PEDOMAN TUGAS AKHIR I. Latar Belakang II. Tujuan Pedoman Tugas Akhir III. Definisi Tugas Akhir IV. Tujuan Tugas Akhir adalah :

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "PEDOMAN TUGAS AKHIR I. Latar Belakang II. Tujuan Pedoman Tugas Akhir III. Definisi Tugas Akhir IV. Tujuan Tugas Akhir adalah :"

Transkripsi

1 PEDOMAN TUGAS AKHIR I. Latar Belakang Perguruan tinggi mempunyai peranan yang sangat besar dalam menghasilkan sarjana berkualitas. Usaha untuk meningkatkan kualitas sarjana yang dihasilkan, salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan meningkatkan kualitas Tugas Akhir selain tentunya meningkatkan mutu pembelajaran. Pedoman ini disusun sebagai pedoman bagi mahasiswa Jurusan Informatika dalam menyusun Tugas Akhir. II. Tujuan Pedoman Tugas Akhir Pedoman penyusunan Tugas Akhir ini disusun dengan tujuan memerikan kemudahan bagi mahasiswa Informatika dan dosen pembimbing dalam pelaksanaan penyusunan Tugas Akhir, serta memudahkan bagai mahasiswa dan dosen dalam interaksi proses pembimbingan Tugas Akhir. III. Definisi Tugas Akhir Tugas Akhir / Skripsi adalah merupakan karya ilmiah yang disusun oleh mahasiswa berdasarkan hasil penelitian laboratorium, penelitian lapangan dan atau kajian suatu teori dengan bimbingan pembimbing, untuk dipertahankan di hadapan penguji sebagai syarat untuk memperoleh gelar sarjana. IV. Tujuan Tugas Akhir adalah : a. Memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa dalam melakukan kegiatan penelitian serta penulisan karya ilmiah. b. Memberikan bekal kemampuan kepada mahasiswa untuk menerapkan kaidah ilmiah untuk memecahkan masalah di bidangnya. c. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menunjukkan kemampuan dalam mengidentifikasi, memformulasi dan menyelesaikan masalah iptek sesuai bidang ilmunya. d. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berlatih mengembangkan konsep atau teori yang ada.

2 e. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk ikut berpartisipasi dalam mencari pemecahan berbagai masalah kehidupan secara ilmiah. V. Dasar Hukum a. Peraturan Rektor Universitas Sebelas Maret Nomor : 53 /J27/PP/2005 tentang : Pedoman Skripsi / Tugas Akhir Program Sarjana Universitas Sebelas Maret. b. Peraturan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret Nomor : 14 a/h /kp/2008 Tentang : Pedoman Pelaksanaan Skripsi Program Sarjana Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret. c. Surat Edaran Dikti Nomor : 152/E/T/2012 tentang : Publikasi Karya Ilmiah VI. Prasarat Pengambilan Tugas Akhir Mahasiswa diperbolehkan mengambil matakuliah Tugas Akhir dengan syarat : a. setelah sekurang-kurangnya telah lulus 110 SKS, dengan IPK minimal b. Pengambilan TA harus melalui KRS dan disetujui oleh Pembimbing Akademik c. Mahasiswa Wajib mengikuti acara Pengarahan Tugas Akhir yang diselenggarakan di awal semester. VII. Tahap pelaksanaan Tugas Akhir : a. Tahap Pengajuan Proposal dimulai dari pengajuan proposal, bimbingan sementara dengan dosen yang diminati, pengajuan seminar proposal dan seminar proposal (semprop) dan penetapan pembimbing b. Pelaksanaan dan Bimbingan TA dimulai dari pembimbingan dengan dosen pembimbing 1 dan pembimbing 2 mengenai tugas akhir sampai dengan hasil yang dituangkan dalam artikel ilmiah, yang disampaikan dalam bentuk seminar hasil (semhas) c. Sidang Ujian TA, dimulai dari penyusunan naskah TA dan pelaksanaan ujian TA, penetapan hasil, dan proses revisi TA dan pengesahan TA VIII. Pengertian a. Fakultas adalah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang selanjutnya disingkat FMIPA.

3 b. Dekan adalah Dekan FMIPA. c. Ketua Jurusan adalah ketua jurusan Informatika FMIPA. d. Administrasi Jurusan yaitu bagian yang bertugas untuk melakukan kegiatan administrasi ( mencatat semua kegitan ) di Jurusan Informatika. e. Divisi TA adalah seorang dosen yang ditunjuk oleh Ketua Jurusan untuk mengkoordinasikan penyusunan skripsi. f. Proposal skripsi adalah rencana pelaksanaan materi skripsi. g. Pembimbing adalah dosen yang ditunjuk oleh Ketua Jurusan melalui divisi TA untuk memberikan bantuan dan/atau bimbingan kepada mahasiswa penyusun skripsi. h. Penguji adalah dosen yang ditunjuk oleh Ketua Jurusan melalui divisi TA untuk menguji mahasiswa dalam mempertanggungjawabkan skripsinya. i. Pembimbing Akademik adalah dosen yang ditunjuk oleh Ketua Jurusan untuk membimbing mahasiswa di bidang akademik. j. Mahasiswa yang dimaksud adalah mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan untuk menempuh ujian skripsi. k. Ujian skripsi/ta adalah proses pertanggungjawaban atas materi skripsi/ta yang telah ditulis oleh mahasiswa kepada penguji. l. Pengesahan adalah aktivitas pemberian tanda tangan oleh pihak-pihak yang diberi tugas meliputi ketua jurusan, pembimbing, dan penguji, serta pemberian cap jurusan yaitu tanda persetujuan bahwa TA telah memenuhi syarat teknis untuk dilaksanakan atau skripsi/ta telah selesai diuji. m. Penelitian adalah aktivitas dalam upaya menghasilkan pengetahuan empirik, teori, konsep, metodologi, model atau informasi baru yang memperkaya ilmu pengetahuan dan teknologi. n. Satuan Kredit Semester (SKS) adalah satuan yang digunakan untuk menyatakan besarnya beban studi mahasiswa, besarnya pengakuan atas keberhasilan usaha mahasiswa, besarnya usaha untuk menyelenggarakan pendidikan bagi perguruan tinggi, khususnya bagi tenaga pengajar. o. Kartu Rencana Studi (KRS) adalah kartu yang memuat rencana matakuliah yang diambil mahasiswa pada semester berlangsung.

4 IX. Pembimbing Tugas Akhir a. Pembimbing Skripsi/Tugas Akhir bisa terdiri dari seorang pembimbing utama dan dibantu seorang pembimbing pendamping. b. Kriteria pembimbing yaitu dosen yang serendah-rendahnya berpangkat Lektor dan atau sederajat lulusan S2 atau S3 dan yang mengasuh ilmu atau cabang ilmu yang berkaitan dengan topik skripsi atau seorang dosen yang berdasarkan pengalaman dan kepakarannya memiliki keahlian yang berkaitan dengan topik skripsi/tugas akhir, dapat ditunjuk menjadi pembimbing atas persetujuan Ketua Jurusan / Ketua Program Studi. c. Pembimbing TA terdiri pembimbing 1 dan pembimbing 2. d. Pembimbing 1 dan pembimbing 2 Bertugas membimbing dan mengarahkan mahasiswa mulai dari awal penyusunan proposal sampai proses revisi dalam penyusunan skripsi. Turut bertanggung jawab atas kelayakan skripsi dan berwenang atas publikasi skripsi bersama mahasiswa yang bersangkutan e. Pembimbing 1 bertugas mengarahkan mahasiswa menyelesaikan skripsi berkaitan dengan isi materi TA sesuai dengan metode yang digunakan. f. Pembimbing 2 bertugas membantu pembimbing 1, dapat berkaitan dengan materi TA jika diperlukan untuk melengkapi materi TA dan terutama berkaitan dengan penulisan naskah. g. Seorang dosen dapat menjadi pembimbing 1 dan pembimbing 2 masing-masing 10 mahasiswa untuk semester yang sedang berjalan, atau disesuikan dengan kondisi (jumlah dosen dan jumlah mahasiswa yang mengambil TA) di Jurusan Informatika. X. Penguji Tugas Akhir a. Bertugas menguji mahasiswa atas laporan penelitian yang telah disusun pada saat ujian skripsi. b. Berwenang memberikan nilai kepada mahasiswa atas ujian skripsi yang telah ditempuh dan menyarankan adanya perbaikan apabila dianggap perlu atas ijin pembimbing skripsi. Apabila pembimbing skripsi tidak dapat menerima saran dari penguji maka saran tersebut ditulis dan disertakan pada saran.

