GOOGLE DOCS. Fitur dasar dalam google docs. Mengedit dan menyimpan file. Mengu-upload file

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "GOOGLE DOCS. Fitur dasar dalam google docs. Mengedit dan menyimpan file. Mengu-upload file"

Transkripsi

1 GOOGLE DOCS Google Docs merupakan salah satu aplikasi yang dikembangkan Google untuk kebutuhan manajemen dokumen. Khususnya aplikasi office. Mulai dari pengolah kata (word processor), pengolah lembar kerja (spreadsheet) dan presentasi (presentation). Google Docs bukan hanya menyimpan saja, namun juga bisa digunakan untuk untuk mengolah, menyimpan, membuat, meng-edit dokumen perkantoran seperti layaknya Microsoft Office pada WindowsatauOpen Office pada Linux dengan secara online. Semuanya dalam satu paket dan tidak perlu menginstal di komputer. Karena sangat tangguh dan dasyat maka sering disebut aplikasi pembunuh Microsoft Office, Open Office, dan Neo Office. Tampilannya berbasis Web, dengan aplikasi ini anda dapat membuat dokumen baru, seperti doc, xls, dan bisa juga file odt, ods, rtf, csv, ppt, dan html. Tentu ini jauh lebih komplit karena file berektensi odt itu hanya hdimiliki oleh open office. Fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi lain adalah fitur kolaborasi, fitur ini bisa langsung anda gunakan degan memberi cek di depan nama file, lalu klik tombol share di atasnya. Sebuah boks akan menawarkan berbagai pilihan akan muncul, tersedia opsi "as collaborator" yang akan membuka akses baca tulis dokumen utuk orang-orang terpilih, sementara fungsi as viewer hanya akan memberikan akses baca saja. Tampilannya mirip dengan MS. Office 2003, sehingga akan dengan mudah menjalankannya. Layanan ini pertama kali diluncurkan pada 10 Oktober 2006 sebagai gabungan dua layanan: Writely dan Spreadsheets. Layanan presentasi diluncurkan pada 17 September sedangkan layanan penyimpanan data untuk berkas apa pun (hingga maksimum 1 GB per berkas) diluncurkan pada 13 Januari Google Docs mendukung 15 file formats : Microsoft Word (.DOC and.docx) Microsoft Excel (.XLS and.xlsx) Microsoft PowerPoint (.PPT and.pptx) OpenDocument Format (.ODT and.ods) Adobe Portable Document Format (.PDF) Apple Pages (.PAGES) Adobe Illustrator (.AI) Adobe Photoshop (.PSD) Tagged Image File Format (.TIFF) Autodesk AutoCad (.DXF) Scalable Vector Graphics (.SVG) PostScript (.EPS,.PS) TrueType (.TTF) XML Paper Specification (.XPS) Archive file types (.ZIP and.rar) Fitur dasar dalam google docs Mengedit dan menyimpan file Mengu-upload file

2 Mengatur hak akses Bekerja secara offline dokumen Mendownload atau mengunduh file Fasilitas see revision historyt Translate dokumen Kelebihan Google Docs Gratis Mudah penggunaannya Support dan dokumentasinya lengkap. Tragedi data hilang akibat kerusakan harddisk bisa dihindarkan. Menggunakan editor WYSIWYG (What You See Is What You Get) yang sederhana untuk memformat dokumen, memeriksa ejaan, dan sebagainya. Akses pekerjaan kapan saja, di mana saja Bekerja di beragam sistem operasi (di komputer PC, Mac, dan Linux, serta mendukung format umum seperti.doc,.xls,.ppt, dan.pdf.) Kontrol akses aman (administrator dapat mengelola izin berbagi berkas di seluruh sistem, dan pemilik dokumen dapat berbagi dan mencabut akses berkas setiap saat.) Kemudahan mengunggah dan berbagi berkas (Berkas yang disimpan di Google Documents dapat selalu diakses baik untuk mengunggah atau berbagi.) Kekurangan Google Docs Membutuhkan koneksi internet Harus dikerjakan secara online terlebih dahulu. Fasilitas Google Docs Dalam Word Processor atau Pengolah Kata 1. Membuat dokumen Word, OpenOffice, RTF, HTML, atau teks. 2. Upload dokumen yang sudah kita miliki. 3. Sharing dengan orang lain (melalui alamat ) untuk mengedit atau melihat dokumen dan spreadsheet. 4. Mengedit dokumen online dengan siapa pun yang kita pilih. 5. Melihat riwayat revisi dokumen dan spreadsheet 6. Mempublikasikan dokumen secara online ke dunia, sebagai bagian situs atau mengirimkan dokumen ke blog Anda. 7. Mendownload dokumen ke desktop sebagai Word, OpenOffice, RTF, PDF, HTML atau zip. 8. dokumen kita sebagai lampiran. 9. Setiap dokumen dapat mencapai sebesar 500K, ditambah 2MB per gambar yang dimasukkan.

3 10. Setiap pengguna memiliki batas kombinasi 5000 dokumen dan presentasi serta 5000 gambar. Dalam menggunakan spreadsheet atau pengolah angka : 1. Mengimpor dan mengekspor data berformat.xls,.csv,.txt dan.ods (dan mengekspor fungsionalitas untuk.pdfdan html). 2. Menikmati navigasi dan pengeditan intuitif, seperti dokumen atau spreadsheet tradisional. 3. Menggunakan format dan formula. 4. Mengobrol dengan orang lain yang sedang mengedit. 5. Memasukkan spreadsheet, atau bagian dari spreadsheet, ke situs web kita. 6. Setiap spreadsheet dapat mencapai hingga 10,000 baris, atau hingga 256 kolom, atau hingga 100,000 sel, atau hingga 40 sheet batas mana saja yang tercapai lebih dulu. 7. Setiap pengguna memiliki batas hingga 200 spreadsheet. 8. Batas untuk spreadsheet terbuka pada saat bersamaan adalah Dapat mengimpor spreadsheet hingga mencapai 1 MB dalam format xls, csv, atau ods, txt, tsv, tsb. Dalam menggunakan Impress atau presentasi : 1. Mengimpor presentasi yang ada dalam jenis file ppt dan pps. 2. Mengekspor presentasi menggunakan fitur Simpan sebagai Zip dari menu File. 3. Mengedit presentasi kita menggunakan editorwysiwyg yang sederhana. 4. Menyisipkan gambar, dan memformat slide sesuai keinginan. 5. Berbagi-pakai dan mengedit presentasi bersama teman dan rekan kerja. 6. Mengizinkan melihat presentasi secara realtime, dari lokasi jauh yang terpisah. 7. Mempublikasikan presentasi kita di web, dan dapat di akses oleh orang lain. 8. Setiap presentasi dapat mencapai sebesar 500K, ditambah 2MB per gambar yang dimasukkan. 9. Kita dapat meng-upload presentasi dalam format.ppt maupun.pps. 10. Setiap pengguna memiliki batas kombinasi 5000 dokumen dan presentasi serta 5000 gambar. Cara Menggunakan Google Docs Cloud Computing memang sedang ramai di perbincangkan, tentu saja karena beberapa alasan yang menjadikan Cloud Computing Service semakin banyak di minati. Salah satunya yang paling terkenal adalah Google Docs. Google Docs adalah layanan penyimpanan data gratis dari Google untuk menyimpan, memodifikasi, atau pun membuat file dokumen perkantoran. Aplikasi ini di luncurkan pada 2010 lalu. Untuk Google Docs gratis, Anda di mungkin kan untuk menyimpan file dokumen sebesar 1GB. Angka itu sudah tergolong besar dari beberapa situs cloud service lainnya.

