Langkah pembuatan efek foto blending dengan Photoshop

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Langkah pembuatan efek foto blending dengan Photoshop"

Transkripsi

1 Langkah pembuatan efek foto blending dengan Photoshop Langkah 1 Buatlah sebuah file baru dengan Photoshop. Caranya ya dengan memilih menu File > New. Saat muncul kotak dialog New, silahkan diisi dengan ukuran yang Anda inginkan. Jika hasil gambar ini hanya akan digunakan sebagai tampilan di layar monitor, isikan saja 72 hingga 96 pixel/inchi. Namun jika akan dicetak maka isikan sekitar 300 pixel/inchi (lebih jelasnya tentang ukuran foto silahkan dibaca di sini). Background content-nya dipilih yang white. Langkah 2 Bukalah sebuah gambar foto yang akan Anda edit dengan Photoshop. Seperti pada postingan sebelumnya, efek ini akan diterapkan pada foto wajah / raut muka orang. Namun tidak menutup kemungkinan untuk diterapkan pada foto / gambar lain. Sebagai contoh pada tutorial ini, saya menggunakan fotonya mbak Dita. Langkah 3 Masukkanlah foto yang akan kita edit ini ke dalam file baru yang background-nya putih tadi. Caranya memasukkan, yaitu dengan menggunakan move tool. Geser gambar foto ke dalam file yang baru.

2 Langkah 4 Karena kita membutuhkan hanya bentuk wajah dan leher, jadi foto ini harus kita seleksi dulu agar kita bisa memisahkan antara foto model dengan background-nya apalagi karena latar belakang foto ini memang agak memprihatinkan tidak rapinya. Seleksi bisa digunakan dengan banyak cara, bisa Anda gunakan cara-cara yang mudah saja untuk membuat seleksinya, seperti yang saya tuliskan diatas tadi, seleksi ini tidak perlu rapi sekali. Pada contoh berikut ini seleksi saya buat dengan menggunakan path pada bagian tangan dan sebelah bawah, sedangkan pada rambut saya seleksi dengan channel. Langkah 5 Setelah seleksinya jadi, kliklah ikon Add layer mask (di sebelah bawah palet layer Photoshop, pada gambar di bawah ini saya tandai dengan lingkaran merah).

3 Langkah 6 Sekarang kita membutuhkan gambar yang akan digunakan sebagai background. Background / latar belakang gambar akan lebih sesuai jika menggunakan gambar yang sifatnya tile (terdiri dari susunan gambar-gambar kecil). Misalnya seperti gambar dibawah ini. Namun jika tidak mempunyai gambar lain, silahkan gunakan gambar-gambar berikut ini, sudah saya buatkan ukuran 1024 x 768 pixel; 72 dpi dalam format jpg. Setelah Anda mendapatkan gambar yang diinginkan, kemudian masukkan gambar tersebut kedalam fle yang sedang kita edit tadi. Cara memasukkan juga menggunakan move tool, seperti langkah ke-3.

4 Atur posisi gambar agar sesuai letaknya. Baik letak layer, maupun posisi gambarnya, sesuaikan dengan selera Anda. Urutan layernya, dari yang bawah adalah: Background yang putih, Background yang baru saja dimasukkan, kemudian paling atas adalah layer Foto. Langkah 7 Pastikan layer yang sedang aktif adalah layer foto. Buatlah agar gambarnya menjadi hitam putih. Caranya yang mudah adalah dengan memilih menu Image > Adjustment > Desaturate.

5 Langkah 8 Pilih menu Image > Adjustment > Level. Dekatkan kedua titik segitiga (highlight dan shadow). Tujuan langkah ini adalah untuk membuat agar gambar menjadi lebih kontras. Langkah 9 Pilih menu Image > Adjustment > Posterize. Isikan nilai sedikit saja, sekitar 7 hingga 15. Tujuan langkah ini adalah untuk membuat agar gambar berkurang jumlah warna-warnanya, karena yang akan dibutuhkan nanti hanya beberapa bagian yang terang dan gelap saja.

6 Langkah 10 Ubahlah blending pada layer ini menjadi soft light. Blending option ini terletak pada palet layer (biasanya tulisannya adalah normal), yang pada gambar dibawah ini saya beri tanda lingkaran merah. Gambarnya sudah jadi, namun jika merasa ingin bereksperimen lagi, Anda bisa membuat duplikat layer foto, kemudian mengulang lagi mulai langkah ke-9 dengan nilai posterize yang berbeda, dan jenis blending yang berbeda pula. Berikut ini adalah gambar yang sudah jadi.

7 Selamat mencoba efek foto ini dengan Photoshop. Membuat efek foto siluet

8 Pada tutorial photoshop kali ini kita akan membuat efek foto siluet dengan Photoshop. Yang dimaksud dengan siluet disini adalah sebuah gambar yang mempunyai latar belakang kontras dengan obyek atau model fotonya. Berikut ini tutorial tentang prinsip pembuatannya dengan Photoshop yang mudah. Kalau sulit, itu adalah cara menyeleksi gambarnya. Langkah 1 Bukalah sebuah foto dengan Photoshop. Langkah 2 Buatlah seleksi pada obyek atau modelnya dengan Photoshop. Cara membuat seleksi ini ada banyak, bisa dibaca pada kategori seleksi.

9 Langkah 3 Pilih menu Edit > Copy kemudian Edit > Paste. Tujuan langkah ini adalah untuk membuat agar gambar foto berada pada layer yang berbeda. Langkah 4 Munculkan seleksi pada layer baru tersebut dengan cara melakukan CTRL + klik pada thumbnail layernya. Langkah 5 Isi seleksi tersebut dengan dengan warna hitam. Caranya dengan memilih menu Edit > Fill. Pada bagian Use, pilih Black kemudian klik OK.

10 Secara alternatif Anda juga bisa menekan D di keyboard, kemudian tekan ALT + Backspace. Selain cara-cara diatas, ada banyak cara lagi yang bisa digunakan untuk membuat layer ini berwarna hitam. Misalnya dengan Anda sapukan Brush tool atau dengan menggunakan Layer style. Langkah 6 Hilangkan seleksi ( Select > Deselect ). Langkah 7 Pilih layer background, kemudian ulangi langkah ke-5. Kita isi dengan warna hitam yang pekat. Langkah 8 Beri efek dengan memilih menu Filter > Render > Lens Flare. Atur seperti gambar dibawah ini.

11 Berikut ini gambar yang sudah diberi filter Lens Flare.

12 Gambar dengan efek foto siluet sudah selesai kita buat dengan Photoshop. Anda bisa mencoba mengkreasikannya lagi, misalnya seperti gambar dibawah ini. Pada gambar ini, foto tersebut tidak sepenuhnya hitam. Ada bagian yang nampak masih berwarna, ada juga yang nampak transparan. Caranya mudah. Asal Anda memahami tujuan dari tiap langkah yang dilakukan pada tutorial photoshop di atas pasti bisa membuatnya. Membuat efek foto glamor

13 Tutorial Photoshop kali ini akan saya gunakan untuk membahas tentang cara pembuatan efek foto glow pada foto. Biasanya ini digunakan untuk membuat kesan glamor pada foto. Misalnya seperti efek pada pada foto-foto pernikahan (kayaknya saya sering dapat kiriman undangan pernikahan dengan model efek seperti itu). Berikut ini adalah caranya: Duplikat layer Background. Aktifkan layer background copy, ubah blending option menjadi screen. Blending option ini terletak di palet layer, sebelah kiri pengaturan Opacity (secara default nilainya adalah Normal). Beri Filter > Blur > Gaussian Blur. Atur sendiri nilainya sambil melihat gambar asli yang Anda edit. Langkah membuat pattern dengan Photoshop Langkah 1 Bukalah sebuah gambar dengan Photoshop. Gambar bisa sesuka kita, namun karena akan dibuat

14 pola, maka usahakan gambar tersebut berfokus di tengah-tengah, atau pinggir yang berlawanan. Sebagai contoh kali ini, saya gunakan sebuah gambar logo windows dalam bentuk lingkaran. Langkah 2 Aturlah ukuran gambar agar sesuai untuk dijadikan pola. Karena saya ingin pola ini banyak dan kecil-kecil, maka ukuran gambar saya perkecil. Untuk mengubah ukuran gambar ini dengan cara memilih menu Image > Image Size. Lebih lanjut tentang pengubahan ukuran gambar bisa dibaca pada tutorial yang ini. Langkah 3 Pilih menu Edit > Define Pattern. Kemudian setelah muncul kotak untuk memberi nama, isikanlah nama pattern yang diinginkan.