5 c. Bertanggung jawab memberikan pengesahan skripsi. XI. Perubahan Judul atau Perubahan Pembimbing Tugas Akhir Pada masa bimbingan Tugas Akhir (TA), mahasiswa dapat mengalami perubahan judul atau perubahan pembimbing karena berbagai sebab. Di bawah ini adalah ketentuanketentuan perubahan judul dan atau perubahan pembimbing. a. Perubahan Dosen Pembimbing : 1. Perubahan Dosen Pembimbing harus dengan alasan yang kuat, misalnya : Dosen Pembimbing sakit, Dosen Pembimbing pergi ke luar kota/luar negeri dalam waktu yang relatif lama (misal tugas belajar). 2. Mengajukan surat permohonan perubahan pembimbing (form 02) ke Koordinator TA, yang ditandatangani oleh mahasiswa dan Dosen Pembimbing sebelumnya. Dalam surat dicantumkan alasan pergantian dosen pembimbing dan nama dosen pembimbing yang baru. b. Perubahan Tema atau Judul TA 1. Mahasiswa Mendiskusikan perubahan judul TA dengan Dosen Pembimbing, disertai dengan alasan pergantian judul / tema TA. 2. Jika perubahan tema atau judul TA masih dalam satu bidang, tidak perlu mengulang seminar proposal. 3. Jika perubahan tema atau judul TA tidak dalam satu bidang di satu riset group (misal dari tema di bidang riset group ilmu rekayasa & komputasi berganti tema di riset group sistem informasi) perlu mengulang seminar proposal. XII. Perpanjangan Judul Tugas Akhir Apabila dalam 1 semester mahasiswa belum dapat menyelesaikan TA, maka mahasiswa diwajibkan untuk melakukan perpanjangan judul TA dengan ketentuan sebagai berikut : a. Mahasiswa mencantumkan kembali mata kuliah TA di KRS. b. Mahasiswa melakukan bimbingan kepada dosen pembimbingnya. c. Mahasiswa yang telah memprogramkan TA lebih dua semester, tetapi belum selesai. Pembimbing perlu membuat evaluasi untuk mempertimbangkan rekomendasi:

6 (1) mengingatkan mahasiswa, (2) melakukan pembimbingan intensif, atau (3) mengganti topik/ pembimbing sebagai usaha terakhir. XIII. Materi TA Secara umum, materi tugas akhir dapat disrsuaikan dengan bidang penelitian jurusan Informatika yang dibagi ke dalam riset group berikut: a. Sistem Informasi b. Rekayasa Perangkat Lunak c. Jaringan & Sistem Terdistribusi d. Ilmu Rekayasa & Komputasi Atau bidang yang berada pada irisan-irisan dari empat bidang tersebut di atas. XIIII. Alur Pengajuan Proposal a. Mahasiswa yang memenuhi syarat menempuh TA dan berminat untuk menempuh TA mengisi form (form 01) pendaftaran dan menyerahkannya ke administrasi jurusan, dilampiri dengan transkrip yang ditandatangani PA b. Mengumpulkan foto copy kartu tanda hadir telah mengikuti seminar-seminar TA terdahulu (minimal 3 x). c. Mahasiswa membuat proposal TA dengan atau tanpa bimbingan dari dosen d. Mahasiswa mengajukan proposal ke Divisi TA untuk pendaftaran semprop, dengan mengisi form pendaftaran seminar proposal (form 03), menyerahkannya ke administrasi jurusan dilampiri dengan naskah proposal rangkap 3. e. Divisi TA mengirimkan naskah proposal TA ke semua riset group untuk menentukan dosen penguji proposal f. Riset Group dan jurusan menentukan 3 dosen penguji proposal, minimal 1 penguji dari riset group yang sesuai dengan judul proposal dan 2 dosen penguji lainnya dapat dari riset group yang lain. g. Divisi TA mengatur pelaksaan ujian semprop, sesuai dengan kesepakatan hari dan tanggal pelaksanaan uijian semprop, antara mahasiswa yang bersangkutan dengan penguji seminar proposal.

7 h. Administrasi membuat undangan yang ditandatangani oleh Ketua Jurusan Informatika, untuk pelaksanaan seminar proposal kepada dosen penguji proposal. i. Pelaksanaan Seminar Proposal o Seminar proposal bersifat tertutup. o Waktu untuk seminar proposal adalah 60 menit o Mahasiswa menyiapkan presentasi seminar proposal tugas akhir o Mahasiswa mepresentasikan rencana penelitian maksimal 15 menit o Tanya jawab dengan dosen penguji 45 menit. o Dosen Penguji mengisi berita acara dan melakukan penilaian kelayakan Proposal serta saran (form 04) o Dosen penguji merekomendasikan pembimbing 1 dan pembimbing 2 bagi mahasiswa yang melakukan seminar proposal tersebut. o Bila terdapat revisi proposal, mahasiswa wajib memperbaiki proposal TA dengan bimbingan dosen pembimbing. o Hasil penilaian proposal diserahkan ke divisi TA XV. Alur Pelaksanaan Bimbingan TA sampai dengan seminar Hasil a. Mahasiswa melakukan TA dengan dibimbing oleh dosen pembimbing 1 dan 2 dengan jadwal sesuai kesepakatan dosen pembimbing dan mahasiswa b. Dalam setiap bimbingan mahsiswa membawa form pemantauan (form 05) bimbingan TA c. mahasiswa sekurang-kurangnya mendapat 6 kali bimbingan untuk setiap pembimbing 1 dan pembimbing 2 sebelum menempuh ujian semhas dan sekurang-kurangnya 2 kali setelah semhas. d. Dosen pembimbing memberikan pengesahan penulisan artikel seminar hasil dianggap layak untuk diajukan dalam ujian seminar hasil. e. Pendaftaran Seminar Hasil o Mahasiswa mendaftar Seminar hasil dengan mengajukan form pendaftaran Seminar Hasil (form 06) ke divisi TA disertai artikel seminar proposal (rangkap 3) yang telah disahkan pembimbing.

8 o Devisi TA mengatur pelaksanaan seminar hasil TA dan merekomendasikan dosen penguji. o Dosen penguji seminar hasil adalah 2 dosen pembimbing dan 1 dosen penguji pada seminar proposal (kecuali jika dosen penguji berhalangan, bisa digantikan) o Bagian Adiministrasi Jurusan membuat undangan untuk pelaksanaan ujian Seminar Hasil kepada dosen penguji dan dosen pembimbing serta mahasiswa. Dosen pembimbing di sini bertindak sebagai dosen penguji, dosen pembimbing 1 sebagai ketua, dosen pembimbing 2 sebagai sekretaris. f. Pelaksanaan Seminar Hasil o Seminar Hasil bersifat terbuka bisa dihadiri oleh mahasiswa lain sampai batas cukup ruang yang digunakan o Mahasiswa lain yang menghadiri seminar hasil harus berpakaian rapi (tidak boleh memakai kaos oblong), bersepatu, membawa kartu tanda mengikuti seminar (form 10), dan harus masuk ruangan sebelum seminar dimulai paling lambat 10 menit sebelumnya. o Mahasiswa mengisi daftar hadir (form 11) sebagai peserta seminar. o Waktu untuk ujian seminar hasil adalah 90 menit o Mahasiswa TA menyiapkan presentasi seminar hasil dan artikel tugas akhir o Presentasi mahasiswa dan demo diberikan waktu maksimal 20 menit o Tanya jawab dengan dosen penguji dan mahasiswa 70 menit. o Dosen Penguji mengisi berita acara dan melakukan penilaian seminar hasil dan memberikan saran (form 07) o Ketua menandatangani daftar hadir mahasiswa. o Bila terdapat revisi hasil seminar, mahasiswa wajib memperbaiki artikel dan TA dengan bimbingan dosen pembimbing, paling lama 2 minggu. o Hasil penilaian seminar hasil diserahkan ke divisi TA o Artikel seminar hasil yang telah disampaikan dalam seminar tingkat nasional atau internasional atau menjadi artikel pada jurnal nasional atau internasional, prosedur seminar hasil di atas tidak perlu dilakukan. Penilaian semhas

9 dilakukan dalam sidang penetapan nilai oleh penguji proposal, pembimbing dan divisi TA. o Setelah Seminar Hasil, mahasiswa melakukan bimbingan untuk revisi kepada dosen pembimbing, batas revisi maksimal 3 minggu dari pelaksanaan seminar hasil, jika melewati batas waktu yang ditentukan, maka nilai seminar hasil akan mengalami pengurangan sepadan dengan kelebihan lama waktu yang ditentukan. o Setelah revisi artikel dan TA selesai sesuai arahan seminar hasil dan telah disahkan oleh dosen pembimbing, mahasiswa segera mendaftar ujian sidang TA. XVI. Alur Ujian Sidang Tugas Akhir a. Pendaftaran Ujian Sidang TA o Syarat ujian Ujian Sidang TA mahasiswa telah mengikuti seminar hasil tugas akhir sekurang-kurangnya 10 kali o Mahasiswa mendaftar Ujian Sidang TA dengan mengajukan form pendaftaran Ujian Sidang TA (form 08) ke divisi TA disertai naskah TA (rangkap 4) yang telah disahkan pembimbing. o Devisi TA mengatur pelaksanaan ujian sidang TA dan merekomendasikan dosen penguji. o Dosen penguji ujian sidang TA adalah 2 dosen pembimbing dan 1 dosen penguji pada seminar proposal atau seminar hasil (kecuali jika dosen penguji berhalangan, bisa digantikan), ditambah 1 dosen penguji yang lain yang direkomendasikan oleh divisi TA o Bagian Adiministrasi Jurusan membuat undangan untuk pelaksanaan ujian Sidang TA kepada dosen penguji dan dosen pembimbing serta mahasiswa. Dosen pembimbing di sini bertindak sebagai dosen penguji, dosen pembimbing 1 sebagai ketua, dosen pembimbing 2 sebagai sekretaris. b. Pelaksanaan Ujian Sidang TA o Waktu pelaksanaan ujian sidang TA adalah 120 menit. o Mahasiswa menyiapkan presentasi dan naskah sidang tugas akhir

10 o Presentasi dan demo mahasiswa maksimal 20 menit o Tanya jawab dengan dosen penguji 100 menit. o Dosen Penguji mengisi berita acara dan melakukan penilaian sidang TA serta menentukan kelulusan Ujian Sidang TA (form 09) o Bila terdapat revisi TA, mahasiswa wajib memperbaiki TA dengan bimbingan dosen pembimbing, paling lama 2 minggu. o Hasil penilaian seminar hasil diserahkan ke divisi TA o Setelah Ujian Sidang TA, mahasiswa melakukan bimbingan untuk revisi kepada dosen pembimbing, batas revisi maksimal 2 minggu dari pelaksanaan Ujian Sidang TA, jika melewati batas waktu yang ditentukan, maka nilai Ujian Sidang TA akan mengalami pengurangan sepadan dengan kelebihan lama waktu yang ditentukan. o Setelah revisi TA selesai sesuai arahan ujian sidang TA dan telah disahkan oleh dosen penguji dan dosen pembimbing dan Ketua Jurusan, Mahasiswa segera menjilid dengan hard cover dengan warna biru telur asin (biru UNS) rangkap 5 (untuk perpustakaan pusat 1, perpustakaan fakultas 1, dosen pembimbing dan mahasiswa) kemudian naskah yang telah dijilid tersebut diajukan ke Dekan untuk disahkan. o Mahasiwa memperlihatkan naskah TA yang telah disahkan ke divisi TA untuk mendapatkan nilai Sidang TA disertai dengan CD (1 buah) yang berisi naskah TA disertai scan pengesahaannya, dokumen dibuat dengan format PDF, dan artikel yang telah direvisi dengan format WORD. o Divisi TA memasukkan nilai TA ( form 12) dan disahkan oleh dosen pembimbing, divisi TA dan Ketua Jurusan, kemudian diserahkan ke bagian pendidikan fakultas. o Mahasiswa menyerahkan naskah TA ke Perpustakaan Pusat, Perpustakaan Fakultas dan ke Dosen Pembimbing. XVII. Aspek Penilaian Tugas Akhir Aspek Penilaian Tugan akhir terdiri dari penilaian seminar proposal dengan bobot 10%, penilaian seminar hasil dengan bobot 30% dan penilaian sidang TA dengan bobot 60%.

