User Manual. Aplikasi SIMARS(e-Hospital Solution) (Untuk Diagnosa Pasien)

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "User Manual. Aplikasi SIMARS(e-Hospital Solution) (Untuk Diagnosa Pasien)"

Transkripsi

1 User Manual Aplikasi SIMARS(e-Hospital Solution) (Untuk Diagnosa Pasien)

2 i Daftar Isi Daftar Isi Daftar Isi... i Pendahuluan... 2 Manfaat Penggunaan Sistem... 2 Tipe Pengguna... 2 Petunjuk Penggunaan Sistem... 3 Halaman Utama Aplikasi Simars (e-hospital solution)... 4 Login ke Aplikasi simars (e-hospital solution)... 5 Admin Medis... 6 Kembali... 6 Penggil Antrian... 7 Diagnosa dokter... 8 Adm Rawat Jalan Rawat Jalan Edit Antrian Pasien History Pasien Pencarian Pasien Master Data ICD Lap. kunjungan poli Pengajuan Permintaan BHP Daftar Permintaan BHP Terima BHP Pengeluaran BHP Info Stok Barang Kartu Stok Tutup Transaksi Penjamin... 31

3 Bab 1 Pendahuluan APlikasi SIMARS (e-hospital Solution) merupakan solusi revolusioner dengan end-to-end fitur, yang berfungsi untuk menyederhanakan manajemen Rumah Sakit dengan biaya yang memberikan Return Of Investment (ROI) tercepat. Akses ke informasi yang tepat dan otomatisasi tugas-tugas yang kompleks serta alur kerja, merupakan fokus utama dari Sistem Informasi bagi Rumah Sakit. SIMARS dirancang untuk memenuhi kebutuhan administrasi serta proses pada manajemen Rumah Sakit dengan berbasiskan web. Sistem ini berjalan pada semua platform hardware standar dan dapat dengan mudah disesuaikan dengan persyaratan berdasarkan prioritas kebutuhan dari tim manajemen Rumah Sakit. Manfaat Penggunaan Sistem Manfaat penggunaan Aplikasi Simars (e-hospital solution) antara lain: Meningkatkan performa pekerjaan dan prosedur administrasi pelayanan pasien. Meningkatkan performa dan penyederhanaan pekerjaan melalui otomasi sistem. Meminimalisasi terjadinya error dan duplikasi informasi dan pekerjaan antar bagian yang terkait di Rumah Sakit. Konsolidasi informasi secara terpusat dengan menggunakan sistem berbasiskan web. Melalui pemberdayaan sumber daya yang ada secara tepat dengan se efektif mungkin. Mampu menyediakan laporan komprehesif untuk manajemen maupun bagian yang membutuhkan dengan paramater yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan. Tipe Pengguna Tipe pengguna sistem Aplikasi Simars (e-hospital solution) terdiri dari: 1. Entry User User yang hanya memiliki hak akses untuk melihat (preview) data dan melakukan entry data. 2. Power User Merupakan user yang memiliki hak akses untuk melihat data, melakukan entry data dan mengubah data. 3. Super User Merupakan user yang memiliki hak akses seperti yang dapat dilakukan oleh entry user dan power user.

4 3 Tipe Pengguna Petunjuk Penggunaan Sistem Bab 2 Bagian ini menjelaskan petunjuk penggunaan Aplikasi simars (e- Hospital Solution). Beberapa fasilitas yang terdapat pada Aplikasi simars (e- Hospital Solution) antara lain: 1. Admin Medis Fasilitas ini digunakan jika user akan melakukan proses administrasi untuk pasien rawat jalan. Misal untuk proses diagnosa dokter, admin rawat jalan, rawat jalan edit, antrian pasien, history pasien, pencarian pasien, master data ICD, laporan kunjungan poli, pengajuan permintaan BHP, daftar permintaan BHP, terima BHP, info stok barang, kartu stok, dan tutup transaksi penjamin. Bagian selanjutnya akan membahas masing-masing fasilitas pada Aplikasi simars (e- Hospital Solution) secara lebih detail).

5 4 Halaman Utama Aplikasi Simars (e-hospital solution) Halaman Utama Aplikasi Simars (e- hospital solution) Aplikasi simars (e- Hospital Solution) akan menampilkan halaman utama sebagai berikut: User ID - [ USER ID ] :isikan user id untuk login ke dalam aplikasi simars. - [ PASSWORD ] : isikan password untuk dapat login ke dalam aplikasi simars. - [ ENTER ] : klik enter setelah melakukan pengisian user id dan password. Pada aplikasi simars (e-hospital solution) ini, terdiri dari beberapa hak akses. dimana untuk user id dan password masing masing otoritas berbeda. Password Sehingga tampilan menu untuk tiap tiap pemilik hak akses pun berbeda. Tombol Enter

6 5 Login ke Aplikasi simars (e-hospital solution) Login ke Aplikasi simars (e- hospital solution) : Kembali Langkah-langkah untuk login ke Aplikasi simars (e-hospital solution) sebagai berikut: 1. Buka halaman website : 2. Isi data User ID dan Password. 3. Klik, akan menampilkan halaman utama aplikasi sebagai berikut: Klik Enter 4. Klik pilih salah satu menu untuk menampilkan detail dari masing-masing menu tersebut. 5. Penjelasan mengenai fasilitas masing masing menu yang terdapat pada halaman utama Aplikasi simars (e-hospital solution) dapat dilihat, seperti yang telah di jelaskan pada halaman sebelumnya halaman 9 dan 10.

7 6 Admin Medis Admin Medis : Kembali Langkah-langkah untuk menu Admin Medis sebagai berikut: 1. Pilih [Menu Utama Admin medis]. 2. Klik maka aplikasi simars akan menampilkan sub- sub menu Admin Medis sebagai berikut: Kembali Menu ini digunakan untuk jika ingin kembali ke menu utama.

8 7 Penggil Antrian Admin Medis : Penggil Antrian Menu ini digunakan untuk proses pemanggilan data antrian pasien. Langkah-langkah untuk menu panggil antrian sebagai berikut: 1. Pilih menu [Admin Medis Panggil Antrian]. 1) klik menu panggil antrian 2. Maka sistem akan menampilkan gambar sebagai berikut: 3. Klik untuk mencari data pasien.

9 8 Diagnosa dokter Admin Medis : Diagnosa dokter Menu ini digunakan untuk proses data diagnosa dokter. Langkah-langkah untuk menu diagnosa dokter sebagai berikut: 1. Pilih menu [Admin Medis Diagnosa dokter]. 1) klik menu diagnose dokter 2. Maka sistem akan menampilkan gambar sebagai berikut: 3. Beri tanda checklist pada kolom elemen kata 4. Klik untuk mencari data pasien, akan tampil daftar berikut :

10 9 Admin Medis : 5. Klik untuk preview history data pasien, akan tampil gambar sebagai berikut : Klik masing masing menu untuk melihat history data - Klik untuk mencetak history data pasien. 6. Klik, akan tampil halaman sebagai berikut :

11 10 Keterangan : Admin Medis : ü Isikan kolom subject, object dan assessment. ü Klik berikut : untuk entry data ICD yang baru, akan tampil gambar sebagai Menambahkan ICD: - Isikan data sesuai kebutuhan. - Klik untuk menambahkan data ICD ke dalam daftar ICD, akan tampil gambar sebagai berikut : - Isikan data ICD.

