Prosedur Penggunaan Program Gambar 4.7 Halaman Home

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Prosedur Penggunaan Program Gambar 4.7 Halaman Home"

Transkripsi

1 Prosedur Penggunaan Program Gambar 4.7 Halaman Home Tampilan di atas merupakan halaman home atau halaman awal pada website Hotel Peony. Pada tampilan ini, di bagian kiri atas terdapat logo Hotel Peony, dibawah logo terdapat tiga menu, antara lain home, register, dan about us. Pada bagian tengah halaman ini terdapat berbagai macam foto dari Hotel Peony yang ditampilkan dengan menggunakan J-Query. Di sebelah kanan halaman, terdapat form login dimana pengguna dapat melakukan login dengan memasukkan username dan password yang telah terdaftar.

2 196 Gambar 4.8 Halaman Register Pada halaman ini, pengguna dapat mendaftar dengan mengisi form register yang sudah tersedia. Data yang perlu diisi adalah username, password, konfirmasi password, nama lengkap, alamat, nomor rekening bank, dan foto. Di bagian bawah terdapat tombol submit yang berguna untuk melanjutkan proses register dan tombol reset untuk me-reset ulang data yang telah diisikan sebelumnya.

3 197 Gambar 4.9 Halaman About Us Halaman ini menampilkan informasi-informasi seputar Hotel Peony, seperti alamat, telepon, , fax, dan sms-reservation.

4 198 Gambar 4.10 Halaman Home untuk Customer Setelah tamu melakukan login maka akan muncul tampilan di atas yang merupakan tampilan home untuk tamu yang sudah memiliki username dan password atau dengan kata lain tamu yang telah menjadi member. Pada halaman ini terdapat 8 menu, yaitu Home, Reservation, Reservation List, Profile, Vehicle Rental, Promo, Tour, dan About Us. Terdapat juga ucapan Welcome,nama tamu pada sisi kanan, hari dan tanggal saat ini serta menu logout.

5 199 Gambar 4.11 Halaman Reservation untuk Customer Pertama tama pada tahap reservasi online, tamu yang sudah melakukan login dapat melanjutkan tahap reservasi dengan menginputkan tanggal check in pada field yang telah disediakan. Setelah input tanggal check in, dilanjutkan dengan input tanggal check out. Kemudian dilanjutkan dengan memilih tipe kamar yang akan dipesan pada field Room Type, memilih tipe kasur yang diinginkan pada field Bed Type, memilih jumlah orang dewasa dan jumlah anak yang akan menginap pada field Adult, dan field Children, serta memilih jenis ruangan yang diinginkan apakah smoking atau non smoking pada field preference.

6 200 Gambar 4.12 Halaman Reservation List untuk Customer Pada halaman ini, tamu dapat melihat kembali hasil dari reservasi yang telah dilakukan. Terdapat 4 menu yang dapat dipilih yaitu Reservation Room List, Reservation Vehicle List, Reservation Promo List, dan Reservation Tour List.

7 201 Gambar 4.13 Halaman Reservation Room List untuk Customer Pada halaman ini, tamu dapat melihat kembali hasil reservasi kamar yang telah dilakukan seperti tanggal check in dan check out, tipe kamar, preference, serta jumlah orang dewasa dan anak. Di setiap header data, masing-masing terdapat status pembayaran dari reservasi kamar seperti waiting, pay, waiting approval, dan approved. Terdapat juga tombol delete dimana tombol ini berguna untuk membatalkan reservasi yang telah dilakukan sebelumnya oleh tamu, dan juga terdapat kolom remaining dimana kolom ini menampilkan sisa waktu reservasi, waktu yang diberikan untuk melakukan reservasi hanya 2 jam, jika sisa waktu melewati 2 jam maka secara otomatis reservasi akan di hapus.

8 202 Gambar 4.14 Halaman Reservation Vehicle untuk Customer Pada halaman ini, tamu dapat melihat kembali hasil reservasi kendaraan yang telah dilakukan seperti jenis kendaraan, jumlah, dan total harga. Di setiap baris terdapat link delete untuk menghapus reservasi yang dillakukan sebelumnya. Dibawah halaman, terdapat juga link back yang menuju kembali ke halaman Reservation List.

9 203 Gambar 4.15 Halaman Reservation Promo List untuk Customer Pada halaman ini, tamu dapat melihat kembali hasil reservasi promo yang telah dilakukan seperti nama promo, jumlah, total harga. Di setiap baris terdapat status pembayaran dari reservasi promo, terdapat 4 status pembayaran seperti waiting, pay, waiting approval, dan approved. Terdapat juga link delete dimana link ini berguna untuk menghapus reservasi promo yang telah dilakukan sebelumnya. Di bawah halaman, terdapat juga link back yang menuju kembali ke halaman Reservation List.

10 204 Gambar 4.16 Halaman Reservation Tour List untuk Customer Pada halaman ini, tamu dapat melihat kembali hasil reservasi tour yang telah dilakukan seperti nama tamu, tujuan, jumlah, dan total harga. Di setiap baris terdapat link delete yang berguna untuk membatalkan atau menghapus hasil reservasi tour yang telah dilakukan sebelumnya. Di bagian bawah terdapat juga link back yang menuju kembali ke halaman Reservation List.

11 205 Gambar 4.17 Halaman Profile untuk Customer Pada halaman ini, tamu dapat melihat semua data yang telah diisikan secara keseluruhan seperti tampilan foto yang di-upload, username, nama lengkap, alamat, telepon, serta no rekening bank. Di bagian bawah, terdapat tombol edit dimana tombol ini akan menuju ke halaman edit profile sesuai dengan jenis data apa yang akan dirubah.

12 206 Gambar 4.18 Halaman Edit Profile untuk Customer Pada halaman ini, tamu dapat mengubah data pribadi yang telah diisikan sebelumnya pada saat registrasi. Data yang dapat diubah antara lain nama lengkap, alamat, dan telepon. Jika data telah selesai diubah, di bagian bawah terdapat tombol submit yang akan memastikan data telah diubah dan akan kembali ke halaman profile.

13 207 Gambar 4.19 Halaman Vehicle Rental untuk Customer Pada halaman ini, tamu dapat melihat detil data kendaraan yang disewakan. Data yang ditampilkan antara lain jenis kendaraan, harga, dan jumlah kendaraan. Di setiap baris terdapat link booking yang menuju ke halaman booking vehicle untuk melanjutkan proses reservasi kendaraan.

14 208 Gambar 4.20 Halaman Booking Vehicle untuk Customer Pada halaman ini, tamu dapat melihat jenis kendaraan dan harga kendaraan yang ingin disewa. Tamu juga mengisikan jumlah kendaraan yang telah dipilih pada field quantity yang telah disediakan, setelah mengisikan jumlah kendaraan yang diinginkan di bagian bawah terdapat tombol submit yang akan memunculkan harga total.

15 209 Gambar 4.21 Halaman Promotion untuk Customer Pada halaman ini, tamu dapat melihat detil data promo yang disampaikan oleh pihak hotel. Data yang ditampilkan antara lain id promo, nama promo, deskripsi, tanggal mulai dan akhir promo, capacity, jumlah promo yang sudah terjual, dan harga promo. Pada setiap baris terdapat link booking yang menuju halaman booking promo agar dapat melanjutkan reservasi promo. Jika kapasitas promo sudah terjual habis link booking akan berubah menjadi keterangan FULL.

16 210 Gambar 4.22 Halaman Booking Promo untuk Customer Pada halaman ini, tamu dapat melihat id promo, nama promo, tanggal mulai dan akhir promo, serta harga promo yang telah dipilih. Tamu juga diharapkan mengisikan jumlah promo yang diinginkan ke field quantity yang telah disediakan. Setelah mengisikan jumlah kendaraan yang diinginkan di bagian bawah terdapat tombol submit yang akan memunculkan konfirmasi dari reservasi tamu dan harga total.

17 211 Gambar 4.23 Halaman Tour untuk Customer Pada halaman ini, tamu dapat melihat detil data wisata yang telah disediakan oleh hotel Peony. Data yang ditampilkan antara lain tujuan wisata, deskripsi, dan harga wisata. Pada setiap baris terdapat link booking yang akan menuju ke halaman booking tour agar dapat melanjutkan reservasi tour.

