Sistem Informasi Bimbingan Mahasiswa

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Sistem Informasi Bimbingan Mahasiswa"

Transkripsi

1 Buku Panduan Sistem Informasi Bimbingan Mahasiswa Universitas Negeri Semarang

2 BAB I PENDAHULUAN Proses belajar mengajar di kampus tidak lepas dari hubungan interaksi antara mahasiswa dosen dan masyarakat. Dalam perjalanan selama masa pendidikan dan menempuh masa studi dalam kehidupan kampus mahasiswa sebagai center pada action tidak akan lepas dari friksi yang membumbui hubungan-hubungan tersebut. Kampus dalam hal ini sebagai penengah perlu memperhatikan relasi sosial dari mahasiswa dan dengan harapan bisa membimbing mahasiswa secara lancar dan tidak menemui hambatan yang berarti selama masa studi. Bimbingan yang dilakukan kepada mahasiswa dilakukan oleh dosen wali kepada mahasiswa bimbingannya. Bimbingan di perguruan tinggi merupakan usaha membantu mahasiswa untuk mengembangkan diri dan mengatasi masalah-masalah akademik serta masalah sosial-pribadi yang berpengaruh terhadap perkembangan akademik mereka. Bimbingan tersebut meliputi layanan bimbingan akademik dan bimbingan sosial-pribadi yang diberikan oleh dosen wali. Universitas negeri semarang mengembangkan aplikasi bantu untuk mengarsipkan dan melacak riwayat bimbingan mahasiswa dengan nama Sistem Informasi Bimbingan Mahasiswa (SIBIMA) yang dapat diakses menggunakan web browser dengan alamat (Gambar 1.1). Gambar 1.1. Alamat Situs Sistem Bimbingan Mahasiswa. Aplikasi SIBIMA telah terintegrasi dengan Sikadu (Sistem Informasi Akademik Terpadu) dan Simpeg (Sistem Informasi Kepegawaian) dalam hal data akademik dan data dosen sehingga setiap perubahan yang terjadi pada database Sikadu (biodata mahasiswa dan data akademis lainnya) atau pada database Simpeg (data dosen) akan berpengaruh langsung pada data di SIBIMA. Untuk login ke SIBIMA dapat dilakukan menggunakan user dan password yang sama dengan user dan password di Sikadu. Tuliskan username dan password serta salin Kode keamanan (Captcha) dan klik tombol Masuk.

3 Gambar 1.2. Form Login. Apabila username dan password benar sesuai dengan database Sikadu, maka akan muncul peringatan seperti Gambar 1.3. Gambar 1.3. Peringatan Berhasil Login. Adapun yang berwenang mengakses sistem ini adalah: 1. Mahasiswa, mempunyai hak akses untuk melakukan bimbingan dengan mengusulkan topik bimbingan, melakukan proses bimbingan, melihat rencana bimbingan dari dosen, melakukan diskusi dan juga mengirim pesan baik dengan dosen wali, maupun dengan sesama teman mahasiswa.

4 2. Dosen, mempunyai hak akses membuat rencana bimbingan untuk mahasiswa yang dibimbingnya, melakukan proses bimbingan, mengirim pesan, dan berdiskusi dengan mahasiswa. 3. Pejabat, mempunyai hak akses untuk melihat data-data Bimbingan mahasiswa yang terarsip dalam lingkup wewenangnya. Saat berhasil login maka akan muncul tampilan halaman administrasi dari SIBIMA sebagai berikut (gambar 1.4). Gambar 1.4. Tampilan Halaman Administrasi SIBIMA

5 BAB II PROSEDUR BIMBINGAN Prosedur bimbingan SIBIMA di mulai dari pengajuan topik bimbingan online, sampai proses pengarsipan bimbingan. Adapun prosedur dapat dijabarkan sebagai berikut : Mahasiswa 1. Melakukan bimbingan online dengan memilih tema bimbingan akademik atau umum. 2. Mahasiswa mengusulkan topik bimbingan kepada dosen. 3. Mahasiswa membuat kesepakatan dengan dosen untuk melakukan bimbingan. Dosen 1. Dosen menuliskan rencana bimbingan untuk mahasiswa. 2. Dosen melakukan bimbingan sesuai waktu yang telah direncanakan. 3. Dosen berdiskusi sesuai topik yang diajukan oleh mahasiswa. 4. Dosen memberikan jawaban berupa tanggapan atau rekomendasi atas topik yang diajukan mahasiswa.

6 Flow Chart Sistem Informasi Bimbingan Mahasiswa Universitas Negeri semarang Mahasiswa Dosen Operator Mulai Input Rencana Bimbingan Input Kategori Bimbingan Pengajuan Topik Bimbingan Input Hasil Bimbingan Input Perwalian Terpadu Tidak 3 kali bimbingan Ya Cetak Hasil Bimbingan Selesai Phase

7 BAB III MAHASISWA Fasilitas yang bisa digunakan mahasiswa di SIBIMA diantaranya: 1. Menu Peralatan yang berisi sub-menu Diskusi dan Pesan. 2. Menu pengaturan yang berisi sub-menu Profil. 3. Menu Mahasiswa yang berisi sub-menu Daftar Rencana Bimbingan, Bimbingan mahasiswa dan Cetak bimbingan. Halaman awal yang tampil saat mahasiswa berhasil login diperlihatkan pada Gambar 3.1. Gambar 3.1. Tampilan Awal Halaman Mahasiswa Melihat Rencana Bimbingan Mahasiswa dapat melihat rencana bimbingan dari dosen dengan memilih menu Mahasiswa kemudian klik sub-menu Daftar Rencana Bimbingan dan akan muncul daftar rencana seperti di bawah ini.

8 Gambar 3.2. Tampilan Rencana Bimbingan Pengajuan Topik Bimbingan Proses ini dilakukan oleh mahasiswa untuk mengajukan topik bimbingan yang akan di usulkan kepada dosen wali. Untuk mengajukan topik bimbingan yaitu dengan mengklik menu Mahasiswa kemudian klik sub-menu Bimbingan Mahasiswa maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini (Gambar 3.3.) Gambar 3.3. Tampilan Form Bimbingan Mahasiswa Pilih kategori bimbingan untuk topik yang akan diajukan. Tersedia dua kategori yaitu : 1. Akademik, adalah kategori bimbingan yang berkaitan dengan masalah akademik mahasiswa dalam hal proses perkuliahan, seperti masalah registrasi, KRS, perkuliahan, nilai, dan sebagainya. 2. Umum, adalah kategori bimbingan yang berkaitan dengan masalah mahasiswa secara umum diluar akademik, seperti masalah pribadi, lingkungan, dan sebagainya. Apabila telah memilih salah satu kategori di atas, selanjutnya yaitu klik tombol Usulkan Topik Bimbingan maka akan muncul form seperti di bawah ini.

9 Gambar 3.4. Tampilan Form Pengusulan Topik Bimbingan. Isikan judul topik bimbingan dengan judul yang akan digunakan sebagai bahan bahasan dalam proses bimbingan beserta pertanyaannya, dan untuk menyimpan topik bimbingan, maka klik tombol simpan. Apabila telah berhasil di simpan, maka akan ada riwayat seperti di bawah ini (Gambar 3.4.) Gambar 3.5. Riwayat Pengajuan Topik Bimbingan. Cetak Bimbingan Setelah mahasiswa melakukan bimbingan sebanyak 3 kali, maka mahasiswa dapat mencetak bukti hasil bimbingannya dengan mengklik menu Mahasiswa lalu klik sub-menu Cetak Bimbingan

10 Gambar 3.6. Menu Cetak Bimbingan. Untuk mencetak lembar riwayat bimbingan silakan klik tombol Cetak Bimbingan yang tersedia di atas list bimbingan yang terlihat seperti gambar di atas(gambar 3.6.) Gambar 3.7. Hasil Cetak Bimbingan.

