LAMPIRAN. Berikut adalah salah satu tampilan error di mana ketika seorang Operational Manager

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "LAMPIRAN. Berikut adalah salah satu tampilan error di mana ketika seorang Operational Manager"

Transkripsi

1 LAMPIRAN Keamanan Data Berikut adalah salah satu tampilan error di mana ketika seorang Operational Manager ingin memasukkan data barang pada basis data. Error ini terjadi karena Operational Manager tidak memiliki hak untuk memasukkan data barang pada basis data. Gambar L1 Error memasukkan data barang oleh Operational Manager Berikut adalah salah satu tampilan error di mana ketika seorang staff ingin menghapus data karyawan pada basis data. Error ini terjadi karena staff tidak memiliki hak untuk menghapus data barang pada basis data. L1

2 L2 Gambar L2 Error menghapus data karyawan oleh staff Mengenai hak akses user dapat dilihat pada halaman 182. Tata Cara Penggunaan Sistem 1. Form Login Pada saat aplikasi dijalankan, maka form Login akan muncul. Berikut gambar dari form Login: Gambar L3 Tampilan form login

3 L3 Form Login ini terdiri dari Username yang berisi nama dari user yang akan mengakses aplikasi dan Password dari user tersebut. 2. Halaman utama Di bawah ini adalah tampilan pada saat user telah melakukan login: Gambar L4 Form halaman utama Pada halaman utama ini terdapat lima buah menu yaitu Sistem, Data, Transaksi, Laporan, dan Lain-Lain. 3. Menu Sistem Berikut adalah tampilan sub menu dari menu Sistem: Gambar L5 Sub menu dari menu sistem a. Sign Up Form ini hanya bisa diakses oleh Admin, digunakan untuk meregistrasikan user yang dapat menggunakan aplikasi ini. Untuk password pada saat pertama kali registrasi adalah Sriwijaya dan apabila user ingin mengubah passwordnya dapat menggunakan menu Ubah Password.

4 L4 Gambar L6 Tampilan form sign up Gambar L7 Form sign up tambah user b. Ubah Password Form ini digunakan jika user ingin mengubah password. Berikut tampilan dari form ubah password:

5 L5 Gambar L8 Tampilan form ubah password Jika user tidak jadi merubah password, maka user dapat memilih tombol BATAL dan keluar dari form ubah password. c. Logout Jika user memilih sub menu ini, maka akan muncul message box untuk mengonfirmasi apakah user ingin keluar dari aplikasi. Berikut tampilan message box: Gambar L9 Message box logout Jika user memilih Yes, maka akan logout dan keluar dari aplikasi. Jika memilih No, maka akan kembali berada pada form halaman utama. d. Exit Jika sub menu ini dipilih, maka user dapat langsung keluar dari aplikasi. 4. Menu Data Berikut adalah tampilan sub menu dari menu Data:

6 L6 Gambar L10 Sub menu dari menu data a. Barang Berikut adalah tampilan dari form Barang di mana default awal pilihan dari Pengaturan Data Barang adalah Atur Data Barang: Atur Data Barang Gambar L11 Tampilan awal form barang Jika pada Data Barang tidak dipilih check box Tambah Data Barang, maka pada form ini yang dapat dilakukan hanya menghapus data dan mengubah data pada baris yang ditunjuk pada grid.

7 - Jika tombol HAPUS DATA ditekan, maka akan muncul message box berikut: L7 Gambar L12 Message box menghapus data barang Jika tombol Yes dipilih, maka baris yang ditunjuk akan dihapus. Jika tombol No dipilih, maka tidak ada baris yang dihapus. - Jika tombol UBAH DATA ditekan, maka data pada baris yang ditunjuk akan masuk ke dalam field pada data barang seperti gambar berikut: Gambar L13 Ubah data barang pada form barang Field yang dapat diakses pada Data Barang hanya kode barang, nama barang, jenis barang, harga barang, banyak item per dus, dan stok minimum. Kategori barang akan terganti secara otomatis sesuai dengan jenis barang yang dipilih.

8 L8 Jika sudah selesai mengubah data, maka tombol SIMPAN PERUBAHAN ditekan. Jika tidak ingin mengubah data, maka tombol BATAL ditekan. - Jika check box pada Tambah Data Barang dipilih, maka akan muncul gambar sebagai berikut: Gambar L14 Penambahan data barang pada form barang Jika data barang telah selesai diisi, maka tombol MASUKKAN DATA ditekan untuk memasukkan data ke dalam basis data dan pada grid. Atur Jenis dan Kategori Barang Jika pada Pengaturan Data Barang dipilih Atur Jenis dan Kategori Barang, maka akan muncul form berikut:

9 L9 Gambar L15 Atur jenis dan kategori barang Pilihan yang dapat dipilih adalah Pengaturan Jenis Barang atau Kategori Barang. Jika user memilih Jenis Barang, maka akan muncul seperti gambar di bawah ini: Gambar L16 Pengaturan data barang berdasarkan jenis barang

10 L10 Setelah memilih Jenis Barang, maka dapat dilakukan penambahan jenis barang, pengubahan jenis barang, atau hapus jenis barang. - Jika dipilih penambahan jenis barang, maka field yang perlu diisi adalah kode jenis barang, nama jenis barang, dan kategori jenis barang. Kategori jenis barang berasal dari nama kategori barang yang sudah ada sebelumnya. Berikut adalah gambarnya: Gambar L17 Penambahan jenis barang pada form barang - Jika dipilih pegubahan jenis barang, maka baris yang ditunjuk pada grid akan masuk ke dalam field ubah data jenis barang. Field yang perlu diisi adalah nama lama jenis barang, nama baru jenis barang, dan kategori jenis barang. Kategori jenis barang berasal dari nama kategori barang yang sudah ada sebelumnya. Jika telah selesai mengubah data jenis barang, maka tombol SIMPAN PERUBAHAN ditekan untuk menyimpan perubahan yang

11 L11 terjadi. Apabila batal melakukan perubahan, maka tombol BATAL ditekan. Berikut adalah gambarnya: Gambar L18 Mengubah data jenis barang - Jika ingin menghapus data jenis barang, maka baris pada jenis barang yang ingin dihapus dipilih atau melalui combo box Hapus Jenis Barang. Berikut gambarnya:

12 L12 Gambar L19 Hapus jenis barang pada form barang Setelah memilih baris atau jenis barang yang ingin dihapus, maka tombol HAPUS DATA ditekan lalu akan muncul message box berikut: Gambar L20 Message box hapus jenis barang Jika tombol Yes dipilih, maka baris yang ditunjuk akan dihapus. Jika tombol No dipilih, maka tidak ada baris yang dihapus. Cari Data Barang Pencarian data barang dapat berdasarkan kode barang, nama barang, nama jenis barang, dan nama kategori barang, seperti gambar di bawah ini:

13 L13 Gambar L21 Pencarian barang pada form barang Setelah memilih pencarian barang berdasarkan apa, maka user dapat memasukkan kata kunci atau tidak sama sekali. Setelah itu, tombol CARI ditekan dan pada grid akan menampilkan data yang ingin dicari oleh user. Jika pada stok atau warna pada baris yang ditunjuk berwarna merah, maka hal itu menunjukkan bahwa stok barang tersebut berada pada batas minimum atau tidak ada sama sekali. Berikut adalah contoh gambarnya:

14 L14 Gambar L22 Barang berada dalam stok minimum pada form barang b. Karyawan Berikut adalah tampilan pada form Karyawan: Gambar L23 Tampilan form karyawan

15 L15 Form ini digunakan untuk mengatur data karyawan, apakah itu mengubah data karyawan, menghapus, ataupun menambah data karyawan baru. Selain itu di form ini, user juga dapat melakukan pencarian. Jika pada Data Karyawan tidak dipilih check box Tambah Data Karyawan, maka pada form ini yang dapat dilakukan hanya menghapus data dan mengubah data pada baris yang ditunjuk pada grid. - Jika user ingin mengubah data, user diharuskan untuk memilih dulu baris yang ingin diubah, kemudian menekan tombol UBAH DATA. Data lama dari karyawan yang ingin diubah akan disalin ke field-field yang ada di Data Karyawan. Kemudian setelah user selesai mengubah data tersebut, user menekan tombol SIMPAN PERUBAHAN untuk menyimpan perubahan tersebut ke dalam basis data. Jika batal melakukan perubahan data, tombol BATAL ditekan. Berikut adalah tampilannya:

16 L16 Gambar L24 Ubah data karyawan pada form karyawan - Apabila user ingin memasukkan data karyawan yang baru, maka user perlu menekan centang yang terdapat pada ujung kiri atas, setelah itu, secara otomatis kode dari karyawan akan dibuat. Tombol yang dapat ditekan hanyalah MASUKKAN DATA untuk memasukkan data yang telah diinput dan BATAL untuk mengosongkan kembali field-field yang telah diisi.

17 L17 Gambar L25 Penambahan data karyawan - Pada form ini dapat dilakukan pencarian data karyawan berdasarkan kode karyawan, nama karyawan, dan nama bagian. Berikut adalah tampilan dari pencarian data karyawan:

18 L18 L26 Pencarian data karyawan pada form karyawan - Tombol hapus hanya akan terlihat apabila user yang login merupakan admin. - Jika user ingin menghapus data karyawan, maka tombol HAPUS DATA dipilih dan akan muncul message box berikut: L27 Message box hapus data karyawan Jika tombol Yes dipilih, maka baris yang ditunjuk akan dihapus. Jika tombol No dipilih, maka tidak ada baris yang dihapus. c. Pelanggan Berikut ini adalah tampilan dari form pelanggan:

19 L19 Gambar L28 Tampilan form pelanggan Form pelanggan digunakan untuk mengatur data mengenai pelanggan. Pada form ini dapat dilakukan penambahan data pelanggan baru, pengubahan data pelanggan, dan penghapusan data pelanggan. - Apabila user ingin mengubah data pelanggan, termasuk menambahkan nomor telepon dan contact person yang berhubungan dengan pelanggan tersebut, maka user perlu memilih pelanggan yang ingin diubah tersebut, kemudian menekan tombol UBAH DATA. Setelah itu data pelanggan akan disalin ke dalam field-field yang berada di Data Pelanggan. Pada field tersebut user dapat mengubah data, ataupun menambahkan nomor telepon serta contact person. Setelah data diganti, maka user perlu untuk menekan tombol SIMPAN PERUBAHAN untuk menyimpan perubahan yang telah dilakukan. Jika batal melakukan perubahan, maka tombol BATAL ditekan.

20 L20 Gambar L29 Ubah data pelanggan pada form pelanggan - Apabila user ingin menambah data pelanggan baru, maka user perlu untuk memberi tanda centang pada check box yang terdapat pada sebelah kiri atas. Kemudian kode secara otomatis akan dibuat, lalu tombol yang dapat ditekan adalah MASUKKAN DATA untuk memasukkan data yang sudah diinput pada field ke dalam basis data dan tombol BATAL untuk mengosongkan kembali semua field dan membatalkan pemasukkan data pelanggan baru.

21 L21 Gambar L30 Penambahan data pelanggan pada form pelanggan - Pada form ini dapat dilakukan pencarian data pelanggan berdasarkan kode pelanggan, nama toko, nama daerah operasi, dan nama sales yang bertugas. Berikut adalah tampilan dari pencarian data pelanggan: L31 Pencarian data pelanggan pada form pelanggan - Tombol hapus hanya akan terlihat apabila user yang login merupakan admin.

22 - Jika user ingin menghapus data pelanggan, maka tombol HAPUS DATA ditekan dan akan muncul message box berikut: L22 L32 Hapus data pelanggan Jika tombol Yes dipilih, maka baris yang ditunjuk akan dihapus. Jika tombol No dipilih, maka tidak ada baris yang dihapus. d. Pembelian Berikut adalah tampilan awal dari form view order pembelian: Gambar L33 Form view order pembelian

23 L23 Form ini digunakan untuk melihat order pembelian yang telah terjadi. Pada awal pembukaan form ini, semua data pembelian ditampilkan. User dapat mencari order pembelian dengan lebih spesifik dengan menggunakan fitur pencarian. - Untuk melakukan pencarian dengan tanggal, user dapat memberi centang pada Pencarian dengan tanggal kemudian mengisi kriteria lainnya, lalu menekan tombol CAR. Maka pada header pembelian, akan muncul data yang memenuhi kriteria user. Kriteria yang disediakan adalah pencarian berdasarkan kode order pembelian, jenis pembayaran, nama pembuat, serta nominal total pembelian. Selain itu juga disediakan beberapa penyaring seperti status kelengkapan penerimaan serta jenis pembelian (Purchase Order atau Customer Order). Gambar L34 Form view order pembelian menampilkan detail

24 L24 - Untuk melihat detail dari order pembelian, user dapat melakukan klik dua kali pada baris yang ingin dilihat detailnya, atau dengan memilih baris yang ingin dilihat, kemudian menekan tombol LIHAT DETAIL. - User juga dapat mencetak order pembelian dengan cara memilih header yang ingin dicetak, kemudian menekan tombol BUAT ORDER. - Tombol hapus hanya akan terlihat apabila user yang login merupakan admin. e. Penjualan Berikut adalah tampilan awal dari form view order penjualan: Gambar L35 Form view order penjualan Form ini digunakan untuk melihat data penjualan yang pernah terjadi, mengmasukkan pembayaran dari pelanggan, mencetak faktur penjualan, serta untuk membuat faktur revisi.

