Bab 4. Hasil dan Pembahasan

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Bab 4. Hasil dan Pembahasan"

Transkripsi

1 54 Bab 4 Hasil dan Pembahasan Pada bab ini berisi tentang penerapan sistem dan pembahasan, berdasarkan perancangan yang telah dilakukan pada bab tiga, serta pengujian sistem. Adapun tujuan implementasi sistem ini adalah untuk memastikan perangkat lunak yang dibuat dapat bekerja sesuai dengan yang diharapkan. 4.1 Implementasi Sistem Dalam implementasi sistem terdapat empat macam bentuk antarmuka yaitu antarmuka utama untuk user pengunjung, antarmuka utama untuk user guru, antarmuka untuk user siswa dan antarmuka utama untuk user administrator. Pada dasarnya, keempat antarmuka tersebut memiliki persamaan, dan hanya dibedakan ruang lingkupnya Form User Pengunjung Form User Pengunjung dapat diakses oleh para pengunjung website.

2 55 Tampilan Form Home terlihat pada Gambar 4.1. Gambar 4.1 Form Home Gambar 4.1 menjelaskan bahwa form home akan muncul pertama kali saat pengunjung mem-browsing site SMA Negeri 1 Waikabubak. Form Home akan menampilkan beberapa menu antara lain Homepage, Profil, Pendaftaran, Buku tamu, Data Siswa, Profil Sekolah, Data Staff Pegawai, Data Admin dan Maintenance. Menu login hanya bisa digunakan user administrator, guru dan siswa. Pada home ini terlihat bahwa hak akses dari pengunjung sangat terbatas Form Login Form Login dapat digunakan oleh admin, guru/pegawai dan siswasiswi.

3 56 Tampilan Form Login terlihat pada Gambar 4.2. Gambar 4.2 Form Login Gambar 4.2 menjelaskan bahwa Form Login terdiri dari dua textbox dan satu button. Pada textbox Username dimasukkan nama login dan textbox password dimasukkan password. Jika berhasil login maka akan tampil halaman home baru untuk masing-masing user baik itu admin, guru maupun siswa. Jika tidak berhasil maka proses login akan diulangi lagi.

4 Form Home Admin Form Home Admin akan tampil jika admin yang melakukan login. Tampilan Form Home Admin seperti pada Gambar 4.3. Gambar 4.3 Form Home Admin Gambar 4.3 menjelaskan bahwa Form Home Admin mempunyai menu yang terdiri dari management user untuk menambahkan User berdasarkan group masing-masing, profil sekolah untuk meng-edit profil sekolah, galery untuk menambah foto, pengumuman untuk menampilkan pengumuman, buku tamu digunakan untuk menampilkan komentar pengunjung, data jabatan untuk menambah jenis jabatan, kelas untuk menambah kelas, mata pelajaran untuk menambah mata pelajaran, pembagian kelas digunakan untuk melakukan pembagian kelas, pengaturan jadwal digunakan untuk membagi jadwal mengajar guru berdasarkan kelas, jadwal untuk melihat jadwal mengajar guru berdasarkan kelas, data siswa untuk menambah data siswa, data pegawai untuk menambah data pegawai, tahun ajaran untuk memilih tahun ajaran.

5 58 - Form Management User Tampilan Form Management User terlihat pada Gambar 4.4 Gambar 4.4 Form Management User Gambar 4.4 menjelaskan bahwa form management user digunakan untuk menambahkan group baru dan memasukkan user sesuai dengan group masing-masing. Jika admin memilih tombol insert user maka akan tampil form baru untuk menambahkan user.

6 59 Tampilan form untuk tambah user terlihat pada Gambar 4.5. Gambar 4.5 Form Insert User Gambar 4.5 menjelaskan bahwa untuk menambah user, admin harus memilih tombol tambah user lalu pilih update untuk menyimpan dan cancel untuk membatalkan, kemudian menandai satu persatu user, dan memilih tombol submit untuk menyimpan user pada group.

7 60 - Form Profil Sekolah Tampilan Form Profil sekolah terlihat pada Gambar 4.6 Gambar 4.6 Form Profil Sekolah Gambar 4.6 menjelaskan bahwa form profil sekolah digunakan untuk memasukkan data-data sekolah. Admin tinggal mengisi semua data yang valid ke dalam kolom kosong yang telah tersedia lalu memilih button Submit maka data langsung tampil pada profil sekolah.

8 61 - Form Data Jabatan Tampilan Form Data Jabatan dapat dilihat pada Gambar 4.7 Gambar 4.7 Form Data Jabatan Gambar 4.7 menjelaskan bahwa Form data jabatan digunakan untuk memasukkan jenis jabatan. Admin tinggal memilih tombol Tambah jabatan, lalu mengisi jenis jabatan, memilih update untuk menyimpan, untuk membatalkan admin memilih tombol cancel.

9 62 - Form Kelas Tampilan Form kelas ditunjukkan pada Gambar 4.8. Gambar 4.8 Form Kelas Gambar 4.8 menjelaskan bahwa Form kelas digunakan untuk menambah, merubah dan menghapus data kelas. Admin tinggal memilih tambah data kelas untuk menambah kelas, memilih tombol submit untuk menyimpan dan untuk membatalkan admin memilih tombol cancel.

10 63 - Form Mata Pelajaran Form Mata Pelajaran dapat dilihat pada Gambar 4.9. Gambar 4.9 Form Mata Pelajaran Gambar 4.9 menjelaskan bahwa form mata pelajaran digunakan untuk menambah, merubah dan menghapus mata pelajaran. Admin tinggal memilih tombol Tambah Data Mata Pelajaran untuk menambah jenis mata pelajaran.

11 64 - Form Pembagian Kelas Form Pembagian kelas dapat dilihat pada Gambar Gambar 4.10 Form Pembagian Kelas Gambar 4.10 menjelaskan bahwa form pembagian kelas digunakan untuk membagi siswa per kelas. Admin tinggal memilih murid, lalu memilih kelas dan memilih tombol submit untuk menyimpan. Untuk melihat siswasiswi yang sudah dibagi per kelas admin dapat memilih menu daftar kelas.

12 65 Form Daftar Kelas dapat dilihat pada Gambar Form Penyusunan Jadwal Gambar 4.11 Form Daftar Kelas Form penyusunan jadwal dapat dilihat pada Gambar Gambar 4.12 Form Penyusunan Jadwal

13 66 Gambar 4.12 menjelaskan bahwa form penyusunan jadwal digunakan untuk membagi jadwal mengajar guru berdasarkan mata pelajaran yang diajarkan dan kelas. Admin tinggal memilih kelas, guru dan mata pelajaran. Kemudian admin memilih tombol submit untuk menyimpannya. Form jadwal dapat dilihat pada Gambar Gambar 4.13 Form Jadwal Pelajaran Gambar 4.13 menjelaskan bahwa admin juga dapat menghapus jadwal yang telah disimpan.

