PENGUMUMAN Nomor: 1855/UN32.9/DT/2013 PENERIMAAN MAHASISWA BARU PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM) SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2013/2014

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "PENGUMUMAN Nomor: 1855/UN32.9/DT/2013 PENERIMAAN MAHASISWA BARU PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM) SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2013/2014"

Transkripsi

1 KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM) PASCASARJANA Jalan Semarang 5, Malang Telepon/Faksimili: Laman: pasca.um.ac.id PENGUMUMAN Nomor: 1855/UN32.9/DT/2013 PENERIMAAN MAHASISWA BARU PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM) SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2013/2014 Dalam rangka menjaring calon mahasiswa baru yang memiliki kemampuan akademik, motivasi yang tinggi, dan keterampilan untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan tepat waktu, Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM) membuka pendaftaran mahasiswa baru Program Magister (S2) dan Program Doktor (S3), biaya BPP-DN dan Non BPP-DN (biaya sendiri atau sponsor lain) Semester Gasal Tahun Akademik 2013/2014 secara online. A. PERSYARATAN UMUM 1. PROGRAM MAGISTER (S2) a. Lulus Program Sarjana (S1) atau pendidikan sarjana IKIP/Universitas yang ijazahnya diakui oleh Kemendikbud dan memiliki tingkat akreditasi tertentu. b. Memiliki latar belakang pendidikan dalam bidang atau program studi yang sesuai/ sejalur dengan program studi pilihan yang akan diikuti. c. Memiliki kemampuan bahasa Inggris memadai untuk mengikuti pendidikan Program Magister dengan melampirkan sertifikat TOEFL atau yang setara. d. Memperoleh rekomendasi setidak-tidaknya dari 2 (dua) orang mantan dosen seniornya atau guru besar yang mengenalnya, atau dari atasan tempat ybs. bekerja yang menyatakan bahwa calon mahasiswa ybs. memiliki kemampuan dan prestasi akademik dan/atau ketekunan dan prestasi kerja yang baik. e. Sehat jasmani dan rohani yang dinyatakan dengan surat keterangan sehat dari dokter. f. Lulus ujian saringan/tes masuk Pascasarjana UM. g. Wajib mengikuti kegiatan prapasca setelah dinyatakan lulus ujian saringan/tes masuk. 2. PROGRAM DOKTOR (S3) a. Lulus Program Magister (S2) IKIP/Universitas atau Program Master luar negeri yang ijazahnya diakui oleh Kemendikbud dan memiliki tingkat akreditasi tertentu. b. Memiliki latar belakang pendidikan dalam bidang atau program studi yang sesuai/ sejalur dengan program studi pilihan yang akan diikuti. Calon yang latar belakang pendidikannya kurang sesuai dapat diterima dengan kewajiban mengambil matakuliah tambahan (matrikulasi) yang ditentukan oleh program studi yang bersangkutan. c. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang memadai untuk mengikuti pendidikan Program Doktor dengan melampirkan sertifikat TOEFL atau yang setara. d. Memperoleh rekomendasi setidak-tidaknya dari 2 (dua) orang mantan dosen seniornya atau guru besar atau pengajar senior yang mengenalnya, atau dari atasan tempat ybs. bekerja yang menyatakan bahwa calon mahasiswa ybs. memiliki kemampuan dan prestasi akademik dan/atau ketekunan dan prestasi kerja yang baik. e. Sehat jasmani dan rohani yang dinyatakan dengan surat keterangan sehat dari dokter. f. Lulus ujian saringan/tes masuk Pascasarjana UM.

2 B. PROGRAM STUDI 1. Setiap peserta memilih satu program studi sesuai/sejalur dengan program studi sebelumnya. 2. Daftar kode dan Nama Program Studi Magister (S2) dan Doktor (S3) adalah sebagai berikut. No. Kode Prodi Nama Prodi Syarat Ijazah I. Program Magister (S2) Teknologi Pembelajaran S1 Semua Program Studi Manajemen Pendidikan S1 Semua Program Studi Bimbingan dan Konseling S1 Semua Program Studi Kependidikan Pendidikan Luar Sekolah S1 Semua Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia S1 Program Studi yang Linier/sebidang Pendidikan Bahasa Inggris S1 Program Studi yang Linier/sebidang Pendidikan Biologi S1 Program Studi yang Linier/sebidang Pendidikan Matematika S1 Program Studi yang Linier/sebidang Pendidikan Kimia S1 Program Studi yang Linier/sebidang Pendidikan Geografi S1 Program Studi yang Linier/sebidang Pendidikan Kejuruan *) S1 Program Studi yang Linier/sebidang Pendidikan Ekonomi S1 Program Studi yang sejalur/sebidang Pendidikan Dasar **) S1 Program Studi Sesuai Ketentuan Pendidikan Fisika S1 Program Studi yang Linier/sebidang Pendidikan Bisnis dan Manajemen S1 Program Studi yang sejalur/sebidang Manajemen S1 Program studi yang sejalur/sebidang II. Program Doktor (S3) Teknologi Pembelajaran S2 Semua Program Studi Manajemen Pendidikan S2 Semua Program Studi Bimbingan dan Konseling S2 Program Studi yang Linier/sebidang Psikologi Pendidikan S2 Semua Program Studi Kependidikan Pendidikan Bahasa Indonesia S2 Program Studi yang Linier/sebidang Pendidikan Bahasa Inggris S2 Program Studi yang Linier/sebidang Pendidikan Biologi S2 Program Studi yang Linier/sebidang Pendidikan Ekonomi S2 Program Studi yang Linier/sebidang Pendidikan Matematika S2 Program Studi yang Linier/sebidang Pendidikan Geografi S2 Program Studi yang Linier/sebidang Pendidikan Kejuruan S1 Program Studi yang Linier/sebidang Keterangan: *) S2 Pendidikan Kejuruan Konsentrasi: Pend. Teknik Mesin, Pend. Teknik Bangunan, Pend. Teknik Elektro, Pend. Teknik Informatika, Pend. Tata Boga, Pend. Tata Busana **) S2 Pendidikan Dasar Konsentrasi: Pand. Anak Usia Dini (PAUD), Pend. Guru Kelas SD, Pend. Matematika Pend. Dasar; Pend. Bhs. Indonesia Pend. Dasar; Pend. IPA Pend. Dasar; Pend. Kewarganegaraan Pend. Dasar; Pend. IPS Pend. Dasar. C. PENDAFTARAN Pendaftaran mahasiswa baru Pascasarjana UM secara online dilakukan melalui internet dari manapun pada website dengan ketentuan: 1. Pelamar BPP-DN: mulai tanggal 1 April 2013 pukul wib dan berakhir tanggal 18 Mei 2013 pukul wib. 2. Pelamar Non BPP-DN (biaya sendiri atau sponsor lain): mulai tanggal 1 April 2013 pukul wib dan berakhir tanggal 8 Juni 2013 pukul wib. 3. Biaya pendaftaran sebesar Rp ,00 (lima ratus ribu rupiah). 4. Tatacara Pendaftaran Online: a. Calon peserta membayar biaya pendaftaran SPMB Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM) melalui Bank BRI, Bank BNI, Bank BTN online di seluruh Indonesia, dengan menyebutkan/ menunjukkan salah satu nomor kartu identitas (KTP/SIM).

