Mengembangkan Website Berbasis Wordpress

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Mengembangkan Website Berbasis Wordpress"

Transkripsi

1 Mengembangkan Website Berbasis Wordpress Bagian 1: Pengenalan dan Instalasi Wordpress Hanif Rasyidi

2 Pendahuluan Perkembangan teknologi saat ini membuat internet menjadi salah satu sumber utama dalam pencarian informasi. Informasi tersebut tersebar dalam website-website yang mudah diakses dan diupdate sehingga mempermudah penyebaran informasi ke kalangan yang luas. Masalah utama dalam pengembangan website pada masa lalu adalah prosesnya yang rumit dan membutuhkan pengetahuan dalam hal desain dan pemrograman. Hal ini membuat pengembangan website menjadi sebuah proses yang memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit sehingga membatasi beberapa pihak untuk membagi informasi yang dimiliki dalam bentuk website. Saat ini, terdapat beberapa cara untuk mengembangkan website dengan lebih mudah, salah satunya adalah menggunakan sebuah aplikasi bernama Content Management System (CMS). Dengan menggunakan CMS, pengembang website hanya perlu memikirkan hal-hal yang berhubungan dengan konten informasi yang dibutuhkan di dalam website mereka. Segala hal yang berhubungan dengan pemrograman, pengaturan, keamanan, dan desain website telah diselesaikan dengan baik oleh sistem CMS, tergantung dengan keinginan pengembang website. Hal ini membuat pengembangan website yang baik dapat dilakukan oleh banyak pihak dengan lebih mudah, cepat, dan hemat biaya. Wordpress adalah salah satu CMS yang awalnya dikembangkan sebagai mesin blog. CMS ini memiliki kelebihan dalam proses manajemen post dan dokumen, yang membuatnya sangat baik untuk digunakan dalam membuat website yang selalu terupdate. Dalam pengembangannya, wordpress mengalami berbagai penambahan fitur yang membuatnya menjadi lebih baik dan mulai meninggalkan kesan lamanya yang hanya berupa mesin blog. Banyak aplikasi tambahan mulai dikembangkan oleh berbagai pihak untuk melengkapi wordpress yang membuat CMS ini menjadi lebih mudah disesuaikan sesuai dengan kebutuhan pengembang website. Hal ini membuat penggunaan wordpress menjadi semakin beragam, mulai dari website perusahaan, website instansi pendidikan, website berita, dan banyak lagi termasuk sebagai mesin blog. Membuat Akun Dan Blog Pada adalah situs penyedia jasa blog gratis yang dibuat oleh Wordpress. Meskipun konsepnya masih berupa blog, anda dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk membuat website yang bagus dengan cara yang mudah dan cepat. Untuk membuat blog pada kita memerlukan beberapa tahapan sebagai berikut: 1. Buka pada bagian kanan atas pilih menu mendaftar.

3 2. Buatlah akun wordpress dengan mengisi beberapa informasi yang diperlukan.

4 3. Dengan melengkapi form tersebut, maka wordpress akan membuat akun sekaligus membuat blog pertama anda. Jika anda hanya ingin mendaftar akun wordpress tanpa membuat blog, anda dapat melakukan pendaftaran dengan memilih opsi sign up for just a username. 4. Setelah akun anda aktif, anda dapat melakukan login pada untuk memulai membuat blog website anda di situs ini. Membuat Blog Wordpress Selain blog pertama anda (jika anda telah membuatnya sebelumnya), wordpress juga menyediakan layanan untuk membuat banyak blog, dengan cara sebagai berikut: 1. Lakukan login pada halaman utama menggunakan username dan password anda pada form di kiri atas halaman utama. 2. Setelah login berhasil, pilih menu My Blogs dan pilih Register a New Blog untuk mendaftarkan blog baru. 3. Isi formulir pembuatan blog, nama blog adalah alamat domain dari blog kita, misalnya jika saya memiliki domain dengan nama hanifrasyidi, maka alamat lengkap domain saya adalah hanifrasyidi.wordpress.com. 4. Apabila sebuah nama telah dipilih oleh seseorang, nama domain tersebut selamanya tidak akan didapat oleh orang lain meskipun blog tersebut telah dihapus. Karena itu, bijaklah saat memilih nama blog. 5. Dengan menggunakan menu My Blogs, anda juga dapat memantau blog apa saja yang anda miliki dan mengaturnya satu persatu.

5 Membuat Website Dengan Wordpress Blog wordpress merupakan sebuah aplikasi web yang cukup baik. Namun untuk mendapatkan seluruh fitur website yang disediakan oleh Wordpress, anda perlu melakukan instalasi Wordpress pada server pribadi anda. Server tersebut bisa ada di komputer pribadi, server kantor, atu bahkan server yang disewakan oleh penyedia hosting. Mengelola website Wordpress memang sedikit lebih rumit dibanding blog Wordpress, namun dengan segala kemampuan yang disediakan, hal ini cukup pantas untuk anda coba. Berikut akan kita bahas langkah-langkah instalasi Wordpress pada server pribadi. Instalasi Apache Server dan Database MySQL Menggunakan XAMPP Wordpress adalah aplikasi yang berjalan pada server Apache dan menggunakan database MySql. Untuk menjalankan wordpress pada komputer pribadi, anda perlu mengintall program bernama XAMPP. Berikut adalah cara instalasi program XAMPP: 1. Unduh installer XAMPP dari website resminya yang beralamat di 2. Jalankan installer XAMPP dan pilih lokasi tujuan untuk instalasi program. 3. Jalankan program XAMPP Control Panel untuk menjalankan program XAMPP.

6 4. Tekan tombol Start di sebelah Apache dan MySql untuk menjalankan server dan database. Jika terdapat tanda berwarna hijau, berarti server dan database telah menyala. 5. Tulis alamat pada browser anda untuk mengecek apakah XAMPP telah berjalan dengan benar. Jika terdapat tampilan seperti di bawah ini berarti instalasi berhasil.

7 Instalasi Wordpress Pada Server Wordpress yang digunakan pada server pribadi memiliki sedikit perbedaan dengan wordpress yang telah anda gunakan pada Berikut ini adalah cara instalasi wordpress pada server: 1. Unduh file instalasi wordpress pada website (website yang berbeda dari File tersebut biasanya berbentuk file zip. 2. Buka folder instalasi XAMPP anda dan buka folder bernama htdocs. Pindahkan file instalasi ke folder tersebut dan ekstrak file zip yang ada. 3. Lakukan konfigurasi database dengan membuka alamat pada browser anda.

8 4. Pada bagian MySQL localhost, pilih menu Create new database dan isilah nama database yang akan anda gunakan untuk instalasi wordpress. 5. Buka alamat (atau nama folder tempat anda menyimpan installer wordpress) untuk memulai instalasi. Lalu tekan tombol Create a Configuration File. 6. Pada halaman selanjutnya akan ditunjukkan sedikit petunjuk instalasi wordpress. Tekan tombol Let s go! Untuk melanjutkan instalasi.

9 7. Pada halaman selanjutnya, kita perlu mengisi informasi database yang digunakan untuk instalasi wordpress. Pada isian Database Name isilah nama database yang telah anda buat pada tahap 4 (untuk kasus ini saya beri nama database training). Untuk isian User Name isilah dengan username dari database MySQL anda (dalam kasus ini username yang digunakan adalah root). Untuk isian Password isilah dengan password dari database MySQL anda (dalam kasus ini tidak ada password sehingga isian dibiarkan kosong). Sedangkan untuk isian Database Host dan Table Prefix dapat anda gunakan nilai yang sudah disediakan. Setelah semua diisi dengan benar, tekan tombol Submit.

