KOLABURASI. Jakarta Oktober

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "KOLABURASI. Jakarta Oktober"

Transkripsi

1 KOLABURASI Jakarta Oktober

2

3 Konsep Kolaborasi Keohane kolaborasi adalah bekerja bersama dengan yang lain, kerja sama, bekerja dalam begian satu team, dan di dalamnya bercampur didalam satu kelompok menuju keberhasilan bersama. Patel kolaborasi adalah suatu proses saling ketergantungan fungsional dalam mencoba untuk keterampilan koordinasi, to coordinate skills, tools, and rewards

4 Konsep Kolaborasi Dewey kelas merupakan cermin masyarakat dan berfungsi sebagai laboratorium untuk belajar tentang kehidupan nyata Piaget dengan konsepnya active learning berpendapat bahwa para siswa belajar lebih baik jika mereka berpikir secara kelompok, menurut pikiran mereka maka oleh sebab itu menjelaskan sebuah pekerjaan lebih baik menampilkan di depan keras Gokhale mendefinisikan bahwa collaborative learning mengacu pada metode pengajaran di mana siswa dalam satu kelompok yang bervariasi tingkat kecakapannya bekerjasama dalam kelompok kecil yang mengarah pada tujuan bersama.

5 Kolaboratif vs Konvensional Pembelajaran Kolaboratif Berkelompok Pembelajaran Konvensional Klasikal Antarsiswa berkolaborasi (bekerjasama) Antarsiswa berkompetisi (bersaing) Keberhasilan individu = Keberhasilan Kelompok Keberhasilan individu Interaksi antara pancaindranya dengan lingkungan kelompoknya Transfer/ transmisi dari guru kepada siswa

6 Google Apps Rumah Belajar

7 Cloud Computing (Komputasi awan) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis Internet (awan). Awan (cloud) adalah metefora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer.

8 Berdasarkan jenis layanan-nya, Cloud Computing dibagi menjadi berikut ini:

9 Software as a Service (SaaS) adalah layanan dari Cloud Computing dimana kita tinggal memakai software (perangkat lunak) yang telah disediakan. Kita cukup tahu bahwa perangkat lunak bisa berjalan dan bisa digunakan dengan baik. Contoh: Office 365, layanan penyimpanan (Google Drive, OneDrive, Dropbox), layanan publik (Gmail, YahooMail, Hotmail, dsb), social network (Facebook, Twitter, dsb) instant messaging (YahooMessenger, Skype, Hangout)

10 Google Cloud

11 Komputasi Awan Google Ketika Anda login ke Google Drive, komputer Anda terhubung ke tempat di mana file Anda disimpan. Ini adalah 'di awan', yang sebenarnya adalah sebuah tempat penyimpanan fisik di suatu tempat di dunia, dalam hal ini dijalankan oleh Google. file Anda pada dasarnya duduk di komputer di tempat lain dan tidak secara fisik pada komputer anda mengambil ruang, tetapi Anda dapat membuka dan mengedit mereka kapanpun kamu ingin.

12 Bekerja Berkolaburasi Meskipun file saya di komputer lain, hanya saya memiliki akses kepada mereka sampai saya memutuskan untuk berbagi dengan seseorang. Untuk melakukan itu, saya memberitahu komputer yang saya ingin berbagi, dalam hal ini teman saya, dan komputer memungkinkan akses ke file tertentu. Teman saya sekarang memiliki akses untuk file tertentu tetapi file tersebut tetap berada di Google Drive dan menggunakan ruang penyimpanan saya, tidaknya.

13 Multiplatform Kemudahan yang di miliki ketika kita memiliki drive di awan adalah bahwa Anda dapat mengakses file anda, tidak hanya dari anda komputer, boot dari perangkat yang memungkinkan Anda akses ke Google Drive. Misalnya, dari anda seluler, dari tablet atau dari komputer yang berbeda, seperti pekerjaan Anda.

14 PENDAFTARAN ALAMAT BARU

15

16 Masukkan nomor HP anda untuk mendapatkan kode verifikasi pendaftaran melalui SMS.

17 Masukkan 4 digit kode yang diterima melalui SMS.

18 Klik Continue untuk melajutkan dan masuk ke halaman utama .

19 Halaman utama .

20 Google Drive

21 Pilih Drive untuk menggunakan layanan Google Drive.

22 Halaman utama Google Drive.

23 Kapasitas penyimpanan Google Drive.

24 Top area: Account Option & Search Folder Path Bar : Drive Option Drive & Folder Option File &Folder area

25 Top Area Menu

26 Google menyediakan mesin pencari yang kuat sehingga Anda dapat menemukan file Anda, tanpa harus mencari melalui folder. Cukup ketik kata yang Anda inginkan dan tekan Memasukkan. Google akan mencari nama file dan juga, katakata dalam dokumen

27 Di samping itu sembilan kotak kecil. Mengklik ini menampilkan menu untuk mengakses lainnya program Google dan pilihan. misalnya Gmail. Simbol bell adalah notifikasi, misalnya pesan dari Google. The last one is the account menu. - Mengubah pengaturan akun Anda - Anda gambar profil akun (klik perubahan dalam lingkaran coklat) - Tanda keluar, ketika Anda selesai menggunakan Google Apps dan Drive. Penting jika Anda berbagi komputer dengan orang lain.

28 Sub Top Area Menu

29 Folder: Membuat folder baru Upload file: upload file dari komputer Anda Google Docs : Membuat Google Doc baru Google Sheets : Membuat Google Sheet baru Google Slides: Membuat Google Slide baru More: Membuka menu lain, di mana Anda dapat membuat Form Google baru, Menggambar atau My Maps dan di mana Anda dapat menambahkan Apps lanjut ke Drive

30 View: Ini matikan antara 'ListView' dan 'GridView'. Sort Option: Mengklik ini akan membuka menu semacam. Anda dapat mengurutkan file dan folder di 4 cara: dengan nama, dengan tanggal file yang terakhir diubah, dengan terakhir kali Anda memodifikasi file, atau dengan terakhir kali Anda membuka file. View details: Mengklik ini menampilkan menu dengan 2 pilihan: Kegiatan atau Rincian Aktivitas

31 Sort Option: Ini memberi Anda 4 pilihan: membuka menu pengaturan, Download drive Anda komputer, daftar shortcut keyboard, dan menu bantuan.

32 Left Area Menu

33 Klik di "Folder".

34 Sebuah kotak akan muncul meminta Anda untuk nama folder. Ketik nama dan tekan tombol biru Create.

35 Pada menu di sisi kiri, Anda akan melihat My Drive ". Jika Anda telah membuat lain folder di My Drive, maka Anda akan melihat segitiga kecil ke sisi Drive Saya. (Catatan: jika Anda baru saja membuat folder, kadang-kadang segitiga tidak muncul langsung, jika hal ini terjadi, hanya refresh halaman.) Klik pada segitiga dan tingkat berikutnya folder akan ditampilkan. Dalam hal ini, saya hanya memiliki satu disebut first folder".

36 File/Folder Move Klik Kanan pada First Folder > Pilih Move to"

37 Ini membawa pada Move to" kotak. Secara default, akan berada pada second folder. Klik pada Panah ke kiri, itu membawa pada tingkat pertama folder terkait dengan My Drive Klik pada FolderPlus, itu Membuat folder baru didalam folder aktif. Pilih Move here" untuk memilih folder tujuan.

38 File/Folder Rename Untuk mengubah nama itu, klik kanan di atasnya dan Klik "Rename". Sebuah kotak akan muncul meminta Anda untuk mengubah nama file. Hanya Ketik nama baru dan tekan OK.

39 File/Folder Share Anda dapat menyimpan file Anda & folder pribadi di My Drive". Hanya Anda dapat melihat file atau folder. Anda dapat berbagi dengan orang tertentu. Hanya Anda dan Bob dapat melihat file atau folder. Bob membutuhkan login ke account-nya untuk melihat file atau folder. Anda dapat berbagi dengan sekelompok orang. Hanya mereka dapat melihat file atau folder. Mereka perlu login untuk melihat file atau folder.

