PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNJANI PROGRAM SARJANA DAN DIPLOMA-3 TAHUN 2016

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNJANI PROGRAM SARJANA DAN DIPLOMA-3 TAHUN 2016"

Transkripsi

1 PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNJANI PROGRAM SARJANA DAN DIPLOMA-3 TAHUN 2016 I. PENDAHULUAN Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) dilakukan secara online melalui web 1.1 Jalur Penerimaan Pada Tahun Akademik 2016/2017 UNJANI membuka Penerimaan Mahasiswa Baru melalui 4 (empat) jalur : a. Jalur PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan) b. Jalur Undangan c. Jalur Prestasi d. Jalur Ujian Saringan Masuk (USM) 1.2 Biaya Pendidikan Pembiayaan perkuliahan di Unjani terdiri dari : a. Biaya Pengembangan Universitas (BPU) dibayar hanya satu kali selama menempuh pendidikan di UNJANI. b. Sumbangan Pendidikan (SP) dibayar hanya satu kali selama menempuh pendidikan di UNJANI (khusus untuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Farmasi, dan Fakultas Psikologi). c. Sumbangan Pendidikan Tambahan (SPT) dibayar hanya satu kali selama menempuh pendidikan di UNJANI (khusus untuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Farmasi, dan Fakultas Psikologi). d. Biaya Pendukung (BP) dibayar hanya satu kali selama menempuh pendidikan di UNJANI. e. Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) dibayar setiap awal semester. f. Biaya Operasional Kuliah (BOK) dibayar setiap awal semester. BOK dihitung berdasarkan jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) mata kuliah dan Praktikum yang diambil dalam semester yang bersangkutan.

2 BPU, SP, dan SPT untuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi, Fakultas Farmasi, dan Fakultas Psikologi diperlihatkan dalam tabel-1. Tabel-1 Biaya Pengembangan Universitas (BPU), Sumbangan Pendidikan (SP), dan Sumbangan Pendidikan Tambahan (SPT) untuk Prodi Pendidikan Dokter, Prodi Pendidikan Dokter Gigi, Prodi Farmasi dan prodi Psikologi *) Program Studi BPU (Rp) SP (Rp) SPT (Rp) Pendidikan Dokter 130,000,000 45,000,000 kelipatan ,- Pendidikan Dokter Gigi 115,000,000 45,000,000 kelipatan ,- Farmasi 14,000,000 6,000,000 kelipatan ,- Psikologi 4,600,000 2,000,000 kelipatan ,- *) Catatan : Tarif dapat berubah sesuai SK Rektor terbaru Perincian biaya selengkapnya dapat diunduh dari 1.3 Ketentuan Umum Pendaftar a. Lulusan SMA/SMK/MA b. Fakultas Kedokteran hanya menerima pendaftar dari SMA/MA program IPA. c. Fakultas Teknik menerima pendaftar dari SMA/MA program IPA dan SMK yang sesuai. d. Fakultas MIPA menerima pendaftar dari SMA/MA program IPA dan SMK yang sesuai, kecuali Program Studi Informatika menerima pendaftar dari semua program. e. Fakultas Farmasi menerima pendaftar dari SMA/MA program IPA dan SMK yang sesuai. f. Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) & Fakultas Psikologi menerima pendaftar dari SMA/MA dan SMK semua program. g. Surat Keterangan Tidak Buta Warna bagi pendaftar program studi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi,

3 II. Farmasi, Psikologi, Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Metalurgi, Kimia, dan Informatika. (Akan dikonfirmasi ulang pada test kesehatan mahasiswa baru) h. Seleksi tahap 2 akan diberlakukan bagi pendaftar yang lulus seleksi akademik Jalur PMDK dan USM untuk Program Studi Pendidikan Dokter, Program Studi Pendidikan Dokter Gigi dan Program Studi Psikologi. Informasi selengkapnya dapat dilihat pada tabel-4. i. Pendaftar dari Keluarga Besar Angkatan Darat (KBAD)/ Keluarga Besar Unjani (KBU), harus mengisi dan menyerahkan Formulir KBAD/KBU. j. Pendaftaran dilakukan secara on-line melalui Internet pada Situs: dengan mengisi formulir pendaftaran online secara lengkap sampai mendapatkan Kode Referensi sesuai jalur pilihan. k. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp ,- untuk Jalur PMDK dan Jalur Prestasi; dan Rp untuk jalur USM. PERSYARATAN DAN TATA CARA PENDAFTARAN 2.1 JALUR PMDK a. Persyaratan 1. Pendaftar berstatus siswa kelas XII SMA/MA/SMK pada tahun ajaran 2015/ Nilai rapor rata-rata kelas X dan kelas XI untuk semua mata pelajaran seperti terlihat pada tabel-2. b. Tata Cara Pendaftaran 1. Mengisi formulir Pendaftaran secara online. 2. Menyerahkan bukti setoran biaya pendaftaran. 3. Menyerahkan Fotokopi Rapor kelas X dan kelas XI yang telah dilegalisir Kepala Sekolah. 4. Menyerahkan pasfoto berwarna dengan ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 (dua) lembar. 5. Menyerahkan fotokopi KTP atau Kartu Pelajar 6. Menyerahkan fotokopi Kartu Keluarga 7. Mengisi dan menyerahkan Formulir Surat Pernyataan orang tua/wali untuk mengikuti jalur PMDK.

4 c. Penilaian Penilaian jalur PMDK terdiri dari : 1. Nilai Rapor 2. Kualitas Sekolah/Kluster 3. Pertimbangan terhadap Keluarga Besar Angkatan Darat (KBAD) dan Keluarga Besar Unjani (KBU) Tabel-2 Rata-rata nilai rapor Jalur PMDK NO FAKULTAS PROGRAM STUDI 1 Teknik 2 Ekonomi 3 FISIP 4 MIPA Teknik Elektronika D-3 Teknik Elektro S-1 Teknik Kimia Teknik Sipil Teknik Mesin D-3 Teknik Mesin S-1 Teknik Industri Teknik Metalurgi Akuntansi Manajemen Ilmu Pemerintahan Ilmu Hub Internasional Hukum Kimia Informatika SYARAT NILAI RATA-RATA*) 78 5 Psikologi Psikologi 80 6 Farmasi Farmasi 80 7 Kedokteran Pendidikan Dokter Pendidikan Dokter Gigi 80

5 d. Fasilitas Jalur PMDK 1. Beasiswa berupa potongan 100% Biaya Pengembangan Universitas (BPU) untuk semua program studi, kecuali untuk Program Studi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi dan Program Studi Farmasi. 2. Bebas biaya Sumbangan Pendidikan (SP) sebesar Rp ,- untuk Program Studi Pendidikan Dokter dan Program Studi Pendidikan Dokter Gigi. 3. Bebas biaya Sumbangan Pendidikan (SP) sebesar Rp ,- untuk Program Studi Farmasi. 4. Bebas biaya Sumbangan Pendidikan (SP) sebesar Rp ,- untuk Program Studi Psikologi. 2.2 JALUR UNDANGAN a. Persyaratan 1. Berlaku untuk Program Studi Pendidikan Dokter, Program Studi Pendidikan Dokter Gigi dan Program Studi Farmasi. 2. Sebagian peserta jalur PMDK akan diundang oleh panitia PMB sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Undangan tersebut akan disampaikan bersamaan dengan pengumuman penerimaan jalur PMDK. b. Tata Cara Pendaftaran 1. Peserta PMDK yang dinyatakan berhak mengikuti jalur Undangan (sesuai pengumuman) harus mendaftarkan diri kembali di Jalur Undangan dengan membayar biaya pendaftaran Rp ,- 2. Mengisi dan menyerahkan : a) Formulir pendaftaran jalur undangan. b) Formulir Kesediaan membayar biaya Sumbangan Pendidikan (SP) sebesar Rp ,- dan Sumbangan Pendidikan Tambahan (SPT) sesuai yang tertera dalam formulir yang disediakan untuk Program Studi Pendidikan Dokter dan Program Studi Pendidikan Dokter Gigi.