3 b. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta akan menerima bukti pembayaran berisi: (1) Nomor Identitas, dan (2) PIN pendaftaran Pascasarjana UM sepanjang 16 digit. Nomor Identitas dan PIN ini bersifat rahasia. c. Peserta melakukan pendaftaran online melalui website dengan menyiapkan: (1) bukti pembayaran, (2) fotokopi ijazah, (4) file pasfoto diri terbaru; berwarna dengan format JPG/PNG dengan resolusi maksimal 400x600 pixels; file maksimal 100 kb, 60-80% tampak muka. d. Peserta memasukkan Nomor Identitas dan PIN (tertera di bukti pembayaran) pada kotak yang tersedia, kemudian menekan tombol Login. f. Peserta mengisi biodata sesuai dengan petunjuk yang ada pada website, serta mencetak Biodata dan Kartu Tanda Bukti pendaftaran online. g. Kartu Tanda Bukti Pendaftaran harus ditandatangani oleh calon peserta dan berlaku sebagai Kartu Tanda Peserta seleksi Calon Mahasiswa Pascasarjana UM Tahun 2013/2014. h. Peserta pendaftaran BPP-DN, wajib melakukan pendaftaran BPP-DN Dikti secara online di website 5. Informasi Pendaftaran lebih lengkap silakan: a. Menghubungi Panitia Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Pascasarjana UM di Gedung H1 Lantai 1, Pascasarjana UM, Jl. Semarang No. 5 Malang, melalui telepon ; dan psw. 317; setiap hari Senin-Jumat pukul WIB; fax b. Akses di website atau D. SARINGAN AKADEMIK Ujian tulis peserta pendaftaran mahasiswa baru Pascasarjana UM Tahun 2013/2014 dilaksanakan di Pascasarjana UM Jl. Semarang 5 Malang, dengan ketentuan: 1. Pelamar BPP-DN: hari Kamis, tanggal 23 Mei 2013, mulai pukul WIB. 2. Pelamar Non BPP-DN: hari Sabtu, tanggal 15 Juni 2013, mulai pukul WIB. 3. Materi Ujian: Tes Potensi Akademik, Bahasa Inggris, dan Bidang Studi. 4. Khusus untuk Program Doktor (S3) Pendidikan Bahasa Inggris dilakukan tes wawancara berbahasa Inggris setelah tes tertulis pada hari yang sama. 5. Kelengkapan yang harus dibawa/diserahkan ke Panitia pada saat mengikuti ujian tulis: a. Pelamar BPP-DN: 1) Kartu Tanda Bukti Pendaftaran online SMPB Pascasarjana UM. 2) Print out Biodata pendaftaran online SMPB Pascasarjana UM. 3) Print out Biodata pendaftaran online BPP-DN Dikti dan bukti dari Dikti. 4) Fotokopi ijazah S1 bagi peserta Program Magister (S2); atau fotokopi ijazah S1 dan S2 bagi peserta Program Doktor (S3) dengan dilampiri transkripnya yang telah dilegalisir; atau khusus lulusan tahun 2013 dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus Sementara. 5) SK kepangkatan terakhir (bagi PNS) atau SK pengangkatan sebagai dosen tetap Yayasan disertai NIK Yayasan (bagi Dosen PTS). 6) Surat Rekomendasi untuk diusulkan sebagai calon penerima BPP-DN dari Pimpinan PTN/PTS. 7) Surat pernyataan belum pernah menerima BPP-DN di PT lain atau beasiswa dari lembaga lain. 8) Khusus dosen PTS non-pns menyerahkan pernyataan status dosen tetap yayasan tidak berstatus sebagai PNS. 9) Dua lembar Pasfoto diri terbaru, berwarna, ukuran 3x4 cm. 10) Fotokopi sertifikat TOEFL atau yang setara. 11) Surat Tugas/Ijin Belajar dari Instansi.

4 b. Pelamar Non BPP-DN (biaya sendiri atau sponsor lain): 1) Kartu Tanda Bukti Pendaftaran online SMPB Pascasarjana UM. 2) Print out Biodata pendaftaran online SMPB Pascasarjana UM. 3) Fotokopi ijazah S1 bagi peserta Program Magister (S2); atau fotokopi ijazah S1 dan S2 bagi peserta Program Doktor (S3) dengan dilampiri transkripnya yang telah dilegalisir. 4) Dua lembar Pasfoto diri terbaru, berwarna, ukuran 3x4 cm. 5) Fotokopi sertifikat TOEFL atau yang setara. E. BIAYA PENDIDIKAN 1. Biaya yang wajib dibayar terdiri atas biaya Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (KPMB), Prapasca, Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP), dengan rincian sebagai berikut: No. Uraian Biaya Magister (S2) Doktor (S3) Keterangan 1. KPMB (untuk S2 dan S3) Rp ,00 Rp ,00 Dibayar sekali di awal studi 2. Prapasca (untuk S2) Rp ,00 - Dibayar sekali di awal studi 3. SPP S2 a) SPP Smt. I s.d IV Rp ,00 - Dibayar setiap semester pada semester I s.d IV b) SPP Smt. V s.d X Rp ,00 - Dibayar setiap semester pada semester V sampai lulus 4. SPP S3 a) Spp Smt. I s.d. VI - Rp ,00 Dibayar setiap semester pada semester I s.d. VI b) SPP Smt. VII s.d. X - Rp ,00 Dibayar setiap semester pada semester VII sampai Lulus c) Biaya Pendaft. Ujian Disertasi (S3) - Rp ,00 Dibayar sekali pada saat pendaftaran ujian disertasi 2. Calon mahasiswa yang tidak linier dengan Program Studi pilihannya harus mengikuti program matrikulasi (ditetapkan prodi) dengan biaya yang harus dibayar oleh mahasiswa sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Pascasarjana UM. 3. Persyaratan pelamar beasiswa BPP-DN disesuaikan dengan ketentuan dari Ditjen Dikti Kemendikbud. 4. Mahasiswa yang memenuhi syarat sebagai calon penerima beasiswa BPP-DN akan diusulkan ke Ditjen Dikti Kemendikbud. 5. Biaya pendidikan untuk mahasiswa warga negara asing (WNA) diatur tersendiri. F. HASIL SELEKSI Hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru Pascasarjana UM diumumkan secara online melalui website sebagai berikut: - Jalur BPP-DN : diumumkan paling lambat tanggal 11 Juni 2013, dan - Jalur Non BPP-DN : diumumkan Minggu pertama bulan Juli (biaya sendiri atau sponsor lain)

5 G. LAIN-LAIN 1. Suatu program studi dapat diselenggarakan apabila jumlah peserta yang diterima memenuhi batas minimum yang ditetapkan oleh Pascasarjana UM. 2. Konsentrasi Prodi S2 Pendidikan Kejuruan (PKJ) dan S2 Pendidikan Dasar (Dikdas), akan dibuka apabila jumlah peminat masing-masing konsentrasi minimal 7 orang. Jika jumlah peminatnya kurang dari 7 orang, maka peserta diikutkan pada Konsentrasi PKJ Umum untuk Prodi PKJ, dan Dikdas Guru Kelas untuk Prodi Dikdas. 3. Program Studi S2 Pendidikan Dasar mempersyaratkan latar belakang pendidikan S1 tertentu sesuai dengan konsentrasi yang dipilih, sebagai berikut: No Konsentrasi Syarat Ijazah 1 Pend. Guru Kelas Sekolah Dasar S1 PGSD S1 PGMI Guru SD, ijazah S1 Kependidikan Guru TK, ijazah S1 Kependidikan Dosen PGSD, ijazah S1 Kependidikan 2 Pend. Bhs. Indonesia Pendidikan Dasar S1 Pendidikan Bahasa Indonesia S1 Bahasa Indonesia S1 Bahasa S1 PGSD (matrikulasi) S1 PGMI (matrikulasi) 3 Pend. Matematika Pendidikan Dasar S1 Pendidikan Matematika S1 Matematika 4 Pend. IPA Pendidikan Dasar S1 Pendidikan IPA S1 Pendidikan Biologi S1 Pendidikan Fisika S1 Pendidikan Kimia S1 PGSD (matrikulasi) S1 PGMI (matrikulasi) 5 Pend. IPS Pendidikan Dasar S1 Pendidikan Ekonomi S1 Pendidikan Sejarah/Antropologi S1 Pendidikan Geografi 6 Pend. PKn Pendidikan Dasar S1 Pendidikan IPS/PKn S1 Pendidikan PKn S1 Pendidikan Sejarah 7 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) S1 Bimbingan Konseling S1 Psikologi S1 PGSD S1 Pendidikan Luar Sekolah S1 Pendidikan Luar Biasa Guru TK, ijazah S1 Kependidikan Guru SD, ijazah S1 Kependidikan Dosen PGTK, S1 Kependidikan Malang, 26 Maret 2013 Direktur Pascasarjana UM, TTD Prof. Dr. I Nyoman S. Degeng, M.Pd NIP