14 67 - Form Data Siswa Form Data Siswa dapat dilihat pada Gambar Gambar 4.14 Form Data Siswa Gambar 4.14 menjelaskan bahwa Form Data Siswa digunakan untuk menambah, mengubah dan menghapus data siswa. Untuk menambah murid maka admin dapat memilih tombol Tambah siswa. Form Tambah Siswa dapat dilihat pada Gambar Gambar 4.15 Form Tambah Siswa

15 68 - Form Data Pegawai Form Data Pegawai dapat dilihat pada Gambar Gambar 4.16 Form Data Pegawai Gambar 4.16 menjelaskan bahwa Form Data Pegawai digunakan untuk menambahkan data pegawai. Admin tinggal memilih tombol Tambah pegawai untuk menambah pegawai. Form Tambah Pegawai dapat dilihat pada Gambar Gambar 4.17 Form Tambah Pegawai

16 Form Home Guru Form Home Guru akan tampil bila guru melakukan login. Pada saat user guru mengakses menu untuk guru, maka sistem akan menampilkan form home untuk user guru seperti yang terlihat pada Gambar Gambar 4.18 Form Home Guru Gambar 4.18 menjelaskan bahwa pada Form Home Guru ini guru dapat melihat data pribadi dan absensi guru selama satu semester, guru juga bisa mengganti username dan password untuk login. Guru dapat memasukkan nilai siswa dan absensi siswa untuk setiap kelas yang diajarkan. Pada halaman guru ada beberapa menu yaitu data pribadi untuk melihat data pribadi guru, absen guru untuk melihat absensi guru tiap semester, absen semester untuk mengisi absensi siswa setiap semester, input nilai digunakan untuk mengisi nilai siswa, daftar nilai digunakan untuk melihat daftar nilai siswa.

17 70 Berikut adalah tampilan untuk masing-masing fungsi dari menu yang terdapat pada Form Home Guru. - Form Data Pribadi Form Data Pribadi guru dapat dilihat pada Gambar Gambar 4.19 Form Data Pribadi Gambar 4.19 menjelaskan bahwa Form Data Pribadi digunakan untuk melihat data pribadi guru maupun pegawai. Guru maupun pegawai juga dapat merubah username dan password untuk login.

18 71 - Form Absensi Semester Form Absensi Semester dapat dilihat pada Gambar Gambar 4.20 Form Absensi Semester Gambar 4.20 menjelaskan bahwa Form Absensi Semester digunakan untuk mengisi absensi siswa setiap semester. Form Memasukkan Absensi Siswa dapat dilihat pada Gambar 4.21 Gambar 4.21 Form Masukkan Absensi Siswa

19 72 Gambar 4.21 menjelaskan bahwa guru dapat memasukkan absensi siswa yang kemudian dapat disubmit untuk memasukkan data absensi siswa tersebut kedalam databases. Setelah mengisi absensi siswa, guru dapat melihat grafik untuk absensi siswa yang diingikan. Berikut adalah tampilan grafik absensi siswa berdasarkan mata pelajaran. - Absensi Kehadiran Grafik absensi kehadiran terlihat pada Gambar Gambar 4.22 Form Absensi Kehadiran Gambar 4.22 Form Grafik Absensi Kehadiran digunakan untuk melihat tingkat kehadiran siswa dalam satu kelas dalam bentuk grafik. Gambar 4.22 menerangkan jumlah kehadiran siswa dalam satu semester, garis vertical menunjukkan nomor induk siswa (NIS) dan garis horizontal menunjukkan jumlah kehadiran.

20 73 - Absensi Alpa Grafik absensi Alpa terlihat pada Gambar Gambar 4.23 Form Absensi Alpha Gambar 4.23 Form Grafik Absensi Alpha digunakan untuk melihat tingkat alpha dari siswa dalam satu kelas dalam bentuk grafik. Gambar 4.23 menerangkan jumlah alpha siswa dalam satu semester, garis vertical menunjukkan nomor induk siswa (NIS) dan garis horizontal menunjukkan jumlah alpha. - Absensi Izin Grafik absensi izin terlihat pada Gambar Gambar 4.24 Form Absensi Izin

21 74 Gambar 4.24 Form Grafik Absensi Izin digunakan untuk melihat tingkat izin dari siswa dalam satu kelas dalam bentuk grafik. Gambar 4.24 menerangkan jumlah izin siswa dalam satu semester, garis vertical menunjukkan nomor induk siswa (NIS) dan garis horizontal menunjukkan jumlah izin. - Absensi Sakit Grafik absensi sakit terlihat pada Gambar Gambar 4.25 Form Absensi Sakit Gambar 4.25 Form Grafik Absensi Sakit digunakan untuk melihat tingkat sakit dari siswa dalam satu kelas dalam bentuk grafik. Gambar 4.25 menerangkan jumlah sakit siswa dalam satu semester, garis vertical menunjukkan nomor induk siswa (NIS) dan garis horizontal menunjukkan jumlah sakit.

22 75 - Form Input Nilai Siswa Tampilan Form Input Nilai Siswa terlihat pada Gambar Gambar 4.26 Form Input Nilai Siswa Gambar 4.26 menjelaskan bahwa Form Input Nilai siswa berfungsi untuk memasukkan nilai siswa-siswi untuk setiap mata pelajaran. User guru dapat melakukan aktivitas lihat, tambah, edit dan hapus. Nilai yang dimasukkan di halaman ini, secara otomatis akan muncul di profil user siswa.

23 76 - Form Data Nilai Siswa Form Data Nilai Siswa dapat dilihat pada Gambar Gambar 4.27 Form Data Nilai Siswa Gambar 4.27 menjelaskan bahwa Form Data Nilai Siswa berfungsi untuk melihat nilai siswa yang nilainya telah dimasukkan berdasarkan mata pelajaran.

24 Form Home Siswa Form Home Siswa akan muncul jika siswa melakukan login. Form Home Siswa dapat dilihat pada Gambar Gambar 4.28 Form Home Siswa Gambar 4.28 menjelaskan bahwa Form Home Siswa digunakan siswa untuk melihat data pribadi, lihat nilai dan lihat absensi siswa selama satu semester. Siswa tinggal memilih lihat absen untuk melihat absensi siswa, lihat nilai untuk melihat nilai dan data pribadi untuk melihat data pribadi siswa.

25 78 Berikut adalah tampilan untuk masing-masing fungsi dari menu yang terdapat pada Form Home Siswa. - Form Lihat Absen Form Lihat Absen dapat dilihat pada Gambar Gambar 4.29 Form Lihat Absen Gambar 4.29 menjelaskan bahwa Form Lihat Absen berfungsi untuk melihat absensi siswa dalam satu semester. Siswa tinggal memilih semester dan tahun ajaran lalu memilih tombol lihat, maka absesi siswa akan tampil. Absensi siswa tampil dalam bentuk grafik.