18 212 Gambar 4.24 Halaman Booking Tour untuk Customer Pada halaman ini, tamu dapat melihat tujuan wisata, deskripsi, serta harga wisata yang telah dipilih sebelumnya oleh tamu. Tamu juga diharapkan mengisikan jumlah paket wisata yang diinginkan ke field quantity yang telah disediakan. Setelah tamu mengisikan jumlah paket wisata yang diinginkan, di bagian bawah terdapat tombol submit yang akan memunculkan konfirmasi dari reservasi paket wisata dan harga total.

19 213 Gambar 4.25 Halaman Home untuk Admin Pada halaman ini, terdapat logo hotel di bagian atas,di bawah logo terdapat 8 menu, yaitu Home, Reservation List, Profile, Member, Vehicle Rental, Promo, Tour, dan About Us. Pada bagian tengah halaman ini terdapat berbagai macam foto dari Hotel Peony yang ditampilkan dengan menggunakan J-Query. Di sisi kanan terdapat ucapan Welcome, nama admin serta hari dan tanggal. Terdapat juga tombol logout yang berada tepat di bawah ucapan Welcome dan nama admin.

20 214 Gambar 4.26 Halaman Reservation List untuk Admin Pada halaman ini, admin dapat memilih tombol yang menuju ke halaman hasil reservasi yang telah dilakukan oleh tamu sebelumnya. Terdapat 4 tombol yang dapat dipilih oleh admin, yaitu Reservation Room List, Reservation Vehicle List, Reservation Promo List, dan Reservation Tour List.

21 215 Gambar 4.27 Halaman Reservation Room List untuk Admin Pada halaman ini, admin dapat melihat keseluruhan detil data yang dipesan oleh tamu. Data yang ditampilkan antara lain nama tamu yang melakukan reservasi, tanggal check in dan check out, tipe kamar yang dipesan, preference, jumlah orang dewasa dan harga total yang merupakan hasil perkalian antara jumlah hari nginap dan harga tipe kamar, dan status pembayaran. Pada setiap baris terdapat link approve yang dapat mengubah status pembayaran agar tamu dapat mendapatkan kepastian reservasi. Selain itu juga terdapat link delete yang berguna untuk menghapus atau membatalkan reservasi yang telah dilakukan tamu. Terdapat juga kolom remaining yang menunjukkan sisa waktu reservasi, setiap reservasi diberikan waktu 2 jam untuk melakukan pembayaran, jika waktu pembayaran telah berlalu secara otomatis reservasi akan dihapus. Dan sebaliknya jika tamu sudah melakukan pembayaran sebelum sisa waktu habis akan bertuliskan done. Terdapat juga link back di bagian bawah yang menuju ke halaman sebelumnya yaitu Reservation List.

22 216 Gambar 4.28 Halaman Reservation Vehicle untuk Admin Pada halaman ini, admin dapat melihat keseluruhan detil data yang dipesan oleh tamu. Data yang ditampilkan antara lain nama tamu yang melakukan reservasi, tipe kendaraan yang dipesan, jumlah, dan harga total yang merupakan hasil perkalian antar tipe kendaraan yang dipesan dan jumlah kendaraan. Pada setiap baris terdapat link delete yang berguna untuk menghapus atau membatalkan reservasi kendaraan yang telah dilakukan oleh tamu. Di bagian bawah terdapat link back yang menuju kembali ke halaman sebelumnya yaitu halaman Reservation List.

23 217 mbar 4.29 Halaman Reservation Promo List untuk Admin Ga Pada halaman ini, admin dapat melihat keseluruhan detil data reservasi promo yang telah dipesan oleh tamu. Data yang ditampilkan antara lain nama tamu yang melakukan pemesanan, nama promo, jumlah promo, harga keseluruhan yang merupakan hasil perkalian antara jumlah promo dengan harga promo serta status pembayaran. Pada setiap baris terdapat link approve yang dapat mengubah status pembayaran tamu agar tamu dapat melanjutkan dan mendapatkan kepastian reservasi promo yang telah dipesan. Terdapat juga link delete pada setiap baris yang berguna untuk menghapus atau membatalkan reservasi yang telah dilakukan oleh tamu sebelumnya. Pada bagian akhir terdapat link back yang menuju kembali ke halaman sebelumnya yaitu halaman Reservation List.

24 218 Gambar 4.30 Halaman Reservation Tour List untuk Admin Pada halaman ini, admin dapat melihat secara keseluruhan detil data reservasi tour yang dipesan oleh tamu. Data yang ditampilkan antara lain nama tamu yang melakukan reservasi, tujuan wisata, jumlah pemesanan dan harga total yang merupakan hasil perkalian antara jumlah pemesanan dengan harga wisata. Pada setiap baris terdapat link delete yang berguna untuk menghapus atau membatalkan reservasi yang telah dilakukan sebelumnya oleh tamu. Di bagian bawah terdapat juga link back yang menuju ke halaman sebelumnya yaitu halaman Reservation List.

25 219 Gambar 4.31 Halaman Profile untuk Admin Pada halaman ini, admin dapat melihat semua data yang telah diisikan secara keseluruhan seperti tampilan foto yang di-upload, username, nama lengkap, alamat, telepon, serta no rekening bank hotel. Di bagian bawah, terdapat tombol edit dimana tombol ini akan menuju ke halaman edit profile sesuai dengan jenis data apa yang akan dirubah.

26 220 Gambar 4.32 Halaman Edit Profile untuk Admin Pada halaman ini, admin dapat mengubah data pribadi yang telah tersimpan sebelumnya. Data yang dapat diubah antara lain nama lengkap, alamat, dan telepon. Setelah admin selesai mengubah datanya, terdapat tombol submit yang akan memastikan data telah diubah dan akan kembali ke halaman profile.

27 221 Gambar 4.33 Halaman Member untuk Admin Pada halaman ini, admin dapat melihat keseluruhan detil data tamu-tamu yang telah melakukan registrasi dan menjadi anggota member dari hotel Peony. Data yang dapat ditampilkan antara lain foto member, nama member, nama lengkap tamu, alamat, nomor telepon, serta nomor rekening bank. Pada setiap baris terdapat link edit yang menuju ke halaman edit profile yang berguna untuk mengubah data pribadi dari member, terdapat juga link delete yang akan menghapus member. Terdapat juga fitur sorting dan searching terhadap daftar member, pensortiran dapat dilakukan berdasarkan username dan nomor rekening bank tamu.

28 222 Gambar 4.34 Halaman Vehicle Rental untuk Admin Pada halaman ini, admin dapat melihat hasil dari insert kendaraan yang disewakan oleh pihak hotel. Pada setiap baris terdapat link update dan link delete. Pada bagian bawah terdapat juga link insert yang berguna untuk menambahkan jenis kendaraan baru yang dapat disewa oleh tamu.

29 223 Gambar 4.35 Halaman Update Vehicle untuk Admin Pada halaman ini, admin dapat meng-update data kendaraan yang sebelumnya telah diisikan. Data yang dapat di-update antara lain tipe kendaraan, harga, dan jumlah kendaraan yang tersedia. Di bagian bawah terdapat tombol submit untuk melanjutkan proses update paket sewa kendaraan.

30 224 Gambar 4.36 Halaman Insert Vehicle untuk Admin Pada halaman ini, admin dapat menambahkan jenis kendaraan baru yang disewakan oleh pihak hotel. Adapun data-data yang harus diisi oleh admin antara lain jenis kendaraan, harga kendaraan, dan jumlah kendaraan yang tersedia. Di bagian bawah terdapat tombol submit untuk melanjutkan proses insert sewa kendaraan.

31 225 Gambar 4.37 Halaman Promotion untuk Admin Pada halaman ini, admin dapat melihat hasil dari proses insert yang telah dilakukan sebelumnya. Data yang ditampilkan antara lain id promo, nama promo, deskripsi paket promo, tanggal mulai dan berakhirnya promo, capacity, jumlah paket promo yang telah terjual serta harga promo. Pada setiap baris terdapat link update dan link delete. Di bagian bawah terdapat link insert untuk menambahkan paket promo baru.

32 226 Gambar 4.38 Halaman Update Promo untuk Admin Pada halaman ini, admin dapat meng-update data paket promo yang sebelumnya telah diisikan. Data yang dapat di-update oleh admin antara lain id promo, nama promo, deskripsi promo, tanggal mulai dan berakhirnya promo, capacity, jumlah paket yang telah terjual serta harga paket promo. Di bagian bawah terdapat tombol submit untuk melanjutkan proses update promo.

