Microsoft Internet Explorer 7 atau versi diatas (direkomendasikan) Mozilla FireFox 3.6 atau versi diatas (direkomendasikan)

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Microsoft Internet Explorer 7 atau versi diatas (direkomendasikan) Mozilla FireFox 3.6 atau versi diatas (direkomendasikan)"

Transkripsi

1 Cara Input Kasus Pada etb Manager e-tb Manager merupakan sistem berbasis web, oleh karena itu memerlukan penjelajah jaringan (web browser) untuk dapat menggunakan. Banyak terdapat program penjelajah jaringan yang tersedia dan masing-masing memiliki karakteristik dan kelebihan tertentu. Anda dapat memilih aplikasi browser yang anda inginkan seperti dibawah ini : Microsoft Internet Explorer 7 atau versi diatas (direkomendasikan) Mozilla FireFox 3.6 atau versi diatas (direkomendasikan) Google Chrome 6 atau versi diatasnsya (direkomendasikan) Anda harus mempunyai alamat sebelum memulai e-tb Manager. Untuk memulai etbmanager, buka browser anda dan ketikkan URL : Ketika anda memasukkan URL dengan benar sistem akan menampilkan halaman login etbmanager. Halaman login digunakan untuk memvalidasi pengguna yang sudah terdaftar pada sistem. Untuk masuk ke dalam sistem diperlukan nama pengguna (user login) dan kata sandi (password). MODUL KASUS Modul ini digunakan untuk mencatat kasus baru, mencari kasus yang sudah atau menunggu untuk diobati, menindaklanjuti, memperbaharui data pasien, memvalidasi data, menutup kasus (bila pasien sudah selesai berobat, bila suspek bukan TB MDR, default, gagal, sembuh, meninggal, dll) memindah dan menghapus kasus dari sistem.

2 Untuk dapat membuka menu kasus, klik pada menu kasus di halaman utama (Gambar 1.1., lingkaran merah) atau (Gambar 1.1., kotak merah) dan halaman utama modul kasus akan tampil (Gambar 1.2.). Gambar 1.1. Gambar Mencatat kasus baru Untuk mencatat kasus baru, lakukan langkah-langkah di bawah ini: Silahkan klik Kasus Baru (Gambar 1.2., Kotak merah) Muncul pilihan kasus TB atau kasus TB MDR, untuk saat ini sistem Elektronik TB manager hanya dipakai untuk kasus TB MDR (Gambar 1.3.).

3 Gambar 1.3. Sebelum mencatat kasus baru perlu diperiksa apakah pasien sudah pernah tercatat dalam sistem. Masukan nama pasien dan tanggal lahir kemudian klik tombol MENCARI (Gambar 1.2. Kotak pink). Berdasarkan informasi di atas, sistem akan mencari kasus dalam database (Gambar 1.1. Kasus Baru TB-MDR). Klik BATAL untuk kembali ke halaman sebelumnya. Gambar 1.1. Kasus Baru TB-MDR Bila kedua informasi (nama dan tanggal lahir) telah tercatat dalam database, sistem akan menampilkan pasien-pasien dengan data yang mirip (lihat contoh pada Gambar ). Bila anda tetap mencatat sebagai kasus baru pada pasien yang telah tercatat sebelumnya maka klik nama pasien ( Gambar ). Gambar 1.5. Kasus TB-MDR Sudah Ada Sebelumnnya

4 Jika pasien yang akan kita masukan sudah pernah tercatat sebelumnya maka sistem akan secara otomatis menampilkan data yang sudah ada. Data yang ditampilkan tersebut dapat anda perbaharui (Gambar 1.6). Setelah anda memasukan data terbaru pasien, klik OK untuk mencatat kasus baru atau BATAL untuk membatalkan (Gambar 1.6). Bila data yang dimasukan belum pernah tercatat, maka klik PASIEN BARU ( Gambar ). Semua kolom bertanda bintang (*) harus diisi. Klik tombol OK untuk mencatat kasus baru atau BATAL untuk membatalkan ( Gambar ). Sistem tidak akan mencatat kasus baru apabila kolom yang bertanda bintang belum diisi.

5 1.2. Gambar 1.6. Penambahan Kasus Baru TB-MDR emencari Kasus yang Sudah Tercatat Untuk mencari kasus yang sudah tercatat dalam sistem maka anda dapat mengisi kolom filter data pada halaman pencarian kasus. Masukan nama pasien kemudian klik tombol Mencari dan sistem akan menampilkan kasus-kasus yang sesuai dengan nama yang anda masukan. Jika tidak menemukan, dapat menggunakan tombol klik Pencarian Lanjut, maka akan tampil filter untuk pencarian kasus yang telah tercatat (Gambar 1.7).

6 Gambar 1.7. Pencarian Lanjut Anda dapat memasukan filter (seperti provinsi, klasifikasi) pada form. pencarian baru maka sistem akan mencari semua kasus yang sesuai dengan kriteria yang dimasukan. Jika filter telah diisi, maka sistem akan menampilkan semua kasus yang telah ada di database (Gambar 1.8). Gambar Berdasarkan informasi yang dimasukan maka kasus-kasus yang sudah tercatat akan keluar pada halaman hasil pencarian (gambar 1.9). Klik judul kolom pada bagian atas tabel untuk merubah urutan daftar kasus hasil pencarian misal berdasarkan nama pasien (Gambar 1.8 Lingkaran Merah) untuk merubah pengurutan pada hasil pencarian yang ada (Gambar 1.8).

7 Gambar Bila anda ingin melakukan pencarian kasus yang lain maka klik tombol PENCARIAN BARU di atas tabel pada bagian kanan (Gambar 1.9, lingkaran merah). Pada layar baru anda dapat melakukan langkah-langkah di atas untuk mendapatkan hasil yang diinginkan Klik nomor pasien untuk menampilkan detil kasus pada kasus yang sudah divalidasi atau tautan Kasus Baru untuk kasus yang belum divalidasi (Gambar 1.10, lingkaran merah). Gambar Pada detail kasus, sistem akan menampilkan informasi tab mengenai Data Kasus, Pengobatan, Pemeriksaan, Konsultasi Medis, Informasi Tambahan dan Pola Resistensi. Klik pada tab untuk melihat rincian data (Gambar merah). Gambar 1.11

8 Gambar 1.12 Gambar 1.13 Gambar 1.14

9 Gambar 1.15 Gambar Diagram Alur Manajemen Kasus Pola alur kerja yang dipakai sebagai dasar manajemen kasus di sistem ini terdiri atas beberapa tahap. Diagram (1.17) di bawah ini menggambarkan alur dari sebuah kasus.