4 Menggunakan dan Membuat Dokumen di Google Docs Pada langkah ini penulis akan memandu Anda untuk menggunakan Google Docs. Untuk bisa menggunakan Google Docs Anda harus mempunyai akun Google terlebih dahulu (gmail), karena akun Google adalah syarat mutlak untuk dapat menggunakan Google Docs. Cara menggunakan Google Docs adalah sebagai berikut: 1. Buka Browser Anda dan arahkan ke 2. Kemudian Anda akan menemukan halaman Login, isilah akun Google Anda dengan benar. 3. Jika Anda di hadapkan pada halaman lain semisal pengaturan akun Google atau masuk ke Gmail, Anda bisa memilih menu tab Documents untuk langsung beralih ke Google Docs. 4. Setelah itu Anda akan melihat bahwa halaman awal tersebut masih kosong, untuk membuat dokumen baru Anda bisa meng-klik menu Create > Document untuk membuat file doc. Anda juga bisa memilih jenis file presentasi yaitu seperti Power Point dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan Anda.

5 5. Ketika anda meng-klik salah satu pilihan, maka Browser akan membuka tab baru untuk mempersiapkan wadah penulisan. Tampilan ini memang cukup simpel di bandingkan aplikasi yang sangat familiar di telinga Anda yaitu Microsoft Word. Tetapi beberapa menunya memang sudah cukup untuk Anda membuat dokument kantor atau tugas. Membuat Nama File Standart nama dokumen yang akan Anda buat adalah Untitled document. Anda bisa merubahnya dengan cara sebagai berikut: 1. Sorot judul dokumen tersebut, lalu klik sekali. 2. Akan tampil kotak dialog Rename Document, masukkan nama yang Anda ingini dalam kolom Enter a new document name.

6 Menyimpan File Mungkin jika Anda pertama kali menggunakan layanan Google Docs ini, Anda pasti bingung karena tidak ada menu untuk menyimpan file seperti menu Save atau Save As seperti pada Word. Namun Anda tidak perlu panik, karena secara otomatis Google Docs akan menyimpan file Anda. Ini terjadi setiap 5 Menit sekali maka secara otomatis Google Docs akan menyimpannya ke dalam akun Anda. Untuk memeriksa coba Anda kembali ke halaman awal Google Docs, maka seharusnya Anda sudah mendapatkan File Anda di sana (jika Anda tidak terputus dari koneksi Internet). Mendownload Dokumen Jika Anda telah selesai membuat file dokumen dan ingin menyimpannya ke disk komputer atau laptop Anda, bisa di lakukan dengan cara berikut: 1. Klik menu File Download as Microsoft Word (untuk mendownload dalam format doc), Anda juga bisa memilih jenih file yang ingin Anda unduh nantinya seperti rtf atau pun pdf yang biasa di buka menggunakan reader.

7 2. Jika Anda sudah meng-klik salah satu pilihan Anda, maka tunggulah beberapa saat sampai kotak dialog yang menyatakan bahwa Anda ingin membuka saja dokument tersebut atau malah menyimpannya ke disk Anda. Anda juga bisa men-download nya langsung dari halaman muka Google Docs, ketika login maka Anda akan di hadapkan kepada beberapa file yang telah Anda buat sebelumnya. Klik kanan pada file yang ingin Anda unduh Download.

8 Setelah itu maka akan keluar kotak dialog Convert Dialog and Convert. Pilih salah satu jenis format file yang Anda ingini di lanjutkan meng-klik Download. Mencetak Dokumen Jika sewaktu-waktu Anda ingin mencetak dokumen yang telah Anda buat, Anda bisa langsung melakukannya dari Google Docs. Sebelumnya pastikan dahulu bahwa printer Anda sudah terhubung dengan baik ke PC yang Anda gunakan. Untuk mencetak caranya adalah sebagai berikut: 1. Klik menu File Print (Ctrl+P). 2. Maka Anda akan langsung di suguhi halaman Print Preview terlebih dahulu. Atur lah sesuai ukuran yang Anda inginkan. Setelah itu klik Print untuk mulai mencetaknya.

9 Mengirim Dokumen ke Jika Anda ingin mengirimkan file kepada kolega atau kerabat Anda, Anda bisa mengirimnya melalui . Caranya adalah sebagai berikut: 1. Kembali ke halaman utama Google Docs. 2. Pada file yang ingin Anda pilih klik kanan Bagikan Bagikan Kirim dalam sebagai lampiran. 3. Selanjutnya akan muncul jendela pengaturan untuk mengatur pengiriman , aturlah sebagai berikut: Lampirkan sebagai : pilih dengan type yang Anda ingin kan, misalnya Microsoft Word sebagai Doc.

10 Kepada : ketikkan alamat yang di tuju (contoh: official.andrea[at]gmail.com). Perihal : Judul Pesan. Pesan : isi dengan pesan Anda. Jika sudah, klik Kirim.

11 Mengirimkan File Lewat Link Orang lain yang ingin Anda tuju pun bisa meng-akses file dokumen yang Anda buat. Caranya adalah dengan mengirimkan Link dokumen, nanti nya jika di buka yang muncul adalah halaman dokumen Anda di Google Docs, caranya adalah sebagai berikut: 1. Pada halaman beranda Google Docs Anda, klik kanan pada file yang dituju Bagikan Bagikan. 2. Pada jendela yang keluar, klik Ubah pada pilihan yang ber-ikon gembok

12 3. Ubah setelan dari Pribadi menjadi Public. Ini akan membuat dokumen Anda bisa di akses oleh siapa saja, kemudian pilih Simpan.

13 4. Anda akan kembali di hadapkan pada kotak dialog setelan berbagi, Blok semua url yang ada di kolom Tautan berbagi lalu Copy (Ctrl+C) kemudian bagikan link tersebut kepada orang yang Anda inginkan. Sumber : html

CARA MEMBUAT MENGAKTIFKAN DAN MENGGUNAKAN GOOGLE DOCS

CARA MEMBUAT MENGAKTIFKAN DAN MENGGUNAKAN GOOGLE DOCS CARA MEMBUAT MENGAKTIFKAN DAN MENGGUNAKAN GOOGLE DOCS Apa itu google docs? Google docs merupakan salah satu aplikasi yang di kembangkan google untuk kebutuhan manajemen dokumen khususnya aplikasi office,

Lebih terperinci

Panduan Membuat File Server Google Docs

Panduan Membuat File Server Google Docs Panduan Membuat File Server Google Docs Materi yang disusun untuk kebutuhan ICT Trajectory untuk partner-partner Hivos ini boleh digunakan, dimodifikasi dan disebarluaskan secara bebas, di bawah aturan

Lebih terperinci

Membuat dan Menggunakan Google Docs

Membuat dan Menggunakan Google Docs Membuat dan Menggunakan Google Docs Ninda Prastika Prastika.ninda@gmail.com http://nindaprastika.blogspot.com Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan

Lebih terperinci

Modul Pelatihan Google Apps for Education Fitur dan Penggunaan Tim ICT Universitas Sriwijaya

Modul Pelatihan Google Apps for Education Fitur dan Penggunaan Tim ICT Universitas Sriwijaya Fitur dan Penggunaan Tim ICT Universitas Sriwijaya Center of Information Communication Technology Universitas Sriwijaya 2015 Pendahuluan Google Apps for Education (GAFE) adalah sebuah aplikasi buatan Google

Lebih terperinci

Cara Mengoperasikan Google Drive (Spreadsheet)

Cara Mengoperasikan Google Drive (Spreadsheet) Cara Mengoperasikan Google Drive (Spreadsheet) Nah, kalian pernah dengar belum istilah dari Google drive? Pengertian dari Google Drive itu adalah layanan penyimpanan daring milik Google yang diluncurkan

Lebih terperinci

Cara Mengoperasikan Google Drive (Document)

Cara Mengoperasikan Google Drive (Document) Cara Mengoperasikan Google Drive (Document) Nah, kalian pernah dengar belum istilah dari Google drive? Pengertian dari Google Drive itu adalah layanan penyimpanan daring milik Google yang diluncurkan pada

Lebih terperinci

Cara Mengoperasikan Google Drive (Presentasi)

Cara Mengoperasikan Google Drive (Presentasi) Cara Mengoperasikan Google Drive (Presentasi) Nah, kalian pernah dengar belum istilah dari Google drive? Pengertian dari Google Drive itu adalah layanan penyimpanan daring milik Google yang diluncurkan

Lebih terperinci

Menemukan & Berbagi Sumber Belajar

Menemukan & Berbagi Sumber Belajar Menemukan & Berbagi Sumber Belajar Tabel Menemukan dan Berbagi Sumber Belajar Aktivitas Nama Situs Alamat Menemukan Gambar Menemukan Audio Menemukan Video Berbagi Sumber Belajar Imagebase flickr photl

Lebih terperinci

2.1 Pengertian Google Drive

2.1 Pengertian Google Drive Google drive adalah layanan berbasis cloud computing yang dapat digunakan untuk membuat, membagi, mengolaborasikan dan menyimpan data hingga 1 terabite (TB). Menurut perwakilan Google, Sundar Pichai, Drive

Lebih terperinci

PERTEMUAN KE 9 MICROSOFT WORD

PERTEMUAN KE 9 MICROSOFT WORD PERTEMUAN KE 9 MICROSOFT WORD A. PENGANTAR Microsoft Word atau Microsoft Office Word atau Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan

Lebih terperinci

MENJELAJAHI DUNIA MAYA

MENJELAJAHI DUNIA MAYA Tutorial Dasar Internet untuk Pemula Andi Sholihin dieka.91@gmail.com http://sekedar-tutorial.blogspot.com Januari DAFTAR ISI BAGIAN 1 PENGENALAN INTERNET... 3 1.1 Pengertian Internet... 3 2.1 Istilah-Istilah

Lebih terperinci

Septina Budi Kurniawati

Septina Budi Kurniawati Membuat CV Secara Online di Google Docs Septina Budi Kurniawati septinabeqa@gmail.com http://septinabeqa.blogspot.com Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi

Lebih terperinci

Panduan Pengunaan Google Apps

Panduan Pengunaan Google Apps Panduan Pengunaan Google Apps Google Apps menawarkan seperangkat alat bantu yang dapat dimanfaatkan oleh semua individu baik dalam sebuah Organisasi atau Instansi. Baik besar maupun kecil. Dengan Google

Lebih terperinci

OpenOffice.org Writer OpenOffice.org Calc OpenOffice.org Impress OpenOffice.org Draw OpenOffice.org Math OpenOffice.org Base OPEN OFFICE CALC

OpenOffice.org Writer OpenOffice.org Calc OpenOffice.org Impress OpenOffice.org Draw OpenOffice.org Math OpenOffice.org Base OPEN OFFICE CALC OpenOffice.org adalah seperangkat lunak perkantoran yang didalamnya terdapat fungsi pengolah kata (word processing), pengolah lembar (spreadsheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi (presentation),

Lebih terperinci

Menggunakan Office 365 di iphone atau ipad Anda

Menggunakan Office 365 di iphone atau ipad Anda Menggunakan Office 365 di iphone atau ipad Anda Panduan Mulai Cepat Memeriksa email Atur iphone atau ipad untuk mengirim dan menerima email dari akun Office 365 Anda. Memeriksa kalender di mana pun Anda

Lebih terperinci

Recover My Files. Download dan Instalasi Recover My Files

Recover My Files. Download dan Instalasi Recover My Files Recover My Files Recover My Files merupakan software yang lebih canggih untuk mengatasi file-file hilang. Memang, software ini tidak gratis. Anda harus membelinya agar dapat menggunakan software ini secara

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan Moodle Bagi Pengajar

Petunjuk Penggunaan Moodle Bagi Pengajar Petunjuk Penggunaan Moodle Bagi Pengajar 1. Membuka Situs E-Learning Unsyiah Arahkan browser pada alamat situs e-learning Unsyiah: http://unsyiah.inherent-dikti.net/e-learning-unsyiah/. 2. Login Masukkan

Lebih terperinci

Konversi File Elektronik ke Dalam Format PDF dan HTML

Konversi File Elektronik ke Dalam Format PDF dan HTML Konversi File Elektronik ke Dalam Format PDF dan HTML Oleh: Rasiman Disampaikan pada: Pelatihan Peningkatan Keterampilan Pustakawan dalam Bidang Pengelolaan dan Pelayanan Perpustakaan Digital pada Perpustakaan

Lebih terperinci

Pada bab ini akan dibahas berbagai cara untuk menjebol password yang biasanya ada pada file, seperti password file Zip, Rar, Doc, Xls, dan Pdf.

Pada bab ini akan dibahas berbagai cara untuk menjebol password yang biasanya ada pada file, seperti password file Zip, Rar, Doc, Xls, dan Pdf. File Hacking Pada bab ini akan dibahas berbagai cara untuk menjebol password yang biasanya ada pada file, seperti password file Zip, Rar, Doc, Xls, dan Pdf. 3.1 Teknik Pembuatan Password File Archive Sebelum

Lebih terperinci

Add-Ons and Apps for Business

Add-Ons and Apps for Business Add-Ons and Apps for Business Anda pebisnis? Memerlukan kinerja yang lebih dari sebuah perangkat bernama add-ons dan apps? Jika demikian, pada bab ini kita akan membahas keunggulan-keunggulan Add-Ons dan

Lebih terperinci

TIP 8. Gambar 8.1. Tidak perlu lagi menggunakan Driver Adobe PDF untuk cetak dalam bentuk PDF

TIP 8. Gambar 8.1. Tidak perlu lagi menggunakan Driver Adobe PDF untuk cetak dalam bentuk PDF TIP 8 KONVERSI KE PDF Jika selama ini untuk bisa menyimpan halaman web ke dalam PDF dibutuhkan driver printer dari Adobe PDF, kini Anda dan pengunjung blog tidak lagi memerlukannya. Karena telah tersedia

Lebih terperinci

Komunikasi Daring (Online) BAB I

Komunikasi Daring (Online) BAB I BAB I Komunikasi Daring (Online) A. Pengertian Istilah komunikasi online mengacu pada membaca, menulis, berbagi video kamera dan komunikasi melalui jaringan komputer. Ini meliputi Sinkronus yaitu komputer

Lebih terperinci

BAB I KONSEP TEKNOLOGI INFORMASI TEORI PENUNJANG

BAB I KONSEP TEKNOLOGI INFORMASI TEORI PENUNJANG 1 BAB I KONSEP TEKNOLOGI INFORMASI TUJUAN 1. Mengetahui tentang OpenOffice.org 2. Mengetahui tentang OpenOffice.org Writer 3. Mengetahui cara pembuatan Dokumen Baru TEORI PENUNJANG 1. OpenOffice.org OpenOffice.org

Lebih terperinci

#Langkah 1. Mari kita mulai menjelajahi Google Docs.!!!