33 227 Gambar 4.39 Halaman Insert Promo untuk Admin Pada halaman ini, admin dapat menambahkan paket promo yang baru. Adapun data yang harus diisikan oleh admin antara lain id promo, nama promo, deskripsi, tanggal mulai dan berakhirnya promo, capacity, jumlah promo yang terjual serta harga paket promo. Dibagian bawah terdapat tombol submit untuk melanjutkan proses insert promo.

34 228 Gambar 4.40 Halaman Tour untuk Admin Pada halaman ini, admin dapat melihat keseluruhan data detil mengenai paket wisata. Data yang ditampilkan antara lain tujuan wisata, deskripsi dari paket wisata, dan harga. Pada setiap baris terdapat link update untuk meng-update data paket wisata dan link delete untuk menghapus paket wisata. Di bagian bawah terdapat link Insert yang berguna untuk menginputkan paket wisata baru.

35 229 Gambar 4.41 Halaman Update Tour untuk Admin Pada halaman ini, admin dapat meng-update data paket wisata. Data yang dapat diupdate antara lain tujuan wisata, deskripsi atau penjelasan paket wisata serta harga paket wisata. Di bagian bawah terdapat tombol submit untuk melanjutkan proses update.

36 230 Gambar 4.42 Halaman Insert Tour untuk Admin Pada halaman ini, admin dapat menambahkan paket wisata dengan mengisikan tujuan, deskripsi dari wisata, dan harga pada field-field yang telah disediakan. Setelah mengisikan data-data mengenai paket wisata, terdapat tombol submit yang akan menuju ke halaman tour agar dapat menambahkan paket wisata.

37 Evaluasi Sistem Evaluasi Basis Data (Database) a. Entity Integrity Perancangan basis data yang menyangkut kode unik (primary key) yang tidak boleh kosong (not null) saat basis data dibuat. Setiap atribut yang merupakan kode unik (primary key) memiliki kode yang lain daripada yang lain dan dapat dipakai sewaktu-waktu apabila terjadi kesamaan isi di atribut lain dalam entitas tersebut, misalnya atribut nama pada karyawan, dalam hal ini terdapat dua nama karyawan yang sama, sehingga yang mudah untuk dipakai dalam membedakan karyawan yang satu dengan yang lainnya adalah kode unik yang dimilikinya sehingga primary key setiap entitas tidak diperbolehkan kosong. b. Referential Integrity Integritas referensial dapat dilihat pada contoh entitas Reservasi yang memiliki foreign key TpKamar, apabila entitas TpKamar dihapus, maka foreign key IDTipeKamar yang ada pada entitas Reservasi akan dihapus juga. Jika integritas referensial memperbolehkan nilai null pada nilai foreign key dan entitas parent dihapus maka entitas child tidak ikut menghapus foreign key tapi nilai dari foreign key nya akan bernilai null. c. Domain Constraint Setiap atribut memiliki domain, yaitu satu set nilai yang valid. Salah satu contohnya adalah nomor telepon yang hanya diinputkan karakter angka dan akan menampilkan pesan kesalahan apabila diinputkan huruf Evaluasi Perancangan Antarmuka (User Interface) Penerapan delapan aturan emas perancangan antarmuka pada Hotel Peony: a. Berusaha untuk konsisten Perancangan tampilan layar dari web aplikasi Hotel Peony dibuat agar dapat mempertahankan konsistensi dari segi tampilan. Tampilan layar aplikasi ini menggunakan tabel yang tetap dengan menu utama pada bagian atas layar yang konsisten.

38 232 b. Memungkinkan penggunaan shortcut Perancangan navigasi pada web aplikasi Hotel Peony dibuat sedemikian rupa sehingga pengguna dapat mengakses setiap fitur penting dengan cepat. Beberapa shortcut juga terdapat pada tulisan untuk mempermudah pengguna mengenal fungsinya. c. Memberikan umpan balik yang imformatif Perancangan web aplikasi Hotel Peony dibuat sehingga sistem akan mengirimkan umpan balik kepada setiap aksi pengguna sehingga pengguna yang bersangkutan akan mendapatkan status kondisi yang sedang berlangsung sesuai dengan aksinya. Sistem juga akan memberikan informasi kepada pengguna apabila umpan balik tersebut membutuhkan aksi dari pengguna. d. Merancang dialog yang memberikan penutupan (kondisi akhir) Perancangan web aplikasi Hotel Peony dibuat sedemikian rupa sehingga pengguna dapat mengetahui keadaan akhir dari status kondisi yang sedang berlangsung. Sebagai contoh pembuatan akun baru, setelah pengguna mengisi semua form dengan benar pengguna mendapatkan hasil keadaan akhir apakah akun berhasil dibuat atau tidak. e. Memberikan pencegahan kesalahan dan penanganan kesalahan yang sederhana Perancangan web aplikasi Hotel Peony dirancang untuk meminimalkan pengguna untuk melakukan kesalahan. Misalnya dalam pembuatan akun baru apabila salah dalam pengisian data maka akan keluar pesan kesalahan. f. Memungkinkan membalikkan aksi yang mudah Perancangan web aplikasi Hotel Peony dibuat untuk memungkinkan membalikkan aksi yang mudah. g. Mendukung pusat kendali internal (Internal Locus of Control) Web aplikasi Hotel Peony dirancang sedemikian rupa sehingga pengguna diberi kebebasan untuk bernavigasi tanpa urutan yang ditentukan.

39 233 h. Mengurangi beban ingatan jangka pendek Penggunaan link di dalam aplikasi ini dibuat sesederhana mungkin sehingga pengguna mampu mengenal fungsi dari link dan gambar yang dimaksud. Kesimpulan dari evaluasi interaksi manusia dan komputer ini adalah : 1. Pada sistem yang kami buat, sistem sudah berhasil untuk konsisten terhadap menu-menu yang telah dirancang, kemudian dari hasil rancangan tersebut sudah terdapat shortcut yang mempermudah pengguna dapat mengakses halaman tertentu. Shortcut ini juga mengurangi beban ingatan jangka pendek sehingga pengguna dapat mengenal fungsi dari shortcut yang ada. Selain itu, shortcut juga memberikan kebebasan kepada pengguna untuk bernavigasi tanpa ditentukan urutannya oleh sistem. 2. Setiap pengguna yang berhasil melakukan registrasi pada halaman register akan mendapatkan dialog penutupan berupa informasi bahwa registrasi yang telah dilakukan oleh pengguna telah berhasil. Selain itu apabila pengguna melakukan kesalahan saat pengisian data pada halaman register misalnya pengisian nomor telepon yang tidak boleh menggunakan huruf, apabila diisi dengan huruf maka akan menampilkan pesan kesalahan, dan menampilkan informasi tentang penangganannya. Kemudian dengan membaca pesan kesalahan dan pesan penangganannya, tentunya sistem sudah memberikan informasi umpan balik yang informatif pula. Pada aplikasi ini, pengguna juga sudah dapat membalikkan aksi-aksi yang sederhana.

40 Setelah Anda menggunakan sistem reservasi online kami, bagaimana pendapat Anda? a. Sangat bagus b. Bagus c. Cukup bagus d. Kurang bagus

41 235 Hasil dari pertanyaan ini adalah 15 koresponden berpendapat bahwa sistem reservasi online kami sangat bagus, tetapi 8 koresponden berpendapat bahwa sistem reservasi online kami cukup bagus saja, dan 7 orang koresponden berpendapat sistem reservasi kami kurang bagus. 2. Menurut Anda, mudahkah pengoperasian sistem reservasi online kami? a. Sangat mudah b. Mudah c. Cukup mudah d. Sulit Hasil dari pertanyaan ini adalah 16 koresponden yang berpendapat bahwa sistem reservasi online kami sangat mudah digunakan. 8 orang koresponden berpendapat bahwa sistem reservasi online kami cukup mudah digunakan dan 6 orang koresponden berpendapat bahwa sistem reservasi online kami sulit digunakan. 3. Menurut Anda, apakah informasi yang diberikan dari sistem reservasi online kami sudah jelas? a. Sangat jelas b. Jelas c. Cukup jelas d. Kurang jelas