25 L25 - User dapat membatasi data yang ditampilkan dengan melakukan pencarian data berdasarkan beberapa kriteria. Kriteria yang disediakan adalah pencarian berdasarkan kode order penjualan, nama toko, kode pelanggan, besarnya penjualan, serta jenis pembayaran. Selain itu juga ada penyaring berupa status kelunasan. - User juga dapat mencari transaksi yang terjadi pada jangka waktu tertentu dengan memberi tanda centang pada Pencarian dengan tanggal kemudian memasukkan batas awal tanggal dan batas akhir tanggal. - Selain itu user juga dapat melihat faktur penjualan yang jatuh tempo pada tanggal tertentu, caranya user harus memeberikan tanda centang pada Pencarian dengan tanggal jatuh tempo dan mengisi tanggal jatuh tempo yang ingin dicari. Untuk faktur penjualan yang sudah mencapai atau melewati tanggal jatuh tempo, akan diberi warna merah pada tanggal, dan apabila baris tersebut dipilih, maka warna dari pemilihan akan berubah menjadi merah. - User dapat memasukkan data pembayaran pelanggan dengan cara memilih transaksi yang dibayar tersebut, kemudian menekan tombol bayar. Maka kode pembayaran akan dibuat secara otomatis dan kode order penjualan akan diisi dengan kode dari transaksi yang bersangkutan serta nominal pembayaran akan otomatis terisi dengan sisa pembayaran yang ada.

transaksi yang ingin dilihat detailnya.

transaksi yang ingin dilihat detailnya. L26 Gambar L36 Form view order penjualan pembayaran - User dapat melihat detail dari transaksi dengan cara memilih transaksi yang ingin dilihat detailnya, kemudian menekan tombol LIHAT DETAIL, atau bisa

Lebih terperinci

Tampilan Form Login. Form Login harus diisi oleh user apabila user ingin mengakses aplikasi sistem

Tampilan Form Login. Form Login harus diisi oleh user apabila user ingin mengakses aplikasi sistem L1 Tampilan Form Login Form Login merupakan tampilan utama aplikasi sistem informasi pembelian kredit pada PT. Multi Dimensi Persada. Form Login harus diisi oleh user apabila user ingin mengakses aplikasi

Lebih terperinci

Prosedur penggunaan aplikasi

Prosedur penggunaan aplikasi Prosedur penggunaan aplikasi Tampilan awal halaman pada website PT. Cita Kartika Garmindo diawali dengan menu home. Pada tampilan ini, ditampilkan beberapa menu navigasi yang memandu pengguna dalam membeli

Lebih terperinci

Sistem Informasi Pengadaan ATK ( Alat Tulis Kantor )

Sistem Informasi Pengadaan ATK ( Alat Tulis Kantor ) Sistem Informasi Pengadaan ATK ( Alat Tulis Kantor ) No Kode Program : VBNET03 www.101peluangbisnis.com Bahasa Pemograman VB. NET + Database SQL Server Terima kasih telah memilih aplikasi pengolahan data

Lebih terperinci

Gambar 4.27 User Interface Login

Gambar 4.27 User Interface Login Cara Menjalankan Alat 4.10 User Interface 4.10.1 User Interface Untuk Login (User) Gambar 4.27 User Interface Login User interface yang muncul pertama kali, ketika sistem dijalankan adalah window login,

Lebih terperinci

PROGRAM APOTEK. Masukan User name dan password untuk bisa masuk ke Menu Utama Program (default) Username : admin Password : admin

PROGRAM APOTEK. Masukan User name dan password untuk bisa masuk ke Menu Utama Program (default) Username : admin Password : admin 1 PROGRAM APOTEK 1. Form Login Masukan User name dan password untuk bisa masuk ke Menu Utama Program (default) Username : admin Password : admin 2. Menu Utama Program Setelah berhasil Login maka akan masuk

Lebih terperinci

akan muncul pesan seperti contoh berikut. diterima Berikut adalah tampilan awal dari form Retur Pembelian:

akan muncul pesan seperti contoh berikut. diterima Berikut adalah tampilan awal dari form Retur Pembelian: L61 apakah penerimaan barang untuk kode order pembelian yang baru saja diterima barangnya sudah lengkap diterima atau belum, apabila sudah lengkap, maka status order pembelian di dalam basis data akan

Lebih terperinci

Gambar Menu utama. Pertama kali program dijalankan akan tampil form penentuan. harga servis yang merupakan halaman utama dari program.

Gambar Menu utama. Pertama kali program dijalankan akan tampil form penentuan. harga servis yang merupakan halaman utama dari program. MANUAL PROGRAM 1 Petunjuk pengoperasian program 1. Menu utama Gambar Menu utama Pertama kali program dijalankan akan tampil form penentuan harga servis yang merupakan halaman utama dari program. Menu yang

Lebih terperinci

Halaman Login Halaman Staff

Halaman Login Halaman Staff 1. Pada saat aplikasi dijalankan, maka pertama kali akan muncul halaman login, dimana user harus memasukkan kode staff dan password untuk dapat masuk ke halaman utama. Halaman Login 2. Halaman Login merupakan

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. minimal pengguna harus mempersiapkan spesifikasi sebagai berikut:

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. minimal pengguna harus mempersiapkan spesifikasi sebagai berikut: BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Instalasi Program Pada tahap ini dijelaskan mengenai implementasi dari perangkat keras dan lunak yang harus dipersiapkan oleh pengguna. Untuk perangkat keras, minimal

Lebih terperinci

PROSEDUR MENJALANKAN PROGRAM

PROSEDUR MENJALANKAN PROGRAM 4.2.1. User Interface PROSEDUR MENJALANKAN PROGRAM Gambar 4.44 User Interface Form Login Form login merupakan halaman pertama saat user masuk kedalam sistem, hak akses dibatasi sesuai dengan fungsi dari

Lebih terperinci

Buku Panduan Penggunaan. Program Aplikasi Ritel. Ver. 1.0

Buku Panduan Penggunaan. Program Aplikasi Ritel. Ver. 1.0 Buku Panduan Penggunaan MintPos +SMS Gateway Program Aplikasi Ritel Ver. 1.0 Jln. Kedurus 4 Delima 25 08175250082 http://www.itpartners.web.id nuansa.persada@itpartners.web.id Page 1 of 32 Penjelasan Singkat

Lebih terperinci

Aplikasi Document Imaging untuk PT. XYZ dapat diakses melalui web browser

Aplikasi Document Imaging untuk PT. XYZ dapat diakses melalui web browser 4.3.4 Petunjuk Pemakaian Sistem Aplikasi Document Imaging untuk PT. XYZ dapat diakses melalui web browser yang terhubung dengan internet. Berikut ini adalah detail prosedur pemakaian dari aplikasi tersebut.