6 c) Formulir Kesediaan membayar Biaya SP sebesar Rp ,- dan SPT sesuai yang tertera dalam formulir yang disediakan untuk program studi Farmasi. 2.3 JALUR PRESTASI a. Persyaratan 1. Berlaku bagi semua program studi, kecuali Program Studi Pendidikan Dokter, Program Studi Pendidikan Dokter Gigi, Program Studi Psikologi dan Program Studi Farmasi. 2. Pendaftar berstatus siswa kelas XII pada tahun ajaran 2015/2016, lulusan tahun 2015 dan lulusan tahun Pernah memiliki prestasi rangking 10 besar di kelas X, atau kelas XI, atau kelas XII di SMA/SMK/MA (Prestasi Akademik) yang dinyatakan dengan surat keterangan Kepala Sekolah atau, 4. Selama di SMA/SMK/MA pernah memiliki prestasi dalam bidang olah raga, Kesenian, Lomba Karya Ilmiah (Kimia, Fisika, Matematika, Biologi, Ekonomi, Komputer dll) pada minimal tingkat Kota/Kabupaten yang dinyatakan surat keterangan Kepala Sekolah atau instansi pemberi sertifikat prestasi atau, 5. Memiliki nilai rata-rata Rapor semua mata pelajaran kelas X dan XI 75 bagi pendaftar yang berstatus siswa kelas XII pada tahun ajaran 2015/2016 atau, 6. Memiliki nilai rata-rata semua mata pelajaran di Rapor kelas X, XI dan kelas XII atau pada Ijazah SMA/SMK/MA 75 bagi pendaftar lulusan tahun 2015 dan sebelumnya. b. Tata Cara Pendaftaran 1. Mengisi formulir Pendaftaran secara online. 2. Menyerahkan : a) Bukti setoran biaya pendaftaran sebesar Rp ,- (seratus ribu rupiah). b) Fotokopi rapor kelas X, XI dan kelas XII yang telah dilegalisir Kepala Sekolah.

7 c) Surat keterangan rangking 10 besar yang telah dilegalisir Kepala Sekolah (untuk jalur prestasi Akademik) atau, d) Fotokopi sertifikat prestasi (seni/olahraga/lomba karya ilmiah) yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah atau instansi pemberi sertifikat prestasi, untuk pendaftar jalur prestasi non Akademik. e) Fotokopi Ijazah dan nilai yang telah dilegalisir Kepala Sekolah (bagi lulusan tahun 2014 dan sebelumnya). f) Pasfoto berwarna dengan ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 (dua ) lembar. g) Menyerahkan fotokopi KTP atau Kartu Pelajar h) Menyerahkan fotokopi Kartu Keluarga i) Formulir Surat Pernyataan orang tua/wali untuk mengikuti Jalur Prestasi. c. Fasilitas Jalur Prestasi Potongan 60% Biaya Pengembangan Universitas (BPU) 2.4 JALUR UJIAN SARINGAN MASUK (USM) a. Persyaratan 1. Lulus SMA/MA/SMK, tahun kelulusan tidak dibatasi, kecuali Program Studi Pendidikan Dokter dan Program Studi Pendidikan Dokter Gigi hanya menerima pendaftar berstatus siswa kelas XII pada tahun ajaran 2015/2016, lulusan tahun 2015 dan lulusan tahun Usia maksimum pada saat mendaftar adalah 22 tahun untuk Program Studi Pendidikan Dokter dan Program Studi Pendidikan Dokter Gigi. 3. Membayar biaya pendaftaran Rp ,-. Biaya pendaftaran TIDAK termasuk biaya Pemeriksaan Psikologi, Psikometrik dan Aptitude Test untuk Program Studi Psikologi, Program Studi Pendidikan Dokter dan Program Studi Pendidikan Dokter Gigi.

8 b. Tata Cara Pendaftaran 1. Mengisi formulir Pendaftaran secara online. 2. Menyerahkan : a) Fotokopi Ijazah dan nilai yang telah dilegalisir Kepala Sekolah atau surat keterangan dari sekolah bagi yang ijazahnya belum diterbitkan. b) Bukti setoran biaya pendaftaran sebesar Rp ,- (duaratus ribu rupiah). c) Pasfoto berwarna ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 (dua) lembar. d) Surat pernyataan Kesanggupan membayar BPU, SP dan SPT (khusus pendaftar Program Studi Pendidikan Dokter, Program Studi Pendidikan Dokter Gigi dan Program Studi Farmasi). e) Fotokopi bukti izin melanjutkan pendidikan di Indonesia dari Dikti dan Dirjen Keimigrasian bagi calon mahasiswa dari luar negeri (dapat menyusul). c. Kelompok Pilihan dan Mata Uji Kelompok Pilihan : 1. Kelompok IPA : Pilihan terhadap kombinasi maksimal dua program studi dari Fakultas Teknik, FMIPA, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Farmasi. 2. Kelompok IPS : Pilihan terhadap kombinasi maksimal dua program studi dari Fakultas Ekonomi, FISIP, dan Fakultas Psikologi. 3. Kelompok IPC : Pilihan terhadap kombinasi maksimal dua program studi dari kelompok IPA dan IPS. Kisi-kisi Mata Uji dan Kelompok Pilihan tabel-3. dapat dilihat pada

9 Mata Uji Kemampuan Dasar Kemampuan IPA Kemampuan IPS Tabel-3 Kisi-Kisi, Mata Uji dan kelompok Pilihan Kisi-Kisi Kelompok IPA IPS IPC Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris Fisika, Kimia, Biologi Geografi, Sejarah, Ekonomi III. BIAYA PENGEMBANGAN UNIVERSITAS (BPU) DAN SUMBANGAN PENDIDIKAN (SP) UNTUK PRODI PENDIDIKAN DOKTER, PRODI PENDIDIKAN DOKTER GIGI DAN PRODI FARMASI JALUR UJIAN SARINGAN MASUK (USM) *) 3.1 Program Studi Studi Pendidikan Dokter a. BPU sebesar Rp ,- dan SP sebesar Rp ,- untuk jalur USM periode Maret b. BPU sebesar Rp ,- dan SP Rp ,- ditambah SPT sebesar Rp ,- atau Rp ,-, Rp ,-...dst untuk jalur USM periode Mei c. BPU sebesar Rp ,- dan SP Rp ,- ditambah SPT sebesar Rp ,- atau Rp ,-, Rp ,-...dst untuk jalur USM periode untuk jalur USM periode Juni d. BPU sebesar Rp ,- dan SP Rp ,- ditambah SPT sebesar Rp ,- atau Rp ,-, Rp ,-...dst untuk jalur USM periode untuk jalur USM periode Juli Program Studi Pendidikan Dokter Gigi a. BPU sebesar Rp ,- dan SP sebesar Rp ,- untuk jalur USM periode Maret b. BPU sebesar Rp ,- dan SP sebesar Rp ,- ditambah SPT sebesar Rp ,-

10 atau Rp ,-, Rp ,-...dst untuk jalur USM periode Mei c. BPU sebesar Rp ,- dan SP sebesar Rp ,- ditambah SPT sebesar Rp ,- atau Rp ,-, Rp ,-...dst untuk jalur USM periode untuk jalur USM periode Juni d. BPU sebesar Rp ,- dan SP sebesar Rp ,- ditambah SPT sebesar Rp ,- atau Rp ,-, Rp ,-...dst untuk jalur USM periode untuk jalur USM periode Juli Program Studi Studi Farmasi a. BPU sebesar Rp ,- dan SP sebesar Rp ,- untuk jalur USM periode Maret b. BPU sebesar Rp ,- dan SP Rp ,- ditambah SPT sebesar Rp ,- atau Rp ,-, Rp ,-...dst untuk jalur USM periode Mei c. BPU sebesar Rp ,- dan SP Rp ,- ditambah SPT sebesar Rp ,- atau Rp ,-, Rp ,-...dst untuk jalur USM periode Juni d. BPU sebesar Rp ,- dan SP Rp ,- ditambah SPT sebesar Rp ,- atau Rp ,-, Rp ,-...dst untuk jalur USM periode untuk jalur USM periode Juli Program Studi Studi Psikologi a. BPU sebesar Rp ,- dan SP sebesar Rp ,- untuk jalur USM periode Maret b. BPU sebesar Rp ,- dan SP sebesar Rp ,- ditambah SPT sebesar Rp ,- atau Rp ,-, Rp ,-...dst untuk jalur USM periode Mei c. BPU sebesar Rp ,- dan SP sebesar Rp ,- ditambah SPT sebesar Rp ,- atau Rp ,-, Rp ,-...dst untuk jalur USM periode Juni 2016.

