Aplikasi Komputer. Pengantar DataBase. Yusuf Elmande, S.Si., M.Kom. Modul ke: Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Program Studi Manajemen

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Aplikasi Komputer. Pengantar DataBase. Yusuf Elmande, S.Si., M.Kom. Modul ke: Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Program Studi Manajemen"

Transkripsi

1 Modul ke: Aplikasi Komputer Pengantar DataBase Fakultas Ekonomi dan Bisnis Yusuf Elmande, S.Si., M.Kom Program Studi Manajemen

2 Pengantar DataBase Database atau basis data dapat dibayangkan ibarat sebuah lemari arsip. Jika anda bekerja diperkantoran tentu sangat banyak arsip-arsip atau dokumen kantor yang disimpan kedalam lemari tersebut. Sering anda melihat bahwa penempatan arsip didalam lemari tidak dilakukan secara sembarangan/acak, tapi diberi pembeda antara satu arsip dengan arsip yang lainnya. Pembedanya dapat berupa nomor urut, warna sampul, urutan letak atau berdasarkan tanggal dan lain sebagainya.

3 Begitu juga halnya dengan buku telpon/alamat yang anda punyai, biasanya diatur menurut abjad nama atau kategori tertentu, seperti teman, keluarga, klien dan lain sebagainya. Semuanya disimpan dan diatur menurut aturan tertentu sesuai dengan yang diinginkan. Upaya anda untuk menyusun dan melakukan hal diatas baru akan terasa kalau data arsip dan daftar alamat yang dimiliki sudah banyak.

4 Mengapa hal ini anda lakukan? tidak lain tujuannya adalah untuk memudahkan dalam mencari atau mengambil data tertentu dalam arsip maupun buku alamat tadi secara Cepat dan mudah. Bayangkan kalau semua arsip atau daftar buku alamat tersebut tidak diatur penyusunannya, tentu akan sangat sulit untuk mencari arsip atau nomor telpon tertentu. Tidak saja sulit tapi akan sangat membutuhkan waktu yang lama.

5 Definisi DataBase Banyak sekali definisi tentang database yang diberikan oleh para pakar dibidang ini. Database terdiri dari dua penggalan kata yaitu data dan base, yang artinya berbasiskan pada data, tetapi secara konseptual, database diartikan sebuah koleksi atau kumpulan datadata yang saling berhubungan (relation), disusun menurut aturan tertentu secara logis, sehingga menghasilkan informasi. Sebuah informasi yang berdiri sendiri tidaklah dikatakan database.

6 Definisi DataBase Lanjutan Contoh : Nomor telpon seorang pelanggan, disimpan dalam banyak tempat apakah itu difile pelanggan, difile alamat dan dilokasi yang lain. Antara file yang satu dengan file yang lainnya tidak saling berhubungan, sehingga apabila salah seorang pelanggan berganti nomor telpon dan anda hanya mengganti difile pelanggan saja, maka akibatnya akan terjadi ketidakcocokan data, karena di lokasi yang lain masih tersimpan data nomor telpon yang lama.

7 Definisi DataBase Lanjutan Dalam sistem database hal ini tidak boleh dan tidak bisa terjadi, karena antara file yang satu dengan file yang lain saling berhubungan, jika suatu data yang sama anda ubah, maka data tersebut difile yang lain akan otomatis berubah juga. Sehingga tingkat keakuratan/kebenaran data sangat tinggi.

8 Definisi DataBase Lanjutan Secara prinsip, dalam suatu database tercakup dua komponen penting, yaitu Data dan Informasi. Jadi tujuan akhir anda adalah bagaimana mengelola data sehingga mampu menjadi informasi yang diinginkan dan dapat dilakukan proses pengambilan, penghapusan, pengeditan terhadap data secara mudah dan cepat (efektif, efisien dan akurat) Data sedangkan informasi adalah data yang telah diolah sehingga bernilai guna dan dapat dijadikan bahan dalam pengambilan keputusan.

9 Jenjang Data dan Informasi

10 Jenjang Data Pengertian dari masingmasing Jenjang Data pada gambar disamping dapat anda pelajari pada modul yang diberikan

11 DataBase Kumpulan dari item data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya yang diorganisasikan berdasarkan sebuah skema atau struktur tertentu, tersimpan di hardware komputer dan dengan software untuk melakukan manipulasi untuk kegunaan tertentu.

12 Implementasi dengan Ms. Access Database atau biasa disebut basis data adalah kumpulan data yang berhubungan dengan suatu obyek, topik atau tujuan khusus tertentu. Sebagai contoh katalog buku di perpustakaan, data profil prusahaan, data pelanggaran, konflik, dll (sesuai dengan kebutuhan lembaga). Dengan microsoft access anda dapat mengelola seluruh data yang anda miliki ke dalam sebuah file database. Database pada access dapat terdiri atas satu atau beberapa tabel, query, form, report, page, makro, dan modul yang semuanya berhubungan atau saling keterkaitan.

13 Mengapa Harus Access..?? Dengan Microsoft Access pengguna mendapat kemudahan dalam mengelola database, karena semua pengguna yang menggunakan Sistem Operasi Microsoft Windows telah menyediakan program sistem operasi microsoft Access dalam microsoft Office. Selain menyediakan fasilitas Wizard dan contoh-contoh database yang mudah untuk dimanipulasi memungkinkan pengguna mengelola database dengan relatif mudah, cepat dan profesional.

14 Mengapa Harus Access..?? (lanjutan) Dalam Microsoft Access ini pertanyaan kita terjawab karena berisi tentang beberapa hal yang umum dan sering digunakan dalam mengelola suatu database baik untuk perusahaan, instansi pemerintah maupun lembaga.

15 Microsoft Access 2010 RELATIONAL DATABASE DI ACCESS Kadang-kadang Anda perlu database relasional untuk melacak informasi tersebut - sebuah gudang data yang telah dipisahkan ke dalam koleksi data yang lebih kecil (disebut tabel) untuk menghilangkan redundansi, dan kemudian dikaitkan bersama-sama berdasarkan bit umum informasi (disebut bidang).

16 Microsoft Access 2010 (lanjutan) Sebagai contoh, sebuah perencanaan acara database relasional mungkin berisi tabel dengan informasi pelanggan, tabel dengan informasi vendor, dan meja dengan informasi acara. Tabel dengan informasi acara mungkin memiliki lapangan untuk menghubungkannya dengan tabel pelanggan, dan bidang menghubungkannya dengan tabel vendor. Dengan begitu, misalnya, jika nomor telepon vendor berubah, informasi dapat diubah setelah pada tabel vendor, bukan di setiap peristiwa yang melibatkan vendor.

17 Microsoft Access 2010 (lanjutan) Akses adalah alat yang dapat Anda gunakan dengan cepat dan mudah mengembangkan aplikasi database relasional yang membantu Anda mengelola informasi. Anda dapat membuat database untuk membantu Anda melacak hampir semua jenis informasi, seperti persediaan, kontak profesional, atau proses bisnis. Bahkan, akses dilengkapi dengan template yang dapat Anda gunakan langsung untuk melacak berbagai informasi, membuat hal-hal mudah bahkan untuk pemula

18 Cari dan menerapkan sebuah template Access menyediakan Anda dengan berbagai macam template yang dapat Anda gunakan untuk mempercepat proses database kreasi Anda. Template adalah database siap digunakan yang berisi semua tabel, query, form, dan laporan yang diperlukan untuk melakukan tugas tertentu. Sebagai contoh, ada banyak template yang dapat digunakan untuk melacak masalah, mengelola kontak, atau mencatat biaya. Beberapa template berisi catatan beberapa sampel untuk membantu menunjukkan penggunaannya. Database Template dapat digunakan begitu saja, atau anda dapat menyesuaikan mereka agar lebih sesuai kebutuhan Anda.

