Marcom & Budgeting Strategy How to Re-allocate Budget to Drive Growth in 2 nd Semester, 2017
|
|
- Sri Sumadi
- 6 tahun lalu
- Tontonan:
Transkripsi
1 WHITEPAPER JUNI 2017 MARKETING COMMUNICATION SERIES Marcom & Budgeting Strategy How to Re-allocate Budget to Drive Growth in 2 nd Semester, 2017 By: Dr. Sandy Wahyudi (DSW) Pemasaran adalah suatu upaya yang terukur, dan hasilnya baru bisa dinikmati dalam jangka panjang. Tidak ada perusahaan yang melakukan upaya pemasaran, langsung detik itu juga terjadi penjualan, sebab pemasaran dan penjualan punya teknik dan tujuan yang berbeda. Marketing atau pemasaran lebih dilakukan untuk tujuan membangun kepercayaan, kepuasan, dan loyalitas konsumen. Sedangkan Selling atau penjualan lebih bertujuan untuk mendapatkan omset saja. Namun, keduanya harus seiring sejalan, tidak bisa berjalan sendiri-sendiri. Dalam whitepaper edisi kali ini akan dibahas bagaimana perusahaan dapat menjalankan pemasaran yang terencana dan terukur, sedemikian tujuan Marketing dan Selling dapat dicapai sesuai harapan. Saya mulai dengan penjelasan terkait Customer Life Cycle, sebab inilah dasar kenapa orang marketing harus terus melakukan pemasaran secara kontinyu. Setiap pelanggan dalam hubungan interaksinya dengan perusahaan kita pastilah mengalami siklus serupa dengan gambar di bawah ini. Pertama kali dia membeli produk kita, detik itu kita namakan proses akuisisi berhasil dilakukan (acquisition). Seiring waktu pelanggan ini apabila mereka puas dengan layanan dan produk yang mereka beli, maka akan masuk ke fase growth (beli lebih sering, beli lebih banyak). Upaya orang marketing sangat diperlukan untuk menjaga retention agar omset yang kita peroleh dari pelanggan tersebut tetap terjaga. Dan apabila pelanggan tersebut sudah mengalami kekecewaan atau kebosanan terhadap perusahaan kita (disebut juga attrition), maka jika tidak dijaga dengan baik, maka dia akan menjadi lost customer, sedemikian upaya kita akan cukup keras untuk melakukan win-back. Biaya marketing dari akuisisi awal, ke fase growth, ke fase retention dan win-back memiliki pola kurva yang berkebalikan dengan kurva
2 siklus customer life cyle. Saat omset yang kita peroleh dari pelanggan berada di puncaknya, maka saat itu biaya marketing yang kita keluarkan sedang berada di titik terendah. Gambar 1. Customer Life Cycle Pertanyaannya, apa saja upaya marketing yang tepat untuk masing-masing siklus customer life cycle tersebut? Whitepaper kali ini sebenarnya hanya akan membahas bagaimana mendapatkan new customer sebanyak mungkin (fase acquisition) saja. Sedangkan pembahasan terkait ketiga fase berikutnya, Anda bisa menantikan di edisi selanjutnya. Untuk kondisi saat ini yang semua serba digital, komunikasi pemasaran tetap harus dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan cara online dan offline. Minimal setiap perusahaan sekarang sudah memiliki website dan social media, namun acapkali upaya untuk mengintegrasikannya dengan kegiatan offline masih belum terlalu nampak. Pemasaran online hanya dilakukan untuk mendapat penjualan (selling) saja, sebaliknya foto-foto kegiatan marketing offline hanya di-posting saja sifatnya di website dan social media sebagai katalog kegiatan. Jadi sifatnya masih parsial, berjalan sendiri-sendiri tanpa adanya strategi benang merah yang kuat. Beberapa waktu lalu saya lihat muncul iklan di TV suatu produk consumer goods (ice cream Walls) yang mulai mengintegrasikan kegiatan online dan offline sekaligus. Yaitu promo iklan di TV mengajak para pemirsa untuk kunjungi website mereka dan mendapatkan nomor kupon yang bisa ditunjukkan untuk mendapatkan ice cream gratis saat acara roadshow di kota mereka masing-masing. Teknik ini sebenarnya tidak hanya
3 mengawinkan online dan offline saja, melainkan ketiga hal sekaligus, yaitu ATL (above the line) yaitu melalui iklan promo di TV, juga BTL (below the line) yaitu melalui acara roadshow di kotakota besar Indonesia, serta TTL (through the line) yaitu melalui website. Berikut adalah aspek-aspek terpenting yang wajib dimiliki perusahaan sebagai amunisi untuk melakukan beragam kegiatan marketing, baik secara online maupun offline. Seluruh kegiatan marketing haruslah tetap diperhatikan sisi kreativitas konsep acara, desain yang menarik, dan kuatnya komunikasi internal sedemikian kegiatan pemasaran menjadi efektif. Gambar 2. Online & Offline Marketing Berikut saya berikan contoh sebuah upaya pemasaran sebuah perusahaan IT skala menengah di Amerika yang sukses mengakuisisi klien-klien baru dalam waktu singkat. Bujet pemasaran yang dikeluarkan dibagi-bagi sedemikian rupa sesuai dengan lokasi dimana target segmen berada. Bujet terbesar adalah untuk Online Advertising (iklan banner, google adword, dll) sedangkan bujet terkecil adalah untuk Print Advertising (brosur, katalog, dll). Memang tren sekarang yang terjadi adalah banyak perusahaan yang mengurangi bujet kegiatan offline untuk dialihkan ke kegiatan online.
4 Gambar 3. Marcom Budget IT Company Kembali ke konsep integrasi ATL, BTL, dan TTL. Masing-masing teknik memiliki tujuannya masing-masing. Apabila ATL adalah untuk mendapatkan reach (jauhnya jangkauan paparan), frequency (banyak jumlah pendengar/pemirsa), brand awareness (ingatan akan merek). Sedangkan BTL adalah untuk mendapatkan lead (database calon pelanggan baru) dan mendapatkan omset penjualan. Maka TTL adalah upaya untuk mengintegrasikannya, supaya setiap upaya marketing yang kita lakukan bisa terus diingat dan dilihat terus oleh pelanggan. T T L Gambar 4. Above the Line & Below the Line Jika perusahaan kita mampu mengintegrasikan ATL, BTL, dan TTL sekaligus, maka dampak program pemasaran akan dirasakan secara signifikan dan bertahan lama, karena amplifier effect akan terjadi. Bukan rumus = 2 yang terjadi, melainkan = (infinity). Bayangkan saja skenario seperti ini, suatu perusahaan membuat sebuah iklan promosi di Baliho / ATL untuk mensukseskan acara roadshow / BTL-nya, lalu dokumentasi dalam acara tersebut diedit dengan cantik untuk bisa menjadi konten promosi di TV / ATL untuk attract pengunjung lagi pada acara roadshow berikutnya dan juga iklan tersebut dipasang di Youtube / TTL agar viral marketing terjadi.
