NAMA KELOMPOK : Milka Opiyanti Marhalim ( ) Mikail Cahyadi ( ) Edy Kurniawan ( ) Hendly Setiady ( )

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "NAMA KELOMPOK : Milka Opiyanti Marhalim ( ) Mikail Cahyadi ( ) Edy Kurniawan ( ) Hendly Setiady ( )"

Transkripsi

1 NAMA KELOMPOK : Milka Opiyanti Marhalim ( ) Mikail Cahyadi ( ) Edy Kurniawan ( ) Hendly Setiady ( ) Kori Iswanti ( )

2 BAB I 1. Kapan komputer pribadi muncul untuk pertama kalinya? Jawab : Komputer pribadi muncul pertama kali sejak pertengahan tahun 1950-an. Sejak saat itu baik perangkat keras maupun lunak mendapat kemajuan yang drastis. 2. Apakah sepesialis informasi itu? Berikan empat contoh. Jawab : Spesialisasi informasi (Information specialists) adalah suatu system yang dibutuhkan oleh karyawan yang memiliki tanggung jawab penuh dalam pengembangan dan pengoperasian system informasi. Contohnya : Analisis system pemrogram (programmer), administerator basis data (database), spesialis jaringan dan webmaster. 3. Apakah fungsi utama dari CPU dan RAM? Jawab : Fungsi CPU adalah mengendalikan seluruh komponen atas data. Fungsi RAM adalah penyimpanan data secara permanen, dan bukan sementara. 4. Mengapa kecepatan komunikasi sebuah modem kabel berbeda dengan kecepatan sebuah modem tradisional yang tersambung ke jalur telepon? Jawab : Perbedaannya adalah menggunakan sebuah modem yang tersambung

3 dengan modem kabel memiliki kecepatan bit/detik (56 kbps), atau sambungan TV kabel memiliki kecepatan hingga mencapai 2juta bit perdetik (2 mbps). Modem tradisional adalah mempunyai kecepatan 11juta bit/detik (11 mbps), tetapi mempunyai kemempuan mencapai kecepatan hingga 54 mbps. 5. Berapakah kecepatan transmisi data yang dapat anda harapkan untuk komunikasi langsung computer ke-komputer? Barapakah kecepatan transmisi yang umumnya anda temukan untuk komunikasi computer nirkabel? Jawab : - Kecepatan komunikasi langsung komputer ke komputer mempunyai kecepatan 56ribu bit/detik (56 kbps). - Kecepatan komunikasi computer nirkabel secara umum adalah pada kecepatan 11juta bit/detik (11 mbps). 6. Apakah computer merupakan sebuah system virtual, system fisik, atau keduanya? Jelaskan. Jawab : - Sistem fisik (physical system) adalah perusahaan terdiri atas sumber sumber daya berwujud, bahan baku, karyawan, mesin, dan uang. - System virtual (virtual system) adalah terdiri atas sumber daya informasi yang digunakan untuk mewakili system fisik. 7. Dalam hal apakah sebuah computer merupakan suatu system yang terbuka?

4 Jawab : Komputer berinteraksi dengan lingkungannya melalui aliran sumber daya fisik. Hal inilah yang menyebabkan computer dikatakan memiliki system terbuka kareana dalam proses menerima input dari luar yaitu sumber daya fisik tersebut. 8. Apakah system pemprosesan transaksi menghasilkan informasi atau data? Jelaskan. Jawab : Informasi adalah hasil pemrosesan yang memiliki makna, biasanya menceritakan suatu hal yang belum diketahui kepada pengguna. Data adalah terdiri atas fakta dan angka yang biasanya tidak bermanfaat karena volumenya yang besar dan sifatnya yang masih belum diolah. 9. Di mana lokasi para pengguna sistem pemrosesan transaksi di dalam organisasi? Apakah mereka berada di atas,tingkat menengah,atau di bawah? Jawab : Dibawah, karena data di kumpulkan dari semua sistem fisik dan lingkungan lalu dimasukan ke dalam basis data. Sistem prakomputer memproses penggajian, persediaan,dan data penagihan serta transaksi buku besar. 10. Bedakanlah antara laporan berkala dan laporan khusus. Jawab : - Laporan berkala adalah laporan yang di kodekan dalam suatu bahasa program dan disiapkan sesuai jadwal tertenu.

5 - Laporan khusus adalah suatu laporan yang dibuat sebagai tanggapan atas kebutuhan informasi yang tidak dianalisis sebelumnya sehingga sistem manajemen basis data dewasa ini memiliki fitur-fitur yang dapat dengan cepat membuat laporan sebagai respon atas permintaan akan data atau informasi tertentu. 11. Bagaimana cara sistem pdokuktivitas pribadi membuat seorang manajer menjadi lebih efisien? Jawab : system ini dapat menghilangkan gangguan-gangguan yang tidak perlu pada komunikasi antara manajer dengan pihak lain. Dengan cara ini system produktivitas akan berkerja lebih efisien. 12. Di manakah letak perbedaan focus suatu DSS dari SIM? Jawab : - DSS: Suatu system yang membantu seorang manajer atau seorang kelompok kecil manejer memecahkan suatu masalah. - SIM : Suatu system yang membantu seorang manajer atau sekelompok besar pencari pemecahan masalah dalam pemecahan rentang masalah yang luas. 13. Mengapa system pendukung keputusan kelompok penting artinya? Jawab : Karena system pendukung keputusan kelompok merupakan system yang

6 berbasis computer yang membantu sekelompok orang melakukan tugas. Sistem ini digunakan bersama oleh mereka yang membutuhkannya. 14. Mengapa perencanaan memiliki kemungkinan lebih besar terjadi pada tingkat manajemen yang lebih tinggi dan pengendalian kemungkinan terjadi pada tingkat manajemen yang lebih rendah? Apakah hal ini mempengaruhi jenis sistem informasi yang dibuat untuk berbagai tingkatan manajemen? Jawab : ya, Manajemen yang lebih tinggi umumnya lebih terfokus pada perencanaan dan pengambilan keputusan, sehingga sistem informasi yang dibutuhkan manajemen ini harus mendukungnya memberi dasar dalam pengambilan keputusan. Sedangkang pada tingkatan manajemen yang lebih rendah bertugas mengatur kegiatan operasi perusahaan sehingga data yang dibutuhkan yaitu detail bagaimana operasi dalam perusahaan tersebut. 15. Mengapa perusahaan khususnya tertarik pada system system perencanaan sumber daya usaha di akhir tahun 1990-an? Apakah ketertarikan ketertarikan itu masih valid? Jawab : - Pada akhir tahun 1990-an peranti lunak terutama ERP mengalami kemajuan yang luar biasa. Oleh sebab itulah perusahaan perusahaan tertarik untuk merancang sistem perencanaan sumber daya usaha. - Ketertarikan itu masih terjadi saat ini, karena masih ada beberapa faktor faktor yang berkaitan seperti: Y2K, kesulitan dalam menduplikatkan sistem yang mencakup keseluruhan usaha, membanjirnya aktivitas penggabungan usaha korporasi dan strategi kompetitif.

7 16. Sebutkan lima fungsi manajemen utama seperti yang diuraikan oleh Henri Fayol. Jawab : - Merencanakan apa yang akan mereka lakukan. - Berorganisasi untuk menjalankan rencananya. - Mengisi organisasi mereka dengan sumber daya yang tersedia yang dibutuhkan. - Mengarahkan sumber daya tersebut untuk melaksanakan rencana yang telah dibuat. - Mengendalikan sumber daya agar mereka tetap pada jalurnya. 17. Konsep manakah yang secara eksplisit mengakui pentingnya arti informasi dalam manajemen fungsi fungsi manajemen atau peranan manajerial? Jawab : Konsep Henry Mintzberg, menurutnya terdapat sepuluh perananan manajerial yang dimainkan oleh manajer. Fungsi fungsi dan perananan manajerial ini akan menjadi kerangka dalam dalam merancang system informasi. 18. Apa saja empat tahapan dalam pemecahan masalah menurut Herbert A. Simon? Jawab : - Aktivitas intelejen mencari kondisi kondisi yang membutuhkan solusi didalam lingkungannya.