15 Kemudian klik OK. Langkah 4 Sekarang kita tes pattern tersebut. Buatlah sebuah file baru, atau buka file gambar yang ingin diisi dengan pattern. Langkah 5 Pilih menu Edit > Fill. Pada bagian Use, pilih Pattern. Kemudian pada sebelah bawahnya (Custom Pattern), pilihlah pattern yang sudah kita buat tadi (biasanya pattern yang baru kita buat muncul di urutan paling bawah sendiri). Setelah itu, klik OK untuk menerapkan pattern.

16 Selamat mencoba dan berkreasi dengan pattern pada Photoshop. Pada tutorial berikutnya kita coba menerapkan pattern untuk membuat sebuah efek pada foto. Langkah pembuatan efek cloud pada background foto dengan Photoshop

17 Langkah 1 Bukalah sebuah foto dengan Photoshop. Pada foto tersebut, buatlah sebuah seleksi pada bagian model fotonya saja. Tentang pembuatan seleksi, jika ingin belajar lebih lanjut bisa dibaca pada kategori seleksi. Langkah 2 Setelah foto diseleksi, kemudian pilih menu Edit > Copy, kemudian Edit > Paste. Bisa juga dengan melakukan Ctrl + J. Langkah 3 Pilih / aktifkan layer background. Kemudian tekan tombol D pada keyboard satu kali, ini untuk mereset warna background dan foreground menjadi hitam putih. Kemudian pilih menu Filter > Render > Clouds. Akan didapati foto menjadi seperti gambar berikut ini.

18 Langkah 4 Pilih menu Filter > Render > Lighting Effects. Lakukan pengaturan seperti gambar ilustrasi tutorial Photoshop dibawah ini. Pada bagian style-nya dipilih Soft Omni. Pengaturan yang lain pada kotak dialog Lighting Effects ini bisa diatur sendiri sesuai selera. Langkah 5 Masih pada layer background yang sudah diberi efek tadi, sekarang kita ubah warnanya dengan Image > Adjustment > Hue/Saturation. Pastikan diberi tanda cek pada Colorize, kemudian ubah nilai Hue sesuai dengan keinginan.

19 Berikut ini gambar yang sudah diberi efek cloud pada background-nya. Efek ini sering saya gunakan untuk membuat latar belakang pada foto, misalnya pada The Shadow Remains. Oh iya, sampai lupa, gambar ini menggunakan fotonya Mbah Dita. Terima kasih ya mbak.

20 Langkah Membuat Efek Foto Robek Langkah 1 Bukalah gambar yang akan Anda olah dengan Photoshop. Langkah 2 Buatlah seleksi pada gambar dengan menggunakan lasso tool. Buatlah agar seleksinya memotong sebagian dari gambar hingga ke salah satu tepinya (piye ki le ngomongke ra jelas), lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar ilustrasi tutorial dibawah ini. Langkah 3 Simpan hasil seleksinya, dengan memilih menu Select > Save Selection.

21 Langkah 4 Pilih channel hasil seleksi pada palet channel. Langkah 5 Pilih menu Filter > Pixelate > Crystalize. Isikan nilai 3 (ukurannya bisa disesuaikan sendiri, namun jika slider digeser minimalnya tetap cuma 3). Klik OK. Tujuan langkah ini untuk membuat tepian seleksi menjadi tidak rata secara otomatis. Langkah 6 Klik icon Load channel as selection. Langkah 7 Klik channel RGB. Langkah 6 dan 7 ini tujuannya agar kita kembali ke channel seperti awal namun sudah mempunyai seleksi yang tidak rata. Langkah 8 Tekan Ctrl + J, tujuannya untuk membuat duplikat hasil potongan seleksi. Langkah 9 Klik layer Background (yang masih merupakan foto asli dan belum dipotong). Tekan Ctrl + J. Ini akan membuat layer Background copy.

22 Langkah 10 Ctrl + klik pada nama layer 1 (yang merupakan layer hasil potongan). Layer yang aktif masih tetap pada layer Background copy. Langkah 11 Sekarang tekan tombol Delete. Ini untuk menghapus area yang berada dalam seleksi. Kemudian hilangkan seleksi, dengan cara memilih menu Select > Deselect. Langkah 12 Klik atau pilih layer Background. Isi layer ini dengan warna putih. Caranya dengan memilih menu Edit > Fill. Pada bagian Use=White, Opacity=100%. Langkah 13 Aktifkan atau pilih layer 1. Atur ukuran dan posisinya dengan cara memilih menu Edit > Free Transform. Begitu juga dengan layer Background copy.

23 Langkah 14 Untuk menambah kesan hasil robekan, bisa ditambahi dengan efek bayangan. Pada tutorial Photoshop ini saya gunakan Layer > Layer style > Drop shadow. Catatan: Jika Anda ingin seluruh gambar bisa ditampilkan sehingga bagian yang terputar pada langkah 13 tadi tidak nampak terpotong, caranya dengan Anda lakukan pilih menu Image > Reveal All. Berikut ini gambar hasil pembuatan efek foto robek.

24 Selamat mencoba dan berkreasi dengan Photoshop.

Retouching & Restore. Selanjutnya anda klik pada bagian noda yang ingin dihilangkan, misalnya pada jerawat dan flek di bagian dahi

Retouching & Restore. Selanjutnya anda klik pada bagian noda yang ingin dihilangkan, misalnya pada jerawat dan flek di bagian dahi Retouching & Restore 1. Bekerja dengan Retouching Tool Spot Healing Brush Tool, Healing Brush Tool, dan Patch Tool merupakan tool yang paling banyak dipakai untuk melakukan Retouching tahap awal. a. Spot

Lebih terperinci

Membuat Teks Berkesan 3D dengan Photoshop

Membuat Teks Berkesan 3D dengan Photoshop Membuat Teks Berkesan 3D dengan Photoshop Pada kesempatan kali ini, kita akan bahas bagaimana caranya untuk membuat efek berkesan 3 Dimensi dengan memanfaatkan pencahayaan, shadow, dan Layer Styles di

Lebih terperinci

Gambar,Text, dan Sound di Director

Gambar,Text, dan Sound di Director Gambar,Text, dan Sound di Director 1. PENDAHULUAN Kali ini anda akan membuat halaman informasi galery poster Pemandangan Alam yang kaya unsur visual agar memukau audience anda.terdapat animasi looping

Lebih terperinci

Tips dan Trik GIMP (GNU Image Manipulation Program)

