Gambar 4.14 Tampilan Layar Visi dan Misi. button yang fungsinya sudah dijelaskan pada layar sebelumnya yang merupakan sub

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Gambar 4.14 Tampilan Layar Visi dan Misi. button yang fungsinya sudah dijelaskan pada layar sebelumnya yang merupakan sub"

Transkripsi

1 Tampilan Layar Visi dan Misi Gambar 4.14 Tampilan Layar Visi dan Misi Layar ini akan muncul jika user mengklik sub button Visi dan Misi ANRI. Layar ini berisi visi dan misi lembaga ANRI. Di sebelah kiri layar juga terdapat 4 buah sub button yang fungsinya sudah dijelaskan pada layar sebelumnya yang merupakan sub menu dari profil ANRI. Terdapat pula 5 button utama dan kutipan berita yang dikemas dalam bentuk running text yang berfungsi seperti yang ada di layar home. Button-button tersebut bila diklik akan menuju ke layar berikutnya sesuai dengan pilihan user.

2 Tampilan Layar Sejarah Gambar 4.15 Tampilan Layar Sejarah Layar Sejarah yang bisa dilihat pada gambar 4.15 akan muncul jika user mengklik sub button sejarah. Layar Sejarah terdiri dari 3 layar, Ketiga layar tersebut berisi tentang sejarah lembaga ANRI. Di sebelah kiri layar juga terdapat 4 buah sub button yang sama seperti layar sebelumnya dan fungsinya sudah dijelaskan pada layar sebelumnya. Lalu pada sudut kanan bawah terdapat button next yang jika diklik akan menuju Layar Sejarah berikutnya yang merupakan lanjutan isi dari sejarah lembaga ANRI. Serta terdapat button back pada Layar Sejarah berikutnya yang berfungsi untuk menuju Layar Sejarah sebelumnya.

3 Tampilan Layar Tugas Pokok Gambar 4.16 Tampilan Layar Tugas Pokok Layar ini akan muncul jika user mengklik sub button Tugas Pokok. Layar ini berisi tugas pokok Lembaga ANRI. Terdapat pula 4 buah sub button yang fungsinya sudah dijelaskan pada layar sebelumnya yang merupakan sub menu dari profil ANRI. Terdapat pula 5 button utama dan kutipan berita yang dikemas dalam bentuk running text yang berfungsi seperti yang ada di layar home. Button-button tersebut bila diklik akan menuju ke layar berikutnya sesuai dengan pilihan user.

4 Tampilan Layar Struktur Organisasi Gambar 4.17 Tampilan Layar Struktur Organisasi Pada gambar 4.17 terlihat gambar dari layar struktur organisasi yang akan muncul bila user mengklik sub button struktur organisasi. Disebelah kiri dan kanan gambar struktur organisasi terdapat button navigasi yang dapat diklik jika user ingin melihat keseluruhan bagian gambar. Layar Struktur Organisasi terdiri dari 7 Layar. Button navigasi juga akan dimunculkan di setiap layar struktur organisasi berikutnya. Di sudut kanan bawah terdapat button next yang bila diklik akan menuju layar Struktur Organisasi berikutnya Serta terdapat button back pada Layar Sejarah berikutnya yang berfungsi untuk menuju Layar Sejarah sebelumnya.

5 Cara Penggunaan Aplikasi Kios Informasi pada Sistem Admin Tampilan Layar Login Gambar 4.18 Tampilan Layar Login Layar ini adalah layar yang pertama kali muncul ketika memasuki sistem admin. Pada layar ini terdapat button untuk login, yang mana admin sendiri sebelumnya sudah diberikan username dan password. Jadi admin tinggal memasukkan username dan password pada textinput yang telah disediakan untuk masuk ke Layar Home. Jika terjadi kesalahan penginputan data pada textinput username dan password, maka akan tampil command box wrong username or password pada Layar Login

6 Tampilan Layar Home Gambar 4.19 Tampilan Layar Home Layar ini akan muncul bila admin melakukan proses login terlebih dahulu. Pada layar ini terdapat 4 buah button utama yang terletak di kanan atas Layar Home dan 6 buah button yang merupakan kategori arsip. Button-button ini jika diklik maka akan menuju layar berikutnya sesuai dengan pilihan user. Terdapat pula button logout untuk menuju Layar Login

7 Tampilan Layar Agenda Kegiatan Gambar 4.20 Tampilan Layar Agenda Kegiatan Layar ini akan muncul bila admin mengklik button agenda. Menu ini berfungsi untuk menyampaikan segala bentuk kegiatan yang akan diadakan di ANRI. Pada layar ini, Terdapat 2 buah button update dan back, admin dapat mengisi agenda kegiatan pada textarea yang telah kami sediakan. Lalu klik button update, maka data yang dimasukkan akan secara otomatis muncul pada layar client. Jika agenda kegiatan sebelumnya sudah terisi, maka saat admin mengakses layar ini, data yang sebelumnya muncul sehingga admin bisa dengan mudah mengganti isi dari agenda kegiatan tersebut, lalu klik button update maka data langsung terupdate. Jika admin mengklik button back, maka akan kembali Layar Home.

8 Tampilan Layar Berita Terkini Gambar 4.21 Tampilan Layar Berita Terkini Layar ini akan muncul bila admin mengklik button berita. Menu ini berfungsi untuk menyampaikan berita terkini yang berada di ANRI. Pada layar ini, terdapat 4 buah button utama yang terletak di kanan atas layar dan 2 buah button update dan back. Di sini, admin dapat mengisi data berita terkini pada textarea yang telah kami sediakan. Lalu klik button update, maka data yang dimasukkan akan secara otomatis muncul pada layar client. Jika berita terkini sebelumnya sudah terisi, maka saat admin mengakses layar ini, data yang sebelumnya muncul sehingga admin bisa dengan mudah mengganti isi dari berita terkini tersebut, lalu klik button update maka data langsung terupdate. Jika admin mengklik button back, maka akan kembali Layar Home.

9 Tampilan Layar Running Text Gambar 4.22 Tampilan Layar Running Text Layar ini akan muncul bila admin mengklik button running text. Menu ini berfungsi untuk menyampaikan visi dan misi ANRI. Pada layar ini, terdapat 4 buah button utama yang terletak di kanan atas layar dan 2 buah button update dan back. Di sini, admin dapat mengisi data berita terkini pada textarea yang telah kami sediakan. Lalu klik button update, maka data yang dimasukkan akan secara otomatis muncul pada layar client. Jika data sebelumnya sudah terisi, maka saat admin mengakses layar ini, data yang sebelumnya muncul sehingga admin bisa dengan mudah mengganti isi dari running text tersebut, lalu klik button update maka data langsung terupdate. Jika admin mengklik button back, maka akan kembali Layar Home.

10 Tampilan Layar Arsip Rekaman Suara Gambar 4.23 Tampilan Layar Arsip Rekaman Suara Layar ini akan muncul jika admin mengklik button rekaman suara yang ada di Layar Home. Pada layar ini akan tampil semua data yang ada di MsAudio. Terdapat 2 button, yaitu button insert dan back. Jika admin mengklik salah satu data pada datagrid maka akan keluar update delete box, dimana didalamya terdapat button update dan delete. Jika admin mengklik button delete, maka akan muncul command box Do you really want to delete?. Jika admin mengklik button ok, maka data akan terhapus secara otomatis dari MsAudio. Jika admin mengklik button update dan insert maka akan menuju layar berikutnya sesuai pilihan admin. Lalu klik button back jika ingin kembali ke Layar Home.

