(2) Di lokasi manakah dari yang berikut ini Anda diharuskan untuk mengemudi sambil mengurangi kecepatan menurut Undang-undang Lalu Lintas Jalan?

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "(2) Di lokasi manakah dari yang berikut ini Anda diharuskan untuk mengemudi sambil mengurangi kecepatan menurut Undang-undang Lalu Lintas Jalan?"

Transkripsi

1 () Apakah yang ditunjukkan oleh tanda keamanan berikut? Boleh parkir sebentar untuk memuat kargo. Boleh berhenti sebentar untuk menurunkan penumpang. Ini adalah tanda keamanan yang dipasang di area-area yang tidak mengizinkan kendaraan berhenti dan parkir. Sepeda motor boleh parkir. () Di lokasi manakah dari yang berikut ini Anda diharuskan untuk mengemudi sambil mengurangi kecepatan menurut Undang-undang Lalu Lintas Jalan? Persimpangan di mana ada pengontrolan lalu lintas Awal tikungan Awal jalan naik Di dalam terowongan dengan lalu lintas padat () Manakah dari yang berikut ini yang dengan benar menjelaskan tentang tujuan dari Undang-undang atas Kasus-kasus Spesial Mengenai Penyelesaian Kecelakaan Lalu Lintas? Menghukum pengemudi yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas secara sengaja Mengembalikan hak pengemudi yang ditangkap karena menyebabkan kecelakaan lalu lintas Dengan cepat menghukum pengemudi yang secara tidak sengaja menyebabkan kecelakaan lalu lintas Memulihkan kerugian yang diakibatkan oleh kecelakaan lalu lintas, dan meningkatkan kualitas hidup () Manakah dari yang berikut ini yang dengan benar menjelaskan tentang penalti yang dikenakan pada pengemudi yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan cedera atau kematian setelah tabrakan dengan kereta, karena tidak berhenti di lintasan rel kereta api? Tidak akan ada tuntutan kriminal jika pengemudi memiliki asuransi lengkap atau mencapai kesepakatan dengan korban. Hanya penalti administratif yang dikenakan untuk pelanggaran lintasan rel kereta api. Akan ada tuntutan kriminal jika ada cedera atau kematian yang ditimbulkan dari pelanggaran lintasan rel kereta api. Undang-undang Lalu Lintas Jalan dan Undang-undang atas Kasus-kasus Spesial Mengenai Penyelesaian Kecelakaan Lalu Lintas tidak berlaku pada kecelakaan lintasan rel kereta api. 정답 : (5) Manakah dari yang berikut ini yang dengan benar menjelaskan tentang kecepatan kendaraan yang berusaha untuk menyalip kendaraan yang ada di depannya? Dalam hal mendahului kendaraan lain tidak ada batasan kecepatan. Batas kecepatan nasional di jalan mana saja dapat dilampaui sampai sebesar 50% ketika menyalip.

2 Tidak ada batas kecepatan selama pengemudinya kompeten. Menyalip hanya diperbolehkan jika kecepatannya berada dalam batas kecepatan jalan. (6) Dalam situasi manakah dari situasi-situasi berikut ini Anda boleh menyalip kendaraan lain? Ketika kendaraan di depan sedang menyalip kendaraan yang berada di depannya. Ketika kendaraan di depan berhenti atau dikemudikan dengan kecepatan yang berkurang supaya aman. Ketika kendaraan di depan dikemudikan berdampingan dengan kendaraan lain. Ketika kendaraan di depan dikemudikan dengan kecepatan yang berkurang untuk (7) Manakah dari yang berikut ini yang benar? Garis putih putus-putus menandakan dilarang memotong kendaraan. Garis putih utuh menandakan boleh mengubah arah. Garis putih utuh menandakan jalur khusus bis. Jalur putih utuh menandakan dilarang mengubah arah. (8) Manakah dari yang berikut ini yang dengan benar menjelaskan tentang cara menyalip di dalam terowongan? Manakah dari yang berikut ini yang dengan benar menjelaskan tentang cara menyalip di dalam terowongan? Nyalakan lampu depan Anda. Tetaplah berada dalam batas kecepatan nasional. Dilarang menyalip di dalam terowongan. (9) Apakah cara yang paling aman untuk mengemudi ketika garis penglihatan Anda berkurang karena kabut yang tebal? Mengemudi dengan menghidupkan lampu depan atau lampu kabut dan memberitahukan posisinya. Mengemudi dengan mempersempit jarak dengan kendaraan di depan dan mengikuti kendaraan di depan. Pada saat tidak dapat melihat bagian depan dengan baik dapat melewati batas tengah. Mempercepat laju dan keluar cepat dari area berkabut. 정답 :

3 (0) Apakah cara yang paling aman untuk belok kiri di sebuah persimpangan? Ikuti garis tengah sambil melaju dengan perlahan, belok kiri ke arah bagian dalam pusat persimpangan. Ikuti garis tengah sambil melaju dengan cepat, belok kiri ke arah bagian dalam pusat persimpangan. Ikuti garis tengah sambil melaju dengan cepat, belok kiri ke arah bagian luar pusat persimpangan. Ikuti garis tengah sambil melaju dengan perlahan, belok kiri sesuai dengan kenyamanan pengemudi. 정답 : () Manakah dari yang berikut ini yang dengan benar menjelaskan tentang cara Anda harus mengemudi ketika kendaraan di depan Anda memasuki persimpangan tanpa lampu lalu lintas dan belok kiri? Teruslah mengemudi dengan hati-hati jika Anda berjalan lurus. Kurangi kecepatan ketika berbelok jika Anda belok kanan. Mengalahlah ke kendaraan yang belok kiri jika Anda berjalan lurus atau belok kanan. Kurangi kecepatan saat mengemudi di jalan yang sempit. 정답 : () Manakah dari pernyataan-pernyataan berikut tentang cara mengemudi melalui sebuah persimpangan yang merupakan pernyataan yang benar? Bila lampu lalu lintas lampu merah berkedip melajulah dengan perlahan. Bila lampu lalu lintas lampu kuning berkedip, berhentilah sementara. Jangan menyalip di persimpangan. Saat mendekati persimpangan nyalakan lampu depan dengan cahaya yang sangat terang. 정답 : () Apakah cara yang paling aman untuk belok kanan di sebuah persimpangan? Mengemudi ke persimpangan dengan mengurangi kecepatan dan berbelok jika lampu berkedip dengan warna merah. Anda dapat memperlambat kecepatan dan belok bahkan jika ada tanda berhenti, selama tidak ada kendaraan lain. Jika ada tanda "mengalah" di permukaan jalan, berhentilah dan beloklah dengan hati-hati. Jika ada tanda "mengalah" di permukaan jalan, Anda tidak boleh menghalangi jalan lewat kendaraan lain. () Manakah dari pernyataan-pernyataan berikut tentang cara belok kanan di persimpangan tanpa rambu lalu lintas yang merupakan pernyataan yang benar? Belok dengan kecepatan tinggi. Belok setelah kendaraan yang memasuki persimpangan lebih dulu telah lewat.

4 Jika kendaraan yang datang dari arah yang berlawanan belok kiri, beloklah ke kanan pada saat yang sama dengan hatihati. Tidak perlu mewaspadai kendaraan lain jika Anda belok kanan memasuki jalan yang lebih sempit dari jalan utama. (5) Manakah dari yang berikut ini yang berisi berbagai tipe bahan bakar yang dituliskan dalam urutan kontribusinya terhadap polusi atmosfer? (Paling besar sampai paling kecil.) listrik, LPG, bensin LPG, bensin, listrik bensin, LPG, listrik LPG, listrik, bensin 정답 : (6) Manakah dari pernyataan-pernyataan berikut tentang jarak meluncur bebas (free running distance) yang merupakan pernyataan yang benar? Bila mengemudi dalam keadaan mabuk alkohol free running distance menjadi panjang. Jarak berhenti menjadi lebih pendek daripada jarak meluncur bebas ketika mengemudi di tengah hujan. Untuk menghindarkan kecelakaan lalu lintas, free running distance harus dipertahankan. Free running distance merupakan jarak dari tempat di mana Anda menginjak pedal rem ke tempat di mana kendaraan benar-benar berhenti. 정답 : (7) Manakah yang merupakan cara yang paling aman untuk mulai mengemudi lagi setelah berhenti di pinggir jalan? Mengemudi ke tengah jalan tanpa menggunakan sinyal belok Setelah menyalakan sinyal belok, matikan sebelum menyelesaikan perubahan arah Nyalakan sinyal belok dan mengemudilah ke jalan dengan perlahan Nyalakan sinyal belok dan mengemudilah ke jalan dengan segera 정답 : (8) Manakah dari pelanggaran lalu lintas berikut ini yang akan Anda lakukan jika Anda menyalip kendaraan dari sebelah kirinya di sebuah persimpangan? Gagal memprioritaskan yang berhak terlebih dahulu Pelanggaran zona dilarang menyalip Pelanggaran melewati garis tengah Metode penyalipan yang ilegal (9) Dari orang-orang berikut ini, manakah yang memerlukan pendidikan keamanan lalu lintas khusus? Seseorang yang lulus tes tertulis Seseorang yang surat izin mengemudinya telah dicabut karena mengemudi dalam keadaan mabuk Seorang penderita sakit jiwa yang memerlukan pengkajian kecakapan secara reguler

5 Seseorang yang mendapatkan surat izin mengemudi untuk pertama kalinya (0) Manakah cara mengemudi yang paling aman di jalan yang ada tanda keamanan berikut ini? Kurangi kecepatan saat mengemudi dan ambil jalur kiri atau kanan. Kurangi kecepatan saat mengemudi karena ada halangan di depan. Kurangi kecepatan saat mengemudi karena akan ada area tengah pemisah. Kurangi kecepatan saat mengemudi karena akan ada jalan dua arah. 정답 : () Apakah yang ditunjukkan tanda keamanan berikut ini? Kendaraan dan sepeda motor dilarang lewat dari jam :00 hingga 07:00. Kendaraan, sepeda motor, dan sepeda yang diberi motor dilarang lewat dari jam 08:00 hingga 0:00. Kendaraan, sepeda motor dan pejalan kaki dilarang lewat dari jam 08:00 hingga 0:00. Kendaraan dan sepeda dilarang lewat dari jam 08:00 hingga 0:00. () Apakah yang ditunjukkan tanda keamanan berikut ini? Pada hari Minggu dan hari libur boleh putar balik. Selain hari Minggu dan hari libur boleh putar balik. Pada hari Minggu dan hari libur tidak boleh putar balik. Dilarang putar balik. 정답 : () Apakah yang ditunjukkan tanda keamanan berikut ini? Hanya belok kiri ketika lampu berwarna merah. Boleh putar balik ketika lampu berwarna merah. Boleh belok kanan ketika lampu berwarna merah. Boleh belok kiri ketika lampu berwarna merah. () Apakah yang ditunjukkan tanda di permukaan jalan berikut ini? Kurangi kecepatan saat mengemudi karena Anda ada di zona sekolah atau di dekat tempat penyeberangan pejalan kaki.

6 Jalan licin di depan. Tempat penyeberangan pejalan kaki yang menonjol ada di dekat sini. Sepeda yang diberi motor dapat pindah jalur sambil mengurangi kecepatan. 정답 : (5) Apakah yang ditunjukkan tanda di permukaan jalan berikut ini? Dilarang putar balik. Dilarang belok kiri. Putar balik harus dilakukan satu kendaraan per satu kendaraan. Hanya sepeda motor yang boleh putar balik. 정답 : (6) Apakah yang ditunjukkan tanda di permukaan jalan berikut ini? Zona larangan berhenti. Zona aman. Zona parkir mundur. Segiempat tempat penyeberangan pejalan kaki. 정답 : (7) Apakah yang ditunjukkan tanda keamanan berikut ini? Awal zona perak. Tanda keamanan dipasang di sebelah kanan zona perak. Tanda keamanan dipasang di sebelah kiri zona perak. Undang-undang lalu lintas jalan menyatakan bahwa yang disebut warga lanjut usia adalah orang yang berusia 65 tahun ke atas. 정답 : (8) Manakah cara yang paling aman untuk mengemudi di jalan yang ada tanda keamanan berikut ini? Hanya belok kiri ketika lampu berwarna merah. Dilarang belok kiri. Hanya belok kiri di tanda panah hijau kiri.

7 Belok ke kiri ketika lampu berwarna hijau jika tidak ada kendaraan yang mendekati dari arah yang berlawanan. (9) Apakah yang ditunjukkan tanda keamanan berikut ini? Jalan lewat di kiri atau kanan. Belok kiri atau kanan. Awal area tengah pemisah. Akhir area tengah pemisah. (0) Apakah yang ditunjukkan tanda keamanan berikut ini? Jalan lewat di kiri atau kanan. Tidak ada jalan lewat di kiri atau kanan. Awal area tengah pemisah. Akhir area tengah pemisah. 정답 : () Apakah yang ditunjukkan tanda keamanan berikut ini? Mengemudilah lurus atau belok kanan. Dekat dengan bundaran. Belok kiri. Dekat dengan jalan lain untuk dilewati. 정답 : () Apakah yang ditunjukkan tanda keamanan berikut ini? Mengemudilah di kanan jalan. Lewat jalan lain. Bundaran.

