Babak Eliminasi Abstrak Invention

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Babak Eliminasi Abstrak Invention"

Transkripsi

1

2 KETENTUAN LOMBA KARYA TULIS INVENTION 2016 DIPONEGORO ECONOMIC FESTIVAL 2016 BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS DIPONEGORO INVENTION 2016 kepanjangan dari Innovation Research Competition merupakan suatu event berupa lomba karya tulis ilmiah yang diadakan sebagai rangkaian acara berskala nasional Diponegoro Economic Festival Perlombaan ini terbuka untuk mahasiswa S1 semua jurusan yang mana satu tim terdiri dari 3-5 orang yang berasal dari universitas yang sama. Lomba ini diadakan dengan tujuan peserta dapat lebih sadar dan mau berkontribusi dengan cara sumbangsih ide demi perkembangan dunia kemaritiman di Indonesia. Perlombaan dibagi dalam empat babak, pertama babak eliminasi karya tulis dan kedua babak presentasi karya tulis, ketiga studi kasus dan Grand Final INVENTION Peserta yang lolos pada babak pertama, akan berhak mengikuti rangkaian kegiatan INVENTION Babak Eliminasi Abstrak Invention Setiap tim terdiri dari 3-5 orang dan 1 karya tulis ilmiah. Abstrak karya tulis diserahkan paling lambat pada tanggal 27 Agustus 2016 dan dikirim melalui dan melakukan konfirmasi kepada cp atau official account line kami. Dengan tema Optimalisasi Kedaulatan Maritim Menuju Perekonomian Indonesia yang Berdaya Saing. Dan dalam babak ini peserta dapat memilih subtema yang diangkat sebagai bahan penulisan, yaitu sebagai berikut : 1. Implementasi Peraturan Nasional dan Internasional dalam Sektor Pelayaran, Perdagangan, Perekonomian Indonesia. 2. Pengentasan Kemiskinan Masyarakat Pesisir. 3. Rehabilitasi Sumber Daya Pesisir Karena Kerusakan Ekosistem. 4. Penegakan Hukum dan Kedaulatan Laut. 5. Pembiayaan ke Sektor Perikanan dan Kelautan.

3 Babak Eliminasi Karya Tulis Bagi tim yang lolos babak eliminasi abstrak maka akan mengikuti babak Eliminasi Karya Tulis, yang memerlukan biaya Rp untuk biaya penjurian. Karya tulis diserahkan paling lambat pada tanggal 24 September 2016 (cap pos) ke Sekretariat BEM Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Gedung Pkm Lt. 1 Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Jalan Prof. Sudartho, SH.,Tembalang, Semarang dalam bentuk hard copy serta soft copy ke Untuk tim yang lolos pada babak eliminasi karya tulis dapat membuat Naskah Karya Tulis sesuai dengan abstrak yang telah dibuat. Diharapkan melakukan konfirmasi ulang kepada pihak panitia apabila telah melakukan pengiriman baik via atau cap pos. Babak Presentasi Invention Dari seluruh tim yang mengikuti babak eliminasi akan dipilih 12 besar, bagi 12 tim tersebut berhak maju untuk menampilkan presentasi dari naskah LKTI di hadapan para juri 1. Seleksi ini dilakukan secara Presentasi tertutup (dihadapan juri) 2. Dress Code: Kemeja/batik, Almamater, celana bahan (laki laki), rok bahan (perempuan), memakai sepatu.

4 Alur Lomba LKTI 1. Babak Studi Kasus Invention 1. Seleksi ini dilakukan dengan pembagian kasus oleh pihak panitia kepada 12 tim 2. Seleksi ini dilakukan secara tertutup di hadapan juri dan dilanjutkan dengan presentasi hasil studi kasus. 2. Babak Grandfinal Invention 1. Pada babak ini diambil 6 besar. Babak Grandfinal Invention adalah penentuan pemenang juara 1, 2, 3, dan juara favorit. 2. Seleksi ini dilakukan secara : a. Representasi terbuka (dihadapan juri dan audiens Grand Final Invention 2016). b. Debat Terbuka (dihadapan juri dan audiens Grand Final Invention 2016) 3. Dress Code: Kemeja/batik, Almamater, celana bahan (laki laki), rok bahan (perempuan), memakai sepatu. 1. KETENTUAN UMUM : Peserta merupakan mahasiswa tingkat Strata 1 yang terdaftar sebagai mahasiswa aktif di perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia. Setiap tim wajib terdiri dari 3-5 orang dari perguruan tinggi yang sama. Setiap PTN/PTS dapat mengirimkan lebih dari satu tim. Setiap tim maksimal mengirimkan satu karya tulis. Tiap peserta membuat karya tulis sesuai dengan tema yang telah ditentukan serta dapat memilih subtema yang ada dengan peraturan yang telah ditetapkan panitia. Karya Tulis yang mengikuti lomba harus bersifat murni, asli, dan tidak pernah mengikuti perlombaan lain sebelumnya. Peserta wajib mengisi formulir pendaftaran dan peserta yang dinyatakan lolos akan menjadi peserta INVENTION 2016 dan mengikuti rangkaian acara DEFEST 2016 yang dilaksanakan di Semarang. Keputusan Juri dan Panitia bersifat mutlak.

5 2. KETENTUAN KHUSUS 2.1 Abstrak A. Setiap Tim dapat membuat abstrak melalui tema dan subtema yang telah ditentukan B. Pendaftaran abstrak tidak dipungut biaya apapun. C. Setiap tim harus mencantumkan nama tim, ketua tim, anggota tim, dan nomor yang bisa dihubungi pada cover. D. Pendaftaran dan pengiriman abstrak dibuka tanggal 27 Juli 27 Agustus 2.2 Naskah LKTI A. Materi karya tulis berhubungan dengan tema Optimalisasi Kedaulatan Maritim Menuju Perekonomian Indonesia yang Berdaya Saing dengan pilihan subtema yang telah ditentukan oleh panitia DEFEST B. Sistematika Pengetikan Sistematika pengetikan hendaknya berisi rancangan yang diatur sebagai berikut: 1. Bagian Awal a. Halaman Judul b. Kata Pengantar c. Lembar Pernyataan Orisinalitas d. Daftar isi, daftar gambar dan daftar tabel e. Abstraksi 2. Bagian Inti a. Latar Belakang b. Landasan Teori c. Metode Penelitian d. Analisis dan Pembahasan e. Kesimpulan dan Saran f. Daftar Pustaka

6 3. Bagian Akhir a. Lampiran b. Riwayat Hidup (Biodata / Curriculum Vitae) yang wajib disertai dengan alamat lengkap, alamat , nomor telepon yang bisa dihubungi dan masing-masing 2 (dua) lembar fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa. 3. Persyaratan Pembuatan 3.1 Abstrak A. Pengetikan B. Pengiriman a. Halaman pertama merupakan cover yang berisi nama tim, ketua tim, anggota tim, dan asal Universitas. b. Halaman kedua merupakan abstrak yang sesuai dengan tema dan subtema yang yang sudah ditentukan. c. Menggunakan bahasa Indonesia baku dengan EYD yang baik. a. Dikirim melalui ke b. Format subjek INVENTION DEFEST _ 2016 _ Judul Abstrak _ Nama Lengkap Ketua _ Asal Universitas _ Nomor yang bisa dihubungi c. Melakukan konfirmasi kepada pihak panitia melalui telepon kepada cp yang tertera atau melalui official line DEFEST 2016

