KOMISI STUDI AKHIR (KSA) Deskripsi: Struktur Organisasi: Tugas dan Wewenang: Tata Tertib Rapat KSA:

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "KOMISI STUDI AKHIR (KSA) Deskripsi: Struktur Organisasi: Tugas dan Wewenang: Tata Tertib Rapat KSA:"

Transkripsi

1 Lampiran Surat Keputusan Dekan Fakultas Biologi tentang Prosedur Baku Pelaksanaan Studi Akhir Program Studi S1 Biologi Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman KOMISI STUDI AKHIR (KSA) Deskripsi: KSA adalah tim yang dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Dekan dengan kewenangan mendukung tugas Pembantu Dekan I dalam pengelolaan studi akhir mahasiswa, yang meliputi praktik kerja lapangan (PKL) dan tugas akhir (TA). Struktur Organisasi: KSA beranggotakan 8 (delapan) dosen yang dipilih oleh Dekan untuk mendukung tugas Pembantu Dekan I. Dosen yang terpilih wajib melaksanakan tugas sebagai anggota KSA dengan masa kerja dua tahun. Pergantian parsial anggota KSA dilaksanakan tiap tahun untuk 4 anggota KSA. KSA dipimpin oleh seorang ketua dibantu oleh seorang sekretaris yang ditunjuk oleh Pembantu Dekan I di antara anggota KSA. Keanggotaan KSA sewaktu-waktu dapat diganti apabila tidak melaksanakan tugas sesuai dengan ketentuan atau mengundurkan diri dengan alasan yang dapat dipertanggungjawabkan. Tugas dan Wewenang: 1. KSA bertanggung jawab kepada Dekan melalui Pembantu Dekan I. 2. KSA menerima ajuan topik PKL dan memberikan rekomendasi kepada Dekan mengenai penunjukan dosen pembimbing PKL berdasarkan kompetensi yang sesuai. 3. KSA menerima ajuan topik skripsi dan sinopsisnya serta memberikan rekomendasi kepada Dekan mengenai penunjukan dosen pembimbing I skripsi berdasarkan kompetensi yang sesuai. 4. KSA menerima usulan dari pembimbing I skripsi mengenai penunjukan pembimbing II dan pembimbing III (jika ada) dan memberikan rekomendasi kepada Dekan. 5. KSA memberikan rekomendasi kepada Dekan mengenai penunjukan dosen penguji seminar usulan penelitian, seminar hasil penelitian, dan ujian pendadaran berdasarkan kompetensi yang sesuai. 6. KSA menyusun jadwal seminar usulan penelitian dan seminar hasil penelitian. 7. KSA mengunggah hasil rapat KSA ke situs resmi Fakultas Biologi Unsoed. Tata Tertib Rapat KSA: 1. Rapat KSA diselenggarakan sekurang-kurangnya 2 (dua) kali seminggu pada hari Selasa dan Kamis pukul WIB bila ada ajuan topik PKL dan atau skripsi. Bila hari pelaksanaan rapat bertepatan dengan hari libur, maka pelaksanaan rapat KSA diganti pada hari lain dalam minggu yang sama. 2. Rapat KSA dinyatakan sah bila memenuhi kuorum ½n + 1 (5 anggota). Bila rapat KSA tidak memenuhi kuorum, maka pelaksanaan rapat KSA diganti pada hari lain dalam minggu yang sama.

2 PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) Identitas: Kode Mata Kuliah: BIW410/BIW3203 Bobot sks: 2 (0 2) Deskripsi: PKL merupakan tugas latihan melaksanakan suatu proses kerja perseorangan yang dilakukan oleh mahasiswa di suatu instansi atau lembaga, yang berhubungan dengan bidang biologi, dan hasilnya disusun dalam bentuk laporan tertulis. Kegiatan PKL terdiri atas penyususan rencana kerja, kerja lapangan, penyusunan laporan, dan ujian. Satu sks untuk PKL adalah beban tugas kerja selama 4 5 jam efektif per minggu dalam satu semester. Kegiatan PKL tidak dimaksudkan untuk mendapatkan dan menganalisis data penelitian. Capaian Pembelajaran: Setelah menyelesaikan PKL mahasiswa mampu melakukan proses kerja yang dipraktikkan selama PKL dan mendeskripsikan proses kerja tersebut dalam bentuk laporan tertulis. Manfaat: Mahasiswa mempunyai pengalaman dan wawasan kerja lapangan terkait biologi, dapat bekerja sama, dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi serta menulis laporan hasil kegiatan secara terstruktur. Bentuk PKL: PKL berbentuk praktik prosedur kerja baik kegiatan kerja penelitian maupun kegiatan kerja lain yang terkait dengan biologi. Persyaratan PKL: 1. Mahasiswa telah menempuh 100 sks dengan IPK 2,0 atau telah menempuh 90 sks dengan IPK 2, Mahasiswa melampirkan Kartu Hasil Studi (KHS) atau Kartu Studi Mahasiswa (KSM) terakhir yang menunjukkan terpenuhinya syarat sks pada saat mendaftar ke KSA. 3. Mahasiswa telah atau sedang menempuh mata kuliah yang mendasari topik PKL. 4. Pendaftaran dilakukan setelah periode ujian akhir semester (UAS) yang terakhir ditempuh. Persyaratan Pembimbing PKL: 1. Pembimbing PKL terdiri atas satu dosen tetap Fakultas Biologi Unsoed dan bila PKL dilaksanakan di instansi atau lembaga lain wajib ditambah dengan pembimbing lapangan. 2. Dosen pembimbing PKL minimal berkualifikasi magister dengan jabatan akademik asisten ahli dan keahlian sesuai dengan topik PKL yang ditetapkan dengan SK Dekan. 3. Setiap dosen pembimbing PKL sebanyak-banyaknya membimbing 5 (lima) mahasiswa dalam satu semester. 4. Pembimbing lapangan adalah staf dari institusi atau lembaga tempat dilaksanakannya PKL yang mempunyai keahlian sesuai dengan kegiatan PKL.

3 Prosedur PKL: 1. Pendaftaran PKL ke KSA dilakukan secara online melalui situs dilengkapi dengan sinopsis rencana PKL. 2. Pada saat pendaftaran PKL, mahasiswa dapat mengusulkan calon pembimbing yang sesuai dengan rencana PKL. 3. KSA menerima ajuan topik PKL dan sinopsisnya serta memberikan rekomendasi kepada Dekan mengenai penunjukan dosen pembimbing PKL berdasarkan kompetensi yang sesuai. 4. Dekan mengeluarkan surat tugas (ST) pembimbing PKL. 5. Proposal PKL disusun menggunakan templat standar. Proposal yang telah disetujui oleh dosen pembimbing PKL kemudian diunggah ke situs Mahasiswa mencetak lembar pengesahan untuk ditandatangani oleh Pembimbing PKL dan disahkan oleh Pembantu Dekan I. 6. Masa pelaksanaan PKL maksimal 1 semester. Jika melampaui batas maksimal masa pelaksanaan PKL, maka mahasiswa harus mengajukan proposal PKL baru dengan topik yang berbeda. Pelaksanaan PKL dibuktikan dengan log-book standar pelaksanaan PKL yang ditulis tangan dengan diketahui oleh pembimbing/pembimbing lapangan/kepala lab/teknisi dalam bentuk paraf. 7. Setelah pelaksanaan PKL berakhir, mahasiswa wajib membuat laporan pelaksanaan PKL sesuai dengan templat standar. Laporan PKL yang telah disetujui oleh dosen pembimbing PKL kemudian dicetak dan dijilid serta diajukan ke Pembantu Dekan I untuk disahkan. Laporan PKL wajib diserahkan ke pembimbing dan Fakultas, masing-masing satu eksemplar beserta dengan softcopy-nya. 8. Uji kompetensi PKL wajib dilaksanakan oleh dosen pembimbing dan pembimbing lapangan. Komponen penilaian meliputi a. Penyusunan rencana PKL (20%) b. Pelaksanaan PKL - kehadiran (10%) - kedisiplinan (10%) - keaktifan (10%) - kecermatan (10%) - tanggung-jawab (10%) c. Laporan PKL (20%) d. Ujian PKL (10%) 9. Ujian PKL dengan hasil nilai C dapat diulang. 10.Nilai ujian PKL diserahkan oleh dosen pembimbing ke Subbagian Akademik dan Kemahasiswaan dengan batas waktu tiga minggu setelah periode ujian akhir semester.

4 KULIAH KERJA NYATA (KKN) Identitas: Kode Mata Kuliah:UNO313/ UNO4009 Bobot sks: 3 (1 2) Persyaratan, bentuk, dan prosedur pelaksanaan KKN diatur oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unsoed.