8 - Aktivitas perancangan menemukan, mengembangkan, dan menganalisis kemungkinan kemungkinan tindakan. - Aktivitas pemilihan memilih satu tindakan tertentu dari berbagai tindakan yang tersedia. - Aktivitas peninjauan menilai pilihan pilihan masa lalu. 19. Jika tren yang berjalan saat ini terus berlangsung, apa saja empat fitur yang akan terdapat di computer komputer masa depan? Jawab : - rendah biaya komputer akan semakin terjangkau karena biaya yang rendah. - Berukuran kecil semakin modern maka computer akan semakin menyusut karena hardware terbarupun juga semakin efisien dan kecil. - Bergerak Karena bentuknya yang semakin kecil komputerpun akan semakin mudah untuk dibawa bepergian. - Terhubung semakin majunya teknologi sehingga membutuhkan kecepatan dalam penyampaian informasi. Untuk mendukung hal ini maka computer harus dapat terhubung agar penyampaian informasi semakin cepat.

9 Bab II 1. Mengapa diberikan standart untuk pemroses informasi di dalam model sistem umum perusahaan? Jawab : Karena model sistem umum perusahaan menunjukan aliran sumber daya dari lingkungan, perusahaan, lalu kembali lagi kelingkungan. Yang perlu diperhatikan dalam standart ini yaitu adanya dua jenis aliran dalam organisasi yaitu: - Aliran sumber daya fisik meliputi bahan baku dan pegawai. - Aliran sumber daya virtual meliputi data dan informasi. 2. Apa saja delapan unsur lingkungan itu? Jawab : - Pemasok (supplier, vendor) Memasok bahan baku, mesin, jasa, orang, dan informasi, yang digunakan oleh perusahaan untuk menghasilkan produk dan jasanya. - Pelanggan (customer) Merupakan sasaran bagi produk barang maupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. - Serikat pekerja (Labor Union) Organisasi bagi para pekerja yang bekerja di perusahaan tersebut. - Komunitas keuangan (Financial Community) Terdiri dari institusi institusi keuangan seperti bank dan indutri pemberi pinjaman lainnya yang mempengaruhi sumber daya keuangan yang tersedia bagi perusahaan.

10 - Pemegang saham dan pemilik (stockholders and owners) Orang orang yang menginvestasikan uangnya kedalam perusahaan tersebut. - Pesaing (Competion) Mencakup semua organisasi yang bersaing di dalam pasar. - Pemerintah (Goverment) Baik tingkat nasional, provinsi, maupun local, yang akan memberikan pembatasan berupa undang undang maupun bantuan dalam bentuk informasi, pembelian dana. - Komunitas Global (Global Community) Wilayah geografis dimana perusahaan menjalankan operasinya. Perusahaan harus menghormatinya dengan cara menghargai lingkungan hidup. 3. Apa yang menghubungkan perusahaan dengan lingkungannya? Jawab : Perusahaan dengan lingkungan saling mendukung, lingkungan memberikan input ( modal, bahan baku, maupun tenaga kerja) sedangkan perusahaan akan mengolah input tersebut menjadi barang atau jasa. Barang atau jasa ini dapat digunakan lingkungan untuk memenuhi kebutuhannya. 4. Apa yang dimaksud dengan margin? Bagaimana hubungannya dengan keunggulan kompetitif? Jawab : - Margin merupakan nilai dari produk maupun jasa perusahaan setelah dikurangi harga pokoknya. - Hubungan margin dengan keunggulan kompetitif yaitu perusahaan akan berusaha memberikan produk maupun jasa dengan harga rendah dan

11 kualitas yang memuaskan agar perusahaan tersebut memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan dengan pesaingnya. 5. Apa saja aktivitas nilai utama dari Porter? Apa saja aktivitas aktivitas nilai pendukungnya? Jawab : - Aktivitas nilai utama (Primary Value Activities) 1. Logistik barang masuk 4. Penjualan dan pemesanan 2. Operasi 5. Jasa 3. Logistik barang keluar - Aktivitas nilai pendukung (support Value Activities) 1. Infrastruktur perusahaan 3. Pengembangan teknologi 2. Manajemen sumber daya manusia 4. Pengadaan 6. Apa yang dimaksud dengan rantai nilai itu? Jawab : Rantai nilai merupakan usaha perusahaan untuk meraih keunggulan kompetitif yang mengacu pada penggunaan informasi untuk mendapatkan pengungkitan (leverage) di dalam pasar untuk menciptakan suatu perusahaan yang mengunakan sumber daya virtual dan fisik yang memenuhi tujuan yang stategis 7. Apa yang dimaksud dengan sistem nilai? Jawab : Sistem nilai merupakan system informasi yang dapat digunakan untuk

12 memberikan keunggulan kompetitif kepada perusahaan yang dapat dicapai dengan mengaitkan rantai nilai sehingga menciptakan jalur distribusi. 8. Bagaimana sebuah perusahaan dapat mencapai keunggulan strategis dari suatu sistem informasi yang mengolah pesanan penjualan pelanggan? Jawab : Keunggulan strategis dapat dicapai dengan membuat sebuah web yang dapat mengakomodasi pelanggan untuk melakukan pemesanan secara online. Dengan semakin majunya teknologi sekarang ini cara ini sudah mulai umum diterapkan di berbagai perusahaan. 9. Jelaskan bagaimana anda mendapat keunggulan taktis dengan mengkaitkan suatu sistem pesanan penjualan ke sistem layanan pelanggan? Jawab : Dengan mengaitkan system pesanan ke system layanan pelanggan maka sistem pelayanan pelanggan akan menjadi lebih efektif apabila ada pelanggan yang memesan barang maka system pertama akan mengecek system pelanggan dulu sebagai entri awal sehingga pelanggan lama akan terdeteksi dan dapat diberikan fasilitas fasilitas khusus misalnya diskon. Selain itu data penjualanpun akan menjadi lebih lengkap. 10. Bagaimana anda akan merancang suatu system informasi untuk mengambil keuntungan dari peluang peluang operasional? Jawab : Kita bisa merancang system berbasis web, dengan system ini kita dapat

13 menghemat biaya transportasi maupun lebih cepat dalam penyampaian informasi tersebut. Sehingga hubungan dengan pelanggan pun akan semakin mudah dan cepat. 11. Apa saja fitur fitur yang membedakan perusahaan multinasional (MNC) Jawab : Fitur fiturnya yaitu memiliki kemampuan pemrosesan informasi yang baik berdasarkan kemampuannya dalam berkoordinasi meliputi: - Fleksibelitas dalam merespons pesaing dari berbagai Negara dan pasar. - Kemampuan merespons perubahan yang terjadi di masing masing negara - Kemampuan menyamai kebutuhan pasar di seluruh dunia. 12. Apa satu sumber ketidakpastian bagi sebuah MNC Jawab : Sumber ketidakpastian MNC yaitu perbedaan jumlah informasi yang dibutuhkan untuk melakukan suatu pekerjaan dan jumlah informasi yang telah dimiliki oleh perusahaan tersebut. 13. Bagaimana para eksekutif dari sebuah MNC merespons ketidakpastian? Jawab : Para eksekutif merespon ketidakpastian tesebut dengan memanfaatkan

14 teknologi informasi. Dengan semakin majunya teknologi informasi maka eksekutif akan lebih mudah dalam mengumpulkan informasi yang dibutuhkannya. 14. Satu kata apakah yang menjadi kunci untuk mencapai keunggulan kompetitif bagi sebuah MNC? Jawab : Kata kunci untuk mencapai keunggulan kompetitif yaitu kordinasi. MNC merupakan perusahaan yang beroperasi global, untuk itu diperlukan kordinasi dalam menjalankan operasinya agar keunggulan kompetitif di tiap negara dapat tercapai. 15. Sebutkan tiga cara bagaimana rintangan budaya dan komunikasi dapat menjadi tantangan dalam pengembangan system informasi global? Jawab : hal itiu bisa terjadi karena adanya: - Pembatasan pembelian dan impor peranti lunak - Pembatasan pemrosesan data - Pembatasan komunikasi data 16. Sebutkan tujuh jenis sumber daya informasi. Berikan tanda bintang disamping jenis sumber daya yang selalu terdapat dalam layanan informasi Jawab : - piranti keras komputer * - Piranti lunak computer - Spesialis informasi