10 Penemuan suspek Menunggu pengobatan Pengobatan Hasil Akhir Pengobatan Gambar Pada saat anda selesai mencatat kasus baru secara lengkap, kasus ini terlihat pada sistem dalam status menunggu validasi. Hal ini berarti agar bisa tercatat sebagai kasus harus divalidasi dahulu oleh pengguna yang memiliki wewenang untuk memvalidasi kasus Alur manajemen kasus mengikuti tahapan: penemuan suspek, menunggu pengobatan, pengobatan dan hasil akhir pengobatan Alur validasi dimaksudkan untuk memastikan bahwa informasi dalam sistem sesuai dengan diagnosis kasus. Alur tersebut dijelaskan pada Gambar Alur Validasi Kasus. Gambar Alur Validasi Kasus

11 Jika ada beberapa alasan informasi masih hilang dan kasus ini tidak dapat divalidasi, kasus ini akan pindah ke status "menunggu validasi", disertai lampiran yang menjelaskan mengapa kasus ini tidak dapat divalidasi (misal hasil pengujian hilang pada saat validasi) Melakukan validasi kasus baru Kasus yang akan divalidasi harus sudah dikonfirmasi sebagai kasus TB MDR Klik Kasus baru untuk masuk ke dalam halaman Detil data kasus pada halaman hasil pencarian kasus. Sistem akan menampilkan kasus dengan status menunggu validasi. Klik tombol tautan validasi kasus (Gambar 1.19.). Gambar Tampilan baru akan muncul, periksa apakah semua kolom yang harus diisi sudah terisi dengan benar kemudian klik VALIDASI KASUS maka pesan konfirmasi akan muncul yang menyatakan bahwa informasi telah dicatat dalam sistem (Gambar ). Bila ada kolom yang tidak lengkap atau tidak tepat maka klik BATAL untuk kembali pada halaman Detil data kasus (Gambar). Gambar 1.20.

12 Gambar Setelah kasus berhasil divalidasi maka kasus tersebut akan mendapatkan nomor identifikasi, misal pada gambar yang secara otomatis diberikan oleh sistem dan status kasus sekarang berubah menjadi Menunggu memulai pengobatan (Gambar) Gambar menampilkan tautan dengan Pengiriman menunggu persetujuan kemudian klik tombol tautan Pengiriman menunggu persetujuan maka akan muncul gambar untuk mengisi alasan kenapa menunggu pengobatan (gambar 1.23) Klik OK untuk menyimpan informasi atau BATAL untuk membatalkan Status Validasi berubah ke Tunda (Gambar ) Gambar 4, Jika suatu Kasus Tunda maka anda dapat melihat dengan menekan tombol klik tautan Lihat rincian (Gambar ) yang digantikan oleh tautan Sembunyikan rincian apabila di klik (Gambar) sehingga dapat ditampilkan pada layar. Unit Kesehatan dapat menetapkan kasus menunggu validasi dengan menekan tombol Menunggu jawaban (Gambar)

13 Gambar 4,24 Gambar 4,25, Jika suatu Kasus Tunda maka anda dapat melihat dengan menekan tombol klik tautan Lihat rincian (Gambar ) yang digantikan oleh tautan Sembunyikan rincian apabila di klik (Gambar) sehingga dapat ditampilkan pada layar. Unit Kesehatan dapat menetapkan kasus menunggu validasi dengan menekan tombol Menunggu jawaban (Gambar) Pada halaman Menunggu jawaban akan muncul (Gambar ) masukan jawaban pada kolom yang tersedia dan klik OK untuk menyimpan atau BATAL untuk membatalkan. Gambar 4,26, Perubahan status validasi akan berubah ke Menunggu Jawaban ketika jawaban terhadap suatu kasus sudah dikirim (Gambar ). Kasus tersebut dapat divalidasi

14 atau kasus baru dapat dimasukkan. Program akan melacak status kasus. Gambar Mengubah Data Kasus Anda bisa mengubah data pasien yang sudah tercatat, misal bila ada data yang belum terisi pada saat awal memasukan data. Untuk melakukan pengubahan data kasus maka ikuti instruksi berikut ini: Klik Edit pada halaman Detil data kasus (gambar 1.28). Pada halaman mengubah kasus-kasus TB MDR anda dapat merubah informasi yang sudah tercatat bila ada kesalahan dan juga melengkapi atau memasukan informasi baru pada kolom-kolom tertentu (Gambar ). Klik OK untuk menyimpan perubahan yang anda lakukan atau BATAL apabila anda tidak jadi melakukan perubahan.

15 Gambar PENTING: Pada halaman rincian kasus setelah mengubah informasi dan mengklik OK, pesan konfirmasi dibawah akan keluar untuk mengkonfirmasi informasi baru yang dicatat dalam sistem. Bila setelah mengklik tombol OK tanda disamping tidak muncul maka periksa kembali data yang dimasukan pada sistem dan klik OK sekali lagi untuk menyimpan perubahan yang anda buat.

16

USER GUIDE APLIKASI E-LOGBOOK oleh Badan Kepegawaian Daerah Kota Samarinda

USER GUIDE APLIKASI E-LOGBOOK oleh Badan Kepegawaian Daerah Kota Samarinda USER GUIDE APLIKASI E-LOGBOOK oleh Badan Kepegawaian Daerah Kota Samarinda 1 PENDAHULUAN Dalam rangka mengukur kinerja PNS dan memberikan tunjangan yang berkeadilan, perlu dibuat modul yang dapat mengukur

Lebih terperinci

USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENERIMA) VERSI 1.0

USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENERIMA) VERSI 1.0 USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENERIMA) VERSI 1.0 KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN REPUBLIK INDONESIA Copyright @ 2016 Daftar Isi Daftar

Lebih terperinci

DAFTAR ISI... i BAB I PENDAHULUAN... 1

DAFTAR ISI... i BAB I PENDAHULUAN... 1 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... i BAB I PENDAHULUAN... 1 1.1 Tombol, Notasi dan Fungsi... 1 1.2 Manfaat dan keuntungan BJB WBS... 2 1.3 Definisi... 2 1.4 Akses ke Website BJB WBS... 3 BAB II WEBSITE BJB WBS...

Lebih terperinci

USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENGANGKUT) VERSI 1.0

USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENGANGKUT) VERSI 1.0 USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENGANGKUT) VERSI 1.0 KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN REPUBLIK INDONESIA Copyright @ 2016 Daftar Isi Daftar

Lebih terperinci

USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENGIRIM) VERSI 1.1

USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENGIRIM) VERSI 1.1 USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENGIRIM) VERSI 1.1 KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN REPUBLIK INDONESIA Copyright @ 2017 Daftar Isi Daftar

Lebih terperinci

PETUNJUK TEKNIS OPERASIONAL SISTEM INFORMASI TATA PERSURATAN SITP

PETUNJUK TEKNIS OPERASIONAL SISTEM INFORMASI TATA PERSURATAN SITP PETUNJUK TEKNIS OPERASIONAL SISTEM INFORMASI TATA PERSURATAN SITP SUB BAGIAN DATA DAN INFORMASI BAGIAN PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN KATA PENGANTAR Dalam rangka mempermudah pengelolaan/penataan surat di

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan. e-licensing. User External Versi 0.0.2

Petunjuk Penggunaan. e-licensing. User External Versi 0.0.2 Petunjuk Penggunaan e-licensing User External Versi 0.0.2 Daftar Isi Daftar Revisi... 4 1. Pendahuluan... 5 1.1 Latar Belakang... 5 1.2 Sebelum Memulai... 5 1.2.1 Kebutuhan Minimum... 5 1.2.2 Tombol, Notasi

