BAB 1 PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "BAB 1 PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang"

Transkripsi

1

2 BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Perekonomian Indonesia saat ini mulai terjadi perubahan. Pada masa dahulu perekonomian Indonesia tidak mengenal dengan sistem ekonomi kreatif. Akan tetapi Negara Indonesia sudah mulai mengetahui tentang apa itu ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonimi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Konsep ini biasanya akan didukung dengan keberadaan industri kereatif yang menjadi perwujudannya. Departemen perdagangan Republik Indonesia memberi pengertian bahwa ekonomi kreatif sebagai upaya pembangaunan ekonomi secara berkelanjutan melalui kreativitas dengan iklim perekonomian berdaya saing dan memiliki cadangan sumber daya yang terbarukan. Ekonomi kreatif sebagai industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakar individu demi menciptakan kesejahteraan dengan menghasilkan dan mengekploitasi daya kreasi dan cipta individu tesebut. Untuk itu Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura (BEM FEB-UTM) mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional dengan Tema Optimalisasi Potensi Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Menuju Sustainable Development Goals yang diharapkan mahasiswa diseluruh Indonesia dapat memberikan ide/gagasannya tentang Potensi Ekonomi Kreatif sehingga output dari lomba tersebut dapat diterapkan dan menjadi solusi bagi permasalahan Ekonomi. Dikalangan mahasiswa, karya tulis ilmiah merupakan suatu hal yang tidak asing lagi. Banyak karya ilmiah yang kreatif dan inovatif yang dihasilkan oleh para mahasiswa. Namun tidak semua mahasiswa bersedia untuk menghasilkan sebuah karya ilmiah. Kebanyakan mahasiswa kurang tertarik untuk membuat karya ilmiah tersebut. Salah satu alasannya karena sebagian dari mereka menganggap terlalu rumit untuk membuat sebuah karya ilmiah. Oleh karena itu, disini kami akan mencoba mengasah kemampuan mahasiswa atas apa yang mereka tahu tentang ekonomi. Ekonomi kreatif saat ini sangat diperlukan karena banyaknya permasalahan ekonomi yang terjadi di Indonesia, karenanya kita sebagai mahasiswa sangat perlu menyalurkan pemikiran tentang ekonomi, yakni salah satunya kita dapar menyalurkannya melalui Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI). Dengan begitu, mungkin saja salah karya ilmiah dari kita dapat mempengaruhi atau mengatasi masalah perekonomian yang ada di Indonesia.

3 Salah satu tujuan dari di adakannya Lomba Karya Tulis Ilmiah ini adalah Memperkuat kerjasama mahasiswa antar universitas se-indonesia untuk berkontribusi mengembangkan kajian Ekonomi Kreatif. Disini kami tidak hanya mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah se universitas madura saja, melainkan seluruh universitas yang ada di Indonesia. Kami sangat ingin mahasiswa di Indonesia menyalurkan pemikiran mereka melalui Lomba Karya Tulis Ilmiah, tidak hanya dari segi ekonomi kreatif, tapi dari segi industri, pariwisata, pangan, sosial budaya, teknologi dan pertambangan. 1.2 Tema Karya Tulis Tema dalam lomba karya tulis ilmiah ini adalah Optimalisasi Potensi Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Menuju Sustainable Development Goals. Dengan sub-tema : Ekonomi kreatif Industri Parawisata Pangan Sosial budaya Teknologi Pertambangan 1.3 Tujuan Tujuan diadakannya Lomba Karya Tulis Ilmiah yang bertemakan optimalisasi potensi ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal menuju sustainable development goals adalah : 1. Membuat suatu gagasan untuk mengimplementasikan ekonomi kreatif dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang mandiri dan dinamis. 2. Membumikan sistem ekonomi kreatif dikalangan masyarakat luas. 3. Memperkuat kerjasama mahasiswa antar universitas se-indonesia untuk berkontribusi mengembangkan kajian Ekonomi Kreatif. 4. Program ini diharapkan akan mampu menggali secara dalam gagasan-gagasan ekonomi yang mampu mensejahterakan masyarakat Indonesia.

4 BAB II PESERTA DAN PENDAFTARAN 2.1 Peserta Kegiatan Kriteria dan persyaratan peserta lomba dijelaskan sebagai berikut : 1) Peserta terdaftar sebagai mahasiswa (D3/S1) aktif di perguruan tinggi di Indonesia dibuktikan dengan scan/foto Kartu Tanda Mahasiswa. 2) Tim peserta terdiri dari minimal 2 orang dan maksimal 3 orang dengan 1 orang sebagai ketua dan yang lain sebagai anggota kelompok. 3) Tim peserta dapat berasal dari berbagai program studi yang berbeda atau dari satu program studi yang sama, namun masih dalam satu Perguruan Tinggi yang sama. 4) Setiap tim diperkenankan mengirim lebih dari 1 (satu) naskah dengan ketentuan bisa menjadi ketua kelompok pada satu kelompok saja dan menjadi anggota dikelompok lainnya 5) Karya yang dikirimkan adalah karya asli yang belum pernah di publikasikan dan belum pernah menjadi juara pada event sebelumnya serta tidak sedang diikutkan dalam lomba lain. 6) Karya tulis bersifat objektif, tidak mengundang unsur SARA, dan didukung oleh fakta yang faktual. 7) Karya Tulis dapat berupa hasil telaah pustaka maupun penelitian. 8) Penulisan dilakukan secara sistematis dan logis dengan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (sesuai EYD).

5 2.2 Prosedur Pendaftaran Sistematika Pendaftaran Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional 2017 : 1) Pendaftaran Peserta Tahap Pertama (Abstraks) a. Peserta yang berminat mengikuti kompetisi ini melakukan pendaftaran pada tanggal 17 juni Agustus 2017 melalui dengan format : LKTINBEMFEB-UTM_Tahap1_Nama Ketua_Asal Perguruan Tinggi Ke : Contoh : LKTINBEM-UTM_Tahap1_Moh.Ajir_UniversitasTrunojoyoMadura b. Setiap tim wajib mengisi formulir pendaftaran yang dapat diunduh di bem-feb.trunojoyo.ac.id Setiap peserta yang telah mendaftar, wajib mengumpulkan formulir pendaftaran, scan/foto Kartu Tanda Mahasiswa dalam bentuk softcopy melalui ke dengan subyek LKTINBEMFEB-UTM. c. Untuk info lebih lanjut mengenai pendaftaran, peserta dapat menghubungi Contact Person : ( Bella ) 2) Pendaftaran Peserta Tahap Kedua (Full Paper) a. Peserta yang lolos harus melakukan konfirmasi pendaftaran kembali dan pembayaran pada tanggal 29 Agustus Sebtember 2017 melalui SMS dengan format : LKTINBEMFEB-UTM_Tahap2_Nama Ketua_Asal Perguruan Tinggi Ke : ( Bella ) Contoh : LKTINBEM-UTM_Tahap2_Moh.Ajir_UniversitasTrunojoyoMadura b. Membayar uang pendaftaran sebesar Rp ,-/karya tulis yang dapat dibayarkan secara langsung melaui Sekretariat BEM FEB_UTM atau transfer ke rekening: Bank Nama : BRI : Sulistyo Ririn Ike Ayu Permata Sari Nomor rekening :

6 c. Setelah peserta membayar biaya pendaftaran, peserta wajib Mengirim SMS konfirmasi kepada panitia dalam waktu 2 24 jam, dengan format : TERKIRIM_LKTINFEB-UTM_NamaLengkapKetua_AsalUniversitas_Nama PemilikRekening/Penyetor_Via Transfer/Langsung Kirim ke: ( Bella ) Contoh : TERKIRIM_LKTINFEB_UTM_Moh.Ajir_UniversitasTrunojoyoMadura_Moh. Ajir_Transfer d. Setiap peserta yang telah mendaftar ke tahap 2, wajib mengumpulkan lembar pernyataan orisinilitas karya dan scan/foto bukti pembayaran dalam bentuk softcopy melalui ke dengan subyek LKTINFEB-UTM. e. Untuk info lebih lanjut mengenai pendaftaran, peserta dapat menghubungi Contact Person : ( Bella ) 3) Pendaftaran Peserta Tahap Final Pendaftaran Tahap final akan di umumkan pada waktu penggumuman tahap kedua. 2.3 Prosedur Pengumpulan Proposal Karya Tulis Ilmiah Sistematika Pengumpulan Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional 2016 : 1) Pendaftaran Peserta Tahap Pertama (Abstraks) a. Abstraks diserahkan kepada panitia mulai tanggal 17 juni Agustus Melaui Beserta : Formulir pendaftaran Scan Kartu Tanda Mahasiswa dan foto tiap-tiap anggota Tim.