7 3.2 LKTI A. Pengetikan a. Naskah diketik minimal 25 halaman dan maksimal 40 halaman. Jika terdapat jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan, maka halaman tersebut dapat mengurangi penilaian. b. Menggunakan Bahasa Indonesia baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti. c. Karya tulis diketik 1,5 spasi pada kertas berukuran A4 (font 12, Times New Roman Style),kecuali abstraksi diketik dengan 1 spasi. d. Batas pengetikan : Samping kiri 4 cm Samping kanan 3 cm B. Pengiriman Karya Tulis Batas atas 3 cm dan bawah 3 cm 1. Karya Tulis yang dikirimkan merupakan karya tulis orisinil 2. Karya tulis dikirim dalam bentuk hardcopy dan softcopy 3. Hardcopy dikirimkan rangkap empat (1 asli, 3 fotocopi) dengan tulisan di pojok kiri atas INVENTION DEFEST 2016 Nama perguruan Tinggi Nama Ketua Judul karya tulis. 4. Softcopy dikirim melalui 5. Format Subjek INVENTION DEFEST _ 2016 _ Judul Karya Tulis _ Nama Lengkap Ketua _ Asal Universitas _ Nomor yang bisa dihubungi 6. Menyertakan dokumen-dokumen (via ): Fotocopi kartu tanda mahasiswa Foto berwarna terbaru ukuran 4x6 (2 lembar)

8 7. Hardcopy Karya tulis dikirim kepada Sekretariat Badan Eksekutif Manusia Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro melalui pos atau dikirimkan langsung ke pihak panitia dengan alamat: SEKRETARIAT BEM FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS GEDUNG PKM LT. 1 FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS DIPONEGORO JALAN PROF.SUDARTHO, SH., TEMBALANG, SEMARANG 4. Timeline 27 Juli - 27 Agustus : Batas akhir pengiriman abstrak 5 September 2016 : Pengumuman abstrak 6 September -24 September :Batas akhir penerimaan naskah Karya Tulis Ilmiah (cap pos) 25 September Oktober 2016 : Penilaian Karya tulis 10 Oktober 2016 : Pengumuman 12 Finalis terbaik Karya Tulis yang berhak mengikuti rangkaian acara selanjutnya di Semarang. Pengumuman akan diumumkan melalui website DEFEST 2016 dan official line account. 12 tim akan dihubungi oleh pihak panitia melalui nomor ketua tim Oktober : Pembayaran akomodasi Tim Oktober 2016 : Persiapan presentasi 26 Oktober 2016 : Technical Meeting Finalis Invention Oktober 2016 : Presentasi Karya Tulis Ilmiah dan Studi Kasus 28 Oktober 2016 : Grand Final dan Field Trip 29 Oktober 2016 :Pengumuman Juara INVENTION 2016 Pengumuman pemenang INVENTION.

9 F. Hadiah Juara I: Trophy + Sertifikat + Uang Tunai Juara II: Trophy + Sertifikat + Uang Tunai Juara III: Trophy + Sertifikat + Uang Tunai Juara Favorit: Sertifikat + Uang Tunai G. Penilaian a. Proses penilaian dilakukan oleh tim Juri Independen yang ditentukan oleh panitia INVENTION b. Hasil keputusan juri tidak dapat diganggu gugat. KETENTUAN PESERTA SEMIFINALIS INVENTION 2014 DIPONEGORO ECONOMIC FESTIVAL 2014 BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS DIPONEGORO A. Mekanisme Pembayaran Biaya Lolos Naskah Tulis: 1. Biaya Akomodasi Lolos Naskah Tulis Biaya untuk yang telah terpilih menjadi tim 12 besar Rp yang merupakan biaya untuk akomodasi dari mengikuti serangkaian acara DEFEST 2016 tanggal 26 Oktober 29 Oktober Dengan fasilitas : o Akomodasi ( penginapan, makan), penjemputan dan pengantaran dari titik kedatangan/kepulangan ketempat berlangsungnya acara INVENTION o Freeticket Seminar Nasional o Field Trip o Gala Dinner 2. Biaya yang tertera dapat di-transfer melalui rekening yang diumumkan oleh panitia.

10 3. Setelah melakukan pembayaran, harap melakukan konfirmasi ke panitia dan bukti transfer dapat dibawa pada Technical Meeting untuk sebagai bukti. B. Mekanisme Penjemputan: Panitia akan menjemput dari beberapa titik kedatangan, sebagai berikut: o Shelter 1 : Stasiun Tawang dan Stasiun Poncol o Shelter 2 : Terminal Terboyo dan Terminal Banyumanik o Shelter 3 : Bandara Ahmad Yani o Shelter 4 : Gedung Rektorat Universitas Diponegoro (Kedatangan di luar pos pos di atas bukan menjadi tanggung jawab panitia). Peserta harus mengkonfirmasikan kedatangan paling lambat tanggal 14 Oktober 2016 Peserta tiba di Semarang maksimal pukul WIB Pada tanggal 26 Oktober 2016 C. Mekanisme Technical Meeting 1. Peserta membawa KTM asli, Pas Photo 4x6 2 Lembar, slip transfer pembayaran biaya semifinalis, dan Surat tugas atau pendelegasian dari Fakultas masing-masing PTN/ PTS. 2. Technical Meeting diadakan : Hari,tanggal : Rabu 26 Oktober 2016 Pukul Tempat Dresscode peserta : selesai : Penginapan : Almamater *keterangan : -Hal-hal mengenai proses INVENTION 2016 ketika telh terpilih 12 tim akan diperjelas pada saat Technical Meeting. 12 tim yang terpilih diwajibkan hadir pada saat Technical Meeting. -Tim yang lolos pada setiap babak akan diumumkan melalui official account DEFEST dan website

PANDUAN LOMBA ESSAY SMA TINGKAT NASIONAL SEMARAK INOVASI PENGEMBANGAN PERTANIAN INDONESIA (SIPPI)

PANDUAN LOMBA ESSAY SMA TINGKAT NASIONAL SEMARAK INOVASI PENGEMBANGAN PERTANIAN INDONESIA (SIPPI) PANDUAN LOMBA ESSAY SMA TINGKAT NASIONAL SEMARAK INOVASI PENGEMBANGAN PERTANIAN INDONESIA (SIPPI) HIMPUNAN MAHASISWA AGRONOMI INSTITUT PERTANIAN BOGOR 2013 PANDUAN LOMBA A. Nama Kegiatan Semarak Inovasi

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA ESSAY SMA TINGKAT NASIONAL SEMARAK INOVASI PENGEMBANGAN PERTANIAN INDONESIA (SIPPI)

PANDUAN LOMBA ESSAY SMA TINGKAT NASIONAL SEMARAK INOVASI PENGEMBANGAN PERTANIAN INDONESIA (SIPPI) PANDUAN LOMBA ESSAY SMA TINGKAT NASIONAL SEMARAK INOVASI PENGEMBANGAN PERTANIAN INDONESIA (SIPPI) HIMPUNAN MAHASISWA AGRONOMI INSTITUT PERTANIAN BOGOR 2015 PANDUAN LOMBA A. Nama Kegiatan Semarak Inovasi

Lebih terperinci

Pekan Ekonomi Syariah Trunojoyo Madura (PESTA) 3 rd 2016

Pekan Ekonomi Syariah Trunojoyo Madura (PESTA) 3 rd 2016 NATIONAL CALL FOR PAPER & CONFERENCE PESTA 3 rd 2016 Pengoptimalan Inovasi Kreatif Menuju Indonesia Emas I. LATAR BELAKANG Tingginya tingkat persaingan, mengharuskan setiap negara untuk berkompetisi dalam

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN DEBAT NASIONAL KEFARMASIAN PEKAN ILMIAH MAHASISWA FARMASI INDONESIA PIMFI 2015 UNIVERSITAS PADJADJARAN

BUKU PANDUAN DEBAT NASIONAL KEFARMASIAN PEKAN ILMIAH MAHASISWA FARMASI INDONESIA PIMFI 2015 UNIVERSITAS PADJADJARAN BUKU PANDUAN PEKAN ILMIAH MAHASISWA FARMASI INDONESIA PIMFI 2015 I. Latar belakang Mahasiswa farmasi sebagai pelopor masa depan bangsa, dituntut untuk dapat berpikir rasional dan kritis terhadap isu-isu

Lebih terperinci

ESSAY a c e. e v e n A C E E v e n t _. a c e n a t i o n a l e v e n t. f t. u n a n d. a c. i d T E R M O F R E F E R E N C E