40 File/Folder Share Hal ini berguna jika Anda berbagi link tempat lain, misalnya website, di Outlook, blog, dan lainlain Opsi terakhir adalah berbagi file Anda atau folder dengan seluruh dunia. Siapapun dapat mengakses file atau folder dan mereka tidak perlu login. Gunakan opsi ini dengan hati-hati.

41 File/Folder Share Klik pada file atau folder menampilkan menu tersembunyi di bar yang sama, di samping opsi dibahas di atas.

42 File/Folder Share Ini mendapat alamat website dari file atau folder yang Anda dapat berbagi melalui mis, . Catatan: Untuk mengaksesnya, orang yang menerima link harus memiliki hak akses ke file atau folder. Lihat bagian tentang berbagi file dan folder. Ini membawa pada pilihan berbagi, untuk memungkinkan Anda untuk mengontrol siapa yang bisa mengakses file atau folder. Ini akan membuka preview file, tanpa benar-benar membukanya untuk mengedit.

43 File/Folder Share Ini menunjukkan Anda di mana file atau folder disorot kehidupan di "My Drive ". Pilihan ini tidak selalu terlihat. Ini menghapus file dan menempatkan di tempat sampah. Ini tidak dihapus secara permanen sampai Anda mengosongkan sampah. Hal ini akan membuka lebih banyak pilihan, misalnya 'Dibintangi' file untuk akses cepat, membuat menyalin, dan men-download file.

44 File/Folder Share Selain memberi akses ke file Anda, Anda juga memiliki pilihan untuk mengontrol apa yang bisa mereka lakukan dalam file itu. Tiga pilihan utama adalah: Can Edit : Mereka dapat mengedit file. Can Comment : Mereka tidak dapat mengedit file, tetapi dapat meninggalkan komentar di dalamnya. Can View : Mereka tidak bisa melakukan salah satu di atas, namun dapat melihatnya.

45 File/Folder Share Klik kanan pada file atau folder yang ingin berbagi dan ini memunculkan menu. Klik "Share" untuk membuka "Berbagi dengan orang lain" kotak dialog.

46 File/Folder Share Cara tercepat, adalah mengetikkan alamat dari orang yang Anda ingin berbagi file dengan. Di sebelah kanan, secara default, orang akan dapat mengakses file dan dapat mengeditnya. Jika kamu ingin mengubah ini, klik pada Can Edit" dan memilih dari Can Edit, Can Comment atau Can View.

47 File/Folder Share Anda memiliki pilihan untuk mengirim pesan ke orang tersebut. Cukup klik di "Tambahkan catatan" kotak. Kemudian klik biru "Kirim" tombol untuk berbagi file dan juga untuk mengirim orang , yang menyatakan bahwa file tersebut bersama dengan mereka.

48 File/Folder Share Kembali MyDrive" Anda akan melihat bahwa file/folder Anda sekarang memiliki simbol share di sebelah kanan nama file.

49 Orang yang Anda berbagi file/folder dengan akan menerima seperti ini:. akan berisi link ke file/folder dan pesan mungkin telah disertakan.

50 File/Folder Share Berikut langkah-langkah 1 & 2 di atas, buka Share with other" menu. Anda akan melihat siapa file tersebut sudah dibagikan, dalam hal ini, edhy'.

51 Opsi tambahan dalam menu "Advanced" di kanan bawah kotak. Ini disebut "Advanced" tapi jangan biarkan hal itu membuat Anda pergi, itu sangat mudah digunakan, dan benar-benar semua itu berarti bahwa memberikan Anda opsi tambahan. Ini akan membuka "Sharing settings" kotak. Di bawah Who has access", Anda dapat melihat kejutan, yang memiliki akses ke file. Pada Saat itu, bersama dengan orang-orang tertentu dan edhy dapat mengedit file.

52 File/Folder Share Klik "Change" dan ini membuka menu "Link Sharing". Di sini Anda dapat mengubah akses ke file, dari Specific People, untuk Anyone with the link", atau "Publion the web", yaitu siapa pun di Internet. Cukup klik opsi yang Anda inginkan dan klik Save.

53 Kembali di "Sharing settings" kotak, kami juga dapat mengubah bagaimana seseorang dapat mengakses file tersebut, oleh mengklik Can Edit" dan memilih baik, Can Comment" atau Can View". Jangan khawatir tentang Is owner" untuk saat ini, ini mengubah kepemilikan file ke orang itu, memberi mereka kontrol file seperti yang Anda miliki..

54 Gb.1 Folder Gb.2 File Di bagian bawah kotak, Anda memiliki dua pilihan lebih lanjut. Mencegah editor mengubah akses dan mengedit orang baru. Pilihan Nonaktifkan untuk men-download, cetak dan menyalin untuk komentator dan pemirsa. (Pada File Gb.2) Mereka melakukan apa yang mereka katakan dan menambahkan kontrol tambahan atas bagaimana file bersama dan bagaimana mereka digunakan.

55 Shared with Me Kembali pada layar drive utama, di sisi kiri, Anda akan melihat Shared with me". Klik ini untuk menampilkan daftar file dan folder yang telah dibagikan dengan Anda. It shows you who shared it and when. Note: by default, the filter is sorted in date order, with the most recent at the top.

56 Upload File Klik pada tombol merah 'New' di sisi kiri layar.

57 Upload File Tombol ini menampilkan menu. Kemudian klik pada "File Upload". Ini akan membuka direktori file Anda (ini adalah pandangan Mac, tetapi Windows mirip). Cari file Anda, klik di atasnya dan kemudian klik "Open" di pojok kanan bawah. Anda dapat meng-upload beberapa file pada saat yang sama. Cukup pilih yang Anda inginkan kemudian klik "Open".

58 Upload File Status upload pop-up window kecil akan muncul. Drive akan memberitahu Anda ketika upload telah selesai. Cukup klik "X" di sisi kanan untuk menutup jendela status.

59 Upload File Status upload pop-up window kecil akan muncul. Drive akan memberitahu Anda ketika upload telah selesai. Cukup klik "X" di sisi kanan untuk menutup jendela status.

60 Upload File Anda akan melihat file Anda dalam folder Anda berada di. Anda dapat meng-upload file ke folder yang berbeda pada waktu yang sama. Jika Anda melakukan ini, Anda dapat menemukan file dalam folder dengan mengklik pada lingkaran hijau, yang akan berubah menjadi kaca pembesar dan negara locate in My Drive".

61 Upload File Anda akan melihat file Anda dalam folder Anda berada di. Anda dapat meng-upload file ke folder yang berbeda pada waktu yang sama. Jika Anda melakukan ini, Anda dapat menemukan file dalam folder dengan mengklik pada lingkaran hijau, yang akan berubah menjadi kaca pembesar dan negara locate in My Drive".

62 Upload File Anda juga dapat drag and drop file dari direktori file, Anda langsung ke Google Drive. Hanya dengan menarik file di ke Drive dan drop (melepaskan mouse). Status unggahan window kemudian akan muncul seperti di atas.

63 Folder Upload Gb.1 Chrome Gb.2 Firefox Pada browser Google Chrome (Gb.1), itu juga mungkin untuk meng-upload seluruh folder, mengikuti langkah-langkah yang sama seperti upload file, namun pada langkah 2 pilih "Folder upload" bukan "File Upload".

64 Folder Upload Mengkonversi mereka dari Word ke Google Docs, Excel ke Google Spreadsheet, dan Powerpoint ke Google Slides berarti mereka tidak mengambil ruang apapun. Plus, Anda dapat mengedit dan melihat di komputer manapun dan tidak perlu mengintall program-program seperti word, excel dan powerpoint. Berikut adalah cara untuk melakukannya: Klik kanan pada file yang Anda inginkan. Ini akan membuka menu. Kemudian klik Open with", yang membuka menu lanjut, menunjukkan program yang Anda dapat membuka file dengan. Yang Anda ingin mengubahnya menjadi, akan berada di atas daftar, dalam hal ini "Google docs".