12 11 Admin Medis : - Klik untuk menyimpan data, dan secara otomatis data akan ditambahkan pada daftar data ICD, maka akan tampil gambar sebagai berikut : - Klik untuk menambahkan data ICD ke list ICD pasien dan memproses data ICD tersebut.. Menambahkan data dari daftar pencarian: - Isikan data untuk melakukan pencarian data tersebut atau menambahkan data yang terdapat pada daftar data ICD. - Beri tanda checklist pada kolom untuk menampilkan daftar data ICD. - Klik untuk mencari data pasien, akan tampil daftar berikut : - Klik untuk menambahkan data yang ada pada daftar data ICD, akan tampil gambar sebagai berikut : - Klik untuk menghapus data. - Klik untuk melakukan proses data. dimana secara otomatis data yang di tambahkan akan masuk ke daftar data ICD.

13 12 ü Isikan kolom Planning, dan berat badan. Admin Medis : ü Klik akan tampil gambar sebagai berikut : 1) isikan data yang akan di cari - Klik untuk mencari data obat. - Klik untuk menambahkan data alergi obat. ü Isikan kolom tindakan penunjang, beri tanda checklist pada tindakan penunjang yang akan di pilih. ü Jika terdapat rujukan dan konsul maka beri tanda checklist pada field rujuk dan konsul. Pilih data rujuk Pilih dokter konsul 7. Klik, akan tampil pesan sebagai berikut :

14 13 - Klik untuk melakukan proses diagnosa, akan tampil pesan sebagai berikut: Admin Medis : Adm Rawat Jalan Adm Rawat Jalan Klik ok Menu ini digunakan untuk proses administrasi administrasi rawat jalan. Langkah-langkah untuk menu adm rawat jalan sebagai berikut: 1. Pilih menu [Admin Medis Adm.Rawat jalan]. 1) klik menu adm. Rawat jalan 2. Maka sistem akan menampilkan gambar sebagai berikut: 3. Klik untuk mencari data pasien. 4. Pilih menu tindakan poli, akan tampil gambar sebagai berikut:

15 14 Admin Medis : Adm Rawat Jalan - isikan data sesuai kebutuhan. - Klik untuk menambah data, akan tampil daftar data tindakan poli sebagai berikut : Klik untuk menghapus data - Klik untuk menyimpan data, akan tampil pesan sebagai berikut : - Klik untuk meyimpan data, akan tampil form cetak charge slip rawat jalan sebagai berikut:

16 15 Rawat Jalan Edit Admin Medis : Rawat Jalan Edit Menu ini digunakan untuk proses edit data rawat jalan. Langkah-langkah untuk menu rawat jalan edit sebagai berikut: 1. Pilih menu [Admin Medis Rawat jalan edit]. 1) klik menu Rawat jalan edit 2. Maka sistem akan menampilkan gambar sebagai berikut: Isikan data sesuai kebutuhan Double click no RM 3. Klik untuk mencari data pasien. 4. Double click No. RM, akan tampil pesan sebagai berikut :

17 16 5. Klik akan tampil gambar sebagai berikut : Admin Medis : Rawat Jalan Edit Keterangan : ü Isikan data sesuai kebutuhan dan klik tombol cari pasien untuk mencari data pasien. ü Klik berikut : untuk entry data ICD yang baru, akan tampil gambar sebagai

18 17 - Isikan data sesuai kebutuhan Admin Medis : Rawat Jalan Edit - Klik untuk entry data baru, akan tampil form sebagai berikut : - Klik akan tampil pesan sebagai berikut dan secara otomatis data akan di simpan pada daftar ICD : Klik untuk memproses data ICD ü Daftar diagnosa Klik untuk menambah data diagnosa Klik untuk menghapus data diagnosa ü Update Tindakan Penunjang

19 18 - Beri tanda checklist untuk tindakan yang akan di update Admin Medis : Rawat Jalan Edit - Klik untuk melakukan update data tindakan penunjang, akan pesan data sebagai berikut : ü Tindakan Rawat Jalan Klik untuk menghapus data - Klik untuk menambah data tindakan rawat jalan, akan tampil gambar sebagai berikut : Isikan data sesuai kebutuhan Klik untuk menghapus data - Klik untuk melakukan proses data tindakan rawat jalan, akan tampil pesan sebagai berikut : - Klik maka secara otomatis data akan masuk ke daftar tindakan rawat jalan. 6. Klik untuk melakukan cetak charge slip.

20 19 Antrian Pasien Admin Medis : Antrian Pasien Menu ini digunakan untuk pencarian data antrian pasien. Langkah-langkah untuk menu antrian pasien sebagai berikut: 1. Pilih menu [Admin Medis Antrian Pasien]. 1) klik menu Antrian pasien 2. Maka sistem akan menampilkan gambar sebagai berikut: 3. Klik untuk mencari data pasien, akan tampil gambar sebagai berikut:

21 2) klik untuk cari data 3) klik untuk cetak data 20 - Klik untuk melakukan cetak form tindakan dan cetak charge slip. Admin Medis : History Pasien - Klik untuk menghapus data. History Pasien Menu ini digunakan untuk proses administrasi history pasien. Langkah-langkah untuk menu history pasien sebagai berikut: 1. Pilih menu [Admin Medis History Pasien]. 1) klik menu history pasien 2. Maka sistem akan menampilkan gambar sebagai berikut: 1) isikan data pencarian 3. Isikan data sesuai kebutuhan. 4. Pilih salah satu data lalu klik untuk melakukan cetak data.

22 21 5. Pilih salah satu data lalu klik untuk melakukan edit data, Admin Medis : History Pasien akan tampil gambar sebagai berikut :

23 22 - Isikan data sesuai kebutuhan. Admin Medis : - Klik untuk batal simpan data. - Klik untuk menyimpan hasil edit data. Pencarian Pasien Menu ini digunakan untuk pencarian data pasien. Langkah-langkah untuk menu pencarian pasien sebagai berikut: 1. Pilih menu [Admin Medis Pencarian pasien]. 1) klik menu Pencarian pasien 2. Maka sistem akan menampilkan gambar sebagai berikut:

24 23 3. Isikan data sesuai kebutuhan. Admin Medis : Master Data ICD 4. Klik untuk mencari data pasien. Master Data ICD Menu ini digunakan untuk proses administrasi master data ICD Langkah-langkah untuk menu master data ICD sebagai berikut: 1. Pilih menu [Admin Medis Master Data ICD]. 1) klik menu Master Data ICD 2. Maka sistem akan menampilkan gambar sebagai berikut: 1) isikan data pencarian 2) klik untuk cari data

25 24 - Klik untuk menambah data baru, akan tampil gambar sebagai berikut : Admin Medis : Lap. kunjungan poli - Isikan data sesuai kebutuhan. - Klik untuk menyimpan data ICD. - Klik untuk melakukan edit data. - Klik untuk menghapus data. Lap. kunjungan poli Menu ini digunakan untuk proses administrasi laporan kunjungan poliklinik. Langkah-langkah untuk menu lap.kunjungan poli sebagai berikut: 1. Pilih menu [Admin Medis Lap kunjungan poli]. 1) klik menu lap.kunjungan poli

26 25 2. Maka sistem akan menampilkan gambar sebagai berikut: Admin Medis : Pengajuan Permintaan BHP 3. Klik untuk memproses laporan kunjungan poliklinik. Pengajuan Permintaan BHP Menu ini digunakan untuk proses pengajuan permintaan BHP. Langkah-langkah untuk menu pengajuan permintaan BHP sebagai berikut: 1. Pilih menu [Admin Medis Pengajuan Permintaan BHP]. 1) klik menu Pengajuan permintaan BHP 2. Maka sistem akan menampilkan gambar sebagai berikut:

27 26 3. Isikan data sesuai kebutuhan. Admin Medis : Daftar Permintaan BHP 4. Klik untuk memproses data pengajuan permintaan BHP. Daftar Permintaan BHP Menu ini digunakan untuk proses pencarian daftar permintaan BHP. Langkah-langkah untuk menu daftar permintaan BHP sebagai berikut: 1. Pilih menu [Admin Medis Daftar Permintaan BHP]. 1) klik menu Daftar permintaan BHP 2. Maka sistem akan menampilkan gambar sebagai berikut: 3. Isikan data sesuai kebutuhan. 4. Klik untuk mencari data pasien.