15 - Pengguna* - Fasilitas - Database* - Informasi* 17. Sebutkan empat dimensi informasi yang harus dipertimbangkan oleh seorang manajer. Jawab : - Relevansi Data yang digunakan dalam menyusun informasi harus relevan dengan keputusan yang akan diambil. Suatu informasi dikatakan memiliki relevansi jika berhubungan dengan masalah yang akan dihadapi. - Akurasi Semakin akurat suatu informasi akan semakin menambah biaya dari sistem informasi tersebut. Karena itu hanya informasi yang berkaitan dengan uang yang akurasinya mencapai 100%. Informasi informasi lainnya umumnya masih berguna walaupun akurasinya tidak mencapai 100% - Ketepatan Waktu Informasi harus menggambarkan apa yang terjadi saat ini, sehingga informasi tersebut dapat digunakan dalam pengambilan keputusan. - Kelengkapan

16 Informasi harus memberikan gambaran secara lengkap mengenai masalah dan solusinya. Lengkap yang dimaksud yaitu memiliki jumlah yang tepat, sehingga dapat digunakan dalam pengambilan keputusan. 18. Apa yang dimaksud dengan manajemen pengetahuan itu? Jawab : Manajemen pengetahuan yaitu proses yang dilakukan manajer mulai dari mengumpulkan data, memproses data menjadi informasi, mengkomunikasikan informasi tersebut kepada pihak pihak yang membutuhkan, dan mengganti informasi yang telah melewati masa manfaatnya dengan informasi yang terbaru dan akurat. 19. Berikan komentar untuk pernyataan berikut ini a. Informasi yang dihasilkan oleh pengolah informasi hendaknya bebas dari kesalahan. b. Suatu pengolah informasi hendaknya memberikan manajer dengan sebanyak mungkin informasi. Jawaban : - informasi yang disajikan hendaknya bebas dari kesalahan, hal ini karena informasi yang disajikan akan dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan. Bila informasi yang diberikan salah maka keputusan yang dibuat akan menjadi salah juga. Karena itu informasi yang diberikan sebaiknya bebas dari kesalahan agar keputusan yang dibuat tepat. - Dalam memberikan informasi sebaiknya sesuai dengan kebutuhan pemakai informasi saja. Informasi yang berlebihan (information overload) akan membawa dampak yang merugikan juga. Informasi

17 yang berlebihan akan membingungkan pengguna dalam menggunakan informasi tersebut. Karenanya pemberi informasi sebaiknya memberi informasi sesuai kebutuhan pengguna dalam mengambil keputusan. 20. Mengapa suatu organisasi seharusnya mengumpulkan data dari system warisannya? Jawab : Sistem informasi warisan merupakan sistem informasi yang berasal dari data yang telah dikumpulkan sejak awal. Data awal ini seringkali tidak sesuai dengan teknologi informasi terkini. Walaupun begitu data ini tetap dapat digunakan terutama karena sifatnya yang historis. Data historis ini digunakan sebagai dasar dalam proyeksi trend. 21. Bagaimana peningkatan penggunaan situs web oleh perusahaan akan meningkatkan pentingnya manajemen gambar? Jawab : Peningkatan pengunaan situs web akan meningkatkan pentingnya manajemen gambar. Semakin efektif suatu situs web akan semakin banyak gambar yang digunakan. Semakin banyak gambar yang digunakan akan menyebabkan semakin pentingnya manajemen gambar, terutama mengenai media penyimpanan gambar gambar tersebut. Gambar gambar membutuhkan tempat penyimpanan yang relatif besar jika dibandingkan teks maupun numerik. Disinilah manajemen gambar berperan agar perusahaan dapat memanfaatkan gambar yang ada secara maksimal. 22. Dapatkah seorang manajer menjadi seorang CIO meskipun ia tidak memiliki gelar tersebut? Jelaskan.

18 Jawab : CIO merupakan istilah yang diberikan kepada manajer puncak yang layanan informasi. Oleh karena itu seorang CIO harus ahli dalam bidang informasi agar dapat menjalankan tugasnya sebagai penyalur informasi kepada pihak pihak yang membutuhkan informasi tersebut. Oleh karena itu CIO harus memiliki gelar yang berkaitan dengan layanan informasi tesebut. 23. Apakah gelar dalam bidang administrasi bisnis akan membantu seorang CIO? Jelaskan. Jawab : Selain harus ahli dalam penyampaian informasi seorang CIO juga harus memahami administrasi. Seorang CIO tidak hanya menyumbangkan keahlian manajerial dalam bidang informasi saja tetapi tetapi juga harus memecahkan masalah masalah dalam operasi perusahaan. Karena selain bidang informasi CIO juga harus memahami administrasi, administrasi ini dapat membantu CIO dalam memahami area area dibidang operasi perusahaan tersebut. 24. Apa saja dua unsur yang seharusnya dimasukkan ke dalam rencana strategis sumber daya informasi? Jawab : Dua unsur dasar yang seharusnya ada dalam rencana strategis sumber daya informasi yaitu: - sasaran yang akan dicapai oleh setiap kategori sistem sepanjang periode yang dicakup oleh rencana tersebut. - Sumber daya informasi yang dibutuhkan untuk mencapai sasaran tersebut.

19

Information Systems. Sistem Informasi untuk Keuntungan Kompetitif 16/10/2012 8:56

Information Systems. Sistem Informasi untuk Keuntungan Kompetitif 16/10/2012 8:56 Information Systems for Competitive Advantage Sistem Informasi untuk Keuntungan Kompetitif Tujuan Mengetahui model sistem umum (general system) perusahaan Memahami model lingkungan delapan elemen (eightelements

Lebih terperinci

PERTEMUA N 4-6. Sistem Informasi untuk Competitive Advantage

PERTEMUA N 4-6. Sistem Informasi untuk Competitive Advantage PERTEMUA N 4-6 Sistem Informasi untuk Competitive Advantage AGENDA Perusahaan dan Lingkungannya Supply Chain Management Keunggulan Kompetitif Sistem Informasi Global Manajemen Pengetahuan Perencanaan Strategis

Lebih terperinci

BAB 2 SISTEM INFORMASI UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF

BAB 2 SISTEM INFORMASI UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF BAB 2 SISTEM INFORMASI UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF 1 Perusahaan dan Lingkungannya Sistem fisik perusahaan adalah suatu sistem terbuka yang didalamnya menghubungkan dengan lingkungannya Perusahaan mengambil

Lebih terperinci

BAB 2 SISTEM INFORMASI UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF

BAB 2 SISTEM INFORMASI UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF BAB 2 SISTEM INFORMASI UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF Management Information Systems, 9 th edition, By Raymond McLeod, Jr. and George P. Schell 2004, Prentice Hall, Inc. 1 Perusahaan dan Lingkungannya Sistem

Lebih terperinci

BAB 2 DASAR SISTEM INFORMASI BISNIS

BAB 2 DASAR SISTEM INFORMASI BISNIS BAB 2 DASAR SISTEM INFORMASI BISNIS A. Konsep Dasar Sistem Informasi Bisnis 1. Teknologi Informasi Istilah TI (Teknologi Informasi) atau IT (Information Technology) yang populer saat perkembangan ini adalah

Lebih terperinci

KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI DALAM BISNIS

KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI DALAM BISNIS KONSEP KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI DALAM BISNIS Teknologi informasi, termasuk sistem informasi berbasis internet, memainkan peranan penting dalam bisnis. Teknologi informasi dapat membantu segala jenis

