SMK BHAKTI NUSANTARA BOJA

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "SMK BHAKTI NUSANTARA BOJA"

Transkripsi

1 MEMBUAT FORM BASIS DATA DAN KONEKSI KE MYSQL MEMBUAT FORM DATABASE DI MICROSOFT ACCESS DISUSUN OLEH : DEKA MUKHAMAD WILDAN SMK BHAKTI NUSANTARA BOJA TAHUN PELAJARAN 2013/ Website :

2 7. MEMBUAT FORM BASIS DATA Standar Kompetensi : Menerapkan Aplikasi Basis Data Kompetensi Dasar : Membuat Form Basis Data I. TUJUAN 1. Siswa dapat membuat form basis data 2. Siswa dapat mengkonfigurasi koneksi Data Sources ODBC ke database MySQL 3. Siswa dapat mengkonfigurasi koneksi form basis data ke Database MySQL 4. Siswa dapat memasukkan data ke dalam database MySQL melalui form basis data II. DASAR TEORI Percobaan pembuatan form basis data untuk data siswa dilakukan melalui aplikasi Database Microsoft Access yang sudah terkoneksi dengan database MySQL. III. ALAT DAN BAHAN 1. Microsoft Office 2007 yang terdapat aplikasi Microsoft Access 2007 yang sudah terinstall di PC. 2. Software MySQL Connector ODBC yang sudah terinstall di PC. IV. LANGKAH KERJA 1. Membuat Form Basis Data Sebelum membuat form basis data menggunakan aplikasi Microsoft Access 2007, pastikan kalian telah mengaktifkan aplikasi Database MySQL. Kemudian buka aplikasi Microsoft Access 2007 dan buat database baru dengan menu Blank Database.

3 Selanjutnya tentukan folder lokasi penyimpanan file database Microsoft Access kalian dengan memilih ikon folder kemudian simpan dengan nama dbform dan format file yang digunakan Microsoft Office Access Databasees ( format)(*.mdb). Selanjutnya pilih tombol Create untuk menciptakan database baru dari Microsoft Access Apabila tampil pembuatan table Microsoft Access sebaiknya di tutup jangan disimpan, karena kita akan membuat form. Lalu pilih menu Create setelah itu pilih menu Form Design pada menu Create.

4 Selanjutnya buat form untuk table siswa yang ada di database MySQL seperti berikut : TextBox Combo Box Untuk komponen jenis kelamin menggunakan Combo Box, secara otomatis combo box akan menampilkan suatu tampilan untuk mengisikan isi menu drop down, apakah ingin diisi sendiri atau diisi otomatis oleh Microsoft access wizard combo box. Karena ingin diisi manual maka pilih I will type in the values that I want, lalu klik next.

5 Pada tampilan kedua dalam pengisian value pada combo box, pada Number of columns diisi angka 1, karena kita ingin membuat 1 kolom saja, sedangkan isi value atau datanya ketikkan LAKI-LAKI dan PEREMPUAN seperti di bawah ini, lalu klik Finish. Selanjutnya buat tombol atau button Tambah Baru, Simpan, dan Hapus menggunakan menu komponen Button, untuk pembuatan tombol Tambah Baru, lakukan seperti di bawah ini : Kemudian letakkan Buttonnya di bawah textbox alamat, jika tampil menu pilihan command button, pada menu Categories pilih menu Record Operations, lalu pada menu Actions pilih menu Add New Record lalu klik next seperti di bawah ini: Setelah itu pilih menu Picture lalu pilih menu Pencil (Edit) dan klik Finish.

6 Sehingga hasilnya seperti di bawah ini : Selanjutnya buat tombol Simpan atau save dengan cara yang sama, dengan memilih menu Record Operations lalu pilih menu Save Record, lalu klik Finish. Sehingga hasilnya seperti di bawah ini :

7 Selanjutnya buatlah tombol hapus dengan cara yang sama seperti di atas dengan memilih menu Record Operations lalu pada menu Actions pilih menu Delete Record lalu klik finish. Sehingga hasilnya seperti di bawah ini : Setelah itu simpan form dengan nama formsiswa. 2. Mengkonfigurasi Koneksi Data Sources ODBC ke database MySQL. Sebelum memulai mengkonfigurasi ODBC ke MySQL, pastikan aplikasi MySQL Connector ODBC telah terinstall di PC kalian dan khusus untuk windows 7 hanya bisa dilakukan pada Windows 7 versi x86 atau 32 bit saja, setelah itu untuk membuka menu ODBC (Data Source), buka menu Control Panel. Untuk windows XP dan Windows 7 klik start klik Control Panel. Setelah itu buka pada aplikasi

8 Administrative Tools lalu pilih atau buka Data Sources (ODBC), untuk windows 8 pilih yang Data Sources ODBC (x86 atau 32 bit). Setelah masuk dalam menu aplikasi Data Sources (ODBC) kemudian pilih menu System DSN, lalu klik Add. Setelah tampil menu Add Data Sources ODBC, cari nama menu MySQL ODBC 3.51 Driver jika menggunakan MySQL Connector versi 3.51 atau MySQL ODBC 5.1 Driver jika menggunakan versi 5.1, lalu klik Finish.

9 Kemudian setelah tampil menu Connector/ODBC, pada tab Login, lakukan pengisian konfigurasinya seperti di bawah ini : Pada kolom password disesuaikan dengan konfigurasi di mysql database server kalian, jika mysql tidak diberi password maka cukup dikosongkan saja pada kolomnya, setelah itu klik Test untuk mengecek hasil koneksi ODBC dengan MySQL. Apabila tampil suatu pesan kosong, atau pesan Connection Successfull berarti ODBC telah berhasil terkoneksi dengan database MySQL, setelah itu klik Ok, maka akan tampil database baru pada menu System DSN.

10 Setelah itu klik ok dan konfigurasi ODBC ke database MySQL telah selesai. 3. Mengkonfigurasi Koneksi Form Basis Data ke Database MySQL Setelah pembuatan form basis data selesai dan konfigurasi koneksi ODBC ke MySQL juga telah selesai, sekarang koneksikan form basis data yang sudah dibuat menggunakan Microsoft Access 2007 ke ODBC Database MySQL. Pastikan database dan form database Microsoft Access telah dibuka, kemudian pilih tab menu External Data, lalu pilih atau klik menu More, setelah itu pilih menu ODBC Database. Selanjutnya pilih menu Link to the data source by creating a linked table lalu klik ok.

11 Kemudian setelah masuk pada menu Select Data Source, pilih tab menu Machine Data Source lalu pada menu Data Source Name pilih db_xrpl lalu klik ok. Selanjutnya akan tampil pilihan menu tabel Link Tables dari database MySQL. Pilih atau klik Select All lalu klik ok.