28 27 Terima BHP Admin Medis : Terima BHP Menu ini digunakan untuk proses administrasi terima BHP. Langkah-langkah untuk menu terima BHP sebagai berikut: 1. Pilih menu [Admin Medis Terima BHP]. 1) klik menu Terima BHP 2. Maka sistem akan menampilkan gambar sebagai berikut: 3. Isikan data sesuai kebutuhan. 4. Klik untuk memproses data.

29 28 Pengeluaran BHP Admin Medis : Pengeluaran BHP Menu ini digunakan untuk proses administrasi pengeluaran BHP. Langkah-langkah untuk menu pengeluaran BHP sebagai berikut: 1. Pilih menu [Admin Medis Pengeluaran BHP]. 1) klik menu Pengeluaran BHP 2. Maka sistem akan menampilkan gambar sebagai berikut: 3. Isikan data sesuai kebutuhan. 4. Klik untuk melakukan pencetakan data.

30 29 Info Stok Barang Admin Medis : Info Stok Barang Menu ini digunakan untuk proses administrasi info stok barang. Langkah-langkah untuk menu info stok barang sebagai berikut: 1. Pilih menu [Admin Medis Info Stok Barang]. 1) klik menu info stok barang 2. Maka sistem akan menampilkan gambar sebagai berikut: Klik untuk menghapus data 3. Isikan data sesuai kebutuhan. 4. Klik untuk melakukan pencarian data. 5. Klik untuk melakukan pencetakan data.

31 30 Kartu Stok Admin Medis : Kartu Stok Menu ini digunakan untuk proses administrasi kartu stok. Langkah-langkah untuk menu kartu stok sebagai berikut: 1. Pilih menu [Admin Medis Kartu Stok]. 1) klik menu kartu stok 2. Maka sistem akan menampilkan gambar sebagai berikut: 3. Isikan data sesuai kebutuhan. 4. Klik untuk melakukan proses data. 5. Klik untuk melakukan pencetakan data.

32 31 Tutup Transaksi Penjamin Admin Medis : Tutup Transaksi Penjamin Menu ini digunakan untuk proses administrasi tutup transaksi penjamin. Langkah-langkah untuk menu tutup transaksi penjamin sebagai berikut: 1. Pilih menu [Admin Medis Tutup Transaksi Penjamin]. 1) klik menu tutup transaksi penjamin 2. Maka sistem akan menampilkan gambar sebagai berikut: 3. Isikan data sesuai kebutuhan. 4. Klik untuk melakukan pencarian data.

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Sistem Implementasi sistem merupakan hasil implementasi dari analisis dan desain sistem yang telah dibuat sebelumnya. Diharapkan dengan adanya implementasi

Lebih terperinci

Halaman ini merupakan halaman awal saat pengguna membuka web. Pada halaman

Halaman ini merupakan halaman awal saat pengguna membuka web. Pada halaman 1. Halaman Front-End Halaman ini merupakan halaman awal saat pengguna membuka web. Pada halaman ini terdapat beberapa gambar yang disajikan didalam frame, yang pada masing masing gambar tersebut terdapat

Lebih terperinci

Prosedur Penggunaan Sistem

Prosedur Penggunaan Sistem Prosedur Penggunaan Sistem Gambar 4.1Layar Login Pada halaman Login ini pegawai diminta menginput ID Login pada kolom ID Login, dan Password pada kolom password. Dataakan diterimaolehsistem jikadatasesuaidenganbasisdatapegawaiyangtelah

Lebih terperinci

PANDUAN MENJALANKAN PROGRAM

PANDUAN MENJALANKAN PROGRAM PANDUAN MENJALANKAN PROGRAM A. Halaman Login Pengguna memasukkan nomor induk pegawai (NIP) mereka dan kata sandi (password) untuk dapat masuk ke dalam aplikasi. Gambar 1.1 Halaman Login B. Pengguna Aplikasi

Lebih terperinci

Manual ISOmedik Pro Apps

Manual ISOmedik Pro Apps : Halaman : 1 of 6 Login MENU MASUK KE ISOmedik Web Pro 1. Masuk ke www.isomedik.com, kemudian klik menu Login 2. Isi user id, password dan klik tombol login 3. Beranda untuk ISOmedik Pro Apps akan tampil

Lebih terperinci

MANUAL BOOK APLIKASI COMPLETE MEDICAL SOFTWARE MANAGEMENT (CMSM) MODUL RAWAT JALAN

MANUAL BOOK APLIKASI COMPLETE MEDICAL SOFTWARE MANAGEMENT (CMSM) MODUL RAWAT JALAN MANUAL BOOK APLIKASI COMPLETE MEDICAL SOFTWARE MANAGEMENT (CMSM) MODUL RAWAT JALAN 2014 www.sistemrumahsakit.com DAFTAR ISI A. MENU RUANG PEMERIKSAAN... 4 1. Pasien Terdaftar... 4 2. Sub-menu Pemeriksaan

Lebih terperinci

A. ADMINISTRATOR. Form Login Admin

A. ADMINISTRATOR. Form Login Admin A. ADMINISTRATOR Form Login Admin 1. Kita melakukan login sebagai user tergantung hak akses yang dimiliki masing-masing user (admin, bagian keuangan, dan manajer) dengan menginputkan username & password.

Lebih terperinci

MANUAL BOOK APLIKASI COMPLETE MEDICAL SOFTWARE MANAGEMENT (CMSM) MODUL REGISTRASI.

MANUAL BOOK APLIKASI COMPLETE MEDICAL SOFTWARE MANAGEMENT (CMSM) MODUL REGISTRASI. MANUAL BOOK APLIKASI COMPLETE MEDICAL SOFTWARE MANAGEMENT (CMSM) MODUL REGISTRASI 2014 www.sistemrumahsakit.com DAFTAR ISI A. MENU REGISTRASI RAWAT JALAN... 4 B. MENU REGISTRASI RAWAT INAP... 19 C. MENU

Lebih terperinci

BAB V PENGUJIAN SISTEM DAN IMPLEMENTASI. komponen sistem yang diimplementasikan dan mengetahui kelemahan dari

BAB V PENGUJIAN SISTEM DAN IMPLEMENTASI. komponen sistem yang diimplementasikan dan mengetahui kelemahan dari BAB V PENGUJIAN SISTEM DAN IMPLEMENTASI 5.1. Pengujian Pengujian merupakan bagian yang terpenting dalam siklus pembangunan perangkat lunak. Pengujian dilakukan untuk untuk memeriksa kekompakan antara komponen

Lebih terperinci

MODUL IGD (INSTALASI GAWAT DARURAT)

MODUL IGD (INSTALASI GAWAT DARURAT) MANUAL BOOK APLIKASI COMPLETE MEDICAL SOFTWARE MANAGEMENT (CMSM) MODUL IGD (INSTALASI GAWAT DARURAT) 2014 www.sistemrumahsakit.com DAFTAR ISI A. MENU PENDAFTARAN PASIEN... 4 1. Pendaftaran pasien yang