10 8. Jika data yang diberikan benar, maka wordpress akan menampilkan pemberitahuan untuk melanjutkan instalasi. Tekan tombol Run the install untuk melanjutkan instalasi. 9. Isilah form yang disediakan pada halaman berikutnya untuk melanjutkan instalasi. Masukkan judul situs wordpress pada isian Site Title (nanti dapat diganti setelah instalasi) dan username dari pengguna utama situs (pengguna lain juga dapat diatur dan ditambahkan setelah instalasi). 10. Masukkan juga password dan dari pengguna utama. Tekan tombol Install WordPress untuk menyelesaikan instalasi.

11 11. Jika instalasi berhasil, maka wordpress akan menampilkan halaman instalasi berhasil beserta username dari pengguna utama. 12. Tekan tombol Log In untuk login ke situs wordpress anda menggunakan username dari pengguna utama. 13. Anda juga dapat mengakses situs anda dengan membuka (atau nama folder tempat anda menyimpan installer wordpress) pada browser anda.

12 14. Instalasi wordpress yang telah kita lakukan merupakan instalasi ke server di komputer pribadi, untuk instalasi pada server sebenarnya secara alur memiliki cara yang sama dengan sedikit perubahan yang bisa dengan mudah dipelajari. 15. Beberapa penyedia hosting mempunyai metode instalasi wordpress otomatis, jika anda menggunakan salah satu penyedia hosting, jangan lupa tanyakan caranya ke custommer support yang telah disediakan. Mengelola Website Yang Telah Terinstall Setelah instalasi berhasil, kita memulai untuk mengelola website yang telah terinstall. Sedikit berbeda dengan blog pada wordpress yang telah terinstall memiliki semua fungsi yang dibutuhkan website profesional. Berikut adalah cara mengelola website wordpress: 1. Lakukan login ke website dengan mengakses dan isi formulir login yang ada.

13 2. Pada halaman pengaturan website, anda akan mengamati terdapat sedikit perubahan pada sidebar di sebelah kiri dengan bertambahnya pengaturan Plugins dan Users. Pada blog kedua fitur ini dibatasi. Anda juga dapat melihat menu tambahan bernama Updates untuk mengupdate program wordpress, plugin, dan theme anda (pada update dilakukan otomatis oleh sistem). 3. Secara umum, mengelola website wordpress sama dengan mengelola blog wordpress. Perbedaan mendasar hanya terdapat pada pengelolaan update, plugin, pengguna, dan theme yang digunakan pada website. Tentu saja website wordpress memiliki tingkat kustomisasi yang jauh lebih bebas dibanding dengan blog wordpress, sehingga hasil yang didapatkan pun lebih baik jika kita mengerti cara mengaturnya.

14 Mengembangkan Website Berbasis Wordpress Bagian 2: Mengelola Tampilan dan Konten Wordpress Hanif Rasyidi

15 Mengatur Website Wordpress Wordpress menyediakan banyak fasilitas untuk mengatur website anda. Hal ini sangat berguna untuk membuat website anda berfungsi sesuai dengan kebutuhan anda. Wordpress memiliki banyak sekali macam pengaturan, tapi yang akan kita bahas hanya pengaturan yang bersifat general, writing, dan reading. Berikut beberapa cara melakukan pengaturan website: 1. Pada sidebar sebelah kiri bawah, pilih pilihan Settings. 2. Pada menu General, anda dapat melakukan pengaturan umum dari website, seperti judul situs, tagline, format tanggal, bahkan gambar situs. 3. Pada menu Writing, anda dapat melakukan pengaturan dasar dari penulisan konten (akan dijelaskan lebih lenjut pada pembahasan konten). 4. Pada menu Reading, anda dapat melakukan pengaturan tampilan konten yang akan ditampilkan pada pengunjung website anda. 5. Dengan menggunakan menu pengaturan yang lain, anda dapat mengatur blog anda sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Mengatur Tampilan Website Anda dapat mengatur tampilan website dengan menambahkan theme pada website anda. Theme adalah tampilan website yang sudah dibuat untuk Wordpress. Dengan banyaknya theme gratis yang tersedia, anda bahkan tidak perlu memiliki kemampuan programming untuk membuat website yang memiliki tampilan profesional. Berikut cara instalasi dan pengaturan tampilan website: 1. Pada sidebar sebelah kiri, pilih pilihan Appearance dan pilih pilihan Themes. Anda akan dibawa ke halaman pengaturan theme yang sedikit berbeda dari blog wordpress.

16 2. Pilih pilihan Install Themes untuk menginstall theme yang anda inginkan. Anda dapat mencari theme yang anda inginkan dengan mengisi isian pencarian beserta filter yang anda inginkan. 3. Anda juga dapat mengupload theme yang telah anda download terlebih dulu (dari atau website lain) dengan mengganti pilihan menjadi Upload.

17 4. Jika upload berhasil, maka anda akan mendapat pemberitahuan dari wordpress. Anda dapat melihat dengan memilih Preview, mengaktifkan dengan memilih Activate, atau kembali ke halaman pengaturan theme. 5. Anda dapat melihat pilihan theme yang telah anda install pada halaman pengaturan theme. 6. Anda dapat mengaktifkan theme anda dengan cara yang sama dengan mengaktifkan theme pada website wordpress. 7. Pengaturan theme yang bebas adalah salah satu hal yang membuat wordpress dapat menjadi website yang lengkap tanpa harus terbatas hanya sebagai mesin blog. Mengatur Desain Tampilan Wordpress Theme yang telah terinstall dengan benar akan dapat langsung anda gunakan untuk mengganti tampilan website anda. Berikut adalah cara mengganti tampilan website anda:

18 1. Pada sidebar sebelah kiri, pilih pilihan Apperance dan pilih bagian Themes. Hal ini akan memunculkan pilihan theme yang direkomendasikan oleh wordpress. Theme yang ada akan ditampilkan secara acak, jadi anda dapat mencari secara manual atau me-refresh hasil rekomendasi sampai memperoleh yang paling cocok. Theme juga terbagi menjadi 2 tipe yaitu theme gratis dan premium. Theme yang bersifat premium biasanya memiliki desain yang jauh lebih bagus, tapi membutuhkan biaya untuk menggunakannya. 2. Anda dapat melihat tampilan baru website anda dengan menekan preview pada theme yang anda pilih. 3. Jika anda menyukai tampilan tersebut, anda dapat memilih activate untuk mengaktifkan theme tersebut pada wordpress anda. 4. Beberapa theme memiliki pengaturan tambahan untuk memperbaiki tampilan dari website anda. Pengaturan bawaan ini dapat berbeda tergantung dari theme yang anda gunakan. Pada contoh di atas, terdapat menu Theme Options untuk mengakses pengaturan tambahan, namun beberapa theme lain mungkin memiliki lokasi pengaturan tambahan yang berbeda. Mengatur Header Header adalah bagian atas dari website anda. Bagian ini biasanya diisi oleh gambar atau informasi yang menjadi judul website anda. Secara default, blog anda hanya berisi tulisan judul website dan deskripsi singkat tentang website tersebut, namun anda dapat mengganti tampilan itu menjadi lebih baik dengan mudah dan cepat. Berikut ini adalah cara mengatur header dari website anda:

19 1. Pada sidebar sebelah kiri, pilih Appearance dan pilih bagian Header untuk membuka bagian pengaturan header. 2. Pada halaman pengaturan header, anda dapat melihat tampilan header anda saat ini. Di halaman ini juga terdapat beberapa pilihan yang dapat membantu anda melakukan perubahan tampilan header. 3. Anda dapat menambah gambar latar belakang header anda dengan mengunggah gambar dari komputer anda, pilih gambar yang anda inginkan, lalu tekan Upload. 4. Jika ukuran gambar yang anda unggah berbeda dengan ukuran gambar pada header website anda, maka anda akan diberikan opsi untuk memilih bagian yang ingin anda tampilkan. 5. Setelah anda selesai memilih bagian yang ingin ditampilkan, tekan tombol Crop and Publish untuk menampilkan gambar tersebut pada header website anda.