12 Apabila terdapat tampilan menu Select Unique Record Identifier pada tabel nilai diabaikan saja karena kita tidak membuat kunci utama atau index dari tabel nilai tersebut. Lalu klik ok. Maka akan tampil tampilan seperti berikut : Selanjutnya tampilkan menu Properties pada Form, lakukan seperti berikut : Di Klik Kanan Setelah tampil menu properties pada form, lalu pada kolom Record Source pilih siswa, untuk memasukkan data dari tabel siswa ke dalam form basis data yang bernama formsiswa.

13 Kemudian pilih atau klik field textbox NIS yang ada di form, lalu pada properties formnya pada kolom Control Source pilih nis. Selanjutnya pada field-field textbox lainnya, lakukan dengan cara yang sama seperti di atas dan sesuaikan field pada form dengan kolom tabel yang ada di control source-nya. Setelah itu simpan konfigurasi formnya kemudian buka hasil formnya dengan cara klik kanan pada formsiswa, lalu klik open.

14 Apabila tabel siswa yang terdapat dalam database xrpl di MySQL telah terisi dengan beberapa data siswa, maka secara otomatis di form database Microsoft Access akan di tampilkan. 4. Memasukkan Data ke Dalam Tabel Database MySQL Melalui Form Basis Data Selanjutnya uji coba form basis data tersebut dengan cara memasukkan data ke dalam tabel siswa di database xrpl pada MySQL melalui form tersebut dengan cara klik tombol Add Record yang bergambar pensil tersebut seperti di tampilan tadi, lalu isikan datanya setelah itu klik tombol simpan yang bergambar disket warna hitam coklat seperti pada tampilan form. Menambah Data baru / Add Record Menyimpan data / Save Record Setelah itu cek hasilnya di database MySQL apakah data tersimpan atau tidak, seperti berikut :

15 Apabila data yang baru dimasukkan melalui form basis data telah tampil di database MySQL seperti pada tampilan di atas, berarti pembuatan form basis data yang terkoneksi dengan database di MySQL telah berhasil. V. PERTANYAAN DAN TUGAS Pertanyaan : 1. Tunjukkan bagaimana cara menambah tombol cari record atau Find Record di form basis data! 2. Tunjukkan bagaimana cara menghapus data yang baru dimasukkan tadi melalui form basis data! Tugas : Buatlah form basis data untuk tabel mapel dengan nama formmapel dan tabel nilai dengan nama formnilai dan database Microsoft Access dikumpulkan!

16 LEMBAR JAWAB NIS Nama Siswa Tgl Periksa Nilai Paraf

17 BIODATA PENULIS Penulis yang bernama asli Deka Mukhamad Wildan, kelahiran Kendal, 17 Agustus 1992 ini menamatkan dirinya dari SMK Bhakti Nusantara Boja Kendal tahun 2011 jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), yang beralamat di Boja juga. Sekarang ini penulis bekerja di SMK Bhakti Nusantara sebagai staff Tata Usaha sekaligus admin dari website sejak bulan Agustus 2011, sambil mengajar praktikum juga di kelas 1 program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) tentang pemrograman dan juga sebagai pengajar Ekstrakurikuler Web Design. Penulis juga masih aktif sebagai mahasiswa STEKOM Semarang angkatan 2012, mengambil Program studi D3 jurusan Teknik Komputer. Hobi penulis yaitu belajar ilmu komputer apa aja yang penting tentang komputer, lalu Bermain Voly, Nonton TV, Facebookan, menulis, surfing di internet, mendengarkan musik dan yang pasti suka tadarus walaupun tidak sering.

TUTORIAL PHP MEMBUAT PROGRAM APLIKASI BASIS WEB INVENTARIS LAB KOMPUTER DISUSUN OLEH DEKA MUKHAMAD WILDAN SKS

TUTORIAL PHP MEMBUAT PROGRAM APLIKASI BASIS WEB INVENTARIS LAB KOMPUTER DISUSUN OLEH DEKA MUKHAMAD WILDAN SKS TUTORIAL PHP MEMBUAT PROGRAM APLIKASI BASIS WEB INVENTARIS LAB KOMPUTER DISUSUN OLEH DEKA MUKHAMAD WILDAN SKS 12.2 410391290015 SEKOLAH TINGGI ELEKTRONIKA DAN KOMPUTER ( STEKOM ) TAHUN AKADEMIK 2013 TUTORIAL

Lebih terperinci

E-Trik Visual C++ 6.0

E-Trik Visual C++ 6.0 DISCLAIMER Seluruh dokumen E-Trik di dalam CD ini dapat digunakan dan disebarkan secara bebas untuk tujuan belajar bukan komersial (non-profit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis

Lebih terperinci

Mengexport Database Ms Access ke MySQL dengan menggunakan ODBC Connector

Mengexport Database Ms Access ke MySQL dengan menggunakan ODBC Connector Mengexport Database Ms Access ke MySQL dengan menggunakan ODBC Connector Pembahasan Sebelum melakukan export data dari Ms Access ke MySQL ada beberapa persyaratan yang dibutuhkan, antara lain: 1. Database

Lebih terperinci

Gambar 1. Jendela Ms. Access Pilihan: New : menu untuk membuat file basis data baru. Recent : menu untuk membuka file basis data yang sudah ada.

Gambar 1. Jendela Ms. Access Pilihan: New : menu untuk membuat file basis data baru. Recent : menu untuk membuka file basis data yang sudah ada. Mata Pelajaran : Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Standar Kompetensi : Microsoft Office Access Kompetensi Dasar : Mengoperasikan Software Aplikasi Basis Data Kelas : XI Pertemuan 2 A. Menjalankan

Lebih terperinci

Mengoperasikan Dasar-Dasar Basis Data (Database)

Mengoperasikan Dasar-Dasar Basis Data (Database) 2011 LSP TELEMATIKA Mengoperasikan Dasar-Dasar Basis Data (Database) Modul KKPI 3 Mengoperasikan Dasar-Dasar Basis Data - (20110523-R1) 1 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 BAB I Mempersiapkan Piranti Lunak Basis

Lebih terperinci

IMPLEMENTASI PEMROGRAMAN VISUAL BASIC DENGAN DATABASE ACCESS

IMPLEMENTASI PEMROGRAMAN VISUAL BASIC DENGAN DATABASE ACCESS IMPLEMENTASI PEMROGRAMAN VISUAL BASIC DENGAN DATABASE ACCESS I. Tujuan : 1. Mahasiswa dapat memahami tentang komponen pada Visual Basic yang digunakan untuk membuat koneksi aplikasi Visual Basic dengan