5 TUGAS AKHIR PENGAJUAN TOPIK Persyaratan Pengajuan Topik Tugas Akhir (TA): 1. Mahasiswa telah menyelesaikan 120 sks dengan IPK > 2.00 yang dibuktikan dengan KHS terakhir. 2. Mahasiswa telah menyelesaikan PKL dan dinyatakan lulus yang dibuktikan dengan KHS terakhir. 3. Seminar Usulan Penelitian telah tercantum dalam KSM pengusul. 4. Topik penelitian berada dalam ruang lingkup kajian biologi yang tertuang dalam sinopsis usulan penelitian TA. Persyaratan Pembimbing dan Penelaah Tugas Akhir: 1. Pembimbing TA terdiri atas 2 dosen (atau 3 jika dibutuhkan). 2. Dosen pembimbing I adalah dosen tetap Fakultas Biologi Unsoed. 3. Dosen pembimbing I harus memiliki gelar akademik sekurang-kurangnya magister dengan jabatan akademik sekurang-kurangnya asisten ahli. 4. Dosen pembimbing II dan III dapat berasal dari luar Fakultas Biologi Unsoed. 5. Dosen pembimbing II dan III harus memiliki gelar akademik sekurang-kurangnya magister dengan jabatan akademik sekurang-kurangnya asisten ahli. Jika pembimbing II atau III berasal dari lembaga penelitian di luar perguruan tinggi, maka tidak diperlukan persyaratan jabatan akademik tetapi telah memiliki jabatan fungsional peneliti. 6. Dosen penelaah terdiri atas 2 dosen tetap Fakultas Biologi Unsoed dan harus memiliki gelar akademik sekurang-kurangnya magister dengan jabatan akademik sekurang-kurangnya asisten ahli. 7. Dosen yang sedang melaksanakan tugas belajar tidak diperkenankan menjadi dosen pembimbing dan penelaah TA. 8. Seorang dosen, baik sebagai pembimbing I, II, maupun III, sebanyak-banyaknya memiliki 10 mahasiswa bimbingan TA dalam satu semester. Prosedur Pengajuan Topik Tugas Akhir: 1. Pendaftaran usulan topik TA ke KSA dilakukan secara online melalui situs dilengkapi dengan sinopsis usulan penelitian TA serta KHS dan KSM terakhir. 2. Pada saat pendaftaran usulan topik TA, mahasiswa dapat mengusulkan calon pembimbing I dengan keahlian yang sesuai dengan usulan topik penelitian. 3. Calon pembimbing I untuk topik penelitian yang telah disetujui melalui proses rapat KSA, kemudian direkomendasikan oleh KSA kepada Dekan menjadi pembimbing I. 4. Pembimbing I mengusulkan calon pembimbing II dan pembimbing III (jika ada) kepada KSA. 5. Usulan calon pembimbing II dan pembimbing III (jika ada) yang telah disetujui melalui proses rapat KSA, kemudian direkomendasikan oleh KSA kepada Dekan menjadi tim pembimbing TA. 6. Dekan mengeluarkan SK tim pembimbing TA.

6 TUGAS AKHIR SEMINAR USULAN PENELITIAN Identitas: Kode Mata Kuliah:BIW420/BIW4201 Bobot sks: 1 (0 1) Deskripsi: Seminar usulan penelitian adalah forum pemaparan usulan penelitian skripsi mahasiswa dalam upaya untuk mendapatkan perbaikan agar usulan penelitian dapat menjadi pedoman yang terinci dan terstruktur bagi mahasiswa dalam melaksanakan penelitian skripsinya. Forum pemaparan usulan penelitian terdiri atas mahasiswa pengusul, pembimbing, penelaah, moderator, dan notulis. Capaian Pembelajaran: Setelah melaksanakan seminar usulan penelitian mahasiswa mampu menyampaikan gagasan secara lisan dan mempertahankannya dalam forum ilmiah. Manfaat: 1. Penelitian skripsi yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa menjadi lebih terarah. 2. Mahasiswa memperoleh ketrampilan berkomunikasi ilmiah secara lisan. Persyaratan Seminar Usulan Penelitian: 1. Seminar Usulan Penelitian telah tercantum dalam KSM pengusul. 2. Draf usulan penelitian telah mendapatkan persetujuan oleh tim pembimbing skripsi untuk diseminarkan. Prosedur Pelaksanaan: 1. Pendaftaran seminar usulan penelitian dilakukan secara online melalui situs disertai dengan unggah file draf usulan penelitian yang disusun menggunakan templat standar dan telah disetujui oleh tim pembimbing. 2. Halaman pengesahan yang telah disetujui oleh tim pembimbing dicetak dan ditandatangani oleh tim pembimbing dan diserahkan ke KSA. 3. KSA memberikan rekomendasi kepada Dekan mengenai penunjukan tim seminar usulan penelitian paling lama satu minggu sejak pendaftaran oleh mahasiswa. 4. KSA menyusun jadwal (waktu dan tempat) seminar usulan penelitian dan mengunggah jadwal tersebut ke situs 5. Surat undangan seminar usulan penelitian dibuat oleh Subbagian Akademik dan Kemahasiswaan paling lambat tiga hari setelah menerima penetapan tim seminar usulan penelitian dan jadwal pelaksanaan seminar usulan penelitian dari KSA. 6. Surat undangan seminar usulan penelitian sudah harus diterima oleh tim seminar usulan penelitian paling lambat tiga hari sebelum pelaksanaan seminar usulan penelitian. 7. Seminar dapat berlangsung jika dihadiri oleh seluruh tim seminar usulan penelitian. Namun, jika salah satu pembimbing berhalangan hadir, seminar masih dapat berlangsung. 8. Lama waktu pelaksanaan seminar usulan penelitian maksimal 90 menit, yang diawali dengan presentasi usulan penelitian oleh mahasiswa selama 15 menit. 9. Penilaian seminar usulan penelitian diberikan oleh dosen pembimbing dan dosen penelaah, masing-masing dengan proporsi 30% dan 70%.

7 10.Komponen penilaian meliputi a. sikap dan penyajian 10% b. kemampuan mengemukakan pendapat 25% c. penguasaan materi 35% d. kualitas usulan penelitian 30% 11.Mahasiswa dinyatakan lulus seminar usulan penelitian apabila memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan C. 12.Jika mahasiswa memperoleh nilai seminar usulan penelitian kurang dari C, maka dilakukan seminar ulangan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan tim seminar usulan penelitian. 13.Revisi usulan penelitian disahkan oleh Pembantu Dekan I paling lambat satu bulan sejak pelaksanaan seminar usulan penelitian. Apabila penyerahan revisi usulan penelitian melebihi batas waktu yang ditentukan, maka mahasiswa diwajibkan mengulang seminar usulan penelitian. 14.Nilai seminar usulan penelitian diserahkan oleh moderator ke Subbagian Akademik dan Kemahasiswaan dengan batas waktu tiga minggu setelah periode ujian akhir semester.

8 TUGAS AKHIR SKRIPSI Identitas: Kode Mata Kuliah: BIW421/BIW 4202 Bobot sks: 4 (0 4) Deskripsi: Skripsi adalah karya tulis yang disusun oleh mahasiswa dengan mengikuti kaidah ilmiah sebagai laporan tertulis atas hasil penelitian yang telah dilakukannya di bawah bimbingan tim dosen pembimbing sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan derajat sarjana sains pada Program Studi S1 Biologi Fakultas Biologi Unsoed. Kegiatan skripsi meliputi pelaksanaan penelitian dan penulisan laporan penelitian. Laporan penelitian dapat disusun setelah pelaksanaan penelitian selesai. Penelitian dianggap selesai apabila mahasiswa telah melaksanakan seminar hasil penelitian dan jangka waktu penelitian paling lama adalah satu tahun, terhitung sejak pelaksanaan seminar usulan penelitian. Skripsi dievaluasi dalam suatu uji kompetensi berupa ujian skripsi. Capaian Pembelajaran: Mahasiswa mampu menyusun suatu karya tulis ilmiah bidang biologi dengan memadukan pengetahuan dan ketrampilannya dalam memahami, menganalisis, menggambarkan, dan menjelaskan masalah yang berhubungan dengan hasil penelitian yang dilakukannya dengan mengikuti kaidah ilmiah. Manfaat: 1. Mahasiswa memperoleh ketrampilan berkomunikasi ilmiah secara tertulis. 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan yang pemecahannya dilakukan melalui kajian biologi. 3. Mahasiswa mampu mendiseminasikan hasil penelitian dalam forum atau publikasi ilmiah. Persyaratan Ujian Skripsi: 1. Skripsi telah tercantum dalam KSM pengusul. 2. Mahasiswa telah menyusun skripsi dan telah disetujui oleh tim pembimbing. Prosedur Pelaksanaan Ujian Skripsi: 1. Mahasiswa yang akan menempuh ujian skripsi menyiapkan borang penilaian ujian skripsi yang tersedia di Subbagian Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Biologi (borang dapat diunduh melalui situs 2. Mahasiswa menghadap tim pembimbing untuk melaksanakan ujian skripsi. 3. Ujian skripsi dapat dilaksanakan dalam waktu berbeda di antara anggota tim pembimbing, tetapi pembimbing I wajib mengompilasi nilai ujian skripsi dari semua pembimbing. 4. Komponen penilaian dalam skripsi adalah praktik pelaksanaan penelitian, penyusunan skripsi, dan penguasaan materi skripsi. 5. Mahasiswa dinyatakan lulus ujian skripsi apabila memperoleh nilai rata-rata sekurang-kurangnya C. Apabila tidak lulus, mahasiswa diberi kesempatan menempuh satu kali ujian skripsi ulangan paling cepat satu minggu setelah ujian skripsi pertama. 6. Pembimbing I menyerahkan kompilasi nilai hasil ujian skripsi kepada Pembantu Dekan I untuk disahkan.