42 236 Hasil dari pertanyaan ini adalah 24 koresponden berpendapat bahwa informasi yang diberikan oleh sistem reservasi kami sudah sangat jelas dan 6 koresponden berpendapat bahwa sistem reservasi online ini jelas saja. 4. Menurut Anda, apakah informasi yang diberikan dari sistem reservasi online kami sudah lengkap? a. Ya b. Belum, karena Hasil dari pertanyaan ini adalah 23 koresponden berpendapat bahwa informasi yang diberikan oleh sistem reservasi online kami sudah lengkap. Kemudian 7 dari koresponden berpendapat bahwa informasi yang diberikan belum lengkap yaitu mengenai time limit ( batas waktu) konfirmasi ulang reservasi. Hanya untuk staff : 5. Menurut Anda, mudahkah pengoperasian sistem reservasi online kami? a. Sangat mudah b. Mudah c. Cukup mudah

43 237 d. Sulit Hasil dari pertanyaan ini adalah 21 koresponden berpendapat bahwa sistem reservasi online kami sangat mudah dioperasikan dan 9 dari koresponden berpendapat sistem reservasi online kami mudah digunakan. 6. Menurut Anda, apakah sistem reservasi online kami memudahkan pekerjaan Anda? a. Ya b. Tidak, karena Hasil pertanyaan ini adalah 30 koresponden berpendapat bahwa sistem reservasi online kami sangat membantu dan mempermudah pekerjaan para staff hotel. 7. Menurut Anda, apakah menu-menu yang ada dalam sistem reservasi online kami mudah untuk dimengerti? a. Sangat mudah b. Mudah c. Cukup mudah

44 238 d. Sulit Hasil dari pertanyaan ini 19 koresponden berpendapat bahwa pengoperasian menumenu sistem reservasi online kami sangat mudah untuk dimengerti dan 11 orang koresponden berpendapat bahwa pengoperasian menu-menu sistem reservasi online kami mudah dimengerti. 8. Menurut Anda, perlukah penambahan menu baru pada sistem reservasi online kami? a. Ya, yaitu b. Tidak Hasil pertanyaan ini adalah 26 koresponden berpendapat bahwa tidak perlunya penambahan menu pada sistem reservasi online kami, sedangkan 4 koresponden berpendapat bahwa perlu penambahan menu. 9. Apakah Anda mengalami kesulitan waktu menambahkan dan mengakses data pada sistem reservasi online kami? a. Ya, karena b. Tidak

45 239 Hasil pertanyaan ini adalah 27 koresponden berpendapat bahwa tidak mengalami kesulitan pada waktu menambahkan dan mengakses data pada sistem reservasi online kami, sedangkan 3 koresponden berpendapat bahwa mereka mengalami kesulitan dalam peng-update-an data baru karena harga kamar terkadang berubah sesuai dengan musim tertentu. Dari kesimpulan kuisioner yang telah dibagikan, kami menyimpulkan bahwa: 1. Sistem reservasi online yang telah kami buat dapat mempermudah reservasi hotel. 2. Informasi pada sistem reservasi online kami sudah sangat lengkap dan jelas. 3. Dari staff hotel berpendapat bahwa sistem reservasi online kami masih perlu dikembangkan dengan mengingat sering terjadinya perubahan data harga kamar pada musim tertentu. 4. Menu-menu yang ada dalam sistem reservasi online sangat mudah dimengerti tetapi perlu adanya perbaikan pada menu-menu tertentu.

customer sudah penuh, dan Ada Tempat jika hotel yang dicari ada. Gambar 4.50 Perancangan Layar Cek Hotel

customer sudah penuh, dan Ada Tempat jika hotel yang dicari ada. Gambar 4.50 Perancangan Layar Cek Hotel 299 Perancangan layar Cek Hotel Halaman ini berisi daftar customer yang telah memesan hotel. Ada 3 pilihan pada halaman ini, yaitu jenis kamar penuh, hotel penuh, dan ada tempat. Admin dapat memilih menu

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Dalam merancang dan membangun sistem penjualan online ini ada

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Dalam merancang dan membangun sistem penjualan online ini ada BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1. Implementasi Sistem Dalam merancang dan membangun sistem penjualan online ini ada beberapa spesifikasi perangkat lunak dan perangkat keras yang dibutuhkan. Perangkat

Lebih terperinci

Bab 4. Hasil dan Pembahasan

Bab 4. Hasil dan Pembahasan Bab 4 Hasil dan Pembahasan 4.1 Spesifikasi System 4.1.1 Spesifikasi Perangkat Keras Kebutuhan perangkat keras dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kebutuhan perangkat keras pada server dan client. Spesifikasi

Lebih terperinci

Gambar 4.32 Tampilan Layar Inquiries. Pada halaman ini, terdapat pertanyaan yang ditanyakan oleh user beserta jawaban dari

Gambar 4.32 Tampilan Layar Inquiries. Pada halaman ini, terdapat pertanyaan yang ditanyakan oleh user beserta jawaban dari 158 sebelumnya dengan meng-klik link Delete yang ada di sebelah kanan. Untuk melihat jawaban dari pihak PT.Nexian, user cukup meng-klik subject dari pertanyaan yang ada. Gambar 4.32 Tampilan Layar Inquiries

Lebih terperinci

Halaman Bidang Studi Guru. Gambar 4.25 Tampilan Halaman Bidang Studi Guru

Halaman Bidang Studi Guru. Gambar 4.25 Tampilan Halaman Bidang Studi Guru 172 4.1.5.19 Halaman Bidang Studi Guru Gambar 4.25 Tampilan Halaman Bidang Studi Guru Pada halaman ini akan ditampilkan bidang studi apa saja yang diajar oleh guru tersebut. Halaman ini muncul apabila

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Aplikasi 4.1.1 Kebutuhan Sumber Daya Perangkat Keras Server : 1. Processor Intel Pentium Core 2 Duo 1,8 Ghz atau lebih 2. Memory 2 GB DDR2 atau lebih 3.

Lebih terperinci

Gambar 4.26 Gambar Halaman Kategori. Ini merupakan gambar halaman Kategori untuk administrator, menampilkan semua

Gambar 4.26 Gambar Halaman Kategori. Ini merupakan gambar halaman Kategori untuk administrator, menampilkan semua Gambar 4.26 Gambar Halaman Kategori Ini merupakan gambar halaman Kategori untuk administrator, menampilkan semua kategori dan juga terdapat menu untuk menambahkan kategori baru, edit kategori, dan delete

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Pelaksanaan implementasi sistem bank soal pada Binus School Serpong. melibatkan beberapa elemen utama, yaitu:

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Pelaksanaan implementasi sistem bank soal pada Binus School Serpong. melibatkan beberapa elemen utama, yaitu: BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Pelaksanaan implementasi sistem bank soal pada Binus School Serpong melibatkan beberapa elemen utama, yaitu: 4.1.1 Spesifikasi Perangkat Keras Spesifikasi

Lebih terperinci

LAMPIRAN. 1. Cempaka Travel Tours ini bergerak dalam bidang apa? Cempaka Travel Tours adalah perusahaan yang menyediakan paket Travel & Liburan.

LAMPIRAN. 1. Cempaka Travel Tours ini bergerak dalam bidang apa? Cempaka Travel Tours adalah perusahaan yang menyediakan paket Travel & Liburan. LAMPIRAN Wawancara 1. Cempaka Travel Tours ini bergerak dalam bidang apa? Cempaka Travel Tours adalah perusahaan yang menyediakan paket Travel & Liburan. 2. Apa saja jasa yang ditawarkan Cempaka Travel

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Kebutuhan Pengembangan Sistem. mengembangkan sistem pemesanan berbasis web ini terdiri atas kebutuhan

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Kebutuhan Pengembangan Sistem. mengembangkan sistem pemesanan berbasis web ini terdiri atas kebutuhan BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1. Kebutuhan Sistem 4.1.1. Kebutuhan Pengembangan Sistem Pada tahap pengembangan sistem, hal-hal yang dibutuhkan dalam mengembangkan sistem pemesanan berbasis web ini

Lebih terperinci

Pembahasan cara-cara penggunaan website, seperti bagaimana. yang harus dilakukan oleh administrator, user atau pelanggan ketika mengakses web untuk

Pembahasan cara-cara penggunaan website, seperti bagaimana. yang harus dilakukan oleh administrator, user atau pelanggan ketika mengakses web untuk Petunjuk Pemakaian Sistem Pembahasan cara-cara penggunaan website, seperti bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan oleh administrator, user atau pelanggan ketika mengakses web untuk memperoleh informasi

Lebih terperinci

Gambar 4.38 Tampilan Layar Staff. menampilkan daftar perusahaan staff yang sudah tercatat atau

