Pedoman Penulisan Lomba ESSAY Tingkat Perguruan Tinggi se-madura. Fakultas Keislaman. Universitas Trunojoyo Madura

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Pedoman Penulisan Lomba ESSAY Tingkat Perguruan Tinggi se-madura. Fakultas Keislaman. Universitas Trunojoyo Madura"

Transkripsi

1 Pedoman Penulisan Lomba ESSAY 2017 Tingkat Perguruan Tinggi se-madura Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura PENDAHULUAN Essay MILAD FKis merupakan kegiatan lomba dalam memperingati hari lahirnya Fakultas Keislaman yang kemudian disingkat menjadi MILAD FKis, acara ini berada di lingkungan Universitas Trunojoyo Madura yang mana menjadi tempat naungan FKis itu sendiri. Dalam pelaksanaanya, kegiatan lomba Essay MILAD FKis dan melibatkan Badan Eksekutif Mahasiswa dan komponen badan kelengkapan mahasisiwa lainnya. Terdapat beberapa rangkaian acara lomba Essay FKis, yakni publikasi, Pendaftaran Online, pengiriman Essay Online, Pengumuman Hasil seleksi karya Essay, presentasi karya Essay, Forum Group Discussion, dan pengumuman pemenang lomba Essay. SEKILAS MILAD FKIS Essay MILAD Fkis adalah salah satu lomba mahasiswa tingkat Perguruan Tinggi se-madura yang merupakan upaya pewadahan aspirasi dan pemikiran mahasiswa terkait dengan pengelolaan dan pemanfaatan potensi unggulan daerah di Indonesia khususnya di Pulau Madura. Dalam lomba ini partisipan yang hadir diharapkan dapat memberikan sumbangsih pemikirannya sehingga strategi yang tepat terkait dengan pengeloalaan dan optimalisasi potensi Madura dapat dirumuskan. Rumusan yang ada nantinya akan menjadi dasar penulisan cetak biru (blueprint) yang merupakan wujud nyata sumbangsih mahasiswa Perguruan Tinggi se-madura dalam membantu pemerintah menelurkan kebijakan peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat yang dilakukan dengan mengoptimalkan berbagai sektor yang ada. Untuk mengikuti lomba ini peserta diharuskan mengirim karya tulisnya yang berbentuk Essay terlebih dahulu secara online dan diseleksi, setelah itu peserta yang lolos seleksi awal wajib mengikuti presentasi dan rangkaian acara yang telah ditetapkan oleh panitia.

2 TUJUAN : Dalam rangkah memeriahkan acara Milad Fakultas ke-3 Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura mengadakan LOMBA ESSAY tingkat Universitas Trunojoyo Madura, yang merupakan suatu kegiatan guna mendorong peneliti-peniliti muda khususnya Mahasiswa agar mampu menjadi motor penyemangat mahasiswa untuk mengasah kemampuannya dalam bidang kepenulisan ilmiah yang berlandasan Ekonomi Islam dan diharapkan dapat menjadi sarana ukhuwah islamiyah yang diiringi dengan suasana kompetitif, bersaudara, dan islami. TEMA : PENINGKATAN KESEJAHTERAAN DAN KUALITAS HIDUP MASYARAKAT MELALUI OPTIMALISASI POTENSI MADURA JADWAL PELAKSANAAN : Kegiatan Waktu Pendaftaran, dan pengiriman softcopy essay April 2017 Pengumuman yang lolos 10 besar tahap ke-2 28 April 2017 Pembayaran tahap ke-2 melalui via transfer + Konfirmasi ke panitia April 2017 Pelaksanaan tahap ke-2 dan ke-3 03 Mei 2017 Pengumuman Pemenang 03 Mei 2017 TAHAPAN LOMBA Lomba Essay terdiri dari 3 tahapan, yaitu: 1. Tahap Pertama, yaitu babak penyisihan essay yang merupakan babak penentuan timtim yang masuk semi final. 2. Tahap kedua, adalah babak semi final yang merupakan sesi presentasi dan untuk menentukan tim yang berhak maju ke babak final. 3. Tahap ketiga, adalah babak final yang merupakan babak akhir berupa sesi FGD (Focus Group Discussion) dan penentuan pemenang.

3 SISTEMATIKA LOMBA 1. Sesi Penyisihan Setelah finalis mengirimkan softcopy karya essay yang dilombakan, panitia akan menentukan 10 besar finalis yang akan lanjut ke tahap berikutnya yaitu sesi presentasi. 2. Sesi Presentasi Dari 10 besar finalis yang lolos tahap sesi penyisihan akan melakukan sesi presentasi setiap timnya di hadapan juri, panitia, dan finalis lainnya di ruangan yang telah disediakan. Di sesi ini setiap tim diwajibkan mempersiapkan media presentasi yang berupa Power Point dan sebagainya. Kemudian dari 10 besar tersebut akan terpilih 5 besar finalis. 3. Sesi FGD (Forum Group Discussion) Setelah finalis lolos dari sesi presentasi, akan diadakan diskusi lanjutan di mana di sesi ini akan dipandu oleh moderator yang disediakan panitia. Dalam diskusi ini seluruh finalis berhak menyuarakan pendapat terkait masalah dan solusi yang ditawarkan oleh dewan juri dan moderator. Hasil FGD haruslah disepakati oleh seluruh finalis dalam satu ruangan. Dalam forum tersebut, harus ada 1 perwakilan (Best Speaker) dan sebagai penentuan pemenang juara 1, 2, dan 3. KETENTUAN PESERTA 1. Finalis terdaftar sebagai mahasiswa/mahasiswi aktif (D3/S1) di perguruan tinggi di MADURA. 2. Finalis terdaftar LOMBA ESSAY hanya diperbolehkan mengirimkan satu karya. 3. Seluruh peserta diwajibkan melakukan registrasi dan membayar biaya administrasi sesuai ketentuan. 4. Finalis LOMBA ESSAY merupakan terdiri perorangan/tim, di mana setiap tim maksimal terdiri dari 2 orang. 5. Finalis yang telah mendaftar, timnya tidak diperkenankan mengganti anggota timnya. 6. Naskah essay yang dikirimkan finalis adalah hasil karya yang belum dipublikasikan, belum pernah menjadi juara pada event sebelumnya, dan tidak sedang diikutkan dalam event lainnya, dan merupakan hasil karya penulis sendiri. 7. Finalis yang lolos ke tahap 2 diharuskan mempersiapkam media presentasi dalam bentuk Power Point (PPT) atau lainnya. 8. Finalis diharapkan membawa alat tulis sendiri.