11 Diskusi Forum diskusi merupakan fasilitas untuk bertukar pikiran tentang permasalahan akademik atau permasalahan non-akademik dengan dosen dan atau mahasiswa. Untuk masuk ke forum diskusi silakan klik menu Peralatan kemudian klik sub-menu Diskusi, maka akan tampak form seperti di bawah ini (Gambar 3.7.) Gambar 3.8. Form Diskusi. Untuk memulai diskusi baru silakan klik ikon Buat Topik Diskusi Baru sehingga akan tampil form berikut. (Gambar 3.9.) Gambar 3.9. Form Pembuatan Topik Diskusi. Tuliskan judul topik, deskripsi masalah atau bahan diskusi dan klik tombol simpan untuk memulai diskusi. (Gambar 3.10.)

12 Gambar Form Untuk Diskusi. Pesan Pesan merupakan fasilitas untuk saling terhubung baik dengan dosen, mahasiswa, operator, dsb. Untuk mengirim pesan dapat dilakukan dengan cara mengklik menu Peralatan kemudian klik sub-menu Pesan, maka akan muncul form seperti di bawah ini. (Gambar 3.11.) Gambar Perpesanan. Untuk memulai mengirim pesan, dapat memilih ikon Tulis Pesan, sehingga akan muncul form sebagai berikut (Gambar 3.12.)

13 Gambar Form Tulis Pesan. Untuk memulai mengirim pesan, ada beberapa item yang harus di perhatikan diantaranya : 1. Kepada diisi dengan nama penerima pesan. 2. Grup penerima pilih grup yang akan menerima pesan tersebut dengan cara memilih salah satu group penerima. 3. Perihal diisi dengan judul pesan. 4. Isi pesan diisi dengan isi pesan yang akan dikirimkan. 5. Lampiran digunakan untuk melampirkan file pada pesan yang dikirim. selanjutnya klik tombol kirim untuk mengirimkan pesan.

14 BAB IV DOSEN Fasilitas yang bisa digunakan dosen diantaranya: 1. Menu Peralatan yang berisi sub-menu Diskusi dan Pesan 2. Menu pengaturan yang berisi sub-menu Profil 3. Menu Dosen yang berisi sub-menu Mahasiswa Bimbingan dan Rencana Bimbingan. Halaman awal yang tampil saat Dosen berhasil login diperlihatkan pada Gambar 4.1. Gambar 4.1. Tampilan Awal Halaman Dosen Bimbingan Untuk melihat mahasiswa yang dibimbing (anak wali) dapat dibuka melalui menu Dosen kemudian klik sub-menu Mahasiswa Bimbingan, sehingga akan muncul daftar mahasiswa yang dibimbing. (Gambar 4.2.)

15 Gambar 4.2. Tampilan Daftar Mahasiswa Membuat Rencana Bimbingan Untuk membuat rencana bimbingan baru, dapat mengklik menu Dosen setelah itu klik submenu Rencana Bimbingan lalu klik Tulis Rencana Bimbingan maka akan muncul form seperti di bawah ini. Pada form tulis bimbingan terdapat 2 item yaitu: Gambar 4.3. Form Rencana Bimbingan 1. Kepada diisi dengan nama mahasiswa yang akan menerima rencana bimbingan. 2. Grup Penerima diisi dengan memilih salah satu grup tahun angkatan mahasiswa yang akan menerima rencana bimbingan atau bisa juga dengan memilih beberapa grup sekaligus. NB : Hanya boleh diisi satu penerima saja, jika anda memilih group penerima maka field Kepada harus dikosongkan, ataupun sebaliknya. Setelah itu klik tombol Lanjutkan untuk menuju ke form berikutnya.

16 Gambar 4.4. Form Pembuatan Rencana Pada form pembuatan rencana terdapat beberapa item penting diantaranya: 1. Semester Input yaitu semester yang aktif. 2. List penerima yaitu daftar mahasiswa yang akan menerima rencana bimbingan. 3. Tanggal diisi dengan tanggal rencana bimbingan. 4. Tempat diisi dengan tempat bimbingan. 5. Catatan diisi dengan perihal atau yang berkaitan dengan teknis pelaksanaan bimbingan. Silakan klik tombol simpan untuk menyimpan semua data. Membuat Bimbingan Untuk membuat bimbingan, dapat mengklik sub-menu Rencana Bimbingan pada menu Dosen kemudian klik Tulis Bimbingan maka akan muncul form seperti di bawah ini.

17 Gambar 4.5. Form Penulisan Bimbingan Pada form pembuatan bimbingan terdapat beberapa item penting diantaranya: 1. Semester Input yaitu semester yang aktif. 2. List penerima yaitu daftar mahasiswa yang akan menerima bimbingan susuai dengan mahasiswa yang telah menerima rencana bimbingan. 3. Jenis Bimbingan di isi dengan memilih bimbingan yang sifatnya akademik atau yang bersifat umum. 4. Topik Bimbingan yaitu di isi dengan topik yang akan dibahas. 5. Tanggal diisi dengan tanggal pelaksanaan bimbingan. 6. Isi yaitu ditulis dengan isi bimbingan yang telah di bahas. Silakan klik tombol simpan untuk menyimpan semua data.

18 Diskusi Forum diskusi merupakan fasilitas untuk bertukar pikiran tentang permasalahan akademik atau permasalahan non-akademik dengan dosen dan atau mahasiswa. Untuk masuk ke forum diskusi silakan klik menu Peralatan kemudian klik sub-menu Diskusi, maka akan tampak form seperti di bawah ini (Gambar 4.6.) Gambar 4.6. Form Diskusi. Untuk memulai diskusi baru silakan klik ikon Buat Topik Diskusi Baru sehingga akan tampil form berikut. (Gambar 4.7.) Gambar 4.7. Form Diskusi. Tuliskan judul topik, deskripsi masalah atau bahan diskusi dan klik tombol simpan untuk memulai diskusi. (Gambar 4.8.)

19 Gambar 4.8. Form Untuk Memulai Diskusi. Pesan Pesan merupakan fasilitas untuk saling terhubung baik dengan dosen, mahasiswa, operator, dsb. Untuk mengirim pesan dapat dilakukan dengan cara mengklik menu Peralatan kemudian klik sub-menu Pesan, maka akan muncul form seperti di bawah ini. (Gambar 4.9.) Gambar 4.9. Perpesanan. Untuk memulai mengirim pesan, dapat memilih ikon Tulis Pesan, sehingga akan muncul form sebagai berikut (Gambar 4.10.)

20 Gambar Form Tulis Pesan. Untuk memulai mengirim pesan, ada beberapa item yang harus di perhatikan diantaranya : 1. Kepada diisi dengan nama penerima pesan. 2. Grup penerima pilih grup yang akan menerima pesan tersebut dengan cara memilih salah satu group penerima. 3. Perihal diisi dengan judul pesan. 4. Isi pesan diisi dengan isi pesan yang akan dikirimkan. 5. Lampiran digunakan untuk melampirkan file pada pesan yang dikirim. selanjutnya klik tombol kirim untuk mengirimkan pesan.