Gambar 4.38 Tampilan Layar Staff. menampilkan daftar perusahaan staff yang sudah tercatat atau 233 Gambar 4.38 Tampilan Layar Staff Tampilan layar Staff menampilkan daftar perusahaan staff yang sudah tercatat atau terdaftar. Jika link nama perusahaan diklik maka akan menampilkan tampilan layar Staff

Lebih terperinci

Gambar 4.32 Tampilan layar Reference to the Others pada User

Gambar 4.32 Tampilan layar Reference to the Others pada User 194 Gambar 4.32 Tampilan layar Reference to the Others pada User Pada halaman Reference to the Others ini setiap user dapat mereferensikan dan mempromosikan PT. Nusa Raya Cipta pada orang lain. 195 Gambar

Lebih terperinci

Gambar 4.72 Layar Login User

Gambar 4.72 Layar Login User 244 4.3.4 Kebutuhan Personil (Brainware) Kebutuhan personil yang diperlukan dalam implementasi aplikasi sistem basis data pada Fa. Trico Paint Factory adalah sebagai berikut : 1. Technical support, yaitu

Lebih terperinci

Gambar 4.35 Halaman Contact Us

Gambar 4.35 Halaman Contact Us 256 Gambar 4.35 Halaman Contact Us Pada gambar 4.35 dapat dilihat menu Contact Us, dimana pelanggan dapat memberikan saran, kritik, ataupun komentar melalui menu Contact Us tersebut. Pada halaman ini juga

Lebih terperinci

Gambar 4.75 Layar mengedit event

Gambar 4.75 Layar mengedit event 181 Gambar 4.75 Layar mengedit event Tampilan berikut digunakan Admin untuk mnengedit Event dengan cara melakukan perubahan pada detil event. 182 Gambar 4.76 Layar konfirmasi mengedit event Tampilan diatas

Lebih terperinci

Berikut ini merpakan prosedur penggunaan pada pengunjung yang belum mendaftar : Gambar 1 Halaman Home pada Guest

Berikut ini merpakan prosedur penggunaan pada pengunjung yang belum mendaftar : Gambar 1 Halaman Home pada Guest Prosedur Penggunaan Berikut ini merpakan prosedur penggunaan pada pengunjung yang belum mendaftar : 1. Halaman Home Gambar 1 Halaman Home pada Guest Halaman Home merupakan halaman paling awal yang bisa

Lebih terperinci

PROSEDUR PROGRAM. Berikut ini adalah petunjuk pemakaian aplikasi basis data penjualan, pembelian

PROSEDUR PROGRAM. Berikut ini adalah petunjuk pemakaian aplikasi basis data penjualan, pembelian PROSEDUR PROGRAM Berikut ini adalah petunjuk pemakaian aplikasi basis data penjualan, pembelian dan persediaan berbasis web pada PT.Datacomindo Mitrausaha. 1. Halaman Home Pada halaman utama Home, user

Lebih terperinci

Prosedur Menjalankan Aplikasi

Prosedur Menjalankan Aplikasi Prosedur Menjalankan Aplikasi 1. Halaman Home Gambar 4.1 Halaman Home Pada halaman ini berlaku untuk user, client dan admin.. Pada halaman ini terdapat tampilan menu di bagian atas web yaitu Home, Tentang

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM 152 BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM 4.1. Spesifikasi Sistem 4.1.1 Hardware Sistem yang dikembangkan menggunakan spesifikasi komputer sebagai berikut: 1. Prosesor Intel Core 2 Duo E4300 1,80 GHz,

Lebih terperinci

Prosedur Menjalankan Program

Prosedur Menjalankan Program Prosedur Menjalankan Program Terima kasih bagi pengguna aplikasi sistem penjualan berbasis web pada Sun Pratama Mandiri. Berikut merupakan langkah-langkah dalam penggunaan aplikasi. Disini kami akan menampilkan

Lebih terperinci

User Manual Aplikasi Surat Rekomendasi Ditjen SDPPI Kominfo

User Manual Aplikasi Surat Rekomendasi Ditjen SDPPI Kominfo User Manual Aplikasi Surat Rekomendasi Ditjen SDPPI Kominfo DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 1 1. LOGIN... 2 1.1 REGISTER... 2 1.2 MERUBAH DATA PROFILE USER... 3 1.3 LOGIN... 5 2. PERMOHONAN... 7 2.1 PENGAJUAN

Lebih terperinci

Aplikasi Surat Keluar Masuk Versi 1.0

Aplikasi Surat Keluar Masuk Versi 1.0 Aplikasi Surat Keluar Masuk Versi 1.0 1 Implementasi Bagian ini menjelaskan kebutuhan pengguna untuk membuat Aplikasi Surat Keluar Masuk Studi Kasus Biro Kerjasama Dan Kemahasiswaan Bagian ini juga menjelaskan

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Spesifikasi System Spesifikasi system database yang digunakan untuk aplikasi ini terbagi menjadi perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) dan Jaringan. 4.1.1

Lebih terperinci

Bab III PERANCANGAN SISTEM

Bab III PERANCANGAN SISTEM Bab III PERANCANGAN SISTEM 1.1 Analisa Kebutuhan Telah dijelaskan dibab satu tentang masalah yang muncul dalam proses pemesanan tiket bus, dengan memanfaatkan fasilitas internet yaitu website. Penulis

Lebih terperinci

1. Prosedur penggunaan aplikasi Gambar 1.1 Gambar Tampilan Layar Login

1. Prosedur penggunaan aplikasi Gambar 1.1 Gambar Tampilan Layar Login 1. Prosedur penggunaan aplikasi Gambar 1.1 Gambar Tampilan Layar Login Tampilan awal halaman pada aplikasi Sharing Education diawali dengan menu login seperti pada gambar 1.1 Gambar tampilan layar login.

Lebih terperinci

Petunjuk Pemakaian Sistem

Petunjuk Pemakaian Sistem Petunjuk Pemakaian Sistem Berikut ini adalah petunjuk pemakaian sistem dari aplikasi pengiriman barang PT. Buana Resota. Aplikasi ini dimulai dengan membuka browser, kemudian memasukkan alamat website.

Lebih terperinci

Manual Book For Customer

Manual Book For Customer Manual Book For Customer Daftar isi... 1 Pendaftaran member... 2 Login member... 3 Manajemen akun member... 8 Profil... 9 Ubah kata sandi... 9 Invoice... 9 Pesan admin... 10 Konfirmasi pembayaran... 10

Lebih terperinci

1.1.1 Prosedur Penggunaan Aplikasi Mobile. memasuki halaman login.

1.1.1 Prosedur Penggunaan Aplikasi Mobile. memasuki halaman login. 1.1.1 Prosedur Penggunaan Aplikasi Mobile 1.1.1.1 Login Pada tahap awal menjalankan aplikasi ini akan muncul halaman splash screen dengan durasi 3 detik. Berikut adalah tampilan halaman splash screen yang

Lebih terperinci

BAB III. PERANCANGAN SISTEM

BAB III. PERANCANGAN SISTEM 22 BAB III. PERANCANGAN SISTEM 3.1 Rancangan DFD Diagram arus data dari sistem informasi website CV Saint De Valo terdiri dari : a. Registrasi dan Login Proses ini merupakan proses awal ketika user mengakses

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN. mencoba semua fitur masing masing tingkatan pengguna. Untuk melakukan

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN. mencoba semua fitur masing masing tingkatan pengguna. Untuk melakukan BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN Pengujian aplikasi website Fontana Perkasa Motor ini dilakukan dengan mencoba semua fitur masing masing tingkatan pengguna. Untuk melakukan pengujian digunakan komputer

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Kebutuhan Implementasi Implementasi merupakan penerapan aplikasi database di lapangan sebagai solusi pengganti prosedur yang dijalankan sebelumnya. Dalam hal ini dari

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI. dirancang, spesifikasi perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) yang

BAB 4 IMPLEMENTASI. dirancang, spesifikasi perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) yang BAB 4 IMPLEMENTASI Bab ini akan menjabarkan tentang rencana implementasi dari aplikasi yang telah dirancang, spesifikasi perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) yang diperlukan untuk

Lebih terperinci

20. Halaman Detail Produk Setelah Login

20. Halaman Detail Produk Setelah Login 178 20. Halaman Detail Produk Setelah Login Gambar 4.20 Layar Customer-Detail Produk Setelah Login Halaman detail produk menampilkan informasi lengkap tentang produk beserta spesifikasinya dan harga. Terdapat

Lebih terperinci

Pada halaman ini terdapat 2 pilihan menu pertama insert data pegawai baru dan yang

Pada halaman ini terdapat 2 pilihan menu pertama insert data pegawai baru dan yang 231 Gambar 4.204 Halaman Pegawai Pada halaman ini terdapat 2 pilihan menu pertama insert data pegawai baru dan yang kedua view atau update data pegawai. 232 Gambar 4.205 Halaman Insert Pegawai Pada Halaman

Lebih terperinci

User Guide Membership.