8 Tanda instruksi berbentuk oval. 정답 : () Apakah yang ditunjukkan tanda keamanan berikut ini? Jalur untuk kendaraan rusak. Jalur khusus kendaraan bermotor. Jalur khusus kendaraan penumpang. Jalur khusus kendaraan gawat darurat. () Apakah yang ditunjukkan tanda keamanan berikut ini? Dua belokan Tanda belok kiri dan putar balik Putar balik lebih dulu Belok kiri lebih dulu (5) Apakah yang ditunjukkan tanda keamanan berikut ini? Sedang ada perbaikan jalan. Anda berada di dekat awal jalan yang menurun atau tikungan. Ada persimpangan di area ini. Ada lintasan rel kereta api di area ini. (6) Apakah yang ditunjukkan tanda keamanan berikut ini? Sedang ada perbaikan jalan. Anda berada di dekat awal jalan yang menurun atau tikungan. Ada persimpangan di area ini.

9 Ada lintasan rel kereta api di area ini. (7) Apakah yang ditunjukkan tanda keamanan berikut ini? Pejalan kaki dapat melintas. Pejalan kaki, kuda, dan kendaraan dilarang melintas. Ini adalah tanda keamanan yang dipasang di bagian tengah atau kiri jalan. Sepeda motor dapat melintas. (8) Apakah yang ditunjukkan tanda keamanan berikut ini? Kendaraan yang mengangkut zat-zat berbahaya dilarang memasuki jalan yang ada di 50 m di depan. Pertahankan jarak sebesar 50 m atau lebih antara kendaraan untuk mencegah tabrakan. Batas kecepatan maksimal adalah 50 km/jam. Batas kecepatan maksimal adalah 50 km/jam. (9) Apakah yang ditunjukkan tanda keamanan berikut ini? Mengalah ke kendaraan gawat darurat. Jalan menyempit atau menyatu. Ini adalah tanda di permukaan jalan yang dapat ditemukan tepat di depan tempat penyeberangan pejalan kaki. Mengalah ke pejalan kaki. (0) Apakah yang ditunjukkan tanda keamanan berikut ini? Lebar kendaraan maksimal Tinggi kendaraan maksimal Pertahankan jarak yang aman antara kendaraan

10 Panjang kendaraan maksimal () Apakah yang ditunjukkan tanda keamanan berikut ini? Dilarang putar balik. Dilarang belok kiri. Dilarang mengemudi lurus Anda harus putar balik. 정답 : () Apakah yang ditunjukkan tanda keamanan berikut ini? Belok ke kiri dan ke kanan harus didahulukan. Anda berada di jalan yang lurus. Dilarang mengemudi secara beriringan. Dilarang mengemudi lurus. () Apakah yang ditunjukkan tanda keamanan berikut ini? Pertahankan jarak yang aman antara kendaraan. Anda berada di Highway 0. Anda berada di Jalan Nasional 0. Rambu Kecepatan minimum adalah 0. () Apakah yang ditunjukkan tanda keamanan berikut ini? Dilarang belok kanan. Anda mendekati tikungan ke kanan. Jalur kanan menyempit.

11 Anda harus belok kanan. 정답 : (5) Apakah yang ditunjukkan tanda keamanan berikut ini? Anda harus belok kiri. Jalur Kiri Menyempit. Anda Mendekati Tikungan Kiri. Dilarang belok kiri. (6) Apakah yang ditunjukkan tanda keamanan berikut ini? Rel Kereta Api Jembatan Batas Ketinggian Kendaraan Perlindungan Warisan Budaya (7) Manakah cara yang paling aman untuk mengemudi di jalan yang ada tanda keamanan berikut ini? Karena ada tempat penyeberangan jalan, pengemudi harus mempercepat kecepatan dan melintas dengan cepat. Ada tempat penyeberangan jalan 00 m di depan, jadi melintaslah sambil membunyikan klakson. Pejalan kaki dilarang menyeberangi jalan, jadi teruskan mengemudi. Pengemudi haruslah memperhatikan keselamatan pejalan kaki karena adanya tempat penyeberangan jalan. (8) Manakah yang dengan benar menjelaskan tentang tanda keamanan berikut ini? Jalan seringkali berkabut. Banyak muncul burung yang berimigrasi di jalan. Jalan terpapar ke angin lewat, misalnya jembatan dan pinggir sungai.

12 Banyak orang lalu lalang di jalan ini. 정답 : (9) Apakah yang ditunjukkan tanda keamanan berikut ini? Mengemudilah di jalur kiri dengan hati-hati Menyatu di kanan Jalan yang menyempit Jalur kanan berakhir (50) Apakah yang ditunjukkan tanda keamanan berikut ini? Badai salju. Sedang ada perbaikan. Zona perlindungan pejalan kaki. Jalan longsor. (5) Apakah yang ditunjukkan tanda keamanan berikut ini? Parkir di satu baris Tanda area yang senantiasa macet Hati-hati mengemudi di malam hari Pindah jalur (5) Dua sepeda motor atau lebih tidak boleh dikemudikan secara beriringan oleh ( ) orang atau lebih dengan cara yang membahayakan para pengemudi lain di jalan. Manakah angka yang harus ada di dalam tanda kurung? (5) Sesuai dengan undang-undang lalu lintas jalan, manakah yang merupakan batas kecepatan untuk sepeda motor di jalan biasa dengan dua jalur? 60 km/jam atau kurang 70 km/jam atau kurang

13 80 km/jam atau kura 90 km/jam atau kurang 정답 : (5) Manakah yang merupakan pernyataan yang benar tentang alasan mengapa helm pengaman harus dikenakan ketika mengemudikan sepeda motor? Untuk mengurangi rasa kantuk dan rasa lelah. Untuk mempertahankan jarak yang aman dari kendaraan lain Untuk memastikan medan penglihatan yang lebih luas. Untuk melindungi kepala dari kecelakaan lalu lintas. (55) Manakah yang merupakan pernyataan yang tidak benar mengenai cara mengemudi dan merawat sepeda motor? Sepeda motor dengan kapasitas mesin 5 cc harus dipasangi pelat nomor. Pengemudi dan yang dibonceng, semuanya harus memakai helm pengaman. Selalu periksa ban dan bahan bakar setelah berangkat. Jangan mengemudi pada saat kondisi badan lelah. 정답 : (56) Manakah yang dengan benar menjelaskan alasan mengapa mengemudi di malam hari lebih berbahaya daripada siang hari untuk pengendara sepeda motor? Keamanan mengemudi bertambah dari indera kecepatan yang stabil Meningkatnya fokus dan kemampuan mengatasi bahaya Meningkatnya kecepatan dan ketepatan pengenalan objek Menurunnya kemampuan penglihatan dan sulitnya pengenalan objek (57) Manakah yang dengan benar menjelaskan tentang apa yang harus dilakukan ketika Anda sedang mengemudikan sepeda motor dan tiba-tiba ada angin kencang atau badai? Mengebutlah menjauh jika Anda berada di pintu masuk terowongan atau jembatan. Angin yang cukup keras dapat menjatuhkan pengendara sepeda motor. Berkendaralah mengikuti arah angin, bukan melawannya. Jalan-jalan di Korea tidak terpengaruh oleh angin kencang. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Perlambat kecepatan dan fokuskan diri pada pengemudian yang aman. (58) Manakah yang paling tepat menjelaskan apa yang harus dilakukan ketika sepeda motor Anda tiba-tiba tergelincir di jalan yang bersalju atau beku?

14 Pijak rem dengan cepat. Ubah ke gigi persneling yang tinggi. Putar setir ke arah tergelincir. Putar setir ke arah yang berlawanan dengan arah tergelincir. 정답 : (59) Saat mengemudi sepeda motor, di depan terlihat orang yang mendorong sepeda dan menyeberang jalan. Bagaimanakah Anda harus mengemudi? Tidak ada alasan untuk melindungi pengendara sepeda yang menyeberangi jalan secara ilegal. Teruskan mengemudi. Berhentilah di jarak yang aman dari pengendara sepeda dan biarkan pengendara sepeda menyeberangi jalan. Naikkan kecepatan dan mengemudilah menghindari pengendara sepeda. Kurangi kecepatan saat mengemudi sambil berwaspada terhadap pengendara sepeda. (60) Anda sedang mengemudikan sepeda motor dan melihat pengendara sepeda di depan. Manakah yang paling tepat menjelaskan bagaimana Anda harus mengemudi? Dikarenakan kecepatan sepeda lambat, salip dengan cepat. Dikarenakan sepeda dapat terjungkal, pertahankan jarak yang aman. Dikarenakan sepeda jarang menimbulkan bahaya, teruslah mengemudi. Melaju sambil membunyikan klakson. (6) Saat sepeda motor Anda masuk ke persimpangan yang tidak ada lampu lalu lintasnya, Anda melihat pengendara sepeda yang akan masuk ke persimpangan yang sama dari kanan Anda. Apakah yang harus Anda lakukan? Pengendara sepeda kemungkinan sudah tahu bahwa sepeda motor lebih cepat daripada sepeda, dan akan mengalah kepada Anda. Terus saja mengemudi. Naikkan kecepatan untuk memasuki persimpangan lebih dulu dan teruskan mengemudi. Berhentilah sebelum memasuki persimpangan dan biarkan sepeda lewat lebih dulu. Gunakan klakson untuk memperingatkan pengendara sepeda dan teruskan mengemudi. 정답 : (6) Manakah yang dengan benar menjelaskan tentang alasan mengapa pengendara sepeda motor harus mempertahankan jarak yang aman dari sepeda ketika menyalipnya? Pengendara sepeda tidak pernah jatuh Pengendara sepeda tidak dapat berhenti tiba-tiba Sepeda tidak goyang ke kanan atau kiri

15 Pengendara sepeda dapat berubah arah tiba-tiba (6) Manakah yang merupakan penalti yang dikenakan pada sepeda motor yang ketahuan sedang mengemudi di jalan raya atau jalan khusus kendaraan bermotor? (Kecuali sepeda motor untuk keadaan gawat darurat) Denda sebesar won Denda sebesar won Denda sampai dengan won dan/atau penjara Tidak ada. 정답 : (6) Manakah kecepatan yang tidak harus ditaati pengemudi sepeda motor di jalan biasa? Batas kecepatan nasional Batas kecepatan Kecepatan maksimum Kecepatan minimum (65) Manakah yang merupakan cara yang paling aman untuk mengemudikan sepeda motor di jalan dengan jarak pandang 00 m atau kurang? Mengemudi dengan kecepatan 80% dari kecepatan maksimum. Dikarenakan kesulitan memastikan keadaan di depan, ikutilah kendaraan di depan sedekat mungkin. Untuk memastikan keadaan di depan, nyalakan lampu depan dengan cahaya yang sangat terang. Nyalakan lampu depan atau lampu kabut. Jika perlu, nyalakan lampu kedip darurat. (66) Manakah yang tidak cocok sebagai helm pengaman untuk pengemudi sepeda motor? Helm pengaman dengan reflektor melekat pada bagian belakangnya Helm pengaman yang memiliki tahan benturan dan tahan penetrasi Helm pengaman yang tidak menyebabkan halangan yang signifikan terhadap pendengaran Helm pengaman yang beratnya lebih dari kg (67) Manakah yang bukan tindakan yang dilarang untuk pengemudi sepeda motor? Tindakan mengemudi dalam keadaan mabuk Tindakan mengemudi tanpa surat izin mengemudi Tindakan mengemudi dalam keadaan kelelahan fisik

16 Tindakan mengemudi dengan menyalakan lampu depan (68) Manakah yang merupakan pernyataan yang tidak benar tentang bagaimana pengendara sepeda motor harus mengemudi? Ketika berada di jalur jalan kaki, kurangi kecepatan saat mengemudi. Di jalan di mana jalur jalan kaki dan jalan kendaraan diberi tanda, mengemudilah di jalan kendaraan. Boleh mengemudi di jalur jalan kaki ketika keluar dari gedung yang tidak berada di jalan besar. Di jalan dengan beberapa jalur, mengemudilah di jalur yang langsung berada di sebelah kanan garis tengah. 정답 : (69) Manakah yang menjelaskan tentang cara yang paling aman untuk mengemudikan sepeda motor di jalan yang berkerikil atau tidak rata? Beloklah dengan radius yang besar. Tambah kecepatan, dan mengemudilah dengan menggunakan gigi persneling tinggi. Fokus dan jaga keseimbangan saja. Gunakan gigi persneling rendah dan pertahankan kecepatan. (70) Manakah yang dengan benar menjelaskan tentang apa yang terjadi ketika sepeda motor yang melaju dengan kecepatan tinggi di tengah hujan mengerem secara mendadak setelah kendaraan di depannya berhenti? Saat pengereman mendadak, resistansi gesekan permukaan jalan dan ban besar maka tidak akan tergelincir. Gesekan berkurang resistansinya pada jalan terkena air hujan maka jarak pengereman menjadi panjang. Resistansi gesekan berkurang pada jalan terkena air hujan, jarak tergelincir menjadi pendek. Resistansi gesekan besar dibanding permukaan jalan yang kering maka pengoperasian setir menjadi mudah. (7) Manakah cara mengemudi yang paling aman saat sepeda motor melaju di jalan? Pengendara sepeda motor harus parkir di dalam zona aman. Bila menyalip kendaraan di depan, gunakan tepi jalan dari sebelah kanannya. Ketika lampu berubah menjadi kuning saat Anda sedang melalui persimpangan, berhentilah di dalam persimpangan. Pertahankan jarak yang aman untuk menghindari tabrakan jika kendaraan di depan mengerem secara mendadak. (7) Manakah yang merupakan pernyataan yang salah tentang bagaimana sepeda motor harus dikemudikan melalui area yang berkabut? Nyalakan lampu depan, lampu kedip darurat, dan kurangi kecepatan. Hindari pengereman mendadak dan akselerasi