20 6. Setelah gambar berhasil dipublish, menu baru akan muncul di halaman pengaturan header yang akan membantu anda untuk menghilangkan gambar dari header anda atau menggantinya dengan header yang lama. Mengatur Widget Widget adalah sekumpulan elemen yang terletak di sidebar dari website wordpress. Elemenelemen ini dapat memiliki beragam bentuk, mulai tulisan, kalender, pengirim pesan, status online dari messanger atau facebook anda, bahkan mungkin peta posisi anda. Jika diatur dengan tepat, website anda bahkan dapat menghilangkan kesan dari hanya sekedar blog, menjadi sebuah website yang dikelola secara profesional. Berikut adalah cara pengaturan widget pada website anda: 1. Pada sidebar sebelah kiri, pilihlah Apperance lalu pilih Widget untuk membuka halaman pengaturan widget. Pada halaman tersebut akan ditampilkan daftar widget yang tersedia (yang ditunjukkan dengan bingkai biru) dan daftar sidebar yang dapat digunakan untuk menampung widget (ditunjukkan dengan bingkai merah). Tiap tampilan theme memiliki desain sidebar yang berbeda, karena itu jika anda mengganti theme dari website wordpress, anda juga harus memastikan bahwa semua widget yang dibutuhkan tetap bekerja dengan baik pada tampilan yang baru.

21 2. Untuk meletakkan widget pada sidebar yang diinginkan, arahkan mouse ke salah satu widget, tahan klik kiri, dan tarik widget tersebut ke sidebar yang diinginkan. 3. Anda juga dapat mengatur urutan penempatan widget dengan cara ini dan menariknya ke posisi di atas atau bawah widget lain yang ada pada sidebar. 4. Anda juga dapat memberikan informasi tambahan pada beberapa widget dengan cara menekan tanda bawah pada ujung widget yang terpasang, mengisi informasi yang dibutuhkan, lalu menekan save.

22 5. Anda dapat menghilangkan widget yang terpasang dengan cara menariknya keluar dari sidebar atau menekan tombol Delete. Mengelola Konten Post Konten adalah penyusun utama dari website. Website dengan konten yang bagus dan informatif akan lebih banyak dikunjungi orang dibanding website yang menampilkan konten yang asal-asalan. Karenanya, pengaturan konten adalah hal yang harus dilakukan dengan baik oleh pengelola website. Pada wordpress, konten website terbagi ke dalam 3 tipe utama yaitu konten bertipe post, konten bertipe page, dan konten tambahan (yang beberapa contohnya adalah konten pada widget, pada header, dan pada footer). Konten bertipe post adalah konten yang bersifat dinamis, konten jenis ini biasanya akan muncul pada halaman utama dan dapat diupdate oleh pengelola website sebagai update dari situs (misalnya berita, pengumuman, dan sejenisnya). Sedangkan konten bertipe page adalah konten yang sifatnya statis, yang biasanya digunakan untuk menampilkan informasi yang tidak berubah (misalnya informasi alamat kontak, informasi profil perusahaan, dan sebagainya). Berikut adalah cara mengelola konten bertipe post: 1. Pada sidebar sebelah kiri, pilihlah Posts untuk menampilkan daftar post yang ada pada website anda. 2. Untuk menambah post baru, anda dapat memilih menu Add New pada sidebar atau pada halaman daftar post. 3. Pada form pembuatan post baru, anda dapat mengisi judul post dan isi dari post tersebut. Wordpress menyediakan form penulisan post yang cukup mudah dan lengkap, jadi anda dapat menulis post anda seperti mengetik pada Microsoft Word. Bagi anda yang memiliki kemampuan menulis kode HTML, maka wordpress juga menyediakan form penulisan dalam format HTML dengan cara menekan pilihan pada tab HTML.

23 4. Anda dapat menekan tombol Preview untuk melihat tampilan website dari hasil tulisan yang telah anda buat. 5. Anda juga dapat menyimpan tulisan yang belum selesai dengan menekan Save Draft. Jika ingin melakukan perubahan, anda dapat memilih post yang anda simpan sebelumnya pada halaman yang menampilkan daftar post. 6. Anda juga dapat membagi post yang anda buat dalam beberapa kategori, yang bisa anda buat dan atur pada menu Categories. 7. Setelah selesai membuat post yang anda mau, anda dapat menampilkannya pada website dengan menekan tombol Publish. Post tersebut akan ditampilkan pada halaman utama atau halaman yang menampilkan kumpulan post anda. 8. Anda juga dapat melakukan edit, delete, dan melihat preview post anda dengan cara mengarahkan mouse ke post yang akan diubah dan pilih pilihan yang anda inginkan. 9. Anda juga dapat melakukan beberapa perintah secara bersamaan pada beberapa post dengan cara menandai check box pada samping judul post dan melakukan Bulk Action. 10. Tanda Draft yang ada di sebelah judul post menandakan bahwa post tersebut belum dipublish dan masih berupa tulisan yang belum selesai.

24 Mengelola Konten Page Pada dasarnya, mengelola konten page sama dengan mengelola post. Perbedaannya adalah page memiliki halaman sendiri dan tidak tercampur dengan konten post. Berikut adalah cara mengelola konten bertipe page: 1. Pada sidebar sebelah kiri, pilihlah Pages untuk menampilkan daftar page yang anda miliki. Tampilan ini mirip dengan tampilan pada daftar post, dengan fungsi yang sama. 2. Untuk membuat page baru dan mengeditnya, anda dapat menggunakan cara yang sama seperti pada pengelolaan post. 3. Yang menjadi perbedaan dari post dan page adalah pada halaman penulisan atau edit page terdapat informasi tambahan yang menunjukkan nomor urut dari post yang anda miliki. Informasi ini menggantikan informasi kategori yang dimiliki oleh post. Informasi ini terletak di bagian kanan bawah dari form penulisan page.

25 4. Apabila anda tidak memberikan informasi pengurutan page secara manual, maka wordpress akan menampilkan urutan dari page secara otomatis. Karena pengurutan ini terkadang membuat tampilan page menjadi tidak terurut seperti keinginan kita, sebaiknya anda melakukan pengurutan secara manual untuk hasil yang lebih baik. 5. Tergantung dari theme yang anda gunakan, daftar page yang dimiliki oleh website anda akan ditampilkan pada halaman utama website tersebut, seperti yang telihat pada gambar di bawah.

DAFTAR ISI MANUAL BOOK

DAFTAR ISI MANUAL BOOK DAFTAR ISI MANUAL BOOK BAB I Pengenalan Awal Wordpress... 3 Apa itu Wordpress... 3 Kelebihan dan keunggulan Wordpress... 3 Wordpress via Online... 3 BAB II Memulai Menggunakan Wordpress... 5 Memulai Wordpress...

Lebih terperinci

IAIN WALISONGO SEMARANG

IAIN WALISONGO SEMARANG PPG BLOG DI FAKULTAS TARBIYAH IAIN WALISONGO SEMARANG SEMARANG, 27 NOVEMBER 2014 OLEH PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN PANGKALAN DATA IAIN WALISONGO SEMARANG Cara Instal Web Server - XAMPP di Windows 1. Download

Lebih terperinci

Modul Pembuatan Website Menggunakan

Modul Pembuatan Website Menggunakan Design : www.mhdsyarif.p.ht Modul Pembuatan Website Menggunakan Versi 3.5.1 07-08 Mei 2013 Oleh : Divisi Web Puskom UR http://puskom.unri.ac.id Daftar Isi Daftar Isi...i A. Install XAMPP... 1 B. Install

Lebih terperinci

CMS Content Management System

CMS Content Management System CMS Content Management System DISUSUN OLEH: AHMAD SYAUQI AHSAN Disampaikan pada bimtek di Diskominfo Jatim 3 Mei 2016 Apa itu CMS? 2 CMS = Content Management System (Sistem Pengelola Isi). Dengan CMS,

Lebih terperinci

Langkah Langkah Membuat Blog Secara Offline Menggunakan Wordpress

Langkah Langkah Membuat Blog Secara Offline Menggunakan Wordpress Langkah Langkah Membuat Blog Secara Offline Menggunakan Wordpress Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menginstall web server. Web server yang akan kita bahas adalah Apache. Mengapa harus Apache?

