KOMPONEN PEKERJAAN PIPA GIP PIPA PPR PN-20 POMPA TRANSFER FILTER TANGKI AIR ATAS BOOSTER PUMP GATE VALVE QM FITTING ELBOW FITTING DRAT KRAN

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "KOMPONEN PEKERJAAN PIPA GIP PIPA PPR PN-20 POMPA TRANSFER FILTER TANGKI AIR ATAS BOOSTER PUMP GATE VALVE QM FITTING ELBOW FITTING DRAT KRAN"

Transkripsi

1 KOMPONEN PEKERJAAN PIPA GIP PIPA PPR PN-20 POMPA TRANSFER FILTER TANGKI AIR ATAS BOOSTER PUMP GATE VALVE QM FITTING ELBOW FITTING DRAT KRAN FITTING TEE FITTING REDUCER

2 ALAT YANG DIBUTUHKAN WELDING MACHINE WELDING MACHINE BESAR PALU & KUNCI PAS METERAN MESIN BOR SPIDOL GERINDA LAP BERSIH TUBBING CUTTER MESIN LAS

3 PROSES PENYAMBUNGAN PIPA GIP Pipa GIP (Galvanis Iron Pipe) Proses Penyambungannya Dengan Cara Di Las Menggunakan Las Listrik, Kemudian Setelah Tersambung, Hasil Sambungan Diratakan Menggunakan Gerinda, Agar Hasilya Terlihat Rapih.

4 PROSES PENYAMBUNGAN PIPA PPR Pipa PP-R Disambungkan Dengan Cara Dipanaskan Pipa Dan Fitting Nya, Kemudian Dikeluarkan Dan Disambungkan Pipa Dan Fitting Dengan Segera, Pada Saat Penyambungan Jangan Sampai Memutar Pipa Ppr Maupun Fitting Pada Saat Penyambungan.

5 PROSES PEMASANGAN PIPA GIP Pada Proyek Ini Jaringan plumbing air bersih di letakan di atas plafond, karna untuk memudahkan pengecekan pada saat terjadi permasalahan pada Pipa. Pipa PPR Digantung dengan alat longdrat dan U bolt. Longdrat di tanam ke dalam plat lantai, sedangkan U Bolt Sebagai pengantung Pipa.

6 PROSES PENGELASAN PLAT PENGGANTUNG PIPA Proses Pengelasan Plat Dan U Bolt, Sebagai Alat Untuk Menggantungkan Pipa Di Langit-langit.

7 PROSES PEMASANGAN QUANTITY METER & GATE VALVE Setelah Jaringan Plumbing Air Bersih Telah Terpasang, Kemudian Dilakukan Pemasangan Quanity Meter Dan Gate Valve, Keduanya Dipasang Pada Shaft, Karena Untuk Memudahkan Pengecekan Apabila Pipa Terjadi Kebocoran.

8 KESIMPULAN : Sumber Air Bersih Pada Apartemen Titanium Square Ini Berasal Dari Deep Well Yang Dalamnya Bias Mencapai ± 200 M Dan Pipa PDAM Dimana Yang Sering Digunakan Adalah Air Yang Berasal Dari PDAM, Sedangkan Air Yang Dari Deep Well Digunakan Pada Saat Air PDAM Mati. System Penyalurannya Menggunakan System Tanki Atap. Dalam Sistem Ini, Air Ditampung Lebih Dahulu Dalam Tangki Bawah (Dipasang Pada Lantai Terendah Bangunan Atau Di Bawah Muka Tanah), Kemudian Dipompakan Ke Suatu Tangki Atas Yang Biasanya Dipasang Di Atas Atap Atau Di Atas Lantai Tertinggi Bangunan. Dari Tangki Ini Air Didistribusikan Ke Seluruh Bangunan Distribusi Air Bersih Pada Dua Lantai Teratas Menggunakan Packaged Booster Pump, Sedangkan Untuk Lantai- Lantai Dibawahnya Dialirkan Secara Gravitasi. Sumber Air Bersih Yang Dari PDAM Dimasukan Kedalam Bak Air Bersih, Sedangkan Sumber Air Yang Berasal Dari Deep Well Dimasukan Kedalam Raw Water Tank. Air Yang Berada Di Raw Water Tank Ditreatment Di Instalasi Water Treatment Plant Dan Selanjutnya Dialirkan Ke Clear Water Tank. Penyaluran Air Bersihnya Menggunakan Pipa Galvanis Berwarna Biru Dan Pipa PPR PN-20 Untuk Fitting Pipa Hanya Menggunakan Satu Jenis Fitting Yaitu Fitting PN-25. Di Dalam Standard Pipa Plastik, Fitting Yang Digunakan Standardnya Harus Lebih Tinggi Dari Pipa.

9 SARAN : 1. Pipa harus dirancang dan dipasang sedemikian rupa sehingga udara maupun air kalau perlu dapat dibuang/dikeluarkan dengan mudah. 2. Perpipaan yang tidak merata, melengkung ke atas atau melengkung ke bawah harus dihindarkan. Kalau tidak dapat dihindarkan hendaknya dipasang katup pelepas udara. 3. Harus dihindarkan membalikkan arah aliran. 4. Pipa harus dipasang dengan baik dan sesuai prosedur agar tidak terjadi, saling bertemunya antar pipa. 5. Harus dipikirkan secara matang jaringan pipa air bersih yang di pasang di atas plafond supaya tidak terjadi lagi perubahan-perubahan yang memakan waktu dan biaya. 6. pemasangan kabel-kabel jaringan listrik dan telepon yang berdekatan dengan pipa air bersih sebisa mungkin menggunakan kabel tray yang terbaik, agar bila terjadi kebocoran pada pipa, kabel tidak terjadi konsleting listrik. 7. keselamatan pekerja harus diutamakan terutama pada saat memasang pipa dilantai atas dengan menggunakan scafolding, pekerja harus menggunakan helm proyek yang berstandar SNI, mengingat banyaknya resiko pekerjaan yang mungkin terjadi didalam proyek.