17 mendadak. Pertahankan jarak yang aman dengan memperhatikan lampu belakang kendaraan di depan, jalur Anda, dan rel pelindung di sebelah Anda. Lebih berhati-hatilah di sekitar pintu masuk terowongan dan jalan-jalan di pinggir sungai. Saat jarak pandang di bawah 00 m, melajulah dengan kecepatan sebesar 80% dari batas kecepatan. (7) Manakah pernyataan yang benar tentang bagaimana mengemudikan sepeda motor dengan aman? Kurangi kecepatan saat mengemudi ketika pejalan kaki menyeberang di tempat penyeberangan. Surat izin mengemudi Spesial Tingkat dibutuhkan untuk mengemudikan sepeda motor dengan kapasitas mesin 6 cc atau lebih. Pertahankan jarak yang aman dan kurangi kecepatan saat mengemudi ketika ada pejalan kaki di zona aman. Hanya pengemudi sepeda motor 5 cc lebih yang harus menggunakan helm pengaman. 정답 : (7) Anda adalah seorang pengendara sepeda motor di belakang kendaraan yang berusaha untuk menyalip kendaraan di depannya. Manakah yang merupakan cara yang paling aman untuk mengemudi? Tambah kecepatan dan bersainglah. Mengemudilah ke jalur penyalipan kendaraan itu. Bunyikan klakson untuk memberi peringatan kepada pengemudi di depan. Pertahankan jarak yang aman dari kendaraan di depan. (75) Pengendara sepeda motor hendak menyalip kendaraan yang melaju di depannya. Manakah yang merupakan waktu yang paling aman untuk melakukannya? Ketika kendaraan lain mendekati dari arah yang berlawanan. Ketika kendaraan di depan pindah ke kiri untuk belok ke kiri. Ketika kendaraan di depan sedang menyalip kendaraan yang ada di depannya. Ketika ada tempat yang cukup besar di antara kendaraan di depan dan kendaraan yang ada di depannya. (76) Manakah yang dengan benar menjelaskan tentang jarak berhenti sepeda motor? Bila membawa barang jarak berhenti menjadi lebih pendek. Jarak tempuh bebas (free running distance) adalah jarak yang diperlukan supaya kendaraan berhenti setelah rem diinjak. Jarak berhenti (stopping distance) dihitung dengan menambahkan jarak tempuh bebas ke jarak pengereman.

18 Jarak pengereman adalah jarak yang ditempuh kendaraan sebelum fungsi remnya digunakan oleh pengemudi. 정답 : (77) Manakah yang dengan benar menjelaskan tentang bagaimana pengendara sepeda motor harus mengemudi ketika melihat pejalan kaki menyeberangi jalan yang tidak ada tempat penyeberangannya? Menjaga jarak aman dan melaju dengan perlahan. Menjaga jarak aman dan berhenti sebentar. Bunyikan klakson dan melaju dengan perlahan. Sambil memperlambat kecepatan, melajulah dengan perlahan di belakang pejalan kaki. (78) Manakah yang menjelaskan tentang bagaimana pengendara sepeda motor harus mengemudi ketika penyandang cacat yang tidak mampu menggunakan fasilitas penyeberangan jalan seperti underpass atau overpass sedang menyeberangi jalan? Lewat dengan melaju secara perlahan. Haruslah berhenti sebentar. Menghindar dan lewat dengan cepat. Bunyikan klakson dan lewat sambil memberi peringatan. (79) Manakah yang menjelaskan tentang batas kecepatan mengemudi sepeda motor di jalan biasa dengan satu jalur menurut undang-undang lalu lintas? 60 km/jam atau kurang 70 km/jam atau kurang 80 km/jam atau kurang 90 km/jam atau kurang 정답 : (80) Volume beban sepeda motor haruslah tidak melebihi batas yang ditentukan oleh undang-undang lalu lintas jalan. Manakah yang bukan merupakan salah satu batas tersebut? Tingginya adalah m dari tanah Panjang dari perangkat duduk atau untuk muatan tidak boleh lebih dari 0 cm melebihi bodinya Dapat melihat muatan yang lebih rendah daripada spion di spion tersebut Dapat melihat bagian belakang di spion ketika membawa muatan yang lebih tinggi daripada spion tersebut 정답 : (8) Lampu manakah yang harus dinyalakan bila mengendarai sepeda motor di malam hari? lampu depan dan lampu samping

19 lampu depan dan lampu belakang lampu depan dan lampu pelat nomor lampu depan dan lampu kabut (8) Manakah yang dapat mempengaruhi jarak tempuh bebas sepeda motor yang sedang direm? Hujan Salju Rem yang rusak Pengemudi yang lelah (8) Manakah faktor bahaya yang paling besar saat sepeda motor akan belok kiri pada perempatan tanpa perlindungan? Truk sampah yang sedang berhenti di sisi seberang jalan Sepeda motor yang berjalan lurus dari arah yang berlawanan Bis yang sedang menunggu sinyal di sebelah kanan jalan Mobil van penumpang yang belok kiri dari arah yang berlawanan (8) Manakah faktor bahaya yang paling besar saat sepeda motor akan belok kanan di persimpangan? Kendaraan yang berjalan lurus dari arah yang berlawanan Kendaraan yang berjalan lurus di sisi kanan jalan Kendaraan yang belok kiri dari arah yang berlawanan Kendaraan yang belok kanan dari arah yang berlawanan 정답 : (85) Manakah yang merupakan pernyataan yang tidak benar atas cara sepeda motor harus dikemudikan ketika mengitari pojok jalan atau belokan? Setelah mengurangi kecepatan sebelum belokan, beloklah sambil mengurangi kecepatan. Melakukan banting setir atau pengereman mendadak dapat mengakibatkan sepeda terjatuh atau tergelincir. Beloklah dengan kecepatan tinggi untuk berjaga-jaga jika kendaraan yang datang dari arah yang berlawanan dikemudikan melampaui garis tengah. Hati-hati agar tidak mengemudi di jalur offtracking kendaraan lain yang belok ke arah yang sama pada saat yang sama. 정답 : (86) Manakah yang dengan benar menjelaskan tentang cara sepeda motor mengubah arah? Sepeda motor dapat mengubah arah di jalan walaupun di tempat itu tidak diperbolehkan untuk mengubah arah. Karena sepeda motor hanya dapat dikendarai di jalur paling kanan, kendaraan di depan tidak boleh disalip di sebelah kirinya.

20 Kendaraan di depan dapat disalip di sebelah kanannya di belokan. Sebelum sepeda motor mengubah arah, periksa spion untuk memastikan keadaannya aman. (87) Manakah yang merupakan anjuran yang tidak benar mengenai inspeksi sepeda motor sebelum dioperasikan? Tidak mengendarai sepeda motor bila struktur dan perangkat sepeda motor tidak memenuhi standar keamanan. Sepeda motor haruslah dihidupkan mesinnya dalam jangka waktu yang lama supaya saat jalan mesin menjadi halus dan membantu penghematan bahan bakar. Sebelum mengendarai sepeda motor, periksa apakah ban dalam keadaan aus dan periksa tekanan udara di dalam ban. Sebelum mengemudikan sepeda motor, sesuaikan kaca spion agar dapat melihat kendaraan yang mendekati dari belakang. (88) Manakah yang merupakan cara yang paling aman untuk mengerem sepeda motor? Hanya mengoperasikan rem depan saja. Hanya mengoperasikan rem belakang saja. Mengoperasikan secara bersamaan rem belakang dan rem depan. Mengoperasikan terlebih dahulu rem belakang lalu kemudian rem depan. 정답 : (89) Manakah yang merupakan pernyataan yang tidak benar tentang bagaimana Anda harus mengemudikan sepeda motor? Tidak memulai perjalanan atau menaikkan kecepatan secara mendadak. Tidak meningkatkan rpm mesin tanpa menjalankan roda. Untuk meningkatkan pandangan, tidak menggunakan helm pengaman di malam hari. Tidak menimbulkan bahaya dengan melaju berdampingan dengan pengendara sepeda motor lainnya. 정답 : (90) Manakah yang menjelaskan bagaimana pengendara sepeda motor dapat mengubah arah dengan aman? Pertahankan jarak tertentu dari kendaraan di belakang Anda, ubah arah dengan kecepatan saat ini. Pertahankan jarak tertentu dari kendaraan di belakang Anda, ubah arah sambil meningkatkan kecepatan. Jika kendaraan mendekati dari belakang, perlambat kecepatan secara mendadak dan ubah arah. Jika kendaraan mendekati dari belakang, ubah arah secara mendadak. 정답 :

21 (9) Manakah pernyataan yang benar tentang bagaimana pengendara sepeda motor harus mengemudi di jalan? Melaju melalui jalur pada jalan biasa dengan jalur. Melaju melalui jalur pada jalan biasa dengan jalur. Jalur yang langsung berada di sebelah kanan garis tengah adalah jalur, dan jalur di sebelah kanan jalur adalah jalur, dan seterusnya. Melaju di jalur yang ada di sebelah kiri garis tengah jalan. 정답 : (9) Manakah yang merupakan pernyataan yang tidak benar tentang bagaimana Anda harus mengemudikan sepeda motor dengan aman? Haruslah berjaga-jaga, karena sepeda motor tidak terlalu bisa dilihat seperti mobil. Haruslah berjaga-jaga untuk mempertahankan keseimbangan sepeda motor. Kemampuan pengereman sepeda motor lebih baik dibandingkan dengan mobil karena hanya memiliki dua roda. Untuk keselamatan pengemudi, selalu kenakan helm pengaman. 정답 : (9) Manakah yang dengan benar menjelaskan tentang cara menyalip sepeda motor? Sepeda motor dapat menyalip kendaraan di depannya dari sebelah kiri. Bila lalu lintas macet, sepeda motor dapat menyalip dengan mengemudi di antara kendaraan-kendaraan. Sepeda motor dapat menyalip kendaraan yang melaju di depan bahkan jika ada kendaraan lain yang mendekati dari arah yang berlawanan. Sepeda motor dapat menyalip dengan mengemudi menelusuri tepi jalan ketika lalu lintas macet. 정답 : (9) Manakah yang merupakan pernyataan yang tidak benar tentang pengendara sepeda motor yang membawa penumpang? Sulit mendapat keseimbangan penumpang orang, sehingga bahaya kecelakaan lalu lintas meningkat. Harus menggunakan kecepatan yang lebih rendah daripada kecepatan yang digunakan ketika berkendara sendirian, dan pengereman secara mendadak harus dihindari. Sepeda motor akan lebih mudah dijaga keseimbangannya jika penumpang di belakang duduk dengan kedua kakinya berada di satu sisi. Bila jalan licin dikarenakan salju dan hujan, lebih baik tidak membawa penumpang. 정답 : (95) Manakah yang merupakan pernyataan yang tidak benar tentang karakteristik sepeda motor? Tidak seperti pengendara kendaraan, pengendara sepeda motor terpapar ke lingkungan. Upaya yang sungguh-sungguh harus dilakukan untuk menjaga keseimbangan sepeda motor. Sepeda motor tidak terlihat dengan baik di malam hari.

22 Sepeda motor di jalan dapat selalu dilihat oleh pengemudi kendaraan. Bila melakukan pengereman secara mendadak pada jalan berbelok dapat tergelincir. 정답 : (96) Anak-anak dapat dianggap sebagai "lampu merah berjalan". Manakah dari yang berikut ini yang bukan merupakan alasan mengapa mereka dianggap demikian? Anak-anak cenderung langsung mewujudkan pikiran mereka menjadi tindakan. Anak-anak cenderung berlari lurus menyeberangi jalan tanpa melihat ke kiri dan ke kanan jika ibu mereka memanggil dari seberang jalan. Anak-anak cenderung berlari menyeberangi jalan dengan hanya melihat ke depan ketika lampu berubah menjadi hijau di tempat penyeberangan. Anak-anak cenderung bergerak dengan sangat lambat dan ragu-ragu. (97) Pengemudi sepeda motor sedang berkendara di jalur paling kanan di jalan yang berakhir di jembatan dan ada pengendara sepeda di depannya. Manakah yang merupakan cara yang paling aman untuk mengemudi? Menyalip pengendara sepeda sebelum dia mencapai jembatan. Menyorotkan lampu depan ke pengendara sepeda. Perlambat kecepatan dan buat jarak aman dengan sepeda. Menyalip sepeda dari sebelah kirinya. 정답 : (98) Pengendara sepeda motor sedang mengemudi mengitari tikungan di sebelah kanan dan ada pengendara sepeda di kanan depan. Manakah yang merupakan cara yang paling aman untuk mengemudi? Ikuti tikungan dengan memperkecil radius putaran. Untuk menghindarkan tabrakan dengan sepeda, tambah kecepatan untuk melewati pengendara sepeda. Bunyikan klakson sambil melewati pengendara sepeda dengan cepat. Pertahankan jarak yang aman dari pengendara sepeda dan kurangi kecepatan. (99) Manakah yang tidak diklasifikasikan sebagai kendaraan oleh Undang-undang Lalu Lintas Jalan? sepeda kereta api sepeda motor sepeda yang diberi motor (00) Manakah yang menjelaskan tentang penalti yang akan dikenakan kepada Anda karena telah menabrak murid sekolah dasar yang menyeberangi tempat penyeberangan pejalan kaki tanpa rambu, yang menyebabkan cedera ringan? Anda dapat dikenai tuntutan kriminal berdasarkan Undang-undang atas Kasus-kasus Spesial Mengenai Penyelesaian Kecelakaan Lalu Lintas. Anda tidak akan dikenai tuntutan kriminal jika Anda memiliki asuransi terpadu. Karena korban masih kecil, Anda hanya perlu menghubungi orang tuanya.