11 d. BPU sebesar Rp ,- dan SP sebesar Rp ,- ditambah SPT sebesar Rp ,- atau Rp ,-, Rp ,-...dst untuk jalur USM periode untuk jalur USM periode Juli *) Catatan : Tarif dapat berubah sesuai SK Rektor terbaru IV. SELEKSI TAHAP II Pendaftar jalur PMDK, dan USM untuk Program Studi Pendidikan Dokter, Program Studi Pendidikan Kedokteran Gigi dan Program Studi Psikologi yang dinyatakan lulus tes akademik, diwajibkan mengikuti Seleksi tahap II dengan jenis seleksi dan biaya seperti tercantum dalam tabel-4. Tabel-4 Seleksi Tahap II untuk Program Studi Pendidikan Dokter, Program Studi Pendidikan Dokter Gigi dan Program Studi Psikologi Program Studi Pendidikan Dokter Pendidikan Dokter Gigi Psikotest Seleksi Tahap II Psikometri Aptitude Test Biaya Rp ,- Rp ,- Psikologi Rp ,- V. PENYERAHAN BERKAS PENDAFTARAN 1. Berkas pendaftaran diserahkan secara langsung ke Sekretariat Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru Unjani 2016, atau 2. Berkas pendaftaran dikirimkan melalui Pos. VI. SEKRETARIAT PENDAFTARAN Alamat Sekretariat Pendaftaran Mahasiswa Baru UNJANI Kampus Cimahi Jl. Terusan Jenderal Sudirman PO.BOX. 148 Cimahi Telp /Fax :

12 Kampus Bandung Jl. Terusan Gatot Subroto Bandung Telp/Fax : VII. KUOTA JALUR PMDK DAN UNDANGAN Kuota jalur PMDK dan Undangan untuk Program Studi Pendidikan Dokter, Program Studi Pendidikan Dokter Gigi, Program Studi Psikologi dan Program Studi Farmasi ditetapkan berdasarkan kapasitas yang tersedia dengan perkiraan sebagai berikut : 7.1 Jalur PMDK a. Prodi Pendidikan Dokter : 10 % b. Prodi Pendidikan Dokter Gigi : 10 % c. Prodi Farmasi : 10 % d. Prodi Psikologi : 10 % 7.2 Jalur Undangan a. Prodi Pendidikan Dokter : 20 % b. Prodi Pendidikan Dokter Gigi : 20 % c. Prodi Farmasi : 20 % Total mahasiswa baru yang diterima untuk Program Studi di atas akan dipenuhi dari jalur Ujian Saringan Masuk (USM). VIII. SELEKSI DAN PENGUMUMAN 1. Seleksi dilakukan berdasarkan prestasi terbaik sesuai daya tampung program studi yang dipilih. 2. Hasil akhir penerimaan mahasiswa ditentukan berdasar hal berikut: a. Untuk Program Studi Pendidikan Dokter: penggabungan nilai tes akademik, psikotes dan psikometri. b. Untuk Pendidikan Kedokteran Gigi: penggabungan nilai tes akademik, psikometrik dan aptitude test. c. Untuk Program Studi Psikologi: penggabungan nilai tes akademik dan Psikotes.

13 3. Peserta yang dinyatakan diterima sebagai mahasiswa untuk semua Program Studi akan diumumkan melalui : a. Internet di situs b. Papan Pengumuman di Sekretariat Pendaftaran Unjani IX. JADWAL KEGIATAN 9.1 Jalur PMDK a. Pendaftaran, tanggal 7 Desember 2015 s.d. 22 Januari b. Pengumuman Lulus Tes Akademik, tanggal 10 Februari c. Pemeriksaan Psikotest, Psikometrik dan Aptitude Test tanggal Februari 2016 (Program Studi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi dan Psikologi). d. Pengumuman Hasil Saringan PMDK tanggal 23 Februari 2016 (Program Studi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi dan Psikologi). e. Registrasi untuk menjadi mahasiswa baru selain Program Studi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi dan Psikologi, tanggal 10 Februari s.d. 4 Maret f. Registrasi untuk menjadi mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi dan Psikologi, tanggal 24 Februari s.d. 4 Maret Jalur Undangan a. Pengumuman jalur undangan untuk Program Studi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi dan Farmasi akan disampaikan bersamaan dengan pengumuman hasil saringan PMDK tanggal 23 Februari b. Pendaftaran jalur undangan untuk Program Studi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi dan Farmasi tanggal 24 s.d. 29 Februari c. Hasil Penerimaan jalur undangan tanggal 2 Maret d. Registrasi jalur undangan tanggal 3 11 Maret 2016.

14 9.3 Jalur Prestasi a. Seleksi dilaksanakan secara periodik sepanjang masa pendaftaran. b. Jadwal pendaftaran dan pengumuman Jalur Prestasi disesuaikan dengan periode pelaksanaan Jalur USM. 9.4 Jalur Ujian Saringan Masuk (USM)*) a. Periode Maret 1. Pendaftaran tanggal 7 Desember 2015 s.d. 3 Maret Ujian Seleksi dilakukan tanggal 6 Maret 2016 di Kampus Cimahi 3. Pengumuman hasil tes akademik tanggal 8 Maret Pemeriksaan Psikotes, psikometri, dan aptitude test tanggal Maret (Program Studi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi dan Psikologi). 5. Pengumuman hasil seleksi tanggal 22 Maret (Program Studi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi dan Psikologi). 6. Registrasi untuk mahasiswa baru, selain Program Studi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi dan Psikologi tanggal 10 s.d. 31 Maret Registrasi untuk menjadi mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi dan Psikologi tanggal 23 Maret s.d. 5 April b. Periode Mei 1. Pendaftaran tanggal 7 Maret 2016 s.d. 5 Mei Ujian Seleksi tanggal 8 Mei 2016 di kampus Cimahi. 3. Pengumuman hasil tes akademik tanggal 10 Mei Pemeriksaan Psikotes, psikometri, dan aptitude test tanggal Mei (Program Studi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi dan Psikologi).

15 5. Pengumuman hasil seleksi tanggal 24 Mei 2016 (Program Studi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi dan Psikologi). 6. Registrasi untuk menjadi mahasiswa baru selain Program Studi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi dan Psikologi tanggal 11 s.d. 27 Mei Registrasi untuk menjadi mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi dan Psikologi tanggal 25 Mei s.d. 3 Juni c. Periode Juni 1. Pendaftaran tanggal 9 Mei 2016 s.d. 2 Juni Ujian Seleksi tanggal 5 Juni 2016 di kampus Cimahi 3. Pengumuman hasil tes akademik tanggal 7 Juni Pemeriksaan Psikotes, psikometri, dan aptitude test tanggal Juni (Program Studi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi dan Psikologi). 5. Pengumuman hasil seleksi tanggal 21 Juni 2016 (Program Studi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi dan Psikologi). 6. Registrasi untuk menjadi mahasiswa baru selain Program Studi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi dan Psikologi tanggal 8 s.d. 24 Juni Registrasi untuk menjadi mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi dan Psikologi tanggal 22 s.d. 30 Juni d. Periode Juli 1. Pendaftaran tanggal 6 Juni 2016 s.d. 21 Juli Ujian Seleksi tanggal 24 Juli Pengumuman hasil tes akademik tanggal 26 Juli Pemeriksaan Psikotes, psikometri, dan aptitude test tanggal Juli (Program Studi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi dan Psikologi)