Tips dan Trik GIMP (GNU Image Manipulation Program) Tips dan Trik GIMP (GNU Image Manipulation Program) Oleh Tim Airputih (info@airputih.or.id) Hak Cipta Hak Cipta (c) 2014 dipegang oleh tim penulis, dan di publikasikan berdasarkan lisensi Creative Commons

Lebih terperinci

4 Jam. Photoshop Ah Mudah! Deddy Wijaya. Belajar

4 Jam. Photoshop Ah Mudah! Deddy Wijaya. Belajar 4 Jam Belajar Photoshop Ah Mudah! Deddy Wijaya 4 Jam Belajar Photoshop Ah Mudah! Penulis : Deddy Wijaya Editor : Hendra Gunawan Desain Kover : Deddy Wijaya Diterbitkan pertama kali oleh : PalComTech Publisher

Lebih terperinci

Tutorial photoshop cara membuat efek pada teks Jilid II

Tutorial photoshop cara membuat efek pada teks Jilid II Tutorial photoshop cara membuat efek pada teks Jilid II tutorial kali ini kita akan memberikan efek pada text, yang mana kita akan membuat text terlihat seperti terbakar dan membuat kobaran api di atasnya,

Lebih terperinci

BAB III EFEK GAMBAR PADA GIIMP

BAB III EFEK GAMBAR PADA GIIMP BAB III EFEK GAMBAR PADA GIIMP STANDARD KOMPETENSI Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis bitmap dan vektor. KOMPETENSI DASAR Membuat dan mengedit gambar bitmap. Filters 1. Blur 2. Color 3. Noise 4.

Lebih terperinci

Mengatur Tampilan AutoCAD

Mengatur Tampilan AutoCAD Mengatur Tampilan AutoCAD Untuk berinteraksi dengan sebuah program, Anda pasti akan disuguhkan dengan sebuah tampilan (interface) program tersebut. Ini tentunya untuk memudahkan Anda sebagai user dalam

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang

BAB I PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang 1.1 Latar Belakang BAB I PENDAHULUAN Adobe Photoshop adalah sebuah aplikasi yang dapat meng animasikan gambar dengan bagus. Adobe Photoshop yaitu perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang

Lebih terperinci

: PEMBUATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DENGAN POWERPOINT. I. Tujuan Pembelajaran A. Peserta dapat membuat bahan ajar dengan menggunakan powerpoint.

: PEMBUATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DENGAN POWERPOINT. I. Tujuan Pembelajaran A. Peserta dapat membuat bahan ajar dengan menggunakan powerpoint. MATA TATARAN : PEMBUATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DENGAN POWERPOINT I. Tujuan Pembelajaran A. Peserta dapat membuat bahan ajar dengan menggunakan powerpoint. B. Peserta dapat mengaplikasikan bahan ajar dalam

Lebih terperinci

Gambar 1 - Graphical User Interface (GUI) dbookpro

Gambar 1 - Graphical User Interface (GUI) dbookpro PENGANTAR DBOOK PRO UNTUK PENGGUNA TINGKAT LANJUT dbookpro adalah perangkat lunak yang bisa digunakan untuk membuat buku teks elektronik interaktif atau e-textbook. E-textbook bisa dibuat dengan memasukkan

Lebih terperinci

MICROSOFT OFFICE POWERPOINT 2007

MICROSOFT OFFICE POWERPOINT 2007 MICROSOFT OFFICE POWERPOINT 2007 Cakupan Panduan : Menjalankan software presentasi Menggunakan menu-menu serta shortcut Menyimpan, memanggil, insert, edit Menggunakan Header, footer, page numbering Pencetakan

Lebih terperinci

Tutorial Spektra Accounting System

Tutorial Spektra Accounting System Tutorial Spektra Accounting System Requirements Aplikasi 1. Windows XP Service Pack 2. Jika tidak Windows XP Service Pack 2, maka jalankan file "install\windowsinstaller-kb893803-v2-x86.exe" dan "install\dotnetfx.exe".

Lebih terperinci

PANDUAN/TATA CARA PENGGUNAAN APLIKASI KEANGGOTAAN HPJI

PANDUAN/TATA CARA PENGGUNAAN APLIKASI KEANGGOTAAN HPJI PANDUAN/TATA CARA PENGGUNAAN APLIKASI KEANGGOTAAN HPJI Halaman Login Website keanggotaan HPJI (http://www.hpji.or.id/keanggotaan) dapat diakses dengan terlebih dahulu melakukan login dengan akun yang telah

Lebih terperinci

Panduan Memasukkan Gambar, Suara, Video ke dalam PowerPoint

Panduan Memasukkan Gambar, Suara, Video ke dalam PowerPoint Panduan Memasukkan Gambar, Suara, Video ke dalam PowerPoint Prasyarat: - Terinstall PowerPoint 2007 - Memiliki pengetahuan dasar PowerPoint - Terinstall Aura Video Converter Materi: 1. Gambar o Size, Rotate,

Lebih terperinci

Modul Pelatihan Penggunaan Inkscape untuk Membuat Logo SME Service Center

Modul Pelatihan Penggunaan Inkscape untuk Membuat Logo SME Service Center Modul Pelatihan Penggunaan Inkscape untuk Membuat Logo SME Service Center DAFTAR ISI 1. Membuat Dokumen Baru... 2 2. Import File... 2 3. Membuat Teks "SME" dan Propertinya... 3 4. Membuat Teks "Indonesian"

Lebih terperinci

MEMBUAT MEDIA PRESENTASI BAHAN AJAR MENGGUNAKAN POWERPOINT 2007

MEMBUAT MEDIA PRESENTASI BAHAN AJAR MENGGUNAKAN POWERPOINT 2007 MEMBUAT MEDIA PRESENTASI BAHAN AJAR MENGGUNAKAN POWERPOINT 2007 Oleh: I WAYAN MULIANA, S.Pd. why.mulia@gmail.com PALANGKA RAYA TAHUN 2010 halaman 1 1. Klik Star All Programs Microsoft Office Power Point

Lebih terperinci

Aspro Photo Designer v3.3.0

Aspro Photo Designer v3.3.0 the MOMENTS / the STORY / the GIFT Panduan Penggunaan Aspro Photo Designer v3.3.0 w w w. a s p r o p h o t o. c o m Aspro Photo Designer 1 Panduan Aspro Photo Designer 1. Membuat Proyek Baru Double click

Lebih terperinci

SISTEM AKADEMIK YARSI. Modul Pelatihan Dosen. Syarifu Adam syarifu.adam@optimaconsultant.com Ext. 1504

SISTEM AKADEMIK YARSI. Modul Pelatihan Dosen. Syarifu Adam syarifu.adam@optimaconsultant.com Ext. 1504 SISTEM AKADEMIK YARSI Modul Pelatihan Dosen Syarifu Adam syarifu.adam@optimaconsultant.com Ext. 1504 Daftar Isi Contents I. Login... 2 II. Kalender Akademik... 3 III. Menu Penilaian... 4 III.1 Input Nilai...