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM) Jalan Semarang 5, Malang Telepon/Faksimili: Laman:

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM) Jalan Semarang 5, Malang Telepon/Faksimili: Laman: KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM) Jalan Semarang 5, Malang 65145 Telepon/Faksimili: 0341551312 Laman: www.um.ac.id PENGUMUMAN Nomor : 10413/UN32/DT/2014 PENERIMAAN MAHASISWA

Lebih terperinci

PENGUMUMAN Nomor: 595 /UN32.9/DT/2012

PENGUMUMAN Nomor: 595 /UN32.9/DT/2012 KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM) PROGRAM PASCASARJANA Jalan Semarang 5, Malang 65145 Telepon/Faksimili: 0341-551334 Laman: pasca.um.ac.id PENGUMUMAN Nomor: 595 /UN32.9/DT/2012

Lebih terperinci

PENGUMUMAN Nomor: 609 /H32.9/DT/2011 PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MALANG TAHUN AKADEMIK 2011/2012

PENGUMUMAN Nomor: 609 /H32.9/DT/2011 PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MALANG TAHUN AKADEMIK 2011/2012 The Learning University KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL UNIVERSITAS NEGERI MALANG PROGRAM PASCASARJANA Jl. Semarang 5 Malang 65145 Telp. (0341) 551-312 Psw. 315 Telp./Fax. (0341) 551-334 (langsung) Website:

Lebih terperinci

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM) Jalan Semarang 5, Malang Telepon/Faksimili: Laman:

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM) Jalan Semarang 5, Malang Telepon/Faksimili: Laman: KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM) Jalan Semarang 5, Malang 65145 Telepon/Faksimili: 0341551312 Laman: www.um.ac.id PENGUMUMAN Nomor : 11438/UN32/DT/2014 PENERIMAAN MAHASISWA

Lebih terperinci

UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM)

UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM) KEMENTERIAN RISET,TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM) Jalan Semarang 5, Malang 65145 Telepon/Faksimili: 0341-551312 Laman: www.um.ac.id PENGUMUMAN Nomor: 9.3.24/UN32/DT/2015

Lebih terperinci

PENGUMUMAN Nomor: 979/UN35/AK/2016

PENGUMUMAN Nomor: 979/UN35/AK/2016 PENGUMUMAN Nomor: 979/UN35/AK/2016 Tentang Penerimaan Calon Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Tahun Akademik 2016/2017 di Lingkungan Universitas Negeri Padang Universitas Negeri Padang Tahun Akademik

Lebih terperinci

1. Bimbingan dan Konseling 2. Administrasi Pendidikan, dengan orientasi : Manajemen Sekolah Manajemen Pendidikan Tinggi 3.

1. Bimbingan dan Konseling 2. Administrasi Pendidikan, dengan orientasi : Manajemen Sekolah Manajemen Pendidikan Tinggi 3. PENGUMUMAN Nomor: 1417/UN35/AK/2015 Tentang Penerimaan Calon Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Gelombang II Tahun Akademik 2015/2016 Semester Juli - Desember 2015 di Lingkungan Universitas Negeri Padang

Lebih terperinci

PENGUMUMAN Nomor : 6158/UN38.I/PP.03.03/2011

PENGUMUMAN Nomor : 6158/UN38.I/PP.03.03/2011 PENGUMUMAN Nomor : 6158/UN38.I/PP.03.03/2011 TENTANG PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM S1 KEPENDIDIKAN DENGAN KEWENANGAN TAMBAHAN (KKT) UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA TAHUN AKADEMIK 2011/2012 Diberitahukan

Lebih terperinci

UNIVERSITAS UDAYANA TAHUN 2016

UNIVERSITAS UDAYANA TAHUN 2016 PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM PROFESI DAN PASCASARJANA UNIVERSITAS UDAYANA TAHUN 2016 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Kualitas calon mahasiswa (input) sangat mempengaruhi kualitas lulusan

Lebih terperinci

PENGUMUMAN Nomor 5381/UN37/DT/2012 Tentang Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) Tahun 2012

PENGUMUMAN Nomor 5381/UN37/DT/2012 Tentang Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) Tahun 2012 KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG Gedung H, Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang 50229 Telepon: (024) 8508092 psw. 25, Faksimili: (024) 8508084 Laman: www.unnes.ac.id, E-mail:

Lebih terperinci

Panduan Umum Jalur Ujian Tertulis/Ketrampilan SNMPTN 2011

Panduan Umum Jalur Ujian Tertulis/Ketrampilan SNMPTN 2011 Panduan Umum Jalur Ujian Tertulis/Ketrampilan SNMPTN 2011 PERSYARATAN DAN KETENTUAN 1. Seleksi 1. Lulus Ujian Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2009, 20010 dan

Lebih terperinci

INFORMASI AWAL SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2011 JALUR UNDANGAN & JALUR UJIAN TERTULIS/KETERAMPILAN

INFORMASI AWAL SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2011 JALUR UNDANGAN & JALUR UJIAN TERTULIS/KETERAMPILAN INFORMASI AWAL SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2011 JALUR UNDANGAN & JALUR UJIAN TERTULIS/KETERAMPILAN PANITIA PELAKSANA SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI TAHUN

Lebih terperinci

UJIAN MASUK UNIVERSITAS JEMBER (UM-UNEJ)

UJIAN MASUK UNIVERSITAS JEMBER (UM-UNEJ) UJIAN MASUK UNIVERSITAS JEMBER (UM-UNEJ) Jalur UM-UNEJ memberi kesempatan kepada lulusan SMTA untuk mengikuti pendidikan pada Program S1 dan D3. Pada tahun 2011, penerimaan mahasiswa baru jalur UM-UNEJ

Lebih terperinci

PANDUAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA UNIVERSITAS BENGKULU (SPMU) PROGRAM S1 REGULER DAN DIPLOMA TAHUN 2016

PANDUAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA UNIVERSITAS BENGKULU (SPMU) PROGRAM S1 REGULER DAN DIPLOMA TAHUN 2016 PANDUAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA UNIVERSITAS BENGKULU (SPMU) PROGRAM S1 REGULER DAN DIPLOMA TAHUN 2016 UNIVERSITAS BENGKULU 2016 I. DESKRIPSI SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA UNIVERSITAS BENGKULU (SPMU)

Lebih terperinci

FORMULIR LAMARAN CALON MAHASISWA PROGRAM MAGISTER/DOKTOR 2017/2018

FORMULIR LAMARAN CALON MAHASISWA PROGRAM MAGISTER/DOKTOR 2017/2018 FORMULIR LAMARAN CALON MAHASISWA PROGRAM MAGISTER/DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA Jl. Yos Sudarso Kampus UPR Telepon/Fax.: (0536) 3230789 Email:pascasarjanaunpar@yahoo.co.id Palangka Raya 73112 P R O G R A

Lebih terperinci

PANDUAN PESERTA JMU 2010

PANDUAN PESERTA JMU 2010 PANDUAN PESERTA JMU 2010 PANITIA PELAKSANA JALUR MANDIRI UNSYIAH (JMU) TAHUN 2010 DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL... 1 DAFTAR ISI... 2 KATA PENGANTAR... 3 I. Dekripsi Seleksi Jalur Masuk Mandiri Unsyiah (JMU)

