1. MELIHAT AREA KERJA

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "1. MELIHAT AREA KERJA"

Transkripsi

1 1 Standar Kompetensi : 1. Menggunakan peerangkat lunak pembuat grafik. Kompetensi Dasar : 1.1. Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis Indikator Pencapaian: 1. Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis 2. Menerangkan fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis 3. Mengidentifikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis MENU DAN IKON (TOOLS) YANG TERDAPAT DALAM PERANGKAT LUNAK PEMBUAT GRAFIS ADOBE PHOTOSHOP CS 1. MELIHAT AREA KERJA Ketika pertama kali mengaktifkan program Adobe Photoshop CS, akan nampak area kerja terbagi menjadi beberapa bagian menu yaitu: Menu Bar, Option Bar, Toolbox, Pallet Well, dan Pallete. Menu bar: berisi menu-menu yang dapat membantu memudahkan dalam bekerja dan terorganisir sesuai dengan topik yang saat itu digunakan. Sebagai contoh, menu Layers berisi menu-menu yang berhubungan dengan Pallete Layers. Option bar: berisi informasi tentang tool yang saat itu digunakan. Toolbox: perangkat utama yang digunakan untuk membuat, mengedit gambar dan teks. Pallete well: membantu dalam menata beberapa palet yang digunakan. Pallete: membantu memonitor dan mengedit gambar (image). Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah ini:

2 2 A = Option bar, B = Toolbox, C = Status bar, D = Menu bar, E = Pallet Well, F = Pallet 2. TOOLBOX Menu Toolbox dibagi menjadi beberapa bagian: 2.1. Marquee Tool Rectangle Marquee Tool: untuk membuat seleksi berbentuk persegi. Elliptical Marquee Tool: untuk membuat seleksi berbentuk lingkaran. Single Row Marquee Tool: untuk membuat seleksi berbentuk garis horisontal.

3 3 Single Column Marquee Tool: untuk membuat seleksi berbentuk garis vertikal. Caranya: pilih salah satu tool yang disediakan kemudian letakkan pada image yang dimaksud. Klik mouse sambil menyeret ke area lain kemudian lepaskan Move Tool Untuk memindahkan objek (teks maupun grafik). Caranya: Aktifkan Move tool, lalu pilih objek yang ingin dipindahkan. Seret ke daerah lain.

4 Lasso Tool Lasso Tool: untuk membuat seleksi secara bebas (handsfree) Polygon Lasso Tool: untuk membuat seleksi Magnetic Lasso Tool: untuk membuat seleksi bebas berdasarkan tingkat kesamaan warna. Caranya: aktifkan salah satu tool (missal: Magic Lasso tool) dan tempatkan pada daerah yang ingin dibuat seleksi. Klik ujung Magnetic Lasso tool dan seret mouse mengelilingi daerah yang dimaksud.

5 Magic Wand Tool Untuk membuat seleksi berdasarkan kesamaan warna. Caranya: aktifkan tool tersebut kemudian aturlah beberapa spesifikasi pada menu option di bagian atas seperti tolerans (Tolerance), Antialis, Contigous, dan Sample All Layers. Semakin besar nilai pada Tolerance maka akan membuat seleksi sesuai kesamaan warna yang berdekatan Crop Tool Untuk membuang bagian dari image canvas yang tidak digunakan. Caranya: aktifkan Crop tool kemudian letakkan mouse pada daerah tertentu lalu seret ke daerah lain. Klik tanda centang di bagian atas jika sudah memilih atau tekan tombol Enter. Untuk memperkecil atau memperbesar area yang dipilih, klik

6 6 titik Nude di bagian kiri/kanan/atas/bawah dan seret ke tempat lain untuk membuat perubahan ukuran Slice Tool Untuk membuat irisan pada image menjadi beberapa bagaian secara otomatis. Teknik ini sangat diperlukan ketika menampilkan beberapa gambar di internet karena sebuah gambar akan dipotong menjadi beberapa bagian sehingga akan lebih cepat ditampilkan. Caranya: akifkan Slice tool kemudian buat seleksi berbentuk kotak pada gambar yang ingin dipotong. Buatlah irisan pada daerah lain dengan cara yang sama. Usahahan pemotongan selanjutnya tepat pada garis sebelumnya karena jika kurang atau melebihi daerah pemotongan sebelumnya maka secara otomatis akan membuat irisan lain.

7 Slice Select Tool Untuk memilih salah satu bagian yang telah dibuat Slice Tool. Caranya: tekan tombol Shift dan klik pada salah satu irisan untuk memilih bagian yang dimaksud 2.8. Healing Brush Tool Untuk memperbaiki bagian image yang cacat, kotor, maupun tergores dengan warna lain dengan cara menduplikasi dari warna atau pola pada bagian lain. Caranya: tekan tombol Alt sambil mengklik tombol mouse pada daerah yang ingin dijadikan sumber. Lepaskan tombol Alt, lalu goreskan pada daerah yang ingin diperbaiki/dihilangkan.

8 Pacth Tool Untuk memperbaiki bagian image yang cacat, kotor, maupun tergores dengan warna lain dengan cara memilih sumber warna/pola pada bagian lain. Caranya: aktifkan Patch tool, seleksi daerah yang ingin diperbaiki menggunak tool tersebut. Setelah terbentuk seleksi, seret ke daerah lain sebagai sumber untuk menutupi daerah yang kotor.

9 Spot Healing Brush Tool Tool ini dapat memindahkan noda/cacat secara cepat dan ketidaksempurnaan lain pada gambar. Spot Healing Brush tool bekerja dengan cara mengambil sampel dari gambar atau tekstur yang tepat, pencahayaan, dan pixel yang telah diperbaiki secara otomatis. Tidak sama dengan Healing Brush yang menutupi cacat dengan cara mengambil sampel yang kita tentukan, Spot Healing Brush secara otomatis mengambil sampel warna yang sesuai untuk menutupi daerah yang cacat. Caranya: aktifkan Spot Healing Brush tool, kemudian aturlahukuran brush dan tingkat ketajaman (hard). Selanjutnya, goreskan pada daerah yang kotor secara perlahan-lahan.

10 Red Eye Tool Seperti namanya, tool in dapat menghilangkan efek Red eye pada foto Anda. Caranya: aktifkan Red Eye tool, kemudian klik pada mata yang berwarna merah (Red Eye). Jika kurang puas dengan hasil yang telah dibuat, Anda dapat membatalkannya kemudian atur menu option di bagian atas. Aturah ukuran Pupil (Pupil Size) dan tingkat gelap pupil (Darken Pupil).

11 Brush Tool Untuk membuat goresan kuas ketika mewarnai objek. Terdapat 12 tipe brush yang dapat Anda pilih, dan tiap-tiap tipe memiliki 20 jenis brush yang berbeda bentuk dan ukurannya. Diantaranya ada yang berbentuk daun, bunga, rumput, dan berbentuk pena untuk membuat kaligrafi. Caranya: aktifkan Brush tool, lalu aturlah ukuran brush, tipe brush dan tingkat kepekatan (opacity) pada menu option di bagian atas. Selanjutnya pilihlah warna yang diinginkan Pencil Tool Untuk membuat garis secara bebas dengan goresan yang menyerupai sebuah pensil. Caranya: sama dengan Brush tool.