Lebih terperinci

3.1 Pelajaran: Bekerja dengan Data Vektor

3.1 Pelajaran: Bekerja dengan Data Vektor BAB 3 Modul : Membuat Peta Sederhana In this module, you will create a basic map which will be used later as a basis for further demonstrations of QGIS functionality. 3.1 Pelajaran: Bekerja dengan Data

Lebih terperinci

PANDUAN PRAKTIS MICROSOFT WORD 2007

PANDUAN PRAKTIS MICROSOFT WORD 2007 Bagian 1: Mengenal Microsoft Office Word 2007 1.1. Memulai Aplikasi Microsoft Office Word 2007 Untuk membuka Microsoft Word caranya adalah: Klik Tombol Start yang ada di taskbar. Pilih menu All Program

Lebih terperinci

Produksi CD Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Captivate

Produksi CD Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Captivate Produksi CD Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Captivate Winastwan Gora S. redaksi@belajarsendiri.com Lisensi Dokumen : Hak Cipta 2006 BelajarSendiri.Com Seluruh dokumen ini dapat digunakan,

Lebih terperinci

Materi : 1. Bing 2. Windows Live Movie Maker 3. Skydrive

Materi : 1. Bing 2. Windows Live Movie Maker 3. Skydrive Materi : 1. Bing 2. Windows Live Movie Maker 3. Skydrive S eringkali kita membutuhkan sebuah sarana untuk membuat sebuah pembelajaran yang menarik bagi siswa. Salah satunya dengan menyuguhkan sebuah video

Lebih terperinci

Membuat Desain Kartu Nama Dengan menggunakan Aplikasi Desain Photoshop

Membuat Desain Kartu Nama Dengan menggunakan Aplikasi Desain Photoshop Membuat Desain Kartu Nama Dengan menggunakan Aplikasi Desain Photoshop Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi Catatan ; Ukuran standar Kartu Nama datar tinggi 6 cm x lebar 9 cm, berdiri tinggi

Lebih terperinci

MEMBUAT BOLA BILLYARD DENGAN CORELDRAW

MEMBUAT BOLA BILLYARD DENGAN CORELDRAW MEMBUAT BOLA BILLYARD DENGAN CORELDRAW Miftahul Amim Mift_inspire@yahoo.com http://lorongdesign.blogspot.com Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan

Lebih terperinci

MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK LEMBAR SEBAR 05 EDISI III - 2005 MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK LEMBAR

MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK LEMBAR SEBAR 05 EDISI III - 2005 MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK LEMBAR MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK LEMBAR SEBAR 05 MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK LEMBAR Edisi III - 2005 EDISI III - 2005 MATA MATA DIKLAT: KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) PROGRAM KEAHLIAN:

Lebih terperinci

PROGRAM KOPERASI SIMPAN PINJAM

PROGRAM KOPERASI SIMPAN PINJAM PROGRAM KOPERASI SIMPAN PINJAM Merupakan program untuk mencatat transaksi pinjaman, angsuran, simpanan, dan accounting pada koperasi simpan pinjam. Feature yang terdapat pada program Sistem Informasi Koperasi

Lebih terperinci

PELATIHAN PENGELOLAAN WEBSITE

PELATIHAN PENGELOLAAN WEBSITE PELATIHAN PENGELOLAAN WEBSITE LEMBAGA INFORMASI DAN PUBLIKASI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UMM 2 MEI 2015 PANDUAN PENGELOLAAN WEBSITE UNIT-UNIT DI LINGKUNGAN FEB UMM A. PENDAHULUAN Website di lingkungan

Lebih terperinci

MODUL PRAKTIKUM Perangkat Lunak Aplikasi [Dia]

MODUL PRAKTIKUM Perangkat Lunak Aplikasi [Dia] MODUL PRAKTIKUM Perangkat Lunak Aplikasi [Dia] Versi 3.0 Tahun Penyusunan 2011 Tim Penyusun 1.Dina Anggraini 2. Kemal Ade S 3. Hela Yuda 4. Sri Mulia Laboratorium Sistem Informasi Dasar Jurusan Teknik

Lebih terperinci

BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN 31 BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN 4.1 Desain Website (Perancangan Website) Desain ini berupa struktur yang harus dibuat untuk memudahkan pembuatan website yang dimaksudkan agar web ini terlihat sederhana

Lebih terperinci

MODUL PELATIHAN PROGRAM MS. OFFICE EXCEL 2007 DISUSUN OLEH YAYASAN KURNIA

MODUL PELATIHAN PROGRAM MS. OFFICE EXCEL 2007 DISUSUN OLEH YAYASAN KURNIA MODUL PELATIHAN PROGRAM MS. OFFICE EXCEL 2007 DISUSUN OLEH YAYASAN KURNIA A. MENYALAKAN KOMPUTER Pastikan Kabel Supply terhubung ke PLN, kemudian lakukan langkah sbb: 1. Nyalakan Stabilizer 2. Nyalakan

Lebih terperinci

BASIC MATERIALS 1. PENDAHULUAN 2. MATERIAL & TEKSTUR BAB B - 02 MATERIAL KAYU

BASIC MATERIALS 1. PENDAHULUAN 2. MATERIAL & TEKSTUR BAB B - 02 MATERIAL KAYU BAB B - 02 BASIC MATERIALS 1. PENDAHULUAN Bab ini adalah kelanjutan dari bab sebelumnya. Setelah beres membuat objek (modelling) kini kita akan memberi tekstur / material pada objek yang telah kita buat.

Lebih terperinci

Pindahkan slide 2 ke slide 5 dengan cara klik slide 2, lalu tekan Ctrl + X (atau pada

Pindahkan slide 2 ke slide 5 dengan cara klik slide 2, lalu tekan Ctrl + X (atau pada 2.9 Bekerja dengan Tampilan Slide Sorter Klik View Pilih Slide Sorter Pindahkan slide 2 ke slide 5 dengan cara klik slide 2, lalu tekan Ctrl + X (atau pada ribbon Home dalam group Clipboard, klik cut)

Lebih terperinci

Langkah 19: Seleksi Kedua obyek (sphere dan silinder) lalu lakukan operasi combine.

Langkah 19: Seleksi Kedua obyek (sphere dan silinder) lalu lakukan operasi combine. Langkah 19: Seleksi Kedua obyek (sphere dan silinder) lalu lakukan operasi combine. Langkah 20: Go to top view port dan kemudian tempatkan baut di satu tempat yang Anda inginkan. Tekan tombol Insert di

Lebih terperinci

WORKSHOP IN HOUSE (IHT) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS TIK DI SMA NEGERI 2 BENGKALIS

WORKSHOP IN HOUSE (IHT) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS TIK DI SMA NEGERI 2 BENGKALIS WORKSHOP IN HOUSE (IHT) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS TIK DI SMA NEGERI 2 BENGKALIS MODUL MICROSOFT POWERPOINT INSTRUKTUR : NOVRIYANTO, ST., M.Sc SYUKRAN SETIAWAN, ST PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BENGKALIS

Lebih terperinci

Kata Pengantar. Handout ini adalah panduan praktis yang mudah dipelajari cocok bagi pemula yang ingin menggambar secara cepat, mudah dan menyenangkan

Kata Pengantar. Handout ini adalah panduan praktis yang mudah dipelajari cocok bagi pemula yang ingin menggambar secara cepat, mudah dan menyenangkan Kata Pengantar Macromedia Freehand adalah suatu aplikasi pengolah gambar yang digunakan untuk menggambar vektor. Kita juga dapat menggambar dengan menskalakan dan mencetak dengan resolusi berapapun nilainya

Lebih terperinci

Panduan sederhana mengoperasikan dokumen Microsoft word kedalam adobe acrobat professional

Panduan sederhana mengoperasikan dokumen Microsoft word kedalam adobe acrobat professional Pendahuluan Panduan sederhana mengoperasikan dokumen Microsoft word kedalam adobe acrobat professional Bismillahi Rahman Nirrahim Oleh Sri Rahayu Perpustakaan Institut Pertanian Bogor yayu.ikhwan@gmail.com

Lebih terperinci

Petunjuk Pemakaian Kontes Online KOI s

Petunjuk Pemakaian Kontes Online KOI s Petunjuk Pemakaian Kontes Online KOI s Cara akses Untuk akses ke sistem ini silahkan buka browser anda bisa menggunakan Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera dll ketikkan pada address bar : koishow.koi-s.org