65 Ketika dokumen word dari Microsoft office kita upload ke dalam google drive, akan memiliki simbol dokumen W yang menandakan file tersebut dibuat oleh Microsoft word, begitu juga untuk excel dan powerpoint

66 Konversi Upload File Ketika dokumen word dari Microsoft office yang telah kita upload ke dalam google drive, maka akan ditampilkan previewnya saja kita tidak dapat melakukan editing terhadap dokumen tersebut

67 Untuk dapat melakukan editing terhadap dokumen word yang sudah kita upload berikut adalah cara untuk melakukannya: Klik kanan pada file yang Anda inginkan. Ini akan membuka menu. Kemudian klik Open with", yang membuka menu lanjut, menunjukkan program yang Anda dapat membuka file dengan. Yang Anda ingin mengubahnya menjadi, akan berada di atas daftar, dalam hal ini "Google docs". Klik pada "Google docs". Ini kemudian akan mengkonversi file, yang akan memakan waktu beberapa detik. Itu baru file yang dibuat akan muncul dalam menu baru.

68 Atau kita juga dapat melakukan pengaturan agar semua file dokumen yang dibuat melalui Microsoft office ketika diupload kedalam google drive akan langsung di konversi kedalam format Google Docs/Google Sheets/Google slides. Berikut ini caranya: Klik icon Roda yang berada di sebelah kanan atas, lalu pilih Setting

69 Setelah klik Setting maka akan tampil kotak pengaturan secara default akan tampil pengaturan umum, lalu lalukan centang pada box bagian Convert uploads, setelah selesai klik Done. Maka semua file dokumen Microsoft office yang akan diupload secara otomatis akan di konversi kedalam format Google Docs/GoogleSheets/Google Slides.

70 Google Docs Google Sheets Google Slides

71 Klik jenis dokumen baru yang Anda inginkan, dalam contoh ini, klik pada "Google Docs". Google Doc baru akan terbuka di tab baru.

72 Secara default, dokumen bernama "Untitled document ". Anda dapat melihat nama di atas sudut kiri. Di sini saya telah menambahkan sedikit teks.

73 Jika Anda mengedit dokumen sebelum memberikan nama baru, ketika Anda klik pada nama, Untitled document" Google secara otomatis menunjukkan judul untuk dokumen berdasarkan pada baris pertama dalam dokumen Anda. Hal ini dapat berguna dan menghemat dalam mengubah nama file.

74 Namun, jika Anda ingin memberikan nama Anda sendiri, klik cepat tiga kali pada mendokumentasikan nama dan ini akan memilih semuanya, kemudian ketik nama yang Anda inginkan dan tekan Enter. Semua tahapan diatas dapat dilakukan juga dalam Google Sheets dan Google Slide.

75 Klik ke menu New lalu pilih More dan pilih "Google Form". Google Form baru akan terbuka di tab baru.

76 Secara default, dokumen bernama "Untitled Form". Anda dapat melihat nama di atas sudut kiri. Di sini saya telah menambahkan sedikit teks.

77 Pilih kota berwarna merah + untuk mengubah model pertanyaan yang akan dibuat. Untuk pertanyaan pertama kita akan membuat pertanyaan untuk nama siswa, untuk model pertanyaaan kita pilih Short Answer.

78 Setelah jadi akan tampil seperti ini, selanjutnya kita akan buat pertanyaan agar siswa memasukan kelas, dengan menggunakan model pertanyaan Short Answer.

79 Setelah jadi akan tampil seperti ini, selanjutnya kita akan membuat pertanyaan baru dengan model pertanyaan Multiple choice.

80 Masukkan judul dari pertanyaan yang akan dibuat.

81 Masukkan pilihan jawaban dari pertanyaan.

82 Pilihan Add option untuk menambahkan pilihan jawaban baru.

83 Setelah selesai akan tampil seperti ini.

84 Selanjutnya kita akan melakukan perubahan kepada tampilan dari form yang akan dibuat, Klik bok merah Icon pallet Warna disini disediakan pilihan warna untuk mengubah warna form. Selain mengubah warna kita juga dapat memilih template form yang sudah tersedia, dengan cara mengklik box warna biru

85 Beberapa pilihan template yang tersedia dan dikelompokkan dalam kategori, setelah di pilih klik Select

86 Setelah perubahan bagian atas akan ditampilkan sesuai template yang kita pilih

87 Pilih box merah untuk menampilkan form final yang telah kita buat

88

89 Membuat form yang telah kita buat menjadi kuis online yang bisa memiliki Nilai untuk tiap soal, dengan mengklik icon roda, lalu akan tampil box baru dan pilih Quizzes

90 Memberikan nilai dari tiap soal

91 Pilih box merah untuk jawaban yang benar dari soal. Pilih box biru untuk nilai dari jawaban yang benar.

92 Sharing link form ke teman

93 Isian dari Kuis

94 Isian dari Kuis

95 Terima Kasih

Modul Pelatihan Google Apps for Education Fitur dan Penggunaan Tim ICT Universitas Sriwijaya

Modul Pelatihan Google Apps for Education Fitur dan Penggunaan Tim ICT Universitas Sriwijaya Fitur dan Penggunaan Tim ICT Universitas Sriwijaya Center of Information Communication Technology Universitas Sriwijaya 2015 Pendahuluan Google Apps for Education (GAFE) adalah sebuah aplikasi buatan Google

Lebih terperinci

PENGGUNAAN GOOGLE DOCUMENT

PENGGUNAAN GOOGLE DOCUMENT PENGGUNAAN GOOGLE DOCUMENT ALIZA ADNAN JABATAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN IPG KAMPUS ILMU KHAS Bahagian A: Mengakses Google Drive 1. 1 Masuklah ke Google Drive dengan akaun Google Anda. Jika Anda belum memiliki

Lebih terperinci

GOOGLE APPS [2014] Modul pelatihan dan sosialisasi student dan implementasinya dalam penggunaan google apps

GOOGLE APPS [2014] Modul pelatihan dan sosialisasi  student dan implementasinya dalam penggunaan google apps UPT. Pusat Komputer UNS puskom.uns.ac.id Dwi Nurhadi Pradipta Praja G GOOGLE APPS [2014] Modul pelatihan dan sosialisasi email student dan implementasinya dalam penggunaan google apps DAFTAR ISI Isi Google

Lebih terperinci

Gambar tampilan file di Google Drive

Gambar tampilan file di Google Drive DIREKTORAT JENDERAL PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN MASYARAKAT BALAI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN MASYARAKAT JAWA TIMUR 2016 Sharing File Menggunakan Google

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN E-LEARNING UNTUK DOSEN

PETUNJUK PENGGUNAAN E-LEARNING UNTUK DOSEN PETUNJUK PENGGUNAAN E-LEARNING UNTUK DOSEN A. Mengaktifkan akun E-Learning 1. Login ke gmail.com 2. Klik pada gambar: a. Pilih tema b. Pilih cara menggunakan Gmail c. Impor kontak dan email d. Dapatkan

Lebih terperinci

Panduan Pengunaan Google Apps

Panduan Pengunaan Google Apps Panduan Pengunaan Google Apps Google Apps menawarkan seperangkat alat bantu yang dapat dimanfaatkan oleh semua individu baik dalam sebuah Organisasi atau Instansi. Baik besar maupun kecil. Dengan Google

Lebih terperinci

Kegiatan Belajar 8: Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui penerapan pengetahuan komunikasi dalam jaringan asinkron

Kegiatan Belajar 8: Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui penerapan pengetahuan komunikasi dalam jaringan asinkron Kelas X SMK Gondang Kegiatan Belajar 8: Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui penerapan pengetahuan komunikasi dalam jaringan asinkron A. Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti pembelajaran,

Lebih terperinci

Komunikasi Daring (Online) BAB I

Komunikasi Daring (Online) BAB I BAB I Komunikasi Daring (Online) A. Pengertian Istilah komunikasi online mengacu pada membaca, menulis, berbagi video kamera dan komunikasi melalui jaringan komputer. Ini meliputi Sinkronus yaitu komputer

Lebih terperinci

Pedoman Database Koleksi Museum. cagarbudaya.kemdikbud.go.id

Pedoman Database Koleksi Museum. cagarbudaya.kemdikbud.go.id Pedoman Database Koleksi Museum cagarbudaya.kemdikbud.go.id Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2015 DAFTAR ISI Daftar

Lebih terperinci

GioBox Web Interface Manual

GioBox Web Interface Manual GioBox Web Interface Manual Halaman Login GioBox Pelanggan dapat terkoneksi dengan GioBox menggunakan berbagai Web Browser dengan cara membuka url berikut : https://box.biznetgiocloud.com/home/index.php,

Lebih terperinci

FUNGSI GOOGLE DRIVE. Deni Nur Apriyatna. Abstrak. Pendahuluan.