11 Tampilan Layar Arsip Rekaman Suara Insert Gambar 4.24 Tampilan Layar Arsip Rekaman Suara Insert Layar ini akan muncul jika admin mengklik button insert yang ada pada Layar Arsip Rekaman Suara. Disini admin diharuskan mengisi ruangan, pengkisah, isi ringkasan, tahun, dan pewawancara pada textinput dan textarea yang telah disediakan. Lalu klik button insert, maka akan muncul command box insert data audio success dan secara otomatis data dari MsAudio akan langsung bertambah. Klik button back untuk kembali ke Layar Arsip Rekaman Suara.

12 Tampilan Layar Arsip Rekaman Suara Update Gambar 4.25 Tampilan Layar Arsip Rekaman Suara Update Layar ini akan muncul jika admin mengklik button update yang ada pada Layar Arsip Rekaman Suara. Data-data dari arsip rekaman suara yang akan diupdate akan muncul pada textinput dan textarea yang telah disediakan sehingga admin tinggal mengganti data dari textinput dan textarea mana yang akan diupdate. Lalu klik button update, akan muncul command box update data success. Setelah admin mengklik button ok, maka akan langsung dialihkan ke Layar Arsip Rekaman Suara. Klik button next untuk kembali ke Layar Arsip Rekaman Suara tanpa melakukan update.

13 Tampilan Layar Arsip Film Gambar 4.26 Tampilan Layar Arsip Film Layar ini akan muncul jika admin mengklik button film yang ada di Layar Home. Pada layar ini akan tampil semua data yang ada di MsFilm. Terdapat 2 button, yaitu button insert dan back. Jika admin mengklik salah satu data pada datagrid maka akan keluar update delete box, dimana didalamya terdapat button update dan delete. Jika admin mengklik button delete, maka akan muncul command box Do you really want to delete?. Jika admin mengklik button ok, maka data akan terhapus secara otomatis dari MsFilm. Jika admin mengklik button update dan insert maka akan menuju layar berikutnya sesuai pilihan admin. Lalu klik button back jika ingin kembali ke Layar Home.

14 Tampilan Layar Arsip Film Insert Gambar 4.27 Tampilan Layar Arsip Film Insert Layar ini akan muncul jika admin mengklik button insert yang ada pada Layar Arsip Film. Disini admin diharuskan mengisi ruangan, judul, masa putar, copyright, tahun produksi, dan deskripsi pada textinput dan textarea yang telah disediakan. Lalu klik button insert, maka akan muncul command box insert data film success dan secara otomatis data dari MsFilm akan langsung bertambah. Klik button back untuk kembali ke Layar Arsip Film.

15 Tampilan Layar Arsip Film Update Gambar 4.28 Tampilan Layar Arsip Film Update Layar ini akan muncul jika admin mengklik button update yang ada pada Layar Arsip Film. Data-data dari arsip film yang akan diupdate akan muncul pada textinput dan textarea yang telah disediakan sehingga admin tinggal mengganti data dari textinput dan textarea mana yang akan diupdate. Lalu klik button update, akan muncul command box update data success. Setelah admin mengklik button ok, maka akan langsung dialihkan ke Layar Arsip Film. Klik button next untuk kembali ke Layar Arsip Film tanpa melakukan update.

16 Tampilan Layar Arsip Kartografi Gambar 4.29 Tampilan Layar Arsip Kartografi Layar ini akan muncul jika admin mengklik button kartografi yang ada di Layar Home. Pada layar ini akan tampil semua data yang ada di MsPeta. Terdapat 2 button, yaitu button insert dan back. Jika admin mengklik salah satu data pada datagrid maka akan keluar update delete box, dimana didalamya terdapat button update dan delete. Jika admin mengklik button delete, maka akan muncul command box Do you really want to delete?. Jika admin mengklik button ok, maka data akan terhapus secara otomatis dari MsPeta. Lalu jika admin ingin menambah data, admin diharuskan mengisi ruangan, judul, skala, jenis peta dan kode unik pada textinput dan textarea yang telah disediakan. Lalu klik button insert, maka akan muncul command box insert data kartografi success

17 152 dan secara otomatis data akan langsung bertambah pada MsPeta. Jika admin mengklik button update maka akan menuju Layar Arsip Kartografi Update. Lalu klik button back jika ingin kembali ke Layar Home Tampilan Layar Arsip Kartografi Update Gambar 4.30 Tampilan Layar Arsip Kartografi Update Layar ini akan muncul jika admin mengklik button update yang ada pada Layar Arsip Kartografi. Data-data dari arsip kartografi yang akan diupdate akan muncul pada textinput dan textarea yang telah disediakan sehingga admin tinggal mengganti data dari textinput dan textarea mana yang akan diupdate. Lalu klik button update, akan muncul command box update data success. Setelah admin mengklik button ok, maka akan

18 153 langsung dialihkan ke Layar Arsip Kartografi. Klik button next untuk kembali ke Layar Arsip Kartografi tanpa melakukan update Tampilan Layar Arsip Foto Gambar 4.31 Tampilan Layar Arsip Foto Layar ini akan muncul jika admin mengklik button foto yang ada di Layar Home. Pada layar ini akan tampil semua data yang ada di MsFoto. Terdapat 2 button, yaitu button insert dan back. Jika admin mengklik salah satu data pada datagrid maka akan keluar update delete box, dimana didalamya terdapat button update dan delete. Jika admin mengklik button delete, maka akan muncul command box Do you really want to delete?. Jika admin mengklik button ok, maka data akan terhapus secara otomatis dari MsFoto. Jika admin mengklik button update dan insert maka akan menuju layar

19 154 berikutnya sesuai pilihan admin. Lalu klik button back jika ingin kembali ke Layar Home Tampilan Layar Arsip Foto Insert Gambar 4.32 Tampilan Layar Arsip Foto Insert Layar ini akan muncul jika admin mengklik button insert yang ada pada Layar Arsip Foto. Disini admin diharuskan mengisi ruangan, wilayah, tempat, subyek, nomor file, dan deskripsi pada textinput dan textarea yang telah disediakan. Lalu klik button insert, maka akan muncul command box insert data foto success dan secara otomatis data dari MsFoto akan langsung bertambah. Klik button back untuk kembali ke Layar Arsip Foto.

20 Tampilan Layar Arsip Foto Update Gambar 4.33 Tampilan Layar Arsip Foto Update Layar ini akan muncul jika admin mengklik button update yang ada pada Layar Arsip Foto. Data-data dari arsip foto yang akan diupdate akan muncul pada textinput dan textarea yang telah disediakan sehingga admin tinggal mengganti data dari textinput dan textarea mana yang akan diupdate. Lalu klik button update, akan muncul command box update data success. Setelah admin mengklik button ok, maka akan langsung dialihkan ke Layar Arsip Foto. Klik button next untuk kembali ke Layar Arsip Foto tanpa melakukan update.

21 Tampilan Layar Arsip Tekstual Gambar 4.34 Tampilan Layar Arsip Tekstual Layar ini akan muncul jika admin mengklik button tekstual yang ada di Layar Home. Pada layar ini akan tampil semua data yang ada di MsTekstual. Terdapat 2 button, yaitu button insert dan back. Jika admin mengklik salah satu data pada datagrid maka akan keluar update delete box, dimana didalamya terdapat button update dan delete. Jika admin mengklik button delete, maka akan muncul command box Do you really want to delete?. Jika admin mengklik button ok, maka data akan terhapus secara otomatis dari MsTekstual. Jika admin mengklik button update dan insert maka akan menuju layar berikutnya sesuai pilihan admin. Lalu klik button back jika ingin kembali ke Layar Home.

22 Tampilan Layar Arsip Tekstual Insert Gambar 4.35 Tampilan Layar Arsip Tekstual Insert Layar ini akan muncul jika admin mengklik button insert yang ada pada Layar Arsip Tekstual. Disini admin diharuskan mengisi ruangan, judul, bagian, tanggal, dan deskripsi pada textinput dan textarea yang telah disediakan. Lalu klik button insert, maka akan muncul command box insert data tekstual success dan secara otomatis data dari MsTekstual akan langsung bertambah. Klik button back untuk kembali ke Layar Arsip Tekstual.