11 a. Penilaian Seminar Proposal Tujuan seminar proposal adalah : o Menentukan kelayakan proposal TA yang diajukan o Mengetahui kesiapan mahasiswa terkait dengan masalah, bagaimana menyelesaikannya (objek yang akan diteliti, penelitian terkait, dasar teori, metodologi, referensi dan rencana waktu) untuk menyelesaikan TA. 1. Aspek Penilaian Seminar Proposal Aspek yang dinilai dalam seminar proposal adalah sebagai berikut : o Rumusan Masalah o Tujuan dan Manfaat o Metodologi (cara menyelesaikan masalah) o Landasan teori yang digunakan - referensi - penelitian terkait o Rancangan waktu untuk menyelesaikan penelitian o Penyajian seminar dan sikap 2. Format Presentasi seminar proposal yang dilakukan mahasiswa harus memuat (slide pokok) : o Rumusan masalah o Batasan, Tujuan, dan Manfaat o Penelitian terkait yang sudah dikerjakan sebelumnya oleh peneliti lain o Beberapat teori pokok o Metodologi yang akan digunakan dan alasan-alasannya o Bagaimana rencana waktu untuk menyelesaikan penelitian o Referensi b. Penilaian Seminar Hasil Tujuan Seminar Hasil adalah klarifikasi rumusan, tujuan, dan kesesuaian metode penelitian yang digunakan, dengan hasil penelitian. 1. Aspek Penilaian Seminar Hasil o Kesesuaian rumusan masalah, tujuan dan metode yang digunakan

12 o Kejelasan langkah-langkah penelitian (metodologi penelitian) o Kejelasan Hasil penelitian (lengkap, sesuai dengan metode, rinci, dan ada rangkuman hasil / artikel) o Rangkuman hasil / artikel Sesuai dengan format yang ditentukan Isi materi Bahasa yang baku o Sikap dan Penyampaian (power point) 2. Format Presentasi Seminar Hasil (Power Point) memuat : o Rumusan Masalah, Tujuan o Batasan Masalah, Metodologi Penelitian o Langkah langkah penelitian yang dikerjakan Metode pengumpulan data : metode, alat/instrumen (validitas/ reliabilitas), data yang dicari, hasil pengumpulan data (jika ada validasi instrumen) Hasil & ringkasan data Analisa data : teknik, dan rangkuman hasil o Apa kesulitan/kemudahan/keunikan dalam penelitian c. Penilaian Ujian Sidang Tugas Akhir Tujuan ujian sidang TA adalah kalrifikasi dari keseluruhan konten ( dari abstrak sampai dengan kesimpulan dan format penulisan naskah TA, dan pengusaan materi mahasiswa. 1. Aspek penilaian ujian sidang TA adalah : o Presentasi Sikap dan penyajian Kemampuan mahasiswa dalam menjelaskan materi, dalam menanggapi pertanyaan penguji dan mempertahankan tugas akhirnya sesuai batasan masalah o Naskah TA Format naskah dan kelengkapan

13 Abstrak Kedalaman Landasan Teori Metodologi Penelitian Hasil dan Pembahasan Kesimpulan dan Saran 2. Format presentasi ujian sidang TA (power point) memuat antara lain : o Abstrak o Latar Belakaang o Rumusan Masalah, Tujuan o Batasan Masalah, Metodologi Penelitian o Langkah langkah penelitian yang dikerjakan Metode pengumpulan data : metode, alat/instrumen (validitas/ reliabilitas), data tang dicari, hasil pengumpulan data (jika ada validasi instrumen) Hasil & ringkasan data Analisa data : teknik, dan rangkuman hasil o Kesimpulan dan Saran o Referensi X Sistematika Penulisan Naskah TA BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Menjelaskan hal-hal yang menjadi latar belakang topik atau judul tugas akhir tersebut (landasan teori pentingnya dilakukan penelitian). 1.2 Perumusan Masalah Menuliskan bagaimana rumusan masalah yang akan diselesaikan dari latar belakang yang telah disampaikan dalam tugas akhir. 1.3 Pembatasan Masalah Menyebutkan batasan-batasan atau ruang lingkup yang akan diselesaikan pada tugas akhir. 1.4 Tujuan Penelitian

14 Menyebutkan tujuan dari tugas akhir 1.5 Manfaat Penelitian Menyebutkan manfaat yang dapat diperoleh dari Tugas Akhir 1.6 Sistematika Penulisan Menyebutkan secara garis besar isi dari setiap bab dalam penulisan laporan tugas akhir. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA Teori dasar tentang Ilmu yang Terkait dalam penyelesaian tugas akhir, (misalnya : Rekayasa Perangkat Lunak, Basis Data, SIM, dsb.) Di dalam landansan teori nanti ada sub bab untuk dasar teori yang mendukung penelitian, dan juga penelitian yang terkait yang telah dilakukan sebelumnya oleh peneliti lain, yang digunakan untuk referensi dari tema TA serta dapat menjelaskan perbedaan mengenai penelitian yang dilakukan dengan penelitianpenelitianan sebelumnya BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN. Pada bagian ini, diuraikan metode yang digunakan dalam tugas akhir, selanjutnya diuraikan langkah atau tahapan-tahapan secara rinci, yang akan dikerjakan dalam menyelesaikan penelitian BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN Berisi hasil penelitian sesuai dengan metode yang digunakan dan pembahasannya. Pada bab ini, dipaparkan hasil-hasil dari tahapan penelitian, dari tahap analisis, desain, hasil testing dan implementasinya, berupa penjelasan teoritik, baik secara kualitatif, kuantitatif, atau secara statistik. BAB 5.PENUTUP 5.1 Kesimpulan Dapat dikemukakan kembali masalah penelitian TA, bukti - bukti yang dihasilkan dari analisis data dan akhirnya menarik kesimpulan mengenai hasil penelitian yang dilakukan. Tidak diperkenankan penulis menyimpulkan masalah jika pembuktian tidak terdapat dalam hasil penelitian TA. 5.2 Saran

15 Saran merupakan sesuatu yang belum ditempuh dan layak untuk dilaksanakan. Saran dicantumkan karena penulis melihat adanya jalan keluar untuk mengatasi masalah atau kelemahan yang ada, saran yang diberikan tidak terlepas dari batasan masalah. XX. Tata Tertib Seminar Proposal, Seminar Hasil dan Ujian Sidang a. Mahasiswa TA datang sekurang-kurangnya 30 menit sebelum seminar/ujian dimulai b. Pakaian mahasiswa yang melaksanakan ujian : o Putri : blus rapi polos dan bawahan berwarna hitam/gelap o Putra : hem,rapi polos, bawahan warna hitam/gelap, dan memakai dasi c. Persiapan alat-alat yang mendukung (LCD, spidol, dll) dilakukan oleh mahasiswa sendiri. XXI. Syarat Kelulusan (wisuda) yang berkaitan dengan TA: a. Mengumpulkan dokumen TA, CD dan artikel ilmiah. b. Memenuhi syarat-syarat yudisium yang telah ditetapkan oleh fakultas (aturan mengacu pada aturan yang sudah ada di fakultas).

1. TUJUAN Prosedur ini ditetapkan sebagai pedoman bagi mahasiswa dalam mengajukan Tugas Akhir/Skripsi.

1. TUJUAN Prosedur ini ditetapkan sebagai pedoman bagi mahasiswa dalam mengajukan Tugas Akhir/Skripsi. JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA UNS SURAKAR Prosedur Mutu No. dokumen : No. revisi : SKRIPSI Tgl. Diterbitkan : Halaman : Disahkan oleh : 1. TUJUAN Prosedur ini ditetapkan sebagai pedoman bagi mahasiswa dalam

Lebih terperinci

HALAMAN JUDUL PROSEDUR OPERASIONAL BAKU PELAKSANAAN TUGAS AKHIR/SKRIPSI

HALAMAN JUDUL PROSEDUR OPERASIONAL BAKU PELAKSANAAN TUGAS AKHIR/SKRIPSI Halaman 1 dari 13 HALAMAN JUDUL PROSEDUR OPERASIONAL BAKU PELAKSANAAN TUGAS AKHIR/SKRIPSI PROGRAM STUDI KIMIA FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2015 1 Halaman 2 dari 13 2 Halaman 3 dari

Lebih terperinci

PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR PELAKSANAAN SKRIPSI PROGRAM STUDI S1 FARMASI

PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR PELAKSANAAN SKRIPSI PROGRAM STUDI S1 FARMASI PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR Tim Penyusun: Komisi Skripsi FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2016 PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR Hal. 1 dari 10 SOP ini disahkan

Lebih terperinci

UNIVERSITAS SEBELAS MARET PROGRAM STUDI D3 TEKNIK INFORMATIKA PELAKSANAAN TUGAS AKHIR. STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR Hal. 1 dari 3

