BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI"

Transkripsi

1 234 BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Pada bagian implementasi, penulis akan menjelaskan mengenai spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak yang dibutuhkan sistem, jaringan yang dibutuhkan, dan sumber daya manusia untuk mengoperasikan website ini Spesifikasi Perangkat Keras Spesifikasi merupakan istilah untuk persyaratan yang dibutuhkan suatu sistem untuk berjalan dengan baik. Berikut ini adalah spesifikasi minimum perangkat keras yang disarankan agar dapat menjalankan Perangkat Ajar Indotoefl antara lain : Prosesor Intel Pentium 4 RAM 512 MB VGA card 128 MB Hard Disk Drive 80 GB Monitor Speaker Keyboard Mouse Koneksi internet

2 Spesifikasi Perangkat Lunak Berikut ini adalah spesifikasi software yang digunakan dalam perancangan Sistem Indotoefl : Sistem Operasi Windows atau MAC Browser (Mozilla Firefox, Google Chrome yang mendukung HTML 5) Untuk pembuatan : Sistem Operasi Windows XP/Vista/7 Xampp PHP MySQL Web Browser Jaringan Pada saat ini indotoefl.com sudah memiliki jaringan dan website Sumber Daya Manusia Sistem Indotoefl ini membutuhkan sumber daya manusia sebagai pemelihara sistem. Dibutuhkan tenaga administrator yang bertanggung jawab dan dapat mengoperasikan sistem ini apabila ada keperluan informasi yang ingin diubah. Berikut ini adalah kriteria sumber daya manusia yang dibutuhkan : 1. Administrator Website a. Bertanggung jawab atas operasional website. Ia mempunyai akses penuh untuk keperluan merubah data.

3 236 b. Memiliki kemampuan mengoperasikan teknologi informasi seperti hardware, software, jaringan. 2. Member Member merupakan pengunjung dan pengguna website Sistem Indotoefl.

4 Evaluasi Hasil Implementasi Evaluasi Kuisioner Gambar 4.1 Hasil Kuisioner Kemudahan Penggunaan Perangkat Ajar Indotoefl Terlihat Gambar 4.1 bahwa perangkat ajar Indotoefl merupakan aplikasi yang user-friendly. Hasil pertanyaan ini memperlihatkan bahwa perangkat ajar yang dibuat dapat dengan mudah digunakan oleh para pengguna. Gambar 4.2 Hasil Kuisioner Tampilan Indotoefl Pada gambar 4.2, mayoritas responden menganggap tampilan perangkat ajar ini bagus dan sangat bagus. Hasil pertanyaan ini memperlihatkan bahwa tampilan yang telah dibuat berhasil dalam menarik perhatian pengguna.

5 238 Gambar 4.3 Hasil Kuisioner Penyajian Materi Indotoefl Pada gambar 4.3, mayoritas responden menganggap penyajian materi pada perangkat ajar ini bagus dan sangat bagus. Hasil pertanyaan ini memperlihatkan bahwa materi-materi yang tersaji dalam perangkat ajar ini dapat dengan mudah dimengerti oleh para pengguna. Gambar 4.4 Hasil Kuisioner Soal-Soal Latihan Indotoefl Pada gambar 4.4, mayoritas responden setuju bahwa soal-soal latihan akan membantu pengguna dalam berlatih TOEFL. Hasil pertanyaan ini memperlihatkan bahwa fitur penambahan soal bagi admin akan banyak membantu para pengguna dalam lebih menguasai materi-materi TOEFL.

6 239 Gambar 4.5 Hasil Kuisioner Penyajian Nilai Latihan dan Nilai Simulasi Ujian Pada gambar 4.5, mayoritas responden setuju bahwa penyajian nilai latihan dan nilai simulasi ujian akan membantu pengguna dalam mengetahui proses belajarnya. Hasil pertanyaan ini menunjukkan bahwa penilaian hasil latihan pengguna akan banyak membantu pengguna dalam proses belajarnya. Gambar 4.6 Hasil Kuisioner Pencatatan Nilai Latihan Pada gambar 4.6, mayoritas responden setuju bahwa pencatatan nilai latihan dan nilai simulasi ujian akan membantu pengguna dalam mengetahui proses belajarnya. Hasil pertanyaan ini menunjukkan bahwa pencatatan nilai hasil latihan pengguna akan banyak membantu pengguna dalam proses belajarnya.

7 240 Gambar 4.7 Hasil Kuisioner Penggunaan Bahasa Indonesia pada Aplikasi Indotoefl Pada Gambar 4.7, mayoritas responden setuju bahwa penyajian perangkat ajar ini dalam Bahasa Indonesia akan memudahkan pengguna dalam memahami materi TOEFL. Hasil pertanyaan ini memperlihatkan bahwa penjelasan materi dalam Bahasa Indonesia akan banyak membantu para pengguna perangkat ajar ini. Mempelajari materi-materi TOEFL menggunakan bahasa Inggris mungkin menyulitkan bagi sebagian orang. Oleh karena itu, penulis menyediakan perangkat ajar ini dalam Bahasa Indonesia, agar materi-materi dapat dengan mudah dimengerti oleh masyarakat Indonesia.

8 241 Gambar 4.8 Hasil Kuisioner Realisasi indotoefl Pada Gambar 4.8, semua responden setuju apabila perangkat ajar ini direalisasikan. Hasil pertanyaan ini memperlihatkan bahwa para responden akan banyak terbantu lewat direalisasikannya perangkat ajar TOEFL yang telah dibuat ini. Hasil pertanyaan ini memperlihatkan juga bahwa perangkat ajar ini akan dibutuhkan oleh banyak orang. Gambar 4.9 Hasil Kuisioner Rekomendasi indotoefl Pada gambar 4.9, mayoritas responden akan merekomendasikan perangkat ajar ini kepada orang lain apabila perangkat ajar ini direalisasikan. Hasil pertanyaan ini menunjukkan bahwa besar sekali harapan responden untuk perangkat ajar ini direalisasikan. Hasil pertanyaan ini memperlihatkan juga bahwa perangkat ajar akan banyak membantu masyarakat yang hendak belajar TOEFL.