Lebih terperinci

3D Graphic Architecture - 1 POKOK BAHASAN

3D Graphic Architecture - 1 POKOK BAHASAN 3D Graphic Architecture - 1 10 POKOK BAHASAN Materi Lanjutan 2 Material/Texture : Membuat Material/Texture, Mengaplikasikan Material/Texture, Mengaktifkan Texture, Men-Skala-Kan Material/Texture Lighting/Pencahayaan

Lebih terperinci

SMK NU 03 KALIWUNGU MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH ANGKA. Nama Kelas No Absen MATA DIKLAT: KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI

SMK NU 03 KALIWUNGU MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH ANGKA. Nama Kelas No Absen MATA DIKLAT: KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH ANGKA MATA DIKLAT: KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI PROGRAM KEAHLIAN: SEMUA PROGRAM KEAHLIAN Nama Kelas No Absen Modul ini milik : SMK NU 03 KALIWUNGU

Lebih terperinci

Tutorial Pembuatan Daftar Isi Otomatis

Tutorial Pembuatan Daftar Isi Otomatis Tutorial Pembuatan Daftar Isi Otomatis Oleh : Umi Laili Yuhana http://yuhana.if.its.ac.id Pembuatan laporan ilmiah maupun laporan kegiatan merupakan hal yang biasa bagi mahasiswa ataupun para professional

Lebih terperinci

1. Penerapan sebuah bentuk pemformatan

1. Penerapan sebuah bentuk pemformatan 1. Penerapan sebuah bentuk pemformatan A. terhadap sel. Buka menu STYLIST: Pilih menu bar FORMAT STYLIST, Atau tekan tombol keyboard F11, Atau klik ikon di FUNCTION BAR. Didalam jendela STYLIST, ada beberapa

Lebih terperinci

PRAKTIKUM MULTIMEDIA MODUL VI CREATING A SIMPLE COMPANY PROFILE AND QUIZ IN FLASH WITH ACTIONSCRIPT. Disusun Oleh : Munengsih Sari Bunga

PRAKTIKUM MULTIMEDIA MODUL VI CREATING A SIMPLE COMPANY PROFILE AND QUIZ IN FLASH WITH ACTIONSCRIPT. Disusun Oleh : Munengsih Sari Bunga PRAKTIKUM MULTIMEDIA MODUL VI CREATING A SIMPLE COMPANY PROFILE AND QUIZ IN FLASH WITH ACTIONSCRIPT Disusun Oleh : POLITEKNIK INDRAMAYU 2012 2 MODUL VI CREATING A SIMPLE COMPANY PROFILE AND QUIZ IN FLASH

Lebih terperinci

Mengatur vertex weight di Blender Oleh: Dody Priyatmono (www.dodyanimation.com)

Mengatur vertex weight di Blender Oleh: Dody Priyatmono (www.dodyanimation.com) Mengatur vertex weight di Blender Oleh: Dody Priyatmono (www.dodyanimation.com) Masalah vertex weight adalah masalah yang sangat menjengkelkan bagi pengguna software 3D, khususnya saat kita sedang melakuakan

Lebih terperinci

PANDUAN PENDAFTARAN SPAN-PTKIN 2015

PANDUAN PENDAFTARAN SPAN-PTKIN 2015 PANDUAN PENDAFTARAN SPAN-PTKIN 2015 PANITIA PELAKSANA SPAN-PTKIN 2015 DAFTAR ISI 1. Panduan Untuk Sekolah... 1 1.1. Pendaftaran Sekolah... 1 1.2. Login Sekolah... 5 1.3. Mengisi Jurusan dan Jumlah Siswa

Lebih terperinci

FOODHALL.CO.ID CONTENT MANAGEMENT SYSTEM

FOODHALL.CO.ID CONTENT MANAGEMENT SYSTEM FOODHALL.CO.ID CONTENT MANAGEMENT SYSTEM LOGIN http://www.foodhall.co.id/cms DASHBOARD Saat pertama kali melakukan LOGIN, anda akan dibawa ke halaman DASHBOARD dengan WINDOW ARTICLE MANAGEMENT langsung

Lebih terperinci

MEBUAT POSTER ILMIAH DENGAN MICROSOFT OFFICE DALAM WAKTU 15 MENIT.!!!!

MEBUAT POSTER ILMIAH DENGAN MICROSOFT OFFICE DALAM WAKTU 15 MENIT.!!!! MEBUAT POSTER ILMIAH DENGAN MICROSOFT OFFICE DALAM WAKTU 15 MENIT.!!!! Publikasi ilmiah merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh seorang peneliti. Banyak sekali jenis jenis publikasi yang dapat dilakukan

Lebih terperinci

Tutorial Google Classroom Mahasiswa

Tutorial Google Classroom Mahasiswa Tutorial Google Classroom Mahasiswa Pendahuluan dan cara forwarding email mahasiswa Pertama-tama aktifkan email mahasiswa Universitas AKI, tata cara mengaktifkan email dapat di lihat di http://www.unaki.ac.id/layanan/email-unaki

Lebih terperinci

1. Format file gambar yang dikhususkan untuk aplikasi Corel Draw untuk mempermudah proses editing gambar yaitu?

1. Format file gambar yang dikhususkan untuk aplikasi Corel Draw untuk mempermudah proses editing gambar yaitu? 1. Format file gambar yang dikhususkan untuk aplikasi Corel Draw untuk mempermudah proses editing gambar yaitu? a. JPEG b. GIF c. PSD d. CDR e. BMP 2. Sebutkan bagian-bagian dari perangkat scanner! a.

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PPK

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PPK PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PPK Update 12 Februari 2015 Daftar Isi 1 Pendahuluan... 2 1.1 Alur Proses e- Purchasing Produk Barang/Jasa Pemerintah Dalam Aplikasi

Lebih terperinci

Eksplorasi Gradien Menggunakan Geogebra. Muh. Tamimuddin H

Eksplorasi Gradien Menggunakan Geogebra. Muh. Tamimuddin H Eksplorasi Gradien Menggunakan Geogebra Muh. Tamimuddin H Geogebra dapat digunakan untuk membuat sebuah lembar kerja dinamis. Pada tulisan ini, GeoGebra akan kita gunakan untuk menggambarkan sebuah garis

Lebih terperinci

Kuis Benar Salah. sudah tekan Ctrl+E. Bahan UKK Multimedia oleh Akhsan Nurdin

Kuis Benar Salah. sudah tekan Ctrl+E. Bahan UKK Multimedia oleh Akhsan Nurdin Kuis Benar Salah Tentunya anda sudah pernah mengerjakan suatu soal yang di dalamnya hanya disuruh untuk memilih benar atau salah. Soal semacam ini sangat menyenangkan untuk dikerjakan. Perbandingan jawaban

Lebih terperinci

Tutorial Singkat Menggunakan Altium Design Winter/ Protel Dxp. Oleh : Ardya Dipta N 13206180 ardviri2002@yahoo.com / ardyadipta@gmail.