Lebih terperinci

Tantangan Manajemen. Teknologi. Informasi. Sistem. Informasi. Konsep-konsep Dasar

Tantangan Manajemen. Teknologi. Informasi. Sistem. Informasi. Konsep-konsep Dasar KONSEP KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI DALAM BISNIS Teknologi informasi, termasuk sistem informasi berbasis internet, memainkan peranan penting dalam bisnis. Teknologi informasi dapat membantu segala jenis

Lebih terperinci

Informasi Sistem Manajemen Publik

Informasi Sistem Manajemen Publik Sistem Manajemen Publik 1. Aplikasi Sistem Kunci Dalam Organisasi a. Dukungan Sistem bagi Organisasi Sistem informasi dikembangkan untuk mendukung keseluruhan organisasi, dan eksekutif. Manajemen Sistem

Lebih terperinci

Kerangka Lecture. Elemen Lingkungan. Menggunakan Teknologi Informasi Untuk Keunggulan Kompetitif

Kerangka Lecture. Elemen Lingkungan. Menggunakan Teknologi Informasi Untuk Keunggulan Kompetitif Menggunakan Teknologi Informasi Untuk Keunggulan Kompetitif Yudi Agusta, PhD Sistem Informasi Manajemen, Lecture 03 Kerangka Lecture Elemen Lingkungan Keunggulan Kompetitif Sumber Daya Informasi Perencanaan

Lebih terperinci

Peranan Strategis Manajemen Sistem Informasi Publik

Peranan Strategis Manajemen Sistem Informasi Publik Peranan Strategis Manajemen Publik I. Aplikasi Kunci Dalam Organisasi a. Dukungan bagi Organisasi informasi dikembangkan untuk mendukung keseluruhan organisasi, baik tataran operasional hingga top pimpinan/eksekutif.

Lebih terperinci

Pengantar Sistem Informasi & e-bisnis. Defri Kurniawan

Pengantar Sistem Informasi & e-bisnis. Defri Kurniawan Pengantar Sistem Informasi & e-bisnis Defri Kurniawan Content: Konsep Dasar Sistem dan Informasi Pengertian Sistem Informasi Sistem Informasi Bisnis (-e-bisnis) Jenis Sistem Informasi Bisnis Konsep Dasar

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

SISTEM INFORMASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS BUDI LUHUR SISTEM INFORMASI MANAJEMEN Oleh: Deni Mahdiana,S.Kom,MM,M.Kom E-BUSINESS GLOBAL : BAGAIMANA BISNIS MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI 1 PROSES BISNIS DAN SISTEM INFORMASI

Lebih terperinci

Muhammad Bagir, S.E.,M.T.I. Sistem Informasi Bisnis

Muhammad Bagir, S.E.,M.T.I. Sistem Informasi Bisnis Muhammad Bagir, S.E.,M.T.I Sistem Informasi Bisnis 1 Outline Materi Konsep Dasar Sistem dan Informasi Pengertian Sistem Informasi Proses Bisnis Sistem Informasi Bisnis (e-bisnis) Jenis Sistem Informasi

Lebih terperinci

Struktur SIM. Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Jurusan Sistem Informasi Universitas Gunadarma 2014

Struktur SIM. Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Jurusan Sistem Informasi Universitas Gunadarma 2014 Struktur SIM Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Jurusan Sistem Informasi Universitas Gunadarma 2014 Pendekatan Struktur SIM Unsur Pengoperasian Unsur Pengoperasian Komponen Fisik 1. Hardware

Lebih terperinci

BAB III MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF

BAB III MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF BAB III MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF 1. Lingkungan Perusahaan Perusahaan dalam lingkungannya : Pemerintah Masyarakat keuangan Masyarakat global Pemasok Perusahaan Pelanggan

Lebih terperinci

BAB I SISTEM PENDUKUNG MANAJEMEN

BAB I SISTEM PENDUKUNG MANAJEMEN BAB I SISTEM PENDUKUNG MANAJEMEN A. Pengertian Sistem Informasi Satu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa. Biasanya para pemakai tergabung

Lebih terperinci

Sistem Informasi Eksekutif & Sistem Informasi Pemasaran. Lecture s Structure. Tentang Eksekutif

Sistem Informasi Eksekutif & Sistem Informasi Pemasaran. Lecture s Structure. Tentang Eksekutif Sistem Informasi Eksekutif & Sistem Informasi Pemasaran Yudi Agusta, PhD Sistem Informasi Manajemen, Lecture 13 Lecture s Structure Eksekutif dan Kebutuhan Informasinya Model dan Penerapan EIS Faktor Penentu

Lebih terperinci

STRUKTUR SISTEM INFORMASI MANAJEMEN. struktur SIM 1

STRUKTUR SISTEM INFORMASI MANAJEMEN. struktur SIM 1 STRUKTUR SISTEM INFORMASI MANAJEMEN struktur SIM 1 UNSUR PENGOPERASIAN KOMPONEN FISIK OUTPUT SISTEM FUNGSI PENGOLAHAN struktur SIM 2 KOMPONEN FISIK Hardware Software Database Prosedur Operasi Kepegawaian

Lebih terperinci

BAB 4 PERENCANAAN STRATEGI SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI. permintaan terhadap produk juga meningkat.

BAB 4 PERENCANAAN STRATEGI SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI. permintaan terhadap produk juga meningkat. BAB 4 PERENCANAAN STRATEGI SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI 4.1 Pengembangan sistem yang diusulkan Dengan memperkirakan terhadap trend bisnis di masa yang akan datang untuk bisnis dibidang pendistribusian

Lebih terperinci

DASAR SISTEM DALAM BISNIS

DASAR SISTEM DALAM BISNIS DASAR SISTEM DALAM BISNIS SISTEM INFORMASI Sistem adalah satu kesatuan komponen yang saling terhubung dengan batasan yang jelas bekerja bersama-sama untuk mencapai seperangkat tujuan (O Brien dan Marakas

Lebih terperinci

CHAPTER 2 INFORMATION SYSTEMS FOR COMPETITIVE ADVANTAGE

CHAPTER 2 INFORMATION SYSTEMS FOR COMPETITIVE ADVANTAGE CHAPTER 2 INFORMATION SYSTEMS FOR COMPETITIVE ADVANTAGE Management Information Systems, 9 th edition, By Raymond McLeod, Jr. and George P. Schell 2004, Prentice Hall, Inc. 1 Learning Objectives: Dapat

Lebih terperinci

BAB I SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

BAB I SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BAB I SISTEM INFORMASI AKUNTANSI A. Pengertian Sistem Informasi Akuntansi Sistem adalah rangkaian dari dua atau lebih komponen-komponen yang saling berhubungan, yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan.

Lebih terperinci

Teknik Informatika S1

Teknik Informatika S1 Teknik Informatika S1 Sistem Informasi Disusun Oleh: Egia Rosi Subhiyakto, M.Kom, M.CS Teknik Informatika UDINUS egia@dsn.dinus.ac.id +6285740278021 SILABUS MATA KULIAH 1. Pendahuluan 2. Data dan Informasi

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SISTEM INFORMASI, ORGANISASI DAN STRATEGI

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SISTEM INFORMASI, ORGANISASI DAN STRATEGI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS BUDI LUHUR SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SISTEM INFORMASI, ORGANISASI DAN STRATEGI 1 ORGANISASI DAN SISTEM INFORMASI Sistem Informasi dan Organisasi mempengaruhi satu sama lain.