ESSAY a c e. e v e n A C E E v e n t _. a c e n a t i o n a l e v e n t. f t. u n a n d. a c. i d T E R M O F R E F E R E N C E @ a c e. e v e n t @ A C E E v e n t _ a c e n a t i o n a l e v e n t. f t. u n a n d. a c. i d ESSAY COMPETITION PEDOMAN LOMBA ESSAI A. LATAR BELAKANG Indonesia adalah Negara berkembang yang sedang gencar

Lebih terperinci

FORMULIR PENDAFTARAN

FORMULIR PENDAFTARAN FORMULIR PENDAFTARAN TRUNOJOYO AGROINDUSTRIAL TECHNOLOGY EVENT 2017 1. Judul Paper : 2. Asal Institusi : 3. Identitas Ketua Tim Nama : Jenis Kelamin : Nomor Induk Siswa : Jurusan : Tempat/Tanggal lahir

Lebih terperinci

PANDUAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL SMA-SEDERAJAT DALAM RANGKA MEMPERINGATI DIES NATALIS FARMASI UGM KE-71

PANDUAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL SMA-SEDERAJAT DALAM RANGKA MEMPERINGATI DIES NATALIS FARMASI UGM KE-71 PANDUAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL SMA-SEDERAJAT DALAM RANGKA MEMPERINGATI DIES NATALIS FARMASI UGM KE-71 TEMA KARYA TULIS PENERAPAN SAINS TEKNOLOGI DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM SEBAGAI

Lebih terperinci

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL DALAM RANGKA MEMPERINGATI LUSTRUM XIV FAKULTAS FARMASI UGM TAHUN 2016

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL DALAM RANGKA MEMPERINGATI LUSTRUM XIV FAKULTAS FARMASI UGM TAHUN 2016 LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL DALAM RANGKA MEMPERINGATI LUSTRUM XIV FAKULTAS FARMASI UGM TAHUN 2016 I. Tanggal yang Harus Diperhatikan 1. Pendaftaran : 1 31 Agustus 2016 2. Batas Pembayaran : 2 September

Lebih terperinci

BAB 1 PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang

BAB 1 PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Perekonomian Indonesia saat ini mulai terjadi perubahan. Pada masa dahulu perekonomian Indonesia tidak mengenal dengan sistem ekonomi kreatif. Akan tetapi Negara Indonesia

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA ESSAY SMA TINGKAT NASIONAL SEMARAK INOVASI PENGEMBANGAN PERTANIAN INDONESIA (SIPPI)

PANDUAN LOMBA ESSAY SMA TINGKAT NASIONAL SEMARAK INOVASI PENGEMBANGAN PERTANIAN INDONESIA (SIPPI) PANDUAN LOMBA ESSAY SMA TINGKAT NASIONAL SEMARAK INOVASI PENGEMBANGAN PERTANIAN INDONESIA (SIPPI) HIMPUNAN MAHASISWA AGRONOMI INSTITUT PERTANIAN BOGOR 2015 PANDUAN LOMBA A. Nama Kegiatan Semarak Inovasi

Lebih terperinci

ESSAY COMPETITION GUIDANCE BOOK (BUKU PANDUAN LOMBA ESAI)

ESSAY COMPETITION GUIDANCE BOOK (BUKU PANDUAN LOMBA ESAI) ESSAY COMPETITION GUIDANCE BOOK (BUKU PANDUAN LOMBA ESAI) A. Nama Kegiatan : 5 th Call For Essay & Inspirational Talkshow 2017 B. Bentuk Kegiatan Bentuk kegiatan ini adalah lomba esai untuk siswa SMA/SMK/MA

Lebih terperinci

Panduan Lomba Essay FANTASTIS 2017

Panduan Lomba Essay FANTASTIS 2017 Panduan Lomba Essay FANTASTIS 2017 A. TEMA LOMBA Mengembangkan Sains dan Teknologi guna Meningkatkan Nilai-Nilai Kemanusiaan di Lingkungan Masyarakat Islami B. SUBTEMA 1. Pendidikan 2. Lingkungan 3. Sosial

Lebih terperinci

N2016 APTIO BUKU PANDUAN. Lomba Karya Tulis Ilmiah untuk siswa SMA/SMK/MA se-diy dan Jawa HMTK UAD. milad ke-20 th Teknik Kimia

N2016 APTIO BUKU PANDUAN. Lomba Karya Tulis Ilmiah untuk siswa SMA/SMK/MA se-diy dan Jawa HMTK UAD. milad ke-20 th Teknik Kimia C BUKU PANDUAN Chemical Papers Competition APTIO Lomba Karya Tulis Ilmiah untuk siswa SMA/SMK/MA se-diy dan Jawa Tengah N2016 HMTK UAD @HMTK_UAD CAPTION (Chemical Papers Competition) LOMBA KARYA TULIS

Lebih terperinci

LOMBA ESAI NASIONAL SCIENTIFIC GREAT MOMENT (SGM) 5 AGRITECH RESEARCH AND STUDY CLUB

LOMBA ESAI NASIONAL SCIENTIFIC GREAT MOMENT (SGM) 5 AGRITECH RESEARCH AND STUDY CLUB LOMBA ESAI NASIONAL SCIENTIFIC GREAT MOMENT (SGM) 5 AGRITECH RESEARCH AND STUDY CLUB A. Tema : Eksplorasi potensi lokal di bidang agrokompleks menuju Indonesia mandiri B. Latar Belakang Indonesia merupakan

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA SGM 8 CREATIVE STUDENT PROJECT (CSP) TINGKAT NASIONAL SMA/SMK/MA/Sederajat

PANDUAN LOMBA SGM 8 CREATIVE STUDENT PROJECT (CSP) TINGKAT NASIONAL SMA/SMK/MA/Sederajat PANDUAN LOMBA SGM 8 CREATIVE STUDENT PROJECT (CSP) TINGKAT NASIONAL SMA/SMK/MA/Sederajat TEMA UTAMA Tema utama dalam lomba CSP SGM 8 adalah Great Innovation by Empowering Agriculture to Develop Self Sufficient

Lebih terperinci

KOMPETISI KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA TINGKAT NASIONAL

KOMPETISI KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA TINGKAT NASIONAL 1 KOMPETISI KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA TINGKAT NASIONAL 1. NAMA KEGIATAN Nama kegiatan Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional adalah IASC Innovation Animal Science Competition 2014.

Lebih terperinci

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH LOMBA KARYA TULIS ILMIAH GLANCE 2017 A. Latar Belakang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) merupakan salah satu rangkaian acara dari GLANCE 2017 yang merupakan peringatan dies natalis LNG Academy

Lebih terperinci

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT NASIONAL (LKTIN) KREATIVITAS MESIN BRAWIJAYA (KMB) 2017

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT NASIONAL (LKTIN) KREATIVITAS MESIN BRAWIJAYA (KMB) 2017 PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT NASIONAL (LKTIN) KREATIVITAS MESIN BRAWIJAYA (KMB) 2017 A. Nama Lomba Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional (LKTIN) Kreativitas Mesin Brawijaya (KMB) 2017 B.