12 Clone Stamp Tool Untuk menggambar dari sampel pada sebuah image. Caranya: aktifkan Clone Stamp tool dan aturlah ukuran brush, pilih tipe yang lembut (Soft). Selanjutnya klik pada daerah yang akan dijadikan sampel sambil menekan tombol Alt. lalu klik pada daerah lain yang akan dijadikan target. Teknik ini biasanya digunakan untuk memanipulasi sebuah image ketika menambahkan objek yang sama.

13 Pattern Stamp Tool Untuk menggambar dari bagian atau pola yang telah diambil. Caranya: aktifkan Pattern Stamp tool, pilih ukuran dan tipe brush. Selanjutnya, pada menu option di bagian atas, tentukan jenis pola (pattern) yang digunakan untuk menggambar.

14 History Brush Tool Untuk mengembalikan objek pada posisi history tertentu. Tool in sangat berguna ketika mewarnai objek dengan brush kemudian ingin menghapusnya. Jika Anda menghapus menggunakan Eraser tool maka objek yang lain akan ikut terhapus. Caranya: aktifkan History Brush tool dan tentukan ukuran brush. Goreskan pada objek untuk menghilangkan bekas goresan brush.

15 Art History Brush Tool Untuk mewarnai objek berdasarkan history tertentu. Caranya: aktifkan Art History Brush tool dan aturlah ukuran brush. Pada menu option, aturlah beberapa spesifikasi (Opacity, Style, Type, dan Tolerance). Kemudian goreskan pada gambar secara perlahan-lahan Eraser Tool Untuk menghapus objek dan dapat mengembalikan objek yang sudah terhapus ke posisi semula. Caranya: aktifkan Eraser tool, pilih ukuran brush dan pilih tipe brush yang lembut (Soft), jika perlu perkecil tingkat kepekatan (opacity). Semakin kecil nilai opacity maka akan semakin lembut bagian tepi objek yang telah terhapus.

16 Background Eraser Tool Untuk menghapus latar belakang (background) agar menjadi trasparan.

17 17 Caranya: akifkan Background Eraser tool kemudian aturlah beberapa spesifikasi pada Option bar. Pada opsi Limits, pilih tipe Contiguous agar warna yang pertama kali terhapus menjadi acuan untuk menghapus warna berikutnya Magic Eraser Tool Untuk menghapus warna yang solid dengan cara mengklik sekali pada bagian tertentu. Caranya: aktifkan Magic Eraser tool, kemutian aturlah nilai Tolerance (semakin besar nilainya maka warna yang berdekatan akan ikut terhapus), Anti-alias (jika diberi tanda centang maka warna yang terhapus semakin lembut), Contiguous (jika diaktifkan, akan menghapus bagian lain), dan Sample All Layer (jika diaktifkan, semua layer di bawahnya ikut terhapus).

18 Gradient Tool Untuk mewarnai objek dengan warna gradasi dengan tipe linier, angle, reflected, dan diamond. Caranya: aktifkan Gradient tool dan tentukan tipe gradasi (linier, angle, reflected, dan diamond) pada menu Option. Selanjuntya, pilih warna gradasi, untuk membuat warna gradasi sendiri klik warna gradasi.

19 Paint Bucket Tool Untuk mengisi objek dengan warna foreground yang telah dipilih. Caranya: aktifkan Paint Bucket tool, pilih warna yang diinginkan. Klik pada daerah yang ingin diberi warna. Anda dapat pula menekan tombol Alt+Backspace secara bersamaan untuk memberi warna (berfungsi sebagai Shottcuts).

20 Blur Tool Untuk memperhalus bagian tepi sebuah image. Teknik ini juga sering digunakan untuk memperhalus bagian-bagian tertentu, misalnya memperhalus bagian wajah atau memperhalus pixel yang terlalu besar Caranya: aktifkan Blur tool, aturlah spesifikasi pada Option bar. Goreskan brush pada daerah yang ingin dibuat kabur (blur).

21 Sharpen Tool Untuk mempertajam bagian tepi sebuah image. Caranya: aktifkan Sharpen tool, aturlah spesifikasinya pada Option bar.

22 Smudge Tool Untuk membuat efek sentuhan jari pada cat basah. Teknik ini sering digunakan untuk menggambar secara digital. Caranya: aktifkan Smudge tool, tentukan ukuran dan tipe Brush (atur pula tingkat ketajaman). Aturlah Mode dan Strenght (radius efek goresan brush, semakin besar nilaninya maka akan bagian lain ikut terkena dampaknya) pada Option bar.

23 Dodge Tool Untuk memberikan warna terang pada daerah tertentu. Caranya: aktifkan Dodge tool, aturlah ukuran dan tipe brush, aturlah pula pada Strenght (semakin besar nilainya maka akan semakin terang).

24 Burn Tool Untuk memberikan warna yang gelap pada daerah tertentu dengan goresan brush. Caranya: sama seperti Dodge tool Sponge Tool Untuk meningkatkan saturation pada objek. Caranya: sama dengan Dodge tool Path Seletion Tool Untuk memilih dan mengedit path yang dinginkan. Caranya: aktifkan Path Selection tool, klik pada path yang telah dimaksud. Teknik ini biasa digunakan jika memiliki beberapa path.

25 Type Tool Untuk mengetik teks pada sebuah image secara vertical maupun horizontal. Caranya: pilih salah satu tipe Type tool (horizontal atau vertikal), pilih jenis font, warna font, dan ukuran font. Anda dapat pula membuat efek teks warped dengan beberapa bentuk pilihan.

26 Type Mask Tool Untuk membuat seleksi berbentuk huruf. Caranya: sama dengan Type tool Pen Tool Untuk membuat path yang dapat digunakan sebagai seleksi maupun alat gambar. Caranya: aktifkan Pen tool, dan aturlah Option bar untuk menentukan tipenya (Pen tool atau Freeform Pen tool), dan pilih salah satu bentuknya (Shape Layers, Path atau Fill Pixel).

27 Custom Shape Tool Untuk membuat bentuk shape tertentu dari daftar yang ditampilkan. Caranya: sama dengan Pen tool, dan dapat menentukan salah satu bentuk Shape yang diinginkan (Dingbats).

28 Eyedropper Tool Untuk mengambil sampel warna dalam sebuah image. Caranya: aktifkan Eyedropper tool, lalu klik pada daerah yang ingin diambil sampel warnanya. Umumnya, Anda hanya dapat mengambil sampel satu warna, namun Anda dapat pula mengambil beberapa sampel warna dengan cara menekan tombol Shift saat memilih warna. Maksimal sampel warna yang diambil secara bersamaan adalah 4.

29 Hand Tool Untuk memindahkan sebuah gambar bersama-sama dengan windows. Caranya: aktifkan Hand tool dan letakkan pada sebuah image. Geser tampilan windows untuk melihat daerah yang tak tampak Zoom Tool Untuk mengatur tampilan (perbesar atau perkecil) image. Caranya: aktifkan Zoom tool, dan buatlah seleksi untuk memperbesar daerah yang dimaksud. Untuk memperkecil tampilan, tekan tombol Alt sambil mengklik pada daerah yang dimaksud.

30 Foreground & Background Color Untuk menentukan warna foreground dan background. Caranya: klik pada ikon tersebut untuk memilih warna. Secara default, warna foreground & background adalah hitam dan putih. Untuk menukar posisinya, tekan huruf X pada keyoard.

