Bab XII Mencetak Data SQL Server

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Bab XII Mencetak Data SQL Server"

Transkripsi

1 96 Bab XII Mencetak Data SQL Server Tujuan a. Mahasiswa mampu membuat Laporan dengan Seagate Crystal Report. b. Mahasiswa mampu menerapkan Laporan di dalam aplikasi Materi a. Mencetak Data dengan Crystal Report Alat dan Bahan a. PC yang terhubung dalam sebuah jaringan b. MS. SQL Server 2000 c. MS. Visual Basic 6.0 d. Seagate Crystal Report Teori Laporan adalah output akhir dari sebuah Sistem Informasi. Laporan yang dihasilkan tersebut dapat berupa informasi yang tertulis (tercetak pada selembar kertas) dan tidak tertulis (tampil pada monitor dan dapat pula berupa output yang disimpan dalam sebuah file). Pembuatan laporan pada modul ini menggunakan Seagate Crystal Report 8.5 yang merupakan salah satu produk dari Seagate Software, sebuah perusahaan software yang menangani perkembangan teknologi penyajian laporan. Crystal report merupakan salah satu produk yang selalu ter-update dan memiliki berbagai keunggulan Latihan Membuka Crystal Report 1. Aktifkan program Crystal Report 8.5 dengan melakukan klik tombol Start Programs Crystal Reports Tools Crystal Reports. Atau jika sudah ada shortcutnya di desktop, lakukan dobel klik pada shortcut tersebut. 2. Selanjutnya akan ditampilkan jendela pembuka Crystal Reports 8.5 yang berisi logo dan keterangan perusahaan serta fasilitas yang disediakan.

2 97 Gambar 12.1 Logo Crystal Report 3. Pada tampilan jendela berikutnya yaitu Welcome to Crystal Reports disediakan tiga pilihan options button, yaitu: Using the Report Expert Pilihan ini dipergunakan untuk membuat laporan dengan bantuan Wizard Report Expert. As a Blank Report Pilihan ini dipergunakan untuk membuat laporan dengan tampilan kosong, atau tanpa bantuan Wizard Report Expert. Open an Existing Report Pilihan ini dipergunakan untuk membuka laporan yang pernah dibuka. Gambar 12.2 Window Pembuka Crystal Report

3 Mendesain Laporan Dalam mendesain laporan baru, anda bisa memilih apakah akan menggunakan fasilitas Wizard atau tidak. Pada contoh ini akan digunakan fasilitas Wizard, dimana langkah-langkah yang harus dilakukan antara lain : 1. Klik Options button Using the Report Expert, dan klik tombol OK. Gambar 12.3 Window Crystal Report Gallery 2. Selanjutnya komputer akan menampilkan kotak dialog Crystal Reports Gallery. Ada beberapa pilihan tipe laporan yang ditawarkan oleh wizard Crystal Reports 8.5, pilih dengan tipe Standard dan klik tombol OK. Sebuah kotak dialog Standard Report Expert ditampilkan. Gambar 12.4 Window Standart Report Expert

4 99 3. Kemudian klik Database sebagai sumber Datanya Membuat Koneksi Data Lewat ODBC Koneksi Database yang akan dicetak bisa dilakukan secara langsung (MS. Access atau MS. SQL Server) maupun lewat ODBC. Cara membuat ODBC sudah pernah kita pelajari pada pembahasan pemrograman ODBC. 1. Setelah memilih Database pada Window Standart Report Expert pada langkah sebelumnya, sekarang akan tampil jendela Data Explorer, sebagai sumber data Crystal Report. Gambar 12.5 Window Data Explorer 2. Klik tanda Plus (+) di sebelah kiri folder ODBC, kemudian jika sebelumnya pernah membuat DSN, akan ditampilkan DSN dan tinggal klik tanda Plus (+) didepan nama DSN. Tetapi jika ingin membuat yang baru, pilih Create New Data Source. Kemudian klik tombol Add.

5 100 Gambar 12.6 Window Sub Folder ODBC 3. Kemudian akan ditampilkan window Create New Data Source. Gambar 12.7 Window Create New Data Source 4. Pada pilihan Select a type of data source, pilih System Data Source (Applies to this machine only). Kemudian klik tombol Next >. Kemudian akan ditampilkan Driver dari Database, pilih SQL Server.

6 101 Gambar 12.8 Window Create New Data Source 5. Kemudian klik Next >, maka akan ditampilkan window konfirmasi, klik Finish. Gambar 12.9 Window Create New Data Source 6. Kemudian akan ditampilkan kotak dialog, untuk membuat nama DSN, dan alamat server. Sesuaikan dengan alamat komputer server yang anda gunakan.

7 102 Gambar Memilih Alamat Server Database 7. Selanjutnya klik Next >, kemudian akan ditampilkan pilihan bagaimana anda login ke server, apakah lewat Windows Authentication ataukah lewat SQL Server Authentication. Pilihlah pilihan Windows Authentication. Gambar Memilih Mode Login SQL Server 8. Klik tombol Next >, kemudian akan ditampilkan pilihan nama database yang dipergunakan sebagai sumber datanya, pilih database yang sudah dibuat (DBAkademik).

8 103 Gambar Memilih Nama Database 9. Kemudian klik tombol Next>, akan ditampilkan wiondow pilihan bahasa yang digunakan sebagai pesan. Pilih default yaitu English. Gambar Memilih Jenis Bahasa 10. Kemudian Klik tombol Finish. Akan ditampilkan window informasi setting dari DSN yang sedang kita buat.

9 104 Gambar Window Konfirmasi 11. Kemudian untuk menguji apakah koneksi ODBC dan DSN yang telah kita buat, berhasil dikoneksikan, klik tombol Test Data Source. Gambar Window Test Koneksi ODBC 12. Kemudian Klik OK, sampai kembali ke window Data Explorer. Maka DSN yang telah kita buat akan terdaftar pada Data Explorer beserta sejumlah objek table yang ada di Database.

10 105 Gambar Window Data Explorer 13. Kemudian buat laporan untuk menampilkan data Jurusan dengan mengklik Data DBAkademik.dbo.rJurusan. Kemudian klik tombol Add. Dan klik tomblo Close. Maka kemudian akan kembali ke window Standard report expert. Disana akan ditampilkan table rjurusan yang baru saja kita pilih. Gambar Window Standart Report Expert

11 Kemudian klik tombol Next >, Akan ditampilkan pilihan field mana saja yang akan ditampilkan, klik tombol Add-> untuk menambahkan field yang akan ditampilkan di laporan. Jika ingin menambahkan semua field klik tombol Add All>. Kemudian klik Finish. Gambar Window Standart Report Expert 15. Maka Crystal Report secara otomatis akan menampilkan sumber data dari table sebagai laporan seperti tampilan berikut. Gambar Hasil Laporan Mode Preview 16. Kemudian desain laporan yang rapi seperti berikut ini :

12 107 Gambar Hasil Laporan Mode Preview 17. Sampai di sini anda telah dapat membuat dan mendesain laporan. 18. Selanjutnya simpan laporan dengan nama rptjurusan.rpt Mengkaitkan laporan dengan aplikasi dari Visual Basic. Laporan yang telah kita buat dapat dipanggil dari visual basic dengan cara sebagai berikut : 1. Aktifkan program Visual Basic 6.0, tambahkan 1 buah form ke dalam aplikasi/project anda. Project Add Form. 2. Tambahkan Control Crystal Report ke project/aplikasi anda, Project Components (Ctrl+T), pilih objek Crystal Report Control.