9 TUGAS AKHIR SEMINAR HASIL PENELITIAN Identitas: Kode Mata Kuliah:BIW422/BIW4203 Bobot sks: 1 (0 1) Deskripsi: Seminar hasil penelitian adalah forum pemaparan laporan hasil penelitian skripsi mahasiswa sebagai pertanggungjawaban ilmiah untuk mendapatkan masukan dan penyempurnaan dari peserta seminar dengan maksud agar laporan penelitian dapat menjadi suatu karya ilmiah yang baik. Seminar hasil penelitian dihadiri oleh tim pembimbing dan tim penelaah yang sama dengan tim seminar usulan penelitian, ditambah dengan moderator, penulis, dan wakil KSA sebagai pengamat, serta sekurangkurangnya sepuluh orang mahasiswa. Seminar hasil penelitian dinilai oleh tim pembimbing dan tim penelaah. Capaian Pembelajaran: Setelah melaksanakan seminar hasil penelitian mahasiswa mampu meningkatkan kemampuan komunikasi lisan dengan memadukan pengetahuan dan ketrampilan dalam memahami, menganalisis, menggambarkan, dan menjelaskan masalah yang terkait serta mempertahankannya. Manfaat: 1. Karya tulis ilmiah (skripsi) yang ditulis oleh mahasiswa menjadi lebih baik berdasarkan masukan dari forum seminar. 2. Mahasiswa memperoleh ketrampilan berkomunikasi ilmiah secara lisan. Persyaratan Seminar Hasil Penelitian: 1. Mahasiswa telah mencantumkan komponen Seminar Hasil Penelitian pada KSM. 2. Naskah skripsi telah disusun dan mendapatkan persetujuan dari tim pembimbing untuk diseminarkan. 3. Mahasiswa telah mengikuti seminar hasil penelitian sekurang-kurangnya 10 kali yang dibuktikan dengan kartu peserta seminar bertanda tangan moderator dan Pembantu Dekan I. 4. Mahasiswa telah menyusun makalah skripsi yang telah ditandatangani oleh dosen pembimbing. Prosedur Pelaksanaan: 1. Pendaftaran seminar hasil penelitian dilakukan secara online melalui situs disertai dengan unggah file draf skripsi yang disusun menggunakan templat standar dan telah disetujui oleh tim pembimbing. 2. Halaman pengesahan yang telah disetujui oleh tim pembimbing dicetak dan ditandatangani oleh tim pembimbing dan diserahkan ke KSA. 3. KSA memberikan rekomendasi kepada Dekan mengenai penunjukan tim seminar hasil penelitian paling lama satu minggu sejak pendaftaran oleh mahasiswa. 4. KSA menyusun jadwal (waktu dan tempat) seminar hasil penelitian dan mengunggah jadwal tersebut ke situs 5. Surat undangan seminar hasil penelitian dibuat oleh Subbagian Akademik dan Kemahasiswaan paling lambat tiga hari setelah menerima penetapan tim seminar hasil penelitian dan jadwal pelaksanaan seminar hasil penelitian dari KSA. 6. Surat undangan seminar hasil penelitian sudah harus diterima oleh tim seminar hasil penelitian paling lambat tiga hari sebelum pelaksanaan seminar hasil penelitian.

10 7. Seminar dapat berlangsung jika dihadiri oleh seluruh tim seminar hasil penelitian. Namun, jika salah satu pembimbing berhalangan hadir, seminar masih dapat berlangsung. 8. Lama waktu pelaksanaan seminar hasil penelitian maksimal 90 menit, yang diawali dengan presentasi hasil penelitian oleh mahasiswa selama 15 menit. 9. Penilaian seminar hasil penelitian diberikan oleh dosen pembimbing dan dosen penelaah, masing-masing dengan proporsi 30% dan 70%. 10.Komponen penilaian meliputi a. sikap 10% b. penyajian 10% c. kemampuan mengemukakan pendapat 30% d. penguasaan materi 50% 11.Mahasiswa dinyatakan lulus seminar hasil penelitian apabila memperoleh nilai sekurangkurangnya C. 12.Jika mahasiswa memperoleh nilai seminar hasil penelitian kurang dari C, maka dilakukan seminar ulangan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan tim seminar hasil penelitian. 13.Nilai seminar hasil penelitian diserahkan oleh moderator ke Subbagian Akademik dan Kemahasiswaan setelah seminar berakhir. 14.Revisi skripsi disahkan oleh Dekan sebagai syarat yudisium.

11 TUGAS AKHIR PENDADARAN Identitas: Kode Mata Kuliah: BIW423/BIW4204 Bobot sks: 1 (0 1) Deskripsi: Pendadaran adalah ujian komprehensif bidang biologi sebagai kegiatan akademik terakhir yang harus diikuti oleh mahasiswa untuk memperoleh derajad sarjana sains. Materi ujian pendadaran mengacu kepada kisi-kisi yang ditentukan oleh Program Studi S1 Biologi Unsoed. Ujian pendadaran dilaksanakan dalam Bahasa Indonesia dan pelaksanaannya tanpa didahului dengan pemaparan skripsi. Capaian Pembelajaran: Mahasiswa memiliki pemahaman bidang Biologi sesuai dengan capaian pembelajaran yang ditentukan oleh kurikulum Program Studi S1 Biologi. Manfaat : 1. Mahasiswa memperoleh pengalaman menghadapi ujian lisan dalam suatu forum yang dihadiri oleh tim penguji. 2. Mahasiswa memperoleh abstraksi konsep biologi secara menyeluruh. Persyaratan Ujian Pendadaran: 1. Mahasiswa telah lulus semua mata kuliah wajib dan menyelesaikan sekurang-kurangnya 143 SKS tanpa nilai E. 2. Ujian Pendadaran telah tercantum pada KSM. 3. Mahasiswa telah lulus TOEFL/TOEIC dengan skor yang disyaratkan oleh Program Studi S1 Biologi Unsoed. 4. Mahasiswa telah bebas dari kewajiban administratif pengembalian peminjaman alat dan pelunasan pembelian bahan penelitian di semua laboratorium di Fakultas Biologi Unsoed. 5. Mahasiswa telah bebas dari kewajiban administratif pengembalian peminjaman buku di Perpustakaan Pusat Unsoed dan PII Fakultas Biologi. Prosedur Pelaksanaan: 1. Mahasiswa mengisi data alumni secara online di 2. Mahasiswa mengumpulkan persyaratan administrasi berupa a. draf skripsi yang telah disetujui oleh tim pembimbing dan moderator seminar b. transkrip akademik sementara yang telah dicek/diparaf oleh pemegang SKS dan ditandatangani oleh Pembantu Dekan I c. fotokopi sertifikat lulus TOEFL/TOEIC yang diselenggarakan oleh Fakultas Biologi Unsoed d. surat keterangan bebas peminjaman alat dan pelunasan pembelian bahan penelitian di semua laboratorium di lingkungan Fakultas Biologi Unsoed e. surat keterangan bebas pinjam perpustakaan, baik Perpustakaan Pusat Unsoed maupun PII Fakultas Biologi f. pasfoto ukuran 4 X 6 cm sebanyak 2 lembar, 9 X 12 cm sebanyak 2 lembar dengan mengenakan jas warna hitam dan dasi hitam dengan latar belakang merah

12 g. fotokopi KSM semester akhir yang mencantumkan ujian pendadaran dan kuitansi pembayaran SPP yang terbaru 3. Setelah semua persyaratan pada butir 1 dan 2 dipenuhi, mahasiswa mendaftar ke KSA Program Studi S1 Biologi melalui Subbagian Akademik dan Kemahasiswaan. 4. Ujian pendadaran dapat berlangsung apabila dihadiri oleh seluruh tim penguji, yang terdiri atas 5 (lima) dosen yang bukan dosen pembimbing skripsi mahasiswa tersebut. 5. Waktu pelaksanaan ujian pendadaran maksimal 15 menit untuk tiap penguji. 6. Tiap dosen penguji memberikan penilaian dengan komponen yang meliputi a. sikap 10% b. kemampuan mengemukakan pendapat 30% c. penguasaan pengetahuan komprehensif 60% 7. Ketua tim penguji melakukan rekapitulasi nilai ujian pendadaran dari masing-masing penguji dan membuat berita acara pendadaran. 8. Ketua tim penguji menyerahkan rekapitulasi nilai dan berita acara ujian pendadaran kepada Subbagian Akademik dan Kemahasiswaan. 9. Mahasiswa dinyatakan lulus ujian pendadaran apabila memperoleh nilai sekurang-kurangnya C. 10.Jika mahasiswa memperoleh nilai ujian pendadaran kurang dari C, maka dilakukan ujian pendadaran ulangan dengan tim penguji yang sama paling cepat 1 (satu) minggu setelah ujian pendadaran tanpa melalui proses pendaftaran ulang.

13 KELENGKAPAN 1. Sistem Informasi Studi Akhir (SISA) 2. Pedoman Penulisan Usulan dan Laporan PKL 3. Pedoman Penulisan Usulan Penelitian dan Laporan Hasil Penelitian Tugas Akhir (Skripsi ) 4. Templat MS-Words untuk PKL, skripsi, dan log-book

Dokumen Level : PROSEDUR OPERASIONAL BAKU PROSEDUR TUGAS AKHIR

Dokumen Level : PROSEDUR OPERASIONAL BAKU PROSEDUR TUGAS AKHIR TUJUAN SOP ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai : 1. Prosedur dan Pelaksanaan Tugas Akhir (TA). 2. Persyaratan dosen pembimbing dan tim penguji. 3. Prosedur pelaksanaan seminar TA. 4. Komponen/unsur

Lebih terperinci

BAB II PENERIMAAN MAHASISWA BARU

BAB II PENERIMAAN MAHASISWA BARU PANDUAN UMUM DAN AKADEMIK PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN PERATURAN REKTOR UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN NOMOR : 351/H23/DT/2009 TGL 31 AGUSTUS 2009 BAB I KETENTUAN UMUM Pasal 1 Dalam

Lebih terperinci

MEMUTUSKAN : Menetapkan : PERATURAN REKTOR TENTANG PEDOMAN UMUM DAN AKADEMIK PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN. Pedoman Akademik 1

MEMUTUSKAN : Menetapkan : PERATURAN REKTOR TENTANG PEDOMAN UMUM DAN AKADEMIK PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN. Pedoman Akademik 1 PERATURAN REKTOR UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN NOMOR : 375/H23/DT/2007 TENTANG PEDOMAN UMUM DAN AKADEMIK PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA REKTOR UNIVERSITAS

Lebih terperinci

PETUNJUK PELAKSANAAN PENYELENGGARAAN PROGRAM DOKTOR (S3) A. UJIAN KUALIFIKASI

PETUNJUK PELAKSANAAN PENYELENGGARAAN PROGRAM DOKTOR (S3) A. UJIAN KUALIFIKASI PETUNJUK PELAKSANAAN PENYELENGGARAAN PROGRAM DOKTOR (S3) A. UJIAN KUALIFIKASI 1. Ujian Kualifikasi a. Ujian kualifikasi terdiri atas ujian lisan dan tulis yang pelaksanaannya merupakan satu kesatuan. b.