16 5. Pengumuman hasil seleksi tanggal 9 Agustus 2016 (Program Studi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi dan Psikologi) 6. Registrasi untuk menjadi mahasiswa baru selain Program Studi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi dan Psikologi tanggal 26 Juli 2016 s.d. 5 Agustus Registrasi untuk menjadi mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi dan Psikologi tanggal 10 s.d. 19 Agustus e. Periode Agustus (kecuali Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi dan Fakultas Farmasi) 1. Pendaftaran tanggal 25 Juli 2016 s.d. 11 Agustus Ujian Seleksi tanggal 14 Agustus Pengumuman hasil tes akademik tanggal 16 Agustus Registrasi tanggal 18 s.d. 20 Agustus *) Jika diperlukan, perubahan Jadwal USM akan diinformasikan melalui internet di X. FASILITAS KELUARGA BESAR ANGKATAN DARAT (KBAD) ATAU KELUARGA BESAR UNJANI (KBU). Pendaftar yang berasal dari KBAD/KBU dapat mengikuti program penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UNJANI melalui jalur PMDK, Jalur Undangan, Jalur Prestasi atau Jalur USM. Definisi KBAD adalah anak/istri/suami yang sah dari anggota TNI-AD atau Pegawai Negeri Sipil TNI-AD baik yang masih aktif maupun sudah pensiun. Definisi KBU adalah anak/istri/suami yang sah dari pegawai Unjani yang masih aktif maupun yang sudah pensiun. Fasilitas untuk KBAD/KBU : a. Bebas biaya Pendaftaran untuk jalur PMDK, Jalur Undangan, jalur Prestasi dan jalur USM. b. Mendapat potongan 20% Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) per semester selama mengikuti kuliah di UNJANI.

17 XI. PERSYARATAN DAN KETENTUAN REGISTRASI Peserta yang dinyatakan LULUS SELEKSI diwajibkan melaksanakan Registrasi dengan menyerahkan : 1. Fotokopi Bukti Pembayaran Biaya Pendidikan 2. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) atau Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) dari Sekolah. 3. Surat Keterangan Tidak Buta Warna bagi pendaftar program studi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi, Farmasi, Psikologi, Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Metalurgi, Kimia, dan Informatika. 4. Fotocopi Ijazah/Surat Keterangan Lulus SMA/MA/SMK yang telah dilegalisir Kepala Sekolah sebanyak 1 (satu) lembar. 5. Pasfoto berwarna ukuran 2 x 3 cm dan 3 x 4 cm masingmasing sebanyak 2 (dua) lembar. 6. Formulir pernyataan orangtua yang ditandatangani di atas materai. XII. PEMBAYARAN Semua pembayaran Biaya Pendidikan ditransfer ke : Bank BNI Cabang Cimahi No. Rekening : atas nama Yayasan Kartika Eka Paksi. XIII. KETENTUAN PENGEMBALIAN BIAYA PENDIDIKAN Ketentuan pengembalian biaya pendidikan bagi mahasiswa baru yang telah melaksanakan registrasi, dan kemudian mengundurkan diri adalah sebagai berikut : 1. Mengundurkan diri karena alasan diterima di Perguruan Tinggi Negeri melalui Jalur Undangan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2016 atau Jalur Ujian Tulis SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) tahun 2016, dan BUKAN jalur mandiri yang diselenggarakan masing-masing PTN : a. Pada pelaporan pengunduran diri yang dilakukan tidak lebih dari 7 hari sejak diumumkannya hasil Jalur Undangan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2015 atau Jalur Ujian Tulis SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi

18 Negeri) tahun 2016, angsuran pertama yang telah diserahkan akan dikembalikan 80%. b. Pada pelaporan pengunduran diri pada hari ke 8 dan seterusnya sejak diumumkan hasil Jalur Undangan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2016 atau Jalur Ujian Tulis SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) tahun 2015, semua angsuran yang telah diserahkan tidak dikembalikan. 2. Mengundurkan diri karena alasan diterima di Sekolah Kedinasan tahun 2016 : a. Pengunduran diri karena alasan diterima di Sekolah kedinasan berlaku sampai AKHIR JULI b. Pada pelaporan pengunduran diri yang dilakukan tidak lebih dari 7 hari sejak diumumkannya hasil seleksi akhir Sekolah Kedinasan sesuai poin 2.a, angsuran pertama yang telah diserahkan akan dikembalikan 80%. c. Pada pelaporan pengunduran diri pada hari ke 8 dan seterusnya sejak diumumkannya hasil seleksi akhir Sekolah Kedinasan sesuai poin 2.a, semua angsuran yang telah diserahkan tidak dikembalikan. 3. Mereka yang mengundurkan diri di luar alasan tersebut di atas tidak mendapat pengembalian biaya. XIV. PROSEDUR PELAPORAN PENGUNDURAN DIRI 1. Mengajukan surat pengunduran diri kepada Rektor up. Ketua Panitia PMB UNJANI 2. Melampirkan bukti diterima di Jalur Undangan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2016 atau Jalur Ujian Tulis SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) tahun 2016 atau ujian Sekolah Kedinasan berupa pengumuman di Koran asli (bukan fotokopi). 3. Melampirkan Fotokopi Kartu Peserta Jalur Undangan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2016 atau Jalur Ujian Tulis SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) tahun 2016 atau Sekolah Kedinasan tahun 2016.

19 4. Melampirkan bukti pembayaran asli yang telah dibayarkan ke UNJANI saat Registrasi 5. Melampirkan Kartu Tanda Registrasi (KTR) yang asli dari UNJANI XV. LAIN-LAIN 1. Pendaftar yang tidak lulus pada ujian Nasional (UN), akan tetapi lulus seleksi di Unjani, diberi kesempatan sampai lulus pada ujian persamaan tahun Jika pada ujian persamaan tetap dinyatakan tidak lulus, maka pendaftar tersebut dinyatakan gugur dan kewajiban yang sudah dibayarkan ke Universitas Jenderal Achmad Yani tidak dikembalikan. 2. Unjani menerima mahasiswa pindahan dan lanjutan (D-3 ke S-1 atau S.1 ke Profesi). Syarat dan ketentuan mengenai mahasiswa pindahan dan lanjutan dapat diperoleh langsung di Fakultas terkait. 3. Mereka yang telah dinyatakan diterima sebagai mahasiswa di prodi yang mensyaratkan TIDAK BUTA WARNA ternyata saat dilakukan konfirmasi terbukti BUTA WARNA, maka status kemahasiswaan yang bersangkutan dicabut dan kewajiban yang sudah dibayarkan ke Universitas Jenderal Achmad Yani hanya dikembalikan 80%. 4. Jika dikemudian hari ternyata diketahui bahwa mahasiswa baru yang telah dinyatakan diterima di Unjani melakukan kecurangan saat melakukan ujian saringan masuk di Unjani (misalnya kasus perjokian, dll), maka status kemahasiswaan yang bersangkutan dicabut dan kewajiban yang sudah dibayarkan ke Universitas Jenderal Achmad Yani tidak dikembalikan.

20 XVI. PENUTUP Panduan Penerimaan Mahasiswa Baru UNJANI tahun 2016 ini menjadi pedoman, baik bagi para calon mahasiswa baru Unjani maupun bagi panitia PMB UNJANI. Cimahi, Desember 2015 Rektor UNJANI TTD Prof. Dr. Bambang Sutjiatmo NID

21 LAMPIRAN DAFTAR PROGRAM STUDI SARJANA (S-1) DAN DIPLOMA (D-3) UNIVERSITAS JENDERAL ACHMAD YANI NO FAKULTAS PROGRAM STUDI Jenjang Teknik Elektronika D-3 Teknik Elektro S-1 Teknik Kimia S-1 1 Teknik Teknik Sipil S-1 Teknik Mesin D-3 Teknik Mesin S-1 Teknik Industri S-1 Teknik Metalurgi S-1 2 Ekonomi Akuntansi S-1 Manajemen S-1 Ilmu Pemerintahan S-1 3 FISIP Ilmu Hub Internasional S-1 Hukum*) S-1 4 MIPA Kimia S-1 Informatika S-1 5 Psikologi Psikologi S-1 6 Farmasi Farmasi S-1 7 Kedokteran Pendidikan Dokter S-1 Pendidikan Dokter Gigi S-1 *) Prodi baru, keterangan lebih lanjut di

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNJANI PROGRAM SARJANA DAN DIPLOMA-3 TAHUN 2015