Lebih terperinci

Menampilkan Data/Tabel MySQL di Ms.Access

Menampilkan Data/Tabel MySQL di Ms.Access Menampilkan Data/Tabel MySQL di Ms.Access Setiaji ajitekom@yahoo.com http://www.kodokijo.net Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas

Lebih terperinci

Membuat File Database & Tabel

Membuat File Database & Tabel Membuat File Database & Tabel Menggunakan MS.Office Access 2013 Database merupakan sekumpulan data atau informasi yang terdiri atas satu atau lebih tabel yang saling berhubungan antara satu dengan yang

Lebih terperinci

Membuat File Database & Tabel

Membuat File Database & Tabel Membuat File Database & Tabel Menggunakan MS.Office Access 2010 Database merupakan sekumpulan data atau informasi yang terdiri atas satu atau lebih tabel yang saling berhubungan antara satu dengan yang

Lebih terperinci

TABEL DATABASE TABEL - KODE BARANG TOKO INFOMART BARANG - NAMA BARANG - HARGA

TABEL DATABASE TABEL - KODE BARANG TOKO INFOMART BARANG - NAMA BARANG - HARGA TABEL Dalam pembuatan database, data yang pertama dibuat adalah tabel. Tabel merupakan kumpulan data yang tersusun menurut aturan tertentu dan merupakan komponen utama pada database. Table disusun dalam

Lebih terperinci

Cara Mudah Membuat Aplikasi Windows dengan Microsoft Visual C++

Cara Mudah Membuat Aplikasi Windows dengan Microsoft Visual C++ Bab DATABASE Mengakses Database dengan ADO Database atau bisa juga disebut sebagai bank data, adalah sebuah sistem yang terdiri dari sebuah atau beberapa file. Database bisa terdiri dari beberapa tabel

Lebih terperinci

DATABASE SQL SERVER. Database SQL Server Halaman 1

DATABASE SQL SERVER. Database SQL Server Halaman 1 1 DATABASE SQL SERVER Objektif: Mengetahui sejarah SQL Server 7.0 Mengengetahui perbedaan SQL Server dengan Microsoft Access Mengenal program bantu yang ada di SQL Server 7.0 Mengetahui cara membuat database

Lebih terperinci

Merancang Project. Form Module Class Module Report. Form 1, Form 2, Minimarket (NamaProject) Gambar 4.1 Flowchart Project Sistem Informasi Minimarket

Merancang Project. Form Module Class Module Report. Form 1, Form 2, Minimarket (NamaProject) Gambar 4.1 Flowchart Project Sistem Informasi Minimarket Merancang Project Setelah desain database dan tabel selesai, langkah berikutnya adalah desain project menggunakan Visual Basic 6.0. Berikut tahap-tahap yang harus kita lakukan untuk merancang program sesuai

Lebih terperinci

KONEKSI NETBEANS DENGAN DATABASE SQLITE

KONEKSI NETBEANS DENGAN DATABASE SQLITE KONEKSI NETBEANS DENGAN DATABASE SQLITE Open SQLite Manager yang ada pada add on Firefox. Create new database baru dengan cara Database, lalu pilih New Database. 1 Ganti nama dengan Database1. Pilih direktori

Lebih terperinci

Petunjuk Teknis Instalasi ODBC dan Instalasi SIKI

Petunjuk Teknis Instalasi ODBC dan Instalasi SIKI Petunjuk Teknis Instalasi ODBC dan Instalasi SIKI Langkah 1 dari 23: Langkah Instalasi ODBC dan Install SIKI dilakukan setelah selesai langkah Instal MySQL dan Penempatan File Database SIKI (baca : Juknis

Lebih terperinci

MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK BASIS DATA MICROSOFT ACCESS

MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK BASIS DATA MICROSOFT ACCESS MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK BASIS DATA MICROSOFT ACCESS Oleh: Carwoto (carwoto@yahoo.com) A. Menyiapkan Database dan Tabel 1. Klik menu File > New. Klik Blank Database di Task pane. 2. Ketik DataKKPI

Lebih terperinci

BAB KONEKSI SQL SERVER

BAB KONEKSI SQL SERVER Hal - 1 - BAB KONEKSI SQL SERVER Sebelum melakukan koneksi database ke SQL server, disini akan dibahas terlebih dahulu cara menginstallnya ke dalam komputer. 1. Masukkan CD installer SQL server 2. Klik

Lebih terperinci

A. Cara Membuat Database & Table di MySQL Server

A. Cara Membuat Database & Table di MySQL Server Visual Foxpro With Database Server I (MySQL) A. Cara Membuat Database & Table di MySQL Server I. Cara I (Lewat Command) 1. Jalankan MySQL Command Line 2. Masukkan Password Root Sampai Muncul MySQL Prompt

Lebih terperinci

1.1 Memulai Access 2007

1.1 Memulai Access 2007 Microsoft Access 2007 1.1 Memulai Access 2007 Microsoft Access 2007 yang untuk selanjutnya disingkat Access 2007 adalah program aplikasi database yang populer dan banyak digunakan saat ini. Dengan Access

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. meletakan sistem sehingga siap untuk dioperasikan. Implementasi bertujuan untuk

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. meletakan sistem sehingga siap untuk dioperasikan. Implementasi bertujuan untuk 5.1. Implementasi BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM Setelah sistem dirancang dan di desain secara rinci, maka selanjutnya menuju tahap implementasi. Implementasi sistem merupakan tahap meletakan

Lebih terperinci

Modul Praktikum Basis Data 7 Membuat Form Lebih Lanjut

Modul Praktikum Basis Data 7 Membuat Form Lebih Lanjut Modul Praktikum Basis Data 7 Membuat Form Lebih Lanjut Pokok Bahasan : - Membuat sebuah Field Entri Data berbentuk List Box - Membuat sebuah Field Entri Data berbentuk Combo Box - Membuat sebuah Field

Lebih terperinci

[MODUL ACCESS PEMULA]

[MODUL ACCESS PEMULA] Microsoft Excel 2007 Tingkat Pemula 2010 : Management and Education Governance [MODUL ACCESS 2007 - PEMULA] Pilot Project EMIS-ICT Strengthening in Aceh 104 ACCESS 2007 - PEMULA Tujuan Diharapkan Peserta

Lebih terperinci

a. Menyiapkan database

a. Menyiapkan database Membuat Label dan Kartu Pernahkan kita melihat label yang tertempel pada undangan? Bagaimana cara membuatnya? Tentunya kita bisa saja membuatnya secara manual dengan mengetik satu per satu, kemudian posisinya

Lebih terperinci

MODUL PERKULIAHAN APLIKASI KOMPUTER. Microsoft Access. Fakultas Program Studi Tatap Muka Kode MK Disusun Oleh