4 9. Finalis diharuskan berpakaian sopan, rapi, dan islami selama kegiatan berlangsung. 10. Finalis wajib memakai identitas mahasiswa (ID Card) selama kegiatan berlangsung. 11. Finalis wajib mengikuti seluruh rangkaian acara yang telah panitia tentukan. 12. Finalis yang melakukan pelanggaran akan didiskualifikasi. 13. Keputusan dewan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. 14. Penambahan atau perubahan tata tertib akan ditentukan kemudian. KETENTUAN LOMBA 1. Finalis wajib melakukan registrasi online dengan mengisi formulir pendaftaran di web syarifinblog.wordpress.com 2. Biaya pendaftaran Tahap 1 (penyisihan) gratis dan biaya tahap 2 yaitu presentasi karya Essay (Semi final) Sebesar = Rp /Tim, 3. Biaya pendaftaran ditransfer ke No. Rekening BRI a/n Ikhtiyah Miftakhul Agustin 4. Setelah melakukan registrasi online peserta wajib mengirimkan softcopy : a. Pas photo berwarna 4X6 (1 lembar) b. Scan kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih berlaku (1 lembar) c. Bukti registrasi d. Karya tulis essay finalis (PDF atau Word) Data tersebut dikirimkan ke alamat sebagai attachment dengan format: LombaEssayFkis_NamaFinalis_NamaUniversitas_JudulEssay 5. Setelah peserta mengirimkan file tersebut, peserta wajib melakukan konfirmasi kepada panitia melalui via SMS ke nomer (a/n Deviyana Norma) dengan format: Konfirmasi_LombaEssayFKis_NamaPeserta_NamaUniversitas_JudulEssay 6. Kemudian pengumuman yang lolos 10 besar ke tahap 2 dan pemberitahuan mengenai info-info tahap berikutnya yang akan diumumkan melalui web syarifinblog.wordpress.com dan FB Bem Fakultas Keislaman pada tanggal 28 April Kemudian 10 peserta yang lolos tersebut diwajibkan untuk melakukan pembayaran via transfer tahap ke 2 sebesar Rp /tim, melalui No Rekening yang sudah tertera dan wajib mengkonfirmasikan kembali ke panitia paling lambat tanggal 30 April 2017 (diharapkan bukti pembayaran dibawa waktu daftar ulang (sesi presentasi)).

5 8. Kemudian 10 besar tersebut akan mempresentasikan karya tulisnya pada tanggal 03 Mei 2017, dari 10 besar tersebut akan dipilih yang lolos 5 besar dan akan dilakukan tahap semi final yaitu FGD (Forum Group Discussion) yang akan menentukan juara 1,2, dan 3 serta 1 perwakilan yaitu Best Speaker. FASILITAS PESERTA Juara 1 = Uang Pembinaan + Trophy + Sertifikat Juara 2 = Uang Pembinaan + Trophy + Sertifikat Juara 3 = Uang Pembinaan + Trophy + Sertifikat Best speaker = Trophy + Sertifikat Finalis 10 besar = Sertifikat KETENTUAN PENULISAN KARYA TULIS (ESSAY) 1. Sifat dan Isi Tulisan, sifat dan isi tulisan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut : a. Kreatif dan inovatif 1. Judul bebas asalkan sesuai dengan tema yang ditentukan 2. Tulisan berisi gagasan yang kreatif sesuai tema b. Orisinalitas karya 1. Keaslian karya 2. Keaslian gagasan dalam menciptakan sebuah solusi c. Logis dan Sistematis 1. Isi tulisan digunakan dengan menggunakan EYD 2. Jumlah halaman essay antara 4-7 halaman 3. Naskah essay berisi tiga bagian yang tidak perlu disebut secara eksplisit, yaitu pendahuluan (berisi latar belakang dan identifikasi topik bahasan), isi (Pembahasan dan analisis), konklusi (kesimpulan/penutup), dan di bagian akhir dicantumkan daftar pustaka

6 d. Format Penulisan 1. Font : Times New Roman 2. Ukuran : Spasi : 1,5 4. Kertas : A4 5. Margin : 4, 3, 3, 3 (Kiri, Kanan, Atas, Bawah) 6. Kutipan : Memakai footnote 7. Daftar pustaka : a. Penulisan daftar pustaka untuk buku dimulai dengan menulis nama pengarang, tahun terbit, judul buku, tempat penerbit, dan nama terbit b. Penulisan daftar pustaka untuk jurnal dimulai dengan nama penulis, judul tulisan, nama jurnal, volume, dan nomor halaman c. Penulisan daftar pustaka yang diperoleh dari internet ditulis alamat websitenya dan waktu pengambilan (hanya boleh dari website) d. Penulisan daftar pustaka yang diperoleh dari media cetak ditulis nama sumbernya, tanggal, dan halaman KRITERIA PENILAIAN 1. Keaslian karya dan pemilihan judul 2. Kesesuaian tema 3. Ketajaman analisa 4. Kreatifitas 5. Implementasi dalam dunia nyata CP : Ikhtiyah ( ) Deviyana ( )

7 FORMULIR PENDAFTARAN LOMBA ESSAY A. KETUA TIM Nama Lengkap : Tempat, Tanggal Lahir : Jurusan, Fakultas : Asal Universitas : Judul Karya : Alamat Nomor Handphone : Foto 4x6 B. ANGGOTA Nama Lengkap : Tempat, Tanggal Lahir : Jurusan, Fakultas : Asal Universitas : Judul Karya : Alamat Nomor Handphone : Foto 4x6

PANDUAN NATIONAL ESSAY COMPETITION (NESCO) HIMPUNAN MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING

PANDUAN NATIONAL ESSAY COMPETITION (NESCO) HIMPUNAN MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING PANDUAN NATIONAL ESSAY COMPETITION (NESCO) HIMPUNAN MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING STUDI ILMIAH MAHASISWA PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN 2017 PANDUAN NATIONAL ESSAY COMPETITION

Lebih terperinci

Panduan Lomba Essay FANTASTIS 2017

Panduan Lomba Essay FANTASTIS 2017 Panduan Lomba Essay FANTASTIS 2017 A. TEMA LOMBA Mengembangkan Sains dan Teknologi guna Meningkatkan Nilai-Nilai Kemanusiaan di Lingkungan Masyarakat Islami B. SUBTEMA 1. Pendidikan 2. Lingkungan 3. Sosial

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA YOGYAKARTA STATE UNIVERSITY ESSAY COMPETITION A. Nama Kegiatan YEC (Yogyakarta State University Essay Competition)

PANDUAN LOMBA YOGYAKARTA STATE UNIVERSITY ESSAY COMPETITION A. Nama Kegiatan YEC (Yogyakarta State University Essay Competition) PANDUAN LOMBA YOGYAKARTA STATE UNIVERSITY ESSAY COMPETITION 2017 A. Nama Kegiatan YEC (Yogyakarta State University Essay Competition) B. Tema Esai Optimalisasi Strategi dan Inovasi Mahasiswa menuju Indonesia

Lebih terperinci

PETUNJUK PELAKSANAAN DAN PETUNJUK TEKNIS HI-GREAT OLYMPIAD OF AGROINDUSTRY 2017

PETUNJUK PELAKSANAAN DAN PETUNJUK TEKNIS HI-GREAT OLYMPIAD OF AGROINDUSTRY 2017 PETUNJUK PELAKSANAAN DAN PETUNJUK TEKNIS HI-GREAT OLYMPIAD OF AGROINDUSTRY 2017 INOVASI INDUSTRI PANGAN NASIONAL HORAS 2017 adalah Olimpiade Agroindustri tingkat SMA/MA/SMK sederajat se- Indonesia yang

Lebih terperinci

PETUNJUK TEKNIS KEGIATAN LOMBA ESAI YOUTH STRATEGIC TO GOLD GENERATION TANRI ABENG UNIVERSITY TAHUN 2017

PETUNJUK TEKNIS KEGIATAN LOMBA ESAI YOUTH STRATEGIC TO GOLD GENERATION TANRI ABENG UNIVERSITY TAHUN 2017 PETUNJUK TEKNIS KEGIATAN LOMBA ESAI YOUTH STRATEGIC TO GOLD GENERATION TANRI ABENG UNIVERSITY TAHUN 2017 A. Tema Youth Strategic to Gold Generation Subtema : Politik, Ekonomi dan Budaya B. Tanggal Penting

Lebih terperinci

BAB 1 PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang

BAB 1 PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Perekonomian Indonesia saat ini mulai terjadi perubahan. Pada masa dahulu perekonomian Indonesia tidak mengenal dengan sistem ekonomi kreatif. Akan tetapi Negara Indonesia