Lebih terperinci

User Manual Aplikasi Surat Rekomendasi Ditjen SDPPI Kominfo

User Manual Aplikasi Surat Rekomendasi Ditjen SDPPI Kominfo User Manual Aplikasi Surat Rekomendasi Ditjen SDPPI Kominfo DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 1 1. LOGIN... 2 1.1 REGISTER... 2 1.2 MERUBAH DATA PROFILE USER... 3 1.3 LOGIN... 5 2. PERMOHONAN... 7 2.1 PENGAJUAN

Lebih terperinci

MANUAL BOOK APLIKASI COMPLETE MEDICAL SOFTWARE MANAGEMENT (CMSM)

MANUAL BOOK APLIKASI COMPLETE MEDICAL SOFTWARE MANAGEMENT (CMSM) MANUAL BOOK APLIKASI COMPLETE MEDICAL SOFTWARE MANAGEMENT (CMSM) MODUL KASIR 2014 www.sistemrumahsakit.com DAFTAR ISI A. MENU PEMBAYARAN... 4 1. Sub-menu Kunjungan Hari Ini... 5 2. Sub-menu UBL (Uang Belum

Lebih terperinci

Daftar Isi 1. PENDAHULUAN PENGGUNA APLIKASI SITEMAP ALUR PROSES MENU APLIKASI... 19

Daftar Isi 1. PENDAHULUAN PENGGUNA APLIKASI SITEMAP ALUR PROSES MENU APLIKASI... 19 Daftar Isi 1. PENDAHULUAN... 5 1.1. Tombol, Notasi dan Fungsi... 5 1.2. User Login Aplikasi... 8 2. PENGGUNA APLIKASI... 9 3. SITEMAP... 11 4. ALUR PROSES... 15 4.1. Alur Proses Obat dan Vaksin... 16 4.2.

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. menghasilkan informasi-informasi yang sesuai dengan kebutuhan administrasi

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. menghasilkan informasi-informasi yang sesuai dengan kebutuhan administrasi BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Kebutuhan Sistem Implementasi dan evaluasi adalah tahap mengimplementasikan analisis dan perancangan yang telah dibuat agar dapat melakukan proses rekam medis dan menghasilkan

Lebih terperinci

2. Buka browser, kunjungi dengan menempatkan. folder asuransi pada folder htdocs terlebih dahulu.

2. Buka browser, kunjungi  dengan menempatkan. folder asuransi pada folder htdocs terlebih dahulu. Cara menjalankan aplikasi website asuransi : 1. Install XAMPP terlebih dahulu. 2. Buka browser, kunjungi http://localhost/asuransi dengan menempatkan folder asuransi pada folder htdocs terlebih dahulu.

Lebih terperinci

4.11 Navigation diagram Navigation diagram Mencatat Jenis Penyakit

4.11 Navigation diagram Navigation diagram Mencatat Jenis Penyakit 202 4.11 Navigation diagram Navigation diagram Mencatat Jenis Penyakit Gambar 4.106 Navigation diagram Mencatat Jenis Penyakit 203 Navigation diagram Mencatat Harga Tindakan Medis Gambar 4.107 Navigation

Lebih terperinci

Prosedur Penggunaan Aplikasi

Prosedur Penggunaan Aplikasi Prosedur Penggunaan Aplikasi Login: Gambar 4.1 Tampilan login Pada gambar 4.1 adalah tampilan layar aplikasi untuk login setiap user yang akan mengakses web aplikasi. Pada tahap ini user yang akan melakukan

Lebih terperinci

Aplikasi Penjualan Batako Ringan Pada Vivaldi Indo Pratama Yogyakarta

Aplikasi Penjualan Batako Ringan Pada Vivaldi Indo Pratama Yogyakarta Manual Cara Penggunaan Program Aplikasi Aplikasi Penjualan Batako Ringan Pada Vivaldi Indo Pratama Yogyakarta 1. Halaman Login Halaman ini digunakan sebagai awal dari jalannya program dimana nantinya user

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Sistem 4.1.1 Desain Program 1. Form Login Halaman pertama yang akan di tampilkan pada aplikasi ini adalah form login. Form login diperlukan untuk bisa

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Pada bab ini akan dijelaskan tampilan hasil dari aplikasi yang telah dibuat, yang digunakan untuk memperjelas tentang tampilan-tampilan yang ada pada aplikasi

Lebih terperinci

MANUAL BOOK APLIKASI COMPLETE MEDICAL SOFTWARE MANAGEMENT (CMSM) MODUL REKAM MEDIS

MANUAL BOOK APLIKASI COMPLETE MEDICAL SOFTWARE MANAGEMENT (CMSM) MODUL REKAM MEDIS MANUAL BOOK APLIKASI COMPLETE MEDICAL SOFTWARE MANAGEMENT (CMSM) MODUL REKAM MEDIS 2014 www.sistemrumahsakit.com DAFTAR ISI A. MENU SIRKULASI BERKAS... 4 1. Sub-menu Pengiriman Berkas ke Poli... 4 2. Sub

Lebih terperinci

Daftar Isi. User Manual. Aplikasi e-inkaber untuk Customer VERSI 2.2

Daftar Isi. User Manual. Aplikasi e-inkaber untuk Customer VERSI 2.2 Daftar Isi i User Manual Aplikasi e-inkaber untuk Customer VERSI 2.2 Daftar Isi ii Daftar Isi Definisi dan Singkatan... iv Pendahuluan... 5 Tujuan Penulisan Dokumen... 5 Pengenalan Aplikasi e-inkaber...

Lebih terperinci

BUKU MANUAL TSP/CSR KAB. MOJOKERTO

BUKU MANUAL TSP/CSR KAB. MOJOKERTO BUKU MANUAL TSP/CSR KAB. MOJOKERTO 1. Halaman Utama Buka website TSP/CSR Kab. Mojokerto melalui browser dan berikut adalah tampilan halaman utama. Halaman Utama Website TSP 2. Pendaftaran Anggota Perusahaan

Lebih terperinci

[ MANUAL APLIKASI PCARE] Aplikasi Pelayanan Dasar berbasis web ( web base) dibangun untuk mendukung bisnis proses pelayanan Peserta BPJS-KESEHATAN di

[ MANUAL APLIKASI PCARE] Aplikasi Pelayanan Dasar berbasis web ( web base) dibangun untuk mendukung bisnis proses pelayanan Peserta BPJS-KESEHATAN di 2013 [ MANUAL APLIKASI PCARE] Aplikasi Pelayanan Dasar berbasis web ( web base) dibangun untuk mendukung bisnis proses pelayanan Peserta BPJS-KESEHATAN di FASKES I KATA PENGANTAR Puji dan Syukur kami ucapkan

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan Aplikasi e Health (e Puskesmas)

Panduan Penggunaan Aplikasi e Health (e Puskesmas) 2010 Panduan Penggunaan Aplikasi e Health (e Puskesmas) Direktorat e Business Direktorat Jenderal Aplikasi Telematika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI PETUNJUK OPERASIONAL PETUGAS PENDAFTARAN

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (SIPUS) PANDUAN BAGI OPERATOR. Disampaikan oleh: Rasiman

SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (SIPUS) PANDUAN BAGI OPERATOR. Disampaikan oleh: Rasiman SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (SIPUS) PANDUAN BAGI OPERATOR Disampaikan oleh: Rasiman PADA PELATIHAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM) UNIVERSITAS SUMATERA UTARA MEDAN, 2008 DAFTAR ISI 1. Tentang SIPUS...