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL DOSEN

SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL DOSEN SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL DOSEN DAFTAR ISI DAFTAR ISI... i DAFTAR GAMBAR... iii QUICK START SIMPEG...1 LOGIN...3 MENU-MENU SIMPEG...5 MENU UTAMA...7 4.1. Meja Kerja...7

Lebih terperinci

Tampilan Perangkat PC, Laptop, Netbook, Tablet

Tampilan Perangkat PC, Laptop, Netbook, Tablet I. APLIKASI SIM PERENCANAAN Aplikasi SIM Perencanaan Pembangunan Daerah ini merupakan langkah lanjutan aplikasi yang berjalan menggunakan web browser dan tidak perlu mengintalnya terlebih dahulu, sehingga

Lebih terperinci

SILOG PEMILU. Buku Panduan. Sistem Informasi Logistik Pemilu] Komisi Pemilihan Umum

SILOG PEMILU. Buku Panduan. Sistem Informasi Logistik Pemilu] Komisi Pemilihan Umum SILOG PEMILU 2013 Buku Panduan Sistem Informasi Logistik Pemilu Komisi Pemilihan Umum [PETUNJUK PENGGUNAAN] SISTEM INFORMASI LOGISTIK PEMILU OPERATOR KPU KABUPATEN/KOTA [Dokumen ini ditujukan untuk membantu

Lebih terperinci

USER MANUAL IMPORTIR. e-bpom

USER MANUAL IMPORTIR. e-bpom USER MANUAL IMPORTIR e-bpom Daftar Isi Daftar Isi... 2 Alur Permohonan SKI... 3 Memulai aplikasi... 3 Login... 4 Registrasi... 4 Menu Importir... 7 Pilih Dokumen Baru... 7 Memasukkan Dokumen Produk...

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SIAKAD MAHASISWA INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL-KAMAL

PETUNJUK PENGGUNAAN SIAKAD MAHASISWA INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL-KAMAL INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL-KAMAL TAHUN 2015/2016 1. PENDAHULUAN Aplikasi Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) ini dikembangkan untuk mempercepat dalam memasukkan dan mendapatkan data maupun informasi

Lebih terperinci

Manual Pemakaian ecourse versi 1.0

Manual Pemakaian ecourse versi 1.0 Manual Pemakaian ecourse versi 1.0 Khusus Pengguna : Umum PP PAUD DAN DIKMAS JAWA TENGAH 2 0 1 6 Halaman 1 dari 15 DAFTAR ISI Khusus Pengguna : Peserta ( Member )... 1 DAFTAR ISI... 2 1. Halaman Muka...

Lebih terperinci

PETUNJUK PEMAKAIAN APLIKASI SIKD MENU ADMIN

PETUNJUK PEMAKAIAN APLIKASI SIKD MENU ADMIN PETUNJUK PEMAKAIAN APLIKASI SIKD MENU ADMIN MEMULAI APLIKASI SIKD SIKD adalah aplikasi berbasis web, untuk menggunakan aplikasi ini harus melalui aplikasi web browser, salah satu web browser yang dapat

Lebih terperinci

Login username password username NIM password kombinasi dari empat digit tahun lahir, dua digit bulan lahir dan dua digit tanggal lahir

Login username password username NIM password kombinasi dari empat digit tahun lahir, dua digit bulan lahir dan dua digit tanggal lahir 1. Buka aplikasi browser seperti, Google Chrome, Mozilla firefox, Internet Explorer dll, kemudian ketikan alamat berikut pada kolom pencarian https://tracer.ump.ac.id/. 2. Anda akan masuk ke halaman awal

Lebih terperinci

APRIL 26, 2016 USER GUIDE E-SURAT V2 ELEKTRONIK SURAT VERSI 2 APLIKASI & TELEMATIKA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PEMERINTAH KOTA SURABAYA

APRIL 26, 2016 USER GUIDE E-SURAT V2 ELEKTRONIK SURAT VERSI 2 APLIKASI & TELEMATIKA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PEMERINTAH KOTA SURABAYA APRIL 26, 2016 USER GUIDE E-SURAT V2 ELEKTRONIK SURAT VERSI 2 APLIKASI & TELEMATIKA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PEMERINTAH KOTA SURABAYA Daftar Isi I. Login... 4 II. Profil Saya... 5 1. Struktural

Lebih terperinci

Panduan E-Learning Untuk Dosen S2 S1 D-IV DIII

Panduan E-Learning Untuk Dosen S2 S1 D-IV DIII Panduan E-Learning Untuk Dosen S2 S1 D-IV DIII YAYASAN PENDIDIKAN DAN SOSIAL HELVETIA (EDISI REVISI) PANDUAN TM ONLINE A. Cara Mengakses Situs E-Learning Langkah pertama adalah menjalankan Internet Browser.

Lebih terperinci

USER MANUAL WEBSITE FAQ PT ONLINE DIKTI

USER MANUAL WEBSITE FAQ PT ONLINE DIKTI USER MANUAL WEBSITE FAQ PT ONLINE DIKTI DAFTAR ISI A. Memulai Aplikasi... 2 B. Halaman Pengguna... 2 1. Registrasi dan Login... 2 2. Menu... 4 a. Beranda... 4 b. FAQ PT Online...4 c. Pertanyaan...6 d.

Lebih terperinci

Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SIPPD) Daftar Isi

Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SIPPD) Daftar Isi Daftar Isi 1.1. Persiapan Web... i 1.1.1. Membuka Aplikasi Web... 1 1.1.2. Login Aplikasi... 2 1.1.3. Logout Aplikasi... 3 1.2. Home... 4 1.2.1. Resume Kecamatan... 4 1.3. Data Master... 5 1.3.1. Daftar

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. telah dibuat pada tahap tiga. Adapun kebutuhan software (perangkat lunak) dan

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. telah dibuat pada tahap tiga. Adapun kebutuhan software (perangkat lunak) dan BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Kebutuhan Sistem Pada tahapan ini sistem yang telah dirancang pada tahap ke tiga akan dikembangkan sehingga sistem yang dibuat harus mengacu pada rancangan yang telah

Lebih terperinci

Modul Pengguna SCeLE

Modul Pengguna SCeLE Modul Pengguna SCeLE Halaman utama SCeLE SCeLE adalah sistem yang berbasis web, sehingga untuk dapat menggunakannya dibutuhkan web browser (Internet Explorer / Mozilla / Netscape / Opera / dll). Untuk

Lebih terperinci

USER MANUAL AKTIVASI SINGLE SIGN ON (SSO) Panduan Aktivasi Single Sign On (SSO) Untuk Mahasiswa Baru

USER MANUAL AKTIVASI SINGLE SIGN ON (SSO) Panduan Aktivasi Single Sign On (SSO) Untuk Mahasiswa Baru USER MANUAL AKTIVASI SINGLE SIGN ON (SSO) Untuk Mahasiswa Baru Panduan Aktivasi Single Sign On (SSO) Untuk Mahasiswa Baru Versi 1.0 (15 Agustus 2014) https://igracias.telkomuniversity.ac.id Kampus Universitas

Lebih terperinci

SILOG PEMILU. Buku Panduan. Sistem Informasi Logistik Pemilu] Komisi Pemilihan Umum