23 Tampilan Layar Arsip Tekstual Update Gambar 4.36 Tampilan Layar Arsip Tekstual Update Layar ini akan muncul jika admin mengklik button update yang ada pada Layar Arsip Tekstual. Data-data dari arsip tekstual yang akan diupdate akan muncul pada textinput dan textarea yang telah disediakan sehingga admin tinggal mengganti data dari textinput dan textarea mana yang akan diupdate. Lalu klik button update, akan muncul command box update data success. Setelah admin mengklik button ok, maka akan langsung dialihkan ke Layar Arsip Tekstual. Klik button next untuk kembali ke Layar Arsip Tekstual tanpa melakukan update.

24 Tampilan Layar Arsip Video Gambar 4.37 Tampilan Layar Arsip Video Layar ini akan muncul jika admin mengklik button video yang ada di Layar Home. Pada layar ini akan tampil semua data yang ada di MsVideo. Terdapat 2 button, yaitu button insert dan back. Jika admin mengklik salah satu data pada datagrid maka akan keluar update delete box, dimana didalamya terdapat button update dan delete. Jika admin mengklik button delete, maka akan muncul command box Do you really want to delete?. Jika admin mengklik button ok, maka data akan terhapus secara otomatis dari MsVideo. Lalu jika admin ingin menambah data, admin diharuskan mengisi ruangan, master kaset, paket, format, tanggal, dan judul pada textinput dan textarea yang telah disediakan. Lalu klik button insert, maka akan muncul command box insert data video

25 160 success dan secara otomatis data akan langsung bertambah pada MsVideo. Jika admin mengklik button update maka akan menuju Layar Arsip Video Update. Lalu klik button back jika ingin kembali ke Layar Home Tampilan Layar Arsip Video Update Gambar 4.38 Tampilan Layar Arsip Video Update Layar ini akan muncul jika admin mengklik button update yang ada pada Layar Arsip Video. Data-data dari arsip video yang akan diupdate akan muncul pada textinput dan textarea yang telah disediakan sehingga admin tinggal mengganti data dari textinput dan textarea mana yang akan diupdate. Lalu klik button update, akan muncul command box update data success. Setelah admin mengklik button ok, maka akan langsung

26 161 dialihkan ke Layar Arsip Video. Klik button next untuk kembali ke Layar Arsip Video tanpa melakukan update. 4.2 Evaluasi Aplikasi Kuesioner Evaluasi Analisis evaluasi terhadap pengunjung ini dibuat berdasarkan kuesioner yang disebarkan pada 42 responden berupa pengunjung Arsip Nasional Republik Indonesia pada tanggal 5 mei 2008, 7 mei 2008, 8 mei 2008, dan 9 mei Kuesioner yang kami sebarkan terdiri dari 4 pertanyaan. Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang kami ajukan kepada para pengunjung beserta analisanya. Tabel 4.1 Kuesioner Evaluasi 1. Apakah anda merasa kesulitan dalam menggunakan kios informasi ini? a. Sangat Kesulitan b. Cukup Kesulitan c. Ti dak Kesulitan Sangat Kesulitan Cukup Kesulitan Ti dak Kesulitan : 0 orang : 1 orang : 41 orang Gambar 4.39 Diagram hasil kuesioner pertanyaan nomor 1 Berdasarkan gambar 4.39 dapat disimpulkan bahwa hampir pengunjung merasakan kemudahan dalam mengakses kios informasi ini

27 Menurut anda apakah kios informasi ini telah sesuai dengan kebutuhan anda? a. Sesuai b. Kurang sesuai c. Ti dak se suai Sesuai Kurang Sesuai Ti dak Sesuai : 39 orang : 3 orang : 0 orang Gambar 4.40 Diagram hasil kuesioner pertanyaan nomor 2 Berdasarkan gambar 4.40 dapat disimpulkan bahwa kios informasi yang kami buat telah memenuhi kebutuhan pengunjung dan juga dapat dismpulkan bahwa pengunjung sangat membutuhkan kios informasi ini. 3. Apakah user interface pada kios nformasi ini menarik sehingga anda ingin mencoba menggunakan kios informasi ini? a. Sangat Menarik b. Menarik c. Kurang Menarik Sangat Menarik Menarik Kurang Menarik : 37 orang : 3 orang : 2 orang Gambar 4.41 Diagram hasil kuesioner pertanyaan nomor 3 Berdasarkan gambar 4.41 dapat disimpulkan bahwa user interface pada kios nformasi ini sangat menarik sehingga pengunjung ingin mencoba menggunakan kios informasi ini.

28 Menurut anda apa saja yang menarik perhatian anda dari kios informasi ini (Boleh menjawab lebih dari satu jawaban)? a. Mudah digunakan b. Informasi yang lengkap dan uptodate c. Tampilan yang menarik Mudah digunakan Informasi yang lengkap dan uptodate Tampilan yang menarik : 38 orang : 40 orang : 39 orang Gambar 4.42 Diagram hasil kuesioner pertanyaan nomor 4 Berdasarkan gambar 4.42 dapat disimpulkan bahwa yang harus diperhatikan dari pembuatan kios informasi yaitu mudah digunakan, menyajikan informasi yang lengkap dan uptodate, serta tampilan yang menarik Wawancara Terhadap Pihak ANRI Dari hasil wawancara evaluasi yang dilakukan pada tanggal 8 mei 2008 dengan Bapak Eko selaku staf humas yang bertindak sebagai administrator pada aplikasi ini maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini sudah sesuai dengan kebutuhan dari pihak ANRI dalam mengupdate informasi yang ingin ditampilkan.

29 Evaluasi dari Sudut Pandang IMK Analisa yang dibuat berdasarkan eight golden rules seperti yang dipelajari dalam mata kuliah IMK. 1. Berusaha Konsisten Dalam aplikasi ini kekonsistenan tampilan sangat diperhatikan dan dipertahankan, terlihat dari struktur dan susunan layar yang tidak banyak perubahan, dan tombol-tombol menu yang tidak banyak mengalami perubahan. Gambar 4.43 Contoh Tampilan layar yang konsisten

30 Umpan Balik yang Informatif Setiap tombol berfungsi sesuai fungsinya masing-masing sewaktu diklik, jika dalam fitur search user melakukan pencarian yang query-nya tidak ada pada database, maka akan ditampilkan message box data not found dan apabila user belum memasukkan data pada textinput keyword maka akan ditampilkan message box insert keyword Gambar 4.44 Contoh Tampilan layar umpan balik yang informatif

31 Merancang Dialog yang Menghasilkan Keadaan Akhir Pada sistem admin setiap tombol berfungsi sesuai fungsinya masing-masing sewaktu di-klik, setiap ada perubahan state user diberi tahu tentang state apa yang user sedang lakukan yang terlihat pada setiap title dari kotak dialog, jika ada suatu aksi dari user yang perlu konfirmasi lanjutan maka user akan ditampilkan message box dengan informasi yang sesuai Gambar 4.45 Contoh Tampilan layar dialog-dialog

32 Memperbolehkan User untuk Membatalkan Suatu Aksi Untuk admin yang akan merubah sesuatu yang tidak bisa dirubah kembali seperti men-delete data. Maka user akan diberi message box konfirmasi sehingga user dapat menekan tombol cancel untuk membatalkan aksi user tersebut Gambar 4.46 Contoh Layar Pembatalan Suatu Aksi 5. Mendukung penggunaan internal control User memegang kendali penuh terhadap alur program ini berjalan, semuanya perubahan state merupakan response dari program karena user menekan suatu button. Perpindahan layar ditentukan oleh user sendiri. Gambar 4.47 Contoh Layar Internal Control

