Langkah pembuatan efek foto blending dengan Photoshop

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Langkah pembuatan efek foto blending dengan Photoshop"

Transkripsi

1 Langkah pembuatan efek foto blending dengan Photoshop Langkah 1 Buatlah sebuah file baru dengan Photoshop. Caranya ya dengan memilih menu File > New. Saat muncul kotak dialog New, silahkan diisi dengan ukuran yang Anda inginkan. Jika hasil gambar ini hanya akan digunakan sebagai tampilan di layar monitor, isikan saja 72 hingga 96 pixel/inchi. Namun jika akan dicetak maka isikan sekitar 300 pixel/inchi (lebih jelasnya tentang ukuran foto silahkan dibaca di sini). Background content-nya dipilih yang white. Langkah 2 Bukalah sebuah gambar foto yang akan Anda edit dengan Photoshop. Seperti pada postingan sebelumnya, efek ini akan diterapkan pada foto wajah / raut muka orang. Namun tidak menutup kemungkinan untuk diterapkan pada foto / gambar lain. Sebagai contoh pada tutorial ini, saya menggunakan fotonya mbak Dita. Langkah 3 Masukkanlah foto yang akan kita edit ini ke dalam file baru yang background-nya putih tadi. Caranya memasukkan, yaitu dengan menggunakan move tool. Geser gambar foto ke dalam file yang baru.

2 Langkah 4 Karena kita membutuhkan hanya bentuk wajah dan leher, jadi foto ini harus kita seleksi dulu agar kita bisa memisahkan antara foto model dengan background-nya apalagi karena latar belakang foto ini memang agak memprihatinkan tidak rapinya. Seleksi bisa digunakan dengan banyak cara, bisa Anda gunakan cara-cara yang mudah saja untuk membuat seleksinya, seperti yang saya tuliskan diatas tadi, seleksi ini tidak perlu rapi sekali. Pada contoh berikut ini seleksi saya buat dengan menggunakan path pada bagian tangan dan sebelah bawah, sedangkan pada rambut saya seleksi dengan channel. Langkah 5 Setelah seleksinya jadi, kliklah ikon Add layer mask (di sebelah bawah palet layer Photoshop, pada gambar di bawah ini saya tandai dengan lingkaran merah).

3 Langkah 6 Sekarang kita membutuhkan gambar yang akan digunakan sebagai background. Background / latar belakang gambar akan lebih sesuai jika menggunakan gambar yang sifatnya tile (terdiri dari susunan gambar-gambar kecil). Misalnya seperti gambar dibawah ini. Namun jika tidak mempunyai gambar lain, silahkan gunakan gambar-gambar berikut ini, sudah saya buatkan ukuran 1024 x 768 pixel; 72 dpi dalam format jpg. Setelah Anda mendapatkan gambar yang diinginkan, kemudian masukkan gambar tersebut kedalam fle yang sedang kita edit tadi. Cara memasukkan juga menggunakan move tool, seperti langkah ke-3.

4 Atur posisi gambar agar sesuai letaknya. Baik letak layer, maupun posisi gambarnya, sesuaikan dengan selera Anda. Urutan layernya, dari yang bawah adalah: Background yang putih, Background yang baru saja dimasukkan, kemudian paling atas adalah layer Foto. Langkah 7 Pastikan layer yang sedang aktif adalah layer foto. Buatlah agar gambarnya menjadi hitam putih. Caranya yang mudah adalah dengan memilih menu Image > Adjustment > Desaturate.

5 Langkah 8 Pilih menu Image > Adjustment > Level. Dekatkan kedua titik segitiga (highlight dan shadow). Tujuan langkah ini adalah untuk membuat agar gambar menjadi lebih kontras. Langkah 9 Pilih menu Image > Adjustment > Posterize. Isikan nilai sedikit saja, sekitar 7 hingga 15. Tujuan langkah ini adalah untuk membuat agar gambar berkurang jumlah warna-warnanya, karena yang akan dibutuhkan nanti hanya beberapa bagian yang terang dan gelap saja.

6 Langkah 10 Ubahlah blending pada layer ini menjadi soft light. Blending option ini terletak pada palet layer (biasanya tulisannya adalah normal), yang pada gambar dibawah ini saya beri tanda lingkaran merah. Gambarnya sudah jadi, namun jika merasa ingin bereksperimen lagi, Anda bisa membuat duplikat layer foto, kemudian mengulang lagi mulai langkah ke-9 dengan nilai posterize yang berbeda, dan jenis blending yang berbeda pula. Berikut ini adalah gambar yang sudah jadi.

7 Selamat mencoba efek foto ini dengan Photoshop. Membuat efek foto siluet

8 Pada tutorial photoshop kali ini kita akan membuat efek foto siluet dengan Photoshop. Yang dimaksud dengan siluet disini adalah sebuah gambar yang mempunyai latar belakang kontras dengan obyek atau model fotonya. Berikut ini tutorial tentang prinsip pembuatannya dengan Photoshop yang mudah. Kalau sulit, itu adalah cara menyeleksi gambarnya. Langkah 1 Bukalah sebuah foto dengan Photoshop. Langkah 2 Buatlah seleksi pada obyek atau modelnya dengan Photoshop. Cara membuat seleksi ini ada banyak, bisa dibaca pada kategori seleksi.

9 Langkah 3 Pilih menu Edit > Copy kemudian Edit > Paste. Tujuan langkah ini adalah untuk membuat agar gambar foto berada pada layer yang berbeda. Langkah 4 Munculkan seleksi pada layer baru tersebut dengan cara melakukan CTRL + klik pada thumbnail layernya. Langkah 5 Isi seleksi tersebut dengan dengan warna hitam. Caranya dengan memilih menu Edit > Fill. Pada bagian Use, pilih Black kemudian klik OK.

10 Secara alternatif Anda juga bisa menekan D di keyboard, kemudian tekan ALT + Backspace. Selain cara-cara diatas, ada banyak cara lagi yang bisa digunakan untuk membuat layer ini berwarna hitam. Misalnya dengan Anda sapukan Brush tool atau dengan menggunakan Layer style. Langkah 6 Hilangkan seleksi ( Select > Deselect ). Langkah 7 Pilih layer background, kemudian ulangi langkah ke-5. Kita isi dengan warna hitam yang pekat. Langkah 8 Beri efek dengan memilih menu Filter > Render > Lens Flare. Atur seperti gambar dibawah ini.