9 Evaluasi Interaksi Manusia dan Komputer 1. Berusaha untuk konsisten Tampilan pada perangkat ajar telah memiliki konsistensi pada setiap halaman. Konsistensi sudah terlihat pada warna, background, loyout dan ukuran font maupun tulisan tidak berubah pada tiap halamannya. 2. Menyediakan usability universal Bagi pengguna baru, perangkat ajar ini menyediakan tutorial berupa video agar pengguna dapat mengerti bagaimana cara mengoperasikan perangkat ajar ini. 3. Adanya umpan balik yang informatif Setiap button yang dipunyai oleh web ini mempunyai respon masing masing tergantung fungsi button tersebut. Dan untuk menandakan menu yang sedang diakses, akan terdapat perbedaan warna pada icon dan tulisan menu. 4. Adanya dialog penutupan. Terdapat informasi tentang penginputan terhadap fungsi yang dilakukan oleh pengguna apakah sesuai atau tidak dengan kebutuhan sistem. Informasi diberikan melalui message pada layar. 5. Adanya pencegahan error dan penanganan error yang sederhana Terdapat beberapa dialog konfirmasi yang menginformasikan pengguna terhadap penjalanan aksi yang dilakukan. 6. Memungkinkan user untuk membatalkan aksi yang telah dilakukan

10 243 Terdapat fungsi edit yang dapat digunakan untuk beberapa data pada database. 7. Mendukung tempat kendali internal Perangkat ajar ini telah menyediakan aksi-aksi yang akan diperlukan oleh pengguna. Pengguna akan dapat mengendalikan perangkat ajar ini. 8. Mengurangi beban ingatan jangka pendek pengguna Menu dan fungsi yang terdapat pada web ini telah disusun dan dikategorikan masing masing Evaluasi Multimedia 1. Teks Penulis menggunakan teks untuk menjelaskan isi materi dan menuliskan soal-soal latihan. Jenis font yang digunakan adalah Crayon Crumble. 2. Gambar Aplikasi ini menggunakan gambar untuk foto profil pengguna, materi, dan soal latihan. Format gambar yang digunakan adalah.bmp dan.jpg. 3. Audio Penggunaan audio pada aplikasi ini menggunakan format.wav. audio digunakan untuk soal-soal pada bagian listening. 4. Video Aplikasi ini menggunakan video untuk tutorial bagi pengguna baru. Format video yang digunakan adalah.mp4.

11 Tampilan Layar Layar Login Awal Halaman Login Awal - Login Gambar 4.10 Halaman Login Awal - Login Pada halaman ini terdapat form login, seperti pada Gambar User diminta untuk memasukkan username dan password untuk melanjutkan penggunaan website ini. Username dan password akan memverifikasi user mana yang masuk ke dalam Sistem Indotoefl. Untuk user yang belum mendaftar sebagai member, tersedia form register untuk mendaftar sebagai member Sistem Indotoefl. Bagi member yang lupa akan kata sandinya, tersedia juga form lupa kata sandi yang akan menuntun member untuk mendapatkan password barunya.

12 245 Halaman Login Awal - Register Gambar 4.11 Halaman Login Awal - Register Halaman ini, terlihat pada Gambar 4.11, menyediakan form register untuk user mendaftar sebagai member baru. User diharuskan untuk mengisi tiga field pada form register, yaitu username, password, dan . Username dapat diisi oleh huruf dan angka sepanjang 3 sampai 20 karakter. Password dapat diisi oleh huruf dan angka sepanjang 6 sampai 20 karakter. harus diisi dengan format yang valid karena akan digunakan untuk membantu user apabila ia lupa kata sandinya.

13 246 Halaman Login Awal - Lupa Kata Sandi Gambar 4.12 Halaman Login Awal Lupa Kata Sandi Pada halaman ini, terlihat pada Gambar 4.12, member dapat meminta password baru dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dibuat. Member cukup memasukkan nya dan menekan tombol kirim, lalu pesan konfirmasi pengubahan password akan dikirim ke tersebut.

14 Login sebagai member Halaman Beranda Gambar 4.13 Halaman Beranda Member Apabila member sukses melakukan login, member akan melihat halaman ini. Pada halaman ini, terlihat pada Gambar 4.13, member dapat memilih apa yang hendak ia lakukan di website ini. Pilihan-pilihan yang ada yaitu kotak pesan, profil, materi, simulasi ujian, dan keluar. Kotak Surat merupakan fitur terima dan kirim pesan. Profil merupakan fitur bagi member untuk mengubah password, , atau foto. Materi merupakan tempat bagi member untuk belajar TOEFL. Simulasi Ujian merupakan tempat bagi member untuk mengukur sejauh mana kemampuan TOEFL mereka.

15 248 Halaman Kotak Surat Pesan Masuk Gambar 4.14 Halaman Kotak Surat Pesan Masuk Halaman ini, terlihat pada Gambar 4.14, menampilkan daftar pesan masuk yang belum dihapus. Member dapat memilih untuk membaca atau menghapus pesan yang ada. Member juga dapat mengirim pesan baru dengan mengklik Teks Pesan Baru. Untuk melihat pesan-pesan yang pernah dikirim, cukup dengan mengklik Pesan Keluar.

16 249 Halaman Kotak Surat - Pesan Keluar Gambar 4.15 Halaman Kotak Surat Pesan Keluar Semua pesan yang pernah dikirim dan belum dihapus akan muncul sebagai daftar pesan keluar pada halaman ini, terlihat pada Gambar Pesan-pesan tersebut dapat dibaca atau dihapus. Member juga dapat mengirim pesan baru dengan mengklik Teks Pesan Baru. Untuk melihat daftar pesan masuk, cukup dengan mengklik Pesan Masuk

17 250 Halaman Kotak Surat Isi Pesan Gambar 4.16 Halaman Kotak Surat Isi Pesan Isi pesan yang dipilih untuk dibaca akan ditampilkan pada halaman ini, Gambar Terdapat nama username pengirim, waktu kirim, subyek, dan isi pesan. Untuk membalas pesan ini cukup dengan mengklik Balas Pesan. Untuk kembali melihat daftar pesan, cukup mengklik Kembali.

18 251 Halaman Kotak Surat - Buat Pesan Baru Gambar 4.17 Halaman Kotak Surat Buat Pesan Baru Ini adalah form untuk mengirim pesan yang disediakan oleh Sistem Indotoefl, lihat Gambar Setiap pengguna yang hendak mengirim pesan harus mengisi Nama Pengguna Tujuan dan Isi Pesan. Setelah diisi, klik Kirim Pesan untuk mengirim pesan.

19 252 Halaman Profil - Ubah Kata Sandi, dan foto. Gambar 4.18 Halaman Profil - Ubah Kata Sandi Gambar 4.19 Halaman Profil - Ubah

20 253 Gambar 4.20 Halaman Profil - Ubah foto Member dapat mengubah password, , dan foto pada halaman ini. Berikut penjelasan terhadap fungsi mengenai pengubahan data yang dilakukan member : 1. untuk mengubah kata sandi, terlebih dahulu harus memasukkan kata sandi sekarang, kata sandi baru, dan konfirmasi kata sandi baru, setelah itu klik tombol Ganti. Klik Ubah untuk mengubah . Klik Ubah foto untuk mengubah foto. Form ubah kata sandi terdapat di Gambar Untuk mengubah , cukup isi baru pada field yang tersedia, kemudian klik Ganti. bersifat unik, yaitu yang sama tidak boleh digunakan oleh 2 pengguna berbeda. Form ubah kata sandi terdapat pada Gambar Untuk mengubah foto, member harus mengupload foto. Member harus memilih file foto yang didapatkan pada directory komputer member, dan dengan mengupload foto cukup menekan unduh. Form ubah kata sandi terdapat pada Gambar 4.20.