26 79 Form Lihat Absen dalam bentuk grafik dapat dilihat pada Gambar Form Lihat Nilai Gambar 4.30 Form Grafik Lihat Absen Form Lihat Nilai dapat dilihat pada Gambar Gambar 4.31 Form Lihat Nilai Gambar 4.31 menjelaskan bahwa Form Lihat Nilai digunakan untuk melihat nilai siswa selama satu semester. Siswa tinggal memilih semester

27 80 dan tahun ajaran lalu memilih tombol lihat, maka nilai akan tampil. Nilai siswa tampil dalam bentuk grafik. Form Lihat Nilai dalam bentuk grafik dapat dilihat pada Gambar Gambar 4.32 Form Grafik Lihat Nilai

28 Pembahasan Kode Program Kode Program 4.1 Perintah Untuk Fungsi Login Kode Program 4.1 fungsi login baris 6 dan baris 7 digunakan untuk mengecek username dan password, jika benar maka akan disimpan dalam Session, baris 8-12 menerangkan jika username dan passwordnya menggunakan admin maka akan tetap disimpan dalam session. Baris menerangkan jika username dan password salah maka akan ditolak dan tidak akan disimpan dalam session, akan muncul pesan login tidak berhasil, silahkan ulangi lagi. Baris 16 digunakan untuk melakukan refresh halaman selama tiga detik jika username dan password yang dimasukkan salah dan setelah itu akan kembali ke menu login. Baris 19 dan 20 menerangkan jika username dan password dibuat menggunakan textbox.

29 82 Kode Program 4.2 Perintah Memasukkan Data Guru Kode Program 4.2 fungsi insert data guru digunakan untuk mengisi data guru. Baris 7 dan baris 8 digunakan untuk memasukkan kode pegawai yang dibuat menggunakan textbox. Baris 9-11 digunakan untuk membuat tampilan jabatan dalam bentuk combobox. Baris digunakan untuk membuat tampilan jabatan dalam bentuk combobox. Baris digunakan untuk memasukkan data ke database dari detailview yang tidak bisa dibind oleh control ASP.Net.

30 83 Kode Program 4.3 Perintah untuk Update Data Guru Kode Program 4.3 merupakan fungsi untuk merubah data guru. Baris 5-6 digunakan untuk membuat tampilan jabatan dalam bentuk combobox. Baris 7 dan 8 digunakan untuk membuat tampilan jenis kelamin dalam bentuk combobox. Baris 9 dan baris 10 digunakan untuk memanggil kembali panel2 dalam Asp.Net. Baris 13 dan baris 14 digunakan untuk memasukkan data ke database dari detailview yang tidak bisa di Bind oleh control ASP.Net.

31 84 Kode Program 4.4 Perintah Memasukkan Data Nilai Kode Program 4.4 merupakan fungsi data nilai, digunakan untuk membuat daftar nilai siswa. Baris 3-4 digunakan untuk membaca id. Baris 5 dan baris 6 menerangkan bahwa tahun ajaran dan KelasID harus diisi Karena merupakan kunci. Baris digunakan untuk membuat object untuk masing-masing id dan setelah selesai baris 21 dan baris 22 akan menyimpan data nilai ke dalam sessions1.

32 85 Kode Program 4.5 Perintah Membuat Absen Pegawai Kode Program 4.5 merupakan fungsi untuk membuat absensi pegawai yang baru. Baris 6-8 digunakan untuk memilih tahun ajaran dan semester, setelah memilih maka Baris 9 akan menyimpan dan menampilkan absensi pegawai. Kode Program 4.6 Perintah Untuk Menampilkan Menu

33 86 Kode Program 4.6 digunakan untuk menampilkan menu. Baris 1-5 digunakan untuk menampilkan menu sesuai dengan hak akses masingmasing. Baris 6-9 digunakan untuk melihat apakah user ini mempunyai hak akses untuk menampilkan menu Jika benar maka Baris akan menampilkan menu. 4.3 Pengujian (Testing) Agar mengetahui sejauh mana keberhasilan aplikasi yang dibuat, maka dibutuhkan suatu pengujian pada aplikasi Sistem Informasi Akademik SMA Negeri 1 Waikabubak. Tahapan pengujian atau testing dilakukan dengan tujuan untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang terjadi pada aplikasi yang dibangun. Bentuk-bentuk kesalahan yang mungkin ditemukan pada tahapan pengujian antara lain seperti kesalahan kode program, kesalahan memasukan data, kesalahan proses. Apabila dalam proses pengujian ditemukan kesalahan program, maka program harus diperbaiki sehingga diperoleh program yang benar-benar bersih dari kesalahan. Guna mengetahui kinerja dari sistem yang telah dibangun maka dilakukan pengujian menggunakan Unit testing blackbox yaitu dengan mencari bug/error yang terdapat pada aplikasi yang dibuat. Hasil pengujian terlihat pada Tabel 4.1, Tabel 4.2 dan Tabel 4.3. Tabel 4.1 Pengujian Login Admin No Pengujian Proses Hasil 1 Login ok 2 Tambah absensi guru ok

34 87 3 Edit absensi guru ok 4 Hapus absensi guru ok 5 Tambah nilai siswa ok 6 Edit nilai siswa ok 7 Hapus nilai siswa ok 8 Tambah absensi siswa ok 9 Edit absensi siswa ok 10 Hapus absensi siswa ok 11 Tambah data jabatan ok 12 Edit data jabatan ok 13 Hapus data jabatan ok 14 Tambah kelas ok 15 Edit data kelas ok 16 Hapus kelas ok 17 Tambah mata pelajaran ok 18 Edit data mata pelajaran ok 19 Hapus mata pelajaran ok 20 Tambah pembagian kelas ok 21 Hapus pembagian kelas ok 22 Tambah jadwal ok 23 Edit jadwal ok

35 88 24 Hapus jadwal ok 25 Tambah user (guru dan siswa) ok 26 Edit data user (guru dan siswa) ok 27 Hapus user (guru dan siswa) ok 28 Tambah tahun ajaran ok 29 Edit tahun ajaran ok 30 Hapus tahun ajaran ok 31 logout ok Tabel 4.1 menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pengujian Black Box, maka terlihat pada hasil pengujian proses login admin tidak terjadi eror dan sesuai dengan yang diharapkan. Tabel 4.2 Pengujian Login Guru No Pengujian Proses Hasil 1 Login ok 2 Lihat data pribadi ok 3 Ganti username ok 4 Ganti password ok 5 Tambah absebsi semester ok 6 Edit absensi semester ok 7 Hapus absensi semester ok

36 89 8 Tambah nilai ok 9 Edit nilai ok 10 Hapus nilai ok 11 Input Nilai ok 12 Logout ok Tabel 4.2 menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pengujian Black Box, maka terlihat pada hasil pengujian proses login Guru tidak terjadi eror dan sesuai dengan yang diharapkan. Tabel 4.3 Pengujian Login Siswa No Pengujian Proses Hasil 1 Login ok 2 Lihat data pribadi ok 3 Lihat absensi semester ok 4 Lihat nilai ok 5 Lihat Materi ok 6 Logout ok Tabel 4.3 menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pengujian Black Box, maka terlihat pada hasil pengujian proses login Siswa tidak terjadi eror dan sesuai dengan yang diharapkan.