7 2) Pendaftaran Peserta Tahap Kedua (Full Paper) a) Proposal karya peserta diserahkan kepada panitia mulai tanggal 29 Agustus Sebtember 2017 melalui Berupa : Proposal Karya. Lembar pengesahan (scan). Surat Rekomendasi dari Jurusan/Program Studi (scan). Scan Kartu Tanda Mahasiswa dan foto tiap-tiap anggota Tim. b) Wajib mengirimkan proposalnya secara offline (13 Oktober Oktober 2017), sesuai dengan ketentuan sebagai berikut : 1. Dengan menyerahkan berkas Proposal Karya versi cetak (hardcopy) sebanyak 3 Eksemplar dalam satu amplop. Dalam satu amplop tersebut berisi : Proposal Karya berwarna sebanyak 3 eksemplar versi cetak Lembar Pengesahan Proposal Karya, versi cetak asli Surat Rekomendasi dari Jurusan/Program Studi di Perguruan Tinggi peserta, versi cetak asli. Bukti Pembayaran Lomba, versi cetak asli Fotocopy KTM tiap anggota dalam tim.

8 2. Penyerahan berkas Proposal Karya dilakukan via pos, dengan format amplop sebagai berikut : Kepada : Panitia Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Sekretariat Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura Dari : Nama Proposal Karya Tulis : Nama Ketua Tim : Asal Perguruan Tinggi : No. HP Ketua Tim :

9 BAB III KETENTUAN PENULISAN 3.1 Ketentuan Umum Ketentuan umum dalam penulisan karya tulis ini adalah : a. Karya Tulis Ilmiah ditulis menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12 dengan jarak 1,5 spasi dan ukuran kertas A-4 margin kiri 4 cm, margin kanan, atas dan bawah masing-masing 3 cm. b. Karya Tulis Ilmiah ditulis maksimal sebanyak 25 halaman dihitung dari Pendahuluan hingga Penutup (tidak termasuk Halaman Judul, Lembar Pengesahan, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, dan Daftar Tabel, Abstrak, dan Lampiran). c. Halaman Judul sampai dengan abstrak diberi nomor halaman dengan huruf: i, ii, iii,..dan seterusnya, diletakkan pada sudut kanan bawah. d. Bagian inti yang dimulai dari Pendahulan sampai dengan Penutup diberi halaman dengan angka : 1, 2, 3,...dan seterusnya, diletakkan pada sudut kanan bawah. 3.2 Sistematika Penulisan Sistematika penulisan adalah sebagai berikut : a) Bagian Awal Halaman Judul (terlampir) Lembar Pengesahan (terlampir). Kata Pengantar Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar dan Daftar Lampiran Abstrak b) Bagian Inti Pendahuluan Bagian pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut:

10 Tinjauan Pustaka dengan masalah yang dikaji. -konsep yang relevan dikaji. Metodologi Penulisan atau Metode Penelitian. Penulisan dilakukan mengikuti metode yang benar dengan menguraikan secara cermat teknik pengumpulan data dan/atau informasi, pengolahan data dan/atau informasi, serta analisis sintesis. Pembahasan pustaka. Sintesis untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasan yang kreatif. Penutup Simpulan harus konsisten dengan analisis permasalahan dan menjawab tujuan.

11 c) Bagian Akhir Daftar Pustaka Daftar Riwayat Hidup, Ketua Tim, Anggota Tim, dan DosenPembimbing, mencakup:

12 BAB IV PENILAIAN 4.1 Ketentuan Penilaian Penilaian berdasarkan hasil penjumlahan dari 10 % tahap pertama, 50 % tahap Kedua dan 40 % tahap final. 4.2 Penilaian Tahap Pertama Penilaian tahap pertama merupakan penyisihan karya berupa (Abtraks) dengan bobot penilaian 10 % dari 100 % nilai total. 4.3 Penilaian Tahap Kedua Penilaian tahap pertama merupakan penyisihan Karya Tulis Ilmiah dengan bobot penilaian 50 % dari 100% nilai total, dengan : 1) Ide Gagasan : 30% dari 50 % 2) Pendahuluan : 10 % dari 50 % 3) Tinjauan Pustaka : 10 % dari 50 % 4) Metode Penelitian : 15 % dari 50 % 5) Pembahasan : 25 % dari 50 % 6) Penutup : 10% dari 50 % 4.4 Penilaian Tahap Final Penilaian tahap final merupakan tahapan yang dilaksanakan oleh finalis dalam lomba ini. Tahap ini memiliki bobot penilaian 40 % dari 100% nilai total, dengan : 1) Penyajian : 50% dari 40 % 2) Tanya Jawab : 50% dari 40 %

13 BAB V TAHAPAN SELEKSI 5.1 Seleksi Abtraks Abtraks yang diajukan oleh peserta dalam bentuk softcopy diseleksi oleh juri yang telah ditentukan pada tanggal 18 Agustus Agustus Seleksi Karya Tulis Ilmiah 1. Peserta yang lolos pada tahapan seleksi Abtraks akan diinformasikan melalui Website : bem-feb.trunojoyo.ac.id pada tanggal 28 Agustus Karya Tulis Ilmiah yang diajukan oleh peserta dalam bentuk softcopy diseleksi oleh tim penilai yang telah ditentukan pada tanggal 02 Oktober Oktober Dari keseluruhan peserta, akan dipilih 10 besar karya tulis untuk maju ke babak grand final. 5.3 Grand Final Ketentuan grand final adalah sebagai berikut : 1) Peserta yang lolos pada tahapan seleksi Karya Tulis Ilmiah akan diinformasikan melalui website: bem-feb.trunojoyo.ac.id pada tanggal 13 Oktober 2017 dan melaksanakan technical meeting pada 26 Oktober ) Tahap presentasi akan dilaksanakan dalam rangkaian acara Disnatalis Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Trunojoyo Madura pada tanggal 27 Oktober 2017 dan seminar nasional pada tanggal 28 Oktober ) Peserta mengumpulkan slide dan/atau alat peraga yang akan dipresentasikan kepada panitia setibanya di Kampus Universitas Trunojoyo Madura. 4) Peserta berpakaian rapi, sopan, bersepatu, dan memakai jas almamater perguruan tinggi masing-masing pada saat acara berlangsung. 5) Peserta akan tampil dan mempresentasikan karya tulisnya dihadapan juri.

14 6) Alokasi waktu presentasi masing-masing tim adalah: Presentasi karya tulis maksimal 15 menit. Tanya jawab dengan masing-masing Juri maksimal 3 menit. 7) Peserta diperbolehkan menggunakan sarana dan prasarana yang sesuai dengan isi dari presentasi. Sarana dan prasarana tersebut dipersiapkan dan dibawa sendiri oleh peserta. 8) Keputusan Juri tidak dapat diganggu gugat.

15 BAB VI JADWAL DAN HADIAH PERLOMBAAN 6.1 Jadwal Perlombaan Jadwal perlombaan ini adalah sebagai berikut : Kegiatan Pendaftaran peserta dan pengumpulan abstraks Jadwal 17 juni Agustus 2017 Pengumuman lolos Abstraks 28 Agustus 2017 Konfinmasi pendaftaran tahap 2 dan pembayaran 29 Agustus Sebtember 2017 Pengumpulan karya tulis ( full paper) 30 Agustus Oktober 2017 Pengumuman hasil karya tulis melalui web atau Presentasi Peserta dan pengumuman pemenang 13 Oktober Oktober 2017 ( Tempat Gedung Rektorat Lantai 10 Universitas Trunojoyo Madura )

16 6.2 Hadiah Kompetisi Berikut adalah hadiah dalam perlombaan ini : 1) Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional BEM FEB-UTM berhak mendapatkan uang tunai Sebesar Rp PIALA GUBERNUR JAWA TIMUR* + Sertifikat 2) Juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional BEM FEB-UTM berhak mendapatkan uang tunai Sebesar Rp Trophy + Sertifikat 3) Juara 3 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional BEM FEB-UTM berhak mendapatkan uang tunai Sebesar Rp Trophy + Sertifikat 4) Sepuluh finalis berhak mengikuti Seminar Nasional, Trophy dan Sertifikat 5) Seluruh peserta tahap kedua akan mendapatkan E-SERTIFIKAT. NB : *) Dalam Tahap Konfirmasi

17 BAB VII PENUTUP Pedoman ini merupakan acuan bagi peserta dalam menyusun Karya Tulis Ilmiah Nasional dalam rangkaian kegiatan Disnatalis Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UniversitasTrunojoyo Madura (BEM FEB-UTM). Apabila ada perubahan mengenai petunjuk teknis dan lain-lain akan ditentukan kemudian.