Lebih terperinci

PETUNJUK PELAKSANAAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH-MAHASISWA (LKTIM) SE-JAWA-BALI 2014

PETUNJUK PELAKSANAAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH-MAHASISWA (LKTIM) SE-JAWA-BALI 2014 PETUNJUK PELAKSANAAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH-MAHASISWA (LKTIM) SE-JAWA-BALI 2014 LEMBAGA PENGEMBANGAN PENALARAN DAN PENELITIAN MAHASISWA EKONOMI (LP3ME) FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG PETUNJUK

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA D3 FARMASI SE-INDONESIA PHARMODIA 2017 JURUSAN FARMASI POLTEKKES KEMENKES BANDUNG

PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA D3 FARMASI SE-INDONESIA PHARMODIA 2017 JURUSAN FARMASI POLTEKKES KEMENKES BANDUNG PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA D3 FARMASI SE-INDONESIA PHARMODIA 2017 JURUSAN FARMASI POLTEKKES KEMENKES BANDUNG I. Deskripsi Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa D3 Farmasi Se-Indonesia merupakan

Lebih terperinci

AIRLANGGA BOJONEGORO COMMUNITY

AIRLANGGA BOJONEGORO COMMUNITY ESSAY COMPETITION GUIDANCE BOOK (BUKU PANDUAN LOMBA ESAI) A. Nama Kegiatan : 4 th Call For Essay & Inspirational Talkshow 2016 B. Bentuk Kegiatan Bentuk kegiatan ini adalah lomba esai untuk siswa SMA/SMK/MA

Lebih terperinci

PETUNJUK PELAKSANAAN DAN PETUNJUK TEKNIS HI-GREAT OLYMPIAD OF AGROINDUSTRY 2017

PETUNJUK PELAKSANAAN DAN PETUNJUK TEKNIS HI-GREAT OLYMPIAD OF AGROINDUSTRY 2017 PETUNJUK PELAKSANAAN DAN PETUNJUK TEKNIS HI-GREAT OLYMPIAD OF AGROINDUSTRY 2017 INOVASI INDUSTRI PANGAN NASIONAL HORAS 2017 adalah Olimpiade Agroindustri tingkat SMA/MA/SMK sederajat se- Indonesia yang

Lebih terperinci

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL BUKU PANDUAN PESERTA LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL SURAKARTA Panduan Peserta LKTIN Science Week 2017Page 1 BUKU PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL SCIENCE WEEK 2017 A. Definisi Lomba Karya Tulis

Lebih terperinci

PANDUAN NATIONAL ESSAY COMPETITION (NESCO) HIMPUNAN MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING

PANDUAN NATIONAL ESSAY COMPETITION (NESCO) HIMPUNAN MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING PANDUAN NATIONAL ESSAY COMPETITION (NESCO) HIMPUNAN MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING STUDI ILMIAH MAHASISWA PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN 2017 PANDUAN NATIONAL ESSAY COMPETITION

Lebih terperinci

A. Deskripsi Kegiatan Lomba B. Tema C. Persyaratan Administratif

A. Deskripsi Kegiatan Lomba B. Tema C. Persyaratan Administratif A. Deskripsi Kegiatan Lomba Lomba esai ini merupakan kompetisi esai tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Bidikmisi Scholarship Community Universitas Negeri Semarang (BSC Unnes). Kompetisi esai ditujukan

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA YOGYAKARTA STATE UNIVERSITY ESSAY COMPETITION A. Nama Kegiatan YEC (Yogyakarta State University Essay Competition)

PANDUAN LOMBA YOGYAKARTA STATE UNIVERSITY ESSAY COMPETITION A. Nama Kegiatan YEC (Yogyakarta State University Essay Competition) PANDUAN LOMBA YOGYAKARTA STATE UNIVERSITY ESSAY COMPETITION 2017 A. Nama Kegiatan YEC (Yogyakarta State University Essay Competition) B. Tema Esai Optimalisasi Strategi dan Inovasi Mahasiswa menuju Indonesia

Lebih terperinci

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH GLANCE 2017

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH GLANCE 2017 LOMBA KARYA TULIS ILMIAH GLANCE 2017 A. Latar Belakang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) merupakan salah satu rangkaian acara dari GLANCE 2017 yang merupakan peringatan dies natalis LNG Academy

Lebih terperinci

Pedoman Penulisan Lomba ESSAY Tingkat Perguruan Tinggi se-madura. Fakultas Keislaman. Universitas Trunojoyo Madura

Pedoman Penulisan Lomba ESSAY Tingkat Perguruan Tinggi se-madura. Fakultas Keislaman. Universitas Trunojoyo Madura Pedoman Penulisan Lomba ESSAY 2017 Tingkat Perguruan Tinggi se-madura Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura PENDAHULUAN Essay MILAD FKis merupakan kegiatan lomba dalam memperingati hari lahirnya

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA SCIENTIFIC GREAT MOMENT 7 CREATIVE STUDENT PROJECT TINGKAT SISWA NASIONAL

PANDUAN LOMBA SCIENTIFIC GREAT MOMENT 7 CREATIVE STUDENT PROJECT TINGKAT SISWA NASIONAL PANDUAN LOMBA SCIENTIFIC GREAT MOMENT 7 CREATIVE STUDENT PROJECT TINGKAT SISWA NASIONAL TEMA UTAMA Tema utama dalam lomba Creative Student Project SGM7 adalah Youth Inovation in Agricultural Technology

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH (LKTI) SEMARAK INOVASI PENGEMBANGAN PERTANIAN INDONESIA (SIPPI) TINGKAT MAHASISWA NASIONAL

PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH (LKTI) SEMARAK INOVASI PENGEMBANGAN PERTANIAN INDONESIA (SIPPI) TINGKAT MAHASISWA NASIONAL PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH (LKTI) SEMARAK INOVASI PENGEMBANGAN PERTANIAN INDONESIA (SIPPI) TINGKAT MAHASISWA NASIONAL HIMPUNAN MAHASISWA AGRONOMI INSTITUT PERTANIAN BOGOR 2015 PANDUAN LOMBA A. Nama

Lebih terperinci

B. Tema Lomba ini bertemakan Pemanfaatan Kualitas Kekayaan Maritim Indonesia dalam Pembuatan Obat Tradisional menjadi Lebih modern

B. Tema Lomba ini bertemakan Pemanfaatan Kualitas Kekayaan Maritim Indonesia dalam Pembuatan Obat Tradisional menjadi Lebih modern TOR (Term of Reference) Lomba Produk Mahasiswa Farmasi Indonesia (LPMFI) Pekan Ilmiah Mahasiswa Farmasi Indonesia (PIMFI) 2017 Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar A. Lomba Produk Mahasiswa Farmasi

Lebih terperinci

IPTEK DALAM PEMBERDAYAAN POTENSI LOKAL BERDAYA SAING GLOBAL merupakan salah satu event kompetisi ilmiah yang menjadi

IPTEK DALAM PEMBERDAYAAN POTENSI LOKAL BERDAYA SAING GLOBAL merupakan salah satu event kompetisi ilmiah yang menjadi Lampiran 1. PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL UKMPR UNSOED THE 2 nd SOEDIRMAN SCIENCE COMPETITION (SSC) 2013 A. Definisi Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Nasional dengan tema PERAN IPTEK DALAM

Lebih terperinci

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SEMARAK GEOGRAFI NASIONAL 2015

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SEMARAK GEOGRAFI NASIONAL 2015 PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SEMARAK GEOGRAFI NASIONAL 2015 A. Nama Lomba Lomba Karya Tulis Ilmiah B. Tema Penerapan Teknologi Pembelajaran Geografi Untuk Menggali Potensi Geografis Indonesia C. Sub

Lebih terperinci

PETUNJUK TEKNIS DAN PELAKSANAAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH BIDANG KONSTITUSI MAHASISWA ANTAR PERGURUAN TINGGI DI BALI

PETUNJUK TEKNIS DAN PELAKSANAAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH BIDANG KONSTITUSI MAHASISWA ANTAR PERGURUAN TINGGI DI BALI PETUNJUK TEKNIS DAN PELAKSANAAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH BIDANG KONSTITUSI MAHASISWA ANTAR PERGURUAN TINGGI DI BALI DALAM RANGKA PEKAN KONTITUSI 2015 DALAM RANGKA HUT FH UNUD DAN BKFH KE - 51 FAKULTAS

Lebih terperinci

Inovasi Mahasiswa Bidikmisi dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan di Kawasan 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal)

Inovasi Mahasiswa Bidikmisi dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan di Kawasan 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) Panduan Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Bidikmisi Se-Jawa Bali Inovasi Mahasiswa Bidikmisi dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan di Kawasan 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) Forum Mahasiswa

Lebih terperinci

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA TINGKAT NASIONAL DALAM RANGKA DIES NATALIES KE-50 UNIVERSITAS JENDERAL

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA TINGKAT NASIONAL DALAM RANGKA DIES NATALIES KE-50 UNIVERSITAS JENDERAL LOMBA KARYA AT TULIS ILMIAH TINGKAT NASIONAL NA 2013 Dalam R Rangka Dies Natalis kensoed ke-50 Uns PANDUAN PENULISAN Mewujudkan Wo World Class Civic University Berbasis Be Kearifan Lokal Pedesaan Cp :