21 BAB V OPERATOR Operator akan memperoleh beberapa fasilitas diantaranya: 1. Menu Peralatan yang berisi sub-menu Diskusi dan Pesan 2. Menu Pengaturan yang berisi sub-menu Profil 3. Menu Operator yang berisi sub-menu Kategori Bimbingan, Perwalian Terpadu dan Cetak Bimbingan. Halaman awal yang tampil saat Operator berhasil login diperlihatkan pada Gambar 5.1. Gambar 5.1. Tampilan Awal Halaman Operator Kategori Bimbingan Kategori bimbingan merupakan pengelompokan bimbingan yang dihadapi mahasiswa. Untuk menambah kategori bimbingan silakan klik menu Operator kemudian klik sub-menu Kategori Bimbingan sehingga akan tampil form di bawah ini (Gambar 5.2)

22 Gambar 5.2. Panel Kategori Bimbingan Untuk menambahkan kategori baru, dapat dilakukan dengan mengklik icon Add Node maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini Gambar 5.3. Form Tambah Kategori Isi topik bimbingan, deskripsi dan kategori bimbingan kemudian klik tombol simpan. Perwalian Terpadu Perwalian terpadu digunakan untuk memberikan rencana bimbingan kepada seluruh mahasiswa yang ada di fakultas. Untuk menambahkan bimbingan terpadu dapat mengklik menu Operator kemudian klik sub-menu Perwalian Terpadu maka muncul tampilan seperti gambar di bawah.

23 Gambar 5.4. Form Perwalian Terpadu Pada form tulis bimbingan terdapat 2 item yaitu: 1. Semester Input yaitu semester yang aktif. 2. Grup Penerima diisi dengan memilih salah satu grup tahun angkatan mahasiswa atau bisa juga dengan memilih beberapa grup sekaligus. Setelah mengisi grup penerima, selanjutnya klik tombol Lanjutkan untuk menuju ke form berikutnya. Gambar 5.5. Form Penerima Perwalian

24 Pada form pembuatan rencana terdapat beberapa item penting diantaranya: 1. Semester Input yaitu semester yang aktif. 2. List penerima yaitu daftar mahasiswa yang akan menerima perwalian terpadu. 3. Tanggal diisi dengan tanggal rencana bimbingan. 4. Tempat diisi dengan tempat bimbingan. 5. Catatan diisi dengan perihal atau yang berkaitan dengan teknis pelaksanaan bimbingan. Silakan klik tombol simpan untuk menyimpan semua data.

Gambar 1.1 Alamat laman SITEDI

Gambar 1.1 Alamat laman SITEDI BAB I PENDAHULUAN Tesis merupakan karya tulis ilmiah sebagai bukti kemampuan akademik mahasiswa dalam penelitian dan pengembangan keilmuanan pada salah satu bidang keilmuan yang sedang ditempuh oleh mahasiswa,

Lebih terperinci

Portal Akademik Panduan Bagi Dosen

Portal Akademik Panduan Bagi Dosen Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Dosen INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA DAFTAR ISI 1. Pendahuluan... 3 1.1 Tentang Portal Akademik... 3 1.2 Tentang Dokumen... 3 2. Petunjuk Penggunaan...

Lebih terperinci

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Dosen. Yayasan IBA Palembang

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Dosen. Yayasan IBA Palembang Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Dosen Yayasan IBA Palembang DAFTAR ISI DAFTAR ISI 2 1. Pendahuluan 3 1.1 Tentang Portal Akademik 3 1.2 Tentang Dokumen 3 2. Petunjuk Penggunaan 4 2.1 Login

Lebih terperinci

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Dosen

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Dosen Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Dosen DAFTAR ISI DAFTAR ISI 2 1. Pendahuluan 5 1.1 Tentang Portal Akademik 5 1.2 Tentang Dokumen 5 2. Petunjuk Penggunaan 6 2.1 Login 6 2.2 Halaman Selamat

Lebih terperinci

Portal Akademik Panduan Bagi Dosen

Portal Akademik Panduan Bagi Dosen Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Dosen STMIK AKAKOM DAFTAR ISI 1. Pendahuluan... 4 1.1 Tentang Portal Akademik... 4 1.2 Tentang Dokumen... 4 2. Petunjuk Penggunaan... 5 2.1 Login... 5

Lebih terperinci

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Mahasiswa INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Mahasiswa INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Mahasiswa INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 1. Pendahuluan... 3 1.1 Tentang Portal Akademik... 3 1.2 Tentang Dokumen... 3 2.

Lebih terperinci

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Mahasiswa UNIVERSITAS KARTIKA YANI

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Mahasiswa UNIVERSITAS KARTIKA YANI Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Mahasiswa UNIVERSITAS KARTIKA YANI DAFTAR ISI DAFTAR ISI...2 1. Pendahuluan...3 1.1 Tentang Portal Akademik Kartika Yani...3 1.2 Tentang Dokumen...3 2.

Lebih terperinci

Aplikasi Mahasiswa dan KRS Online

Aplikasi Mahasiswa dan KRS Online 2010 Aplikasi Mahasiswa dan KRS Online http://mahasiswa.unpad.ac.id USER MANUAL MAHASISWA MODUL MAHASISWA DCISTEM UNPAD 2010 Daftar Isi Daftar Isi... 2 Daftar Gambar... 3 ABSTRAK... 4 TUJUAN... 4 MEMULAI

Lebih terperinci

Sistem Informasi Akademik. (SIKAD Mahasiswa)

Sistem Informasi Akademik. (SIKAD Mahasiswa) Sistem Informasi Akademik (SIKAD Mahasiswa) 2 Daftar Isi BAGIAN 1 TINGKATAN PEMAKAI... 5 1.1. MAHASISWA... 5 BAGIAN 2 FASILITAS UTAMA... 6 2.1. HALAMAN DEPAN... 6 2.1.1. Melihat Pengumuman... 6 2.1.2.

Lebih terperinci

Manual Sistem Informasi Akademik EduSystem Manual for Student

Manual Sistem Informasi Akademik EduSystem Manual for Student 1.0.0 Ver Manual Sistem Informasi Akademik EduSystem Manual for Student Manual ini memberikan uraian langkah per langkah untuk menggunakan Sistem Informasi Akademik (Edusystem) bagi seorang Mahasiswa Universitas

Lebih terperinci

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Dosen INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Dosen INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Dosen INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 1. Pendahuluan... 4 1.1 Tentang Portal Akademik... 4 1.2 Tentang Dokumen... 4 2. Petunjuk

Lebih terperinci

Modul Pengguna SCeLE

Modul Pengguna SCeLE Modul Pengguna SCeLE Halaman utama SCeLE SCeLE adalah sistem yang berbasis web, sehingga untuk dapat menggunakannya dibutuhkan web browser (Internet Explorer / Mozilla / Netscape / Opera / dll). Untuk

Lebih terperinci

Portal Akademik Panduan Bagi Mahasiswa

Portal Akademik Panduan Bagi Mahasiswa Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Mahasiswa Universitas IBA Palembang DAFTAR ISI DAFTAR ISI 2 1. Pendahuluan 3 1.1 Tentang Portal Akademik 3 1.2 Tentang Dokumen 3 2. Petunjuk Penggunaan

Lebih terperinci

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Mahasiswa INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Mahasiswa INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Mahasiswa INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 1. Pendahuluan... 4 1.1 Tentang Portal Akademik... 4 1.2 Tentang Dokumen... 4 2.