SILOG PEMILU. Buku Panduan. Sistem Informasi Logistik Pemilu] Komisi Pemilihan Umum SILOG PEMILU 2013 Buku Panduan Sistem Informasi Logistik Pemilu Komisi Pemilihan Umum [PETUNJUK PENGGUNAAN] SISTEM INFORMASI LOGISTIK KPU OPERATOR KPU PROVINSI [Dokumen ini ditujukan untuk membantu operator

Lebih terperinci

1. Pendahuluan. 2. Cara Akses, Start Page, dan Beranda

1. Pendahuluan. 2. Cara Akses, Start Page, dan Beranda 1. Pendahuluan User manual ini dibuat untuk menggambarkan dan menjelaskan proses penggunaan Intra LIPI baru untuk pengguna (user). Intra LIPI merupakan sistem informasi untuk kebutuhan Layanan Internal

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN. UNGGAH MANDIRI KARYA TULIS AKHIR MAHASISWA (Sebagai Syarat Wisuda) Disusun oleh: Tim Pengembang Aplikasi dan Sistem Informasi

BUKU PANDUAN. UNGGAH MANDIRI KARYA TULIS AKHIR MAHASISWA (Sebagai Syarat Wisuda) Disusun oleh: Tim Pengembang Aplikasi dan Sistem Informasi BUKU PANDUAN UNGGAH MANDIRI KARYA TULIS AKHIR MAHASISWA (Sebagai Syarat Wisuda) Disusun oleh: Tim Pengembang Aplikasi dan Sistem Informasi UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS GADJAH MADA 2014 DAFTAR ISI COVER...

Lebih terperinci

2 AKSES APLIKASI DAN PROSEDUR LOGIN...

2 AKSES APLIKASI DAN PROSEDUR LOGIN... i DAFTAR ISI DAFTAR ISI... ii 1 PENDAHULUAN... 1 1.1 Latar Belakang... 1 1.2 Tujuan... 1 1.3 Pengguna Aplikasi... 2 2 AKSES APLIKASI DAN PROSEDUR LOGIN... 3 2.1 Akses Aplikasi... 3 2.2 Petunjuk Akses Aplikasi...

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN. UNGGAH MANDIRI KARYA TULIS AKHIR MAHASISWA (Sebagai Syarat Wisuda) Disusun oleh: Tim Pengembang Aplikasi dan Sistem Informasi

BUKU PANDUAN. UNGGAH MANDIRI KARYA TULIS AKHIR MAHASISWA (Sebagai Syarat Wisuda) Disusun oleh: Tim Pengembang Aplikasi dan Sistem Informasi BUKU PANDUAN UNGGAH MANDIRI KARYA TULIS AKHIR MAHASISWA (Sebagai Syarat Wisuda) Disusun oleh: Tim Pengembang Aplikasi dan Sistem Informasi UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS GADJAH MADA 2014 DAFTAR ISI BUKU

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL PEER REVIEWER

SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL PEER REVIEWER SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL PEER REVIEWER DAFTAR ISI DAFTAR ISI... i DAFTAR GAMBAR... iii QUICK START SIMPEG...1 LOGIN...3 MENU TUGAS...5 3.1. Mengisi Nilai Previewer...6

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN SISTEM INFORMASI PENGUJI MUTU BARANG UNTUK PMB/CALON PMB

BUKU PANDUAN SISTEM INFORMASI PENGUJI MUTU BARANG UNTUK PMB/CALON PMB BUKU PANDUAN SISTEM INFORMASI PENGUJI MUTU BARANG UNTUK PMB/CALON PMB DIREKTORAT PENGEMBANGAN MUTU BARANG DIREKTORAT JENDERAL STANDARDISASI DAN PERLINDUNGAN KONSUMEN KEMENTERIAN PERDAGANGAN TAHUN 2015

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1. Implementasi Implementasi adalah sebuah tahap dimana analisa dan rancangan yang sudah dibuat sebelumnya dijalankan. Pada tahap ini perangkat keras dan perangkat lunak

Lebih terperinci

Gambaran umum tata letak Portal SIPOL terdiri dari empat bagian seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut:

Gambaran umum tata letak Portal SIPOL terdiri dari empat bagian seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut: A. Pendahuluan SIPOL (Sistem Informasi Pendaftaran dan Verifikasi Partai Politik) adalah sebuah sistem yang dibangun untuk membantu KPU dan partai politik (parpol) dan pihak-pihak terkait dalam menjalankan

Lebih terperinci

Petunjuk Pemakaian Sistem

Petunjuk Pemakaian Sistem Petunjuk Pemakaian Sistem Berikut ini adalah petunjuk pemakaian sistem dari aplikasi pengiriman barang PT. Buana Resota. Aplikasi ini dimulai dengan membuka browser, kemudian memasukkan alamat website.

Lebih terperinci

User Manual E-Monev Obat Alur Realisasi Versi 1.0

User Manual E-Monev Obat Alur Realisasi Versi 1.0 User Manual E-Monev Obat Alur Realisasi Versi 1.0 Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Copyright 2016 DAFTAR ISI PENDAHULUAN... 2 E- MONEV OBAT... 2 PERANGKAT & APLIKASI LAIN YANG DIPERLUKAN... 2 HALAMAN

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SIAKAD DOSEN INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL-KAMAL

PETUNJUK PENGGUNAAN SIAKAD DOSEN INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL-KAMAL INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL-KAMAL TAHUN 2015/2016 1. PENDAHULUAN Aplikasi Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) ini dikembangkan untuk mempercepat dalam memasukkan dan mendapatkan data / informasi akademik.

Lebih terperinci

Achyar Munandar PANDUAN SINGKAT E-LEARNING BAGI MAHASISWA

Achyar Munandar PANDUAN SINGKAT E-LEARNING BAGI MAHASISWA Achyar Munandar 0 PANDUAN SINGKAT E-LEARNING BAGI MAHASISWA 1 DAFTAR ISI I MENGAKSES E-LEARNING... 2 1.1 Laman Depan E-Learning... 2 1.2 Pengaturan Profil... 3 II AKTIFITAS KULIAH... 3 2.1 Mengunduh Bahan

Lebih terperinci

PANDUAN PRAKTIS E-RAPOR UNTUK GURU SMA Negeri 1 Cianjur 2016

PANDUAN PRAKTIS E-RAPOR UNTUK GURU SMA Negeri 1 Cianjur 2016 PANDUAN PRAKTIS E-RAPOR UNTUK GURU SMA Negeri 1 Cianjur 2016 1. Mengakses Halaman E-Rapor dan Login Buka web browser favorit, lebih diutamakan menggunakan mozilla firefox atau google chrome versi terbaru.

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING OBAT PANITIA

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING OBAT PANITIA PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING OBAT PANITIA PEMBUATAN PAKET 1. Silahkan membuka aplikasi SPSE di LPSE masing- masing instansi atau LPSE tempat Panitia terdaftar. 2. Klik menu login Non- Penyedia.