Lebih terperinci

PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR PELAKSANAAN SKRIPSI PROGRAM STUDI S1 FARMASI

PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR PELAKSANAAN SKRIPSI PROGRAM STUDI S1 FARMASI PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR Tim Penyusun: Komisi Skripsi FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2016 PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR Hal. 1 dari 10 SOP ini disahkan

Lebih terperinci

INSTRUKSI KERJA SKRIPSI FAKULTAS PSIKOLOGI

INSTRUKSI KERJA SKRIPSI FAKULTAS PSIKOLOGI 1. LINGKUP KERJA Instruksi kerja ini berlaku di Program Studi S1 Psikologi, mengatur pengelolaan skripsi yang belum diatur secara rinci dalam SOP Penyusunan Skripsi (PBM-UAD-05). Instruksi Kerja ini melibatkan

Lebih terperinci

PROSEDUR BAKU Edisi/Revisi: 1/0

PROSEDUR BAKU Edisi/Revisi: 1/0 Halaman: 1 dari 9 1. TUJUAN 1.1. Menjamin proses penyelesaian skripsi mahasiswa program Sarjana Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian dapat berlangsung sesuai dengan baku mutu dan sasaran mutu yang

Lebih terperinci

JURUSAN/PRODI TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK PEDOMAN PENDADARAN HALAMAN JUDUL BUKU PEDOMAN PENDADARAN

JURUSAN/PRODI TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK PEDOMAN PENDADARAN HALAMAN JUDUL BUKU PEDOMAN PENDADARAN Halaman : Halaman i dari 26 HALAMAN JUDUL BUKU Oleh : TIM PENYUSUN JURUSAN/PRODI TEKNIK SIPIL PROGRAM STUDI/JURUSAN TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN TAHUN 2015 i Halaman : Halaman ii dari 26

Lebih terperinci

PERATURAN REKTOR UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN

PERATURAN REKTOR UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN Jalan Prof.dr. HR. Boenjamin No. 708 Kotak Pos 115 Purwokerto 53122 Telp (0281) 635292 hunting Faks. 631802 PERATURAN REKTOR UNIVERSITAS JENDERAL

Lebih terperinci

STANDAR MUTU PENYELESAIAN TUGAS AKHIR PROGRAM SARJANA FEB UNSOED

STANDAR MUTU PENYELESAIAN TUGAS AKHIR PROGRAM SARJANA FEB UNSOED STANDAR MUTU PENYELESAIAN TUGAS AKHIR PROGRAM SARJANA FEB UNSOED Isi: Rasional Standar Pembimbingan Skripsi Standar Seminar Proposal Skripsi Standar Ujian Skripsi Standar Ujian Pendadaran FAKULTAS EKONOMI

Lebih terperinci

PENGUMUMAN. 28 Februari 2017 Ka. Subbag. Akademik dan Kemahasiswaan Fak. Pertanian UNSOED, TTD. Sri Wahyuningsih, S.P. NIP

PENGUMUMAN. 28 Februari 2017 Ka. Subbag. Akademik dan Kemahasiswaan Fak. Pertanian UNSOED, TTD. Sri Wahyuningsih, S.P. NIP PENGUMUMAN DIUMUMKAN KEPADA SELURUH MAHASISWA FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS JENDE- RAL SOEDIRMAN YANG AKAN MELAKSANAKAN SEMINAR HASIL PENELITIAN DAN ATAU PENDADARAN, HARAP UNTUK MEMPERHA- TIKAN STANDARD

Lebih terperinci

I. PENDAHULUAN. Tahapan proses penyelesaian studi strata satu (S1) di perguruan tinggi

I. PENDAHULUAN. Tahapan proses penyelesaian studi strata satu (S1) di perguruan tinggi 1 I. PENDAHULUAN Tahapan proses penyelesaian studi strata satu (S1) di perguruan tinggi umumnya tidak selalu sama karena sangat tergantung pada seberapa jauh kompetensi ilmu yang dimiliki mahasiswa akan

Lebih terperinci

JURUSAN/PRODI TEKNIK SIPIL

JURUSAN/PRODI TEKNIK SIPIL Halaman : Halaman i dari 40 HALAMAN JUDUL BUKU Oleh : TIM PENYUSUN JURUSAN/PRODI TEKNIK SIPIL PROGRAM STUDI/JURUSAN TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN TAHUN 2015 i Halaman : Halaman ii dari 40

Lebih terperinci

BAB II PELAKSANAAN. A. Peserta Magang. B. Tahap Kegiatan Magang

BAB II PELAKSANAAN. A. Peserta Magang. B. Tahap Kegiatan Magang 5 BAB II PELAKSANAAN A. Peserta Magang Peserta magang adalah mahasiswa Jurusan Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman yang telah memenuhi persyaratan

Lebih terperinci

DAFTAR ISI. Pedoman Penyelesaian Tugas Akhir Program Sarjana

DAFTAR ISI. Pedoman Penyelesaian Tugas Akhir Program Sarjana DAFTAR ISI Rasional... 2 1. STANDAR PEMBIMBINGAN SKRIPSI... 4 1.1. Standar Dosen Pembimbing... 4 1.2. Standar Mahasiswa Terbimbing... 5 1.3. Standar Tugas Akhir (Skripsi)... 6 1.4. Etika Dalam Penyusunan

Lebih terperinci

KATA PENGANTAR. Padang, 16 Februari SOP Skripsi Prodi Psikologi S1

KATA PENGANTAR. Padang, 16 Februari SOP Skripsi Prodi Psikologi S1 KATA PENGANTAR Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan pimpinan Fakultas Kedokteran Unand dan Ketua Prodi Psikologi Universitas Andalas, telah membantu memberikan masukan sehingga Tim dapat menyelesaikan

Lebih terperinci

MANUAL PROSEDUR PENYUSUNAN TUGAS AKHIR PROGAM PASCASARJANA TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

MANUAL PROSEDUR PENYUSUNAN TUGAS AKHIR PROGAM PASCASARJANA TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN MANUAL PROSEDUR PENYUSUNAN TUGAS AKHIR PROGAM PASCASARJANA TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2014 I. PENETAPAN KOMISI PEMBIMBING A. Latar Belakang Mahasiswa Program Pascasarjana

Lebih terperinci

PELAKSANAAN UJIAN PROPOSAL

PELAKSANAAN UJIAN PROPOSAL MANUAL PROSEDUR PELAKSANAAN UJIAN PROPOSAL PROGRAM STUDI S2 KIMIA FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS BRAWIJAYA UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2013 MANUAL PROSEDUR PELAKSANAAN UJIAN PROPOSAL PROGRAM STUDI S2 KIMIA

Lebih terperinci

::Sekolah Pascasarjana IPB (Institut Pertanian Bogor)::

::Sekolah Pascasarjana IPB (Institut Pertanian Bogor):: Contributed by Administrator adalah program pendidikan strata 3 (S3) yang ditujukan untuk memperoleh gelar akademik doktor sebagai gelar akademik tertinggi. Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan

Lebih terperinci

1. Menjelaskan persyaratan mahasiswa untuk dapat menempuh ujian sidang 2. Menjelaskan tata cara pelaksanaan ujian sidang

1. Menjelaskan persyaratan mahasiswa untuk dapat menempuh ujian sidang 2. Menjelaskan tata cara pelaksanaan ujian sidang PROSEDUR OPERASIONAL BAKU UJIAN SIDANG DEPARTEMEN : PENDIDIKAN MATEMATIKA PROGRAM STUDI : MATEMATIKA 1. RASIONAL Ujian sidang adalah suatu bentuk ujian secara lisan oleh tim penguji yang harus diikuti

Lebih terperinci

PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR SKRIPSI

PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR SKRIPSI SKRIPSI Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret Jl. Ir. Sutami 36A Surakarta 57126 Phone/Fax (0271)669017 http://fisika.mipa.uns.ac.id e-mai: fisika@mipa.uns.ac.id

Lebih terperinci

Jurusan PE 2015 SISTEM BIMBINGAN, PELAKSANAAN UJIAN DAN PENILAIAN SKRIPSI

Jurusan PE 2015 SISTEM BIMBINGAN, PELAKSANAAN UJIAN DAN PENILAIAN SKRIPSI Jurusan PE 2015 SISTEM BIMBINGAN, PELAKSANAAN UJIAN DAN PENILAIAN SKRIPSI Sistem Pembimbingan Skripsi: Mahasiswa yang berhak mendapatkan dosen pembimbing adalah mahasiswa telah lulus minimal 90 sks tanpa

Lebih terperinci

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PELAKSANAAN SEMINAR HASIL PENELITIAN MAHASISWA

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PELAKSANAAN SEMINAR HASIL PENELITIAN MAHASISWA KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN RI JURUSAN AGROTEKNOLOGI FP-UHO JENIS DOKUMEN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) KODE : 010/KKJM/AGT/2014 JUDUL PELAKSANAAN SEMINAR HASIL PIHAK TERKAIT BAGIAN AKADEMIK,

Lebih terperinci

1. Skripsi. 2. Seminar Proposal Skripsi

1. Skripsi. 2. Seminar Proposal Skripsi 1. Skripsi Skripsi mahasiswa UMA dilaksanakan lewat Penelitian dan Magang. Pilihan ini diserahkan kepada mahasiswa sesuai dengan minat, bakat dan proyeksi kerja di masa depan. 1.1. Skripsi lewat penelitian,

Lebih terperinci

Bab. I Pendahuluan. I.1 Tujuan. SOP ini bertujuan untuk:

Bab. I Pendahuluan. I.1 Tujuan. SOP ini bertujuan untuk: Bab. I Pendahuluan I.1 Tujuan SOP ini bertujuan untuk: a. menjadi panduan bagi pembimbing skripsi, penguji skripsi, dan mahasiswa dalam penyusunan skripsi di lingkup prodi S1 Ilmu Administrasi Negara,

Lebih terperinci

PROSEDUR SEMINAR TUGAS AKHIR

PROSEDUR SEMINAR TUGAS AKHIR SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001 : 2008 DEPARTEMEN MANAJEMEN SUMERDAYA FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN INSTITUT PERTANIAN BOGOR PROSEDUR SEMINAR TUGAS AKHIR NO. DOKUMEN : POB-MSP-FPIK-06 REVISI : 01

Lebih terperinci

KERJA PRAKTIK. 2. ACUAN NORMATIF Panduan ini disusun dengan mengacu pada : 1. Kurikulum Program Studi Fakultas MIPA Unlam tahun 2007.