Lebih terperinci

[PANDUAN SCIENCE PROJECT AWARDS] STAR FM VOL 3

[PANDUAN SCIENCE PROJECT AWARDS] STAR FM VOL 3 2015 STAR FM VOL 3 HIMATIKA UNS KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN [PANDUAN SCIENCE PROJECT AWARDS] Assalamu alaikum Wr. Wb. PRAKATA Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah mencurahkan

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH (LKTI) TINGKAT MAHASISWA NASIONAL SEMARAK INOVASI PENGEMBANGAN PERTANIAN INDONESIA (SIPPI)

PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH (LKTI) TINGKAT MAHASISWA NASIONAL SEMARAK INOVASI PENGEMBANGAN PERTANIAN INDONESIA (SIPPI) PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH (LKTI) TINGKAT MAHASISWA NASIONAL SEMARAK INOVASI PENGEMBANGAN PERTANIAN INDONESIA (SIPPI) HIMPUNAN MAHASISWA AGRONOMI INSTITUT PERTANIAN BOGOR 2015 PANDUAN LOMBA A. Nama

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN LOMBA PRODUK MAHASISWA FARMASI INDONESIA (LPMFI) PIMFI 2015 UNIVERSITAS PADJADJARAN

BUKU PANDUAN LOMBA PRODUK MAHASISWA FARMASI INDONESIA (LPMFI) PIMFI 2015 UNIVERSITAS PADJADJARAN BUKU PANDUAN (LPMFI) PIMFI 2015 I. Latar belakang Banyak masalah kesehatan yang timbul di masyarakat yang tidak kita sadari bahwa masalah tersebut sangat erat kaitannya dengan dunia kefarmasian. Oleh karena

Lebih terperinci

PETUNJUK TEKNIS IKAHIMKI CARNIVAL 2013 LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA TINGKAT NASIONAL

PETUNJUK TEKNIS IKAHIMKI CARNIVAL 2013 LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA TINGKAT NASIONAL PETUNJUK TEKNIS IKAHIMKI CARNIVAL 2013 LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA TINGKAT NASIONAL KETENTUAN UMUM Karya tulis ilmiah ini merupakan hasil karya orisinil dan belum pernah dipublikasikan. Karya ilmiah

Lebih terperinci

PERSYARATAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH TEKNOLOGI LABORATORIUM MEDIK. Peran Generasi Muda Dalam Meningkatkan Kesehatan Melalui Sains dan Teknologi

PERSYARATAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH TEKNOLOGI LABORATORIUM MEDIK. Peran Generasi Muda Dalam Meningkatkan Kesehatan Melalui Sains dan Teknologi PERSYARATAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH TEKNOLOGI LABORATORIUM MEDIK A. Tema Kegiatan: Sub tema: 1. Biologi 2. Kimia 3. Lingkungan 4. Kesehatan B. Pelaksanaan Kegiatan Peran Generasi Muda Dalam Meningkatkan

Lebih terperinci

PANDUAN PENULISAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH STATISTICS IN ACTION 2015 IKATAN KELUARGA STATISTIKA FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA

PANDUAN PENULISAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH STATISTICS IN ACTION 2015 IKATAN KELUARGA STATISTIKA FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA PANDUAN PENULISAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH STATISTICS IN ACTION 2015 IKATAN KELUARGA STATISTIKA FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA A. Deskripsi Kegiatan Kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah 2015 (LKTI),

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA. Nama acara ini adalah Muria Scientific Competition 2018.

PANDUAN LOMBA. Nama acara ini adalah Muria Scientific Competition 2018. PANDUAN LOMBA A. Definisi Lomba Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Universitas Muria Kudus dengan tema Peran Mahasiswa sebagai Akselerator Pencapaian SDG s 2030 merupakan kegiatan kompetisi ilmiah yang

Lebih terperinci

Tema lomba ini adalah INOVASI WASTE TO ENERGY YANG BERBASIS MASYARAKAT DAN BERKELANJUTAN

Tema lomba ini adalah INOVASI WASTE TO ENERGY YANG BERBASIS MASYARAKAT DAN BERKELANJUTAN A. Nama Lomba : Lomba Karya Tulis Ilmiah DEDIKASI 2016 HMS FT-UH B. Tema Lomba Tema lomba ini adalah INOVASI WASTE TO ENERGY YANG BERBASIS MASYARAKAT DAN BERKELANJUTAN C. Deskripsi Sampah adalah sebagian

Lebih terperinci

PETUNJUK TEKNIS KEGIATAN LOMBA ESAI YOUTH STRATEGIC TO GOLD GENERATION TANRI ABENG UNIVERSITY TAHUN 2017

PETUNJUK TEKNIS KEGIATAN LOMBA ESAI YOUTH STRATEGIC TO GOLD GENERATION TANRI ABENG UNIVERSITY TAHUN 2017 PETUNJUK TEKNIS KEGIATAN LOMBA ESAI YOUTH STRATEGIC TO GOLD GENERATION TANRI ABENG UNIVERSITY TAHUN 2017 A. Tema Youth Strategic to Gold Generation Subtema : Politik, Ekonomi dan Budaya B. Tanggal Penting

Lebih terperinci

SEMAR ESSAY COMPETITION

SEMAR ESSAY COMPETITION PANDUAN SEMAR ESSAY COMPETITION FESTIVAL ILMIAH MAHASISWA (FILM) 2018 STUDI ILMIAH MAHASISWA UNIVERSITAS SEBELAS MARET 2018 PANDUAN SEMAR ESSAY COMPETITION FESTIVAL ILMIAH MAHASISWA 2018 A. NAMA LOMBA

Lebih terperinci

PETUNJUK TEKNIS IKAHIMKI CARNIVAL 2013 LOMBA KARYA DAUR ULANG (LKDU) SMA/SEDERAJAT TINGKAT NASIONAL

PETUNJUK TEKNIS IKAHIMKI CARNIVAL 2013 LOMBA KARYA DAUR ULANG (LKDU) SMA/SEDERAJAT TINGKAT NASIONAL PETUNJUK TEKNIS IKAHIMKI CARNIVAL 2013 LOMBA KARYA DAUR ULANG (LKDU) SMA/SEDERAJAT TINGKAT NASIONAL KETENTUAN UMUM Karya daur ulang ini merupakan hasil karya orisinil dan belum pernah dipublikasikan. Karya

Lebih terperinci

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH ABITA. Satukan Hati Membangun Indonesia Kita dalam Menghadapi Persaingan Global

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH ABITA. Satukan Hati Membangun Indonesia Kita dalam Menghadapi Persaingan Global PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH ABITA Satukan Hati Membangun Indonesia Kita dalam Menghadapi Persaingan Global Politeknik Negeri Semarang Jalan Prof. Soedharto S.H, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275

Lebih terperinci

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH KESEHATAN SEKSUAL DAN REPRODUKSI REMAJA TINGKAT SMA/SMK/MA SE-BALI TAHUN 2016

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH KESEHATAN SEKSUAL DAN REPRODUKSI REMAJA TINGKAT SMA/SMK/MA SE-BALI TAHUN 2016 PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH KESEHATAN SEKSUAL DAN REPRODUKSI REMAJA TINGKAT SMA/SMK/MA SE-BALI TAHUN 2016 A. NAMA LOMBA Lomba Karya Tulis Ilmiah Kesehatan Seksual dan Reproduksi Remaja Tingkat SMA/SMK/MA

Lebih terperinci

PANDUAN SEMAR ESSAY COMPETITION FESTIVAL ILMIAH MAHASISWA (FILM) 2017

PANDUAN SEMAR ESSAY COMPETITION FESTIVAL ILMIAH MAHASISWA (FILM) 2017 PANDUAN SEMAR ESSAY COMPETITION FESTIVAL ILMIAH MAHASISWA (FILM) 2017 STUDI ILMIAH MAHASISWA UNIVERSITAS SEBELAS MARET 2017 PANDUAN SEMAR ESSAY COMPETITION FESTIVAL ILMIAH MAHASISWA 2017 A. NAMA LOMBA

Lebih terperinci

SERBA-SERBI SAINS PART II PANDUAN Lomba Karya Tulis Ilmiah Peran Generasi Muda dalam Menjaga Kekayaan Biodiversitas di Bumi Anoa

SERBA-SERBI SAINS PART II PANDUAN Lomba Karya Tulis Ilmiah Peran Generasi Muda dalam Menjaga Kekayaan Biodiversitas di Bumi Anoa Sekretariat : Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu Kendari, FMIPA LAMA Lt. 1 SERBA-SERBI SAINS PART II PANDUAN Lomba Karya Tulis Ilmiah Peran Generasi Muda dalam Menjaga Kekayaan Biodiversitas di Bumi

Lebih terperinci

Konfirmasi 15 finalis Maret 2017

Konfirmasi 15 finalis Maret 2017 TIMELINE KEGIATAN Kegiatan Waktu Konfirmasi 15 finalis 17 21 Maret 2017 Technical Meeting 7 April 2017 Presentasi Karya Tulis Ilmiah dan Field Trip Seminar Nasional dan Pengumuman 8 April 2017 9 April

Lebih terperinci

YNEC GUIDANCE BOOK A.