#Langkah 1. Mari kita mulai menjelajahi Google Docs.!!! Membuat Dokumen Secara Online dengan Google Docs G oogle Docs bukanlah layanan baru dari Google, tapi mungkin masih banyak diantara kita yang belum memanfaatkan layanan ini secara maksimal. Bagi Anda yang

Lebih terperinci

GOOGLE DRIVE FOR STORING ARCHIVES MENGOPTIMASI PENGGUNAAN GOOGLE DRIVE SEBAGAI TEMPAT PENYIMPANAN ARSIP BAGI PELAJAR. Anisa Ni'matussholiha.

GOOGLE DRIVE FOR STORING ARCHIVES MENGOPTIMASI PENGGUNAAN GOOGLE DRIVE SEBAGAI TEMPAT PENYIMPANAN ARSIP BAGI PELAJAR. Anisa Ni'matussholiha. GOOGLE DRIVE FOR STORING ARCHIVES MENGOPTIMASI PENGGUNAAN GOOGLE DRIVE SEBAGAI TEMPAT PENYIMPANAN ARSIP BAGI PELAJAR 1 Anisa Ni'matussholiha Abstrak Arsip merupakan dokumen yang digunakan untuk membuat

Lebih terperinci

Gambar tampilan file di Google Drive

Gambar tampilan file di Google Drive DIREKTORAT JENDERAL PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN MASYARAKAT BALAI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN MASYARAKAT JAWA TIMUR 2016 Sharing File Menggunakan Google

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan e-learning untuk Dosen Versi Dokumen Workshop E-Learning

Petunjuk Penggunaan e-learning untuk Dosen Versi Dokumen Workshop E-Learning Petunjuk Penggunaan e-learning untuk Dosen Versi Dokumen 1.9.1 Workshop E-Learning Dikompilasi dari Petunjuk Singkat Penggunaan Moodle bagi Pengajar versi dokumen: 1.7 / 16 Agustus 2006 Yudi Wibisono oleh

Lebih terperinci

Petunjuk Operasional e-personal

Petunjuk Operasional e-personal I. PENDAHULUAN Dalam rangka menjamin efisiensi, efektivitas serta mendukung pengambilan keputusan dalam hal pengembangan sumber daya manusia di lingkungan Kementerian Pertanian diperlukan sistem yang dapat

Lebih terperinci

Manual Pengunaan Perijinan Online (Calon Pemohon Ijin)

Manual Pengunaan Perijinan Online (Calon Pemohon Ijin) MANUAL PENGGUNAAN APLIKASI Aplikasi Perizinan Online ini merupakan aplikasi yang berjalan menggunakan web browser dan tidak perlu menginstalnya terlebih dahulu, sehingga dapat digunakan kapanpun dan dimanapun

Lebih terperinci

BUKU ALAMAT SELAMAT DATANG KE TALK FUSION TUTORIAL BUKU ALAMAT

BUKU ALAMAT SELAMAT DATANG KE TALK FUSION TUTORIAL BUKU ALAMAT BUKU ALAMAT SELAMAT DATANG KE TALK FUSION TUTORIAL BUKU ALAMAT Dengan akses 24/7 ke Pusat Komunikasi Video dan Buku Alamat, Anda dapat mengirim Email Video dan Buletin Video kapan saja, dengan menggunakan

Lebih terperinci

Mozilla Firefox, Google, dan

Mozilla Firefox, Google, dan Mozilla Firefox, Google, dan Email Mozilla Firefox! Siapa yang tidak mengenal web browser yang satu ini. Jika Anda ingin mengakses internet, maka Anda akan mencari Firefox. Mozilla Firefox memiliki keunggulan

Lebih terperinci

PENGENALAN POWERPOINT 2013

PENGENALAN POWERPOINT 2013 PENGENALAN POWERPOINT 2013 Mengikuti tren teknologi informasi terkini, seluruh paket aplikasi yang tergabung ke dalam Microsoft Office 2013 atau Microsoft Office 365, termasuk PowerPoint, dirancang untuk

Lebih terperinci

Panel navigasi Tekan Ctrl+F untuk memperlihatkan Panel Navigasi. Anda bisa menata ulang dokumen dengan menyeret judulnya ke dalam panel ini.

Panel navigasi Tekan Ctrl+F untuk memperlihatkan Panel Navigasi. Anda bisa menata ulang dokumen dengan menyeret judulnya ke dalam panel ini. Panduan Mulai Cepat Microsoft Word 2013 terlihat berbeda dari versi sebelumnya, jadi kami membuat panduan ini untuk membantu Anda meminimalkan kuva pembelajaran. Toolbar Akses Cepat Perintah yang ada di

Lebih terperinci

Panduan E-Learning Untuk Mahasiswa

Panduan E-Learning Untuk Mahasiswa Panduan E-Learning Untuk Mahasiswa STMIK & AMIK LOGIKA 2011 (EDISI REVISI) Copyright : STMIK & AMIK LOGIKA Halaman 1 dari 10 PANDUAN TM ONLINE A. Cara Mengakses Tutorial Online Langkah pertama adalah menjalankan

Lebih terperinci

MENGOPERASIKAN SOFTWARE SPREADSHEET

MENGOPERASIKAN SOFTWARE SPREADSHEET Mata Pelajaran : Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Standar Kompetensi : Mengoperasikan sistem operasi dan software aplikasi Kompetensi Dasar : Mengoperasikan Software Spreadsheet Kelas :

Lebih terperinci

Materi Computer Mediated Learning Orientasi Belajar Mahasiswa 2008 MATERI COMPUTER MEDIATED LEARNING

Materi Computer Mediated Learning Orientasi Belajar Mahasiswa 2008 MATERI COMPUTER MEDIATED LEARNING MATERI COMPUTER MEDIATED LEARNING Untuk kegiatan Orientasi Belajar Mahasiswa 2008 1 Daftar Isi A. SEKILAS TENTANG MODUL MATERI CML OBM... 4 B. PENGANTAR COMPUTER MEDIATED LEARNING UNIVERSITAS INDONESIA...