19 Cari dan menerapkan sebuah template (L) Untuk menemukan dan menerapkan sebuah template ke database Anda, lakukan hal berikut: Pada tab File, klik Baru. Di bawah Template tersedia, lakukan salah satu berikut: Untuk menggunakan kembali template yang Anda baru saja digunakan, klik Template terbaru, kemudian pilih template yang Anda inginkan. Untuk menggunakan template yang sudah Anda telah menginstal, klik Template Saya, kemudian pilih template yang Anda inginkan. Untuk mencari template pada Office.com, di bawah Template Office.com, klik sebuah kategori template, pilih template yang Anda inginkan, kemudian klik Download untuk mendownload template dari Kantor. Com ke komputer Anda.

20 Cari dan menerapkan sebuah template (L) Opsional, klik ikon folder di sebelah kotak File Name untuk menelusuri ke lokasi di mana Anda ingin membuat database. Jika Anda tidak menunjukkan lokasi tertentu, akses menciptakan database di lokasi default yang ditampilkan di bawah kotak File Name. Klik Create. Akses menciptakan database dan membukanya untuk digunakan.

21 Membuat database dari awal CATATAN Jika Anda ingin informasi menyeluruh mengenai pengantar ke konsep di balik menggunakan Access untuk membuat database. Jika tidak ada template yang sesuai dengan kebutuhan Anda, atau jika Anda memiliki data dalam program lain yang ingin Anda gunakan di akses, Anda dapat memutuskan bahwa lebih baik untuk membuat database dari awal. Pada Access 2010, Anda memiliki pilihan: database desktop standar, atau web database.

22 Membuat database dari awal (lanjutan) Untuk membuat database baru, lakukan hal berikut: Mulai Access. Pada tab Baru di Backstage, klik Blank Database atau Database Web Blank. PENTING Pilihan yang Anda buat di sini akan menentukan fitur apa saja yang tersedia dalam database. Desktop database tidak dapat dipublikasikan ke Web, dan database web tidak mendukung beberapa fitur desktop, seperti query total. Di sebelah kanan, ketik nama untuk database Anda di kotak File Name.

23 Membuat database dari awal (lanjutan) Untuk mengubah lokasi di mana Anda membuat file, klik Browse di sebelah kotak File Name, browse dan pilih lokasi baru, dan kemudian klik OK. Klik Create. Akses menciptakan database, dan kemudian membuka meja kosong (bernama Table1) dalam tampilan datasheet. Akses menempatkan kursor dalam sel kosong pertama di Klik untuk Menambahkan kolom dari tabel baru.

24 Buka database Access yang ada TIP Untuk segera membuka salah satu dari beberapa database terakhir yang Anda pernah dibuka, pada tab File, klik terbaru, kemudian klik nama file. Pada tab File, klik Open. Klik shortcut di kotak dialog Buka - atau, di Lihat di kotak, klik drive atau folder yang berisi database yang Anda inginkan. Dalam daftar folder, klik dua kali folder sampai Anda membuka folder yang berisi database.

25 Buka database Access yang ada (lanjutan) Bila Anda menemukan database, lakukan salah satu berikut: Untuk membuka database dalam mode standar terbuka, klik dua kali. Untuk membuka database untuk akses bersama dalam multiuserlingkungan, sehingga baik Anda dan pengguna lain bisa baik membaca dan menulis ke database pada saat yang sama, klik Buka. Untuk membuka database untuk akses read-only, sehingga Anda dapat melihatnya tetapi tidak dapat mengeditnya, klik tanda panah di sebelah tombol Buka, kemudian klik Open Read-Only.

26 Buka database Access yang ada (lanjutan) Untuk membuka database untuk akses eksklusif, sehingga tidak ada orang lain dapat membukanya saat Anda terbuka, klik tanda panah di sebelah tombol Buka, kemudian klik Buka eksklusif. Untuk membuka database untuk akses read-only, klik tanda panah di sebelah tombol Buka, kemudian klik Open Eksklusif Read-OnlyPengguna lain yang masih bisa membuka database, tetapi mereka hanya memiliki akses read-only.

27 Buka database Access yang ada (lanjutan) Jika Anda tidak dapat menemukan database yang ingin Anda buka Pada kotak dialog Open, klik shortcut My Computer -atau, di Lihat di kotak, klik My Computer. Dalam daftar drive, klik kanan drive yang Anda pikir mungkin berisi database, dan kemudian klik Cari. Masukkan kriteria pencarian, lalu tekan ENTER untuk mencari database. Jika database ditemukan, membukanya dengan mengklik dua kali di kotaksearch Results dialog.

28 Buka database Access yang ada (lanjutan) CATATAN Karena pencarian dimulai dari kotak dialog Buka, Anda harus mengklikcancel pada kotak dialog tersebut sebelum database akan terbuka. Anda dapat langsung membuka file data dalam format file eksternal (seperti dbase, Paradox, Microsoft Exchange, atau Excel). Anda juga dapat langsung membuka sumber data ODBC, seperti Microsoft SQL Server atau Microsoft FoxPro. Akses secara otomatis membuat database Access baru dalam folder yang sama seperti file data, dan menambahkan link ke setiap tabel dalam database eksternal.

29 Memulai menggunakan database baru Anda Tergantung pada template yang Anda gunakan, Anda mungkin perlu melakukan satu atau lebih hal berikut untuk memulai dengan database baru: Jika Access menampilkan kotak dialog Login dengan daftar kosong pengguna, gunakan prosedur berikut untuk memulai: Klik New User. Isi formulir Pengguna Rincian. Klik Simpan & Tutup. Pilih nama pengguna baru saja Anda masukkan, dan kemudian klik Login. Jika Akses menampilkan lembar kosong, Anda dapat mulai mengetik data yang langsung ke datasheet tersebut, atau klik tombol lain dan tab untuk mengeksplorasi database.

30 Memulai menggunakan database baru Anda (L) Jika Akses menampilkan halaman Persiapan, Anda dapat mengklik link pada halaman tersebut untuk mempelajari lebih lanjut tentang database, atau klik tombol lain dan tab untuk mengeksplorasi database. Jika Akses menampilkan pesan peringatan keamanan di bar pesan, dan Anda mempercayai sumber dari template, klik Aktifkan Konten. Jika database membutuhkan login, Anda perlu login lagi.