23 Tidak perlu memberikan rincian kontak Anda kepada korban. 정답 : (0) Manakah yang merupakan pernyataan yang benar tentang modifikasi struktur sepeda motor? Bila mengubah struktur sepeda motor, haruslah melapor kepada kepala kepolisian. Tidak dapat mengubah struktur sepeda motor dengan alasan apapun. Modifikasi struktur sepeda motor secara ilegal dapat dikenakan penalti. Sepeda motor dapat dimodifikasi strukturnya oleh pemiliknya tanpa mendapatkan izin. 정답 : (0) Pengemudi dari kendaraan yang Anda tabrak dari belakang telah mengalami cedera punggung. Manakah yang paling tepat menjelaskan tentang apa yang harus Anda lakukan? Keluarkan dia dari mobilnya dan bawa ke rumah sakit. Hubungi keluarga atau teman korban dan tunggu sampai mereka tiba. Segera hubungi 9 dan tunggu sampai petugas paramedis tiba. Tunggu sampai polisi tiba, karena cederanya tampaknya ringan. 정답 : (0) Ada tipe kecelakaan lalu lintas yang dibebaskan dari Undang-undang atas Kasus-Kasus Spesial Mengenai Penyelesaian Kecelakaan Lalu Lintas. Kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan karena mengebut adalah salah satu dari tipetipe kecelakaan ini. Manakah dari yang berikut ini yang dengan benar mendefinisikan "mengebut" dalam konteks tersebut? 5 km/jam melebihi batas kecepatan jalan. 0 km/jam melebihi batas kecepatan jalan. 5 km/jam melebihi batas kecepatan jalan. 0 km/jam melebihi batas kecepatan jalan. (0) Terjadi tabrakan antar kendaraan penumpang dan sepeda motor di persimpangan yang tidak ada lampu lalu lintasnya. Manakah yang merupakan pernyataan yang benar? Pihak yang bertanggung jawab akan ditentukan melalui penyelidikan kecelakaan. Karena kecelakaan terjadi di persimpangan, pengendara sepeda motor yang bertanggung jawab. Karena kecelakaan terjadi di persimpangan, pengemudi kendaraan penumpang yang bertanggung jawab. Tidak ada yang bertanggung jawab. 정답 : (05) Manakah yang bukan merupakan situasi di mana penalti dapat dikenakan pada pengemudi yang menyebabkan kebisingan?

24 Bila menimbulkan suara yang berlebihan ketika menaikkan kecepatan secara mendadak. Tindakan meningkatkan rpm daya motor tanpa menjalankan roda. Tindakan membunyikan klakson secara terus menerus. Tindakan membunyikan klakson karena melihat anak menyeberang jalan secara ilegal. (06) Manakah yang dengan benar menjelaskan tentang zona aman? Bagian dari jalan yang ditandai dengan tanda keamanan untuk mengindikasikan tempat parkir sepeda. Bagian dari jalan yang ditandai dengan tanda keamanan untuk mengindikasikan tempat berhenti sepeda motor. Bagian dari jalan yang ditandai dengan tanda keamanan untuk keamanan pejalan kaki, kuda, dan kendaraan yang melaluinya dan menyeberanginya. Bagian dari jalan yang ditandai dengan tanda keamanan untuk mengindikasikan tempat berhenti kendaraan. 정답 : (07) Sebuah kendaraan sedang menunggu di persimpangan sampai lampu berubah menjadi hijau ketika ditabrak dari belakang oleh sepeda motor. Benturannya tidak parah sama sekali. Siapakah yang bertanggung jawab atas kecelakaan ini? Kedua pengemudi Pengemudi kendaraan Pengemudi sepeda motor Tidak ada 정답 : (08) Manakah yang merupakan pernyataan yang tidak benar mengenai informasi yang harus dilaporkan kepada polisi oleh pengemudi yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas? Tempat kejadian kecelakaan Jumlah korban dan keparahan cedera Kerusakan benda dan keparahan kerusakan Kemampuan ekonomi dan tingkat pendidikan korban (09) Manakah pernyataan yang benar perihal penalti yang dikenakan pada orang yang menghalangi tindakan pelaporan kecelakaan lalu lintas? Tidak ada penalti semacam ini yang dikenakan pada saksi. Tidak ada penalti semacam ini yang dikenakan pada korban. Penalti dapat dikenakan pada siapa saja. Tidak ada penalti semacam ini. 정답 : (0) Berapa poin hukuman yang didapat karena pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan yang akan mengakibatkan surat izin mengemudi Anda dicabut? Empat puluh poin hukuman karena menyebabkan kecelakaan lalu lintas Tiga puluh poin hukuman karena pelanggaran lalu lintas Dua puluh poin hukuman karena pelanggaran lalu lintas

25 Bila menyebabkan kematian dalam kecelakaan mengemudi dalam keadaan mabuk 정답 : () Manakah yang dengan benar menjelaskan tentang cara memberikan pertolongan pertama kepada korban kecelakaan lalu lintas yang mengalami cedera leher yang serius? Segera berikan pertolongan kepada korban. Pindahkan korban ke pinggir jalan untuk memeriksa lukanya. Pindahkan mobil ke jalur paling kanan untuk menghindari kecelakaan lebih lanjut. Jangan memindahkan korban dan telepon 9 dengan segera. () Dalam keadaan manakah Anda diharuskan oleh Undang-undang Lalu Lintas Jalan untuk berhenti? Persimpangan tanpa petugas pengontrol lalu lintas di mana lalu lintas di sebelah kiri dan kanan tidak dapat dicek Di persimpangan yang lampunya telah berubah menjadi hijau Di atas jembatan atau di dalam terowongan yang ramai Awal tikungan atau jalan yang menurun 정답 : () Manakah yang termasuk mengemudi sesuai dengan undang-undang lalu lintas jalan? Bila pengemudi traktor mengemudi di jalan pedesaan dengan kadar alkohol dalam darah 0,05%. Bila orang parkir di lahan parkir bawah tanah di area perumahan tanpa surat izin mengemudi Bila memarkir kendaraan di lahan parkir motel sambil berada di bawah pengaruh zat yang ilegal. Bila mendorong sepeda motor 5 cc dengan memegang kedua setir dalam keadaan mesin mati di jalan kota. 정답 : () Manakah yang dengan benar menjelaskan tentang cara mengemudi melalui area berkabut dengan jarak pandangan 70 m? Nyalakan lampu depan dan lewatlah dengan cepat dari daerah berkabut. Nyalakan lampu depan dan lampu kedip darurat, dan melajulah dengan perlahan. Nyalakan lampu kedip darurat dan mengebutlah melalui kabut. Melajulah dengan mengikuti kendaraan yang melaju di depan Anda. (5) Manakah yang merupakan pendekatan yang baik atas pengemudian yang ramah lingkungan dan yang menghemat bahan bakar? Biasakan diri untuk mengikuti informasi mengemudi yang terbaru.

26 Bila menggunakan bahan bakar palsu dapat menghemat bahan bakar. Muat kendaraan Anda penuh dengan kargo. Pemeriksaan ban hanya saat perjalanan jauh atau hari raya saja. 정답 : (6) Manakah yang merupakan pendekatan yang baik atas pengemudian yang ramah lingkungan dan yang menghemat bahan bakar? Mengemudi dengan kecepatan sedang. Meningkatkan kecepatan dan belok dengan cepat. Pengecekan sepeda motor hanya dilakukan saat penggantian onderdil. Manfaatkan inersia di jalan yang naik dan jalan yang menurun. 정답 : (7) Manakah yang merupakan pendekatan yang baik atas pengemudian yang ramah lingkungan dan yang menghemat bahan bakar? Di pagi hari, biarkan mesin menyala selama tiga menit. Biarkan mesin menyala selama lima menit ketika mencapai tujuan Anda. Saat berhenti, posisikan gigi persneling di netral (N). Naikkan kecepatan dengan cepat dan mengeremlah dengan perlahan. 정답 : (8) Manakah cara yang baik untuk meningkatkan penghematan bahan bakar Anda? Menghindari penekanan akselerasi dan pengereman yang mendadak. Menjaga agar tekanan udara di dalam ban selalu sedikit lebih rendah daripada yang diharuskan. Selalu mengebut untuk mencapai tujuan Anda. Isi tempat yang kosong dengan kargo. 정답 : (9) Manakah yang merupakan pernyataan yang tidak benar atas garis tengah di jalan? Tujuannya adalah untuk memberi klarifikasi atas metode jalan lewat kuda/kendaraan. Garis utuh kuning atau garis putus-putus kuning dapat digunakan. Area tengah pemisah atau penghalang dapat dipasang. Garis tengah tidak dapat dipasang di jalan yang jalurnya terkontrol.

27 (0) Manakah yang dengan benar menjelaskan bagaimana Anda harus mengemudi ketika lampu lalu lintas di persimpangan berwarna kuning? Perlambat kecepatan dan belok kiri. Perlambat kecepatan dan putar balik. Tambah kecepatan dan lewati persimpangan. Berhentilah di garis berhenti. () Manakah yang merupakan pernyataan yang benar atas bagaimana pengemudi harus mengikuti rambu lalu lintas? Pengemudi harus mengikuti tanda yang ditunjukkan oleh lampu lalu lintas. Pengemudi harus mengikuti tanda dari lampu lalu lintas di arah yang berlawanan. Pengendara sepeda motor tidak perlu mengikuti rambu lalu lintas di jalan yang jalurnya terkontrol. Cara mengemudi yang paling aman adalah dengan mengikuti kendaraan di depan. 정답 : () Di antara berikut, manakah tempat di mana sepeda motor dapat putar balik? Di jalan dengan garis utuh kuning di tengahnya Di jalan dengan garis utuh putih di tengahnya Di jalan dengan garis putus-putus putih di tengahnya Di jalan dengan garis utuh biru di tengahnya 정답 : () Manakah yang merupakan pernyataan yang benar atas tanda di permukaan jalan? Garis putus-putus putih adalah garis jalur yang dapat pindah jalur menandakan bahwa Anda bisa mengubah arah. Garis utuh putih menandakan bahwa Anda boleh mengubah arah jika aman untuk dilakukan. Garis putus-putus kuning (garis tengah) menandakan bahwa Anda boleh mengubah arah tetapi tidak boleh menyalip. Garis putus-putus kuning (garis tengah) membatasi perubahan arah. 정답 : () Manakah yang dengan benar menjelaskan tentang apa yang harus dilakukan pengendara sepeda motor ketika kendaraan gawat darurat mendekatinya? Memperlambat kecepatan dan berhenti. Menepi ke tepi kanan jalan. Menyalakan lampu kedip darurat dan berhenti. Berhenti di zona aman.

28 (5) Dalam situasi manakah sepeda motor dapat menyeberangi lintasan rel kereta api? Bila palang lintasan telah ditutup Bila palang lintasan akan ditutup Bila alarm lintasan berbunyi Bila ada sinyal yang menandakan Anda boleh menyeberang (6) Manakah yang merupakan pernyataan yang benar atas jalan lewat sepeda? Sepeda juga termasuk kendaraan. Bila naik sepeda di trotoar, dapat didenda. Bila terpaksa melewati tempat penyeberangan jalan, haruslah lewat dengan mendorong sepeda. Pengendara sepeda dapat mengabaikan rambu lalu lintas di persimpangan. (7) Manakah yang merupakan pernyataan yang benar tentang rambu lalu lintas? Lampu kuning berkedip: Kuda dan kendaraan harus waspada terhadap kendaraan lain, mengikuti tanda keamanan, dan berhenti sebelum melanjutkan perjalanan. Lampu merah: Pejalan kaki boleh menyeberangi tempat penyeberangan pejalan kaki setelah memastikan keadaannya aman. Lampu rambu panah hijau: Kuda dan kendaraan boleh bergerak ke arah yang sama dengan arah tanda panah. Lampu kuning: Kuda dan kendaraan yang telah memasuki persimpangan harus berhenti di tempat. 정답 : (8) Pengemudi sepeda motor berhenti saat lampu merah di persimpangan dan melewati garis berhenti. Pelanggaran lalu lintas manakah yang telah dia lakukan? Pelanggaran belok Pelanggaran ganti jalur Pelanggaran cara melintas di persimpangan Pelanggaran rambu lalu lintas (9) Definisi manakah yang benar? Balita adalah orang yang berusia di bawah 6 tahun. Anak-anak adalah orang yang berusia 7 tahun atau lebih, dan di bawah tahun. Remaja adalah orang yang berusia tahun atau lebih, dan di bawah 0 tahun. Warga lanjut usia adalah orang yang berusia 66 tahun atau lebih. 정답 : (0) Manakah yang berhak menentukan zona perak?