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. tampilan layar sistem ERP CV.Gracia Jaya beserta prosedur penggunaannya

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. tampilan layar sistem ERP CV.Gracia Jaya beserta prosedur penggunaannya BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi 4.1.1 Prosedur Umum Pengunaan Sistem Sistem ERP yang di rancang pada CV.Gracia Jaya terdiri dari beberapa modul besar seperti Master, Inventory, Keuangan

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Kebutuhan Sistem Tahap implementasi program merupakan suatu tahap penerapan dari analisis dan desain sistem yang telah dibuat. Adapun kebutuhan sistem ini terdiri dari

Lebih terperinci

Berikut ini adalah petunjuk pemakaian aplikasi sistem basis data. Petunjuk berikut ini disertai dengan tampilan layar. Keterangan selengkapnya

Berikut ini adalah petunjuk pemakaian aplikasi sistem basis data. Petunjuk berikut ini disertai dengan tampilan layar. Keterangan selengkapnya Petunjuk Pemakaian Sistem Berikut ini adalah petunjuk pemakaian aplikasi sistem basis data. Petunjuk berikut ini disertai dengan tampilan layar. Keterangan selengkapnya dapat dilihat bersamaan dengan tampilan

Lebih terperinci

Tampilan Window Login

Tampilan Window Login 1. Form Login Tampilan Window Login Ketika sistem pertama kali dijalankan, form Login merupakan user interface pertama yang muncul. Pada user interface ini, user harus mengisi username dan password setelah

Lebih terperinci

Gambar 4.72 Layar Login User

Gambar 4.72 Layar Login User 244 4.3.4 Kebutuhan Personil (Brainware) Kebutuhan personil yang diperlukan dalam implementasi aplikasi sistem basis data pada Fa. Trico Paint Factory adalah sebagai berikut : 1. Technical support, yaitu

Lebih terperinci

1. Form Login. 2. Form Utama User

1. Form Login. 2. Form Utama User 1. Form Login Gambar 1. Form Login Form Login terdiri dari kode karyawan, password dan bagian. Karyawan harus memasukkan kode karyawan dan password untuk mengakses ke menu utama. Setiap karyawan memilik

Lebih terperinci

2 Edit data. 3 Hapus data. 4 Cari data (Search)

2 Edit data. 3 Hapus data. 4 Cari data (Search) 2.1.1 User Interface 2.1.1.1 Standarisasi Tombol dan Konfirmasi Tombol yang digunakan dalam aplikasi dibuat berbentuk gambar sebagai simbol action yang akan dilakukan. Keterangan tombol yang sudah dibuat

Lebih terperinci

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM BASIS DATA PEMBELIAN, PERSEDIAAN, DAN PENJUALAN PADA PD SRIWIJAYA BEKASI SKRIPSI. Oleh

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM BASIS DATA PEMBELIAN, PERSEDIAAN, DAN PENJUALAN PADA PD SRIWIJAYA BEKASI SKRIPSI. Oleh ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM BASIS DATA PEMBELIAN, PERSEDIAAN, DAN PENJUALAN PADA PD SRIWIJAYA BEKASI SKRIPSI Oleh Angela Noviana Welirangan 1000842252 Michael Christanto Djaja 1000879122 Edwardo 1000879135

Lebih terperinci

User Manual Aplikasi Surat Rekomendasi Ditjen SDPPI Kominfo

User Manual Aplikasi Surat Rekomendasi Ditjen SDPPI Kominfo User Manual Aplikasi Surat Rekomendasi Ditjen SDPPI Kominfo DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 1 1. LOGIN... 2 1.1 REGISTER... 2 1.2 MERUBAH DATA PROFILE USER... 3 1.3 LOGIN... 5 2. PERMOHONAN... 7 2.1 PENGAJUAN

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Berikut ini dijelaskan tentang tampilan hasil dari Analisis Sistem Informasi Akuntansi Manajemen Inventaris Pada Kantor Kementerian Hukum dan HAM Sumut dengan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Pada bab ini akan dijelaskan tampilan hasil dari aplikasi yang telah dibuat, yang digunakan untuk memperjelas tentang tampilan-tampilan yang ada pada aplikasi

Lebih terperinci

A. ADMINISTRATOR. Form Login Admin

A. ADMINISTRATOR. Form Login Admin A. ADMINISTRATOR Form Login Admin 1. Kita melakukan login sebagai user tergantung hak akses yang dimiliki masing-masing user (admin, bagian keuangan, dan manajer) dengan menginputkan username & password.

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Sistem 4.1.1 Desain Program 1. Form Login Halaman pertama yang akan di tampilkan pada aplikasi ini adalah form login. Form login diperlukan untuk bisa

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. mempersiapkan kebutuhan system (baik hardware maupun software), persiapan

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. mempersiapkan kebutuhan system (baik hardware maupun software), persiapan BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Di dalam tahap implementasi ini terdapat 3 sub tahap, yaitu mempersiapkan kebutuhan system (baik hardware maupun software), persiapan instalasi aplikasi,

Lebih terperinci

BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN Form Menu Utama Gambar 5.1 Form Menu Utama Form menu utama ini merupakan form utama untuk memanggil seluruh form lainnya. Melalui form ini, aplikasi perpustakaan ini dijalankan.

Lebih terperinci

Halaman ini merupakan halaman awal saat pengguna membuka web. Pada halaman

Halaman ini merupakan halaman awal saat pengguna membuka web. Pada halaman 1. Halaman Front-End Halaman ini merupakan halaman awal saat pengguna membuka web. Pada halaman ini terdapat beberapa gambar yang disajikan didalam frame, yang pada masing masing gambar tersebut terdapat

Lebih terperinci

PROSEDUR MENJALANKAN APLIKASI

PROSEDUR MENJALANKAN APLIKASI PROSEDUR MENJALANKAN APLIKASI 1. Bukalah aplikasi tersebut Maka akan muncul tampilan seperti di atas. Di sini hanya ada menu file. 2. Klik file untuk melakukan login ke dalam aplikasi Di dalam menu file

Lebih terperinci

Gambar 4.45 Tampilan Halaman Lihat Barang BOD

Gambar 4.45 Tampilan Halaman Lihat Barang BOD 369 Gambar 4.45 Tampilan Halaman Lihat Barang BOD Halaman Lihat barang menampilkan kode barang, nama barang, harga, dan kode jenis barang. Untuk melihat detail-nya dapat memilih icon folder. Terdapat pula

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM. yang harus dipenuhi untuk menguji coba user interface serta

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM. yang harus dipenuhi untuk menguji coba user interface serta BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM 4.1 Kebutuhan Sistem Tahap kebutuhan sistem merupakan tahap menjelaskan kebutuhankebutuhan yang harus dipenuhi untuk menguji coba user interface serta menjalankan