31 Daftar Pustaka ar-dasar-acces-2010/ https://www.google.com/ Kadir, Abdul, 2007, Pengenalan Teknologi informasi, Yogyakarta, Penerbit Andi Pawirosumarto, Suharno, 2008, Aplikasi komputer, Jakarta:Mitra Wacana Media Suharno, pawirisumanto., Elmande, Yusuf., Nugraha, Nugi Aplikasi Komputer Edisi Ketiga, Jakarta:Mitra Wacana Media

32 Pengantar Database Aplikasi Komputer Database atau basis data dapat dibayangkan ibarat sebuah lemari arsip. Jika anda bekerja diperkantoran tentu sangat banyak arsip-arsip atau dokumen kantor yang disimpan kedalam lemari tersebut. Sering anda melihat bahwa penempatan arsip didalam lemari tidak dilakukan secara sembarangan/acak, tapi diberi pembeda antara satu arsip dengan arsip yang lainnya. Pembedanya dapat berupa nomor urut, warna sampul, urutan letak atau berdasarkan tanggal dan lain sebagainya.

33 Terima Kasih Yusuf Elmande, S.Si., M.Kom

Aplikasi Komputer. Microsoft Access 2010 : Teori dan fungsi yang digunakan dalam MS. Access Safitri Juanita, S.Kom, M.T.I.

Aplikasi Komputer. Microsoft Access 2010 : Teori dan fungsi yang digunakan dalam MS. Access Safitri Juanita, S.Kom, M.T.I. Modul ke: Aplikasi Komputer Microsoft Access 2010 : Teori dan fungsi yang digunakan dalam MS. Access 2010 Fakultas Ekonomi Safitri Juanita, S.Kom, M.T.I Program Studi Manajemen www.mercubuana.ac.id Sejarah

Lebih terperinci

Database Management System Gambaran Database Dan Penerapannya Pengelolaan Data Manual VS Database Komponen Utama Database

Database Management System Gambaran Database Dan Penerapannya Pengelolaan Data Manual VS Database Komponen Utama Database 1 Yang di bahas pada bab ini : Pengantar Database Pengertian Database Database Management System Gambaran Database Dan Penerapannya Pengelolaan Data Manual VS Database Komponen Utama Database 1.1. Pengantar

Lebih terperinci

BAB IX MENGENAL MS.ACCESS 2007

BAB IX MENGENAL MS.ACCESS 2007 DIKTAT MATA KULIAH SOFTWARE TERAPAN II BAB IX MENGENAL MS.ACCESS 2007 IF Pendahuluan Ms.Access 2007 Microsoft Access 2007 atau lebih dikenal dengan sebutan Access 2007 merupakan salah satu perangkat lunak

Lebih terperinci

Ringkasan Bab 1. Bab 1 ini akan membahas pemakaian dasar Access secara menyeluruh. Topik-topiknya antara lain:

Ringkasan Bab 1. Bab 1 ini akan membahas pemakaian dasar Access secara menyeluruh. Topik-topiknya antara lain: Ringkasan Bab 1 Bab 1 ini akan membahas pemakaian dasar Access secara menyeluruh. Topik-topiknya antara lain: 1 Database Access 1.1 Objek dan Manfaat 1.2 Bidang Kerja 2 Membuat Field dan Mengisi Data 2.1

Lebih terperinci

MICROSOFT ACCESS. Tombol Office/menu Tittle bar Close.

MICROSOFT ACCESS. Tombol Office/menu Tittle bar Close. MICROSOFT ACCESS Microsoft Access merupakan salah satu program pengolah database yang canggih yang digunakan untuk mengolah berbagai jenis data dengan pengoperasian yang mudah. Banyak kemudahan yang akan

Lebih terperinci

Aplikasi Komputer (APLIKOM) Sistem Operasi (Windows7)

Aplikasi Komputer (APLIKOM) Sistem Operasi (Windows7) MODUL PERKULIAHAN (APLIKOM) Sistem Operasi (Windows7) Fakultas Program Studi Tatap Muka Kode MK Disusun Oleh Ilmu Komunikasi Penyiaran 03 90001 Abstract Windows adalah suatu sistem operasi andalan Microsoft

Lebih terperinci

1.1 Memulai Access 2007

1.1 Memulai Access 2007 Microsoft Access 2007 1.1 Memulai Access 2007 Microsoft Access 2007 yang untuk selanjutnya disingkat Access 2007 adalah program aplikasi database yang populer dan banyak digunakan saat ini. Dengan Access

Lebih terperinci

Microsoft Excel Pivot Table dalam MS. Excel Grace Gata, S.Kom., M.Kom. Modul ke: Fakultas Ilmu Komunikasi

Microsoft Excel Pivot Table dalam MS. Excel Grace Gata, S.Kom., M.Kom. Modul ke: Fakultas Ilmu Komunikasi Modul ke: Microsoft Excel 2010 Pivot Table dalam MS. Excel 2010 Fakultas Ilmu Komunikasi Grace Gata, S.Kom., M.Kom Program Studi Public Relations www.mercubuana.ac.id Pivot Table PivotTable bagus untuk

Lebih terperinci

Memulai Access 2007 dan Membuat Database 1.1 Memulai Microsoft Office Access 2007

Memulai Access 2007 dan Membuat Database 1.1 Memulai Microsoft Office Access 2007 Memulai Access 2007 dan Membuat Database 1.1 Memulai Microsoft Office Access 2007 Untuk memulai aplikasi Microsoft Office Access 2007, ikuti langkah-langkah di bawah ini: 1. Klik tombol Start. 2. Lanjutkan

Lebih terperinci

Latihan 1: Mengoperasikan Excel

Latihan 1: Mengoperasikan Excel Student Exercise Series: Microsoft Office Excel 007l Latihan : Mengoperasikan Excel Buatlah sebuah buku kerja baru, kemudian ketikkan teks-teks berikut ini. Simpan hasilnya dengan nama Lat-0 dalam folder

Lebih terperinci

Aplikasi Komputer Microsoft Word 2010

Aplikasi Komputer Microsoft Word 2010 Modul ke: Aplikasi Komputer Microsoft Word 2010 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Yusuf Elmande., S.Si., M.Kom Program Studi Akuntansi Pendahuluan Microsoft Word (biasa diakronimkan dengan Ms.Word) merupaka

Lebih terperinci

Membuat File Database & Tabel

Membuat File Database & Tabel Membuat File Database & Tabel Menggunakan MS.Office Access 2010 Database merupakan sekumpulan data atau informasi yang terdiri atas satu atau lebih tabel yang saling berhubungan antara satu dengan yang

Lebih terperinci

Panduan Mulai Cepat. Membuka peluncur kotak dialog Klik untuk menggunakan fitur tambahan yang tersedia untuk grup.