KERJA PRAKTIK. 2. ACUAN NORMATIF Panduan ini disusun dengan mengacu pada : 1. Kurikulum Program Studi Fakultas MIPA Unlam tahun 2007. PENDAHULUAN Untuk memenuhi dan menjawab tantangan pasar kerja serta menyiapkan mahasiswa akrab dan mengetahui seluk beluk dunia kerja, maka Fakultas MIPA UNLAM melakukan pembinaan terhadap mahasiswa melalui

Lebih terperinci

MULAI. Pengajuan Topik (outline) Verifikasi Outline oleh Tim Komisi Skripsi (1 minggu setelah pengajuan outline)

MULAI. Pengajuan Topik (outline) Verifikasi Outline oleh Tim Komisi Skripsi (1 minggu setelah pengajuan outline) RINGKASAN ALUR MULAI Pengajuan Topik (outline) Verifikasi Outline oleh Tim Komisi Skripsi (1 minggu setelah pengajuan outline) Ditolak Penyusunan Proposal dan Bimbingan (minimal 3x bimbingan) Pengajuan

Lebih terperinci

Manual Prosedur Tesis

Manual Prosedur Tesis Manual Prosedur Tesis Program Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang 2012 Manual Prosedur Tesis Kode Dokumen : 00203 06019 Revisi : 4 Tanggal : 30 Agustus 2012 Diajukan

Lebih terperinci

BAB II PELAKSANAAN. A. Peserta Magang. B. Tahap Kegiatan Magang. C. Pembimbing Magang

BAB II PELAKSANAAN. A. Peserta Magang. B. Tahap Kegiatan Magang. C. Pembimbing Magang BAB II PELAKSANAAN A. Peserta Magang Peserta magang adalah mahasiswa Jurusan Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman yang telah memenuhi persyaratan

Lebih terperinci

MP - 1. Prosedur Pembuatan Buku Pedoman : Membentuk Tim Pengembangan Kurikulum ( TPK ) 1 Minggu. SK Tim disahkan oleh Dekan.

MP - 1. Prosedur Pembuatan Buku Pedoman : Membentuk Tim Pengembangan Kurikulum ( TPK ) 1 Minggu. SK Tim disahkan oleh Dekan. MP - 1 Prosedur Pembuatan Buku Pedoman : MULAI Membentuk Tim Pengembangan Kurikulum ( TPK ) KAJUR 1 Minggu SK Tim disahkan oleh Dekan DEKAN 1 Minggu Merumuskan Draft Buku Pedoman Baru ( DBP ) Tim BP, Stakeholder,

Lebih terperinci

PROSEDUR PELAKSANAAN TUGAS AKHIR

PROSEDUR PELAKSANAAN TUGAS AKHIR SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001 : 2008 DEPARTEMEN MANAJEMEN SUMERDAYA FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN INSTITUT PERTANIAN BOGOR PROSEDUR PELAKSANAAN TUGAS AKHIR NO. DOKUMEN : POB-MSP-FPIK-05 REVISI

Lebih terperinci

MANUAL PROSEDUR UJIAN KOMPREHENSIF

MANUAL PROSEDUR UJIAN KOMPREHENSIF MANUAL PROSEDUR UJIAN KOMPREHENSIF JURUSAN KIMIA FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2014 MANUAL PROSEDUR UJIAN KOMPREHENSIF Kode Dokumen : 0090206007 Revisi : 5 Tanggal : 30 Oktober 2014 Diajukan

Lebih terperinci

Pelaksanaan Tugas Akhir

Pelaksanaan Tugas Akhir Manual Prosedur Pelaksanaan Tugas Akhir UNIVERSITAS BRAWIJAYA FTP-UB, 2010 All Rights Reserved Manual Prosedur Pelaksanaan Tugas Akhir UNIVERSITAS BRAWIJAYA 01000 06501 Revisi : 2 Tanggal : 2 Nopemebr

Lebih terperinci

Standard Operating Procedure Pelaksanaan Tesis

Standard Operating Procedure Pelaksanaan Tesis Standard Operating Procedure Pelaksanaan Tesis Jurusan Kimia Universitas Brawijaya Malang 2017 LEMBAR IDENTIFIKASI UNIVERSITAS BRAWIJAYA SOP PELAKSANAAN TESIS UN10/F09/02/s2/HK.01.02.a/132 Tanggal pengesahan:

Lebih terperinci

UNIVERSITAS SEBELAS MARET PROGRAM STUDI D3 TEKNIK INFORMATIKA PELAKSANAAN TUGAS AKHIR. STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR Hal. 1 dari 3

UNIVERSITAS SEBELAS MARET PROGRAM STUDI D3 TEKNIK INFORMATIKA PELAKSANAAN TUGAS AKHIR. STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR Hal. 1 dari 3 I. TUJUAN Untuk menjamin kelancaran pelaksanaan Tugas Akhir (TA) di D3 Teknik Informatika. II. DASAR PENETAPAN Aturan pengajuan proposal TA mahasiswa pada Program D3 Teknik Informatika dibuat berdasarkan:

Lebih terperinci

GUGUS JAMINAN MUTU DR.IR.HARSUKO RINIWATI,MP

GUGUS JAMINAN MUTU DR.IR.HARSUKO RINIWATI,MP GUGUS JAMINAN MUTU DR.IR.HARSUKO RINIWATI,MP MATERI ujian pada setiap tahapan untuk Magister dan Doktor Lama studi magister dan doktor Tata cara pengajuan dosen pembimbing dan promotor Tata cara permohonan

Lebih terperinci

MANUAL MUTU PENYELENGGARAAN SKRIPSI

MANUAL MUTU PENYELENGGARAAN SKRIPSI MANUAL MUTU PENYELENGGARAAN SKRIPSI Kode Dokumen : GPM/UN43.6/002 Revisi : 006 Tanggal : 26 Agustus 2016 Diajukan Oleh : Tim Gugus Penjamin Mutu Dikendalikan Oleh : Ketua Gugus Penjamin Mutu Dikaji Oleh

Lebih terperinci

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA FAKULTAS MIPA Kampus Ketintang Surabaya Telp. (031) Fax (031) web site :

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA FAKULTAS MIPA Kampus Ketintang Surabaya Telp. (031) Fax (031) web site : Kampus Ketintang Surabaya - 60231 web site : www.fmipa.unesa.ac.id No. PM/11/GPM/FMIPA Unesa Nomor Revisi : Tanggal Terbit : Disusun oleh: Disetujui oleh: Nama Dr. Fida Rachmadiarti, M.Kes. Nama Prof.

Lebih terperinci

Proyek Akhir adalah mata kuliah dengan kode BC014 yang dilaksanakan pada Semester 6 (enam), memiliki bobot 4 (empat) Satuan Kredit Semester.

Proyek Akhir adalah mata kuliah dengan kode BC014 yang dilaksanakan pada Semester 6 (enam), memiliki bobot 4 (empat) Satuan Kredit Semester. 1 Definisi Proyek Akhir adalah mata kuliah dengan kode BC014 yang dilaksanakan pada Semester 6 (enam), memiliki bobot 4 (empat) Satuan Kredit Semester. 2 Tujuan Menilai kemampuan dalam memandang suatu

Lebih terperinci

PROSEDUR UJIAN AKHIR SARJANA

PROSEDUR UJIAN AKHIR SARJANA SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001 : 2008 FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN INSTITUT PERTANIAN BOGOR PROSEDUR UJIAN AKHIR SARJANA NO. DOKUMEN : POB-MSP-FPIK-07 REVISI : 00 NO. SALINAN : Bogor, 19 Februari

Lebih terperinci

Nomor Dokumen PPK 13. Nomor Revisi 01. Tanggal Terbit

Nomor Dokumen PPK 13. Nomor Revisi 01. Tanggal Terbit 1 dari 5 1. Tujuan Prosedur ini digunakan untuk pelaksanaan Tesis, Skripsi atau Tugas Akhir agar dapat berlangsung sebagaimana mestinya. 2. Ruang lingkup Prosedur Pelaksanaan Tesis, Skripsi atau Tugas

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN & JURNAL BIMBINGAN SKRIPSI

BUKU PANDUAN & JURNAL BIMBINGAN SKRIPSI BUKU PANDUAN & JURNAL BIMBINGAN SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY Nama NIM Judul.............. SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN

Lebih terperinci

BERKAS UJIAN TESIS PROGRAM MAGISTER TEKNIK SIPIL. Kelengkapan Persayaratan yang diserahkan ke Pengajaran