21 254 Halaman Materi - Pilih Materi Gambar 4.21 Halaman Materi Pilih Materi Halaman ini, Gambar 4.21, akan mengarahkan member ke empat jenis materi yang terdapat dalam ujian TOEFL, yaitu Listening, Structure, Reading, dan Writing. Member dapat memilih jenis materi apa yang hendak dipelajari.

22 255 Halaman Materi - Pilih Topik Materi Gambar 4.22 Halaman Materi Pilih Topik Materi Materi-materi pada Sistem Indotoefl dibagi menjadi topik-topik kecil. Member harus terlebih dahulu memilih topik mana yang hendak ia pelajari. Untuk memilih topik tersebut, member cukup mengklik salah satu judul topik. Halaman ini terdapat pada Gambar 4.22.

23 256 Halaman Materi - Topik Materi Gambar 4.23 Halaman Materi Topik Materi Bahan belajar bagi member tersedia pada halaman ini. Terdapat penjelasan singkat mengenai topik ini. Setelah memahami penjelasan mengenai topik ini, member dapat melanjutkan proses belajar dengan mengerjakan paket latihan untuk topik ini. Tersedia juga fitur komentar pada setiap topik apabila member ingin mengajukan pertanyaan. Pertanyaan tersebut dapat dibaca oleh member lainnya, ataupun admin. Gambar halaman ini terdapat pada Gambar 4.23.

24 257 Halaman Materi Pemilihan dan Pengerjaan Paket Latihan Gambar 4.24 Halaman Materi - Pemilihan Paket Latihan Gambar 4.25 Halaman Materi - Pengerjaan Paket Latihan

25 258 Gambar 4.26 Halaman Materi Hasil Pengerjaan Paket Latihan Berikut ini adalah tampilan dalam melakukan siklus sebuah pemilihan dan pengerjaan soal paket latihan. Langkah pertama adalah member harus memilih salah satu paket latihan yang telah tersedia. Gambar halaman ini terdapat pada Gambar Langkah kedua adalah langkah pengerjaan soal latihan. Disini member memilih jawaban dari soal soal yang diberikan. Apabila telah selesai dengan pengerjaannya cukup dengan menekan tombol selesai menjawab. Gambar halaman ini terdapat pada Gambar Tampilan berikutnya adalah tampilan review. Pada tampilan ini, member dapat melihat benar atau salahnya jawaban yang telah mereka kumpulkan. Gambar halaman ini terdapat pada Gambar 4.26.

26 259 Halaman Materi Komentar Gambar 4.27 Halaman Materi - Komentar Selain dapat melihat penjelasan topik materi dan mengerjakan salah satu paket latihan, member dapat melakukan pemberian komentar yang isi nya menyangkut topik materi. Gambar 4.27 merupakan tampilan halaman komentar.

27 Login sebagai Admin Halaman Beranda Gambar 4.28 Halaman Beranda Admin Pada tampilan beranda admin terdapat sebuah form yang digunakan untuk menulis tentang info terbaru dan berita yang terkait dengan web indotoefl.com. Dan admin mempunyai kewenangan atau hak untuk menghapus berita yang tidak diinginkan lagi. Untuk menghapus berita, admin dapat menekan tombol hapus yang telah tersedia dan akan muncul sebuah kotak dialog untuk mengkorfimasikan tindakan admin tersebut. Lihat Gambar 4.28 untuk melihat gambar halaman beranda Admin.

28 261 Halaman Kotak Surat Pesan Masuk dan Pesan Keluar Gambar 4.29 Halaman Kotak Surat Admin Pesan Masuk Gambar 4.30 Halaman Kotak Surat Admin Pesan Keluar Pada halaman ini, lihat Gambar 4.29 dan Gambar 4.30, baik admin maupun member mempunyai suatu kesamaan fungsi yaitu dapat menerima pesan dan mengirimkan pesan melalui pesan baru yang telah disediakan dalam web ini.

29 262 Halaman Kotak Surat Tulis Pesan Baru Gambar 4.31 Halaman Kotak Surat Admin Tulis Pesan Baru Tampilan di atas ini, lihat gambar 4.31, merupakan tampilan halaman pesan baru pada admin. Admin dapat menulis pesan baru dengan mengisi kolom konten dan nama pengguna yang dituju untuk dapat mengirimkan pesan. Apabila sudah yakin dengan apa yang diketik maka cukup menekan tombol kirim pesan.

30 263 Halaman Profil Ubah kata sandi, dan foto Gambar 4.32 Halaman Profil Admin Ubah Kata Sandi Gambar 4.33 Halaman Profil Admin Ubah

31 264 Gambar 4.34 Halaman Profil Admin Ubah Foto Tampilan halaman profil pada admin mempunyai kesamaan tampilan seperti pada member. Lihat pada Gambar 4.32, Gambar 4.33, dan Gambar Yang membedakan profil admin dan member disini adalah adanya menu daftar user yang dapat diakses oleh admin yang berisikan data tentang data data member yang telah bergabung di indotoefl.com. Ada beberapa prosedur pergantian data yang harus dilakukan oleh admin apabila ingin mengganti datanya. Prosedur ubah kata sandi : mengisi kata sandi sekarang, kata sandi baru, ulangi kata sandi baru. Prosedur ubah mengisi kolom baru. Prosedur ubah foto : mengunggah foto dengan format.jgp atau.png.

32 265 Halaman Profil Daftar User Gambar 4.35 Halaman Profil Admin Daftar User Gambar 4.36 Halaman Profil Admin Hapus User

33 266 Gambar 4.37 Halaman Profil Admin Angkat User Menjadi Admin Tampilan di atas merupakan tampilan halaman daftar user atau member. Pada halaman ini terdapat penyajian informasi data member berupa ID.Pengguna, Nama Pengguna dan pengguna. Terdapat kolom untuk menghapus data pengguna dan kolom untuk mengangkat member biasa menjadi seorang admin. Untuk menghapus member ataupun mengangkat member menjadi admin, terdapat sebuah kotak dialog konfirmasi terhadap aksi yang dilakukan. Lihat Gambar 4.35, Gambar 4.36 dan Gambar 4.37 untuk lebih jelasnya.

34 267 Halaman Materi Gambar 4.38 Halaman Materi Admin Gambar 4.39 Halaman Materi Admin Hapus Materi

35 268 Tampilan di atas adalah tampilan halaman materi. Admin dapat melihat juga daftar topik materi yang telah ada pada web indotoefl.com. Disamping itu, admin dapat menghapus, mengedit dan membuat materi baru. Untuk menghapus materi yang telah ada, aka nada kotak dialog konfirmasi penghapusan materi. Lihat pada Gambar Untuk membuat materi baru akan muncul sebuah tampilan baru untuk memasukkan materi. Untuk mengedit materi yang telah ada, admin harus masuk kedalam topik materi. Lihat pada gambar 4.38.