37 90 Analisis Menggunakan Webserver Stress Tool Pada bagian ini dilakukan analisis aplikasi menggunakan bantuan Webserver Stress Tool Webserver Stress Tool sendiri merupakan alat uji yang digunakan untuk menguji performa sebuah aplikasi web, server web yang berjalan pada jaringan internet maupun intranet dengan antarmuka web. Hasil dari pengujian menggunakan software ini dapat digunakan untuk menganalisis performa dari sebuah aplikasi web. Pada Gambar 4.33 disajikan gambar grafik yang menunjukkan hasil pengujian menggunakan Webserver Stress Tool yang disimulasikan menggunakan 8 user. Gambar 4.33 Grafik Hasil Pengujian Gambar 4.33 pengujian dilakukan dengan menambahkan 1 user setiap 6 detik. Sistem dapat menghasilkan jumlah halaman yang bervariasi setiap

38 91 detiknya, hal ini juga dipengaruhi oleh jumlah user. Berdasarkan keseluruhan pengujian grafik pages per second mengalami perubahan namun hanya berkisar antara level 1-5. Dengan demikian diketahui bahwa sistem dapat memberi respon rata-rata 0,2 detik, untuk jumlah user dari 0 sampai 8. Gambar 4.34 Grafik Error Gambar 4.34 menunjukkan grafik hasil pengujian error dari aplikasi, yang terdiri dari: Errors,% yang menunjukkan persentase tanggapan dengan kesalahan dari jumlah hits. Berdasarkan hasil pengujian sistem yang telah dilakukan yang diperlihatkan pada Gambar 4.33 dan Gambar 4.34 sistem yang dibangun telah memenuhi uji performa dengan baik karena hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem tidak mengalami errors.

39 92 Kegunaan dan Manfaat Sistem bagi SMA Negeri 1 Waikabubak Kegunaan dan manfaat sistem yang telah dibuat bagi SMA Negeri 1 Waikabubak yaitu sistem dapat mempermudah pekerjaan para guru dalam menulis laporan nilai siswa karena sistem telah menyediakan kolom penilaian siswa yang tinggal diisi oleh guru sehingga para guru tidak memerlukan waktu yang lama lagi. Sistem juga dapat memudahkan pihak sekolah dalam memberikan pengumuman-pengumuman kepada murid karena kepala sekolah tidak perlu mengumpulkan siswa dilapangan lagi jika ingin menyampaikan suatu pengumuman karena pada sistem sudah terdapat menu galeri untuk menyampaikan pengumuman. Kepala sekolah tidak perlu lagi melihat buku absensi guru dan pegawai dalam mengontrol kehadiran para guru dan pegawai karena sistem telah menyediakan menu absensi guru dan pegawai, sistem juga mempermudah siswa dalam melihat hasil laporan belajar dan absensi selama satu semester karena siswa dapat mengakses sistem dimana saja, sistem yang dibuat juga dapat diakses oleh siapa saja yang ingin mengetahui informasi tentang SMA Negeri 1 Waikabubak.

Link Nama digunakan untuk menuju halaman Data Absensi Siswa.

Link Nama digunakan untuk menuju halaman Data Absensi Siswa. 142 Gambar 4.15 Tampilan Halaman Absensi Kelas Tampilan Halaman Absensi Kelas akan menampilkan data-data siswa pada kelas yang dipilih. Link Nama digunakan untuk menuju halaman Data Absensi Siswa. Link

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. Setelah melalui proses perancangan dan pengkodean program, maka

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. Setelah melalui proses perancangan dan pengkodean program, maka 47 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Hasil Setelah melalui proses perancangan dan pengkodean program, maka dihasilkan suatu aplikasi pengolahan data service pada CV. Salsabila Multi Jasa Palembang, adapun

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN IV.1. Tampilan Hasil Berikut ini dijelaskan tentang tampilan hasil dari pembuatan Sistem Informasi Geografis Lokasi Yang Terkena Dampak Bencana Gunung Sinabung Berbasis Web

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Dari hasil penelitian, analisis, perancangan dan pengembangan sistem yang diusulkan, maka hasil akhir yang diperoleh adalah sebuah perangkat lunak Sistem

Lebih terperinci

Petunjuk Pemakaian Sistem

Petunjuk Pemakaian Sistem Petunjuk Pemakaian Sistem Berikut ini adalah petunjuk pemakaian sistem dari aplikasi pengiriman barang PT. Buana Resota. Aplikasi ini dimulai dengan membuka browser, kemudian memasukkan alamat website.

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Hasil Berikut ini dijelaskan tentang tampilan hasil dari Sistem Informasi Geografis Lokasi Sekolah Dasar Negeri Di Kota Binjai Berbasis Web dapat dilihat sebagai berikut

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 81 BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Sistem Tahap implementasi dan pengujian sistem, dilakukan setelah tahap analisis dan perancangan selesai dilakukan. Pada bab ini akan dijelaskan implementasi

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Berikut adalah tampilan hasil dan pembahasan dari Sistem Informasi Tentang Pakaian Adat Dalam Pernikahan Dengan Metode Prototyping Berbasis Web. IV.1.1. Tampilan

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN. untuk dioperasikan. Dalam implementasi web dashboard absen dan biaya berobat karyawan

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN. untuk dioperasikan. Dalam implementasi web dashboard absen dan biaya berobat karyawan BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Aplikasi Tahap implementasi sistem ini merupakan tahap meletakan sistem supaya dapat siap untuk dioperasikan. Dalam implementasi web dashboard absen dan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Berikut ini akan dijelaskan tentang tampilan hasil dari perancangan Penerapan Program Sistem Informasi Akutansi Estimasi Pembiayaan Bahan Baku Pada PT. Nitori

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN IV.1. Tampilan Hasil Berikut ini akan dijelaskan tentang tampilan hasil dari perancangan aplikasi pengelompokan obat pada rumah sakit siti hajar medan menggunakan metode k-means

Lebih terperinci

BAB III RANCANGAN PENGUJIAN. aplikasi ini adalah black box testing. Black box testing atau tes fungsional adalah

BAB III RANCANGAN PENGUJIAN. aplikasi ini adalah black box testing. Black box testing atau tes fungsional adalah BAB III RANCANGAN PENGUJIAN 3.1 Metode Pengujian Pada penelitian ini, metode pengujian yang akan dipakai dalam pengembangan aplikasi ini adalah black box testing. Black box testing atau tes fungsional

Lebih terperinci

SISWA. Page Ganti password 1. Input password. 2. Input confirm. password. 3. Button ganti. password. Home Page 1. Button ganti. password.