Lebih terperinci

OpenOffice Writer Aplikasi perkantoran OpenOffice.org Writer

OpenOffice Writer Aplikasi perkantoran OpenOffice.org Writer OpenOffice Writer Writer adalah bagian dari OpenOffice.org yang digunakan sebagai aplikasi pengolah kata. Kegiatan kegiatan pengolahan kata berupa pembuatan laporan, penulisan proposal, pembuatan surat,

Lebih terperinci

PANDUAN PEMBUATAN KONTEN E LEARNING LENGKAP

PANDUAN PEMBUATAN KONTEN E LEARNING LENGKAP PANDUAN PEMBUATAN KONTEN E LEARNING LENGKAP 1) Ketentuan Umum a. Ada 15 (lima belas) pengusul yang diundang untuk memasukkan konten e learning. Kelima belas konten ini selanjutnya akan diseleksi untuk

Lebih terperinci

TUTORIAL Manajemen File Mendeley

TUTORIAL Manajemen File Mendeley TUTORIAL Manajemen File Mendeley Disusun Oleh: Arda Putri Winata, M.A. 081904185435 Pustakawan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 2017 Mendeley merupakan sebuah perangkat lunak (software) berbasis opensources

Lebih terperinci

Menggunakan Office 365 di Windows Phone Anda

Menggunakan Office 365 di Windows Phone Anda Menggunakan Office 365 di Windows Phone Anda Panduan Mulai Cepat Memeriksa email Siapkan Windows Phone Anda untuk mengirim dan menerima email dari akun Office 365 Anda. Memeriksa kalender Anda di mana

Lebih terperinci

Sofiyan Arif Kurniawan

Sofiyan Arif Kurniawan Mengenal 4shared Sofiyan Arif Kurniawan sofiyanarifkurniawan@gmail.com http://sosofiyan.blogspot.com Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara

Lebih terperinci

BlackBerry Internet Service. Versi: 4.5.1. Panduan Pengguna

BlackBerry Internet Service. Versi: 4.5.1. Panduan Pengguna BlackBerry Internet Service Versi: 4.5.1 Panduan Pengguna Diterbitkan: 2014-01-08 SWD-20140108163043169 Daftar Isi 1 Persiapan... 7 Tentang paket layanan pengiriman pesan untuk BlackBerry Internet Service...

Lebih terperinci

Materi Sim Dig KD 3.2 Menerapkan Komunikasi Daring (1. Melaksanakan Komunikasi Daring Asinkron)

Materi Sim Dig KD 3.2 Menerapkan Komunikasi Daring (1. Melaksanakan Komunikasi Daring Asinkron) Materi Sim Dig KD 3.2 Menerapkan Komunikasi Daring (1. Melaksanakan Komunikasi Daring Asinkron) A. Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti pembelajaran, siswa mampu untuk : menjelaskan bentuk komunikasi

Lebih terperinci

Dokumen ini menerangkan cara penggunaan dan fitur-fitur yang terdapat pada system registrasi koperasi online ini.

Dokumen ini menerangkan cara penggunaan dan fitur-fitur yang terdapat pada system registrasi koperasi online ini. PROSES REGISTRASI ULANG KOPERASI Untuk mempermudah proses registrasi ulang koperasi-koperasi di seluruh Indonesia, Sistem Elektronik Administrasi dan Layanan Badan Hukum Koperasi (SALBH-KOP) menyediakan

Lebih terperinci

Modul Praktikum Pengantar Ilmu Komputer

Modul Praktikum Pengantar Ilmu Komputer Modul Praktikum Pengantar Ilmu Komputer Pertemuan 1 A. Pengenalan Open Office OpenOffice.org adalah seperangkat perangkat lunak perkantoran yang di dalamnya terdapat fungsi pengolah kata (word processing),

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN E-SEVICE

PETUNJUK PENGGUNAAN E-SEVICE PETUNJUK PENGGUNAAN E-SEVICE 1. PENDAFTARAN PENGGUNA Deskripsi Setiap perusahaan yang akan menggunakan layanan e-services harus memiliki identitas pengguna, tujuan dari pendaftaran identitas ini nantinya

Lebih terperinci

Petunjuk Singkat Penggunaan Kuantum Gama bagi Pengajar. Yudi Wibisono Yohanes Suyanto versi dokumen: 30 Maret 2008

Petunjuk Singkat Penggunaan Kuantum Gama bagi Pengajar. Yudi Wibisono Yohanes Suyanto versi dokumen: 30 Maret 2008 Petunjuk Singkat Penggunaan Kuantum Gama bagi Pengajar Yudi Wibisono yudi@upi.edu Yohanes Suyanto yanto@ugm.ac.id versi dokumen: 30 Maret 2008 ... 2 Pendahuluan... 3 Membuka Situs E-Learning Kuantum Gama...

Lebih terperinci

MEMBUAT SERTIFIKAT DENGAN MICROSOFT WORD 2010

MEMBUAT SERTIFIKAT DENGAN MICROSOFT WORD 2010 MEMBUAT SERTIFIKAT DENGAN MICROSOFT WORD 2010 Taufan Aditya Pratama Taufan@raharja.info Abstrak Sertifikat di berikan kepada peserta sebagai kenang-kenangan atau sebagai bukti bahwa kita pernah mengikuti

Lebih terperinci

Registrasi Blogger. Gambar 2.1. Halaman Awal Blogger

Registrasi Blogger. Gambar 2.1. Halaman Awal Blogger Registrasi Blogger Cara tercepat untuk mengerti blogging adalah dengan mencobanya. Kami telah bekerja sangat keras untuk membuatnya sangat mudah bagi Anda, dan Anda bisa menjadi bagian dari fenomena yang

Lebih terperinci

Panduan Mulai Cepat. Menampilkan atau beralih antara akun online Klik ID akun Anda untuk mengubah pengaturan atau beralih akun.

Panduan Mulai Cepat. Menampilkan atau beralih antara akun online Klik ID akun Anda untuk mengubah pengaturan atau beralih akun. Panduan Mulai Cepat Microsoft OneNote 2013 terlihat berbeda dari versi sebelumnya, jadi kami membuat panduan ini untuk membantu Anda meminimalkan kurva pembelajaran. Beralih di antara sentuhan dan mouse

Lebih terperinci

: PEMBUATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DENGAN POWERPOINT. I. Tujuan Pembelajaran A. Peserta dapat membuat bahan ajar dengan menggunakan powerpoint.

: PEMBUATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DENGAN POWERPOINT. I. Tujuan Pembelajaran A. Peserta dapat membuat bahan ajar dengan menggunakan powerpoint. MATA TATARAN : PEMBUATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DENGAN POWERPOINT I. Tujuan Pembelajaran A. Peserta dapat membuat bahan ajar dengan menggunakan powerpoint. B. Peserta dapat mengaplikasikan bahan ajar dalam

Lebih terperinci

MANAJER KONTAK SELAMAT DATANG KE TUTORIAL MANAJER KONTAK TALK FUSION

MANAJER KONTAK SELAMAT DATANG KE TUTORIAL MANAJER KONTAK TALK FUSION MANAJER KONTAK SELAMAT DATANG KE TUTORIAL MANAJER KONTAK TALK FUSION Dengan akses 24 Jam Seminggu ke Pusat Komunikasi Video dan Manajer Kontak Anda, Anda dapat mengirim Email Video dan Buletin Video, mengundang

Lebih terperinci

PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN SCREENCAST

PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN SCREENCAST PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN SCREENCAST MUH TAMIMUDDIN H PPPPTK MATEMATIKA Pembuatan Video Pembelajaran Dengan Screencast A. Screencast Dengan Screencast-O-Matic Screencast adalah teknik membuat

Lebih terperinci

Tampilan Perangkat PC, Laptop, Netbook, Tablet

Tampilan Perangkat PC, Laptop, Netbook, Tablet I. APLIKASI SIM PERENCANAAN Aplikasi SIM Perencanaan Pembangunan Daerah ini merupakan langkah lanjutan aplikasi yang berjalan menggunakan web browser dan tidak perlu mengintalnya terlebih dahulu, sehingga

Lebih terperinci

Apa itu Google Drive?