Menggunakan Tool. Seperti telah dijelaskan pada bagian sebelumnya bahwa terdapat beberapa tambahan tool dan perubahan perintah pada versi terbaru.

Menggunakan Tool. Seperti telah dijelaskan pada bagian sebelumnya bahwa terdapat beberapa tambahan tool dan perubahan perintah pada versi terbaru. BAB 2 Menggunakan Tool Seperti telah dijelaskan pada bagian sebelumnya bahwa terdapat beberapa tambahan tool dan perubahan perintah pada versi terbaru. 1. MELIHAT AREA KERJA Ketika pertama kali mengaktifkan

Lebih terperinci

PENGENALAN ADOBE PHOTOSHOP

PENGENALAN ADOBE PHOTOSHOP 1 PENGENALAN ADOBE PHOTOSHOP Setelah mempelajari dan mempraktekkan sesi ini, diharapkan mampu : 1. Mengenal lingkungan kerja Adobe Photoshop. 2. Mampu menggunakan fasilitas-fasilitas utama yang ada di

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN PHOTOSHOP CS2

BAB I PENDAHULUAN PHOTOSHOP CS2 BAB I PENDAHULUAN PHOTOSHOP CS Photoshop merupakan aplikasi desain grafis yang sangat kompleks. Hasil olahan Photoshop dapat berupa iklan, poster, film, video games hingga animasi.. Memulai Photoshop CS

Lebih terperinci

ADOBE PHOTOSHOP PENGENALAN TOOLS

ADOBE PHOTOSHOP PENGENALAN TOOLS ADOBE PHOTOSHOP 7.0 1. PENGENALAN TOOLS Sebelum memulai menggunakan adobe photoshop untuk membuat suatu karya grafis, terlebih dahulu kita mengenal tools yang digunakan di dalam adobe photoshop. Tools

Lebih terperinci

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MENGGUNAKAN. Program Pengayaan SMA N 1 SRAGEN 2008/2009 Bekti Ratna Timur Astuti,S.Kom

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MENGGUNAKAN. Program Pengayaan SMA N 1 SRAGEN 2008/2009 Bekti Ratna Timur Astuti,S.Kom TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MENGGUNAKAN Program Pengayaan SMA N 1 SRAGEN 2008/2009 Bekti Ratna Timur Astuti,S.Kom Mengenal Adobe Photoshop 7 Menu Bar Title Bar Option Bar Option bar: berisi informasi

Lebih terperinci

KELAS XI IPA DAN IPS MAN SABDODADI BANTUL

KELAS XI IPA DAN IPS MAN SABDODADI BANTUL MODUL PHOTOSHOP CS KELAS XI IPA DAN IPS MAN SABDODADI BANTUL MENGENAL ADOBE PHOTOSHOP CS 1 2 3 7 8 9 10 4 5 6 Keterangan : No Nama No Nama 1 Title bar 6 Status Bar 2 Menu Bar 7 Navigator, Info, Histogram

Lebih terperinci

Adobe Photoshop CS3. Bagian 1 Dasar dasar

Adobe Photoshop CS3. Bagian 1 Dasar dasar Adobe Photoshop CS3 Bagian 1 Dasar dasar Bitmap dan Vector Grafik atau gambar bitmap atau secara teknis disebut grafik raster merepresentasi gambar melalui elemen yang disebut piksel. Gambar bitmap tergantung

Lebih terperinci

ADOBE PHOTOSHOP CS3. Euis Sutinah. Abstrak. Pendahuluan.

ADOBE PHOTOSHOP CS3. Euis Sutinah. Abstrak. Pendahuluan. ADOBE PHOTOSHOP CS3 Euis Sutinah euissutinah@ymail.com Abstrak Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolahdata, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi

Lebih terperinci

MENGGUNAKAN PROGRAM PENGOLAH GRAFIS

MENGGUNAKAN PROGRAM PENGOLAH GRAFIS GRAFIS BERBASIS BITMAP GRAFIS BERBASIS VEKTOR Standar Kompetensi: Menggunakan perangkat lunak pengolah grafis untuk menyajikan informasi Kompetensi Dasar: 1. Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat

Lebih terperinci

Chendra Hadi S.

Chendra Hadi S. Cepat Mahir Adobe Photoshop 8.0 chendrahadi@yahoo.com Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit),

Lebih terperinci

Mengenal Perangkat Adobe Photoshop

Mengenal Perangkat Adobe Photoshop Mengenal Perangkat Adobe Photoshop I Adobe Photoshop menyediakan tool-tool yang terintegrasi dan tertata secara praktis untuk menciptakan dan menghasilkan karya image. Bentuk grafik yang berdasarkan vektor

Lebih terperinci

1. TUJUAN Setelah menyelesaikan modul ini, Anda diharapkan mengenal dasar desain grafis secara umum sebagai pedoman untuk mendesain objek.

1. TUJUAN Setelah menyelesaikan modul ini, Anda diharapkan mengenal dasar desain grafis secara umum sebagai pedoman untuk mendesain objek. Modul 2 DESAIN GRAFIS 2 KOMPETENSI Setelah menyelesaikan modul ini, mahasiswa dapat memahami dasar-dasar dari desain grafis. 1. TUJUAN Setelah menyelesaikan modul ini, Anda diharapkan mengenal dasar desain

Lebih terperinci

1. Area Kerja Photoshop (ToolBox) Dibahas mengenai user interface Adobe Photoshop secara umum dan fungsi-fungsi tools pada toolbox Photoshop

1. Area Kerja Photoshop (ToolBox) Dibahas mengenai user interface Adobe Photoshop secara umum dan fungsi-fungsi tools pada toolbox Photoshop Cepat Mahir Adobe Photoshop 7.0 chendrahadi@yahoo.com Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit),

Lebih terperinci

BAB I MENGENAL ADOBE PHOTOSHOP Apa itu Adobe Photoshop?

BAB I MENGENAL ADOBE PHOTOSHOP Apa itu Adobe Photoshop? BAB I MENGENAL ADOBE PHOTOSHOP 1.1. Apa itu Adobe Photoshop? Adobe Photoshop adalah software pengolah gambar yang sangat powerfull dengan segala fasilitasnya. Hasil gambar olah dengan Adobe Photoshop ini

Lebih terperinci

PERANGKAT LUNAK DESAIN GRAFIS

PERANGKAT LUNAK DESAIN GRAFIS BAB XII PERANGKAT LUNAK DESAIN GRAFIS A. TUJUAN PEMBELAJARAN 1. Mengenalkan aplikasi photoshop sebagai salah satu aplikasi pembangun web 2. Mengenalkan komponen-komponen interface photoshop B. DASAR TEORI

Lebih terperinci

LATIHAN SOAL MID SEMESTER 1 MATA PELAJARAN TIK KELAS XII IPA DAN IPS Oleh : Gianto, SPd

LATIHAN SOAL MID SEMESTER 1 MATA PELAJARAN TIK KELAS XII IPA DAN IPS Oleh : Gianto, SPd LATIHAN SOAL MID SEMESTER 1 MATA PELAJARAN TIK KELAS XII IPA DAN IPS Oleh : Gianto, SPd 1. Sebuah gambar jika diperbesar akan tetap kelihatan solid, tidak kabur dan pecah, merupakan ciri-ciri image yang