5 Apa yang terjadi kemudian? Jika konsep acara BTL tersebut memang menarik, maka acara serupa akan dinantikan lagi berikutnya dan pastinya akan menyedot jumlah pengunjung yang lebih banyak karena netizen yang tahu acara tersebut sudah di-engage dengan baik (supaya berikan comment, like, subscribe). Tentu saja konsep ini masih sangat cocok dengan target segmen yang usianya di antara tahun oleh sebab masih stay connected dengan internet setiap harinya, dan masih suka akan media konvensional (TV, koran, radio). Berbeda dengan generasi milenial yang usianya masih di bawah 20 tahun, mereka cenderung hanya akses media online saja, begitupula dengan generasi Gen X (kelahiran ) yang cenderung hanya suka mengakses media konvensional saja. Gambar 5. Integrasi ATL BTL - TTL Contoh integrasi ATL BTL TTL di atas kami usulkan kepada salah satu klien kami yang bergerak di bidang convenyor belt dimana fokus target segmen yang kami mau garap adalah anak-anak dari pemilik pabrik yang pastinya akan meneruskan usaha orangtuanya saat mereka lulus kuliah nanti. Kenapa kami memilih anak pemilik pabrik? Karena mereka ada di usia sekitar 20 tahunan, pastinya mereka suka mem-viral-kan suatu kejadian yang unik di dunia nyata, untuk di-posting di online. Kenapa kami memilih pemilik pabrik? Karena kebutuhan convenyor belt terbesar adalah pada industri fabrikasi yang proses produksinya berjalan dari satu workstation ke workstation lainnya (dari satu mesin ke mesin lainnya).
6 Kami mencoba usulkan sebuah acara BTL berupa lomba menaiki conveyor belt yang sedang berjalan dengan cara berkelompok (saling gendong/pikul) di sebuah Mall kelas atas di Surabaya. Yang ingin kami tampilkan adalah kekuatan dari conveyor belt tersebut tapi dengan cara yang fun dan challenging. Kami berharap bahwa acara lomba sekaligus pameran ini bisa menarik perhatian pengunjung Mall dan bisa mendapat database para pemilik pabrik yang mungkin sedang liburan dengan keluarganya di Mall. Konsep marketing yang sekaligus dikombinasi dengan permainan ini disebut juga sebagai gamification. Jika acara ini menarik, tentunya pasti akan dibantu viral-kan oleh para peserta lomba di social media mereka masingmasing, dan nama brand klien juga akan secara tidak langsung ikut di-viral-kan juga. Untuk mewujudkan rencana integrasi ATL BTL TTL ini, harus tetap diperhatikan untuk tiap fase customer journey-nya. Setidaknya ada 3 fase customer journey untuk mengakuisisi pelanggan baru, yaitu: 1. Pre Sales, yaitu fase membangun ARD (awareness, retention, distortion) untuk meningkatkan purchase intention. a. Awareness; agar mereka yang belum tahu akhirnya tahu bahwa perusahaan kita eksis. b. Retention; agar mereka yang sudah pernah beli di perusahaan kita agar mau beli terus. c. Distortion; agar pelanggan pesaing agar mau berpindah ke perusahaan kita. 2. Selling Process, yaitu fase meningkatkan kemungkinan decision making agar calon customer cepat ambil action untuk beli produk kita. 3. After Sales, yaitu fase agar mereka yang sudah mengambil keputusan beli terus bisa menerima benefit berkelanjutan dan mau melakukan repeat buying di kemudian hari. Untuk menjalankan fase Pre-Sales, kami usulkan menggunakan media konvensional radio dan social media menggunakan jasa selebgram kegemaran anak muda untuk menginformasikan adanya acara pameran sekaligus lomba di sebuah Mall eksklusif. Selain itu, database para pelanggan lama bisa dikontak agar mau meramaikan acara tersebut karena ada promosi penjualan yang sifatnya terbatas pada hari H yang mereka bisa dapatkan. Dalam fase Selling Process, semua tetap difokuskan kepada acara lomba. Karena unik, kemungkinan besar beberapa reporter/wartawan media ATL akan hadir apabila mereka dikirimkan press release
7 sebelumnya, sebab pada dasarnya mereka mencari berita yang segar dan fun untuk koran mereka. Sedangkan pada BTL, promosi terbatas akan diberikan apabila ada pemilik pabrik yang saat itu juga hadir untuk menanyakan lebih lanjut terkait keunggulan produknya. Secara TTL, kita minta anak pemilik pabrik tersebut untuk bersedia mem-viral-kan acara tersebut agar orangtuanya mendapat promosi yang lebih besar. Pada fase After Sales, karena sudah terkumpul cukup banyak foto dan liputan media, maka kita akan membuat iklan ucapan terimakasih atas suksesnya acara tersebut di media koran, sekaligus memasukkannya ke dalam katalog company profile dan brosur versi cetak yang akan menjadi amunisi untuk para sales agar lebih mudah menawarkan produknya ke calon pelanggan baru (brand trust nya meningkat). Selain itu, dalam teknik TTL berikutnya karena kita sudah punya network baru, maka ucapan selamat ulang tahun dan informasi promo lainnya untuk keep in touch bisa terus dilakukan dengan anak pemilik pabrik khususnya. Kuncinya mengajak mereka untuk mau terus mem-viral-kan acara unik yang barusan diselenggarakan. Gambar 6. Return on Marketing Investment Tentunya dalam menyelenggarakan konsep integrasi ATL BTL TTL di atas tidaklah sedikit biaya yang harus dikeluarkan. Resiko gagal dengan biaya besar yang dianggarkan harus tetap bisa dipertanggung-jawabkan. Oleh sebab itu, harus dipersiapkan perhitungan ROMI nya. ROMI adalah sebuah singkatan dari Return on Marketing Investment, sebuah pendekatan matematis agar kita bisa tahu apakah program komunikasi pemasaran yang kita lakukan apakah sudah tepat sasaran ataukah belum. Paling mudah adalah dengan melihat before-after, yaitu berapa rata-rata omset penjualan sebelum integrasi ATL BTL TTL dilakukan, dan berapa peningkatan omset yang dihasilkan setelah acara selesai dilakukan. Incremental revenue atau peningkatan omset ini kemudian dibagi dengan total biaya marketing yang barusan dikeluarkan, maka kita akan peroleh perhitungan ROMI nya. Sebagai contoh, Andaikan rata-rata omset penjualan kita