Apa itu Google Drive? Apa itu Google Drive? Rizqi Fitri Handayani http://captainnavy.blogspot.com Lisensi Dokumen: Copyright 2003-2007 IlmuKomputer.Com Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan

Lebih terperinci

PANDUAN PENGOPERASIAN SITUS SURVEILANS ISPA BERAT INDONESIA

PANDUAN PENGOPERASIAN SITUS SURVEILANS ISPA BERAT INDONESIA PANDUAN PENGOPERASIAN SITUS SURVEILANS ISPA BERAT INDONESIA DAFTAR ISI 1 PENDAHULUAN 1 2 PENGOPERASIAN SITUS SIBI 3 3 PENGOPERASIAN FUNGSI ATAU FEATURE UMUM 6 3.1 Membaca Halaman Beranda 6 3.2 Membaca

Lebih terperinci

KKPI (Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi)

KKPI (Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi) KKPI (Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi) Kelas Jurusan : III : Semua Jurusan Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat! 1. Fungsi dari Microsoft Powerpoint adalah. a. Program pengolah

Lebih terperinci

Mudahnya Menulis Blog dengan Post2Blog

Mudahnya Menulis Blog dengan Post2Blog Mudahnya Menulis Blog dengan Post2Blog Panduan singkat ini ditujukan untuk pengguna awam yang baru mulai nge-blog. Kelebihan dari Post2Blog adalah dapat digunakan secara offline, baru setelah sebuah posting

Lebih terperinci

Melaksanakan rapat yang lebih efektif dengan Skype for Business. Presentasi Pelatihan Microsoft Corporation

Melaksanakan rapat yang lebih efektif dengan Skype for Business. Presentasi Pelatihan Microsoft Corporation Melaksanakan rapat yang lebih efektif dengan Skype for Business Presentasi Pelatihan Microsoft Corporation Menemukan dan menambahkan orang ke daftar kontak Anda Memeriksa status kehadiran dan mengirimkan

Lebih terperinci

Mengelola Bagian. Website Sekolah. Mengelola bagian utama Website Sekolah dibagi menjadi 3

Mengelola Bagian. Website Sekolah. Mengelola bagian utama Website Sekolah dibagi menjadi 3 Bab II: Mengelola Bagian Website Sekolah Utama Mengelola bagian utama Website Sekolah dibagi menjadi 3 kategori pokok, yakni: Mengelola Admin Merubah Disain Banner Atas Melengkapi Profil Sekolah A. Mengelola

Lebih terperinci

LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN E-LEARNING (Untuk Siswa)

LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN E-LEARNING (Untuk Siswa) LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN E-LEARNING (Untuk Siswa) Akses ke dalam Portal e-learning PLN User/Siswa dapat melakukan akses ke dalam Portal e-learning melalui 2 (dua) jaringan komputer: 1. Akses melalui

Lebih terperinci

Menggunakan Office 365 di telepin Android Anda

Menggunakan Office 365 di telepin Android Anda Menggunakan Office 365 di telepin Android Anda Panduan Mulai Cepat Memeriksa email Siapkan telepon Android Anda untuk mengirim dan menerima email dari akun Office 365 Anda. Memeriksa kalender Anda di mana

Lebih terperinci

Aplikasi Komputer. Berisi tentang Microsoft Word 2010 (Bag.1) Dosen : Teguh Budi Santoso, S.Kom, M.Kom. Modul ke: Fakultas Ilmu Komunikasi

Aplikasi Komputer. Berisi tentang Microsoft Word 2010 (Bag.1) Dosen : Teguh Budi Santoso, S.Kom, M.Kom. Modul ke: Fakultas Ilmu Komunikasi Modul ke: Aplikasi Komputer Berisi tentang Microsoft Word 2010 (Bag.1) Fakultas Ilmu Komunikasi Dosen : Teguh Budi Santoso, S.Kom, M.Kom Program Studi Periklanan dan Komunikasi Pemasaran http://www.mercubuana.ac.id

Lebih terperinci

LANGKAH MUDAH MEMBUAT BLOG DOSEN MENGGUNAKAN

LANGKAH MUDAH MEMBUAT BLOG DOSEN MENGGUNAKAN LANGKAH MUDAH MEMBUAT BLOG DOSEN MENGGUNAKAN Sites Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PUSTIPANDA) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta 1 LANGKAH MUDAH MEMBUAT BLOG DOSEN

Lebih terperinci

MENYIMPAN DAN SHARE FILE DI TEMPAT PENYIMPANAN ONLINE GOOGLE DRIVE, DROPBOX, YOUTUBE, & SCRIBD

MENYIMPAN DAN SHARE FILE DI TEMPAT PENYIMPANAN ONLINE GOOGLE DRIVE, DROPBOX, YOUTUBE, & SCRIBD 1 MENYIMPAN DAN SHARE FILE DI TEMPAT PENYIMPANAN ONLINE GOOGLE DRIVE, DROPBOX, YOUTUBE, & SCRIBD Dibuat oleh Pak Sukani Teacher, Trainer, Narasumber, Motivator, Pembicara dalam pelatihan dan seminar di

Lebih terperinci

Menjelajahi perintah pada pita Setiap pita memiliki grup, dan setiap grup memiliki sekumpulan perintah yang berkaitan.

Menjelajahi perintah pada pita Setiap pita memiliki grup, dan setiap grup memiliki sekumpulan perintah yang berkaitan. Panduan Mulai Cepat Microsoft Excel 2013 terlihat berbeda dari versi sebelumnya, jadi kami membuat panduan ini untuk membantu Anda meminimalkan kurva pembelajaran. Menambahkan perintah ke Toolbar Akses

Lebih terperinci

FUNGSI GOOGLE DRIVE. Deni Nur Apriyatna. Abstrak. Pendahuluan.