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. yang harus dipenuhi untuk menguji coba user interface serta

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. yang harus dipenuhi untuk menguji coba user interface serta BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 1.1 Kebutuhan Implementasi sistem Kebutuhan sistem merupakan tahap penjelasan mengenai kebutuhankebutuhan yang harus dipenuhi untuk menguji coba user interface serta menjalankan

Lebih terperinci

Petunjuk Pemakaian Sistem

Petunjuk Pemakaian Sistem Petunjuk Pemakaian Sistem Berikut ini adalah petunjuk pemakaian sistem dari aplikasi pengiriman barang PT. Buana Resota. Aplikasi ini dimulai dengan membuka browser, kemudian memasukkan alamat website.

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJICOBA

BAB IV HASIL DAN UJICOBA BAB IV HASIL DAN UJICOBA IV.1. Tampilan Hasil Hasil tampilan program aplikasi sistem informasi laporan pendapatan rawat jalan yang dirancang dapat dilihat pada gambar berikut ini: IV.1.1. Tampilan Input

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Hasil Pada bab ini akan dijelaskan tampilan hasil dari aplikasi yang telah dibuat, yang digunakan untuk memperjelas tentang tampilan-tampilan yang ada pada aplikasi Sistem

Lebih terperinci

BAB III PERANCANGAN SISTEM

BAB III PERANCANGAN SISTEM BAB III PERANCANGAN SISTEM 3.1 Pengumpulan Kebutuhan a. Membuat database Membuat database untuk penyimpanan data-data yang dibutuhkan. b. Membuat User Interface untuk service Membuat desain tampilan yang

Lebih terperinci

Prosedur Pemakaian Program:

Prosedur Pemakaian Program: Prosedur Pemakaian Program: Agar lebih jelas dalam memahami aplikasi yang telah dibuat, maka berikut adalah petunjuk cara pengoperasian aplikasi. Gambar 1 Halaman Login Pada halaman ini, user diminta untuk

Lebih terperinci

PENGEMBANGAN SISTEM PENERBITAN API (ANGKA PENGENAL IMPORTIR) SECARA ELEKTRONIK KEMENTERIAN PERDAGANGAN COPYRIGHT @2012. Versi 1.0

PENGEMBANGAN SISTEM PENERBITAN API (ANGKA PENGENAL IMPORTIR) SECARA ELEKTRONIK KEMENTERIAN PERDAGANGAN COPYRIGHT @2012. Versi 1.0 User Manual PENGEMBANGAN SISTEM PENERBITAN API (ANGKA PENGENAL IMPORTIR) SECARA ELEKTRONIK KEMENTERIAN PERDAGANGAN COPYRIGHT @2012 Versi 1.0 i Daftar Isi Daftar Isi Pendahuluan... 1 Tujuan Penulisan Dokumen...

Lebih terperinci

BADAN PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN SDM KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN INDONESIA

BADAN PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN SDM KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN INDONESIA 2018 USER MANUAL SATKER APLIKASI e-planning BADAN PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN SDM KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN INDONESIA DAFTAR ISI PANDUAN PENGGUNAAN APLIKASI E-PLANNING... 2 USER PRODI... 4 Mengubah

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI PENJUALAN HANDPHONE VELIN PHONE TANGERANG BERBASIS WEB

SISTEM INFORMASI PENJUALAN HANDPHONE VELIN PHONE TANGERANG BERBASIS WEB SISTEM INFORMASI PENJUALAN HANDPHONE VELIN PHONE TANGERANG BERBASIS WEB Disusun Oleh : AHMAD ROPEI 065610096 SISTEM INFORMASI STRATA 1 SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AKAKOM YOGYAKARTA

Lebih terperinci

PANDUAN MELAKUKAN PENGINPUTAN DATA USULAN ANGGOTA DPRD (RESES) APLIKASI SIMRENBANGDA KABUPATEN BANJARNEGARA

PANDUAN MELAKUKAN PENGINPUTAN DATA USULAN ANGGOTA DPRD (RESES) APLIKASI SIMRENBANGDA KABUPATEN BANJARNEGARA PANDUAN MELAKUKAN PENGINPUTAN DATA USULAN ANGGOTA DPRD (RESES) KABUPATEN BANJARNEGARA Untuk melakukan pengentrian data usulan anggota DPRD terlebih dahulu harus masuk ke dalam aplikasi. Untuk masuk ke

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. telah dibuat pada tahap tiga. Adapun kebutuhan software (perangkat lunak) dan

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. telah dibuat pada tahap tiga. Adapun kebutuhan software (perangkat lunak) dan BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Kebutuhan Sistem Pada tahapan ini sistem yang telah dirancang pada tahap ke tiga akan dikembangkan, sehingga sistem yang dibuat harus mengacu pada rancangan yang telah

Lebih terperinci

idoctor - Software untuk membantu Dokter Praktek berbasis Cloud USER MANUAL idoctor / Software Dokter Praktek

idoctor - Software untuk membantu Dokter Praktek berbasis Cloud USER MANUAL idoctor / Software Dokter Praktek USER MANUAL idoctor / Software Dokter Praktek 1. Form Login Kotak isian E-mail diisi dengan alamat e-mail masing masing user, kemudian kotak isian Kode Petugas diisi kode petugas / username dan kotak isian

Lebih terperinci

Prosedur menjalankan program

Prosedur menjalankan program Prosedur menjalankan program Saat pertama kali user membuka sistem, user harus melakukan login terlebih dahulu. Dengan memasukan username dan password, pada saat username dan password sudah benar maka

Lebih terperinci

MANUAL BOOK APLIKASI COMPLETE MEDICAL SOFTWARE MANAGEMENT (CMSM) MODUL LABORATORIUM

MANUAL BOOK APLIKASI COMPLETE MEDICAL SOFTWARE MANAGEMENT (CMSM) MODUL LABORATORIUM MANUAL BOOK APLIKASI COMPLETE MEDICAL SOFTWARE MANAGEMENT (CMSM) MODUL LABORATORIUM 2014 www.sistemrumahsakit.com DAFTAR ISI A. MENU PEMERIKSAAN... 4 1. Sub-menu Transaksi... 4 2. Sub-menu Setting Transaksi...

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Rekam Medis pada Rumah Sakit Mata Masyarakat Surabaya.

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Rekam Medis pada Rumah Sakit Mata Masyarakat Surabaya. BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Kebutuhan Sistem Kebutuhan sistem adalah hasil dari analisis dan desain sistem yang telah dibuat sebelumnya. Dengan adanya implementasi dapat membantu memahami jalannya

Lebih terperinci

a. Server BPJS, pengaturan ini berisi web service bpjs yang digunakan untuk mengatur arus data yang terjadi antara 2 sistem.

a. Server BPJS, pengaturan ini berisi web service bpjs yang digunakan untuk mengatur arus data yang terjadi antara 2 sistem. I. KONFIGURASI SISTEM INTEGRASI 1. LOGIN KONFIGURASI BPJS Silahkan masuk kedalam halaman login lalu masuk dengan menggunakan username dan passowrd di bawah ini. a. Nama puskesmas : (nama puskesmas masing-masing)

Lebih terperinci

PROSEDUR MENJALANKAN PROGRAM

PROSEDUR MENJALANKAN PROGRAM 4.2.1. User Interface PROSEDUR MENJALANKAN PROGRAM Gambar 4.44 User Interface Form Login Form login merupakan halaman pertama saat user masuk kedalam sistem, hak akses dibatasi sesuai dengan fungsi dari

Lebih terperinci

20. Halaman Detail Produk Setelah Login

20. Halaman Detail Produk Setelah Login 178 20. Halaman Detail Produk Setelah Login Gambar 4.20 Layar Customer-Detail Produk Setelah Login Halaman detail produk menampilkan informasi lengkap tentang produk beserta spesifikasinya dan harga. Terdapat

Lebih terperinci

A. ADMIN. Form Login Admin

A. ADMIN. Form Login Admin A. ADMIN Form Login Admin 1. Kita melakukan login sebagai user tergantung hak akses yang dimiliki masingmasing user (admin, walikelas, guru, dan siswa) dengan menginputkan username & password. Misal :

Lebih terperinci

BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM

BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM 3.1 Analisa Permasalahan Pada transaksi administrasi pendaftaran pasien di RSUD Dr.Soewandhie dilakukan setiap hari sesuai dengan banyaknya proses pelayanan pasien.