11 Berikut ini gambar yang sudah diberi filter Lens Flare.

12 Gambar dengan efek foto siluet sudah selesai kita buat dengan Photoshop. Anda bisa mencoba mengkreasikannya lagi, misalnya seperti gambar dibawah ini. Pada gambar ini, foto tersebut tidak sepenuhnya hitam. Ada bagian yang nampak masih berwarna, ada juga yang nampak transparan. Caranya mudah. Asal Anda memahami tujuan dari tiap langkah yang dilakukan pada tutorial photoshop di atas pasti bisa membuatnya. Membuat efek foto glamor

13 Tutorial Photoshop kali ini akan saya gunakan untuk membahas tentang cara pembuatan efek foto glow pada foto. Biasanya ini digunakan untuk membuat kesan glamor pada foto. Misalnya seperti efek pada pada foto-foto pernikahan (kayaknya saya sering dapat kiriman undangan pernikahan dengan model efek seperti itu). Berikut ini adalah caranya: Duplikat layer Background. Aktifkan layer background copy, ubah blending option menjadi screen. Blending option ini terletak di palet layer, sebelah kiri pengaturan Opacity (secara default nilainya adalah Normal). Beri Filter > Blur > Gaussian Blur. Atur sendiri nilainya sambil melihat gambar asli yang Anda edit. Langkah membuat pattern dengan Photoshop Langkah 1 Bukalah sebuah gambar dengan Photoshop. Gambar bisa sesuka kita, namun karena akan dibuat

14 pola, maka usahakan gambar tersebut berfokus di tengah-tengah, atau pinggir yang berlawanan. Sebagai contoh kali ini, saya gunakan sebuah gambar logo windows dalam bentuk lingkaran. Langkah 2 Aturlah ukuran gambar agar sesuai untuk dijadikan pola. Karena saya ingin pola ini banyak dan kecil-kecil, maka ukuran gambar saya perkecil. Untuk mengubah ukuran gambar ini dengan cara memilih menu Image > Image Size. Lebih lanjut tentang pengubahan ukuran gambar bisa dibaca pada tutorial yang ini. Langkah 3 Pilih menu Edit > Define Pattern. Kemudian setelah muncul kotak untuk memberi nama, isikanlah nama pattern yang diinginkan.

15 Kemudian klik OK. Langkah 4 Sekarang kita tes pattern tersebut. Buatlah sebuah file baru, atau buka file gambar yang ingin diisi dengan pattern. Langkah 5 Pilih menu Edit > Fill. Pada bagian Use, pilih Pattern. Kemudian pada sebelah bawahnya (Custom Pattern), pilihlah pattern yang sudah kita buat tadi (biasanya pattern yang baru kita buat muncul di urutan paling bawah sendiri). Setelah itu, klik OK untuk menerapkan pattern.

16 Selamat mencoba dan berkreasi dengan pattern pada Photoshop. Pada tutorial berikutnya kita coba menerapkan pattern untuk membuat sebuah efek pada foto. Langkah pembuatan efek cloud pada background foto dengan Photoshop

17 Langkah 1 Bukalah sebuah foto dengan Photoshop. Pada foto tersebut, buatlah sebuah seleksi pada bagian model fotonya saja. Tentang pembuatan seleksi, jika ingin belajar lebih lanjut bisa dibaca pada kategori seleksi. Langkah 2 Setelah foto diseleksi, kemudian pilih menu Edit > Copy, kemudian Edit > Paste. Bisa juga dengan melakukan Ctrl + J. Langkah 3 Pilih / aktifkan layer background. Kemudian tekan tombol D pada keyboard satu kali, ini untuk mereset warna background dan foreground menjadi hitam putih. Kemudian pilih menu Filter > Render > Clouds. Akan didapati foto menjadi seperti gambar berikut ini.

18 Langkah 4 Pilih menu Filter > Render > Lighting Effects. Lakukan pengaturan seperti gambar ilustrasi tutorial Photoshop dibawah ini. Pada bagian style-nya dipilih Soft Omni. Pengaturan yang lain pada kotak dialog Lighting Effects ini bisa diatur sendiri sesuai selera. Langkah 5 Masih pada layer background yang sudah diberi efek tadi, sekarang kita ubah warnanya dengan Image > Adjustment > Hue/Saturation. Pastikan diberi tanda cek pada Colorize, kemudian ubah nilai Hue sesuai dengan keinginan.

19 Berikut ini gambar yang sudah diberi efek cloud pada background-nya. Efek ini sering saya gunakan untuk membuat latar belakang pada foto, misalnya pada The Shadow Remains. Oh iya, sampai lupa, gambar ini menggunakan fotonya Mbah Dita. Terima kasih ya mbak.

20 Langkah Membuat Efek Foto Robek Langkah 1 Bukalah gambar yang akan Anda olah dengan Photoshop. Langkah 2 Buatlah seleksi pada gambar dengan menggunakan lasso tool. Buatlah agar seleksinya memotong sebagian dari gambar hingga ke salah satu tepinya (piye ki le ngomongke ra jelas), lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar ilustrasi tutorial dibawah ini. Langkah 3 Simpan hasil seleksinya, dengan memilih menu Select > Save Selection.

21 Langkah 4 Pilih channel hasil seleksi pada palet channel. Langkah 5 Pilih menu Filter > Pixelate > Crystalize. Isikan nilai 3 (ukurannya bisa disesuaikan sendiri, namun jika slider digeser minimalnya tetap cuma 3). Klik OK. Tujuan langkah ini untuk membuat tepian seleksi menjadi tidak rata secara otomatis. Langkah 6 Klik icon Load channel as selection. Langkah 7 Klik channel RGB. Langkah 6 dan 7 ini tujuannya agar kita kembali ke channel seperti awal namun sudah mempunyai seleksi yang tidak rata. Langkah 8 Tekan Ctrl + J, tujuannya untuk membuat duplikat hasil potongan seleksi. Langkah 9 Klik layer Background (yang masih merupakan foto asli dan belum dipotong). Tekan Ctrl + J. Ini akan membuat layer Background copy.

22 Langkah 10 Ctrl + klik pada nama layer 1 (yang merupakan layer hasil potongan). Layer yang aktif masih tetap pada layer Background copy. Langkah 11 Sekarang tekan tombol Delete. Ini untuk menghapus area yang berada dalam seleksi. Kemudian hilangkan seleksi, dengan cara memilih menu Select > Deselect. Langkah 12 Klik atau pilih layer Background. Isi layer ini dengan warna putih. Caranya dengan memilih menu Edit > Fill. Pada bagian Use=White, Opacity=100%. Langkah 13 Aktifkan atau pilih layer 1. Atur ukuran dan posisinya dengan cara memilih menu Edit > Free Transform. Begitu juga dengan layer Background copy.

23 Langkah 14 Untuk menambah kesan hasil robekan, bisa ditambahi dengan efek bayangan. Pada tutorial Photoshop ini saya gunakan Layer > Layer style > Drop shadow. Catatan: Jika Anda ingin seluruh gambar bisa ditampilkan sehingga bagian yang terputar pada langkah 13 tadi tidak nampak terpotong, caranya dengan Anda lakukan pilih menu Image > Reveal All. Berikut ini gambar hasil pembuatan efek foto robek.