Lebih terperinci

Portal Akademik Panduan Bagi Mahasiswa

Portal Akademik Panduan Bagi Mahasiswa Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Mahasiswa UNIVERSITAS BENGKULU DAFTAR ISI DAFTAR ISI...2 1. Pendahuluan...4 1.1 Tentang Portal Akademik...4 1.2 Tentang Dokumen...4 2. Petunjuk Penggunaan...5

Lebih terperinci

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Mahasiswa

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Mahasiswa Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Mahasiswa DAFTAR ISI DAFTAR ISI 2 1. Pendahuluan 4 1.1 Tentang Portal Akademik 4 1.2 Tentang Dokumen 4 2. Petunjuk Penggunaan 5 2.1 Login 5 2.2 Halaman

Lebih terperinci

MANUAL BOOK SISFO UTA 45 UNTUK JENIS USER MAHASISWA

MANUAL BOOK SISFO UTA 45 UNTUK JENIS USER MAHASISWA MANUAL BOOK SISFO UTA 45 UNTUK JENIS USER MAHASISWA UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA http://uta45jakarta.ac.id http://sisfo.uta45jakarta.ac.id 1 SI AKADEMIK Suteki Daftar Isi TINGKATAN PEMAKAI... 3

Lebih terperinci

https://pengawaspinrang.wordpress.com MANUAL BOOK penggunaan blog Pengawa Sekola Idarahma Ibrahim

https://pengawaspinrang.wordpress.com MANUAL BOOK penggunaan blog Pengawa Sekola Idarahma Ibrahim https://pengawaspinrang.wordpress.com MANUAL BOOK penggunaan blog Pengawa Sekola Idarahma Ibrahim PANDUAN (MANUAL) PENGGUNAAN BLOG http://pengawaspinrang.wordpress.com UNTUK PENGAWAS SEKOLAH A. Membuka

Lebih terperinci

MANUAL SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) BAGI MAHASISWA. Oleh: Infokom

MANUAL SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) BAGI MAHASISWA. Oleh: Infokom MANUAL SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) BAGI MAHASISWA Oleh: Infokom Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda 2015 Kata Pengantar Puji syukur kehadirat Allah SWT Penulis panjatkan, karena berkat rahmat,

Lebih terperinci

BAGIAN 1 TINGKATAN PEMAKAI... 3 1.1. MAHASISWA... 3 BAGIAN 2 FASILITAS UTAMA... 4

BAGIAN 1 TINGKATAN PEMAKAI... 3 1.1. MAHASISWA... 3 BAGIAN 2 FASILITAS UTAMA... 4 Daftar Isi BAGIAN 1 TINGKATAN PEMAKAI... 3 1.1. MAHASISWA... 3 BAGIAN 2 FASILITAS UTAMA... 4 2.1. HALAMAN DEPAN... 4 2.1.1. Berita dan Pengumuman... 5 2.1.2. Jadwal Kuliah... 5 2.1.3. Forum... 7 2.1.4.

Lebih terperinci

APLIKASI E-PERENCANAAN KOTA MEDAN EPERENCANAAN.PEMKOMEDAN.GO.ID

APLIKASI E-PERENCANAAN KOTA MEDAN EPERENCANAAN.PEMKOMEDAN.GO.ID PANDUAN REMBUK WARGA APLIKASI E-PERENCANAAN KOTA MEDAN EPERENCANAAN.PEMKOMEDAN.GO.ID 1 PENDAHULUAN 1.1. Tujuan Pembuatan Dokumen Dokumen user manual Aplikasi Rembuk Warga ini dibuat untuk tujuan sebagai

Lebih terperinci

PANDUAN BAGI MAHASISWA DAFTAR ISI

PANDUAN BAGI MAHASISWA DAFTAR ISI DAFTAR ISI 1. Pendahuluan 3 1.1 Tentang Portal Akademik UGM 3 1.2 Tentang Dokumen 3 2. Petunjuk Penggunaan 4 2.1 Login 4 2.2 Halaman Selamat Datang 5 2.3 Halaman Depan 8 2.4 Panduan 9 2.5 Profil 9 2.6

Lebih terperinci

Universitas Negeri Semarang memberikan ketentuan umum penulisan skripsi, diantaranya:

Universitas Negeri Semarang memberikan ketentuan umum penulisan skripsi, diantaranya: BAB I PENDAHULUAN Skripsi adalah karya ilmiah yang disusun atas dasar kajian kepustakaan, penelitian lapangan, dan atau uji laboratorium sebagai latihan penulisan ilmiah pada program studi jenjang Strata

Lebih terperinci

Buku Panduan Aplikasi (user manual) STISI Telkom

Buku Panduan Aplikasi (user manual) STISI Telkom Buku Panduan Aplikasi (user manual) STISI Telkom STISI Telkom Daftar Isi 1. PENDAHULUAN... 3 1.1. Tujuan Pembuatan Dokumen... 3 1.2. Deskripsi Umum Aplikasi... 3 2. Menu dan Cara Penggunaan... 4 2.1. Struktur

Lebih terperinci

Aplikasi KRS Online. User Manual Level Dosen. Versi 2.0 27 Desember 2011

Aplikasi KRS Online. User Manual Level Dosen. Versi 2.0 27 Desember 2011 Aplikasi KRS Online User Manual Level Dosen Versi 2.0 27 Desember 2011 MODUL DOSEN DCISTEM UNPAD 2011 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 DAFTAR GAMBAR... 3 PENDAHULUAN... 4 MEMULAI APLIKASI KRS ONLINE... 4 Proses

Lebih terperinci

TUTORIAL APLIKASI E-PERENCANAAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN RKPD 2019 REMBUK KORONG (WARGA) EPLANNING.PADANGPARIAMANKAB.GO.ID

TUTORIAL APLIKASI E-PERENCANAAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN RKPD 2019 REMBUK KORONG (WARGA) EPLANNING.PADANGPARIAMANKAB.GO.ID TUTORIAL APLIKASI E-PERENCANAAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN RKPD 2019 REMBUK KORONG (WARGA) EPLANNING.PADANGPARIAMANKAB.GO.ID BADAN PERENCANAAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN RKPD

Lebih terperinci

PANDUAN REMBUK WARGA APLIKASI E-PERENCANAAN KABUPATEN LABUHANBATU. e-perencanaan.labuhanbatukab.go.id

PANDUAN REMBUK WARGA APLIKASI E-PERENCANAAN KABUPATEN LABUHANBATU. e-perencanaan.labuhanbatukab.go.id PANDUAN REMBUK WARGA APLIKASI E-PERENCANAAN KABUPATEN LABUHANBATU e-perencanaan.labuhanbatukab.go.id PENDAHULUAN 1.1. Tujuan Pembuatan Dokumen Dokumen user manual Aplikasi Rembuk Warga ini dibuat untuk

Lebih terperinci

PROSEDUR PORTAL AKADEMIK PENGELOLAAN NILAI

PROSEDUR PORTAL AKADEMIK PENGELOLAAN NILAI PROSEDUR PORTAL AKADEMIK PENGELOLAAN NILAI I. PENGANTAR 1. Pengertian Portal Akademik Universitas, merupakan sebuah sistem informasi yang berfungsi sebagai integrator informasi akademik yang ada di berbagai

Lebih terperinci

BADAN PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN SDM KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN INDONESIA

BADAN PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN SDM KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN INDONESIA 2018 USER MANUAL SATKER APLIKASI e-planning BADAN PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN SDM KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN INDONESIA DAFTAR ISI PANDUAN PENGGUNAAN APLIKASI E-PLANNING... 2 USER PRODI... 4 Mengubah

Lebih terperinci

PANDUAN APLIKASI E-SURAT UNTUK AGENDARIS. 1. Surat Masuk Manual adalah surat fisik yang dikonversikan menjadi elektronik.