Lebih terperinci

Halaman Login Halaman Staff

Halaman Login Halaman Staff 1. Pada saat aplikasi dijalankan, maka pertama kali akan muncul halaman login, dimana user harus memasukkan kode staff dan password untuk dapat masuk ke halaman utama. Halaman Login 2. Halaman Login merupakan

Lebih terperinci

Gambar 4.2 Tabel Obat

Gambar 4.2 Tabel Obat BAB IV HASIL DAN ANALISIS 4.1 Implementasi Sistem 4.1.1 Implementasi Database Gambar 4.1 Tabel nomor antrian Tabel nomor antrian berfungsi untuk menyimpan nomor antrian pasien yang periksa pada hari tersebut,

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI SISTEM

BAB V IMPLEMENTASI SISTEM BAB V IMPLEMENTASI SISTEM Bab ini berisi uraian mengenai tahapan untuk membangun / mewujudkan rancangan sistem baru secara nyata. Kegiatan yang dibahas meliputi pengujian perangkat lunak. Diagram UML untuk

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Pada bab ini akan dijelaskan tampilan hasil dari aplikasi yang telah dibuat, yang digunakan untuk memperjelas tentang tampilan-tampilan yang ada pada aplikasi

Lebih terperinci

CARA MENGGUNAKAN APLIKASI

CARA MENGGUNAKAN APLIKASI CARA MENGGUNAKAN APLIKASI Untuk menjalankan aplikasi sistem pakar untuk melakukan diagnosis penyakit jantung dengan teorema bayes, yaitu : Jalankan aplikasi sistem pakar dengan memilih toolbar start pada

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 57 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Hasil Program 4.1.1 Halaman Utama Pada halaman utama berisikan sejarah, visi dan misi, staf perpustakaan, katalog buku dan area Login Member. Tampilan halaman utama dapat

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SI PINJAMAN ALAT LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

PETUNJUK PENGGUNAAN SI PINJAMAN ALAT LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA PETUNJUK PENGGUNAAN SI PINJAMAN ALAT LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 1. Buka Browser anda, kemudian ketikkan alamat silab.uny.ac.id lalu tekan Enter. SI Pinjaman Alat Laboratorium akan terbuka

Lebih terperinci

Tampilan layar menu login

Tampilan layar menu login L1 Tampilan layar menu login Merupakan form awal dari aplikasi. Pada Form Login terdapat field untuk mengisi nama user dengan password nya. Tombol ok digunakan untuk mengkomfirmasi username dan password.

Lebih terperinci

SISTEM REGISTRASI OT DAN SM VERSI 1.1

SISTEM REGISTRASI OT DAN SM VERSI 1.1 User Manual SISTEM REGISTRASI OT DAN SM VERSI 1.1 COPYRIGHT @2013 Daftar Isi Pendahuluan... 2 Memulai Sistem... 3 Halaman Utama Sistem... 3 Daftar Baru Perusahaan... 4 Daftar Ulang Perusahaan... 7 Login

Lebih terperinci

Daftar Isi. User Manual. Aplikasi e-inkaber untuk Petugas BC VERSI 2.1

Daftar Isi. User Manual. Aplikasi e-inkaber untuk Petugas BC VERSI 2.1 Daftar Isi User Manual Aplikasi e-inkaber untuk Petugas BC VERSI 2.1 Daftar Isi i Daftar Isi Definisi dan Singkatan... iii Pendahuluan... 4 Tujuan Penulisan Dokumen... 4 Pengenalan Aplikasi e-inkaber...

Lebih terperinci

SISREKMED (SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS)

SISREKMED (SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS) SISREKMED (SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS) Pencipta : Tominanto, S.Kom., M.Cs Warsi Maryati, A.Md.RMIK., S.K.M. APIKES CITRA MEDIKA SURAKARTA TAHUN 2014 i ii USER MANUAL SISREKMED SISREKMED merupakan singkatan

Lebih terperinci

PETUNJUK TEKNIS REGISTRASI APLIKASI e REGISTRASI OBAT (AeRO) aero.pom.go.id. Login. Alur Pengajuan Registrasi Obat Copy

PETUNJUK TEKNIS REGISTRASI APLIKASI e REGISTRASI OBAT (AeRO) aero.pom.go.id. Login. Alur Pengajuan Registrasi Obat Copy PETUNJUK TEKNIS REGISTRASI APLIKASI e REGISTRASI OBAT (AeRO) aero.pom.go.id 3 Alur Pengajuan Registrasi Obat Copy Login memilih obat yg akan diregistrasikan dari data HPR AeRO Mendapat SPB + pembayaran

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. menggunakan program sistem informasi pembelian dan proses retur pada CV.

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. menggunakan program sistem informasi pembelian dan proses retur pada CV. BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 5.1 Sistem yang Digunakan Berikut ini adalah hardware dan software yang dibutuhkan untuk menggunakan program sistem informasi pembelian dan proses retur pada CV. Media

Lebih terperinci

MANUAL BOOK APLIKASI COMPLETE MEDICAL SOFTWARE MANAGEMENT (CMSM) MODUL RADIOLOGI

MANUAL BOOK APLIKASI COMPLETE MEDICAL SOFTWARE MANAGEMENT (CMSM) MODUL RADIOLOGI MANUAL BOOK APLIKASI COMPLETE MEDICAL SOFTWARE MANAGEMENT (CMSM) MODUL RADIOLOGI 2014 www.sistemrumahsakit.com DAFTAR ISI A. MENU PEMERIKSAAN... 4 B. MENU HASIL PEMERIKSAAN... 14 C. MENU TARIF RADIOLOGI...

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Sistem Salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum menjalankan aplikasi ini adalah implementasi sistem. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa

Lebih terperinci

Universitas Islam Negeri Surabaya USER GUIDE SISTEM PENDAFTARAN ONLINE PENERIMAAN MAHASISWA BARU ONLINE (UINSA) PENDAFTAR

Universitas Islam Negeri Surabaya USER GUIDE SISTEM PENDAFTARAN ONLINE PENERIMAAN MAHASISWA BARU ONLINE (UINSA) PENDAFTAR Universitas Islam Negeri Surabaya USER GUIDE SISTEM PENDAFTARAN ONLINE PENERIMAAN MAHASISWA BARU ONLINE (UINSA) PENDAFTAR 2014 Contents 1 BAGAIMANA MENGAKSES PENERIMAAN MAHASISWA BARU ONLINE?... 2 2 BAGAIMANA

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Hasil Berikut ini dujelaskan tampilan antar muka dari Sistem Informasi Account Receivables Pada PT. Cipta Mebelindo Lestari Berbasis Web: 1. Halaman Home Halaman Home adalah

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Berikut ini dijelaskan tentang tampilan hasil dari Perancangan Aplikasi Untuk Mengidentifikasi Kerusakan Smartphone Samsung Dengan Metode Certainty Factor dapat