BERKAS UJIAN TESIS PROGRAM MAGISTER TEKNIK SIPIL. Kelengkapan Persayaratan yang diserahkan ke Pengajaran BERKAS UJIAN TESIS TEKNIK SIPIL Mohon, Setelah Ujian Tesis: Nilai dan berita acara ujian langsung diserahkan ke bagian pengajaran (mohon tidak diserahkan ke mahasiswa) Bagian Pengajaran Jurusan Teknik

Lebih terperinci

STANDAR OPERATING PROSEDUR PENYELESAIAN TUGAS AKHIR UNIVERSITAS SAHID SURAKARTA

STANDAR OPERATING PROSEDUR PENYELESAIAN TUGAS AKHIR UNIVERSITAS SAHID SURAKARTA STANDAR OPERATING PROSEDUR PENYELESAIAN TUGAS AKHIR UNIVERSITAS SAHID SURAKARTA 1. Identitas 1.1. Nama SOP: Penyelesaian Tugas Akhir 1.2. Kode SOP: 2. Tujuan: Mempermudah proses penyelesaian tugas akhir

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN PENELITIAN, PENULISAN DAN UJIAN SKRIPSI

BUKU PANDUAN PENELITIAN, PENULISAN DAN UJIAN SKRIPSI BUKU PANDUAN PENELITIAN, PENULISAN DAN UJIAN SKRIPSI PROGRAM STUDI PROTEKSI TANAMAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH 2016 KATA PENGANTAR Penelitian, penulisan dan ujian skripsi adalah

Lebih terperinci

Revisi ke : - Tanggal : 13 Februari Dibuat oleh : Penjaminan Mutu Fakultas Peternakan dan Perikanan UNTAD. Dikaji ulang oleh : Wakil Dekan 1

Revisi ke : - Tanggal : 13 Februari Dibuat oleh : Penjaminan Mutu Fakultas Peternakan dan Perikanan UNTAD. Dikaji ulang oleh : Wakil Dekan 1 PROGRAM STUDI BUDIDAYA PERAIRAN FAKULTAS PETERNAKAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS TADULAKO PALU (SOP-FAPETKAN-UTD-14-007) Revisi ke : - Dibuat oleh : Penjaminan Mutu Fakultas Peternakan dan Perikanan UNTAD

Lebih terperinci

MANUAL PROSEDUR UJIAN SKRIPSI JURUSAN ILMU ADMINISTRASI PUBLIK. Fakultas Ilmu Administrasi, 2012 All Rights Reserved

MANUAL PROSEDUR UJIAN SKRIPSI JURUSAN ILMU ADMINISTRASI PUBLIK. Fakultas Ilmu Administrasi, 2012 All Rights Reserved MANUAL PROSEDUR UJIAN SKRIPSI JURUSAN ILMU ADMINISTRASI PUBLIK Revisi ke : 4 Tanggal : Januari 2012 Dikaji ulang oleh : Sekretaris Dikendalikan oleh : Unit Jaminan Mutu Disetujui oleh : Ketua Fakultas

Lebih terperinci

STANDARD OPERATING PROCEDURE SKRIPSI. Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya

STANDARD OPERATING PROCEDURE SKRIPSI. Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya STANDARD OPERATING PROCEDURE SKRIPSI Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya 2017 Standard Operating Procedure SKRIPSI Jurusan Psikologi Universitas Brawijaya Malang

Lebih terperinci

Prosedur ini berlaku dalam pelaksanaan seminar skripsi mahasiswa S1 Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia IPB.

Prosedur ini berlaku dalam pelaksanaan seminar skripsi mahasiswa S1 Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia IPB. 1. TUJUAN Memberikan acuan bagi pelaksanaan seminar skripsi dengan menciptakan kejelasan mekanisme, keteraturan dan ketertiban pelaksanaan seminar skripsi agar terselenggara seminar skripsi mahasiswa yang

Lebih terperinci

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) SEMINAR PROPOSAL MAHASISWA

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) SEMINAR PROPOSAL MAHASISWA JURUSAN AGROTEKNOLOGI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS HALU OLEO DOKUMEN LEVEL Standar Operasional Prosedur (SOP) KODE : 009/KKJM/AGT/2014 JUDUL: AREA: BAGIAN AKADEMIK, JURUSAN DAN UNIT JAMINAN MUTU TANGGAL

Lebih terperinci

1. TUJUAN Menjelaskan alur atau mekanisme proses pengajuan judul, pembimbingan, pendaftaran ujian, dan pelaksanaan ujian skripsi

1. TUJUAN Menjelaskan alur atau mekanisme proses pengajuan judul, pembimbingan, pendaftaran ujian, dan pelaksanaan ujian skripsi 1. TUJUAN Menjelaskan alur atau mekanisme proses pengajuan judul, pembimbingan, pendaftaran ujian, dan pelaksanaan ujian skripsi 2. RUANG LINGKUP Tata cara pengambilan skripsi dan pelaksanaan ujian skripsi

Lebih terperinci

KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS PELITA HARAPAN SURABAYA Nomor : 08/SKR/UPHS/VIII/2008. t e n t a n g

KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS PELITA HARAPAN SURABAYA Nomor : 08/SKR/UPHS/VIII/2008. t e n t a n g KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS PELITA HARAPAN SURABAYA Nomor : 08/SKR/UPHS/VIII/2008 t e n t a n g PEDOMAN TATA TERTIB DAN PELAKSANAAN SIDANG TUGAS AKHIR PROGRAM SARJANA REKTOR UNIVERSITAS PELITA HARAPAN

Lebih terperinci

MANUAL PROSEDUR PERANCANGAN & PENGEMBANGAN KURIKULUM JURUSAN ILMU ADMINISTRASI PUBLIK. Fakultas Ilmu Administrasi, 2012 All Rights Reserved

MANUAL PROSEDUR PERANCANGAN & PENGEMBANGAN KURIKULUM JURUSAN ILMU ADMINISTRASI PUBLIK. Fakultas Ilmu Administrasi, 2012 All Rights Reserved MANUAL PROSEDUR PERANCANGAN & PENGEMBANGAN KURIKULUM JURUSAN ILMU ADMINISTRASI PUBLIK Revisi ke : 4 Tanggal : Januari 2012 Dikaji ulang oleh : Sekretaris Dikendalikan oleh : Unit Jaminan Mutu Disetujui

Lebih terperinci

PEDOMAN KERJA PRAKTEK MAHASISWA

PEDOMAN KERJA PRAKTEK MAHASISWA PEDOMAN KERJA PRAKTEK MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS MERCU BUANA 2015 BAB 1 PENDAHULUAN 1.1. Deskripsi kerja praktek Kerja praktek merupakan kegiatan akademik, berupa mata

Lebih terperinci

PAF BORANG TUGAS AKHIR KOMISI TUGAS AKHIR. wihantoro PROGRAM STUDI FISIKA JURUSAN MIPA FAK. SAINS TEKNIK UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN

PAF BORANG TUGAS AKHIR KOMISI TUGAS AKHIR. wihantoro PROGRAM STUDI FISIKA JURUSAN MIPA FAK. SAINS TEKNIK UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN PAF 08410 08411 BORANG TUGAS AKHIR KOMISI TUGAS AKHIR wihantoro 2009 JURUSAN MIPA FAK. SAINS TEKNIK NAMA NIM Angk. : Alamat PAS FOTO terbaru 4 x 6 cm (berwarna) Bisa berupa file foto yang ditempel pada

Lebih terperinci

FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS BUNG HATTA STANDART OPERATING PROSEDURE (SOP)

FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS BUNG HATTA STANDART OPERATING PROSEDURE (SOP) 1. TUJUAN Menjamin terselenggaranya pelaksanaan pembuatan Skripsi yang tepat waktu sesuai dengan bidang ilmu di Jurusan Budidaya Perairan dan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu

Lebih terperinci

PANDUAN SEMINAR PROPOSAL DAN UJIAN SKRIPSI. Oleh: Tim Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kampus Kebumen

PANDUAN SEMINAR PROPOSAL DAN UJIAN SKRIPSI. Oleh: Tim Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kampus Kebumen PANDUAN SEMINAR PROPOSAL DAN UJIAN SKRIPSI Oleh: Tim Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kampus Kebumen FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2016 BAB

Lebih terperinci

PANDUAN TUGAS AKHIR 27

PANDUAN TUGAS AKHIR 27 PANDUAN TUGAS AKHIR 27 1. PENDAHULUAN Tugas Akhir (TA) bernilai 5 SKS merupakan mata kuliah yang harus diambil oleh setiap mahasiswa TI ITS sebagai syarat untuk menyelesaikan pendidikan Strata satu dan

Lebih terperinci

KEPUTUSAN DEKAN FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS GADJAH MADA Nomor: UGM/FA/114/UM/01/39 Tentang SKRIPSI

KEPUTUSAN DEKAN FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS GADJAH MADA Nomor: UGM/FA/114/UM/01/39 Tentang SKRIPSI KEPUTUSAN DEKAN FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS GADJAH MADA Nomor: UGM/FA/114/UM/01/39 Tentang SKRIPSI Menimbang Mengingat : a. Bahwa peraturan pelaksanaan skripsi Program Sarjana Fakultas Farmasi Universitas

Lebih terperinci

2. RUANG LINGKUP Prosedur Operasional Baku (POB) mencakup prosedur dan mekanisme pendaftaran dan pelaksanaan ujian sidang sarjana.