User Guide Membership. User Guide Membership www.iapi.or.id Menu Membership LOGIN www.iapi.or.id/login LOGIN dibagi menjadi 2 kategori: 1. Login Member IAPI Menu ini digunakan untuk masuk ke dalam akun keanggotaan. Setiap anggota

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Spesifikasi System (Hardware, Software dan Jaringan) a. Spesifikasi Perangkat Keras (Hardware) Spesifikasi perangkat keras atau Hardware yang dibutuhkan oleh pengguna yang

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1. Implementasi Aplikasi yang dibuat ini, diimplementasikan dalam bentuk simulasi dengan penggunaan smartphone yang berbasiskan Android. 4.1.1. Spesifikasi Kebutuhan Perangkat

Lebih terperinci

Gambar 4.22 Layar Tambah Instruktur Admin

Gambar 4.22 Layar Tambah Instruktur Admin 270 Gambar 4.22 Layar Tambah Instruktur Admin Layar ini merupakan layar Tambah Instruktur untuk admin yang telah melakukan login. Layar ini berisi formulir pengisisan data-data diri instruktur. Tombol

Lebih terperinci

Bab 4. Implementasi dan Evaluasi. Seperti yang sudah dibahas pada bagian sebelumnya, aplikasi yang dibuat

Bab 4. Implementasi dan Evaluasi. Seperti yang sudah dibahas pada bagian sebelumnya, aplikasi yang dibuat 152 Bab 4 Implementasi dan Evaluasi 4 Implementasi dan evaluasi 4.1 Implementasi Seperti yang sudah dibahas pada bagian sebelumnya, aplikasi yang dibuat diharapkan dapat menjadi solusi pada perancangan

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL DAN BAHASAN Proses Bisnis dengan Menggunakan Pemasaran E-Marketing

BAB 4 HASIL DAN BAHASAN Proses Bisnis dengan Menggunakan Pemasaran E-Marketing BAB 4 HASIL DAN BAHASAN 4.1. Proses Bisnis dengan Menggunakan Pemasaran E-Marketing Hasil Desain 9 3 Website 1 E-mail Marketing 2 Memesan Jasa Manager Calon Pelanggan Hasil Desain 8 4 Marketing Plan Proposal

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Spesifikasi Perangkat Keras untuk Server: : Intel Core 2. 1 Ghz. : 1024 MB 133 Mhz

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Spesifikasi Perangkat Keras untuk Server: : Intel Core 2. 1 Ghz. : 1024 MB 133 Mhz BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Spesifikasi Implementasi 4.1.1 Spesifikasi Perangkat Keras untuk Server: Processor Memory Harddisk Space : Intel Core 2. 1 Ghz : 1024 MB 133 Mhz : 80 GB SCSI 4.1.2 Spesifikasi

Lebih terperinci

Tampilan Pesan Terkirim

Tampilan Pesan Terkirim 158 Tampilan Pesan Terkirim Gambar 4.69 Tampilan Pesan Terkirim Pada tampilan Pesan Terkirim terdapat konten berupa tabel yang terdiri dari kolom tempat untuk mencentang, penerima, subjek, tanggal pesan

Lebih terperinci

Prosedur penggunaan aplikasi

Prosedur penggunaan aplikasi Prosedur penggunaan aplikasi Tampilan awal halaman pada website PT. Cita Kartika Garmindo diawali dengan menu home. Pada tampilan ini, ditampilkan beberapa menu navigasi yang memandu pengguna dalam membeli

Lebih terperinci

BAB IV. Hasil dan Pembahasan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebuah website yang menampilkan produk-produk

BAB IV. Hasil dan Pembahasan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebuah website yang menampilkan produk-produk BAB IV Hasil dan Pembahasan 4.1 Hasil Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebuah website yang menampilkan produk-produk perusahaan pada CV. Indah Jati dan memberikan informasi mengenai produk yang

Lebih terperinci

Gambar 4.14 Tampilan Layar Visi dan Misi. button yang fungsinya sudah dijelaskan pada layar sebelumnya yang merupakan sub

Gambar 4.14 Tampilan Layar Visi dan Misi. button yang fungsinya sudah dijelaskan pada layar sebelumnya yang merupakan sub 136 4.1.4.1.14 Tampilan Layar Visi dan Misi Gambar 4.14 Tampilan Layar Visi dan Misi Layar ini akan muncul jika user mengklik sub button Visi dan Misi ANRI. Layar ini berisi visi dan misi lembaga ANRI.

Lebih terperinci

Gambar 1 Halaman Home pada Tampilan Awal

Gambar 1 Halaman Home pada Tampilan Awal 1 Petunjuk Pemakaian Aplikasi Berikut ini adalah petunjuk pemakaian aplikasi untuk halaman depan dan halaman untuk pengguna dari aplikasi basis data rekrutmen karyawan berbasiskan web pada PT. Inti Karya

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Sumber Daya yang Dibutuhkan Kebutuhan Perangkat Keras. b. Hardisk minimum 80GB. c. Memory 512MB.

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Sumber Daya yang Dibutuhkan Kebutuhan Perangkat Keras. b. Hardisk minimum 80GB. c. Memory 512MB. BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi 4.1.1 Sumber Daya yang Dibutuhkan Dalam mengimplementasikan sistem yang akan dijalankan, maka diperlukan beberapa kebutuhan yang harus disiapkan. Kebutuhankebutuhan

Lebih terperinci

User untuk mencari informasi yang dimaksud sesuai kebutuhan atau keinginan User. Tampilan History dan Status Jasa Warehouse

User untuk mencari informasi yang dimaksud sesuai kebutuhan atau keinginan User. Tampilan History dan Status Jasa Warehouse 133 Tampilan History dan Status Jasa Warehouse Gambar 4.43 Tampilan History dan Status Jasa Warehouse Pada tampilan History dan Status Jasa Warehouse terdapat konten berupa pilihan tampilan yang dinginkan,

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Menggunakan server dengan spesifikasi sebagai berikut : - Processor 1.2 GHz 2007 Opteron or 2007 Xeon processor

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Menggunakan server dengan spesifikasi sebagai berikut : - Processor 1.2 GHz 2007 Opteron or 2007 Xeon processor BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Spesifikasi Sistem Menggunakan server dengan spesifikasi sebagai berikut : - Processor 1.2 GHz 2007 Opteron or 2007 Xeon processor - Memory 512MB DDR - Harddisk 5GB

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan E-Procurement Indonesia Eximbank

Petunjuk Penggunaan E-Procurement Indonesia Eximbank 1. Halaman Utama E-Procurement Petunjuk Penggunaan E-Procurement Indonesia Eximbank Tab Menu Sidebar Pada Halaman Utama terdapat 4 buah Tab yang merupakan tautan untuk mengakses berbagai Menu Utama, yaitu:

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Spesifikasi System Sistem penjualan berbasis aplikasi web ini membutuhkan beberapa sumber daya untuk menunjang kinerja sistem secara efektif. Beberapa sumber daya yang dibutuhkan

Lebih terperinci

BAB III PERANCANGAN SISTEM

BAB III PERANCANGAN SISTEM 24 BAB III PERANCANGAN SISTEM 3.1 Flowchart User memilih pada menu utama yang berisi pilihan menu untuk menuju pada halaman tentang kami, produk kami, hubungi kami dan login admin. Jika user ingin membeli

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 234 BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Pada bagian implementasi, penulis akan menjelaskan mengenai spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak yang dibutuhkan sistem, jaringan yang dibutuhkan,

Lebih terperinci

Jika pada layar sub menu penjualan pada menu lihat PO, maka akan menampilkan data. mengenai PO yang ada pada perusahaan dan menu tambah PO.

Jika pada layar sub menu penjualan pada menu lihat PO, maka akan menampilkan data. mengenai PO yang ada pada perusahaan dan menu tambah PO. 346 Layar Lihat PO Jika pada layar sub menu penjualan pada menu lihat PO, maka akan menampilkan data mengenai PO yang ada pada perusahaan dan menu tambah PO. Gambar 4.145 Layar lihat PO Pada layar PO terdapat

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4. 1 Implementasi 4. 1. 1 Kebutuhan Sumber Daya Sumber daya yang dibutuhkan untuk menjalankan sistem pemesanan online di CV. Mega Mulia terdiri dari: perangkat keras, perangkat

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. sistem aplikasi basis data pada CV. Lumbung Rejeki yaitu : Monitor : SVGA 17. : Optical Mouse.