PANDUAN APLIKASI E-SURAT UNTUK AGENDARIS. 1. Surat Masuk Manual adalah surat fisik yang dikonversikan menjadi elektronik. PANDUAN APLIKASI E-SURAT UNTUK AGENDARIS A. Modul Surat Masuk Surat masuk terbagi menjadi: 1. Surat Masuk Manual adalah surat fisik yang dikonversikan menjadi elektronik. 2. Surat Masuk esurat adalah surat

Lebih terperinci

Memasuki Forum Untuk masuk kedalam Modul Forum, yang harus dilakukan adalah :

Memasuki Forum Untuk masuk kedalam Modul Forum, yang harus dilakukan adalah : TENTANG DOKUMEN INI Dokumen ini adalah panduan untuk menggunakan fitur-fitur yang ada dalam SCeLE. Panduan tersebut ditujukan bagi pengguna dengan peran Student atau mahasiswa. Selain itu Panduannya lebih

Lebih terperinci

PANDUAN MUSRENBANG DESA/KELURAHAN

PANDUAN MUSRENBANG DESA/KELURAHAN PANDUAN MUSRENBANG DESA/KELURAHAN APLIKASI E-MUSRENBANG KABUPATEN BENGKULU SELATAN EMUSRENBANG.BENGKULUSELATANKAB.GO.ID 1 PENDAHULUAN 1.1. Tujuan Pembuatan Dokumen Dokumen user manual Aplikasi Musrenbang

Lebih terperinci

PANDUAN MUSRENBANG DESA/KELURAHAN

PANDUAN MUSRENBANG DESA/KELURAHAN PANDUAN MUSRENBANG DESA/KELURAHAN APLIKASI E-MUSRENBANG KABUPATEN BENGKULU SELATAN EMUSRENBANG.BENGKULUSELATANKAB.GO.ID PENDAHULUAN 1.1. Tujuan Pembuatan Dokumen Dokumen user manual Aplikasi Musrenbang

Lebih terperinci

PANDUAN SIAK. Universitas Pendidikan Indonesia. Sistem Kontrak Kuliah Online (Untuk Mahasiswa) Versi 1.0

PANDUAN SIAK. Universitas Pendidikan Indonesia. Sistem Kontrak Kuliah Online (Untuk Mahasiswa) Versi 1.0 PANDUAN SIAK Universitas Pendidikan Indonesia Sistem Kontrak Kuliah Online (Untuk Mahasiswa) Versi 1.0 Daftar Isi 1. Pendahuluan... 2 2. Sistem Kontrak Kuliah Online (Untuk Mahasiswa)... 2 3. Login...

Lebih terperinci

PANDUAN PELATIHAN E LEARNING DASAR

PANDUAN PELATIHAN E LEARNING DASAR 2009 I. PANDUAN PELATIHAN E LEARNING DASAR Fakultas Ekonomi Univesitas Muhammadiyah Yogyakarta 29/Agustus/2009 PENDAHULUAN Selamat datang di e:learning Community (elcom) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Lebih terperinci

Modul Perpindahan Modul pindahan melibatkan beberapa user yaitu

Modul Perpindahan Modul pindahan melibatkan beberapa user yaitu Modul Perpindahan Modul pindahan melibatkan beberapa user yaitu Operator Bagian keuangan Ketua prodi Dekan Fakultas 1. Pengisian data mahasiswa pindahan (dilakukan oleh operator), data harus di isi seluruhnya

Lebih terperinci

MANUAL BOOK SISFO UTA 45 UNTUK JENIS USER DOSEN

MANUAL BOOK SISFO UTA 45 UNTUK JENIS USER DOSEN MANUAL BOOK SISFO UTA 45 UNTUK JENIS USER DOSEN UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA http://uta45jakarta.ac.id http://sisfo.uta45jakarta.ac.id Page 1 of 39 SI AKADEMIK UTA 45 Daftar Isi TINGKATAN PEMAKAI...

Lebih terperinci

Aplikasi KRS Online. User Manual Level Mahasiswa. Versi Desember 2011

Aplikasi KRS Online. User Manual Level Mahasiswa. Versi Desember 2011 Aplikasi KRS Online User Manual Level Mahasiswa Versi 2.0 27 Desember 2011 MODUL MAHASISWA DCISTEM UNPAD 2011 DAFTAR ISI DAFTAR ISI.. 2 DAFTAR GAMBAR. 3 PENDAHULUAN. 4 MEMULAI APLIKASI MAHASISWA DAN KRS

Lebih terperinci

PANDUAN MUSRENBANG KECAMATAN

PANDUAN MUSRENBANG KECAMATAN PANDUAN MUSRENBANG KECAMATAN APLIKASI E-PERENCANAAN KABUPATEN LABUHANBATU e-perencanaan.labuhanbatukab.go.id PENDAHULUAN 1.1. Tujuan Pembuatan Dokumen Dokumen user manual Aplikasi Musrenbang Kecamatan

Lebih terperinci

Masukkan username dan password yang telah dimiliki serta input captcha di dalam kolom seperti contoh gambar di bawah ini :

Masukkan username dan password yang telah dimiliki serta input captcha di dalam kolom seperti contoh gambar di bawah ini : USER PEGAWAI MASUK KE SIMPEG Pertama-tama hal yang harus dilakukan adalah masuk ke halaman situs IMISSU terlebih dahulu dengan cara ketik : https://imissu.unud.ac.id/ Masukkan username dan password yang

Lebih terperinci

Aplikasi Portal Mahasiswa

Aplikasi Portal Mahasiswa Aplikasi Portal Mahasiswa User Manual Level Mahasiswa Versi 4.0 16 Agustus 2013 MODUL MAHASISWA DCISTEM UNPAD 2012 i PENDAHULUAN Aplikasi Portal Mahasiswa merupakan portal informasi bagi mahasiswa UNPAD.

Lebih terperinci

Website Sistem Portal Mahasiswa

Website Sistem Portal Mahasiswa Website Sistem Portal Mahasiswa Selain sistem portal yang ada dikampus STTA, STTA juga menyediakan sistem portal akademik berbasis web yang bisa diakses oleh civitas akademika dan orang tua mahasiswa diluar

Lebih terperinci

USER MANUAL. ACADEMIC APPLICATION (i-gracias) Panduan Pengguna Aplikasi Akademik (i-gracias) Untuk Orang tua/ Wali mahasiswa.

USER MANUAL. ACADEMIC APPLICATION (i-gracias) Panduan Pengguna Aplikasi Akademik (i-gracias) Untuk Orang tua/ Wali mahasiswa. USER MANUAL ACADEMIC APPLICATION (i-gracias) For Parents Panduan Pengguna Aplikasi Akademik (i-gracias) Untuk Orang tua/ Wali mahasiswa Versi 1.0 (15 September 2015) https://igracias.telkomuniversity.ac.id

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS TADULAKO MAHASISWA

Panduan Penggunaan SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS TADULAKO MAHASISWA Panduan Penggunaan SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS TADULAKO MAHASISWA SUB BAGIAN PENDIDIKAN & PENGAJARAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS TADULAKO 2016 Menjalankan Program Untuk menjalankan Siakad,

Lebih terperinci

Panduan Tutorial Online Untuk Mahasiswa

Panduan Tutorial Online Untuk Mahasiswa Panduan Tutorial Online Untuk Mahasiswa Tutorial Online dimaksudkan sebagai fasilitas yang diberikan oleh UT kepada mahasiswanya untuk membantu memahami materi perkuliahan. Tutorial Online yang berbasiskan

Lebih terperinci

Student s Guide. Portal Akademik. Panduan Mahasiswa. Sistem Informasi Terpadu UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

Student s Guide. Portal Akademik. Panduan Mahasiswa. Sistem Informasi Terpadu UNIVERSITAS SUMATERA UTARA Student s Guide Portal Akademik Sistem Informasi Terpadu UNIVERSITAS SUMATERA UTARA Pendahuluan Tentang Portal Akademik USU Portal akademik Universitas Sumatera Utara (USU), merupakan sebuah sistem informasi

Lebih terperinci

Dokumen user manual Aplikasi Musrenbang Kenagarian ini dibuat untuk. Menggambarkan dan menjelaskan penggunaan aplikasi Musrenbang

Dokumen user manual Aplikasi Musrenbang Kenagarian ini dibuat untuk. Menggambarkan dan menjelaskan penggunaan aplikasi Musrenbang PENDAHULUAN 1.1. Tujuan Pembuatan Dokumen Dokumen user manual Aplikasi Musrenbang Kenagarian ini dibuat untuk tujuan sebagai berikut : Menggambarkan dan menjelaskan penggunaan aplikasi Musrenbang Kenagarian