UNIVERSITAS SEBELAS MARET PROGRAM STUDI D3 TEKNIK INFORMATIKA PELAKSANAAN TUGAS AKHIR. STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR Hal. 1 dari 3 I. TUJUAN Untuk menjamin kelancaran pelaksanaan Tugas Akhir (TA) di D3 Teknik Informatika. II. DASAR PENETAPAN Aturan pengajuan proposal TA mahasiswa pada Program D3 Teknik Informatika dibuat berdasarkan:

Lebih terperinci

PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR SKRIPSI

PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR SKRIPSI SKRIPSI Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret Jl. Ir. Sutami 36A Surakarta 57126 Phone/Fax (0271)669017 http://fisika.mipa.uns.ac.id e-mai: fisika@mipa.uns.ac.id

Lebih terperinci

PEDOMAN PELAKSANAAN KOLOKIUM

PEDOMAN PELAKSANAAN KOLOKIUM PEDOMAN PELAKSANAAN KOLOKIUM DEPARTEMEN KIMIA FAKULTAS ILMU ALAM INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SURABAYA 2015 KOLOKIUM 1. Pengertian Kolokium dalam kurikulum Departemen Kimia FMIPA ITS tahun 2014

Lebih terperinci

4. Melakukan bimbingan dengan dosen pembimbing utama yang ditunjuk. 5. Judul Skripsi atau TA maksimal 12 kata (sesuai dengan ketentuan NERIS)

4. Melakukan bimbingan dengan dosen pembimbing utama yang ditunjuk. 5. Judul Skripsi atau TA maksimal 12 kata (sesuai dengan ketentuan NERIS) SEBELUM PENGAJUAN JUDUL SKRIPSI/TA Syarat-syarat pengajuan proposal Tugas Akhir adalah sebagai berikut : 1. Telah lulus beban studi minimal 93 SKS 2. Telah lulus matakuliah PKL. 3. Telah memprogram matakuliah

Lebih terperinci

MANUAL MUTU PENYELENGGARAAN SKRIPSI

MANUAL MUTU PENYELENGGARAAN SKRIPSI MANUAL MUTU PENYELENGGARAAN SKRIPSI Kode Dokumen : GPM/UN43.6/002 Revisi : 006 Tanggal : 26 Agustus 2016 Diajukan Oleh : Tim Gugus Penjamin Mutu Dikendalikan Oleh : Ketua Gugus Penjamin Mutu Dikaji Oleh

Lebih terperinci

PEDOMAN KERJA PRAKTEK MAHASISWA

PEDOMAN KERJA PRAKTEK MAHASISWA PEDOMAN KERJA PRAKTEK MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS MERCU BUANA 2015 BAB 1 PENDAHULUAN 1.1. Deskripsi kerja praktek Kerja praktek merupakan kegiatan akademik, berupa mata

Lebih terperinci

KATA PENGANTAR. Padang, 16 Februari SOP Skripsi Prodi Psikologi S1

KATA PENGANTAR. Padang, 16 Februari SOP Skripsi Prodi Psikologi S1 KATA PENGANTAR Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan pimpinan Fakultas Kedokteran Unand dan Ketua Prodi Psikologi Universitas Andalas, telah membantu memberikan masukan sehingga Tim dapat menyelesaikan

Lebih terperinci

Bab. I Pendahuluan. I.1 Tujuan. SOP ini bertujuan untuk:

Bab. I Pendahuluan. I.1 Tujuan. SOP ini bertujuan untuk: Bab. I Pendahuluan I.1 Tujuan SOP ini bertujuan untuk: a. menjadi panduan bagi pembimbing skripsi, penguji skripsi, dan mahasiswa dalam penyusunan skripsi di lingkup prodi S1 Ilmu Administrasi Negara,

Lebih terperinci

Standard Operating Procedure Pelaksanaan Tesis

Standard Operating Procedure Pelaksanaan Tesis Standard Operating Procedure Pelaksanaan Tesis Jurusan Kimia Universitas Brawijaya Malang 2017 LEMBAR IDENTIFIKASI UNIVERSITAS BRAWIJAYA SOP PELAKSANAAN TESIS UN10/F09/02/s2/HK.01.02.a/132 Tanggal pengesahan:

Lebih terperinci

Dokumen Level : PROSEDUR OPERASIONAL BAKU PROSEDUR TUGAS AKHIR

Dokumen Level : PROSEDUR OPERASIONAL BAKU PROSEDUR TUGAS AKHIR TUJUAN SOP ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai : 1. Prosedur dan Pelaksanaan Tugas Akhir (TA). 2. Persyaratan dosen pembimbing dan tim penguji. 3. Prosedur pelaksanaan seminar TA. 4. Komponen/unsur

Lebih terperinci

PROSEDUR BAKU Edisi/Revisi: 1/0

PROSEDUR BAKU Edisi/Revisi: 1/0 Halaman: 1 dari 9 1. TUJUAN 1.1. Menjamin proses penyelesaian skripsi mahasiswa program Sarjana Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian dapat berlangsung sesuai dengan baku mutu dan sasaran mutu yang

Lebih terperinci

INSTRUKSI KERJA SKRIPSI FAKULTAS PSIKOLOGI

INSTRUKSI KERJA SKRIPSI FAKULTAS PSIKOLOGI 1. LINGKUP KERJA Instruksi kerja ini berlaku di Program Studi S1 Psikologi, mengatur pengelolaan skripsi yang belum diatur secara rinci dalam SOP Penyusunan Skripsi (PBM-UAD-05). Instruksi Kerja ini melibatkan

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN PELAKSANAAN TUGAS AKHIR PROGRAM MAGISTER (S2) FISIKA

BUKU PANDUAN PELAKSANAAN TUGAS AKHIR PROGRAM MAGISTER (S2) FISIKA BUKU PANDUAN PELAKSANAAN TUGAS AKHIR PROGRAM MAGISTER (S2) FISIKA JURUSAN FISIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS ANDALAS PADANG 2016 (EDISI REVISI) A. Ketentuan Umum 1. Setiap

Lebih terperinci

BAB VI SEMINAR. 6.1.Seminar

BAB VI SEMINAR. 6.1.Seminar 37 BAB VI SEMINAR 6.1.Seminar Seminar merupakan suatu pembahasan secara ilmiah. Tujuannya adalah mencari suatu pemecahan, oleh karena itu suatu seminar selalu diakhiri dengan kesimpulan atau keputusan-keputusan

Lebih terperinci

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA FAKULTAS MIPA Kampus Ketintang Surabaya Telp. (031) Fax (031) web site :

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA FAKULTAS MIPA Kampus Ketintang Surabaya Telp. (031) Fax (031) web site : Kampus Ketintang Surabaya - 60231 web site : www.fmipa.unesa.ac.id No. PM/11/GPM/FMIPA Unesa Nomor Revisi : Tanggal Terbit : Disusun oleh: Disetujui oleh: Nama Dr. Fida Rachmadiarti, M.Kes. Nama Prof.

Lebih terperinci

1. TUJUAN Menjelaskan alur atau mekanisme proses pengajuan judul, pembimbingan, pendaftaran ujian, dan pelaksanaan ujian skripsi

1. TUJUAN Menjelaskan alur atau mekanisme proses pengajuan judul, pembimbingan, pendaftaran ujian, dan pelaksanaan ujian skripsi 1. TUJUAN Menjelaskan alur atau mekanisme proses pengajuan judul, pembimbingan, pendaftaran ujian, dan pelaksanaan ujian skripsi 2. RUANG LINGKUP Tata cara pengambilan skripsi dan pelaksanaan ujian skripsi

Lebih terperinci

MANUAL PROSEDUR SKRIPSI

MANUAL PROSEDUR SKRIPSI MANUAL PROSEDUR SKRIPSI PROGRAM STUDI TEKNIK KIMIA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2015 MANUAL PROSEDUR SKRIPSI PROGRAM STUDI TEKNIK KIMIA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA Kode Dokumen

Lebih terperinci

I. PENDAHULUAN. Tahapan proses penyelesaian studi strata satu (S1) di perguruan tinggi

I. PENDAHULUAN. Tahapan proses penyelesaian studi strata satu (S1) di perguruan tinggi 1 I. PENDAHULUAN Tahapan proses penyelesaian studi strata satu (S1) di perguruan tinggi umumnya tidak selalu sama karena sangat tergantung pada seberapa jauh kompetensi ilmu yang dimiliki mahasiswa akan

Lebih terperinci

PEDOMAN PELAKSANAAN TUGAS AKHIR

PEDOMAN PELAKSANAAN TUGAS AKHIR PEDOMAN PELAKSANAAN TUGAS AKHIR DEPARTEMEN KIMIA FAKULTAS ILMU ALAM INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SURABAYA 2015 1 TUGAS AKHIR Pengertian: Tugas Akhir adalah tugas yang diberikan kepada mahasiswa

Lebih terperinci

BAB I PENGERTIAN BAB II PERSYARATAN DAN PROSEDUR

BAB I PENGERTIAN BAB II PERSYARATAN DAN PROSEDUR BAB I PENGERTIAN 1) Tesis merupakan karya ilmiah jenjang pendidikan tinggi berdasarkan atas hasil penelitian pribadi di lapangan atau riset kepustakaan yang disusun oleh mahasiswa sesuai prosedur yang

Lebih terperinci

Nomor Dokumen PPK 13. Nomor Revisi 01. Tanggal Terbit

Nomor Dokumen PPK 13. Nomor Revisi 01. Tanggal Terbit 1 dari 5 1. Tujuan Prosedur ini digunakan untuk pelaksanaan Tesis, Skripsi atau Tugas Akhir agar dapat berlangsung sebagaimana mestinya. 2. Ruang lingkup Prosedur Pelaksanaan Tesis, Skripsi atau Tugas

Lebih terperinci

KEPUTUSAN DEKAN FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS WAHID HASYIM Nomor : 024/Kep-FF/UWH/V/2019. Tentang SKRIPSI

KEPUTUSAN DEKAN FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS WAHID HASYIM Nomor : 024/Kep-FF/UWH/V/2019. Tentang SKRIPSI KEPUTUSAN DEKAN FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS WAHID HASYIM Nomor : 024/Kep-FF/UWH/V/2019 Tentang SKRIPSI Menimbang Mengingat : a. Bahwa peraturan pelaksanaan skripsi program studi S1 Farmasi Fakultas Farmasi

Lebih terperinci

KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS PELITA HARAPAN SURABAYA Nomor : 08/SKR/UPHS/VIII/2008. t e n t a n g

KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS PELITA HARAPAN SURABAYA Nomor : 08/SKR/UPHS/VIII/2008. t e n t a n g KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS PELITA HARAPAN SURABAYA Nomor : 08/SKR/UPHS/VIII/2008 t e n t a n g PEDOMAN TATA TERTIB DAN PELAKSANAAN SIDANG TUGAS AKHIR PROGRAM SARJANA REKTOR UNIVERSITAS PELITA HARAPAN

Lebih terperinci

Proyek Akhir adalah mata kuliah dengan kode BC014 yang dilaksanakan pada Semester 6 (enam), memiliki bobot 4 (empat) Satuan Kredit Semester.