YNEC GUIDANCE BOOK A. YNEC GUIDANCE BOOK A. Nama Kegiatan : Youth National Essay Competition of Teenage Accounting Competition B. Tema Essay : Dedikasi dan Inovasi Pemuda dalam Mewujudkan Ekonomi Kreatif Indonesia Sub Tema

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA ESAI SOCRATES NATIONAL COMPETITION

PANDUAN LOMBA ESAI SOCRATES NATIONAL COMPETITION PANDUAN LOMBA ESAI SOCRATES NATIONAL COMPETITION 2017 1. Pendahuluan Di tengah arus globalisasi saat ini, ada banyak yang harus kita jaga agar tidak kehilangan nilai aslinya. Salah satunya adalah kearifan

Lebih terperinci

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH UNTUK SMA sederajat se-indonesia

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH UNTUK SMA sederajat se-indonesia LOMBA KARYA TULIS ILMIAH UNTUK SMA sederajat se-indonesia Prosedur Pendaftaran: 1. Mem-follow akun twitter, line, dan facebook EPSILON 2017 Twitter: @epsilondtntf Line: @SQL0383L Facebook: Epsilon DTNTF

Lebih terperinci

PERSYARATAN DAN KETENTUAN PENULISAN LKTI NASIONAL BIOEXPO 2017

PERSYARATAN DAN KETENTUAN PENULISAN LKTI NASIONAL BIOEXPO 2017 PERSYARATAN DAN KETENTUAN PENULISAN LKTI NASIONAL BIOEXPO 2017 A. Persyaratan Administratif 1. Peserta adalah mahasiswa aktif jenjang S1 atau Diploma perguruan tinggi di Indonesia 2. Karya tulis Ilmiah

Lebih terperinci

B. Tema Finding Innovation to Enhance Safety Culture in Public Spaces

B. Tema Finding Innovation to Enhance Safety Culture in Public Spaces National Safety Competition 2017 Paving Pathway towards Zero Accident Culture Essay Competition A. Pendahuluan National Safety Competition 2017 merupakan rangkaian kegiatan dalam bidang safety yang diadakan

Lebih terperinci

B. TEMA Bumi Pertiwi Kembali Hijau Dengan Lestarinya Indonesiaku

B. TEMA Bumi Pertiwi Kembali Hijau Dengan Lestarinya Indonesiaku A. JENIS LOMBA Lomba Essay Nasional 2017 B. TEMA Bumi Pertiwi Kembali Hijau Dengan Lestarinya Indonesiaku C. SUBTEMA a. Pendidikan b. Teknologi c. Ekonomi d. Lingkungan e. Insfrastruktur f. Sosial Budaya

Lebih terperinci

PENJELASAN UMUM LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL UKMPR UNSOED THE 4 th SOEDIRMAN SCIENCE COMPETITION (SSC) 2015

PENJELASAN UMUM LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL UKMPR UNSOED THE 4 th SOEDIRMAN SCIENCE COMPETITION (SSC) 2015 PENJELASAN UMUM LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL UKMPR UNSOED THE 4 th SOEDIRMAN SCIENCE COMPETITION (SSC) 2015 A. Definisi Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Nasional dengan tema PERAN IPTEKS SEBAGAI

Lebih terperinci

Term of Reference (ToR) Lomba Karya Ilmiah Siswa SMA dan SMK se-bekasi Dalam rangka Milad UNISMA ke-30 Tahun 2012

Term of Reference (ToR) Lomba Karya Ilmiah Siswa SMA dan SMK se-bekasi Dalam rangka Milad UNISMA ke-30 Tahun 2012 Term of Reference (ToR) Lomba Karya Ilmiah Siswa SMA dan SMK se-bekasi Dalam rangka Milad UNISMA ke-30 Tahun 2012 Panitia Gebyar Milad (PanMil) UNISMA ke-30 Universitas Islam 45 Bekasi Menyelenggarakan:

Lebih terperinci

FORUM MAHASISWA SEJARAH

FORUM MAHASISWA SEJARAH PANDUAN PENDAFTARAN DAN PENULISAN LOMBA DEBAT NASIONAL 1. Deskripsi Kegiatan SEJARAH SANSKERTA 2017 Menjaga NKRI melalui Kekuatan Budaya Nasional. Sejarah bukan hanya dapat ditulis saja, namun dapat didiskusikan

Lebih terperinci

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH 1 LOMBA KARYA TULIS ILMIAH 2 A. TEMA Tema LKTI ini adalah Peran Generasi Muda dalam mewujudkan Indonesia Sehat 2015 Subtema yang diangkat adalah: Peran kearifan lokal untuk meningkatkan kesehatan masyarakat

Lebih terperinci

KOMPETISI ESAI NASIONAL PKPT IPNU IPPNU UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2017

KOMPETISI ESAI NASIONAL PKPT IPNU IPPNU UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2017 KOMPETISI ESAI NASIONAL PKPT IPNU IPPNU UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2017 1. NAMA KEGIATAN Kegiatan yang akan diselenggarakan adalah NATIONAL ISLAMIC ESSAY COMPETITION GREAT MUHARRAM FESTIVAL (GMF)

Lebih terperinci

Ketentuan lomba essay nasional KEC ( KIK Essay Competition) 2016

Ketentuan lomba essay nasional KEC ( KIK Essay Competition) 2016 Ketentuan lomba essay nasional KEC ( KIK Essay Competition) 2016 I. Tema Lomba Esai Nasional KSW yang bertema Implementasi Sains dan Teknologi Tepat Guna untuk Mewujudkan Indonesia Berdaya Saing Global

Lebih terperinci

guidance book GRAND FINAL Youth National Essay Competition

guidance book GRAND FINAL Youth National Essay Competition guidance book GRAND FINAL Youth National Essay Competition September 30th October 3rd 2016 TEENAGE ACCOUNTING COMPETITION Presented by Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Airlangga GRAND FINAL Youth

Lebih terperinci

PANDUAN KOMPETISI ESAI NASIONAL AGRIBUSINESS NATIONAL EVENT 2016

PANDUAN KOMPETISI ESAI NASIONAL AGRIBUSINESS NATIONAL EVENT 2016 PANDUAN KOMPETISI ESAI NASIONAL AGRIBUSINESS NATIONAL EVENT 2016 A. Nama Lomba Kompetisi Esai Nasional ANE (Agribusiness National Event) 2016. B. Tema Peran Generasi Muda dalam Pembangunan Berkelanjutan

Lebih terperinci

PETUNJUK PELAKSANAAN LOMBA KARYA TULIS AL-QURAN GAMAIS ISLAMIC FAIR 2015

PETUNJUK PELAKSANAAN LOMBA KARYA TULIS AL-QURAN GAMAIS ISLAMIC FAIR 2015 PETUNJUK PELAKSANAAN LOMBA KARYA TULIS AL-QURAN GAMAIS ISLAMIC FAIR 2015 1. TEMA DAN SUBTEMA TEMA Al-Qur an sebagai Sumber Pengetahuan dan Solusi Problematika Umat SUBTEMA a. Kesehatan b. Ilmu Pengetahuan