2. RUANG LINGKUP Prosedur Operasional Baku (POB) mencakup prosedur dan mekanisme pendaftaran dan pelaksanaan ujian sidang sarjana. 1. TUJUAN 1.1. Memberikan panduan untuk pelaksanaan ujian akhir sarjana untuk menjamin pelaksanaan yang efisien, efektif dan mencapai standar mutu yang ditetapkan. 1.2. Membuat mekanisme untuk menjamin

Lebih terperinci

Standard Operating Procedure Penyelenggaraan Seminar dan Ujian Skripsi Program Studi S1 Statistika

Standard Operating Procedure Penyelenggaraan Seminar dan Ujian Skripsi Program Studi S1 Statistika Standard Operating Procedure Penyelenggaraan Seminar dan Ujian Skripsi Program Studi S1 Statistika Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Brawijaya Malang 2016 LEMBAR IDENTIFIKASI Nama Dokumen SOP

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGISIAN KSM SEMESTER GASAL 2015/2016

PETUNJUK PENGISIAN KSM SEMESTER GASAL 2015/2016 KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN FAKULTAS HUKUM Alamat : Jalan Prof. Dr. H.R. Boenyamin 708 Grendeng Purwokerto 53122 Telp (0281) 638339, faks. (0281) 627203

Lebih terperinci

5. DISTRIBUSI : Jurusan Teknik Geofisika Fakultas Teknik Unila 6. PROSEDUR :

5. DISTRIBUSI : Jurusan Teknik Geofisika Fakultas Teknik Unila 6. PROSEDUR : PENGARSIPAN SURAT dan DOKUMEN JURUSAN 1. TUJUAN : 1. Untuk memastikan agar setiap arsip surat, dokumen, dan data tersimpan pada tempat yang tepat dan dapat diakses dengan mudah dan cepat. 2. Untuk memastikan

Lebih terperinci

PANDUAN SEMINAR PROPOSAL DAN UJIAN SKRIPSI. Oleh: Tim Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kampus Kebumen

PANDUAN SEMINAR PROPOSAL DAN UJIAN SKRIPSI. Oleh: Tim Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kampus Kebumen PANDUAN SEMINAR PROPOSAL DAN UJIAN SKRIPSI Oleh: Tim Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kampus Kebumen FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2015 BAB

Lebih terperinci

Manual Prosedur Tesis

Manual Prosedur Tesis Manual Prosedur Tesis Program Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya 2011 Manual Prosedur Tesis Kode Dokumen : 00203 060019 Revisi : 3 Tanggal : 20 September 2011 Diajukan

Lebih terperinci

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR UJIAN SARJANA FAKULTAS PETERNAKAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS TADULAKO PALU SOP-FAPETKAN-UTD

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR UJIAN SARJANA FAKULTAS PETERNAKAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS TADULAKO PALU SOP-FAPETKAN-UTD FAKULTAS PETERNAKAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS TADULAKO PALU SOP-FAPETKAN-UTD-14-010 Revisi ke : - Dibuat oleh : Penjaminan Mutu Fakultas Peternakan dan Perikanan UNTAD Dikaji ulang oleh : Wakil Dekan I

Lebih terperinci

PROSEDUR MUTU PELAKSANAAN DAN EVALUASI PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) No. Revisi 01

PROSEDUR MUTU PELAKSANAAN DAN EVALUASI PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) No. Revisi 01 Rektor: (024)8508081 Fax (024)8508082, Purek I: (024) 85080 1 dari 12 September 22 1. TUJUAN Prosedur ini ditetapkan untuk menjamin terselenggaranya kegiatan Praktik Kerja Lapangan () sebagai bagian proses

Lebih terperinci

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR UJIAN TUGAS AKHIR MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 UNIVERSITAS TADULAKO PALU

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR UJIAN TUGAS AKHIR MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 UNIVERSITAS TADULAKO PALU UJIAN TUGAS AKHIR MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 UNIVERSITAS TADULAKO PALU SOP-PPM-UTD-00-016 Revisi ke : - Dibuat oleh Dikaji ulang oleh Disetujui oleh : Pusat Penjaminan Mutu UNTAD : Pembantu Rektor I :

Lebih terperinci

KEPUTUSAN DEKAN FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS GADJAH MADA Nomor UGM/FA/1997/UM/01/39. Tentang ADENDUM PERATURAN AKADEMIK PROGRAM DOKTOR

KEPUTUSAN DEKAN FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS GADJAH MADA Nomor UGM/FA/1997/UM/01/39. Tentang ADENDUM PERATURAN AKADEMIK PROGRAM DOKTOR KEPUTUSAN DEKAN FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS GADJAH MADA Nomor UGM/FA/1997/UM/01/39 Tentang ADENDUM PERATURAN AKADEMIK PROGRAM DOKTOR Dekan Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Menimbang : a. bahwa

Lebih terperinci

1. Definisi Persyaratan Umum

1. Definisi Persyaratan Umum 1. Definisi 4.1 merupakan karya ilmiah tertulis yang disusun oleh mahasiswa, sesuai dengan kaidah dan etika keilmuan, di bawah bimbingan dosen yang berkompeten dan merupakan cerminan kemampuan mahasiswa

Lebih terperinci

Lampiran II.1 Cek Rekam Tugas Akhir CEK REKAM TUGAS AKHIR. NAMA : NIM : SKS : Alamat : No HP :

Lampiran II.1 Cek Rekam Tugas Akhir CEK REKAM TUGAS AKHIR. NAMA : NIM : SKS : Alamat : No HP : LAMPIRAN II. BORANG II.1 II.2 II.3 II.4 II.5 II.6 II.7 II.8 II.9 II.10 II.11 II.12 II.13 II.14 II.15 II.16 II.17 II.18 II.19 II.20 Cek Rekam Tugas Akhir Pendaftaran Tugas Akhir Pelimpahan Pembimbing Skripsi

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN BIMBINGAN SKRIPSI PRODI JUDUL/TOPIK SKRIPSI

BUKU PANDUAN BIMBINGAN SKRIPSI PRODI JUDUL/TOPIK SKRIPSI BUKU PANDUAN BIMBINGAN SKRIPSI NAMA NIM PRODI : : : JUDUL/TOPIK SKRIPSI...... FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA 2016 A. Pengertian Skripsi adalah karya ilmiah yang disusun

Lebih terperinci

Fakultas Pertanian UMMI

Fakultas Pertanian UMMI Fakultas Pertanian UMMI SOP PRAKTIK KERJA LAPANG Dikeluarkan Juli 2013 Edisi 1 Revisi Ditetapkan oleh Ema Hilma Meilani, S.P.,M.P 1. Tujuan SOP ini bertujuan untuk menjelaskan peraturan dan prosedur pelaksanaan

Lebih terperinci

Manual Prosedur FAKULTAS PERTANIAN Universitas Trunodjoyo

Manual Prosedur FAKULTAS PERTANIAN Universitas Trunodjoyo Manual Prosedur FAKULTAS PERTANIAN Universitas Trunodjoyo Revisi : 1 Tanggal : 10 Desember 2010 Dikaji ulang oleh : Pembantu Dekan I Dikendalikan oleh : Gugus Jaminan Mutu FP Disetujui oleh : Dekan FP

Lebih terperinci

MANUAL PROSEDUR PRAKTIK KERJA LAPANG (PKL) atau KULIAH KERJA NYATA-PRAKTIK (KKN-P)

MANUAL PROSEDUR PRAKTIK KERJA LAPANG (PKL) atau KULIAH KERJA NYATA-PRAKTIK (KKN-P) MANUAL PROSEDUR PRAKTIK KERJA LAPANG (PKL) atau KULIAH KERJA NYATA-PRAKTIK (KKN-P) MALANG 2015 MANUAL PROSEDUR PRAKTIK KERJA LAPANG (PKL) atau KULIAH KERJA NYATA-PRAKTIK (KKN-P) Kode Dokumen : 00608 06509

Lebih terperinci

BERKAS UJIAN TESIS PROGRAM MAGISTER TEKNIK SIPIL

BERKAS UJIAN TESIS PROGRAM MAGISTER TEKNIK SIPIL BERKAS UJIAN TESIS TEKNIK SIPIL Setelah Ujian Tesis, Nilai dan Berita Acara Ujian langsung diserahkan ke Bagian Administrasi Program Magister Teknik Sipil (mohon tidak diserahkan ke mahasiswa) Nama :...

Lebih terperinci

DOKUMEN: PROSEDUR OPERASIONAL BAKU JUDUL: Ujian Naskah Disertasi (Tertutup Doktor) Kode : 017/UN11.4/SOP/2016 Tanggal dikeluarkan : 14 Maret 2016

DOKUMEN: PROSEDUR OPERASIONAL BAKU JUDUL: Ujian Naskah Disertasi (Tertutup Doktor) Kode : 017/UN11.4/SOP/2016 Tanggal dikeluarkan : 14 Maret 2016 UNIVERSITAS SYIAH KUALA PROGRAM PASCASARJANA Darussalam, Banda Aceh DOKUMEN: PROSEDUR OPERASIONAL BAKU JUDUL: Ujian Naskah (Tertutup Doktor) Kode : 017/UN11.4/SOP/2016 Tanggal dikeluarkan : 14 Maret 2016

Lebih terperinci

INSTRUKSI KERJA BIDANG AKADEMIK, KEMAHASISWAAN, KEUANGAN, KEPEGAWAIAN DAN TATA KELOLA

INSTRUKSI KERJA BIDANG AKADEMIK, KEMAHASISWAAN, KEUANGAN, KEPEGAWAIAN DAN TATA KELOLA INSTRUKSI KERJA BIDANG AKADEMIK, KEMAHASISWAAN, KEUANGAN, KEPEGAWAIAN DAN TATA KELOLA FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA 2016 17 DAFTAR ISI IK. Pendaftaran PKL 1 IK. Pengajuan Mitra PKL 3

Lebih terperinci

Prosedur Tugas Akhir

Prosedur Tugas Akhir Prosedur Tugas Akhir PENGESAHAN Disiapkan Oleh: Diperiksa Oleh: Disahkan Oleh: Gugus Mutu Fakultas Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dekan Fakultas Teknik Evi Puspitasari, S.T., M.Sc. Trisma