13 108 Gambar Menambahkan komponen Crystal Report 3. Tambahkan objek Crystal Report Control ke dalam form. 4. Desain form akan tampak seperti berikut ini. Gambar Desain Form Cetak Data Jurusan 5. Kemudian tambahkan kode program sebagai berikut : Private Sub cmdpreview_click() With CRJurusan.ReportFileName = "F:\ Program\Laporan\rJurusan.rpt".Destination = crpttowindow.windowstate = crptmaximized.retrievedatafiles.action = 1 End With End Sub

14 109 Private Sub cmdprint_click() With CRJurusan.ReportFileName = "F:\Program\Laporan\rJurusan.rpt".Destination = crpttoprinter.printername = Printer.DeviceName.PrinterPort = Printer.Port.PrinterDriver = Printer.DriverName.Action = 1 End With End Sub Private Sub cmdselesai_click() Unload Me End Sub 6. Jalankan program dengan Run Run (F5). Kemudian klik tombol Preview. Bentuk tampilan laporannya seperti tampilan berikut ini. Gambar Laporan Data Jurusan

15 Menciptakan Formula Buat satu buah laporan untuk menampilkan data dari table rmahasiswa, dengan cara yang sama seperti pada praktikum sebelumnya. 1. Buat file laporan baru dari table rmahasiswa, seperti tampilan berikut : Gambar Desain Laporan Mahasiswa 2. Kemudian klik tab design untuk masuk ke mode desain laporan. Hapus field Sex dan IDJurusan dari Section Details. Gambar Desain Laporan Mahasiswa 3. Kemudian tambahkan 2 buah formula, Insert Field Object, ditampilkan window Field Explorer, Pilih Formula Fields:, kemudian klik Toolbar New (Ctr+N). kemudian isikan nama formulanya JenisKelamin, sebagai berikut :

16 111 New Formula Gambar Window Field Explorer 4. Kemudian akan ditampilkan window formula editor untuk menuliskan script formula, tulis formula seperti berikut :

17 112 Gambar Window Formula Editor JenisKelamin 5. Kemudian klik tombol Save+Close. Dengan cara yang sama buat formula baru dengan nama Jurusan. Kemudian tulis script formula seperti berikut : Gambar Window Formula Editor JenisKelamin

18 Kemudian tambahkan kedua field tersebut untuk menggantikan field sex dan IDJurusan yang sudah kita hapus sebelumnya dan letakkan pada Section Details. 7. Simpan laporan dengan nama rptmahasiswa.rpt. Kemudian jalankan laporan dan lihat perubahan yang terjadi Membuat Laporan Multi Tabel Gambar Hasil Laporan Field Formula Dalam aplikasi yang sebenarnya, laporan akan mengambil data dari lebih dari satu table. Pada latihan sebelumnya sudah dibuat laporan yang melibatkan satu buah table. Selanjutnya akan dibuat bagaimana mengambil data lebih dari satu table. 1. Buka file laporan baru, File New. Pilih Using the Report Expert. 2. Pada window Standard Report Expert, pilih sumber data Database. Kemudian akan tampil window Data Explorer. Pilih ODBC dengan mengklik tanda + (Plus) di sebelah kiri nama ODBC. Pilih nama DSN yang akan dijadikan sebagai sumber koneksi. 3. Klik tanda +(Plus) sehingga ditampilkan objek table di database.

19 114 Gambar Window Data Explorer 4. Kemudian tambahkan table rmahasiswa dan rjurusan ke dalam laporan kalau sudah klik tombol Close. 5. Selanjutnya akan tampil sumber data table seperti berikut : Gambar Window Standard Report Expert

20 Klik tombol Next >, selanjutnya akan masuk tab wiondow link yang berisi relasi antara table rmahasiswa dan rjurusan berdasarkan field IDJurusan. Gambar Window Link antar Tabel 7. Selanjutnya klik tombol Next >, anda diminta untuk memasukkan field-field mana saja yang akan diambil sebagai sumber data laporan. Tambahkan beberapa field saja dari masing-masing table seperti tampilan berikut. Gambar Window Field sebagai Sumber Data Laporan 8. Kemudian klik finish. Maka akan ditampilkan hasil laporan seperti berikut :

21 116 Gambar Window Hasil Laporan Multi Tabel 9. Klik tab Design untuk masuk ke mode desain, kemudian desain laporan di atas sehingga terlihat rapi. Simpan dengan nama rmahasiswajurusan.rpt. Gambar Window Hasil Laporan Multi Tabel

22 Menerapkan Selection Formula Biasanya dalam melaporkan data kita hanya ingin melaporkan beberapa data saja, misalnya menampilkan data transaksi untuk tanggal, bulan dan tahun tertentu saja, menampilkan nomor nota tertentu saja, menampilkan detail data mahasiswa berdasarkan NPM nya saja, dan sejenisnya. Untuk itu Crystal Report menyediakan fasilitas Selection Formula yang dapat dipanggil dari aplikasi (dalam hal ini lewat form Visual Basic 6.0). Cara membuatnya adalah sebagai berikut : 1. Desain form seperti berikut : Gambar Window Desain Form Cetak Laporan 2. Dan tuliskan scipt program seperti berikut ini : Private Sub cmdpreview_click() With CR.ReportFileName = "D:\MateriKuliah\PemrogramanJaringan\VB\ModulKuliah\Program\Lap oran\rptmahasiswajurusan.rpt".selectionformula = "{rmahasiswa.npm}='" & Text1.Text & "'".Destination = crpttowindow.windowstate = crptmaximized.retrievedatafiles.action = 1 End With End Sub Private Sub cmdprint_click() With CR.ReportFileName = "D:\MateriKuliah\PemrogramanJaringan\VB\ModulKuliah\Program\Lap oran\rjurusan.rpt".selectionformula = "{rmahasiswa.npm}='" & Text1.Text & "'".Destination = crpttoprinter.printername = Printer.DeviceName.PrinterPort = Printer.Port.PrinterDriver = Printer.DriverName.Action = 1 End With End Sub Private Sub cmdselesai_click() Unload Me End Sub

23 Jalankan Program, dengan mengetikkan NPM mahasiswa tertentu. Gambar Running Form Cetak Laporan 4. Sehingga diperoleh tampilan seperti berikut sebagai hasil dari selection formula. Gambar Laporan Hasil Selection Formula Tugas 1. Buat Laporan untuk menampilkan data dari table rfakultas dan rjurusan. 2. Buat Laporan untuk menampilkan data dari table rmahasiswa, rjurusan dan rfakultas. 3. Buat Laporan untuk menampilkan data dari table rdosen, rmatakuliah dan tampu. 4. Buat Laporan untuk menampilkan data dari table rmahasiswa, rmatakuliah dan tkrs. 5. Buat sebuah form untuk menampilkan data laporan dari tugas nomor 2 di atas dengan selection formula berdasarkan Fakultas (IDFakultas/Fakultas), untuk menampilkan mahasiswa yang ada di fakultas tertentu. 6. Buat sebuah form untuk menampilkan data laporan dari tugas nomor 3 di atas dengan selection formula berdasarkan NIK sehingga ditampilkan data dosen yang mengajar mata kuliah tertentu. 7. Buat sebuah form untuk menampilkan data laporan dari tugas nomor 4 di atas dengan selection formula berdasarkan tahun akademik+semester akademik+npm.