Proyek Akhir adalah mata kuliah dengan kode BC014 yang dilaksanakan pada Semester 6 (enam), memiliki bobot 4 (empat) Satuan Kredit Semester. 1 Definisi Proyek Akhir adalah mata kuliah dengan kode BC014 yang dilaksanakan pada Semester 6 (enam), memiliki bobot 4 (empat) Satuan Kredit Semester. 2 Tujuan Menilai kemampuan dalam memandang suatu

Lebih terperinci

PEDOMAN KERJA PRAKTEK MAHASISWA

PEDOMAN KERJA PRAKTEK MAHASISWA PEDOMAN KERJA PRAKTEK MAHASISWA Tim Penyusun : Sabar Rudiarto, M.Kom Dr. Harwikarya, MT Nia Kusuma Wardhani, S.Kom, MM TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS MERCU BUANA 2015 PROSEDUR KERJA

Lebih terperinci

KEPUTUSAN DEKAN FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS GADJAH MADA Nomor: UGM/FA/114/UM/01/39 Tentang SKRIPSI

KEPUTUSAN DEKAN FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS GADJAH MADA Nomor: UGM/FA/114/UM/01/39 Tentang SKRIPSI KEPUTUSAN DEKAN FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS GADJAH MADA Nomor: UGM/FA/114/UM/01/39 Tentang SKRIPSI Menimbang Mengingat : a. Bahwa peraturan pelaksanaan skripsi Program Sarjana Fakultas Farmasi Universitas

Lebih terperinci

PEDOMAN KERJA PRAKTEK MAHASISWA

PEDOMAN KERJA PRAKTEK MAHASISWA PEDOMAN KERJA PRAKTEK MAHASISWA Tim Penyusun : Sabar Rudiarto, M.Kom Dr. Harwikarya, MT Nia Kusuma Wardhani, S.Kom, MM TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS MERCU BUANA 2015 BAB 1 PENDAHULUAN

Lebih terperinci

PEDOMAN KERJA PRAKTEK MAHASISWA

PEDOMAN KERJA PRAKTEK MAHASISWA PEDOMAN KERJA PRAKTEK MAHASISWA Tim Penyusun : Nur Ani ST, MMSI Bagus Priambodo ST, MTI SISTEM INFORMASI FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS MERCU BUANA 2015 DAFTAR ISI BAB 1 PENDAHULUAN... 3 1.1 Deskripsi

Lebih terperinci

PEDOMAN UMUM TUGAS AKHIR

PEDOMAN UMUM TUGAS AKHIR PEDOMAN UMUM TUGAS AKHIR Setiap mahasiswa yang mengambil Tugas Akhir (Peserta TA) harus mengikuti pedoman ini demi ketertiban dan keteraturan pelaksanaan Tugas Akhir. Segala sesuatu yang belum diatur dalam

Lebih terperinci

ALUR SKRIPSI S1 / TUGAS AKHIR D3 dan YUDISIUM

ALUR SKRIPSI S1 / TUGAS AKHIR D3 dan YUDISIUM ALUR SKRIPSI S1 / TUGAS AKHIR D3 dan YUDISIUM PENDAFTARAN 1. Mahasiswa Input KRS Mata Kuliah Skripsi / Tugas Akhir ( melalui krs.swu.ac.id sesuai kalender akademik ) 2. Input KRS Mata Kuliah Skripsi /

Lebih terperinci

KOMISI STUDI AKHIR (KSA) Deskripsi: Struktur Organisasi: Tugas dan Wewenang: Tata Tertib Rapat KSA:

KOMISI STUDI AKHIR (KSA) Deskripsi: Struktur Organisasi: Tugas dan Wewenang: Tata Tertib Rapat KSA: Lampiran Surat Keputusan Dekan Fakultas Biologi tentang Prosedur Baku Pelaksanaan Studi Akhir Program Studi S1 Biologi Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman KOMISI STUDI AKHIR (KSA) Deskripsi:

Lebih terperinci

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PELAKSANAAN SEMINAR HASIL PENELITIAN MAHASISWA

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PELAKSANAAN SEMINAR HASIL PENELITIAN MAHASISWA KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN RI JURUSAN AGROTEKNOLOGI FP-UHO JENIS DOKUMEN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) KODE : 010/KKJM/AGT/2014 JUDUL PELAKSANAAN SEMINAR HASIL PIHAK TERKAIT BAGIAN AKADEMIK,

Lebih terperinci

PROSEDUR PENYUSUNAN SKRIPSI/TUGAS AKHIR No. Dokumen

PROSEDUR PENYUSUNAN SKRIPSI/TUGAS AKHIR No. Dokumen PROSEDUR PENYUSUNAN SKRIPSI/TUGAS AKHIR No. Dokumen : PBM-UDINUS-05 Revisi Ke / Tanggal : 1 / 1 Februari 2010 Berlaku Tanggal : 1 Februari 2010 1. TUJUAN : Menjamin proses penyusunan skripisi/tugas akhir

Lebih terperinci

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR UJIAN TUGAS AKHIR MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 UNIVERSITAS TADULAKO PALU

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR UJIAN TUGAS AKHIR MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 UNIVERSITAS TADULAKO PALU UJIAN TUGAS AKHIR MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 UNIVERSITAS TADULAKO PALU SOP-PPM-UTD-00-016 Revisi ke : - Dibuat oleh Dikaji ulang oleh Disetujui oleh : Pusat Penjaminan Mutu UNTAD : Pembantu Rektor I :

Lebih terperinci

PETUNJUK PELAKSANAAN PENYELENGGARAAN PROGRAM DOKTOR (S3) A. UJIAN KUALIFIKASI

PETUNJUK PELAKSANAAN PENYELENGGARAAN PROGRAM DOKTOR (S3) A. UJIAN KUALIFIKASI PETUNJUK PELAKSANAAN PENYELENGGARAAN PROGRAM DOKTOR (S3) A. UJIAN KUALIFIKASI 1. Ujian Kualifikasi a. Ujian kualifikasi terdiri atas ujian lisan dan tulis yang pelaksanaannya merupakan satu kesatuan. b.

Lebih terperinci

Tim Penyusun : Jatinangor, 4 Mei 2017 Ketua Program Studi S1 Statistika Unpad. Dr. Yusep Suparman, M.Sc

Tim Penyusun : Jatinangor, 4 Mei 2017 Ketua Program Studi S1 Statistika Unpad. Dr. Yusep Suparman, M.Sc SOP Skripsi Standar Operasional Prosedur Skripsi PROGRAM STUDII S1 STATISTIKA UNIVERSITAS PADJJADJJARAN 2017 LEMBAR PENGESAHAN SOP Skripsi Sttandar Operasiionall Prosedur Skriipsii Tim Penyusun : Achmad

Lebih terperinci

STANDAR MUTU PENYELESAIAN TUGAS AKHIR PROGRAM SARJANA FEB UNSOED

STANDAR MUTU PENYELESAIAN TUGAS AKHIR PROGRAM SARJANA FEB UNSOED STANDAR MUTU PENYELESAIAN TUGAS AKHIR PROGRAM SARJANA FEB UNSOED Isi: Rasional Standar Pembimbingan Skripsi Standar Seminar Proposal Skripsi Standar Ujian Skripsi Standar Ujian Pendadaran FAKULTAS EKONOMI

Lebih terperinci

KETENTUAN Nomor KT-TRILOGI-PS-05/R0 SKRIPSI DAN SIDANG SKRIPSI. Skripsi

KETENTUAN Nomor KT-TRILOGI-PS-05/R0 SKRIPSI DAN SIDANG SKRIPSI. Skripsi Skripsi Definisi dan Tujuan 1. Definisi Skripsi merupakan hasil kegiatan penelitian dalam bentuk karya ilmiah sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan pendidikan Program Sarjana (S1). Penulisan karya

Lebih terperinci

MEKANISME MATAKULIAH PRA/SKRIPSI

MEKANISME MATAKULIAH PRA/SKRIPSI MEKANISME MATAKULIAH PRA/SKRIPSI PRODI TEKNIK INFORMATIKA TAHUN 2017 SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AKAKOM YOGYAKARTA 1 MEKANISME MATAKULIAH PRA / SKRIPSI PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

Lebih terperinci

ALUR PENDAFTARAN SKRIPSI - YUDISIUM PROGRAM STUDI S1 TEKNIK INFORMATIKA

ALUR PENDAFTARAN SKRIPSI - YUDISIUM PROGRAM STUDI S1 TEKNIK INFORMATIKA ALUR PENDAFTARAN SKRIPSI - YUDISIUM PROGRAM STUDI S1 TEKNIK INFORMATIKA PENDAFTARAN 1. Mahasiswa Input KRS Mata Kuliah Skripsi ( melalui krs.swu.ac.id sesuai kalender akademik ) 2. Mahasiswa membayar Biaya