FUNGSI GOOGLE DRIVE. Deni Nur Apriyatna. Abstrak. Pendahuluan. FUNGSI GOOGLE DRIVE Deni Nur Apriyatna deniasseven@gmail.com Abstrak Google Drive adalah layanan cloud storage dari Google yang diluncurkan pada 24 April 2012, yaitu layanan untuk menyimpan file di internet

Lebih terperinci

Mengenal Google Drive Lebih Dalam

Mengenal Google Drive Lebih Dalam Mengenal Google Drive Lebih Dalam Alif Zulfa Khasanah alief.alfarih@gmail.com http://aliefngeshare.blogspot.com/ Lisensi Dokumen: Copyright 2003-2007 IlmuKomputer.Com Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com

Lebih terperinci

Mengenal & Menggunakan Google Drive

Mengenal & Menggunakan Google Drive Mengenal & Menggunakan Google Drive Reza Pahlava reza.pahlava@raharja.info :: http://blog.rezapahlava.com Abstrak Google Drive adalah layanan cloud storage dari Google yang diluncurkan pada akhir April

Lebih terperinci

Septina Budi Kurniawati

Septina Budi Kurniawati Langkah Mudah Membuat Form di Google Docs Septina Budi Kurniawati septinabeqa@gmail.com http://septinabeqa.blogspot.com Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi

Lebih terperinci

Cara Menggunakan MySQL

Cara Menggunakan MySQL Cara Menggunakan MySQL Sebelum kita melangkah ke poin inti, yaitu mengenai Database Server, ada baiknya kita mengenali struktur dan manipulasi basic pada database MySQL. Seperti bagaimana itu membuat database,

Lebih terperinci

Tutorial Membuat Web Blog Menggunakan Layanan WORDPRESS MUH. TAMIMUDDIN H

Tutorial Membuat Web Blog Menggunakan Layanan WORDPRESS MUH. TAMIMUDDIN H Tutorial Membuat Web Blog Menggunakan Layanan WORDPRESS MUH. TAMIMUDDIN H DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL PPPPTK MATEMATIKA YOGYAKARTA 2008 MENDAFTAR DI WORDPRESS 1. Masuk ke id.wordpress.com Klik tombol

Lebih terperinci

Modul Pelatihan GAFE untuk Mahasiswa PPTI, Agustus 2014. Modul Pelatihan Google Apps for Education bagi Mahasiswa

Modul Pelatihan GAFE untuk Mahasiswa PPTI, Agustus 2014. Modul Pelatihan Google Apps for Education bagi Mahasiswa Modul Pelatihan Google Apps for Education bagi Mahasiswa Bagian Pengembangan dan Penerapan Teknologi Informasi, 2014 1 Daftar Isi DAFTAR ISI...2 DAFTAR GAMBAR...3 1. PENGENALAN GAFE...6 2. AKSES GAFE...8

Lebih terperinci

PANDUAN PESERTA DIKLAT ONLINE E-LEARNING SAGU LPMP PROVINSI PAPUA MENGGUNAKAN SISTEM LMS MOODLE

PANDUAN PESERTA DIKLAT ONLINE E-LEARNING SAGU LPMP PROVINSI PAPUA MENGGUNAKAN SISTEM LMS MOODLE PANDUAN PESERTA DIKLAT ONLINE E-LEARNING SAGU LPMP PROVINSI PAPUA MENGGUNAKAN SISTEM LMS MOODLE DISUSUN OLEH J A R N I, S.PD KAUR SEKSI FASILITASI SUMBER DAYA PENDIDIKAN Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan

Lebih terperinci

PANDUAN PENGELOLAAN SITUS WEB BPKP

PANDUAN PENGELOLAAN SITUS WEB BPKP PANDUAN PENGELOLAAN SITUS WEB BPKP URL (UNIFIED RESOURCES LOCATOR) Untuk dapat melakukan pengelolaan halaman web di situs web BPKP, kita harus mengetikkan URL atau unified resources locator atau alamat

Lebih terperinci

: Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) KELAS/SEMESTER : 12 / 1 STANDAR KOMPETENSI : Mengoperasikan software spreadsheet

: Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) KELAS/SEMESTER : 12 / 1 STANDAR KOMPETENSI : Mengoperasikan software spreadsheet NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 2 BATU MATA PELAJARAN : Keterampilan dan Pengelolaan Informasi (KKPI) KELAS/SEMESTER : 12 / 1 STANDAR KOMPETENSI : Mengoperasikan software KODE KOMPETENSI : KKPI.104.002.01 :

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 3 JAKARTA MATA PELAJARAN : KKPI KELAS/SEMESTER : X / 1 STANDAR KOMPETENSI : Mengoperasikan Sistem Operasi Software KOMPETENSI DASAR : 2.1

Lebih terperinci

PANDUAN INTERNET DASAR. Tittleba r. Menu Internet Explorer. Icon Toolbar

PANDUAN INTERNET DASAR. Tittleba r. Menu Internet Explorer. Icon Toolbar PANDUAN INTERNET DASAR I. BROWSING DENGAN INTERNET EXPLORER 1. 2. 3. 4. MEMBUKA INTERNET EXPLORER Klik Start Klik Programs Klik Internet Explorer Atau 2x klik pada shortcut Internet Explorer di desktop

Lebih terperinci

MAKALAH SISTEM OPERASI

MAKALAH SISTEM OPERASI MAKALAH SISTEM OPERASI E-STORAGE Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas kelompok Mata Kuliah : Sistem Operasi Dosen : Fitra Nugraha, S.Kom Disusun Oleh : Asrina Rizqiana Fitrin (2011081027) Beny Susanto

Lebih terperinci

PERANGKAT LUNAK APLIKASI PERKANTORAN DAN BISNIS

PERANGKAT LUNAK APLIKASI PERKANTORAN DAN BISNIS PERANGKAT LUNAK APLIKASI PERKANTORAN DAN BISNIS Perangkat Lunak Perkantoran Perangkat lunak perkantoran atau kadang disebut sebagai perangkat lunak produksi adalah perangkat lunak yang digunakan secara

Lebih terperinci

Aplikasi Komputer. Microsoft Access 2010 : Teori dan fungsi yang digunakan dalam MS. Access Safitri Juanita, S.Kom, M.T.I.

Aplikasi Komputer. Microsoft Access 2010 : Teori dan fungsi yang digunakan dalam MS. Access Safitri Juanita, S.Kom, M.T.I. Modul ke: Aplikasi Komputer Microsoft Access 2010 : Teori dan fungsi yang digunakan dalam MS. Access 2010 Fakultas Ekonomi Safitri Juanita, S.Kom, M.T.I Program Studi Manajemen www.mercubuana.ac.id Sejarah

Lebih terperinci

Modul 5 Mengoperasikan Perangkat Lunak Lembar Sebar (Open Source) 1 KEGIATAN BELAJAR 2

Modul 5 Mengoperasikan Perangkat Lunak Lembar Sebar (Open Source) 1 KEGIATAN BELAJAR 2 Modul 5 Mengoperasikan Perangkat Lunak Lembar Sebar (Open Source) 1 KEGIATAN BELAJAR 2 3.1. Modul 3.1.1. Mengenali Bagian-Bagian, Menu dan Istilah dalam Open Office Calc. Open Office Calc adalah salah

Lebih terperinci

Di Internet tersimpan berjuta-juta informasi yang dapat. Mencari dan Mengelola Informasi BAB VII. Tujuan Pembelajaran. Kata kunci

Di Internet tersimpan berjuta-juta informasi yang dapat. Mencari dan Mengelola Informasi BAB VII. Tujuan Pembelajaran. Kata kunci BAB VII Mencari dan Mengelola Informasi Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa akan mampu: Mengerti dan memahami bagaimana cara melacak dan menemukan informasi di Internet. Mengerti