33 Mengurangi Beban Ingatan Jangka Pendek Tampilan program yang sederhana dan kekonsistenan tampilan program. Membuat program ini tidak memerlukan penghafalan materi. Oleh karena itu akan mengurangi beban ingatan jangka pendek user Gambar 4.48 Contoh Layar Home pada Admin Gambar 4.49 Contoh Layar Home pada Client

34 Evaluasi Kelebihan dan Kekurangan Sistem Setiap program pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan, bahkan program yang paling canggih pasti mempunyai kekurangan. Oleh karena itu diharapkan dengan diketahuinya kelebihan dan kekurangan aplikasi kios informasi ini dapat membantu dalam pengembangan maupun perbaikan lebih lanjut. 1. Kekurangan aplikasi antara lain : a. Hanya bisa berjalan di windows, tidak bisa multi platform. b. Aplikasi ini tidak dapat menampilkan inputan data dari Admin secara realtime c. Kecepatan dalam menampilkan data yang berupa informasi seputar ANRI bergantung pada spesifikasi komputer yang digunakan. 2. Kelebihan aplikasi antara lain : a. Navigasi yang sederhana Posisi button-button menu yang selalu sama memudahkan user untuk bernavigasi antar Layar. b. Fasilitas Searching Kelebihan aplikasi ini dibandingkan dengan aplikasi sebelumnya adalah aplikasi ini memungkinkan user untuk meng-search data arsip yang di inginkan. c. Tidak perlu melakukan proses instalasi Aplikasi ini dapat berjalan hanya dengan mengcopy aplikasi beserta datanya yang telah dikemas ke dalam satu folder. d. Insert, Update, dan delete Data yang ada di kios informasi bisa dengan mudah diinsert, diupdate, dan didelete sehingga data akan selalu uptodate.

BAB 3 ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. Tahun 1967 merupakan suatu periode yang sangat penting bagi Arsip Nasional,

BAB 3 ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. Tahun 1967 merupakan suatu periode yang sangat penting bagi Arsip Nasional, BAB 3 ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM 3.1 Latar Belakang Perusahaan Tahun 1967 merupakan suatu periode yang sangat penting bagi Arsip Nasional, karena berdasarkan Keputusan Presiden 228/1967 tanggal 2

Lebih terperinci

maka akan langsung keluar ke bagian menu awal. Sedangkan dibagian bawah sebelah

maka akan langsung keluar ke bagian menu awal. Sedangkan dibagian bawah sebelah 99 - Authorized Training - Special Class - Lain lain Pada bagian kanan atas terdapat button atau tombol menu utama, apabila di klik maka akan langsung keluar ke bagian menu awal. Sedangkan dibagian bawah

Lebih terperinci

Halaman Bidang Studi Guru. Gambar 4.25 Tampilan Halaman Bidang Studi Guru

Halaman Bidang Studi Guru. Gambar 4.25 Tampilan Halaman Bidang Studi Guru 172 4.1.5.19 Halaman Bidang Studi Guru Gambar 4.25 Tampilan Halaman Bidang Studi Guru Pada halaman ini akan ditampilkan bidang studi apa saja yang diajar oleh guru tersebut. Halaman ini muncul apabila

Lebih terperinci

4.20, kemudian kilk tombol Ya untuk melanjutkan penghapusan atau klik Tidak

4.20, kemudian kilk tombol Ya untuk melanjutkan penghapusan atau klik Tidak 76 4.20, kemudian kilk tombol Ya untuk melanjutkan penghapusan atau klik Tidak untuk membatalkan penghapusan. Gambar 4.18 Layar Tambah Barang Pada Layar Tambah Barang ini terdapat text box mengenai keterangan

Lebih terperinci

Gambar 4.26 Gambar Halaman Kategori. Ini merupakan gambar halaman Kategori untuk administrator, menampilkan semua

Gambar 4.26 Gambar Halaman Kategori. Ini merupakan gambar halaman Kategori untuk administrator, menampilkan semua Gambar 4.26 Gambar Halaman Kategori Ini merupakan gambar halaman Kategori untuk administrator, menampilkan semua kategori dan juga terdapat menu untuk menambahkan kategori baru, edit kategori, dan delete

Lebih terperinci

ada submenu untuk pengaturan user.

ada submenu untuk pengaturan user. 179 4. Layar Menu User Disini tampilan untuk melihat submenu user, jika diklik maka akan ada submenu untuk pengaturan user. Gambar 4.90 Layar Menu User Jika kita klik submenu logout, maka kita akan dikembalikan

Lebih terperinci

BAB 4. Perancangan e-hrm

BAB 4. Perancangan e-hrm BAB 4 Perancangan e-hrm 4.1 Site Map user Dari masalah yang terjadi, maka didapatlah solusi yaitu dengan membuat e- HRM, yaitu e-training, e-performance appraisal dan e-career management pada Hero. Berikut

Lebih terperinci

Aplikasi Document Imaging untuk PT. XYZ dapat diakses melalui web browser

Aplikasi Document Imaging untuk PT. XYZ dapat diakses melalui web browser 4.3.4 Petunjuk Pemakaian Sistem Aplikasi Document Imaging untuk PT. XYZ dapat diakses melalui web browser yang terhubung dengan internet. Berikut ini adalah detail prosedur pemakaian dari aplikasi tersebut.

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM 4.1 Implementasi 4.1.1 Kebutuhan Sumber Daya Untuk dapat menjalankan aplikasi dibutuhkan perangkat keras, yaitu komputer dengan spesifikasi tertentu dan perangkat

Lebih terperinci

Gambar 4.72 Layar Login User

Gambar 4.72 Layar Login User 244 4.3.4 Kebutuhan Personil (Brainware) Kebutuhan personil yang diperlukan dalam implementasi aplikasi sistem basis data pada Fa. Trico Paint Factory adalah sebagai berikut : 1. Technical support, yaitu

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi 4.1.1 Spesifikasi Sistem Hardware Spesifikasi hardware yang disarankan untuk menjalankan aplikasi ini adalah sebagai berikut: Processor Intel Pentium 4

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 234 BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Pada bagian implementasi, penulis akan menjelaskan mengenai spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak yang dibutuhkan sistem, jaringan yang dibutuhkan,

Lebih terperinci

Aplikasi Tata Persuratan Berbasis Web Perum Jasa Tirta II. bertujuan untuk memenuhi kebutuhan di setiap Unit Kerja, sebuah

Aplikasi Tata Persuratan Berbasis Web Perum Jasa Tirta II. bertujuan untuk memenuhi kebutuhan di setiap Unit Kerja, sebuah PENDAHULUAN Aplikasi Tata Persuratan Berbasis Web Perum Jasa Tirta II bertujuan untuk memenuhi kebutuhan di setiap Unit Kerja, sebuah program aplikasi yang dapat mengukur tingkat kualitas kinerja sebuah

Lebih terperinci

Gambar 4.32 Tampilan Layar Inquiries. Pada halaman ini, terdapat pertanyaan yang ditanyakan oleh user beserta jawaban dari

Gambar 4.32 Tampilan Layar Inquiries. Pada halaman ini, terdapat pertanyaan yang ditanyakan oleh user beserta jawaban dari 158 sebelumnya dengan meng-klik link Delete yang ada di sebelah kanan. Untuk melihat jawaban dari pihak PT.Nexian, user cukup meng-klik subject dari pertanyaan yang ada. Gambar 4.32 Tampilan Layar Inquiries

Lebih terperinci

Prosedur Penggunaan Program Gambar 4.7 Halaman Home

Prosedur Penggunaan Program Gambar 4.7 Halaman Home Prosedur Penggunaan Program Gambar 4.7 Halaman Home Tampilan di atas merupakan halaman home atau halaman awal pada website Hotel Peony. Pada tampilan ini, di bagian kiri atas terdapat logo Hotel Peony,

Lebih terperinci

Bab 4. Implementasi dan Evaluasi. Seperti yang sudah dibahas pada bagian sebelumnya, aplikasi yang dibuat