Lebih terperinci

INFRASTRUKTUR E-BISNISE Pertemuan ke-4

INFRASTRUKTUR E-BISNISE Pertemuan ke-4 MKK-3161 E-BisnisE INFRASTRUKTUR E-BISNISE Pertemuan ke-4 Infrastruktur Dasar E-Bisnis Infrastruktur e-bisnis adalah arsitektur hardware, software, konten dan data yang digunakan untuk memberikan layanan

Lebih terperinci

RESUME BUKU MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM 10/e CHAPTER 14: ENTERPRISE AND GLOBAL MANAGEMENT OF INFORMATION TECHNOLOGY

RESUME BUKU MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM 10/e CHAPTER 14: ENTERPRISE AND GLOBAL MANAGEMENT OF INFORMATION TECHNOLOGY RESUME BUKU MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM 10/e CHAPTER 14: ENTERPRISE AND GLOBAL MANAGEMENT OF INFORMATION TECHNOLOGY TUGAS MATA KULIAH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TAKE HOME TEST NOMOR 4 CAHYO DWI SULISTIYO

Lebih terperinci

JAWABAN SOAL KASUS UJIAN TENGAH SEMESTER. MATA KULIAH: SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SI 3a TH 2011/2012) SETIAP JAWABAN MEMILIKI NILAI MAKSIMAL 25

JAWABAN SOAL KASUS UJIAN TENGAH SEMESTER. MATA KULIAH: SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SI 3a TH 2011/2012) SETIAP JAWABAN MEMILIKI NILAI MAKSIMAL 25 JAWABAN SOAL KASUS UJIAN TENGAH SEMESTER MATA KULIAH: SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SI 3a TH 2011/2012) SETIAP JAWABAN MEMILIKI NILAI MAKSIMAL 25 BAB 5: MERRILL LYNCH MENGHUBUNGKAN TEKNOLOGI MASA LAMPAU

Lebih terperinci

BAB 1 PENDAHULUAN. pada perkembangan dari sistem informasi. E-commerce adalah salah satu

BAB 1 PENDAHULUAN. pada perkembangan dari sistem informasi. E-commerce adalah salah satu BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Dewasa ini, kebutuhan akan sistem informasi mulai dirasakan oleh berbagai kalangan masyarakat. Perkembangan teknologi juga berpengaruh besar pada perkembangan dari

Lebih terperinci

MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS 7/E

MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS 7/E MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS 7/E Raymond McLeod, Jr. Bab 2 Penggunaan Teknologi Informasi untuk Keunggulan Kompetitif Copyright 1998, Prentice-Hall, Inc. Lingkungan The Firm s Environment Perusahaan

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SISTEM INFORMASI FAKULTAS ILMU KOMPUTER Dosen: Faradillah, S.Si.,M.Kom. UNIVERSITAS INDO GLOBAL MANDIRI 2016 TOPIC & SCHEDULE Pertemuan 1-3: Pengantar Sistem Informasi Pertemuan

Lebih terperinci

Silabus Dan Satuan Acara Perkuliahan

Silabus Dan Satuan Acara Perkuliahan SILABUS Kode Mata Kuliah : MM053 / MKK / P Nama Mata Kuliah : Manajemen Beban Kredit : 3 SKS Prasyarat : - Fakultas Ekonomi No. Dokumen : FEK-SSAP Program Studi Manajemen dan Akuntansi No. Revisi : 02

Lebih terperinci

BAB 1 PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang. Industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau

BAB 1 PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang. Industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan

Lebih terperinci

PENTINGNYA SUMBER DAYA KONSEPTUAL. Tugas Makalah. Untuk menempuh mata Kuliah Sistem Informasi dan Manajemen

PENTINGNYA SUMBER DAYA KONSEPTUAL. Tugas Makalah. Untuk menempuh mata Kuliah Sistem Informasi dan Manajemen PENTINGNYA SUMBER DAYA KONSEPTUAL Tugas Makalah Untuk menempuh mata Kuliah Sistem Informasi dan Manajemen Oleh : KELOMPOK 1 Alfan Hudan Dardiri 115030200111015 Onovio Bagus Permata 115030207111019 Mukhammad

Lebih terperinci

OBJEK PEMBELAJARAN OBJEK PEMBELAJARAN. Pertemuan 1 Konsep Dasar ERP. Gambaran Umum ERP. Definisi Sistem Informasi Klasifikasi Sistem Informasi

OBJEK PEMBELAJARAN OBJEK PEMBELAJARAN. Pertemuan 1 Konsep Dasar ERP. Gambaran Umum ERP. Definisi Sistem Informasi Klasifikasi Sistem Informasi OBJEK PEMBELAJARAN Definisi ERP Manfaat Penerapan ERP Pertemuan 1 Konsep Dasar ERP Haryono Setiadi, M.Eng STMIK Sinar Nusantara Modul standart yg terintegrasi dengan ERP Definisi Sistem Informasi Klasifikasi

Lebih terperinci

BAB II LANDASAN TEORI. Definisi sistem menurut [Jog05] adalah sebagai berikut:

BAB II LANDASAN TEORI. Definisi sistem menurut [Jog05] adalah sebagai berikut: 8 BAB II LANDASAN TEORI 2.1 Pengertian Sistem Definisi sistem menurut [Jog05] adalah sebagai berikut: Terdapat dua kelompok pendekatan di dalam mendefinisikan sistem, yaitu yang menekankan pada prosedurnya

Lebih terperinci

BAB 1 PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang. Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat turut memacu

BAB 1 PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang. Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat turut memacu BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat turut memacu perkembangan pada dunia bisnis untuk mampu mengikuti perubahan yang terjadi dan menjadi lebih maju

Lebih terperinci

UPS Berkompetisi Secara Global Menggunakan Teknologi Informasi

UPS Berkompetisi Secara Global Menggunakan Teknologi Informasi UPS Berkompetisi Secara Global Menggunakan Teknologi Informasi United Parcel Service (UPS) berdiri pada tahun 1907 di sebuah kantor ruang bawah tanah. Saat itu, Jim Casey dan Claude Ryan dua remaja dari

Lebih terperinci

Modul ke: CHAPTER 2. Sistem Informasi dalam Perusahaan. Fakultas PASCA SARJANA. Dr. Istianingsih. Program Studi Magister Akuntansi

Modul ke: CHAPTER 2. Sistem Informasi dalam Perusahaan. Fakultas PASCA SARJANA. Dr. Istianingsih. Program Studi Magister Akuntansi Modul ke: 02 Fakultas PASCA SARJANA CHAPTER 2 Sistem Informasi dalam Perusahaan Dr. Istianingsih Program Studi Magister Akuntansi Sistem Informasi dalam Perusahaan Jenis Sistem Utama dalam Organisasi Jenis

Lebih terperinci

Teknologi Informa Inform si s untuk Ke K unggulan Kom K pe om titif 2-1

Teknologi Informa Inform si s untuk Ke K unggulan Kom K pe om titif 2-1 Teknologi Informasi untuk Keunggulan Kompetitif 2-1 Perusahaan? Sistem Fisik Sistem yang tertutup» Dikendalikan oleh manajemen» Menggunakan umpan balik supaya tujuan tercapai Terbuka dalam arti dengan

Lebih terperinci

BAB II LANDASAN TEORI. pengertian. Secara garis besar ada dua kelompok pendekatan, yaitu:

BAB II LANDASAN TEORI. pengertian. Secara garis besar ada dua kelompok pendekatan, yaitu: BAB II LANDASAN TEORI 2.1 Sistem Menurut Kusrini dan Koniyo (2007), Sistem mempunyai beberapa pengertian. Secara garis besar ada dua kelompok pendekatan, yaitu: 1. Pendekatan sistem yang menekankan pada

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang Masalah

BAB I PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang Masalah BAB I PENDAHULUAN Pada bab pendahuluan ini dijelaskan mengenai latar belakang masalah, rumusan masalah, maksud dan tujuan dilakukan penelitian, metodologi penelitian, dan sistematika penulisan. 1.1 Latar

Lebih terperinci

BAB XIII. SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

BAB XIII. SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BAB XIII. SISTEM INFORMASI MANAJEMEN 1. PENDAHULUAN Sebuah sistem informasi manajemen atau SIM, adalah sebuah sistem informasi yang selain melakukan semua pengolahan transaksi yang perlu untuk sebuah organisasi,