36 269 Halaman Materi Materi Baru Gambar 4.40 Halaman Materi Admin Materi Baru Tampilan di atas, lihat Gambar 4.40, merupakan tampilan untuk pembuatan materi baru. Admin harus mengisi semua form yang ada untuk dapat menambahkan materi baru. Apabila semua form telah diisi semua, maka admin cukup menekan tombol tambahkan materi. Maka proses penambahan materi baru telah selesai.

37 270 Halaman Topik Materi Edit Topik Materi Gambar 4.41 Halaman Materi Admin Edit Topik Materi Gambar 4.42 Halaman Materi Admin Topik Materi Tersimpan Tampilan di atas, Gambar 4.41 dan Gambar 4.42 adalah tampilan topik materi pada admin. Admin dapat mengedit topik materi yang telah ada. Apabila telah yakin tentang pengeditan topik materi tersebut, admin dapat menekan tombol simpan yang ada. Maka sistem akan menyimpan data baru tersebut.

38 271 Halaman Topik Materi Paket Latihan Gambar 4.43 Halaman Topik Materi Admin Paket Latihan Gambar 4.44 Halaman Topik Materi Admin Hapus Paket Latihan Gambar 4.43 dan Gambar 4.44 adalah tampilan halaman paket latihan yang hanya dapat dilihat dan digunakan oleh admin. Di halaman ini terdapat informasi tentang daftar paket latihan yang sudah ada, dan admin mempunyai kewenangan untuk menghapus paket latihan tersebut dengan menekan tombol hapus dan akan muncul kotak dialog konfirmasi penghapusan paket latihan tersebut. Di halaman ini, admin juga dapat menambahkan soal paket latihan yang baru.

39 272 Halaman Topik Materi Paket Latihan Baru Gambar 4.45 Halaman Topik Materi Admin Paket Latihan Baru Gambar 4.46 Halaman Topik Materi Admin Antrian Soal Tampilan di atas ini, Gambar 4.45 dan Gambar 4.46 adalah tampilan pembuatan latihan baru. Disini admin harus mengetik soal dan jawaban serta memberikan jawaban yang benar pada setiap soal. Apabila ada file yang fungsinya untuk menunjang soal tersebut, maka admin dapat memasukkan file tersebut ke dalam soal. File penunjang yang ada seperi sound clip(suara) ataupun gambar.

40 273 Halaman Topik Materi Komentar Gambar 4.47 Halaman Topik Materi Admin Komentar Gambar 4.48 Halaman Topik Materi Admin Lihat Komentar Halaman di atas ini, lihat Gambar 4.47 dan Gambar 4.48, adalah halaman komentar pada admin. Disini admin dapat berinteraksi langsung dengan member.

41 274 Halaman Periksa Writing Gambar 4.49 Halaman Periksa Writing Admin Gambar 4.50 Halaman Periksa Writing Admin Nilai Writing Halaman ini, lihat Gambar 4.49 dan 4.50, adalah halaman untuk kumpulan jawaban materi writing yang telah dikumpulkan oleh member dan siap diperiksa oleh admin. Admin juga harus memberikan nilai terhadap jawaban writing yang telah diperiksa.

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. yang dapat menunjang berjalannya sistem agar berjalan secara optimal. Dimana

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. yang dapat menunjang berjalannya sistem agar berjalan secara optimal. Dimana BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Dalam menjalankan suatu sistem perlu diperhatikan sistem spesifikasi apa saja yang dapat menunjang berjalannya sistem agar berjalan secara optimal. Dimana

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan baik oleh user

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan baik oleh user BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Spesifikasi Spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan baik oleh user dan admin adalah sebagai berikut: 4.1.1 Spesifikasi Perangkat Keras Berikut

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi 4.1.1 Spesifikasi Sistem Hardware Spesifikasi hardware yang disarankan untuk menjalankan aplikasi ini adalah sebagai berikut: Processor Intel Pentium 4

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Spesifikasi Sistem 4.1.1 Spesifikasi Perangkat Keras Spesifikasi perangkat keras yang diperlukan dalam menjalankan aplikasi basisdata pada PT. Logwin Logistic Indonesia adalah

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Sistem yang telah dianalisis dan dirancang akan digunakan sebagai alat bantu

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Sistem yang telah dianalisis dan dirancang akan digunakan sebagai alat bantu BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Rencana Implementasi Sistem yang telah dianalisis dan dirancang akan digunakan sebagai alat bantu penyebaran informasi tentang bagaimana cara menggunakan website IDI

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM 4. 1 Implementasi Sistem Atau Aplikasi 4. 1. 1 Spesifikasi Sistem Aplikasi pengolahan jurnal online berbasis web dibuat dengan menggunakan bahasa PHP 5.0 sebagai

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM 4.1. Implementasi Sistem Tahap implementasi dan pengujian sistem, dilakukan setelah tahap analisis dan perancangan selesai dilakukan. Pada bab ini aan dijelaskan

Lebih terperinci

Bab 4. Hasil dan Pembahasan

Bab 4. Hasil dan Pembahasan Bab 4 Hasil dan Pembahasan 4.1 Spesifikasi System 4.1.1 Spesifikasi Perangkat Keras Kebutuhan perangkat keras dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kebutuhan perangkat keras pada server dan client. Spesifikasi

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Pada bab ini akan masuk pada tahap pembuatan dan evaluasi dari sistem yang. perangkat keras/hardware adalah :

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Pada bab ini akan masuk pada tahap pembuatan dan evaluasi dari sistem yang. perangkat keras/hardware adalah : BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Pada bab ini akan masuk pada tahap pembuatan dan evaluasi dari sistem yang sudah dirancang pada bab sebelumnya. 4.1.1 Kebutuhan Sistem Berikut ini adalah

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4. 1 Instalasi Software BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN Dalam pembuatan program ini penulis menggunakan XAMPP dalam menjalankan program aplikasi ini yang didalamnya sudah terdapat MySQL untuk mengelola

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN Pada bab ini akan dilakukan implementasi dan pengujian terhadap sistem. Tahapan ini dilakukan setelah perancangan selesai dilakukan dan selanjutnya akan diimplementasikan

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1. Implementasi Implementasi adalah sebuah tahap dimana analisa dan rancangan yang sudah dibuat sebelumnya dijalankan. Pada tahap ini perangkat keras dan perangkat lunak

Lebih terperinci

Gambar 4.75 Layar mengedit event

Gambar 4.75 Layar mengedit event 181 Gambar 4.75 Layar mengedit event Tampilan berikut digunakan Admin untuk mnengedit Event dengan cara melakukan perubahan pada detil event. 182 Gambar 4.76 Layar konfirmasi mengedit event Tampilan diatas