FUNGSI GOOGLE DRIVE. Deni Nur Apriyatna. Abstrak. Pendahuluan. FUNGSI GOOGLE DRIVE Deni Nur Apriyatna deniasseven@gmail.com Abstrak Google Drive adalah layanan cloud storage dari Google yang diluncurkan pada 24 April 2012, yaitu layanan untuk menyimpan file di internet

Lebih terperinci

Petunjuk Singkat Penggunaan Google Drive untuk TA Online Modul Dosen

Petunjuk Singkat Penggunaan Google Drive untuk TA Online Modul Dosen Petunjuk Singkat Penggunaan Google Drive untuk TA Online 1. Buka browser (sangat dianjurkan menggunakan browser google chrome) 2. Masuk login ke Single Sign On (SSO) yaitu fasilitas login satu pintu dimana

Lebih terperinci

RACHMAN ARIEF. ... Menggunakan... GOOGLE CLASSROOM. Modul ini digunakan untuk Pelatihan Kuliah Online Kampus ITATS

RACHMAN ARIEF. ... Menggunakan... GOOGLE CLASSROOM. Modul ini digunakan untuk Pelatihan Kuliah Online Kampus ITATS RACHMAN ARIEF T.......... Menggunakan.......... GOOGLE CLASSROOM Modul ini digunakan untuk Pelatihan Kuliah Online Kampus ITATS Daftar Isi Login Pertama..... Membuat dan Mengkustom Kelas....4 Melengkapi

Lebih terperinci

PENGENALAN POWERPOINT 2013

PENGENALAN POWERPOINT 2013 PENGENALAN POWERPOINT 2013 Mengikuti tren teknologi informasi terkini, seluruh paket aplikasi yang tergabung ke dalam Microsoft Office 2013 atau Microsoft Office 365, termasuk PowerPoint, dirancang untuk

Lebih terperinci

Membuat dan mendemonstrasikan penggunaan

Membuat dan mendemonstrasikan penggunaan Modul ke: Membuat dan mendemonstrasikan penggunaan e-mail Mahasiswa dapat membuat e-mail dan menggunakannya. Fakultas FEB Nawindah,M.Kom Program Studi Manajemen www.mercubuana.ac.id Tehnik membuat e-mail

Lebih terperinci

Aplikasi DropBox Penyimpan Data Online Yang Aman

Aplikasi DropBox Penyimpan Data Online Yang Aman Aplikasi DropBox Penyimpan Data Online Yang Aman DropBox adalah sebuah aplikasi cloud computing gratis yang menyediakan jasa penyimpanan file secara online dan dapat diakses melalui berbagai media, seperti

Lebih terperinci

Menemukan & Berbagi Sumber Belajar

Menemukan & Berbagi Sumber Belajar Menemukan & Berbagi Sumber Belajar Tabel Menemukan dan Berbagi Sumber Belajar Aktivitas Nama Situs Alamat Menemukan Gambar Menemukan Audio Menemukan Video Berbagi Sumber Belajar Imagebase flickr photl

Lebih terperinci

DAFTAR ISI BAB I INSTALLASI

DAFTAR ISI BAB I INSTALLASI Penggunaan LMS Humatik DAFTAR ISI BAB I INSTALLASI ------------------------------------------------------------------- 1 BAB II REGISTRASI -----------------------------------------------------------------

Lebih terperinci

Materi Sim Dig KD 3.2 Menerapkan Komunikasi Daring (1. Melaksanakan Komunikasi Daring Asinkron)

Materi Sim Dig KD 3.2 Menerapkan Komunikasi Daring (1. Melaksanakan Komunikasi Daring Asinkron) Materi Sim Dig KD 3.2 Menerapkan Komunikasi Daring (1. Melaksanakan Komunikasi Daring Asinkron) A. Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti pembelajaran, siswa mampu untuk : menjelaskan bentuk komunikasi

Lebih terperinci

MODUL PRAKTIKUM :.. Nama NRP. Laboratorium Teknik Informatika

MODUL PRAKTIKUM :.. Nama NRP. Laboratorium Teknik Informatika MODUL PRAKTIKUM PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI Nama :.. NRP :.. Laboratorium Teknik Informatika JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS TRUNOJOYO 2015 TUGAS PRE-PRAKTIKUM PENGANTAR TEKNOLOG

Lebih terperinci

Mengapa kita perlu menggunakan Mendeley?

Mengapa kita perlu menggunakan Mendeley? Mengapa kita perlu menggunakan Mendeley? Anda adalah seorang mahasiswa, anda pernah menulis sebuah karya ilmiah (laporan tugas kuliah, skripsi, tugas akhir). Ketika menulis karya ilmiah tsb, tentu anda

Lebih terperinci

OpenOffice.org Writer OpenOffice.org Calc OpenOffice.org Impress OpenOffice.org Draw OpenOffice.org Math OpenOffice.org Base OPEN OFFICE CALC

OpenOffice.org Writer OpenOffice.org Calc OpenOffice.org Impress OpenOffice.org Draw OpenOffice.org Math OpenOffice.org Base OPEN OFFICE CALC OpenOffice.org adalah seperangkat lunak perkantoran yang didalamnya terdapat fungsi pengolah kata (word processing), pengolah lembar (spreadsheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi (presentation),

Lebih terperinci

PANDUAN PENGELOLAAN SITUS WEB BPKP

PANDUAN PENGELOLAAN SITUS WEB BPKP PANDUAN PENGELOLAAN SITUS WEB BPKP URL (UNIFIED RESOURCES LOCATOR) Untuk dapat melakukan pengelolaan halaman web di situs web BPKP, kita harus mengetikkan URL atau unified resources locator atau alamat

Lebih terperinci

Tutorial Google Classroom Dosen

Tutorial Google Classroom Dosen Tutorial Google Classroom Dosen Pendahuluan dan cara forwarding email unaki Email UNAKI menggunakan google apps yang dengan kata lain sama persis dengan gmail, hanya saja fitur untuk drive menjadi lebih

Lebih terperinci

GioBox Android Application Manual

GioBox Android Application Manual GioBox Android Application Manual Aplikasi Mobile GioBox (Android) Installasi Aplikasi Mobile Anda dapat mendownload Aplikasi Mobile GioBox dari halaman download GioBox atau di halaman pribadi GioBox.