Bab 4. Implementasi dan Evaluasi. Seperti yang sudah dibahas pada bagian sebelumnya, aplikasi yang dibuat 152 Bab 4 Implementasi dan Evaluasi 4 Implementasi dan evaluasi 4.1 Implementasi Seperti yang sudah dibahas pada bagian sebelumnya, aplikasi yang dibuat diharapkan dapat menjadi solusi pada perancangan

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNA APLIKASI KOMPILASI DATA TIK PROVINSI JAWA BARAT

PANDUAN PENGGUNA APLIKASI KOMPILASI DATA TIK PROVINSI JAWA BARAT PANDUAN PENGGUNA APLIKASI KOMPILASI DATA TIK PROVINSI JAWA BARAT BAB I. APLIKASI KOMPILASI DATA TIK Aplikasi Kompilasi Data TIK bisa di akses di halaman berikut : http://komdat.jabarprov.go.id/ Aplikasi

Lebih terperinci

Bab IV. Analisa Perancangan Desain

Bab IV. Analisa Perancangan Desain 51 Bab IV Analisa Perancangan Desain 4.1 User Interface Pada bab ini di gambarkan mengenai user interface dari sistem yang akan di buat, yang merupakan bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung

Lebih terperinci

Gambar 4.48 Gambar Layar Halaman Partisipasi-Informasi 2. Jika dimasukkan kata yang salah atau tidak terdapat pada program maka akan

Gambar 4.48 Gambar Layar Halaman Partisipasi-Informasi 2. Jika dimasukkan kata yang salah atau tidak terdapat pada program maka akan Gambar 4.48 Gambar Layar Halaman Partisipasi-Informasi 2 Jika dimasukkan kata yang salah atau tidak terdapat pada program maka akan ditampilkan teks bertuliskan Maaf, kami tidak dapat mencari informasi

Lebih terperinci

tentang perubahan kondisi aplikasi dijalankan :

tentang perubahan kondisi aplikasi dijalankan : 253 Gambar 4.22 Halaman Ganti Password Halaman ini digunakan oleh semua pengguna aplikasi ini untuk menggantikan kode sandi pengaksesan aplikasi. Dengan memasukkan kode sandi lama, kemudian memasukkan

Lebih terperinci

Bab 4. Hasil dan Pembahasan

Bab 4. Hasil dan Pembahasan Bab 4 Hasil dan Pembahasan 4.1 Spesifikasi System 4.1.1 Spesifikasi Perangkat Keras Kebutuhan perangkat keras dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kebutuhan perangkat keras pada server dan client. Spesifikasi

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. 1. Processor : Core 2 duo 2,2 Ghz. 4. VGA : Graphic Media Accelerator x Input : Keyboard dan Mouse

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. 1. Processor : Core 2 duo 2,2 Ghz. 4. VGA : Graphic Media Accelerator x Input : Keyboard dan Mouse BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi 4.1.1 Spesifikasi Hardware Hardware yang digunakan pada percobaan implementasi Sistem Monitoring Berbasis Fuzzy pada Rumah Sakit menggunakan spesifikasi

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. Setelah melalui proses perancangan dan pengkodean program, maka

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. Setelah melalui proses perancangan dan pengkodean program, maka 47 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Hasil Setelah melalui proses perancangan dan pengkodean program, maka dihasilkan suatu aplikasi pengolahan data service pada CV. Salsabila Multi Jasa Palembang, adapun

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. perangkat pendukung yang berupa piranti lunak dan perangkat keras. Adapun

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. perangkat pendukung yang berupa piranti lunak dan perangkat keras. Adapun BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Katalog Produk Dalam perancangan dan pembuatan katalog produk ini membutuhkan perangkat pendukung yang berupa piranti lunak dan perangkat keras. Adapun

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. aplikasi. Proses implementasi basis data dilakukan dengan menggunakan DDL dari

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. aplikasi. Proses implementasi basis data dilakukan dengan menggunakan DDL dari BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1. Implementasi Implementasi adalah proses realisasi fisikal dari rancangan basis data dan aplikasi. Proses implementasi basis data dilakukan dengan menggunakan DDL dari

Lebih terperinci

BAB IV ANALISA PERANCANGAN DESAIN

BAB IV ANALISA PERANCANGAN DESAIN BAB IV ANALISA PERANCANGAN DESAIN 4.1 User Interface Pada bab ini di gambarkan mengenai user interface dari sistem yang akan di buat, yang merupakan bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan

Lebih terperinci

PANDUAN APLIKASI 2014

PANDUAN APLIKASI 2014 PANDUAN APLIKASI 2014 I. INSTALASI Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan instalasi aplikasi SimpulDESA : 1. Klik dua kali pada file setup. 2. Klik tombol Next pada dialog yang muncul. Dialog Awal

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1. Implementasi Aplikasi yang dibuat ini, diimplementasikan dalam bentuk simulasi dengan penggunaan smartphone yang berbasiskan Android. 4.1.1. Spesifikasi Kebutuhan Perangkat

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Spesifikasi Hardware dan Software yang diperlukan

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Spesifikasi Hardware dan Software yang diperlukan BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1. Implementasi kiosk Informasi 4.1.1 Spesifikasi Hardware dan Software yang diperlukan Hardware dan software yang dibutuhkan untuk mengoperasikan kiosk informasi Pondok

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Perangkat ajar yang dirancang oleh penulis diharapkan dapat membantu

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Perangkat ajar yang dirancang oleh penulis diharapkan dapat membantu 80 BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi 4.1.1 Implementasi Perangkat Ajar Perangkat ajar yang dirancang oleh penulis diharapkan dapat membantu guru dan siswa SMU tahun kedua dalam mempelajari

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. perangkat keras yang disarankan sebagai berikut: Tabel 4.1 Spesifikasi Game

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. perangkat keras yang disarankan sebagai berikut: Tabel 4.1 Spesifikasi Game BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Spesifikasi Game 4.1.1 Perangkat Keras (Hardware) Agar game ini dapat dijalankan dengan baik, diperlukan spesifikasi perangkat keras yang disarankan sebagai berikut:

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. yang akan didistribusikan kedalam jaringan client-server. Pada bagian client terdapat

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. yang akan didistribusikan kedalam jaringan client-server. Pada bagian client terdapat 163 BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Kios informasi ini akan diimplementasikan menggunakan jaringan komputer yang akan didistribusikan kedalam jaringan client-server. Pada bagian client

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. pengunjung yang membutuhkan informasi-informasi yang terdapat di dalam Mal

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. pengunjung yang membutuhkan informasi-informasi yang terdapat di dalam Mal BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Aplikasi kios informasi Mal Senayan City ini ditujukan kepada para pengunjung yang membutuhkan informasi-informasi yang terdapat di dalam Mal Senayan City. 4.1 Komponen

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. spesifikasi sistem. Dimana spesifikasi sistem tersebut mencakup spesifikasi

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. spesifikasi sistem. Dimana spesifikasi sistem tersebut mencakup spesifikasi BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Sistem 4.1.1 Spesifikasi Sistem Dalam melakukan implementasi suatu sistem perlu diperhatikan spesifikasi sistem. Dimana spesifikasi sistem tersebut mencakup

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Spesifikasi Perangkat Keras yang dibutuhkan

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Spesifikasi Perangkat Keras yang dibutuhkan BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Spesifikasi Sistem 4.1.1 Spesifikasi Perangkat Keras yang dibutuhkan Spesifikasi perangkat keras (hardware) minimal yang direkomendasikan untuk menjalankan aplikasi

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Spesifikasi Rancangan 4.1.1 Spesifikasi Perangkat Lunak Spesifikasi perangkat lunak yang digunakan pada saat implementasi program aplikasi adalah : 1. Sistem Operasi

Lebih terperinci

Buka website nya pada

Buka website nya pada Petunjuk Pengisian Borang Buka website nya pada http://borangs2.web44.net/borang/index.php 1. Login Page Halaman awal saat membuka http://borangs2.web44.net/borang/index.php, masukkan: Username : 5 digit

Lebih terperinci

Buku Manual. Download, Aplikasi Aspak, dan Tanya Jawab.