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN PERSONAL WEB BLOG. Version 0.1

PANDUAN PENGGUNAAN PERSONAL WEB BLOG. Version 0.1 PANDUAN PENGGUNAAN PERSONAL WEB BLOG Version 0.1 1 Table of Contents PANDUAN PENGGUNAAN PERSONAL WEB BLOG...1 Login...3 Mengenal Dashboard...3 Membuat Kategori...3 Menulis Artikel...4 Membuat Halaman Statik...7

Lebih terperinci

Pertanyaan yang sering muncul di benak orang-orang yang ingin membuat website (mungkin Jamaah IKMI juga termasuk) adalah: harus mulai dari mana?

Pertanyaan yang sering muncul di benak orang-orang yang ingin membuat website (mungkin Jamaah IKMI juga termasuk) adalah: harus mulai dari mana? Pendahuluan Pertanyaan yang sering muncul di benak orang-orang yang ingin membuat website (mungkin Jamaah IKMI juga termasuk) adalah: harus mulai dari mana? Biar kami beritahu sedikit rahasia: Jamaah IKMI

Lebih terperinci

3. Pilih layout dari blog yang akan kita buat seperti gambar di bawah ini : 4. Lalu pilih tema sesuai dengan layout yang sudah kita pilih tadi seperti

3. Pilih layout dari blog yang akan kita buat seperti gambar di bawah ini : 4. Lalu pilih tema sesuai dengan layout yang sudah kita pilih tadi seperti Membuat Blog dengan Wordpress Apa Itu WordPress? WordPress adalah salah satu platfrom blog yang saat ini sudah mengalami banyak perkembangan sehingga bisa kita gunakan untuk membuat website untuk banyak

Lebih terperinci

MID-TERM EXAM ASSIGNMENT E-COMMERCE

MID-TERM EXAM ASSIGNMENT E-COMMERCE MID-TERM EXAM ASSIGNMENT E-COMMERCE Aditya Wisnu Prasetya Nim : 0910221006 Management Department Faculty of Economics Brawijaya University MALANG 2012 Manual Wordpress Untuk E-Commerce WordPress adalah

Lebih terperinci

Nge Blog menggunakan WordPress. Irwan Ary Dharmawan

Nge Blog menggunakan WordPress. Irwan Ary Dharmawan Nge Blog menggunakan WordPress Irwan Ary Dharmawan http://staff.phys.unpad.ac.id/iad PENDAHULUAN Dalam modul singkat ini akan dijelaskan secara teknis bagaimana menulis blog menggunakan WordPress yang

Lebih terperinci

KKN SISDAMAS Panduan Penggunaan Blog KKN ( UIN SGD BANDUNG) UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data

KKN SISDAMAS Panduan Penggunaan Blog KKN ( UIN SGD BANDUNG) UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data KKN SISDAMAS 2017 Panduan Penggunaan Blog KKN ( UIN SGD BANDUNG) Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data UIN Sunan Gunung Djati Bandung 1 Panduan Penggunaan Blog KKN ( UIN SGD BANDUNG) Berikut ini

Lebih terperinci

PANDUAN DASAR MEMBUAT WEBSITE

PANDUAN DASAR MEMBUAT WEBSITE PANDUAN DASAR MEMBUAT WEBSITE WORDPRESS 4.4.1 Daftar Isi Dashboard (Admin) 1. Masuk ke login admin http://namadomain.com/wp login.php. 2. Setelah login sukses, halaman admin/dashboard akan terlihat. 3.

Lebih terperinci

PENGABDIAN MASYRAKAT PELATIHAN PEMBUATAN WEB UNTUK USTADZ DAN PENGELOLA PONDOK PESANTREN SEBAGAI MEDIA INFORMASI DI KABUPATEN/KOTA KEDIRI

PENGABDIAN MASYRAKAT PELATIHAN PEMBUATAN WEB UNTUK USTADZ DAN PENGELOLA PONDOK PESANTREN SEBAGAI MEDIA INFORMASI DI KABUPATEN/KOTA KEDIRI MODUL PENGABDIAN MASYRAKAT PELATIHAN PEMBUATAN WEB UNTUK USTADZ DAN PENGELOLA PONDOK PESANTREN SEBAGAI MEDIA INFORMASI DI KABUPATEN/KOTA KEDIRI Modul ini merupakan pentunjuk awal untuk pembuatan web hosting

Lebih terperinci

V.2.0. Panduan Pengelolaan Website

V.2.0. Panduan Pengelolaan Website Panduan Pengelolaan Website V.2.0 0 LOGIN DASHBOARD Silahkan masuk ke url : http://namadomain.com/wp-admin Username dan password telah kami kirim ke email Anda. Setelah login, anda akan melihat tampilan

Lebih terperinci

E-commerce Development Berbasis Wordpress

E-commerce Development Berbasis Wordpress E-commerce Development Berbasis Wordpress P A R T 1 / 4 w w w. v e r o n i c a s t e v a n y. c o m PAGE 2 Pendahuluan WordPress merupakan sebuah CMS (Content Management System) yang memungkinkan Anda

Lebih terperinci

Panduan Mengelola Website Pribadi Mengelola WordPress

Panduan Mengelola Website Pribadi Mengelola WordPress Panduan Mengelola Website Pribadi Mengelola WordPress Memulai mengelola WordPress:. Login sebagai admin melalui http://nama-pengguna.staff.ugm.ac.id/wp-admin, masukkan Username dan Password anda. Bila

Lebih terperinci

PUSAT PELATIHAN INTERNET MARKETING I S P A R M O

PUSAT PELATIHAN INTERNET MARKETING I S P A R M O PUSAT PELATIHAN INTERNET MARKETING I S P A R M O 2015 http://www.internetmarketingcenter.web.id TUTORIAL PENGELOLAAN WORDPRESS BLOG SECARA OFFLINE MENGGUNAKAN SERVER2GO I. Pendahuluan Wordpresss merupakan

Lebih terperinci

Link Categories, digunakan untuk mengelompokkan link ke dalam kategorikategori

Link Categories, digunakan untuk mengelompokkan link ke dalam kategorikategori Panduan Dasar Membuat Website Menggunakan Wordpress WordPress Dashboard (Admin) 1. Untuk login ke halaman admin, ketik: wp-admin atau wp-login.php di belakang alamat domain Anda. Contoh feddy.staff.telkomuniversity.ac.id/wp-admin.

Lebih terperinci

MODUL PEMANFAATAN WEBSITE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN

MODUL PEMANFAATAN WEBSITE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN MODUL PEMANFAATAN WEBSITE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN RUMAH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI 2016 Daftar Isi Pendahuluan Pengertian Hosting Pengertian Domain Cara Instal WordPress Cara

Lebih terperinci

MANUAL PENGOPERASIAN JSTOCKINVENTORY Twitter

MANUAL PENGOPERASIAN JSTOCKINVENTORY Twitter MANUAL PENGOPERASIAN JSTOCKINVENTORY 2 www.jasaplus.com 082227927747 Twitter : @ringlayer email : ringlayer@gmail.com jasapluscom@yahoo.com DAFTAR ISI BAB 1. PENGENALAN DAN INSTALASI JSTOCKINVENTORY 1.1.