Lebih terperinci

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH GLANCE 2017

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH GLANCE 2017 LOMBA KARYA TULIS ILMIAH GLANCE 2017 A. Latar Belakang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) merupakan salah satu rangkaian acara dari GLANCE 2017 yang merupakan peringatan dies natalis LNG Academy

Lebih terperinci

PANDUAN SEMAR ESSAY COMPETITION FESTIVAL ILMIAH MAHASISWA (FILM) 2017

PANDUAN SEMAR ESSAY COMPETITION FESTIVAL ILMIAH MAHASISWA (FILM) 2017 PANDUAN SEMAR ESSAY COMPETITION FESTIVAL ILMIAH MAHASISWA (FILM) 2017 STUDI ILMIAH MAHASISWA UNIVERSITAS SEBELAS MARET 2017 PANDUAN SEMAR ESSAY COMPETITION FESTIVAL ILMIAH MAHASISWA 2017 A. NAMA LOMBA

Lebih terperinci

B. TEMA Bumi Pertiwi Kembali Hijau Dengan Lestarinya Indonesiaku

B. TEMA Bumi Pertiwi Kembali Hijau Dengan Lestarinya Indonesiaku A. JENIS LOMBA Lomba Essay Nasional 2017 B. TEMA Bumi Pertiwi Kembali Hijau Dengan Lestarinya Indonesiaku C. SUBTEMA a. Pendidikan b. Teknologi c. Ekonomi d. Lingkungan e. Insfrastruktur f. Sosial Budaya

Lebih terperinci

A. Deskripsi Kegiatan Lomba B. Tema C. Persyaratan Administratif

A. Deskripsi Kegiatan Lomba B. Tema C. Persyaratan Administratif A. Deskripsi Kegiatan Lomba Lomba esai ini merupakan kompetisi esai tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Bidikmisi Scholarship Community Universitas Negeri Semarang (BSC Unnes). Kompetisi esai ditujukan

Lebih terperinci

KOMPETISI ESAI NASIONAL (KEN) The 12 th STATISTIKA RIA

KOMPETISI ESAI NASIONAL (KEN) The 12 th STATISTIKA RIA KOMPETISI ESAI NASIONAL (KEN) The 12 th STATISTIKA RIA TUJUAN 1. Menumbuhkan motivasi peserta kompetisi The 12 th Statistika Ria untuk berprestasi khususnya dalam bidang statistika. 2. Melatih dan memberikan

Lebih terperinci

ESSAY COMPETITION GUIDANCE BOOK (BUKU PANDUAN LOMBA ESAI)

ESSAY COMPETITION GUIDANCE BOOK (BUKU PANDUAN LOMBA ESAI) ESSAY COMPETITION GUIDANCE BOOK (BUKU PANDUAN LOMBA ESAI) A. Nama Kegiatan : 5 th Call For Essay & Inspirational Talkshow 2017 B. Bentuk Kegiatan Bentuk kegiatan ini adalah lomba esai untuk siswa SMA/SMK/MA

Lebih terperinci

AIRLANGGA BOJONEGORO COMMUNITY

AIRLANGGA BOJONEGORO COMMUNITY ESSAY COMPETITION GUIDANCE BOOK (BUKU PANDUAN LOMBA ESAI) A. Nama Kegiatan : 4 th Call For Essay & Inspirational Talkshow 2016 B. Bentuk Kegiatan Bentuk kegiatan ini adalah lomba esai untuk siswa SMA/SMK/MA

Lebih terperinci

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH LOMBA KARYA TULIS ILMIAH GLANCE 2017 A. Latar Belakang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) merupakan salah satu rangkaian acara dari GLANCE 2017 yang merupakan peringatan dies natalis LNG Academy

Lebih terperinci

KOMUNITAS ILMIAH PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH UNIVERSITAS NEGERI MEDAN PANDUAN NATIONAL ESSAY COMPETITION 2017

KOMUNITAS ILMIAH PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH UNIVERSITAS NEGERI MEDAN PANDUAN NATIONAL ESSAY COMPETITION 2017 KOMUNITAS ILMIAH PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH UNIVERSITAS NEGERI MEDAN PANDUAN NATIONAL ESSAY COMPETITION 2017 A. NAMA LOMBA National Essay Competition 2017 B. TEMA LOMBA Pemanfaatan Bonus Demografi untuk Mencapai

Lebih terperinci

SYARAT DAN KETENTUAN PESERTA

SYARAT DAN KETENTUAN PESERTA ESSAY COMPETITION 2017 HUBUNGAN POLA HIDUP TERHADAP RESIKO DIABETES MELLITUS SYARAT DAN KETENTUAN PESERTA 1. Peserta lomba essay adalah mahasiswa umum se-indonesia 2. Peserta lomba merupakan perorangan

Lebih terperinci

PANDUAN KOMPETISI ESAI NASIONAL AGRIBUSINESS NATIONAL EVENT 2016

PANDUAN KOMPETISI ESAI NASIONAL AGRIBUSINESS NATIONAL EVENT 2016 PANDUAN KOMPETISI ESAI NASIONAL AGRIBUSINESS NATIONAL EVENT 2016 A. Nama Lomba Kompetisi Esai Nasional ANE (Agribusiness National Event) 2016. B. Tema Peran Generasi Muda dalam Pembangunan Berkelanjutan

Lebih terperinci

FORMULIR PENDAFTARAN

FORMULIR PENDAFTARAN FORMULIR PENDAFTARAN TRUNOJOYO AGROINDUSTRIAL TECHNOLOGY EVENT 2017 1. Judul Paper : 2. Asal Institusi : 3. Identitas Ketua Tim Nama : Jenis Kelamin : Nomor Induk Siswa : Jurusan : Tempat/Tanggal lahir

Lebih terperinci

B. Sasaran Sasaran dari rangkaian acara YOUTH S INVENTION 2017 adalah siswa SMA/MA sederajat se- Indonesia.

B. Sasaran Sasaran dari rangkaian acara YOUTH S INVENTION 2017 adalah siswa SMA/MA sederajat se- Indonesia. YOUTH S INVENTION 2017 adalah cabang lomba yang dipertandingkan dalam BIOSFER XI, dimana peserta mengusulkan suatu gagasan atau produk yang aplikatif untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang berkembang

Lebih terperinci

LOMBA ESAI MAHASISWA TINGKAT NASIONAL 2014 BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI PADANG (BEM FIS UNP)

LOMBA ESAI MAHASISWA TINGKAT NASIONAL 2014 BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI PADANG (BEM FIS UNP) LOMBA ESAI MAHASISWA TINGKAT NASIONAL 2014 BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI PADANG (BEM FIS UNP) Agama merupakan prinsip yang harus dimiliki oleh setiap orang yang berstatus

Lebih terperinci

PERSYARATAN DAN KETENTUAN PENULISAN LKTI NASIONAL BIOEXPO 2017

PERSYARATAN DAN KETENTUAN PENULISAN LKTI NASIONAL BIOEXPO 2017 PERSYARATAN DAN KETENTUAN PENULISAN LKTI NASIONAL BIOEXPO 2017 A. Persyaratan Administratif 1. Peserta adalah mahasiswa aktif jenjang S1 atau Diploma perguruan tinggi di Indonesia 2. Karya tulis Ilmiah

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA. Nama acara ini adalah Muria Scientific Competition 2018.