8 adalah berada pada 100 juta per bulan, setelah kita keluarkan bujet marketing sebanyak 30 juta, maka dalam kurun beberapa bulan ke depan rata-rata omset penjualan kita sekarang berada pada 250 juta per bulan, maka nilai ROMI = ( ) / 30 = 5. Nilai ROMI yang baik adalah sekitar 10 20, artinya setiap rupiah yang kita keluarkan untuk bujet marketing, maka akan ada peningkatan omset penjualan sekitar rupiah. Namun perhitungan ROMI ini pun harus didampingi dengan alat analisis marketing lainnya, sebab bisa jadi setelah bujet marketing dikeluarkan, ternyata omset penjualan tidak kunjung naik dalam waktu singkat. Di sisi lain, traffic visitor di website kita ternyata bertambah pesat, dan bahkan diakses dari kota-kota lain di Indonesia. Jika kita terus melakukan hal ini secara konsisten, maka kemungkinan besar beberapa minggu/bulan kemudian akan ada pelanggan dari luar kota yang datang mencari produk kita. Artinya, market share kita bisa bertambah luas dan punya dampak jangka panjang yang baik. Oleh sebab itu, perhitungan ROMI juga harus diimbangi dengan perhitungan aspek marketing lainnya seperti pada gambar di bawah ini. Output marketing khususnya terkait TTL bisa dipertimbangkan bukan dari sisi kenaikan omset penjualan saja, melainkan juga dari aspek RACE (reach, act, convert, engage). Gambar 7. Marcom Ouput TTL RACE Reach yang dimaksud adalah bagaimana perusahaan mendapatkan peningkatan jumlah visitor di website, lalu juga berhasil menurunkan bounce rate (tingkat orang kesasar masuk ke
9 website orang lain yang tidak sesuai harapannya), dan meningkatkan jumlah netizen yang melakukan search katakunci di Google sesuai dengan spesifikasi yang diharapkan di SEO. Sedangkan Act yang dimaksud adalah jumlah interaksi yang terjadi antara perusahaan dengan calon pelanggan, baik interaksi secara tidak langsung (via /chat), maupun secara langsung (telephone / face to face). Perlu ditinjau apakah ada kenaikan persentase konversi leads atau tidak setiap bulannya. Konversi leads maksudnya adalah dari sekian ribu visitor di website berapa jumlah orang yang mau berinteraksi setiap bulannya. Misalkan dari 3000 visitor tiap bulannya di website, ternyata hanya 60 orang saja yang kontak ke perusahaan (chat, , telephone, dll), maka konversi leads = 60/3000 * 100% = 2% saja. Convert yang dimaksud adalah bagaimana perusahaan dapat meningkatkan omset penjualan dan profit setelah melakukan kampanye marketing integrasi ATL BTL TTL. Misalnya jika dahulu ada 10 orang calon pelanggan yang tanya produk kita dalam sebulan, lalu dari 10 orang itu hanya 1 orang saja yang ambil barang (conversion rate 1/10 *100% = 10%), dan sekarang bisa ada 20 orang yang tanya lalu 4 orang yang ambil barang, maka tingkat konversinya mengalami peningkatan (4/20 *100% = 20%). Selain itu, juga bisa diamati apakah ada kenaikan rata-rata omset per pelanggannya per sekali pesan. Aspek terakhir yang bisa dijadikan acuan marketing output adalah Engage. Yang dimaksud engage disini adalah interaksi perusahaan dengan pelanggan aktif yang ada. Bisa dilihat dari jumlah pelanggan aktif dibagi dengan total database pelanggan. Juga bisa dilihat dari berapa nilai omset yang diberikan oleh pelanggan loyal dibanding dengan total seluruh transaksi yang ada. Biasanya Prinsip Pareto akan berlaku, yaitu 80% jumlah pelanggan hanya menyumbangkan 20% omset, sebaliknya, 20% jumlah pelanggan menyumbangkan 80% omset penjualan. Selain itu bisa dilihat juga seberapa aktif pelanggan loyal menyebutkan brand perusahaan kita di social media mereka. Hal ini bisa diukur dengan menggunakan tools IT, seperti Hubspot, CRM, dll untuk melihat level advokasi mereka untuk kita dibandingkan para pesaing lainnya. Itulah sekilas pemaparan konsep whitepaper berjudul How to Reallocate Marcom Budget to Drive Growth. Bahwa setiap bisnis pada dasarnya bisa terus berinovasi untuk melakukan integrasi program pemasaran ATL BTL dan TTL sekaligus, sedemikian hasilnya bisa signifikan dan berdampak jangka panjang. Untuk konsultasi lebih lanjut mengenai
10 aplikasi konsep ini di perusahaan Anda, segera kontak tim kami di kantor untuk mendapatkan penjelasan lebih detail akan layanan yang ada di SLC MARKETING, INC.! ONLY MARKETING CAN DRIVE INNOVATION! By: Dr. Sandy Wahyudi (DSW) Praktisi & Pakar Marketing dan Inovasi Consultant, Trainer, Business Coach, Writer, Speaker Business Development Director SLC MARKETING, INC.
The Brand is Back: Staying Relevant in an Accelerating Age through Brand-Driven Innovation
WHITEPAPER MEI 2017 BRAND MANAGEMENT SERIES The Brand is Back: Staying Relevant in an Accelerating Age through Brand-Driven Innovation By: Dr. Sandy Wahyudi (DSW) Banyak pebisnis bingung apa yang salah
Lebih terperinciBack to Basics: Creating Value through Superior Products Bagaimana menciptakan nilai tambah bagi perusahaan melalui pengembangan produk unggulan
WHITEPAPER FEBRUARY 2017 PRODUCT INNOVATION SERIES Back to Basics: Creating Value through Superior Products Bagaimana menciptakan nilai tambah bagi perusahaan melalui pengembangan produk unggulan By: Dr.
Lebih terperinciPEMASARAN ONLINE (Manfaat, Keuntungan & Cara Kerjanya)
PEMASARAN ONLINE (Manfaat, Keuntungan & Cara Kerjanya) PEMASARAN ONLINE FOR X SMK Copyriht by : Rio Widyatmoko,A.Md.Kom MANFAAT PEMASARAN ONLINE MANFAAT PEMASARAN ONLINE a. Melakukan perubahan dengan cepat.