Lebih terperinci

UNIVERSITAS BRAWIJAYA FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS

UNIVERSITAS BRAWIJAYA FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS UNIVERSITAS BRAWIJAYA FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS RENCANA PROGRAM & KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS) Nama Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Beban SKS (1) Minggu Ke : Sistem

Lebih terperinci

PENDAHULUAN 1.1 LATAR BELAKANG

PENDAHULUAN 1.1 LATAR BELAKANG PENDAHULUAN 1.1 LATAR BELAKANG Makalah ini disusun sebagai tugas akhir mata kuliah Sisten Informasi Manajemen, serta menambah pengetahuan dan pengalaman dalam mengeksplorasi dan mengaplikasikan Sistem

Lebih terperinci

Implementasi Sistem Informasi Untuk Menunjang Kegiatan Strategis Perusahaan

Implementasi Sistem Informasi Untuk Menunjang Kegiatan Strategis Perusahaan Implementasi Sistem Informasi Untuk Menunjang Kegiatan Strategis Perusahaan Saat ini manusia dalam kesehariannya sebagai pengguna informasi sangat bergantung pada berbagai sistem informasi, mulai dari

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN Referensi : 1. Management Information Systems : A Managerial End User Perspective, James A. O'Brien 2. Management Information Systems, Raymond McLeod, Jr. Sistem Informasi dan

Lebih terperinci

Sistem Informasi Manajemen dan Fungsi SIM By: Raden Sanjoyo D3 Rekam Medis FMIPA Universitas Gadjah Mada

Sistem Informasi Manajemen dan Fungsi SIM By: Raden Sanjoyo D3 Rekam Medis FMIPA Universitas Gadjah Mada Sistem Informasi Manajemen dan Fungsi SIM By: Raden Sanjoyo D3 Rekam Medis FMIPA Universitas Gadjah Mada Halaman SISTEM INFORMASI MANAJEMEN... 2 A. Definisi Sistem Informasi Manajemen. 2 Konsep Dasar Informasi...

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENDAHULUAN

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENDAHULUAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENDAHULUAN 2015 APAKAH SIA ITU? Sistem adalah rangkaian dari dua atau lebih komponenkomponen yang saling berhubungan, yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan. Sistem hampir

Lebih terperinci

Persaingan di dalam dunia bisnis atau usaha dewasa ini dirasakan semakin ketat dan

Persaingan di dalam dunia bisnis atau usaha dewasa ini dirasakan semakin ketat dan 1. Pendahuluan Persaingan di dalam dunia bisnis atau usaha dewasa ini dirasakan semakin ketat dan kompetitif, hal ini menuntut para pelaku dunia bisnis untuk mencari solusi, pemikiran dan peluang untuk

Lebih terperinci

KONSEP SISTEM INFORMASI MANAJEMEN MUTIA ISMAIL. Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara BAB I PENDAHULUAN

KONSEP SISTEM INFORMASI MANAJEMEN MUTIA ISMAIL. Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara BAB I PENDAHULUAN KONSEP SISTEM INFORMASI MANAJEMEN MUTIA ISMAIL Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara BAB I PENDAHULUAN Banyak organisasi yang ingin membangun sistem Informasi Manajemennya sendiri, dan telah menyediakan

Lebih terperinci

Modul ke: CHAPTER 12 ENHANCING DECISION MAKING. Fakultas. Dr. Istianingsih. Ekonomi Dan Bisnis. Program Studi Magister Akuntansi.

Modul ke: CHAPTER 12 ENHANCING DECISION MAKING. Fakultas. Dr. Istianingsih. Ekonomi Dan Bisnis. Program Studi Magister Akuntansi. Modul ke: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis CHAPTER 12 ENHANCING DECISION MAKING Dr. Istianingsih Program Studi Magister Akuntansi www.mercubuana.ac.id Jenis Keputusan Ada tiga klasifikasi umumnya keputusan:

Lebih terperinci

Enterprise Resource Planning (ERP)

Enterprise Resource Planning (ERP) Enterprise Resource Planning (ERP) ERP adalah sebuah system informasi perusahaan yang dirancang untuk mengkoordinasikan semua sumber daya, informasi dan aktifitas yang diperlukan untuk proses bisnis lengkap.

Lebih terperinci

Latar belakang proyek ini adalah adanya kebutuhan perusahaan X yang bergerak sebagai distributor dalam bidang penyediaan kebutuhan bahan pokok untuk

Latar belakang proyek ini adalah adanya kebutuhan perusahaan X yang bergerak sebagai distributor dalam bidang penyediaan kebutuhan bahan pokok untuk Latar belakang proyek ini adalah adanya kebutuhan perusahaan X yang bergerak sebagai distributor dalam bidang penyediaan kebutuhan bahan pokok untuk meningkatkan pelayanan pemesanan bagi para pelanggan.

Lebih terperinci

Pengertian Sistem. Ika Menarianti, M.Kom. - Konsep Dasar Sistem - Konsep Dasar Informasi - Konsep Dasar Sistem Informasi - Peranan Sistem Informasi

Pengertian Sistem. Ika Menarianti, M.Kom. - Konsep Dasar Sistem - Konsep Dasar Informasi - Konsep Dasar Sistem Informasi - Peranan Sistem Informasi CHAPTER 1 Pengertian Sistem - Konsep Dasar Sistem - Konsep Dasar Informasi - Konsep Dasar Sistem Informasi - Peranan Sistem Informasi Ika Menarianti, M.Kom 08/03/2014 Pengertian Sistem -- Ika Menarianti,

Lebih terperinci

Teknologi Informasi dan Sistem Informasi Manajemen 01

Teknologi Informasi dan Sistem Informasi Manajemen 01 Modul ke: Teknologi Informasi dan Sistem Informasi Manajemen 01 Sistem Informasi dalam Perusahaan Fakultas FEB Dr. Syamsu Alam, SE., M.Si., Ak. Program Studi Magister Akuntansi 1 Jenis Sistem Utama dalam

Lebih terperinci

Orang-orang, Prosedur-prosedur, Data, Software (perangkat lunak), Infrastruktur teknologi informasi.

Orang-orang, Prosedur-prosedur, Data, Software (perangkat lunak), Infrastruktur teknologi informasi. Sistem adalah rangkaian dari dua atau lebih komponen-komponen yang saling berhubungan, yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan. Sistem hampir selalu terdiri dari beberapa subsistem kecil, yang masing-masing

Lebih terperinci

MANAJEMEN. Pertemuan ke-1

MANAJEMEN. Pertemuan ke-1 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN Pertemuan ke-1 Sistem, Informasi, Sistem Informasi Sistemadalah kumpulan dari unsur-unsur atau elemen-elemen yang saling terintegrasi membentuk satu kesatuan untuk mencapai suatu

Lebih terperinci

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF ORBITH Vol. 7 No. 3 November 2011: 437-442 PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF Oleh : Sulistiyo Staf Pengajar Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang Jl. Prof. H. Soedarto, S.H.

Lebih terperinci

Macam-macam Sistem Informasi

Macam-macam Sistem Informasi Macam-macam Sistem Informasi Materi Klasifikasi sistem informasi. Sistem informasi menurut level organisasi. Sistem informasi fungsional. Sistem informasi berdasarkan dukungan yang tersedia. Klasifikasi

Lebih terperinci

Sistem Informasi (Information System)

Sistem Informasi (Information System) Sistem Informasi (Information System) Gambaran Sistem Informasi Sistem informasi telah banyak digunakan (diterapkan) di mana-mana (kantor, super market, air port, bahkan di rumah-rumah internet). Sistem

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN ANALISIS

BAB IV HASIL DAN ANALISIS 43 BAB IV HASIL DAN ANALISIS IV.A. TAHAP INVESTIGASI AWAL Tahap investigasi awal merupakan tahapan pertama dalam mengetahui jalannya sebuah proses bisnis yang berlangsung di toko kelontong Putra Jaya.