Buku Manual. Download, Aplikasi Aspak, dan Tanya Jawab. Buku Manual Gambar diatas adalah halaman awal yang akan muncul pada saat pertama kali membuka situs aspak.buk.depkes.go.id. Lalu dibawah judul terdapat beberapa link yaitu : Beranda, Halaman Download,

Lebih terperinci

Layar ini akan muncul ketika pengguna memilih icon Latihan Soal. Pada Latihan Soal

Layar ini akan muncul ketika pengguna memilih icon Latihan Soal. Pada Latihan Soal Layar ini akan muncul ketika pengguna memilih icon Latihan Soal. Pada Latihan Soal terdapat dua tipe soal yaitu berupa Soal Animasi dan Pilihan Ganda. Di dalam menu Soal Animasi terdapat dua submenu di

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Sistem yang telah dianalisis dan dirancang akan digunakan sebagai alat bantu

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Sistem yang telah dianalisis dan dirancang akan digunakan sebagai alat bantu BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Rencana Implementasi Sistem yang telah dianalisis dan dirancang akan digunakan sebagai alat bantu penyebaran informasi tentang bagaimana cara menggunakan website IDI

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Perangkat keras yang digunakan untuk membuat aplikasi ini yaitu: 1. Processor Intel(R) Core(TM) Duo 2.

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Perangkat keras yang digunakan untuk membuat aplikasi ini yaitu: 1. Processor Intel(R) Core(TM) Duo 2. BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi 4.1.1 Spesifikasi Perancangan Aplikasi Perangkat keras yang digunakan untuk membuat aplikasi ini yaitu: 1. Processor Intel(R) Core(TM) Duo 2.20 GHz 2. Memory

Lebih terperinci

Sistem Informasi Pendistribusian Penjualan Velg

Sistem Informasi Pendistribusian Penjualan Velg Sistem Informasi Pendistribusian Penjualan Velg No Kode Program : VBNET02 www.101peluangbisnis.com Bahasa Pemograman VB. NET + Database Ms. Access Terima kasih telah memilih aplikasi pengolahan data di

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 62 BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Implementasi merupakan kelanjutan dari kegiatan perancangan sistem dan dapat disebut sebagai usaha untuk mewujudkan sistem yang dirancang. Pada tahapan

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN Kebutuhan Perangkat Keras Mobile. perangkat keras yang memiliki spesifikasi sebagai berikut:

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN Kebutuhan Perangkat Keras Mobile. perangkat keras yang memiliki spesifikasi sebagai berikut: BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Spesifikasi Sistem Dalam mengimplementasikan aplikasi Find Hypermart dibutuhkan perangkat pendukung berupa perangkat keras dan perangkat lunak sebagai kebutuhan dalam sistem.

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM. yang digunakan adalah : 1. Processor Pentium III. 2. Memory 2 GigaByte DDR 2 RAM

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM. yang digunakan adalah : 1. Processor Pentium III. 2. Memory 2 GigaByte DDR 2 RAM BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM 4.1 Implementasi 4.1.1 Spesifikasi Software Piranti keras diperlukan untuk membuat perangkat ajar ini. Piranti keras yang digunakan adalah : 1. Processor Pentium

Lebih terperinci

Manual. Alokasi Mengajar

Manual. Alokasi Mengajar Manual Alokasi Mengajar Binus University Software Laboratory Cente r 2011 Splash Screen Gambar 1. Tampilan Layar Halaman Splash Screen Pada saat pertama kali aplikasi dijalankan akan muncul layar Splash

Lebih terperinci

Gambar Rancangan Layar Halaman Kuis Guru (Langkah Dua)

Gambar Rancangan Layar Halaman Kuis Guru (Langkah Dua) Gambar 4.149 Rancangan Layar Halaman Kuis Guru (Langkah Dua) 270 Gambar 4.150 Rancangan Layar Halaman Kuis Guru (Cek) 271 Gambar 4.151 Rancangan Layar Halaman Nilai Guru 272 Gambar 4.152 Rancangan Layar

Lebih terperinci

Gambar 4.63 Halaman Jenis Download (buat baru) (Admin)

Gambar 4.63 Halaman Jenis Download (buat baru) (Admin) 143 Gambar 4.63 Halaman Jenis Download (buat baru) (Admin) Gambar di atas merupakan halaman kategori download (buat baru). Pada menu kategori download (buat baru) diatas digunakan untuk menambahkan kategori

Lebih terperinci

Gambar 4.75 Layar mengedit event

Gambar 4.75 Layar mengedit event 181 Gambar 4.75 Layar mengedit event Tampilan berikut digunakan Admin untuk mnengedit Event dengan cara melakukan perubahan pada detil event. 182 Gambar 4.76 Layar konfirmasi mengedit event Tampilan diatas

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Dalam mengimplementasikan sistem yang dijalankan, maka diperlukan beberapa

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Dalam mengimplementasikan sistem yang dijalankan, maka diperlukan beberapa BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1. Implementasi 4.1.1. Sumberdaya yang Dibutuhkan Dalam mengimplementasikan sistem yang dijalankan, maka diperlukan beberapa kebutuhan yang harus disiapkan. Kebutuhan-kebutuhan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Implementasi Sistem Dalam implementasi sistem program aplikasi portal berita dibagi dalam beberapa kategori, yaitu kategori administrator dan editor serta user biasa dan

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1. Implementasi Berikut ini adalah implementasi dalam pembuatan sistem yang diajukan. 4.1.1. Spesifikasi Perangkat Keras dan Perangkat Lunak Berikut ini adalah spesifikasi

Lebih terperinci

1 P a n d u a n A p l i k a s i S i H a r g a W i

1 P a n d u a n A p l i k a s i S i H a r g a W i 1 P a n d u a n A p l i k a s i S i H a r g a W i Daftar Isi Daftar Isi... 2 A. Login Aplikasi SiHargaWi... 3 B. Input Data Harga Barang di Pasar... 9 C. Website Sihargawi... 17 D. Penutup... 22 2 P a

Lebih terperinci

Berikut merupakan prosedur penggunaan pada non-login :

Berikut merupakan prosedur penggunaan pada non-login : Prosedur Penggunaan Berikut merupakan prosedur penggunaan pada non-login : 1. Beranda untuk Umum Gambar 4.1 Beranda Untuk Umum Pada halaman ini, user dapat membaca pengumuman yang telah diterbitkan oleh

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Spesifikasi Sistem 4.1.1 Spesifikasi Perangkat Keras Spesifikasi perangkat keras yang diperlukan dalam menjalankan aplikasi basisdata pada PT. Logwin Logistic Indonesia adalah

Lebih terperinci

BAB 3 PERANCANGAN PROGRAM

BAB 3 PERANCANGAN PROGRAM BAB 3 PERANCANGAN PROGRAM 3.1. Spesifikasi Rumusan Rancangan Program aplikasi ini terdiri dari 2 bagian, bagian input data dan bagian analisis data. Bagian Input Data: pada bagian ini user akan diminta

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Implementasi Berikut ini merupakan rincian spesifikasi untuk proses implementasi yang meliputi rincian spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak. 4.1.1 Spesifikasi

Lebih terperinci

MODUL ADMINISTRATOR WEBSITE SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH (SKPD) PEMERINTAH KABUPATEN KLUNGKUNG