Lebih terperinci

MODUL PELATIHAN WEBSITE

MODUL PELATIHAN WEBSITE MODUL PELATIHAN WEBSITE BERBASIS ENGINE WORDPRESS Dibangun secara offline menggunakan software : Xampp Control Panel Wordpress 3.5 UNIT PELAKSANA TEKNIS PUSAT KOMPUTER UNIVERSITAS LAMPUNG 2013 Cara Instal

Lebih terperinci

Manual CMS Wordpress

Manual CMS Wordpress Manual CMS Wordpress Manajemen CMS Wordpress by IT Support Team FEB Unpad Page 2 Manual CMS Wordpress Untuk Admin Contents : A. Laman Utama B. Manajemen Pengelolaan Konten dengan Wordpress C. General Settings

Lebih terperinci

TUTORIAL ADMINISTRATOR WORDPRESS WP-ADMIN Contents Management Wordpress Selfhosting

TUTORIAL ADMINISTRATOR WORDPRESS WP-ADMIN Contents Management Wordpress Selfhosting TUTORIAL ADMINISTRATOR WORDPRESS WP-ADMIN Contents Management Wordpress Selfhosting Modul (artikel) sebelumnya, yaitu: Cara Membuat Email Gmail. http://khudri.com/download/tutorial/pembuatan-email-gmail.pdf

Lebih terperinci

Panduan Dasar Membuat Website

Panduan Dasar Membuat Website Tutorial singkat cara menggunakan WordPress mulai dari masuk ke Dashboard Admin hingga cara membuat postingan. Panduan Dasar Membuat Website Menggunakan WordPress Versi 3.x By Webhostmu.Com Daftar Isi

Lebih terperinci

LANGKAH INSTALL XAMPP DAN WORDPRESS DI PC KOMPUTER Oleh: Akhmad Syaiful, S.Kom

LANGKAH INSTALL XAMPP DAN WORDPRESS DI PC KOMPUTER Oleh: Akhmad Syaiful, S.Kom LANGKAH INSTALL XAMPP DAN WORDPRESS DI PC KOMPUTER Oleh: Akhmad Syaiful, S.Kom Bagi Anda yang ingin membuat website namun belum memiliki domain dan hosting sendiri, jangan berkecil hati dulu. Karena masih

Lebih terperinci

Wordpress : Membuat Situs di PC Sendiri

Wordpress : Membuat Situs di PC Sendiri Wordpress : Membuat Situs di PC Sendiri Bikin Website Offline Maksudnya apa bikin website offline? Terus buat apa bikin website tapi nggak online? Ntar ngga ada yang ngeliat dong? Bentar dulu dong. Maksudnya

Lebih terperinci

Membuat Blog Menggunakan Wordpress

Membuat Blog Menggunakan Wordpress Membuat Blog Menggunakan Wordpress - 2013 Pengertian Blog Blog atau Weblog adalah buku harian online yang diisi secara terus menerus secara periodik. Blog pada awalnya hanya dimiliki oleh artis dan selebriti

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1. Hasil Hasil penelitian ini berupa sebuah website yang didukung oleh teknologi CMS wordpress version 4.5.3. Halaman-halaman web yang terdapat dalam website secara umum terbagi

Lebih terperinci

USER MANUAL CMS BLOG

USER MANUAL CMS BLOG USER MANUAL CMS BLOG Disusun oleh : 1. Abdul Hafidh Sidiq (09650031) 2. Moch. Shidqul Ahdi (09650032) 3. Jauharoh Pratami (09650033) 4. Sigit Budi Permana (09650035) 5. Ismi Fitriyani (09650036) 6. Arum

Lebih terperinci

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda siapkan untuk memasang wordpress di localhosting:

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda siapkan untuk memasang wordpress di localhosting: Cara install wordpress di local host Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda siapkan untuk memasang wordpress di localhosting: Xampp wordpress terbaru, download disini https://wordpress.org/download/

Lebih terperinci

Instalasi Joomla 1.7

Instalasi Joomla 1.7 Instalasi Joomla 1.7 Pada bab ini akan membahas mengenai langkah-langkah instalasi Joomla 1.7 di komputer. Sebelum mempelajari fitur-fitur yang ada di Joomla 1.7 Anda perlu menginstalnya terlebih dahulu

Lebih terperinci

Berikut ini langkah-langkah untuk konfigurasi awal dari paket toko online yang sudah kami siapkan :

Berikut ini langkah-langkah untuk konfigurasi awal dari paket toko online yang sudah kami siapkan : Konfigurasi Awal Konfigurasi awal ini dilakukan untuk merubah data-data dengan menyesuaikan dengan data pemilik UKM. Pada layanan preload content ini kami sudah menyiapkan 3 template sebagai template default

Lebih terperinci

TUTORIAL MEMBUAT BLOG SENDIRI BERBASIS WORDPRESS

TUTORIAL MEMBUAT BLOG SENDIRI BERBASIS WORDPRESS TUTORIAL MEMBUAT BLOG SENDIRI BERBASIS WORDPRESS 1. Masuk Blog Langkah pertama silahkan akses http://blog.walisongo.ac.id di browser anda dan muncul seperti tampilan di bawah ini, kemudian klik Menu Daftar

Lebih terperinci

Installasi Wordpress.com

Installasi Wordpress.com Untuk Pelatihan guru-guru MAN Oleh: Nurhayati, Ph.D 30 November 2012 Installasi Wordpress.com Buka browser favorit anda dan arahkan ke http://www.wordpress.com Pada halaman depan http://www.wordpress.com,

Lebih terperinci

Website Training Off. On line

Website Training Off. On line Website Training Off On line Thuesday, February 19, 2013 Petunjuk Install XAMPP Ada beberapa langkah dalam install XAMPP sebagai berikut : 1. Download XAMPP dialamat : http://sourceforge.net/projects/xampp/files/xampp%20windows/1.7.1/xamp

Lebih terperinci

Tutorial Wordpress Bagi Pemula

Tutorial Wordpress Bagi Pemula Tutorial Wordpress Bagi Pemula Hari gini ga punya blog? Mungkin ungkapan seperti itu akan terdengar beberapa tahun atau bahkan beberapa bulan lagi di telinga kita. Seperti halnya, ungkapan Hari gini ga

Lebih terperinci

MEMBUAT TOKO ONLINE SENDIRI DENGAN MENGGUNAKAN WORDPRESS

MEMBUAT TOKO ONLINE SENDIRI DENGAN MENGGUNAKAN WORDPRESS MEMBUAT TOKO ONLINE SENDIRI DENGAN MENGGUNAKAN WORDPRESS Nama: Adityo Pratama E-mail: diqdq@gmail.com Saya adalah seorang mahasiswa yang saat ini masih menempuh pendidikan di Politeknik Negeri Semarang

Lebih terperinci

Cara Meng-install Web Server Lokal (xampp-win )

Cara Meng-install Web Server Lokal (xampp-win ) Cara Meng-install Web Server Lokal (xampp-win32-1.7.3.) 1. Apabila Anda belum mempunyai file setup XAMMP yang akan di-install, silahkan unduh (download) terlebih dahulu 2. Setelah berhasil mengunduh file

Lebih terperinci

Membangun Website dengan Joomla!

Membangun Website dengan Joomla! ! Joomla! adalah salah satu Content Management System (CMS) yang banyak digunakan saat ini karena Joomla! menawarkan kemudahan dalam meng-update isi website, pengaturan tampilan Website dan pengelolaan

Lebih terperinci

www.niagahoster.co.id cs@niagahoster.co.id 0274 5305505 Daftar Isi Pendahuluan... 1 1. Cara Membeli Domain dan Hosting (di Niagahoster)... 2 1.1. Pengertian Hosting... 2 1.2. Pengertian Domain... 2 2.