Lebih terperinciBAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Internet merupakan salah satu hal yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia pada saat ini. Kemudahan mendapatkan internetlah yang membuat internet sendiri
Lebih terperinciPENDAHULUAN. Sebagaimana kita ketahui, dewasa ini persaingan antara perusahaan semakin
BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Penelitian. Sebagaimana kita ketahui, dewasa ini persaingan antara perusahaan semakin ketat. Masing masing perusahaan berusaha untuk merealisasikan tujuannya. Usaha
Lebih terperinciMEDIA CONNECTIVITY STRATEGY
WHITEPAPER AUGUST 2016 MEDIA CONNECTIVITY STRATEGY Connecting the Dots of Customer Voice By: Dr. Sandy Wahyudi (DSW) PENDAHULUAN Frasa kalimat upaya menembak semut dengan senapan mesin mungkin sudah umum
Lebih terperinciFamily Business Rejuvenation Strategy Strategi Meremajakan Kembali Bisnis Keluarga di Era Trump Economy
WHITEPAPER APRIL 2017 FAMILY BUSINESS SERIES Family Business Rejuvenation Strategy Strategi Meremajakan Kembali Bisnis Keluarga di Era Trump Economy By: Dr. Sandy Wahyudi (DSW) Tantangan terbesar yang
Lebih terperinciDigital Marketing Strategy
Digital Marketing Strategy Digital Explosion 2 Digital Marketing Strategy Framework Great Content SEO Website Strategy Database Pelanggan Email Strategy Faceboook, Great Content Twitter, Youtube, SEO Instagram
Lebih terperinciProposal Kerjasama Usaha
Proposal Kerjasama Usaha Google Marketing Sistem Solusi Jitu Untuk Meningkatkan Omzet Penjualan Perusahaan Anda Writen By Yogi Apriadi yogi.apriadi@gmail.com 0858 6121 2920 ( SMS only ) PENDAHULUAN Pada
Lebih terperinciPROPOSAL PENAWARAN JASA INTERNET MARKETING BY VOSMOB INDONESIA
PROPOSAL PENAWARAN JASA INTERNET MARKETING BY VOSMOB INDONESIA Vosmob Office: Jalan U no. 6 Palmerah, Jakarta Barat Phone: 081992222318 / 082389098080 Email: cs.vosmob@gmail.com Site: www.vosmob.com Vosmob
Lebih terperinciBAB I PENDAHULUAN. kehidupan manusia sehari-hari. Segala interaksi yang terjadi merupakan hasil dari
1 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Penelitian Komunikasi merupakan salah satu kegiatan yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia sehari-hari. Segala interaksi yang terjadi merupakan hasil dari komunikasi
Lebih terperinciMata Kuliah - Media Planning & Buying
Mata Kuliah - Media Planning & Buying Modul ke: Faktor Strategi & Bauran Media Fakultas FIKOM Ardhariksa Z, M.Med.Kom Program Studi Marketing Communication and Advertising www.mercubuana.ac.id Faktor strategi
Lebih terperinciPemasar dapat menawarkan lebih banyak produk dan jasa dari sebelumnya. Pemasar dapat mengumpulkan informasi mengenai konsumennya dengan lebih cepat
DIGITAL MARKETING Pendahuluan Teknologi saat ini telah mulai berubah atau berkembang dari offline menjadi online Konsumen lebih aktif mencari apa yang diinginkan menggunakan media online Konsumen dapat
Lebih terperinciPeluang Bisnis Sampingan Distro Online
Peluang Bisnis Sampingan Distro Online Bagi sebagian besar anak muda, terlihat modis, rapi, dan trendy, sudah menjadi sebuah kebutuhan yang tak bisa dipisahkan. Tidaklah heran bila perubahan gaya hidup
Lebih terperinciMAKALAH LINGKUNGAN BISNIS Toko online
MAKALAH LINGKUNGAN BISNIS Toko online Disusun Oleh Nama : Wian ramadiansyah NIM : 11.11.4819 Kelas : 11 S1TI 03 JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM YOGYAKARTA
Lebih terperinciBUILDING A CULTURE THAT EMBRACES THE CUSTOMER S POINT OF VIEW
WHITEPAPER JANUARY 2017 BUILDING A CULTURE THAT EMBRACES THE CUSTOMER S POINT OF VIEW Membangun Budaya Kepemimpinan yang lebih mengutamakan sudut pandang pelanggan sebagai dasar pengambilan keputusan di
Lebih terperinciBAB 4 PEMBANGUNAN WEBSITE E-MARKETING. Pada bab sebelumnya hal yang banyak dibahas adalah mengenai analisa
BAB 4 PEMBANGUNAN WEBSITE E-MARKETING Pada bab sebelumnya hal yang banyak dibahas adalah mengenai analisa kebutuhan, kondisi pasar, dan analisa SWOT pada perusahaan, serta uraian strategi dan tujuan yang
Lebih terperinciBAB I PENDAHULUAN. pada industri otomotif nasional pada saat ini, meskipun pada tahun 2011 terjadi
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang cukup tinggi berdampak sangat besar pada industri otomotif nasional pada saat ini, meskipun pada tahun 2011 terjadi permasalahan
Lebih terperinciBAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang
BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Menurut Bear (2006), desain grafis didefinisikan sebagai sebuah proses dan seni yang mengkombinasikan teks dan grafik dalam mengkomunikasikan pesan secara efektif.
Lebih terperinci4 Langkah untuk Mulai Berjualan Online Sampai Berhasil Mendapatkan Pembeli
4 Langkah untuk Mulai Berjualan Online Sampai Berhasil Mendapatkan Pembeli Modul Pelatihan dan Pendampingan Rumah Kreatif BUMN Platform Media Berjualan Online Ada berbagai media yang dapat digunakan untuk
Lebih terperinciBAB I PENDAHULUAN. Melihat perkembangan zaman dan teknologi yang ada pada saat ini,
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Penelitian Melihat perkembangan zaman dan teknologi yang ada pada saat ini, membuat komunikasi menjadi lebih mudah dan beragam, mulai dari bentuk komunikasi satu arah
Lebih terperinciLink Flash Digital. Proposal untuk Digital Marketing dan Website Developement
Link Flash Digital Proposal untuk Digital Marketing dan Website Developement Link Flash Digital Jika anda menginginkan visibilitas bisnis produk dan jasa dilihat oleh ribuan orang yang tepat, ingin memulai
Lebih terperinciKARYA ILMIAH PELUANG BISNIS BUTIK ONLINE
KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS BUTIK ONLINE Disusun oleh : Nama : Indah ayu puspitasari Nim : 11.12.5464 Kelas : S1 SI 02 PROGRAM STUDI S1 SISTEM INFORMASI STMIK AMIKOM YOGYAKARTA 2011/2012 ABSTRAK Bisnis
Lebih terperinciWEBSITE TENANT (BRANCH BATAM) ADIET A - ( KETUA - MARKETING ) INNOVATION AWARD PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA, Tbk
WEBSITE TENANT () (BRANCH BATAM) ADIET A - (15115600 - KETUA - MARKETING - 085695182264) INNOVATION AWARD PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA, Tbk SUGGESTION SYSTEM INNOVATION REPOSITORY A. JUDUL Website Tenant
Lebih terperinciCompany Profile: idkeyword Digital Advertising
Company Profile: idkeyword Digital Advertising idkeyword www.idkeyword.com SouthEast Asia (SEA) Google Engage Agency Jl.Ketapang IV, Blok DD 43/7. Pondok Pekayon Indah. Bekasi - Indonesia Daftar Isi 1
Lebih terperinci20 Tips CARA MEMPROMOSIKAN TOKO ONLINE. Jejualan
20 Tips CARA MEMPROMOSIKAN TOKO ONLINE Jejualan DaftarIsi Judul Daftar Isi Introduction Isi 1. Berikan Penawaran Awal yang Reguler 2. Gunakan Email Pemasaran untuk Mengingatkan Pelanggan Berbelanja 3.