Lebih terperinci

Berikut merupakan prosedur penggunaan pada non-login :

Berikut merupakan prosedur penggunaan pada non-login : Prosedur Penggunaan Berikut merupakan prosedur penggunaan pada non-login : 1. Beranda untuk Umum Gambar 4.1 Beranda Untuk Umum Pada halaman ini, user dapat membaca pengumuman yang telah diterbitkan oleh

Lebih terperinci

PANDUAN BEBAS PINJAM PUSTAKA & UNGGAH MANDIRI KARYA TULIS AKHIR

PANDUAN BEBAS PINJAM PUSTAKA & UNGGAH MANDIRI KARYA TULIS AKHIR PANDUAN BEBAS PINJAM PUSTAKA & UNGGAH MANDIRI KARYA TULIS AKHIR Haryanta Dewi Nurhastuti 2016 PANDUAN UNGGAH MANDIRI & BEBAS PINJAM PUSTAKA UNTUK MAHASISWA 1. TAHAP PERSIAPAN UNGGAH MANDIRI Sebelum melakukan

Lebih terperinci

UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS

UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS Software User Manual Sistem Informasi gtjurnal Panduan Bagi Pengguna Portal Jurnal UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS Daftar Isi Daftar Isi... 2 1. Pendahuluan... 3 1.1 Identifikasi... 3 1.2 Gambaran Sistem...

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM. dapat mengatasi permasalahan yang telah diangkat pada penelitian ini. Tahaptahap

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM. dapat mengatasi permasalahan yang telah diangkat pada penelitian ini. Tahaptahap BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM 4.1 Implementasi Sistem Implementasi bertujuan untuk menerapkan sistem yang dibangun agar dapat mengatasi permasalahan yang telah diangkat pada penelitian ini. Tahaptahap

Lebih terperinci

Buku Pedoman Situs Perwalian Versi User : Jurusan

Buku Pedoman Situs Perwalian Versi User : Jurusan Buku Pedoman Situs Perwalian Versi User : Jurusan Universitas Komputer Indonesia Direktorat ICT & Multimedia Versi : 06-Juni-2011 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... i PENDAHULUAN... 1 Latar Belakang... 1 SITUS PERWALIAN

Lebih terperinci

CARA MENGGUNAKAN APLIKASI

CARA MENGGUNAKAN APLIKASI CARA MENGGUNAKAN APLIKASI Untuk menjalankan aplikasi sistem pakar untuk melakukan diagnosis penyakit jantung dengan teorema bayes, yaitu : Jalankan aplikasi sistem pakar dengan memilih toolbar start pada

Lebih terperinci

PANDUAN PENDAFTARAN MENJADI ANGGOTA LOKERNTT (Mohon dibaca dengan teliti)

PANDUAN PENDAFTARAN MENJADI ANGGOTA LOKERNTT (Mohon dibaca dengan teliti) PANDUAN PENDAFTARAN MENJADI ANGGOTA LOKERNTT (Mohon dibaca dengan teliti) Panduan Pendaftaran menjadi anggota di LokerNTT.com Buka browser anda (Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera), masuk ke alamat

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL ADMIN PRODI/FAKULTAS/ PERGURUAN TINGGI

SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL ADMIN PRODI/FAKULTAS/ PERGURUAN TINGGI SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL ADMIN PRODI/FAKULTAS/ PERGURUAN TINGGI DAFTAR ISI DAFTAR ISI... i DAFTAR GAMBAR... iii QUICK START SIMPEG...1 LOGIN...3 MENU-MENU SIMPEG...5

Lebih terperinci

BUKU PETUNJUK PASAR FISIK KARET ONLINE

BUKU PETUNJUK PASAR FISIK KARET ONLINE BUKU PETUNJUK PASAR FISIK KARET ONLINE Divisi IT dan Perdagangan PT. Bursa Berjangka Jakarta 1. Login Untuk mengakses sistem pasar fisik batubara online bisa menggunakan web browser seperti mozilla firefox,

Lebih terperinci

DAFTAR ISI. P a g e i. DAFTAR ISI... i PENDAHULUAN... 1 AKSES APLIKASI ONLINE STR... 2. Menu Registrasi... 12. Registrasi Baru...

DAFTAR ISI. P a g e i. DAFTAR ISI... i PENDAHULUAN... 1 AKSES APLIKASI ONLINE STR... 2. Menu Registrasi... 12. Registrasi Baru... P a g e i DAFTAR ISI DAFTAR ISI... i PENDAHULUAN... 1 AKSES APLIKASI ONLINE STR... 2 Menu Registrasi... 12 Registrasi Baru... 13 P a g e ii Registrasi Ulang... 33 Cek Status Registrasi... 37 P a g e 1

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN (MANUAL BOOK) APLIKASI SKP ONLINE

BUKU PANDUAN (MANUAL BOOK) APLIKASI SKP ONLINE BUKU PANDUAN (MANUAL BOOK) APLIKASI SKP ONLINE Aplikasi SKP Online merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk mempermudah PNS dalam penyusunan dan penilaian Sasaran Kerja Pegawai (SKP) berdasarkan aturan-aturan

Lebih terperinci

PANDUAN PENGELOLAAN GBPP-SAP

PANDUAN PENGELOLAAN GBPP-SAP E-OFFICE MANUAL PANDUAN PENGELOLAAN GBPP-SAP STMIK WIDYA UTAMA 2016 I. PENDAHULUAN Dalam rangka mencapai keberhasilan dalam proses belajar mengajar diperlukan adanya suatu ketetapan dan ketepatan dalam

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN 1.1 Spesifikasi Sistem Spesifikasi sistem yang dibutuhkan untuk mengakses aplikasi berbasis web ini yaitu : 1.1.1 Kebutuhan Hardware Spesifikasi perangkat keras yang dibutuhkan

Lebih terperinci

Aplikasi Tata Persuratan Berbasis Web Perum Jasa Tirta II. bertujuan untuk memenuhi kebutuhan di setiap Unit Kerja, sebuah

Aplikasi Tata Persuratan Berbasis Web Perum Jasa Tirta II. bertujuan untuk memenuhi kebutuhan di setiap Unit Kerja, sebuah PENDAHULUAN Aplikasi Tata Persuratan Berbasis Web Perum Jasa Tirta II bertujuan untuk memenuhi kebutuhan di setiap Unit Kerja, sebuah program aplikasi yang dapat mengukur tingkat kualitas kinerja sebuah

Lebih terperinci

MODUL LABORATORY. (Gambar 1.1) (Gambar 1.2)

MODUL LABORATORY. (Gambar 1.1) (Gambar 1.2) MODUL LABORATORY Modul ini digunakan untuk mencatat, mencari, mengevaluasi dan mengkonfirmasi penerimaan catridge, pengiriman, mengetahui pergerakan dan kondisi stok. 1. Bagaimana Mengakses Modul Manajemen

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN PENDAMPINGAN, PENYUSUNAN DAN PELAKSANAAN E-SUMUT BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH

BUKU PANDUAN PENDAMPINGAN, PENYUSUNAN DAN PELAKSANAAN E-SUMUT BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH BUKU PANDUAN BAB 1 GAMBARAN UMUM Aplikasi E-Pokir (Pokok Pokok pikiran DPRD) merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan pokok pikiran anggota dewan yang akan di usulkan. Pada

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan Aplikasi

Petunjuk Penggunaan Aplikasi Petunjuk Penggunaan Aplikasi (User Manual) Menu untuk User Table of Contents PENDAHULUAN...3 LOGIN...1 Form Entry User Baru...1 BERANDA...4 Profil Pengguna...4 PENDAFTARAN...6 PBB...6 PBB Sudah Dikukuhkan...7