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Website ini diharapkan dapat menjadi sistem pemasaran yang tepat untuk ADH Creative House dan juga sebagai tempat untuk memberikan informasi yang jelas

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI SISTEM. analisis dan perancangan dijadikan acuan dalam pembuatan kode program. Pada

BAB IV IMPLEMENTASI SISTEM. analisis dan perancangan dijadikan acuan dalam pembuatan kode program. Pada BAB IV IMPLEMENTASI SISTEM 4.1 Implemetasi Sistem Implementasi sistem merupakan tahap meletakan sistem supaya dapat siap untuk dioperasikan. Implementasi merupakan tahap pengembangan dimana hasil analisis

Lebih terperinci

Bab 4. Implementasi dan Evaluasi. Seperti yang sudah dibahas pada bagian sebelumnya, aplikasi yang dibuat

Bab 4. Implementasi dan Evaluasi. Seperti yang sudah dibahas pada bagian sebelumnya, aplikasi yang dibuat 152 Bab 4 Implementasi dan Evaluasi 4 Implementasi dan evaluasi 4.1 Implementasi Seperti yang sudah dibahas pada bagian sebelumnya, aplikasi yang dibuat diharapkan dapat menjadi solusi pada perancangan

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI SISTEM

BAB V IMPLEMENTASI SISTEM BAB V IMPLEMENTASI SISTEM 5.1 Implementasi Pada bab ini akan diuraikan cara dan langkah-langkah untuk mengimplementasikan rancangan perangkat lunak, kebutuhan perangkat lunak maupun perangkat keras yang

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN IV.1 Kebutuhan Sistem Hardware & Software Agar sistem dapat berjalan dengan baik dibutuhkan komputer dengan spesifikasi yang mencakup fasilitas multimedia yaitu minimal

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Spesifikasi Implementasi Dalam implementasi perangkat ajar tersebut, akan dibahas mengenai perangkatperangkat yang digunakan dalam mengembangkan aplikasi tersebut (hardware)

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN 1.1 Spesifikasi Sistem Spesifikasi sistem yang dibutuhkan untuk mengakses aplikasi berbasis web ini yaitu : 1.1.1 Kebutuhan Hardware Spesifikasi perangkat keras yang dibutuhkan

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Spesifikasi System (Hardware, Software dan Jaringan) a. Spesifikasi Perangkat Keras (Hardware) Spesifikasi perangkat keras atau Hardware yang dibutuhkan oleh pengguna yang

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Tampilan aplikasi perancangan SIG lokasi klinik hewan di wilayah Medan akan tampil baik menggunakan Mozilla Firefox, untuk menjalankan aplikasi ini buka Mozilla

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 76 BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 1.1 IMPLEMENTASI SISTEM Tahap implementasi dan pengujian sistem dilakukan setelah tahap analisis dan perancangan selesai dilakukan. Pada bab ini akan dijelaskan implementasi

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. tahap implementasi. Implementasi merupakan tahap meletakkan sistem sehingga

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. tahap implementasi. Implementasi merupakan tahap meletakkan sistem sehingga BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM 5.1. Implementasi Setelah sistem dianalisis dan didesain secara rinci, maka akan menuju tahap implementasi. Implementasi merupakan tahap meletakkan sistem sehingga

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM 5.1. Implementasi Tahap implementasi pada sebuah sistem informasi merupakan tahap dimana sistem yang telah dirancang pada tahap sebelumnya diterapkan, berupa perangkat

Lebih terperinci

BAB IV HASIL RANCANGAN

BAB IV HASIL RANCANGAN BAB IV HASIL RANCANGAN 4.1. Spesifikasi Hardware dan Kebutuhan Software Dalam pengimplementasian sistem informasi pemesanan kendaraan operasional berbasis web pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero),

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM. dapat mengatasi permasalahan yang telah diangkat pada penelitian ini. Tahaptahap

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM. dapat mengatasi permasalahan yang telah diangkat pada penelitian ini. Tahaptahap BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM 4.1 Implementasi Sistem Implementasi bertujuan untuk menerapkan sistem yang dibangun agar dapat mengatasi permasalahan yang telah diangkat pada penelitian ini. Tahaptahap

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. telah dibuat pada tahap tiga. Adapun kebutuhan software (perangkat lunak) dan

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. telah dibuat pada tahap tiga. Adapun kebutuhan software (perangkat lunak) dan BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Kebutuhan Sistem Pada tahapan ini sistem yang telah dirancang pada tahap ke tiga akan dikembangkan sehingga sistem yang dibuat harus mengacu pada rancangan yang telah

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1 Tampilan Hasil Adapun yang akan dibahas pada bab ini yaitu mengenai hasil dari pembahasan Sistem Informasi Persediaan Barang pada CV. BARUMUN, yang telah dibuat serta akan

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Sistem Tahap Implementasi sistem merupakan penerapan dari proses perancangan (design) yang telah ada. Pada tahapan ini terdapat dua cakupan spesifikasi

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Tabel 4.1 Tabel Rincian Timeline Implementasi Sistem

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Tabel 4.1 Tabel Rincian Timeline Implementasi Sistem BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Pada tahap ini dilakukan implementasi yang terkait pada aplikasi database yang diusulkan, serta dilakukan evaluasi terhadap beberapa aspek terkait integrity

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Menggunakan server dengan spesifikasi sebagai berikut : - Processor 1.2 GHz 2007 Opteron or 2007 Xeon processor

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Menggunakan server dengan spesifikasi sebagai berikut : - Processor 1.2 GHz 2007 Opteron or 2007 Xeon processor BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Spesifikasi Sistem Menggunakan server dengan spesifikasi sebagai berikut : - Processor 1.2 GHz 2007 Opteron or 2007 Xeon processor - Memory 512MB DDR - Harddisk 5GB

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1. Implementasi Berikut ini adalah implementasi dalam pembuatan sistem yang diajukan. 4.1.1. Spesifikasi Perangkat Keras dan Perangkat Lunak Berikut ini adalah spesifikasi

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. utuh ke dalam bagian - bagian komponennya dengan maksud untuk

BAB IV ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. utuh ke dalam bagian - bagian komponennya dengan maksud untuk BAB IV ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM 4.1 Analisis Sistem Analisis Sistem merupakan penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian - bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasi

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. dengan baik adalah sebagai berikut : 1. Komputer dengan kecepatan processor Dual Core

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. dengan baik adalah sebagai berikut : 1. Komputer dengan kecepatan processor Dual Core BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Spesifikasi Implementasi 4.1.1 Spesifikasi Perangkat Keras Spesifikasi kebutuhan perangkat keras yang disarankan untuk menjalankan aplikasi perangkat ajar IPA Simulasi

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Dalam mengimplementasikan sistem yang dijalankan, maka diperlukan beberapa

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Dalam mengimplementasikan sistem yang dijalankan, maka diperlukan beberapa BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1. Implementasi 4.1.1. Sumberdaya yang Dibutuhkan Dalam mengimplementasikan sistem yang dijalankan, maka diperlukan beberapa kebutuhan yang harus disiapkan. Kebutuhan-kebutuhan

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Kebutuhan Sistem Implementasi program merupakan penyesuaian perangkat lunak dengan rancangan dan desain sistem yang telah dibuat sebelumnya. Dengan adanya implementasi

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN. lingkungan implementasi, pengkodean, dan interface dari aplikasi sistem tersebut.