Lebih terperinci

MEKANISME MATAKULIAH PRA/SKRIPSI PRODI TEKNIK INFORMATIKA

MEKANISME MATAKULIAH PRA/SKRIPSI PRODI TEKNIK INFORMATIKA MEKANISME MATAKULIAH PRA/SKRIPSI PRODI TEKNIK INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AKAKOM YOGYAKARTA 2017 1 MEKANISME MATAKULIAH PRA / SKRIPSI PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

Lebih terperinci

PANDUAN TUGAS AKHIR MAHASISWA JURUSAN TEKNIK MESIN TIM PENYUSUN

PANDUAN TUGAS AKHIR MAHASISWA JURUSAN TEKNIK MESIN TIM PENYUSUN PANDUAN TUGAS AKHIR MAHASISWA JURUSAN TEKNIK MESIN TIM PENYUSUN POLITEKNIK NEGERI JAKARTA JURUSAN TEKNIK MESIN TAHUN 2013 1 PRAKATA Tugas Akhir merupakan bentuk karya ilmiah yang menjadi salah satu syarat

Lebih terperinci

PEMBEKALAN SKRIPSI PRODI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS. Universitas Kanjuruhan Malang

PEMBEKALAN SKRIPSI PRODI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS. Universitas Kanjuruhan Malang PEMBEKALAN SKRIPSI PRODI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS Universitas Kanjuruhan Malang S K R I P S I Skripsi adalah Karya Ilmiah yang wajib disusun sebagai salah satu syarat memperoleh gelar Sarjana

Lebih terperinci

PERATURAN TUGAS AKHIR

PERATURAN TUGAS AKHIR PERATURAN TUGAS AKHIR 1. Pengertian Tugas Akhir ( TA ) Tugas Akhir adalah salah satu mata kuliah dalam kurikulum Jurusan Teknik Elektro Universitas Andalas, memiliki bobot 5 Satuan Kredit Semester ( SKS

Lebih terperinci

PERATURAN FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA TENTANG SKRIPSI PROGRAM PENDIDIKAN STRATA I BAB I KETENTUAN UMUM. Pasal 1

PERATURAN FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA TENTANG SKRIPSI PROGRAM PENDIDIKAN STRATA I BAB I KETENTUAN UMUM. Pasal 1 Peraturan Skripsi 1 PERATURAN FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA TENTANG SKRIPSI PROGRAM PENDIDIKAN STRATA I BAB I KETENTUAN UMUM Pasal 1 (1) Skripsi adalah karya ilmiah dalam suatu bidang ilmu pengetahuan

Lebih terperinci

SYARAT DAN KETENTUAN PENGAJUAN SKRIPSI

SYARAT DAN KETENTUAN PENGAJUAN SKRIPSI SYARAT DAN KETENTUAN PENGAJUAN SKRIPSI A. Definisi Skripsi merupakan salah satu matakuliah wajib yang dilaksanakan dalam bentuk penulisan karya ilmiah mahasiswa pada akhir masa studi strata satu (S1) di

Lebih terperinci

MANUAL PROSEDUR TUGAS AKHIR PROGRAM STUDI S2 MATEMATIKA FAKULTAS MIPA MP.GKM-MA.FMIPA-UNAND.03

MANUAL PROSEDUR TUGAS AKHIR PROGRAM STUDI S2 MATEMATIKA FAKULTAS MIPA MP.GKM-MA.FMIPA-UNAND.03 MANUAL PROSEDUR TUGAS AKHIR PROGRAM STUDI S2 MATEMATIKA FAKULTAS MIPA MP.GKM-MA.FMIPA-UNAND.03 UNIVERSITAS ANDALAS PADANG 2016 MANUAL PROSEDUR TUGAS AKHIR PROGRAM STUDI S2 MATEMATIKA FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS

Lebih terperinci

Sosialisasi Pelaksanaan Tugas Akhir Semester Gasal 2014/2015. Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur

Sosialisasi Pelaksanaan Tugas Akhir Semester Gasal 2014/2015. Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur Sosialisasi Pelaksanaan Tugas Akhir Semester Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur Jakarta, 21 Juni 2014 Tugas Akhir? Syarat menyelesaikan pendidikan S1 Syarat meraih gelar Sarjana Teknik di Fakultas

Lebih terperinci

SUPLEMEN PENULISAN TUGAS AKHIR PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

SUPLEMEN PENULISAN TUGAS AKHIR PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN SUPLEMEN PENULISAN TUGAS AKHIR PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN A. Definisi Skripsi merupakan salah satu matakuliah wajib yang

Lebih terperinci

HALAMAN JUDUL PROSEDUR OPERASIONAL BAKU PELAKSANAAN KEGIATAN MAGANG MAHASISWA (KMM)

HALAMAN JUDUL PROSEDUR OPERASIONAL BAKU PELAKSANAAN KEGIATAN MAGANG MAHASISWA (KMM) Halaman 1 dari 13 HALAMAN JUDUL PROSEDUR OPERASIONAL BAKU PELAKSANAAN KEGIATAN MAGANG MAHASISWA (KMM) PROGRAM STUDI KIMIA FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2015 1 Halaman 2 dari 13 2 Halaman

Lebih terperinci

INSTITUT PERTANIAN BOGOR FAKULTAS EKONOMI DAN MANAJEMEN PROSEDUR OPERASIONAL BAKU Tanggal Berlaku : 01/09/2016

INSTITUT PERTANIAN BOGOR FAKULTAS EKONOMI DAN MANAJEMEN PROSEDUR OPERASIONAL BAKU Tanggal Berlaku : 01/09/2016 INSTITUT PERTANIAN BOGOR DEPARTEMEN ILMU EKONOMI PROSEDUR OPERASIONAL BAKU TUGAS AKHIR N0. POB/FEM/ESP/08 URAIAN Nama Jabatan Tanda Tangan Tanggal Disusun oleh Diperiksa oleh Koordinator ISO Departemen

Lebih terperinci

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER. Nomor Tanggal Terbit Revisi Halaman

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER. Nomor Tanggal Terbit Revisi Halaman Tujuan Prosedur ini ditetapkan bertujuan untuk : 1. Memberikan gambaran, petunjuk dan informasi tentang prosedur dan tata cara pelaksanaan penulisan dan ujian bagi mahasiswa S1 FKIP UNS. 2. Sebagai panduan

Lebih terperinci

PROSEDUR UJIAN AKHIR SARJANA

PROSEDUR UJIAN AKHIR SARJANA SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001 : 2008 FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN INSTITUT PERTANIAN BOGOR PROSEDUR UJIAN AKHIR SARJANA NO. DOKUMEN : POB-MSP-FPIK-07 REVISI : 00 NO. SALINAN : Bogor, 19 Februari

Lebih terperinci

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR UJIAN SARJANA FAKULTAS PETERNAKAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS TADULAKO PALU SOP-FAPETKAN-UTD

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR UJIAN SARJANA FAKULTAS PETERNAKAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS TADULAKO PALU SOP-FAPETKAN-UTD FAKULTAS PETERNAKAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS TADULAKO PALU SOP-FAPETKAN-UTD-14-010 Revisi ke : - Dibuat oleh : Penjaminan Mutu Fakultas Peternakan dan Perikanan UNTAD Dikaji ulang oleh : Wakil Dekan I

Lebih terperinci

Pembantu Umum: 1. Erna Wijiati. Yogyakarta, 01 Maret 2008 Tim Penyusun

Pembantu Umum: 1. Erna Wijiati. Yogyakarta, 01 Maret 2008 Tim Penyusun 1 PEDOMAN TOPIK KHUSUS/WORKSHOP JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA PROGRAM SARJANA (S-1) HALAMAN PENGESAHAN PEDOMAN TOPIK KHUSUS/WORKSHOP Jurusan Teknik Informatika Program Studi

Lebih terperinci

PEDOMAN UMUM PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)

PEDOMAN UMUM PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) PEDOMAN UMUM PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) DEPARTEMEN ILMU KOMPUTER/INFORMATIKA FAKULTAS SAINS DAN MATEMATIKA UNIVERSITAS DIPONEGORO 2016 Setiap mahasiswa yang mengambil mata kuliah PKL harus

Lebih terperinci

SOP TUGAS AKHIR DAN KELULUSAN

SOP TUGAS AKHIR DAN KELULUSAN SOP TUGAS AKHIR DAN KELULUSAN 1. Prosedur Persyaratan Pengambilan Mata Kuliah Tugas Akhir Prosedur ini adalah untuk pelaksanaan pengambilan mata kuliah Tugas Akhir, terutama menyangkur syarat pengambilan

Lebih terperinci

PEDOMAN PENYELENGGARAAN KARYA AKHIR PROGRAM PASCASARJANA MANAJEMEN DAN BISNIS INSTITUT PERTANIAN BOGOR

PEDOMAN PENYELENGGARAAN KARYA AKHIR PROGRAM PASCASARJANA MANAJEMEN DAN BISNIS INSTITUT PERTANIAN BOGOR PEDOMAN PENYELENGGARAAN KARYA AKHIR PROGRAM PASCASARJANA MANAJEMEN DAN BISNIS INSTITUT PERTANIAN BOGOR I. PENDAHULUAN 1.1 Dasar Pemikiran Globalisasi di berbagai sektor ekonomi dan bisnis membawa konsekuensi

Lebih terperinci

Standard Operating Procedure Penyelenggaraan Seminar dan Ujian Skripsi Program Studi S1 Statistika

Standard Operating Procedure Penyelenggaraan Seminar dan Ujian Skripsi Program Studi S1 Statistika Standard Operating Procedure Penyelenggaraan Seminar dan Ujian Skripsi Program Studi S1 Statistika Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Brawijaya Malang 2016 LEMBAR IDENTIFIKASI Nama Dokumen SOP