Crystal Reports (Bagian 2)

Crystal Reports (Bagian 2) Crystal Reports (Bagian 2) Model Implementasi Sumber Data Pull Mode Dalam Pull Mode, proses yang terjadi adalah melakukan koneksi ke database dan menarik data yang ada didalam database secara dinamis.

Lebih terperinci

Mengatur MDI Child dalam jendela MDI Form Membuat Garis Pemisah antar Menu Melakukan Koding terhadap Menu

Mengatur MDI Child dalam jendela MDI Form Membuat Garis Pemisah antar Menu Melakukan Koding terhadap Menu DAFTAR ISI Kata Pengantar.. i Daftar Isi iii Daftar Gambar... vi 1. DATABASE SQL SERVER.. 1 1.1 Sejarah SQL Server. 1 1.2 Perbedaan SQL Server dengan Microsoft Access... 2 1.3 Utilitas pada SQL Server

Lebih terperinci

E-Trik Visual C++ 6.0

E-Trik Visual C++ 6.0 DISCLAIMER Seluruh dokumen E-Trik di dalam CD ini dapat digunakan dan disebarkan secara bebas untuk tujuan belajar bukan komersial (non-profit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis

Lebih terperinci

IMPLEMENTASI PEMROGRAMAN VISUAL BASIC DENGAN DATABASE ACCESS

IMPLEMENTASI PEMROGRAMAN VISUAL BASIC DENGAN DATABASE ACCESS IMPLEMENTASI PEMROGRAMAN VISUAL BASIC DENGAN DATABASE ACCESS I. Tujuan : 1. Mahasiswa dapat memahami tentang komponen pada Visual Basic yang digunakan untuk membuat koneksi aplikasi Visual Basic dengan

Lebih terperinci

Seagate Crystal Report 7.0

Seagate Crystal Report 7.0 6 Seagate Crystal Report 7.0 Objektif: Membuat Report dengan Crystal Report 7.0 Mengetahui Penggunaan formula fields Memilih Data Record dengan menggunakan karakter, angka dan tanggal Fasilitas pembuatan

Lebih terperinci

Query adalah bahasa SQL (Structured Query Language) yang ditampilkan dalam bentuk visual, yang dapat digunakan untuk melihat, memodifikasi dan

Query adalah bahasa SQL (Structured Query Language) yang ditampilkan dalam bentuk visual, yang dapat digunakan untuk melihat, memodifikasi dan Query adalah bahasa SQL (Structured Query Language) yang ditampilkan dalam bentuk visual, yang dapat digunakan untuk melihat, memodifikasi dan menganalisa data dengan berbagai jalan yang berbeda. Query

Lebih terperinci

DATABASE SQL SERVER. Database SQL Server Halaman 1

DATABASE SQL SERVER. Database SQL Server Halaman 1 1 DATABASE SQL SERVER Objektif: Mengetahui sejarah SQL Server 7.0 Mengengetahui perbedaan SQL Server dengan Microsoft Access Mengenal program bantu yang ada di SQL Server 7.0 Mengetahui cara membuat database

Lebih terperinci

Merancang Project. Form Module Class Module Report. Form 1, Form 2, Minimarket (NamaProject) Gambar 4.1 Flowchart Project Sistem Informasi Minimarket

Merancang Project. Form Module Class Module Report. Form 1, Form 2, Minimarket (NamaProject) Gambar 4.1 Flowchart Project Sistem Informasi Minimarket Merancang Project Setelah desain database dan tabel selesai, langkah berikutnya adalah desain project menggunakan Visual Basic 6.0. Berikut tahap-tahap yang harus kita lakukan untuk merancang program sesuai

Lebih terperinci

SETUP (Petunjuk Instalasi SIMAK Accounting)

SETUP (Petunjuk Instalasi SIMAK Accounting) I-1 SETUP (Petunjuk Instalasi SIMAK Accounting) Sebelum SIMAK Accounting dapat dioperasikan, terlebih dahulu anda harus menjalankan prosedur untuk install aplikasi SIMAK Accounting. SIlahkan ikuti langkah

Lebih terperinci

TABEL DATABASE TABEL - KODE BARANG TOKO INFOMART BARANG - NAMA BARANG - HARGA

TABEL DATABASE TABEL - KODE BARANG TOKO INFOMART BARANG - NAMA BARANG - HARGA TABEL Dalam pembuatan database, data yang pertama dibuat adalah tabel. Tabel merupakan kumpulan data yang tersusun menurut aturan tertentu dan merupakan komponen utama pada database. Table disusun dalam

Lebih terperinci

Membuat Koneksi Database Menggunakan ODBC (Open Database Conectivity)

Membuat Koneksi Database Menggunakan ODBC (Open Database Conectivity) Membuat Koneksi Database Menggunakan ODBC (Open Database Conectivity) 1. Gambaran ODBC ODBC merupakan standar untuk membuka koneksi database yang terdapat pada Sistem operasi Windows dan ODBC merupakan

Lebih terperinci

MODUL : V [ DATABASE, CONN, INPUT, TABEL,REPORT ] ASP.NET

MODUL : V [ DATABASE, CONN, INPUT, TABEL,REPORT ] ASP.NET STUDI KASUS PERPUSTAKAAN - Diharapkan dengan modul ini mahasiswa dapat membuat database semaksimal mungkin dengan menggunakan database Access atau Sql Server. - Mahasiswa juga dapat mengenal berbagai connection

Lebih terperinci

Modul Praktikum Basis Data 1 Mengenal Database

Modul Praktikum Basis Data 1 Mengenal Database Modul Praktikum Basis Data 1 Mengenal Database Pokok Bahasan : - Mengenal MSAccess - Membuat database - Mengenal Object database - Mengenal struktur table Tujuan : - Mahasiswa mengetahui fungsi dan cara

Lebih terperinci

CRYSTAL REPORT. Menurut Daryanto mengemukakan bahwa Crystal report, yaitu: Crystal report merupakan tool yang sering digunakan untuk membuat laporan.