29 Presiden universitas warga lanjut usia Asosiasi Warga Lanjut Usia Korea Gubernur daerah Kepala Kepolisian 정답 : () Manakah yang dengan benar menjelaskan tentang cara memberi sinyal tangan kepada pengemudi lain bahwa Anda sedang mengemudi dengan kecepatan yang berkurang? Pengemudi sepeda motor tidak boleh memberikan sinyal tangan. Menjulurkan tangan ke luar dengan posisi 5 derajat. Menjulurkan tangan ke luar dengan posisi 5 derajat dan melambaikannya ke atas dan ke bawah. Posisi tangan kanan dan atau tangan kiri dibentangkan ke luar sisi kanan dan atau sisi kiri secara horizontal dan diayunkan ke muka dan belakang. 정답 : () Manakah yang merupakan penjelasan yang tidak benar atas bis sekolah dan pengoperasiannya? Yang dimaksud dengan bis sekolah anak adalah kendaraan yang didaftarkan di institusi pembelajaran yang digunakan alat transportasi anak-anak. Pendaftaran kendaraan untuk bis sekolah yang telah dikeluarkan oleh kepala polisi harus terus berada di dalam bis sekolah ketika bis digunakan untuk anak-anak. Semua pengemudi kendaraan tidak dapat menyalip bis sekolah yang bertanda ada anak-anak, sekalipun dapat dilakukan dengan aman. Pengemudi bis sekolah harus memastikan bahwa anak-anak di dalam bis ditemani oleh seorang penjaga. () Di antara pelanggaran peraturan lalu lintas di zona sekolah berikut, manakah yang tidak akan mengakibatkan poin hukuman atau denda? Menyalip secara ilegal Pelanggaran rambu Pelanggaran kecepatan 정답 : Menghalangi lalu lalang pejalan kaki () Manakah yang bukan fasilitas keamanan yang dapat dipasang di dalam zona sekolah? Pagar penghalang Model tempat penyeberangan jalan Polisi tidur Tanda zona sekolah (5) Manakah yang tidak memiliki otoritas untuk menetapkan zona sekolah? Walikota Seoul Walikota Busan Gubernur daerah Kepala Kepolisian (6) Manakah yang dengan benar menjelaskan tentang sebuah situasi di mana sepeda motor yang mengantarkan pasien yang sekarat dapat diklasifikasikan sebagai kendaraan gawat darurat? Harus mendapatkan izin dari kepala kepolisian yang berwenang. Ketika dikemudikan dengan menyalakan lampu depan dan lampu kedip darurat.

30 Ketika mengantarkan pasien yang sekarat, kendaraan Anda secara otomatis merupakan kendaraan gawat darurat. Ketika dikawal kendaraan lain. (7) Kendaraan gawat darurat sedang mendekat ke pengemudi yang sedang melaju di jalan dari belakang. Tindakan manakah yang benar? Langgar batas kecepatan nasional dan mengebutlah untuk menjauhi kendaraan gawat darurat. Pergilah ke tepi kanan jalan untuk membiarkan kendaraan gawat darurat lewat. Teruslah mengemudi. Pergilah ke tepi kiri jalan untuk membiarkan kendaraan gawat darurat lewat. (8) Manakah yang dengan benar menjelaskan tentang cara sepeda motor menyalip kendaraan lain? Tidak boleh menyalip di dalam terowongan pada hari kerja. Anda boleh menyalip kendaraan di depan dari sebelah kiri atau kanannya. Tidak boleh menyalip di persimpangan. Menyalip kendaraan di depan dari sebelah kanannya. 정답 : (9) Dalam situasi manakah tidak ada pelanggaran batas kecepatan menurut Undang-undang Lalu Lintas Jalan? Melaju dengan kecepatan 60 km/jam pada jalan biasa jalur yang permukaannya beku Melaju dengan kecepatan 50 km/jam pada jalan biasa jalur yang tertimbun salju kurang dari 0 mm. Melaju dengan kecepatan 60 km/jam pada jalan umum jalur yang permukaan jalannya basah karena turun hujan. Melaju dengan kecepatan 50 km/jam pada jalan umum jalur yang jarak pandangnya 00 m atau kurang dikarenakan kabut. (0) Lampu manakah yang harus dinyalakan di sepeda motor yang berhenti atau diparkir di jalan pada malam hari? Lampu depan Lampu samping Lampu belakang Lampu pelat nomor 정답 : () Saat melaju di jalan tanjakan yang sangat miring jalan jalur, manakah yang merupakan cara mengemudi yang aman? Ganti jalur dengan cepat jika kendaraan pengangkut di depan menghalangi pandangan Anda. Gunakan gigi persneling tinggi dan melajulah di tanjakan.

31 Mengemudilah di jalur jika sepeda motor Anda memiliki kapasitas mesin rendah. Naikkan kecepatan jika sepeda motor Anda memiliki kapasitas mesin tinggi. 정답 : () Manakah yang merupakan pernyataan yang benar atas perilaku penumpang sepeda motor yang berbahaya? Pengendara sepeda motor harus mengemudi dengan penumpang di setiap waktu. Penumpang tidak pernah dituntut untuk bertanggung jawab atas kecelakaan lalu lintas. Perilaku penumpang yang berbahaya hanya dapat dihukum ketika terjadi kecelakaan. Penumpang tidak boleh berperilaku yang berbahaya. () Manakah yang dengan benar menjelaskan tentang cara mempertahankan jarak yang aman ketika mengendarai sepeda motor? Senantiasa mempertahankan jarak aman sekitar 5 m. Senantiasa mempertahankan jarak aman sekitar 0 m. Tidak perlu mempertahankan jarak yang aman karena Anda bisa pindah ke jalur sebelah jika kendaraan di depan berhenti secara mendadak. Selalu pertahankan jarak yang cukup dari kendaraan di depan supaya bisa berhenti dengan aman dan menghindari tabrakan. () Manakah yang dengan benar menjelaskan tentang cara belok ke kiri di persimpangan yang macet? Ikuti kendaraan di depan untuk memasuki persimpangan. Anda dapat memasuki persimpangan jika lampunya berwarna hijau. Anda dapat memasuki persimpangan bahkan jika lampunya merah selama ada tempat di persimpangan. Jika tidak ada tempat di persimpangan, jangan masuki bahkan jika lampunya hijau. (5) Anda hendak memasuki persimpangan ketika seorang polisi menyuruh Anda berhenti. Manakah yang merupakan cara yang paling aman untuk berhenti? Berhenti sebentar sebelum garis berhenti. Mengerem tiba-tiba dan berhenti di tempat. Menyalakan lampu kedip darurat. Perlahan-lahan memasuki persimpangan. 정답 : (6) Di antara berikut, manakah yang dengan benar menjelaskan tentang bagaimana pengendara sepeda motor harus menaati batas kecepatan? Batas kecepatan nasional tidak perlu diikuti di jalan biasa.

(1) Sebelum jalan, 2 hal yang benar cara memastikan aman melalui kaca spion adalah?

(1) Sebelum jalan, 2 hal yang benar cara memastikan aman melalui kaca spion adalah? () Sebelum jalan, hal yang benar cara memastikan aman melalui kaca spion adalah? Fokus hanya kepada satu saja diantara kaca spion dalam dan kaca spion luar serta pastikan aman. Semua pemastian aman dapat

Lebih terperinci

(1) Sebelum jalan, 2 hal yang benar cara memastikan aman melalui kaca spion adalah?

(1) Sebelum jalan, 2 hal yang benar cara memastikan aman melalui kaca spion adalah? () Sebelum jalan, hal yang benar cara memastikan aman melalui kaca spion adalah? Fokus hanya kepada satu saja diantara kaca spion dalam dan kaca spion luar serta pastikan aman. Semua pemastian aman dapat

Lebih terperinci

(1) Rambu lalu lintas lebih memiliki prioritas dibandingkan dengan isyarat dari petugas pengontrol lalu lintas. 정답 :

(1) Rambu lalu lintas lebih memiliki prioritas dibandingkan dengan isyarat dari petugas pengontrol lalu lintas. 정답 : (1) Rambu lalu lintas lebih memiliki prioritas dibandingkan dengan isyarat dari petugas pengontrol lalu lintas. (2) Rambu berikut ini adalah rambu peringatan zona sekolah. Anda harus mengemudi sambil mengurangi

Lebih terperinci

CONTOH SOAL TES TORI SIM C (PART 1)

CONTOH SOAL TES TORI SIM C (PART 1) CONTOH SOAL TES TORI SIM C (PART 1) 1. Fungsi Marka jalan adalah : a. Untuk memberi batas jalan agar jalan terlihat jelas oleh pemakai jalan Yang sedang berlalu lintas dijalan. b. Untuk menambah dan mengurangi

Lebih terperinci

機車標誌 標線 號誌選擇題 印尼文 第 1 頁 / 共 12 頁 題號答案題目圖示題目. (1) Tikungan ke kanan (2) Tikungan ke kiri (3) Tikungan beruntun, ke kanan dahulu

機車標誌 標線 號誌選擇題 印尼文 第 1 頁 / 共 12 頁 題號答案題目圖示題目. (1) Tikungan ke kanan (2) Tikungan ke kiri (3) Tikungan beruntun, ke kanan dahulu 001 1 (1) Tikungan ke kanan (2) Tikungan ke kiri (3) Tikungan beruntun, ke kanan dahulu 002 1 (1) Tikungan ke kiri (2) Tikungan ke kanan (3) Tikungan beruntun, ke kiri dahulu 003 1 (1) Tikungan beruntun,

Lebih terperinci

(7635) 1. Manakah dari yang berikut ini yang dengan benar menjelaskan tentang tanda berikut? 1 menandakan tempat di mana jalan akan berakhir.

(7635) 1. Manakah dari yang berikut ini yang dengan benar menjelaskan tentang tanda berikut? 1 menandakan tempat di mana jalan akan berakhir. (765). Manakah dari yang berikut ini yang dengan benar menjelaskan tentang tanda berikut? Tanda di jalan yang dapat digunakan untuk memandu pengemudi ke kiri atau kanan. menandakan tempat di mana jalan

Lebih terperinci

機車標誌 標線 號誌是非題 印尼文 第 1 頁 / 共 15 頁 題號答案題目圖示題目. 001 X Tikungan beruntun, ke kiri dahulu. 002 O Persimpangan jalan. 003 X Permukaan jalan yang menonjol

機車標誌 標線 號誌是非題 印尼文 第 1 頁 / 共 15 頁 題號答案題目圖示題目. 001 X Tikungan beruntun, ke kiri dahulu. 002 O Persimpangan jalan. 003 X Permukaan jalan yang menonjol 001 X Tikungan beruntun, ke kiri dahulu 002 O Persimpangan jalan 003 X Permukaan jalan yang menonjol 004 O Turunan berbahaya 005 O Jembatan sempit 006 O Bundaran 007 X alan sempit 008 O Rel kereta api

Lebih terperinci

CRITICAL CARE UNIT. Berfikir kritis bagaimana tanda-tanda shock yang selalu kita hadapi dalam kegawatdaruratan medis di Unit Gawat Darurat

CRITICAL CARE UNIT. Berfikir kritis bagaimana tanda-tanda shock yang selalu kita hadapi dalam kegawatdaruratan medis di Unit Gawat Darurat CRITICAL CARE UNIT Berfikir kritis bagaimana tanda-tanda shock yang selalu kita hadapi dalam kegawatdaruratan medis di Unit Gawat Darurat Rabu, 16 Februari 2011 PROSEDUR TETAP MENGOPERASIKAN AMBULANS GAWAT

Lebih terperinci

BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN

BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN 6.1 Kesimpulan Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan ini adalah : 1. Variabel-variabel bebas yang memiliki hubungan signifikan dengan variabel terikat perilaku safety

Lebih terperinci

LANGGAR ATURAN SANKSI MENUNGGU TAHAP II

LANGGAR ATURAN SANKSI MENUNGGU TAHAP II LANGGAR ATURAN SANKSI MENUNGGU TAHAP II Ada banyak hal yang termasuk kategori pelanggaran lalu lintas yang diatur dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009. Dan sudah seharusnya masyarakat mengetahui jenis

Lebih terperinci

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

BAB II TINJAUAN PUSTAKA BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Pengertian Transportasi Menurut Nasution (1996) transportasi diartikan sebagai pemindahan barang dan manusia dari tempat asal ke tempat tujuan. Dalam hubungan ini terlihat tiga

Lebih terperinci

Mengenal Undang Undang Lalu Lintas

Mengenal Undang Undang Lalu Lintas Mengenal Undang Undang Lalu Lintas JAKARTA, Telusurnews Sejak Januari 2010 Undang Undang Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009 sudah efektif diberlakukan, menggantikan Undang Undang Nomor 14 Tahun 1992. Namun

Lebih terperinci

MUDIK BERLEBARAN MERUPAKAN FENOMENA TERBESAR MASYARAKAT MUSLIM DIDUNIA DAN ADA DI INDONESIA

MUDIK BERLEBARAN MERUPAKAN FENOMENA TERBESAR MASYARAKAT MUSLIM DIDUNIA DAN ADA DI INDONESIA MUDIK BERLEBARAN MERUPAKAN FENOMENA TERBESAR MASYARAKAT MUSLIM DIDUNIA DAN ADA DI INDONESIA TAHUN 2009 PEMERINTAH MEMPREDIKSI ADA SEKITAR 16,25 JUTA PEMUDIK ATAU NAIK 15% DIBANDINGKAN 2008 SEBANYAK 15,3

Lebih terperinci

UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN [LN 2009/96, TLN 5025]

UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN [LN 2009/96, TLN 5025] UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN [LN 2009/96, TLN 5025] BAB XX KETENTUAN PIDANA Pasal 273 (1) Setiap penyelenggara Jalan yang tidak dengan segera dan patut memperbaiki

Lebih terperinci

Tujuan penggunaan ambulance

Tujuan penggunaan ambulance pengertian Ambulance adalah kendaraan yang dirancang khusus untuk mengevakuasi/mengangkut orang sakit atau terluka untuk mendapatkan fasilitas medis. Biasanya ambulance adalah kendaraan bermotor. Tujuan

Lebih terperinci

BAB 2 TINJAUAN TEORITIS. yakni perbandingan terhadap satuan mobil penumpang. Penjelasan tentang jenis. termasuk di dalamnya jeep, sedan dan lain-lain.