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan e-learning untuk Dosen Versi Dokumen Workshop E-Learning

Petunjuk Penggunaan e-learning untuk Dosen Versi Dokumen Workshop E-Learning Petunjuk Penggunaan e-learning untuk Dosen Versi Dokumen 1.9.1 Workshop E-Learning Dikompilasi dari Petunjuk Singkat Penggunaan Moodle bagi Pengajar versi dokumen: 1.7 / 16 Agustus 2006 Yudi Wibisono oleh

Lebih terperinci

DASAR-DASAR PENGETIKAN DAN EDITING Oleh Ade Sobandi Hendri Winata Rasto

DASAR-DASAR PENGETIKAN DAN EDITING Oleh Ade Sobandi Hendri Winata Rasto DASAR-DASAR PENGETIKAN DAN EDITING Oleh Ade Sobandi Hendri Winata Rasto 1. Penempatan Jari Pada Keyboard Penempatan jari pada keyboard khususnya pada Type Write Keypad sama persis dengan penempatan jari

Lebih terperinci

APLIKASI LAYANAN PERTANAHAN ONLINE

APLIKASI LAYANAN PERTANAHAN ONLINE APLIKASI LAYANAN PERTANAHAN ONLINE I. LOGIN APLIKASI Pada saat aplikasi dibuka maka akan muncul halaman login yang mengharuskan pengguna aplikasi untuk memasukkan ID Pemakai dan Password lalu klik tombol

Lebih terperinci

Mendaftar dan Menggunakan Fasilitas Akun Facebook 2009 PUSKOM UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

Mendaftar dan Menggunakan Fasilitas Akun Facebook 2009 PUSKOM UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA Mendaftar dan Menggunakan Fasilitas Akun Facebook 2009 PUSKOM UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA DAFTAR ISI Daftar Isi... 1 a. Membuka website Facebook... 2 b. Mendaftar Facebook... 2 c. Login... 5 d.

Lebih terperinci

Petunjuk Singkat Penggunaan Google Drive [Modul Mahasiswa] Petunjuk Singkat Penggunaan Google Drive untuk TA Online Mahasiswa

Petunjuk Singkat Penggunaan Google Drive [Modul Mahasiswa] Petunjuk Singkat Penggunaan Google Drive untuk TA Online Mahasiswa Petunjuk Singkat Penggunaan Google Drive untuk TA Online Mahasiswa 1. Buka browser (sangat dianjurkan browser google chrome) 2. Masuk login ke Single Sign On (SSO) yaitu fasilitas login satu pintu dimana

Lebih terperinci

Mengenal & Menggunakan Google Drive

Mengenal & Menggunakan Google Drive Mengenal & Menggunakan Google Drive Reza Pahlava reza.pahlava@raharja.info :: http://blog.rezapahlava.com Abstrak Google Drive adalah layanan cloud storage dari Google yang diluncurkan pada akhir April

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM REGISTRASI NASIONAL USER UMUM

PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM REGISTRASI NASIONAL USER UMUM PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM REGISTRASI NASIONAL UNTUK USER UMUM Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia I. PENDAHULUAN Sistem Registrasi

Lebih terperinci

Mengembangkan Website Berbasis Wordpress

Mengembangkan Website Berbasis Wordpress Mengembangkan Website Berbasis Wordpress Bagian 1: Pengenalan dan Instalasi Wordpress Hanif Rasyidi Pendahuluan Perkembangan teknologi saat ini membuat internet menjadi salah satu sumber utama dalam pencarian

Lebih terperinci

#Langkah 1. Mari kita mulai menjelajahi Google Docs.!!!

#Langkah 1. Mari kita mulai menjelajahi Google Docs.!!! Membuat Dokumen Secara Online dengan Google Docs G oogle Docs bukanlah layanan baru dari Google, tapi mungkin masih banyak diantara kita yang belum memanfaatkan layanan ini secara maksimal. Bagi Anda yang

Lebih terperinci

TUTORIAL Manajemen File Mendeley

TUTORIAL Manajemen File Mendeley TUTORIAL Manajemen File Mendeley Disusun Oleh: Arda Putri Winata, M.A. 081904185435 Pustakawan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 2017 Mendeley merupakan sebuah perangkat lunak (software) berbasis opensources

Lebih terperinci

Metro Apps. Gambar 3.1 Jendela Start Screen

Metro Apps. Gambar 3.1 Jendela Start Screen Metro Apps Metro Apps adalah program-program aplikasi yang khusus dibuat untuk pemakaian dengan interface Metro. Pada bab ini, akan dibahas sejumlah Metro Apps yang bermanfaat bagi Anda. Apps ini sudah

Lebih terperinci

Cara Mengelompokan Pada Folder di Ms Outlook 2007

Cara Mengelompokan  Pada Folder di Ms Outlook 2007 by Alkom 1stSolution Cara Mengelompokan Email Pada Folder di Ms Outlook 2007 Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat Rule / Email Filtering di Microsoft Outlook 2007. 1. Buka aplikasi Microsoft

Lebih terperinci

Memulai Google+ 2.1 Registrasi Google+

Memulai Google+ 2.1 Registrasi Google+ Memulai Google+ Layanan Gmail memang seolah-olah merupakan pintu gerbang untuk masuk ke berbagai layanan Google yang lain. Untuk memulai Google+ juga demikian. Jadi mula-mula, bukalah terlebih dahulu akun

Lebih terperinci

Panduan Membuat File Server Google Docs

Panduan Membuat File Server Google Docs Panduan Membuat File Server Google Docs Materi yang disusun untuk kebutuhan ICT Trajectory untuk partner-partner Hivos ini boleh digunakan, dimodifikasi dan disebarluaskan secara bebas, di bawah aturan

Lebih terperinci

Materi Computer Mediated Learning Orientasi Belajar Mahasiswa 2008 MATERI COMPUTER MEDIATED LEARNING

Materi Computer Mediated Learning Orientasi Belajar Mahasiswa 2008 MATERI COMPUTER MEDIATED LEARNING MATERI COMPUTER MEDIATED LEARNING Untuk kegiatan Orientasi Belajar Mahasiswa 2008 1 Daftar Isi A. SEKILAS TENTANG MODUL MATERI CML OBM... 4 B. PENGANTAR COMPUTER MEDIATED LEARNING UNIVERSITAS INDONESIA...

Lebih terperinci

Achyar Munandar PANDUAN SINGKAT E-LEARNING BAGI MAHASISWA

Achyar Munandar PANDUAN SINGKAT E-LEARNING BAGI MAHASISWA Achyar Munandar 0 PANDUAN SINGKAT E-LEARNING BAGI MAHASISWA 1 DAFTAR ISI I MENGAKSES E-LEARNING... 2 1.1 Laman Depan E-Learning... 2 1.2 Pengaturan Profil... 3 II AKTIFITAS KULIAH... 3 2.1 Mengunduh Bahan

Lebih terperinci

MENYIMPAN DAN SHARE FILE DI TEMPAT PENYIMPANAN ONLINE GOOGLE DRIVE, DROPBOX, YOUTUBE, & SCRIBD

MENYIMPAN DAN SHARE FILE DI TEMPAT PENYIMPANAN ONLINE GOOGLE DRIVE, DROPBOX, YOUTUBE, & SCRIBD 1 MENYIMPAN DAN SHARE FILE DI TEMPAT PENYIMPANAN ONLINE GOOGLE DRIVE, DROPBOX, YOUTUBE, & SCRIBD Dibuat oleh Pak Sukani Teacher, Trainer, Narasumber, Motivator, Pembicara dalam pelatihan dan seminar di

Lebih terperinci

Petunjuk Singkat Penggunaan Kuantum Gama bagi Pengajar. Yudi Wibisono Yohanes Suyanto versi dokumen: 30 Maret 2008

Petunjuk Singkat Penggunaan Kuantum Gama bagi Pengajar. Yudi Wibisono Yohanes Suyanto versi dokumen: 30 Maret 2008 Petunjuk Singkat Penggunaan Kuantum Gama bagi Pengajar Yudi Wibisono yudi@upi.edu Yohanes Suyanto yanto@ugm.ac.id versi dokumen: 30 Maret 2008 ... 2 Pendahuluan... 3 Membuka Situs E-Learning Kuantum Gama...