Lebih terperinciTEKNIK BERIKLAN DI INTERNET
TEKNIK BERIKLAN DI INTERNET Dosen Pembimbing: M.Suyanto, MM Disusun oleh: 1. Angga Nur Pratama (09.12.3924) SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER STMIK AMIKOM YOGYAKARTA 2011 1. ABSTRAK Sampai
Lebih terperinciPembangun Aset Income TANPA Ilmu Kanuragan 1
1 2 3 ====== Ebook 5 ====== PANDUAN PROMOSI GRATIS POWERFULL ========== 4 DEMI KEBAIKAN PASTIKAN ANDA MEMBACA EBOOK INI MULAI DARI AWAL HINGGA AKHIR Sekarang kita masuk ke pembahasan tentang bagaimana
Lebih terperinciBAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN
BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN 5.1 Kesimpulan Berdasarkan hasil temuan pada penelitian yang telah dilakukan, maka kesimpulan yang dapat diambil adalah sebagai berikut: 1. Pada pasar anak remaja seperti siswa-siswi
Lebih terperinciBAB IV PENUTUP. 1.1 Kesimpulan
BAB IV PENUTUP Berdasarkan hasil penelitian yang diadakan di PT Semen Indonesia (Persero), Tbk serta analisis peneliti terkait dengan strategi komunikasi pemasaran terpadu Semen Indonesia dalam menghadapi
Lebih terperinciTUGAS UJIAN TENGAH SEMESTER E-BISNIS
TUGAS UJIAN TENGAH SEMESTER E-BISNIS PEMANFAATAN INTERNET UNTUK PEMASARAN DAN TRANSAKSI BISNIS KULINER OLEH : NAMA : YUSRIL FAHRIZAL NIM : 08.11.2022 KELAS : S1-TI-6C SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA
Lebih terperinciBAB V PENUTUP. konsumen sasaran, menentukan peranan periklanan dan bauran promosi, menunjukkan tujuan dan besarnya anggaran promosi, memilih strategi
95 BAB V PENUTUP A. Kesimpulan Pemasaran merupakan sekumpulan rancangan kegiatan yang berkaitan untuk mengetahui kebutuhan konsumen dan pengembangan, mendistribusikan, mempromosikan, serta menetapkan harga
Lebih terperinciRAHASIA 10 ASET DIGITAL, MESIN PENCETAK UANG. kelasbos.com - Fahmi Hakim
RAHASIA 10 ASET DIGITAL, MESIN PENCETAK UANG. Bangun aset digital, yang akan menjadi mesin pencetak uang untuk bisnis anda. Coba perhatikan dibawah ini : TRAFFIC TOKO ONLINE KONVERSI Dari pola diatas,
Lebih terperinciIni Trik Cepat Agar Kamu Bisa Cepat kaya Dari Toko Online
Ini Trik Cepat Agar Kamu Bisa Cepat kaya Dari Toko Online Jika Anda menjalankan sebuah toko online, kadang-kadang perubahan kecil yang Anda lakukan bisa meningkatkan konversi secara keseluruhan. Ada banyak
Lebih terperinciBAB V KESIMPULAN DAN SARAN
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN Pada bab ini penulis akan mengemukakan kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan dan berdasarkan hasil pembahasan pada bab sebelumnya. Selanjutnya penulis mengajukan
Lebih terperinciBAB II TINJAUAN PUSTAKA
BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Pengertian Pemasaran Pemasaran adalah usaha untuk menyediakan dan menyampaikan barang dan jasa yang tepat kepada orang-orang yang tepat pada tempat dan waktu serta harga yang
Lebih terperinciMODUL. Copywriting (3 SKS) Oleh : Dra. Nanik Ismiani
FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MERCU BUANA JAKARTA Pertemuan 13 MODUL Copywriting (3 SKS) Oleh : Dra. Nanik Ismiani POKOK BAHASAN Below The Line DESKRIPSI Dalam pokok bahasan ini akan dibahas mengenai
Lebih terperinciDigital Marcomm. Karakteristik Media & Pemasaran Digital. Yani Pratomo, S.S, M.Si. Advertising & Marketing Communication.
Modul ke: Digital Marcomm Karakteristik Media & Pemasaran Digital Fakultas Ilmu Komunikasi Yani Pratomo, S.S, M.Si. Program Studi Advertising & Marketing Communication www.mercubuana.ac.id Karakteristik
Lebih terperinciBAB V KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
BAB V KESIMPULAN DAN REKOMENDASI 5.1 Kesimpulan Tabloid NOVA merupakan tabloid wanita yang memiliki kompetensi sangat baik dan memiliki market share terbesar dibandingkan dengan para kompetitornya serta
Lebih terperinciBAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Penelitian
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Penelitian Telekomunikasi merupakan bagian yang penting di dalam kehidupan manusia dan tak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari. Handphone menjadi salah satu sarana
Lebih terperinciBAB I PENDAHULUAN. Seiring dengan perkembangan teknologi dan meningkatnya kebutuhan
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Seiring dengan perkembangan teknologi dan meningkatnya kebutuhan memunculkan konsep pemasaran baru. Jika tadinya para pemasar menggunakan toko atau media cetak untuk
Lebih terperinciBAB I PENDAHULUAN. penerapan dengan menggunakan teknologi informasi adalah e-customer
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi, banyak sekali terobosanterobosan baru dalam dunia teknologi saat ini. Di era informasi dan globalisasi saat ini, banyak
Lebih terperinciPERTEMUAN 6 PROMOSI DAN PEMELIHARAAN WEB
PERTEMUAN 6 PROMOSI DAN PEMELIHARAAN WEB Promosi Website Bagaimana user dapat menemukan dan mendapatkan informasi dari website adalah tujuan dari promosi web, terutama untuk aplikasi web yang komersil.