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. sistem aplikasi basis data pada CV. Lumbung Rejeki yaitu : Monitor : SVGA 17. : Optical Mouse. BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi 4.1.1 Spesifikasi Perangkat Keras Spesifikasi perangkat keras yang direkomendasikan untuk menerapkan sistem aplikasi basis data pada CV. Lumbung Rejeki

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Spesifikasi Sistem Pada spesifikasi sistem ini akan menjelaskan spesifikasi minimal yang disarankan untuk mengoperasikan aplikasi basis data ini. 4.1.1 Spesifikasi Perangkat

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN Spesifikasi Perangkat Keras (Hardware) yang direkomendasikan : Processor : Intel core i5 2,6 GHZ

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN Spesifikasi Perangkat Keras (Hardware) yang direkomendasikan : Processor : Intel core i5 2,6 GHZ BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Spesifikasi Sistem 4.1.1 Spesifikasi Perangkat Keras (Hardware) Berikut ini merupakan spesifikasi perangkat keras minimum yang direkomendasikan : Server Processor : Intel

Lebih terperinci

A. REGISTRASI SELLER DI PESANDULU.COM

A. REGISTRASI SELLER DI PESANDULU.COM A. REGISTRASI SELLER DI PESANDULU.COM Untuk menjadi seller di pesandulu.com, setiap seller harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Berikut ini adalah langkah- langkah untuk melakukan registrasi di

Lebih terperinci

ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM BASIS DATA PERPUSTAKAAN AKADEMIK PADA BADAN STANDARDISASI NASIONAL INDONESIA

ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM BASIS DATA PERPUSTAKAAN AKADEMIK PADA BADAN STANDARDISASI NASIONAL INDONESIA ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM BASIS DATA PERPUSTAKAAN AKADEMIK PADA BADAN STANDARDISASI NASIONAL INDONESIA Wiko Eka Putra Faculty of Computer Science, Bina Nusantara University Jl. Budi Raya No. 21, Kebon

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. yang dapat menunjang berjalannya sistem agar berjalan secara optimal. Dimana

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. yang dapat menunjang berjalannya sistem agar berjalan secara optimal. Dimana BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Dalam menjalankan suatu sistem perlu diperhatikan sistem spesifikasi apa saja yang dapat menunjang berjalannya sistem agar berjalan secara optimal. Dimana

Lebih terperinci

Ada 3 macam order yang dapat dilakukan oleh user, yaitu order mobil. ready stok, mobil indent, dan mobil bekas. Langkah-langkah user melakukan

Ada 3 macam order yang dapat dilakukan oleh user, yaitu order mobil. ready stok, mobil indent, dan mobil bekas. Langkah-langkah user melakukan 189 j. Proses Order Mobil Ada 3 macam order yang dapat dilakukan oleh user, yaitu order mobil ready stok, mobil indent, dan mobil bekas. Langkah-langkah user melakukan order mobil adalah sebagai berikut

Lebih terperinci

Halaman ini pada umumnya tidak berbeda dengan halaman Home sebelum. Login. Yang membedakan pada halaman ini yaitu pada bagian center ditampilkan

Halaman ini pada umumnya tidak berbeda dengan halaman Home sebelum. Login. Yang membedakan pada halaman ini yaitu pada bagian center ditampilkan 219 Halaman ini pada umumnya tidak berbeda dengan halaman Home sebelum Login. Yang membedakan pada halaman ini yaitu pada bagian center ditampilkan beberapa istilah-istilah yang berhubungan dengan produk

Lebih terperinci

Instalasi Aplikasi Pada Perangkat Mobile. instalasi aplikasi pada perangkat mobile berbasis android :

Instalasi Aplikasi Pada Perangkat Mobile. instalasi aplikasi pada perangkat mobile berbasis android : 1 Instalasi Aplikasi Berikut ini merupakan langkah langkah proses instalasi aplikasi untuk pengguna dan website untuk back end : Instalasi Aplikasi Pada Perangkat Mobile Berikut ini merupakan langkah langkah

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Pada bab ini akan dijelaskan tampilan hasil dari aplikasi yang telah dibuat, yang digunakan untuk memperjelas tentang tampilan-tampilan dari Sistem Informasi

Lebih terperinci

Gambar 1.1 Tampilan Layar Halaman Utama User

Gambar 1.1 Tampilan Layar Halaman Utama User Prosedur Menjalankan Program 1. Halaman Utama User Pada tahap ini, user yang ingin login dapat memilih berbagai menu yang telah disediakan, berbagai macam menunya seperti: Home, Member Area, Category,

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. tampilan layar sistem ERP CV.Gracia Jaya beserta prosedur penggunaannya

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. tampilan layar sistem ERP CV.Gracia Jaya beserta prosedur penggunaannya BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi 4.1.1 Prosedur Umum Pengunaan Sistem Sistem ERP yang di rancang pada CV.Gracia Jaya terdiri dari beberapa modul besar seperti Master, Inventory, Keuangan

Lebih terperinci

TUTORIAL APLIKASI ONLINE AGENDA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

TUTORIAL APLIKASI ONLINE AGENDA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG TUTORIAL APLIKASI ONLINE AGENDA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG 2012 DAFTAR ISI 1. PANDUAN UNTUK PENGGUNA (USER)... 3 1.1. CARA

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI. Gambar 4.1 Tampilan Database Nobel.

BAB IV IMPLEMENTASI. Gambar 4.1 Tampilan Database Nobel. BAB IV IMPLEMENTASI Tahap implementasi merupakan tahap kelanjutan dari tahap perancangan system. Dalam tahap ini juga merupakan tahap meletakan system supaya siap untuk dioperasikan dan dapat dilihat sebagai

Lebih terperinci

Halaman View Invoice. Berikut ini adalah rancangan untuk layar View Invoice:

Halaman View Invoice. Berikut ini adalah rancangan untuk layar View Invoice: 360 4.3.3.86 Halaman View Invoice Berikut ini adalah rancangan untuk layar View Invoice: Gambar 4.129 Halaman View Invoice Halaman ini berfungsi untuk menampilkan Invoice yang ada pada PT. Bina karakter

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Langkah implementasi merupakan langkah yang dilaksanakan sebagai bentuk integrasi dari perancangan sistem yang akan diaplikasikan pada sistem yang dirancang.

Lebih terperinci

Tampilan Halaman Specification Order Kategori Agenda

Tampilan Halaman Specification Order Kategori Agenda 335 4.4.2.16 Tampilan Halaman Specification Order Kategori Agenda Gambar 4.27 Tampilan halaman Specification Order kategori Agenda Bila button Cancel ditekan maka akan kembali ke halaman Order kategori

Lebih terperinci

Aplikasi Document Imaging untuk PT. XYZ dapat diakses melalui web browser

Aplikasi Document Imaging untuk PT. XYZ dapat diakses melalui web browser 4.3.4 Petunjuk Pemakaian Sistem Aplikasi Document Imaging untuk PT. XYZ dapat diakses melalui web browser yang terhubung dengan internet. Berikut ini adalah detail prosedur pemakaian dari aplikasi tersebut.

Lebih terperinci

3. Setelah ada notifikasi sukses, sistem kami akan mengirimkan aktivasi ke alamat yang Anda gunakan pada saat registrasi. Buka terse

3. Setelah ada notifikasi sukses, sistem kami akan mengirimkan  aktivasi ke alamat  yang Anda gunakan pada saat registrasi. Buka  terse Tutorial Media Owner Registrasi Media Owner 1. Klik tombol REGISTER di bagian kanan atas halaman web. 2. Masukkan informasi username, password dan email untuk membuat akun. Pilih peran Anda sebagai Media

Lebih terperinci

Bab 4. Hasil dan Pembahasan

Bab 4. Hasil dan Pembahasan 54 Bab 4 Hasil dan Pembahasan Pada bab ini berisi tentang penerapan sistem dan pembahasan, berdasarkan perancangan yang telah dilakukan pada bab tiga, serta pengujian sistem. Adapun tujuan implementasi

Lebih terperinci

PANDUAN SMART ONLINE

PANDUAN SMART ONLINE PANDUAN SMART ONLINE I. REGISTRASI 2 II. III. PEMESANAN 1. Permintaan Pemesanan 3 2. Konfirmasi Pemesanan Oleh Pengguna 5 3. Persetujuan Atasan 6 ALUR KERJA SMART ONLINE SYSTEM 1. Alur Registrasi 7 2.