Lebih terperinci

KRS OnLine (Kartu rencana Studi Online)

KRS OnLine (Kartu rencana Studi Online) KRS OnLine (Kartu rencana Studi Online) dengan urutan langkah-langkah sebagai berikut: 1. LOGIN MAHASISWA, Mahasiswa membuka internet dengan memasukkan alamat website www.unira.ac.id kemudian pilih krs

Lebih terperinci

Manual Penggunaan Sistem Pengeloalaan TBO. Untuk Pokjar, Karunika dan LPBAUSI

Manual Penggunaan Sistem Pengeloalaan TBO. Untuk Pokjar, Karunika dan LPBAUSI Manual Penggunaan Sistem Pengeloalaan TBO Untuk Pokjar, Karunika dan LPBAUSI 2013 SISTEM PENGELOLAAN TBO KARUNIKA... 2 1. Login Administrator Aplikasi TBO Karunika.... 2 2. Menu Dashboard.... 3 3. Menu

Lebih terperinci

8. Berita Daftar Berita Tambah Berita Pengumuman Daftar Pengumuman Tambah Data Pengumuman Kotak Pesan...

8. Berita Daftar Berita Tambah Berita Pengumuman Daftar Pengumuman Tambah Data Pengumuman Kotak Pesan... 2 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 TUTORIAL APLIKASI ABSENKU... 4 A. ADMIN... 4 Membuka Halaman Depan... 4 1. Menu User... 6 Ganti Password... 6 2. Pengolahan Data Murid... 6 Tambah Data... 8 Import Data Murid...

Lebih terperinci

Teknologi informasi sangat berperan penting terhadap proses otomatisasi. terhadap akses informasi, akurasi, kecepatan dan kelengkapan sebuah

Teknologi informasi sangat berperan penting terhadap proses otomatisasi. terhadap akses informasi, akurasi, kecepatan dan kelengkapan sebuah I. PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Teknologi informasi sangat berperan penting terhadap proses otomatisasi terhadap akses informasi, akurasi, kecepatan dan kelengkapan sebuah sistem yang terintegrasi,

Lebih terperinci

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Copyright @2016 Daftar Isi Pendahuluan... 4 E- Monev Obat... 4 Perangkat & Aplikasi Lain Yang Diperlukan... 4 Halaman Utama Aplikasi... 5 Mengakses Halaman E-Monev

Lebih terperinci

Penilaian Prestasi Kerja PNS(PPKP)

Penilaian Prestasi Kerja PNS(PPKP) Buku Panduan Aplikasi Penilaian Prestasi Kerja PNS(PPKP) Bidang Data dan Sarana Informasi Pusat Pengkajian Pengolahan Data dan Informasi Sekretariat Jenderal DPR RI 2013 1. Masuk (Log In) ke Portal Sebelum

Lebih terperinci

jual beli mudah, asik, di mana aja Manual Book Puali for Web

jual beli mudah, asik, di mana aja Manual Book Puali for Web jual beli mudah, asik, di mana aja Manual Book Puali for Web aftar Isi A Kata Pengantar D B Registrasi E Keluar (Log Out) C Log In A Kata Pengantar 02 Puali.com adalah media yang mudah, cepat dan gratis

Lebih terperinci

E License Perangkat Postel Petunjuk Pemakaian s. Versi 2.0 Untuk Pengguna Jasa Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi Jakarta, Juni 2010

E License Perangkat Postel Petunjuk Pemakaian s. Versi 2.0 Untuk Pengguna Jasa Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi Jakarta, Juni 2010 E License Perangkat Postel Petunjuk Pemakaian s Versi 2.0 Untuk Pengguna Jasa Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi Jakarta, Juni 2010 Daftar Isi Daftar Isi 2 Daftar Isi. Registrasi 3 Membuka Website.

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN E-BKJH

PETUNJUK PENGGUNAAN E-BKJH PETUNJUK PENGGUNAAN E-BKJH MEMULAI APLIKASI Untuk memulai menggunakan aplikasi E-BKJH ini, Anda dapat masuk ke google chrome, atau masuk ke applikasi chrome launcher dan klik E-BKJH LOGIN Kemudian Anda

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN SALES REPORTING SISTEM VERSI 1.1 USER. PT. RISTRA INDOLAB IT DEPT 2015 Email : it@ristra.co.id

PANDUAN PENGGUNAAN SALES REPORTING SISTEM VERSI 1.1 USER. PT. RISTRA INDOLAB IT DEPT 2015 Email : it@ristra.co.id PANDUAN PENGGUNAAN SALES REPORTING SISTEM VERSI 1.1 USER Sales Reporting Sistem merupakan sistem Pelaporan Penjualan Harian atau Daily Reporting yang bertujuan untuk mendapatkan Data S3 dan Data Customer.

Lebih terperinci

PANDUAN PENDAFTARAN DAN PEMBUATAN LISTING SOLO MEDIA PROMO

PANDUAN PENDAFTARAN DAN PEMBUATAN LISTING SOLO MEDIA PROMO PANDUAN PENDAFTARAN DAN PEMBUATAN LISTING SOLO MEDIA PROMO 1. Langkah paling awal, siapkan koneksi internet, buka browser anda bisa menggunakan Chrome, Internet Explorer atau Mozila Firefox. 2. Masukan

Lebih terperinci

PANDUAN SIAT RPM. (Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat) Direktorat Teknologi dan Sistem Informasi UNIVERSITAS PADJADJARAN

PANDUAN SIAT RPM. (Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat) Direktorat Teknologi dan Sistem Informasi UNIVERSITAS PADJADJARAN PANDUAN SIAT RPM (Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat) Direktorat Teknologi dan Sistem Informasi UNIVERSITAS PADJADJARAN 1 Panduan SIAT RPM (Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat) Panduan aplikasi

Lebih terperinci

User Manual E-REGISTRATION VERSI 2.1. Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia

User Manual E-REGISTRATION VERSI 2.1. Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia User Manual E-REGISTRATION VERSI 2.1 Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia COPYRIGHT @2013 Daftar Isi Pendahuluan 1... 3 Aplikasi e-registration... 3 Perangkat & Aplikasi Lain Yang Diperlukan...

Lebih terperinci

Sistem Aplikasi Persetujuan Iklan

Sistem Aplikasi Persetujuan Iklan U s e r M a n u a l Sistem Aplikasi Persetujuan Iklan untuk Industri/Perusahaan VERSI 1.a. COPYRIGHT @2016 Daftar Isi Daftar Isi...i Pendahuluan... 3 Aplikasi SIAPIK... 3 Halaman Beranda Aplikasi SIAPIK...