Lebih terperinciBAB V RENCANA AKSI PEMASARAN
BAB V RENCANA AKSI PEMASARAN Dalam bab V didiskusikan mengenai rencana aksi dari rencana pemasaran produk KartuHalo-fit Hybrid. Rencana kegiatan pemasaran dilakukan melalui media cetak dan elektonik atau
Lebih terperinciWhat is di Gital Marketing
Digital Marketing Standart Kompetensi Mampu Mengenal Konsep Digital Marketing dan Manfaat Bagi Indvidu Maupun Perusahaan. Mampu untuk Membedakan Digital Marketing Tradisional & Modern What is di Gital
Lebih terperinciDISUSUN OLEH : MITA PERMATA JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA JENJANG STRATA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
STRATEGI MARKETING DALAM E-BUSINESS DISUSUN OLEH : MITA PERMATA 08.11.2313 JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA JENJANG STRATA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER STMIK AMIKOM YOGYAKARTA 2011 BAB 1
Lebih terperinciBAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN HIPOTESIS. Iklan merupakan sarana komunikasi terhadap produk yang disampaikan
BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN HIPOTESIS 2.1. Periklanan Iklan merupakan sarana komunikasi terhadap produk yang disampaikan melalui berbagai media dengan biaya pemrakarsa agar masyarakat tertarik untuk menyetujui
Lebih terperinciBAB IV INTERPRETASI HASIL PENELITIAN
BAB IV INTERPRETASI HASIL PENELITIAN A. Analisis Data Analisis data merupakan tahap di mana data yang diperoleh akan dibahas oleh peneliti baik data yang berasal dari informan (wawancara), pengamatan lapangan
Lebih terperinciAnda bisa kunjungi blog saya yang sederhana di
Seluruh artikel ini ditulis oleh Gm.Susanto, seorang praktisi Internet Marketing yang lebih suka bekerja dari rumah dengan dibantu belasan karyawan yang bisa dipercaya. Anda bisa membagikan ebook ini secara
Lebih terperinciBAB I PENDAHULUAN. Universitas Sumatera Utara. 1 Universitas Sumatera Utara
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Pada era globalisasi sekarang ini, informasi mengenai berbagai hal bisa kita dapatkan dengan mudah dan cepat. Berkomunikasi adalah cara yang digunakan manusia
Lebih terperinciOnline Advertising IKL 260. Pertemuan 1 Perubahan wajah pemasaran
Online Advertising IKL 260 Pertemuan 1 Perubahan wajah pemasaran Slide 1 Slide 1 Slide 1 Slide 1 Slide 1 Slide 1 Slide 1 Slide 1 Slide 1 Slide 1 Slide 1 Slide 1 Slide 1 Slide 2 Kuis S r _ h F e _ k G g
Lebih terperinciSEO Search Engine Optimization. Oleh: Ade Eka Putra ( )
SEO Search Engine Optimization Oleh: Ade Eka Putra (0615124023) PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS WIDYATAMA BANDUNG 2016 Belajar SEO: Panduan untuk Pemula dalam Memahami dan
Lebih terperinciINTERVIEW GUIDE. Tahap-Tahap Strategi Komunikasi Pemasaran Gallery Prawirotaman Hotel
INTERVIEW GUIDE Tahap-Tahap Strategi Komunikasi Pemasaran Gallery Prawirotaman Hotel TahapPerumusan 1) Apa langkah awal yang dilakukan oleh Gallery Prawirotman Hotel dalam menentukan strategi komunikasi
Lebih terperinciBAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Penelitian
BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Penelitian Pada zaman yang serba digital saat ini, teknologi menjadi hal yang sangat vital. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, cara bertransaksi menjadi
Lebih terperinciBAB V PENUTUP A. Kesimpulan
BAB V PENUTUP A. Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang disajikan pada bab sebelumnya, maka peneliti mengambil kesimpulan mengenai bagaimana praktik promosi produk wisata XT Square
Lebih terperinciBAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN
BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN 6.1 Kesimpulan 6.1.1 Ekuitas merek Tabel 6.1 Ringkasan Ekuitas Merek Dimensi Spesifikasi Keterangan Kesadaran Merek Asosiasi Merek Top of mind Brand recall Brand recognition
Lebih terperinciINOVASI MARKETING. Solusi efektifitas pemasaran produk dan bisnis
INOVASI MARKETING Solusi efektifitas pemasaran produk dan bisnis PT. LOKA CITRA MEDIA JL. HM Rahum No.9D, Duri Kosambi Baru Raya Cengkareng - Jakarta Barat. indonesia Office : 021-29725174 / 0819 9962
Lebih terperinciPROPOSAL Kemitraan PENAWARAN PENYERTAAN SAHAM. HERRI AZHARI. Kepada MITRA AKADEMI MARKETNG DIGITAL PROFESSIONAL
www.akademi.marketingdigital.id PROPOSAL Kemitraan PENAWARAN PENYERTAAN SAHAM HERRI AZHARI Ph: 081286760166 Email : abet_ori@yahoo.com Proposal penawarkan kerjasama Akademi Marketing Profesional Kepada
Lebih terperinciBAB I PENDAHULUAN. promosikan agat dapat dikenal sehingga membutuhkan bauran komunikasi. pemasaran langsung dan interaktif.
1 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Disebuah perusahaan selalu ada produk atau jasa yang harus di promosikan agat dapat dikenal sehingga membutuhkan bauran komunikasi pemasaran merupakan penggabungan
Lebih terperinciBAB I PENDAHULUAN. mengalami peningkatan yang cukup pesat. Saat ini, tercatat ada sekitar 800. distro di sejumlah kota di Indonesia 1.