Tutorial Singkat Menggunakan Altium Design Winter/ Protel Dxp. Oleh : Ardya Dipta N 13206180 ardviri2002@yahoo.com / ardyadipta@gmail. Oleh : Ardya Dipta N 13206180 ardviri2002@yahoo.com / ardyadipta@gmail.com Altium Design Winter adalah program yang digunakan untuk mendesain PCB. Pada altium 2009 ini, fitur yang diberikan Altium sudah

Lebih terperinci

MANUAL APLIKASI KARTU TANDA ANGGOTA ONLINE ASOSIASI GAPENSI TAHUN 2011

MANUAL APLIKASI KARTU TANDA ANGGOTA ONLINE ASOSIASI GAPENSI TAHUN 2011 MANUAL APLIKASI KARTU TANDA ANGGOTA ONLINE ASOSIASI GAPENSI TAHUN 2011 1. Tujuan dan Sasaran Manual ini dibuat sebagai padoman bagi para petugas operator / database KTA GAPENSI didalam menggunakan aplikasi

Lebih terperinci

PANDUAN PRAKTIS MENGOLAH VIDEO MENGGUNAKAN PINACLE STUDIO 12 * Oleh: Khusnul Aflah SEPINTAS TENTANG PINACLE STUDIO 12

PANDUAN PRAKTIS MENGOLAH VIDEO MENGGUNAKAN PINACLE STUDIO 12 * Oleh: Khusnul Aflah SEPINTAS TENTANG PINACLE STUDIO 12 PANDUAN PRAKTIS MENGOLAH VIDEO MENGGUNAKAN PINACLE STUDIO 12 * Oleh: Khusnul Aflah SEPINTAS TENTANG PINACLE STUDIO 12 Pinacle Studi 12 adalah program video editing yang banyak digunakan untuk mengolah

Lebih terperinci

SIMPLE TUTORIAL - ADOBE DREAMWEAVER CS 5 Oleh: H. Heri Istiyanto, S.Si., M.Kom.

SIMPLE TUTORIAL - ADOBE DREAMWEAVER CS 5 Oleh: H. Heri Istiyanto, S.Si., M.Kom. SIMPLE TUTORIAL - ADOBE DREAMWEAVER CS 5 Oleh: H. Heri Istiyanto, S.Si., M.Kom. Dreamweaver merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat website secara profesional. Pada tutorial ini akan dijelaskan

Lebih terperinci

Microsoft Internet Explorer 7 atau versi diatas (direkomendasikan) Mozilla FireFox 3.6 atau versi diatas (direkomendasikan)

Microsoft Internet Explorer 7 atau versi diatas (direkomendasikan) Mozilla FireFox 3.6 atau versi diatas (direkomendasikan) Cara Input Kasus Pada etb Manager e-tb Manager merupakan sistem berbasis web, oleh karena itu memerlukan penjelajah jaringan (web browser) untuk dapat menggunakan. Banyak terdapat program penjelajah jaringan

Lebih terperinci

PETUNJUK PEMAKAIAN SHARP XE-A217. Cara pasang kertas Buka penutup cover (sama dengan tipe XE-A207)

PETUNJUK PEMAKAIAN SHARP XE-A217. Cara pasang kertas Buka penutup cover (sama dengan tipe XE-A207) PETUNJUK PEMAKAIAN SHARP XE-A217 Cara pasang kertas Buka penutup cover (sama dengan tipe XE-A207) 1 Keyboard Ada 2 mode keyboard : 1. Layout Keyboard digunakan saat transaksi 2. Layout Programming digunakan

Lebih terperinci

Piotun Y Simanjuntak 1. PENGENALAN OUTLOOK. piotun@depkeu.go.id. Lisensi Dokumen:

Piotun Y Simanjuntak 1. PENGENALAN OUTLOOK. piotun@depkeu.go.id. Lisensi Dokumen: Tutorial Microsoft Outlook Piotun Y Simanjuntak piotun@depkeu.go.id Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI DECISION SUPPORT SYSTEM (DSS) STUDI KELAYAKAN USAHA UMKM - KOPERASI

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI DECISION SUPPORT SYSTEM (DSS) STUDI KELAYAKAN USAHA UMKM - KOPERASI PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI DECISION SUPPORT SYSTEM (DSS) STUDI KELAYAKAN USAHA UMKM - KOPERASI Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UKMK Kementerian Negara Koperasi dan UKM RI 2010 Hak cipta dilindungi

Lebih terperinci

SIAP Mencoba Yammer? MENGAPA YAMMER? ANDA DAPAT MENGGUNAKAN YAMMER UNTUK BERGABUNG DENGAN JARINGAN SEKARANG JUGA!

SIAP Mencoba Yammer? MENGAPA YAMMER? ANDA DAPAT MENGGUNAKAN YAMMER UNTUK BERGABUNG DENGAN JARINGAN SEKARANG JUGA! SIAP Mencoba Yammer? Yammer adalah jejaring sosial pribadi perusahaan kita, yaitu alat online untuk berkomunikasi dan berkolaborasi. Yammer tersedia untuk membantu menyelesaikan pekerjaan Anda serta mendukung

Lebih terperinci

DESKTOP ICON DAN KOSTUMISASI

DESKTOP ICON DAN KOSTUMISASI DESKTOP ICON DAN KOSTUMISASI Bagian pertama dari proyek untuk mempercantik dan menambah fungsional desktop adalah dengan melakukan kostumisasi desktop dan ikon. Dengan menggunakan software-software free

Lebih terperinci

Cara penggunaaan Admin Catalog Database :

Cara penggunaaan Admin Catalog Database : Cara penggunaaan Admin Catalog Database : Masukan username dan password account anda pada tampilan seperti terlihat pada contoh gambar diatas Tampilan awal dari administrator menu berikut dengan menu2x

Lebih terperinci

Modul Pelatihan Membuat Peta Potensi Longsor dan Rawan Banjir Bandang

Modul Pelatihan Membuat Peta Potensi Longsor dan Rawan Banjir Bandang 15) Klik tombol pada toolbar Editor, dan seleksi semua objek pada layer sungai utama 01 dissolve edit yang berada di luar jangkauan antara tanda panah atas dan tanda panah bawah, seperti yang diperlihatkan

Lebih terperinci

JURNAL PRAKTIKUM SISTEM OPERASI 2012/2013. NAMA : Thito Chandra Kelana NIM : 12523126 ASISTEN :Aulianita Rizka fitri KELAS : F2 BAB Ke- : IV

JURNAL PRAKTIKUM SISTEM OPERASI 2012/2013. NAMA : Thito Chandra Kelana NIM : 12523126 ASISTEN :Aulianita Rizka fitri KELAS : F2 BAB Ke- : IV JURNAL PRAKTIKUM SISTEM OPERASI 2012/2013 NAMA : Thito Chandra Kelana NIM : 12523126 ASISTEN :Aulianita Rizka fitri KELAS : F2 BAB Ke- : IV BAB IV KONFIGURASI LINUX Untuk Worksheet kali ini kita akan focus

Lebih terperinci

Suara 3 Spektrum Suara/1

Suara 3 Spektrum Suara/1 Suara 3 Spektrum Suara Jika suara sudah tercampur, mungkinkah kita memisahkannya lagi menjadi gelombang-gelombang penyusunnya. Hmmm... ini ibarat jika sudah jadi bubur bisakah dikembalikan jadi air dan

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGOPERASIAN APLIKASI MPO MODUL UPLOAD DATA DUKUNG

PETUNJUK PENGOPERASIAN APLIKASI MPO MODUL UPLOAD DATA DUKUNG PETUNJUK PENGOPERASIAN APLIKASI MPO MODUL UPLOAD DATA DUKUNG Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian A MODUL UPLOAD DATA DUKUNG REALISASI KEUANGAN (SCAN SP2D) Untuk upload data dukung realisasi

Lebih terperinci

PANDUAN PENGISIAN PROPOSAL LOMBA TEKNOLOGI TEPAT GUNA UNTUK SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT (STBM) DI PERKOTAAN