18 LAMPIRAN LAMPIRAN 1. Format Cover LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA LOGO PERGURUAN TINGGI JUDUL KARYA TULIS ILMIAH DIUSULKAN OLEH : (NAMA KETUA KELOMPOK) (NAMA ANGGOTA KELOMPOK) (NAMA ANGGOTA KELOMPOK) (NIM / Tahun Angkatan) (NIM / Tahun Angkatan) (NIM / Tahun Angkatan) NAMA PERGURUAN TINGGI KOTA TAHUN

19 2. Format Halaman Pengesahan HALAMAN PENGESAHAN 1. Judul Karya Tulis : 2. Ketua Tim a. Nama Lengkap : b. NIM : c. Jurusan : d. Alamat e. Alamat rumah dan No. HP : 3. Dosen Pendamping a. Nama Lengkap dan Gelar : b. NIDN : c. Alamat d. Alamat rumah dan No. HP : 4. Asal Institusi Universitas, a. Nama Universitas : b. Alamat Universitas : c. Telepon, Faksmile : d. Alamat kota, Dosen Pembimbing Ketua Tim ( ) ( ) NIP. NIM. Mengetahui, Wakil Rektor / Dekan Kemahasiswaan Fakultas / Ketua Jurusan ( ) NIP.

20 3. Format Surat Pernyataan Keaslian Naskah Dengan ini saya : LEMBAR ORISINILITAS KARYA Ketua kelompok :NIM Anggota kelompok :NIM Anggota kelompok :NIM Judul Karya Tulis Ilmiah : Menyatakan bahwa esai dengan judul di atas adalah benar-benar hasil karya sendiri dan bukan merupakan plagiat atau saduran dari karya orang lain serta belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang diikutkan dalam lomba lain. Apabila dikemudian hari pernyataan ini tidak benar, maka saya bersedia menerima sanksi yang ditetapkan oleh panitia Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional berupa diskualifikasi dari kompetisi ini. Demikian surat ini dibuat dengan sebenar-benarnya untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya. Kota, Tanggal bulan tahun Mengetahui, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Yang menyatakan, Penulis II Materai 6000 ( ) ( Ketua Tim ) NIP. NIM.

hmtsubb.weebly.com KERANGKA ACUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL

hmtsubb.weebly.com KERANGKA ACUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL hmtsubb.weebly.com KERANGKA ACUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL 2015 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Kegiatan operasi tambang berdampak secara nyata terhadap lingkungan hidup. Menurut Sujitno

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA. Nama acara ini adalah Muria Scientific Competition 2018.

PANDUAN LOMBA. Nama acara ini adalah Muria Scientific Competition 2018. PANDUAN LOMBA A. Definisi Lomba Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Universitas Muria Kudus dengan tema Peran Mahasiswa sebagai Akselerator Pencapaian SDG s 2030 merupakan kegiatan kompetisi ilmiah yang

Lebih terperinci

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL 3RD CIVIL ENGINEERING ONE WEEK FESTIVAL HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG KERANGKA ACUAN LOMBA LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL Optimalisasi Pengelolaan Pantai

Lebih terperinci

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH OLIMPIADE ILIMIAH VOKASI INDONESIA ( OLIVIA ) 2018

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH OLIMPIADE ILIMIAH VOKASI INDONESIA ( OLIVIA ) 2018 PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH OLIMPIADE ILIMIAH VOKASI INDONESIA ( OLIVIA ) 2018 Kewirausahaan merupakan sikap mental dan jiwa yang selalu aktif, kreatif, berdaya, bercipta, berkarsa dan bersahaja dalam

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA. Nama acara ini adalah Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Universitas Muria Kudus tahun 2017.

PANDUAN LOMBA. Nama acara ini adalah Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Universitas Muria Kudus tahun 2017. PANDUAN LOMBA A. Definisi Lomba Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Universitas Muria Kudus dengan tema Kontribusi Mahasiswa UMK Melalui Optimalisasi Kearifan Lokal merupakan kegiatan kompetisi ilmiah yang

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA. Nama acara ini adalah Muria Scientific Competition 2019.

PANDUAN LOMBA. Nama acara ini adalah Muria Scientific Competition 2019. PANDUAN LOMBA A. Definisi Lomba Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional (Muria Scientific Competition) dengan tema Optimalisasi Potensi Kearifan Lokal Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Lebih terperinci

FORMULIR PENDAFTARAN

FORMULIR PENDAFTARAN FORMULIR PENDAFTARAN TRUNOJOYO AGROINDUSTRIAL TECHNOLOGY EVENT 2017 1. Judul Paper : 2. Asal Institusi : 3. Identitas Ketua Tim Nama : Jenis Kelamin : Nomor Induk Siswa : Jurusan : Tempat/Tanggal lahir

Lebih terperinci

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO 2016

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO 2016 LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MA/SMA/SMK SEDERAJAT se-kabupaten SIDOARJO UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO 2016 I. TEMA Tema kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah MA/SMA/SMK sederajat se- Kabupaten Sidoarjo adalah

Lebih terperinci

KERANGKA ACUAN LOMBA

KERANGKA ACUAN LOMBA HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK Kampus Terpadu Balunijuk, Gd. Dharma Pendidikan Jalan Balunijuk, Desa Balunijuk, Kec.Merawang, Bangka 33172 Bangka Belitung Indonesia e-mail : hmtsubb@gmail.com

Lebih terperinci

MIPA Project Competition PANDUAN KOMPETISI Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN 2018)

MIPA Project Competition PANDUAN KOMPETISI Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN 2018) MIPA Project Competition PANDUAN KOMPETISI Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN 2018) Universitas Negeri Surabaya Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2018 PANDUAN

Lebih terperinci

PANDUAN PENULISAN FULL PAPER LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL

PANDUAN PENULISAN FULL PAPER LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL PANDUAN PENULISAN FULL PAPER LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL A. Persyaratan Administratif 1. Peserta adalah mahasiswa aktif jenjang S1 atau Diploma diseluruh PTN/PTS Indonesia 2. Peserta yang dinyatakan

Lebih terperinci

DAFTAR ISI. BAB I PENDAHULUAN A. Latar belakang B. Tema karya tulis C. Maksud dan Tujuan D. Sifat Karya Tulis BAB II PESERTA DAN PERSYARATAN

DAFTAR ISI. BAB I PENDAHULUAN A. Latar belakang B. Tema karya tulis C. Maksud dan Tujuan D. Sifat Karya Tulis BAB II PESERTA DAN PERSYARATAN DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN A. Latar belakang B. Tema karya tulis C. Maksud dan Tujuan D. Sifat Karya Tulis BAB II PESERTA DAN PERSYARATAN BAB III KETENTUAN LKTI UKT 2015 Sistematika Penulisan Karya Ilmiah

Lebih terperinci

PANDAUAN LOMBA PEKAN ILMIAH TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS LAMPUNG TAHUN 2016 TINGKAT SMA SEDERAJAT & MAHASISWA

PANDAUAN LOMBA PEKAN ILMIAH TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS LAMPUNG TAHUN 2016 TINGKAT SMA SEDERAJAT & MAHASISWA PANDAUAN LOMBA PEKAN ILMIAH TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS LAMPUNG TAHUN 2016 TINGKAT SMA SEDERAJAT & MAHASISWA ELECTRICAL ENGINEERING IN ACTION HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS LAMPUNG DAFTAR

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SMA SEDERAJAT TINGKAT NASIONAL UNIT KEGIATAN ILMIAH MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2012

PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SMA SEDERAJAT TINGKAT NASIONAL UNIT KEGIATAN ILMIAH MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2012 PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SMA SEDERAJAT TINGKAT NASIONAL UNIT KEGIATAN ILMIAH MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2012 I. PENDAHULUAN Unit Kegiatan Ilmiah Mahasiswa merupakan suatu wadah bagi

Lebih terperinci

SEMAR ESSAY COMPETITION

SEMAR ESSAY COMPETITION PANDUAN SEMAR ESSAY COMPETITION FESTIVAL ILMIAH MAHASISWA (FILM) 2018 STUDI ILMIAH MAHASISWA UNIVERSITAS SEBELAS MARET 2018 PANDUAN SEMAR ESSAY COMPETITION FESTIVAL ILMIAH MAHASISWA 2018 A. NAMA LOMBA

Lebih terperinci

PERSYARATAN DAN KETENTUAN PENULISAN LKTI NASIONAL BIOEXPO 2017

PERSYARATAN DAN KETENTUAN PENULISAN LKTI NASIONAL BIOEXPO 2017 PERSYARATAN DAN KETENTUAN PENULISAN LKTI NASIONAL BIOEXPO 2017 A. Persyaratan Administratif 1. Peserta adalah mahasiswa aktif jenjang S1 atau Diploma perguruan tinggi di Indonesia 2. Karya tulis Ilmiah

Lebih terperinci

PANDUAN SEMAR ESSAY COMPETITION FESTIVAL ILMIAH MAHASISWA A. NAMA LOMBA Semar Essay Competition FILM (Festival Ilmiah Mahasiswa) 2019

PANDUAN SEMAR ESSAY COMPETITION FESTIVAL ILMIAH MAHASISWA A. NAMA LOMBA Semar Essay Competition FILM (Festival Ilmiah Mahasiswa) 2019 PANDUAN SEMAR ESSAY COMPETITION FESTIVAL ILMIAH MAHASISWA 2019 A. NAMA LOMBA Semar Essay Competition FILM (Festival Ilmiah Mahasiswa) 2019 B. TEMA LOMBA Peran Generasi Millenial dalam menghadapi tantangan

Lebih terperinci

PETUNJUK PELAKSANAAN LKTI (LOMBA KARYA TULIS ILMIAH)

PETUNJUK PELAKSANAAN LKTI (LOMBA KARYA TULIS ILMIAH) PETUNJUK PELAKSANAAN LKTI (LOMBA KARYA TULIS ILMIAH) PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Kehadiran era revolusi industri keempat (Industri 4.0) sudah tidak dapat dihindarkan, dimana kemajuan teknologi memungkinkan

Lebih terperinci

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SEMARAK GEOGRAFI NASIONAL 2015

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SEMARAK GEOGRAFI NASIONAL 2015 PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SEMARAK GEOGRAFI NASIONAL 2015 A. Nama Lomba Lomba Karya Tulis Ilmiah B. Tema Penerapan Teknologi Pembelajaran Geografi Untuk Menggali Potensi Geografis Indonesia C. Sub

Lebih terperinci

N2016 APTIO BUKU PANDUAN. Lomba Karya Tulis Ilmiah untuk siswa SMA/SMK/MA se-diy dan Jawa HMTK UAD. milad ke-20 th Teknik Kimia

N2016 APTIO BUKU PANDUAN. Lomba Karya Tulis Ilmiah untuk siswa SMA/SMK/MA se-diy dan Jawa HMTK UAD. milad ke-20 th Teknik Kimia C BUKU PANDUAN Chemical Papers Competition APTIO Lomba Karya Tulis Ilmiah untuk siswa SMA/SMK/MA se-diy dan Jawa Tengah N2016 HMTK UAD @HMTK_UAD CAPTION (Chemical Papers Competition) LOMBA KARYA TULIS

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA NATIONAL ESSAY COMPETITION B. Tema Esai Realisasi SDG s Melalui Peran Mahasiswa dalam Pelestarian Alam

PANDUAN LOMBA NATIONAL ESSAY COMPETITION B. Tema Esai Realisasi SDG s Melalui Peran Mahasiswa dalam Pelestarian Alam PANDUAN LOMBA NATIONAL ESSAY COMPETITION 2018 A. Nama Kegiatan National Essay Competition (NAECO) B. Tema Esai Realisasi SDG s Melalui Peran Mahasiswa dalam Pelestarian Alam C. Subtema Esai 1. Pendidikan

Lebih terperinci

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SEMARAK GEOGRAFI NASIONAL 2018

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SEMARAK GEOGRAFI NASIONAL 2018 LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SEMARAK GEOGRAFI NASIONAL 2018 A. TEMA Mewujudkan Pariwisata Indonesia Bekelanjutan yang Berwawasan Lingkungan di Era Digital B. SUB TEMA 1. Pariwisata berbasis kearifan lokal

Lebih terperinci

PETUNJUK PELAKSANAAN DAN TEKNIS CHEMISTRY CREATIVE CONTEST (C3) NASIONAL EXPO KIMIA 2018

PETUNJUK PELAKSANAAN DAN TEKNIS CHEMISTRY CREATIVE CONTEST (C3) NASIONAL EXPO KIMIA 2018 PETUNJUK PELAKSANAAN DAN TEKNIS CHEMISTRY CREATIVE CONTEST (C3) NASIONAL EXPO KIMIA 2018 A. DESKRIPSI Chemistry Creative Contest (C3) merupakan salah satu kegiatan kompetisi ilmiah yang tergabung dalam

Lebih terperinci

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA BIDIKMISI TINGKAT NASIONAL

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA BIDIKMISI TINGKAT NASIONAL Buku panduan LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA BIDIKMISI Peran Mahasiswa Bidikmisi dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan dan Stabilitas Ketahanan Nasional Sub tema : Sumber Daya Alam Pertahanan Kearifan

Lebih terperinci

PANDUAN KOMPETISI ESAI NASIONAL AGRIBUSINESS NATIONAL EVENT 2016

PANDUAN KOMPETISI ESAI NASIONAL AGRIBUSINESS NATIONAL EVENT 2016 PANDUAN KOMPETISI ESAI NASIONAL AGRIBUSINESS NATIONAL EVENT 2016 A. Nama Lomba Kompetisi Esai Nasional ANE (Agribusiness National Event) 2016. B. Tema Peran Generasi Muda dalam Pembangunan Berkelanjutan

Lebih terperinci

Pedoman Penulisan Lomba ESSAY Tingkat Perguruan Tinggi se-madura. Fakultas Keislaman. Universitas Trunojoyo Madura

Pedoman Penulisan Lomba ESSAY Tingkat Perguruan Tinggi se-madura. Fakultas Keislaman. Universitas Trunojoyo Madura Pedoman Penulisan Lomba ESSAY 2017 Tingkat Perguruan Tinggi se-madura Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura PENDAHULUAN Essay MILAD FKis merupakan kegiatan lomba dalam memperingati hari lahirnya

Lebih terperinci

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT NASIONAL (LKTIN) KREATIVITAS MESIN BRAWIJAYA (KMB) 2017

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT NASIONAL (LKTIN) KREATIVITAS MESIN BRAWIJAYA (KMB) 2017 PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT NASIONAL (LKTIN) KREATIVITAS MESIN BRAWIJAYA (KMB) 2017 A. Nama Lomba Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional (LKTIN) Kreativitas Mesin Brawijaya (KMB) 2017 B.