SISWA. Page Ganti password 1. Input password. 2. Input confirm. password. 3. Button ganti. password. Home Page 1. Button ganti. password. SISWA. Page Ganti password 1. Input 2. Input confirm 3. Button ganti Login Page 1. Input NIS. 2. Input 3. Button login. Home Page 1. Button ganti 2. Button kehadiran siswa. 3. Button nilai akademik siswa.

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1. Pembahasan Sistem 4.1.1. Tools Tools pada pengembangan website sistem informasi akademik SMK Dharma Asih menggunakan XAMPP. Setelah selesai melakukan instalasi maka pastikan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN IV.1. Tampilan Hasil Berikut ini akan dijelaskan tentang tampilan hasil dari perancangan aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pupuk Pada Tanaman Kopi Menggunakan Metode

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN IV.1. Tampilan Hasil Berikut ini akan dijelaskan tentang tampilan hasil dari perancangan sistem informasi akuntansi Simpan Pinjam KPRI dapat dilihat

Lebih terperinci

Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada SMA Negeri 1 Wewewa Tengah

Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada SMA Negeri 1 Wewewa Tengah Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada SMA Negeri 1 Wewewa Tengah Artikel Ilmiah Peneliti : Seprianus Alfian Tanggela (682006055) M. A. Ineke Pakereng, M.Kom. Michael Bezaleel Wenas, S.Kom.,

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Pada tahap implementasi ini akan diuraikan bagaimana cara mengimplementasikan sistem Ujian Online Mandiri yang di bangun, fasilitas atau peralatan pendukung

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM 4.1 Implementasi Sistem Pada bab ini dilakukan implementasi dan pengujian terhadap sistem yang telah dibuat. Imlementasi merupakan penerapan dari proses sebelumnya

Lebih terperinci

PENGUJIAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM

PENGUJIAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENGUJIAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM 4.1. Pengujian Sistem Setelah program selesai dibuat maka dilakukan pengujian (testing) terhadap program. Langkah pengujian sistem ditujukan 2 pihak yaitu programmer dan

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI SISTEM

BAB IV IMPLEMENTASI SISTEM BAB IV IMPLEMENTASI SISTEM 4.1 Implementasi Sistem Tahap implementasi merupakan tahap menterjemahkan perancangan berdasarkan hasil analisa yang bisa dibaca atau dimengerti oleh bahasa mesin serta penerapan

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM. mengatasi permasalahan yang diangkat pada penelitian ini. Tahap-tahap yang

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM. mengatasi permasalahan yang diangkat pada penelitian ini. Tahap-tahap yang BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM 4.1 Implementasi Sistem Implementasi bertujuan untuk menerapkan sistem yang dibangun untuk mengatasi permasalahan yang diangkat pada penelitian ini. Tahap-tahap

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Pada bab ini akan dijelaskan tampilan hasil dari aplikasi yang telah dibuat, yang digunakan untuk memperjelas tentang tampilan-tampilan yang ada pada aplikasi

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM 4.1. Implementasi Sistem Setelah melakukan analisis dan perancangan sistem yang telah dibahas, maka untuk tahap selanjutnya yaitu implementasi sistem. Implementasi

Lebih terperinci

4.1. Prosedur Pemakaian Aplikasi Tampilan Web Sebagai Admin. a. Halaman Login. Gambar 4.41 Halaman Login Admin

4.1. Prosedur Pemakaian Aplikasi Tampilan Web Sebagai Admin. a. Halaman Login. Gambar 4.41 Halaman Login Admin 1 4.1. Prosedur Pemakaian Aplikasi 4.1.1. Tampilan Web Sebagai Admin a. Halaman Login Gambar 4.41 Halaman Login Admin Halaman Log In dimana Admin harus memasukkan Username dan Password. Klikk button LOG

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1 Tampilan Hasil Pada bab ini akan ditampilkan hasil dari perancangan program yang terdiri dari form-form sistem pendukung keputusan pemilihan makanan bayi yang terdiri dari

Lebih terperinci

tentang perubahan kondisi aplikasi dijalankan :

tentang perubahan kondisi aplikasi dijalankan : 253 Gambar 4.22 Halaman Ganti Password Halaman ini digunakan oleh semua pengguna aplikasi ini untuk menggantikan kode sandi pengaksesan aplikasi. Dengan memasukkan kode sandi lama, kemudian memasukkan

Lebih terperinci

User Manual Aplikasi Surat Rekomendasi Ditjen SDPPI Kominfo

User Manual Aplikasi Surat Rekomendasi Ditjen SDPPI Kominfo User Manual Aplikasi Surat Rekomendasi Ditjen SDPPI Kominfo DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 1 1. LOGIN... 2 1.1 REGISTER... 2 1.2 MERUBAH DATA PROFILE USER... 3 1.3 LOGIN... 5 2. PERMOHONAN... 7 2.1 PENGAJUAN

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Hasil Berikut ini adalah tampilan interface untuk Sistem Informasi Akuntansi Pengolahan Modal Usaha Dengan Metode Equity Pada PT.Merek Indah Lestari Berbasis Web : 1. Halaman

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN IV.1. Tampilan Hasil Berikut ini akan dijelaskan tentang tampilan hasil dari Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Burung Kenari Terbaik Dengan Menggunakan Metode Simple Additive

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Sistem Implementasi merupakan penerapan dari proses analisis dan perangcangan yang telah dibahas dalam bab sebelumnya. Pada tahapan ini terdapat dua aspek

Lebih terperinci

Bab IV. HASIL DAN ANALISIS

Bab IV. HASIL DAN ANALISIS Bab IV. HASIL DAN ANALISIS 4.1 Hasil Karya / Implementasi Hasil karya yang diciptakan adalah sistem informasi perpustakaan berbasis web yang berisi infornasi ketersediaan buku beserta pengolahan data penyedia

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN IV.1. Hasil Berikut ini dijelaskan tentang tampilan hasil dari pembuatan Sistem Informasi Akuntansi Perhitungan PPh Pasal 21 pada PT. Haris Prima Citra Lestari Berbasis Online