CRYSTAL REPORT. Menurut Daryanto mengemukakan bahwa Crystal report, yaitu: Crystal report merupakan tool yang sering digunakan untuk membuat laporan. CRYSTAL REPORT Menurut Daryanto mengemukakan bahwa Crystal report, yaitu: Crystal report merupakan tool yang sering digunakan untuk membuat laporan. Menurut Madcom dalam bukunya yang berjudul Database

Lebih terperinci

Spesifikasi: Ukuran: 11x18 cm Tebal: 144 hlm Harga: Rp Terbit pertama: Juni 2005 Sinopsis singkat:

Spesifikasi: Ukuran: 11x18 cm Tebal: 144 hlm Harga: Rp Terbit pertama: Juni 2005 Sinopsis singkat: Spesifikasi: Ukuran: 11x18 cm Tebal: 144 hlm Harga: Rp 19.800 Terbit pertama: Juni 2005 Sinopsis singkat: Membahas teknik pembuatan aplikasi database menggunakan Microsoft Access Project 2003 dan SQL Server

Lebih terperinci

Pertemuan V Menggabungkan Form dengan Menu daan Membuat Laporan Menggunakan Crystal Report

Pertemuan V Menggabungkan Form dengan Menu daan Membuat Laporan Menggunakan Crystal Report Pertemuan V Menggabungkan Form dengan Menu daan Membuat Laporan Menggunakan Crystal Report A. MAKSUD DAN TUJUAN 1. MAKSUD Memahami pembuatan menu sebagai pengendali seluruh form 2. TUJUAN Mahasiswa mampu

Lebih terperinci

1. MENGENAL VISUAL BASIC

1. MENGENAL VISUAL BASIC 1. MENGENAL VISUAL BASIC 1.1 Mengenal Visual Basic 6.0 Bahasa Basic pada dasarnya adalah bahasa yang mudah dimengerti sehingga pemrograman di dalam bahasa Basic dapat dengan mudah dilakukan meskipun oleh

Lebih terperinci

BAB-3 MEMBUAT DAN MENGATUR QUERY

BAB-3 MEMBUAT DAN MENGATUR QUERY BAB-3 MEMBUAT DAN MENGATUR QUERY Query adalah sarana untuk mengatur data yang disimpan dalam tabel, sehingga hanya data-data tertentu yang akan dimunculkan dalam tabel. Secara fisik, query berupa tabel

Lebih terperinci

Modul Praktikum Basis Data 11 Membuat Menu dengan Form

Modul Praktikum Basis Data 11 Membuat Menu dengan Form Modul Praktikum Basis Data 11 Membuat Menu dengan Form Pokok Bahasan : - Membuat dan menggunakan switchboard - Membuat Menu Navigasi Berupa Form Tujuan : - Mahasiswa mampu membuat dan menggunakan switchboard

Lebih terperinci

Yang di bahas pada bab ini : Membuat Database

Yang di bahas pada bab ini : Membuat Database BAB V Yang di bahas pada bab ini : P ada bab ini anda akan membahas bagaimana cara membuat database menggunakan MS. Access, dengan mengimplementasikan kasus Perancangan Sistem Informasi Akademik Universitas

Lebih terperinci

Petunjuk Instalasi Aplikasi

Petunjuk Instalasi Aplikasi Petunjuk Instalasi Aplikasi Kusrini, Andri Koniyo Jurusan Sistem Informasi STMIK AMIKOM Yogykakarta Jl. Ringroad Utara Condong Catur Sleman Yogyakarta Berikut ini langkah-langkah dalam menginstal aplikasi

Lebih terperinci

MEMBUAT LAPORAN (DATA REPORT)

MEMBUAT LAPORAN (DATA REPORT) 1 MEMBUAT LAPORAN (DATA REPORT) Data Report merupakan sebuah desain untuk mencetak laporan dimana memiliki bagian-bagian seperti terlihat pada gambar 1 berikut : Gambar 1. Tampilan Data Report Maksud dari

Lebih terperinci

BAB 2 LANDASAN TEORI

BAB 2 LANDASAN TEORI BAB 2 LANDASAN TEORI 2.1 Pengertian Komputer Teknologi komputer sesungguhnya telah banyak merubah sistem tata kerja yang digunakan oleh manusia yang bergerak di bidang informasi. Istilah komputer mempunyai

Lebih terperinci

BAB-XI MEMBUAT SUBFORM

BAB-XI MEMBUAT SUBFORM BAB-XI MEMBUAT SUBFORM 1. Buatlah file Database dengan nama MODUL-10 2. Buat 3 (tiga) buah file Tabel, dengan struktur sebagai berikut : a. Tabel-1 : TABEL NOFAK b. Tabel-2 : TABEL DETAIL c. Tabel-3 :

Lebih terperinci

MODUL XIII FORM dan REPORTS

MODUL XIII FORM dan REPORTS MODUL XIII FORM dan REPORTS A. MAKSUD DAN TUJUAN 1. MAKSUD Mahasiswa mengerti cara membuat form dan laporan dengan Ms Access 2. TUJUAN!"Agar mahasiswa dapat membust form untuk mengedit dan menambah data

Lebih terperinci

Bab 16 Mengekspor Data, Mengambil Data dari Luar dan Menggunakan Password

Bab 16 Mengekspor Data, Mengambil Data dari Luar dan Menggunakan Password Bab 16 Mengekspor Data, Mengambil Data dari Luar dan Menggunakan Password Pokok Bahasan Menyalin atau Membuat Duplikat Objek-objek Database ke Database Lain Mengambil Data dari Luar (Import Data) Menggunakan

Lebih terperinci

Modul 3 Pembuatan Form dengan Wizard dan Penambahan kode VBA

Modul 3 Pembuatan Form dengan Wizard dan Penambahan kode VBA Modul 3 Pembuatan Form dengan Wizard dan Penambahan kode VBA Tujuan : Membuat Form dengan wizard Pembuatan tombol (command button) pada form Memahami pengoperasian Update dan Delete pada Form Dapat membuat

Lebih terperinci

Modul Report Dan Form Report

Modul Report Dan Form Report Modul Report Dan Form Report Oleh: Aep Setelah dapat melakukan form pengisian data, memperbaiki (editing data), dan menghapus dari tabel, selanjutnya adalah pencetakan data yang telah diinput ke media

Lebih terperinci

Instalasi Perangkat Lunak

Instalasi Perangkat Lunak Instalasi Perangkat Lunak Sebelum membuat aplikasi penjualan ini, Anda harus menginstalasi beberapa perangkat lunak yang dibutuhkan dalam pembuatan program. Perangkat lunak yang diinstal meliputi perangkat

Lebih terperinci

Bab 15 Menggunakan Menu Navigasi Berupa Switchboard dan Form

Bab 15 Menggunakan Menu Navigasi Berupa Switchboard dan Form Bab 15 Menggunakan Menu Navigasi Berupa Switchboard dan Form Pokok Bahasan Membuat dan Menggunakan Switchboard Membuat Menu Navigasi Berupa Form Untuk memudahkan navigasi semua obyek pada file database

Lebih terperinci

New Perspectives on Microsoft Office Access 2010

New Perspectives on Microsoft Office Access 2010 COMPREHENSIVE Membuat Report XP Dengan menggunakan Access kita dapat dengan mudah membuat report (laporan) yang efisien dan efektif dengan tampilan yang profesional. Banyak cara yang dapat Anda gunakan

Lebih terperinci

BAB 6 MEMBUAT DAN MEMODIFIKASI LAPORAN (REPORT)

BAB 6 MEMBUAT DAN MEMODIFIKASI LAPORAN (REPORT) BAB 6 MEMBUAT DAN MEMODIFIKASI LAPORAN (REPORT) 6.1 Membuat Laporan dengan Fasilitas Report Wizard Untuk membuat sebuah laporan dengan fasilitas Creater report by using wizard, ikuti langkah berikut ini.