Lebih terperinci

IAIN WALISONGO SEMARANG

IAIN WALISONGO SEMARANG PANDUAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK IAIN WALISONGO SEMARANG OLEH TIM PENGEMBANG SISTEM INFORMASI AKADEMIK IAIN WALISONGO SEMARANG GAMBARAN UMUM Sistem Informasi Akademik IAIN Walisongo Semarang

Lebih terperinci

SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa

SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Aplikasi SIAM diperuntukkan bagi mahasiswa untuk membantu kegiatan akademiknya serta kebutuhan akan KRS-Online, dan keterangan lain yang berkaitan dengan kegiatan

Lebih terperinci

Sistem Informasi Terpadu

Sistem Informasi Terpadu Lecturer s Guide Panduan Dosen Panduan Penggunaan Portal Akademik Universitas Gadjah Mada Sistem Informasi Terpadu Universitas Gadjah Mada DAFTAR ISI Sistem Informasi Terpadu 0 DAFTAR ISI 1 1 Tentang Portal

Lebih terperinci

mystpt Panduan Mahasiswa Penggunaan Aplikasi Jl IKPN Bintaro No. 1, Pesanggrahan, Tanah Kusir, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta 12330

mystpt Panduan Mahasiswa Penggunaan Aplikasi Jl IKPN Bintaro No. 1, Pesanggrahan, Tanah Kusir, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta 12330 1 Panduan Mahasiswa Penggunaan Aplikasi mystpt Jl IKPN Bintaro No. 1, Pesanggrahan, Tanah Kusir, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta 12330 SEKOLAH TINGGI PARIWISATA TRISAKTI PANDUAN MAHASISWA PENGGUNAAN APLIKASI

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI KURIKULUM 2013

PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI KURIKULUM 2013 PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI KURIKULUM 2013 Untuk Operator Sekolah Dasar Modul 1 Registrasi, Login, Ubah Profil, dan Logout A. Registrasi 1. Buka web browser dan ketikkan pada url kurtilas.org/register.

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN (MANUAL BOOK) APLIKASI SKP ONLINE

BUKU PANDUAN (MANUAL BOOK) APLIKASI SKP ONLINE BUKU PANDUAN (MANUAL BOOK) APLIKASI SKP ONLINE Aplikasi SKP Online merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk mempermudah PNS dalam penyusunan dan penilaian Sasaran Kerja Pegawai (SKP) berdasarkan aturan-aturan

Lebih terperinci

PANDUAN POKOK PIKIRAN

PANDUAN POKOK PIKIRAN PANDUAN POKOK PIKIRAN APLIKASI E-PERENCANAAN KABUPATEN LIMA PULUH KOTA Eperencanaan.Limapuluhkotakab.Go.Id 1 PENDAHULUAN 1.1. Tujuan Pembuatan Dokumen Dokumen user manual Aplikasi Pokok Pikiran ini dibuat

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (SIPUS) PANDUAN BAGI ADMINISTRATOR. Disampaikan oleh: Rasiman

SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (SIPUS) PANDUAN BAGI ADMINISTRATOR. Disampaikan oleh: Rasiman SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (SIPUS) PANDUAN BAGI ADMINISTRATOR Disampaikan oleh: Rasiman PADA PELATIHAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM) UNIVERSITAS SUMATERA UTARA MEDAN, 2008 DAFTAR ISI 1. Tentang SIPUS...

Lebih terperinci

PANDUAN PORTAL MAHASISWA (Manual Student Portal) Versi 1.0

PANDUAN PORTAL MAHASISWA (Manual Student Portal) Versi 1.0 PANDUAN PORTAL MAHASISWA (Manual Student Portal) Versi 1.0 SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BALI Denpasar - 2017 Daftar Isi BAGIAN I PENDAHULUAN... 1 1.1. Sekilas Tentang Portal Student... 1 1.2. Lingkup

Lebih terperinci

LAYANAN LEGALISASI ONLINE

LAYANAN LEGALISASI ONLINE LAYANAN LEGALISASI ONLINE UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG http://satulayanan.unnes.ac.id/ Badan Pengembangan Teknologi Informasi & Komunikasi Universitas Negeri Semarang 2015 PENDAHULUAN Layanan Legalisasi

Lebih terperinci

PANDUAN REMBUK WARGA

PANDUAN REMBUK WARGA PANDUAN REMBUK WARGA APLIKASI e-planning KOTA PEMATANGSIANTAR eplanning.pematangsiantarkota.go.id A. PENDAHULUAN 1.1. Tujuan Pembuatan Dokumen Dokumen user manual Aplikasi Rembuk Warga ini dibuat untuk

Lebih terperinci

USER MANUAL SUBMITTED e-jurnal

USER MANUAL SUBMITTED e-jurnal 2013 USER MANUAL SUBMITTED e-jurnal TIM e-jurnal Program Pascasarjana e- Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Sistem artikel online pasca sarjana digunakan untuk melakukan proses validasi

Lebih terperinci

User Guide. Oleh : Untuk Dosen (Dosen Ajar & Dosen Wali) Departemen Sistem Teknologi Informasi Universitas Narotama Revisi 00

User Guide. Oleh : Untuk Dosen (Dosen Ajar & Dosen Wali) Departemen Sistem Teknologi Informasi Universitas Narotama Revisi 00 User Guide Untuk Dosen (Dosen Ajar & Dosen Wali) Oleh : Departemen Sistem Teknologi Informasi Universitas Narotama - 2012 Revisi 00 Petunjuk Penggunaan Sistem Informasi Akademik UNNAR (Untuk Dosen) 1 Daftar

Lebih terperinci

SIMPEKERJA. Panduan Pengguana Sistem Informasi Penilaian Kinerja UPT-TIK

SIMPEKERJA. Panduan Pengguana Sistem Informasi Penilaian Kinerja UPT-TIK SIMPEKERJA Panduan Pengguana Sistem Informasi Penilaian Kinerja UPT-TIK I. Pendahuluan Dokumen ini addalah User Manual yang berisi penjelasan secara ringkas tentang petunjuk penggunaan Sistem Informasi

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN. Buku Panduan Membuat BLOG GURU PINTER SEKOLAH. By PinterSolution

BUKU PANDUAN. Buku Panduan Membuat BLOG GURU PINTER SEKOLAH. By PinterSolution BUKU PANDUAN Buku Panduan Membuat BLOG GURU PINTER SEKOLAH By PinterSolution 2 BLOG GURU PENGERTIAN BLOG Blog berasal dari kata Web dan Log (WEBLOG) yang berarti catatan online (yang berada di web). Pengertian

Lebih terperinci

PANDUAN MUSRENBANG KECAMATAN

PANDUAN MUSRENBANG KECAMATAN PANDUAN MUSRENBANG KECAMATAN APLIKASI E-PERENCANAAN KABUPATEN LIMA PULUH KOTA Eperencanaan.limapuluhkotakab.go.id 0 PENDAHULUAN 1.1. Tujuan Pembuatan Dokumen Dokumen user manual Aplikasi Musrenbang Kecamatan

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL DOSEN

SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL DOSEN SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL DOSEN DAFTAR ISI DAFTAR ISI... i DAFTAR GAMBAR... iii QUICK START SIMPEG...1 LOGIN...3 MENU-MENU SIMPEG...5 MENU UTAMA...7 4.1. Meja Kerja...7

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SITUS

PETUNJUK PENGGUNAAN SITUS Untuk masuk kedalam situs e-rekrutmen BPPT, silahkan membuka browser internet anda dan ketik alamat situs yang dituju yaitu http://lowongan.bppt.go.id. Tampilan pertama pada modul ini adalah sebagai berikut

Lebih terperinci

Panduan Aktivasi UT- Online dan Tutorial Online

Panduan Aktivasi UT- Online dan Tutorial Online Panduan Aktivasi UT- Online dan Tutorial Online 1. Aktivasi UT- Online Untuk mengikuti kegiatan Tutorial Online (Tuton), mahasiswa harus melakukan Aktivasi UT-Online terlebih dahulu. Cara melakukan Aktivasi