BAB 2 TINJAUAN TEORITIS. yakni perbandingan terhadap satuan mobil penumpang. Penjelasan tentang jenis. termasuk di dalamnya jeep, sedan dan lain-lain. BAB 2 TINJAUAN TEORITIS 2.1 Klasifikasi Kendaraan Klasifikasi kendaraan bermotor dalam data didasarkan menurut Peraturan Bina Marga, yakni perbandingan terhadap satuan mobil penumpang. Penjelasan tentang

Lebih terperinci

MASALAH LALU LINTAS DKI JAKARTA

MASALAH LALU LINTAS DKI JAKARTA MASALAH LALU LINTAS DKI JAKARTA Pengertian Lalu Lintas Lalu lintas adalah gerak kendaraan, orang dan hewan di jalan, sedangkan angkutan adalah pemindahan orang dan/atau barang dari satu tempat ke tempat

Lebih terperinci

ABSTRAK. Universitas Kristen Maranatha

ABSTRAK. Universitas Kristen Maranatha ABSTRAK SATLANTAS POLRESTABES Bandung sebagai pihak berwajib selaku pelaksana penegakan hukum di Negara Indonesia berwenang menerbitkan SIM-C kepada pemohon SIM-C dan sebagai pihak yang melakukan pengawasan

Lebih terperinci

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 43 TAHUN 1993 TENTANG PRASARANA DAN LALU LINTAS JALAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 43 TAHUN 1993 TENTANG PRASARANA DAN LALU LINTAS JALAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA, PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 43 TAHUN 1993 TENTANG PRASARANA DAN LALU LINTAS JALAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA, Menimbang: a. bahwa dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 1992 tentang Lalu

Lebih terperinci

INFORMASI KEHIDUPAN BERBAGAI BAHASA

INFORMASI KEHIDUPAN BERBAGAI BAHASA 4 Peraturan Lalu Lintas 4-1 Peraturan Lalu Lintas Di Jepang pejalan kaki, mobil,motor, sepeda dan lain-lain, masing-masing peraturan lalu lintas telah ditentukan. Cepatlah mengingat peraturan lalu lintas

Lebih terperinci

BAB II TINJAUAN PUSTAKA. berpotongan/bersilangan. Faktor faktor yang digunakan dalam perancangan suatu

BAB II TINJAUAN PUSTAKA. berpotongan/bersilangan. Faktor faktor yang digunakan dalam perancangan suatu BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1. Simpang Persimpangan adalah daerah di mana dua atau lebih jalan bergabung atau berpotongan/bersilangan. Faktor faktor yang digunakan dalam perancangan suatu persimpangan adalah

Lebih terperinci

Urutan pedal : Kopling (selalu kaki kiri yang menginjaknya), Rem dan Gas (pakai kaki kanan secara bergantian)

Urutan pedal : Kopling (selalu kaki kiri yang menginjaknya), Rem dan Gas (pakai kaki kanan secara bergantian) Belajar Mengemudi Urutan pedal : Kopling (selalu kaki kiri yang menginjaknya), Rem dan Gas (pakai kaki kanan secara bergantian) Menghidupkan mobil dalam keadaan kopling di gigi nol 1) Pasang tali / sabuk

Lebih terperinci

CONTOH SOAL TES TORI SIM C (PART 3)

CONTOH SOAL TES TORI SIM C (PART 3) CONTOH SOAL TES TORI SIM C (PART 3) Pengemudi kendaraan dilarang berhenti : a. Pada belokan, persimpangan, jembatan. b. Tanpa terpaksa pada belokan, persimpangan, jembatan, pada jalan-jalan yang ada rambu

Lebih terperinci

BAB IV : Dalam bab ini diuraikan tentang dasar pertanggungjawaban pidana pada kasus. kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan kerugian materil.

BAB IV : Dalam bab ini diuraikan tentang dasar pertanggungjawaban pidana pada kasus. kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan kerugian materil. BAB IV : Dalam bab ini diuraikan tentang dasar pertanggungjawaban pidana pada kasus pengemudi kendaraan yang mengakibatkan kematian dalam kecelakaan lalu lintas yaitu berkaitan dengan dasar hukum dan pengaturan

Lebih terperinci

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA, PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 43 TAHUN 1993 TENTANG PRASARANA DAN LALU LINTAS JALAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA, Menimbang : a. bahwa dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 1992 tentang Lalu

Lebih terperinci

LEMBARAN DAERAH KABUPATEN BANGKA SELATAN TAHUN 2009 NOMOR 13

LEMBARAN DAERAH KABUPATEN BANGKA SELATAN TAHUN 2009 NOMOR 13 LEMBARAN DAERAH KABUPATEN BANGKA SELATAN TAHUN 2009 NOMOR 13 PERATURAN DAERAH KABUPATEN BANGKA SELATAN NOMOR 13 TAHUN 2009 TENTANG PENETAPAN KAWASAN TERTIB LALU LINTAS DAN PENYELENGGARAANNYA DI KABUPATEN

Lebih terperinci

2012, No MEMUTUSKAN: Menetapkan : PERATURAN PEMERINTAH TENTANG TATA CARA PEMERIKSAAN KENDARAAN BERMOTOR DI JALAN DAN PENINDAKAN PELANGGARAN LALU

2012, No MEMUTUSKAN: Menetapkan : PERATURAN PEMERINTAH TENTANG TATA CARA PEMERIKSAAN KENDARAAN BERMOTOR DI JALAN DAN PENINDAKAN PELANGGARAN LALU LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA No.187, 2012 TRANSPORTASI. Kendaraan Bermotor. Pelanggaran. Pemeriksaan. Tata Cara. (Penjelasan Dalam Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5346) PERATURAN

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. perjalanan pulang-pergi dengan menggunakan sepeda motor setiap harinya.

BAB I PENDAHULUAN. perjalanan pulang-pergi dengan menggunakan sepeda motor setiap harinya. BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Sepeda motor adalah salah satu alat transportasi yang sedang banyak digemari oleh masyarakat di indonesia. Dari tahun ke tahun jumlah pengendara sepeda motor mengalami

Lebih terperinci

di kota. Persimpangan ini memiliki ketinggian atau elevasi yang sama.

di kota. Persimpangan ini memiliki ketinggian atau elevasi yang sama. BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1. Tinjauan Umum Persimpangan jalan adalah simpul transportasi yang terbentuk dari beberapa pendekat, dimana arus kendaraan dari berbagai pendekat bertemu dan memencar meninggalkan

Lebih terperinci

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN. 5.1 Kesimpulan Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN. 5.1 Kesimpulan Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN 5.1 Kesimpulan Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut. 1. Kecelakaan lalu lintas itu dapat diuraikan melalui adanya relasi statistik yang

Lebih terperinci

Cara menguasai kopling saat mengemudi mobil transmisi manual

Cara menguasai kopling saat mengemudi mobil transmisi manual Cara menguasai kopling saat mengemudi mobil transmisi manual Mengemudi mobil dengan transmisi manual bagi sebagian pengemudi terutama pemula yang baru belajar nyetir merupakan hal yang sulit. Meskipun

Lebih terperinci

LAMPIRAN PERATURAN KEPALA KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 9 TAHUN 2012 TENTANG SURAT IZIN MENGEMUDI DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN PERATURAN KEPALA KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 9 TAHUN 2012 TENTANG SURAT IZIN MENGEMUDI DAFTAR LAMPIRAN 2012, No.279 46 LAMPIRAN PERATURAN KEPALA KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 9 TAHUN 2012 TENTANG SURAT IZIN MENGEMUDI DAFTAR LAMPIRAN A. UJIAN PRAKTIK SIM A B. UJIAN PRAKTIK SIM B I C. UJIAN PRAKTIK

Lebih terperinci

BAB 2 TINJAUAN TEORITIS. Klasifikasi kendaraan bermotor dalam data didasarkan menurut Peraturan Bina Marga,

BAB 2 TINJAUAN TEORITIS. Klasifikasi kendaraan bermotor dalam data didasarkan menurut Peraturan Bina Marga, BAB 2 TINJAUAN TEORITIS 2.1 Klasifikasi Kendaraan Klasifikasi kendaraan bermotor dalam data didasarkan menurut Peraturan Bina Marga, yakni perbandingan terhadap satuan mobil penumpang. Penjelasan tentang

Lebih terperinci

MENGEMUDI PADA JALAN LOGGING

MENGEMUDI PADA JALAN LOGGING PROSEDUR OPERASI STANDAR (SOP) SOP - HSE - 001 PENGESAHAN NAMA POSISI TANGGAL TANDA TANGAN Dibuat oleh Tejo Prihantoro HSE Superintendent Disetujui Oleh Daan Saputra Project Manager REVISI REV. ALASAN

Lebih terperinci

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 79 TAHUN 2013 TENTANG JARINGAN LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 79 TAHUN 2013 TENTANG JARINGAN LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 79 TAHUN 2013 TENTANG JARINGAN LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA, Menimbang: bahwa untuk melaksanakan

Lebih terperinci

Perpustakaan Unika SKALA DISIPLIN

Perpustakaan Unika SKALA DISIPLIN SKALA DISIPLIN 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. Bila melanggar rambu-rambu lalu lintas, saya siap ditindak. Saya akan memaki-maki pengendara lain jika tiba-tiba memotong jalan saya. Menurut saya penggunaan lampu

Lebih terperinci

PERATURAN DAERAH KOTA SAMARINDA NOMOR 20 TAHUN 2002

PERATURAN DAERAH KOTA SAMARINDA NOMOR 20 TAHUN 2002 PERATURAN DAERAH KOTA SAMARINDA NOMOR 20 TAHUN 2002 TENTANG KETENTUAN BERLALU LINTAS DENGAN MENGGUNAKAN KENDARAAN BERMOTOR DI JALAN DALAM WILAYAH KOTA SAMARINDA W A L I K O T A S A M A R I N D A Menimbang

Lebih terperinci

2 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2013 Nomor 101, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5422); 4. Peraturan Pemerintah Nomor 34

2 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2013 Nomor 101, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5422); 4. Peraturan Pemerintah Nomor 34 BERITA NEGARA REPUBLIK INDONESIA No.1244, 2014 KEMENHUB. Jalan. Marka. Pencabutan. PERATURAN MENTERI PERHUBUNGAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR PM 34 TAHUN 2014 TENTANG MARKA JALAN DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA

Lebih terperinci

KUEISONER PENELITIAN PENERAPAN SAFETY RIDING PENGGUNA SEPEDA MOTOR PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ESA UNGGUL TAHUN 2016

KUEISONER PENELITIAN PENERAPAN SAFETY RIDING PENGGUNA SEPEDA MOTOR PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ESA UNGGUL TAHUN 2016 Selamat Pagi/Siang/Sore, KUEISONER PENELITIAN PENERAPAN SAFETY RIDING PENGGUNA SEPEDA MOTOR PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ESA UNGGUL TAHUN 2016 Saya Septy Chairunisya mahasiswa S1 FIKES UEU Jurusan Kesehatan

Lebih terperinci

PEMERINTAH KOTA PANGKALPINANG

PEMERINTAH KOTA PANGKALPINANG PEMERINTAH KOTA PANGKALPINANG PERATURAN DAERAH KOTA PANGKALPINANG NOMOR 05 TAHUN 2006 T E N T A N G MARKA JALAN, RAMBU LALU LINTAS DAN ALAT PEMBERI ISYARAT LALU LINTAS JALAN DALAM KOTA PANGKALPINANG DENGAN

Lebih terperinci

BAB 1 PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang Masalah. Berkendara yang aman sangat diperlukan di dalam berlalu lintas untuk

BAB 1 PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang Masalah. Berkendara yang aman sangat diperlukan di dalam berlalu lintas untuk BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Berkendara yang aman sangat diperlukan di dalam berlalu lintas untuk menjaga kelancaran transportasi, selain itu berkendara yang aman bertujuan untuk mencegah

Lebih terperinci

2013, No BAB I KETENTUAN UMUM Pasal 1 Dalam Peraturan Pemerintah ini yang dimaksud dengan: 1. Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan adalah ser