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN KARYA ESSAI SEMARAK ESSAI NASIONAL (SEN)

PEDOMAN PENULISAN KARYA ESSAI SEMARAK ESSAI NASIONAL (SEN) SEMARAKKEILMUAN 2017 PEDOMAN PENULISAN KARYA ESSAI SEMARAK ESSAI NASIONAL (SEN) UKM PENALARAN DAN KEILMUAN (P&K) UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI (UNSWAGATI) CIREBON PEDOMAN PENULISAN SEMARAK ESSAI NASIONAL

Lebih terperinci

HMJ Tadris Matematika IAIN Tulungagung APOTEMA 2018

HMJ Tadris Matematika IAIN Tulungagung APOTEMA 2018 PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SE-JAWA TIMUR AJANG POTENSI MATEMATIKA () Lomba Karya Tulis Ilmiah Se-Jawa Timur Apotema 2018 Beradu Aksi dengan Matematika untuk Mewujudkan Generasi Cerdas dalam Peradaban

Lebih terperinci

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH GLANCE 2017

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH GLANCE 2017 LOMBA KARYA TULIS ILMIAH GLANCE 2017 A. Latar Belakang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) merupakan salah satu rangkaian acara dari GLANCE 2017 yang merupakan peringatan dies natalis LNG Academy

Lebih terperinci

PANDUAN FULL PAPER LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL ENGINEERING RESEARCH AND INNOVATION COMPETETION 2018 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

PANDUAN FULL PAPER LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL ENGINEERING RESEARCH AND INNOVATION COMPETETION 2018 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA PANDUAN FULL PAPER LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL ENGINEERING RESEARCH AND INNOVATION COMPETETION 2018 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Segenap Panitia Engineering Research and Innovation Competition 2018

Lebih terperinci

PANDUAN SEMAR ESSAY COMPETITION FESTIVAL ILMIAH MAHASISWA (FILM) 2017

PANDUAN SEMAR ESSAY COMPETITION FESTIVAL ILMIAH MAHASISWA (FILM) 2017 PANDUAN SEMAR ESSAY COMPETITION FESTIVAL ILMIAH MAHASISWA (FILM) 2017 STUDI ILMIAH MAHASISWA UNIVERSITAS SEBELAS MARET 2017 PANDUAN SEMAR ESSAY COMPETITION FESTIVAL ILMIAH MAHASISWA 2017 A. NAMA LOMBA

Lebih terperinci

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH 8 th PHYSICS IN ACTION LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SMA/SMK/MA Se-Indonesia Lomba Karya Tulis Ilmiah merupakah salah satu rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas

Lebih terperinci

PEDOMAN PESERTA INSIDE OUTSIDE Lomba Desain Rancangan Mobile Pulper Unit

PEDOMAN PESERTA INSIDE OUTSIDE Lomba Desain Rancangan Mobile Pulper Unit PEDOMAN PESERTA INSIDE OUTSIDE 2018 Lomba Desain Rancangan Mobile Pulper Unit A. Latar Belakang Indonesia merupakan salah satu negara penghasil dan eksportir kopi terbesar di dunia. Luas perkebunan kopi

Lebih terperinci

PETUNJUK PELAKSANAAN DAN PETUNJUK TEKNIS HI-GREAT OLYMPIAD OF AGROINDUSTRY 2017

PETUNJUK PELAKSANAAN DAN PETUNJUK TEKNIS HI-GREAT OLYMPIAD OF AGROINDUSTRY 2017 PETUNJUK PELAKSANAAN DAN PETUNJUK TEKNIS HI-GREAT OLYMPIAD OF AGROINDUSTRY 2017 INOVASI INDUSTRI PANGAN NASIONAL HORAS 2017 adalah Olimpiade Agroindustri tingkat SMA/MA/SMK sederajat se- Indonesia yang

Lebih terperinci

KETENTUAN LOMBA ASPAL NASIONAL TAHUN 2018

KETENTUAN LOMBA ASPAL NASIONAL TAHUN 2018 KETENTUAN LOMBA ASPAL NASIONAL TAHUN 2018 A. KONSEP Lomba Aspal Nasional yang mengusung tema : Material Campuran Aspal Ramah Lingkungan B. TUJUAN Tujuan Lomba ini dibuat adalah untuk menghimpun ide kreatif

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN LOMBA PROPOSAL KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT PROGRAM STUDI TEKNIK KIMIA UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN 2018

BUKU PANDUAN LOMBA PROPOSAL KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT PROGRAM STUDI TEKNIK KIMIA UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN 2018 BUKU PANDUAN LOMBA PROPOSAL KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN 2018 A. Tema : Menuju Indonesia Sustainable Development Goals 2030 Sub-Tema : - Energi - Lingkungan - Teknologi Tepat Guna

Lebih terperinci

SYARAT DAN KETENTUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH 2019

SYARAT DAN KETENTUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH 2019 SYARAT DAN KETENTUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH 2019 I. PESERTA Syarat untuk menjadi peserta Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) adalah : 1. Warga Negara Indonesia 2. Pelajar tingkat SLTA sederajat, dengan bukti

Lebih terperinci

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT NASIONAL INOVASI DAN KEATIFITAS GENERASI MUDA UNTUK MENCAPAI INDONESIA EMAS 2045

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT NASIONAL INOVASI DAN KEATIFITAS GENERASI MUDA UNTUK MENCAPAI INDONESIA EMAS 2045 PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT NASIONAL INOVASI DAN KEATIFITAS GENERASI MUDA UNTUK MENCAPAI INDONESIA EMAS 2045 A. Latar Belakang Masa depan Bangsa Indonesia sangatlah ditentukan oleh para generasi

Lebih terperinci

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH LOMBA KARYA TULIS ILMIAH PEKAN DAS BRANTAS X 2014 I. PENDAHULUAN Seiring berjalannya perkembangan zaman dan teknologi banyak timbul permasalahan yang terjadi pada lingkungan sehingga timbul krisis yang

Lebih terperinci

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL DALAM RANGKA MEMPERINGATI LUSTRUM XIV FAKULTAS FARMASI UGM TAHUN 2016

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL DALAM RANGKA MEMPERINGATI LUSTRUM XIV FAKULTAS FARMASI UGM TAHUN 2016 LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL DALAM RANGKA MEMPERINGATI LUSTRUM XIV FAKULTAS FARMASI UGM TAHUN 2016 I. Tanggal yang Harus Diperhatikan 1. Pendaftaran : 1 31 Agustus 2016 2. Batas Pembayaran : 2 September

Lebih terperinci

PANDUAN NATIONAL ESSAY COMPETITION (NESCO) HIMPUNAN MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING

PANDUAN NATIONAL ESSAY COMPETITION (NESCO) HIMPUNAN MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING PANDUAN NATIONAL ESSAY COMPETITION (NESCO) HIMPUNAN MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING STUDI ILMIAH MAHASISWA PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN 2017 PANDUAN NATIONAL ESSAY COMPETITION

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN LOMBA ESAI NASIONAL GEBYAR BIMBINGAN DAN KONSELING 2018

PEDOMAN PENULISAN LOMBA ESAI NASIONAL GEBYAR BIMBINGAN DAN KONSELING 2018 PEDOMAN PENULISAN LOMBA ESAI NASIONAL GEBYAR BIMBINGAN DAN KONSELING 2018 HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA SERANG

Lebih terperinci

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH LOMBA KARYA TULIS ILMIAH GLANCE 2017 A. Latar Belakang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) merupakan salah satu rangkaian acara dari GLANCE 2017 yang merupakan peringatan dies natalis LNG Academy

Lebih terperinci

Himatika Fmipa

Himatika Fmipa Himatika Fmipa UNY @himatikauny himatika_uny @tqk4969i A. DESKRIPSI KEGIATAN Lomba Artikel dan Alat Peraga Matematika (LA2PM) adalah salah satu program kerja tahunan dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan

Lebih terperinci

PANDUAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL SMA-SEDERAJAT DALAM RANGKA MEMPERINGATI DIES NATALIS FARMASI UGM KE-71

PANDUAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL SMA-SEDERAJAT DALAM RANGKA MEMPERINGATI DIES NATALIS FARMASI UGM KE-71 PANDUAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL SMA-SEDERAJAT DALAM RANGKA MEMPERINGATI DIES NATALIS FARMASI UGM KE-71 TEMA KARYA TULIS PENERAPAN SAINS TEKNOLOGI DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM SEBAGAI

Lebih terperinci

Panduan Lomba Essay FANTASTIS 2017

Panduan Lomba Essay FANTASTIS 2017 Panduan Lomba Essay FANTASTIS 2017 A. TEMA LOMBA Mengembangkan Sains dan Teknologi guna Meningkatkan Nilai-Nilai Kemanusiaan di Lingkungan Masyarakat Islami B. SUBTEMA 1. Pendidikan 2. Lingkungan 3. Sosial

Lebih terperinci

PETUNJUK TEKNIS LOMBA KARYA TULIS ILMIAH DISASTER MANAGEMENT EVENT III

PETUNJUK TEKNIS LOMBA KARYA TULIS ILMIAH DISASTER MANAGEMENT EVENT III PETUNJUK TEKNIS LOMBA KARYA TULIS ILMIAH DISASTER MANAGEMENT EVENT III A. Nama Kegiatan LOMBA KARYA TULIS ILMIAH KEBENCANAAN TINGKAT MAHASISWA SE-INDONESIA B. Tema Karya Tulis PERAN TEKNOLOGI DAN BUDAYA