24 Selamat mencoba dan berkreasi dengan Photoshop.

MEMBUAT KARTUN & COVER AADC

MEMBUAT KARTUN & COVER AADC MEMBUAT KARTUN & COVER AADC Ketentuan : Pilih dua Foto sendiri [Masing-masing Siswa] Buat dua file dengan nama : kartun_[namasiswa.psd] dan cover_[namasiswa.psd] Kumpul : Hari, Tanggal : Sabtu, 31 Mei

Lebih terperinci

Mari kita mulai! Langkah 1: Tambahkan Kosong New Layer

Mari kita mulai! Langkah 1: Tambahkan Kosong New Layer Photoshop tutorial, kita akan mempelajari cara mudah membuat dan menambahkan petir untuk gambar dengan Photoshop! Ada beberapa cara yang berbeda untuk membuat petir menggunakan Photoshop. Cara kita akan

Lebih terperinci

BAB II Pengantar Layers

BAB II Pengantar Layers BAB II Pengantar Layers A. Dasar-Dasar Layers Layers merupakan lapisan yang berfungsi sebagai tempat objek, diibaratkan sebagai kanvas. Dengan adanya Layers, memungkinkan Anda untuk mengedit sebuah objek

Lebih terperinci

Membuat Tombol Enter dengan Menggunakan Adobe Photoshop Oleh : Tomy Meilando

Membuat Tombol Enter dengan Menggunakan Adobe Photoshop Oleh : Tomy Meilando Membuat Tombol Enter dengan Menggunakan Adobe Photoshop Oleh : Tomy Meilando Pembuatan tombol enter di bawah ini adalah pembuatan tombol dengan menggunakan alat seleksi lingkaran dan gradient, langkah-langkah

Lebih terperinci

TIK CERDA S. Adobe Photoshop MODUL ADOBE PHOTOSHOP TIK CERDAS. TIK CERDAS Surabaya, Indonesia

TIK CERDA S. Adobe Photoshop MODUL ADOBE PHOTOSHOP TIK CERDAS. TIK CERDAS Surabaya, Indonesia TIK CERDA S Adobe Photoshop MODUL ADOBE PHOTOSHOP Surabaya, Indonesia Memulai adobe photoshop cs 4 1. Klik menu file new 2. Atur ukuran dokumen sesuai kebutuhan, setelah itu klik ok 3. Mengenal elemen

Lebih terperinci

Retouching & Restore. Selanjutnya anda klik pada bagian noda yang ingin dihilangkan, misalnya pada jerawat dan flek di bagian dahi

Retouching & Restore. Selanjutnya anda klik pada bagian noda yang ingin dihilangkan, misalnya pada jerawat dan flek di bagian dahi Retouching & Restore 1. Bekerja dengan Retouching Tool Spot Healing Brush Tool, Healing Brush Tool, dan Patch Tool merupakan tool yang paling banyak dipakai untuk melakukan Retouching tahap awal. a. Spot

Lebih terperinci

MODUL V DESAIN DENGAN OBYEK FOTO

MODUL V DESAIN DENGAN OBYEK FOTO MODUL V DESAIN DENGAN OBYEK FOTO A. MAKSUD DAN TUJUAN 1. MAKSUD Memberikan pengenalan tentang pengolahan foto dalam desain grafis dengan menggunakan aplikasi Photoshop. 2. TUJUAN Agar mahasiswa dapat menggunakan

Lebih terperinci

Tutorial Singkat Membuat Desain Header di CMS Balitbang.

Tutorial Singkat Membuat Desain Header di CMS Balitbang. Tutorial Singkat Membuat Desain Header di CMS Balitbang. Desain header cms balitbang bisa dirubah sesuai dengan keinginan kita dan tentu saja menyesuaikan dengan content website yang kita buat, misalnya

Lebih terperinci

A. Kompetensi Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan membuat efek teks dan membuat efek gambar.

A. Kompetensi Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan membuat efek teks dan membuat efek gambar. No. LST/EKA/PTI 236/03 Revisi : 01 Maret 2011 Hal 1 dari 8 A. Kompetensi Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan membuat efek teks dan membuat efek gambar. B. Dasar Teori

Lebih terperinci

Mengenal Lingkungan Kerja Adobe Photoshop CS5

Mengenal Lingkungan Kerja Adobe Photoshop CS5 Mengenal Lingkungan Kerja Adobe Photoshop CS5 Untuk memahami dan mengenal lebih dekat tentang Adobe Photoshop dan sebelum melakukan proses pengolahan objek-objek atau gambar statik, ada baiknya kita mengenal

Lebih terperinci

DESIGN IKLAN SEPATU. 1. Buka aplikasi Photoshop CS5, kemudian atur kanvas sehingga berukuran 1024 x 768 px dan pilih warna putih sebagai background.

DESIGN IKLAN SEPATU. 1. Buka aplikasi Photoshop CS5, kemudian atur kanvas sehingga berukuran 1024 x 768 px dan pilih warna putih sebagai background. DESIGN IKLAN SEPATU 1. Buka aplikasi Photoshop CS5, kemudian atur kanvas sehingga berukuran 1024 x 768 px dan pilih warna putih sebagai background. 2. Simpan dengan nama Design Iklan Sepatu. 3. Ubahlah

Lebih terperinci

SOAL PILIHAN GANDA PREDIKSI UAS GENAP PENGOLAHAN CITRA DIGITAL KELAS XI MULTIMEDIA

SOAL PILIHAN GANDA PREDIKSI UAS GENAP PENGOLAHAN CITRA DIGITAL KELAS XI MULTIMEDIA SOAL PILIHAN GANDA PREDIKSI UAS GENAP PENGOLAHAN CITRA DIGITAL KELAS XI MULTIMEDIA PILIHLAH JAWABAN YANG PALING TEPAT 1. Suatu bidang ilmu yang mempelajari bagaimana membangun dan merancang objek visual

Lebih terperinci

PROGRAM STUDI D3 JURUSAN TEKNIK KOMPUTER POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA PALEMBANG TK Computer 1 (Multimedia) Hand On Lab 1 Konsep Layer dan Tool Dasar

PROGRAM STUDI D3 JURUSAN TEKNIK KOMPUTER POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA PALEMBANG TK Computer 1 (Multimedia) Hand On Lab 1 Konsep Layer dan Tool Dasar Jl Srijaya Negara Bukit Besar Palembang 30139, Telpon : +62711 353414 PROGRAM STUDI D3 JURUSAN TEKNIK KOMPUTER POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA PALEMBANG TK Computer 1 (Multimedia) Hand On Lab 1 Konsep Layer

Lebih terperinci

Photoshop tutorial : Buat efek terik

Photoshop tutorial : Buat efek terik Photoshop tutorial : Buat efek terik Palsu gambar seorang pria terbakar di Photoshop dengan ini menyala teknik brilian dari Fabio Sasso. Ini musim panas blockbuster, dan gambar ini mengingatkan yang masih

Lebih terperinci

Membuat Teks Berkesan 3D dengan Photoshop

Membuat Teks Berkesan 3D dengan Photoshop Membuat Teks Berkesan 3D dengan Photoshop Pada kesempatan kali ini, kita akan bahas bagaimana caranya untuk membuat efek berkesan 3 Dimensi dengan memanfaatkan pencahayaan, shadow, dan Layer Styles di

Lebih terperinci

BAB I MENGENAL ADOBE PHOTOSHOP Apa itu Adobe Photoshop?