Lebih terperinci

Mengenal Lingkungan Kerja Adobe Photoshop CS5

Mengenal Lingkungan Kerja Adobe Photoshop CS5 Mengenal Lingkungan Kerja Adobe Photoshop CS5 Untuk memahami dan mengenal lebih dekat tentang Adobe Photoshop dan sebelum melakukan proses pengolahan objek-objek atau gambar statik, ada baiknya kita mengenal

Lebih terperinci

1 Photoshop Tutorial Ari Saputro S. Kom. Adobe PHOTOSHOP

1 Photoshop Tutorial Ari Saputro S. Kom. Adobe PHOTOSHOP 1 Photoshop Tutorial Adobe PHOTOSHOP 2 Photoshop Tutorial BAB II DASAR PENGGUNAAN PHOTOSHOP Layer Lapisan yang digunakan sebagai pemisah gambar yang bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam meng-edit

Lebih terperinci

SOAL PILIHAN GANDA PREDIKSI UAS GENAP PENGOLAHAN CITRA DIGITAL KELAS XI MULTIMEDIA

SOAL PILIHAN GANDA PREDIKSI UAS GENAP PENGOLAHAN CITRA DIGITAL KELAS XI MULTIMEDIA SOAL PILIHAN GANDA PREDIKSI UAS GENAP PENGOLAHAN CITRA DIGITAL KELAS XI MULTIMEDIA PILIHLAH JAWABAN YANG PALING TEPAT 1. Suatu bidang ilmu yang mempelajari bagaimana membangun dan merancang objek visual

Lebih terperinci

MODUL PELATIHAN MEDIA PUBLIKASI ADOBE PHOTOSHOP CS6

MODUL PELATIHAN MEDIA PUBLIKASI ADOBE PHOTOSHOP CS6 MODUL PELATIHAN MEDIA PUBLIKASI ADOBE PHOTOSHOP CS6 Part 1 Selamat Membaca^^ A. Pengenalan Adobe Photoshop Adobe Photoshop merupakan perangkat lunak editor citra yang dibuat oleh Adobe Systems yang dikhususkan

Lebih terperinci

AREA KERJA ADOBE PHOTOSHOP CS3

AREA KERJA ADOBE PHOTOSHOP CS3 AREA KERJA ADOBE PHOTOSHOP CS3 B C D F A E Keterangan : A: ToolBox B: Menu Bar C: Tool Option Bar D: Area Gambar E : Status Bar F : Pallete 1 MENU BAR Berikut adalah menu-menu yang terdapat pada Adobe

Lebih terperinci

Ketika ingin mengambil salah satu objek dalam sebuah foto/gambar tentu merasa kesulitan. Objek yang diambil sebesar objek tersebut.

Ketika ingin mengambil salah satu objek dalam sebuah foto/gambar tentu merasa kesulitan. Objek yang diambil sebesar objek tersebut. BAB 5 Teknik Seleksi Ketika ingin mengambil salah satu objek dalam sebuah foto/gambar tentu merasa kesulitan. Objek yang diambil sebesar objek tersebut. Dari contoh gambar di atas, Anda tentu merasa kesulitan

Lebih terperinci

Modul 1 Pengenalan Photoshop I

Modul 1 Pengenalan Photoshop I Modul 1 Pengenalan Photoshop I 1.1 Tujuan a. Mahasiswa dapat mengoperasikan komponen photoshop b. Mahasiswa dapat membuat picture berbasis web c. Mahasiswa dapat mendesain grafis berbasis web 1.2 Materi

Lebih terperinci

Bab 11- Manipulasi Gambar Dengan Photoshop. Oleh: Liharman Pandiangan

Bab 11- Manipulasi Gambar Dengan Photoshop. Oleh: Liharman Pandiangan Bab 11- Manipulasi Gambar Dengan Photoshop Oleh: Liharman Pandiangan 1 Pokok Bahasan Area Kerja Photoshop (ToolBox): mengenai user interface Adobe Photoshop secara umum dan fungsi-fungsi tools pada toolbox

Lebih terperinci

Pengolahan Gambar Bitmap Dengan Photoshop

Pengolahan Gambar Bitmap Dengan Photoshop Pengolahan Gambar Bitmap Dengan Photoshop Kuliah VI Design Grafis Iwan Sonjaya, ST.MMT.MT 1 Pokok Bahasan Area Kerja Photoshop (ToolBox): mengenai user interface Adobe Photoshop secara umum dan fungsi-fungsi

Lebih terperinci

Mengenal Photoshop. 2.1 Mengenal Interface

Mengenal Photoshop. 2.1 Mengenal Interface Mengenal Photoshop Photoshop sudah sangat populer sebagai software terbaik untuk melakukan editing foto. Bagi Anda pencinta desain grafis, Photoshop telah dinilai unggul dalam segala segi dan lebih banyak

Lebih terperinci

2. Rectangular Marquee Tool (M), Untuk membuat seleksi berbentuk kotak persegi empat.

2. Rectangular Marquee Tool (M), Untuk membuat seleksi berbentuk kotak persegi empat. No. LST/EKA/PTI 236/01 Revisi : 01 Feb 2011 Hal 1 dari 14 A. Kompetensi Setelah mengiktui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan mengoperasikan toolbox dan mengaplikasikan dalam pengeditan

Lebih terperinci

Photoshop CC 2017 & CorelDRAW 2017

Photoshop CC 2017 & CorelDRAW 2017 Photoshop CC 2017 & CorelDRAW 2017 Sanksi Pelanggaran Pasal 113 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta 1. Setiap Orang yang dengan tanpa hak melakukan pelanggaran hak ekonomi sebagaimana dimaksud

Lebih terperinci

PENGABDIAN MASYARAKAT DI DINAS PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI DAN INFORMASI KAB. PURBALINGGA

PENGABDIAN MASYARAKAT DI DINAS PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI DAN INFORMASI KAB. PURBALINGGA PENGABDIAN MASYARAKAT DI DINAS PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI DAN INFORMASI KAB. PURBALINGGA Materi : Desain Grafis Dengan Photoshop Senin, 13 April 2015 I. PENGENALAN DASAR PHOTOSHOP 1.1. Lingkungan Kerja Photoshop

Lebih terperinci

MENGENAL ADOBE PHOTOSHOP

MENGENAL ADOBE PHOTOSHOP MENGENAL ADOBE PHOTOSHOP Asriyani Abstrak Adobe Photoshop atau biasa disebut dengan photoshop adalah salah satu software editor citra buatan, adobe system yang dikhususkan untuk pengeditan foto, gambar

Lebih terperinci

MAKALAH TOOLS DAN FUNGSI CORELDRAW,PHOTOSHOP,DREAM WEAVER WEB & GRAPHICS DESIGN

MAKALAH TOOLS DAN FUNGSI CORELDRAW,PHOTOSHOP,DREAM WEAVER WEB & GRAPHICS DESIGN MAKALAH TOOLS DAN FUNGSI CORELDRAW,PHOTOSHOP,DREAM WEAVER WEB & GRAPHICS DESIGN NAMA : HENI FAIZAH NIM : 201202029 POLITEKNIK LP3I BANDUNG BAB I FUNGSI TOOL BOX DI COREL DRAW X4 1. Pick Tool Pick tool

Lebih terperinci

TEKNIK GRAFIS KOMUNIKASI JILID 3

TEKNIK GRAFIS KOMUNIKASI JILID 3 Pujiyanto TEKNIK GRAFIS KOMUNIKASI JILID 3 SMK Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Hak Cipta pada Departemen

Lebih terperinci

3. Gambar yang membentuk obyek berdasarkan komposisi unsur titik disebut a. Grafis b. Animasi c. Bitmap d. Objek e. Vektor

3. Gambar yang membentuk obyek berdasarkan komposisi unsur titik disebut a. Grafis b. Animasi c. Bitmap d. Objek e. Vektor EKSKUL KOMPUTER SMA NEGERI 34 JAKARTA SOAL UJIAN GRAFIS SEMESTER GANJIL 2014 1. Sofware aplikasi pengolah vektor selain Coreldraw adalah... a. Photo Paint b. Adobe Photoshop c. Macromedia Freehand d. Macromedia

Lebih terperinci

A : Menu Bar, berisi perintah utama untuk membuka file, save, mengubah ukuran gambar, filter dan lain-lain.