PANDUAN PENGISIAN PROPOSAL LOMBA TEKNOLOGI TEPAT GUNA UNTUK SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT (STBM) DI PERKOTAAN PANDUAN PENGISIAN PROPOSAL LOMBA TEKNOLOGI TEPAT GUNA UNTUK SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT (STBM) DI PERKOTAAN Daftar Layar Login Registrasi Lupa Username dan Password Masukkan Data Profil Informasi

Lebih terperinci

PETUNJUK OPERASIONAL SMART DISPLAY MODE NETWORK

PETUNJUK OPERASIONAL SMART DISPLAY MODE NETWORK PETUNJUK OPERASIONAL SMART DISPLAY MODE NETWORK A. INSTALASI Sistem Server Smart Display terdiri dari 1 Perangkat PC Server dan Dua atau lebih Perangkat Smart Display Android Sebagai Client. Prosedur Konfigurasi

Lebih terperinci

Tutorial Penggunaan. Bagian I. www.indonesiawebdesign.com

Tutorial Penggunaan. Bagian I. www.indonesiawebdesign.com Daftar Isi 1. Tutorial Penggunaan Bagian I 1.1 Pengantar... 1.2 Persiapan... 1.3 Pengenalan Medan... 1.4 Navigasi... 1.5 Widget... 1.6 Statistik... 1.7 Setting Website... 2. Tutorial Penggunaan Bagian

Lebih terperinci

Petunjuk Praktis Penggunaan Microsoft Excel 2003

Petunjuk Praktis Penggunaan Microsoft Excel 2003 Petunjuk Praktis Penggunaan Microsoft Excel 2003 Oleh : Rino A Nugroho, S.Sos,M.T.I Ada beberapa aplikasi perkantoran yang diciptakan oleh Microsoft. Aplikasi ini di jadikan dalam satu program yang bernama

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. I.1. Latar Belakang

BAB I PENDAHULUAN. I.1. Latar Belakang BAB I PENDAHULUAN I.1. Latar Belakang Manajemen pelayanan publik di era otonomi daerah semakin mempermudah ruang gerak masing-masing daerah untuk melakukan upaya perbaikan layanan. Pengalaman beberapa

Lebih terperinci

MANUAL PENGGUNAAN APLIKASI Penilaian. Mandiri Kualitas Data Rutin (PMKDR)

MANUAL PENGGUNAAN APLIKASI Penilaian. Mandiri Kualitas Data Rutin (PMKDR) MANUAL PENGGUNAAN APLIKASI Penilaian Mandiri Kualitas Data Rutin (PMKDR) KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2012 Manual Penggunaan Aplikasi PMKDR Page 1 A. Tahap Persiapan Manual Penggunaan

Lebih terperinci

1.1 Memulai Access 2007

1.1 Memulai Access 2007 Microsoft Access 2007 1.1 Memulai Access 2007 Microsoft Access 2007 yang untuk selanjutnya disingkat Access 2007 adalah program aplikasi database yang populer dan banyak digunakan saat ini. Dengan Access

Lebih terperinci

Menggunakan CodeBlock Dengan Cepat (platform non linux) Oleh:wijanarto

Menggunakan CodeBlock Dengan Cepat (platform non linux) Oleh:wijanarto Menggunakan CodeBlock Dengan Cepat (platform non linux) Oleh:wijanarto Tutorial ini di tujukan untuk mahasiswa yang baru mengenal bahasa c dengan compiler GCC yang berjalan di platform bukan Linux. IDE

Lebih terperinci

TUTORIAL DESAIN MULTIMEDIA

TUTORIAL DESAIN MULTIMEDIA TUTORIAL DESAIN MULTIMEDIA www.desainmultimedia.com Membuat Model Keyboard Membuat model objek Keyboard dengan Operasi Boolean Langkah 1 (Menampilkan Gambar Keyboard sebagai Guideline) Tampilkan dahulu

Lebih terperinci

Klik tombol next, ketika tampil form sebagai berikut, masukkan passphrase yang telah Anda isikan pada saat permintaan Sertifikat Digital sebelumnya.

Klik tombol next, ketika tampil form sebagai berikut, masukkan passphrase yang telah Anda isikan pada saat permintaan Sertifikat Digital sebelumnya. I. Kondisi Prasyarat (Requirement) Prasyarat untuk menggunakan aplikasi Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak Secara Elektronik atau Elektronik Nomor Faktur Online (e-nofa Online) adalah sebagai berikut:

Lebih terperinci

Tanya Jawab tentang Eee Pad TF201

Tanya Jawab tentang Eee Pad TF201 Tanya Jawab tentang Eee Pad TF201 Mengelola file... 2 Bagaimana cara mengakses data yang tersimpan di microsd, kartu SD, dan perangkat USB?... 2 Bagaimana cara memindahkan file yang dipilih ke folder lain?...

Lebih terperinci

Elearning Perbanas Panduan Mahasiswa

Elearning Perbanas Panduan Mahasiswa Elearning Perbanas Panduan Mahasiswa Ed.. 20150320 Panduan Mahasiswa Pengguna elearning Perbanas Ed. 20150320 Daftar Isi Daftar Isi... 1 I. Login ke Elearning Perbanas... 2 II. Melihat Mata Kuliah Anda...

Lebih terperinci

Panduan Instalasi Galileo Desktop Versi 2.5

Panduan Instalasi Galileo Desktop Versi 2.5 Panduan Instalasi Galileo Desktop Versi 2.5 Persiapan : Ada beberapa file yang diperlukan sebelum kita melakukan instalasi Galileo Desktop Versi 2.5, berikut data file & Tahapan instalasinya : 1 2 3 4

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan Pendaftaran Mahasiswa Baru STPP Bogor Sistem Online

Petunjuk Penggunaan Pendaftaran Mahasiswa Baru STPP Bogor Sistem Online Petunjuk Penggunaan Pendaftaran Mahasiswa Baru STPP Bogor Sistem Online Untuk bisa masuk mendaftar menjadi mahasiswa baru STPP Bogor saat ini dilakukan secara online dengan mengakses http://pmb.stpp-bogor.ac.id

Lebih terperinci

PEMELIHARAAN HARDWARE DAN SOFTWARE KOMPUTER. Hamidah Suryani Lukman 10060207012. Asisten Rhidayansyah

PEMELIHARAAN HARDWARE DAN SOFTWARE KOMPUTER. Hamidah Suryani Lukman 10060207012. Asisten Rhidayansyah PEMELIHARAAN HARDWARE DAN SOFTWARE KOMPUTER LAPORAN PRAKTIKUM SOFTWARE 2 Diajukan untuk memenuhi tugas Organisasi Sistem Komputer Tahun Akademik 2007/2008 Oleh Hamidah Suryani Lukman 10060207012 Asisten

Lebih terperinci

LAYANAN PERMOHONAN PRODUSEN IMPOR BARANG JADI USER MANUAL

LAYANAN PERMOHONAN PRODUSEN IMPOR BARANG JADI USER MANUAL LAYANAN PERMOHONAN PRODUSEN IMPOR BARANG JADI USER MANUAL Daftar Isi PENDAHULUAN...3 PEDOMAN PENGGUNAAN...4 Layanan Permohonan Produsen Impor Barang Jadi Inatrade Halaman 2 dari 12 Bab 1 Pendahuluan P

Lebih terperinci

Standar Kompetensi : Mengoperasikan sistem operasi Software. Kompetensi Dasar : Mengoperasikan Software Presentasi