BAB I MENGENAL ADOBE PHOTOSHOP Apa itu Adobe Photoshop? BAB I MENGENAL ADOBE PHOTOSHOP 1.1. Apa itu Adobe Photoshop? Adobe Photoshop adalah software pengolah gambar yang sangat powerfull dengan segala fasilitasnya. Hasil gambar olah dengan Adobe Photoshop ini

Lebih terperinci

Spesifikasi: Ukuran: 11x18 cm Tebal: 200 hlm Harga: Rp Terbit pertama: September 2005 Sinopsis singkat:

Spesifikasi: Ukuran: 11x18 cm Tebal: 200 hlm Harga: Rp Terbit pertama: September 2005 Sinopsis singkat: Spesifikasi: Ukuran: 11x18 cm Tebal: 200 hlm Harga: Rp 22.800 Terbit pertama: September 2005 Sinopsis singkat: Buku ini mengulas rahasia dan sisi tersembunyi Adobe Photoshop CS2 yang biasanya jarang diungkap

Lebih terperinci

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MENGGUNAKAN. Program Pengayaan SMA N 1 SRAGEN 2008/2009 Bekti Ratna Timur Astuti,S.Kom

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MENGGUNAKAN. Program Pengayaan SMA N 1 SRAGEN 2008/2009 Bekti Ratna Timur Astuti,S.Kom TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MENGGUNAKAN Program Pengayaan SMA N 1 SRAGEN 2008/2009 Bekti Ratna Timur Astuti,S.Kom Mengenal Adobe Photoshop 7 Menu Bar Title Bar Option Bar Option bar: berisi informasi

Lebih terperinci

Standar Kompetensi : 1. Menggunakan peerangkat lunak pembuat grafik. Kompetensi Dasar

Standar Kompetensi : 1. Menggunakan peerangkat lunak pembuat grafik. Kompetensi Dasar 1 Standar Kompetensi : 1. Menggunakan peerangkat lunak pembuat grafik. Kompetensi Dasar : 1.2. Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis Adobe Photoshop Indikator Pencapaian:

Lebih terperinci

MODUL 3 PRAKTIKUM MULTIMEDIA. Adobe Photoshop CS. Banner Design. Oleh Muhammad Adri, S.Pd, MT

MODUL 3 PRAKTIKUM MULTIMEDIA. Adobe Photoshop CS. Banner Design. Oleh Muhammad Adri, S.Pd, MT MODUL 3 PRAKTIKUM MULTIMEDIA Adobe Photoshop CS Banner Design Oleh Muhammad Adri, S.Pd, MT Fakultas Ilmu Komputer Universitas Putera Indonesia UPI YPTK Padang, 2008 Tujuan Banner Design Setelah mempelajari

Lebih terperinci

Mengenal Adobe Photoshop

Mengenal Adobe Photoshop BAB I Mengenal Adobe Photoshop Copy Right by Mislam, S.Pd. Foto-foto artis seperti Sandra Dewi & Nia Ramadhani, yang banyak beredar di Internet dibuat dengan Adobe Phostoshop. Hasil gambar olahan Adobe

Lebih terperinci

Pengolahan Gambar Bitmap Dengan Photoshop

Pengolahan Gambar Bitmap Dengan Photoshop Pengolahan Gambar Bitmap Dengan Photoshop Kuliah VI Design Grafis Iwan Sonjaya, ST.MMT.MT 1 Pokok Bahasan Area Kerja Photoshop (ToolBox): mengenai user interface Adobe Photoshop secara umum dan fungsi-fungsi

Lebih terperinci

Transforming & Retouching

Transforming & Retouching BAB 6 Transforming & Retouching Anda dapat mengubah skala, memutar, mencondongkan, mendistorsi objek, dan digunakan pada salah satu layer maupun beberapa layer, mask, path, maupun channel. Dalam Adobe

Lebih terperinci

Menggunakan Tool. Seperti telah dijelaskan pada bagian sebelumnya bahwa terdapat beberapa tambahan tool dan perubahan perintah pada versi terbaru.

Menggunakan Tool. Seperti telah dijelaskan pada bagian sebelumnya bahwa terdapat beberapa tambahan tool dan perubahan perintah pada versi terbaru. BAB 2 Menggunakan Tool Seperti telah dijelaskan pada bagian sebelumnya bahwa terdapat beberapa tambahan tool dan perubahan perintah pada versi terbaru. 1. MELIHAT AREA KERJA Ketika pertama kali mengaktifkan

Lebih terperinci

Spesifikasi: Ukuran: 11x18 cm Tebal: 178 hlm Harga: Rp Terbit pertama: Mei 2005 Sinopsis singkat:

Spesifikasi: Ukuran: 11x18 cm Tebal: 178 hlm Harga: Rp Terbit pertama: Mei 2005 Sinopsis singkat: Spesifikasi: Ukuran: 11x18 cm Tebal: 178 hlm Harga: Rp 19.800 Terbit pertama: Mei 2005 Sinopsis singkat: Buku ini mengulas rahasia dan sisi tersembunyi Adobe Photoshop CS yang biasanya jarang diungkap

Lebih terperinci

Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 48 hlm Harga: Rp Terbit pertama: Mei 2005 Sinopsis singkat:

Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 48 hlm Harga: Rp Terbit pertama: Mei 2005 Sinopsis singkat: Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 48 hlm Harga: Rp 25.800 Terbit pertama: Mei 2005 Sinopsis singkat: Macromedia Fireworks MX 2004 merupakan software grafis alternatif yang bisa Anda pakai untuk menciptakan

Lebih terperinci

Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 238 hlm Harga: Rp Terbit pertama: Agustus 2005 Sinopsis singkat:

Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 238 hlm Harga: Rp Terbit pertama: Agustus 2005 Sinopsis singkat: Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 238 hlm Harga: Rp 41.800 Terbit pertama: Agustus 2005 Sinopsis singkat: Adobe Photoshop CS2 merupakan software desain grafis dan editing foto digital paling canggih

Lebih terperinci

BAB 4 PROSES PENGEMBANGAN

BAB 4 PROSES PENGEMBANGAN BAB 4 PROSES PENGEMBANGAN Pada bagian ini kita akan membahas tentang teknik pengembangan situs sesuai dengan sketsa yang telah dibuat sebelumnya. Proses pengembangan diawali dengan pembuatan layout halaman

Lebih terperinci

1. MELIHAT AREA KERJA

1. MELIHAT AREA KERJA 1 Standar Kompetensi : 1. Menggunakan peerangkat lunak pembuat grafik. Kompetensi Dasar : 1.1. Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis Indikator Pencapaian: 1. Menjelaskan

Lebih terperinci

DESAIN BROSUR SUPERMARKET MENGGUNAKAN ADOBE PHOTOSHOP CS Gianto, SPd - SMAN 113 Jakarta

DESAIN BROSUR SUPERMARKET MENGGUNAKAN ADOBE PHOTOSHOP CS Gianto, SPd - SMAN 113 Jakarta DESAIN BROSUR SUPERMARKET MENGGUNAKAN ADOBE PHOTOSHOP CS Gianto, SPd - SMAN 113 Jakarta Standar Kompetensi : Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis. Kompetensi Dasar : Membuat grafis dengan berbagai

Lebih terperinci

Slamet Riyanto

Slamet Riyanto Teknik Membuat Web Profesional dengan Photoshop Slamet Riyanto kangmas@slametriyanto.web.id http://slametriyanto.web.id Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi

Lebih terperinci

Mendesain website dengan photoshop

Mendesain website dengan photoshop Mendesain website dengan photoshop Oleh : Jaka Zulham 1 Tutorial photoshop, wordpress dan desain Kata pengantar Dengan rahmat dan dalam naungan Allah yang maha esa, Alhamulillah saya telah menyiapkan E-

Lebih terperinci

Gambar,Text, dan Sound di Director

Gambar,Text, dan Sound di Director Gambar,Text, dan Sound di Director 1. PENDAHULUAN Kali ini anda akan membuat halaman informasi galery poster Pemandangan Alam yang kaya unsur visual agar memukau audience anda.terdapat animasi looping