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI eperda

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI eperda PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI eperda DIREKTORAT PRODUK HUKUM DAERAH DIREKTORAT JENDERAL OTONOMI DAERAH KEMENTERIAN DALAM NEGERI 2016 Kata Sambutan Aplikasi Online registrasi dan pemantauan Rancangan Peraturan

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN APLIKASI PELAPORAN GRATIFIKASI SECARA ONLINE

BUKU PANDUAN APLIKASI PELAPORAN GRATIFIKASI SECARA ONLINE BUKU PANDUAN APLIKASI PELAPORAN GRATIFIKASI SECARA ONLINE Gambar1Tampilan Alur Pelaporan A. MENU PELAPOR Setiap Aparatur Kementerian Kesehatan wajib melaporkan Gratifikasi yang diterima kepada Komisi Pemberantasan

Lebih terperinci

PANDUAN APLIKASI 2014

PANDUAN APLIKASI 2014 PANDUAN APLIKASI 2014 I. INSTALASI Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan instalasi aplikasi SimpulDESA : 1. Klik dua kali pada file setup. 2. Klik tombol Next pada dialog yang muncul. Dialog Awal

Lebih terperinci

Buku Petunjuk Aplikasi SKP Cara Isi Realisasi, Penilaian Realisasi Dan Pengajuan Banding. Petunjuk Untuk Input Realisasi Bulanan

Buku Petunjuk Aplikasi SKP Cara Isi Realisasi, Penilaian Realisasi Dan Pengajuan Banding. Petunjuk Untuk Input Realisasi Bulanan Buku Petunjuk Aplikasi SKP Cara Isi Realisasi, Penilaian Realisasi Dan Pengajuan Banding Petunjuk Untuk Input Realisasi Bulanan 1 Daftar Isi Daftar Isi... 2 Petunjuk Umum Untuk Akses Dan Login Aplikasi...

Lebih terperinci

Manual Penggunaan Aplikasi

Manual Penggunaan Aplikasi Manual Penggunaan Aplikasi Promo Monitoring Versi 1.1 PT.Mensa Bina Sukses Jl. Pulo Kambing II No.26 Kawasan Industri Pulogadung Jakarta Timur Indonesia 13930 1 P age Merupakan aplikasi yang dibuat untuk

Lebih terperinci

Pedoman Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Monev (Monitoring dan Evaluasi)

Pedoman Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Monev (Monitoring dan Evaluasi) Pedoman Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Monev (Monitoring dan BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN REPUBLIK INDONESIA 1 Daftar Isi 1.Tampilan Awal Aplikasi Monev BNPP...3 2. Tipe Pengguna...8 3. Alur

Lebih terperinci

Kementerian Pendidikan Nasional PANDUAN PENILAIAN DUPAK DI UNIT KERJA SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN (SIMPEG)

Kementerian Pendidikan Nasional PANDUAN PENILAIAN DUPAK DI UNIT KERJA SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN (SIMPEG) Kementerian Pendidikan Nasional PANDUAN PENILAIAN DUPAK DI UNIT KERJA SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN (SIMPEG) DAFTAR ISI DAFTAR ISI... I DAFTAR GAMBAR... III TENTANG SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN (SIMPEG)...

Lebih terperinci

Bagian 2. Membuat

Bagian 2. Membuat Bagian 2. Membuat Email 2.1 Membuat Email di Yahoo (Yahoo Mail) E-mail (surat elektronik), salah satunya disediakan oleh Yahoo, digunakan untuk mengirim informasi/berita di internet, seperti halnya kita

Lebih terperinci

DAFTAR ISI. Pengembangan E-Government

DAFTAR ISI. Pengembangan E-Government REFORMASI BIROKRASI DAFTAR ISI DAFTAR ISI... I 1. PENDAHULUAN... 1 2. LOGIN PROGRAM APLIKASI... 2 3. MENU-MENU PROGRAM APLIKASI... 3 3.1 BERANDA... 3 3.1.1 PERSURATAN... 4 3.1.2 UCAPAN SELAMAT DATANG...

Lebih terperinci

PANDUAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI KEARSIPAN STATIS (SiKS) ARSIP UNIVERSITAS GADJAH MADA

PANDUAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI KEARSIPAN STATIS (SiKS) ARSIP UNIVERSITAS GADJAH MADA PANDUAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI KEARSIPAN STATIS (SiKS) ARSIP UNIVERSITAS GADJAH MADA A. Akses SiKS Untuk mengakses aplikasi SiKS, pengguna dapat menggunakan salah satu dari dua cara berikut : 1.

Lebih terperinci

PANDUAN OPERASIONAL SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DATABASE PEGAWAI (SIMDAPEG)

PANDUAN OPERASIONAL SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DATABASE PEGAWAI (SIMDAPEG) PANDUAN OPERASIONAL SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DATABASE PEGAWAI (SIMDAPEG) http://dislautkan.kalbarprov.go.id/simdapeg/ DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN PROVINSI KALIMANTAN BARAT 21 Mei, 2014 Oleh : Wendy,

Lebih terperinci

Daftar isi. 1. Layar Login Menu Laporan Rencana Edukasi... 3

Daftar isi. 1. Layar Login Menu Laporan Rencana Edukasi... 3 Daftar isi 1. Layar Login... 3 2. Menu Laporan Rencana Edukasi... 3 a. Membuat Laporan Rencana Edukasi... 4 b. Mengubah Data Laporan... 11 c. Menghapus Rincian Data Laporan... 12 d. Menambah Rincian Data

Lebih terperinci

USER MANUAL APLIKASI DIREKTORAT JENDERAL CIPTA KARYA DIREKTORAT JENDERAL CIPTA KARYA

USER MANUAL APLIKASI DIREKTORAT JENDERAL CIPTA KARYA DIREKTORAT JENDERAL CIPTA KARYA 2017 USER MANUAL APLIKASI 1 1. Pendahuluan User Manual APLIKASI berisi informasi tata-cara penggunaan sistem yang bertujuan agar pemakai (user) dapat mengoperasikan sistem tersebut dengan benar. 1.1 Cara

Lebih terperinci

PETUNJUK PEMAKAIAN APLIKASI SIKD MENU PENGGUNA

PETUNJUK PEMAKAIAN APLIKASI SIKD MENU PENGGUNA PETUNJUK PEMAKAIAN APLIKASI SIKD MENU PENGGUNA MEMULAI APLIKASI SIKD SIKD adalah aplikasi berbasis web, untuk menggunakan aplikasi ini harus melalui aplikasi web browser, salah satu web browser yang dapat

Lebih terperinci

Manual Penggunaan Aplikasi

Manual Penggunaan Aplikasi Manual Penggunaan Aplikasi Nota Pembukuan Versi 1.0 PT.Mensa Bina Sukses Jl. Pulo Kambing II No.26 Kawasan Industri Pulogadung Jakarta Timur Indonesia 13930 1 P age Sebelum mulai menggunakan aplikasi ini

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI PERIZINAN SUMBER DAYA AIR. SISFO-PSDA [sda.pu.go.id/bpsda/ppsda]

SISTEM INFORMASI PERIZINAN SUMBER DAYA AIR. SISFO-PSDA [sda.pu.go.id/bpsda/ppsda] SISTEM INFORMASI PERIZINAN SUMBER DAYA AIR SISFO-PSDA [] PANDUAN PEMOHON MEMULAI PERIZINAN MEMULAI PERIZINAN Untuk memulai proses perizinan SDA secara online, perlu disiapkan peralatan elektronik berupa

Lebih terperinci

CENTRALIZED INTEGRATED VENDOR DATABASE DOKUMEN PANDUAN VENDOR

CENTRALIZED INTEGRATED VENDOR DATABASE DOKUMEN PANDUAN VENDOR CENTRALIZED INTEGRATED VENDOR DATABASE DOKUMEN PANDUAN VENDOR DAFTAR ISI DAFTAR ISI... i DAFTAR GAMBAR... ii DAFTAR TABEL... iii I. Pendahuluan... 1 1.1 Tentang Dokumen... 1 1.2 Deskripsi Umum Sistem...