Lebih terperinci

Gambar 4.22 Tampilan Halaman Semester

Gambar 4.22 Tampilan Halaman Semester 226 Tampilan Halaman Pelajaran akan menampilkan data-data pelajaran yang telah ada. Textfield kode mata pelajaran dan nama mata pelajaran diisi untuk menambah data pelajaran baru. Link Hapus digunakan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Pada bab ini akan dijelaskan tampilan hasil dari aplikasi yang telah dibuat, yang digunakan untuk memperjelas tentang tampilan-tampilan yang ada pada Perancangan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Berikut ini dijelaskan tentang tampilan hasil dari Perbandingan Metode Jam Jasa Dengan Garis Lurus Untuk Penyusutan Aset Tetap Pada PT. Rubber Hock Lie Sunggal

Lebih terperinci

Bab IV. HASIL DAN ANALISIS

Bab IV. HASIL DAN ANALISIS Bab IV. HASIL DAN ANALISIS 4.1 Hasil Karya / Implementasi Dari tahap-tahap yang telah dilakukan sebelumnya, maka dihasilkan website Jual Pintu dan Jendela Rumah. Berikut adalah tampilan website : 1. Halaman

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Pengembangan dan Implementasi Sistem 4.1.1 Tools Pengembangan Tools pada pengembangan aplikasi web ini yaitu menggunakan XAMPP. Setelah selesai melakukan instalasi maka

Lebih terperinci

BAB III METODOLOGI PENELITIAN. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu

BAB III METODOLOGI PENELITIAN. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu 21 BAB III METODOLOGI PENELITIAN 3.1 Tempat dan Waktu Penelitian Penelitian ini dilakukan di Jurusan Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung. Waktu penelitian dilakukan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA 72 BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Berikut ini akan dijelaskan tentang tampilan hasil dari perancangan Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Siswa Paling Berprestasi Di SMK Negeri

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Sistem Salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum menjalankan aplikasi ini adalah implementasi sistem. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Berikut ini akan dijelaskan tentang tampilan hasil dari perancangan Penerapan Program Sistem Informasi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Dana Bantuan Operasional

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN. siap untuk dioperasikan. Dalam implementasi web dashboard lembur dan perjalanan dinas

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN. siap untuk dioperasikan. Dalam implementasi web dashboard lembur dan perjalanan dinas BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 5.1 Implementasi Aplikasi Tahap implementasi sistem ini merupakan tahap meletakan sistem supaya dapat siap untuk dioperasikan. Dalam implementasi web dashboard lembur dan

Lebih terperinci

sebelumnya, yaitu hasil Aplikasi Pemesanan Kamar pada Hotel Relasi (php) yang bertujuan untuk membuat suatu aplikasi web pemasaran pada Hotel

sebelumnya, yaitu hasil Aplikasi Pemesanan Kamar pada Hotel Relasi (php) yang bertujuan untuk membuat suatu aplikasi web pemasaran pada Hotel 70 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Hasil Dalam bab ini akan dijelaskan mengenai hasil dari rancangan dalam bab sebelumnya, yaitu hasil Aplikasi Pemesanan Kamar pada Hotel Relasi Palembang dimana aplikasi

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI SISTEM

BAB V IMPLEMENTASI SISTEM 58 BAB V IMPLEMENTASI SISTEM Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kelas Terfavorit Dengan Metode Multifactor Evaluation Process (MFEP) (Studi Kasus SMP Negeri 3 Jekulo Kudus) lebih lanjut,

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Hasil Berikut ini dijelaskan tentang tampilan hasil dari rancangan implementasi knowledge management system berbasis web tentang import hortikultura pada PT. Lintas Buana

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Berikut ini akan dijelaskan tentang tampilan hasil program dan pembahasan dari Data Mining Peminjaman Buku Menggunakan Metode Algoritma Apriori Pada Perpustakaan

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI SISTEM

BAB V IMPLEMENTASI SISTEM BAB V IMPLEMENTASI SISTEM Implementasi adalah tahap penerapan dan sekaligus pengujian bagi sistem serta merupakan tahap dimana aplikasi siap dioperasikan pada keadaan yang sebenarnya, efektifitas sistem

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN. Perangkat lunak yang digunakan untuk pembuatan website sekolah ini yaitu

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN. Perangkat lunak yang digunakan untuk pembuatan website sekolah ini yaitu 51 BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 5.1 Implementasi Sistem Implementasi sistem merupakan tahap penempatan sistem agar dapat dioperasikan, dalam implementasi terdapat beberapa tahapan diantaranya sebagai

Lebih terperinci

BAB VI IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB VI IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB VI IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 1.1 Implementasi Sistem Tahap ini merupakan tahap implementasi dan pengujian sistem, dilakukan setelah tahap analisa dan perancangan selesai dilakukan. Untuk menjalankan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. Aplikasi yang dibuat ini akan digunakan oleh admin terlebih dahulu

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. Aplikasi yang dibuat ini akan digunakan oleh admin terlebih dahulu BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 4.1 Implementasi Program Aplikasi yang dibuat ini akan digunakan oleh admin terlebih dahulu dengan membuat account, kemudian calon pendaftar mengakses halaman yang

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. membantu untuk lebih memahami jalannya aplikasi ini. Sistem atau aplikasi dapat

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. membantu untuk lebih memahami jalannya aplikasi ini. Sistem atau aplikasi dapat BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Kebutuhan Implementasi Sistem Implementasi sistem adalah implementasi dari analisis dan desain yang telah dibuat sebelumnya. Sehingga diharapkan dengan adanya implementasi

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN. dioperasikan. Dalam pembuatan website SMK GANTRA Yayasan Pendidikan

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN. dioperasikan. Dalam pembuatan website SMK GANTRA Yayasan Pendidikan BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 5.1 Implementasi Sistem Tahap implementasi merupakan tahap dimana suatu sistem siap untuk dioperasikan. Dalam pembuatan website SMK GANTRA Yayasan Pendidikan Gandi Putra.

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Pada bab ini akan di jelaskan tampilan hasil dari aplikasi yang telah dibuat, yang digunakan untuk memperjelas tentang tampilan-tampilan yang ada pada Sistem

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Pengertian Implementasi Sistem Setelah sistem selesai dianalisis dan dirancang secara rinci dan teknologi telah diseleksi dan dipilih, saatnya sistem untuk diimplementasikan.