PANDUAN LOMBA. Nama acara ini adalah Muria Scientific Competition 2018. PANDUAN LOMBA A. Definisi Lomba Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Universitas Muria Kudus dengan tema Peran Mahasiswa sebagai Akselerator Pencapaian SDG s 2030 merupakan kegiatan kompetisi ilmiah yang

Lebih terperinci

PANDUAN PENULISAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH STATISTICS IN ACTION 2015 IKATAN KELUARGA STATISTIKA FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA

PANDUAN PENULISAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH STATISTICS IN ACTION 2015 IKATAN KELUARGA STATISTIKA FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA PANDUAN PENULISAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH STATISTICS IN ACTION 2015 IKATAN KELUARGA STATISTIKA FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA A. Deskripsi Kegiatan Kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah 2015 (LKTI),

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA ESSAY SMA TINGKAT NASIONAL SEMARAK INOVASI PENGEMBANGAN PERTANIAN INDONESIA (SIPPI)

PANDUAN LOMBA ESSAY SMA TINGKAT NASIONAL SEMARAK INOVASI PENGEMBANGAN PERTANIAN INDONESIA (SIPPI) PANDUAN LOMBA ESSAY SMA TINGKAT NASIONAL SEMARAK INOVASI PENGEMBANGAN PERTANIAN INDONESIA (SIPPI) HIMPUNAN MAHASISWA AGRONOMI INSTITUT PERTANIAN BOGOR 2013 PANDUAN LOMBA A. Nama Kegiatan Semarak Inovasi

Lebih terperinci

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT NASIONAL (LKTIN) KREATIVITAS MESIN BRAWIJAYA (KMB) 2017

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT NASIONAL (LKTIN) KREATIVITAS MESIN BRAWIJAYA (KMB) 2017 PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT NASIONAL (LKTIN) KREATIVITAS MESIN BRAWIJAYA (KMB) 2017 A. Nama Lomba Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional (LKTIN) Kreativitas Mesin Brawijaya (KMB) 2017 B.

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA ESSAY SMA TINGKAT NASIONAL SEMARAK INOVASI PENGEMBANGAN PERTANIAN INDONESIA (SIPPI)

PANDUAN LOMBA ESSAY SMA TINGKAT NASIONAL SEMARAK INOVASI PENGEMBANGAN PERTANIAN INDONESIA (SIPPI) PANDUAN LOMBA ESSAY SMA TINGKAT NASIONAL SEMARAK INOVASI PENGEMBANGAN PERTANIAN INDONESIA (SIPPI) HIMPUNAN MAHASISWA AGRONOMI INSTITUT PERTANIAN BOGOR 2015 PANDUAN LOMBA A. Nama Kegiatan Semarak Inovasi

Lebih terperinci

Inovasi Mahasiswa Bidikmisi dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan di Kawasan 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal)

Inovasi Mahasiswa Bidikmisi dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan di Kawasan 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) Panduan Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Bidikmisi Se-Jawa Bali Inovasi Mahasiswa Bidikmisi dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan di Kawasan 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) Forum Mahasiswa

Lebih terperinci

FORUM BIDIKMISI PAPER COMPETITION Ketentuan Lomba Forum Bidikmisi Paper Competition 2015

FORUM BIDIKMISI PAPER COMPETITION Ketentuan Lomba Forum Bidikmisi Paper Competition 2015 Ketentuan Lomba Forum Bidikmisi Paper Competition 2015 I. Tema Lomba yang bertema Mewujudkan Indonesia Mandiri Melalui Karya Generasi Muda yang Kreatif dan Inovatif dengan sub tema yaitu : Ilmu pengetahuan

Lebih terperinci

UNIVERSITAS MERDEKA PASURUAN BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM)

UNIVERSITAS MERDEKA PASURUAN BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM) 1. Lomba Debat Antar Perguruan Tinggi se-jawa Timur o Pendaftaran dimulai pada tanggal 28 Maret 2016 s/d 20 April 2016 o Setiap Hari Senin -Sabtu o Alamat pendaftaran : 1. Ruang BEM Universitas Merdeka

Lebih terperinci

Cp : Muhammad Iqbal N. R. ( )

Cp : Muhammad Iqbal N. R. ( ) I. PENDAHULUAN Sebelas dari dua belas tahun terakhir merupakan tahun-tahun terhangat dalam temperatur permukaan global sejak 1850. Tingkat pemanasan rata-rata selama lima puluh tahun terakhir hampir dua

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA SGM 8 CREATIVE STUDENT PROJECT (CSP) TINGKAT NASIONAL SMA/SMK/MA/Sederajat

PANDUAN LOMBA SGM 8 CREATIVE STUDENT PROJECT (CSP) TINGKAT NASIONAL SMA/SMK/MA/Sederajat PANDUAN LOMBA SGM 8 CREATIVE STUDENT PROJECT (CSP) TINGKAT NASIONAL SMA/SMK/MA/Sederajat TEMA UTAMA Tema utama dalam lomba CSP SGM 8 adalah Great Innovation by Empowering Agriculture to Develop Self Sufficient

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA ESSAY SMA TINGKAT NASIONAL SEMARAK INOVASI PENGEMBANGAN PERTANIAN INDONESIA (SIPPI)

PANDUAN LOMBA ESSAY SMA TINGKAT NASIONAL SEMARAK INOVASI PENGEMBANGAN PERTANIAN INDONESIA (SIPPI) PANDUAN LOMBA ESSAY SMA TINGKAT NASIONAL SEMARAK INOVASI PENGEMBANGAN PERTANIAN INDONESIA (SIPPI) HIMPUNAN MAHASISWA AGRONOMI INSTITUT PERTANIAN BOGOR 2015 PANDUAN LOMBA A. Nama Kegiatan Semarak Inovasi

Lebih terperinci

N2016 APTIO BUKU PANDUAN. Lomba Karya Tulis Ilmiah untuk siswa SMA/SMK/MA se-diy dan Jawa HMTK UAD. milad ke-20 th Teknik Kimia

N2016 APTIO BUKU PANDUAN. Lomba Karya Tulis Ilmiah untuk siswa SMA/SMK/MA se-diy dan Jawa HMTK UAD. milad ke-20 th Teknik Kimia C BUKU PANDUAN Chemical Papers Competition APTIO Lomba Karya Tulis Ilmiah untuk siswa SMA/SMK/MA se-diy dan Jawa Tengah N2016 HMTK UAD @HMTK_UAD CAPTION (Chemical Papers Competition) LOMBA KARYA TULIS

Lebih terperinci

PANDUAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL SMA-SEDERAJAT DALAM RANGKA MEMPERINGATI DIES NATALIS FARMASI UGM KE-71

PANDUAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL SMA-SEDERAJAT DALAM RANGKA MEMPERINGATI DIES NATALIS FARMASI UGM KE-71 PANDUAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL SMA-SEDERAJAT DALAM RANGKA MEMPERINGATI DIES NATALIS FARMASI UGM KE-71 TEMA KARYA TULIS PENERAPAN SAINS TEKNOLOGI DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM SEBAGAI

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA MEDIA BIMBINGAN DAN KONSELING NASIONAL 2017

PANDUAN LOMBA MEDIA BIMBINGAN DAN KONSELING NASIONAL 2017 PANDUAN LOMBA MEDIA BIMBINGAN DAN KONSELING NASIONAL 2017 A. NAMA LOMBA Lomba Media Bimbingan dan Konseling Nasional B. TEMA Peran Media Bimbingan Dan Konseling sebagai Upaya Mengembangkan Potensi Siswa.