Lebih terperinci

Pengenalan. Microsoft Access. TI3007 Praktikum Perancangan Sistem Terintegrasi III. Perancangan Basis Data

Pengenalan. Microsoft Access. TI3007 Praktikum Perancangan Sistem Terintegrasi III. Perancangan Basis Data Pengenalan Microsoft Access TI3007 Praktikum Perancangan Sistem Terintegrasi III Perancangan Basis Data PENDAHULUAN Microsoft Access adalah sebuah program aplikasi untuk mengolah database (basis data)

Lebih terperinci

PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR II

PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR II PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR II PERTEMUAN 12 CRYSTAL REPORTS Pada Visual Basic.Net 2010, crystal report belum terinstal secara otomatis, sehingga kita perlu menginstalnya sebelum digunakan. 1. Untuk membuat

Lebih terperinci

Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 68 hlm Harga: Rp Terbit pertama: Februari 2005 Sinopsis singkat:

Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 68 hlm Harga: Rp Terbit pertama: Februari 2005 Sinopsis singkat: Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 68 hlm Harga: Rp 14.800 Terbit pertama: Februari 2005 Sinopsis singkat: Buku ini berisi tip dan trik tentang pemrograman aplikasi database dengan Microsoft Access 2000,

Lebih terperinci

Cara Membuat Mail Merge di Word 2010

Cara Membuat Mail Merge di Word 2010 Cara Membuat Mail Merge di Word 2010 Mail merge membantu kita untuk membuat sebuah dokumen (misalnya surat) yang isinya sama untuk penerima yang berbeda secara cepat dan mudah. Fitur ini sangat membantu

Lebih terperinci

MODUL XI MEMBUAT LAPORAN

MODUL XI MEMBUAT LAPORAN MODUL XI MEMBUAT LAPORAN A. TUJUAN Memahami konsep dasar pembuatan laporan. Mampu mengimplementasikan konsep-konsep pembuatan laporan pada pemrograman VB.NET Mampu membuat laporan menggunakan crystal report.

Lebih terperinci

BAB IX MENGENAL MS.ACCESS 2007

BAB IX MENGENAL MS.ACCESS 2007 DIKTAT MATA KULIAH SOFTWARE TERAPAN II BAB IX MENGENAL MS.ACCESS 2007 IF Pendahuluan Ms.Access 2007 Microsoft Access 2007 atau lebih dikenal dengan sebutan Access 2007 merupakan salah satu perangkat lunak

Lebih terperinci

MICROSOFT ACCESS. Tombol Office/menu Tittle bar Close.

MICROSOFT ACCESS. Tombol Office/menu Tittle bar Close. MICROSOFT ACCESS Microsoft Access merupakan salah satu program pengolah database yang canggih yang digunakan untuk mengolah berbagai jenis data dengan pengoperasian yang mudah. Banyak kemudahan yang akan

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. Tahap Implementasi merupakan rangkaian pelaksanaan kegiatan yang

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. Tahap Implementasi merupakan rangkaian pelaksanaan kegiatan yang 6 7 BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM Tahap Implementasi merupakan rangkaian pelaksanaan kegiatan yang dilakukan setelah tahap perancangan sistem selesai dilaksanakan dengan tujuan yang ingin dicapai

Lebih terperinci

LAMPIRAN MODUL 3 PERANCANGAN SISTEM INFORMASI

LAMPIRAN MODUL 3 PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LAMPIRAN MODUL 3 PERANCANGAN SISTEM INFORMASI TI3205 PERANCANGAN TEKNIK INDUSTRI 2 PENGENALAN MICROSOFT ACCESS 2007 PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 2011 LAMPIRAN : PENGENALAN MICROSOFT

Lebih terperinci

KOMPUTER APLIKASI BISNIS

KOMPUTER APLIKASI BISNIS PANDUAN PERKULIAHAN KOMPUTER APLIKASI BISNIS Dengan Menggunakan Microsoft Access 2007 SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI STIE SEBELAS APRIL SUMEDANG MEMBUAT APLIKASI PENJUALAN SEDERHANA DENGAN MICROSOFT ACCESS

Lebih terperinci

BAB VIII MEMBUAT MENU DENGAN SWITCHBOARD MANAGER DAN PEMBUATAN STARTUP

BAB VIII MEMBUAT MENU DENGAN SWITCHBOARD MANAGER DAN PEMBUATAN STARTUP BAB VIII MEMBUAT MENU DENGAN SWITCHBOARD MANAGER DAN PEMBUATAN STARTUP Sebelum Anda membuat menu dengan menggunakan fasilitas Switchboard Manager, terlebih dulu buat file-file berikut : 1. Buat 3 (tiga)

Lebih terperinci

Microsoft Access FORM

Microsoft Access FORM Microsoft Access FORM Form digunakan untuk merepresentasikan ke user atau menerima inputan dari user data-data dalam tabel atau query dalam bentuk interface grid, tombol, dan lain-lain kontrol windows.

Lebih terperinci

Koneksi Visual Basic, MySQL (ODBC) dan Crystal Report

Koneksi Visual Basic, MySQL (ODBC) dan Crystal Report Koneksi Visual Basic, MySQL (ODBC) dan Crystal Report I.Koneksi DataBase MySQL Selain dengan Microsoft Acess, Visual Basic memilik koneksi dengan Jenis database lainnya, seperti MySQL, Oracle, Postgress

Lebih terperinci

Modul Praktikum Basis Data 5 Query

Modul Praktikum Basis Data 5 Query Modul Praktikum Basis Data 5 Query Pokok Bahasan : - Membuat query - Menjalankan query - Memberikan criteria query - Menghapus query - Studi Kasus query Tujuan : - Mahasiswa mampu membuat query pada database

Lebih terperinci

Cara Membuat Mail Merge di Word 2007

Cara Membuat Mail Merge di Word 2007 Cara Membuat Mail Merge di Word 2007 Mail merge membantu kita untuk membuat sebuah dokumen (misalnya surat) yang isinya sama untuk penerima yang berbeda secara cepat dan mudah. Fitur ini sangat membantu

Lebih terperinci

Bab I Pengenalan Visual BASIC

Bab I Pengenalan Visual BASIC Bab I Pengenalan Visual BASIC 1. Pendahuluan Visual BASIC (Beginners All-Purpose Symbolic Instruction Code) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat suatu aplikasi dalam Microsoft

Lebih terperinci

KSI B ~ M.S. WULANDARI

KSI B ~ M.S. WULANDARI 1 MODUL I : TABEL Microsoft Access adalah perangkat lunak database management system (DBMS). Database dalam Microsoft Access dapat terdiri atas satu atau beberapa tabel, query, form, report, makro, dan

Lebih terperinci

Aplikasi Komputer. Microsoft Access 2010 : Teori dan fungsi yang digunakan dalam MS. Access Safitri Juanita, S.Kom, M.T.I.