2013, No BAB I KETENTUAN UMUM Pasal 1 Dalam Peraturan Pemerintah ini yang dimaksud dengan: 1. Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan adalah ser LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA No.193, 2013 TRANSPORTASI. Perhubungan. Lalu Lintas. Angkutan Jalan. Jaringan. (Penjelasan Dalam Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5468) PERATURAN PEMERINTAH

Lebih terperinci

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 79 TAHUN 2013 TENTANG JARINGAN LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 79 TAHUN 2013 TENTANG JARINGAN LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA SALINAN PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 79 TAHUN 2013 TENTANG JARINGAN LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA, Menimbang : bahwa untuk

Lebih terperinci

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA, PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 80 TAHUN 2012 TENTANG TATA CARA PEMERIKSAAN KENDARAAN BERMOTOR DI JALAN DAN PENINDAKAN PELANGGARAN LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN DENGAN RAHMAT TUHAN YANG

Lebih terperinci

PERATURAN MENTERI PERHUBUNGAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR PM 13 TAHUN 2014 TENTANG RAMBU LALU LINTAS DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

PERATURAN MENTERI PERHUBUNGAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR PM 13 TAHUN 2014 TENTANG RAMBU LALU LINTAS DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA MENTERI PERHUBUNGAN REPUBLIK INDONESIA PERATURAN MENTERI PERHUBUNGAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR PM 13 TAHUN 2014 TENTANG RAMBU LALU LINTAS DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA MENTERI PERHUBUNGAN REPUBLIK INDONESIA,

Lebih terperinci

UU NOMOR 14 TAHUN 1992 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN BAB I KETENTUAN UMUM. Pasal 1

UU NOMOR 14 TAHUN 1992 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN BAB I KETENTUAN UMUM. Pasal 1 Dalam Undang-undang ini yang dimaksud dengan: UU NOMOR 14 TAHUN 1992 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN BAB I KETENTUAN UMUM Pasal 1 1. Lalu lintas adalah gerak kendaraan, orang, dan hewan di jalan;

Lebih terperinci

BAB II TINJAUAN PUSTAKA. biasanya orang yang mengevaluasi mengambil keputusan tentang nilai atau

BAB II TINJAUAN PUSTAKA. biasanya orang yang mengevaluasi mengambil keputusan tentang nilai atau BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1. Evaluasi Evaluasi adalah proses penilaian. Penilaian ini bisa menjadi netral, positif atau negatif atau merupakan gabungan dari keduanya. Saat sesuatu dievaluasi biasanya orang

Lebih terperinci

MEMUTUSKAN: Menetapkan : PERATURAN DIREKTUR JENDERAL PERHUBUNGAN DARAT TENTANG ZONA SELAMAT SEKOLAH (ZoSS). Pasal 1

MEMUTUSKAN: Menetapkan : PERATURAN DIREKTUR JENDERAL PERHUBUNGAN DARAT TENTANG ZONA SELAMAT SEKOLAH (ZoSS). Pasal 1 MEMUTUSKAN: Menetapkan : PERATURAN DIREKTUR JENDERAL PERHUBUNGAN DARAT TENTANG (ZoSS). Pasal 1 (1) Pengaturan penggunaan jaringan jalan dan gerakan lalu lintas pada Zona Selamat Sekolah dilakukan dengan

Lebih terperinci

Gambar 2.1 Orang menyeberang jalan lewat zebra cross.

Gambar 2.1 Orang menyeberang jalan lewat zebra cross. PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN TINGKAT PUSAT KELAS YUPITER SEKOLAH DASAR TETUM BUNAYA 1 HOTEL Gambar 2.1 Orang menyeberang jalan lewat zebra cross. Pada bab sebelumnya, kalian

Lebih terperinci

Pengertian Lalu Lintas

Pengertian Lalu Lintas LALU LINTAS Pengertian Lalu Lintas Lalu lintas adalah gerak kendaraan, orang dan hewan di jalan, sedangkan angkutan adalah pemindahan orang dan/atau barang dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan

Lebih terperinci

CONTOH SOAL TES TORI SIM C (PART 2)

CONTOH SOAL TES TORI SIM C (PART 2) CONTOH SOAL TES TORI SIM C (PART 2) 1. Berapa jumlah berat yang diperbolehkan untuk kendaraan bermotor bukan sepeda motor yang dapat dikemudikan dengan SIM golongan A? a. Kurang dari 2 Ton b. Kurang dari

Lebih terperinci

RANCANGAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN TULUNGAGUNG NOMOR TAHUN 2012 TENTANG

RANCANGAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN TULUNGAGUNG NOMOR TAHUN 2012 TENTANG RANCANGAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN TULUNGAGUNG NOMOR TAHUN 2012 TENTANG PENGELOLAAN RAMBU RAMBU, MARKA JALAN DAN ALAT PEMBERI ISYARAT LALU LINTAS DALAM WILAYAH KABUPATEN TULUNGAGUNG DENGAN RAHMAT TUHAN

Lebih terperinci

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA, PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 80 TAHUN 2012 TENTANG TATA CARA PEMERIKSAAN KENDARAAN BERMOTOR DI JALAN DAN PENINDAKAN PELANGGARAN LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN DENGAN RAHMAT TUHAN YANG

Lebih terperinci

BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN

BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN 6.1. Kesimpulan Data Satlantas Polwiltabes Semarang menunjukkan kecelakaan yang terjadi pada jalan non tol di Kota Semarang dalam kurun waktu 2001 2005 cenderung menurun dengan

Lebih terperinci

BAB II TINJAUAN PUSTAKA. Persimpangan adalah simpul dalam jaringan transportasi dimana dua atau

BAB II TINJAUAN PUSTAKA. Persimpangan adalah simpul dalam jaringan transportasi dimana dua atau BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1. Pengertian Simpang Menurut Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (1995), simpang adalah tempat berbelok atau bercabang dari yang lurus. Persimpangan

Lebih terperinci

TEKNIK LALU LINTAS EKONOMI KEGIATAN PERPINDAHAN/PERGERAKAN ORANG DAN ATAU BARANG POL KAM KEBUTUHAN AKAN ANGKUTAN PERGERAKAN + RUANG GERAK

TEKNIK LALU LINTAS EKONOMI KEGIATAN PERPINDAHAN/PERGERAKAN ORANG DAN ATAU BARANG POL KAM KEBUTUHAN AKAN ANGKUTAN PERGERAKAN + RUANG GERAK TEKNIK LALU LINTAS KEGIATAN EKONOMI SOSBUD POL KAM PERPINDAHAN/PERGERAKAN ORANG DAN ATAU BARANG KEBUTUHAN AKAN ANGKUTAN PERGERAKAN + RUANG GERAK PERGERAKAN ALAT ANGKUTAN LALU LINTAS (TRAFFICS) Rekayasa

Lebih terperinci

Samurai PKK (Sistem Palang Pintu Pencegah Kecelakaan Kereta Api) dengan Control Room dan Wifi Signal

Samurai PKK (Sistem Palang Pintu Pencegah Kecelakaan Kereta Api) dengan Control Room dan Wifi Signal Samurai PKK (Sistem Palang Pintu Pencegah Kecelakaan Kereta Api) dengan Control Room dan Wifi Signal Marisa Gita Putri *), Nabilah Fairusiyyah *), Dwiyanto *), Yuddy Dharmawan **) *) Mahasiswa Fakultas

Lebih terperinci

KEPUTUSAN MENTERI PERHUBUNGAN NOMOR : KM 60 TAHUN 1993 T E N T A N G MARKA JALAN MENTERI PERHUBUNGAN

KEPUTUSAN MENTERI PERHUBUNGAN NOMOR : KM 60 TAHUN 1993 T E N T A N G MARKA JALAN MENTERI PERHUBUNGAN KEPUTUSAN MENTERI PERHUBUNGAN NOMOR : KM 60 TAHUN 1993 T E N T A N G MARKA JALAN MENTERI PERHUBUNGAN Menimbang : a. Bahwa dalam Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 1993 tentang Prasarana dan Lalu Lintas

Lebih terperinci

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 44 TAHUN 1993 TENTANG KENDARAAN DAN PENGEMUDI PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 44 TAHUN 1993 TENTANG KENDARAAN DAN PENGEMUDI PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA, PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 44 TAHUN 1993 TENTANG KENDARAAN DAN PENGEMUDI PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA, Menimbang: a. bahwa dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 1992 tentang Lalu Lintas

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN A. Inspeksi Keselamatan Jalan Tingginya angka lalu lintas, maka salah satu cara untuk mengurangi tingkat kecelakaan adalah dengan melakukan Inspeksi Keselamatan Jalan.

Lebih terperinci

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN. Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data yang ada maka dapat diambil

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN. Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data yang ada maka dapat diambil BAB V KESIMPULAN DAN SARAN 5.1. Kesimpulan Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data yang ada maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : A. Karakteristik kecelakaan berdasarkan beberapa klasifikasi

Lebih terperinci

2. PENGGUNAAN JALUR LAMBAT ATAU LAJUR KIRI BAGI PENGENDARA SEPEDA MOTOR

2. PENGGUNAAN JALUR LAMBAT ATAU LAJUR KIRI BAGI PENGENDARA SEPEDA MOTOR ,. KUMPULAN HIMBAUAN KESELAMATAN LAW L1NTAS UNTUK PENGENDARA SEPEDA MOTOR 1. PENGGUNAAN HELM YANG BAlK DAN BENAR KECELAKAAN YANG MELIBATKAN PENGENDARA SEPEDA MOTOR YANG SERING MENGALAMI CIOERA 01 KEPALA

Lebih terperinci

No Angkutan Jalan nasional, rencana induk Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan provinsi, dan rencana induk Jaringan Lalu Lintas dan Angkuta

No Angkutan Jalan nasional, rencana induk Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan provinsi, dan rencana induk Jaringan Lalu Lintas dan Angkuta TAMBAHAN LEMBARAN NEGARA RI No. 5468 TRANSPORTASI. Perhubungan. Lalu Lintas. Angkutan Jalan. Jaringan. (Penjelasan Atas Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2013 Nomor 193) PENJELASAN ATAS PERATURAN

Lebih terperinci

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 80 TAHUN 2012 TENTANG TATA CARA PEMERIKSAAN KENDARAAN BERMOTOR DI JALAN DAN

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 80 TAHUN 2012 TENTANG TATA CARA PEMERIKSAAN KENDARAAN BERMOTOR DI JALAN DAN PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 80 TAHUN 2012 TENTANG TATA CARA PEMERIKSAAN KENDARAAN BERMOTOR DI JALAN DAN PENINDAKAN PELANGGARAN LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN DENGAN RAHMAT TUHAN YANG

Lebih terperinci

KEPUTUSAN MENTERI PERHUBUNGAN NOMOR : KM 61 TAHUN 1993 TENTANG RAMBU-RAMBU LALU LINTAS DI JALAN MENTERI PERHUBUNGAN,

KEPUTUSAN MENTERI PERHUBUNGAN NOMOR : KM 61 TAHUN 1993 TENTANG RAMBU-RAMBU LALU LINTAS DI JALAN MENTERI PERHUBUNGAN, KEPUTUSAN MENTERI PERHUBUNGAN NOMOR : KM 61 TAHUN 1993 TENTANG RAMBU-RAMBU LALU LINTAS DI JALAN MENTERI PERHUBUNGAN, Menimbang : a. bahwa dalam Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 1993 tentang Prasarana

Lebih terperinci

Penempatan marka jalan

Penempatan marka jalan Penempatan marka jalan 1 Ruang lingkup Tata cara perencanaan marka jalan ini mengatur pengelompokan marka jalan menurut fungsinya, bentuk dan ukuran, penggunaan serta penempatannya. Tata cara perencanaan

Lebih terperinci

BAB II TINJAUAN PUSTAKA. entah jabatan strukturalnya atau lebih rendah keahliannya.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA. entah jabatan strukturalnya atau lebih rendah keahliannya. 9 BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1. Evaluasi Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, evaluasi adalah penilaian. Layaknya sebuah penilaian (yang dipahami umum), penilaian itu diberikan dari orang yang lebih tinggi

Lebih terperinci

P E N J E L A S A N ATAS PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 72 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN KERETA API

P E N J E L A S A N ATAS PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 72 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN KERETA API P E N J E L A S A N ATAS PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 72 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN KERETA API I. UMUM Perkeretaapian merupakan salah satu moda transportasi yang memiliki

Lebih terperinci

PERATURAN DAERAH KOTA BALIKPAPAN NOMOR 33 TAHUN 2000 TENTANG PENGATURAN LALU LINTAS DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA WALIKOTA BALIKPAPAN

PERATURAN DAERAH KOTA BALIKPAPAN NOMOR 33 TAHUN 2000 TENTANG PENGATURAN LALU LINTAS DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA WALIKOTA BALIKPAPAN PERATURAN DAERAH KOTA BALIKPAPAN NOMOR 33 TAHUN 2000 TENTANG PENGATURAN LALU LINTAS DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA WALIKOTA BALIKPAPAN Menimbang : a. bahwa dalam rangka mewujudkan lalu lintas yang teratur,

Lebih terperinci

BAB II TINJAUAN PUSTAKA. manfaatnya (http://id.wikipedia.org/wiki/evaluasi).