MODUL PERKULIAHAN APLIKASI KOMPUTER. Microsoft Access. Fakultas Program Studi Tatap Muka Kode MK Disusun Oleh MODUL PERKULIAHAN APLIKASI KOMPUTER Microsoft Access Fakultas Program Studi Tatap Muka Kode MK Disusun Oleh Ilmu Komputer Teknik Informatika 13 MK10230 Abstract Kompetensi Microsoft Access 1 Pendahuluan

Lebih terperinci

PROSEDUR MENJALANKAN MICROSOFT OFFICE ACCESS 2007

PROSEDUR MENJALANKAN MICROSOFT OFFICE ACCESS 2007 PROSEDUR MENJALANKAN MICROSOFT OFFICE ACCESS 2007 a. Untuk menjalankan microsoft office access ini, buka terlebih dahulu dengan klik start, klik all programs, pilih microsoft office, dan pilih microsoft

Lebih terperinci

Membuat Koneksi Database Menggunakan ODBC (Open Database Conectivity)

Membuat Koneksi Database Menggunakan ODBC (Open Database Conectivity) Membuat Koneksi Database Menggunakan ODBC (Open Database Conectivity) 1. Gambaran ODBC ODBC merupakan standar untuk membuka koneksi database yang terdapat pada Sistem operasi Windows dan ODBC merupakan

Lebih terperinci

E-Trik JAVA. Pemrograman Database. IRAWAN e-mail : irawan_cyber@yahoo.com.sg

E-Trik JAVA. Pemrograman Database. IRAWAN e-mail : irawan_cyber@yahoo.com.sg DISCLAIMER Seluruh dokumen E-Trik di dalam CD ini dapat digunakan dan disebarkan secara bebas untuk tujuan belajar bukan komersial (non-profit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis

Lebih terperinci

MICROSOFT ACCESS. Pengenalan Microsoft Office Access 2003

MICROSOFT ACCESS. Pengenalan Microsoft Office Access 2003 MICROSOFT ACCESS Pengenalan Microsoft Office Access 2003 Microsoft Access adalah suatu aplikasi yang dapat menbantu kita membuat aplikasi database dalam waktu relatif singkat, Biasanya digunakan untuk

Lebih terperinci

Aplikasi Komputer. Bekerja Dengan Microsoft Excel Access (1) Ita Novita, S.Kom, M.T.I. Modul ke: Fakultas ILMU KOMPUTER. Program Studi Informatika

Aplikasi Komputer. Bekerja Dengan Microsoft Excel Access (1) Ita Novita, S.Kom, M.T.I. Modul ke: Fakultas ILMU KOMPUTER. Program Studi Informatika Modul ke: Aplikasi Komputer Bekerja Dengan Microsoft Excel Access (1) Fakultas ILMU KOMPUTER Ita Novita, S.Kom, M.T.I Program Studi Informatika www.mercubuana.ac.id Pengenalan MS. Access 2010 Aplikasi

Lebih terperinci

Bab 11 Membuat Field Entri Data Khusus dan Command Button pada Form

Bab 11 Membuat Field Entri Data Khusus dan Command Button pada Form Bab 11 Membuat Field Entri Data Khusus dan Command Button pada Form Pokok Bahasan Membuat Sebuah Field Entri Data Berbentuk List Box Membuat Sebuah Field Entri Data Berbentuk Combo Box Membuat Sebuah Field

Lebih terperinci

9 LANGKAH MUDAH KONEKSIKAN VISUAL FOXPRO DENGAN MySQL

9 LANGKAH MUDAH KONEKSIKAN VISUAL FOXPRO DENGAN MySQL 9 LANGKAH MUDAH KONEKSIKAN VISUAL FOXPRO DENGAN MySQL Visual FoxPro atau yang sering disebut dengan VFP merupakan integrasi dengan mesin database relasionalnya sendiri yang membentang FoxPro's Xbase dengan

Lebih terperinci

BAB XII MENGGUNAKAN FORM & REPORT

BAB XII MENGGUNAKAN FORM & REPORT DIKTAT MATA KULIAH SOFTWARE TERAPAN II BAB XII MENGGUNAKAN FORM & REPORT IF Membuat dan Merancang Form Form merupakan salah satu objek database yang digunakan untuk mempermudah Anda memasukkan data pada

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Sebelum menjalankan program aplikasi ini ada elemen-elemen

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Sebelum menjalankan program aplikasi ini ada elemen-elemen BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Kebutuhan Sistem Sebelum menjalankan program aplikasi ini ada elemen-elemen pendukung yang harus diperhatikan yaitu perangkat lunak dari komputer (Software) dan perangkat

Lebih terperinci

Praktikum DATABASE Microsoft Access Buatkan terlebih dahulu Database DAFTAR PEGAWAI tabel data yang dibuat berikut, ini :

Praktikum DATABASE Microsoft Access Buatkan terlebih dahulu Database DAFTAR PEGAWAI tabel data yang dibuat berikut, ini : RANCANGAN DATABASE & TAMPILAN DATA KEPEGAWAIAN Modul 6 6.1. Materi 6.2. Tujuan Praktikum Rancangan Database & Aplikasi Kasus Kepegawaian Metari-6 ini merupakan mengukur kemampuan dan mengaplikasikan untuk

Lebih terperinci

Praktikum DATABASE Microsoft Access 2000 FORM DALAM ACCESS. Membuat FORM Secara WIZARD Membuat FORM Secara Design VIEW

Praktikum DATABASE Microsoft Access 2000 FORM DALAM ACCESS. Membuat FORM Secara WIZARD Membuat FORM Secara Design VIEW Modul 4 FORM DALAM ACCESS 4.1. Materi Membuat FORM Secara WIZARD Membuat FORM Secara Design VIEW 4.2. Tujuan Praktikum Dengan mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan dapat memahami fungsi FORM,

Lebih terperinci

Bab 10 Membuat, Menggunakan dan Memodifikasi Form

Bab 10 Membuat, Menggunakan dan Memodifikasi Form Bab 10 Membuat, Menggunakan dan Memodifikasi Form Pokok Bahasan Membuat Form Menutup dan Menyimpan Form Memodifikasi Rancangan Form Membuat Form Form merupakan salah satu objek database yang digunakan

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. Implementasi perancangan pada sistem informasi perparkiran

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. Implementasi perancangan pada sistem informasi perparkiran 61 BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM 5.1 Implementasi Implementasi perancangan pada sistem informasi perparkiran dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0, dengan basis data