Panduan Mulai Cepat. Membuka peluncur kotak dialog Klik untuk menggunakan fitur tambahan yang tersedia untuk grup. Panduan Mulai Cepat Microsoft Access 2013 tampak berbeda dari versi sebelumnya. Oleh karenanya kami menyusun panduan ini untuk membantu Anda meminimalkan waktu yang diperlukan untuk mempelajarinya. Mengubah

Lebih terperinci

KSI B ~ M.S. WULANDARI

KSI B ~ M.S. WULANDARI 1 MODUL VI : PAGE Situs WEB sekarang ini tidaklah hanya terdiri atas teks dan grafik. Banyak perusahaan ingin menampilkan data untuk relasi dan pelanggan mereka. Dengan Access 2000 kita bisa menyimpan

Lebih terperinci

Membuat File Database & Tabel

Membuat File Database & Tabel Membuat File Database & Tabel Menggunakan MS.Office Access 2013 Database merupakan sekumpulan data atau informasi yang terdiri atas satu atau lebih tabel yang saling berhubungan antara satu dengan yang

Lebih terperinci

Modul Praktikum Basis Data 1 Mengenal Database

Modul Praktikum Basis Data 1 Mengenal Database Modul Praktikum Basis Data 1 Mengenal Database Pokok Bahasan : - Mengenal MSAccess - Membuat database - Mengenal Object database - Mengenal struktur table Tujuan : - Mahasiswa mengetahui fungsi dan cara

Lebih terperinci

APLIKASI KOMPUTER. Pokok Bahasan : MS. Access 2010 (Bagian 1) Anggun Puspita Dewi, S.Kom., MM. Modul ke: Fakultas MKCU

APLIKASI KOMPUTER. Pokok Bahasan : MS. Access 2010 (Bagian 1) Anggun Puspita Dewi, S.Kom., MM. Modul ke: Fakultas MKCU APLIKASI KOMPUTER Modul ke: Pokok Bahasan : MS. Access 2010 (Bagian 1) Fakultas MKCU www.mercubuana.ac.id Anggun Puspita Dewi, S.Kom., MM Program Studi Sistem Informasi & MarComm Pengertian MS. Access

Lebih terperinci

Bab 15 Menggunakan Menu Navigasi Berupa Switchboard dan Form

Bab 15 Menggunakan Menu Navigasi Berupa Switchboard dan Form Bab 15 Menggunakan Menu Navigasi Berupa Switchboard dan Form Pokok Bahasan Membuat dan Menggunakan Switchboard Membuat Menu Navigasi Berupa Form Untuk memudahkan navigasi semua obyek pada file database

Lebih terperinci

Query adalah bahasa SQL (Structured Query Language) yang ditampilkan dalam bentuk visual, yang dapat digunakan untuk melihat, memodifikasi dan

Query adalah bahasa SQL (Structured Query Language) yang ditampilkan dalam bentuk visual, yang dapat digunakan untuk melihat, memodifikasi dan Query adalah bahasa SQL (Structured Query Language) yang ditampilkan dalam bentuk visual, yang dapat digunakan untuk melihat, memodifikasi dan menganalisa data dengan berbagai jalan yang berbeda. Query

Lebih terperinci

Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 68 hlm Harga: Rp Terbit pertama: Februari 2005 Sinopsis singkat:

Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 68 hlm Harga: Rp Terbit pertama: Februari 2005 Sinopsis singkat: Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 68 hlm Harga: Rp 14.800 Terbit pertama: Februari 2005 Sinopsis singkat: Buku ini berisi tip dan trik tentang pemrograman aplikasi database dengan Microsoft Access 2000,

Lebih terperinci

Aplikasi Kompoter. Teori-teori dan fungsi-fungsi yang ada dalam MS.Acces Giri Purnama, S.Pd, M.Kom. Modul ke: Fakultas FT

Aplikasi Kompoter. Teori-teori dan fungsi-fungsi yang ada dalam MS.Acces Giri Purnama, S.Pd, M.Kom. Modul ke: Fakultas FT Modul ke: Aplikasi Kompoter Teori-teori dan fungsi-fungsi yang ada dalam MS.Acces 2010 Fakultas FT Giri Purnama, S.Pd, M.Kom. www.mercubuana.ac.id Program Studi Arsitektur/Sipil Ms.Access Ms.Access bukanlah

Lebih terperinci

Aplikasi Komputer. Microsoft Office 2010 Microsoft Office Access 2010 Bag 1. Miftahul Fikri, M.Si. Modul ke: Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Aplikasi Komputer. Microsoft Office 2010 Microsoft Office Access 2010 Bag 1. Miftahul Fikri, M.Si. Modul ke: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Modul ke: Microsoft Office 2010 Microsoft Office Access 2010 Bag 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Miftahul Fikri, M.Si Program Studi Manajemen www.mercubuana.ac.id Microsoft Access adalah sebuah program program

Lebih terperinci

Aplikasi Komputer. Bekerja Dengan Microsoft Excel Access (1) Ita Novita, S.Kom, M.T.I. Modul ke: Fakultas ILMU KOMPUTER. Program Studi Informatika

Aplikasi Komputer. Bekerja Dengan Microsoft Excel Access (1) Ita Novita, S.Kom, M.T.I. Modul ke: Fakultas ILMU KOMPUTER. Program Studi Informatika Modul ke: Aplikasi Komputer Bekerja Dengan Microsoft Excel Access (1) Fakultas ILMU KOMPUTER Ita Novita, S.Kom, M.T.I Program Studi Informatika www.mercubuana.ac.id Pengenalan MS. Access 2010 Aplikasi

Lebih terperinci

Modul Praktikum Basis Data 11 Membuat Menu dengan Form

Modul Praktikum Basis Data 11 Membuat Menu dengan Form Modul Praktikum Basis Data 11 Membuat Menu dengan Form Pokok Bahasan : - Membuat dan menggunakan switchboard - Membuat Menu Navigasi Berupa Form Tujuan : - Mahasiswa mampu membuat dan menggunakan switchboard

Lebih terperinci

Aplikasi Komputer. Microsoft Office 2010 Microsoft Office Word 2010 Part 1. Miftahul Fikri, M.Si. Modul ke: Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Aplikasi Komputer. Microsoft Office 2010 Microsoft Office Word 2010 Part 1. Miftahul Fikri, M.Si. Modul ke: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Modul ke: Microsoft Office 2010 Microsoft Office Word 2010 Part 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Miftahul Fikri, M.Si Program Studi Manajemen www.mercubuana.ac.id Microsoft Office adalah perangkat lunak paket

Lebih terperinci

KSI B ~ M.S. WULANDARI

KSI B ~ M.S. WULANDARI 1 MODUL I : TABEL Microsoft Access adalah perangkat lunak database management system (DBMS). Database dalam Microsoft Access dapat terdiri atas satu atau beberapa tabel, query, form, report, makro, dan

Lebih terperinci

1.1 Mengenal dan Memulai Excel 2007

1.1 Mengenal dan Memulai Excel 2007 Student Guide Series: Microsoft Office Excel 007. Mengenal dan Memulai Excel 007 Microsoft Office Excel 007 atau sering disebut sebagai MS Excel -untuk selanjutnya dalam buku ini disebut dengan Excel sajamerupakan

Lebih terperinci

BAB 1V HASIL DAN PEMBAHASAN. 4.1 Kondisi Pencatatan Penjualan Secara manual Pada Toko Buku Penuntun Palembang

BAB 1V HASIL DAN PEMBAHASAN. 4.1 Kondisi Pencatatan Penjualan Secara manual Pada Toko Buku Penuntun Palembang BAB 1V HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Kondisi Pencatatan Penjualan Secara manual Pada Toko Buku Penuntun Palembang Toko Buku merupakan salah satu toko yang berkembang di masyarakat Indonesia. Kehadirannya kini

Lebih terperinci

Gambar 1. Jendela Ms. Access Pilihan: New : menu untuk membuat file basis data baru. Recent : menu untuk membuka file basis data yang sudah ada.