Lebih terperinci

Add-Ons and Apps for Business

Add-Ons and Apps for Business Add-Ons and Apps for Business Anda pebisnis? Memerlukan kinerja yang lebih dari sebuah perangkat bernama add-ons dan apps? Jika demikian, pada bab ini kita akan membahas keunggulan-keunggulan Add-Ons dan

Lebih terperinci

BAB VI Membuat Tombol Control pada Form

BAB VI Membuat Tombol Control pada Form BAB VI Membuat Tombol Control pada Form Dari form yang telah Anda buat dan modifikasi, alangkah baiknya jika suatu form dilengkapi dengan sebuah tombol Control yaitu dengan memanfaatkan tool Button pada

Lebih terperinci

BAB I PEMBUATAN DAN BLOG

BAB I PEMBUATAN  DAN BLOG BAB I PEMBUATAN EMAIL DAN BLOG 1.1. Pembuatan Email Layanan email yang disediakan bagi mahasiswa Universitas Pattimura memanfaatkan layanan App For Education yang disediakan oleh Google. Dalam layanan

Lebih terperinci

E-Commerce dengan QuickCart v6.7 BAB IV

E-Commerce dengan QuickCart v6.7 BAB IV E-Commerce dengan QuickCart v6.7 BAB IV Oleh: Aslam Fatkhudin BAB IV MENGELOLA HALAMAN 4. Membuat Halaman Baru Setelah melakukan konfigurasi, selanjutnya kita isi website toko online kita dengan membuat

Lebih terperinci

Tampilan Perangkat PC, Laptop, Netbook, Tablet

Tampilan Perangkat PC, Laptop, Netbook, Tablet I. APLIKASI SIM PERENCANAAN Aplikasi SIM Perencanaan Pembangunan Daerah ini merupakan langkah lanjutan aplikasi yang berjalan menggunakan web browser dan tidak perlu mengintalnya terlebih dahulu, sehingga

Lebih terperinci

Manual Book DIGITAL OFFICE KOTA BOGOR. Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Bogor

Manual Book DIGITAL OFFICE KOTA BOGOR. Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Bogor Manual Book DIGITAL OFFICE KOTA BOGOR Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Bogor LANDASAN TEORI Manual Digital Office Digital Office dibuat dengan merumuskan permasalahan yang ada pada bidang pemerintah

Lebih terperinci

Manual Book Dosen. Pembelajaran Online dengan menggunakan Google Classroom.

Manual Book Dosen. Pembelajaran Online dengan menggunakan Google Classroom. Classroom merupakan layanan pembelajaran online yang dapat di akses dengan menggunakan akun webmail UMMI, Classroom memudahkan mahasiswa dan dosen agar tetap terhubung baik di dalam maupun di luar kelas.

Lebih terperinci

SHARING FILE. 3. Kemudian muncul jendela Sharing properties seperti pada gambar berikut.

SHARING FILE. 3. Kemudian muncul jendela Sharing properties seperti pada gambar berikut. SHARING FILE Sharing file dilakukan untuk berbagi file dengan komputer lain yang masih dalam satu jaringan lokal (LAN). Dengan sharing file, maka akan menghemat waktu dalam berbagi file antar komputer.

Lebih terperinci

MICROSOFT WINDOWS 1.1. Pengenalan Windows 1.2. Memulai Windows Xp Profesional

MICROSOFT WINDOWS 1.1. Pengenalan Windows 1.2. Memulai Windows Xp Profesional MICROSOFT WINDOWS 1.1. Pengenalan Windows Windows adalah salah satu software sistem operasi yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft Inc. Microsoft Windows adalah software sistem informasi yang paling

Lebih terperinci

Mengenal Calc. Pada Bab ini anda akan mempelajari cara:

Mengenal Calc. Pada Bab ini anda akan mempelajari cara: BAB Mengenal Calc 5 Pada Bab ini anda akan mempelajari cara: Mengenal lingkungan spreadsheet Mengenal navigasi pada spreadsheet Mengenal dan memilih sel Membuat range sel Menyisipkan sheet baru Mengganti

Lebih terperinci

BIMBINGAN KARYA TULIS ILMIAH ONLINE

BIMBINGAN KARYA TULIS ILMIAH ONLINE PETUNJUK TEKNIS BIMBINGAN KARYA TULIS ILMIAH ONLINE http://etraining.tkplb.org 2014 KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK

Lebih terperinci

Frequently Asked Question

Frequently Asked Question Frequently Asked Question Frequently Asked Question Titanium Internet Security 2015 TREND MICRO Fitur baru Titanium Internet Security 2015 1. Apa yang baru di Trend Micro Titanium 2015 Fitur baru dan tambahan

Lebih terperinci

BAHAN AJAR KKPI KELAS XII

BAHAN AJAR KKPI KELAS XII KTSP SMK i DAFTAR ISI Daftar Isi... i BAB 3 MENGOPERASIKAN SOFTWARE E-MAIL CLIENT Kompetensi dan Ruang Lingkup... 1 I. Pengertian... 2 II. Langkah-Langkah Membuat Alamat Email... 2 A. Mengoperasikan Email

Lebih terperinci

MODUL PEMBELAJARAN E-LEARNING SMP Mitra Bintaro, Kota Tangerang

MODUL PEMBELAJARAN E-LEARNING SMP Mitra Bintaro, Kota Tangerang MODUL PEMBELAJARAN E-LEARNING SMP Mitra Bintaro, Kota Tangerang Disampaikan dalam rangka Pengabdian pada Masyarakat di SMP Mitra Bintaro tahun 2017 Disusun oleh Achmad Solichin achmatim@gmail.com DAFTAR

Lebih terperinci

Menggunakan Office 365 di iphone atau ipad Anda

Menggunakan Office 365 di iphone atau ipad Anda Menggunakan Office 365 di iphone atau ipad Anda Panduan Mulai Cepat Memeriksa email Atur iphone atau ipad untuk mengirim dan menerima email dari akun Office 365 Anda. Memeriksa kalender di mana pun Anda

Lebih terperinci

Petunjuk Singkat Penggunaan Google Drive Untuk Bimbingan TA Online. Petunjuk Singkat Penggunaan Google Drive untuk TA Online Mahasiswa

Petunjuk Singkat Penggunaan Google Drive Untuk Bimbingan TA Online. Petunjuk Singkat Penggunaan Google Drive untuk TA Online Mahasiswa Petunjuk Singkat Penggunaan Google Drive untuk TA Online Mahasiswa 1. Buka browser (sangat dianjurkan browser google chrome) 2. Buka google mail, ketik email mahasiswa dengan format : @student.mercubuana.ac.id

Lebih terperinci

Manual Pengunaan Perijinan Online (Calon Pemohon Ijin)

Manual Pengunaan Perijinan Online (Calon Pemohon Ijin) MANUAL PENGGUNAAN APLIKASI Aplikasi Perizinan Online ini merupakan aplikasi yang berjalan menggunakan web browser dan tidak perlu menginstalnya terlebih dahulu, sehingga dapat digunakan kapanpun dan dimanapun

Lebih terperinci

ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA

ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA MANAJEMEN KONTEN ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA 2013 Elearning UPN Veteran Jakarta 1 MODUL 2 MANAJEMEN KONTEN 2.1. Membuat Label 2.1.1. Keterangan Label berfungsi untuk memberikan

Lebih terperinci

TUTORIAL E-LEARNING POLTEKKES MAKASSAR

TUTORIAL E-LEARNING POLTEKKES MAKASSAR TUTORIAL E-LEARNING POLTEKKES MAKASSAR Untuk Dosen http://elearning.poltekkes-mks.ac.id/ OUTLINE 1. Membuat akun 2. Masuk ke halaman Kuliah 3. Menambahkan materi pada halaman kuliah 4. Membuat kantong

Lebih terperinci

Penggunaan Office 365 untuk Binusian

Penggunaan Office 365 untuk Binusian Penggunaan Office 365 untuk Binusian Universitas Bina Nusantara Office 365 ini hanya dapat dipergunakan oleh Binusian. Untuk menggunakannya Binusian harus melakukan Login dengan memakai Nomor Induk Binusian

Lebih terperinci

Panduan Membuat Kuesioner Online Dengan Google Drive

Panduan Membuat Kuesioner Online Dengan Google Drive Panduan Membuat Kuesioner Online Dengan Google Drive Kuesioner adalah suatu teknik pengumpulan informasi atau suatu daftar yang berisi pertanyaanpertanyaan yang harus dijawab atau dikerjakan oleh responden

Lebih terperinci

Aplikasi Document Imaging untuk PT. XYZ dapat diakses melalui web browser

Aplikasi Document Imaging untuk PT. XYZ dapat diakses melalui web browser 4.3.4 Petunjuk Pemakaian Sistem Aplikasi Document Imaging untuk PT. XYZ dapat diakses melalui web browser yang terhubung dengan internet. Berikut ini adalah detail prosedur pemakaian dari aplikasi tersebut.