Lebih terperinci

MICROSOFT POWERPOINT

MICROSOFT POWERPOINT MICROSOFT POWERPOINT Pendahuluan Microsoft Power Point adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah. Microsoft Power Point akan membantu

Lebih terperinci

Latihan 4 Efek Teks Terbakar

Latihan 4 Efek Teks Terbakar Latihan 4 Efek Teks Terbakar Efek teks terbakar adalah sebuah teks yang dibuat tampak meleleh terbakar dan sedang mengeluarkan asap. Efek ini mungkin hampir sama dengan efek teks pada Latihan 3, namun

Lebih terperinci

Spesifikasi: Ukuran: 11x18 cm Tebal: 246 hlm Harga: Rp Terbit pertama: Maret 2005 Sinopsis singkat:

Spesifikasi: Ukuran: 11x18 cm Tebal: 246 hlm Harga: Rp Terbit pertama: Maret 2005 Sinopsis singkat: Spesifikasi: Ukuran: 11x18 cm Tebal: 246 hlm Harga: Rp 27.800 Terbit pertama: Maret 2005 Sinopsis singkat: Adobe Photoshop merupakan salah satu aplikasi yang ditujukan untuk menyunting dan memanipulasi

Lebih terperinci

Latihan 1. Pertemuan 7

Latihan 1. Pertemuan 7 Pertemuan 7 Latihan 1 Membuat Teks 1. Aktifkan After Effect CS 3 2. klik menu composition New Composition (Beri Nama: Latihan1), pilih Presets : PAL D1/DV Square Pixel. Atur Durasi menjadi 4 detik 3. Importkan

Lebih terperinci

Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 272 hlm Harga: Rp Terbit pertama: Juli 2005 Sinopsis singkat:

Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 272 hlm Harga: Rp Terbit pertama: Juli 2005 Sinopsis singkat: Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 272 hlm Harga: Rp 43.800 Terbit pertama: Juli 2005 Sinopsis singkat: Jika Anda telanjur memiliki foto yang tampak biasa-biasa saja, lebih baik jangan dibuang terlebih

Lebih terperinci

Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 48 hlm (full color) Harga: Rp Terbit pertama: Oktober 2004 Sinopsis singkat:

Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 48 hlm (full color) Harga: Rp Terbit pertama: Oktober 2004 Sinopsis singkat: Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 48 hlm (full color) Harga: Rp 19.800 Terbit pertama: Oktober 2004 Sinopsis singkat: Apa yang Anda dapat dari buku super-murah setebal 48 halaman ini? Yang Anda dapatkan

Lebih terperinci

Tips dan Trik GIMP (GNU Image Manipulation Program)

Tips dan Trik GIMP (GNU Image Manipulation Program) Tips dan Trik GIMP (GNU Image Manipulation Program) Oleh Tim Airputih (info@airputih.or.id) Hak Cipta Hak Cipta (c) 2014 dipegang oleh tim penulis, dan di publikasikan berdasarkan lisensi Creative Commons

Lebih terperinci

3. Klik tombol Add Filter sehingga tampak pilihan efek filter 4. Pilih efek animasinya serta atur pada perintah di dalamnya

3. Klik tombol Add Filter sehingga tampak pilihan efek filter 4. Pilih efek animasinya serta atur pada perintah di dalamnya MEMBERI EFEK FILTER PADA TEKS Program Adobe Flash Pro CS 5 Menyediakan Efek Filter Untuk Objek Teks seperti efek blur, glow, bevel, drop shadow dan filter lainnya Langkah memberi efek filter adalah 1.

Lebih terperinci

BAB II MEMBUAT OBJEK DASAR PADA GIMP

BAB II MEMBUAT OBJEK DASAR PADA GIMP BAB II MEMBUAT OBJEK DASAR PADA GIMP STANDARD KOMPETENSI Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis bitmap dan vektor. KOMPETENSI DASAR Membuat dan mengedit gambar bitmap. PENGANTAR BAB Karya grafis, baik

Lebih terperinci

MENGGUNAKAN PROGRAM PENGOLAH GRAFIS

MENGGUNAKAN PROGRAM PENGOLAH GRAFIS GRAFIS BERBASIS BITMAP GRAFIS BERBASIS VEKTOR Standar Kompetensi: Menggunakan perangkat lunak pengolah grafis untuk menyajikan informasi Kompetensi Dasar: 1. Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat

Lebih terperinci

Memanipulasi & Editing Image dengan Adobe Photoshop

Memanipulasi & Editing Image dengan Adobe Photoshop Memanipulasi & Editing Image dengan Adobe Photoshop Asep Gumelar Adobe Photoshop adalah suatu program gambar atau manipulasi image yang diciptakan oleh Adobe system Incorporate. Aplikasi serupa yang dapat

Lebih terperinci

BAB 4 PROSES PENGEMBANGAN

BAB 4 PROSES PENGEMBANGAN BAB 4 PROSES PENGEMBANGAN Pada bagian ini kita akan membahas tentang teknik pengembangan situs sesuai dengan sketsa yang telah dibuat sebelumnya. Proses pengembangan diawali dengan pembuatan layout halaman

Lebih terperinci

MEMBUAT JAM DIGITAL. By : gapra27

MEMBUAT JAM DIGITAL. By : gapra27 MEMBUAT JAM DIGITAL By : gapra27 86 Disini kita akan mencoba untuk membuat sebuah jam digital dengan keampuhan ActionScript Macromedia Flash 8. Berikut adalah langkahlangkahnya (ikuti dengan benar) : Langkah

Lebih terperinci

TAHAP-TAHAP PEMBUATAN ANIMASI

TAHAP-TAHAP PEMBUATAN ANIMASI TAHAP-TAHAP PEMBUATAN ANIMASI Software yang digunakan adalah Macromedia Flash 8 a. Untuk membuat document baru klik pada kolom Create New dan pilih Flash Document. b. Ukuran default document 550x 400 pixel

Lebih terperinci

PRAKTEK : MEMBUAT LOGO

PRAKTEK : MEMBUAT LOGO PRAKTEK : MEMBUAT LOGO Aplikasi : Adobe Illustrator Adobe Photoshop 1. Buka Program adobe ilustrator, buat sebuah dokumen baru dengan ukuran A4, Kosongkan nilai bleed dan masukan number of artboard = 1.

Lebih terperinci

5.3 Praktek Image Adjustment

5.3 Praktek Image Adjustment 5.3 Praktek Image Adjustment Palet Adjustment merupakan fitur yang berguna dalam pengolahan gambar atau foto dengan pengaturan terhadap pencahayaan dan komposisi warna. Para pengguna Photoshop telah mengenal

Lebih terperinci

3. Gambar yang membentuk obyek berdasarkan komposisi unsur titik disebut a. Grafis b. Animasi c. Bitmap d. Objek e. Vektor

3. Gambar yang membentuk obyek berdasarkan komposisi unsur titik disebut a. Grafis b. Animasi c. Bitmap d. Objek e. Vektor EKSKUL KOMPUTER SMA NEGERI 34 JAKARTA SOAL UJIAN GRAFIS SEMESTER GANJIL 2014 1. Sofware aplikasi pengolah vektor selain Coreldraw adalah... a. Photo Paint b. Adobe Photoshop c. Macromedia Freehand d. Macromedia

Lebih terperinci

4 Jam. Photoshop Ah Mudah! Deddy Wijaya. Belajar

4 Jam. Photoshop Ah Mudah! Deddy Wijaya. Belajar 4 Jam Belajar Photoshop Ah Mudah! Deddy Wijaya 4 Jam Belajar Photoshop Ah Mudah! Penulis : Deddy Wijaya Editor : Hendra Gunawan Desain Kover : Deddy Wijaya Diterbitkan pertama kali oleh : PalComTech Publisher

Lebih terperinci

BAS 1 Ti gkat Pe Teks Plastik 3D. 1. Pertama, buatlah dokumen baru dengan ukuran 8 em x 5 em, resolusi 100, contentsewhite.