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNJANI PROGRAM SARJANA DAN DIPLOMA-3 TAHUN 2015 I. PENDAHULUAN PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNJANI PROGRAM SARJANA DAN DIPLOMA-3 TAHUN 2015 Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) dilakukan secara online melalui web

Lebih terperinci

TATA CARA / INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS HANG TUAH TAHUN AKADEMIK 2016/2017 PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA

TATA CARA / INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS HANG TUAH TAHUN AKADEMIK 2016/2017 PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA TATA CARA / INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS HANG TUAH TAHUN AKADEMIK 2016/2017 PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA A. JALUR MASUK MAHASISWA BARU Sistem rekrutmen mahasiswa baru UHT dilakukan melalui

Lebih terperinci

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU ITENAS SPMB ITENAS TAHUN 2014

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU ITENAS SPMB ITENAS TAHUN 2014 SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA ARU ITENAS SPM ITENAS TAHUN 2014 SALAM ITENAS Selamat Datang Calon Mahasiswa aru Itenas Angkatan 2014. Kampus Itenas mengumumkan penyelenggaraan Seleksi Penerimaan Mahasiswa

Lebih terperinci

PANDUAN SELEKSI CALON MAHASISWA PROGRAM NON REGULER/EKSTENSI DAN PROGRAM DIPLOMA TAHAP II (PERIODE JULI AGUSTUS) 2014

PANDUAN SELEKSI CALON MAHASISWA PROGRAM NON REGULER/EKSTENSI DAN PROGRAM DIPLOMA TAHAP II (PERIODE JULI AGUSTUS) 2014 PANDUAN SELEKSI CALON MAHASISWA PROGRAM NON REGULER/EKSTENSI DAN PROGRAM DIPLOMA TAHAP II (PERIODE JULI AGUSTUS) 2014 PANITIA SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS UDAYANA 2014 1 KATA PENGANTAR

Lebih terperinci

TATA CARA / INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU GELOMBANG III UNIVERSITAS HANG TUAH TAHUN AKADEMIK 2015/2016 PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA

TATA CARA / INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU GELOMBANG III UNIVERSITAS HANG TUAH TAHUN AKADEMIK 2015/2016 PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA TATA CARA / INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU GELOMBANG III UNIVERSITAS HANG TUAH TAHUN AKADEMIK 2015/2016 PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA A. JALUR MASUK MAHASISWA BARU Sistem rekrutmen mahasiswa baru UHT

Lebih terperinci

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM DIPLOMA IV TAHUN AKADEMIK 2014/2015

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM DIPLOMA IV TAHUN AKADEMIK 2014/2015 SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM DIPLOMA IV TAHUN AKADEMIK 2014/2015 JALUR IKATAN DINAS & TUGAS BELAJAR INSTANSI NON BPS Pengantar... 2 Ketentuan Jalur Ikatan Dinas... 3 Ketentuan Jalur Tugas

Lebih terperinci

PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM JALUR BEBAS TES (JBT) PERIODE II TAHUN AKADEMIK 2017/2018

PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM JALUR BEBAS TES (JBT) PERIODE II TAHUN AKADEMIK 2017/2018 PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM JALUR BEBAS TES (JBT) PERIODE II TAHUN AKADEMIK 2017/2018 Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya pada membuka Penerimaan Mahasiswa Baru Program Jalur Bebas Tes

Lebih terperinci

STATUS AKREDITASI. dibaptis secara Katolik. dan Bahasa Bimbingan dan Konseling Berakreditasi IPA, IPS, Bahasa, SMK Pendidikan Guru SD Berakreditasi

STATUS AKREDITASI. dibaptis secara Katolik. dan Bahasa Bimbingan dan Konseling Berakreditasi IPA, IPS, Bahasa, SMK Pendidikan Guru SD Berakreditasi PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM JALUR BEBAS TES UJIAN NASIONAL (JBT UN) TAHUN AKADEMIK 2015/2016 Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya pada Tahun Akademik 2015/2016 membuka Penerimaan Mahasiswa

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN PERSYARATAN SELEKSI CALON MAHASISWA PROGRAM NON REGULER/EKSTENSI DAN PROGRAM DIPLOMA

BUKU PANDUAN PERSYARATAN SELEKSI CALON MAHASISWA PROGRAM NON REGULER/EKSTENSI DAN PROGRAM DIPLOMA BUKU PANDUAN PERSYARATAN SELEKSI CALON MAHASISWA PROGRAM NON REGULER/EKSTENSI DAN PROGRAM DIPLOMA PANITIA UNIVERSITAS UDAYANA 2012 1 KATA PENGANTAR Buku Panduan ini disusun untuk memberikan informasi tentang

Lebih terperinci

Panduan Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Kristen Indonesia Tahun Akademik 2017/2018

Panduan Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Kristen Indonesia Tahun Akademik 2017/2018 Panduan Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Kristen Indonesia Tahun Akademik 2017/2018 1. Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UKI Tahun Akademik 2017/2018 berlangsung

Lebih terperinci

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM DIPLOMA IV TAHUN AKADEMIK 2013/2014

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM DIPLOMA IV TAHUN AKADEMIK 2013/2014 SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM DIPLOMA IV TAHUN AKADEMIK 2013/2014 JALUR IKATAN DINAS & TUGAS BELAJAR INSTANSI NON BPS Pengantar... 2 Ketentuan Jalur Ikatan Dinas... 3 Ketentuan Jalur Tugas

Lebih terperinci

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIDKAN TINGGI UNIVERSITAS DIPONEGORO PENGUMUMAN

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIDKAN TINGGI UNIVERSITAS DIPONEGORO PENGUMUMAN KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIDKAN TINGGI UNIVERSITAS DIPONEGORO Jalan Prof. H. Soedarto, S.H. Tembalang Semarang Kotak Pos 1269 Telp: (024) 7460020 Fax: (024) 7460013 laman : undip.ac.id PENGUMUMAN

Lebih terperinci

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI (PMDP) POLITEKNIK KESEHATAN SEMARANG TAHUN AKADEMIK 2012/2013

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI (PMDP) POLITEKNIK KESEHATAN SEMARANG TAHUN AKADEMIK 2012/2013 SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI (PMDP) POLITEKNIK KESEHATAN SEMARANG TAHUN AKADEMIK 2012/2013 Dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan tenaga kesehatan yang bermutu

Lebih terperinci

Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) Program Diploma IV Tahun Akademik 2012/2013. Pengantar

Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) Program Diploma IV Tahun Akademik 2012/2013. Pengantar SELEKS SI PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM DIPLOMA IV TAHUN AKADEM MIK 2012/2013 JALUR UM UM IKATAN DINASS & TUGAS BELAJAR INSTANSI NON BPS B Pengantar... 2 Ketentuan Jalur Umum Ikatann Dinas... 3 Ketentuan

Lebih terperinci

PANDUAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR MANDIRI POLITEKNIK KESEHATAN SEMARANG TAHUN AKADEMIK 2012/2013

PANDUAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR MANDIRI POLITEKNIK KESEHATAN SEMARANG TAHUN AKADEMIK 2012/2013 PANDUAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR MANDIRI POLITEKNIK KESEHATAN SEMARANG TAHUN AKADEMIK 2012/2013 LATAR BELAKANG Tujuan Pendidikan Tenaga Kesehatan adalah untuk menghasilkan tenaga kesehatan

Lebih terperinci

PANDUAN PESERTA USM 2011 UNIVERSITAS SRIWIJAYA PANITIA PELAKSANA

PANDUAN PESERTA USM 2011 UNIVERSITAS SRIWIJAYA PANITIA PELAKSANA PANDUAN PESERTA USM 2011 UNIVERSITAS SRIWIJAYA PANITIA PELAKSANA PENGANTAR Buku panduan ini disusun untuk menyampaikan informasi dan petunjuk mengenai segala sesuatu yang berkenaan dengan Ujian Saringan

Lebih terperinci

PENGUMUMAN. Nomor : 36/ UN7.P1/ PENG/ 2016 TENTANG

PENGUMUMAN. Nomor : 36/ UN7.P1/ PENG/ 2016 TENTANG KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIDKAN TINGGI UNIVERSITAS DIPONEGORO Jalan Prof. H. Soedarto, S.H. Tembalang Semarang Kotak Pos 1269 Telp: (024) 7460020 Fax: (024) 7460013 laman : undip.ac.id PENGUMUMAN