MODUL ADMINISTRATOR WEBSITE SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH (SKPD) PEMERINTAH KABUPATEN KLUNGKUNG MODUL ADMINISTRATOR WEBSITE SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH (SKPD) PEMERINTAH KABUPATEN KLUNGKUNG 1. PENGELOLAAN WEBSITE DENGAN MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) Pada Website SKPD Pemkab Klungkung

Lebih terperinci

BAB 3 ANALISIS DAN PERANCANGAN PROGRAM. sequential (waterfall). Metode ini terdiri dari empat tahapan, yaitu: analisis,

BAB 3 ANALISIS DAN PERANCANGAN PROGRAM. sequential (waterfall). Metode ini terdiri dari empat tahapan, yaitu: analisis, BAB 3 ANALISIS DAN PERANCANGAN PROGRAM Perancangan program aplikasi dalam skripsi ini menggunakan aturan linear sequential (waterfall). Metode ini terdiri dari empat tahapan, yaitu: analisis, perancangan,

Lebih terperinci

Gambar 4.56 Halaman Tentang Kami

Gambar 4.56 Halaman Tentang Kami Untuk melihat peraturan user dapat mengklik link Peraturan dan akan muncul layar di bawah ini: Gambar 4.55 Halaman Peraturan Kemudian jika user ingin melihat profile Perpustakaan BPPT, maka user dapat

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan baik oleh user

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan baik oleh user BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Spesifikasi Spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan baik oleh user dan admin adalah sebagai berikut: 4.1.1 Spesifikasi Perangkat Keras Berikut

Lebih terperinci

Prosedur Menjalankan Aplikasi

Prosedur Menjalankan Aplikasi Prosedur Menjalankan Aplikasi 1. Install & Jalankan Xampp. 2. Masukan folder yang berisikan data aplikasi(php,css) kedalam folder htdocs, yang berada di dalam folder xampp. 3. Kemudian buka browser anda

Lebih terperinci

PROSEDUR MANUAL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2012 PENDAHULUAN PETUNJUK PENGOPERASIAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK. Pengguna : Mahasiswa

PROSEDUR MANUAL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2012 PENDAHULUAN PETUNJUK PENGOPERASIAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK. Pengguna : Mahasiswa PROSEDUR MANUAL PETUNJUK PENGOPERASIAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK Pengguna : Mahasiswa FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2012 PENDAHULUAN Sistem Informasi Akademik (SIMAK) Fakultas Teknik merupakan

Lebih terperinci

pengguna memilih menu forum.

pengguna memilih menu forum. 313 20. Halaman Forum Gambar 4.23 Tampilan Halaman Forum Pada halaman forum terdapat sebuah tabel yang terbagi menjadi kolom topik, penulis (nama pengguna yang mengisi membuat topik tersebut), jumlah balasan,

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Sistem Tahap implemetasi dan pengujian adalah tahap dimana suatu sistem yang telah selesai dibuat akan dijalankan atau testing dengan berpatokan pada

Lebih terperinci

PROSEDUR MENJALANKAN PROGRAM

PROSEDUR MENJALANKAN PROGRAM PROSEDUR MENJALANKAN PROGRAM 1. Cara Instalasi Aplikasi Klien Untuk menjalankan aplikasi ini, pertama-tama harus memasukkan CD ke CD/ DVD-ROM. Setelah itu, pengguna dapat mengklik drive CD/DVD-ROM untuk

Lebih terperinci

Sistem Informasi Pengadaan ATK ( Alat Tulis Kantor )

Sistem Informasi Pengadaan ATK ( Alat Tulis Kantor ) Sistem Informasi Pengadaan ATK ( Alat Tulis Kantor ) No Kode Program : VBNET03 www.101peluangbisnis.com Bahasa Pemograman VB. NET + Database SQL Server Terima kasih telah memilih aplikasi pengolahan data

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi 4.1.1 Kebutuhan Perangkat Keras Agar aplikasi dapat dijalankan dengan lancar, diperlukan spesifikasi standar dari suatu perangkat keras. Ada beberapa spesifikasi

Lebih terperinci

User Manual Aplikasi Surat Rekomendasi Ditjen SDPPI Kominfo

User Manual Aplikasi Surat Rekomendasi Ditjen SDPPI Kominfo User Manual Aplikasi Surat Rekomendasi Ditjen SDPPI Kominfo DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 1 1. LOGIN... 2 1.1 REGISTER... 2 1.2 MERUBAH DATA PROFILE USER... 3 1.3 LOGIN... 5 2. PERMOHONAN... 7 2.1 PENGAJUAN

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 91 4.1 Spesifikasi Perangkat Ajar 4.1.1 Perangkat Keras (Hardware) BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Agar perangkat ajar ini dapat diimplementasikan dengan baik, diperlukan konfigurasi perangkat keras sebagai

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI PERANCANGAN

BAB IV IMPLEMENTASI PERANCANGAN BAB IV IMPLEMENTASI PERANCANGAN 4.1 Rancangan Layar Gambar 4.1 Struktur rancangan sistem pengarsipan Surat Ukur secara digital 4.2 Perancangan Database Tahap awal dalam perancangan sistem ini yaitu membuat

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Pelaksanaan implementasi sistem bank soal pada Binus School Serpong. melibatkan beberapa elemen utama, yaitu:

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Pelaksanaan implementasi sistem bank soal pada Binus School Serpong. melibatkan beberapa elemen utama, yaitu: BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Pelaksanaan implementasi sistem bank soal pada Binus School Serpong melibatkan beberapa elemen utama, yaitu: 4.1.1 Spesifikasi Perangkat Keras Spesifikasi

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Pada bab ini akan dijelaskan tampilan hasil dari aplikasi yang telah dibuat, yang digunakan untuk memperjelas tentang tampilan-tampilan dari Sistem Informasi

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1. Implementasi Setelah melakukan perancangan maka tahap selanjutnya adalah mengimplementasikan sistem berdasarkan rancangan yang sudah dibuat sebelumnya. Fase ini merupakan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Pada bab ini akan dijelaskan tampilan hasil dari aplikasi yang telah dibuat, yang digunakan untuk memperjelas tentang tampilan-tampilan yang ada pada aplikasi

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Spesifikasi Perangkat Keras untuk Server: : Intel Core 2. 1 Ghz. : 1024 MB 133 Mhz

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Spesifikasi Perangkat Keras untuk Server: : Intel Core 2. 1 Ghz. : 1024 MB 133 Mhz BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Spesifikasi Implementasi 4.1.1 Spesifikasi Perangkat Keras untuk Server: Processor Memory Harddisk Space : Intel Core 2. 1 Ghz : 1024 MB 133 Mhz : 80 GB SCSI 4.1.2 Spesifikasi

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN Spesifikasi Perangkat Keras (Hardware)

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN Spesifikasi Perangkat Keras (Hardware) BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Implementasi Aplikasi 4.1.1 Spesifikasi Sistem 4.1.1.1 Spesifikasi Perangkat Keras (Hardware) Spesifikasi Perangkat Keras Ponsel yang direkomendasikan untuk pengguna agar

Lebih terperinci

LAMPIRAN : CARA MENJALANKAN PROGRAM

LAMPIRAN : CARA MENJALANKAN PROGRAM LAMPIRAN : CARA MENJALANKAN PROGRAM 1. Instalasi Aplikasi XAMPP versi 1.7.4 a. Jika anda sudah memiliki file XAMPP 1.7.4. anda tinggal double click file tersebut. Kemudian akan muncul pilihan bahasa. Pilih

Lebih terperinci

Pengguna CMS Joomla Oleh: Herman Dwi Surjono, Ph.D.