Lebih terperinci

1. Membuka file aplikasi lalu melakukan login

1. Membuka file aplikasi lalu melakukan login Prosedur menjalankan alat/program: 1. Membuka file aplikasi lalu melakukan login Untuk menjalankan aplikasi maka user harus melakukan login terlebih dahulu, jika username dan password cocok, maka aplikasi

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN ANALISIS

BAB IV HASIL DAN ANALISIS BAB IV HASIL DAN ANALISIS Penelitian pada Toko Besi BangunanKu menggunakan metode Rapid Application Development (RAD), dimana dalam merancang sistem informasi akuntansi dengan menggunakan prototype yang

Lebih terperinci

SOFTWARE RITEL GROSIR DAN SERVICE (RG1CS)

SOFTWARE RITEL GROSIR DAN SERVICE (RG1CS) PANDUAN SOFTWARE RITEL GROSIR DAN SERVICE (RG1CS) Software ritel grosir dan service rg1cs adalah suatu program aplikasi komputer yang di program untuk keperluan manajemen data base toko yang menjual barang

Lebih terperinci

Tampilan layar menu login

Tampilan layar menu login L1 Tampilan layar menu login Merupakan form awal dari aplikasi. Pada Form Login terdapat field untuk mengisi nama user dengan password nya. Tombol ok digunakan untuk mengkomfirmasi username dan password.

Lebih terperinci

PROSEDUR MENJALANKAN PROGRAM

PROSEDUR MENJALANKAN PROGRAM 1.Admin PROSEDUR MENJALANKAN PROGRAM Gambar 1.1 Halaman Login Admin Gambar 1.2 Halaman Login Admin Tidak Berhasil 1 Gambar 1.3 Halaman Login Admin Berhasil Keterangan Gambar 1.1, 1.2, 1.3 : Sebelum mengakses

Lebih terperinci

PROSEDUR MENJALANKAN ALAT APLIKASI PEMBELIAN, UTANG DAGANG DAN PERSEDIAAN PT. TRIPOLA INTERINDO

PROSEDUR MENJALANKAN ALAT APLIKASI PEMBELIAN, UTANG DAGANG DAN PERSEDIAAN PT. TRIPOLA INTERINDO PROSEDUR MENJALANKAN ALAT APLIKASI PEMBELIAN, UTANG DAGANG DAN PERSEDIAAN PT. TRIPOLA INTERINDO Gambar 1 Form Utama Form ini merupakan tampilan awal pada saat user membuka aplikasi. Di dalam form utama

Lebih terperinci

Gambar 4.57 Layar Ubah Pemasok. Data pemasok dapat diubah di sini. Data-data akan disimpan ke

Gambar 4.57 Layar Ubah Pemasok. Data pemasok dapat diubah di sini. Data-data akan disimpan ke 184 Gambar 4.57 Layar Ubah Pemasok Data pemasok dapat diubah di sini. Data-data akan disimpan ke tabel pemasok jika kolom nama, alamat dan telepon pemasok telah diisi. 185 Gambar 4.58 Layar Transaksi Pembelian

Lebih terperinci

Pada layar Order, pelanggan dapat mengakses informasi mengenai Tracking

Pada layar Order, pelanggan dapat mengakses informasi mengenai Tracking L-49 Tampilan Layar Order Pada layar Order, pelanggan dapat mengakses informasi mengenai Tracking Order, Following Order dan juga History Order. Gambar L.20 Tampilan Layar Order Tampilan Layar Tracking

Lebih terperinci

Pengaturan Untuk menuju ke menu pengaturan e-accounting pilih dan klik pengaturan pada sebelah kiri seperti dibawah ini

Pengaturan Untuk menuju ke menu pengaturan e-accounting pilih dan klik pengaturan pada sebelah kiri seperti dibawah ini Pengaturan Untuk menuju ke menu pengaturan e-accounting pilih dan klik pengaturan pada sebelah kiri seperti dibawah ini Setelah itu akan muncul sub menu dari pengaturan, sub menu tersebut seperti dibawah

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. sistem aplikasi basis data pada CV. Lumbung Rejeki yaitu : Monitor : SVGA 17. : Optical Mouse.

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. sistem aplikasi basis data pada CV. Lumbung Rejeki yaitu : Monitor : SVGA 17. : Optical Mouse. BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi 4.1.1 Spesifikasi Perangkat Keras Spesifikasi perangkat keras yang direkomendasikan untuk menerapkan sistem aplikasi basis data pada CV. Lumbung Rejeki

Lebih terperinci

- Pengoperasian program mudah untuk dijalankan. - Tampilan program aplikasi cukup baik Konversi Data, Backup dan Recovery Data

- Pengoperasian program mudah untuk dijalankan. - Tampilan program aplikasi cukup baik Konversi Data, Backup dan Recovery Data 344 4.3.4 Evaluasi Sistem Berikut adalah hasil evaluasi kepada para pengguna terhadap sistem yang telah kami buat, yaitu: - Aplikasi yang ada membuat pekerjaan mereka yang lebih mudah - Pengoperasian program

Lebih terperinci

Aplikasi ini dimulai dengan menklik ikon aplikasi ini. Setelah di klik, maka aplikasi ini akan masuk ke form login

Aplikasi ini dimulai dengan menklik ikon aplikasi ini. Setelah di klik, maka aplikasi ini akan masuk ke form login L 1 Prosedur Penggunaan Aplikasi Aplikasi ini dimulai dengan menklik ikon aplikasi ini. Setelah di klik, maka aplikasi ini akan masuk ke form login Form Login Pada form login, semua user harus memasukkan

Lebih terperinci

TUTORIAL PROGRAM HOTEL

TUTORIAL PROGRAM HOTEL TUTORIAL PROGRAM HOTEL WWW.LAMPUNGWEBSITE.COM TUTORIAL PROGRAM HOTEL 1. MENGISI JENIS KAMAR Silakan Klik Pada Menu Jenis Kamar Maka Akan Tampil Seperti Gambar Di Bawah Ini, Silakan Isi Kode Kamar Lalu

Lebih terperinci

PASTIKAN ANDA MENGINSTAL SESUAI URUTAN DIATAS, SALAH URUTAN BERESIKO JAVA TIDAK TERDETEKSI.

PASTIKAN ANDA MENGINSTAL SESUAI URUTAN DIATAS, SALAH URUTAN BERESIKO JAVA TIDAK TERDETEKSI. Prosedur menjalankan alat 1. Download dan install beberapa software berikut Link download JDK : https://jdk7.java.net/archive/7u10-b10.html Pilih yang windows, 64 bit yang filenya berukuran 90mb. link

Lebih terperinci

Prosedur menjalankan program

Prosedur menjalankan program Prosedur menjalankan program Saat pertama kali user membuka sistem, user harus melakukan login terlebih dahulu. Dengan memasukan username dan password, pada saat username dan password sudah benar maka

Lebih terperinci

Upah. Program. Daftar Opname SPK Upah. Opname (Kelompok Pekerjaan. Upah diantaranya : : Kode Proyek. dan Nama Kode Upah, Daftar.