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN. lingkungan implementasi, pengkodean, dan interface dari aplikasi sistem tersebut. BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Sistem Tahap implementasi dan pengujian sistem, dilakukan setelah tahap analisis dan perancangan selesai dilakukan. Pada sub bab ini akan dijelaskan implementasi

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI SISTEM

BAB V IMPLEMENTASI SISTEM BAB V IMPLEMENTASI SISTEM Pada bab ini akan dijelaskan implementasi dari Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penilaian kinerja yang sudah dibangun 5.1 Lingkungan Implementasi Lingkungan implementasi meliputi

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Dari hasil penelitian, analisis, perancangan dan pengembangan sistem yang diusulkan, maka hasil akhir yang diperoleh adalah sebuah perangkat lunak Sistem

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. cara penggunaan untuk menjalankan perangkat ajar. perangkat ajar IPA ini, yaitu: Processor: Pentium IV.

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. cara penggunaan untuk menjalankan perangkat ajar. perangkat ajar IPA ini, yaitu: Processor: Pentium IV. BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Untuk memberikan rincian terhadap sistem dan perangkat ajar yang dikembangkan, maka dalam implementasi perangkat ajar ini akan dibahas mengenai perangkat-perangkat

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN Kebutuhan Perangkat Keras Mobile. perangkat keras yang memiliki spesifikasi sebagai berikut:

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN Kebutuhan Perangkat Keras Mobile. perangkat keras yang memiliki spesifikasi sebagai berikut: BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Spesifikasi Sistem Dalam mengimplementasikan aplikasi Find Hypermart dibutuhkan perangkat pendukung berupa perangkat keras dan perangkat lunak sebagai kebutuhan dalam sistem.

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 5.1 Implementasi Setelah sistem dianalisis dan di desain secara rinci, maka akan menuju tahap implementasi. Implementasi merupakan tahap meletakkan sistem sehingga siap

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 62 BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Tahap implementasi dan pengujian sistem, dilakukan setelah tahap analisis dan perancangan selesai dilakukan. Pada sub bab ini akan dijelaskan implementasi

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN IV.1. Tampilan Hasil Berikut ini dijelaskan tentang tampilan hasil dari Perancangan Perangkat Lunak Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) Berbasis Web. Website ini terdiri

Lebih terperinci

BAB V PEMBAHASAN DAN IMPLEMENTASI

BAB V PEMBAHASAN DAN IMPLEMENTASI 81 BAB V PEMBAHASAN DAN IMPLEMENTASI 5.1 Implementasi Sistem Implementasi adalah tahap penerapan dan sekaligus pengujian bagi sistem berdasarkan hasil analisa dan perancangan yang telah dilakukan pada

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Hasil Berikut ini dijelaskan tentang tampilan hasil dari analisa dan rancang bangun sistem pakar mendiagnosis kerusakan mesin pendingin ruangan (toshiba). Website ini terdiri

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM 4.1 Implementasi Sistem Implementasi bertujuan untuk menerapkan sistem yang dibangun agar dapat mengatasi permasalahan yang telah diangkat pada penelitian ini. Tahaptahap

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Perangkat Keras (Hardware) Math adalah sebagai berikut: Tabel 4.1. Spesifikasi Perangkat Keras (Hardware)

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Perangkat Keras (Hardware) Math adalah sebagai berikut: Tabel 4.1. Spesifikasi Perangkat Keras (Hardware) BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 1. ASDASDASD 4.1. Implementasi 4.1.1. Spesifikasi Kebutuhan 4.1.1.1. Perangkat Keras (Hardware) Spesifikasi perangkat keras atau Hardware yang disarankan untuk menjalankan

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. telah di identifikasi pada bab 3, saatnya untuk melakukan implementasi dan Kebutuhan Sumberdaya Aplikasi

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. telah di identifikasi pada bab 3, saatnya untuk melakukan implementasi dan Kebutuhan Sumberdaya Aplikasi 352 BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Program Magang Setelah melakukan analisis dan perancangan solusi terhadap permasalahan yang telah di identifikasi pada bab 3, saatnya untuk melakukan

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Aplikasi 4.1.1 Kebutuhan Sumber Daya Perangkat Keras Server : 1. Processor Intel Pentium Core 2 Duo 1,8 Ghz atau lebih 2. Memory 2 GB DDR2 atau lebih 3.

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Setelah tahap analisa dan tahap perancangan sistem aplikasi yang sudah dijelaskan pada Bab III, maka tahap selanjutnya merupakan tahap implementasi. Pada

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA 75 BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Hasil Berikut ini dijelaskan tentang tampilan hasil dari analisa dan rancang bangun sistem pakar mendiagnosis kerusakan mesin hoisting crane. Website ini terdiri dari

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Aplikasi Sistem Informasi Geografis Penentuan Distor Capasity Wilsu Cab. Lubuk Pakam Rayon Perbaungan Berbasis Web memiliki fungsi sebagai berikut : pegawai

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Uji Coba Aplikasi monitoring status jaringan berbasis web ini dapat berjalan pada beberapa platform operasi sistem seperti windows dan linux dengan menggunakan aplikasi

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB 4 IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Implementasi adalah penerapan cara kerja sistem berdasarkan hasil analisa dan juga perancangan yang telah dibuat sebelumnya ke dalam suatu bahasa pemrograman

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN Gambaran Umum Pembangunan Sistem. aplikasi ini yaitu menggunakan pemrograman prosedural yakni tidak seperti

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN Gambaran Umum Pembangunan Sistem. aplikasi ini yaitu menggunakan pemrograman prosedural yakni tidak seperti 64 BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 5.1 Implementasi 5.1.1 Gambaran Umum Pembangunan Sistem Pada pembuatan sistem penjualan sepatu olahraga berbasis mobile ini dibangun dengan berbasis bahasa pemrograman

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI. dirancang, spesifikasi perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) yang

BAB 4 IMPLEMENTASI. dirancang, spesifikasi perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) yang BAB 4 IMPLEMENTASI Bab ini akan menjabarkan tentang rencana implementasi dari aplikasi yang telah dirancang, spesifikasi perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) yang diperlukan untuk

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Hasil Berikut dari hasil perancangan di Bab III maka ditabel hasil uji coba dijelaskan tentang tampilan hasil dari analisa dan rancang bangun sistem pakar mendiagnosis kerusakan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 46 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 7.1 Batasan Implementasi Dalam implementasinya, Sistem Monitoring UKM tenant Inkubator Bisnis Mahasiswa (IBISMA) UII memiliki beberapa batasan-batasan asumsi, batasan tersebut