Lebih terperinci

PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA PRODI PILIHAN 1. 2. NOMOR PENDAFTARAN Beri tanda MAGISTER DOKTOR FORMULIR PENDAFTARAN CALON MAHASISWA PROGRAM MAGISTER DAN DOKTOR TAHUN AKADEMIK 20.../20... PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Lebih terperinci

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS DIPONEGORO Jalan Prof. H. Soedarto, S.H. Tembalang Semarang Kotak Pos 1269 Telp: (024) 7460020 Fax: (024) 7460013 laman : undip.ac.id P E N G U M U M A

Lebih terperinci

PEDOMAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR REGULER PMDP (PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI) POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018

PEDOMAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR REGULER PMDP (PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI) POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018 PEDOMAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR REGULER PMDP (PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI) POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018 A. Seleksi PMDP Sipenmaru Jalur Reguler PMDP adalah

Lebih terperinci

PANDUAN PESERTA USM 2011 UNIVERSITAS SRIWIJAYA PANITIA PELAKSANA

PANDUAN PESERTA USM 2011 UNIVERSITAS SRIWIJAYA PANITIA PELAKSANA PANDUAN PESERTA USM 2011 UNIVERSITAS SRIWIJAYA PANITIA PELAKSANA PENGANTAR Buku panduan ini disusun untuk menyampaikan informasi dan petunjuk mengenai segala sesuatu yang berkenaan dengan Ujian Saringan

Lebih terperinci

UNIVERSITAS AIRLANGGA

UNIVERSITAS AIRLANGGA UNIVERSITAS AIRLANGGA Kampus C Mulyorejo Surabaya 60115 Telp. (031) 5914042, 5914043, 5912546, 5912564 Fax (031) 5981841 Website : http://www.unair.ac.id ; email : rektor@unair.ac.id PENGUMUMAN REKTOR

Lebih terperinci

Sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN 2011)

Sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN 2011) Sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN 2011) Landasan Hukum Peraturan Pemerintah No. 66 Tahun 2010 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan

Lebih terperinci

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIDKAN TINGGI UNIVERSITAS DIPONEGORO PENGUMUMAN

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIDKAN TINGGI UNIVERSITAS DIPONEGORO PENGUMUMAN KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIDKAN TINGGI UNIVERSITAS DIPONEGORO Jalan Prof. H. Soedarto, S.H. Tembalang Semarang Kotak Pos 1269 Telp: (024) 7460020 Fax: (024) 7460013 laman : undip.ac.id PENGUMUMAN

Lebih terperinci

INFORMASI PENDAFTARAN SEKOLAH PASCASARJANA UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA TAHUN AKADEMIK 2007/2008

INFORMASI PENDAFTARAN SEKOLAH PASCASARJANA UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA TAHUN AKADEMIK 2007/2008 INFORMASI PENDAFTARAN SEKOLAH PASCASARJANA UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA TAHUN AKADEMIK 2007/2008 SEKOLAH PASCASARJANA UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA Jl. Dr. Setiabudi No. 229 Bandung 40154 Telepon:

Lebih terperinci

PENGUMUMAN. Nomor : 36/ UN7.P1/ PENG/ 2016 TENTANG

PENGUMUMAN. Nomor : 36/ UN7.P1/ PENG/ 2016 TENTANG KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIDKAN TINGGI UNIVERSITAS DIPONEGORO Jalan Prof. H. Soedarto, S.H. Tembalang Semarang Kotak Pos 1269 Telp: (024) 7460020 Fax: (024) 7460013 laman : undip.ac.id PENGUMUMAN

Lebih terperinci

FORMULIR LAMARAN PROGRAM MAGISTER DAN PROGRAM DOKTOR

FORMULIR LAMARAN PROGRAM MAGISTER DAN PROGRAM DOKTOR 1 FORMULIR LAMARAN PROGRAM MAGISTER DAN PROGRAM DOKTOR TAHUN AKADEMIK 2010/2011 NAMA : PROGRAM STUDI : PENDIDIKAN DASAR: Konsentrasi... PROGRAM : MAGISTER/DOKTOR *) *) coret yang tidak perlu BIAYA NOMOR

Lebih terperinci

PANDUAN SELEKSI CALON MAHASISWA PROGRAM NON REGULER/EKSTENSI DAN PROGRAM DIPLOMA TAHAP II (PERIODE JULI AGUSTUS) 2014

PANDUAN SELEKSI CALON MAHASISWA PROGRAM NON REGULER/EKSTENSI DAN PROGRAM DIPLOMA TAHAP II (PERIODE JULI AGUSTUS) 2014 PANDUAN SELEKSI CALON MAHASISWA PROGRAM NON REGULER/EKSTENSI DAN PROGRAM DIPLOMA TAHAP II (PERIODE JULI AGUSTUS) 2014 PANITIA SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS UDAYANA 2014 1 KATA PENGANTAR

Lebih terperinci

FORMULIR PENDAFTARAN PROGRAM PENDIDIKAN MAGISTER (S2) 20.../20...

FORMULIR PENDAFTARAN PROGRAM PENDIDIKAN MAGISTER (S2) 20.../20... FORMULIR PENDAFTARAN PROGRAM PENDIDIKAN MAGISTER (S2) 20.../20... PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR Alamat : Jalan Bonto Langkasa Kampus UNM Gunungsari Baru Kampus Barat Gedung AB. Telp.

Lebih terperinci

PANDUAN USMU 2011 PANITIA PELAKSANA USMU TAHUN

PANDUAN USMU 2011 PANITIA PELAKSANA USMU TAHUN PANDUAN USMU 2011 PANITIA PELAKSANA USMU TAHUN 2011 1 KATA PENGANTAR Dalam rangka memperluas dan mempermudah akses masyarakat untuk mengikuti pendidikan di Universitas Syiah Kuala dengan tetap mengedepankan

Lebih terperinci

FORMULIR LAMARAN PROGRAM MAGISTER DAN PROGRAM DOKTOR

FORMULIR LAMARAN PROGRAM MAGISTER DAN PROGRAM DOKTOR 1 FORMULIR LAMARAN PROGRAM MAGISTER DAN PROGRAM DOKTOR TAHUN AKADEMIK 010/011 NAMA : PROGRAM STUDI : PROGRAM : MAGISTER/DOKTOR *) *) coret yang tidak perlu BIAYA : BPPS /Non-BPPS NOMOR TEST : PROGRAM PASCASARJANA

Lebih terperinci

PANDUAN PELAKSANAAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU) DIKNAKES POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2014/2015

PANDUAN PELAKSANAAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU) DIKNAKES POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2014/2015 PANDUAN PELAKSANAAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU) DIKNAKES POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2014/2015 A. Persyaratan Sipenmaru Diknakes 1. Persyaratan Jalur Uji Tulis a. Lulusan

Lebih terperinci

PANDUAN PENDAFTARAN KEMBALI

PANDUAN PENDAFTARAN KEMBALI KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA Jalan Udayana Singaraja Bali Telp. ( 0362 ) 22570, Fax ( 0362 ) 25735 Kode Post 81116 Laman: www.undiksha.ac.id PANDUAN PENDAFTARAN

Lebih terperinci

TERSEDIA dari TOTAL BEASISWA BIDIKMISI S1/D3. Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes

TERSEDIA dari TOTAL BEASISWA BIDIKMISI S1/D3. Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes Universitas Konservasi TERSEDIA 300 1.500 dari TOTAL BEASISWA BIDIKMISI S1/D3 Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) merupakan seleksi mandiri yang diselenggarakan