Lebih terperinci

Modul 6 Mengoperasikan Perangkat Lunak Lembar Sebar (Open Source) 1 KEGIATAN BELAJAR 2

Modul 6 Mengoperasikan Perangkat Lunak Lembar Sebar (Open Source) 1 KEGIATAN BELAJAR 2 Modul 6 Mengoperasikan Perangkat Lunak Lembar Sebar (Open Source) 1 KEGIATAN BELAJAR 2 3.1. Modul 3.1.1. Mengenali Bagian-Bagian, Menu dan Istilah dalam Open Office Calc. Open Office Calc adalah salah

Lebih terperinci

Strategi Meningkatkan Rangking

Strategi Meningkatkan Rangking Strategi Meningkatkan Rangking Meningkatkan Visibility Untuk meningkatkan jumlah visibility, seluruh warga kampus IPB dapat melakukan beberapa teknik berikut ini: TEKNIK 1 Menyantumkan nama Bogor Agricultural

Lebih terperinci

LAPORAN PRAKTIKUM PENGANTAR TEKHNOLOGI INFORMASI GOOGLE DOCUMENT Dosen Pengampu: Dwiny Meidelfi S.Kom

LAPORAN PRAKTIKUM PENGANTAR TEKHNOLOGI INFORMASI GOOGLE DOCUMENT Dosen Pengampu: Dwiny Meidelfi S.Kom LAPORAN PRAKTIKUM PENGANTAR TEKHNOLOGI INFORMASI GOOGLE DOCUMENT Dosen Pengampu: Dwiny Meidelfi S.Kom Disusun oleh: Vuji Suprihatin 12/336966/SV/01909 KOMPUTER DAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH VOKASI UNIVERSITAS

Lebih terperinci

I. Sekilas Tentang Website SKPD

I. Sekilas Tentang Website SKPD I. Sekilas Tentang Website SKPD Perkembangan teknologi informasi yang sedemikian cepatnya telah membawa dunia memasuki era baru yang lebih cepat dari yang pernah dibayangkan sebelumnya. Perkembangan teknologi

Lebih terperinci

Tutorial Membuat Blog dengan Layanan Wordpress

Tutorial Membuat Blog dengan Layanan Wordpress Tutorial Membuat Blog dengan Layanan Wordpress Agar bisa membuat blog, anda setidaknya memerlukan komputer dengan spesifikasi yang bagus, terhubung dengan jaringan internet, email yang masih aktif dan

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan e-document

Panduan Penggunaan e-document INSPEKTORAT JENDERAL KEMENTERIAN AGAMA RI Panduan Penggunaan e-document Tahun 2016 Kata Pengantar Puji dan Syukur senantiasa panjatkan penyusun kehadirat Allah SWT yang dengan berkat Rahmat dan Hidayah-Nya,

Lebih terperinci

COURSE MANAGEMENT SYSTEM MOODLE. Pengisian Content CMS Moodle

COURSE MANAGEMENT SYSTEM MOODLE. Pengisian Content CMS Moodle COURSE MANAGEMENT SYSTEM MOODLE Pengisian Content CMS Moodle Memasukan materi 1. Isi langsung Dengan cara isi langsung, materi dimasukan dengan mengetikkannya langsung melalui situs. Langkah langkah :

Lebih terperinci

Mengenal Ms.Excel 2010

Mengenal Ms.Excel 2010 Modul ke: 09Fakultas Prionggo FASILKOM Mengenal Ms.Excel 2010 Mata Kuliah APLIKASI KOMPUTER ( 90001 ) / 3 sks ) Hendradi, S.Kom., MMSI. Program Studi Sistem Informasi Microsoft Excel Pendahuluan Microsoft

Lebih terperinci

Microsoft Words. Oleh : ANNISA RATNA SARI

Microsoft Words. Oleh : ANNISA RATNA SARI Microsoft Words Oleh : ANNISA RATNA SARI PENGENALAN MS WORD : 1. Tampilan MS Word 2. Membuka MS Word 3. Membuat Dokumen Baru 4. Membuka File yang Sudah Tersimpan 5. Menyimpan Dokumen 6. Menutup File Dokumen

Lebih terperinci

Mengelola Bagian Utama Website Sekolah

Mengelola Bagian Utama Website Sekolah Mengelola Bagian Utama Website Sekolah Mengelola bagian utama Website Sekolah dibagi menjadi 3 kate gori pokok, yakni: Mengelola Admin Merubah Disain Banner Atas Melengkapi Profil Sekolah A. Mengelola

Lebih terperinci

Mengenal Microsoft Word 2010

Mengenal Microsoft Word 2010 Mengenal Microsoft Word 2010 Kita tentunya sudah tidak asing lagi dengan perangkat lunak (software) pengolah kata yang bernama Microsoft Word (MS Word). Sejak pertama kali dirilis tahun 1983 dengan nama

Lebih terperinci

PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER

PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER PERTEMUAN KE- 3 PERANGKAT LUNAK APLIKASI PERKANTORAN DAN BISNIS Oleh : Chalifa Chazar edu.script.id chalifa.chazar@gmail.com Perangkat Lunak Perkantoran Perangkat lunak perkantoran

Lebih terperinci

Oleh: Herman D. Surjono, Ph.D.

Oleh: Herman D. Surjono, Ph.D. PENGENALAN DAN PEMBUATAN BLOG UNY Oleh: Herman D. Surjono, Ph.D. http://blog.uny.ac.id/hermansurjono PELATIHAN PEMBUATAN BLOG UNY 15 dan 16 Juli 2010 Apa blog itu? Blog adalah kependekan dari Weblog Blog

Lebih terperinci

Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasi ASIA Vol. 1 No. 2 April 2007

Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasi ASIA Vol. 1 No. 2 April 2007 MAKSIMALISASI MICROSOFT OFFICE MELALUI METODE OFFICE INTEGRATION PADA PENGOLAHAN DATA (METODE SAMPLING SISTEM PEMBELAJARAN DI LP3I BUSINESS COLLEGE MALANG) I in Lies Yunaefi, S.Kom Abstraksi Pemikiran

Lebih terperinci

MENGENAL PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA

MENGENAL PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA MENGENAL PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA (WORD PROCESSOR) Perangkat lunak pengolah kata adalah program dalam komputer yang digunakan untuk mengolah (mengetik, mengedit, menghapus

Lebih terperinci

Latihan 1: Mengoperasikan Excel

Latihan 1: Mengoperasikan Excel Student Exercise Series: Microsoft Office Excel 007l Latihan : Mengoperasikan Excel Buatlah sebuah buku kerja baru, kemudian ketikkan teks-teks berikut ini. Simpan hasilnya dengan nama Lat-0 dalam folder

Lebih terperinci

Achyar Munandar PANDUAN SINGKAT E-LEARNING BAGI MAHASISWA

Achyar Munandar PANDUAN SINGKAT E-LEARNING BAGI MAHASISWA Achyar Munandar 0 PANDUAN SINGKAT E-LEARNING BAGI MAHASISWA 1 DAFTAR ISI I MENGAKSES E-LEARNING... 2 1.1 Laman Depan E-Learning... 2 1.2 Pengaturan Profil... 3 II AKTIFITAS KULIAH... 3 2.1 Mengunduh Bahan

Lebih terperinci