Lebih terperinci

MEMBUAT BLOG DI WORDPRESS

MEMBUAT BLOG DI WORDPRESS MEMBUAT BLOG DI WORDPRESS Blog adalah salah satu aplikasi internet yang sangat digemari pada sat ini, karena di samping tersedia secara gratis, juga dapat dikembangkan sesuai dengan tujuan dari si empunya

Lebih terperinci

INSTALL WEB WORDPRESS

INSTALL WEB WORDPRESS INSTALL WEB WORDPRESS Langkah-langkah Install Wordpress 1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendownload CMS WordPress versi terbaru dari WordPress.org 2. Ekstrak file master wordpress ke folder

Lebih terperinci

Gambar 1. Halaman Awal Website

Gambar 1. Halaman Awal Website Membuat Website Dengan Drupal CMS Oleh : Tim IT UMS Daftar Isi (Contents) A. Settingan Awal Website B. Membuat Menu (Site Navigation) C. Mengatur Posisi Menu D. Membuat Konten E. Membuat Kategori (Taxonomy)

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM 4. 1 Implementasi Sistem Atau Aplikasi 4. 1. 1 Spesifikasi Sistem Aplikasi pengolahan jurnal online berbasis web dibuat dengan menggunakan bahasa PHP 5.0 sebagai

Lebih terperinci

Panduan Pengelolaan Web Berbasis WordPress IICACS

Panduan Pengelolaan Web Berbasis WordPress IICACS Panduan Pengelolaan Web Berbasis WordPress IICACS 1 Fransisca Pramesti, S.Si, M.Eng. UPT. Teknologi Informasi dan Komunikasi Institut Seni Indonesia Surakarta A. Web Berbasis WordPress Web dibangun menggunakan

Lebih terperinci

Step-Step dalam pembuatan Web

Step-Step dalam pembuatan Web Step-Step dalam pembuatan Web Langkah-langkah pembuatannya tidak terlalu sulit. Yang pertama dilakukan adalah kita harus menginstall web servernya yaitu misalnya XAMPP. Setelah itu, kita langsung bisa

Lebih terperinci

Membuat Blog Menggunakan Wordpress

Membuat Blog Menggunakan Wordpress Membuat Blog Menggunakan Wordpress Pengertian Blog Blog atau Weblog adalah buku harian online yang diisi secara terus menerus secara periodik. Blog pada awalnya hanya dimiliki oleh artis dan selebriti

Lebih terperinci

TUTORIAL BLOG STAF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA UMS Team IT & IT helpdesk Supported

TUTORIAL BLOG STAF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA UMS Team IT & IT helpdesk Supported TUTORIAL BLOG STAF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2011 http://blogstaf.ums.ac.id/ PENDAFTARAN BLOG STAF UMS Dalam upaya pengembangan dalam bidang IT (informasi teknologi) UMS telah menyediakan Web

Lebih terperinci

Panduan Dasar Membuat Website

Panduan Dasar Membuat Website Tutorial singkat cara menggunakan WordPress mulai dari masuk ke Dashboard Admin hingga cara membuat postingan. Panduan Dasar Membuat Website Menggunakan WordPress Versi 3.x By Webhostmu.Com Website (Dashboard

Lebih terperinci

STMIK STIKOM SURABAYA. Sekolah Tinggi i Manajemen Informatika & Komputer Surabaya. Modul Pelati ihan. Blog

STMIK STIKOM SURABAYA. Sekolah Tinggi i Manajemen Informatika & Komputer Surabaya. Modul Pelati ihan. Blog STMIK STIKOM SURABAYA Sekolah Tinggi i Manajemen Informatika & Komputer Surabaya Modul Pelati ihan Blog bagi Mahasi siswa Pengembangan Media Online, Juli 2012 Pengenalan PENGENALAN BLOG Blog 1 Blog adalah

Lebih terperinci

Langkah-langkah Pembuatan Web dengan Joomla

Langkah-langkah Pembuatan Web dengan Joomla Langkah-langkah Pembuatan Web dengan Joomla Posted by: yoedha / Category: Langkah-langkah Pembuatan Web dengan Joomla... Dewasa ini internet sudah merasuki semua masyarakat dunia. Mereka menganggap internet

Lebih terperinci

Membuat Situs Diskon. Sudarma Sopian

Membuat Situs Diskon. Sudarma Sopian Membuat Situs Diskon Sudarma Sopian Daftar Isi Daftar Isi... 2 Membuat Situs Diskon... 3 Menginstal WordPress... 3 Instal Plugin... 7 Mengatur Situs Diskon... 10 Menambah Produk Diskon... 15 Mengubah Tulisan

Lebih terperinci

Menambahkan Image Slider di Homepage

Menambahkan Image Slider di Homepage Upload Website ke server 1. Akses local host website 2. Buka plugin duplicator 3. Create new file duplicator 4. Download file directorynya dan installernya 5. Buka cpanel domain 6. Akses create file directory

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN. Joomla! Versi 1.5. Oleh: Anon Kuncoro Widigdo

PANDUAN PENGGUNAAN. Joomla! Versi 1.5. Oleh: Anon Kuncoro Widigdo PANDUAN PENGGUNAAN Joomla! Versi 1.5 Oleh: Anon Kuncoro Widigdo anonkuncoro@yahoo.com Kendari 2009-2010 MODUL I Pendahuluan Joomla adalah sebuah aplikasi sistim manajemen konten atau Content Management

Lebih terperinci

DAFTAR ISI. Wordpress Mengenal Dashboard Memposting Artikel Membuat Halaman Baru Eksplorasi Menu Appearance

DAFTAR ISI. Wordpress Mengenal Dashboard Memposting Artikel Membuat Halaman Baru Eksplorasi Menu Appearance DAFTAR ISI Wordpress... 2 Mengenal Dashboard... 4 Memposting Artikel... 5 Penjelasan Area Posting Artikel... 5 Menambah Gambar Pada Tulisan... 8 Menambah Kategori dan Tag Pada Tulisan... 10 Pratampil dan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1. Hasil Hasil penelitian ini adalah sebuah LMS yang berbasis website yang terintegrasi dengan aplikasi berbasis windows melalui sistem API, website ini dibangun dengan dukungan

Lebih terperinci

Belajar Membuat Blog Wordpress Secara Offline dengan XAMPP Server

Belajar Membuat Blog Wordpress Secara Offline dengan XAMPP Server Belajar Membuat Blog Wordpress Secara Offline dengan XAMPP Server Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai cara belajar membuat blog wordpress secara offline (tanpa tersambung ke internet) dengan

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan Blog Wordpress. Disusun Oleh :

Panduan Penggunaan Blog Wordpress. Disusun Oleh : Panduan Penggunaan Blog Wordpress Disusun Oleh : DIVISI WEB ADMINISTRASI UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA 2013 1 Login Untuk masuk ke halaman login Arahkan browser Anda ke URL domainanda.maranatha.edu/wp-admin.

Lebih terperinci

[AN _ AY ] October 10, 2010 DAFTAR DOMAIN GRATIS DI CO.CC...2 PENDAFTARAN HOSTING GRATIS DI IDHOSTINGER...7

[AN _ AY ] October 10, 2010 DAFTAR DOMAIN GRATIS DI CO.CC...2 PENDAFTARAN HOSTING GRATIS DI IDHOSTINGER...7 Daftar Isi DAFTAR DOMAIN GRATIS DI CO.CC...2 PENDAFTARAN HOSTING GRATIS DI IDHOSTINGER...7 UPLOAD SCRIPT WEBSITE KE HOSTING...13 UPLOAD DATABASE...15 LANGKAH-LANGKAH EXPORT DATABASE...15 LANGKAH-LANGKAH

Lebih terperinci

Langkah-Langkah Membuat Blog Wordpress

Langkah-Langkah Membuat Blog Wordpress Langkah-Langkah Membuat Blog Wordpress Login cpanel. Login ke cpanel anda dengan informasi yang diberikan oleh hosting anda. URL atau alamat website untuk login ke cpanel umumnya seperti dibawah ini: http://domainanda.com/cpanel

Lebih terperinci

Panduan Praktikum Aplikasi Komputer Aplikasi Komputer berbasis web

Panduan Praktikum Aplikasi Komputer Aplikasi Komputer berbasis web 2015 Panduan Praktikum Aplikasi Komputer Aplikasi Komputer berbasis web Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto 2014/2015 Arigus Wahyu Nur Prabowo UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO 4/14/2015