BAS 1 Ti gkat Pe Teks Plastik 3D. 1. Pertama, buatlah dokumen baru dengan ukuran 8 em x 5 em, resolusi 100, contentsewhite. BAS 1 Ti gkat Pe 1.1. Teks Plastik 3D Efek tiga dimensi memang merniliki nilai tersendiri, karen a kita dapat menghayati bahwa obyek yang terlihat mata seolah-olah ada di hadapan kita, Selain itu, teks

Lebih terperinci

Dasar-Dasar Channels

Dasar-Dasar Channels Bab 1 Dasar-Dasar Channels Sebelum kita masuk dalam latihan menggunakan Channels, mungkin satu hal yang perlu Anda ketahui terlebih dulu. Apa itu Channels? Ini merupakan pertanyaan mendasar karena tanpa

Lebih terperinci

Image Processing Interface Desin

Image Processing Interface Desin 2008 Image Processing Interface Desin http://muhammadadri.net Tulisan ini merupakan salah satu modul praktik yang ditulis untuk digunakan dalam pengembangan bahan ajar Multimedia, dalam proses pengolahan

Lebih terperinci

Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 48 hlm Harga: Rp Terbit pertama: April 2005 Sinopsis singkat:

Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 48 hlm Harga: Rp Terbit pertama: April 2005 Sinopsis singkat: Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 48 hlm Harga: Rp 25.800 Terbit pertama: April 2005 Sinopsis singkat: Buku ini mengulas 16 kiat praktis memoles foto-foto yang semula tampak biasa menjadi tampak lebih

Lebih terperinci

Alat Koresi Warna & Tonal

Alat Koresi Warna & Tonal BAB 4 Alat Koresi Warna & Tonal Keserasian warna dan tonal menjadi hal yang sangat penting dalam dunia desain grafis karena menentukan indah atau tidaknya sebuah gambar yang dibuat. Bukan saja untuk dunia

Lebih terperinci

Membuat Berbagai Desain Logo

Membuat Berbagai Desain Logo Membuat Berbagai Desain Logo 124 125 BAB 5 Membuat Berbagai Desain Logo dengan CorelDRAW X4 M embuat desain suatu logo adalah penting bagi seseorang yang ingin menjadi mahir dan professional dalam desain

Lebih terperinci

3 Layers. Memilih Layer-Layer yang Mirip

3 Layers. Memilih Layer-Layer yang Mirip 3 Layers Fasilitas inilah yang menjadi unggulan Photoshop CS3 yang tidak dimiliki software lain. Meski istilah layer dipakai juga dalam program lain, tapi layer yang ada di Photoshop memiliki keistimewaan.

Lebih terperinci

PENGENALAN ADOBE PHOTOSHOP

PENGENALAN ADOBE PHOTOSHOP 1 PENGENALAN ADOBE PHOTOSHOP Setelah mempelajari dan mempraktekkan sesi ini, diharapkan mampu : 1. Mengenal lingkungan kerja Adobe Photoshop. 2. Mampu menggunakan fasilitas-fasilitas utama yang ada di

Lebih terperinci

A : Menu Bar, berisi perintah utama untuk membuka file, save, mengubah ukuran gambar, filter dan lain-lain.

A : Menu Bar, berisi perintah utama untuk membuka file, save, mengubah ukuran gambar, filter dan lain-lain. MODUL PHOTOSHOP CS3 BAB I MENGENAL ADOBE PHOTOSHOP 1.1. Apa itu Adobe Photoshop? Adobe Photoshop adalah software pengolah gambar yang sangat powerfull dengan segala fasilitasnya. Hasil gambar olah dengan

Lebih terperinci

Modul 1 Pengenalan Photoshop I

Modul 1 Pengenalan Photoshop I Modul 1 Pengenalan Photoshop I 1.1 Tujuan a. Mahasiswa dapat mengoperasikan komponen photoshop b. Mahasiswa dapat membuat picture berbasis web c. Mahasiswa dapat mendesain grafis berbasis web 1.2 Materi

Lebih terperinci

Mode Warna pada Image Ada beberapa mode warna yang dapat digunakan pada Photoshop. Masingmasing mode warna mempunyai maksud dan tujuan yang berbeda, y

Mode Warna pada Image Ada beberapa mode warna yang dapat digunakan pada Photoshop. Masingmasing mode warna mempunyai maksud dan tujuan yang berbeda, y Adobe Photoshop CS2 Adobe Photoshop merupakan sebuah software yang berfungsi sebagai image editor. Adobe Photoshop dapat digunakan untuk membuat gambar maupun mengedit gambar. Editor gambar (image editor)

Lebih terperinci

Spesifikasi: Ukuran: 19x23 cm Tebal: 162 hlm Harga: Rp Terbit pertama: Januari 2005 Sinopsis singkat:

Spesifikasi: Ukuran: 19x23 cm Tebal: 162 hlm Harga: Rp Terbit pertama: Januari 2005 Sinopsis singkat: Spesifikasi: Ukuran: 19x23 cm Tebal: 162 hlm Harga: Rp 84.800 Terbit pertama: Januari 2005 Sinopsis singkat: Buku ini berisi 168 teknik mudah dan praktis untuk menguasai Photoshop secara cepat dan profesional.

Lebih terperinci

Ketika ingin mengambil salah satu objek dalam sebuah foto/gambar tentu merasa kesulitan. Objek yang diambil sebesar objek tersebut.

Ketika ingin mengambil salah satu objek dalam sebuah foto/gambar tentu merasa kesulitan. Objek yang diambil sebesar objek tersebut. BAB 5 Teknik Seleksi Ketika ingin mengambil salah satu objek dalam sebuah foto/gambar tentu merasa kesulitan. Objek yang diambil sebesar objek tersebut. Dari contoh gambar di atas, Anda tentu merasa kesulitan

Lebih terperinci

LANGKAH-LANGKAH MENGEDIT FOTO KEREN (PHOTOSHOP)

LANGKAH-LANGKAH MENGEDIT FOTO KEREN (PHOTOSHOP) LANGKAH-LANGKAH MENGEDIT FOTO KEREN (PHOTOSHOP) 1. Ambil foto anda 2. Duplikat background layer(klik kanan layer kemudian Duplicate Layer 3. Ubah mode blending layer dari duplikat menjadi Overlay atau

Lebih terperinci

Tahap 1. Tahap 2. Tahap 3

Tahap 1. Tahap 2. Tahap 3 Tahap 1 Kamu bebas membuat ukuran kanvas, tapi dalam tutorial kali ini saya menggunakan kanvas ukuran 650 x 450. Kemudian buat Background kanvas menjadi hitam. Tahap 2 Gunakan "Blend tool" dan ubah warna

Lebih terperinci

Tutorial photoshop cara membuat efek pada teks Jilid II

Tutorial photoshop cara membuat efek pada teks Jilid II Tutorial photoshop cara membuat efek pada teks Jilid II tutorial kali ini kita akan memberikan efek pada text, yang mana kita akan membuat text terlihat seperti terbakar dan membuat kobaran api di atasnya,

Lebih terperinci

Kata Pengantar. Kamar kost, Januari 2009 Galih Pranowo. Mewarnai dengan Abode Photoshop by Gapra 1

Kata Pengantar. Kamar kost, Januari 2009 Galih Pranowo. Mewarnai dengan Abode Photoshop by Gapra 1 Kata Pengantar Dengan semakin berkembangnya dunia perkomikan Indonesia, penggunaan Adobe Photoshop untuk mengedit komik semakin ditingkatkan untuk membuat ilustrasi berwarna maupun produk-produk turunannya

Lebih terperinci

Desain Photoshop dibuat menggunakan Layer / Lapisan transparan yang disatukan membentuk suatu Objek gambar yang baru.