Standar Kompetensi : Mengoperasikan sistem operasi Software. Kompetensi Dasar : Mengoperasikan Software Presentasi Standar Kompetensi : Mengoperasikan sistem operasi Software Kompetensi Dasar : Mengoperasikan Software Presentasi Kelas / Semester / Prodi : XI / Gasal / Semua Jurusan Disusun oleh : SUGITO, S.Kom www.kkpismkyosda.co.cc

Lebih terperinci

easy & fun CorelDRAW belajar Tim Publisher PalComTech Publisher

easy & fun CorelDRAW belajar Tim Publisher PalComTech Publisher easy & fun belajar CorelDRAW X4 Tim Publisher PalComTech Publisher easy & fun belajar CorelDRAW X4 Penulis : Tim Publisher Editor : Tim Publisher Desain Kover : Dewi Putri Diterbitkan pertama kali oleh

Lebih terperinci

BlackBerry Internet Service. Versi: 4.5.1. Panduan Pengguna

BlackBerry Internet Service. Versi: 4.5.1. Panduan Pengguna BlackBerry Internet Service Versi: 4.5.1 Panduan Pengguna Diterbitkan: 2014-01-08 SWD-20140108163043169 Daftar Isi 1 Persiapan... 7 Tentang paket layanan pengiriman pesan untuk BlackBerry Internet Service...

Lebih terperinci

BAB III ANALISA DAN PEMBAHASAN MASALAH

BAB III ANALISA DAN PEMBAHASAN MASALAH BAB III ANALISA DAN PEMBAHASAN MASALAH 3.1 Analisa Masalah Proses editing video sebelum adanya teknologi Multimedia, membutuhkan ruang dan waktu yang sangat besar. Belum lagi biaya yang cukup besar pula

Lebih terperinci

1. Instalasi System yang diperlukan IBM PC atau kompatibel (486 DX4 100 MHz minimum, Pentium 120 MHz disarankan)

1. Instalasi System yang diperlukan IBM PC atau kompatibel (486 DX4 100 MHz minimum, Pentium 120 MHz disarankan) Created by http://www.tellmemore.cjb.net Page 1 of 9 Manual Book 1. Instalasi System yang diperlukan IBM PC atau kompatibel (486 DX4 100 MHz minimum, Pentium 120 MHz disarankan) Microsoft Windows 95 8

Lebih terperinci

Langkah-langkah Partisi Harddisk Menggunakan Program FDisk (DOS)

Langkah-langkah Partisi Harddisk Menggunakan Program FDisk (DOS) Langkah-langkah Partisi Harddisk Menggunakan Program FDisk (DOS) Sebelumnya: Masuk ke Menu BIOS dengan menekan tombol [Del], atau [F1], atau [F2], atau [F10], sesuai dengan komputer masing-masing. Lalu

Lebih terperinci

PANDUAN SINGKAT SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELAPORAN (SIMPEL)

PANDUAN SINGKAT SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELAPORAN (SIMPEL) PANDUAN SINGKAT SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELAPORAN (SIMPEL) SIMPEL merupakan layanan informasi berupa laporan keuangan dan akademik yang dimiliki oleh setiap fakultas sesuai data akademik dan keuangan

Lebih terperinci

MANUAL BOOK APLIKASI COMPLETE MEDICAL SOFTWARE MANAGEMENT (CMSM) MODUL RADIOLOGI

MANUAL BOOK APLIKASI COMPLETE MEDICAL SOFTWARE MANAGEMENT (CMSM) MODUL RADIOLOGI MANUAL BOOK APLIKASI COMPLETE MEDICAL SOFTWARE MANAGEMENT (CMSM) MODUL RADIOLOGI 2014 www.sistemrumahsakit.com DAFTAR ISI A. MENU PEMERIKSAAN... 4 B. MENU HASIL PEMERIKSAAN... 14 C. MENU TARIF RADIOLOGI...

Lebih terperinci

PETUNJUK OPERASIONAL WEBFORM GA

PETUNJUK OPERASIONAL WEBFORM GA PETUNJUK OPERASIONAL WEBFORM GA Daftar Isi MEMULAI APLIKASI...2 LOGIN...2 MENU...4 NEW...5 BROWSE...15 N E W...16 E D I T...16 D E L E T E...17 APPROVE...17 S E N D...18 DOWNLOAD...19 UPLOAD...20 REFERENCE...21

Lebih terperinci

BUKU PETUNJUK PENGOPERASIAN APLIKASI PMDK-PN (Untuk Sekolah)

BUKU PETUNJUK PENGOPERASIAN APLIKASI PMDK-PN (Untuk Sekolah) 2015 BUKU PETUNJUK PENGOPERASIAN APLIKASI PMDK-PN (Untuk Sekolah) PANITIA PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR PMDK POLITEKNIK NEGERI Daftar Isi Daftar Isi...2 1. Petunjuk Umum PMDK-PN...3 1.1. Login Sekolah...3

Lebih terperinci

Petunjuk aplikasi. Nokia N92

Petunjuk aplikasi. Nokia N92 Petunjuk aplikasi Nokia N92 MENGENAI APLIKASI TAMBAHAN UNTUK NOKIA N92 ANDA Pada memori perangkat dan CD-ROM yang disediakan bersama perangkat Anda, Anda akan menemukan aplikasi tambahan dari Nokia dan

Lebih terperinci

Aplikasi SI Kemiskinan Daerah V.1. USER MANUAL APLIKASI SI Kemiskinan Daerah V.1 BAPPEDA JAKARTA

Aplikasi SI Kemiskinan Daerah V.1. USER MANUAL APLIKASI SI Kemiskinan Daerah V.1 BAPPEDA JAKARTA USER MANUAL APLIKASI SI Kemiskinan Daerah V.1 BAPPEDA JAKARTA 1 Sistem Informasi Kemiskinan dibangun dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi yang dibutuhkan dalam penanggulangan kemiskinan secara

Lebih terperinci

Cara Bertransaksi Di Mandiri internet

Cara Bertransaksi Di Mandiri internet Cara Bertransaksi Di Mandiri internet DAFTAR ISI Login - Logout...3 Website Bank Mandiri...4 Login...4 Menu...4 Logout...4 Transfer Dana...5 Transfer Antar Rekening Mandiri...6 Transfer Antar Bank Domestik...8

Lebih terperinci

1. Pilih Start > Run > pada jendela Run ketikkan cmd.

1. Pilih Start > Run > pada jendela Run ketikkan cmd. MENJALANKAN COMMAND PROMPT Untuk mempraktekkan perintah-perintah pada command prompt tentu saja Anda harus menjalankan aplikasi tersebut, bagaimana cara memanggil command prompt? wah-wah saking canggihnya

Lebih terperinci

Manual Program Tukar Faktur

Manual Program Tukar Faktur Manual Program Tukar Faktur Link Website : http://dnp_tukar_faktur.online-pharos.com 1. Halaman Login Pada Halaman ini,supplier dapat login dengan menggunakan Username dan Password yang sudah diberikan.

Lebih terperinci

MANUAL APLIKASI RKAKL v. 7.2 oleh : Yudhi wijaya yudhi.tc@gmail.com http://ptakendari.net

MANUAL APLIKASI RKAKL v. 7.2 oleh : Yudhi wijaya yudhi.tc@gmail.com http://ptakendari.net MANUAL APLIKASI RKAKL v. 7.2 oleh : Yudhi wijaya yudhi.tc@gmail.com http://ptakendari.net UNTUK KALANGAN SENDIRI DI LINGKUNGAN PENGADILAN TINGGI AGAMA KENDARI TAHUN 2011 Dalam rangka Penyusunan Rencana

Lebih terperinci