Upah. Program. Daftar Opname SPK Upah. Opname (Kelompok Pekerjaan. Upah diantaranya : : Kode Proyek. dan Nama Kode Upah, Daftar. Daftar Opname SPK Upah Program Daftar Opname SPK Upah merupakan menu untuk memanggil kembali atau menampilkan kembali kumpulan data Opname SPK Upah. Dalam menu Daftar Opname SPK Upah terdapat fungsi untuk

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SI PINJAMAN ALAT LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

PETUNJUK PENGGUNAAN SI PINJAMAN ALAT LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA PETUNJUK PENGGUNAAN SI PINJAMAN ALAT LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 1. Buka Browser anda, kemudian ketikkan alamat silab.uny.ac.id lalu tekan Enter. SI Pinjaman Alat Laboratorium akan terbuka

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Hasil Berikut ini dujelaskan tampilan antar muka dari Sistem Informasi Account Receivables Pada PT. Cipta Mebelindo Lestari Berbasis Web: 1. Halaman Home Halaman Home adalah

Lebih terperinci

Alat. Proyek. Program. otomatis. karna telah. Daftar Opname SPK Alat. Daftar Opname SPK. dan Nama. Kelompok. Petunjuk

Alat. Proyek. Program. otomatis. karna telah. Daftar Opname SPK Alat. Daftar Opname SPK. dan Nama. Kelompok. Petunjuk Daftar Opname SPK Alat Program Daftar Opname SPK Alat merupakan menu untuk memanggil kembali atau menampilkan kembali kumpulan data Opname SPK Alat. Dalam menu Daftar Opname SPK Alat terdapat fungsi untuk

Lebih terperinci

3. Setting Data Master

3. Setting Data Master 3. Setting Data Master Data master satuan Untuk memasukkan data satuan, pilih menu Master -> Master Satuan. Pilih tambah untuk menambah data satuan yang akan digunakan untuk satuan produk. Data master

Lebih terperinci

Gambar 4.40 Layar Pelanggan

Gambar 4.40 Layar Pelanggan 162 penghapusan dapat ditekan tombol tidak, maka akan kembali ke layar pegawai. 1. Layar Pelanggan Kemudian jika user meng-klik menu pelanggan maka akan ditampilkan layar pelanggan dan muncul submenu input

Lebih terperinci

Gambar 4.159 Tampilan Menu Penyesuaian Stok Barang

Gambar 4.159 Tampilan Menu Penyesuaian Stok Barang 367 Form ini dapat menampilkan jumlah transaksi pembelian. Pengguna cukup memilih periode tahun dan kemudian tekan tombol Proses. Form Penyesuian Stok Barang Gambar 4.159 Tampilan Menu Penyesuaian Stok

Lebih terperinci

Nama : Totok Suprawoto NIM : Program : Sistem Informasi

Nama : Totok Suprawoto NIM : Program : Sistem Informasi *SISTEM INFORMASI PEMASARAN ALAT-ALAT MEDIS TERPADU Nama : Totok Suprawoto NIM : 04202055 Program : Sistem Informasi Seperti telah dijelaskan sebelumnya, bahwa sistem yang dibahas dalam skripsi ini adalah

Lebih terperinci

A. ADMIN. Form Login Admin

A. ADMIN. Form Login Admin A. ADMIN Form Login Admin 1. Kita melakukan login sebagai user tergantung hak akses yang dimiliki masingmasing user (admin, walikelas, guru, dan siswa) dengan menginputkan username & password. Misal :

Lebih terperinci

Gambar 6.1 Tampilan Utama Website

Gambar 6.1 Tampilan Utama Website BAB IV HASIL DAN ANALISIS 4.1 Hasil Karya Dari berbagai tahap-tahap yang telah dilakukan sebelumnya maka dapat dihasilkan sebuah Website Altagrave Sebagai Media Penjualan Buku Menggunakan Php yang berfungsi

Lebih terperinci

Gambar 4.75 Form Menu Utama (b)

Gambar 4.75 Form Menu Utama (b) 214 Gambar 4.75 Form Menu Utama (b) Kemudian user mencari dapat berdasarkan 2 kategori yaitu berdasarkan nama dan kode dari staf tersebut seperti pada Gambar 4.62 Form Menu Utama (b). 215 Gambar 4.76 Form

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Dalam merancang dan membangun sistem penjualan online ini ada

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Dalam merancang dan membangun sistem penjualan online ini ada BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1. Implementasi Sistem Dalam merancang dan membangun sistem penjualan online ini ada beberapa spesifikasi perangkat lunak dan perangkat keras yang dibutuhkan. Perangkat

Lebih terperinci

Menambah Barang Baru dengan Bulk Import

Menambah Barang Baru dengan Bulk Import Panduan Konektifa Panduan Umum REGISTRASI LOGIN DASHBOARD INVENTORI Menambah Barang Baru Menambah Varian Barang Menambah Barang Baru dengan Bulk Import Menambah Stok Barang Mengurangi Stok Barang PENJUALAN

Lebih terperinci

Prosedur menjalankan program Analisis Dan Perancangan. Sistem Basis Data Pembelian, Penjualan Dan Persediaan Pada. Restoran Celio Bistro

Prosedur menjalankan program Analisis Dan Perancangan. Sistem Basis Data Pembelian, Penjualan Dan Persediaan Pada. Restoran Celio Bistro Prosedur menjalankan program Analisis Dan Perancangan Sistem Basis Data Pembelian, Penjualan Dan Persediaan Pada Restoran Celio Bistro Petunjuk penggunaan aplikasi 1. Sebelum memasuki halaman utama aplikasi,

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI..Net 2005 dan menggunalan SQL Server 2005 sebagai database.

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI..Net 2005 dan menggunalan SQL Server 2005 sebagai database. BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Impementasi Sistem Tahap implementasi program merupakan suatu tahap penerapan dari analisa dan perancangan sistem yang telah dibuat sebelumnya. Aplikasi uang dibangun,

Lebih terperinci

MANUAL BOOK APLIKASI COMPLETE MEDICAL SOFTWARE MANAGEMENT (CMSM)

MANUAL BOOK APLIKASI COMPLETE MEDICAL SOFTWARE MANAGEMENT (CMSM) MANUAL BOOK APLIKASI COMPLETE MEDICAL SOFTWARE MANAGEMENT (CMSM) MODUL GUDANG 2014 www.sistemrumahsakit.com DAFTAR ISI A. MENU PENERIMAAN... 3 B. MENU MASTER ITEM / BARANG... 5 1. Sub-menu Master Item/Barang...