Desain Photoshop dibuat menggunakan Layer / Lapisan transparan yang disatukan membentuk suatu Objek gambar yang baru. MODUL PHOTOSHOP I 1. Pengenalan Konsep Adobe Photoshop Photoshop merupakan software graffis untuk pengolahan gambar Bitmap. Software ini banyak digunakan para praktisi graffis dan desain untuk keprluan

Lebih terperinci

Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 404 hlm Harga: Rp Terbit pertama: Februari 2005 Sinopsis singkat:

Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 404 hlm Harga: Rp Terbit pertama: Februari 2005 Sinopsis singkat: Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 404 hlm Harga: Rp 47.800 Terbit pertama: Februari 2005 Sinopsis singkat: Adobe Photoshop adalah salah satu produk andalan dari Adobe Corporation. Sebuah perusahaan

Lebih terperinci

Membuat sebuah karya fotografi

Membuat sebuah karya fotografi 1 Standar Kompetensi : 1. Menggunakan peerangkat lunak pembuat grafik. Kompetensi Dasar : 1.3. Membuat grafis dengan berbagai variasi warna, bentuk, dan ukuran Indikator Pencapaian: Membuat sebuah karya

Lebih terperinci

BAB 5 EFEK PADA VIDEO

BAB 5 EFEK PADA VIDEO BAB 5 EFEK PADA VIDEO 5.1. Efek Pada Video Efek pada video (video effect) adalah suatu perubahan yang terjadi pada clip dan dibuat untuk memberikan tambahan animasi agar video menjadi lebih enak dilihat.

Lebih terperinci

Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 48 hlm (full color) Harga: Rp Terbit pertama: Juli 2004 Sinopsis singkat:

Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 48 hlm (full color) Harga: Rp Terbit pertama: Juli 2004 Sinopsis singkat: Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 48 hlm (full color) Harga: Rp 19.800 Terbit pertama: Juli 2004 Sinopsis singkat: Buku ini ditujukan untuk mereka yang sudah mengetahui teknik dasar Adobe Photoshop

Lebih terperinci

AREA KERJA ADOBE PHOTOSHOP CS3

AREA KERJA ADOBE PHOTOSHOP CS3 AREA KERJA ADOBE PHOTOSHOP CS3 B C D F A E Keterangan : A: ToolBox B: Menu Bar C: Tool Option Bar D: Area Gambar E : Status Bar F : Pallete 1 MENU BAR Berikut adalah menu-menu yang terdapat pada Adobe

Lebih terperinci

PROSES PEMBUATAN MODELING ARSITEKTUR 1. PENGATURAN BACKGROUND IMAGE

PROSES PEMBUATAN MODELING ARSITEKTUR 1. PENGATURAN BACKGROUND IMAGE PROSES PEMBUATAN MODELING ARSITEKTUR 1. PENGATURAN BACKGROUND IMAGE Untuk memunculkan tab Transform yang ada di sebelah kanan klik N pada keyboard.lalu scroll ke bawah dan cari option background image

Lebih terperinci

PENGGUNAAN SLICE. Tujuan Instruksional

PENGGUNAAN SLICE. Tujuan Instruksional PENGGUNAAN SLICE Suatu halaman web harus didesain secara representatif namun bisa diakses secara cepat. Sebuah halaman web yang yang dibuat berupa gambar full color dengan menggunakan Adobe Photoshop,

Lebih terperinci

Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 48 hlm (full color) Harga: Rp Terbit pertama: Agustus 2004 Sinopsis singkat:

Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 48 hlm (full color) Harga: Rp Terbit pertama: Agustus 2004 Sinopsis singkat: Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 48 hlm (full color) Harga: Rp 19.800 Terbit pertama: Agustus 2004 Sinopsis singkat: Buku ini berisi pembahasan serta tutorial praktis untuk membuat dan mendesain lukisan

Lebih terperinci

MEMBUAT EFEK TRANSISI VIDEO

MEMBUAT EFEK TRANSISI VIDEO MEMBUAT EFEK TRANSISI VIDEO Transisi video adalah efek yang menampilkan perubahan tampilan dari satu klip ke klip yang lain. Pada umumnya penerapan transisi video digunakan untuk proses penggantian tampilan

Lebih terperinci

PENGABDIAN MASYARAKAT DI DINAS PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI DAN INFORMASI KAB. PURBALINGGA

PENGABDIAN MASYARAKAT DI DINAS PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI DAN INFORMASI KAB. PURBALINGGA PENGABDIAN MASYARAKAT DI DINAS PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI DAN INFORMASI KAB. PURBALINGGA Materi : Desain Grafis Dengan Photoshop Senin, 13 April 2015 I. PENGENALAN DASAR PHOTOSHOP 1.1. Lingkungan Kerja Photoshop

Lebih terperinci

TUTORIAL DASAR ADOBE PHOTOSHOP CS.2. Disusun Oleh: ARI SUHARTANTO TKJ SMKN 1 GEGER MADIUN

TUTORIAL DASAR ADOBE PHOTOSHOP CS.2. Disusun Oleh: ARI SUHARTANTO TKJ SMKN 1 GEGER MADIUN TUTORIAL DASAR ADOBE PHOTOSHOP CS.2 Disusun Oleh: ARI SUHARTANTO TKJ SMKN 1 GEGER MADIUN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 GEGER TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN 2010 A. APA ITU PHOTOSHOP? PHOTOSHOP adalah

Lebih terperinci

Membuat Logo INDOSIAR

Membuat Logo INDOSIAR Kumpulan Tutorial Corel Draw ini bertujuan untuk melatih siswa dalam belajar Corel Draw serta lebih menguasi program grafis Corel Draw. Sumber : Ilmugrafis.com Membuat Logo INDOSIAR 1. Sepertri biasa buat

Lebih terperinci

17 Efek Teks Fantastis

17 Efek Teks Fantastis 17 EFEK TEKS F ANT ASTIS FANT Special Project Adobe Photoshop CS 17 Efek s Fantastis Tahun 2004 ini, Adobe Inc meluncurkan salah satu software andalannya. Berbeda dengan versi sebelumnya yang masih menggunakan

Lebih terperinci

PHOTOSHOP. Software ini digunakan untuk berbagai keprluan seperti: Percetakan, Photo Studio dll...