Lebih terperinci

BAB VI Membuat Tombol Control pada Form

BAB VI Membuat Tombol Control pada Form BAB VI Membuat Tombol Control pada Form Dari form yang telah Anda buat dan modifikasi, alangkah baiknya jika suatu form dilengkapi dengan sebuah tombol Control yaitu dengan memanfaatkan tool Button pada

Lebih terperinci

DATABASE JUMLAH PENDUDUK MENURUT KECAMATAN DAN JENIS KELAMIN DI KABUPATEN MAGETAN. Oleh : Ratna Juwita P.R

DATABASE JUMLAH PENDUDUK MENURUT KECAMATAN DAN JENIS KELAMIN DI KABUPATEN MAGETAN. Oleh : Ratna Juwita P.R DATABASE JUMLAH PENDUDUK MENURUT KECAMATAN DAN JENIS KELAMIN DI KABUPATEN MAGETAN Oleh : Ratna Juwita P.R 115030101111031 Saya akan mendeskripsikan tentang database jumlah penduduk menurut kecamatan dan

Lebih terperinci

KOMPUTER APLIKASI BISNIS

KOMPUTER APLIKASI BISNIS PANDUAN PERKULIAHAN KOMPUTER APLIKASI BISNIS Dengan Menggunakan Microsoft Access 2007 SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI STIE SEBELAS APRIL SUMEDANG MEMBUAT APLIKASI PENJUALAN SEDERHANA DENGAN MICROSOFT ACCESS

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN Pada bab ini dilakukan implementasi dan pengujian terhadap sistem. Tahapan ini dilakukan setelah perancangan selesai dilakukan dan selanjutnya diimplementasikan pada bahasa

Lebih terperinci

Microsoft Access 2007

Microsoft Access 2007 Microsoft Access 2007 Alam Santosa 2011 MENGENAL MICROSOFT ACCESS Teknik Industri Universitas Komputer Indonesia Jl. Dipatiukur 1114 Bandung 1 Memulai Access 2007 Klik Start > All Program > Microsoft Office

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. Tahap Implementasi merupakan rangkaian pelaksanaan kegiatan yang

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. Tahap Implementasi merupakan rangkaian pelaksanaan kegiatan yang 6 7 BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM Tahap Implementasi merupakan rangkaian pelaksanaan kegiatan yang dilakukan setelah tahap perancangan sistem selesai dilaksanakan dengan tujuan yang ingin dicapai

Lebih terperinci

A. INSTALLASI SOFTWARE

A. INSTALLASI SOFTWARE A. INSTALLASI SOFTWARE 1. Masukkan CD Program ke dalam CD ROM 4. Isikan username dan Organization, Next 2. Next untuk melanjutkan 5. Pilih Typical, Next 3. Pilih I accept the terms in the licence agrement,

Lebih terperinci

Bab 16 Mengekspor Data, Mengambil Data dari Luar dan Menggunakan Password

Bab 16 Mengekspor Data, Mengambil Data dari Luar dan Menggunakan Password Bab 16 Mengekspor Data, Mengambil Data dari Luar dan Menggunakan Password Pokok Bahasan Menyalin atau Membuat Duplikat Objek-objek Database ke Database Lain Mengambil Data dari Luar (Import Data) Menggunakan

Lebih terperinci

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI STIE SEBELAS APRIL SUMEDANG

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI STIE SEBELAS APRIL SUMEDANG MODUL PERKULIAHAN KOMPUTER AKUNTANSI Dengan Menggunakan Microsoft Access 2007 SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI STIE SEBELAS APRIL SUMEDANG MEMBUAT APLIKASI AKUNTANSI SEDERHANA DENGAN MICROSOFT ACCESS 2007 STUDI

Lebih terperinci

MICROSOFT OFFICE ACCESS 2007

MICROSOFT OFFICE ACCESS 2007 MICROSOFT OFFICE ACCESS 2007 Cakupan Panduan : Dasar-dasar Microsoft Access : Pengenalan software berbasis data, Memulai Microsoft Access Pengoerasian Microsoft Access : Menyiapkan table, mengisi table,

Lebih terperinci

Koneksi PHP -ODBC Persiapan

Koneksi PHP -ODBC Persiapan Koneksi PHP -ODBC Beberapa waktu yang lalu ada salah seorang pembaca Sony AK Knowledge Center yang bertanya mengenai cara koneksi dari PHP ke database SQL Server. Kedengarannya mungkin aneh karena biasanya

Lebih terperinci

Mengakses Microsoft SQL Server dengan PHP

Mengakses Microsoft SQL Server dengan PHP Mengakses Microsoft SQL Server dengan PHP Budi Hartono pakne.dhea@gmail.com http://cakbud.info Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas

Lebih terperinci

Praktikum DATABASE Microsoft Access 2000

Praktikum DATABASE Microsoft Access 2000 O B J E K F O R M Modul 5 5.1. Materi Rancangan Database & Aplikasi Kasus Kepegawaian 5.2. Tujuan Praktikum Dengan mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan dapat memahami fungsi FORM, menjalankannya

Lebih terperinci

SETUP (Petunjuk Instalasi SIMAK Accounting)

SETUP (Petunjuk Instalasi SIMAK Accounting) I-1 SETUP (Petunjuk Instalasi SIMAK Accounting) Sebelum SIMAK Accounting dapat dioperasikan, terlebih dahulu anda harus menjalankan prosedur untuk install aplikasi SIMAK Accounting. SIlahkan ikuti langkah

Lebih terperinci

Bab 15 Menggunakan Menu Navigasi Berupa Switchboard dan Form

Bab 15 Menggunakan Menu Navigasi Berupa Switchboard dan Form Bab 15 Menggunakan Menu Navigasi Berupa Switchboard dan Form Pokok Bahasan Membuat dan Menggunakan Switchboard Membuat Menu Navigasi Berupa Form Untuk memudahkan navigasi semua obyek pada file database

Lebih terperinci

Konsep Sistem Informasi B

Konsep Sistem Informasi B MICROSOFT ACCESS FORM Form digunakan untuk merepresentasikan ke user atau menerima inputan dari user data-data dalam tabel atau query dalam bentuk interface grid, tombol, dan lain-lain kontrol windows.

Lebih terperinci

Spesifikasi: Ukuran: 11x18 cm Tebal: 144 hlm Harga: Rp Terbit pertama: Juni 2005 Sinopsis singkat:

Spesifikasi: Ukuran: 11x18 cm Tebal: 144 hlm Harga: Rp Terbit pertama: Juni 2005 Sinopsis singkat: Spesifikasi: Ukuran: 11x18 cm Tebal: 144 hlm Harga: Rp 19.800 Terbit pertama: Juni 2005 Sinopsis singkat: Membahas teknik pembuatan aplikasi database menggunakan Microsoft Access Project 2003 dan SQL Server

Lebih terperinci

A. INSTALLASI SOFTWARE

A. INSTALLASI SOFTWARE A. INSTALLASI SOFTWARE 1. Masukkan CD Program ke dalam CD ROM 3. Pilih Next 4. Pilih direktori tempat penyimpanan lalu tekan, Lanjut 2. Next untuk melanjutkan 5. Pilih Typical, Next B. LOGIN PROGRAM 1.