Lebih terperinci

KKN TEMATIK. Manual Book Website

KKN TEMATIK. Manual Book Website KKN TEMATIK Manual Book Website http://ciptakarya.pu.go.id/setditjen/kkntematik/ WEBSITE KKN TEMATIK Login Website Mahasiswa 1. Setelah Laptop/PC/Tablet dalam keadaan online, buka browser (mozilla firefox/chrome/opera/safari/internet

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI KURIKULUM 2013

PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI KURIKULUM 2013 PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI KURIKULUM 2013 Untuk Guru Sekolah Dasar Modul 1 Login, Ubah Profil, dan Logout Sebelum menggunakan Sistem Informasi Kurikulum 2013 ini, guru (wali kelas) diwajibkan

Lebih terperinci

PANDUAN POKOK PIKIRAN

PANDUAN POKOK PIKIRAN PANDUAN POKOK PIKIRAN APLIKASI E-PERENCANAAN KOTA MEDAN EPERENCANAAN.PEMKOMEDAN.GO.ID 1 PENDAHULUAN 1.1. Tujuan Pembuatan Dokumen Dokumen user manual Aplikasi Pokok Pikiran ini dibuat untuk tujuan sebagai

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI PERANCANGAN

BAB IV IMPLEMENTASI PERANCANGAN BAB IV IMPLEMENTASI PERANCANGAN 4.1 Rancangan Layar Gambar 4.1 Struktur rancangan sistem pengarsipan Surat Ukur secara digital 4.2 Perancangan Database Tahap awal dalam perancangan sistem ini yaitu membuat

Lebih terperinci

2. Login Gunakan Username dan password masing-masing program studi.

2. Login Gunakan Username dan password masing-masing program studi. Program Studi 1. Buka browser dan ketik alamat Program Siakad Universitas Jambi : http://siakad.unja.ac.id atau untuk jaringan lokal ketik http://10.10.10.10 Maka muncul Laman sebagai berikut : 2. Login

Lebih terperinci

SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa

SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Aplikasi SIAM diperuntukkan bagi mahasiswa untuk membantu kegiatan akademiknya serta kebutuhan akan KRS-Online dan berisi data mahasiswa beserta status tahun ajaran

Lebih terperinci

1 P a n d u a n A p l i k a s i S i H a r g a W i

1 P a n d u a n A p l i k a s i S i H a r g a W i 1 P a n d u a n A p l i k a s i S i H a r g a W i Daftar Isi Daftar Isi... 2 A. Login Aplikasi SiHargaWi... 3 B. Input Data Harga Barang di Pasar... 9 C. Website Sihargawi... 17 D. Penutup... 22 2 P a

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan SIDAMUS

Panduan Penggunaan SIDAMUS Panduan Penggunaan SIDAMUS Daftar Isi Bab 1 Gambaran Umum... 3 A. Fitur Khusus... 3 B. Level User... 3 C. Halaman Utama... 4 D. Login SIDAMUS... 5 E. Dashboard... 6 Bab 2 Menu CMS... 8 A. Menu Berita...

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Jalannya Uji Coba Untuk menjalankan rancangan aplikasi web mobile ini, penginputan data ataupun informasi pertama. User harus membuka aplikasi web terlebih dahulu melalui

Lebih terperinci

Panduan Singkat Aplikasi SIMPEG BADILAG PENGADILAN TINGGI AGAMA SEMARANG

Panduan Singkat Aplikasi SIMPEG BADILAG PENGADILAN TINGGI AGAMA SEMARANG Panduan Singkat Aplikasi SIMPEG BADILAG PENGADILAN TINGGI AGAMA SEMARANG 2013 PANDUAN SINGKAT APLIKASI SIMPEG BADILAG SIMPEG Online Merupakan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian yang dibangun

Lebih terperinci

Halaman Utama Web Karir PT. Astra Honda Motor Daftar Akun Nama Lengkap Nomor Handphone Masukan Kode Captcha

Halaman Utama Web Karir PT. Astra Honda Motor Daftar Akun Nama Lengkap  Nomor Handphone Masukan Kode Captcha 1. Bagaimana cara menjadi member baru di Web Career PT. Astra Honda Motor? Jika baru pertama kali masuk situs ini, klik tombol dari halaman Halaman Utama Web Karir PT. Astra Maka muncul halaman Daftar

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SIKADU UNIVERSITAS WAHID HASYIM HAK AKSES : MAHASISWA

PETUNJUK PENGGUNAAN SIKADU UNIVERSITAS WAHID HASYIM HAK AKSES : MAHASISWA PETUNJUK PENGGUNAAN SIKADU UNIVERSITAS WAHID HASYIM HAK AKSES : MAHASISWA 1. LOGIN - Mahasiswa mengakses halaman http://sikadu.unwahas.ac.id/sia untuk membuka sikadu (sistem akademik). - Setelah halaman

Lebih terperinci

PANDUAN PORTAL MAHASISWA (Manual Student Portal) Versi 1.0

PANDUAN PORTAL MAHASISWA (Manual Student Portal) Versi 1.0 PANDUAN PORTAL MAHASISWA (Manual Student Portal) Versi 1.0 AKADEMI KEPERAWATAN NGESTI WALUYO Parakan - 2017 Daftar Isi BAGIAN I PENDAHULUAN... 1 1.1. Sekilas Tentang Portal Student... 1 1.2. Lingkup Kerja

Lebih terperinci

USER MANUAL HUMAN RESOURCE MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM (DOSEN LUAR BIASA)

USER MANUAL HUMAN RESOURCE MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM (DOSEN LUAR BIASA) USER MANUAL HUMAN RESOURCE MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM (DOSEN LUAR BIASA) LOGIN Langkah-langkah untuk melakukan autentifikasi atau pengecekan hak akses user pada Sistem Kepegawaian adalah sebagai berikut

Lebih terperinci

Panduan Portal Mahasiswa

Panduan Portal Mahasiswa Panduan Portal Mahasiswa (http://mmtc.ac.id) 1. Login SIA STMM Tampilan awal dari SIA STMM Yogyakarta adalah sebagai berikut : Gambar 1: Halaman utama http://mmtc.ac.id Keterangan 1. Browser diarahkan

Lebih terperinci

I. Pendahuluan A. Maksud dan Tujuan B. Fungsi C. Alamat Akses D. Pengguna II. Alur Kerja III. Masuk Sistem...

I. Pendahuluan A. Maksud dan Tujuan B. Fungsi C. Alamat Akses D. Pengguna II. Alur Kerja III. Masuk Sistem... DAFTAR ISI I. Pendahuluan... 2 A. Maksud dan Tujuan... 2 B. Fungsi... 2 C. Alamat Akses... 2 D. Pengguna... 2 II. Alur Kerja... 3 III. Masuk Sistem... 3 A. Login... Error! Bookmark not defined. 1. Persiapan...