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM 4.1. Implementasi Sistem Pada bab ini akan dilakukan implementasi dan pengujian terhadap sistem, implementasi merupakan penerapan dari proses sebelumnya yaitu proses

Lebih terperinci

BAB IV. HASIL & ANALISIS

BAB IV. HASIL & ANALISIS BAB IV. HASIL & ANALISIS 4.1 Implementasi/Hasil Karya Kegiatan implementasi atau penerapan dilakukan dengan dasar yang telah direncanakan dalam rencana implementasi. Pada penerapan sistem yang diusulkan

Lebih terperinci

3.1.2 Analisis Requirement Analisis requirement dibagi menjadi analisis requirement fungsional dan nonfungsional.

3.1.2 Analisis Requirement Analisis requirement dibagi menjadi analisis requirement fungsional dan nonfungsional. BAB 3 PEMBAHASAN 3.1 Analisis Sistem Informasi Manajemen Modul Farmasi Analisis SIM RS pada modul farmasi dilakukan dalam dua tahap yaitu analisis proses bisnis SIM RS dan analisis requirement, dengan

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 5.1 Sistem yang Digunakan Berikut ini adalah hardware dan software yang dibutuhkan untuk menggunakan program Sistem Informasi Pembelian dan Penjualan pada UD. ROHMAT JAYA,

Lebih terperinci

BAB III ANALISA DAN DESAIN SISTEM

BAB III ANALISA DAN DESAIN SISTEM 40 BAB III ANALISA DAN DESAIN SISTEM III.1. Analisis Masalah Masalah-masalah yang sering dihadapi oleh RSUD Lukas Nias Selatan adalah kesulitan dalam mengolah data rekam medis akan pasien dan pelayanan

Lebih terperinci

MANUAL BOOK APLIKASI COMPLETE MEDICAL SOFTWARE MANAGEMENT (CMSM) MODUL APOTEK

MANUAL BOOK APLIKASI COMPLETE MEDICAL SOFTWARE MANAGEMENT (CMSM) MODUL APOTEK MANUAL BOOK APLIKASI COMPLETE MEDICAL SOFTWARE MANAGEMENT (CMSM) MODUL APOTEK 2014 www.sistemrumahsakit.com DAFTAR ISI A. SUB MODUL TRANSAKSI...5 1. Menu Transaksi...5 a. Sub-menu Transaksi...6 b. Sub-menu

Lebih terperinci

Cara kerja sistem aplikasi Sistem Pakar Troubleshooting Kerusakan Monitor untuk menemukan kerusakan terhadap permasalahan yang terjadi.

Cara kerja sistem aplikasi Sistem Pakar Troubleshooting Kerusakan Monitor untuk menemukan kerusakan terhadap permasalahan yang terjadi. aplikasi(manual), page 1 Cara kerja sistem aplikasi Sistem Pakar Troubleshooting Kerusakan Monitor untuk menemukan kerusakan terhadap permasalahan yang terjadi. 1) Langkah pertama yang harus dilakukan

Lebih terperinci

APLIKASI PENGGAJIAN (PAYROLL APPLICATION)

APLIKASI PENGGAJIAN (PAYROLL APPLICATION) USER MANUAL APLIKASI PENGGAJIAN (PAYROLL APPLICATION) Panduan Penggunaan Aplikasi Penggajian Versi 1.0 (Juli 2014) http://igracias.telkomuniversity.ac.id/ 1 DAFTAR ISI Daftar Isi... 2 Daftar Gambar...

Lebih terperinci

BAB IV PROTOTYPE. 4.1 Perancangan Antarmuka

BAB IV PROTOTYPE. 4.1 Perancangan Antarmuka BAB IV PROTOTYPE 4.1 Perancangan Antarmuka Perancangan antarmuka pada aplikasi perpustakaan yang penulis buat meliputi Halaman Utama (Home), Halaman Anggota (User), Halaman Admin, Halaman Login, Halaman

Lebih terperinci

BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN. Pada sistem antrian di tempat praktek dokter saat ini masih menggunakan

BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN. Pada sistem antrian di tempat praktek dokter saat ini masih menggunakan BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN 3.1 Analisa Masalah 3.1.1 Permasalahan Pada sistem antrian di tempat praktek dokter saat ini masih menggunakan pendaftaran manual, sehingga hal tersebut memunculkan berbagai

Lebih terperinci

USER MANUAL UNTUK APOTEK VERSI 1.2

USER MANUAL UNTUK APOTEK VERSI 1.2 SIPNAP USER MANUAL UNTUK APOTEK VERSI 1.2 COPYRIGHT @2014 Daftar Isi Daftar Isi... i Pendahuluan... 3 Memulai Aplikasi... 4 Halaman Utama Aplikasi... 4 REGISTRASI... 5 INFORMASI... 7 Berita & Pengumuman...

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Hasil Berikut ini akan dijelaskan tampilan hasil dari aplikasi yang telah dibuat, yang digunakan untuk memperjelas tentang tampilan-tampilan yang ada pada aplikasi Penerapan

Lebih terperinci

DAFTAR ISI. ABSTRAK... vi. KATA PENGANTAR... vii. DAFTAR ISI... ix. DAFTAR TABEL... xii. DAFTAR GAMBAR... xiii. DAFTAR LAMPIRAN...

DAFTAR ISI. ABSTRAK... vi. KATA PENGANTAR... vii. DAFTAR ISI... ix. DAFTAR TABEL... xii. DAFTAR GAMBAR... xiii. DAFTAR LAMPIRAN... DAFTAR ISI Halaman ABSTRAK... vi KATA PENGANTAR... vii DAFTAR ISI... ix DAFTAR TABEL... xii DAFTAR GAMBAR... xiii DAFTAR LAMPIRAN... xvi BAB I PENDAHULUAN... 1 1.1 Latar Belakang Masalah... 1 1.2 Perumusan

Lebih terperinci

Cara Menjalankan Program

Cara Menjalankan Program Cara Menjalankan Program a. Cara Kerja Sistem Implementasi sistem ini menampilkan tentang hasil-hasil program yang nantinya akan dipakai oleh admin dan Kasir dalam menjalankan programnya. b. Menjalankan

Lebih terperinci

Aplikasi Tata Persuratan Berbasis Web Perum Jasa Tirta II. bertujuan untuk memenuhi kebutuhan di setiap Unit Kerja, sebuah

Aplikasi Tata Persuratan Berbasis Web Perum Jasa Tirta II. bertujuan untuk memenuhi kebutuhan di setiap Unit Kerja, sebuah PENDAHULUAN Aplikasi Tata Persuratan Berbasis Web Perum Jasa Tirta II bertujuan untuk memenuhi kebutuhan di setiap Unit Kerja, sebuah program aplikasi yang dapat mengukur tingkat kualitas kinerja sebuah

Lebih terperinci

Buku Panduan. Sistem Informasi Manajemen Lembaga Kursus dan Pelatihan (v.1.0)

Buku Panduan. Sistem Informasi Manajemen Lembaga Kursus dan Pelatihan (v.1.0) Sistem Informasi Manajemen Lembaga Kursus dan Pelatihan (v.1.0) Webmedia Training Center 2014 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 1 Proses Instalasi MySQL... 4 Konfigurasi MySQL... 7 Proses Instalasi Aplikasi Kursus...