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Berikut ini dijelaskan tentang tampilan hasil dari Sistem Informasi Mutasi Karyawan Pada PT. Panca Kurnia Niaga Nusantara Medan dapat dilihat sebagai berikut

Lebih terperinci

Design The User-Interface 1. Rancangan Form Login

Design The User-Interface 1. Rancangan Form Login Prosedur Menjalankan Alat 1. Download Visual Basic 2008 Express Edition 2. Download MySQL Setelah kedua software tersebut di download tahap berikutnya adalah mengistall keduanya. Kemudian buka Sistem Informasi

Lebih terperinci

20. Halaman Detail Produk Setelah Login

20. Halaman Detail Produk Setelah Login 178 20. Halaman Detail Produk Setelah Login Gambar 4.20 Layar Customer-Detail Produk Setelah Login Halaman detail produk menampilkan informasi lengkap tentang produk beserta spesifikasinya dan harga. Terdapat

Lebih terperinci

akan dipindahkan sesuai dengan apa yang dipilih, seperti yang terlihat pada Gambar

akan dipindahkan sesuai dengan apa yang dipilih, seperti yang terlihat pada Gambar 318 akan dipindahkan sesuai dengan apa yang dipilih, seperti yang terlihat pada Gambar 4.29. Gambar 4.29 Tampilan Layar Pindah Rumah 4.2.21 Tampilan Layar Menghapus Data Rumah Halaman Menghapus Data Rumah

Lebih terperinci

Program. dan Kode. Subkon. Kelompok. Daftar. Opname SPK. Tanggal ACC2. dan tombol. Exit.

Program. dan Kode. Subkon. Kelompok. Daftar. Opname SPK. Tanggal ACC2. dan tombol. Exit. Daftar Opname SPK Subkon Program Daftar Opname SPK Subkon merupakan menu untuk memanggil kembali atau menampilkan kembali kumpulan data Opname SPK Subkon. Dalam menu Daftar Opname SPK Subkon terdapat fungsi

Lebih terperinci

Petunjuk Pemakaian Sistem

Petunjuk Pemakaian Sistem Petunjuk Pemakaian Sistem Berikut ini adalah petunjuk pemakaian sistem dari aplikasi pengiriman barang PT. Buana Resota. Aplikasi ini dimulai dengan membuka browser, kemudian memasukkan alamat website.

Lebih terperinci

Cara Menjalankan Program

Cara Menjalankan Program Cara Menjalankan Program a. Cara Kerja Sistem Implementasi sistem ini menampilkan tentang hasil-hasil program yang nantinya akan dipakai oleh admin dan Kasir dalam menjalankan programnya. b. Menjalankan

Lebih terperinci

MODUL Badak Solutions

MODUL Badak Solutions MODUL UTILITY 1 A. GANTI PERIODE Jika akan mengubah periode berjalan Anda bisa menggunakan menu ini. Cara mengubah periode: 1) Buka modul Utility -> Ganti Periode. 2) Maka akan tampil jendela dibawah ini

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Berikut ini dijelaskan tentang tampilan hasil dari Perancangan Sistem Informasi Medikal Check Up Pada Klinik Thamrin Cabang Riau dapat dilihat sebagai berikut

Lebih terperinci

Operator memiliki hak akses meliputi bahan baku, harga, customer, markup, pemesanan, dan data pemesanan

Operator memiliki hak akses meliputi bahan baku, harga, customer, markup, pemesanan, dan data pemesanan CARA MENGGUNAKAN PROGRAM -LOGIN Masukkan username dan password yang telah diberikan, klik tombol login -MENU UTAMA: OPERATOR Operator memiliki hak akses meliputi bahan baku, harga, customer, markup, pemesanan,

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1 Tampilan Hasil Pada bab ini akan dijelaskan tampilan hasil dari aplikasi yang telah dibuat, yang digunakan untuk memperjelas tentang tampilan dari sistem informasi Penerapan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. Setelah melalui proses perancangan dan pengkodean program, maka

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. Setelah melalui proses perancangan dan pengkodean program, maka 47 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Hasil Setelah melalui proses perancangan dan pengkodean program, maka dihasilkan suatu aplikasi pengolahan data service pada CV. Salsabila Multi Jasa Palembang, adapun

Lebih terperinci

Bab 4 Hasil dan Pembahasan

Bab 4 Hasil dan Pembahasan Bab 4 Hasil dan Pembahasan Pada bab ini akan membahas hasil dari pembangunan sistem berdasarkan rancangan sistem yang telah pada bab tiga. 4.1 Evaluasi Sistem Prototype Evaluasi sistem prototype merupakan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN ANALISIS

BAB IV HASIL DAN ANALISIS 43 BAB IV HASIL DAN ANALISIS IV.A. TAHAP INVESTIGASI AWAL Tahap investigasi awal merupakan tahapan pertama dalam mengetahui jalannya sebuah proses bisnis yang berlangsung di toko kelontong Putra Jaya.

Lebih terperinci

UI Navigation. Gambar 4.47 UI Navigation Menu File

UI Navigation. Gambar 4.47 UI Navigation Menu File UI Navigation Gambar 4.47 UI Navigation Menu File Gambar 4.481 UI Navigation Menu Master Gambar 4.492 UI Navigation Menu Transaksi Gambar 4.50 UI Navigation Menu Laporan Design the User Interface User

Lebih terperinci

Aplikasi Penjualan Batako Ringan Pada Vivaldi Indo Pratama Yogyakarta

Aplikasi Penjualan Batako Ringan Pada Vivaldi Indo Pratama Yogyakarta Manual Cara Penggunaan Program Aplikasi Aplikasi Penjualan Batako Ringan Pada Vivaldi Indo Pratama Yogyakarta 1. Halaman Login Halaman ini digunakan sebagai awal dari jalannya program dimana nantinya user

Lebih terperinci

Setting local IP address dan subnet mask dari VoIP Gateway tersebut. Berikut adalah cara mengkonfigurasi modem ADSL:

Setting local IP address dan subnet mask dari VoIP Gateway tersebut. Berikut adalah cara mengkonfigurasi modem ADSL: 113 Masukkan username dan password Gambar 4.45 Konfigurasi VoIP Gateway 3 Setting service DHCP untuk membagikan IP ke komputer yang terkoneksi ke port LAN VoIP Gateway Setting local IP address dan subnet

Lebih terperinci

Gambar Tampilan Layar Halaman Buat Penyesuaian Stok

Gambar Tampilan Layar Halaman Buat Penyesuaian Stok 362 Untuk mengecek stok barang klik link Stok pada navigasi menu kiri, maka akan tampil halaman yang berisi nama barang dan jumlah stok yang ada. Gambar 4. 174 Tampilan Layar Halaman Stok Barang Untuk

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. dalam pengoperasian sistem basis data yang baru: : HP Deskjet 656c