Lebih terperinci

I. TUJUAN : Menjamin prosesing daftar mahasiswa aktif kuliah tiap semester dapat berjalan sesuai dengan ketentuan

I. TUJUAN : Menjamin prosesing daftar mahasiswa aktif kuliah tiap semester dapat berjalan sesuai dengan ketentuan I. PROSEDUR KERJA Tanggal Revisi : 1 Mei 20 DAFTAR MAHASISWA AKTIF KULIAH Tanggal berlaku : I. TUJUAN : Menjamin prosesing daftar mahasiswa aktif kuliah tiap semester dapat berjalan sesuai dengan ketentuan

Lebih terperinci

PEDOMAN KERJA PRAKTEK MAHASISWA

PEDOMAN KERJA PRAKTEK MAHASISWA PEDOMAN KERJA PRAKTEK MAHASISWA Tim Penyusun : Nur Ani ST, MMSI Bagus Priambodo ST, MTI SISTEM INFORMASI FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS MERCU BUANA 2015 DAFTAR ISI BAB 1 PENDAHULUAN... 3 1.1 Deskripsi

Lebih terperinci

Persyaratan Layanan JURUSAN BIOLOGI FMIPA UB PS S-1 BIOLOGI

Persyaratan Layanan JURUSAN BIOLOGI FMIPA UB PS S-1 BIOLOGI Persyaratan Layanan JURUSAN BIOLOGI FMIPA UB PS S-1 BIOLOGI Kelengkapan Berkas Baru a. Biodata (2 Lembar) b. Fotocopy Ijasah SMA (2 lembar) c. Fotocopy Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (2 lembar)

Lebih terperinci

SUPLEMEN PENULISAN TUGAS AKHIR PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

SUPLEMEN PENULISAN TUGAS AKHIR PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN SUPLEMEN PENULISAN TUGAS AKHIR PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN A. Definisi Skripsi merupakan salah satu matakuliah wajib yang

Lebih terperinci

MANUAL PROSEDUR SKRIPSI

MANUAL PROSEDUR SKRIPSI MANUAL PROSEDUR FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA 2014 Halaman : 3 dari 8 halaman 1. Pengertian Skripsi adalah karya tulis yang menjadi salah satu syarat kelulusan pada suatu program

Lebih terperinci

BAB I PENGERTIAN BAB II PERSYARATAN DAN PROSEDUR

BAB I PENGERTIAN BAB II PERSYARATAN DAN PROSEDUR BAB I PENGERTIAN 1) Tesis merupakan karya ilmiah jenjang pendidikan tinggi berdasarkan atas hasil penelitian pribadi di lapangan atau riset kepustakaan yang disusun oleh mahasiswa sesuai prosedur yang

Lebih terperinci

PEDOMAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN PASCASARJANA S3 (DOKTOR) UNIDA GONTOR. Pasal 1. Persyaratan Administrasi dan Akademik

PEDOMAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN PASCASARJANA S3 (DOKTOR) UNIDA GONTOR. Pasal 1. Persyaratan Administrasi dan Akademik PEDOMAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN PASCASARJANA S3 (DOKTOR) UNIDA GONTOR Pasal 1 Persyaratan Administrasi dan Akademik Persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa adalah: 1) Lulusan pendidikan

Lebih terperinci

BAB 1 PENYELENGGARAAN PROGRAM DOKTOR

BAB 1 PENYELENGGARAAN PROGRAM DOKTOR BAB 1 PENYELENGGARAAN PROGRAM DOKTOR Tujuan pendidikan Program Doktor menurut Peraturan Rektor UI No.2200 Tahun 2013 adalah untuk menghasilkan ilmuwan dan/atau filosof yang mandiri, beretika, berbudaya,

Lebih terperinci

PEDOMAN TUGAS AKHIR I. Latar Belakang II. Tujuan Pedoman Tugas Akhir III. Definisi Tugas Akhir IV. Tujuan Tugas Akhir adalah :

PEDOMAN TUGAS AKHIR I. Latar Belakang II. Tujuan Pedoman Tugas Akhir III. Definisi Tugas Akhir IV. Tujuan Tugas Akhir adalah : PEDOMAN TUGAS AKHIR I. Latar Belakang Perguruan tinggi mempunyai peranan yang sangat besar dalam menghasilkan sarjana berkualitas. Usaha untuk meningkatkan kualitas sarjana yang dihasilkan, salah satu

Lebih terperinci

MANUAL PROSEDUR PELAKSANAAN TUGAS AKHIR

MANUAL PROSEDUR PELAKSANAAN TUGAS AKHIR MANUAL PROSEDUR PELAKSANAAN TUGAS AKHIR JURUSAN KIMIA FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2014 MANUAL PROSEDUR PELAKSANAAN TUGAS AKHIR Kode Dokumen : 0090206004 Revisi : 5 Tanggal : 30 Oktober 2014

Lebih terperinci

Manual Prosedur Pelaksanaan Ujian Proposal Tesis

Manual Prosedur Pelaksanaan Ujian Proposal Tesis Manual Prosedur Pelaksanaan Ujian Proposal Tesis JURUSAN MANAJEMEN MALANG 2014 Manual Prosedur Pelaksanaan Ujian Proposal Tesis Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Kode

Lebih terperinci

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS LAMPUNG FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM JURUSAN BIOLOGI

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS LAMPUNG FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM JURUSAN BIOLOGI FORMULIR PENGAJUAN SEMINAR USUL PROGRAM STUDI MAGISTER BIOLOGI FMIPA ================================================================ Kepada Yth, Ketua Program Studi Magister Biologi di Tempat Mahasiswa

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN BIMBINGAN SKRIPSI

BUKU PANDUAN BIMBINGAN SKRIPSI BUKU PANDUAN BIMBINGAN SKRIPSI NAMA NIM : : JURUSAN : JUDUL SKRIPSI FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI TULUNGAGUNG TAHUN 2014 SKRIPSI FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN A.

Lebih terperinci

PENUNJUKAN DOSEN PEMBIMBING TESIS

PENUNJUKAN DOSEN PEMBIMBING TESIS MANUAL PROSEDUR PENUNJUKAN DOSEN PEMBIMBING TESIS PROGRAM STUDI S2 KIMIA FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS BRAWIJAYA UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2013 MANUAL PROSEDUR PENUNJUKAN DOSEN PEMBIMBING TESIS PROGRAM

Lebih terperinci

RANCANGAN PERATURAN AKADEMIK FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SRIWIJAYA PERATURAN AKADEMIK BAB I KETENTUAN UMUM

RANCANGAN PERATURAN AKADEMIK FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SRIWIJAYA PERATURAN AKADEMIK BAB I KETENTUAN UMUM RANCANGAN PERATURAN AKADEMIK FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SRIWIJAYA PERATURAN AKADEMIK BAB I KETENTUAN UMUM Pasal 1 Dalam keputusan ini yang dimaksud: 1. Rektor adalah Rektor Universitas Sriwijaya; 2. Fakultas

Lebih terperinci

I. PENDAHULUAN 1. Latar Belakang 2. Tujuan 3. Lingkup Pembahasan

I. PENDAHULUAN 1. Latar Belakang 2. Tujuan 3. Lingkup Pembahasan I. PENDAHULUAN 1. Latar Belakang Proses pembelajaran yang dilaksanakan bersama-sama di perguruan tinggi, antara dosen dan mahasiswa, menggunakan beragam metode dengan tujuan agar tercapainya pemahaman

Lebih terperinci

Manual Prosedur Pelaksanaan Ujian Tesis

Manual Prosedur Pelaksanaan Ujian Tesis Manual Prosedur Pelaksanaan Ujian Tesis JURUSAN MANAJEMEN MALANG 2014 Manual Prosedur Pelaksanaan Ujian Tesis Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Kode Dokumen : 00202 06030

Lebih terperinci

MANUAL PROSEDUR MP.UJM.JSE.FP.UB PELAKSANAAN UJIAN TUGAS AKHIR ( SKRIPSI / MAGANG )

MANUAL PROSEDUR MP.UJM.JSE.FP.UB PELAKSANAAN UJIAN TUGAS AKHIR ( SKRIPSI / MAGANG ) MANUAL PROSEDUR PELAKSANAAN UJIAN TUGAS AKHIR ( SKRIPSI / MAGANG ) JURUSAN SOSIAL EKONOMI Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya MP.UJM.JSE.FP.UB. 04.10 Revisi : - Tanggal : 18 Juni 2008 Dikaji ulang

Lebih terperinci

Harap diperhatikan bagi mahasiswa yang mengajukan SEMINAR USUL/SEMINAR HASIL/UJIAN SKRIPSI : 1. Semua berkas pada saat pendaftaran tersusun rapi dan

Harap diperhatikan bagi mahasiswa yang mengajukan SEMINAR USUL/SEMINAR HASIL/UJIAN SKRIPSI : 1. Semua berkas pada saat pendaftaran tersusun rapi dan Harap diperhatikan bagi mahasiswa yang mengajukan SEMINAR USUL/SEMINAR HASIL/UJIAN SKRIPSI : 1. Semua berkas pada saat pendaftaran tersusun rapi dan Harus Dilakukan Lewat Loket Administrasi 2. Semua berkas

Lebih terperinci

Pedoman Administrasi dan Penulisan Tesis dan Disertasi PPs Unimed 0

Pedoman Administrasi dan Penulisan Tesis dan Disertasi PPs Unimed 0 Pedoman Administrasi dan Penulisan Tesis dan Disertasi PPs Unimed 0 TAHAPAN PROSES PENETAPAN KOMISI PEMBIMBING, PEMBIMBINGAN, SEMINAR, DAN UJIAN TESIS Tahapan Pengajuan Calon Pembimbing Penetapan SK Pembimbing

Lebih terperinci