Lebih terperinci

CARA MEMBUAT BLOG MENGGUNAKAN WORDPRESS SECARA ONLINE

CARA MEMBUAT BLOG MENGGUNAKAN WORDPRESS SECARA ONLINE CARA MEMBUAT BLOG MENGGUNAKAN WORDPRESS SECARA ONLINE A. Cara Mendaftar di Wordpress 1. Buka http://wordpress.com/ pilih Get Started. 2. Masukkan data email, username, password dan nama blog Anda. Klik

Lebih terperinci

MODUL 7. Apakah Joomla itu? A. Pra-Instalasi Joomla. Tujuan : 1. Pengenalan Joomla 2. Installasi Joomla 3. Pengenalan Section dan Categories

MODUL 7. Apakah Joomla itu? A. Pra-Instalasi Joomla. Tujuan : 1. Pengenalan Joomla 2. Installasi Joomla 3. Pengenalan Section dan Categories MODUL 7 JOOMLA Tujuan : 1. Pengenalan Joomla 2. Installasi Joomla 3. Pengenalan Section dan Categories Apakah Joomla itu? Sejauh ini joomla adalah: Joomla! is a free open source framework and content publishing

Lebih terperinci

Membangun Toko Online yang Murah Bergairah

Membangun Toko Online yang Murah Bergairah Membangun Toko Online yang Murah Bergairah Jika Anda ingin berbisnis dengan cara berjualan di Internet dan telah memiliki produk, Anda dapat membuat toko online. Beberapa tahun yang lalu, pembuatan toko

Lebih terperinci

Sugeng Widodo,S.Kom STIKI

Sugeng Widodo,S.Kom STIKI Jl. Tidar 100 Malang 65146 0341 560823 Sugeng Widodo,S.Kom STIKI Materi Workshop Drupal 7 .. Table of Contents Persiapan... 3 Instalasi XAMPP... 3 Download Drupal... 3 Membuat Database... 3 Mulai instalasi...

Lebih terperinci

Cara mendaftar ke blog dosen

Cara mendaftar ke blog dosen Mengenal WordPress WordPress merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang digunakan untuk membuat sebuah blog atau website. Di dunia ini, ada berbagai macam CMS, seperti misalnya Joomla, Drupal,

Lebih terperinci

Membuat Web dengan CMS Joomla Sumber dari

Membuat Web dengan CMS Joomla Sumber dari Membuat Web dengan CMS Joomla Sumber dari www.ahmadyunus.com Membuat Web dengan CMS Joomla sebenarnya gampang-gampang mudah, asalkan kita mau belajar. Saya sendiripun sebenarnya masih pemula sekali dalam

Lebih terperinci

MEMBUAT DAN MENGELOLA BLOG DENGAN WORDPRESS PENGANTAR

MEMBUAT DAN MENGELOLA BLOG DENGAN WORDPRESS PENGANTAR MEMBUAT DAN MENGELOLA BLOG DENGAN WORDPRESS PENGANTAR Dunia blogging bukan merupakan dunia yang asing lagi bagi kita. Nampaknya internet saat ini sudah dipenuhi dengan beragam blog-blog dengan tema masingmasing.

Lebih terperinci

Tutorial Membuat Blog dengan Layanan Wordpress

Tutorial Membuat Blog dengan Layanan Wordpress Tutorial Membuat Blog dengan Layanan Wordpress Agar bisa membuat blog, anda setidaknya memerlukan komputer dengan spesifikasi yang bagus, terhubung dengan jaringan internet, email yang masih aktif dan

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan Blog KKNM Unpad

Panduan Penggunaan Blog KKNM Unpad Panduan Penggunaan Blog KKNM Unpad UPT Tekonologi Informasi Universitas Padjadjaran i Panduan Penggunaan Blog KKNM Unpad Daftar Isi Daftar Isi... i Mengetahui Alamat Blog... 1 Log In ke Blog KKNM... 2

Lebih terperinci

Web-Bulletin. Yogyakarta, September 2008 M Chusnan Aprianto

Web-Bulletin. Yogyakarta, September 2008 M Chusnan Aprianto Web-Bulletin Menggunakan Wordpress Yogyakarta, September 2008 M Chusnan Aprianto Bekerja Dengan Localhost Localhost merupakan simulasi server internet. Sebelum anda menyimpan file website di internet,

Lebih terperinci

[Pick the date] DKSI-IPB PANDUAN PENGGUNAAN BLOG INOVASI IPB (HTTP://INNOV.IPB.AC.ID)

[Pick the date] DKSI-IPB PANDUAN PENGGUNAAN BLOG INOVASI IPB (HTTP://INNOV.IPB.AC.ID) [Pick the date] DKSI-IPB PANDUAN PENGGUNAAN BLOG INOVASI IPB (HTTP://INNOV.IPB.AC.ID) Pelatihan blog inovasi IPB 28-29 November 2011 Pengenalan Blog Blog adalah kependekan dari weblog. Blog pertama kali

Lebih terperinci

Pengenalan Blog Blog 1

Pengenalan Blog Blog 1 Pengenalan Blog Blog 1 Blog adalah singkatan dari web log yang artinya jenis situs web yang menyerupai tulisan-tulisan pada halaman web, biasanya disusun diurutkan secara kronologis (waktu kejadian) mulai

Lebih terperinci

Tutorial Membuat Blog dengan WordPress Hal 1

Tutorial Membuat Blog dengan WordPress Hal 1 DIREKTORAT JENDERAL PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN MASYARAKAT BALAI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN MASYARAKAT JAWA TIMUR 2016 Tutorial Membuat Blog dengan

Lebih terperinci

PT QWORDS COMPANY INTERNATIONAL

PT QWORDS COMPANY INTERNATIONAL PANDUAN MANUAL PT QWORDS COMPANY INTERNATIONAL DAFTAR ISI PANDUAN MANUAL... 1 PT QWORDS COMPANY INTERNATIONAL... 1 DAFTAR ISI... 2 BAB 1. PENGENALAN... 3 a. Tampilan Desa01... 3 b. Tampilan Desa02... 3

Lebih terperinci

Pengenalan Blog Blog 1

Pengenalan Blog Blog 1 Pengenalan Blog Blog 1 Blog adalah singkatan dari web log yang artinya jenis situs web yang menyerupai tulisan-tulisan pada halaman web, biasanya disusun diurutkan secara kronologis (waktu kejadian) mulai

Lebih terperinci

Daarul Abroor is beloved my campus http//ppda.wordpress.com

Daarul Abroor is beloved my campus http//ppda.wordpress.com Panduan Mengelola Website Pribadi Mengelola WordPress Memulai mengelola WordPress: 1. Login sebagai admin melalui http://nama-pengguna.staff.ugm.ac.id/wpadmin, masukkan Username dan Password anda. Bila

Lebih terperinci

MEMBUAT DAN MENGELOLA WEBSITE DESA

MEMBUAT DAN MENGELOLA WEBSITE DESA MEMBUAT DAN MENGELOLA WEBSITE DESA BAB I DAFTAR LAYANAN WEBSITE DI DESAKU.MY.ID Untuk membangun sebuah website desa maka perlu adaya lokasi server yang menyediakan layanan penyediaan website (hosting)

Lebih terperinci

Tutorial Install Wordpress di Linux

Tutorial Install Wordpress di Linux Tutorial Install Wordpress di Linux Oleh: Tim Modul Osca http://osca-akakom.org Content Mangement System ( CMS ) Sebelum kita melangkah untuk mempelajari instalasi wordpress, ada baiknya terlebih dahulu

Lebih terperinci

Cara Mudah Membuat Website

Cara Mudah Membuat Website Cara Mudah Membuat Website Oleh : Deryandri Ternyata membuat website itu mudah, dahulu mampu membuat website sudah canggih bagi orang orang awam, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan membuat website