Lebih terperinci

MIPA Project Competition PANDUAN KOMPETISI National Innovative Learning Competition (NILC 2018)

MIPA Project Competition PANDUAN KOMPETISI National Innovative Learning Competition (NILC 2018) MIPA Project Competition PANDUAN KOMPETISI National Innovative Learning Competition (NILC 2018) Universitas Negeri Surabaya Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2018

Lebih terperinci

A. Deskripsi Kegiatan Lomba B. Tema C. Persyaratan Administratif

A. Deskripsi Kegiatan Lomba B. Tema C. Persyaratan Administratif A. Deskripsi Kegiatan Lomba Lomba esai ini merupakan kompetisi esai tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Bidikmisi Scholarship Community Universitas Negeri Semarang (BSC Unnes). Kompetisi esai ditujukan

Lebih terperinci

PETUNJUK TEKNIS LOMBA KARYA TULIS INOVASI LINGKUNGAN (LOKASIKU) PT PUPUK KUJANG. Kujang Environment Festival. dengan Tema. Hijau Bumiku, Subur Tanahku

PETUNJUK TEKNIS LOMBA KARYA TULIS INOVASI LINGKUNGAN (LOKASIKU) PT PUPUK KUJANG. Kujang Environment Festival. dengan Tema. Hijau Bumiku, Subur Tanahku PETUNJUK TEKNIS LOMBA KARYA TULIS INOVASI LINGKUNGAN (LOKASIKU) PT PUPUK KUJANG Kujang Environment Festival dengan Tema Hijau Bumiku, Subur Tanahku Kantor Pusat : Jl. Jend. A. Yani No. 39 Cikampek Kabupaten

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA ESSAY SMA TINGKAT NASIONAL SEMARAK INOVASI PENGEMBANGAN PERTANIAN INDONESIA (SIPPI)

PANDUAN LOMBA ESSAY SMA TINGKAT NASIONAL SEMARAK INOVASI PENGEMBANGAN PERTANIAN INDONESIA (SIPPI) PANDUAN LOMBA ESSAY SMA TINGKAT NASIONAL SEMARAK INOVASI PENGEMBANGAN PERTANIAN INDONESIA (SIPPI) HIMPUNAN MAHASISWA AGRONOMI INSTITUT PERTANIAN BOGOR 2013 PANDUAN LOMBA A. Nama Kegiatan Semarak Inovasi

Lebih terperinci

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH KESEHATAN SEKSUAL DAN REPRODUKSI REMAJA TINGKAT SMA/SMK/MA SE-BALI TAHUN 2016

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH KESEHATAN SEKSUAL DAN REPRODUKSI REMAJA TINGKAT SMA/SMK/MA SE-BALI TAHUN 2016 PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH KESEHATAN SEKSUAL DAN REPRODUKSI REMAJA TINGKAT SMA/SMK/MA SE-BALI TAHUN 2016 A. NAMA LOMBA Lomba Karya Tulis Ilmiah Kesehatan Seksual dan Reproduksi Remaja Tingkat SMA/SMK/MA

Lebih terperinci

IPTEK DALAM PEMBERDAYAAN POTENSI LOKAL BERDAYA SAING GLOBAL merupakan salah satu event kompetisi ilmiah yang menjadi

IPTEK DALAM PEMBERDAYAAN POTENSI LOKAL BERDAYA SAING GLOBAL merupakan salah satu event kompetisi ilmiah yang menjadi Lampiran 1. PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL UKMPR UNSOED THE 2 nd SOEDIRMAN SCIENCE COMPETITION (SSC) 2013 A. Definisi Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Nasional dengan tema PERAN IPTEK DALAM

Lebih terperinci

PANDUAN PENULISAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH STATISTICS IN ACTION 2015 IKATAN KELUARGA STATISTIKA FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA

PANDUAN PENULISAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH STATISTICS IN ACTION 2015 IKATAN KELUARGA STATISTIKA FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA PANDUAN PENULISAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH STATISTICS IN ACTION 2015 IKATAN KELUARGA STATISTIKA FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA A. Deskripsi Kegiatan Kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah 2015 (LKTI),

Lebih terperinci

LOMBA ESAI NASIONAL SCIENTIFIC GREAT MOMENT (SGM) 5 AGRITECH RESEARCH AND STUDY CLUB

LOMBA ESAI NASIONAL SCIENTIFIC GREAT MOMENT (SGM) 5 AGRITECH RESEARCH AND STUDY CLUB LOMBA ESAI NASIONAL SCIENTIFIC GREAT MOMENT (SGM) 5 AGRITECH RESEARCH AND STUDY CLUB A. Tema : Eksplorasi potensi lokal di bidang agrokompleks menuju Indonesia mandiri B. Latar Belakang Indonesia merupakan

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA SGM 8 CREATIVE STUDENT PROJECT (CSP) TINGKAT NASIONAL SMA/SMK/MA/Sederajat

PANDUAN LOMBA SGM 8 CREATIVE STUDENT PROJECT (CSP) TINGKAT NASIONAL SMA/SMK/MA/Sederajat PANDUAN LOMBA SGM 8 CREATIVE STUDENT PROJECT (CSP) TINGKAT NASIONAL SMA/SMK/MA/Sederajat TEMA UTAMA Tema utama dalam lomba CSP SGM 8 adalah Great Innovation by Empowering Agriculture to Develop Self Sufficient

Lebih terperinci

ESSAY COMPETITION GUIDANCE BOOK (BUKU PANDUAN LOMBA ESAI)

ESSAY COMPETITION GUIDANCE BOOK (BUKU PANDUAN LOMBA ESAI) ESSAY COMPETITION GUIDANCE BOOK (BUKU PANDUAN LOMBA ESAI) A. Nama Kegiatan : 5 th Call For Essay & Inspirational Talkshow 2017 B. Bentuk Kegiatan Bentuk kegiatan ini adalah lomba esai untuk siswa SMA/SMK/MA

Lebih terperinci

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL 2015 HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN ILMU ADMINISTRASI NEGARA

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL 2015 HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN ILMU ADMINISTRASI NEGARA PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL 2015 HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN ILMU ADMINISTRASI NEGARA HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN ADMINISTRASI NEGARA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS JENDERAL

Lebih terperinci

PETUNJUK TEKNIS LOMBA KARYA ILMIAH REMAJA (LKIR) TINGKAT NASIONAL PRADITA DIRGANTARA COMPETITION (PDC)

PETUNJUK TEKNIS LOMBA KARYA ILMIAH REMAJA (LKIR) TINGKAT NASIONAL PRADITA DIRGANTARA COMPETITION (PDC) PETUNJUK TEK LOMBA KARYA ILMIAH REMAJA (LKIR) TINGKAT NASIONAL PRADITA DIRGANTARA COMPETITION (PDC) 2018 Dalam rangkaian kegiatan Soft and Grand Opening SMA Pradita Dirgantara A. TEMA KARYA ILMIAH Tema

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN TAHAP : PENGUMPULAN ABSTRAK LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL Research of Applied Chemistry Competition (REACTION)

BUKU PANDUAN TAHAP : PENGUMPULAN ABSTRAK LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL Research of Applied Chemistry Competition (REACTION) BUKU PANDUAN TAHAP : PENGUMPULAN ABSTRAK LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL Research of Applied Chemistry Competition (REACTION) A. Latar Belakang Saat ini negara-negara di dunia, termasuk Indonesia, sedang

Lebih terperinci

PETUNJUK PELAKSANAAN DAN PETUNJUK TEKNIS LOMBA KTI THIS IS OUR CARE 2017

PETUNJUK PELAKSANAAN DAN PETUNJUK TEKNIS LOMBA KTI THIS IS OUR CARE 2017 PETUNJUK PELAKSANAAN DAN PETUNJUK TEKNIS LOMBA KTI THIS IS OUR CARE 2017 KETENTUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL THIS IS OUR CARE FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS PADJADJARAN 2017 I. KETENTUAN TEKNIS

Lebih terperinci

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH COMPETITION GUIDELINE LOMBA KARYA TULIS ILMIAH PUBLIC HEALTH PROJECT 2016 A. TEMA DAN SUBTEMA TEMA World Tobacco Process and Machinery dalam Perspektif Kesehtaan dan Industri SUB TEMA 1. Optimalisasi pengetahuan