A : Menu Bar, berisi perintah utama untuk membuka file, save, mengubah ukuran gambar, filter dan lain-lain. MODUL PHOTOSHOP CS3 BAB I MENGENAL ADOBE PHOTOSHOP 1.1. Apa itu Adobe Photoshop? Adobe Photoshop adalah software pengolah gambar yang sangat powerfull dengan segala fasilitasnya. Hasil gambar olah dengan

Lebih terperinci

Bab 1 Dasar-Dasar Photoshop

Bab 1 Dasar-Dasar Photoshop Dasar-Dasar Photoshop Pada bahasan pertama ini akan diulas secara sekilas tentang aplikasi Photoshop yang terdiri atas lingkungan kerjanya, komponen, tombol perintah dan keterangan fungsi, beserta opsi

Lebih terperinci

Membuat Gambar Kolase Menggunakan Blending Mode

Membuat Gambar Kolase Menggunakan Blending Mode Hasil akhir efek polusi Membuat Gambar Kolase Menggunakan Blending Mode Jika Anda melihat sebuah bingkai yang berisi beberapa gambar dalam satu background, maka kumpulan foto atau gambar disebut dikenal

Lebih terperinci

Mengenal Panel-Panel Pada Photoshop CS6 & Fungsinya

Mengenal Panel-Panel Pada Photoshop CS6 & Fungsinya UnlabelledĀ» Mengenal Panel-Panel Pada Photoshop CS6 & Fungsinya Mengenal Panel-Panel Pada Photoshop CS6 & Fungsinya Posted by PHOTOSHOP Berikut adalah panel-panel yang ada pada photoshop cs6 1.Panel Tools

Lebih terperinci

TEKNIK GRAFIS JILID 3 SMK. Pujiyanto

TEKNIK GRAFIS JILID 3 SMK. Pujiyanto Pujiyanto TEKNIK GRAFIS KOMUNIKASI JILID 3 SMK Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Hak Cipta pada Departemen

Lebih terperinci

PENGENALAN ADOBE PHOTOSHOP

PENGENALAN ADOBE PHOTOSHOP PENGENALAN ADOBE PHOTOSHOP Adobe Photoshop CS3 merupakan program pengolah gambar secara digitalterpopuler saat ini. Dengan Adobe Photoshop CS3 anda dapat mengolah foto biasayang telah anda scan menjadi

Lebih terperinci

TEKNIK GRAFIS JILID 3 SMK. Pujiyanto

TEKNIK GRAFIS JILID 3 SMK. Pujiyanto Pujiyanto TEKNIK GRAFIS KOMUNIKASI JILID 3 SMK Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Hak Cipta pada Departemen

Lebih terperinci

Latihan Menggunakan Polygonal Lasso Tool Latihan Menggunakan Quick Mask Mode Latihan Menggunakan Filter Extract...77

Latihan Menggunakan Polygonal Lasso Tool Latihan Menggunakan Quick Mask Mode Latihan Menggunakan Filter Extract...77 Daftar Isi Kata Pengantar...vii Daftar Isi...ix Bab 1 Latihan Menggunakan Magic Wand Tool...1 Bab 2 Latihan Menggunakan Rectangular Marquee Tool...11 2.1 Feather...16 2.2 New, Add, Subtract, dan Intersect...22

Lebih terperinci

3. Klik Horizontal Type Tool yang ada dalam toolbox 4. Lihat option bar, lalu pilih dan atur nilai-nilai pada option bar sehingga seperti:

3. Klik Horizontal Type Tool yang ada dalam toolbox 4. Lihat option bar, lalu pilih dan atur nilai-nilai pada option bar sehingga seperti: Latihan 6 (Membuat Tulisan dengan Efek Bayangan) 1. Jalankan Adobe Photoshop 7. 2. Buatlah sebuah file baru. Beri nama file tersebut dengan nama anda masing-masing. Aturlah konfigurasi lembar kerja pada

Lebih terperinci

Retouching & Restore. Selanjutnya anda klik pada bagian noda yang ingin dihilangkan, misalnya pada jerawat dan flek di bagian dahi

Retouching & Restore. Selanjutnya anda klik pada bagian noda yang ingin dihilangkan, misalnya pada jerawat dan flek di bagian dahi Retouching & Restore 1. Bekerja dengan Retouching Tool Spot Healing Brush Tool, Healing Brush Tool, dan Patch Tool merupakan tool yang paling banyak dipakai untuk melakukan Retouching tahap awal. a. Spot

Lebih terperinci

2/27/2017. Gimp adalah GNU Image Manipulation Program Perangkat lunak desain grafis berbasis bitmap Bersifat open source Tidak untuk editing vector

2/27/2017. Gimp adalah GNU Image Manipulation Program Perangkat lunak desain grafis berbasis bitmap Bersifat open source Tidak untuk editing vector PELATIHAN GIMP 11 12 Februari 2017 BLC Pos Pengumben Oleh : Tyas Irawan APA ITU GIMP? Gimp adalah GNU Image Manipulation Program Perangkat lunak desain grafis berbasis bitmap Bersifat open source Tidak

Lebih terperinci

Transforming & Retouching

Transforming & Retouching BAB 6 Transforming & Retouching Anda dapat mengubah skala, memutar, mencondongkan, mendistorsi objek, dan digunakan pada salah satu layer maupun beberapa layer, mask, path, maupun channel. Dalam Adobe

Lebih terperinci

Tutorial Adobe Photoshop Komplit

Tutorial Adobe Photoshop Komplit Tutorial Adobe Photoshop Komplit 28 Maret 2008 in Webdesign, design grafis, tips, trik Tags: design grafis, tutorial, tutorial adobe photoshop, Webdesign Foto-foto artis seperti Sandra Dewi & Nia Ramadhani,

Lebih terperinci

Bab 2 Editing Foto. Tool Menggambar

Bab 2 Editing Foto. Tool Menggambar Bab 2 Editing Foto Tool Menggambar Menggambar di Photoshop tidaklah serumit yang Anda kira. Di bawah adalah beberapa konsep dan tool dasar menggambar yang harus Anda pahami. a c d b a. Ada empat tool menggambar,

Lebih terperinci

Mengekspos Sinar Matahari dan Bulan

Mengekspos Sinar Matahari dan Bulan Mengekspos Sinar Matahari dan Bulan Pada pembahasan berikut ini, Anda akan mempelajari teknik aplikasi Photoshop yang digunakan untuk membuat desain kreatif, sehingga Anda akan mendapatkan gambar yang