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN TAHAP : PENGUMPULAN ABSTRAK LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL Research of Applied Chemistry Competition (REACTION)

BUKU PANDUAN TAHAP : PENGUMPULAN ABSTRAK LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL Research of Applied Chemistry Competition (REACTION) BUKU PANDUAN TAHAP : PENGUMPULAN ABSTRAK LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL Research of Applied Chemistry Competition (REACTION) A. Latar Belakang Saat ini negara-negara di dunia, termasuk Indonesia, sedang

Lebih terperinci

B. Sasaran Sasaran dari rangkaian acara YOUTH S INVENTION 2017 adalah siswa SMA/MA sederajat se- Indonesia.

B. Sasaran Sasaran dari rangkaian acara YOUTH S INVENTION 2017 adalah siswa SMA/MA sederajat se- Indonesia. YOUTH S INVENTION 2017 adalah cabang lomba yang dipertandingkan dalam BIOSFER XI, dimana peserta mengusulkan suatu gagasan atau produk yang aplikatif untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang berkembang

Lebih terperinci

LEMBAR INFORMASI DAN PETUNJUK PELAKSANAAN LOMBA

LEMBAR INFORMASI DAN PETUNJUK PELAKSANAAN LOMBA LEMBAR INFORMASI DAN PETUNJUK PELAKSANAAN LOMBA THE MAGNIFICENT ESA S FAIR XIV 2017 National Essay Competition Promoting Digital Literacy for 21 st Quality Learning A. Tujuan Secara umum National Essay

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN LKTI 10 TH ECCENTS ECONOMICS EVENTS 2017

BUKU PANDUAN LKTI 10 TH ECCENTS ECONOMICS EVENTS 2017 BUKU PANDUAN LKTI 10 TH ECCENTS ECONOMICS EVENTS 2017 Pendahuluan Dalam kegiatan 10 th ECCENTS 2017 ini, kami mengangkat tema Optimalisasi Bonus Demografi Nasional dalam Menjawab Tantangan Pembangunan

Lebih terperinci

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO 2016

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO 2016 LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MA/SMA/SMK SEDERAJAT se-kabupaten SIDOARJO UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO 2016 I. TEMA Tema kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah MA/SMA/SMK sederajat se- Kabupaten Sidoarjo adalah

Lebih terperinci

Panduan Lomba Karya Tulis Ilmiah Industrial Mechatronics and Automation Competition 2015 [LKTI-IMAC 2015] (Kategori : SMA/SMK)

Panduan Lomba Karya Tulis Ilmiah Industrial Mechatronics and Automation Competition 2015 [LKTI-IMAC 2015] (Kategori : SMA/SMK) Panduan Lomba Karya Tulis Ilmiah Industrial Mechatronics and Automation Competition 2015 [LKTI-IMAC 2015] (Kategori : SMA/SMK) A. OVERVIEW LKTI-IMAC 2015 merupakan lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional

Lebih terperinci

STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING DALAM MENGHADAPI ASEAN COMMUNITY 2015 merupakan salah satu event kompetisi

STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING DALAM MENGHADAPI ASEAN COMMUNITY 2015 merupakan salah satu event kompetisi PENJELASAN UMUM LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL UKMPR UNSOED THE 3 rd SOEDIRMAN SCIENCE COMPETITION (SSC) 2014 A. Definisi Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Nasional dengan tema STRATEGI PENINGKATAN

Lebih terperinci

Peserta lomba adalah mahasiswa perguruan tinggi seluruh Indonesia dengan rincian sebagai berikut:

Peserta lomba adalah mahasiswa perguruan tinggi seluruh Indonesia dengan rincian sebagai berikut: A. Tujuan Secara umum National Essay Competition (NEC) The Luminous ESA S Fair XII 2015 ini bertujuan untuk memacu prestasi mahasiswa seluruh Indonesia. Lomba ini berpotensi sebagai wahana untuk: 1. Memotivasi

Lebih terperinci

MODUL PANDUAN Lomba Karya Tulis Ilmiah SMA/SMK Sederajat INDONESIA DALAM DUNIA ELEKTRONIKA

MODUL PANDUAN Lomba Karya Tulis Ilmiah SMA/SMK Sederajat INDONESIA DALAM DUNIA ELEKTRONIKA MODUL PANDUAN Lomba Karya Tulis Ilmiah SMA/SMK Sederajat INDONESIA DALAM DUNIA ELEKTRONIKA Latar Belakang Dalam era globalisasi saat ini begitu banyak perubahan baik dalam kalangan masyarakat umum ataupun

Lebih terperinci

Himatika Fmipa

Himatika Fmipa Himatika Fmipa UNY @himatikauny himatika_uny @tqk4969i A. DESKRIPSI KEGIATAN Lomba Artikel dan Alat Peraga Matematika (LA2PM) adalah salah satu program kerja tahunan dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan

Lebih terperinci

PANDUAN BRIDGE DESIGN COMPETITION UNTUK SMA/SMK/MA

PANDUAN BRIDGE DESIGN COMPETITION UNTUK SMA/SMK/MA PANDUAN BRIDGE DESIGN COMPETITION UNTUK SMA/SMK/MA CIVIL ENGINEERING INNOVATION CONTEST 2015 A. Nama Acara Bridge Design Competition 2015 B. Tema Lomba Tema acara Bridge Design Competition pada tahun ini

Lebih terperinci

FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA BANDUNG

FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA BANDUNG INFORMASI LOMBA 2013 FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA BANDUNG TRADITIONAL GAME FESTIVAL FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA LOMBA PENULISAN ESAI Latar Belakang Lomba penulisan esai

Lebih terperinci

Pelaksanaan Kegiatan Temu Ilmiah Mahasiswa Nasional yang bertemakan Library

Pelaksanaan Kegiatan Temu Ilmiah Mahasiswa Nasional yang bertemakan Library TEMU ILMIAH MAHASISWA NASIONAL ILMU INFORMASI DAN PERPUSTAKAAN Sekretariat : Gd. Student Center Lt. 2 Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Jl. Raya Jatinangor Km. 21 Sumedang, Jawa Barat 45363

Lebih terperinci

TERMS OF REFERENCE (TOR) AUTOCAD SPEED COMPETITION SE-JAWA BALI

TERMS OF REFERENCE (TOR) AUTOCAD SPEED COMPETITION SE-JAWA BALI TERMS OF REFERENCE (TOR) AUTOCAD SPEED COMPETITION SE-JAWA BALI TERMS OF REFERENCE (TOR) AUTOCAD SPEED COMPETITION SE-JAWA BALI UNIVERSITAS NEGERI MALANG I. LINGKUP LOMBA A. PENDAHULUAN Autocad Speed competition

Lebih terperinci

PANDUAN FINALIS LOMBA SCIENTIFIC GREAT MOMENT 7 CREATIVE STUDENT PROJECT TINGKAT SISWA NASIONAL 1. SISTEM LOMBA Dalam seleksi grandfinal setiap tim

PANDUAN FINALIS LOMBA SCIENTIFIC GREAT MOMENT 7 CREATIVE STUDENT PROJECT TINGKAT SISWA NASIONAL 1. SISTEM LOMBA Dalam seleksi grandfinal setiap tim PANDUAN FINALIS LOMBA SCIENTIFIC GREAT MOMENT 7 CREATIVE STUDENT PROJECT TINGKAT SISWA NASIONAL 1. SISTEM LOMBA Dalam seleksi grandfinal setiap tim akan mempresentasikan karya tulisnya dalam bentuk Power

Lebih terperinci

CAPTION#2 NASIONAL (Chemical Papers Competition) SMA/SMK/MA/ SEDERAJAT se-indonesia

CAPTION#2 NASIONAL (Chemical Papers Competition) SMA/SMK/MA/ SEDERAJAT se-indonesia CAPTION#2 NASIONAL 2017 (Chemical Papers Competition) SMA/SMK/MA/ SEDERAJAT se-indonesia I. LATAR BELAKANG Sumber utama energi dunia 90% berasal dari bahan bakar fosil. Hal ini mengakibatkan emisi gas