Gambar 1. Jendela Ms. Access Pilihan: New : menu untuk membuat file basis data baru. Recent : menu untuk membuka file basis data yang sudah ada. Mata Pelajaran : Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Standar Kompetensi : Microsoft Office Access Kompetensi Dasar : Mengoperasikan Software Aplikasi Basis Data Kelas : XI Pertemuan 2 A. Menjalankan

Lebih terperinci

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI RAHMANIYAH 2011

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI RAHMANIYAH 2011 TUGAS INDIVIDUAL 2 MEMBUAT DATABASE STUDI PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER PENYUSUN DENNY KUSUMA NIM 101212130 KELAS 3F MANAJEMEN DOSEN PENGASUH ZAIDAN JAUHARI, S.Pd, M.T DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL SEKOLAH

Lebih terperinci

DATABASE SQL SERVER. Database SQL Server Halaman 1

DATABASE SQL SERVER. Database SQL Server Halaman 1 1 DATABASE SQL SERVER Objektif: Mengetahui sejarah SQL Server 7.0 Mengengetahui perbedaan SQL Server dengan Microsoft Access Mengenal program bantu yang ada di SQL Server 7.0 Mengetahui cara membuat database

Lebih terperinci

MODUL PERKULIAHAN. Aplikasi Komputer. Microsoft Word Bag 1. Fakultas Program Studi Tatap Muka Kode MK Disusun Oleh

MODUL PERKULIAHAN. Aplikasi Komputer. Microsoft Word Bag 1. Fakultas Program Studi Tatap Muka Kode MK Disusun Oleh MODUL PERKULIAHAN Aplikasi Komputer Microsoft Word Bag 1 Fakultas Program Studi Tatap Muka Kode MK Disusun Oleh Ekonomi dan Bisnis Manajemen 04 Abstract Microsoft word adalah perangkat pengolah kata yang

Lebih terperinci

BAB-I DATABASE DAN MENGENAL MICROSOFT ACCESS

BAB-I DATABASE DAN MENGENAL MICROSOFT ACCESS BAB-I DATABASE DAN MENGENAL MICROSOFT ACCESS 1.1. Sekilat tentang Database Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak akan pernah terlepas dari data. Misalnya saja data tentang mahasiswa, dosen, akademik,

Lebih terperinci

APLIKASI KOMPUTER. Windows 7. Yusuf Elmande., S.Si., M.Kom. Modul ke: Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Program Studi Akuntansi

APLIKASI KOMPUTER. Windows 7. Yusuf Elmande., S.Si., M.Kom. Modul ke: Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Program Studi Akuntansi APLIKASI KOMPUTER Modul ke: Windows 7 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Yusuf Elmande., S.Si., M.Kom Program Studi Akuntansi Pendahuluan Microsoft Windows 7 merupakan sistem operasi terbaru dari Microsoft Corporation.

Lebih terperinci

Aplikasi Komputer. Berisi tentang Microsoft Access (Bagian 1) Dosen : Teguh Budi Santoso, S.Kom, M.Kom. Modul ke: Fakultas Fakultas Teknik

Aplikasi Komputer. Berisi tentang Microsoft Access (Bagian 1) Dosen : Teguh Budi Santoso, S.Kom, M.Kom. Modul ke: Fakultas Fakultas Teknik Modul ke: Aplikasi Komputer Berisi tentang Microsoft Access (Bagian 1) Fakultas Fakultas Teknik Dosen : Teguh Budi Santoso, S.Kom, M.Kom Program Studi Elektro www.mercubuana.ac.id Pendahuluan Microsoft

Lebih terperinci

Yang di bahas pada bab ini : Membuat Database

Yang di bahas pada bab ini : Membuat Database BAB V Yang di bahas pada bab ini : P ada bab ini anda akan membahas bagaimana cara membuat database menggunakan MS. Access, dengan mengimplementasikan kasus Perancangan Sistem Informasi Akademik Universitas

Lebih terperinci

Microsoft Word Teori dan fungsi yang digunakan dalam MS. Word Rahma Farah Ningrum, M.Kom. Modul ke: Fakultas Ilmu Komputer

Microsoft Word Teori dan fungsi yang digunakan dalam MS. Word Rahma Farah Ningrum, M.Kom. Modul ke: Fakultas Ilmu Komputer Modul ke: Microsoft Word 2010 Teori dan fungsi yang digunakan dalam MS. Word 2010 Fakultas Ilmu Komputer Rahma Farah Ningrum, M.Kom Program Studi Sistem Informasi www.mercubuana.ac.id Microsoft Word 2010

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. perpustakaan MTs. An Nuriyah Gresik dibutuhkan : 1. Sistem Operasi Microsoft Windows XP Profesional

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. perpustakaan MTs. An Nuriyah Gresik dibutuhkan : 1. Sistem Operasi Microsoft Windows XP Profesional 92 BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 5.1 Sistem Yang Digunakan Untuk dapat menjalankan aplikasi sistem informasi sirkulasi pelayanan perpustakaan MTs. An Nuriyah Gresik dibutuhkan : 5.1.1 Software Pendukung

Lebih terperinci

PANDUAN SOFTWARE PENJUALAN 3 LEVEL HARGA

PANDUAN SOFTWARE PENJUALAN 3 LEVEL HARGA PANDUAN SOFTWARE PENJUALAN 3 LEVEL HARGA (BERLAKU UNTUK RITEL GROSIR, PENJUALAN LEVEL HARGA LAIN) I. Pre START Untuk memulai software, jika Anda menggunakan selain windows XP dimohon untuk mengatur compatibility

Lebih terperinci

Teori dan fungsi-fungsi dalam MS. Word 2010

Teori dan fungsi-fungsi dalam MS. Word 2010 Modul ke: Teori dan fungsi-fungsi dalam MS. Word 2010 Mahasiswa memahami teori serta fungsi-fungsi/short key yang ada dan mampu melakukan aktivitas menggunakan MS. Word 2010. Fakultas FT Nawindah, S.Kom,

Lebih terperinci

E-Trik Visual C++ 6.0

E-Trik Visual C++ 6.0 DISCLAIMER Seluruh dokumen E-Trik di dalam CD ini dapat digunakan dan disebarkan secara bebas untuk tujuan belajar bukan komersial (non-profit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis

Lebih terperinci

[MODUL ACCESS PEMULA]

[MODUL ACCESS PEMULA] Microsoft Excel 2007 Tingkat Pemula 2010 : Management and Education Governance [MODUL ACCESS 2007 - PEMULA] Pilot Project EMIS-ICT Strengthening in Aceh 104 ACCESS 2007 - PEMULA Tujuan Diharapkan Peserta

Lebih terperinci

BAB VIII MEMBUAT MENU DENGAN SWITCHBOARD MANAGER DAN PEMBUATAN STARTUP

BAB VIII MEMBUAT MENU DENGAN SWITCHBOARD MANAGER DAN PEMBUATAN STARTUP BAB VIII MEMBUAT MENU DENGAN SWITCHBOARD MANAGER DAN PEMBUATAN STARTUP Sebelum Anda membuat menu dengan menggunakan fasilitas Switchboard Manager, terlebih dulu buat file-file berikut : 1. Buat 3 (tiga)

Lebih terperinci

Panel navigasi Tekan Ctrl+F untuk memperlihatkan Panel Navigasi. Anda bisa menata ulang dokumen dengan menyeret judulnya ke dalam panel ini.