Lebih terperinci

RENCANA PROGRAM & KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS)

RENCANA PROGRAM & KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS) RENCANA PROGRAM & KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS) PRODI : Administrasi Bisnis FIA UB Nama Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Beban sks : Sistem Informasi I : IAB4216 : 3 sks (1) Minggu Ke (2) Materi Pembelajaran

Lebih terperinci

RANGKUMAN SIM Ch. 9 MENCAPAI KEUNGGULAN OPERASIONAL DAN KEINTIMAN PELANGGAN MELALUI APLIKASI PERUSAHAAN

RANGKUMAN SIM Ch. 9 MENCAPAI KEUNGGULAN OPERASIONAL DAN KEINTIMAN PELANGGAN MELALUI APLIKASI PERUSAHAAN RANGKUMAN SIM Ch. 9 MENCAPAI KEUNGGULAN OPERASIONAL DAN KEINTIMAN PELANGGAN MELALUI APLIKASI PERUSAHAAN (Achieving Operational Excellence and Customer Intimacy: Enterprise Applications) Rangkuman ini akan

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI, ORGANISASI DAN STRATEGI

SISTEM INFORMASI, ORGANISASI DAN STRATEGI Modul ke: CHAPTER 3 SISTEM INFORMASI, ORGANISASI DAN STRATEGI Fakultas PASCA SARJANA Dr. Istianingsih Program Studi Magister Akuntansi TANTANGAN MANAJEMEN Kemampuan mempertahankan keuntungan kompetitif

Lebih terperinci

BAB 2 TINJAUAN TEORETIS. 1. Husein dan Wibowo (2002:210) mendefinisikan bahwa

BAB 2 TINJAUAN TEORETIS. 1. Husein dan Wibowo (2002:210) mendefinisikan bahwa BAB 2 TINJAUAN TEORETIS 2.1 Tinjauan Teoretis 2.1.1 Sistem 2.1.1.1 Definisi Sistem Berikut ini definisi sistem dari beberapa pandangan ahli adalah sebagai berikut: 1. Husein dan Wibowo (2002:210) mendefinisikan

Lebih terperinci

Infrastruktur Teknologi Informasi

Infrastruktur Teknologi Informasi Infrastruktur Teknologi Informasi Content Definisi Infrastruktur TI Layanan-layanan Infrastruktur TI Evolusi Infrastruktur TI Komponen-komponen Infrastruktur Tren Platform Peranti Keras Dan Teknologi Baru

Lebih terperinci

CBIS (Computer Base Information System)

CBIS (Computer Base Information System) 1 CBIS (Computer Base Information System) Memberi kesempatan untuk meningkatkan komunikasi dan pengambilan keputusan dlm suatu organisasi. Perancangan harus memberikan perhatian kepada tingkatan tingkatan

Lebih terperinci

Bagaimana suatu perusahaan menggunakan sistem informasi untuk menunjang strategisnya

Bagaimana suatu perusahaan menggunakan sistem informasi untuk menunjang strategisnya Bagaimana suatu perusahaan menggunakan sistem informasi untuk menunjang strategisnya Sistem informasi secara umum dapat diartikan sebagai kesatuan elemen-elemen yang saling berinteraksi secara sistematis,

Lebih terperinci

MENINGKATKAN PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN. Anggi Octavia I. ( ) Evanti Andriani ( ) Ristia Astriyani ( )

MENINGKATKAN PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN. Anggi Octavia I. ( ) Evanti Andriani ( ) Ristia Astriyani ( ) MENINGKATKAN PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN Anggi Octavia I. (0910233006) Evanti Andriani (0910233013) Ristia Astriyani (0910233022) SISTEM INFORMASI DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN Pengambilan keputusan dalam

Lebih terperinci

BAB 2 LANDASAN TEORI

BAB 2 LANDASAN TEORI BAB 2 LANDASAN TEORI 2.1 Pengertian Perencanaan Strategi Sistem dan Teknologi Informasi 2.1.1 Pengertian Perencanaan Strategis Perencanaan strategis, menurut Ward dan Peppard (2002, p462) adalah analisa

Lebih terperinci

Enterprise and Global Management of Information Technology (Summary)

Enterprise and Global Management of Information Technology (Summary) Enterprise and Global Management of Information Technology (Summary) Bagian 1. MENGELOLA TEKNOLOGI INFORMASI Salah satu komponen yang penting dalam menentukan keberhasilan suatu bisnis adalah Teknologi

Lebih terperinci

BAB I. Pendahuluan. digunakan manajemen dalam mengetahui kondisi bisnis dan membantu

BAB I. Pendahuluan. digunakan manajemen dalam mengetahui kondisi bisnis dan membantu BAB I Pendahuluan 1.1. Latar Belakang Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sistem yang dapat digunakan manajemen dalam mengetahui kondisi bisnis dan membantu proses pengambilan keputusan yang ada. Pada

Lebih terperinci

BAB III LANDASAN TEORI

BAB III LANDASAN TEORI BAB III LANDASAN TEORI Pada bagian ini membahas tentang teori - teori yang digunakan sebagai landasan pada penelitian ini. 3.1 Sistem Informasi Data merupakan bahan baku yang akan di proses untuk menghasilkan

Lebih terperinci

JURNAL 1 : POTENSI ADOPSI STRATEGI E-COMMERCE UNTUK DI LIBYA.

JURNAL 1 : POTENSI ADOPSI STRATEGI E-COMMERCE UNTUK DI LIBYA. Nama : Sapto N. Setiawan Jurusan : 42SIB JURNAL 1 : POTENSI ADOPSI STRATEGI E-COMMERCE UNTUK DI LIBYA. Penerapan electronic commerce (e-commerce) telah menjadikan hubungan bisnis yang sehat antara produsen

Lebih terperinci

Lecture s Structure. Perusahaan Multinasional. Penggunaan Komputer di Pasar International & Implikasi Etis dari TI

Lecture s Structure. Perusahaan Multinasional. Penggunaan Komputer di Pasar International & Implikasi Etis dari TI Penggunaan Komputer di Pasar International & Implikasi Etis dari TI Yudi Agusta, PhD Sistem Informasi Manajemen, Lecture 05 Lecture s Structure Perusahaan Multinasional dan Struktur Organisasinya Koordinasi

Lebih terperinci

BAB 14 TEKNOLOGI INFORMASI DAN PENGENDALIAN

BAB 14 TEKNOLOGI INFORMASI DAN PENGENDALIAN BAB 14 TEKNOLOGI INFORMASI DAN PENGENDALIAN Informasi Data adalah fakta mentah (raw facts) Informasi adalah data yang sudah disusun dan memiliki arti tertentu. Informasi yang baik memiliki ciri-ciri sbb:

Lebih terperinci

MAKALAH SISTEM MANAJEMEN INFORMASI PERUSAHAAN. Dosen Pengampu : Putri Taqwa Prasetyaningrum

MAKALAH SISTEM MANAJEMEN INFORMASI PERUSAHAAN. Dosen Pengampu : Putri Taqwa Prasetyaningrum MAKALAH SISTEM MANAJEMEN INFORMASI PERUSAHAAN Dosen Pengampu : Putri Taqwa Prasetyaningrum Disusun Oleh : Risqi Wanasta Wahyu D. NIM. 14111038 PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI

Lebih terperinci

Mendefinisikan dan menggambarkan proses bisnis dan hubungan mereka dengan sistem informasi. Menjelaskan sistem informasi yang mendukung fungsi bisnis

Mendefinisikan dan menggambarkan proses bisnis dan hubungan mereka dengan sistem informasi. Menjelaskan sistem informasi yang mendukung fungsi bisnis Mendefinisikan dan menggambarkan proses bisnis dan hubungan mereka dengan sistem informasi. Menjelaskan sistem informasi yang mendukung fungsi bisnis utama: penjualan dan pemasaran, manufaktur dan produksi,

Lebih terperinci

BAB 1 PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang

BAB 1 PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang 1 BAB 1 PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Sepeda motor saat ini banyak digunakan oleh masyarakat terutama di daerah Bekasi, perkembangan sepeda motor pada periode 2009 2013 mengalami peningkatan sebesar