Lebih terperinci

BAB 5 IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM 5.1. Impelementasi Sistem Tahap implementasi sistem merupakan tahap pengembangan perancangan sietem. Pada tahap ini dijelaskan mengenai, implementasi perangkat lunak,

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN 199 BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Spesifikasi Sistem 4.1.1 Spesifikasi Perangkat Keras Spesifikasi perangkat keras minimum yang diperlukan dalam implementasi data Perusahaan untuk server adalah sebagai

Lebih terperinci

Gambar Rancangan Layar Halaman Kuis Guru (Langkah Dua)

Gambar Rancangan Layar Halaman Kuis Guru (Langkah Dua) Gambar 4.149 Rancangan Layar Halaman Kuis Guru (Langkah Dua) 270 Gambar 4.150 Rancangan Layar Halaman Kuis Guru (Cek) 271 Gambar 4.151 Rancangan Layar Halaman Nilai Guru 272 Gambar 4.152 Rancangan Layar

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4. 1 Instalasi Software BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN Dalam pembuatan program ini penulis menggunakan XAMPP dalam menjalankan program aplikasi ini yang didalamnya sudah terdapat MySQL untuk mengelola

Lebih terperinci

BAB III ANALISIS DAN DESAIN SISTEM

BAB III ANALISIS DAN DESAIN SISTEM BAB III ANALISIS DAN DESAIN SISTEM III.1. Analisis Sistem yang Sedang Berjalan Sebuah sistem informasi dapat efektif jika sistem tersebut dapat memberikan gambaran secara detail dari karakteristik informasi

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 5.1 Implementasi Setelah sistem dianalisis dan di desain secara rinci, maka akan menuju tahap implementasi. Implementasi merupakan tahap meletakkan sistem sehingga siap

Lebih terperinci

RISTEKDIKTI PANDUAN PENGISISAN FORM

RISTEKDIKTI PANDUAN PENGISISAN FORM RISTEKDIKTI PANDUAN PENGISISAN FORM DAFTAR ISI DAFTAR ISI...II 1 AKSES WEBSITE... 1 1.1 LOG IN...2 1.2 LOG OUT...2 2 BERANDA... 3 3 WEB INOVASI... 6 3.1 DATA...6 3.1.1 Data Peneliti...6 3.1.1.1 Menambahkan

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Dalam mengimplementasikan sistem yang dijalankan, maka diperlukan beberapa

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Dalam mengimplementasikan sistem yang dijalankan, maka diperlukan beberapa BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1. Implementasi 4.1.1. Sumberdaya yang Dibutuhkan Dalam mengimplementasikan sistem yang dijalankan, maka diperlukan beberapa kebutuhan yang harus disiapkan. Kebutuhan-kebutuhan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN ANALISA

BAB IV HASIL DAN ANALISA BAB IV HASIL DAN ANALISA 4.1 Hasil Karya / Implementasi Hasil karya yang penulis buat ini adalah sebuah aplikasi informasi yang berbasis web yang berisi tentang informasi penjualan sepatu yang bertujuan

Lebih terperinci

Gambar 4.45 Tampilan Halaman Lihat Barang BOD

Gambar 4.45 Tampilan Halaman Lihat Barang BOD 369 Gambar 4.45 Tampilan Halaman Lihat Barang BOD Halaman Lihat barang menampilkan kode barang, nama barang, harga, dan kode jenis barang. Untuk melihat detail-nya dapat memilih icon folder. Terdapat pula

Lebih terperinci

BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN

BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN 3.1 TENTANG LAPANGAN TENA FUTSAL Lapangan TENA futsal berdiri pada tanggal 12 Juli tahun 2012. Lapangan ini berlokasi di kawasan Teluknaga, Tangerang. Lapangan TENA futsal

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Spesifikasi Rancangan 4.1.1 Spesifikasi Perangkat Lunak Spesifikasi perangkat lunak yang digunakan pada saat implementasi program aplikasi adalah : 1. Sistem Operasi

Lebih terperinci

BAB IV PROTOTYPE. 4.1 Perancangan Antarmuka

BAB IV PROTOTYPE. 4.1 Perancangan Antarmuka BAB IV PROTOTYPE 4.1 Perancangan Antarmuka Perancangan antarmuka pada aplikasi perpustakaan yang penulis buat meliputi Halaman Utama (Home), Halaman Anggota (User), Halaman Admin, Halaman Login, Halaman

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN BERMOTOR PANITIA

PETUNJUK PENGGUNAAN BERMOTOR PANITIA PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e-purchasing KENDARAAN BERMOTOR PANITIA Update 27 Februari 2014 Daftar Isi 1 Pendahuluan... 2 1.1 Alur Proses e-purchasing Kendaraan bermotor Pemerintah Dalam Aplikasi... 4

Lebih terperinci

USER MANUAL APLIKASI WHISTLE BLOWING SYSTEM

USER MANUAL APLIKASI WHISTLE BLOWING SYSTEM USER MANUAL APLIKASI WHISTLE BLOWING SYSTEM PT. SEMEN BATURAJA (Persero), Tbk 2015 WhistleBlowing System merupakan aplikasi yang disediakan oleh PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk bagi anda yang memiliki

Lebih terperinci

4. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. menggunakan metode interview atau wawancara. Hasil dari tahap ini adalah

4. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. menggunakan metode interview atau wawancara. Hasil dari tahap ini adalah 4. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1. Hasil Pengumpulan Data Pada tahap awal, penulis mengumpulkan data-data yang dibutuhkan sistem menggunakan metode interview atau wawancara. Hasil dari tahap ini adalah

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. mempersiapkan kebutuhan system (baik hardware maupun software), persiapan

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. mempersiapkan kebutuhan system (baik hardware maupun software), persiapan BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Di dalam tahap implementasi ini terdapat 3 sub tahap, yaitu mempersiapkan kebutuhan system (baik hardware maupun software), persiapan instalasi aplikasi,

Lebih terperinci

Link Nama digunakan untuk menuju halaman Data Absensi Siswa.

Link Nama digunakan untuk menuju halaman Data Absensi Siswa. 142 Gambar 4.15 Tampilan Halaman Absensi Kelas Tampilan Halaman Absensi Kelas akan menampilkan data-data siswa pada kelas yang dipilih. Link Nama digunakan untuk menuju halaman Data Absensi Siswa. Link

Lebih terperinci

Prosedur Menjalankan Program Analisis dan Perancangan Sistem Basis Data untuk

Prosedur Menjalankan Program Analisis dan Perancangan Sistem Basis Data untuk Prosedur Menjalankan Program Analisis dan Perancangan Sistem Basis Data untuk Perhitungan Nilai Kinerja Teknisi Teknologi Informasi dan Nilai Kinerja Vendor Berbasis Web Prototipe Model di Harian Kompas

Lebih terperinci

Tampilan Layar Hubungi Kami. tidak secara sembarangan memasukkan pesan.

Tampilan Layar Hubungi Kami. tidak secara sembarangan memasukkan pesan. 317 Tampilan Layar Hubungi Kami Halaman ini berisi informasi kinomagz agar user dapat menghubungi kinomagz.com. field kirim pesan hanya akan muncul apabila user telah melakukan login berguna agar user

Lebih terperinci

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN III.1 Analisis Proses Berbelanja Pada Minimarket Proses berbelanja merupakan langkah-langkah yang terjadi pada minimarket dalam melakukan kegiatan jual beli, dimana pihak

Lebih terperinci

BAB IV PERANCANGAN INTERFACE

BAB IV PERANCANGAN INTERFACE BAB IV PERANCANGAN INTERFACE 4.1 Interface Perancangan antarmuka mendeskripsikan rencana tampilan dari setiap Form yang akan digunakan pada tampilan sistem informasi sebenarnya. Perancangan antarmuka pada

Lebih terperinci

Prosedur Pemakaian Program:

Prosedur Pemakaian Program: Prosedur Pemakaian Program: Agar lebih jelas dalam memahami aplikasi yang telah dibuat, maka berikut adalah petunjuk cara pengoperasian aplikasi. Gambar 1 Halaman Login Pada halaman ini, user diminta untuk

Lebih terperinci