Lebih terperinci

Edmodo bagi Tutor Hal 1

Edmodo bagi Tutor Hal 1 DIREKTORAT JENDERAL PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN MASYARAKAT BALAI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN MASYARAKAT JAWA TIMUR 2016 Edmodo bagi Tutor Hal 1 Pengertian

Lebih terperinci

Aplikasi Komputer. Microsoft Office 2010 Microsoft Office Excel 2010 Bag 1. Miftahul Fikri, M.Si. Modul ke: Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Aplikasi Komputer. Microsoft Office 2010 Microsoft Office Excel 2010 Bag 1. Miftahul Fikri, M.Si. Modul ke: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Modul ke: Microsoft Office 2010 Microsoft Office Excel 2010 Bag 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Miftahul Fikri, M.Si Program Studi Manajemen www.mercubuana.ac.id Microsoft Excel 2010, untuk selanjutnya disingkat

Lebih terperinci

PANDUAN PELATIHAN E LEARNING DASAR

PANDUAN PELATIHAN E LEARNING DASAR 2009 I. PANDUAN PELATIHAN E LEARNING DASAR Fakultas Ekonomi Univesitas Muhammadiyah Yogyakarta 29/Agustus/2009 PENDAHULUAN Selamat datang di e:learning Community (elcom) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Lebih terperinci

1. Pendahuluan. 2. Cara Akses, Start Page, dan Beranda

1. Pendahuluan. 2. Cara Akses, Start Page, dan Beranda 1. Pendahuluan User manual ini dibuat untuk menggambarkan dan menjelaskan proses penggunaan Intra LIPI baru untuk pengguna (user). Intra LIPI merupakan sistem informasi untuk kebutuhan Layanan Internal

Lebih terperinci

: PEMBUATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DENGAN POWERPOINT. I. Tujuan Pembelajaran A. Peserta dapat membuat bahan ajar dengan menggunakan powerpoint.

: PEMBUATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DENGAN POWERPOINT. I. Tujuan Pembelajaran A. Peserta dapat membuat bahan ajar dengan menggunakan powerpoint. MATA TATARAN : PEMBUATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DENGAN POWERPOINT I. Tujuan Pembelajaran A. Peserta dapat membuat bahan ajar dengan menggunakan powerpoint. B. Peserta dapat mengaplikasikan bahan ajar dalam

Lebih terperinci

USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENGIRIM) VERSI 1.1

USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENGIRIM) VERSI 1.1 USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENGIRIM) VERSI 1.1 KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN REPUBLIK INDONESIA Copyright @ 2017 Daftar Isi Daftar

Lebih terperinci

PANDUAN SIPTL EXTERNAL (SISTEM INFORMASI PEMANTAUAN TINDAK LANJUT) UNTUK ENTITAS

PANDUAN SIPTL EXTERNAL (SISTEM INFORMASI PEMANTAUAN TINDAK LANJUT) UNTUK ENTITAS PANDUAN SIPTL EXTERNAL (SISTEM INFORMASI PEMANTAUAN TINDAK LANJUT) UNTUK ENTITAS DAFTAR ISI Daftar perubahan manual SIPTL External... 2 Pendahuluan... 5 Tentang Aplikasi... 5 Kebutuhan Perangkat... 5 Fitur

Lebih terperinci

Cara Mengoperasikan Google Drive (Document)

Cara Mengoperasikan Google Drive (Document) Cara Mengoperasikan Google Drive (Document) Nah, kalian pernah dengar belum istilah dari Google drive? Pengertian dari Google Drive itu adalah layanan penyimpanan daring milik Google yang diluncurkan pada

Lebih terperinci

Tutorial Membuat Blog dengan Layanan Wordpress

Tutorial Membuat Blog dengan Layanan Wordpress Tutorial Membuat Blog dengan Layanan Wordpress Agar bisa membuat blog, anda setidaknya memerlukan komputer dengan spesifikasi yang bagus, terhubung dengan jaringan internet, email yang masih aktif dan

Lebih terperinci

Materi : Manajemen File dalam OS Windows

Materi : Manajemen File dalam OS Windows Materi : Manajemen File dalam OS Windows 1. Sistem Manajemen File Dalam sistem operasi komputer kita mengenal sistem manajemen file. Sistem manajemen file ini perlu diterapkan agar dapat digunakan dalam

Lebih terperinci

( Manajemen File ) Ada beberapa cara mengaktifkan Windows Explorer. 1. Klik Start, All Programs, Accessories, Windows Explorer

( Manajemen File ) Ada beberapa cara mengaktifkan Windows Explorer. 1. Klik Start, All Programs, Accessories, Windows Explorer ( Manajemen File ) adalah fasilitas yang berfungsi untuk mengelola file dan folder. Dengan Windows Explorer dapat mengatur penggunaan drive yang aktif, menggunakan file yang aktif pada floppy disk, local

Lebih terperinci

Pengembangan Instrumen Monev Berbasis Online M. Khairudin, Edy S, Ariadie Candra, Eko P

Pengembangan Instrumen Monev Berbasis Online M. Khairudin, Edy S, Ariadie Candra, Eko P Pengembangan Instrumen Monev Berbasis Online M. Khairudin, Edy S, Ariadie Candra, Eko P Perkembangan teknologi informasi sangat membantu dalam melakukan monitoring dan evaluasi. Pihak penyedia informasi

Lebih terperinci

PANDUAN PRAKTIS MICROSOFT WORD 2007

PANDUAN PRAKTIS MICROSOFT WORD 2007 Bagian 1: Mengenal Microsoft Office Word 2007 1.1. Memulai Aplikasi Microsoft Office Word 2007 Untuk membuka Microsoft Word caranya adalah: Klik Tombol Start yang ada di taskbar. Pilih menu All Program

Lebih terperinci

MICROSOFT POWERPOINT. Pendahuluan

MICROSOFT POWERPOINT. Pendahuluan MICROSOFT POWERPOINT Pendahuluan Microsoft Power Point adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah. Microsoft Power Point akan membantu

Lebih terperinci

TUGAS SISTEM MANAJEMEN INFORMASI LANGKAH LANGKAH MENGGUNAKAN CRM - EXPRESS

TUGAS SISTEM MANAJEMEN INFORMASI LANGKAH LANGKAH MENGGUNAKAN CRM - EXPRESS TUGAS SISTEM MANAJEMEN INFORMASI LANGKAH LANGKAH MENGGUNAKAN CRM - EXPRESS Nama kelompok : 1. Eva lerasari 11 008 001 2. Vevri Prayutyas R 11 008 008 3. Ina kogoya 11 008 012 4. Yuliana Puspitasari 11

Lebih terperinci

Membuat File Database & Tabel

Membuat File Database & Tabel Membuat File Database & Tabel Menggunakan MS.Office Access 2013 Database merupakan sekumpulan data atau informasi yang terdiri atas satu atau lebih tabel yang saling berhubungan antara satu dengan yang

Lebih terperinci

Modul 12 Open Office Calc

Modul 12 Open Office Calc Modul 12 Open Office Calc 12.1 Mengenal Open Office Calc Open Office Calc adalah sebuah program yang akan membantu anda bekerja pada lingkungan spreadsheet. Dengan fasilitas-fasilitas yang disediakan anda