BAB II TINJAUAN PUSTAKA. manfaatnya (http://id.wikipedia.org/wiki/evaluasi). BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1. Evaluasi Evaluasi adalah proses penilaian. Penilaian ini bisa menjadi netral, positif, atau negatif atau merupakan gabungan dari keduanya. Saat sesuatu dievaluasi biasanya

Lebih terperinci

BAB II TINJAUAN PUSTAKA. A. Inspeksi Keselamatan Jalan

BAB II TINJAUAN PUSTAKA. A. Inspeksi Keselamatan Jalan BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Inspeksi Keselamatan Jalan Komite Nasional Keselamatan Transportasi, memuat bahwa (Inspeksi Keselamatan Jalan) IKJ merupakan pemeriksaan sistematis terhadap jalan atau segmen

Lebih terperinci

PEMERINTAH KABUPATEN BANGKA BARAT NOMOR 10 TAHUN 2008 TENTANG

PEMERINTAH KABUPATEN BANGKA BARAT NOMOR 10 TAHUN 2008 TENTANG PEMERINTAH KABUPATEN BANGKA BARAT PERATURAN DAERAH KABUPATEN BANGKA BARAT NOMOR 10 TAHUN 2008 TENTANG PENGATURAN MARKA JALAN, RAMBU LALU LINTAS DAN ALAT PEMBERI ISYARAT LALU LINTAS DI JALAN DAERAH KABUPATEN

Lebih terperinci

BAB III LANDASAN TEORI. hanya melibatkan satu kendaraan tetapi beberapa kendaraan bahkan sering sampai

BAB III LANDASAN TEORI. hanya melibatkan satu kendaraan tetapi beberapa kendaraan bahkan sering sampai 19 BAB III LANDASAN TEORI 3.1 Umum Kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi pasti akan menimbulkan korban jiwa dan juga kerugian secara materil. Kasus inilah juga yang sering terjadi di Jalan Tanjakan

Lebih terperinci

BAB 2 DATA DAN ANALISA

BAB 2 DATA DAN ANALISA BAB 2 DATA DAN ANALISA 2.1. Data Umum Jalur sepeda adalah jalur lalu lintas yang khusus diperuntukan bagi pengguna sepeda, dipisahkan dari lalu lintas kendaraan bermotor untuk meningkatkan keselamatan

Lebih terperinci

UNDANG-UNDANG NOMOR 14 TAHUN 1992 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN [LN 1992/49, TLN 3480]

UNDANG-UNDANG NOMOR 14 TAHUN 1992 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN [LN 1992/49, TLN 3480] UNDANG-UNDANG NOMOR 14 TAHUN 1992 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN [LN 1992/49, TLN 3480] BAB XIII KETENTUAN PIDANA Pasal 54 Barangsiapa mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang tidak sesuai

Lebih terperinci

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

BAB II TINJAUAN PUSTAKA BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1. Lampu Lalu Lintas 2.1.1 Fungsi lampu lalu lintas Lampu lalu lintas menurut Oglesby dan Hicks (1982) adalah semua peralatan pengatur lalu lintas yang menggunakan tenaga listrik

Lebih terperinci

TATA CARA PEMERIKSAAN KENDARAAN BERMOTOR DI JALAN DAN PENINDAKAN PELANGGARAN LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN

TATA CARA PEMERIKSAAN KENDARAAN BERMOTOR DI JALAN DAN PENINDAKAN PELANGGARAN LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN TATA CARA PEMERIKSAAN KENDARAAN BERMOTOR DI JALAN DAN PENINDAKAN PELANGGARAN LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN http://images.hukumonline.com/ I. PENDAHULUAN Lalu Lintas dan Angkutan Jalan adalah satu kesatuan

Lebih terperinci

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 72 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN KERETA API DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 72 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN KERETA API DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 72 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN KERETA API DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA, Menimbang : bahwa untuk melaksanakan

Lebih terperinci

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 44 TAHUN 1993 TENTANG KENDARAAN DAN PENGEMUDI PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA, Menimbang : a. bahwa dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 1992 tentang Lalu Lintas

Lebih terperinci

II. TINJAUAN PUSTAKA

II. TINJAUAN PUSTAKA II. TINJAUAN PUSTAKA A. Geometrik Jalan Antar Kota Dalam Buku Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota No. 038/TBM/1997 ini merupakan salah satu konsep dasar yang dihasilkan oleh Direktorat Jenderal

Lebih terperinci

BAB II TINJAUAN PUSTAKA. Berdasar AASHTO 2001 dalam Khisty and Kent, persimpangan jalan dapat didefinisikan sebagai daerah umum di

BAB II TINJAUAN PUSTAKA. Berdasar AASHTO 2001 dalam Khisty and Kent, persimpangan jalan dapat didefinisikan sebagai daerah umum di BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Simpang Berdasar AASHTO 2001 dalam Khisty and Kent, 2005 persimpangan jalan dapat didefinisikan sebagai daerah umum di mana 2 jalan atau lebih bergabung atau bersimpang termasuk

Lebih terperinci

KOMITE NASIONAL KESELAMATAN TRANSPORTASI

KOMITE NASIONAL KESELAMATAN TRANSPORTASI FINAL KNKT-12-04-04-01 KOMITE NASIONAL KESELAMATAN TRANSPORTASI LAPORAN INVESTIGASI DAN PENELITIAN KECELAKAAN LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN MOBIL BUS MITSUBISHI L 300 P-2669-U MENABRAK DARI BELAKANG (REAR

Lebih terperinci

ANALISIS DAN PEMBAHASAN 5

ANALISIS DAN PEMBAHASAN 5 ANALISIS DAN PEMBAHASAN 5 Pada bab ini akan diuraikan analisis data dari hasil survei primer dan sekunder yang dilakukan pada Studi Evaluasi Lokasi Black Spot di Jalur Utara dan Selatan Pulau Jawa dalam

Lebih terperinci

BAB III LANDASAN TEORI. diangkut selalu bertambah seperti pertambahan jumlah penduduk, urbanisasi,

BAB III LANDASAN TEORI. diangkut selalu bertambah seperti pertambahan jumlah penduduk, urbanisasi, 18 BAB III LANDASAN TEORI 3.1 Umum Menurut Miro (2002), seiring dengan perkembangan jaman, objek yang diangkut selalu bertambah seperti pertambahan jumlah penduduk, urbanisasi, produksi ekonomi, pendapatan

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang Masalah. menjatuhkan sanksi. Sanksi hanya dijatuhkan pada warga yang benar-benar

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang Masalah. menjatuhkan sanksi. Sanksi hanya dijatuhkan pada warga yang benar-benar 1 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Kesadaran hukum adalah kesadaran diri sendiri tanpa tekanan, paksaan, atau perintah dari luar untuk tunduk pada hukum yang berlaku. Dengan berjalannya kesadaran

Lebih terperinci

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 80 TAHUN 2012 TENTANG TATA CARA PEMERIKSAAN KENDARAAN BERMOTOR DI JALAN DAN

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 80 TAHUN 2012 TENTANG TATA CARA PEMERIKSAAN KENDARAAN BERMOTOR DI JALAN DAN PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 80 TAHUN 2012 TENTANG TATA CARA PEMERIKSAAN KENDARAAN BERMOTOR DI JALAN DAN PENINDAKAN PELANGGARAN LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN DENGAN RAHMAT TUHAN YANG

Lebih terperinci

BAB III LANDASAN TEORI. Jalan Wonosari, Piyungan, Bantul, banyak terjadi kecelakaan lalu lintas yang

BAB III LANDASAN TEORI. Jalan Wonosari, Piyungan, Bantul, banyak terjadi kecelakaan lalu lintas yang BAB III LANDASAN TEORI 3.1 Umum Kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi pasti akan menimbulkan korban jiwa dan juga kerugian secara materil. Kasus inilah yang juga sering terjadi di Jalan Wonosari,

Lebih terperinci

BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI

BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI A. Pengertian Transportasi Trasnportasi adalah untuk menggerakkan atau memindahkan orang dan/atau barang dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan sistem

Lebih terperinci

1. OVERLOADING ( MUATAN BERLEBIH )

1. OVERLOADING ( MUATAN BERLEBIH ) 1. OVERLOADING ( MUATAN BERLEBIH ) Memuat berlebihan tidak hanya memperpendek usia kendaraan anda, tetapi juga berbahaya, oleh sebab itu hindarkanlah. Berat muatan harus dibatasi oleh GVM ( berat kotor

Lebih terperinci

I. PENDAHULUAN. dan mencerminkan kehendak rambu-rambu hukum yang berlaku bagi semua subyek

I. PENDAHULUAN. dan mencerminkan kehendak rambu-rambu hukum yang berlaku bagi semua subyek I. PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Kepatuhan hukum masyarakat merupakan salah satu bagian dari budaya hukum, dalam budaya hukum dapat dilihat dari tradisi perilaku masyarakat kesehariannya yang sejalan

Lebih terperinci

WALIKOTA MAGELANG PERATURAN DAERAH KOTA MAGELANG NOMOR 15 TAHUN 2012 TENTANG PENYELENGGARAAN FASILITAS PARKIR DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

WALIKOTA MAGELANG PERATURAN DAERAH KOTA MAGELANG NOMOR 15 TAHUN 2012 TENTANG PENYELENGGARAAN FASILITAS PARKIR DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA WALIKOTA MAGELANG PERATURAN DAERAH KOTA MAGELANG NOMOR 15 TAHUN 2012 TENTANG PENYELENGGARAAN FASILITAS PARKIR DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA WALIKOTA MAGELANG, Menimbang : a. bahwa penyelenggaraan parkir

Lebih terperinci

15. Teknik Pengoperasian Kendaraan Rapid Intervention Vehicle Type IV / Rescue Tender

15. Teknik Pengoperasian Kendaraan Rapid Intervention Vehicle Type IV / Rescue Tender 15. Teknik Pengoperasian Kendaraan Rapid Intervention Vehicle Type IV / Rescue Tender Modul Diklat Basic PKP-PK 15.1 Prosedur pengoperasian Rapid Intervention Vehicle Type IV 15.1.1 Sebelum mesin kendaraan

Lebih terperinci

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 32 TAHUN 2011 TENTANG MANAJEMEN DAN REKAYASA, ANALISIS DAMPAK, SERTA MANAJEMEN KEBUTUHAN LALU LINTAS

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 32 TAHUN 2011 TENTANG MANAJEMEN DAN REKAYASA, ANALISIS DAMPAK, SERTA MANAJEMEN KEBUTUHAN LALU LINTAS PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 32 TAHUN 2011 TENTANG MANAJEMEN DAN REKAYASA, ANALISIS DAMPAK, SERTA MANAJEMEN KEBUTUHAN LALU LINTAS DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,

Lebih terperinci

BLACKSPOT INVESTIGATION WORKSHOP Surabaya, Mei 2012

BLACKSPOT INVESTIGATION WORKSHOP Surabaya, Mei 2012 BLACKSPOT INVESTIGATION WORKSHOP Surabaya, 30-31 Mei 2012 Pengemudi dan pengendara menangkap 90% informasi melalui mata mereka! Engineer harus menyampaikan informasi berguna melalui rambu-rambu dan garis

Lebih terperinci

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 32 TAHUN 2011 TENTANG MANAJEMEN DAN REKAYASA, ANALISIS DAMPAK, SERTA MANAJEMEN KEBUTUHAN LALU LINTAS

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 32 TAHUN 2011 TENTANG MANAJEMEN DAN REKAYASA, ANALISIS DAMPAK, SERTA MANAJEMEN KEBUTUHAN LALU LINTAS PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 32 TAHUN 2011 TENTANG MANAJEMEN DAN REKAYASA, ANALISIS DAMPAK, SERTA MANAJEMEN KEBUTUHAN LALU LINTAS DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,

Lebih terperinci

1. Manajemen Pejalan Kaki

1. Manajemen Pejalan Kaki 1. Manajemen Pejalan Kaki 1. Desain Fasilitas Pejalan Kaki Terdapat 2 jenis design fasilitas pejalan kaki 1. Traditional engineering design Meminimumkan biaya dan memaksimalkan efisiensi. Contoh: waktu

Lebih terperinci

Subdit Pembinaan Lingkungan Kampus (PLK)

Subdit Pembinaan Lingkungan Kampus (PLK) Keamanan & Ketertiban Keselamatan & Kesehatan Kerja Green Campus Subdit Pembinaan Lingkungan Kampus (PLK) SUBDIT PEMBINAAN LINGKUNGAN KAMPUS Dipresentasikan dalam PSAU bagi Mahasiswa Baru Agustus 2013

Lebih terperinci

DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN PONOROGO

DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN PONOROGO DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN PONOROGO Thursday, March 07, 2013 Kejadian juta rupiah DATA KECELAKAAN LALU LINTAS DI KABUPATEN PONOROGO Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas Kerugian Materi Kecelakaan 750 600 500

Lebih terperinci

Smart Driving - Pedoman Mengemudi Aman dan Efisien

Smart Driving - Pedoman Mengemudi Aman dan Efisien BERKENDARA YANG BAIK Sustainability Engineering Design Biogas Power Compressed Renewable Methane Smart Driving - Pedoman Mengemudi Aman dan Efisien 1. Pengecekan Bagian Luar Mobil Sebelum menggunakan mobil

Lebih terperinci