Lebih terperinci

MATRIK PENERIMAAN CALON MAHASISWA BARU SEMESTER GANJIL TAHUN AKADEMIS 2014/2015

MATRIK PENERIMAAN CALON MAHASISWA BARU SEMESTER GANJIL TAHUN AKADEMIS 2014/2015 MATRIK PENERIMAAN CALON MAHASISWA BARU SEMESTER GANJIL TAHUN AKADEMIS 2014/2015 NO JENIS KEGIATAN HARI TANGGAL PELAKSANA KEGIATAN 1 MASA PENDAFTARAN ONLINE SENIN SABTU 10 APRIL s/d 5 JULI 2014 PPS UR -PUSKOM

Lebih terperinci

PANDUAN PESERTA USM 2012 UNIVERSITAS SRIWIJAYA

PANDUAN PESERTA USM 2012 UNIVERSITAS SRIWIJAYA PANDUAN PESERTA USM 2012 UNIVERSITAS SRIWIJAYA PANITIA PELAKSANA PENGANTAR Buku panduan ini disusun untuk menyampaikan informasi dan petunjuk mengenai segala sesuatu yang berkenaan dengan Ujian Saringan

Lebih terperinci

SOP Penerimaan Mahasiswa Baru Program Doktor Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada

SOP Penerimaan Mahasiswa Baru Program Doktor Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada SOP Penerimaan Mahasiswa Baru Program Doktor Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada PENGERTIAN TUJUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR Penerimaan mahasiswa adalah penjaringan

Lebih terperinci

UNIVERSITAS AIRLANGGA

UNIVERSITAS AIRLANGGA UNIVERSITAS AIRLANGGA Kampus C Mulyorejo Surabaya 60115 Telp. (031) 5914042, 5914043, 5912546, 5912564 Fax (031) 5981841 Website : http://www.unair.ac.id ; e-mail : rektor@unair.ac.id PENGUMUMAN REKTOR

Lebih terperinci

FORMULIR PENDAFTARAN CALON MAHASISWA PROGRAM MAGISTER & DOKTOR

FORMULIR PENDAFTARAN CALON MAHASISWA PROGRAM MAGISTER & DOKTOR Nomor Seleksi : MAGISTER (S2) DOKTOR (S3) SEKOLAH PASCASARJANA UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA FORMULIR PENDAFTARAN CALON MAHASISWA PROGRAM MAGISTER & DOKTOR Jalan Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154

Lebih terperinci

INFORMASI PELAKSANAAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU) REGULER JALUR UJIAN TULIS POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018

INFORMASI PELAKSANAAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU) REGULER JALUR UJIAN TULIS POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018 INFORMASI PELAKSANAAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU) REGULER JALUR UJIAN TULIS POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018 A. PROGRAM STUDI YANG DIBUKA Diploma III : Diploma IV

Lebih terperinci

PENDAFTARAN PROGRAM BEBAS TES TULIS (BTT) DAN BEASISWA PRODI S-1 TEKNOLOGI PANGAN UAD

PENDAFTARAN PROGRAM BEBAS TES TULIS (BTT) DAN BEASISWA PRODI S-1 TEKNOLOGI PANGAN UAD PENDAFTARAN PROGRAM BEBAS TES TULIS (BTT) DAN BEASISWA PRODI S-1 TEKNOLOGI PANGAN UAD A. PENDAHULUAN Universitas Ahmad Dahlan adalah salah satu dari 6 (enam) Perguruan Tinggi Unggulan di Yogyakarta dengan

Lebih terperinci

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI BESUKI RAYA (SBMPTBR) TAHUN AKADEMIK 2015/2016

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI BESUKI RAYA (SBMPTBR) TAHUN AKADEMIK 2015/2016 FORUM SILATURRAHIM PTN-PTS SE BESUKI RAYA Sekretariat: Jalan Kalimantan 37 Kampus Tegal Boto Kotak Pos 159 Jember 68121 Telp. (0331) 330224, 3340426, 337422, 333147 * Fax: (0331) 339029 Laman : www.unej.ac.id

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN PERSYARATAN SELEKSI CALON MAHASISWA PROGRAM NON REGULER/EKSTENSI DAN PROGRAM DIPLOMA

BUKU PANDUAN PERSYARATAN SELEKSI CALON MAHASISWA PROGRAM NON REGULER/EKSTENSI DAN PROGRAM DIPLOMA BUKU PANDUAN PERSYARATAN SELEKSI CALON MAHASISWA PROGRAM NON REGULER/EKSTENSI DAN PROGRAM DIPLOMA PANITIA UNIVERSITAS UDAYANA 2012 1 KATA PENGANTAR Buku Panduan ini disusun untuk memberikan informasi tentang

Lebih terperinci

Penetapan jumlah sks yang harus ditempuh ditetapkan pada awal semester sebelum registrasi akademik dilakukan.

Penetapan jumlah sks yang harus ditempuh ditetapkan pada awal semester sebelum registrasi akademik dilakukan. PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR SELEKSI MANDIRI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (SM-UPI) PROGRAM S-1 KEDUA BAGI GURU BK, PAUD DAN SD TAHUN AKADEMIK 2015/2016 A. PENDAHULUAN Undang-undang Republik

Lebih terperinci

TATA CARA / INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU GELOMBANG III UNIVERSITAS HANG TUAH TAHUN AKADEMIK 2015/2016 PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA

TATA CARA / INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU GELOMBANG III UNIVERSITAS HANG TUAH TAHUN AKADEMIK 2015/2016 PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA TATA CARA / INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU GELOMBANG III UNIVERSITAS HANG TUAH TAHUN AKADEMIK 2015/2016 PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA A. JALUR MASUK MAHASISWA BARU Sistem rekrutmen mahasiswa baru UHT

Lebih terperinci

INFORMASI SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2012

INFORMASI SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2012 INFORMASI SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2012 PANITIA PELAKSANA SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI TAHUN 2012 KATA PENGANTAR Berdasarkan Peraturan Pemerintah

Lebih terperinci

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM DIPLOMA IV TAHUN AKADEMIK 2013/2014

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM DIPLOMA IV TAHUN AKADEMIK 2013/2014 SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM DIPLOMA IV TAHUN AKADEMIK 2013/2014 JALUR IKATAN DINAS & TUGAS BELAJAR INSTANSI NON BPS Pengantar... 2 Ketentuan Jalur Ikatan Dinas... 3 Ketentuan Jalur Tugas

Lebih terperinci

BUKU PEDOMAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2017/2018

BUKU PEDOMAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2017/2018 BUKU PEDOMAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2017/2018 TIM PENYUSUN SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) SILIWANGI BANDUNG TAHUN 2017 Jl. Terusan Jenderal Sudirman, Cimahi 40526

Lebih terperinci

PANDUAN PESERTA JMU 2011

PANDUAN PESERTA JMU 2011 PANDUAN PESERTA JMU 2011 PANITIA PELAKSANA JALUR MANDIRI UNSYIAH (JMU) TAHUN 2011 DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL...1 DAFTAR ISI...2 KATA PENGANTAR...3 A. Dekripsi Seleksi Jalur Masuk Mandiri Unsyiah (JMU) Tahun

Lebih terperinci

Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) Program Diploma IV Tahun Akademik 2012/2013. Pengantar

Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) Program Diploma IV Tahun Akademik 2012/2013. Pengantar SELEKS SI PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM DIPLOMA IV TAHUN AKADEM MIK 2012/2013 JALUR UM UM IKATAN DINASS & TUGAS BELAJAR INSTANSI NON BPS B Pengantar... 2 Ketentuan Jalur Umum Ikatann Dinas... 3 Ketentuan

Lebih terperinci

PANDUAN PELAKSANAAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU) POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA JALUR UJIAN TULIS TAHUN AKADEMIK 2015/2016