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN IV.1. Tampilan Hasil Pembahasan mengenai hasil mencakup spesifikasi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) serta tampilan output perangkat lunak. IV.1.1.

Lebih terperinci

Bab XII Mencetak Data SQL Server

Bab XII Mencetak Data SQL Server 96 Bab XII Mencetak Data SQL Server 12. 1 Tujuan a. Mahasiswa mampu membuat Laporan dengan Seagate Crystal Report. b. Mahasiswa mampu menerapkan Laporan di dalam aplikasi. 12. 2 Materi a. Mencetak Data

Lebih terperinci

MEMBUAT LAPORAN (DATA REPORT)

MEMBUAT LAPORAN (DATA REPORT) 1 MEMBUAT LAPORAN (DATA REPORT) Data Report merupakan sebuah desain untuk mencetak laporan dimana memiliki bagian-bagian seperti terlihat pada gambar 1 berikut : Gambar 1. Tampilan Data Report Maksud dari

Lebih terperinci

Modul Praktikum Basis Data 11 Membuat Menu dengan Form

Modul Praktikum Basis Data 11 Membuat Menu dengan Form Modul Praktikum Basis Data 11 Membuat Menu dengan Form Pokok Bahasan : - Membuat dan menggunakan switchboard - Membuat Menu Navigasi Berupa Form Tujuan : - Mahasiswa mampu membuat dan menggunakan switchboard

Lebih terperinci

I. INSTALLASI SOFTWARE

I. INSTALLASI SOFTWARE I. INSTALLASI SOFTWARE 1. Masukkan CD Program ke dalam CD ROM 4. Isikan username dan Organization, Next 2. Next untuk melanjutkan 5. Pilih Typical, Next 3. Pilih I accept the terms in the licence agrement,

Lebih terperinci

Data dalam bahasa latin datum yang artinya fakta, jadi data adalah nilai/ value yang turut mempresentasikan deskripsi dari suatu objek.

Data dalam bahasa latin datum yang artinya fakta, jadi data adalah nilai/ value yang turut mempresentasikan deskripsi dari suatu objek. Data dalam bahasa latin datum yang artinya fakta, jadi data adalah nilai/ value yang turut mempresentasikan deskripsi dari suatu objek. Informasi adalah kumpulan dari data-data Data base adalah kumpulan

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. Pelaksanaan Proyek Akhir dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan pada Bagian

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. Pelaksanaan Proyek Akhir dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan pada Bagian BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN 4.1 Metode Pelaksanaan Pelaksanaan Proyek Akhir dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan pada Bagian Operasional PT Pelindo Daya Sejahtera (PDS) yang pelaksanaannya pada: Tanggal :

Lebih terperinci

Aplikasi Komputer. Microsoft Office 2010 Microsoft Office Access 2010 Bag 1. Miftahul Fikri, M.Si. Modul ke: Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Aplikasi Komputer. Microsoft Office 2010 Microsoft Office Access 2010 Bag 1. Miftahul Fikri, M.Si. Modul ke: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Modul ke: Microsoft Office 2010 Microsoft Office Access 2010 Bag 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Miftahul Fikri, M.Si Program Studi Manajemen www.mercubuana.ac.id Microsoft Access adalah sebuah program program

Lebih terperinci

MANUAL UNTUK MENJALANKAN PROGRAM

MANUAL UNTUK MENJALANKAN PROGRAM 1 MANUAL UNTUK MENJALANKAN PROGRAM Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan aplikasi php dan javascript sebagai rancangan interface, untuk tempat penyimpanan data (database) digunakan MySQL client version:

Lebih terperinci

KSI B ~ M.S. WULANDARI

KSI B ~ M.S. WULANDARI 1 MODUL I : TABEL Microsoft Access adalah perangkat lunak database management system (DBMS). Database dalam Microsoft Access dapat terdiri atas satu atau beberapa tabel, query, form, report, makro, dan

Lebih terperinci

BAB-XI MEMBUAT SUBFORM

BAB-XI MEMBUAT SUBFORM BAB-XI MEMBUAT SUBFORM 1. Buatlah file Database dengan nama MODUL-10 2. Buat 3 (tiga) buah file Tabel, dengan struktur sebagai berikut : a. Tabel-1 : TABEL NOFAK b. Tabel-2 : TABEL DETAIL c. Tabel-3 :

Lebih terperinci

Konversi Database. Klik Next. 3. Maka muncul kotak dialog berikutnya. Klik Next

Konversi Database. Klik Next. 3. Maka muncul kotak dialog berikutnya. Klik Next Konversi Database Database dibuat dengan menggunakan berbagai macam software baik yang berlinsensi seperti Microsoft Acces maupun yang Freeware seperti MySQL, dalam permasalahan kali ini saya akan mencoba

Lebih terperinci

Pengenalan. Microsoft Access. TI3007 Praktikum Perancangan Sistem Terintegrasi III. Perancangan Basis Data

Pengenalan. Microsoft Access. TI3007 Praktikum Perancangan Sistem Terintegrasi III. Perancangan Basis Data Pengenalan Microsoft Access TI3007 Praktikum Perancangan Sistem Terintegrasi III Perancangan Basis Data PENDAHULUAN Microsoft Access adalah sebuah program aplikasi untuk mengolah database (basis data)

Lebih terperinci

Cara Membuat Mail Merge di Word 2010

Cara Membuat Mail Merge di Word 2010 Cara Membuat Mail Merge di Word 2010 Mail merge membantu kita untuk membuat sebuah dokumen (misalnya surat) yang isinya sama untuk penerima yang berbeda secara cepat dan mudah. Fitur ini sangat membantu

Lebih terperinci

Ms. Access Pengertian...(1/2) Data base. Data. Informasi. Dalam bahasa latin datum yang artinya fakta. Kumpulan dari data-data

Ms. Access Pengertian...(1/2) Data base. Data. Informasi. Dalam bahasa latin datum yang artinya fakta. Kumpulan dari data-data Ms. Access 2007 Laboratorium Komputer Universitas Esa Unggul Ganjil 2015/2016 Pengertian...(1/2) Data Informasi Data base Dalam bahasa latin datum yang artinya fakta. Jadi data adalah nilai yang turut

Lebih terperinci

Mengenal dan Mulai Bekerja dengan Access 2007

Mengenal dan Mulai Bekerja dengan Access 2007 Mengenal dan Mulai Bekerja dengan Access 2007 1. Klik tombol yang ada di taskbar. 2. Pilih atau klik menu All Programs > Microsoft Office > Microsoft Office Access 2007. 3. Pada jendela Getting Started

Lebih terperinci

Gambar ini menunjukkan informasi pemilihan folder untuk melakukan instalasi software XAMPP.