Lebih terperinci

Pelayanan Rawat Jalan dengan Modul Dokter. RS Awal Bros Bekasi

Pelayanan Rawat Jalan dengan Modul Dokter. RS Awal Bros Bekasi Pelayanan Rawat Jalan dengan Modul Dokter RS Awal Bros Bekasi Tujuan Utama Agar dokter dapat lebih cepat mengetahui status penyakit pasien sebelumnya Mengurangi mobilitas berkas rekam medis Sentralisasi

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. pada SMA Negeri 15 Surabaya. Penjelasan yang diberikan yaitu mengenai

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. pada SMA Negeri 15 Surabaya. Penjelasan yang diberikan yaitu mengenai 72 BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN Bab ini berisi tentang hasil desain program sistem informasi perpustakaan pada SMA Negeri 15 Surabaya. Penjelasan yang diberikan yaitu mengenai spesifikasi hardware

Lebih terperinci

PROGRAM APOTEK. Masukan User name dan password untuk bisa masuk ke Menu Utama Program (default) Username : admin Password : admin

PROGRAM APOTEK. Masukan User name dan password untuk bisa masuk ke Menu Utama Program (default) Username : admin Password : admin 1 PROGRAM APOTEK 1. Form Login Masukan User name dan password untuk bisa masuk ke Menu Utama Program (default) Username : admin Password : admin 2. Menu Utama Program Setelah berhasil Login maka akan masuk

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN TESTING

BAB IV IMPLEMENTASI DAN TESTING BAB IV IMPLEMENTASI DAN TESTING 4.1 Instalasi Software Dalam pembuatan aplikasi ini penulis menggunakan PHP (Hypertext Preprocessor yaitu bahasa pemrograman web server-side yang bersifat open source),

Lebih terperinci

PENGUJIAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM

PENGUJIAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENGUJIAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM 4.1. Pengujian Sistem Setelah program selesai dibuat maka dilakukan pengujian (testing) terhadap program. Langkah pengujian sistem ditujukan 2 pihak yaitu programmer dan

Lebih terperinci

ADLN - PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA DAFTAR GAMBAR. No. Judul Gambar Halaman. 2.1 Simbol Dokumen Simbol Kegiatan Manual...

ADLN - PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA DAFTAR GAMBAR. No. Judul Gambar Halaman. 2.1 Simbol Dokumen Simbol Kegiatan Manual... DAFTAR GAMBAR No. Judul Gambar Halaman 2.1 Simbol Dokumen... 6 2.2 Simbol Kegiatan Manual... 7 2.3 Simbol Kegiatan Proses... 7 2.4 Simbol Garis Alur... 7 2.5 Simbol Penghubung... 7 2.6 Simbol Arsip...

Lebih terperinci

LAMPIRAN. Berikut adalah salah satu tampilan error di mana ketika seorang Operational Manager

LAMPIRAN. Berikut adalah salah satu tampilan error di mana ketika seorang Operational Manager LAMPIRAN Keamanan Data Berikut adalah salah satu tampilan error di mana ketika seorang Operational Manager ingin memasukkan data barang pada basis data. Error ini terjadi karena Operational Manager tidak

Lebih terperinci

BAB VI IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB VI IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB VI IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Sistem Implementasi program adalah implementasi dari analisa dan desain sistem yang telah dibuat sebelumnya. Aplikasi akan diterapkan berdasarkan kebutuhan.

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Hasil Berikut ini adalah tampilan interface untuk Perbandingan Metode LIFO dan Average Terhadap Kontrol Persediaan Barang pada PT.Indosehat Sempurna berbasis Web: 1. Halaman

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN ANALISA

BAB IV IMPLEMENTASI DAN ANALISA 1.1 Implementasi Sistem BAB IV IMPLEMENTASI DAN ANALISA Sistem informasi presensi pegawai ini untuk halaman admin hanya dapat diakses oleh pegawai Kantor Desa Sumberbening, untuk halaman pegawai dapat

Lebih terperinci

APLIKASI KLINIK. Panduan. User Guide

APLIKASI KLINIK. Panduan. User Guide APLIKASI KLINIK Panduan User Guide 2012 Clinic Application Petunjuk Pemakaian Aplikasi Clinic Ver. 1.0 Dokumen ini akan menerangkan cara pemakaian Clinic Application dari sisi operator sistem. Untuk melaksanakan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Hasil IV.1.1. Tampilan Form Login Tampilan form login merupakan form untuk memasukan ID User dan Password agar program dapat dibuka seperti pada gambar IV.1 berikut ini

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA. Berikut adalah tampilan hasil dari Sistem Informasi Keluar Masuk Udang

BAB IV HASIL DAN UJI COBA. Berikut adalah tampilan hasil dari Sistem Informasi Keluar Masuk Udang BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1 Hasil Berikut adalah tampilan hasil dari Sistem Informasi Keluar Masuk Udang Pada PT. Bancar Makmur Indah. IV.1.1 Form Menu Login Form login ini merupakan halaman untuk dapat

Lebih terperinci

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. Surabaya. Berkembang dari APIKES PENA HUSADA SURABAYA, yaitu

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. Surabaya. Berkembang dari APIKES PENA HUSADA SURABAYA, yaitu BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM 3.1 Analisis Permasalahan STIKES Yayasan RSUD Dr. Soetomo Surabaya merupakan sebuah perguruan tinggi swasta di bawah naungan Yayasan RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Berkembang

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN MODUL KUISIONER

PANDUAN PENGGUNAAN MODUL KUISIONER PANDUAN PENGGUNAAN MODUL KUISIONER 2015 PT. AIR MEDIA PERSADA DAFTAR ISI Pengenalan Kategori Kuisioner dan Aturan...3 1. Kategori Kuisioner...3 2. Aturan...3 Halaman Konfigurasi...4 Halaman Manajemen Kuisioner...4

Lebih terperinci

Bab IV HASIL DAN ANALISIS

Bab IV HASIL DAN ANALISIS Bab IV HASIL DAN ANALISIS 4.1 Implementasi Dari tahap-tahap yang telah dilakukan, didapatkan hasil Sistem Informasi Pemesanan Tiket Bus Berbasis Web. Berikut adalah tampilan yang dihasilkan: a. Halaman

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. pembuatan aplikasi Sistem Informasi Adminstrasi Travel Berbasis Web Pada PT.

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. pembuatan aplikasi Sistem Informasi Adminstrasi Travel Berbasis Web Pada PT. BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 5.1 Sistem Yang Digunakan Berikut ini adalah hardware dan software yang dibutuhkan untuk pembuatan aplikasi Sistem Informasi Adminstrasi Travel Berbasis Web Pada PT. Bia

Lebih terperinci

TUTORIAL PENGISIAN SIKDA GENERIK1.4

TUTORIAL PENGISIAN SIKDA GENERIK1.4 TUTORIAL PENGISIAN SIKDA GENERIK1.4 CREATED BY AGUS SAIRI TIM SIK DINKESTA 2016 KEBUTUHAN DASAR HARDWARE SOFTWARE BRAINWARE ALAMAT SIKDA GENERIK 1.4 Buka browser internet menggunakan Chrome/ Mozilla/ Baidu

Lebih terperinci

SIMRS Blue Print (Front Office + MR)

SIMRS Blue Print (Front Office + MR) SIMRS Blue Print (Front Office + MR) Membangun sebuah sistem informasi rumah sakit merupakan sebuah tantangan yang cukup berat bagi sebuah rumah sakit, ataupun bagi vendorvendor / software house yang akan

Lebih terperinci

Jika login gagal, maka akan ditampilkan informasi bahwa ID Operator atau Password yang dinputkan salah

Jika login gagal, maka akan ditampilkan informasi bahwa ID Operator atau Password yang dinputkan salah Utama (Login) Merupakan halaman utama ketika pengguna membuka halaman Sistem Informasi Administrasi Perkuliahan (SIAP), Halaman ini menampilkan form login untuk dapat masuk ke bagian administrator sistem

Lebih terperinci