Lebih terperinci

Lantip Diat Prasojo Universitas Negeri Yogyakarta

Lantip Diat Prasojo Universitas Negeri Yogyakarta MODEL PENGEMBANGAN SOFTWARE PERPUSTAKAAN ON-LINE DI SMAN 1 KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA Lantip Diat Prasojo Universitas Negeri Yogyakarta Email: lantip1975@gmail.com, lantip@uny.ac.id Abstrak

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERTEMUAN 2 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN 25 BERSAING DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DASAR- DASAR KEUNGGULAN STRATEGIS TI Strategis Teknologi tidak lagi merupakan pemikiran terakhir dalam membentuk

Lebih terperinci

KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI AKUNTANSI KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI AKUNTANSI N. Tri Suswanto Saptadi 3/22/2016 nts/sia 1 Definisi SIA Sistem adalah rangkaian dari dua atau lebih komponenkomponen yang saling berhubungan, yang berinteraksi

Lebih terperinci

Dasar Dasar Intelijen Bisnis: Database dan Manajemen Informasi

Dasar Dasar Intelijen Bisnis: Database dan Manajemen Informasi Materi Pembelajarann Materi 6 Dasar Dasar Intelijen Bisnis: Database dan Manajemen Informasi 6.2 Pendekatan Database Untuk Pengelolaan Data 6.3 Memanfaatkan Database Untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis dan

Lebih terperinci

SILABUS MATA KULIAH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

SILABUS MATA KULIAH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN A. IDENTITAS MATA KULIAH Program Studi : Komputerisasi Akuntansi Mata Kuliah : Sistem Informasi Manajemen Kode : SP 319 Bobot : 4 SKS Kelas : KA2A Semester : 2 Mata kuliah prasyarat : - Deskripsi mata

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. membutuhkan informasi yang cepat, tepat, dan akurat dalam melakukan

BAB I PENDAHULUAN. membutuhkan informasi yang cepat, tepat, dan akurat dalam melakukan BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Di era globalisasi sekarang ini perkembangan teknologi dan internet begitu pesat, tak terkecuali teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi ini memiliki

Lebih terperinci

GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN (GBPP)

GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN (GBPP) Mata Kuliah : Pemodelan Bobot Mata Kuliah : 3 Sks GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN (GBPP) Deskripsi Mata Kuliah : Unified Modelling Language; Use Case Diagram; Class Diagram dan Object Diagram; Activity

Lebih terperinci

Business Process and Information Systems. Didi Supriyadi - Pertemuan ke-3 Sistem Informasi Manajemen ST3 Telkom

Business Process and Information Systems. Didi Supriyadi - Pertemuan ke-3 Sistem Informasi Manajemen ST3 Telkom Business Process and Information Systems Didi Supriyadi - Pertemuan ke-3 Sistem Informasi Manajemen ST3 Telkom Pokok Bahasan Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti perkuliahan pokok bahasan ini mahasiswa

Lebih terperinci

Sistem Informasi Manajemen. Session 1 Pengenalan Materi dan Pengantar

Sistem Informasi Manajemen. Session 1 Pengenalan Materi dan Pengantar Sistem Informasi Manajemen Session 1 Pengenalan Materi dan Pengantar Objective Hari ini : Pengenalan Materi dan Penjelasan Silabus Mata Kuliah dan pendahuluan Penilaian : Kehadiran : 10 % Tugas : 20 %

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI PARIWISATA. Pertemuan 3 - Etika & Profesionalisme

SISTEM INFORMASI PARIWISATA. Pertemuan 3 - Etika & Profesionalisme SISTEM INFORMASI PARIWISATA Pertemuan 3 - Etika & Profesionalisme ETIKA DALAM SISTEM INFORMASI MENCAKUP : Privasi Akurasi Properti Hak Cipta (Copyright) Paten Rahasia Perdagangan (Trade Secret) Akses ANCAMAN

Lebih terperinci

ASPEK TEKNOLOGI INFORMASI

ASPEK TEKNOLOGI INFORMASI ASPEK TEKNOLOGI INFORMASI 1. Pengertian Teknologi Informasi Banyak istilah yang berhubungan dengan teknologi informasi karena banyaknya perubahan dan tidak adanya kesepakatan istilah yang digunakan. Beberapa

Lebih terperinci

BAB III Landasan Teori

BAB III Landasan Teori BAB III Landasan Teori 3.1 Sistem Informasi Sistem Informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelolaan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang

BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Dunia sistem informasi pada saat ini berkembang pesat dan merambah ke berbagai sisi kehidupan manusia. Perkembangan yang demikian tersebut didukung oleh tersedianya

Lebih terperinci

BAB II TINJAUAN PUSTAKA. 2.1 Kerangka, Konstruksi, dan Variabel Penelitian. Menurut Carter dan Usry (2006:198) menyatakan bahwa pengertian biaya

BAB II TINJAUAN PUSTAKA. 2.1 Kerangka, Konstruksi, dan Variabel Penelitian. Menurut Carter dan Usry (2006:198) menyatakan bahwa pengertian biaya BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Kerangka, Konstruksi, dan Variabel Penelitian 2.1.1 Biaya Kualitas Menurut Carter dan Usry (2006:198) menyatakan bahwa pengertian biaya kualitas adalah sebagai berikut : Biaya

Lebih terperinci

Lima Sumber Daya Utama dan Bagaimana Sumber Daya Diatur

Lima Sumber Daya Utama dan Bagaimana Sumber Daya Diatur Lima Sumber Daya Utama dan Bagaimana Sumber Daya Diatur Manajer mengelola lima jenis sumber daya yaitu: 1. Manusia 2. Material Sumber Daya Fisik 3. Mesin (termasuk fasilitas dan energy) 4. Uang (money)

Lebih terperinci

Standar Kompetensi : Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan

Standar Kompetensi : Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan Komputer Sebagai Sistem Informasi Komunikasi Standar Kompetensi : Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan fungsi, proses

Lebih terperinci

CSG3A3/ SISTEM INFORMASI KK SIDE

CSG3A3/ SISTEM INFORMASI KK SIDE CSG3A3/ SISTEM INFORMASI KK SIDE Reference : Whitten Bentley, Systems Analysis and Design Method, edisi 7, Bab 1. 1 8/27/2015 Perkenalan Nama : Anisa Herdiani, S.T., M.T. Kode dosen : NDN KK : SIDE Ruang

Lebih terperinci

BAB III LANDASAN TEORI

BAB III LANDASAN TEORI 3.1. Sistem Informasi BAB III LANDASAN TEORI 3.1.1. Pengertian Sistem Informasi Sistem informasi secara teknis dapat didefinisikan sebagai seperangkat komponen yang saling terkait yang mengumpulkan (atau

Lebih terperinci

Oleh : Edi Sugiarto, S.Kom, M.Kom

Oleh : Edi Sugiarto, S.Kom, M.Kom Oleh : Edi Sugiarto, S.Kom, M.Kom Informasi menjadi dasar pelaksanaan proses rantai pasok dan dasar bagi manajer dalam membuat keputusan. Menurut cophra dan meindl(2007) informasi harus memiliki karakteristik:

Lebih terperinci

BAB 2 BERSAING DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DASAR-DASAR KEUNGGULAN STRATEGIS

BAB 2 BERSAING DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DASAR-DASAR KEUNGGULAN STRATEGIS BAB 2 BERSAING DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DASAR-DASAR KEUNGGULAN STRATEGIS TI Strategis Teknologi tidak lagi merupakan pemikiran terakhir dalam membentuk strategi bisnis, tetapi merupakan penyebab

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI FUNGSIONAL AREA

SISTEM INFORMASI FUNGSIONAL AREA SISTEM INFORMASI FUNGSIONAL AREA Materi #2 Area Marketing & Sales 2 Customer mengkomunikasikan order (via telepon, email, fax, web), order disampaikan ke bagian SCM untuk perencanaan produksi, dan ke bagian

Lebih terperinci