Lebih terperinci

PANDUAN PELAKSANAAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL (LKTIN) 2017 PEKAN ILMIAH FISIKA (PIF) HIMAFI NEUTRON PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS JEMBER

PANDUAN PELAKSANAAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL (LKTIN) 2017 PEKAN ILMIAH FISIKA (PIF) HIMAFI NEUTRON PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS JEMBER PANDUAN PELAKSANAAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL (LKTIN) 2017 PEKAN ILMIAH FISIKA (PIF) HIMAFI NEUTRON PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS JEMBER A. Tema kegiatan Peran Generasi Muda dalam Mengembangkan

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA ESAI NASIONAL KATEGORI MAHASISWA

PANDUAN LOMBA ESAI NASIONAL KATEGORI MAHASISWA PANDUAN LOMBA ESAI NASIONAL KATEGORI MAHASISWA HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA I. PENDAHULUAN A. Latar Belakang Mahasiswa merupakan aset masa depan

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA YOGYAKARTA STATE UNIVERSITY ESSAY COMPETITION A. Nama Kegiatan YEC (Yogyakarta State University Essay Competition)

PANDUAN LOMBA YOGYAKARTA STATE UNIVERSITY ESSAY COMPETITION A. Nama Kegiatan YEC (Yogyakarta State University Essay Competition) PANDUAN LOMBA YOGYAKARTA STATE UNIVERSITY ESSAY COMPETITION 2017 A. Nama Kegiatan YEC (Yogyakarta State University Essay Competition) B. Tema Esai Optimalisasi Strategi dan Inovasi Mahasiswa menuju Indonesia

Lebih terperinci

SERBA-SERBI SAINS PART II PANDUAN Lomba Karya Tulis Ilmiah Peran Generasi Muda dalam Menjaga Kekayaan Biodiversitas di Bumi Anoa

SERBA-SERBI SAINS PART II PANDUAN Lomba Karya Tulis Ilmiah Peran Generasi Muda dalam Menjaga Kekayaan Biodiversitas di Bumi Anoa Sekretariat : Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu Kendari, FMIPA LAMA Lt. 1 SERBA-SERBI SAINS PART II PANDUAN Lomba Karya Tulis Ilmiah Peran Generasi Muda dalam Menjaga Kekayaan Biodiversitas di Bumi

Lebih terperinci

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA TINGKAT NASIONAL DALAM RANGKA DIES NATALIES KE-50 UNIVERSITAS JENDERAL

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA TINGKAT NASIONAL DALAM RANGKA DIES NATALIES KE-50 UNIVERSITAS JENDERAL LOMBA KARYA AT TULIS ILMIAH TINGKAT NASIONAL NA 2013 Dalam R Rangka Dies Natalis kensoed ke-50 Uns PANDUAN PENULISAN Mewujudkan Wo World Class Civic University Berbasis Be Kearifan Lokal Pedesaan Cp :

Lebih terperinci

PEKAN ILMIAH FISIKA XXI

PEKAN ILMIAH FISIKA XXI PEDOMAN FULLPAPER LOMBA KARYA TULIS ILMIAH PEKAN ILMIAH FISIKA XXI A. Mekanisme Pengiriman Fullpaper 1. Membayar pengiriman fullpaper sebesar Rp 100.000,00 per karya tulis fullpaper pada gelombang 1 dan

Lebih terperinci

Inovasi Mahasiswa Bidikmisi dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan di Kawasan 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal)

Inovasi Mahasiswa Bidikmisi dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan di Kawasan 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) Panduan Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Bidikmisi Se-Jawa Bali Inovasi Mahasiswa Bidikmisi dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan di Kawasan 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) Forum Mahasiswa

Lebih terperinci

Panduan Umum Penulisan KTI

Panduan Umum Penulisan KTI Panduan Umum Penulisan KTI LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SMP/MTs SE JAWA TIMUR Bekerja Dan Berkarya Dalam Penelitian Menuju Indonesia Yang Lebih Baik. SMA HIDAYATUS SALAM 2016 PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH

Lebih terperinci

B. Tema Lomba ini bertemakan Pemanfaatan Kualitas Kekayaan Maritim Indonesia dalam Pembuatan Obat Tradisional menjadi Lebih modern

B. Tema Lomba ini bertemakan Pemanfaatan Kualitas Kekayaan Maritim Indonesia dalam Pembuatan Obat Tradisional menjadi Lebih modern TOR (Term of Reference) Lomba Produk Mahasiswa Farmasi Indonesia (LPMFI) Pekan Ilmiah Mahasiswa Farmasi Indonesia (PIMFI) 2017 Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar A. Lomba Produk Mahasiswa Farmasi

Lebih terperinci

ESSAY a c e. e v e n A C E E v e n t _. a c e n a t i o n a l e v e n t. f t. u n a n d. a c. i d T E R M O F R E F E R E N C E

ESSAY a c e. e v e n A C E E v e n t _. a c e n a t i o n a l e v e n t. f t. u n a n d. a c. i d T E R M O F R E F E R E N C E @ a c e. e v e n t @ A C E E v e n t _ a c e n a t i o n a l e v e n t. f t. u n a n d. a c. i d ESSAY COMPETITION PEDOMAN LOMBA ESSAI A. LATAR BELAKANG Indonesia adalah Negara berkembang yang sedang gencar

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA SCIENTIFIC GREAT MOMENT 7 CREATIVE STUDENT PROJECT TINGKAT SISWA NASIONAL

PANDUAN LOMBA SCIENTIFIC GREAT MOMENT 7 CREATIVE STUDENT PROJECT TINGKAT SISWA NASIONAL PANDUAN LOMBA SCIENTIFIC GREAT MOMENT 7 CREATIVE STUDENT PROJECT TINGKAT SISWA NASIONAL TEMA UTAMA Tema utama dalam lomba Creative Student Project SGM7 adalah Youth Inovation in Agricultural Technology

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA ESAI SOCRATES NATIONAL COMPETITION

PANDUAN LOMBA ESAI SOCRATES NATIONAL COMPETITION PANDUAN LOMBA ESAI SOCRATES NATIONAL COMPETITION 2017 1. Pendahuluan Di tengah arus globalisasi saat ini, ada banyak yang harus kita jaga agar tidak kehilangan nilai aslinya. Salah satunya adalah kearifan

Lebih terperinci

LATAR BELAKANG WAKTU PELAKSANAAN

LATAR BELAKANG WAKTU PELAKSANAAN LATAR BELAKANG Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) merupakan lembaga organisasi intra-kampus yang ada diruang lingkup masing-masing jurusan, terutama Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan (HIMATEKPA) yang mempunyai

Lebih terperinci

BUKU PEDOMAN. Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI 2018) Tingkat SMA/SMK/MA se Madura

BUKU PEDOMAN. Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI 2018) Tingkat SMA/SMK/MA se Madura BUKU PEDOMAN Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI 2018) Tingkat SMA/SMK/MA se Madura LATAR BELAKANG Visi Fakultas Teknik Universitas Wiraraja Sumenep adalah mewujudkan Fakultas Teknik yang universal, berkarya

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL INDONESIA PAPER COMPETITION 2017

PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL INDONESIA PAPER COMPETITION 2017 PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL INDONESIA PAPER COMPETITION 2017 A. NAMA LOMBA Indonesia Paper Competition 2017 B. TEMA Inovasi Generasi Muda Melalui Sains, Teknologi dan Pendidikan untuk Menyongsong

Lebih terperinci

Babak Eliminasi Abstrak Invention

Babak Eliminasi Abstrak Invention KETENTUAN LOMBA KARYA TULIS INVENTION 2016 DIPONEGORO ECONOMIC FESTIVAL 2016 BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS DIPONEGORO INVENTION 2016 kepanjangan dari Innovation Research

Lebih terperinci

TINGKAT SMA/MA SEDERAJAT

TINGKAT SMA/MA SEDERAJAT EXPLORE SCIENCE TO EXPLORE THE WORLD KETENTUAN DAN PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT SMA/MA SEDERAJAT www.kirmandapa.com KETENTUAN DAN PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH (LKTI) SCIENCE CREATION EVEN