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Spesifikasi Hardware dan Software yang diperlukan

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Spesifikasi Hardware dan Software yang diperlukan BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1. Implementasi kiosk Informasi 4.1.1 Spesifikasi Hardware dan Software yang diperlukan Hardware dan software yang dibutuhkan untuk mengoperasikan kiosk informasi Pondok

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. Implementasi ini akan menjelaskan detil Company Profile di SMA

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. Implementasi ini akan menjelaskan detil Company Profile di SMA BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Implementasi Sistem Implementasi ini akan menjelaskan detil Company Profile di SMA Antartika Sidoarjo dan menjelaskan form-form yang ada didalam sistem. Implementasi sistem

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Dalam penerapan aplikasi web penjualan ini pada PD Berkat Cahaya Kontraktor, maka sarana-sarana yang dibutuhkan untuk menjalankannya harus tersedia. Sarana-sarana

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM 4.1 IMPLEMENTASI SISTEM Tahap implementasi adalah tahap dimana akan dijelaskan implementasi sistem dan kebutuhan sistem yang dibutuhkan untuk pengimplementasian

Lebih terperinci

ADMIN MANUAL AL-QUR AN WEB

ADMIN MANUAL AL-QUR AN WEB ADMIN MANUAL AL-QUR AN WEB Pendahuluan AL-QUR AN WEB adalah program aplikasi pencarian ayat-ayat Al-Qur an berbasis web. Untuk dapat mengakses program maka user perlu menggunakan internet browser dan mengunjungi

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. spesifikasi tersebut mencakup perangkat lunak (software) dan perangkat keras

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. spesifikasi tersebut mencakup perangkat lunak (software) dan perangkat keras BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Dalam menjalankan suatu sistem perlu diperhatikan sistem spesifikasi apa saja yang dapat menunjang berjalannya sistem agar berjalan secara optimal. Dimana

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Infrastruktur Aplikasi Verifikasi Warkat Berbasis Website Setelah melakukan analisis dan perancangan diharapkan agar aplikasi yang telah dibuat dapat menjadi solusi

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM 4.1. Implementasi Sistem Pada bab ini akan dilakukan implementasi dan pengujian terhadap sistem, implementasi merupakan penerapan dari proses sebelumnya yaitu proses

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI_DAN_EVALUASI. dibutuhkan pengembang untuk melakukan menuliskan kode-kode program. Selain

BAB IV IMPLEMENTASI_DAN_EVALUASI. dibutuhkan pengembang untuk melakukan menuliskan kode-kode program. Selain BAB IV IMPLEMENTASI_DAN_EVALUASI Pada tahap ini, desain yang telah dibuat pada tahap sebelumnya diimplementasikan dalam bentuk kode-kode program. Perangkat lunak lain dibutuhkan pengembang untuk melakukan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Dan Uji Coba Hasil rancangan program sistem informasi pemesanan jasa penyewaan kendaraan pada CV. SS TRANSPORT terdiri dari beberapa tampilan halaman dan

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. rangka memenuhi kebutuhan pengguna agar permasalahan yang ada dapat

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. rangka memenuhi kebutuhan pengguna agar permasalahan yang ada dapat BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Kebutuhan Sistem Sistem yang telah dibuat sebelumnya telah di analisa dan di rancang dalam rangka memenuhi kebutuhan pengguna agar permasalahan yang ada dapat terselesaikan

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. siswa bahasa Jepang Dasar I sebagai alat bantu belajar diluar jam kursus.

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. siswa bahasa Jepang Dasar I sebagai alat bantu belajar diluar jam kursus. 172 BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Perangkat Ajar bahasa Jepang LM PATRA dapat digunakan oleh seluruh siswa bahasa Jepang Dasar I sebagai alat bantu belajar diluar jam kursus. Perangkat

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. majalah, maka dirancang satu aplikasi yang dapat membantu mereka untuk

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. majalah, maka dirancang satu aplikasi yang dapat membantu mereka untuk BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 1.1. Spesifikasi Sistem Berdasarkan analisis permasalahan yang dihadapi pembaca dan pembuat majalah, maka dirancang satu aplikasi yang dapat membantu mereka untuk menggabungkan

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan. e-licensing. User External Versi 0.0.2

Petunjuk Penggunaan. e-licensing. User External Versi 0.0.2 Petunjuk Penggunaan e-licensing User External Versi 0.0.2 Daftar Isi Daftar Revisi... 4 1. Pendahuluan... 5 1.1 Latar Belakang... 5 1.2 Sebelum Memulai... 5 1.2.1 Kebutuhan Minimum... 5 1.2.2 Tombol, Notasi

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN Spesifikasi Perangkat Keras (Hardware) yang direkomendasikan : Processor : Intel core i5 2,6 GHZ

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN Spesifikasi Perangkat Keras (Hardware) yang direkomendasikan : Processor : Intel core i5 2,6 GHZ BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Spesifikasi Sistem 4.1.1 Spesifikasi Perangkat Keras (Hardware) Berikut ini merupakan spesifikasi perangkat keras minimum yang direkomendasikan : Server Processor : Intel

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN. Setelah melakukan tahap analisis dan perancangan sistem selesai di

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN. Setelah melakukan tahap analisis dan perancangan sistem selesai di BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1. Implementasi Sistem Setelah melakukan tahap analisis dan perancangan sistem selesai di lakukan, selanjutnya melakukan tahap implementasi dan pengujian sistem yang

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Pada bab ini akan dijelaskan implementasi dari aplikasi sistem dengan menggunakan beberapa fungsi yang dibuat dari ruang lingkup implementasi, pengkodean,

Lebih terperinci

PENERAPAN INTERACTIVE MULTIMEDIA UNTUK PERANGKAT AJAR PERSIAPAN TOEFL BERBAHASA INDONESIA

PENERAPAN INTERACTIVE MULTIMEDIA UNTUK PERANGKAT AJAR PERSIAPAN TOEFL BERBAHASA INDONESIA PENERAPAN INTERACTIVE MULTIMEDIA UNTUK PERANGKAT AJAR PERSIAPAN TOEFL BERBAHASA INDONESIA Yulyani Arifin; Nicolas Willianto Widjaja; Nicholas Kurnia Awang; Stefanus Sadryan Irwan Computer Science Department,

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. membutuhkan spesifikasi Perangkat Keras (Hardware) dan Perangkat Lunak (Software)

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. membutuhkan spesifikasi Perangkat Keras (Hardware) dan Perangkat Lunak (Software) 108 BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Implementasi majalah elektronik Bitmap beserta editor majalah ini akan membutuhkan spesifikasi Perangkat Keras (Hardware) dan Perangkat Lunak (Software)

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Perangkat keras yang digunakan untuk membuat aplikasi ini yaitu: 1. Processor Intel(R) Core(TM) Duo 2.