Lebih terperinci

Mahadji, Kinta

Mahadji, Kinta Shortcut keyboard pada Photoshop Mahadji, Kinta Mahadji_kinta@yahoo.com http://kintamahadji.wordpress.com Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan

Lebih terperinci

MODUL IV APLIKASI MULTIMEDIA

MODUL IV APLIKASI MULTIMEDIA MODUL IV APLIKASI MULTIMEDIA 4.1 TUJUAN Praktikan dapat mengenal fitur fitur di Adobe Photoshop Praktikan dapat menggunakan dan memanipulasi image dengan Adobe Photoshop 4.2 DASAR TEORI Adobe Photoshop,

Lebih terperinci

Mari Belajar Gimp. versi 2.8 Bagian 2 : Mengenal Toolbox. Oleh: Wahyu Setiyono

Mari Belajar Gimp. versi 2.8 Bagian 2 : Mengenal Toolbox. Oleh: Wahyu Setiyono Mari Belajar Gimp versi 2.8 Bagian 2 : Mengenal Toolbox Oleh: Wahyu Setiyono Rangkuman Pada tulisan ini akan membahas tentang perkenalan Toolbox dari gambarnya sampai pada fungsinya 1. Toolbox ini sering

Lebih terperinci

Mari kita mulai! Langkah 1: Tambahkan Kosong New Layer

Mari kita mulai! Langkah 1: Tambahkan Kosong New Layer Photoshop tutorial, kita akan mempelajari cara mudah membuat dan menambahkan petir untuk gambar dengan Photoshop! Ada beberapa cara yang berbeda untuk membuat petir menggunakan Photoshop. Cara kita akan

Lebih terperinci

PENGENALAN ADOBE PHOTOSHOP CS

PENGENALAN ADOBE PHOTOSHOP CS PENGENALAN ADOBE PHOTOSHOP CS Oleh : Sigit Eko Setianto, S.Si. e-mail : sigit@ilmuphotoshop.com www.ilmuphotoshop.com TUTORIAL E-BOOK ADOBE PHOTOSHOP CS Oleh : SIGIT EKO SETIANTO. http//www.ilmuphotoshop.com

Lebih terperinci

TIK CERDA S. Adobe Photoshop MODUL ADOBE PHOTOSHOP TIK CERDAS. TIK CERDAS Surabaya, Indonesia

TIK CERDA S. Adobe Photoshop MODUL ADOBE PHOTOSHOP TIK CERDAS. TIK CERDAS Surabaya, Indonesia TIK CERDA S Adobe Photoshop MODUL ADOBE PHOTOSHOP Surabaya, Indonesia Memulai adobe photoshop cs 4 1. Klik menu file new 2. Atur ukuran dokumen sesuai kebutuhan, setelah itu klik ok 3. Mengenal elemen

Lebih terperinci

BAB II Pengantar Layers

BAB II Pengantar Layers BAB II Pengantar Layers A. Dasar-Dasar Layers Layers merupakan lapisan yang berfungsi sebagai tempat objek, diibaratkan sebagai kanvas. Dengan adanya Layers, memungkinkan Anda untuk mengedit sebuah objek

Lebih terperinci

Bekerja dengan Layers

Bekerja dengan Layers BAB 7 Bekerja dengan Layers 1. DASAR-DASAR LAYERS Layers merupakan lapisan yang berfungsi sebagai tempat objek, diibaratkan sebagai kanvas. Dengan adanya Layers, memungkinkan Anda untuk mengedit sebuah

Lebih terperinci

Eko Purwanto WEBMEDIA Training Center Medan

Eko Purwanto WEBMEDIA Training Center Medan Menguasai Adobe Photoshop 7.0 Eko Purwanto epurwanto@webmediacenter.com WEBMEDIA Training Center Medan www.webmediacenter.com Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi

Lebih terperinci

5. Pada gambar di samping untuk memberikan efek timbul maka menggunakan... a. Color Overlay

5. Pada gambar di samping untuk memberikan efek timbul maka menggunakan... a. Color Overlay 1. Fungsi dari adobe photoshop adalah... a. Mengolah gambar/foto b. Membuat aplikasi c. Mengolah kata d. Mengolah angka e. Presentasi 2. Submenu blur berada pada menu... a. Image b. Filter c. Select d.

Lebih terperinci

Membuat Tombol Enter dengan Menggunakan Adobe Photoshop Oleh : Tomy Meilando

Membuat Tombol Enter dengan Menggunakan Adobe Photoshop Oleh : Tomy Meilando Membuat Tombol Enter dengan Menggunakan Adobe Photoshop Oleh : Tomy Meilando Pembuatan tombol enter di bawah ini adalah pembuatan tombol dengan menggunakan alat seleksi lingkaran dan gradient, langkah-langkah

Lebih terperinci

Standar Kompetensi : 1. Menggunakan peerangkat lunak pembuat grafik. Kompetensi Dasar

Standar Kompetensi : 1. Menggunakan peerangkat lunak pembuat grafik. Kompetensi Dasar 1 Standar Kompetensi : 1. Menggunakan peerangkat lunak pembuat grafik. Kompetensi Dasar : 1.2. Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis Adobe Photoshop Indikator Pencapaian:

Lebih terperinci

Graphic Desaign dengan Adobe Photoshop

Graphic Desaign dengan Adobe Photoshop Graphic Desaign dengan Adobe Photoshop 1 SOFTWARE DESAIN GRAFIS Dalam merancang sebuah brosur, kita tidak bisa lepas dari perangkat lunak untuk mengolah gambar (image) sebagai bagian dari brosur tsb. Ada

Lebih terperinci

City Hunter. Project 1

City Hunter. Project 1 Project 1 City Hunter Project pertama ini akan membahas teknik sederhana membuat komposisi gambar, kita akan menggunakan 3 stock gambar dalam pembuatannya. Lukis manual dengan Brush menjadi salah satu

Lebih terperinci

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LAB SHEET PRAKTIK MEDIA DIGITAL

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LAB SHEET PRAKTIK MEDIA DIGITAL No. LST/EKA/PTI 236/02 Revisi : 01 Feb 2011 Hal 1 dari 5 A. Kompetensi Setelah mengiktui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan untuk mengkreasikan background, membuat tulisan, membuat

Lebih terperinci

Setelah Anda mempelajari penggunaan umum photoshop, Untuk lebih detil penggunaan Tool photoshop sbb:

Setelah Anda mempelajari penggunaan umum photoshop, Untuk lebih detil penggunaan Tool photoshop sbb: Setelah Anda mempelajari penggunaan umum photoshop, Untuk lebih detil penggunaan Tool photoshop sbb: RETOUCHING TOOL 1. Healing Brush Tool 1. Healing Brush Tool Healing Brush Tool digunakan untuk memperbaiki

Lebih terperinci

DAFTAR ISI BAB 1 Menyeleksi Menjadi Lebih Mudah... 1 BAB 2 Seleksi Cara Tradisional... 5

DAFTAR ISI BAB 1 Menyeleksi Menjadi Lebih Mudah... 1 BAB 2 Seleksi Cara Tradisional... 5 DAFTAR ISI Kata Pengantar... v Daftar Isi... vii BAB 1 Menyeleksi Menjadi Lebih Mudah... 1 1.1 Esensi Seleksi... 2 1.2 Menguasai Dunia Photoshop CS2... 3 BAB 2 Seleksi Cara Tradisional... 5 2.1 Menyeleksi