Panel navigasi Tekan Ctrl+F untuk memperlihatkan Panel Navigasi. Anda bisa menata ulang dokumen dengan menyeret judulnya ke dalam panel ini. Panduan Mulai Cepat Microsoft Word 2013 terlihat berbeda dari versi sebelumnya, jadi kami membuat panduan ini untuk membantu Anda meminimalkan kuva pembelajaran. Toolbar Akses Cepat Perintah yang ada di

Lebih terperinci

Mengenal Microsoft Word 2010

Mengenal Microsoft Word 2010 Mengenal Microsoft Word 2010 Kita tentunya sudah tidak asing lagi dengan perangkat lunak (software) pengolah kata yang bernama Microsoft Word (MS Word). Sejak pertama kali dirilis tahun 1983 dengan nama

Lebih terperinci

Step-Step dalam pembuatan Web

Step-Step dalam pembuatan Web Step-Step dalam pembuatan Web Langkah-langkah pembuatannya tidak terlalu sulit. Yang pertama dilakukan adalah kita harus menginstall web servernya yaitu misalnya XAMPP. Setelah itu, kita langsung bisa

Lebih terperinci

Petunjuk Pengembangan Course dalam Elearning berbasis Moodle

Petunjuk Pengembangan Course dalam Elearning berbasis Moodle 1 Petunjuk Pengembangan Course dalam Elearning berbasis Moodle (Part I) Oleh: Herman Dwi Surjono, Ph.D. hermansurjono@uny.ac.id http://herman.elearning-jogja.org A. Pendahuluan Portal elearning kini banyak

Lebih terperinci

Belajar MS Access (4)

Belajar MS Access (4) Belajar MS Access (4) Oleh: Haer Talib (haer.rumahaccess.com) Artikel ini merupakan lanjutan artikel Belajar MS Access (3). Keterangan: Artikel Belajar MS Access ditulis secara bersambung di www.rumahaccess.com

Lebih terperinci

Lembar kerja access Title bar merupakan judul dari jendela program atau nama file yang sedang aktif Tombol office merupakan tombol yang menampung

Lembar kerja access Title bar merupakan judul dari jendela program atau nama file yang sedang aktif Tombol office merupakan tombol yang menampung Lembar kerja access Title bar merupakan judul dari jendela program atau nama file yang sedang aktif Tombol office merupakan tombol yang menampung perintah perintah menu yang sering digunakan dalam access

Lebih terperinci

PANDUAN APLIKASI 2014

PANDUAN APLIKASI 2014 PANDUAN APLIKASI 2014 I. INSTALASI Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan instalasi aplikasi SimpulDESA : 1. Klik dua kali pada file setup. 2. Klik tombol Next pada dialog yang muncul. Dialog Awal

Lebih terperinci

TUGAS SISTEM MANAJEMEN INFORMASI LANGKAH LANGKAH MENGGUNAKAN CRM - EXPRESS

TUGAS SISTEM MANAJEMEN INFORMASI LANGKAH LANGKAH MENGGUNAKAN CRM - EXPRESS TUGAS SISTEM MANAJEMEN INFORMASI LANGKAH LANGKAH MENGGUNAKAN CRM - EXPRESS Nama kelompok : 1. Eva lerasari 11 008 001 2. Vevri Prayutyas R 11 008 008 3. Ina kogoya 11 008 012 4. Yuliana Puspitasari 11

Lebih terperinci

Membuat Koneksi Database Menggunakan ODBC (Open Database Conectivity)

Membuat Koneksi Database Menggunakan ODBC (Open Database Conectivity) Membuat Koneksi Database Menggunakan ODBC (Open Database Conectivity) 1. Gambaran ODBC ODBC merupakan standar untuk membuka koneksi database yang terdapat pada Sistem operasi Windows dan ODBC merupakan

Lebih terperinci

Sebelum kita membahas tentang Microsoft Access ada baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui apa yang dimaksud dengan database.

Sebelum kita membahas tentang Microsoft Access ada baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui apa yang dimaksud dengan database. A. Pengertian Database dan Microsoft Access 1. Database Sebelum kita membahas tentang Microsoft Access ada baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui apa yang dimaksud dengan database. Database adalah

Lebih terperinci

IMPLEMENTASI PEMROGRAMAN VISUAL BASIC DENGAN DATABASE ACCESS

IMPLEMENTASI PEMROGRAMAN VISUAL BASIC DENGAN DATABASE ACCESS IMPLEMENTASI PEMROGRAMAN VISUAL BASIC DENGAN DATABASE ACCESS I. Tujuan : 1. Mahasiswa dapat memahami tentang komponen pada Visual Basic yang digunakan untuk membuat koneksi aplikasi Visual Basic dengan

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. pada SMA Negeri 15 Surabaya. Penjelasan yang diberikan yaitu mengenai

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. pada SMA Negeri 15 Surabaya. Penjelasan yang diberikan yaitu mengenai 72 BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN Bab ini berisi tentang hasil desain program sistem informasi perpustakaan pada SMA Negeri 15 Surabaya. Penjelasan yang diberikan yaitu mengenai spesifikasi hardware

Lebih terperinci

Mengoperasikan Dasar-Dasar Basis Data (Database)

Mengoperasikan Dasar-Dasar Basis Data (Database) 2011 LSP TELEMATIKA Mengoperasikan Dasar-Dasar Basis Data (Database) Modul KKPI 3 Mengoperasikan Dasar-Dasar Basis Data - (20110523-R1) 1 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 BAB I Mempersiapkan Piranti Lunak Basis

Lebih terperinci

APLIKASI KOMPUTER. Ms. PowerPoint Yusuf Elmande., S.Si., M.Kom. Modul ke: Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Program Studi Akuntansi

APLIKASI KOMPUTER. Ms. PowerPoint Yusuf Elmande., S.Si., M.Kom. Modul ke: Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Program Studi Akuntansi APLIKASI KOMPUTER Modul ke: Ms. PowerPoint 2010 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Yusuf Elmande., S.Si., M.Kom Program Studi Akuntansi Pendahuluan Microsoft Power Point adalah suatu software yang akan membantu

Lebih terperinci

Cara Menggunakan MySQL

Cara Menggunakan MySQL Cara Menggunakan MySQL Sebelum kita melangkah ke poin inti, yaitu mengenai Database Server, ada baiknya kita mengenali struktur dan manipulasi basic pada database MySQL. Seperti bagaimana itu membuat database,

Lebih terperinci

DASAR DASAR MICROSOFT ACCESS

DASAR DASAR MICROSOFT ACCESS BASISDATA Basisdata (database) adalah sekumpulan data tentang satu atau lebih kelompok komponen atau individu. Contoh: basisdata untuk buku perpustakaan, video, software, toko, rumah sakit/klinik, dan

Lebih terperinci

KOMPUTER APLIKASI BISNIS

KOMPUTER APLIKASI BISNIS PANDUAN PERKULIAHAN KOMPUTER APLIKASI BISNIS Dengan Menggunakan Microsoft Access 2007 SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI STIE SEBELAS APRIL SUMEDANG MEMBUAT APLIKASI PENJUALAN SEDERHANA DENGAN MICROSOFT ACCESS

Lebih terperinci

MICROSOFT POWERPOINT. Pendahuluan

MICROSOFT POWERPOINT. Pendahuluan MICROSOFT POWERPOINT Pendahuluan Microsoft Power Point adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah. Microsoft Power Point akan membantu