Lebih terperinci

Peserta yang diterima sebagai calon mahasiswa baru adalah mereka yang lulus seleksi tahap I, II

Peserta yang diterima sebagai calon mahasiswa baru adalah mereka yang lulus seleksi tahap I, II SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI (PMDP) PROGRAM DIPLOMA KESEHATAN POLITEKNIK KESEHATAN SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2012 / 2013 Memasuki tahun akademik baru 2012/2013

Lebih terperinci

PEDOMAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR REGULER PMDP (PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI) POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018

PEDOMAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR REGULER PMDP (PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI) POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018 PEDOMAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR REGULER PMDP (PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI) POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018 A. Seleksi PMDP Sipenmaru Jalur Reguler PMDP adalah

Lebih terperinci

YAYASAN PENDIDIKAN DAYANG SUMBI INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL

YAYASAN PENDIDIKAN DAYANG SUMBI INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL KEPUTUSAN REKTOR Nomor: 209/N.07/Rektorat/Itenas/XII/2015 Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Institut Teknologi Nasional Tahun Akademik 2016/2017 REKTOR Memperhatikan: Hasil rapat Pimpinan Institut Teknologi

Lebih terperinci

PROGRAM SELEKSI JALUR PMDP

PROGRAM SELEKSI JALUR PMDP SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI (PMDP) PROGRAM DIPLOMA III KESEHATAN POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SEMARANG TAHUN AKADEMIK 2011/2012 Dalam rangka mewujudkan tujuan

Lebih terperinci

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR UMUM DAN JALUR MANDIRI POLITEKNIK KESEHATAN SEMARANG TAHUN AKADEMIK 2012/2013

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR UMUM DAN JALUR MANDIRI POLITEKNIK KESEHATAN SEMARANG TAHUN AKADEMIK 2012/2013 SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR UMUM DAN JALUR MANDIRI POLITEKNIK KESEHATAN SEMARANG TAHUN AKADEMIK 2012/2013 Tujuan Pendidikan Tenaga Kesehatan adalah untuk menghasilkan tenaga yang professional

Lebih terperinci

INFORMASI AWAL SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2011 JALUR UNDANGAN & JALUR UJIAN TERTULIS/KETERAMPILAN

INFORMASI AWAL SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2011 JALUR UNDANGAN & JALUR UJIAN TERTULIS/KETERAMPILAN INFORMASI AWAL SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2011 JALUR UNDANGAN & JALUR UJIAN TERTULIS/KETERAMPILAN PANITIA PELAKSANA SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI TAHUN

Lebih terperinci

KERANGKA ACUAN PROGRAM BEASISWA PRESTASI ASTRA

KERANGKA ACUAN PROGRAM BEASISWA PRESTASI ASTRA KERANGKA ACUAN PROGRAM BEASISWA PRESTASI ASTRA POLITEKNIK MANUFAKTUR ASTRA TAHUN AKADEMIK 2014/2015 Kampus: Komplek Astra International Gedung B Jl. Gaya Motor Raya No. 8 Sunter II, Jakarta Utara 14330

Lebih terperinci

PANDUAN PERSYARATAN SELEKSI CALON MAHASISWAREGULER BER-SKS

PANDUAN PERSYARATAN SELEKSI CALON MAHASISWAREGULER BER-SKS PANDUAN PERSYARATAN SELEKSI CALON MAHASISWAREGULER BER-SKS PANITIA PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS UDAYANA TAHUN 2014 KATA PENGANTAR Panduan ini disusun untuk memberikan informasi tentang sistem

Lebih terperinci

SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) yang mempunyai NPSN dan telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.

SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) yang mempunyai NPSN dan telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar. Ketentuan Umum - SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/SMK/MA atau sederajat

Lebih terperinci

POLA SELEKSI UII. Membayar Biaya Pendaftaran ke Bank atau kepada petugas di lokasi penyelenggaraan CBT.

POLA SELEKSI UII. Membayar Biaya Pendaftaran ke Bank atau kepada petugas di lokasi penyelenggaraan CBT. POLA SELEKSI UII CBT adalah pola seleksi melalui Ujian Potensi Calon Mahasiswa (UPCM) yang diselenggarakan dengan menggunakan komputer. Calon dapat memilih maksimal dua pilihan program studi. Tes dilaksanakan

Lebih terperinci

KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ISLAM NAHDLATUL ULAMA JEPARA NOMOR : 175/SK/UNISNU/XII/2014 TENTANG

KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ISLAM NAHDLATUL ULAMA JEPARA NOMOR : 175/SK/UNISNU/XII/2014 TENTANG KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ISLAM NAHDLATUL ULAMA JEPARA NOMOR : 175/SK/UNISNU/XII/2014 TENTANG PEDOMAN PELAKSANAAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2015/2016 Bismillahirrahmanirrahim REKTOR UNIVERSITAS

Lebih terperinci

PANITIA SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SPMB) UNIVERSITAS SEBELAS MARET

PANITIA SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SPMB) UNIVERSITAS SEBELAS MARET 1 REVISI 16 Des 09 INFORMASI SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2008 UNIVERSITAS SEBELAS MARET (UNS SOLO) PROGRAM DIPLOMA 3 DAN DIPLOMA 4 PANITIA SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SPMB) UNIVERSITAS SEBELAS

Lebih terperinci

Universitas Nusa Cendana

Universitas Nusa Cendana 1. TUJUAN Menjamin tata cara pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru secara terstandar di semua unit pelaksana dari tingkat universitas sampai program studi (prodi) didukung sistem manajemen yang terpadu.

Lebih terperinci

Panduan Rekrutment Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2016/2017

Panduan Rekrutment Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2016/2017 Panduan Rekrutment Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2016/2017 Biro Humas dan Pemasaran Universitas Kristen Indonesia Jakarta, 10 Oktober 2015 Panduan Rekrutmen Mahasiswa Baru Universitas Kristen Indonesia

Lebih terperinci

PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI, KEBIDANAN DAN KESEHATAN LINGKUNGAN POLITEKNIK BANJARNEGARA TAHUN AKADEMIK

PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI, KEBIDANAN DAN KESEHATAN LINGKUNGAN POLITEKNIK BANJARNEGARA TAHUN AKADEMIK PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI, KEBIDANAN DAN KESEHATAN LINGKUNGAN POLITEKNIK BANJARNEGARA TAHUN AKADEMIK 2014/2015 Melalui PROGRAM PENELUSURAN MINAT DAN KEMAMPUAN (PMDK) I. Program

Lebih terperinci

PANDUAN PELAKSANAAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU) POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA JALUR UJIAN TULIS TAHUN AKADEMIK 2015/2016

PANDUAN PELAKSANAAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU) POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA JALUR UJIAN TULIS TAHUN AKADEMIK 2015/2016 ` PANDUAN PELAKSANAAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU) POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA JALUR UJIAN TULIS TAHUN AKADEMIK 2015/2016 POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN 2015 PANDUAN PELAKSANAAN

Lebih terperinci

PANDUAN PELAKSANAAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU) DIKNAKES POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2014/2015

PANDUAN PELAKSANAAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU) DIKNAKES POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2014/2015 PANDUAN PELAKSANAAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU) DIKNAKES POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2014/2015 A. Persyaratan Sipenmaru Diknakes 1. Persyaratan Jalur Uji Tulis a. Lulusan

Lebih terperinci

BAB 3. Proses Bisnis dan Metodologi Penelitian

BAB 3. Proses Bisnis dan Metodologi Penelitian BAB 3 Proses Bisnis dan Metodologi Penelitian 3.1 Proses PMB PMB di STIFAR Yayasan Pharmasi Semarang dibagi menjadi 3 jalur, yaitu Jalur Prestasi Akademik, Jalur Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga, Seni,

Lebih terperinci

LAMPIRAN II KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ANDALAS

LAMPIRAN II KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ANDALAS LAMPIRAN II KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ANDALAS NOMOR : 755/XIV/A/Unand-2016 TANGGAL : 31 Juli 2016 TENTANG : TATA CARA PENDAFTARAN CALON MAHASISWA BARU UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN AKADEMIK 2016/2017 MELALUI