PANDUAN PELAKSANAAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU) POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA JALUR UJIAN TULIS TAHUN AKADEMIK 2015/2016 ` PANDUAN PELAKSANAAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU) POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA JALUR UJIAN TULIS TAHUN AKADEMIK 2015/2016 POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN 2015 PANDUAN PELAKSANAAN

Lebih terperinci

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNJANI PROGRAM SARJANA DAN DIPLOMA-3 TAHUN 2015

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNJANI PROGRAM SARJANA DAN DIPLOMA-3 TAHUN 2015 I. PENDAHULUAN PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNJANI PROGRAM SARJANA DAN DIPLOMA-3 TAHUN 2015 Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) dilakukan secara online melalui web

Lebih terperinci

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS DIPONEGORO Jalan Prof. H. Soedarto, S.H. Tembalang Semarang Kotak Pos 1269 Telp: (024) 7460020 Fax: (024) 7460013 laman : undip.ac.id P E N G U M U M A

Lebih terperinci

PANDUAN PERSYARATAN SELEKSI CALON MAHASISWAREGULER BER-SKS

PANDUAN PERSYARATAN SELEKSI CALON MAHASISWAREGULER BER-SKS PANDUAN PERSYARATAN SELEKSI CALON MAHASISWAREGULER BER-SKS PANITIA PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS UDAYANA TAHUN 2014 KATA PENGANTAR Panduan ini disusun untuk memberikan informasi tentang sistem

Lebih terperinci

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNJANI PROGRAM SARJANA DAN DIPLOMA-3 TAHUN 2016

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNJANI PROGRAM SARJANA DAN DIPLOMA-3 TAHUN 2016 PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNJANI PROGRAM SARJANA DAN DIPLOMA-3 TAHUN 2016 I. PENDAHULUAN Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) dilakukan secara online melalui web

Lebih terperinci

KATA PENGANTAR. Bandung, 11 April 2016 Panitia SM-UPI 2016 Ketua Pelaksana, Dr. H. Agus Taufiq, M.Pd. NIP

KATA PENGANTAR. Bandung, 11 April 2016 Panitia SM-UPI 2016 Ketua Pelaksana, Dr. H. Agus Taufiq, M.Pd. NIP KATA PENGANTAR Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tingggi,

Lebih terperinci

P E N G U M U M A N Nomor : 376/Peng/UN7/2011 TENTANG

P E N G U M U M A N Nomor : 376/Peng/UN7/2011 TENTANG P E N G U M U M A N Nomor : 376/Peng/UN7/2011 TENTANG CALON MAHASISWA BARU UNIVERSITAS DIPONEGORO YANG LOLOS SELEKSI MELALUI UJIAN MANDIRI (UM) TAHUN AKADEMIK 2011/2012 Rektor Universitas Diponegoro dengan

Lebih terperinci

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI SE-BESUKI RAYA (SBMPTBR) TAHUN AKADEMIK 2016/2017

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI SE-BESUKI RAYA (SBMPTBR) TAHUN AKADEMIK 2016/2017 FORUM SILATURRAHIM PTN-PTS SE BESUKI RAYA Sekretariat: Jalan Kalimantan 37 Kampus Tegal Boto Kotak Pos 159 Jember 68121 Telp. (0331) 330224, 3340426, 337422, 333147 * Fax: (0331) 339029 Laman : www.unej.ac.id

Lebih terperinci

Panduan Peserta Seleksi Penerimaan Mahasiswa Universitas Bengkulu (SPMU) 2013 Program Sarjana Reguler

Panduan Peserta Seleksi Penerimaan Mahasiswa Universitas Bengkulu (SPMU) 2013 Program Sarjana Reguler Panduan Peserta Seleksi Penerimaan Mahasiswa Universitas Bengkulu (SPMU) 2013 Program Sarjana Reguler PANITIA PELAKSANA SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA UNIVERSITAS BENGKULU (SPMU) PROGRAM SARJANA REGULER

Lebih terperinci

INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU STAIN CURUP SECARA ONLINE SPMB PTAIN TAHUN 2013 BAGIAN 1

INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU STAIN CURUP SECARA ONLINE SPMB PTAIN TAHUN 2013 BAGIAN 1 INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU STAIN CURUP SECARA ONLINE SPMB PTAIN TAHUN 2013 BAGIAN 1 JALUR PRESTASI AKADEMIK A. Latar Belakang Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010

Lebih terperinci

SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) UNNES TAHUN 2008

SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) UNNES TAHUN 2008 SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) UNNES TAHUN 2008 TUJUAN Penyelenggaraan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi bertujuan untuk memperoleh mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik

Lebih terperinci

PROGRAM MAGISTER DAN PROGRAM DOKTOR SEMESTER GASAL TA. 2017/2018. Program. Pascasarjana. Institut Teknologi. Sepuluh. Nopember.

PROGRAM MAGISTER DAN PROGRAM DOKTOR SEMESTER GASAL TA. 2017/2018. Program. Pascasarjana. Institut Teknologi. Sepuluh. Nopember. PROGRAM MAGISTER DAN PROGRAM DOKTOR SEMESTER GASAL TA. 2017/2018 Nama : Program : MAGISTER / DOKTOR (coret yang tidak perlu) Program Program Studi : Pascasarjana Institut Teknologi Bidang Keahlian : Sepuluh

Lebih terperinci

PANDUAN SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA (ESELON II)

PANDUAN SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA (ESELON II) PANDUAN SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA (ESELON II) INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA 2015 KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA

Lebih terperinci

2 (43 sks) (PJKR) atau Pend. Kepelatihan Olahraga (PKO) PGSD Penjas 8 S1 selain PJKR atau PKO 4 (88 SKS)

2 (43 sks) (PJKR) atau Pend. Kepelatihan Olahraga (PKO) PGSD Penjas 8 S1 selain PJKR atau PKO 4 (88 SKS) PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR SELEKSI MANDIRI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (SM-UPI) PROGRAM S-1 KE-DUA BAGI GURU PAUD DAN SD TAHUN AKADEMIK 2014/2015 A. PENDAHULUAN Undang-undang Republik

Lebih terperinci

L/O/G/O SBMPTN

L/O/G/O SBMPTN L/O/G/O SBMPTN 2013 PENGERTIAN SBMPTN adalah jalur penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tertulis dengan atau tanpa ujian keterampilan. LANDASAN HUKUM UU 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi 1 Permendiknas

Lebih terperinci

Lampiran : A. Latar Belakang

Lampiran : A. Latar Belakang Lampiran : PROGRAM PASCASARJANA PROGRAM STUDI KAJIAN KETAHANAN NASIONAL PEMINATAN KAJIAN PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN KEMENTERIAN PEMUDA DAN OLAHRAGA - UNIVERSITAS INDONESIA TAHUN 2011 A. Latar Belakang Kepemimpinan

Lebih terperinci

TATA CARA / INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS HANG TUAH TAHUN AKADEMIK 2016/2017 PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA

TATA CARA / INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS HANG TUAH TAHUN AKADEMIK 2016/2017 PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA TATA CARA / INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS HANG TUAH TAHUN AKADEMIK 2016/2017 PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA A. JALUR MASUK MAHASISWA BARU Sistem rekrutmen mahasiswa baru UHT dilakukan melalui

Lebih terperinci

PETUNJUK PENDAFTARAN CALON MAHASISWA BARU

PETUNJUK PENDAFTARAN CALON MAHASISWA BARU PETUNJUK PENDAFTARAN CALON MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS SRIWIJAYA PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS SRIWIJAYA PALEMBANG 2014 1 DAFTAR ISI Daftar Isi... 2 A. Panduan Umum A.1 Persyaratan