Lebih terperinci

APLIKASI KOMPUTER. Windows 7. Dr. Suharno Pawirosumarto, S.Kom, MM

APLIKASI KOMPUTER. Windows 7. Dr. Suharno Pawirosumarto, S.Kom, MM Modul ke: APLIKASI KOMPUTER Fakultas 03Ilmu Komunikasi Windows 7 Dr. Suharno Pawirosumarto, S.Kom, MM Program Studi Penyiaran Pendahuluan Microsoft Windows 7 merupakan sistem operasi terbaru dari Microsoft

Lebih terperinci

Bab 16 Mengekspor Data, Mengambil Data dari Luar dan Menggunakan Password

Bab 16 Mengekspor Data, Mengambil Data dari Luar dan Menggunakan Password Bab 16 Mengekspor Data, Mengambil Data dari Luar dan Menggunakan Password Pokok Bahasan Menyalin atau Membuat Duplikat Objek-objek Database ke Database Lain Mengambil Data dari Luar (Import Data) Menggunakan

Lebih terperinci

APLIKASI KOMPUTER. Sistem Operasi. Yusuf Elmande., S.Si., M.Kom. Modul ke: Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Program Studi Akuntansi

APLIKASI KOMPUTER. Sistem Operasi. Yusuf Elmande., S.Si., M.Kom. Modul ke: Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Program Studi Akuntansi APLIKASI KOMPUTER Modul ke: Sistem Operasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Yusuf Elmande., S.Si., M.Kom Program Studi Akuntansi Pendahuluan Untuk menjalankan sebuah computer membutuhkan system operasi. Sistem

Lebih terperinci

ATRI s Report Information System

ATRI s Report Information System ATRI s Report Information System Type : Tutorial Release : Ver 2.0 Pub Date : 10 October 2007 Pages : 13 Publisher : PT. Atri Distribusindo Overview Sebagai perusahaan distribusi & penyedia jasa logistik

Lebih terperinci

Mengenal dan Mulai Bekerja dengan Access 2007

Mengenal dan Mulai Bekerja dengan Access 2007 Mengenal dan Mulai Bekerja dengan Access 2007 1. Klik tombol yang ada di taskbar. 2. Pilih atau klik menu All Programs > Microsoft Office > Microsoft Office Access 2007. 3. Pada jendela Getting Started

Lebih terperinci

Cara Membuat Mail Merge di Word 2010

Cara Membuat Mail Merge di Word 2010 Cara Membuat Mail Merge di Word 2010 Mail merge membantu kita untuk membuat sebuah dokumen (misalnya surat) yang isinya sama untuk penerima yang berbeda secara cepat dan mudah. Fitur ini sangat membantu

Lebih terperinci

1.1 Memulai PowerPoint 2007

1.1 Memulai PowerPoint 2007 Student Guide Series: Microsoft PowerPoint 007. Memulai PowerPoint 007 Microsoft PowerPoint 007 yang untuk selanjutnya disingkat Power- Point 007 adalah program aplikasi presentasi yang paling populer

Lebih terperinci

BAB I DATABASE ACCESS. Pada tahap awal kita akan membuat sebuah database yang terdiri dari 3 tabel yaitu

BAB I DATABASE ACCESS. Pada tahap awal kita akan membuat sebuah database yang terdiri dari 3 tabel yaitu BAB I DATABASE ACCESS Untuk dapat merancang. Aplikasi dengan database, kita harus mengenal pengertian database dengan baik. Jika perancangan database kurang baik, akan menimbulkan kesulitan keika akan

Lebih terperinci

4.1 Pengenalan MS-Frontpage Eko Purwanto WEBMEDIA Training Center Medan

4.1 Pengenalan MS-Frontpage Eko Purwanto WEBMEDIA Training Center Medan Membangun Web Bisnis Dengan Frontpage 2000 Eko Purwanto epurwanto@webmediacenter.com WEBMEDIA Training Center Medan www.webmediacenter.com Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan,

Lebih terperinci

Mempersiapkan Presentasi Profil Perusahaan

Mempersiapkan Presentasi Profil Perusahaan Mempersiapkan Presentasi Profil Perusahaan 1 Presentasi Pengertian Presentasi Presentasi adalah sebuah kegiatan yang menunjukkan atau menyajikan sebuah informasi atau gagasan kepada orang lain. Tujuan

Lebih terperinci

TUGAS SIMULASI DIGITAL LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT PROGRAM DATA BASE

TUGAS SIMULASI DIGITAL LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT PROGRAM DATA BASE TUGAS SIMULASI DIGITAL LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT PROGRAM DATA BASE Nama : Umar Mukhtar Kelas : X AK 3 No/NIS : 31/13066 Untuk membuat program form penjualan dengan menggunakan program data base dengan Access

Lebih terperinci

Bab XII Mencetak Data SQL Server

Bab XII Mencetak Data SQL Server 96 Bab XII Mencetak Data SQL Server 12. 1 Tujuan a. Mahasiswa mampu membuat Laporan dengan Seagate Crystal Report. b. Mahasiswa mampu menerapkan Laporan di dalam aplikasi. 12. 2 Materi a. Mencetak Data

Lebih terperinci

Modul Praktikum Basis Data 12 Import dan Eksport Data

Modul Praktikum Basis Data 12 Import dan Eksport Data Modul Praktikum Basis Data 12 Import dan Eksport Data Pokok Bahasan : - Menyalin atau membuat duplikat objek-objek database ke database lain - Mengambil data dari luar (import data) Tujuan : - Mahasiswa

Lebih terperinci

SETUP (Petunjuk Instalasi SIMAK Accounting)

SETUP (Petunjuk Instalasi SIMAK Accounting) I-1 SETUP (Petunjuk Instalasi SIMAK Accounting) Sebelum SIMAK Accounting dapat dioperasikan, terlebih dahulu anda harus menjalankan prosedur untuk install aplikasi SIMAK Accounting. SIlahkan ikuti langkah

Lebih terperinci

MODUL 3 DASAR-DASAR MICROSOFT WORD 2007

MODUL 3 DASAR-DASAR MICROSOFT WORD 2007 MODUL 3 DASAR-DASAR MICROSOFT WORD 2007 Microsoft Office 2007 mempunyai tampilan user interface (UI) baru yang mengganti menu, toolbars dan sebagian besar task panes yang ada di Microsoft Office sebelumnya

Lebih terperinci

Recover My Files. Download dan Instalasi Recover My Files

Recover My Files. Download dan Instalasi Recover My Files Recover My Files Recover My Files merupakan software yang lebih canggih untuk mengatasi file-file hilang. Memang, software ini tidak gratis. Anda harus membelinya agar dapat menggunakan software ini secara

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU SMP NEGERI 1 PRAMBANAN BERBASIS WEB

SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU SMP NEGERI 1 PRAMBANAN BERBASIS WEB SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU SMP NEGERI 1 PRAMBANAN BERBASIS WEB Disusun Oleh : ERLIANA PRIMAYANTI 065610127 SISTEM INFORMASI STRATA 1 SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AKAKOM