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA ESAI SOCRATES NATIONAL COMPETITION

PANDUAN LOMBA ESAI SOCRATES NATIONAL COMPETITION PANDUAN LOMBA ESAI SOCRATES NATIONAL COMPETITION 2017 1. Pendahuluan Di tengah arus globalisasi saat ini, ada banyak yang harus kita jaga agar tidak kehilangan nilai aslinya. Salah satunya adalah kearifan

Lebih terperinci

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL BUKU PANDUAN PESERTA LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL SURAKARTA Panduan Peserta LKTIN Science Week 2017Page 1 BUKU PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL SCIENCE WEEK 2017 A. Definisi Lomba Karya Tulis

Lebih terperinci

ESSAY a c e. e v e n A C E E v e n t _. a c e n a t i o n a l e v e n t. f t. u n a n d. a c. i d T E R M O F R E F E R E N C E

ESSAY a c e. e v e n A C E E v e n t _. a c e n a t i o n a l e v e n t. f t. u n a n d. a c. i d T E R M O F R E F E R E N C E @ a c e. e v e n t @ A C E E v e n t _ a c e n a t i o n a l e v e n t. f t. u n a n d. a c. i d ESSAY COMPETITION PEDOMAN LOMBA ESSAI A. LATAR BELAKANG Indonesia adalah Negara berkembang yang sedang gencar

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN ESSAY COMPETITION SISWA SMA/SMK/SEDERAJAT SE JAWA TIMUR HIMPUNAN MAHASISWA AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

BUKU PANDUAN ESSAY COMPETITION SISWA SMA/SMK/SEDERAJAT SE JAWA TIMUR HIMPUNAN MAHASISWA AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA BUKU PANDUAN ESSAY COMPETITION SISWA SMA/SMK/SEDERAJAT SE JAWA TIMUR HIMPUNAN MAHASISWA AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA A. TEMA Optimalisasi Sumber Daya Lokal sebagai Strategi Peningkatan

Lebih terperinci

Pekan Ekonomi Syariah Trunojoyo Madura (PESTA) 3 rd 2016

Pekan Ekonomi Syariah Trunojoyo Madura (PESTA) 3 rd 2016 NATIONAL CALL FOR PAPER & CONFERENCE PESTA 3 rd 2016 Pengoptimalan Inovasi Kreatif Menuju Indonesia Emas I. LATAR BELAKANG Tingginya tingkat persaingan, mengharuskan setiap negara untuk berkompetisi dalam

Lebih terperinci

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL DALAM RANGKA MEMPERINGATI LUSTRUM XIV FAKULTAS FARMASI UGM TAHUN 2016

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL DALAM RANGKA MEMPERINGATI LUSTRUM XIV FAKULTAS FARMASI UGM TAHUN 2016 LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL DALAM RANGKA MEMPERINGATI LUSTRUM XIV FAKULTAS FARMASI UGM TAHUN 2016 I. Tanggal yang Harus Diperhatikan 1. Pendaftaran : 1 31 Agustus 2016 2. Batas Pembayaran : 2 September

Lebih terperinci

Ketentuan lomba essay nasional KEC ( KIK Essay Competition) 2016

Ketentuan lomba essay nasional KEC ( KIK Essay Competition) 2016 Ketentuan lomba essay nasional KEC ( KIK Essay Competition) 2016 I. Tema Lomba Esai Nasional KSW yang bertema Implementasi Sains dan Teknologi Tepat Guna untuk Mewujudkan Indonesia Berdaya Saing Global

Lebih terperinci

Pedoman Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan

Pedoman Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan Pedoman Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan A. Pendahuluan Lomba Karya Tulis Ilmiah ini diadakan dalam rangka memperingati Milad Fakultas Farmasi Universitas Ahmad

Lebih terperinci

FORUM MAHASISWA SEJARAH

FORUM MAHASISWA SEJARAH PANDUAN PENDAFTARAN DAN PENULISAN LOMBA DEBAT NASIONAL 1. Deskripsi Kegiatan SEJARAH SANSKERTA 2017 Menjaga NKRI melalui Kekuatan Budaya Nasional. Sejarah bukan hanya dapat ditulis saja, namun dapat didiskusikan

Lebih terperinci

Babak Eliminasi Abstrak Invention

Babak Eliminasi Abstrak Invention KETENTUAN LOMBA KARYA TULIS INVENTION 2016 DIPONEGORO ECONOMIC FESTIVAL 2016 BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS DIPONEGORO INVENTION 2016 kepanjangan dari Innovation Research

Lebih terperinci

PETUNJUK PELAKSANAAN KEGIATAN LOMBA BUSINESS PLAN TEMILNAS XIII MALANG

PETUNJUK PELAKSANAAN KEGIATAN LOMBA BUSINESS PLAN TEMILNAS XIII MALANG PETUNJUK PELAKSANAAN KEGIATAN LOMBA BUSINESS PLAN TEMILNAS XIII MALANG A. Definisi Lomba business plan merupakan ajang lomba untuk mewadahi kreatifitas mahasiswa dalam mengungkapkan ide bisnisnya untuk

Lebih terperinci

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SEMARAK GEOGRAFI NASIONAL 2015

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SEMARAK GEOGRAFI NASIONAL 2015 PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SEMARAK GEOGRAFI NASIONAL 2015 A. Nama Lomba Lomba Karya Tulis Ilmiah B. Tema Penerapan Teknologi Pembelajaran Geografi Untuk Menggali Potensi Geografis Indonesia C. Sub

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN KARYA ESSAI SEMARAK ESSAI NASIONAL (SEN)

PEDOMAN PENULISAN KARYA ESSAI SEMARAK ESSAI NASIONAL (SEN) SEMARAKKEILMUAN 2017 PEDOMAN PENULISAN KARYA ESSAI SEMARAK ESSAI NASIONAL (SEN) UKM PENALARAN DAN KEILMUAN (P&K) UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI (UNSWAGATI) CIREBON PEDOMAN PENULISAN SEMARAK ESSAI NASIONAL

Lebih terperinci

BOOKLET OLIMPIADE EKONOMI ISLAM

BOOKLET OLIMPIADE EKONOMI ISLAM BOOKLET OLIMPIADE EKONOMI ISLAM PESTA 2016 Pekan Ekonomi Syariah Trunojoyo Madura BUKU PANDUAN TEKNIS OLIMPIADE EKONOMI ISLAM TINGKAT SMA/ SMK/ MA/ PESANTREN SE JAWA TIMUR I. LATAR BELAKANG Dalam rangka

Lebih terperinci

TEMA: Peran Ekonomi Islam dalam Pembangunan Bangsa

TEMA: Peran Ekonomi Islam dalam Pembangunan Bangsa LOMBA ESSAY EKONOMI ISLAM TINGKAT REGIONAL JAWA TIMUR SISWA/I SMA/SMK/MA/SEDERAJAT 2016 TEMA: Peran Ekonomi Islam dalam Pembangunan Bangsa A. Ketentuan Umum 1. Peserta adalah Pelajar tingkat SMA/SMK/MA/Sederajat

Lebih terperinci

PANDUAN SEMAR PAPER COMPETITION FESTIVAL ILMIAH MAHASISWA 2018

PANDUAN SEMAR PAPER COMPETITION FESTIVAL ILMIAH MAHASISWA 2018 PANDUAN SEMAR PAPER COMPETITION FESTIVAL ILMIAH MAHASISWA 2018 Dewasa ini, dunia banyak menghadapi problematika global yang semakin kompleks mencakup seluruh aspek kehidupan. Problematika global tidak

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA. Nama acara ini adalah Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Universitas Muria Kudus tahun 2017.