Lebih terperinci

PENGUMUMAN. Nomor : 021 / PENG / 2008 Tentang

PENGUMUMAN. Nomor : 021 / PENG / 2008 Tentang PENGUMUMAN Nomor : 021 / PENG / 2008 Tentang RALAT PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS) DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA FORMASI TAHUN 2008 Berdasarkan Edaran Menteri Pendidikan Nasional Nomor

Lebih terperinci

PANDUAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SPMB) PROGRAM PASCASARJANA POLITEKNIK NEGERI SEMARANG TAHUN AKADEMIK 2017/2018

PANDUAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SPMB) PROGRAM PASCASARJANA POLITEKNIK NEGERI SEMARANG TAHUN AKADEMIK 2017/2018 PANDUAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SPMB) PROGRAM PASCASARJANA POLITEKNIK NEGERI SEMARANG TAHUN AKADEMIK 2017/2018 A. SYARAT Syarat Masuk Magister (S2) Terapan Program Studi Teknik Telekomunikasi:

Lebih terperinci

c. Materi Tes 1) Tertulis (substansi); 2) TPA; 3) TOEFL; 4) Wawancara.

c. Materi Tes 1) Tertulis (substansi); 2) TPA; 3) TOEFL; 4) Wawancara. a) Pernyataan tidak pernah drop out atau mengundurkan diri dari ITB (di atas materai, format terlampir); b) Fotocopy ijazah S1/D4 dan transkrip akademik terakhir S1/D4 (versi Indonesia & Inggris) yang

Lebih terperinci

BIMBINGAN KONSELING SMA TARAKANITA 1 KAMIS, 02 FEBRUARI 2017

BIMBINGAN KONSELING SMA TARAKANITA 1 KAMIS, 02 FEBRUARI 2017 BIMBINGAN KONSELING SMA TARAKANITA 1 KAMIS, 02 FEBRUARI 2017 JALUR PENERIMAAN MAHASISWA BARU PTN Jalur Undangan: SNMPTN PPKB/Talent Scouting UI Jalur Tulis: SBMPTN Ujian Mandiri (masing-masing PTN) S N

Lebih terperinci

Persyaratan Pendaftaran Magister Sains kelas khusus dan Magister Profesional, serta Program Doktor Kelas Khusus.

Persyaratan Pendaftaran Magister Sains kelas khusus dan Magister Profesional, serta Program Doktor Kelas Khusus. Persyaratan Pendaftaran Magister Sains kelas khusus dan Magister Profesional, serta Program Doktor Kelas Khusus. 1. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan SPs-IPB (Formulir A), 2. Mengisi Formulir

Lebih terperinci

PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM JALUR BEBAS TES (JBT) PERIODE II TAHUN AKADEMIK 2017/2018

PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM JALUR BEBAS TES (JBT) PERIODE II TAHUN AKADEMIK 2017/2018 PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM JALUR BEBAS TES (JBT) PERIODE II TAHUN AKADEMIK 2017/2018 Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya pada membuka Penerimaan Mahasiswa Baru Program Jalur Bebas Tes

Lebih terperinci

PANDUAN PESERTA UJIAN SARINGAN MASUK BERSAMA (USMB) TAHUN 2017 (UNSRI UIGM UPGRI UTP) PANITIA PELAKSANA

PANDUAN PESERTA UJIAN SARINGAN MASUK BERSAMA (USMB) TAHUN 2017 (UNSRI UIGM UPGRI UTP) PANITIA PELAKSANA PANDUAN PESERTA UJIAN SARINGAN MASUK BERSAMA (USMB) TAHUN 2017 (UNSRI UIGM UPGRI UTP) PANITIA PELAKSANA PENGANTAR Buku panduan ini disusun untuk menyampaikan informasi dan petunjuk mengenai hal-hal yang

Lebih terperinci

Kajian Stratejik Pengembangan Kepemimpinan

Kajian Stratejik Pengembangan Kepemimpinan Lampiran : PROGRAM PASCASARJANA PROGRAM STUDI KAJIAN KETAHANAN NASIONAL PEMINATAN KAJIAN STRATEJIK PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN KEMENTERIAN PEMUDA DAN OLAHRAGA - UNIVERSITAS INDONESIA TAHUN 2012 A. Latar

Lebih terperinci

No. Urut berkas : 1 Print out bukti pendaftaran online dari website

No. Urut berkas : 1 Print out bukti pendaftaran online dari website No. Urut berkas : 1 Print out bukti pendaftaran online dari website http://um.ugm.ac.id No. Urut berkas : 2 Ijazah yang sudah dilegalisir sesuai aslinya (jika bolak-balik, maka harus diserahkan bolak-balik

Lebih terperinci

PETUNJUK PENDAFTARAN CALON MAHASISWA BARU

PETUNJUK PENDAFTARAN CALON MAHASISWA BARU PETUNJUK PENDAFTARAN CALON MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITASS SRIWIJAYA Daftar Isi PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DAFTAR ISI SRIWIJAYA PALEMBANG 2016 1 DAFTAR ISI Halaman Daftar Isi...

Lebih terperinci

PETUNJUK PENDAFTARAN CALON MAHASISWA BARU

PETUNJUK PENDAFTARAN CALON MAHASISWA BARU PETUNJUK PENDAFTARAN CALON MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS SRIWIJAYA Daftar Isi PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DAFTAR ISI SRIWIJAYA PALEMBANG 2017 1 DAFTAR ISI Halaman Daftar Isi... 2

Lebih terperinci

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS RIAU PROGRAM PASCASARJANA

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS RIAU PROGRAM PASCASARJANA KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS RIAU PROGRAM PASCASARJANA MEKANISME PENDAFTARAN CALON MAHASISWA BARU SEMESTER GENAP 2014/2015 PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS RIAU PROGRAM STUDI PROGRAM

Lebih terperinci

Pengakuan Pengalaman Kerja dan Hasil Belajar (PPKHB) akan ditetapkan pada awal semester sebelum registrasi akademik dilakukan.

Pengakuan Pengalaman Kerja dan Hasil Belajar (PPKHB) akan ditetapkan pada awal semester sebelum registrasi akademik dilakukan. PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR SELEKSI MANDIRI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (SM-UPI) DUAL MODE PROGRAM S-1 KEPENDIDIKAN BAGI GURU DALAM JABATAN BAGI GURU PAUD, SD, SMP, SMA, SMK DAN SEDERAJAT

Lebih terperinci

Persyaratan Pendaftaran Magister Sains kelas khusus dan Magister Profesional, serta Program Doktor Kelas Khusus.

Persyaratan Pendaftaran Magister Sains kelas khusus dan Magister Profesional, serta Program Doktor Kelas Khusus. Persyaratan Pendaftaran Magister Sains kelas khusus dan Magister Profesional, serta Program Doktor Kelas Khusus. 1. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan SPs-IPB (Formulir A), 2. Mengisi Formulir

Lebih terperinci

Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Unsyiah TA 2014/2015

Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Unsyiah TA 2014/2015 Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana TA /2015 Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala kembali menerima mahasiswa baru untuk tahun Akademik /2015 untuk 6 program studi Doktor dan 27 Program

Lebih terperinci

INFORMASI SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU PASCASARJANA UNIVERSITAS SEBELAS MARET Tahun 2017

INFORMASI SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU PASCASARJANA UNIVERSITAS SEBELAS MARET Tahun 2017 A. Syarat Pendaftaran Untuk mendaftar, calon mahasiswa disyaratkan memiliki ijasah sarjana bidang ilmu yang secara khusus diatur oleh masing-masing Program Studi (Lihat Tabel Program Studi). INFORMASI

Lebih terperinci

PENGUMUMAN. Nomor : 018 / PENG / 2008 Tentang PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA FORMASI TAHUN 2008