Gambar ini menunjukkan informasi pemilihan folder untuk melakukan instalasi software XAMPP. L1 Install XAMPP Sebelum program didistribusikan, maka harus melakukan proses instalasi beberapa program yang dibutuhkan dalam perancangan aplikasi member ini. Berikut adalah langkah-langkah dari proses

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Rencana Implementasi Tabel 4.1 Tabel rencana implementasi OCT NOV DEC JAN Act Plan I II III IV V I II III IV I II III IV V I II Pemilihan Hardware & Software # # Konfigurasi

Lebih terperinci

PANDUAN INSTALASI MESIN ABSENSI ONLINE Sistem Informasi e TKD Provinsi DKI Jakarta Versi 1.0

PANDUAN INSTALASI MESIN ABSENSI ONLINE Sistem Informasi e TKD Provinsi DKI Jakarta Versi 1.0 PANDUAN INSTALASI MESIN ABSENSI ONLINE Sistem Informasi e TKD Provinsi DKI Jakarta Versi 1.0 Hal 1 DAFTAR ISI A. PENDAHULUAN... 3 B. PENGATURAN DATABASE (ODBC)... 4 C. MESIN ABSENSI ONLINE... 8 1. Mendaftarkan

Lebih terperinci

Memulai Access 2007 dan Membuat Database 1.1 Memulai Microsoft Office Access 2007

Memulai Access 2007 dan Membuat Database 1.1 Memulai Microsoft Office Access 2007 Memulai Access 2007 dan Membuat Database 1.1 Memulai Microsoft Office Access 2007 Untuk memulai aplikasi Microsoft Office Access 2007, ikuti langkah-langkah di bawah ini: 1. Klik tombol Start. 2. Lanjutkan

Lebih terperinci

BAB-II OPERASI TABEL

BAB-II OPERASI TABEL BAB-II OPERASI TABEL 2.1. Modifikasi Tabel Terkadang Anda perlu mengatur field yang sudah ditempatkan pada tabel, kemudian suatu saat struktur tabel tersebut ingin kita rubah, misalnya mengganti field,

Lebih terperinci

BAB-I DATABASE DAN MENGENAL MICROSOFT ACCESS

BAB-I DATABASE DAN MENGENAL MICROSOFT ACCESS BAB-I DATABASE DAN MENGENAL MICROSOFT ACCESS 1.1. Sekilat tentang Database Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak akan pernah terlepas dari data. Misalnya saja data tentang mahasiswa, dosen, akademik,

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Hasil Berikut ini dijelaskan tentang tampilan hasil dari Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru yang dibangun, dapat dilihat sebagai berikut : 1. Tampilan Halaman Utama

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN CARA PENGGUNAAN APLIKASI PERHITUNGAN TITIK IMPAS PADA MULTIPLE PRODUCT

BUKU PANDUAN CARA PENGGUNAAN APLIKASI PERHITUNGAN TITIK IMPAS PADA MULTIPLE PRODUCT LAMPIRAN BUKU PANDUAN CARA PENGGUNAAN APLIKASI PERHITUNGAN TITIK IMPAS PADA MULTIPLE PRODUCT a. Cara penggunaan dasar aplikasi. Untuk membuka apllikasi ini diperlukan beberapa software pendukung diantaranya

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. yang sulit untuk diimplementasikan dalam RDBMS (Relational Data Base Management

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. yang sulit untuk diimplementasikan dalam RDBMS (Relational Data Base Management BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Penelitian melakukan pengembangan terhadap opsi-opsi pemecahan masalah yang sulit untuk diimplementasikan dalam RDBMS (Relational Data Base Management System)

Lebih terperinci

MODUL X DATABASE VB. Modul Praktikum Bahasa Pemrograman Visual (BPV)

MODUL X DATABASE VB. Modul Praktikum Bahasa Pemrograman Visual (BPV) MODUL X DATABASE VB A. Tujuan 1. Memahami dan menerapkan operasi-operasi database. 2. Memahami langkah pembuatan aplikasi database. 3. Memahami konfigurasi data source. 4. Memahami pembuatan Table Adapter.

Lebih terperinci

TUGAS 1 SISTEM MANAJEMEN BASIS DATA-S1 LAPORAN PRAKTIK SISTEM BASIS DATA

TUGAS 1 SISTEM MANAJEMEN BASIS DATA-S1 LAPORAN PRAKTIK SISTEM BASIS DATA TUGAS 1 SISTEM MANAJEMEN BASIS DATA-S1 LAPORAN PRAKTIK SISTEM BASIS DATA Disusun oleh : NAMA : Ema Setiyaningrum (NIM : 141051109) JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI INSTITUT SAINS

Lebih terperinci

MANUAL PENGOPERASIAN JSTOCKINVENTORY Twitter

MANUAL PENGOPERASIAN JSTOCKINVENTORY Twitter MANUAL PENGOPERASIAN JSTOCKINVENTORY 2 www.jasaplus.com 082227927747 Twitter : @ringlayer email : ringlayer@gmail.com jasapluscom@yahoo.com DAFTAR ISI BAB 1. PENGENALAN DAN INSTALASI JSTOCKINVENTORY 1.1.

Lebih terperinci

Oleh : Uus Rusmawan Hal - 1 -

Oleh : Uus Rusmawan Hal - 1 - Hal - 1 - BAB KONEKSI MYSQL MySql oleh sebagian besar pemakainya lebih cenderung digunakan untuk database berbasis web, padahal VB juga dapat mengolah database MySql. Instalasi Server Lokal MySQL MySql

Lebih terperinci

1. Pengertian Database

1. Pengertian Database 1. Pengertian Database Database adalah kumpulan data yang berhubungan dengan suatu obyek, topik, atau tujuan khusus tertentu. Merancang suatu database adalah untuk menentukan struktur dari database, yaitu

Lebih terperinci

Pembuatan Report menggunakan JasperReports dan ireport

Pembuatan Report menggunakan JasperReports dan ireport Pembuatan Report menggunakan JasperReports dan ireport Oleh : Tutorial ini adalah lanjutan dari tutorial sebelumnya yang berjudul Pemrograman Database Java- MySQL bisa dibaca di http://www.scribd.com/doc/72455088/pemrograman-database-java-mysql.