PANDUAN LOMBA. Nama acara ini adalah Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Universitas Muria Kudus tahun 2017. PANDUAN LOMBA A. Definisi Lomba Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Universitas Muria Kudus dengan tema Kontribusi Mahasiswa UMK Melalui Optimalisasi Kearifan Lokal merupakan kegiatan kompetisi ilmiah yang

Lebih terperinci

Peserta lomba adalah mahasiswa perguruan tinggi seluruh Indonesia dengan rincian sebagai berikut:

Peserta lomba adalah mahasiswa perguruan tinggi seluruh Indonesia dengan rincian sebagai berikut: A. Tujuan Secara umum National Essay Competition (NEC) The Luminous ESA S Fair XII 2015 ini bertujuan untuk memacu prestasi mahasiswa seluruh Indonesia. Lomba ini berpotensi sebagai wahana untuk: 1. Memotivasi

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN DEBAT NASIONAL KEFARMASIAN PEKAN ILMIAH MAHASISWA FARMASI INDONESIA PIMFI 2015 UNIVERSITAS PADJADJARAN

BUKU PANDUAN DEBAT NASIONAL KEFARMASIAN PEKAN ILMIAH MAHASISWA FARMASI INDONESIA PIMFI 2015 UNIVERSITAS PADJADJARAN BUKU PANDUAN PEKAN ILMIAH MAHASISWA FARMASI INDONESIA PIMFI 2015 I. Latar belakang Mahasiswa farmasi sebagai pelopor masa depan bangsa, dituntut untuk dapat berpikir rasional dan kritis terhadap isu-isu

Lebih terperinci

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO 2016

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO 2016 LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MA/SMA/SMK SEDERAJAT se-kabupaten SIDOARJO UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO 2016 I. TEMA Tema kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah MA/SMA/SMK sederajat se- Kabupaten Sidoarjo adalah

Lebih terperinci

Syarat dan Ketentuan Peserta Marketition aktif Pascasarjana dari berbagai jurusan, dan/atau seluruh anggota tim adalah mahasiswa aktif

Syarat dan Ketentuan Peserta Marketition aktif Pascasarjana dari berbagai jurusan, dan/atau seluruh anggota tim adalah mahasiswa aktif Syarat dan Ketentuan Peserta Marketition 2017 1. Satu tim terdiri dari minimal 3 (tiga) hingga 5 (lima) orang. 2. Minimal 2 (dua) peserta berstatus sebagai mahasiswa/i aktif Pascasarjana jurusan manajemen,

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN TAHAP : PENGUMPULAN ABSTRAK LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL Research of Applied Chemistry Competition (REACTION)

BUKU PANDUAN TAHAP : PENGUMPULAN ABSTRAK LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL Research of Applied Chemistry Competition (REACTION) BUKU PANDUAN TAHAP : PENGUMPULAN ABSTRAK LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL Research of Applied Chemistry Competition (REACTION) A. Latar Belakang Saat ini negara-negara di dunia, termasuk Indonesia, sedang

Lebih terperinci

PANDUAN ARCHETYPE ESSAY COMPETITION

PANDUAN ARCHETYPE ESSAY COMPETITION PANDUAN ARCHETYPE ESSAY COMPETITION HIMPUNAN MAHASISWA PSIKOLOGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTAA 2017 Lomba ini merupakan salah satu rangkaian acara Archetype 2017 Himpunan Mahasiswa

Lebih terperinci

Himatika Fmipa

Himatika Fmipa Himatika Fmipa UNY @himatikauny himatika_uny @tqk4969i A. DESKRIPSI KEGIATAN Lomba Artikel dan Alat Peraga Matematika (LA2PM) adalah salah satu program kerja tahunan dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan

Lebih terperinci

TINGKAT SMA/MA SEDERAJAT

TINGKAT SMA/MA SEDERAJAT EXPLORE SCIENCE TO EXPLORE THE WORLD KETENTUAN DAN PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT SMA/MA SEDERAJAT www.kirmandapa.com KETENTUAN DAN PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH (LKTI) SCIENCE CREATION EVEN

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA NCC 2K16

PANDUAN LOMBA NCC 2K16 PANDUAN LOMBA NCC 2K16 PANDUAN UMUM 1. Pendaftaran dimulai tanggal 22 Februari 2016 s.d. 03 Juli 2016 2. Pendaftaran tahap pertama dilakukan secara online 3. Panitia menyediakan 2 jalur pendaftaran : Jalur

Lebih terperinci

B. Tema Finding Innovation to Enhance Safety Culture in Public Spaces

B. Tema Finding Innovation to Enhance Safety Culture in Public Spaces National Safety Competition 2017 Paving Pathway towards Zero Accident Culture Essay Competition A. Pendahuluan National Safety Competition 2017 merupakan rangkaian kegiatan dalam bidang safety yang diadakan

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA D3 FARMASI SE-INDONESIA PHARMODIA 2017 JURUSAN FARMASI POLTEKKES KEMENKES BANDUNG

PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA D3 FARMASI SE-INDONESIA PHARMODIA 2017 JURUSAN FARMASI POLTEKKES KEMENKES BANDUNG PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA D3 FARMASI SE-INDONESIA PHARMODIA 2017 JURUSAN FARMASI POLTEKKES KEMENKES BANDUNG I. Deskripsi Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa D3 Farmasi Se-Indonesia merupakan

Lebih terperinci

TEMA PERAN ENGINEER DALAM MODERNISASI INDUSTRI UKM DI INDONESIA

TEMA PERAN ENGINEER DALAM MODERNISASI INDUSTRI UKM DI INDONESIA si TEMA PERAN ENGINEER DALAM MODERNISASI INDUSTRI UKM DI INDONESIA LATAR BELAKANG Indonesia Emas 2045 adalah sebuah cita-cita besar untuk menggapai Indonesia yang berdiri dengan pilar yang meliputi pembangunan

Lebih terperinci

BUKU PEDOMAN KMPM GMM UPI It s Our Time to Reverberate Mathematics

BUKU PEDOMAN KMPM GMM UPI It s Our Time to Reverberate Mathematics BUKU PEDOMAN KMPM GMM UPI 2015 It s Our Time to Reverberate Mathematics PEDOMAN TEKNIS PERLOMBAAN KMPM GMM UPI 2015 Tema Media Pembelajaran Merupakan sebuah fakta bahwa matematika masih menjadi momok bagi

Lebih terperinci

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA TINGKAT NASIONAL DALAM RANGKA DIES NATALIES KE-50 UNIVERSITAS JENDERAL

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA TINGKAT NASIONAL DALAM RANGKA DIES NATALIES KE-50 UNIVERSITAS JENDERAL LOMBA KARYA AT TULIS ILMIAH TINGKAT NASIONAL NA 2013 Dalam R Rangka Dies Natalis kensoed ke-50 Uns PANDUAN PENULISAN Mewujudkan Wo World Class Civic University Berbasis Be Kearifan Lokal Pedesaan Cp :

Lebih terperinci

KETENTUAN LOMBA ESAI ILMIAH HIPOTALAMUS COMPETITION 2016 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS JEMBER

KETENTUAN LOMBA ESAI ILMIAH HIPOTALAMUS COMPETITION 2016 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS JEMBER KETENTUAN LOMBA ESAI ILMIAH HIPOTALAMUS COMPETITION 2016 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS JEMBER I. KETENTUAN TEKNIS TEMA UMUM Comprehensive Approach of Agromedicine : Decreasing Mortality and Morbidity

Lebih terperinci

PETUNJUK PELAKSANAAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH-MAHASISWA (LKTIM) SE-JAWA-BALI 2014

PETUNJUK PELAKSANAAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH-MAHASISWA (LKTIM) SE-JAWA-BALI 2014 PETUNJUK PELAKSANAAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH-MAHASISWA (LKTIM) SE-JAWA-BALI 2014 LEMBAGA PENGEMBANGAN PENALARAN DAN PENELITIAN MAHASISWA EKONOMI (LP3ME) FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG PETUNJUK