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Berikut ini akan dijelaskan tentang tampilan hasil dari perancangan Penerapan Algoritma Apriori Jurusan Yang Paling Diminati Calon Mahasiswa Di Sekolah Tinggi

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Pada bab ini akan dijelaskan tampilan hasil dari aplikasi yang telah dibuat, yang digunakan untuk memperjelas tentang tampilan-tampilan yang ada pada Perancangan

Lebih terperinci

Bab 4 Hasil dan Pembahasan

Bab 4 Hasil dan Pembahasan Bab 4 Hasil dan Pembahasan Bab ini berisi pemaparan mengenai hasil dari perancangan sistem dalam bentuk pembahasan mengenai uji implementasi dari hasil perancangan tersebut. Pengujian dilakukan untuk memperoleh

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA VI.1. Hasil Pada bab ini, penulis akan menampilkan tampilan hasil perancangan yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya dari aplikasi Perancangan Sistem Informasi Kehadiran Dosen

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN IV.1. Tampilan Hasil Berikut ini akan dijelaskan tentang tampilan hasil dari perancangan Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Tanaman Buah Semangka Menggunakan Metode Theorema

Lebih terperinci

Sistem Informasi Pengadaan ATK ( Alat Tulis Kantor )

Sistem Informasi Pengadaan ATK ( Alat Tulis Kantor ) Sistem Informasi Pengadaan ATK ( Alat Tulis Kantor ) No Kode Program : VBNET03 www.101peluangbisnis.com Bahasa Pemograman VB. NET + Database SQL Server Terima kasih telah memilih aplikasi pengolahan data

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN UJI COBA SISTEM. Aplikasi Sistem Penerimaan Karyawan dibuat berbasis web dengan

BAB IV IMPLEMENTASI DAN UJI COBA SISTEM. Aplikasi Sistem Penerimaan Karyawan dibuat berbasis web dengan BAB IV IMPLEMENTASI DAN UJI COBA SISTEM 4.1. Analisa Kebutuhan Sistem Aplikasi Sistem Penerimaan Karyawan dibuat berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP versi 1.5 dan database MySQL. Dalam

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Setelah semua proses perancangan selesai, maka tampilan hasil dari perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Predikat Mahasiswa Berprestasi Dengan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Berikut ini dijelaskan tentang tampilan hasil dari Perancangan Sistem Informasi Medikal Check Up Pada Klinik Thamrin Cabang Riau dapat dilihat sebagai berikut

Lebih terperinci

BAB V PENGUJIAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM. antar komponen sistem yang diimplementasikan. Tujuan utama dari pengujian

BAB V PENGUJIAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM. antar komponen sistem yang diimplementasikan. Tujuan utama dari pengujian 86 BAB V PENGUJIAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM 5.1. Pengujian Pengujian Sistem dilakukan untuk memeriksa kekompakan atau kinerja antar komponen sistem yang diimplementasikan. Tujuan utama dari pengujian sistem

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI SISTEM

BAB V IMPLEMENTASI SISTEM BAB V IMPLEMENTASI SISTEM Pada bab ini akan dijelaskan implementasi dari Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penilaian kinerja yang sudah dibangun 5.1 Lingkungan Implementasi Lingkungan implementasi meliputi

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Tahap implementasi sistem adalah tahap penerapan dari hasil analisis dan

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Tahap implementasi sistem adalah tahap penerapan dari hasil analisis dan BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Kebutuhan Sistem Tahap implementasi sistem adalah tahap penerapan dari hasil analisis dan perancangan ke dalam bahasa pemrograman yang dimengerti oleh komputer sehingga

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Hasil Berikut ini dijelaskan tentang hasil dari Perancangan Sistem Informasi Geografis Lokasi Bimbingan Belajar Di Kota Medan Berbasis Web, yang berisi tentang daftar bimbingan

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Setelah tahap analisa dan tahap perancangan sistem aplikasi yang sudah dijelaskan pada Bab III, maka tahap selanjutnya merupakan tahap implementasi. Pada

Lebih terperinci

Aplikasi Tata Persuratan Berbasis Web Perum Jasa Tirta II. bertujuan untuk memenuhi kebutuhan di setiap Unit Kerja, sebuah

Aplikasi Tata Persuratan Berbasis Web Perum Jasa Tirta II. bertujuan untuk memenuhi kebutuhan di setiap Unit Kerja, sebuah PENDAHULUAN Aplikasi Tata Persuratan Berbasis Web Perum Jasa Tirta II bertujuan untuk memenuhi kebutuhan di setiap Unit Kerja, sebuah program aplikasi yang dapat mengukur tingkat kualitas kinerja sebuah

Lebih terperinci

BAB IV ANALISA PERANCANGAN DESAIN

BAB IV ANALISA PERANCANGAN DESAIN BAB IV ANALISA PERANCANGAN DESAIN 4.1 User Interface Pada bab ini di gambarkan mengenai user interface dari sistem yang akan di buat, yang merupakan bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN IV.1. Tampilan Hasil Berikut ini dijelaskan tentang tampilan hasil dari Perancangan Sistem Informasi Distro Online Berbasis Web yang dibangun: 1. Tampilan Halaman Beranda Halaman

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1. Kebutuhan Sistem Sebelum melakukan implementasi dan menjalankan Aplikasi Serious Games Belajar Mengenal Hewan Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Maka dibutuhkan spesifikasi

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Sistem Tahap ini merupakan tahap implementasi dan pengujian sistem, dilakukan setelah tahap analisa dan perancangan selesai dilakukan. Untuk menjalankan

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. perpustakaan MTs. An Nuriyah Gresik dibutuhkan : 1. Sistem Operasi Microsoft Windows XP Profesional

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. perpustakaan MTs. An Nuriyah Gresik dibutuhkan : 1. Sistem Operasi Microsoft Windows XP Profesional 92 BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 5.1 Sistem Yang Digunakan Untuk dapat menjalankan aplikasi sistem informasi sirkulasi pelayanan perpustakaan MTs. An Nuriyah Gresik dibutuhkan : 5.1.1 Software Pendukung

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Berikut ini akan dijelaskan tentang tampilan hasil dari perancangan Sistem Pendukung Keputusan Siswa Berprestasi Dengan Metode WP (Weighted Product) dapat

Lebih terperinci

Gambar 4.78 Rancangan Layar Entri Nilai. Home Guru Entri Nilai Entri Nilai Detail

Gambar 4.78 Rancangan Layar Entri Nilai. Home Guru Entri Nilai Entri Nilai Detail 276 Home Guru Entri Nilai Gambar 4.78 Rancangan Layar Entri Nilai Home Guru Entri Nilai Entri Nilai Detail Gambar 4.79 Rancangan Layar Detail Entri Nilai 277 Home Guru Ganti Password Gambar 4.80 Rancangan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA 61 BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Berikut ini dijelaskan tentang tampilan hasil dari Sistem Informasi Akuntansi Kendaraan Dan Gedung Berdasarkan Persentase Rata-Rata Pada UPT. Kesehatan

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1. Implementasi Implementasi adalah sebuah tahap dimana analisa dan rancangan yang sudah dibuat sebelumnya dijalankan. Pada tahap ini perangkat keras dan perangkat lunak

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN IV.1. Hasil Dalam menyajikan hasil dan uji coba pada bab ini, penulis akan menyajikan beberapa tampilan dari aplikasi yang telah dibangun. Tampilan halaman aplikasi ini dibuat

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN HALAMAN PRIBADI WEB PERSONAL DOSEN ITS. Oleh : UPT Pusat Komputer ITS