PENGUMUMAN. Nomor : 018 / PENG / 2008 Tentang PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA FORMASI TAHUN 2008 PENGUMUMAN Nomor : 018 / PENG / 2008 Tentang PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA FORMASI TAHUN 2008 Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 44085/A4/KP/2008

Lebih terperinci

FORM KONSULTASI. 3. Catatan Konsultan :.. Yogyakarta,

FORM KONSULTASI. 3. Catatan Konsultan :.. Yogyakarta, FORM KONSULTASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN ========================================================================== 1. Program Studi :.. 2. Identitas Calon

Lebih terperinci

PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR DINAS PENDIDIKAN JL. Gentengkali 33 Surabaya, /Fax.(031) ,

PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR DINAS PENDIDIKAN JL. Gentengkali 33 Surabaya, /Fax.(031) , PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR DINAS PENDIDIKAN JL. Gentengkali 33 Surabaya, /Fax.(031) 5302706-09, 8439914 Surabaya, 16 Februari 2015 Nomor : 900/1074/103.07/2015 Sifat : Segera Lamp. : 1 (satu) berkas

Lebih terperinci

PANDUAN PENDAFTARAN PENERIMAAN MAHASISWA JALUR MANDIRI (PMJM) UJIAN TULIS KETERAMPILAN/WAWANCARA TAHAP II

PANDUAN PENDAFTARAN PENERIMAAN MAHASISWA JALUR MANDIRI (PMJM) UJIAN TULIS KETERAMPILAN/WAWANCARA TAHAP II PANDUAN PENDAFTARAN PENERIMAAN MAHASISWA JALUR MANDIRI (PMJM) UJIAN TULIS KETERAMPILAN/WAWANCARA TAHAP II PANITIA PENERIMAAN MAHASISWA JALUR MANDIRI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA TAHUN 2011 Perhatian

Lebih terperinci

Pengakuan Pengalaman Kerja dan Hasil Belajar (PPKHB) akan ditetapkan pada awal semester sebelum registrasi akademik dilakukan.

Pengakuan Pengalaman Kerja dan Hasil Belajar (PPKHB) akan ditetapkan pada awal semester sebelum registrasi akademik dilakukan. PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR SELEKSI MANDIRI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (SM-UPI) DUAL MODE PROGRAM S-1 KEPENDIDIKAN BAGI GURU DALAM JABATAN BAGI GURU PAUD, SD DAN SEDERAJAT TAHUN AKADEMIK

Lebih terperinci

PENGUMUMAN PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL KOPERTIS WILAYAH II. Tahun 2014

PENGUMUMAN PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL KOPERTIS WILAYAH II. Tahun 2014 PENGUMUMAN PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL KOPERTIS WILAYAH II Tahun 2014 INFORMASI UMUM Pendaftaran dibuka bagi pelamar umum untuk mengisi kebutuhan tenaga sebagai berikut ( Program Studi yang dibutuhkan

Lebih terperinci

FORM KONSULTASI. Yogyakarta,

FORM KONSULTASI. Yogyakarta, FORM KONSULTASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN ========================================================================== 1. Program Studi :.. 2. Identitas Calon

Lebih terperinci

FORMULIR PENDAFTARAN MAHASISWA BARU ANGKATAN XIII TAHUN 2015/2016

FORMULIR PENDAFTARAN MAHASISWA BARU ANGKATAN XIII TAHUN 2015/2016 FORMULIR PENDAFTARAN MAHASISWA BARU ANGKATAN XIII TAHUN 2015/2016 NAMA : PRODI: 2015 KELENGKAPAN PERMOHONAN BACALAH INFORMASI DI BAWAH INI SEBELUM ANDA MENGISI FORMULIR 1. Kalender Akademik Penerimaan

Lebih terperinci

Pengakuan Pengalaman Kerja dan Hasil Belajar (PPKHB) akan ditetapkan pada awal semester sebelum registrasi akademik dilakukan.

Pengakuan Pengalaman Kerja dan Hasil Belajar (PPKHB) akan ditetapkan pada awal semester sebelum registrasi akademik dilakukan. PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR SELEKSI MANDIRI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (SM-UPI) DUAL MODE PROGRAM S-1 KEPENDIDIKAN BAGI GURU DALAM JABATAN BAGI GURU PAUD, SD, SMP, SMA, SMK DAN SEDERAJAT

Lebih terperinci

PANDUAN PESERTA SELEKSI MANDIRI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (SM-UPI) TAHUN 2014

PANDUAN PESERTA SELEKSI MANDIRI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (SM-UPI) TAHUN 2014 PANDUAN PESERTA SELEKSI MANDIRI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (SM-UPI) TAHUN 2014 A. TUJUAN Seleksi Mandiri Universitas Pendidikan Indonesia (SM-UPI) bertujuan untuk memperoleh calon mahasiswa unggul

Lebih terperinci

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM DIPLOMA IV TAHUN AKADEMIK 2014/2015

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM DIPLOMA IV TAHUN AKADEMIK 2014/2015 SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM DIPLOMA IV TAHUN AKADEMIK 2014/2015 JALUR IKATAN DINAS & TUGAS BELAJAR INSTANSI NON BPS Pengantar... 2 Ketentuan Jalur Ikatan Dinas... 3 Ketentuan Jalur Tugas

Lebih terperinci

FORMULIR LAMARAN PROGRAM DOKTOR

FORMULIR LAMARAN PROGRAM DOKTOR FORMULIR LAMARAN PROGRAM DOKTOR INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG Gedung CCAR Lantai IV Jl. Tamansari 64, Bandung 40116 Telp. +6222 251-1495, Fax. +6222 250-3659 e-mail: info_s3@pps.itb.ac.id website: http://www.sps.itb.ac.id

Lebih terperinci

KATA PENGANTAR. Bandung, 11 Juni Panitia SM-UPI 2015 Ketua Pelaksana, Dr. H. Agus Taufiq, M.Pd. NIP

KATA PENGANTAR. Bandung, 11 Juni Panitia SM-UPI 2015 Ketua Pelaksana, Dr. H. Agus Taufiq, M.Pd. NIP 1 KATA PENGANTAR Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tingggi,

Lebih terperinci

Lampiran : A. Latar Belakang

Lampiran : A. Latar Belakang Lampiran : PROGRAM PASCASARJANA PROGRAM STUDI KAJIAN KETAHANAN NASIONAL PEMINATAN KAJIAN PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN KEMENTERIAN PEMUDA DAN OLAHRAGA - UNIVERSITAS INDONESIA TAHUN 2012 A. Latar Belakang Kepemimpinan

Lebih terperinci

PETUNJUK PENDAFTARAN CALON MAHASISWA BARU

PETUNJUK PENDAFTARAN CALON MAHASISWA BARU PETUNJUK PENDAFTARAN CALON MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITASS SRIWIJAYA Daftar Isi PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DAFTAR ISI SRIWIJAYA PALEMBANG 2015 1 DAFTAR ISI Halaman Daftar Isi...

Lebih terperinci

FORM KONSULTASI. 3. Catatan Konsultan :.. Yogyakarta, Rev.2016

FORM KONSULTASI. 3. Catatan Konsultan :.. Yogyakarta, Rev.2016 Rev.2016 FORM KONSULTASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN ========================================================================== 1. Program Studi :.. 2. Identitas

Lebih terperinci

FORMULIR PENDAFTARAN MAHASISWA BARU PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN IPA TAHUN AKADEMIK 2015/2016

FORMULIR PENDAFTARAN MAHASISWA BARU PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN IPA TAHUN AKADEMIK 2015/2016 FORMULIR PENDAFTARAN MAHASISWA BARU PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN IPA TAHUN AKADEMIK 2015/2016 PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSUTAS MATARAM TAHUN 2015 INFORMASI DAN PERSYARATAN ADMINISTRASI 1. Membayar

Lebih terperinci