Lebih terperinci

Poster and Essay Competition. Tema :

Poster and Essay Competition. Tema : Poster and Essay Competition Tema : Forming the Golden Leader Through Effective Communication In Facing the Millenium Development Goal 2015 Prosedur Pendaftaran Lomba: 1. Peserta adalah siswa Mahasiswa

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN TEKNIS OLIMPIADE EKONOMI ISLAM TINGKAT SMA/ SMK/ MA/ PESANTREN

BUKU PANDUAN TEKNIS OLIMPIADE EKONOMI ISLAM TINGKAT SMA/ SMK/ MA/ PESANTREN Kompetisi bergengsi mengenai pengetahun ekonomi islam berupa tes tertulis, cerdas cermat, analisis, studi kasus yang dikemas dalam Satu Rangkaian acara yang Dilangsungkan dalam empat babak (penyisihan,

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN LOMBA ANALISIS PONDASI CIVIL NATIONAL EXPO 2018

BUKU PANDUAN LOMBA ANALISIS PONDASI CIVIL NATIONAL EXPO 2018 BUKU PANDUAN LOMBA ANALISIS PONDASI CIVIL NATIONAL EXPO 2018 A. NAMA KEGIATAN Lomba Analisis Pondasi B. TEMA LOMBA Effective and Efficient Design of Retaining Walls C. SYARAT PESERTA 1. Peserta lomba terdiri

Lebih terperinci

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH LOMBA KARYA TULIS ILMIAH PEKAN DAS BRANTAS X 2014 I. PENDAHULUAN Seiring berjalannya perkembangan zaman dan teknologi banyak timbul permasalahan yang terjadi pada lingkungan sehingga timbul krisis yang

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA NCC 2K16

PANDUAN LOMBA NCC 2K16 PANDUAN LOMBA NCC 2K16 PANDUAN UMUM 1. Pendaftaran dimulai tanggal 22 Februari 2016 s.d. 03 Juli 2016 2. Pendaftaran tahap pertama dilakukan secara online 3. Panitia menyediakan 2 jalur pendaftaran : Jalur

Lebih terperinci

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH PERJUANGAN ANTAR SMA/SMK/MA SE-KOTA CIREBON TAHUN 2017

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH PERJUANGAN ANTAR SMA/SMK/MA SE-KOTA CIREBON TAHUN 2017 PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH PERJUANGAN ANTAR SMA/SMK/MA SE-KOTA CIREBON TAHUN 2017 A. Tema Peranan Veteran Republik Indonesia Dalam Menghantarkan Kemerdekaan Bangsa Indonesia, Mengawal Perjuangan

Lebih terperinci

HMS FT UNS CIVILWEEK 2016

HMS FT UNS CIVILWEEK 2016 NAMA KEGIATAN National Paper Competition Civilweek 2016 TEMA LOMBA Inovasi Infrastruktur dalam Mendorong Potensi Pariwisata Daerah SUB TEMA LOMBA: 1. Transportasi Infrastruktur Transportasi dalam Mendukung

Lebih terperinci

Persyaratan Lomba Debat

Persyaratan Lomba Debat Persyaratan Lomba Debat Lomba Debat Antar Perguruan Tinggi se-tapal Kuda o Pendaftaran dimulai pada tanggal 28 Maret 2016 s/d 20 April 2016 o Alamat pendaftaran : 1. Ruang BEM Universitas Merdeka Pasuruan,

Lebih terperinci

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH A. Peserta 1. Peserta lomba karya tulis ilmiah adalah 2 orang perwakilan dari regu. 2. Peserta lomba karya tulis ilmiah wajib mengenakan Pakaian Seragram Harian (PSH) masing-masing

Lebih terperinci

TERMS OF REFERENCE KOFEIN 2018 Online Essay

TERMS OF REFERENCE KOFEIN 2018 Online Essay TERMS OF REFERENCE KOFEIN 2018 Online Essay Esai Kefarmasian se-jawa Timur untuk SMA/Sederajat A. TEMA Eksistensi Apoteker dalam Mewujudkan Indonesia Sehat dan Sejahtera. Sub Tema : 1. Pengembangan Obat

Lebih terperinci

KOMPETISI ESAI NASIONAL PKPT IPNU IPPNU UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2017

KOMPETISI ESAI NASIONAL PKPT IPNU IPPNU UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2017 KOMPETISI ESAI NASIONAL PKPT IPNU IPPNU UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2017 1. NAMA KEGIATAN Kegiatan yang akan diselenggarakan adalah NATIONAL ISLAMIC ESSAY COMPETITION GREAT MUHARRAM FESTIVAL (GMF)

Lebih terperinci

NO. KEGIATAN WAKTU KETERANGAN

NO. KEGIATAN WAKTU KETERANGAN GUIDELINE DENTISTRY SCIENTIFIC FESTIVAL 2017 1. KETENTUAN UMUM 1.1 TEMA Maximum Aesthetic Dentistry for Comprehensive Health 1.2 Tahap Pelaksanaan NO. KEGIATAN WAKTU KETERANGAN 1 Pendaftaran Gelombang

Lebih terperinci

Guidance Book. Goresan Pena Sosial

Guidance Book. Goresan Pena Sosial Guidance Book Goresan Pena Sosial Latar Belakang GPS (Goresan Pena Sosial ) 2016 merupakan sebuah lomba karya tulis ilmiah yang diadakan oleh HIMASIGI (Himpunan Mahasiswa Sosiologi) FISIP Uniersitas Brawijaya.

Lebih terperinci

LOMBA ESAI DESKRIPTIF KREASI DAN INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN (KRENOBEL) TINGKAT MAHASISWA

LOMBA ESAI DESKRIPTIF KREASI DAN INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN (KRENOBEL) TINGKAT MAHASISWA PETUNJUK PELAKSANAAN DAN PETUNJUK TEKNIS LOMBA ESAI DESKRIPTIF KREASI DAN INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN (KRENOBEL) TINGKAT MAHASISWA 2016 BEM FMIPA UNIVERSITAS NEGERI MALANG Optimalisasi Media Pembelajaran

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA INOVASI MENGINSPIRASI UNTUK NEGERI INOVATOR NUSANTARA 2017

PANDUAN LOMBA INOVASI MENGINSPIRASI UNTUK NEGERI INOVATOR NUSANTARA 2017 PANDUAN LOMBA INOVASI MENGINSPIRASI UNTUK NEGERI INOVATOR NUSANTARA 2017 PENDAHULUAN Inovator Nusantara merupakan sebuah organisasi kepemudaan yang berfokus untuk mewadahi berbagai inovasi karya anak bangsa

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SMA SEDERAJAT TINGKAT NASIONAL UNIT KEGIATAN ILMIAH MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2012

PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SMA SEDERAJAT TINGKAT NASIONAL UNIT KEGIATAN ILMIAH MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2012 PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SMA SEDERAJAT TINGKAT NASIONAL UNIT KEGIATAN ILMIAH MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2012 I. PENDAHULUAN Unit Kegiatan Ilmiah Mahasiswa merupakan suatu wadah bagi

Lebih terperinci

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH KESEHATAN SEKSUAL DAN REPRODUKSI REMAJA TINGKAT SMA/SMK/MA SE-BALI TAHUN 2016