PHOTOSHOP. Software ini digunakan untuk berbagai keprluan seperti: Percetakan, Photo Studio dll... PHOTOSHOP 1. Pengenalan Konsep Adobe Photoshop Photoshop merupakan software graffis untuk pengolahan gambar Bitmap. Software ini banyak digunakan para praktisi graffis dan desain untuk keprluan bisnis

Lebih terperinci

Fendy Novafianto

Fendy Novafianto Fendy Novafianto fendynovafianto@ymail.com MENGENAL MACROMEDIA FLASH 8 A. Interface Flash Macromedia Flash merupakan salah satu program animasi 2D vector yang sangat handal. Disini kita bisa membuat animasi

Lebih terperinci

[DOCUMENT TITLE] IMAGE EDITING [DOCUMENT SUBTITLE]

[DOCUMENT TITLE] IMAGE EDITING [DOCUMENT SUBTITLE] [DOCUMENT TITLE] [DOCUMENT SUBTITLE] [Draw your reader in with an engaging abstract. It is typically a short summary of the document. When you re ready to add your content, just click here and start typing.]

Lebih terperinci

KREASI DESAIN ALAS KAKI

KREASI DESAIN ALAS KAKI KREASI DESAIN ALAS KAKI 3.1. Desain Sandal 3 Dengan CorelDraw kita dapat membuat beragam desain sesuai dengan kebutuhan kita. Salah satu desain yang dapat kita buat adalah desain alas kaki. Banyak ragam

Lebih terperinci

MODUL 5 MACROMEDIA FIREWORKS

MODUL 5 MACROMEDIA FIREWORKS MODUL 5 MACROMEDIA FIREWORKS Tujuan : 1. Memahami penggunaan Fireworks dalam mendesign suatu web. 2. Memahami pembuatan tombol dalam Fireworks. 3. Memahami langkah-langkah pembuatan Fireworks dari awal.

Lebih terperinci

Gambar 7.9 Objek persegi panjang dan lingkaran

Gambar 7.9 Objek persegi panjang dan lingkaran Kita akan membuat objek nyata berupa USB Flash Disk yang pastinya Anda sering melihatnya dan Anda juga pasti sudah mempunyai-nya. Langkah untuk membuat USB Flash Disk adalah sebagai berikut : 1. Buat objek

Lebih terperinci

MODUL PRESENTASI - POWER POINT

MODUL PRESENTASI - POWER POINT MODUL PRESENTASI - POWER POINT IN HOUSE TRAINING ( IHT ) PEMBUATAN BAHAN AJAR DENGAN POWER-POINT Oleh: TIM INSTRUKTUR UPTD BPPPTP PROVINSI LAMPUNG LAMPUNG 2011 1 PEMBUATAN PRESENTASI BAHAN AJAR DENGAN

Lebih terperinci

Tutorial Adobe Photoshop Komplit

Tutorial Adobe Photoshop Komplit Tutorial Adobe Photoshop Komplit 28 Maret 2008 in Webdesign, design grafis, tips, trik Tags: design grafis, tutorial, tutorial adobe photoshop, Webdesign Foto-foto artis seperti Sandra Dewi & Nia Ramadhani,

Lebih terperinci

SBerikut ini adalah gambar Menu bar pada Corel Draw

SBerikut ini adalah gambar Menu bar pada Corel Draw ebagaimana program aplikasi lainnya, pada program menggambar CorelDRAW juga terdiri beberapa bar. SBerikut ini adalah gambar Menu bar pada Corel Draw serta kegunaannya. MENU BAR Menu bar Merupakan menu

Lebih terperinci

Mengatur Tampilan AutoCAD

Mengatur Tampilan AutoCAD Mengatur Tampilan AutoCAD Untuk berinteraksi dengan sebuah program, Anda pasti akan disuguhkan dengan sebuah tampilan (interface) program tersebut. Ini tentunya untuk memudahkan Anda sebagai user dalam

Lebih terperinci

Spesifikasi: Ukuran: 11x18 cm Tebal: 182 hlm Harga: Rp Terbit pertama: Februari 2005 Sinopsis singkat:

Spesifikasi: Ukuran: 11x18 cm Tebal: 182 hlm Harga: Rp Terbit pertama: Februari 2005 Sinopsis singkat: Spesifikasi: Ukuran: 11x18 cm Tebal: 182 hlm Harga: Rp 19.800 Terbit pertama: Februari 2005 Sinopsis singkat: Apakah Anda tahu bagaimana cara membuat garis panjang hanya dengan memberi ketukan tiga kali

Lebih terperinci

Microsoft Power Point 2003

Microsoft Power Point 2003 Microsoft Power Point 2003 A. Mengenal Microsoft Power Point Microsoft Power Point adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah.

Lebih terperinci

5.1 Pelajaran: Menggunakan Map Composer

5.1 Pelajaran: Menggunakan Map Composer BAB 5 Modul: Membuat Peta Pada modul ini, Anda akan mempelajari bagaimana menggunakan Map Composer QGIS untuk menghasilkan peta yang berkualitas lengkap dengan semua komponen peta yang diperlukan. 5.1

Lebih terperinci

MODUL I DESAIN DENGAN BENTUK-BENTUK DASAR

MODUL I DESAIN DENGAN BENTUK-BENTUK DASAR MODUL I DESAIN DENGAN BENTUK-BENTUK DASAR A. MAKSUD DAN TUJUAN 1. MAKSUD Memberikan pengenalan tentang bentuk-bentuk dasar dari sebuah obyek yang digunakan dalam desain grafis dan pengembangannya dengan

Lebih terperinci

Daftar Isi Bab 01 Hexagon... 1 Bab 02 Efek Pulsatik... 25

Daftar Isi Bab 01 Hexagon... 1 Bab 02 Efek Pulsatik... 25 Daftar Isi Kata Pengantar...vii Daftar Isi...ix Bab 01 Hexagon...1 1.1 Objek Hexagonal...1 1.2 Animated Pattern...4 1.3 Precompose Multiple Layer...11 1.4 Mengolah Precomposition Layer...11 1.5 Motion

Lebih terperinci

MEMBUAT JAM ANALOG. By : gapra27

MEMBUAT JAM ANALOG. By : gapra27 MEMBUAT JAM ANALOG By : gapra27 Anda pasti sudah dapat membanyangkan bentuk dari jam analog itu seperti apa bentuknya. Disini kita akan membuat sebuah jam analog sederhana. Langkah-langkah untuk membuatnya

Lebih terperinci

Eko Purwanto WEBMEDIA Training Center Medan

Eko Purwanto WEBMEDIA Training Center Medan Menguasai Adobe Photoshop 7.0 Eko Purwanto epurwanto@webmediacenter.com WEBMEDIA Training Center Medan www.webmediacenter.com Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi

Lebih terperinci

ADOPE PHOTOSHOP CS. Adope photoshop CS merupakan aplikasi profesional dalam mengedit gambar standard.

ADOPE PHOTOSHOP CS. Adope photoshop CS merupakan aplikasi profesional dalam mengedit gambar standard. ADOPE PHOTOSHOP CS Adope photoshop CS merupakan aplikasi profesional dalam mengedit gambar standard. Memulai Adope Photoshop CS Saat sudah diinstall, Adope Photoshop CS bisa langsung diluncurkan dari komputer.

Lebih terperinci