PETUNJUK PENGGUNAAN HALAMAN PRIBADI WEB PERSONAL DOSEN ITS. Oleh : UPT Pusat Komputer ITS PETUNJUK PENGGUNAAN HALAMAN PRIBADI WEB PERSONAL DOSEN ITS Oleh : UPT Pusat Komputer ITS i Daftar Isi A. Login 1 B. Profil 2 C. Riwayat Pendidikan dan Riwayat Pekerjaan /Jabatan 5 D. Bidang Penelitian

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 62 BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Implementasi merupakan kelanjutan dari kegiatan perancangan sistem dan dapat disebut sebagai usaha untuk mewujudkan sistem yang dirancang. Pada tahapan

Lebih terperinci

BAB IV PERANCANGAN USER INTERFACE

BAB IV PERANCANGAN USER INTERFACE BAB IV PERANCANGAN USER INTERFACE 4.1 Perancangan Arsitektur Sistem Perancangan arsitektur adalah pola keterhubungan antara spesifikasi hardware dan komunikasi data yang terjadi dalam sistem. Berikut digambarkan

Lebih terperinci

HALAMAN PENELITIAN Merupakan kelompok menu yang berisi link untuk 3 halaman, yaitu pengumuman, pengabdian dan penelitian.

HALAMAN PENELITIAN Merupakan kelompok menu yang berisi link untuk 3 halaman, yaitu pengumuman, pengabdian dan penelitian. HALAMAN LOGIN Untuk login pada sistem ini, maka pengguna wajib memiliki email pada polinema. Username dan password yang digunakan untuk login sama dengan username dan password pada email. Username untuk

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. menggunakan program sistem administrasi pendaftaran mahasiswa baru pada

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. menggunakan program sistem administrasi pendaftaran mahasiswa baru pada BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 5.1 Sistem yang Digunakan Berikut ini adalah hardware dan software yang dibutuhkan untuk menggunakan program sistem administrasi pendaftaran mahasiswa baru pada bagian

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Sistem Tahapan implementasi dan pengujian sistem dilakukan setelah tahap Analisis dan perancangan selesai dilakukan. Pada sub sub ini akan dijelaskan

Lebih terperinci

Bab 4. Hasil dan Pembahasan

Bab 4. Hasil dan Pembahasan Bab 4 Hasil dan Pembahasan 4.1 Spesifikasi System 4.1.1 Spesifikasi Perangkat Keras Kebutuhan perangkat keras dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kebutuhan perangkat keras pada server dan client. Spesifikasi

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 5.1 Implementasi Setelah sistem dianalisis dan di desain secara rinci, maka akan menuju tahap implementasi. Implementasi merupakan tahap meletakkan sistem sehingga siap

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA. metode TOPSIS pada Kantor Perhubungan Syahbandar Utama Belawan. Hasil

BAB IV HASIL DAN UJI COBA. metode TOPSIS pada Kantor Perhubungan Syahbandar Utama Belawan. Hasil BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Hasil Adapun hasil dari penelitan yang dilakukan adalah sebuah perangkat lunak sistem penunjang keputusan pemberian bonus dan dana pensiun menggunakan metode TOPSIS pada

Lebih terperinci

Bab IV HASIL DAN ANALISIS

Bab IV HASIL DAN ANALISIS Bab IV HASIL DAN ANALISIS 4.1 Implementasi Dari tahap-tahap yang telah dilakukan, didapatkan hasil Sistem Informasi Pemesanan Tiket Bus Berbasis Web. Berikut adalah tampilan yang dihasilkan: a. Halaman

Lebih terperinci

Gambar 4.63 Halaman Jenis Download (buat baru) (Admin)

Gambar 4.63 Halaman Jenis Download (buat baru) (Admin) 143 Gambar 4.63 Halaman Jenis Download (buat baru) (Admin) Gambar di atas merupakan halaman kategori download (buat baru). Pada menu kategori download (buat baru) diatas digunakan untuk menambahkan kategori

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Pengelolaan Food Court terlebih dahulu diperlukan komponen-komponen utama

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Pengelolaan Food Court terlebih dahulu diperlukan komponen-komponen utama BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Kebutuhan Sistem Sebelum mengimplementasikan dan menjalankan aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Food Court terlebih dahulu diperlukan komponen-komponen utama komputer

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Pada bab ini akan ditampilkan hasil dari perancangan program yang terdiri dari form-form sistem pendukung keputusan penentuan gaji karyawan baru pada PT.

Lebih terperinci

BAB V PEMBAHASAN DAN UJI COBA HASIL PENELITIAN

BAB V PEMBAHASAN DAN UJI COBA HASIL PENELITIAN BAB V PEMBAHASAN DAN UJI COBA HASIL PENELITIAN Untuk testing dan evaluasi program, saya menggunakan metode black box. Karena dengan menggunakan black box, kita dapat dengan mudah menemukan kesalahan pada

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Berikut ini dijelaskan mengenai tampilan hasil dari perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jumlah Produksi Keramik Menggunakan Metode SAW (Simple

Lebih terperinci

BAB V PENGUJIAN DAN IMPLEMENTASI. perangkat lunak. Pengujian dilakukan untuk menjamin kualitas dan juga

BAB V PENGUJIAN DAN IMPLEMENTASI. perangkat lunak. Pengujian dilakukan untuk menjamin kualitas dan juga BAB V PENGUJIAN DAN IMPLEMENTASI 5.1 Pengujian Pengujian merupakan bagian yang penting dalam siklus pembangunan perangkat lunak. Pengujian dilakukan untuk menjamin kualitas dan juga mengetahui kelemahan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Hasil Berikut ini dujelaskan tampilan antar muka dari Sistem Informasi Account Receivables Pada PT. Cipta Mebelindo Lestari Berbasis Web: 1. Halaman Home Halaman Home adalah

Lebih terperinci

Implementasi Perancangan Table User Account Gambar Implementasi Perancangan Table User Account Implementasi Perancangan Table M

Implementasi Perancangan Table User Account Gambar Implementasi Perancangan Table User Account Implementasi Perancangan Table M BAB IV IMPLEMENTASI SISTEM 4.1 Implementasi Sistem Setelah melakukan kegiatan analisa dan perancangan, tahap selanjutnya adalah tahap implementasi dan pengujian. Tahap implementasi merupakan tahap menerjemahkan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1 Tampilan Hasil Pada bab ini akan dijelaskan tampilan hasil dari aplikasi yang telah dibuat, yang digunakan untuk memperjelas tentang tampilan dari sistem informasi Penerapan

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN. harus dijalankan diantaranya adalah: hal-hal yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN. harus dijalankan diantaranya adalah: hal-hal yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut: BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 5.1 Implementasi sistem Tahap implementasi sistem ini merupakan tahap meletakan sistem supaya siap untuk dioperasikan. Dalam implementasi perancangan aplikasi web E-Commerce

Lebih terperinci