Lebih terperinci

Pengenalan dan Pembuatan Blog UNY

Pengenalan dan Pembuatan Blog UNY 1 Pengenalan dan Pembuatan Blog UNY Oleh: Herman Dwi Surjono, Ph.D. http://blog.uny.ac.id/hermansurjono Pendahuluan Blog adalah kependekan dari Weblog. Blog merupakan halaman web yang berisi tulisan, gambar,

Lebih terperinci

Tutorial Menggunakan webpraktis profil bisnis

Tutorial Menggunakan webpraktis profil bisnis Tutorial Menggunakan webpraktis profil bisnis 1. Kunjungi Webpraktis.com dan klik tombol Buat Website 2. Pilih Jenis Template Setelah klik buat website,pilih template yang ingin Anda gunakan dari kategori

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan Blog KKNM Unpad

Panduan Penggunaan Blog KKNM Unpad Panduan Penggunaan Blog KKNM Unpad DCISTEM Universitas Padjadjaran i Panduan Penggunaan Blog KKNM Unpad Daftar Isi Daftar Isi... i Log In ke Blog KKNM... 1 Mengenal Blog KKNM Universitas Padjadjaran...

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Pengembangan Sistem Langkah pertama dalam mengembangkan sistem dari sebuah aplikasi adalah dimulai dari mengumpulkan data sesuai kebutuhan yaitu data admin, pelanggan/sohibul,

Lebih terperinci

TUTORIAL PENGELOLAAN WEB PROFIL OPD

TUTORIAL PENGELOLAAN WEB PROFIL OPD TUTORIAL PENGELOLAAN WEB PROFIL OPD DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA (DISKOMINFO) KABUPATEN WONOSOBO Jl. Tumenggung Jogonegoro No. 08 Wonosobo Telp. (0286) 321341 / Fax. (0286) 321341 Email: diskominfo.wonosobo@gmail.com

Lebih terperinci

Pengenalan Blog. Pengenalan Blog. Blog adalah singkatan dari web log yang artinya jenis situs web yang menyerupai tulisan-tulisan pada

Pengenalan Blog. Pengenalan Blog. Blog adalah singkatan dari web log yang artinya jenis situs web yang menyerupai tulisan-tulisan pada 1 Pengenalan Blog Pengenalan Blog Blog adalah singkatan dari web log yang artinya jenis situs web yang menyerupai tulisan-tulisan pada halaman web, biasanya disusun diurutkan secara kronologis (waktu kejadian)

Lebih terperinci

Publikasi Website Di Geocities.ws

Publikasi Website Di Geocities.ws Publikasi Website Di Geocities.ws Muh.Tamimuddin Website dan HTML merupakan dua hal yang sulit dipisahkan. Bagi mereka yang ingin mendalami pernak-pernik pembuatan website, baik dari sisi disain sampai

Lebih terperinci

Panduan Instalasi Drupal 7 di Localhost

Panduan Instalasi Drupal 7 di Localhost Panduan Instalasi Drupal 7 di Localhost T Farhan Alian tfarhanz@gmail.com http://teukufarhan.com Lisensi Dokumen: Copyright 2003-2006 IlmuKomputer.Com Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan,

Lebih terperinci

PT QWORDS COMPANY INTERNATIONAL

PT QWORDS COMPANY INTERNATIONAL PANDUAN MANUAL PT QWORDS COMPANY INTERNATIONAL DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 BAB 1. PENGENALAN... 3 a. Tampilan Cerdas... 3 b. Tampilan Prestasi... 3 c. Tampilan Berbakti... 4 BAB 2. Managemen Konten... 5

Lebih terperinci

Tutorial Membuat Website Gratis

Tutorial Membuat Website Gratis Tutorial Membuat Website Gratis Membuat Website Gratis Dalam membuat website ada 2 komponen yang harus dipersiapkan yaitu domain dan web hosting. Domain adalah nama dan alamat dari sebuah website contohnya

Lebih terperinci

Media Belajar dan Berbagi Ilmu

Media Belajar dan Berbagi Ilmu TUTORIAL PEMBUATAN BLOG DENGAN WORDPRESS Oleh: H. Heri Istiyanto, S.Si Untuk membuat blog yang mudah dan gratis tidaklah sulit. Di internet kita bisa menemukan situs-situs yang menyediakan layanan pembuatan

Lebih terperinci

MANUAL BLOG STAFF.UNS.AC.ID

MANUAL BLOG STAFF.UNS.AC.ID STAFF.UNS.AC.ID UPT. PUSAT KOMPUTER UNIVERSITAS SURAKARTA 2008 BAB I Pendahuluan Registrasi Blog awal mulanya adalah sebuah catatan pribadi, lambat laun perkembangan blog lebih mengarah ke Web Personal

Lebih terperinci

Cara Menginstall WordPress di ByetHost

Cara Menginstall WordPress di ByetHost Oleh : Lutvi Avandi Terima kasih tak terhingga penulis ucapkan kepada: Faiqotul Himmah http://terapiseft.com Yang telah berkenan mendistribusikan ebook ini sehingga sampai di tangan anda. Ebook ini diluncurkan

Lebih terperinci

Modul Pelatihan Blog Pengembangan & Penerapan Teknologi Informasi Pengenalan Blog 1

Modul Pelatihan Blog Pengembangan & Penerapan Teknologi Informasi Pengenalan Blog 1 Blog Pengenalan Blog 1 Blog adalah singkatan dari WeBlog yang artinya jenis situs web yang menyerupai tulisantulisan pada halaman web, biasanya disusun diurutkan secara kronologis (waktu kejadian) mulai

Lebih terperinci

Membuat Website Profesional yang Cepat Menggunakan WordPress. Oleh :

Membuat Website Profesional yang Cepat Menggunakan WordPress. Oleh : Membuat Website Profesional yang Cepat Menggunakan WordPress Oleh : H. Mochamad Wahyudi, S.Kom, MM, CEH, CHFI Bina Sarana Informatika wahyudi@bsi.ac.id http://www.bsi.ac.id Membuat website di internet

Lebih terperinci

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA BAHAN AJAR TEKNOLOGI INFORMASI

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA BAHAN AJAR TEKNOLOGI INFORMASI No. BAK/TBB/TBB204/05 Revisi : 00 Tgl. 19 Agustus 2009 Hal 1 dari 9 BAB IV PANDUAN MEMBUAT BLOG DI WORDPRESS.COM A. Pendahuluan Blog merupakan singkatan dari "web log". Blog adalah bentuk aplikasi website

Lebih terperinci

Tutorial Instal XAMPP

Tutorial Instal XAMPP Tutorial Instal XAMPP WordPress butuh XAMPP agar jalan di PC Oleh: J. Atim FreeTutorial.Web.id Penting! Anda TIDAK memiliki hak untuk menyunting, menjual, menyalin atau menyatakan kepemilikan atas artikel

Lebih terperinci

BAB III PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM

BAB III PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM BAB III PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM Pada Bab ini akan dijelaskan mengenai perancangan perangkat lunak server blogger yang meliputi perancangan sistem, d a n perancangan desain interface system. 3.1

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN CONTROL PANEL WEBSITE SEKOLAH

PANDUAN PENGGUNAAN CONTROL PANEL WEBSITE SEKOLAH PANDUAN PENGGUNAAN CONTROL PANEL WEBSITE SEKOLAH 1. PENDAHULUAN Website Sekolah merupakan website yang memuat informasi-informasi yang berhubungan dengan lingkungan sekolah, mulai dari definisi, informasi

Lebih terperinci

Joomla Panduan Instalasi Joomla

Joomla Panduan Instalasi Joomla 2010 Joomla Panduan Instalasi Joomla XAMPP for Windows, Operating System Windows Joomla Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 3/29/2010 Table of Contents Membuat situs dengan Open Source CMS Joomla...

Lebih terperinci