Lebih terperinci

JUKNIS LOMBA ESSAY PEKAN ILMIAH NASIONAL 2018

JUKNIS LOMBA ESSAY PEKAN ILMIAH NASIONAL 2018 JUKNIS LOMBA ESSAY PEKAN ILMIAH NASIONAL 2018 A. TEMA LOMBA Tema Essay : Peran Generasi Muda Sebagai Agent of Change Dalam Mewujudkan SDG s 2030 Sub tema yang dapat dipilih : 1. Upaya Memerangi Penyakit

Lebih terperinci

Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Mahasiswa Se-Jawa Bali Terbuka

Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Mahasiswa Se-Jawa Bali Terbuka 2017 VOLCANO SCIENTIFIC COMPETITION 2017 Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Mahasiswa Se-Jawa Bali Terbuka LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA Se-JAWA BALI TERBUKA Mengembangkan Gagasan Inovatif Guna Mengurangi

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN. Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Mahasiswa Se-Jawa Bali Terbuka

BUKU PANDUAN. Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Mahasiswa Se-Jawa Bali Terbuka 2017 BUKU PANDUAN VOLCANO SCIENTIFIC COMPETITION 2017 Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Mahasiswa Se-Jawa Bali Terbuka LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA Se-JAWA BALI TERBUKA Mengembangkan Gagasan Inovatif

Lebih terperinci

KETENTUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA TAHUN 2019

KETENTUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA TAHUN 2019 KETENTUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA TAHUN 2019 Tema dan Topik Lomba Karya Tulis ini bertema Nilai-Nilai Budaya Betawi dengan 5 (lima)

Lebih terperinci

MODUL PANDUAN Lomba Karya Tulis Ilmiah SMA/SMK Sederajat INDONESIA DALAM DUNIA ELEKTRONIKA

MODUL PANDUAN Lomba Karya Tulis Ilmiah SMA/SMK Sederajat INDONESIA DALAM DUNIA ELEKTRONIKA MODUL PANDUAN Lomba Karya Tulis Ilmiah SMA/SMK Sederajat INDONESIA DALAM DUNIA ELEKTRONIKA Latar Belakang Dalam era globalisasi saat ini begitu banyak perubahan baik dalam kalangan masyarakat umum ataupun

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA D3 FARMASI SE-INDONESIA PHARMODIA 2017 JURUSAN FARMASI POLTEKKES KEMENKES BANDUNG

PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA D3 FARMASI SE-INDONESIA PHARMODIA 2017 JURUSAN FARMASI POLTEKKES KEMENKES BANDUNG PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA D3 FARMASI SE-INDONESIA PHARMODIA 2017 JURUSAN FARMASI POLTEKKES KEMENKES BANDUNG I. Deskripsi Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa D3 Farmasi Se-Indonesia merupakan

Lebih terperinci

PETUNJUK PELAKSANAAN LKTI (LOMBA KARYA TULIS ILMIAH)

PETUNJUK PELAKSANAAN LKTI (LOMBA KARYA TULIS ILMIAH) PETUNJUK PELAKSANAAN LKTI (LOMBA KARYA TULIS ILMIAH) Tema Kegiatan Generasi Inovatif dalam Pertanian Secara Komprehensif Pendahuluan Siswa pada zaman sekarang sangat bergantung kepada teknologi, dan cenderung

Lebih terperinci

KETENTUAN PENGIRIMAN FULL PAPER LOMBA KARYA TULIS MAHASISWA SE-JAWA TIMUR TERBUKA VOSICO 2016 (VOLCANO SCIENTIFIC COMPETITION)

KETENTUAN PENGIRIMAN FULL PAPER LOMBA KARYA TULIS MAHASISWA SE-JAWA TIMUR TERBUKA VOSICO 2016 (VOLCANO SCIENTIFIC COMPETITION) KETENTUAN PENGIRIMAN FULL PAPER LOMBA KARYA TULIS MAHASISWA SE-JAWA TIMUR TERBUKA VOSICO 2016 (VOLCANO SCIENTIFIC COMPETITION) A. KETENTUAN PENGIRIMAN FULL PAPER LKTI 1. Peseta yang dinyatakan lolos seleksi

Lebih terperinci

KOMPETISI KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA TINGKAT NASIONAL

KOMPETISI KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA TINGKAT NASIONAL 1 KOMPETISI KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA TINGKAT NASIONAL 1. NAMA KEGIATAN Nama kegiatan Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional adalah IASC Innovation Animal Science Competition 2014.

Lebih terperinci

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH ABITA. Satukan Hati Membangun Indonesia Kita dalam Menghadapi Persaingan Global

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH ABITA. Satukan Hati Membangun Indonesia Kita dalam Menghadapi Persaingan Global PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH ABITA Satukan Hati Membangun Indonesia Kita dalam Menghadapi Persaingan Global Politeknik Negeri Semarang Jalan Prof. Soedharto S.H, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SMA/SMK/MA SEDERAJAT SE-DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA 2014

PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SMA/SMK/MA SEDERAJAT SE-DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA 2014 PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SMA/SMK/MA SEDERAJAT SE-DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA 2014 BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN 2014 0 I. PENDAHULUAN Lomba Karya Tulis Illmiah

Lebih terperinci

POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA Sekretariat : Jl. Teknik Kimia Kampus PPNS ITS Sukolilo, Surabaya JawaTimur 60111

POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA Sekretariat : Jl. Teknik Kimia Kampus PPNS ITS Sukolilo, Surabaya JawaTimur 60111 PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT NASIONAL AUTOMATION WEEK (AW) II 2018 Nama Lomba Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional Automation Week (AW) 2018. Tema Implementasi Hasil Riset Kelautan dan

Lebih terperinci

A. Lomba Menulis Essay (Untuk Mahasiswa se BESUKI RAYA) 1. Tema dan Subtema Tema : Peran generasi muda dalam mewujudkan Indonesia yang mandiri dan

A. Lomba Menulis Essay (Untuk Mahasiswa se BESUKI RAYA) 1. Tema dan Subtema Tema : Peran generasi muda dalam mewujudkan Indonesia yang mandiri dan A. Lomba Menulis Essay (Untuk Mahasiswa se BESUKI RAYA) 1. Tema dan Subtema Tema : Peran generasi muda dalam mewujudkan Indonesia yang mandiri dan adidaya melalui ide inovatif berbasis SDGs Subtema : a.

Lebih terperinci

PANDUAN SEMAR PAPER COMPETITION FESTIVAL ILMIAH MAHASISWA 2018

PANDUAN SEMAR PAPER COMPETITION FESTIVAL ILMIAH MAHASISWA 2018 PANDUAN SEMAR PAPER COMPETITION FESTIVAL ILMIAH MAHASISWA 2018 Dewasa ini, dunia banyak menghadapi problematika global yang semakin kompleks mencakup seluruh aspek kehidupan. Problematika global tidak

Lebih terperinci

KOMPETISI ESAI NASIONAL (KEN) The 12 th STATISTIKA RIA

KOMPETISI ESAI NASIONAL (KEN) The 12 th STATISTIKA RIA KOMPETISI ESAI NASIONAL (KEN) The 12 th STATISTIKA RIA TUJUAN 1. Menumbuhkan motivasi peserta kompetisi The 12 th Statistika Ria untuk berprestasi khususnya dalam bidang statistika. 2. Melatih dan memberikan

Lebih terperinci

EQUILIBRIUM WRITING COMPETITION I.

EQUILIBRIUM WRITING COMPETITION I. EQUILIBRIUM WRITING COMPETITION I. Tema Lomba Intensifying Resources Development to Accomplish Sustainable Economic s Welfare II. Subtema Lomba 1. Optimalisasi Ekonomi Kreatif di Bidang Pangan Berbasis

Lebih terperinci

PANDUAN LKTI KALIJAGA INNOVATION & RESEARCH COMPETITION (KIST) 2018

PANDUAN LKTI KALIJAGA INNOVATION & RESEARCH COMPETITION (KIST) 2018 PANDUAN LKTI KALIJAGA INNOVATION & RESEARCH COMPETITION (KIST) 2018 A. NAMA LOMBA Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional KIST (Kalijaga Innovation and Research Competition) B. TEMA Sains dan Teknologi Sebagai

Lebih terperinci

PANDUAN PENULISAN ABSTRAK LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL

PANDUAN PENULISAN ABSTRAK LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL PANDUAN PENULISAN ABSTRAK LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL Nama Kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional Bio Expo 2019 Tema Optimalisasi Potensi Daerah dalam Mendukung SDGs (Sustainable

Lebih terperinci