Lebih terperinci

https://pengawaspinrang.wordpress.com MANUAL BOOK penggunaan blog Gur SMA Idarahma Ibrahim

https://pengawaspinrang.wordpress.com MANUAL BOOK penggunaan blog Gur SMA Idarahma Ibrahim https://pengawaspinrang.wordpress.com MANUAL BOOK penggunaan blog Gur SMA Idarahma Ibrahim https://pengawaspinrang.wordpress.com MANUAL BOOK penggunaan blog Gur SMA Idarahma Ibrahim KATA PENGANTAR Assalamu'alaikum

Lebih terperinci

FASILITAS TIK MAHASISWA KRS ONLINE

FASILITAS TIK MAHASISWA KRS ONLINE FASILITAS TIK MAHASISWA Setiap mahasiswa UMY memiliki fasilitas TIK sebagai berikut : 1. Email 2. Koneksi Internet (Wifi) 3. E learning 4. KRS Online Berikut uraian masing-masing fasilitas tersebut KRS

Lebih terperinci

Layar Halaman Laporan Soal Guru

Layar Halaman Laporan Soal Guru 320 Halaman ini akan ditampilkan jika guru mengklik menu Jadwal Mengajar. Disini guru dapat melihat jadwal mengajarnya. Selain itu guru dapat melihat jadwal ujian dengan mengklik link Jadwal Ujian pada

Lebih terperinci

I. Pendahuluan A. Maksud dan Tujuan B. Fungsi C. Pengguna II. Alur Kerja III. Petunjuk Pemakaian...

I. Pendahuluan A. Maksud dan Tujuan B. Fungsi C. Pengguna II. Alur Kerja III. Petunjuk Pemakaian... DAFTAR ISI I. Pendahuluan... 4 A. Maksud dan Tujuan... 4 B. Fungsi... 4 C. Pengguna... 4 II. Alur Kerja... 5 III. Petunjuk Pemakaian... 6 A. Alamat Akses... 6 B. Registrasi... 6 C. Login... 6 D. Logout...

Lebih terperinci

Sistem Informasi Bidikmisi

Sistem Informasi Bidikmisi Panduan Penggunaan Sistem Informasi Bidikmisi Universitas Negeri Semarang Tim Pengembang Sistem Informasi Bidikmisi Versi Software: 2.1 Versi Dokumen: 1.0 http://bidikmisi.unnes.ac.id/ Pendahuluan Sistem

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KENDARI SIMPEG VERSI 1.0

PANDUAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KENDARI SIMPEG VERSI 1.0 PANDUAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KENDARI SIMPEG VERSI 1.0 A. Panduan Bagi Pengguna Publik Panduan bagi pengguna publik atau umum yaitu sebagai berikut: 1. Untuk

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGISIAN KRS ONLINE UNIVERSITAS RIAU

PETUNJUK PENGISIAN KRS ONLINE UNIVERSITAS RIAU PETUNJUK PENGISIAN KRS ONLINE UNIVERSITAS RIAU 1. Setelah melewati proses login, dan masuk ke halaman portal. Klik menu Kartu rencana studi. 2. Sistem akan menampilkan TOMBOL TAMBAH, bagi yg tidak muncul

Lebih terperinci

KRS OnLine (Kartu rencana Studi Online)

KRS OnLine (Kartu rencana Studi Online) KRS OnLine (Kartu rencana Studi Online) dengan urutan langkah-langkah sebagai berikut: 1. LOGIN MAHASISWA, Mahasiswa membuka internet dengan memasukkan alamat website www.unira.ac.id kemudian pilih krs

Lebih terperinci

Sistem Aplikasi Persetujuan Iklan

Sistem Aplikasi Persetujuan Iklan Sistem Aplikasi Persetujuan Iklan untuk Industri/Perusahaan U s e r M a n u a l VERSI 1.0 COPYRIGHT @2015 Daftar Isi Daftar Isi... i Pendahuluan... 3 Aplikasi SIAPIK... 3 Halaman Beranda Aplikasi SIAPIK...

Lebih terperinci

DAFTAR ISI... 2 PENJELASAN UMUM... 3 PENJELASAN MENU PADA APLIKASI Menu Login Halaman Awal Menu Diklat Memilih Diklat...

DAFTAR ISI... 2 PENJELASAN UMUM... 3 PENJELASAN MENU PADA APLIKASI Menu Login Halaman Awal Menu Diklat Memilih Diklat... DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 PENJELASAN UMUM... 3 PENJELASAN MENU PADA APLIKASI... 4 Menu Login... 4 Halaman Awal... 5 Menu Diklat... 6 Memilih Diklat... 7 Mengakses Konten Materi... 8 Mengakses Forum...

Lebih terperinci

Aplikasi Tata Persuratan Berbasis Web Perum Jasa Tirta II. bertujuan untuk memenuhi kebutuhan di setiap Unit Kerja, sebuah

Aplikasi Tata Persuratan Berbasis Web Perum Jasa Tirta II. bertujuan untuk memenuhi kebutuhan di setiap Unit Kerja, sebuah PENDAHULUAN Aplikasi Tata Persuratan Berbasis Web Perum Jasa Tirta II bertujuan untuk memenuhi kebutuhan di setiap Unit Kerja, sebuah program aplikasi yang dapat mengukur tingkat kualitas kinerja sebuah

Lebih terperinci

APLIKASI e-planning E-RAnDO GAYa

APLIKASI e-planning E-RAnDO GAYa APLIKASI e-planning E-RAnDO GAYa (Elektronik Rencana Anggaran Donggala Untuk Program Akan Datang) BUKU PANDUAN DIKLAT APLIKASI e-planning (MUSREMBANG DESA / KELURAHAN, KECAMATAN FORUM OPD dan DPRD) KABUPATEN

Lebih terperinci

Universitas Nadhlatul Ulama Surabaya USER GUIDE SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK (UNUSA) MAHASISWA

Universitas Nadhlatul Ulama Surabaya USER GUIDE SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK (UNUSA) MAHASISWA Universitas Nadhlatul Ulama Surabaya USER GUIDE SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK (UNUSA) MAHASISWA 2014 Contents USER GUIDE... 0 1 BAGAIMANA CARA LOGIN SEBAGAI PENGGUNA?... 2 2 BAGAIMANA CARA MERUBAH

Lebih terperinci

SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa

SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa www.stikesbhaktimulia.ac.id/siakad 1 S I A M Aplikasi SIAM diperuntukkan bagi mahasiswa untuk membantu kegiatan akademiknya serta kebutuhan akan KRS-Online dan

Lebih terperinci

APLIKASI KRS ONLINE. Fikom.ust.ac.id. User Manual. Level Mahasiswa. Versi September 2016

APLIKASI KRS ONLINE. Fikom.ust.ac.id. User Manual. Level Mahasiswa. Versi September 2016 APLIKASI KRS ONLINE Fikom.ust.ac.id User Manual Level Mahasiswa Versi 1.0 01 September 2016 Sistem Informasi Akademik (SIAK) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas SU Medan 2 0 1 6 P a

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAAN e-memo PEMERINTAH KOTA BATAM

PANDUAN PENGGUNAAAN e-memo PEMERINTAH KOTA BATAM PANDUAN PENGGUNAAAN e-memo PEMERINTAH KOTA BATAM DAFTAR ISI 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. Halaman Login Halaman Penginputan Surat Keluar Halaman Penginputan Surat Masuk Non-SKPD Halaman Tampilan Tabel Surat

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan P3SWOT Online

Petunjuk Penggunaan P3SWOT Online 2010 Petunjuk Penggunaan P3SWOT Online DAFTAR ISI DAFTAR ISI... ii PENDAHULUAN... 1 MENGAKSES APLIKASI... 1 MENU UTAMA... 1 A. Home... 1 B. Syarat... 2 C. Petunjuk... 2 D. FAQ... 2 E. Statistik... 3 F.

Lebih terperinci

I. Pendahuluan A. Maksud dan Tujuan B. Fungsi C. Alamat Akses II. Alur Kerja III. Masuk Sistem A. Login...

I. Pendahuluan A. Maksud dan Tujuan B. Fungsi C. Alamat Akses II. Alur Kerja III. Masuk Sistem A. Login... DAFTAR ISI I. Pendahuluan... 1 A. Maksud dan Tujuan... 1 B. Fungsi... 1 C. Alamat Akses... 1 II. Alur Kerja... 2 III. Masuk Sistem... 3 A. Login... 3 1. Persiapan... 3 2. Petunjuk Pemakaian... 3 3. Cara

Lebih terperinci