Aplikasi Komputer. Microsoft Access 2010 : Teori dan fungsi yang digunakan dalam MS. Access Safitri Juanita, S.Kom, M.T.I. Modul ke: Aplikasi Komputer Microsoft Access 2010 : Teori dan fungsi yang digunakan dalam MS. Access 2010 Fakultas Ekonomi Safitri Juanita, S.Kom, M.T.I Program Studi Manajemen www.mercubuana.ac.id Sejarah

Lebih terperinci

Ahmad Zidni, S.T. SMK Gondang 2011

Ahmad Zidni, S.T. SMK Gondang 2011 Ahmad Zidni, S.T. SMK Gondang 2011 Buka aplikasi Microsoft Access Klik File New Pilih Blank Database Create nama file database Buat tabel dengan create table in design view klik 2 x sehingga terbuka jendela

Lebih terperinci

Excel dan Microsoft Query

Excel dan Microsoft Query BAB 6 Excel dan Microsoft Query 6.1 Microsoft Query Microsoft query merupakan program yang dipakai untuk mengambil data external ke dalam aplikasi Office, khususnya Excel. Dengan demikian, jika ada suatu

Lebih terperinci

Oleh : Uus Rusmawan Hal - 1 Membuat Laporan Crystal Report Dengan Database Sql Server Salah satu caranya adalah sebagai berikut : Membuat DSN terlebih dahulu Klik menu start Pilih control panel Klik dua

Lebih terperinci

Mengoperasikan Dasar-Dasar Basis Data (Database)

Mengoperasikan Dasar-Dasar Basis Data (Database) 2011 LSP TELEMATIKA Mengoperasikan Dasar-Dasar Basis Data (Database) Modul KKPI 3 Mengoperasikan Dasar-Dasar Basis Data - (20110523-R1) 1 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 BAB I Mempersiapkan Piranti Lunak Basis

Lebih terperinci

DATABASE. Visual Data Manager

DATABASE. Visual Data Manager DATABASE Database dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu back-end dan front-end. Back-end adalah yang menyusun, menyimpan dan mengamankan database. Sedangkan Front-end adalah aplikasi yang berhubungan langsung

Lebih terperinci

MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK BASIS DATA MICROSOFT ACCESS

MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK BASIS DATA MICROSOFT ACCESS MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK BASIS DATA MICROSOFT ACCESS Oleh: Carwoto (carwoto@yahoo.com) A. Menyiapkan Database dan Tabel 1. Klik menu File > New. Klik Blank Database di Task pane. 2. Ketik DataKKPI

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. Implementasi perancangan pada sistem informasi perparkiran

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. Implementasi perancangan pada sistem informasi perparkiran 61 BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM 5.1 Implementasi Implementasi perancangan pada sistem informasi perparkiran dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0, dengan basis data

Lebih terperinci

BAB-I DATABASE DAN MENGENAL MICROSOFT ACCESS

BAB-I DATABASE DAN MENGENAL MICROSOFT ACCESS BAB-I DATABASE DAN MENGENAL MICROSOFT ACCESS 1.1. Sekilat tentang Database Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak akan pernah terlepas dari data. Misalnya saja data tentang mahasiswa, dosen, akademik,

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. sistem yang akan diimplementasikan. Tujuan utama dari pengujian sistem adalah

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. sistem yang akan diimplementasikan. Tujuan utama dari pengujian sistem adalah BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM 5.1. Pengujian Pengujian Sistem dilakukan untuk memeriksa keselarasan antar komponen sistem yang akan diimplementasikan. Tujuan utama dari pengujian sistem adalah

Lebih terperinci

Cara Mudah Membuat Aplikasi Windows dengan Microsoft Visual C++

Cara Mudah Membuat Aplikasi Windows dengan Microsoft Visual C++ Bab DATABASE Mengakses Database dengan ADO Database atau bisa juga disebut sebagai bank data, adalah sebuah sistem yang terdiri dari sebuah atau beberapa file. Database bisa terdiri dari beberapa tabel

Lebih terperinci

[ MEMBUAT FILE SETUP ] DAN [ MEYIMPANNYA KE DALAM CD ]

[ MEMBUAT FILE SETUP ] DAN [ MEYIMPANNYA KE DALAM CD ] 2010 [ MEMBUAT FILE SETUP ] DAN [ MEYIMPANNYA KE DALAM CD ] REKAYASA PERANGKAT LUNAK 2010 DAFTAR ISI Halaman depan.. 1 Daftar isi.. 2 BAB I MEMBUAT FILE SETUP MENGGUNAKAN SOFTWARE INNO SETUP 5.3.8 3 A.

Lebih terperinci

TUGAS SIMULASI DIGITAL LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT PROGRAM DATA BASE

TUGAS SIMULASI DIGITAL LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT PROGRAM DATA BASE TUGAS SIMULASI DIGITAL LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT PROGRAM DATA BASE Nama : Umar Mukhtar Kelas : X AK 3 No/NIS : 31/13066 Untuk membuat program form penjualan dengan menggunakan program data base dengan Access

Lebih terperinci

MICROSOFT ACCESS. Pengenalan Microsoft Office Access 2003

MICROSOFT ACCESS. Pengenalan Microsoft Office Access 2003 MICROSOFT ACCESS Pengenalan Microsoft Office Access 2003 Microsoft Access adalah suatu aplikasi yang dapat menbantu kita membuat aplikasi database dalam waktu relatif singkat, Biasanya digunakan untuk

Lebih terperinci

KUPAS TUNTAS PEMROGRAMAN VISUAL BASIC 6.0. Dilengkapi penjelasan Coding. Oleh: Didin Muhidin. Copyright 2016 by DiesAlfatih.

KUPAS TUNTAS PEMROGRAMAN VISUAL BASIC 6.0. Dilengkapi penjelasan Coding. Oleh: Didin Muhidin. Copyright 2016 by DiesAlfatih. KUPAS TUNTAS PEMROGRAMAN VISUAL BASIC 6.0 Dilengkapi penjelasan Coding Oleh: Didin Muhidin Copyright 2016 by DiesAlfatih Penerbit DiesAlfatih_1453 diesalfatih.blogspot.com diesalfatih@gmail.com Desain

Lebih terperinci

Membuat Relasi pada Access 2007

Membuat Relasi pada Access 2007 Membuat Relasi pada Access 2007 Setelah anda membuat semua table pada database, anda harus membuat relasi antara table yang satu dengan table yang lainnya. Relasi ini kita dengan memghubungkan field-field

Lebih terperinci

MODUL 4 STRUKTUR OPEN DATABASE CONNECTIVITY

MODUL 4 STRUKTUR OPEN DATABASE CONNECTIVITY MODUL 4 STRUKTUR OPEN DATABASE CONNECTIVITY OPEN DATABASE CONNECTIVITY (ODBC) Sesuai dgn namanya ODBC adlh sebuah database terbuka yg dpt diakses oleh bbrp aplikasi Dlm sbh aplikasi jaringan pd umumnya