Lebih terperinci

Database Management Pengenalan MS. Access 2003

Database Management Pengenalan MS. Access 2003 4 Yang dibahas pada bab ini :: Mengenal MS. Access 2003 Komponen Utama MS. Access 2003 Memulai MS. Access 2003 Mengenal Lembar Kerja MS. Access 2003 Mengatur Regional Settings Mengakhiri MS. Access 2003

Lebih terperinci

Materi Sim Dig KD 3.2. Menerapkan Komunikasi Daring (2. Melaksanakan Komunikasi Daring Sinkron)

Materi Sim Dig KD 3.2. Menerapkan Komunikasi Daring (2. Melaksanakan Komunikasi Daring Sinkron) Materi Sim Dig KD 3.2. Menerapkan Komunikasi Daring (2. Melaksanakan Komunikasi Daring Sinkron) A. Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti pembelajaran, siswa mampu : menjelaskan bentuk komunikasi daring

Lebih terperinci

MENJELAJAHI DUNIA MAYA

MENJELAJAHI DUNIA MAYA Tutorial Dasar Internet untuk Pemula Andi Sholihin dieka.91@gmail.com http://sekedar-tutorial.blogspot.com Januari DAFTAR ISI BAGIAN 1 PENGENALAN INTERNET... 3 1.1 Pengertian Internet... 3 2.1 Istilah-Istilah

Lebih terperinci

Panduan Praktis Proses Pendaftaran Anggota Dengan Program Aplikasi INLISLite versi 2.1.2

Panduan Praktis Proses Pendaftaran Anggota Dengan Program Aplikasi INLISLite versi 2.1.2 Panduan Praktis Proses Pendaftaran Anggota Dengan Program Aplikasi INLISLite versi 2.1.2 Oleh Aristianto Hakim, S.IPI Pada program aplikasi INLISLite versi 2.1.2, pendaftaran atau registrasi anggota dapat

Lebih terperinci

Berlaku sejak : 20 Mei 2016 PENGISIAN EVALUASI DIRI PROGRAM STUDI Revisi : 01 ONLINE 2016

Berlaku sejak : 20 Mei 2016 PENGISIAN EVALUASI DIRI PROGRAM STUDI Revisi : 01 ONLINE 2016 Halaman : 1 dari 8 I. Tujuan Instruksi ini sebagai acuan kegiatan Pengisian Evaluasi Diri Program Studi Online 2016 (untuk selanjutnya disebut EDPS Online 2016). II. Ruang Lingkup Kegiatan ini meliputi

Lebih terperinci

Registrasi Blogger. Gambar 2.1. Halaman Awal Blogger

Registrasi Blogger. Gambar 2.1. Halaman Awal Blogger Registrasi Blogger Cara tercepat untuk mengerti blogging adalah dengan mencobanya. Kami telah bekerja sangat keras untuk membuatnya sangat mudah bagi Anda, dan Anda bisa menjadi bagian dari fenomena yang

Lebih terperinci

Microsoft Internet Explorer 7 atau versi diatas (direkomendasikan) Mozilla FireFox 3.6 atau versi diatas (direkomendasikan)

Microsoft Internet Explorer 7 atau versi diatas (direkomendasikan) Mozilla FireFox 3.6 atau versi diatas (direkomendasikan) Cara Input Kasus Pada etb Manager e-tb Manager merupakan sistem berbasis web, oleh karena itu memerlukan penjelajah jaringan (web browser) untuk dapat menggunakan. Banyak terdapat program penjelajah jaringan

Lebih terperinci

TIK CERDA S. Adobe Photoshop MODUL ADOBE PHOTOSHOP TIK CERDAS. TIK CERDAS Surabaya, Indonesia

TIK CERDA S. Adobe Photoshop MODUL ADOBE PHOTOSHOP TIK CERDAS. TIK CERDAS Surabaya, Indonesia TIK CERDA S Adobe Photoshop MODUL ADOBE PHOTOSHOP Surabaya, Indonesia Memulai adobe photoshop cs 4 1. Klik menu file new 2. Atur ukuran dokumen sesuai kebutuhan, setelah itu klik ok 3. Mengenal elemen

Lebih terperinci

Dasar-dasar Dreamweaver

Dasar-dasar Dreamweaver FAUZAN SRIRADITYO UTOMO 08148102 TUGAS TV INTERNET Dasar-dasar Dreamweaver I. Elemen Dreamweaver Anda harus nyaman mencari dan menggunakan alat-alat dan objek dalam Dreamweaver (ada banyak lagi, tetapi

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan Peramban Web incloud Bahasa Indonesia

Panduan Penggunaan Peramban Web incloud Bahasa Indonesia Panduan Penggunaan Peramban Web incloud Bahasa Indonesia A. Memulai Menggunakan Layanan Peramban web incloud memungkinkan Anda untuk menyimpan, mengelola berkas dan berkas dari perangkat mobile Anda. Dengan

Lebih terperinci

Membuat File Database & Tabel

Membuat File Database & Tabel Membuat File Database & Tabel Menggunakan MS.Office Access 2010 Database merupakan sekumpulan data atau informasi yang terdiri atas satu atau lebih tabel yang saling berhubungan antara satu dengan yang

Lebih terperinci

TUTORIAL EDMODO A. MENGAKSES EDMODO B. MEMBUAT AKUN EDMODO SEBAGAI GURU

TUTORIAL EDMODO A. MENGAKSES EDMODO B. MEMBUAT AKUN EDMODO SEBAGAI GURU TUTORIAL EDMODO Edmodo merupakan social network berbasis lingkungan sekolah (school based environment). Dikembangkan oleh Nicolas Borg and Jeff O'Hara, Edmodo ditujukan untuk penggunaan bagi guru, siswa

Lebih terperinci

USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENERIMA) VERSI 1.1

USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENERIMA) VERSI 1.1 USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENERIMA) VERSI 1.1 KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN REPUBLIK INDONESIA Copyright @ 2017 Daftar Isi Daftar

Lebih terperinci

Langkah Penggunaan E-Learning PLN Pusdiklat ( instruktur )

Langkah Penggunaan E-Learning PLN Pusdiklat ( instruktur ) Langkah Penggunaan E-Learning PLN Pusdiklat ( instruktur ) Sebelum memulai menggunakan fasilitas E-Learning PLN Pusdiklat, anda diharuskan login terlebih dahulu dengan akun yang telah diberikan oleh administrator.

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan. e-licensing. User External Versi 0.0.2

Petunjuk Penggunaan. e-licensing. User External Versi 0.0.2 Petunjuk Penggunaan e-licensing User External Versi 0.0.2 Daftar Isi Daftar Revisi... 4 1. Pendahuluan... 5 1.1 Latar Belakang... 5 1.2 Sebelum Memulai... 5 1.2.1 Kebutuhan Minimum... 5 1.2.2 Tombol, Notasi

Lebih terperinci

ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA

ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA MANAJEMENT KONTENT Disusun Oleh : Septian Firman Sodiq, Skom ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA 2013 Elearning UPN Veteran Jakarta 1 MODUL 2 MANAJEMENT KONTEN 2.1. Membuat Label

Lebih terperinci

DESKTOP ICON DAN KOSTUMISASI

DESKTOP ICON DAN KOSTUMISASI DESKTOP ICON DAN KOSTUMISASI Bagian pertama dari proyek untuk mempercantik dan menambah fungsional desktop adalah dengan melakukan kostumisasi desktop dan ikon. Dengan menggunakan software-software free

Lebih terperinci

Petunjuk Pengembangan Course dalam Elearning berbasis Moodle

Petunjuk Pengembangan Course dalam Elearning berbasis Moodle 1 Petunjuk Pengembangan Course dalam Elearning berbasis Moodle (Part I) Oleh: Herman Dwi Surjono, Ph.D. hermansurjono@uny.ac.id http://herman.elearning-jogja.org A. Pendahuluan Portal elearning kini banyak

Lebih terperinci