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SMA SEDERAJAT TINGKAT NASIONAL UNIT KEGIATAN ILMIAH MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2012

PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SMA SEDERAJAT TINGKAT NASIONAL UNIT KEGIATAN ILMIAH MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2012 PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SMA SEDERAJAT TINGKAT NASIONAL UNIT KEGIATAN ILMIAH MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2012 I. PENDAHULUAN Unit Kegiatan Ilmiah Mahasiswa merupakan suatu wadah bagi

Lebih terperinci

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH COMPETITION GUIDELINE LOMBA KARYA TULIS ILMIAH PUBLIC HEALTH PROJECT 2016 A. TEMA DAN SUBTEMA TEMA World Tobacco Process and Machinery dalam Perspektif Kesehtaan dan Industri SUB TEMA 1. Optimalisasi pengetahuan

Lebih terperinci

Civil Engineering Expo CEE. Innovation of Green Concrete Competition

Civil Engineering Expo CEE. Innovation of Green Concrete Competition Civil Engineering Expo 2017 CEE Innovation of Green Concrete Competition 0 I. JUDUL DAN TEMA LOMBA 1. Judul lomba adalah Innovation of Green Concrete Competition 2. Tema lomba adalah mengenai Inovasi Beton

Lebih terperinci

BOOKLET CALL FOR PAPER PROGRES SHARIA ECONOMICS EVENT

BOOKLET CALL FOR PAPER PROGRES SHARIA ECONOMICS EVENT BOOKLET CALL FOR PAPER PROGRES SHARIA ECONOMICS EVENT PRESENT 2016 I. LATAR BELAKANG Indonesia sebagai negeri yang luas memiliki lebih dari 17.000 pulau. Daerah yang luas ini memiliki 250 juta jiwa yang

Lebih terperinci

Sekretariat HIMAKI FST UNAIR Kampus C Jalan Mulyorejo, Surabaya 60115

Sekretariat HIMAKI FST UNAIR Kampus C Jalan Mulyorejo, Surabaya 60115 AIRLANGGA CHEMISTRY ON WEEKEND LOMBA ESSAY MAHASISWA TINGKAT NASIONAL A. LATAR BELAKANG Kimia merupakan persenyawaan atau unsur-unsur suatu zat. Senyawa atau unsur-unsur zat tersebut seringkali ditemukan

Lebih terperinci

DESKRIPSI YOUTH NATIONAL ESSAY COMPETITION (YNEC)

DESKRIPSI YOUTH NATIONAL ESSAY COMPETITION (YNEC) DESKRIPSI (YNEC) Youth National Essay Competition adalah sebuah ajang perlombaan untuk seluruh siswa/ siswi SMA dan SMK sederajat di Seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh Himpuan Mahasiswa Jurusan

Lebih terperinci

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA CIVIL INNOVATION CONTEST 2013 (CIC 2013)

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA CIVIL INNOVATION CONTEST 2013 (CIC 2013) LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA CIVIL INNOVATION CONTEST 2013 (CIC 2013) I. Pendahuluan Konsep pembangunan berkelanjutan (sustainable development) merupakan kesepakatan global yang dihasilkan oleh kesepakatan

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA. Nama acara ini adalah Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Universitas Muria Kudus tahun 2017.

PANDUAN LOMBA. Nama acara ini adalah Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Universitas Muria Kudus tahun 2017. PANDUAN LOMBA A. Definisi Lomba Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Universitas Muria Kudus dengan tema Kontribusi Mahasiswa UMK Melalui Optimalisasi Kearifan Lokal merupakan kegiatan kompetisi ilmiah yang

Lebih terperinci

CIVIL NATIONAL EXPO 2017 JL. LET. JEND. S. PARMAN NO. 1 BLOK L LANTAI VI JAKARTA TELP FAX. (021)

CIVIL NATIONAL EXPO 2017 JL. LET. JEND. S. PARMAN NO. 1 BLOK L LANTAI VI JAKARTA TELP FAX. (021) BUKU PANDUAN LOMBA PERANCANGAN SISTEM PENGOLAHAN SUMBER DAYA AIR CIVIL NATIONAL EXPO 2017 A. NAMA KEGIATAN Lomba Perancangan Sistem Pengolahan Sumber Daya Air B. TEMA LOMBA Perancangan Sistem Pengolahan

Lebih terperinci

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH(LKTI) TINGKAT NASIONAL KIME ON IDEAS COMPETION (KOIN) 2016 KIME FE UNNES

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH(LKTI) TINGKAT NASIONAL KIME ON IDEAS COMPETION (KOIN) 2016 KIME FE UNNES 1. Nama Kegiatan Kegiatan yang akan diselenggarakan adalah Lomba Karya Tulis Ilmiah Kime on Ideas Competition (KOIN) Tingkat Nasional 2..Tema Kegiatan Tema penulisan LKTI KOIN Tingkat Nasional berkaitan

Lebih terperinci

PANDUAN ARCHETYPE ESSAY COMPETITION

PANDUAN ARCHETYPE ESSAY COMPETITION PANDUAN ARCHETYPE ESSAY COMPETITION HIMPUNAN MAHASISWA PSIKOLOGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTAA 2017 Lomba ini merupakan salah satu rangkaian acara Archetype 2017 Himpunan Mahasiswa

Lebih terperinci

LOMBA DESAIN POSTER PEKAN ILMIAH FARMASI INDONESIA (PIMFI) 2017 UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA

LOMBA DESAIN POSTER PEKAN ILMIAH FARMASI INDONESIA (PIMFI) 2017 UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA TOR (Term Of Reference) LOMBA DESAIN POSTER PEKAN ILMIAH FARMASI INDONESIA (PIMFI) 2017 UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA I. Latar Belakang Kemajuan teknologi dan perkembangan zaman saat ini seakan menuntut

Lebih terperinci

LATAR BELAKANG WAKTU PELAKSANAAN

LATAR BELAKANG WAKTU PELAKSANAAN LATAR BELAKANG Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) merupakan lembaga organisasi intra-kampus yang ada diruang lingkup masing-masing jurusan, terutama Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan (HIMATEKPA) yang mempunyai

Lebih terperinci

GUIDELINE NUTRIFEST 2017

GUIDELINE NUTRIFEST 2017 GUIDELINE NUTRIFEST 2017 HIMPUNAN MAHASISWA ILMU GIZI (HMIG) PROGRAM STUDI ILMU GIZI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG 2017 BAB I DESKRIPSI KEGIATAN 1. Latar Belakang Nutrifest atau Nutrition

Lebih terperinci

PETUNJUK TEHNIS LOMBA KARYA TULIS ILMIAH (LKTI) TINGKAT SMA DAN SEDERAJAT SE KABUPATEN SUMBAWA

PETUNJUK TEHNIS LOMBA KARYA TULIS ILMIAH (LKTI) TINGKAT SMA DAN SEDERAJAT SE KABUPATEN SUMBAWA PETUNJUK TEHNIS LOMBA KARYA TULIS ILMIAH (LKTI) TINGKAT SMA DAN SEDERAJAT SE KABUPATEN SUMBAWA TEMA SENTRAL: PROGRAM /UPAYA PENGENDALIAN KERUSAKAN DAN PENCEMARAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM MENDUKUNG PEMBANGUNAN

Lebih terperinci

KOMUNITAS ILMIAH PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH UNIVERSITAS NEGERI MEDAN PANDUAN NATIONAL ESSAY COMPETITION 2017

KOMUNITAS ILMIAH PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH UNIVERSITAS NEGERI MEDAN PANDUAN NATIONAL ESSAY COMPETITION 2017 KOMUNITAS ILMIAH PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH UNIVERSITAS NEGERI MEDAN PANDUAN NATIONAL ESSAY COMPETITION 2017 A. NAMA LOMBA National Essay Competition 2017 B. TEMA LOMBA Pemanfaatan Bonus Demografi untuk Mencapai

Lebih terperinci