Pengguna CMS Joomla Oleh: Herman Dwi Surjono, Ph.D. Pengguna CMS Joomla Oleh: Herman Dwi Surjono, Ph.D. http://elearning-jogja.org/personal 1. Pendahuluan CMS (Content Management System) adalah sistem aplikasi web yang dapat digunakan untuk memudahkan mengelola

Lebih terperinci

Gambar 4.30 Tampilan Layar Merchandise. dengan merek jual grup musik samsons seperti t-shirt, sticker, jaket, dan produk yang

Gambar 4.30 Tampilan Layar Merchandise. dengan merek jual grup musik samsons seperti t-shirt, sticker, jaket, dan produk yang 343 29. Tampilan Layar Merchandise Gambar 4.30 Tampilan Layar Merchandise Pada gambar 4.30 menjelaskan halaman merchandise berisi informasi produk dengan merek jual grup musik samsons seperti t-shirt,

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Spesifikasi Implementasi Dalam implementasi perangkat ajar tersebut, akan dibahas mengenai perangkatperangkat yang digunakan dalam mengembangkan aplikasi tersebut (hardware)

Lebih terperinci

Tampilan layar menu login

Tampilan layar menu login L1 Tampilan layar menu login Merupakan form awal dari aplikasi. Pada Form Login terdapat field untuk mengisi nama user dengan password nya. Tombol ok digunakan untuk mengkomfirmasi username dan password.

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. mempersiapkan kebutuhan system (baik hardware maupun software), persiapan

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. mempersiapkan kebutuhan system (baik hardware maupun software), persiapan BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Di dalam tahap implementasi ini terdapat 3 sub tahap, yaitu mempersiapkan kebutuhan system (baik hardware maupun software), persiapan instalasi aplikasi,

Lebih terperinci

BAB 3 PERANCANGAN SISTEM

BAB 3 PERANCANGAN SISTEM BAB 3 PERANCANGAN SISTEM 3.1 Analisis Sistem Untuk memulai membangun suatu program aplikasi berupa aplikasi mengenai kamus digital istilah bidang IT, penulis terlebih dahulu merencanakan alur kerja berdasarkan

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Website ini diharapkan dapat menjadi sistem pemasaran yang tepat untuk ADH Creative House dan juga sebagai tempat untuk memberikan informasi yang jelas

Lebih terperinci

PEDOMAN TEKNIS SISTEM PENGELOLAAN DATABASE JALAN PROPINSI DAN KABUPATEN/KOTA

PEDOMAN TEKNIS SISTEM PENGELOLAAN DATABASE JALAN PROPINSI DAN KABUPATEN/KOTA 7 LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PEKERJAAN UMUM REPUBLIK INDONESIA NOMOR 18/PRT/M/2011 TENTANG PEDOMAN TEKNIS SISTEM PENGELOLAAN DATABASE JALAN PROVINSI DAN KABUPATEN/KOTA PEDOMAN TEKNIS SISTEM PENGELOLAAN

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Aplikasi 4.1.1 Kebutuhan Sumber Daya Perangkat Keras Server : 1. Processor Intel Pentium Core 2 Duo 1,8 Ghz atau lebih 2. Memory 2 GB DDR2 atau lebih 3.

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Sistem/Aplikasi 4.1.1 Spesifikasi Sistem Agar sistem dapat berjalan dengan baik pada Artefact, maka harus disediakan beberapa faktor pendukung yang memadai.

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1. Implementasi Berikut ini adalah implementasi dalam pembuatan sistem yang diajukan. 4.1.1 Spesifikasi Perangkat Keras dan Perangkat Lunak Berikut ini adalah spesifikasi

Lebih terperinci

MANUAL PROCEDURE PETUNJUK PENGOPERASIAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK. Pengguna: Mahasiswa

MANUAL PROCEDURE PETUNJUK PENGOPERASIAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK. Pengguna: Mahasiswa MANUAL PROCEDURE PETUNJUK PENGOPERASIAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK Pengguna: Mahasiswa UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2008 PENDAHULUAN Sistem Informasi Akademik dibangun untuk memudahkan struktur pengelolaan data

Lebih terperinci

BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN Form Menu Utama Gambar 5.1 Form Menu Utama Form menu utama ini merupakan form utama untuk memanggil seluruh form lainnya. Melalui form ini, aplikasi perpustakaan ini dijalankan.

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Sumber Daya yang Dibutuhkan Kebutuhan Perangkat Keras. b. Hardisk minimum 80GB. c. Memory 512MB.

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Sumber Daya yang Dibutuhkan Kebutuhan Perangkat Keras. b. Hardisk minimum 80GB. c. Memory 512MB. BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi 4.1.1 Sumber Daya yang Dibutuhkan Dalam mengimplementasikan sistem yang akan dijalankan, maka diperlukan beberapa kebutuhan yang harus disiapkan. Kebutuhankebutuhan

Lebih terperinci

Gambar 4.40 Layar Pelanggan

Gambar 4.40 Layar Pelanggan 162 penghapusan dapat ditekan tombol tidak, maka akan kembali ke layar pegawai. 1. Layar Pelanggan Kemudian jika user meng-klik menu pelanggan maka akan ditampilkan layar pelanggan dan muncul submenu input

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. perpustakaan MTs. An Nuriyah Gresik dibutuhkan : 1. Sistem Operasi Microsoft Windows XP Profesional

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. perpustakaan MTs. An Nuriyah Gresik dibutuhkan : 1. Sistem Operasi Microsoft Windows XP Profesional 92 BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 5.1 Sistem Yang Digunakan Untuk dapat menjalankan aplikasi sistem informasi sirkulasi pelayanan perpustakaan MTs. An Nuriyah Gresik dibutuhkan : 5.1.1 Software Pendukung

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. siswa bahasa Jepang Dasar I sebagai alat bantu belajar diluar jam kursus.

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. siswa bahasa Jepang Dasar I sebagai alat bantu belajar diluar jam kursus. 172 BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Perangkat Ajar bahasa Jepang LM PATRA dapat digunakan oleh seluruh siswa bahasa Jepang Dasar I sebagai alat bantu belajar diluar jam kursus. Perangkat

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi 4.1.1 Spesifikasi yang Diperlukan Agar aplikasi game Book of Phantasm beroperasi dengan baik maka dibutuhkan spesifikasi komputer sebagai berikut: a. Spesifikasi

Lebih terperinci

Petunjuk pemakaian sistem dilampirkan dan dijelaskan, sebagai berikut :

Petunjuk pemakaian sistem dilampirkan dan dijelaskan, sebagai berikut : 72 Petunjuk Pemakaian Sistem Petunjuk pemakaian sistem dilampirkan dan dijelaskan, sebagai berikut : 1. Layar Login Gambar 1 Tampilan Layar Menu Awal Pada halaman ini, muncul menu utama, yaitu Beranda,

Lebih terperinci

PETUNJUK TEKNIS OPERASIONAL SISTEM INFORMASI TATA PERSURATAN SITP

PETUNJUK TEKNIS OPERASIONAL SISTEM INFORMASI TATA PERSURATAN SITP PETUNJUK TEKNIS OPERASIONAL SISTEM INFORMASI TATA PERSURATAN SITP SUB BAGIAN DATA DAN INFORMASI BAGIAN PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN KATA PENGANTAR Dalam rangka mempermudah pengelolaan/penataan surat di

Lebih terperinci

disebelah kiri layar.

disebelah kiri layar. 189 Gambar 4.85 Halaman Home Administrator Layar di atas merupakan layar yang pertama kali diakses oleh administrator setalah sukses melakukan login. Pada layar ini terdapat berita-berita mengenai sistem

Lebih terperinci

Gambar 4.78 Rancangan Layar Entri Nilai. Home Guru Entri Nilai Entri Nilai Detail

Gambar 4.78 Rancangan Layar Entri Nilai. Home Guru Entri Nilai Entri Nilai Detail 276 Home Guru Entri Nilai Gambar 4.78 Rancangan Layar Entri Nilai Home Guru Entri Nilai Entri Nilai Detail Gambar 4.79 Rancangan Layar Detail Entri Nilai 277 Home Guru Ganti Password Gambar 4.80 Rancangan

Lebih terperinci