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Perangkat keras yang digunakan untuk membuat aplikasi ini yaitu: 1. Processor Intel(R) Core(TM) Duo 2. BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi 4.1.1 Spesifikasi Perancangan Aplikasi Perangkat keras yang digunakan untuk membuat aplikasi ini yaitu: 1. Processor Intel(R) Core(TM) Duo 2.20 GHz 2. Memory

Lebih terperinci

Petunjuk Teknis Aplikasi E-Licensing Perbankan bagi User External

Petunjuk Teknis Aplikasi E-Licensing Perbankan bagi User External Petunjuk Teknis Aplikasi E-Licensing Perbankan bagi User External OTORITAS JASA KEUANGAN (OJK) 2015 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 1 PENDAHULUAN... 2 TEKNOLOGI PENDUKUNG... 3 TOMBOL, NOTASI DAN FUNGSI PADA APLIKASI

Lebih terperinci

KATA PENGANTAR. Buku Panduan Sistem Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Program dan Anggaran

KATA PENGANTAR. Buku Panduan Sistem Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Program dan Anggaran KATA PENGANTAR Buku Panduan Sistem Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Program dan Anggaran (SIMONPAPA) versi 1.01 untuk Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Surabaya dan Pengadilan Tata Usaha Negara Se-wilayah

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM 152 BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM 4.1. Spesifikasi Sistem 4.1.1 Hardware Sistem yang dikembangkan menggunakan spesifikasi komputer sebagai berikut: 1. Prosesor Intel Core 2 Duo E4300 1,80 GHz,

Lebih terperinci

8. Berita Daftar Berita Tambah Berita Pengumuman Daftar Pengumuman Tambah Data Pengumuman Kotak Pesan...

8. Berita Daftar Berita Tambah Berita Pengumuman Daftar Pengumuman Tambah Data Pengumuman Kotak Pesan... 2 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 TUTORIAL APLIKASI ABSENKU... 4 A. ADMIN... 4 Membuka Halaman Depan... 4 1. Menu User... 6 Ganti Password... 6 2. Pengolahan Data Murid... 6 Tambah Data... 8 Import Data Murid...

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. keras (hardwere) dan perangkat lunak (Software) yang dapat menunjang

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. keras (hardwere) dan perangkat lunak (Software) yang dapat menunjang 66 BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Kebutuhan Sistem Dalam menerapkan aplikasi penjualan online ini dibutuhkan perangkat keras (hardwere) dan perangkat lunak (Software) yang dapat menunjang penggunaan

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. kebutuhan yang harus dapat dipenuhi. Kebutuhan yang diperlukan berupa

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. kebutuhan yang harus dapat dipenuhi. Kebutuhan yang diperlukan berupa BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Untuk mengimplementasikan sistem ini, diperlukan beberapa kebutuhan yang harus dapat dipenuhi. Kebutuhan yang diperlukan berupa hardware dan software. Berikut

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Jalannya Uji Coba Untuk menjalankan rancangan aplikasi web mobile ini, penginputan data ataupun informasi pertama. User harus membuka aplikasi web terlebih dahulu melalui

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Spesifikasi Perangkat Ajar 4.1.1 Perangkat keras (Hardware) Agar perangkat ajar dapat digunakan dengan baik maka dibutuhkan perangkat ajar sebagai berikut : Table 4.1

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN. siap untuk dioperasikan. Dalam implementasi pembuatan website Anbiyapedia ini

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN. siap untuk dioperasikan. Dalam implementasi pembuatan website Anbiyapedia ini 91 BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementation (Implementasi) Tahap implementasi sistem ini merupakan tahap meletakan sistem supaya siap untuk dioperasikan. Dalam implementasi pembuatan website

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Sebelum melakukan implementasi dan menjalankan sistem E-Auction pada

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Sebelum melakukan implementasi dan menjalankan sistem E-Auction pada BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Kebutuhan dan Instalasi Sistem Sebelum melakukan implementasi dan menjalankan sistem E-Auction pada PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. Maka dibutuhkan spesifikasi perangkat

Lebih terperinci

IMPLEMENTASI DAN ANALISA SISTEM

IMPLEMENTASI DAN ANALISA SISTEM BAB IV IMPLEMENTASI DAN ANALISA SISTEM 4.1 IMPLEMENTASI SISTEM Implementasi sistem ini berisikan tampilan yang sudah diimplementasikan lewat web browser Google Chrome. 4.1.1 Halaman Awal Pada halaman awal

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1. Implementasi Aplikasi yang dibuat ini, diimplementasikan dalam bentuk simulasi dengan penggunaan smartphone yang berbasiskan Android. 4.1.1. Spesifikasi Kebutuhan Perangkat

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM. yang digunakan adalah : 1. Processor Pentium III. 2. Memory 2 GigaByte DDR 2 RAM

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM. yang digunakan adalah : 1. Processor Pentium III. 2. Memory 2 GigaByte DDR 2 RAM BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM 4.1 Implementasi 4.1.1 Spesifikasi Software Piranti keras diperlukan untuk membuat perangkat ajar ini. Piranti keras yang digunakan adalah : 1. Processor Pentium

Lebih terperinci

5 BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

5 BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 5 BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN Pada bab lima ini akan menjelaskan mengenai implementasi dan pengujian dari sistem yang dibuat. Implementasi dan pengujian sistem ini meliputi lingkungan hardware dan

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 91 4.1 Spesifikasi Perangkat Ajar 4.1.1 Perangkat Keras (Hardware) BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Agar perangkat ajar ini dapat diimplementasikan dengan baik, diperlukan konfigurasi perangkat keras sebagai

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 62 BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Implementasi merupakan kelanjutan dari kegiatan perancangan sistem dan dapat disebut sebagai usaha untuk mewujudkan sistem yang dirancang. Pada tahapan

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4. 1 Implementasi 4. 1. 1 Kebutuhan Sumber Daya Sumber daya yang dibutuhkan untuk menjalankan sistem pemesanan online di CV. Mega Mulia terdiri dari: perangkat keras, perangkat

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM 4.1 Implementasi Sistem Implementasi bertujuan untuk menerapkan sistem yang dibangun agar dapat mengatasi permasalahan yang telah diangkat pada penelitian ini. Tahaptahap

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Sistem Pada tahap implementasi, merupakan tahapan penerapan dan pengujian dari portal informasi yang sudah dirancang. Penerapan rancangan yang telah dibuat

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI SISTEM

BAB V IMPLEMENTASI SISTEM BAB V IMPLEMENTASI SISTEM 5.1 Sumber Daya Yang Dibutuhkan Dalam mengimplementasikan suatu aplikasi yang dibangun untuk PT.Dwi Sukses Mulia, maka diperlukan beberapa kebutuhan yang harus dipersiapkan. Kebutuhan-kebutuhan

Lebih terperinci