Lebih terperinci

Aplikasi Komputer. Pengantar DataBase. Yusuf Elmande, S.Si., M.Kom. Modul ke: Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Program Studi Manajemen

Aplikasi Komputer. Pengantar DataBase. Yusuf Elmande, S.Si., M.Kom. Modul ke: Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Program Studi Manajemen Modul ke: Aplikasi Komputer Pengantar DataBase Fakultas Ekonomi dan Bisnis Yusuf Elmande, S.Si., M.Kom Program Studi Manajemen Pengantar DataBase Database atau basis data dapat dibayangkan ibarat sebuah

Lebih terperinci

CRYSTAL REPORT Tugas : Sistem Informasi. Nama : Dwi Budi Santoso. Kelas : Pagi

CRYSTAL REPORT Tugas : Sistem Informasi. Nama : Dwi Budi Santoso. Kelas : Pagi Tugas : Sistem Informasi Nama : Dwi Budi Santoso Kelas : Pagi CRYSTAL REPORT 2008 Komputer dapat menyimpan dan memproses data dalam jumlah sangat besar, dan dengan perkembangan kemajuan teknologi yang

Lebih terperinci

BAB I. 1 P e m r o g r a m a n V i s u a l B a s i c - J a t i L e s t a r i

BAB I. 1 P e m r o g r a m a n V i s u a l B a s i c - J a t i L e s t a r i BAB I Konsep Visual Basic: Penerapan di dunia Usaha, Instalasi serta Pengenalan IDE (Integrated Development Environment) VB dan konsep pemrograman visual I. Tujuan Praktikum 1. Mahasiswa mengenal VB, penerapan

Lebih terperinci

Konsep Sistem Informasi B

Konsep Sistem Informasi B MICROSOFT ACCESS FORM Form digunakan untuk merepresentasikan ke user atau menerima inputan dari user data-data dalam tabel atau query dalam bentuk interface grid, tombol, dan lain-lain kontrol windows.

Lebih terperinci

BAB I SEKILAS VISUAL STUDIO.NET 2008

BAB I SEKILAS VISUAL STUDIO.NET 2008 BAB I SEKILAS VISUAL STUDIO.NET 2008 Pembahasan Materi : Mengenal IDE Visual Studio.NET 2008. Pembuatan project pada Visual Studio.NET 2008. Pengenalan kontrol yang sering digunakan, menulis kode program

Lebih terperinci

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI STIE SEBELAS APRIL SUMEDANG

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI STIE SEBELAS APRIL SUMEDANG MODUL PERKULIAHAN KOMPUTER AKUNTANSI Dengan Menggunakan Microsoft Access 2007 SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI STIE SEBELAS APRIL SUMEDANG MEMBUAT APLIKASI AKUNTANSI SEDERHANA DENGAN MICROSOFT ACCESS 2007 STUDI

Lebih terperinci

MEMBUAT APLIKASI MENGGUNAKAN MICROSOFT ACCESS

MEMBUAT APLIKASI MENGGUNAKAN MICROSOFT ACCESS MEMBUAT APLIKASI MENGGUNAKAN MICROSOFT ACCESS Membuat program Aplikasi ternyata tidak sesulit seperti yang dibayangkan. Untuk kebutuhan di kantor kita bisa membuatnya sendiri dengan belajar otodidak. Selain

Lebih terperinci

M. Choirul Amri

M. Choirul Amri Cepat Mahir Aplikasi C/S dengan MS Access & SQL Server M. Choirul Amri choirul@bsmdaemon.com Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas

Lebih terperinci

Memulai Access 2007 dan Membuat Database 1.1 Memulai Microsoft Office Access 2007

Memulai Access 2007 dan Membuat Database 1.1 Memulai Microsoft Office Access 2007 Memulai Access 2007 dan Membuat Database 1.1 Memulai Microsoft Office Access 2007 Untuk memulai aplikasi Microsoft Office Access 2007, ikuti langkah-langkah di bawah ini: 1. Klik tombol Start. 2. Lanjutkan

Lebih terperinci

Crystal Reports. Metode Pull Mode & Push Mode

Crystal Reports. Metode Pull Mode & Push Mode Crystal Reports Metode Pull Mode & Push Mode Mengenal Crystal Reports (CR) Crystal Reports merupakan tool pencetakan stan dar yang ada pada Microsoft Visual Studio.NET. Crystal Reports digunakan untuk

Lebih terperinci

BAB 2 LANDASAN TEORI. 2.1 Pengertian Data, Informasi dan Sistem Informasi

BAB 2 LANDASAN TEORI. 2.1 Pengertian Data, Informasi dan Sistem Informasi BAB 2 LANDASAN TEORI 2.1 Pengertian Data, Informasi dan Sistem Informasi 2.1.1 Data Data dapat didefinisikan sebagai bahan keterangan tentang kejadian-kejadian nyata atau fakta yang dapat dirumuskan dalam

Lebih terperinci

BAB III STRUCTURED QUERY LANGUAGE (SQL)

BAB III STRUCTURED QUERY LANGUAGE (SQL) 17 BAB III STRUCTURED QUERY LANGUAGE (SQL) 3.1 Tujuan a. Mahasiswa mampu menggunakan perintah SQL untuk memanipulasi data. b. Mahasiswa mampu mengolah data menggunakan operasi JOIN untuk merelasikan table.

Lebih terperinci

BAB I Pengenalan Microsoft Visual Basic 6.0

BAB I Pengenalan Microsoft Visual Basic 6.0 BAB I Pengenalan Microsoft Visual Basic 6.0 Pembuatan program dalam Visual Basic berbeda dengan pembuatan program-program DOS atau pemrograman yang bersifat konvensional. Dalam Visual Basic, pembuatan

Lebih terperinci

Mengexport Database Ms Access ke MySQL dengan menggunakan ODBC Connector

Mengexport Database Ms Access ke MySQL dengan menggunakan ODBC Connector Mengexport Database Ms Access ke MySQL dengan menggunakan ODBC Connector Pembahasan Sebelum melakukan export data dari Ms Access ke MySQL ada beberapa persyaratan yang dibutuhkan, antara lain: 1. Database

Lebih terperinci

KSI B ~ M.S. WULANDARI

KSI B ~ M.S. WULANDARI 1 MODUL VI : PAGE Situs WEB sekarang ini tidaklah hanya terdiri atas teks dan grafik. Banyak perusahaan ingin menampilkan data untuk relasi dan pelanggan mereka. Dengan Access 2000 kita bisa menyimpan

Lebih terperinci

Membuat Form. Oleh: Toni Heryana,S.Pd, MM

Membuat Form. Oleh: Toni Heryana,S.Pd, MM Membuat Form Oleh: Toni Heryana,S.Pd, MM Kasus!!! Buatlah tampilan input untuk data persediaan PT. AMD dengan menggunakan form beserta menu tambahan untuk memudahkan dalam mengedit data pada tabel seperti