Lebih terperinci

Jurusan PE 2015 SISTEM BIMBINGAN, PELAKSANAAN UJIAN DAN PENILAIAN SKRIPSI

Jurusan PE 2015 SISTEM BIMBINGAN, PELAKSANAAN UJIAN DAN PENILAIAN SKRIPSI Jurusan PE 2015 SISTEM BIMBINGAN, PELAKSANAAN UJIAN DAN PENILAIAN SKRIPSI Sistem Pembimbingan Skripsi: Mahasiswa yang berhak mendapatkan dosen pembimbing adalah mahasiswa telah lulus minimal 90 sks tanpa

Lebih terperinci

DOKUMEN LEVEL MANUAL PROSEDUR. TANGGAL DIKELUARKAN 23 Pebruari 2010 AREA BIDANG AKADEMIK NO. REVISI:

DOKUMEN LEVEL MANUAL PROSEDUR. TANGGAL DIKELUARKAN 23 Pebruari 2010 AREA BIDANG AKADEMIK NO. REVISI: JUDUL JURUSAN FISIKA FMIPA UNIVERSITAS DIPONEGORO UJIAN TUGAS AKHIR DOKUMEN LEVEL MANUAL PROSEDUR KODE: FIS 09 TANGGAL DIKELUARKAN 23 Pebruari 2010 AREA BIDANG AKADEMIK NO. REVISI: TUJUAN Manual Prosedur

Lebih terperinci

BAB 1 PENDAHULUAN A. Ketentuan Umum B. Tanggung Jawab C. Penjadwalan... 4 BAB 2. SEMINAR PROPOSAL... 5 A. KETENTUAN UMUM...

BAB 1 PENDAHULUAN A. Ketentuan Umum B. Tanggung Jawab C. Penjadwalan... 4 BAB 2. SEMINAR PROPOSAL... 5 A. KETENTUAN UMUM... PEDOMAN SKRIPSI DAFTAR ISI BAB 1 PENDAHULUAN... 3 A. Ketentuan Umum... 3 B. Tanggung Jawab... 3 C. Penjadwalan... 4 BAB 2. SEMINAR PROPOSAL... 5 A. KETENTUAN UMUM... 5 B. Seminar Proposal Skripsi... 5

Lebih terperinci

BAGIAN I PENDAHULUAN

BAGIAN I PENDAHULUAN BAGIAN I PENDAHULUAN 1.1. Pengertian Kerja Praktek Kerja Praktek merupakan salah satu kegiatan kurikuler mahasiswa yang dilakukan diluar kampus sebagai latihan praktek mahasiswa di industri dan dilaksanakan

Lebih terperinci

PEDOMAN PELAKSANAAN PEMBIMBINGAN DAN KONSELING DOSEN PENASEHAT AKADEMIK (DPA) PROGRAM STUDI MSP UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

PEDOMAN PELAKSANAAN PEMBIMBINGAN DAN KONSELING DOSEN PENASEHAT AKADEMIK (DPA) PROGRAM STUDI MSP UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA PEDOMAN PELAKSANAAN PEMBIMBINGAN DAN KONSELING DOSEN PENASEHAT AKADEMIK (DPA) PROGRAM STUDI MSP UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA A. Dasar Hukum 1. Surat Edaran Dirjen Dikti No. 3298/D/T/99 dan Kepmendiknas

Lebih terperinci

Kegiatan Magang Mahasiswa (KMM)

Kegiatan Magang Mahasiswa (KMM) Kegiatan Magang Mahasiswa (KMM) D3 Ilkom 2009 Definisi Kegiatan Magang Mahasiswa (KMM) merupakan kegiatan belajar mengajar yang melibatkan instansi di luar kampus sebagai ajang pelaksanaannya. (Penggabungan

Lebih terperinci

PERATURAN REKTOR UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN

PERATURAN REKTOR UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN Jalan Prof.dr. HR. Boenjamin No. 708 Kotak Pos 115 Purwokerto 53122 Telp (0281) 635292 hunting Faks. 631802 PERATURAN REKTOR UNIVERSITAS JENDERAL

Lebih terperinci

Pembekalan magang mahasiswa 2018

Pembekalan magang mahasiswa 2018 Pembekalan magang mahasiswa 2018 KMM merupakan suatu mata kuliah yang melibatkan instansi di dalam dan di luar kampus. Kegiatan KMM menghasikan Laporan KMM dapat berbentuk produk dari rekayasa dalam bidang

Lebih terperinci

PEDOMAN PENYELESAIAN DISERTASI

PEDOMAN PENYELESAIAN DISERTASI PEDOMAN PENYELESAIAN DISERTASI Program Doktor Kuliah-Riset Program Doktor Riset PROGRAM STUDI DOKTOR ILMU BAHAN-BAHAN DEPARTEMEN FISIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS INDONESIA

Lebih terperinci

Prosedur Tugas Akhir

Prosedur Tugas Akhir Prosedur Tugas Akhir PENGESAHAN Disiapkan Oleh: Diperiksa Oleh: Disahkan Oleh: Gugus Mutu Fakultas Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dekan Fakultas Teknik Evi Puspitasari, S.T., M.Sc. Trisma

Lebih terperinci

Panduan Skripsi: Ujian Proposal, Seminar Hasil Penelitian dan Ujian Skripsi

Panduan Skripsi: Ujian Proposal, Seminar Hasil Penelitian dan Ujian Skripsi Dokumen Penjaminan Mutu I Program Studi Ilmu Hubungan Internasional I FISIP I Universitas Andalas 2 st st Edition Oktober 2010 Panduan Skripsi: Ujian Proposal, Seminar Hasil Penelitian dan Ujian Skripsi

Lebih terperinci

INSTRUKSI KERJA BIDANG AKADEMIK, KEMAHASISWAAN, KEUANGAN, KEPEGAWAIAN DAN TATA KELOLA

INSTRUKSI KERJA BIDANG AKADEMIK, KEMAHASISWAAN, KEUANGAN, KEPEGAWAIAN DAN TATA KELOLA INSTRUKSI KERJA BIDANG AKADEMIK, KEMAHASISWAAN, KEUANGAN, KEPEGAWAIAN DAN TATA KELOLA FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA 2016 17 DAFTAR ISI IK. Pendaftaran PKL 1 IK. Pengajuan Mitra PKL 3

Lebih terperinci

PROSEDUR PEMBELAJARAN PENGENDALIAN PENYUSUNAN SKRIPSI / TUGAS AKHIR (PMB-UINSK-05-01)

PROSEDUR PEMBELAJARAN PENGENDALIAN PENYUSUNAN SKRIPSI / TUGAS AKHIR (PMB-UINSK-05-01) PROSEDUR PEMBELAJARAN PENGENDALIAN PENYUSUNAN SKRIPSI / TUGAS AKHIR (PMB-UINSK-05-01) 1. TUJUAN : Menjamin proses penyusunan skripisi/tugas akhir Strata 1 berjalan baik sesuai dengan ketentuan. 2. RUANG

Lebih terperinci

MANUAL BAKU PENGAJUAN TUGAS AKHIR I No Dokumen MB-IF20

MANUAL BAKU PENGAJUAN TUGAS AKHIR I No Dokumen MB-IF20 dari 5 I. TUJUAN Menjelaskan mekanisme mengenai kegiatan Pengajuan Proposal Tugas Akhir I di Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Mataram II. RUANG LINGKUP a. Topik Tugas Akhir

Lebih terperinci

INSTITUT PERTANIAN BOGOR FAKULTAS EKONOMI DAN MANAJEMEN PROSEDUR OPERASIONAL BAKU Tanggal Berlaku : 01/09/2016 UJIAN AKHIR SARJANA Nomor Revisi : 00

INSTITUT PERTANIAN BOGOR FAKULTAS EKONOMI DAN MANAJEMEN PROSEDUR OPERASIONAL BAKU Tanggal Berlaku : 01/09/2016 UJIAN AKHIR SARJANA Nomor Revisi : 00 INSTITUT PERTANIAN BOGOR DEPARTEMEN ILMU EKONOMI PROSEDUR OPERASIONAL BAKU UJIAN AKHIR SARJANA NO. POB/FEM/ESP/10 URAIAN Nama Jabatan Tanda Tangan Tanggal Disusun oleh Diperiksa oleh Koordinator ISO Departemen

Lebih terperinci

MANUAL BAKU PENGAJUAN SEMINAR TUGAS AKHIR I No Dokumen MB-IF20

MANUAL BAKU PENGAJUAN SEMINAR TUGAS AKHIR I No Dokumen MB-IF20 1 dari 5 I. TUJUAN Menjelaskan mekanisme mengenai kegiatan Pendaftaran Seminar Proposal Tugas Akhir I di Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Mataram II. RUANG LINGKUP a. Topik

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN PROYEK AKHIR DAN UJIAN SIDANG PROYEK AKHIR PROGRAM D-III TEKNIK KONSTRUKSI GEDUNG DAN TEKNIK KONSTRUKSI SIPIL

BUKU PANDUAN PROYEK AKHIR DAN UJIAN SIDANG PROYEK AKHIR PROGRAM D-III TEKNIK KONSTRUKSI GEDUNG DAN TEKNIK KONSTRUKSI SIPIL BUKU PANDUAN PROYEK AKHIR DAN UJIAN SIDANG PROYEK AKHIR PROGRAM D-III TEKNIK KONSTRUKSI GEDUNG DAN TEKNIK KONSTRUKSI SIPIL Disusun Oleh : Tim Jurusan Teknik Sipil POLITEKNIK NEGERI JAKARTA 2013 PRAKATA

Lebih terperinci

STANDAR PENYELESAIAN TUGAS AKHIR PROGRAM MAGISTER

STANDAR PENYELESAIAN TUGAS AKHIR PROGRAM MAGISTER STANDAR PENYELESAIAN TUGAS AKHIR PROGRAM MAGISTER DAFTAR ISI Rasional... 2 1. STANDAR PEMBIMBINGAN TESIS... 4 1.1. Standar Dosen Pembimbing... 4 1.2. Standar Mahasiswa Terbimbing... 5 1.3. Standar Tugas

Lebih terperinci

Pelaksanaan Tugas Akhir

Pelaksanaan Tugas Akhir Manual Prosedur Pelaksanaan Tugas Akhir UNIVERSITAS BRAWIJAYA FTP-UB, 2010 All Rights Reserved Manual Prosedur Pelaksanaan Tugas Akhir UNIVERSITAS BRAWIJAYA 01000 06501 Revisi : 2 Tanggal : 2 Nopemebr

Lebih terperinci

KATA PENGANTAR. Buku ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi mahasiswa FMIPA Universitas Ahmad Dahlan dalam menempuh mata kuliah Kerja Praktek (KP).