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH KESEHATAN SEKSUAL DAN REPRODUKSI REMAJA TINGKAT SMA/SMK/MA SE-BALI TAHUN 2016 PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH KESEHATAN SEKSUAL DAN REPRODUKSI REMAJA TINGKAT SMA/SMK/MA SE-BALI TAHUN 2016 A. NAMA LOMBA Lomba Karya Tulis Ilmiah Kesehatan Seksual dan Reproduksi Remaja Tingkat SMA/SMK/MA

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN LOMBA ANALISIS TRANSPORTASI CIVIL NATIONAL EXPO 2018

BUKU PANDUAN LOMBA ANALISIS TRANSPORTASI CIVIL NATIONAL EXPO 2018 BUKU PANDUAN LOMBA ANALISIS TRANSPORTASI CIVIL NATIONAL EXPO 2018 A. NAMA KEGIATAN Lomba Analisis Transportasi B. TEMA LOMBA Sistem Transportasi Umum di Indonesia. C. SYARAT PESERTA 1. Peserta lomba terdiri

Lebih terperinci

BUKU PEDOMAN LOMBA ESSAY MATEMATIKA NASIONAL (LEMNAS) GMM UPI It s Time to Reverberate Mathematics

BUKU PEDOMAN LOMBA ESSAY MATEMATIKA NASIONAL (LEMNAS) GMM UPI It s Time to Reverberate Mathematics BUKU PEDOMAN LOMBA ESSAY MATEMATIKA NASIONAL (LEMNAS) GMM UPI 2015 It s Time to Reverberate Mathematics PEDOMAN TEKNIS PENULISAN ESSAY LEMNAS GMM UPI 2015 Deskripsi Lomba Lomba Essay Matematika Nasional(LEMNAS)

Lebih terperinci

PEDOMAN UMUM LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SCIENCE EDUCATION EXPO (SEE) IX HIMA IPA UNY 2017

PEDOMAN UMUM LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SCIENCE EDUCATION EXPO (SEE) IX HIMA IPA UNY 2017 PEDOMAN UMUM LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SCIENCE EDUCATION EXPO (SEE) IX HIMA IPA UNY 2017 A. Pengertian LKTI SEE IX merupakan salah satu lomba karya tulis ilmiah untuk siswa/i SMP/MTs/sederajad yang diselenggarakan

Lebih terperinci

BOOKLET CALL FOR PAPER PROGRES SHARIA ECONOMICS EVENT

BOOKLET CALL FOR PAPER PROGRES SHARIA ECONOMICS EVENT BOOKLET CALL FOR PAPER PROGRES SHARIA ECONOMICS EVENT PRESENT 2016 I. LATAR BELAKANG Indonesia sebagai negeri yang luas memiliki lebih dari 17.000 pulau. Daerah yang luas ini memiliki 250 juta jiwa yang

Lebih terperinci

PEDOMAN KOMPETISI ESAI MAHASISWA SE-BANGKALAN 2017 SYARAT DAN KETENTUAN KOMPETISI ESAI MAHASISWA SE-BANGKALAN 2017

PEDOMAN KOMPETISI ESAI MAHASISWA SE-BANGKALAN 2017 SYARAT DAN KETENTUAN KOMPETISI ESAI MAHASISWA SE-BANGKALAN 2017 PEDOMAN KOMPETISI ESAI MAHASISWA SE-BANGKALAN 2017 SYARAT DAN KETENTUAN KOMPETISI ESAI MAHASISWA SE-BANGKALAN 2017 1. PESERTA Peserta kompetisi esai mahasiswa se-bangkalan yang di selenggarakan oleh HimpunanMahasiswaProdiSosiologiUTM

Lebih terperinci

LATAR BELAKANG WAKTU PELAKSANAAN

LATAR BELAKANG WAKTU PELAKSANAAN LATAR BELAKANG Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) merupakan lembaga organisasi intra-kampus yang ada diruang lingkup masing-masing jurusan, terutama Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan (HIMATEKPA) yang mempunyai

Lebih terperinci

LOMBA ESAI. a. Tema Lomba Esai Pramuka 2017 Lomba Esai Pramuka 2017 mengambil tema Kemilau dan Pesona Pramuka di Era Globalisasi

LOMBA ESAI. a. Tema Lomba Esai Pramuka 2017 Lomba Esai Pramuka 2017 mengambil tema Kemilau dan Pesona Pramuka di Era Globalisasi LOMBA ESAI a. Tema Lomba Esai Pramuka 2017 Lomba Esai Pramuka 2017 mengambil tema Kemilau dan Pesona Pramuka di Era Globalisasi b. Kategori Lomba 1) SMA/Sederajat Tema Esai : Tepuk Pramuka Kreatif dan

Lebih terperinci

hmtsubb.weebly.com KERANGKA ACUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL

hmtsubb.weebly.com KERANGKA ACUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL hmtsubb.weebly.com KERANGKA ACUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL 2015 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Kegiatan operasi tambang berdampak secara nyata terhadap lingkungan hidup. Menurut Sujitno

Lebih terperinci

PPEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL INNOVATION CHALLENGE 3

PPEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL INNOVATION CHALLENGE 3 PPEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL INNOVATION CHALLENGE 3 A. Nama Lomba Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) Innovation Challenge (INCHALL) 3. B. Tema GREEN INNOVATION Inovasi Ramah Lingkungan.

Lebih terperinci

THE RULEBOOK of Business Plan Competition

THE RULEBOOK of Business Plan Competition THE RULEBOOK of Business Plan Competition Presented By: Business Plan Competition Business Plan Competition merupakan salah satu rangkaian kegiatan daripada Economic Business Week yang akan diselenggarakan

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA DEBAT SOCRATES NATIONAL COMPETITION 2017

PANDUAN LOMBA DEBAT SOCRATES NATIONAL COMPETITION 2017 PANDUAN LOMBA DEBAT SOCRATES NATIONAL COMPETITION 2017 1. Pendahuluan Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam yang berlimpah. Tidak hanya sumber daya alam yang terbentang dari Sabang sampai Merauke,

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA SCIENTIFIC GREAT MOMENT 7 CREATIVE STUDENT PROJECT TINGKAT SISWA NASIONAL

PANDUAN LOMBA SCIENTIFIC GREAT MOMENT 7 CREATIVE STUDENT PROJECT TINGKAT SISWA NASIONAL PANDUAN LOMBA SCIENTIFIC GREAT MOMENT 7 CREATIVE STUDENT PROJECT TINGKAT SISWA NASIONAL TEMA UTAMA Tema utama dalam lomba Creative Student Project SGM7 adalah Youth Inovation in Agricultural Technology

Lebih terperinci

[PANDUAN SCIENCE PROJECT AWARDS] STAR FM VOL 3

[PANDUAN SCIENCE PROJECT AWARDS] STAR FM VOL 3 2015 STAR FM VOL 3 HIMATIKA UNS KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN [PANDUAN SCIENCE PROJECT AWARDS] Assalamu alaikum Wr. Wb. PRAKATA Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah mencurahkan

Lebih terperinci

PETUNJUK TEKNIS DAN PETUNJUK PELAKSANAAN LOMBA KARYA ILMIAH REMAJA SMA TINGKAT NASIONAL PEKAN ILMIAH BIOLOGI XXIII

PETUNJUK TEKNIS DAN PETUNJUK PELAKSANAAN LOMBA KARYA ILMIAH REMAJA SMA TINGKAT NASIONAL PEKAN ILMIAH BIOLOGI XXIII PETUNJUK TEKNIS DAN PETUNJUK PELAKSANAAN LOMBA KARYA ILMIAH REMAJA SMA TINGKAT NASIONAL PEKAN ILMIAH BIOLOGI XXIII A. Tema Karya Ilmiah Tema Karya ilmiah dalam Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) PIBT XXIII

Lebih terperinci