Lebih terperinci

Cara Membuat Mail Merge di Word 2007

Cara Membuat Mail Merge di Word 2007 Cara Membuat Mail Merge di Word 2007 Mail merge membantu kita untuk membuat sebuah dokumen (misalnya surat) yang isinya sama untuk penerima yang berbeda secara cepat dan mudah. Fitur ini sangat membantu

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. dengan perangkat keras dan perangkat lunak. Berikut adalah spesifikasi

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. dengan perangkat keras dan perangkat lunak. Berikut adalah spesifikasi 105 BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1. Implementasi Dalam implementasi, sistem solusi yang dikembangkan dibangun dengan perangkat keras dan perangkat lunak. Berikut adalah spesifikasi minimum sistem

Lebih terperinci

Query adalah bahasa SQL (Structured Query Language) yang ditampilkan dalam bentuk visual, yang dapat digunakan untuk melihat, memodifikasi dan

Query adalah bahasa SQL (Structured Query Language) yang ditampilkan dalam bentuk visual, yang dapat digunakan untuk melihat, memodifikasi dan Query adalah bahasa SQL (Structured Query Language) yang ditampilkan dalam bentuk visual, yang dapat digunakan untuk melihat, memodifikasi dan menganalisa data dengan berbagai jalan yang berbeda. Query

Lebih terperinci

MODUL 7. Apakah Joomla itu? A. Pra-Instalasi Joomla. Tujuan : 1. Pengenalan Joomla 2. Installasi Joomla 3. Pengenalan Section dan Categories

MODUL 7. Apakah Joomla itu? A. Pra-Instalasi Joomla. Tujuan : 1. Pengenalan Joomla 2. Installasi Joomla 3. Pengenalan Section dan Categories MODUL 7 JOOMLA Tujuan : 1. Pengenalan Joomla 2. Installasi Joomla 3. Pengenalan Section dan Categories Apakah Joomla itu? Sejauh ini joomla adalah: Joomla! is a free open source framework and content publishing

Lebih terperinci

4. Pilih direktori tempat penyimpanan lalu klik Lanjut. A. INSTALLASI SOFTWARE 1. Masukkan CD Program ke dalam CD ROM

4. Pilih direktori tempat penyimpanan lalu klik Lanjut. A. INSTALLASI SOFTWARE 1. Masukkan CD Program ke dalam CD ROM A. INSTALLASI SOFTWARE 1. Masukkan CD Program ke dalam CD ROM 4. Pilih direktori tempat penyimpanan lalu klik Lanjut 2. Lanjut untuk melanjutkan 5. Centangi 2 opsi seperti pada gambar, klik Lanjut 3. Pilih

Lebih terperinci

Excel dan Microsoft Query

Excel dan Microsoft Query BAB 6 Excel dan Microsoft Query 6.1 Microsoft Query Microsoft query merupakan program yang dipakai untuk mengambil data external ke dalam aplikasi Office, khususnya Excel. Dengan demikian, jika ada suatu

Lebih terperinci

LAMPIRAN : CARA MENJALANKAN PROGRAM

LAMPIRAN : CARA MENJALANKAN PROGRAM LAMPIRAN : CARA MENJALANKAN PROGRAM 1. Instalasi Aplikasi XAMPP versi 1.7.4 a. Jika anda sudah memiliki file XAMPP 1.7.4. anda tinggal double click file tersebut. Kemudian akan muncul pilihan bahasa. Pilih

Lebih terperinci

INSTALLATION CHECKING

INSTALLATION CHECKING INSTALLATION CHECKING PT.Technomatic Cipta Mandiri IT division: Jl. Cikutra Baru Raya No.2 Bandung-40124 Telp./Fax.: 022 70051771; 7219761 INSTALLATION CHECKING INSTALLATION CHECKING Informasi pada dokumen

Lebih terperinci

A. INSTALLASI SOFTWARE

A. INSTALLASI SOFTWARE A. INSTALLASI SOFTWARE 1. Masukkan CD Program ke dalam CD ROM 3. Centangi Buat Icon Di Desktop, Lanjut 2. Lanjuta untuk melanjutkan 4. Install untuk melanjutkan 5. Klik Install 7. Klik Launch The Program,

Lebih terperinci

Koneksi VB Dengan Database Sql Server

Koneksi VB Dengan Database Sql Server Oleh : Uus Rusmawan Hal - 1 Koneksi VB Dengan Database Sql Server Sebelum melakukan koneksi database ke SQL server, disini akan dibahas terlebih dahulu cara menginstallnya ke dalam komputer. 1. Masukkan

Lebih terperinci

BAB IV PEMBAHASAN. dapat dilakukan dengan memasukkan IP address sesuai dengan IP address yang telah

BAB IV PEMBAHASAN. dapat dilakukan dengan memasukkan IP address sesuai dengan IP address yang telah BAB IV PEMBAHASAN Pada bab pembahasan ini akan dibahas tentang hasil dari Kerja Praktek yang telah dibuat berdasarkan materi yang didapat dari berbagai buku sehingga terbentuk menjadi sebuah web dan dapat

Lebih terperinci

BAB V PENGUJIAN SISTEM DAN IMPLEMENTASI. komponen sistem yang diimplementasikan dan mengetahui kelemahan dari

BAB V PENGUJIAN SISTEM DAN IMPLEMENTASI. komponen sistem yang diimplementasikan dan mengetahui kelemahan dari BAB V PENGUJIAN SISTEM DAN IMPLEMENTASI 5.1. Pengujian Pengujian merupakan bagian yang terpenting dalam siklus pembangunan perangkat lunak. Pengujian dilakukan untuk untuk memeriksa kekompakan antara komponen

Lebih terperinci

Yang di bahas pada bab ini : Membuat Database

Yang di bahas pada bab ini : Membuat Database BAB V Yang di bahas pada bab ini : P ada bab ini anda akan membahas bagaimana cara membuat database menggunakan MS. Access, dengan mengimplementasikan kasus Perancangan Sistem Informasi Akademik Universitas

Lebih terperinci

Ringkasan Bab 1. Bab 1 ini akan membahas pemakaian dasar Access secara menyeluruh. Topik-topiknya antara lain:

Ringkasan Bab 1. Bab 1 ini akan membahas pemakaian dasar Access secara menyeluruh. Topik-topiknya antara lain: Ringkasan Bab 1 Bab 1 ini akan membahas pemakaian dasar Access secara menyeluruh. Topik-topiknya antara lain: 1 Database Access 1.1 Objek dan Manfaat 1.2 Bidang Kerja 2 Membuat Field dan Mengisi Data 2.1

Lebih terperinci