Lebih terperinci

Membuat Frame (Gaussian Blur)

Membuat Frame (Gaussian Blur) Tips Modifikasi Foto Dengan Effek Blur Pada Photoshop chibigopan@yahoo.com Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan

Lebih terperinci

Mari Belajar Gimp. versi 2.8 Bagian 2 : Mengenal Toolbox. Oleh: Wahyu Setiyono

Mari Belajar Gimp. versi 2.8 Bagian 2 : Mengenal Toolbox. Oleh: Wahyu Setiyono Mari Belajar Gimp versi 2.8 Bagian 2 : Mengenal Toolbox Oleh: Wahyu Setiyono Rangkuman Pada tulisan ini akan membahas tentang perkenalan Toolbox dari gambarnya sampai pada fungsinya 1. Toolbox ini sering

Lebih terperinci

BAB 4 PROSES PENGEMBANGAN

BAB 4 PROSES PENGEMBANGAN BAB 4 PROSES PENGEMBANGAN Pada bagian ini kita akan membahas tentang teknik pengembangan situs sesuai dengan sketsa yang telah dibuat sebelumnya. Proses pengembangan diawali dengan pembuatan layout halaman

Lebih terperinci

Tutorial Membuat Website dengan Photoshop CS2

Tutorial Membuat Website dengan Photoshop CS2 Tutorial Membuat Website dengan Photoshop CS2 Posted by Slamet Riyanto Web yang sering dikunjungi orang merupakan nilai plus bagi seorang web designer. Banyaknya pengunjung yang datang dapat dijadikan

Lebih terperinci

Adobe Photoshop. Keunggulan Adobe Photoshop

Adobe Photoshop. Keunggulan Adobe Photoshop Adobe Photoshop Adobe Photoshop adalah Software (Perangkat Lunak) buatan Adobe Systems yang digunakan untuk pengeditan foto/gambar, termasuk pembuatan efek grafis. Adobe Photoshop sering digunakan oleh

Lebih terperinci

MARI MENGENAL PHOTOSHOP DASAR-DASAR PHOTOSHOP UNTUK PEMULA. Leo Ari Wibowo.

MARI MENGENAL PHOTOSHOP DASAR-DASAR PHOTOSHOP UNTUK PEMULA. Leo Ari Wibowo. MARI MENGENAL PHOTOSHOP DASAR-DASAR PHOTOSHOP UNTUK PEMULA Leo Ari Wibowo http://majuter.us 1 MARI MENGENAL PHOTOSHOP DASAR-DASAR PHOTOSHOP UNTUK PEMULA Leo Ari Wibowo leoariwibowo@majuter.us http://majuter.us

Lebih terperinci

PROGRAM APLIKASI PEMBUAT GRAFIS

PROGRAM APLIKASI PEMBUAT GRAFIS JOHN PAUL S SCHOOL PHOTOSHOP PROGRAM APLIKASI PEMBUAT GRAFIS Pada era Teknologi yang semakin pesat, kebutuhan suatu aplikasi sangatlah penting. Sehingga pembuatan aplikasi media informasi digital seperti

Lebih terperinci

Kreasi Bingkai Gokil

Kreasi Bingkai Gokil 1 Kreasi Bingkai Gokil Bab ini membahas: Kreasi Foto Wajah dalam Bingkai Mata Kreasi Foto Wajah dalam Bingkai Blackhole Kreasi Foto Wajah dalam Bingkai Mulut Kreasi Foto Wajah dalam Bingkai Telapak Tangan

Lebih terperinci

Langkah pembuatan efek foto blending dengan Photoshop

Langkah pembuatan efek foto blending dengan Photoshop Langkah pembuatan efek foto blending dengan Photoshop Langkah 1 Buatlah sebuah file baru dengan Photoshop. Caranya ya dengan memilih menu File > New. Saat muncul kotak dialog New, silahkan diisi dengan

Lebih terperinci

Untuk keluarga kecilku, tanpa kalian tidak ada aku yang sekarang. Terima kasih.

Untuk keluarga kecilku, tanpa kalian tidak ada aku yang sekarang. Terima kasih. Untuk semua komikus Indonesia, baik pemula maupun profesional, marilah bersama-sama memajukan komik Indonesia, tanpa mempermasalahkan perbedaan style, atau mengotak-ngotakkan gender. Untuk keluarga kecilku,

Lebih terperinci

Menambahkan Efek Cuaca pada Gambar

Menambahkan Efek Cuaca pada Gambar Menambahkan Efek Cuaca pada Gambar Pada bab ketujuh ini Anda akan mempelajari penambahan spesial efek pada gambar untuk memberikan tampilan akhir gambar yang mempunyai ekspresi pengaruh dari cuaca terhadap

Lebih terperinci

Gajah Bermata Satu. Project 1

Gajah Bermata Satu. Project 1 Project 1 Gajah Bermata Satu Dalam project pertama ini kita akan membuat manipulasi gajah yang mempunyai mata satu, mungkin di kehidupan nyata ini jarang terjadi namun dengan Photoshop kita bisa membuatnya.

Lebih terperinci

Tampilan slide presentasi untuk industri kreatif dengan tema fresh

Tampilan slide presentasi untuk industri kreatif dengan tema fresh BAB 6 FRESH Tampilan slide presentasi untuk industri kreatif dengan tema fresh Slide presentasi kini tidak hanya bisa diciptakan melalui software atau program khusus seperti MS PowerPoint, tetapi juga

Lebih terperinci

Materi Design Grafis. Adobe photoshop. sebagai materi acuan Semester-1 - kelas XII IPA/IPS Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK)

Materi Design Grafis. Adobe photoshop. sebagai materi acuan Semester-1 - kelas XII IPA/IPS Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) Materi Design Grafis Adobe photoshop sebagai materi acuan Semester-1 - kelas XII IPA/IPS Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) Oleh : Teguh Pramono,S.Pd. e-mail : teguhsmansas@yahoo.com SMA NEGERI 1 SRAGEN

Lebih terperinci

Mengganti Warna Background Pas Foto dengan Menggunakan

Mengganti Warna Background Pas Foto dengan Menggunakan Mengganti Warna Background Pas Foto dengan Menggunakan Adobe Photoshop Oleh : Tomy Meilando Selamat datang di tutorial mengganti warna background pas foto dengan menggunakan software adobe photoshop. Tutorial

Lebih terperinci

6.1 Praktek Penggunaan Panel Layer

6.1 Praktek Penggunaan Panel Layer 6.1 Praktek Penggunaan Panel Layer Untuk melakukan editing di Adobe Photoshop yang harus diperhatikan dan minimal menguasai dan mengenal tab layer yang disediakan, karena tab layer tersebut merupakan map

Lebih terperinci

BAB 3 Tip dan Trik Seputar Tool

BAB 3 Tip dan Trik Seputar Tool BAB 3 Tip dan Trik Seputar Tool Tombol-Tombol yang Ada di Zoom Tool Jika Anda mengaktifkan Zoom Tool maka ada empat buah tombol di dalam toolbar. Keempat tombol itu berfungsi untuk memperbesar atau mengecilkan

Lebih terperinci

DESIGN IKLAN SEPATU. 1. Buka aplikasi Photoshop CS5, kemudian atur kanvas sehingga berukuran 1024 x 768 px dan pilih warna putih sebagai background.