KATA PENGANTAR. Buku ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi mahasiswa FMIPA Universitas Ahmad Dahlan dalam menempuh mata kuliah Kerja Praktek (KP). KATA PENGANTAR Alhamdulillah, atas rahmat dan karunia Allah Subhaanahu wa Ta aala buku Pedoman Kerja Praktek (KP) FMIPA Universitas Ahmad Dahlan ini dapat terselesaikan. Buku ini diharapkan dapat menjadi

Lebih terperinci

S O P No Dokumen: (STANDARD OPERATING Revisi :.. PROCEDURES) SKRIPSI Disetujui Oleh: Diperiksa Oleh: Dibuat Oleh:

S O P No Dokumen: (STANDARD OPERATING Revisi :.. PROCEDURES) SKRIPSI Disetujui Oleh: Diperiksa Oleh: Dibuat Oleh: S O P No Dokumen: (STANDARD OPERATING Revisi :.. PROCEDURES) Tanggal :.. KOMISI BIMBINGAN Halaman :... SKRIPSI Disetujui Oleh: Diperiksa Oleh: Dibuat Oleh: Deditriani Tri Indrianti, Dr. Nanik Yuliati,

Lebih terperinci

PROGRAM STUDI INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK

PROGRAM STUDI INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK Nomor SOP : /SOP/RT/FT-UNIB/2018 PROGRAM STUDI INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BENGKULU STANDARD OPERATING PROCEDURES (SOP) Tanggal Pembuatan Tanggal Revisi Tanggal Efektif Disahkan Oleh : : :

Lebih terperinci

Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan No. Bagian : POB 6 Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor

Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan No. Bagian : POB 6 Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan No. Bagian : POB 6 Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor No. Dokumen: 6/2013 PROSEDUR OPERASIONAL BAKU Edisi/revisi : 1/1 Pelaksanaan Seminar Halaman

Lebih terperinci

PANDUAN TUGAS AKHIR 27

PANDUAN TUGAS AKHIR 27 PANDUAN TUGAS AKHIR 27 1. PENDAHULUAN Tugas Akhir (TA) bernilai 5 SKS merupakan mata kuliah yang harus diambil oleh setiap mahasiswa TI ITS sebagai syarat untuk menyelesaikan pendidikan Strata satu dan

Lebih terperinci

Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan No. Bagian : POB 6 Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor

Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan No. Bagian : POB 6 Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan No. Bagian : POB 6 Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor No. Dokumen: 6/2016 PROSEDUR OPERASIONAL BAKU Edisi/revisi : 1/1 Pelaksanaan Seminar Halaman

Lebih terperinci

PELAKSANAAN UJIAN PROPOSAL

PELAKSANAAN UJIAN PROPOSAL MANUAL PROSEDUR PELAKSANAAN UJIAN PROPOSAL PROGRAM STUDI S2 KIMIA FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS BRAWIJAYA UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2013 MANUAL PROSEDUR PELAKSANAAN UJIAN PROPOSAL PROGRAM STUDI S2 KIMIA

Lebih terperinci

Panduan Kuliah Kerja Praktek

Panduan Kuliah Kerja Praktek Panduan Kuliah Kerja Praktek Program Studi Sistem Komputer Semester Gasal 2018/2019 Fakultas Teknologi Informasi JENJANG STRATA 1 Universitas Budi Luhur Jakarta 2018 Panduan KKP Sistem Komputer Gasal 2018

Lebih terperinci

KERJA PRAKTIK. 2. ACUAN NORMATIF Panduan ini disusun dengan mengacu pada : 1. Kurikulum Program Studi Fakultas MIPA Unlam tahun 2007.

KERJA PRAKTIK. 2. ACUAN NORMATIF Panduan ini disusun dengan mengacu pada : 1. Kurikulum Program Studi Fakultas MIPA Unlam tahun 2007. PENDAHULUAN Untuk memenuhi dan menjawab tantangan pasar kerja serta menyiapkan mahasiswa akrab dan mengetahui seluk beluk dunia kerja, maka Fakultas MIPA UNLAM melakukan pembinaan terhadap mahasiswa melalui

Lebih terperinci

Bab 1 Panduan Umum Kerja Praktek

Bab 1 Panduan Umum Kerja Praktek Bab 1 Panduan Umum Kerja Praktek I. Pengertian Kerja Praktek (KP) adalah kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa di suatu perusahaan atau instansi dan merupakan mata kuliah wajib pada Program Studi Teknik

Lebih terperinci

PEDOMAN KERJA PRAKTEK. Penyusun : Agus Mulyanto, M.Kom. Shofwatul Uyun, M.Kom. Ade Ratnasari, M.T. Aulia Faqih Rifa i, M.Kom.

PEDOMAN KERJA PRAKTEK. Penyusun : Agus Mulyanto, M.Kom. Shofwatul Uyun, M.Kom. Ade Ratnasari, M.T. Aulia Faqih Rifa i, M.Kom. PEDOMAN KERJA PRAKTEK Penyusun : Agus Mulyanto, M.Kom. Shofwatul Uyun, M.Kom. Ade Ratnasari, M.T. Aulia Faqih Rifa i, M.Kom. Diterbitkan Oleh : PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

Lebih terperinci

DOKUMEN LEVEL MANUAL PROSEDUR TANGGAL DIKELUARKAN: 23 FEBRUARI 2010 AREA BIDANG AKADEMIK NO. REVISI: -

DOKUMEN LEVEL MANUAL PROSEDUR TANGGAL DIKELUARKAN: 23 FEBRUARI 2010 AREA BIDANG AKADEMIK NO. REVISI: - JURUSAN FISIKA FMIPA UNIVERSITAS DIPONEGORO DOKUMEN LEVEL MANUAL PROSEDUR KODE: MP. FIS - 11 JUDUL KERJA PRAKTEK TANGGAL DIKELUARKAN: 23 FEBRUARI 2010 AREA BIDANG AKADEMIK NO. REVISI: - Manual Prosedur

Lebih terperinci

Standard Operating Procedure Pelaksanaan Matakuliah Topik Khusus Penunjang Skripsi

Standard Operating Procedure Pelaksanaan Matakuliah Topik Khusus Penunjang Skripsi Standard Operating Procedure Pelaksanaan Matakuliah Topik Khusus Penunjang Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya Malang 2018 LEMBAR IDENTIFIKASI UNIVERSITAS

Lebih terperinci

2. Ruang Lingkup Tata cara pelaksanaan tugas akhir mulai dari penawaran judul sampai dengan ujian tugas akhir dan peng-input-an nilainya.

2. Ruang Lingkup Tata cara pelaksanaan tugas akhir mulai dari penawaran judul sampai dengan ujian tugas akhir dan peng-input-an nilainya. 1. Tujuan Menjelaskan alur atau mekanisme proses penawaran judul, pemilihan judul, persiapan pelaksanaan tugas akhir, pengisian KRS tugas akhir dan pelaksanaan ujian tugas akhir. 2. Ruang Lingkup Tata

Lebih terperinci

PANDUAN TUGAS AKHIR Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia

PANDUAN TUGAS AKHIR Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia PANDUAN TUGAS AKHIR, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia 1. Pengantar Tugas Akhir (TA) adalah sebuah penelitian di bidang teknik elektro yang dapat mencakup salah satu dari bidang

Lebih terperinci

1. Menjelaskan persyaratan mahasiswa untuk dapat menempuh ujian sidang 2. Menjelaskan tata cara pelaksanaan ujian sidang

1. Menjelaskan persyaratan mahasiswa untuk dapat menempuh ujian sidang 2. Menjelaskan tata cara pelaksanaan ujian sidang PROSEDUR OPERASIONAL BAKU UJIAN SIDANG DEPARTEMEN : PENDIDIKAN MATEMATIKA PROGRAM STUDI : MATEMATIKA 1. RASIONAL Ujian sidang adalah suatu bentuk ujian secara lisan oleh tim penguji yang harus diikuti

Lebih terperinci

JURUSAN/PRODI TEKNIK SIPIL

JURUSAN/PRODI TEKNIK SIPIL Halaman : Halaman i dari 40 HALAMAN JUDUL BUKU Oleh : TIM PENYUSUN JURUSAN/PRODI TEKNIK SIPIL PROGRAM STUDI/JURUSAN TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN TAHUN 2015 i Halaman : Halaman ii dari 40

Lebih terperinci

PANDUAN SEMINAR PROPOSAL DAN UJIAN SKRIPSI. Oleh: Tim Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kampus Kebumen

PANDUAN SEMINAR PROPOSAL DAN UJIAN SKRIPSI. Oleh: Tim Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kampus Kebumen PANDUAN SEMINAR PROPOSAL DAN UJIAN SKRIPSI Oleh: Tim Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kampus Kebumen FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2016 BAB

Lebih terperinci

FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS BUNG HATTA STANDART OPERATING PROSEDURE (SOP)

FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS BUNG HATTA STANDART OPERATING PROSEDURE (SOP) 1. TUJUAN Menjamin terselenggaranya pelaksanaan pembuatan Skripsi yang tepat waktu sesuai dengan bidang ilmu di Jurusan Budidaya Perairan dan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu

Lebih terperinci