngarkan pengumuman yang diba cakan Siswa mencatat pokok-pokok

SILABUS PEMBELAJARAN. Kegiatan Pembelajaran Teknik Teks. Siswa mende-ngarkan pengumuman yang diba cakan Siswa mencatat pokok-pokok 7 SILABUS PEMBELAJARAN Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar : Bahasa Indonesia : IV / (dua) : Mendengarkan : Mendengarkan pengumuman :. Menyampaikan kembali isi pengumuman

Lebih terperinci

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SAVI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDOENESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH ALMOURKY KECAMATAN TELAGA KABUPATEN GORONTALO.

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SAVI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDOENESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH ALMOURKY KECAMATAN TELAGA KABUPATEN GORONTALO. 1 IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SAVI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDOENESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH ALMOURKY KECAMATAN TELAGA KABUPATEN GORONTALO Oleh Lisa Akhzan (Ketua) Sayama Malabar (Anggota 1) Asna

Lebih terperinci

IPS 1. Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah

IPS 1. Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK Nama Sekolah :... Tema : Pengalaman Kelas/Semester : III / 1 Alokasi Waktu : 3 minggu I. STANDAR KOMPETENSI PKn 1. Mengamalkan makna Sumpah Pemuda IPS 1.

Lebih terperinci

SILABUS. Nama Sekolah : SMA Negeri 78 Jakarta Mata Pelajaan : Bahasa Indonesia 2 (IND 2) Beban Belajar : 4 sks. Materi Pembelajaran.

SILABUS. Nama Sekolah : SMA Negeri 78 Jakarta Mata Pelajaan : Bahasa Indonesia 2 (IND 2) Beban Belajar : 4 sks. Materi Pembelajaran. SILABUS Nama Sekolah : SMA Negeri 78 Jakarta Mata Pelajaan : Bahasa Indonesia 2 (IND 2) Beban Belajar : 4 sks Aspek Standar : Mendengarkan : 1. Memahami informasi melalui tuturan Dasar 1.1. Menyimpulkan

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Kelas/Semester : I/ Pertemuan ke- : Alokasi Waktu : x 5 menit (4x) Standar Kompetensi : Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng Kompetensi

Lebih terperinci

RENCANA PEMBELAJARAN

RENCANA PEMBELAJARAN RENCANA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN KELAS /SEMESTER PROGRAM ALOKASI WAKTU TEMA STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR ASPEK PEMBELAJARAN Bahasa dan Sastra Indonesia XII (dua belas) / 2 (dua) Umum 3 x 45 menit

Lebih terperinci

Kisi-Kisi Uji Kompetensi Guru Tahun 2012

Kisi-Kisi Uji Kompetensi Guru Tahun 2012 Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Jenjang : SMP/SMA Kisi-Kisi Uji Kompetensi Guru Tahun 2012 1. Mengungkapkan secara lisan wacana nonsastra 1.1 Menggunakan wacana lisan untuk wawancara 1.1.1 Disajikan

Lebih terperinci

KISI UJI KOMPETENSI 2014 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

KISI UJI KOMPETENSI 2014 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KISI UJI KOMPETENSI 2014 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA Standar Guru C C2 C3 C4 C5 C6 Menggunakan secara lisan wacana wacana lisan untuk wawancara Menggunakan wacana lisan untuk wawancara Disajikan penggalan

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN

SILABUS PEMBELAJARAN Nama Sekolah : Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas : X Semester : 2 Standar : Mendengarkan 9. Memahami informasi melalui tuturan. SILABUS PEMBELAJARAN 9.1 Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan

Lebih terperinci

Kisi-Kisi Uji Kompetensi Awal Sertifikasi Guru Tahun 2012

Kisi-Kisi Uji Kompetensi Awal Sertifikasi Guru Tahun 2012 Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Jenjang : SMP/SMA Kisi-Kisi Uji Kompetensi Awal Sertifikasi Guru Tahun 2012 1. Mengungkapkan secara lisan wacana nonsastra 2. Mengungkapkan wacana tulis nonsastra 1.1

Lebih terperinci

Silabus Bina Bahasa Indonesia Kelas 6a

Silabus Bina Bahasa Indonesia Kelas 6a Silabus Bina Bahasa Indonesia Kelas 6a 0 SILABUS Pelajaran 1 Standar Kompetensi : Memahami teks dan cerita anak yang dibaca 1.Mendengarkan Cerita anak 1.2 Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema,atau Indonesia

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Pembelajaran bahasa Indonesia sangat diperlukan bagi perkembangan

BAB I PENDAHULUAN. Pembelajaran bahasa Indonesia sangat diperlukan bagi perkembangan 1 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Pembelajaran bahasa Indonesia sangat diperlukan bagi perkembangan pendidikan. Mempelajari bahasa Indonesia, berarti ikut serta menjaga dan melestarikan bahasa

Lebih terperinci

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran 8

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran 8 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran 8 Sekolah : SD dan MI Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : V/2 Standar Kompetensi : Mendengarkan 5. Memahami cerita tentang suatu peristiwa

Lebih terperinci

STRUKTUR KURIKULUM KTSP

STRUKTUR KURIKULUM KTSP STRUKTUR KURIKULUM KTSP No. Komponen KTSP SD Kelas MATA PELAJARAN 1 2 3 4 5 6 A. Mata Pelajaran 3 3 3 1. Pendidikan 2 2 2 2. Pendidikan Kewarganegaraan 5 5 5 3. Bahasa Indonesia 5 5 5 4. Matematika 4 4

Lebih terperinci

Bahasa dan Sastra Indonesia

Bahasa dan Sastra Indonesia Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII Kelas VII Maryati Sutopo PUSAT PERBUKUAN Departemen Pendidikan Nasional Hak Cipta pada Departemen Pendidikan Nasional Dilindungi Undang-Undang Bahasa

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN (RPP) Nama Sekolah :... Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : VII/2 Standar Kompetensi : Aspek Mendengarkan 9. Mampu memahami wacana lisan melalui kegiatan

Lebih terperinci

PROGRAM SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017

PROGRAM SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017 PROGRAM SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 01/ 017 SEKOLAH : SMP NEGERI CIPANAS MATA PELAJARAN : BAHASA DAN SASTRA INDONESIA KELAS / SEMESTER : IX / 1 (GANJIL) Kompetensi Dasar/ Materi Pokok Waktu 1 3 1 3

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN

SILABUS PEMBELAJARAN SILABUS PEMBELAJARAN Sekolah : SMP... Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu) Standar : Mendengarkan 1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita 1. 1

Lebih terperinci