Lebih terperinci

MODUL MICROSOFT OFFICE POWERPOINT 2010 KKL STMIK AMIKOM PURWOKERTO

MODUL MICROSOFT OFFICE POWERPOINT 2010 KKL STMIK AMIKOM PURWOKERTO MODUL MICROSOFT OFFICE POWERPOINT 2010 KKL STMIK AMIKOM PURWOKERTO Mari mengenal Power Point. Apa itu Powerpoint? Ms Powerpoint adalah salah satu program aplikasi microsoft office yang berguna untuk membuat

Lebih terperinci

OpenOffice.org Writer OpenOffice.org Calc OpenOffice.org Impress OpenOffice.org Draw OpenOffice.org Math OpenOffice.org Base OPEN OFFICE CALC

OpenOffice.org Writer OpenOffice.org Calc OpenOffice.org Impress OpenOffice.org Draw OpenOffice.org Math OpenOffice.org Base OPEN OFFICE CALC OpenOffice.org adalah seperangkat lunak perkantoran yang didalamnya terdapat fungsi pengolah kata (word processing), pengolah lembar (spreadsheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi (presentation),

Lebih terperinci

Bab IV. Mengisi Fitur Website Sekolah. A. Mengelola Agenda

Bab IV. Mengisi Fitur Website Sekolah. A. Mengelola Agenda Bab IV Mengisi Fitur Website Sekolah Content Management System hal yang wajib d ikuasai oleh seorang Administrator web agar website terlihat dinamis dikarenakan informasi yang ada selalu up to date. Pada

Lebih terperinci

BAB-II OPERASI TABEL

BAB-II OPERASI TABEL BAB-II OPERASI TABEL 2.1. Modifikasi Tabel Terkadang Anda perlu mengatur field yang sudah ditempatkan pada tabel, kemudian suatu saat struktur tabel tersebut ingin kita rubah, misalnya mengganti field,

Lebih terperinci

Langkah-langkah Pembuatan Web dengan Joomla

Langkah-langkah Pembuatan Web dengan Joomla Langkah-langkah Pembuatan Web dengan Joomla Posted by: yoedha / Category: Langkah-langkah Pembuatan Web dengan Joomla... Dewasa ini internet sudah merasuki semua masyarakat dunia. Mereka menganggap internet

Lebih terperinci

20. Halaman Detail Produk Setelah Login

20. Halaman Detail Produk Setelah Login 178 20. Halaman Detail Produk Setelah Login Gambar 4.20 Layar Customer-Detail Produk Setelah Login Halaman detail produk menampilkan informasi lengkap tentang produk beserta spesifikasinya dan harga. Terdapat

Lebih terperinci

Membuat Relasi pada Access 2007

Membuat Relasi pada Access 2007 Membuat Relasi pada Access 2007 Setelah anda membuat semua table pada database, anda harus membuat relasi antara table yang satu dengan table yang lainnya. Relasi ini kita dengan memghubungkan field-field

Lebih terperinci

Cara Membuat Mail Merge di Word 2007

Cara Membuat Mail Merge di Word 2007 Cara Membuat Mail Merge di Word 2007 Mail merge membantu kita untuk membuat sebuah dokumen (misalnya surat) yang isinya sama untuk penerima yang berbeda secara cepat dan mudah. Fitur ini sangat membantu

Lebih terperinci

Pengenalan. Microsoft Access. TI3007 Praktikum Perancangan Sistem Terintegrasi III. Perancangan Basis Data

Pengenalan. Microsoft Access. TI3007 Praktikum Perancangan Sistem Terintegrasi III. Perancangan Basis Data Pengenalan Microsoft Access TI3007 Praktikum Perancangan Sistem Terintegrasi III Perancangan Basis Data PENDAHULUAN Microsoft Access adalah sebuah program aplikasi untuk mengolah database (basis data)

Lebih terperinci

Microsoft Power Point 2003

Microsoft Power Point 2003 Microsoft Power Point 2003 A. Mengenal Microsoft Power Point Microsoft Power Point adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah.

Lebih terperinci

Pengenalan Microsoft Excel 2007

Pengenalan Microsoft Excel 2007 Pengenalan Microsoft Excel 2007 Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data.

Lebih terperinci

Memulai Google+ 2.1 Registrasi Google+

Memulai Google+ 2.1 Registrasi Google+ Memulai Google+ Layanan Gmail memang seolah-olah merupakan pintu gerbang untuk masuk ke berbagai layanan Google yang lain. Untuk memulai Google+ juga demikian. Jadi mula-mula, bukalah terlebih dahulu akun

Lebih terperinci

AREA KERJA MICROSOFT FRONTPAGE

AREA KERJA MICROSOFT FRONTPAGE AREA KERJA MICROSOFT FRONTPAGE Membuat web site dengan Microsoft FrontPage, dapat dilakukan dengan fasilitas Wizard dan Templates yang telah tersedia atau membuatnya secara manual. Frontpage menyediakan

Lebih terperinci

MODUL TUTORIAL WORDPRESS

MODUL TUTORIAL WORDPRESS MODUL TUTORIAL WORDPRESS TIM KKN FMIPA UNIVERSITAS BRAWIJAYA JULI 2012 MEMBUKA WORDPRESS: 1. Buka www.id.wordpress.com atau www.wordpress.com 2. Masukkan username dan password, klik masuk 3. Tampilan web

Lebih terperinci

Mengenal Microsoft Excel

Mengenal Microsoft Excel Mengenal Microsoft Excel Ivan Abdurrahman SMPN 14 Depok Daftar Isi Mengenal Microsoft Excel 2010 a. Fungsi dan Kegunaan Microsoft Excel 2010..2 b. Mengenal Menu dan Ikon pada Microsoft Excel 2010..3 1.

Lebih terperinci

Registrasi Blogger. Gambar 2.1. Halaman Awal Blogger

Registrasi Blogger. Gambar 2.1. Halaman Awal Blogger Registrasi Blogger Cara tercepat untuk mengerti blogging adalah dengan mencobanya. Kami telah bekerja sangat keras untuk membuatnya sangat mudah bagi Anda, dan Anda bisa menjadi bagian dari fenomena yang

Lebih terperinci

a. Menyiapkan database

a. Menyiapkan database Membuat Label dan Kartu Pernahkan kita melihat label yang tertempel pada undangan? Bagaimana cara membuatnya? Tentunya kita bisa saja membuatnya secara manual dengan mengetik satu per satu, kemudian posisinya

Lebih terperinci

MICROSOFT POWERPOINT

MICROSOFT POWERPOINT MICROSOFT POWERPOINT Pendahuluan Microsoft Power Point adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah. Microsoft Power Point akan membantu

Lebih terperinci

#13 Ms. Access 2007 (Table dan Query) ESA121 Pengantar Aplikasi Komputer

#13 Ms. Access 2007 (Table dan Query) ESA121 Pengantar Aplikasi Komputer Ms. Access 2007 (Table dan Query) Laboratorium Komputer Universitas Esa Unggul 2014 Pengertian Data Dalam bahasa latin datum yang artinya fakta. Jadi data adalah nilai/value yang turut mempresentasikan

Lebih terperinci

Cara Membuat Website Dengan Dreamweaver 8

Cara Membuat Website Dengan Dreamweaver 8 Cara Membuat Website Dengan Dreamweaver 8 Hilmi Akbar Hilmi_Akbar@ymail.com Abstrak Macromedia Dreamweaver 8 merupakan alat desain web komprehensif yang disukai oleh para profesional web, tapi cukup mudah

Lebih terperinci