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. dalam pengoperasian sistem basis data yang baru: : HP Deskjet 656c BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Rencana Implementasi 4.1.1 Spesifikasi Perangkat Keras Berikut adalah spesifikasi perangkat keras minimum yang dibutuhkan dalam pengoperasian sistem basis data yang

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1. Implementasi Sofware dan Hardware Tahap implementasi adalah tahap dimana sistem informasi telah digunakan oleh pengguna. Sebelum benar-benar bisa digunakan dengan

Lebih terperinci

USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENGANGKUT) VERSI 1.0

USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENGANGKUT) VERSI 1.0 USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENGANGKUT) VERSI 1.0 KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN REPUBLIK INDONESIA Copyright @ 2016 Daftar Isi Daftar

Lebih terperinci

KEMENTERIAN KOPERASI DAN USAHA KECIL DAN MENENGAH REPUBLIK INDONESIA

KEMENTERIAN KOPERASI DAN USAHA KECIL DAN MENENGAH REPUBLIK INDONESIA KEMENTERIAN KOPERASI DAN USAHA KECIL DAN MENENGAH REPUBLIK INDONESIA www.depkop.go.id SISTEM ADMINISTRASI LAYANAN BADAN HUKUM KOPERASI (SISMINBHKOP) sisminbhkop.id sisminbhkop.depkop.go.id PANDUAN UNTUK

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1. Implementasi Sistem BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN Tahap implementasi dan pengujian sistem, dilakukan setelah tahap analisa dan perancangan selesai dilakukan. Pada sub bab ini akan dijelaskan implementasi

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SI BORANG AKREDITASI.

PETUNJUK PENGGUNAAN SI BORANG AKREDITASI. PETUNJUK PENGGUNAAN SI BORANG AKREDITASI http://borang.akreditasi.uny.ac.id Universitas Negeri Yogyakarta 2017 SI Borang Akreditasi Sistem Informasi Borang Akreditasi adalah sistem yang berisi isian borang

Lebih terperinci

ada submenu untuk pengaturan user.

ada submenu untuk pengaturan user. 179 4. Layar Menu User Disini tampilan untuk melihat submenu user, jika diklik maka akan ada submenu untuk pengaturan user. Gambar 4.90 Layar Menu User Jika kita klik submenu logout, maka kita akan dikembalikan

Lebih terperinci

USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENERIMA) VERSI 1.0

USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENERIMA) VERSI 1.0 USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENERIMA) VERSI 1.0 KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN REPUBLIK INDONESIA Copyright @ 2016 Daftar Isi Daftar

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN IV.1. Tampilan Hasil Pada bab ini akan di jelaskan mengenai tampilan hasil Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Barang Spare part Diesel Berbasis Web pada PT MM.

Lebih terperinci

PROSEDUR MENJALANKAN WEBSITE

PROSEDUR MENJALANKAN WEBSITE PROSEDUR MENJALANKAN WEBSITE Aplikasi telah diimplementasikan di www.awitashop.com ADMIN Login 1. Admin melakukan login melalui www.awitashop.com/admin 2. Username dan Password default adalah admin dan

Lebih terperinci

MANUAL BOOK APLIKASI COMPLETE MEDICAL SOFTWARE MANAGEMENT (CMSM) MODUL LABORATORIUM

MANUAL BOOK APLIKASI COMPLETE MEDICAL SOFTWARE MANAGEMENT (CMSM) MODUL LABORATORIUM MANUAL BOOK APLIKASI COMPLETE MEDICAL SOFTWARE MANAGEMENT (CMSM) MODUL LABORATORIUM 2014 www.sistemrumahsakit.com DAFTAR ISI A. MENU PEMERIKSAAN... 4 1. Sub-menu Transaksi... 4 2. Sub-menu Setting Transaksi...

Lebih terperinci

Guide untuk Sistem Informasi Manajemen Akademik Mahasiswa Universitas Mercubuana

Guide untuk Sistem Informasi Manajemen Akademik Mahasiswa Universitas Mercubuana 1 Daftar Isi DAFTAR ISI... II 1 MELAKUKAN LOGIN ( LOGIN SEBAGAI MAHASISWA )... 1 1.1 Untuk Melakukan Proses Login...1 1.2 Untuk Melakukan Perubahan Password...2 1.3 Untuk Melihat Detail Mahasiswa...3 1.4

Lebih terperinci

Gambar 1.1 Tampilan Layar Halaman Utama User

Gambar 1.1 Tampilan Layar Halaman Utama User Prosedur Menjalankan Program 1. Halaman Utama User Pada tahap ini, user yang ingin login dapat memilih berbagai menu yang telah disediakan, berbagai macam menunya seperti: Home, Member Area, Category,

Lebih terperinci

Fitur untuk mengelola pengguna dimaksudkan hanya dapat diakses master admin. Karena

Fitur untuk mengelola pengguna dimaksudkan hanya dapat diakses master admin. Karena Prosedur penggunaan aplikasi J1 Mengelola user (hanya untuk Master Admin) Fitur untuk mengelola pengguna dimaksudkan hanya dapat diakses master admin. Karena master admin bertincak sebagai central operation.terdapat

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Kebutuhan Sistem Tahap implementasi dan evaluasi merupakan tahapan implementasi dari pembuatan aplikasi yang telah dibangun serta pengujian terhadap aplikasi yang ada.

Lebih terperinci

Gambar 4.62 Layar Menu Penjualan Transaksi

Gambar 4.62 Layar Menu Penjualan Transaksi 309 Gambar 4.62 Layar Menu Penjualan Transaksi Ketika Menu Penjualan dipilih, maka akan muncul sub menu seperti gambar diatas. Yaitu Order Penjualan dan Faktur Penjualan. 310 Gambar 4.63 Layar Menu Laporan

Lebih terperinci

PANDUAN MENJALANKAN POS PROFESIONAL

PANDUAN MENJALANKAN POS PROFESIONAL PANDUAN MENJALANKAN POS PROFESIONAL Setting Tanggal : Gunakan setting dari negara Indonesia, caranya sebagai berikut : 1. Dari Control Panel, pilih Regional Setting. 2. Pada tab Regional Setting, pilih

Lebih terperinci

Gambar Login form

Gambar Login form PROSEDUR PENGGUNAAN PROGRAM DAN FUNGSI Pada sub bab ini, menjelaskan tentang prosedur dan petunjuk penggunaan aplikasi yang telah dibat. Adapun petunjuk dan prosedur yang dibuat meliputi gambar screenshoot

Lebih terperinci

Gambar Halaman Pop Up Window Payment Detail/Transaction Detail

Gambar Halaman Pop Up Window Payment Detail/Transaction Detail 232 Gambar 4. 38 Halaman Pop Up Window Payment Detail/Transaction Detail Gambar 4. 39 Halaman Modules Halaman Modules adalah bagian yang berkaitan dengan data modul pelajaran. Untuk mengetahui modul pelajaran

Lebih terperinci