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Perkembangan bisnis distribution store atau distro di beberapa kota besar di Indonesia terus membaik. Di Jakarta, misalnya, bisnis penjualan fashion dengan
Lebih terperinciBAB II TINJAUAN PUSTAKA
BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Promosi Promosi merupakan salah satu elemen yang penting dalam bauran pemasaran, dengan kegiatan promosi perusahaan dapat memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada konsumen,
Lebih terperinciBy: Ryan Kristomuljono (+62)
By: Ryan Kristomuljono (+62) 021 5890 1608 www.toffeedev.com Perkenalan Internet Telah Mengubah Cara Mendapatkan Dan Mempertahankan Pelanggan Selamanya Internet telah membuat perubahan yang luar biasa
Lebih terperinciAlamat : Jln. Tajem, Maguwoharjo, Depok, Sleman Kontak : Muhammad Faris ( ) PROPOSAL ADVERTORIAL DENTAL.ID
PROPOSAL ADVERTORIAL DENTAL.ID I. PENDAHULUAN Dalam era globalisasi, internet merupakan media yang banyak berpengaruh dalam media periklanan yang praktis. Telah banyak keuntungan yang bisa diambil seperti
Lebih terperincijhon analisis design a wesbsite devoloper semua solusi ada pada kami Addreas Jl.Eka Warni no.54 Medan-Johor
Addreas Jl.Eka Warni no.54 Medan-Johor Email jhonrudolfs@hotmail.co.id Phone 081361005184 a wesbsite devoloper semua solusi ada pada kami Hal : Proposal Penawaran Pembuatan Website Company Profile Kepada
Lebih terperinciBAB V KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
BAB V KESIMPULAN DAN REKOMENDASI 5.1 Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh tim GFP, kesimpulan yang kami dapatkan adalah sebagai berikut : Pasar anggrek di Indonesia masih sangat
Lebih terperinciBAB I PENDAHULUAN. dan menginginkan suatu peradaban yang lebih baik dalam arti memiliki
BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Penelitian Teknologi tercipta atas dasar sifat manusia yang selalu bergerak dinamis dan menginginkan suatu peradaban yang lebih baik dalam arti memiliki kemudahan
Lebih terperinciBAB V KESIMPULAN DAN SARAN. disimpulkan beberapa hal mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran. Makan Sutra oleh PT. Supermal Karawaci sebagai berikut :
95 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN 5.1 Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan beberapa hal mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran Makan Sutra oleh PT. Supermal Karawaci
Lebih terperinciBAB 4 RANCANGAN DAN APLIKASI
BAB 4 RANCANGAN DAN APLIKASI 4.1 Empat Tahap Lanjutan Pembangunan Awal E-Marketing 4.1.1 Tahap 4 : Merancang Customer Interface Pada tahap ini akan menjelaskan tentang perancangan tampilan dari aplikasi
Lebih terperinciBAB 1 PENDAHULUAN. Setiap perusahaan mempunyai tujuan utama untuk mendapatkan profit
BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Setiap perusahaan mempunyai tujuan utama untuk mendapatkan profit semaksimal mungkin, sehingga banyak yang kurang memperhatikan hal lain selain bagaimana cara meningkatkan
Lebih terperinciBAB 5 SIMPULAN DAN SARAN. akurat yang diperlukan, melakukan wawancara mendalam dengan key informan
BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN 5.1 Simpulan Setelah penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan seluruh data data akurat yang diperlukan, melakukan wawancara mendalam dengan key informan serta observasi lapangan,
Lebih terperinci1. Marketing Communication 2. Pentingnya Marketing Communication 3. Periklanan Personal Selling
1. Marketing Communication Komunikasi pemasaran (marketing communication) adalah sarana di mana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung
Lebih terperinciBAB I PENDAHULUAN. tahun Semenjak itu Indonesia terus mengalami guncangan politik, SARA,
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Indonesia sedang dilanda krisis ekonomi yang berkepanjangan sejak tahun 1998. Semenjak itu Indonesia terus mengalami guncangan politik, SARA, kemiskinan yang
Lebih terperinciInternet Marketing. Generate Traffic
Internet Marketing Internet marketing itu adalah suatu proses pemasaran brand, produk, dan layanan secara online melalui internet. Pemasaran yang dimaksud bukan hanya penjualan tapi juga termasuk promosi,
Lebih terperinciBAB I PENDAHULUAN. salah satunya di industri bisnis perbankan. Bank yang sekarang ini dianggap bank
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Sektor perekonomian Indonesia telah mengalami banyak perkembangan, salah satunya di industri bisnis perbankan. Bank yang sekarang ini dianggap bank terbesar di Indonesia
Lebih terperinciBAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Di era yang modern ini humas atau public relation menjadi suatu hal yang sangat penting untuk perusahaan. Dimana posisi public relation sudah sangat dibutuhkan untuk
Lebih terperinciBAB I PENDAHULUAN. Universitas Kristen Maranatha Latar Belakang. Persaingan bisnis yang dilakukan antar perusahaan dalam mendapatkan calon
BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Persaingan bisnis yang dilakukan antar perusahaan dalam mendapatkan calon konsumen potensial serta mempertahankan konsumen yang telah ada, bukanlah hal yang baru dalam
Lebih terperinciTranskrip Wawancara 1 Informan : Bapak Roy (Sales Manager Celebrity Fitness FX Sudirman)
Transkrip Wawancara 1 Informan : Bapak Roy (Sales Manager Celebrity Fitness FX Sudirman) 1 Analyzing The Situations T: Ada dimana posisi Celebrity Fitness saat ini? J: kami market leader di Indonesia dalam
Lebih terperinciBAB I PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang Masalah
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Perkembangan teknologi terus melesat seiring perkembangan zaman. Hal ini membuka peluang bagi para pebisnis serta menjadi ladang yang menjanjikan dalam memasarkan
Lebih terperinciBAB I PENDAHULUAN. teknologi mutakhir baik di bidang komputerisasi, mesin-mesin pabrik,
1 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Masalah Dewasa ini, perkembangan di bidang teknologi dan informasi telah berkembang secara pesat. Dunia semakin matang memasuki era teknologi mutakhir baik di bidang
Lebih terperinciI. PENDAHULUAN. Internet adalah suatu terobosan baru bagi dunia bisnis yang meliputi aspek
I. PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Internet adalah suatu terobosan baru bagi dunia bisnis yang meliputi aspek ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan, dimana dengan adanya internet interaksi antar manusia
Lebih terperinciPENGARUH PENGGUNAAN SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION) TERHADAP BISNIS ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PROMOSI USAHA MELALUI INTERNET
PENGARUH PENGGUNAAN SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION) TERHADAP BISNIS ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PROMOSI USAHA MELALUI INTERNET MAKALAH Untuk Menyelesaikan Tugas Akhir Mata Kuliah Bahasa Indonesia Disusun
Lebih terperinciBAB V KESIMPULAN DAN SARAN. Broadband di Forum Kaskus.co.id mengenai social media serta pengaruhnya
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN 5.1. Kesimpulan Berdasarkan penelitian yang dilakukan kepada anggota komunitas Mobile Broadband di Forum Kaskus.co.id mengenai social media serta pengaruhnya terhadap tahapan
Lebih terperinciBAB V KESIMPULAN DAN REKOMENDASI. Berdasarkan berbagai uraian dan temuan yang dihasilkan oleh penelitian
BAB V KESIMPULAN DAN REKOMENDASI 5.1 Kesimpulan Berdasarkan berbagai uraian dan temuan yang dihasilkan oleh penelitian ini, dapat diambil beberapa kesimpulan penting yang merupakan inti dari penelitian
Lebih terperinciCopyright Rani Rumita
Bauran Promosi/ Bauran Komunikasi Pemasaran (Promotion Mix/Marketing Communication Mix) Adalah paduan spesifik periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal dan sarana pemasaran
Lebih terperinciFacebook Advertising Facebook Advertising. 7 Cara Menggunakan Facebook untuk Meningkatkan Income Anda dan Bisnis Anda
Facebook Advertising Facebook Advertising 7 Cara Menggunakan Facebook untuk Meningkatkan Income Anda dan Bisnis Anda 1 Siapakah Anda? Sebelum Anda memanfaatkan Facebook untuk menaikkan income, kami ingin
Lebih terperinciBAB I PENDAHULUAN. Perkembangan zaman yang sangat pesat mengakibatkan adanya peningkatan
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Perkembangan zaman yang sangat pesat mengakibatkan adanya peningkatan globalisasi di bidang teknologi informasi. Dimana informasi dapat diketahui secara cepat.