Lebih terperinci

MICROSOFT POWERPOINT. Pendahuluan

MICROSOFT POWERPOINT. Pendahuluan MICROSOFT POWERPOINT Pendahuluan Microsoft Power Point adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah. Microsoft Power Point akan membantu

Lebih terperinci

Membuat File Database & Tabel

Membuat File Database & Tabel Membuat File Database & Tabel Menggunakan MS.Office Access 2013 Database merupakan sekumpulan data atau informasi yang terdiri atas satu atau lebih tabel yang saling berhubungan antara satu dengan yang

Lebih terperinci

Menu & Toolbar. 1. Menu

Menu & Toolbar. 1. Menu Cara Mudah Menciptakan Menu dan Toolbar pada Visual Basic. Dasar - dasar Visual BASIC, database dengan mysql dan pemrograman database serta perintah SQL dalam database serta membuat laporan dengan Data

Lebih terperinci

MODUL PRAKTIKUM 1 DASAR VISUAL BASIC 6.0

MODUL PRAKTIKUM 1 DASAR VISUAL BASIC 6.0 MODUL PRAKTIKUM 1 DASAR VISUAL BASIC 6.0 Setelah melaksanakan praktikum pada bab ini diharapkan mahasiswa dapat: Mengetahui konsep properti, event, methode dalam VB 6 Mengetahui lingkungan kerja IDE VB

Lebih terperinci

[MODUL ACCESS PEMULA]

[MODUL ACCESS PEMULA] Microsoft Excel 2007 Tingkat Pemula 2010 : Management and Education Governance [MODUL ACCESS 2007 - PEMULA] Pilot Project EMIS-ICT Strengthening in Aceh 104 ACCESS 2007 - PEMULA Tujuan Diharapkan Peserta

Lebih terperinci

Riyanto

Riyanto Membuat Form dan Report dengan Microsoft Access Riyanto mohriyan@gmail.com http://www.masto.co.cc Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara

Lebih terperinci

BAB VII. Pengenalan Menu Editor Dan Proses Pembuatan Serta Penggunaan Multi Form

BAB VII. Pengenalan Menu Editor Dan Proses Pembuatan Serta Penggunaan Multi Form BAB VII Pengenalan Menu Editor Dan Proses Pembuatan Serta Penggunaan Multi Form I. Tujuan Praktikum 1. Mahasiswa memahami pembuatan menu dengan menu editor pada VB 2. Mahasiswa dapat menjelaskan tentang

Lebih terperinci

E-Trik JAVA. Pemrograman Database. IRAWAN e-mail : irawan_cyber@yahoo.com.sg

E-Trik JAVA. Pemrograman Database. IRAWAN e-mail : irawan_cyber@yahoo.com.sg DISCLAIMER Seluruh dokumen E-Trik di dalam CD ini dapat digunakan dan disebarkan secara bebas untuk tujuan belajar bukan komersial (non-profit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis

Lebih terperinci

Perancangan Sistem Basisdata Faktur Penjualan serta Implementasinya dengan SQL Menggunakan MS. Acces

Perancangan Sistem Basisdata Faktur Penjualan serta Implementasinya dengan SQL Menggunakan MS. Acces Tugas Sistem Basisdata Perancangan Sistem Basisdata Faktur Penjualan serta Implementasinya dengan SQL Menggunakan MS. Acces Disusun sebagai tugas mata kuliah Basis Data Dosen Pengampu : Bp. Haryono Disusun

Lebih terperinci

Bab 10 Membuat, Menggunakan dan Memodifikasi Form

Bab 10 Membuat, Menggunakan dan Memodifikasi Form Bab 10 Membuat, Menggunakan dan Memodifikasi Form Pokok Bahasan Membuat Form Menutup dan Menyimpan Form Memodifikasi Rancangan Form Membuat Form Form merupakan salah satu objek database yang digunakan

Lebih terperinci

Koneksi Database BAB 1

Koneksi Database BAB 1 BAB 1 Koneksi Database Ada banyak cara untuk membuat koneksi database agar aplikasi yang kita buat di Visual Basic dapat berhubungan dengan database baik itu database dari Ms Access, MySQL, SQL Server,

Lebih terperinci

Ms. SQL Server mengimplementasikan database dengan menyimpan 2 struktur, yaitu :

Ms. SQL Server mengimplementasikan database dengan menyimpan 2 struktur, yaitu : Praktikum 1 MEMBANGUN DATABASE DAN MENGATUR KEAMANANNYA Tujuan : 1 Praktikan mampu untuk membuat database dengan tiga (3) metode yang akan diujicobakan pada praktikum I ini. 2 Praktikan mampu untuk mengatur

Lebih terperinci

BAB II LANDASAN TEORI

BAB II LANDASAN TEORI BAB II LANDASAN TEORI 2.1. Visual Basic 6.0 Bahasa pemograman Visual Basic 6.0 dapat digunakan untuk menyusun dan membuat program aplikasi pada sistem operasi windows. Program aplikasi dapat berupa program

Lebih terperinci

PENGENALAN MICROSOFT QUERY ANALYZER

PENGENALAN MICROSOFT QUERY ANALYZER PENGENALAN MICROSOFT QUERY ANALYZER Pendahuluan Microsoft Query Analyzer adalah salah satu fitur yang terdapat dalam DBMS Microsoft SQL Server. Dengan menggunakan Query Analyzer, maka perintah-perintah

Lebih terperinci

Praktikum 6 SubForm dan Kode VBA

Praktikum 6 SubForm dan Kode VBA Praktikum 6 SubForm dan Kode VBA A. TUJUAN Dapat mengkaitkan antara Form Utama dan SubForm Dapat menghubungkan antar Form secara manual Memahami arti dari Non-Synchronized Form Dapat memodifikasi properti

Lebih terperinci

Ringkasan Bab 1. Bab 1 ini akan membahas pemakaian dasar Access secara menyeluruh. Topik-topiknya antara lain:

Ringkasan Bab 1. Bab 1 ini akan membahas pemakaian dasar Access secara menyeluruh. Topik-topiknya antara lain: Ringkasan Bab 1 Bab 1 ini akan membahas pemakaian dasar Access secara menyeluruh. Topik-topiknya antara lain: 1 Database Access 1.1 Objek dan Manfaat 1.2 Bidang Kerja 2 Membuat Field dan Mengisi Data 2.1

Lebih terperinci

Modul Praktikum Ke-1

Modul Praktikum Ke-1 Bahasa Pemrograman Dasar Fathurrohman 1 Modul Praktikum Ke-1 (Tampilan VB, Event, Property, Objek Kontrol : form, text, label, command) Mengenal Visual Basic (VB) Visual Basic adalah salah satu perangkat

Lebih terperinci

a. Menyiapkan database

a. Menyiapkan database Membuat Label dan Kartu Pernahkan kita melihat label yang tertempel pada undangan? Bagaimana cara membuatnya? Tentunya kita bisa saja membuatnya secara manual dengan mengetik satu per satu, kemudian posisinya

Lebih terperinci