Lebih terperinci

Dokumen ini menerangkan cara penggunaan dan fitur-fitur yang terdapat pada system registrasi koperasi online ini.

Dokumen ini menerangkan cara penggunaan dan fitur-fitur yang terdapat pada system registrasi koperasi online ini. PROSES REGISTRASI ULANG KOPERASI Untuk mempermudah proses registrasi ulang koperasi-koperasi di seluruh Indonesia, Sistem Elektronik Administrasi dan Layanan Badan Hukum Koperasi (SALBH-KOP) menyediakan

Lebih terperinci

Aplikasi Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI)

Aplikasi Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) A. PENDAHULUAN Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) atau Diploma Supplement adalah surat pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Perguruan Tinggi, berisi informasi tentang pencapaian akademik atau

Lebih terperinci

Gambaran umum tata letak Portal SIPOL terdiri dari dua bagian seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut:

Gambaran umum tata letak Portal SIPOL terdiri dari dua bagian seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut: A. Pendahuluan SIPOL (Sistem Informasi Pendaftaran dan Verifikasi Partai Politik) adalah sebuah sistem yang dibangun untuk membantu KPU dalam menjalankan pekerjaannya yang terkait dengan tahapan pendaftaran

Lebih terperinci

Daftar Isi PETUNJUK PEMAKAIAN APLIKASI NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN

Daftar Isi PETUNJUK PEMAKAIAN APLIKASI NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN 1 Daftar Isi BAB 1... 3 PENDAHULUAN... 3 1.1 ALUR KERJA SI-NPP... 3 BAB 2... 4 MENJALANKAN APLIKASI SI-NPP... 4 2.1 MASUK KE APLIKASI SI-NPP... 4 2.2 MENU DALAM APLIKASI (NPP)... 4 2.2.1 Menu Informasi...

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan Aplikasi

Petunjuk Penggunaan Aplikasi Petunjuk Penggunaan Aplikasi (User Manual) Menu untuk User Table of Contents PENDAHULUAN...4 LOGIN...1 Form Entry User Baru...1 BERANDA...4 Profil Pengguna...4 PENDAFTARAN...6 Pajak Restoran...6 Pajak

Lebih terperinci

TSM

TSM (Sistem Informasi Manajemen dan Akademik Trisakti School of Management versi 2.0) www.stietrisakti.ac.id www.tsm.ac.id 2017 TSM SIMATris 2.0 Panduan Penggunaan untuk Mahasiswa 1 dari 22 DAFTAR ISI Prosedur

Lebih terperinci

User Manual Sistem RKAKLDIPA Online Sub Sistem Penelaahan RKAKL Online

User Manual Sistem RKAKLDIPA Online Sub Sistem Penelaahan RKAKL Online User Manual Sistem RKAKLDIPA Online Sub Sistem Penelaahan RKAKL Online T.A. 2015 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... i Pendahuluan... 1 Cakupan dan Tujuan Program.... 1 Prasyarat Sistem... 2 Memulai Aplikasi RKAKLDIPA

Lebih terperinci

SILOG PEMILU. Buku Panduan Sistem Informasi Logistik Pemilu Komisi Pemilihan Umum

SILOG PEMILU. Buku Panduan Sistem Informasi Logistik Pemilu Komisi Pemilihan Umum SILOG PEMILU 2012 Buku Panduan Sistem Informasi Logistik Pemilu Komisi Pemilihan Umum [PETUNJUK PENGGUNAAN] SISTEM INFORMASI LOGISTIK KPU OPERATOR KPU [Dokumen ini ditujukan untuk membantu operator KPU

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI MATA PELAJARAN FISIKA

PANDUAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI MATA PELAJARAN FISIKA PANDUAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI MATA PELAJARAN FISIKA UNTUK SISWA PANDUAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI 1 KATA PENGANTAR Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, dengan rahmat-nya,

Lebih terperinci

CARA MENJALANKAN PROGRAM. Langkah awal membuka Aplikasi Perhitungan Anggaran Penjualan

CARA MENJALANKAN PROGRAM. Langkah awal membuka Aplikasi Perhitungan Anggaran Penjualan CARA MENJALANKAN PROGRAM 1. CARA MEMBUKA APLIKASI Langkah awal membuka Aplikasi Perhitungan Anggaran Penjualan dengan Metode Least Square yaitu buka web browser, kemudian ketikkan alamat http://localhost/ta/.

Lebih terperinci

Pedoman Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Monev (Monitoring dan Evaluasi)

Pedoman Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Monev (Monitoring dan Evaluasi) Pedoman Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Monev (Monitoring dan BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN REPUBLIK INDONESIA 1 Daftar Isi 1.Tampilan Awal Aplikasi Monev BNPP...3 2. Tipe Pengguna...8 3. Alur

Lebih terperinci

MANUAL BOOK PENATAAN DAN PENGEMBANGAN APLIKASI KEPEGAWAIAN PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA

MANUAL BOOK PENATAAN DAN PENGEMBANGAN APLIKASI KEPEGAWAIAN PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA 2016 MANUAL BOOK PENATAAN DAN PENGEMBANGAN APLIKASI KEPEGAWAIAN PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA DAFTAR ISI Daftar Isi... i 1 Memulai Aplikasi... 2 2 User Pegawai... 3 2.1 Home... 3 2.1.1 Riwayat

Lebih terperinci

4/1/2015 NEW EDABU VERSI 1.0 ELEKTRONIK DATA BADAN USAHA SPPTI BPJS KESEHATAN

4/1/2015 NEW EDABU VERSI 1.0 ELEKTRONIK DATA BADAN USAHA SPPTI BPJS KESEHATAN 4/1/2015 NEW EDABU VERSI 1.0 ELEKTRONIK DATA BADAN USAHA SPPTI BPJS KESEHATAN KATA PENGANTAR Puji dan Syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan kepada semua Tim Pembangunan Aplikasi New Edabu

Lebih terperinci

Bab 4. Implementasi dan Evaluasi. Seperti yang sudah dibahas pada bagian sebelumnya, aplikasi yang dibuat

Bab 4. Implementasi dan Evaluasi. Seperti yang sudah dibahas pada bagian sebelumnya, aplikasi yang dibuat 152 Bab 4 Implementasi dan Evaluasi 4 Implementasi dan evaluasi 4.1 Implementasi Seperti yang sudah dibahas pada bagian sebelumnya, aplikasi yang dibuat diharapkan dapat menjadi solusi pada perancangan

Lebih terperinci

Step-Step dalam pembuatan Web

Step-Step dalam pembuatan Web Step-Step dalam pembuatan Web Langkah-langkah pembuatannya tidak terlalu sulit. Yang pertama dilakukan adalah kita harus menginstall web servernya yaitu misalnya XAMPP. Setelah itu, kita langsung bisa

Lebih terperinci