DESIGN IKLAN SEPATU. 1. Buka aplikasi Photoshop CS5, kemudian atur kanvas sehingga berukuran 1024 x 768 px dan pilih warna putih sebagai background. DESIGN IKLAN SEPATU 1. Buka aplikasi Photoshop CS5, kemudian atur kanvas sehingga berukuran 1024 x 768 px dan pilih warna putih sebagai background. 2. Simpan dengan nama Design Iklan Sepatu. 3. Ubahlah

Lebih terperinci

Belajar Dasar Illustrator : Apa itu Illustrator?

Belajar Dasar Illustrator : Apa itu Illustrator? Belajar Dasar Illustrator : Apa itu Illustrator? Illustrator merupakan program untuk menggambar, pada umumnya illustrator digunakan untuk menggambar vektor ( gambar ilustrasi, diagram, logo, gambar kartun,

Lebih terperinci

Mengenal Adobe Photoshop CS3

Mengenal Adobe Photoshop CS3 Bab 1 Mengenal Adobe Photoshop CS3 Bab ini akan membahas sekilas dasar-dasar Photoshop CS3. Kebanyakan pembahasan ini disediakan untuk para newby, tapi saya tambahkan juga beberapa tip dan trik yang pasti

Lebih terperinci

Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 404 hlm Harga: Rp Terbit pertama: Februari 2005 Sinopsis singkat:

Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 404 hlm Harga: Rp Terbit pertama: Februari 2005 Sinopsis singkat: Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 404 hlm Harga: Rp 47.800 Terbit pertama: Februari 2005 Sinopsis singkat: Adobe Photoshop adalah salah satu produk andalan dari Adobe Corporation. Sebuah perusahaan

Lebih terperinci

Bab 3. Adobe Photoshop, Program Pengolah Foto

Bab 3. Adobe Photoshop, Program Pengolah Foto t Bab 3 Adobe Photoshop, Program Pengolah Foto Sumber: img142.imageshack.us Kata Kunci Layer, toolbar, image, panel, dan seleksi Jika Anda perhatikan gambar mata kucing di atas, warna kedua matanya terlihat

Lebih terperinci

Silent Blue. Project 1

Silent Blue. Project 1 Project 1 Silent Blue Dalam Project Silent Blue ini, Anda akan diajak untuk menggunakan tool-tool yang kerap digunakan dalam mengolah foto digital (retouching), yaitu: Burn tool dan Dodge tool. Project

Lebih terperinci

Slamet Riyanto

Slamet Riyanto Teknik Membuat Web Profesional dengan Photoshop Slamet Riyanto kangmas@slametriyanto.web.id http://slametriyanto.web.id Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi

Lebih terperinci

Dasar-Dasar Menggambar dengan Flash (Objek dan Teks) Oleh: Ali Mahmudi

Dasar-Dasar Menggambar dengan Flash (Objek dan Teks) Oleh: Ali Mahmudi Dasar-Dasar Menggambar dengan Flash (Objek dan Teks) Oleh: Ali Mahmudi Mengenal Macromedia Flash. Macromedia Flash MX merupakan perangkat lunak untuk merancang grafis dan animasi. Macromedia Flash MX merupakan

Lebih terperinci

Memanipulasi & Editing Image dengan Adobe Photoshop

Memanipulasi & Editing Image dengan Adobe Photoshop Memanipulasi & Editing Image dengan Adobe Photoshop Asep Gumelar Adobe Photoshop adalah suatu program gambar atau manipulasi image yang diciptakan oleh Adobe system Incorporate. Aplikasi serupa yang dapat

Lebih terperinci

BAB II MEMBUAT OBJEK DASAR PADA GIMP

BAB II MEMBUAT OBJEK DASAR PADA GIMP BAB II MEMBUAT OBJEK DASAR PADA GIMP STANDARD KOMPETENSI Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis bitmap dan vektor. KOMPETENSI DASAR Membuat dan mengedit gambar bitmap. PENGANTAR BAB Karya grafis, baik

Lebih terperinci

PRAKTIKUM 01: DASAR-DASAR PEMBUATAN OBJEK FLASH. Menu Timeline Panel

PRAKTIKUM 01: DASAR-DASAR PEMBUATAN OBJEK FLASH. Menu Timeline Panel PRAKTIKUM 01: DASAR-DASAR PEMBUATAN OBJEK FLASH A. Mengenal Area Kerja Flash Menu Timeline Panel Tool Box Properties Stage Keterangan: Menu, berisi kumpulan instruksi atau perintah yang digunakan dalam

Lebih terperinci

MENGENAL TOOLS PADA ADOBE ILLUSTRATOR

MENGENAL TOOLS PADA ADOBE ILLUSTRATOR MENGENAL TOOLS PADA ADOBE ILLUSTRATOR Fina Vindi Lestari fin@raharj.info Abstrak Adobe Illustrator adalah sebuah program perangkat lunak menggambar diciptakan oleh Adobe Systems yang menggunakan vektor.

Lebih terperinci

BAB IV HASIL KERJA PRAKTEK

BAB IV HASIL KERJA PRAKTEK BAB IV HASIL KERJA PRAKTEK 4.1 Peranan Praktikan Dalam kegiatan kerja praktek di perusahaan PT. Dimensi Rupa praktikan diberi tugas untuk mendesain album kolase pernikahan. 4.2 Metode Kerja Praktik 4.3

Lebih terperinci

MEMBUAT KARTUN & COVER AADC

MEMBUAT KARTUN & COVER AADC MEMBUAT KARTUN & COVER AADC Ketentuan : Pilih dua Foto sendiri [Masing-masing Siswa] Buat dua file dengan nama : kartun_[namasiswa.psd] dan cover_[namasiswa.psd] Kumpul : Hari, Tanggal : Sabtu, 31 Mei

Lebih terperinci

PENGOLAHAN IMAGE MENGGUNAKAN PHOTOSHOP

PENGOLAHAN IMAGE MENGGUNAKAN PHOTOSHOP PENGOLAHAN IMAGE MENGGUNAKAN PHOTOSHOP Pendahuluan Adobe Photoshop merupakan suatu aplikasi pengolah citra bitmap yang cukup populer. Photoshop banyak digunakan di dunia desain grafis baik untuk sekedar

Lebih terperinci

BAB II LANDASAN TEORI

BAB II LANDASAN TEORI BAB II LANDASAN TEORI II.1. Game Permainan ( game) adalah suatu sistem atau program dimana satu atau lebih pemain mengambil keputusan melalui kendali pada objek didalam permainan untuk suatu tujuan tertentu.

Lebih terperinci

Dasar-dasar Photoshop

Dasar-dasar Photoshop B a b 1 Dasar-dasar Photoshop Bab 3 Manipulasi Foto 3.1 Air Terjun Lebih Deras Gambar 3.1 Aliran air terjun menjadi lebih deras 1 Bab 3 Gambar 3.2 Mengubah blending mode menjadi Screen Gambar 3.3 Menghilangkan

Lebih terperinci

Poster. dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin.

Poster. dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Poster Poster adalah media gambar yang memiliki sifat persuatif tinggi karena menampilkan suatu persoalan atau tema yang menimbulkan perasaan kuat terhadap khalayak. Pengaplikasiannya dengan ditempel di

Lebih terperinci