Lebih terperinciKenapa Website Perlu SEO
1 Kenapa Website Perlu SEO Tahukah Anda bahwa hampir 80% bisnis online gulung tikar pada tahun pertama. Hal ini disebabkan pemilik website tidak menaruh perhatian pada promosi. Rata rata para pemilik website
Lebih terperinciModul ke: IMC 2. Evaluasi pada IMC. Fakultas Fikom. Martina Shalaty Putri Pane, M.Si. Program Studi Marcomm.
Modul ke: IMC 2 Evaluasi pada IMC Fakultas Fikom Martina Shalaty Putri Pane, M.Si Program Studi Marcomm www.mercubuana.ac.id IMC Komunikasi: meningkatkan kredibilitas dan mendorong brand positioning, Behavioral:
Lebih terperinciBisnis Online,Mudah,Cepat dan Menguntungkan
Bisnis Online,Mudah,Cepat dan Menguntungkan OLEH: Kenang Antar Nusa 10.12.4959 S1 SISTEM INFORMASI 2H STMIK AMIKOM YOGYAKARTA ABSTRAKSI Antar Nusa,Kenang. Bisnis Online,Mudah,Cepat dan Menguntungkan. Karya
Lebih terperinciPERCUMA JADI PEBISNIS ONLINE KALO NGGAK KAYA BRO! Bagian ke 7
PERCUMA JADI PEBISNIS ONLINE KALO NGGAK KAYA BRO! Bagian ke 7 NayaDigital.com Apa itu Email Marketing? Di jaman teknologi ini hampir semua orang memiliki email (surat elektronik) untuk beragam keperluan,
Lebih terperinciBAB V KESIMPULAN DAN SARAN. diharapka dapat memberikan manfaat secara akademis dan praktis.
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN Setelah melakukan rangkaian penelitian berupa studi pustaka, wawancara dan observasi langsung di lapangan, selanjutnya peneliti akan menyimpulkan hasil penelitian yang peneliti
Lebih terperinciBAB I PENDAHULUAN. disekitarnya. Komunikasi sangat berperan penting baik dari segi kehidupan sosial, budaya, pendidikan, ekonomi, maupun politik.
BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Dalam kehidupan masyarakat sehari-hari komunikasi sangat penting. Tidak dapat dibayangkan jika manusia hidup tanpa komunikasi dengan orang disekitarnya. Komunikasi sangat
Lebih terperinciInternet Marketing untuk Mendukung Strategi Pemasaran
Internet Marketing untuk Mendukung Strategi Pemasaran Tugas pendukung UTS matakuliah E-BISNIS Dosen : M. Suyanto, Prof.Dr, M.M. Disusun Oleh Nama : Ahmad Nasikin NIM : 09.11.2637 Kelas : 09.S1TI.02 Jurusan
Lebih terperinciadalah sebesar 1,628 milyar US dollar (naik 15% dari tahun sebelumnya), untuk beriklan di koran sebesar 501 juta US dollar (naik 8,5%), di internet 14
BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Pemasaran produk merupakan aktivitas yang terus berjalan, berevolusi dan berkembang menjadi lebih efektif, lebih cepat dan lebih massal. Kita melihat berbagai ai macam
Lebih terperinciCara Membangun Daftar Nama Yang Akan Memasukkan Uang Terus Menerus Ke Rekening Bank Anda, Sekali Anda Tahu Bagaimana Caranya!
1 Cara Membangun Daftar Nama Yang Akan Memasukkan Uang Terus Menerus Ke Rekening Bank Anda, Sekali Anda Tahu Bagaimana Caranya! Kusuma Putra http://buatnewsletter.com/ 2 Pesan Dari Penulis Hi, saya Kusuma
Lebih terperinciBAB I PENDAHULUAN 1.1 Gambaran Umum Obyek Penelitian
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Gambaran Umum Obyek Penelitian Setiap pemilik usaha yang ingin memasarkan produknya, pasti memperhitungkan cara untuk menarik konsumen agar mau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan,
Lebih terperinciBAB I PENDAHULUAN. dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menunjang aktivitas sehari-hari untuk itu
BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Di era globalisasi saat ini, teknologi merupakan suatu hal yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menunjang aktivitas sehari-hari untuk itu pengetahuan masyarakat
Lebih terperinciBAB 1 PENDAHULUAN. pembuatan website dan pemasaran produk yang berbasis online hal ini. proses bisnis dari perusahaan tersebut.
1 BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi membawa perubahan besar di berbagai bidang kehidupan. Banyak perusahaan yang gencar melakukan promosi untuk menarik
Lebih terperinciBAB I PENDAHULUAN. Perkembangan Teknologi Informasi (TI) pada abad 21 dan reformasi sosial
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Perkembangan Teknologi Informasi (TI) pada abad 21 dan reformasi sosial politik memberi perubahaan besar pada industri media masa di Indonesia. Fungsi media masa sebagai
Lebih terperinciBAB 5 SIMPULAN DAN SARAN
BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN 5.1 Simpulan Setelah melakukan analisis dan perancangan sistem e-crm yang telah dilakukan oleh penulis terhadap PT. Herona Express, maka dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai
Lebih terperinci