Lebih terperinci

UANG KULIAH ANGKATAN 2016 TAHUN AKADEMIK 2016/2017

UANG KULIAH ANGKATAN 2016 TAHUN AKADEMIK 2016/2017 UANG KULIAH ANGKATAN 2016 TAHUN AKADEMIK 2016/2017 (dibayarkan pada awal tahun ajaran) SEMESTER GANJIL No. Jurusan Uang Kuliah Tetap (UKT) Uang Kuliah Variabel (UKV) Rp. 150.000,- / sks Uang Prakt./ Studio

Lebih terperinci

: 127/A.47.02/Rektorat/Itenas/III/2016 : 7 (tujuh) berkas : Hasil Seleksi Mahasiswa Baru Program Sarjana 10 Maret 2016

: 127/A.47.02/Rektorat/Itenas/III/2016 : 7 (tujuh) berkas : Hasil Seleksi Mahasiswa Baru Program Sarjana 10 Maret 2016 Jl. PKH. Hasan Mustapa No. 23 Bandung 40124, Telepon : +62-22-7272215 Fax: +62-22-7202892 Web site : http://www.itenas.ac.id., email : baa@itenas.ac.id Nomor Lamp. Hal : 127/A.47.02/Rektorat/Itenas/III/2016

Lebih terperinci

yang ditentukan oleh perguruan tinggi. perguruan tinggi. persyaratan yang ditentukan Universitas Jember.

yang ditentukan oleh perguruan tinggi. perguruan tinggi. persyaratan yang ditentukan Universitas Jember. Pada Tahun 2015, SNMPTN dilaksanakan melalui jalur Penelusuran Prestasi Akademik dengan menggunakan nilai rapor dan portofolio akademik sebagai dasar penerimaan mahasiswa baru. SNMPTN digunakan untuk menyeleksi

Lebih terperinci

PEDOMAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU POLITEKNIK NEGERI TANAH LAUT TA. 2016/2017

PEDOMAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU POLITEKNIK NEGERI TANAH LAUT TA. 2016/2017 PEDOMAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU POLITEKNIK NEGERI TANAH LAUT TA. 2016/2017 POLITEKNIK NEGERI TANAH LAUT Jl. A.Yani Km 6 Desa Panggung Kec. Pelaihari Kab. Tanah Laut Kalimantan Selatan 70815 Telp:0512-21537

Lebih terperinci

Sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN 2011)

Sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN 2011) Sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN 2011) Landasan Hukum Peraturan Pemerintah No. 66 Tahun 2010 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan

Lebih terperinci

PANDUAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU) JALUR UMUM POLITEKNIK KESEHATAN SEMARANG TAHUN 2013

PANDUAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU) JALUR UMUM POLITEKNIK KESEHATAN SEMARANG TAHUN 2013 Certificate No. ID09/1305 PANDUAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU) JALUR UMUM POLITEKNIK KESEHATAN SEMARANG TAHUN 2013 KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA POLITEKNIK KESEHATAN SEMARANG

Lebih terperinci

KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS INDONESIA

KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS INDONESIA KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS INDONESIA NOMOR : 303/SK/R/UI/2005 TENTANG BIAYA PENDIDIKAN MAHASISWA BARU PROGRAM SARJANA DAN PROGRAM SARJANA PENGEMBANGAN SDM DAERAH BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI FAKULTAS ILMU

Lebih terperinci

SMA Terpadu Krida Nusantara membuka pendaftaran calon peserta didik untuk Tahun Pelajaran 2013/2014.

SMA Terpadu Krida Nusantara membuka pendaftaran calon peserta didik untuk Tahun Pelajaran 2013/2014. Saturday, 01 December 2012 1437 SMA Terpadu Krida Nusantara membuka pendaftaran calon peserta didik untuk Tahun Pelajaran 2013/201 A. Persyaratan Umum Merupakan siswa yang akan lulus SMP atau sederajat

Lebih terperinci

Panduan PMB UM. Mataram

Panduan PMB UM. Mataram DAFTAR ISI Halaman Kata Pengantar... i Daftar isi... ii Daftar lampiran... xi Jalur Prestasi... 1 Jalur Prestasi Akademik dan Jalur Prestasi Non Akademik A. Jalur Prestasi Akademik... 1 B. Jalur Prestasi

Lebih terperinci

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS DIPONEGORO Jalan Prof. H. Soedarto, S.H. Tembalang Semarang Kotak Pos 1269 Telp: (024) 7460020 Fax: (024) 7460013 laman : undip.ac.id P E N G U M U M A

Lebih terperinci

UJIAN MASUK UNIVERSITAS JEMBER (UM-UNEJ)

UJIAN MASUK UNIVERSITAS JEMBER (UM-UNEJ) UJIAN MASUK UNIVERSITAS JEMBER (UM-UNEJ) Jalur UM-UNEJ memberi kesempatan kepada lulusan SMTA untuk mengikuti pendidikan pada Program S1 dan D3. Pada tahun 2011, penerimaan mahasiswa baru jalur UM-UNEJ

Lebih terperinci

Panduan Pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan Program Bidikmisi Tahun Akademik 2015/2016

Panduan Pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan Program Bidikmisi Tahun Akademik 2015/2016 Panduan Pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan Program Tahun Akademik 2015/2016 Universitas Tanjungpura (Untan) menyediakan beasiswa penuh Outreaching Untan Program untuk tahun akademik 2015/2016

Lebih terperinci

B. PEMBAYARAN BIAYA PENDIDIKAN

B. PEMBAYARAN BIAYA PENDIDIKAN LAMPIRAN II KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ANDALAS NOMOR : 637/XIV/A/Unand-2016 TANGGAL : 28 Juni 2016 TENTANG : TATA CARA PENDAFTARAN CALON MAHASISWA BARU UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN AKADEMIK 2016/2017 MELALUI

Lebih terperinci

Penerimaan Taruna Baru (PTB) Program Diploma IV Akademi Meteorologi dan Geofisika Tahun Akademik 2014/2015 ( PTB-AMG-2014 )

Penerimaan Taruna Baru (PTB) Program Diploma IV Akademi Meteorologi dan Geofisika Tahun Akademik 2014/2015 ( PTB-AMG-2014 ) Penerimaan Taruna Baru (PTB) Program Diploma IV Akademi Meteorologi dan Geofisika Tahun Akademik 2014/2015 ( PTB-AMG-2014 ) - 0 - Pengantar Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) merupakan Perguruan Tinggi

Lebih terperinci

Panduan Umum Jalur Ujian Tertulis/Ketrampilan SNMPTN 2011

Panduan Umum Jalur Ujian Tertulis/Ketrampilan SNMPTN 2011 Panduan Umum Jalur Ujian Tertulis/Ketrampilan SNMPTN 2011 PERSYARATAN DAN KETENTUAN 1. Seleksi 1. Lulus Ujian Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2009, 20010 dan

Lebih terperinci

: Pukul 08.30 12.00 Wita

: Pukul 08.30 12.00 Wita Kode Program Studi 1. Fakultas Hukum Kode 20 Program Studi Ilmu Hukum 2. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Kode 21 Program Studi Ilmu Pemerintahan Kode 22 Program Studi Ilmu Administrasi Negara (Konsentrasi

Lebih terperinci

Nomor: DM.03.01/I.4/1319/2016

Nomor: DM.03.01/I.4/1319/2016 Revisi II 24 Maret 2016 SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI (PMDP) POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SURABAYA TAHUN AKADEMIK 2016/2017 Nomor: DM.03.01/I.4/1319/2016 Tujuan

Lebih terperinci

PENGUMUMAN Nomor: 609 /H32.9/DT/2011 PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MALANG TAHUN AKADEMIK 2011/2012

PENGUMUMAN Nomor: 609 /H32.9/DT/2011 PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MALANG TAHUN AKADEMIK 2011/2012 The Learning University KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL UNIVERSITAS NEGERI MALANG PROGRAM PASCASARJANA Jl. Semarang 5 Malang 65145 Telp. (0341) 551-312 Psw. 315 Telp./Fax. (0341) 551-334 (langsung) Website:

Lebih terperinci

PEDOMAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU SELEKSI PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI (PMDP) TAHUN AKDEMIK 2016/2017 AKADEMI KEBIDANAN BALI WISNU DHARMA DENPASAR

PEDOMAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU SELEKSI PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI (PMDP) TAHUN AKDEMIK 2016/2017 AKADEMI KEBIDANAN BALI WISNU DHARMA DENPASAR PEDOMAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU SELEKSI PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI (PMDP) AKADEMIK KEBIDANAN BALI WISNU DHARMA DENPASAR TAHUN AKDEMIK 2016/2017 AKADEMI KEBIDANAN BALI WISNU DHARMA DENPASAR MENGWI-MANGUPURA

Lebih terperinci

PANITIA SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SPMB) UNIVERSITAS SEBELAS MARET

PANITIA SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SPMB) UNIVERSITAS SEBELAS MARET 1 REVISI 16 DES 09 INFORMASI SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2009 UNIVERSITAS SEBELAS MARET (UNS SOLO) S-1 (SARJANA) PANITIA SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SPMB) UNIVERSITAS SEBELAS MARET Sekretariat/Bagian

Lebih terperinci

Penerimaan Taruna Baru (PTB) Program Diploma IV Akademi Meteorologi dan Geofisika Tahun Akademik 2014/2015 ( PTB-AMG-2014 )

Penerimaan Taruna Baru (PTB) Program Diploma IV Akademi Meteorologi dan Geofisika Tahun Akademik 2014/2015 ( PTB-AMG-2014 ) Penerimaan Taruna Baru (PTB) Program Diploma IV Akademi Meteorologi dan Geofisika Tahun Akademik 2014/2015 ( PTB-AMG-2014 ) - 0 - Pengantar Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) merupakan Perguruan Tinggi

Lebih terperinci

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI (PMDP) POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017 / 2018

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI (PMDP) POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017 / 2018 SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI (PMDP) POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017 / 2018 Memasuki tahun akademik 2017/2018 Politeknik Kesehatan Kemenkes

Lebih terperinci

PANDUAN PELAKSANAAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU) POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA JALUR MANDIRI ALIH JENJANG TAHUN AKADEMIK 2015/2016

PANDUAN PELAKSANAAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU) POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA JALUR MANDIRI ALIH JENJANG TAHUN AKADEMIK 2015/2016 ` PANDUAN PELAKSANAAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU) POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA JALUR MANDIRI ALIH JENJANG TAHUN AKADEMIK 2015/2016 POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN 2015 PANDUAN SELEKSI

Lebih terperinci

SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) UNNES TAHUN 2008

SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) UNNES TAHUN 2008 SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) UNNES TAHUN 2008 TUJUAN Penyelenggaraan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi bertujuan untuk memperoleh mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik

Lebih terperinci

PERATURAN REKTOR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER NOMOR : 2349/PER/II.3.AU/F/2013. Tentang:

PERATURAN REKTOR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER NOMOR : 2349/PER/II.3.AU/F/2013. Tentang: PERATURAN REKTOR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER NOMOR : 2349/PER/II.3.AU/F/2013 Tentang: PEDOMAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER REKTOR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER Menimbang

Lebih terperinci

PANDUAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU) JALUR MANDIRI POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SEMARANG TAHUN 2014

PANDUAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU) JALUR MANDIRI POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SEMARANG TAHUN 2014 Certificate No. ID09/1305 PANDUAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU) JALUR MANDIRI POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SEMARANG TAHUN 2014 KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA POLITEKNIK KESEHATAN

Lebih terperinci

A. PROGRAM SELEKSI JALUR PMDP UMUM DAN PMDP GAKIN

A. PROGRAM SELEKSI JALUR PMDP UMUM DAN PMDP GAKIN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI (PMDP) UMUM DAN DARI KELUARGA MISKIN (GAKIN) PROGRAM DIPLOMA KESEHATAN POLITEKNIK KESEHATAN SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2015 / 2016 Memasuki

Lebih terperinci

KATA PENGANTAR. Bandung, 11 Juni Panitia SM-UPI 2015 Ketua Pelaksana, Dr. H. Agus Taufiq, M.Pd. NIP

KATA PENGANTAR. Bandung, 11 Juni Panitia SM-UPI 2015 Ketua Pelaksana, Dr. H. Agus Taufiq, M.Pd. NIP 1 KATA PENGANTAR Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tingggi,

Lebih terperinci

UNIVERSITAS AIRLANGGA

UNIVERSITAS AIRLANGGA UNIVERSITAS AIRLANGGA Kampus C Mulyorejo Surabaya 60115 Telp. (031) 5914042, 5914043, 5912546, 5912564 Fax (031) 5981841 Website : http://www.unair.ac.id ; e-mail : rektor@unair.ac.id PENGUMUMAN REKTOR

Lebih terperinci

KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS INDONESIA NOMOR : 432A/SK/R/UI/2008 MEMUTUSKAN:

KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS INDONESIA NOMOR : 432A/SK/R/UI/2008 MEMUTUSKAN: Menimbang: a. Mengingat: KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS INDONESIA NOMOR : 432A/SK/R/UI/2008 TENTANG BIAYA PENDIDIKAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS INDONESIA PROGRAM SARJANA REGULER TAHUN AKADEMIK 2008/2009

Lebih terperinci

PANDUAN PESERTA SELEKSI MANDIRI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (SM-UPI) TAHUN 2014

PANDUAN PESERTA SELEKSI MANDIRI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (SM-UPI) TAHUN 2014 PANDUAN PESERTA SELEKSI MANDIRI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (SM-UPI) TAHUN 2014 A. TUJUAN Seleksi Mandiri Universitas Pendidikan Indonesia (SM-UPI) bertujuan untuk memperoleh calon mahasiswa unggul

Lebih terperinci

PENGUMUMAN Nomor: 1855/UN32.9/DT/2013 PENERIMAAN MAHASISWA BARU PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM) SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2013/2014

PENGUMUMAN Nomor: 1855/UN32.9/DT/2013 PENERIMAAN MAHASISWA BARU PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM) SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2013/2014 KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM) PASCASARJANA Jalan Semarang 5, Malang 65145 Telepon/Faksimili: 0341-551334 Laman: pasca.um.ac.id PENGUMUMAN Nomor: 1855/UN32.9/DT/2013

Lebih terperinci

INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU STAIN CURUP SECARA ONLINE SPMB PTAIN TAHUN 2013 BAGIAN 1

INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU STAIN CURUP SECARA ONLINE SPMB PTAIN TAHUN 2013 BAGIAN 1 INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU STAIN CURUP SECARA ONLINE SPMB PTAIN TAHUN 2013 BAGIAN 1 JALUR PRESTASI AKADEMIK A. Latar Belakang Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010

Lebih terperinci

PEDOMAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU SELEKSI PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI (PMDP) TAHUN AKDEMIK 2015/2016 AKADEMI KEBIDANAN BALI WISNU DHARMAA DENPASAR

PEDOMAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU SELEKSI PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI (PMDP) TAHUN AKDEMIK 2015/2016 AKADEMI KEBIDANAN BALI WISNU DHARMAA DENPASAR PEDOMAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU SELEKSI PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI (PMDP) AKADEMIK KEBIDANAN BALI WISNU DHARMAA DENPASAR TAHUN AKDEMIK 2015/2016 AKADEMI KEBIDANAN BALI WISNU DHARMAA DENPASAR MENGWI-MANGUPURA

Lebih terperinci

Persyaratan PMDK POLTEK 2015:

Persyaratan PMDK POLTEK 2015: Cara mendaftar Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri 2015 berbeda dengan tahun lalu dan dengan SNMPTN 2015. Berikut dijelaskan beberapa tahapan dan persyaratan yang harus dilalui. Persyaratan

Lebih terperinci

BIMBINGAN KONSELING SMA TARAKANITA 1 KAMIS, 02 FEBRUARI 2017

BIMBINGAN KONSELING SMA TARAKANITA 1 KAMIS, 02 FEBRUARI 2017 BIMBINGAN KONSELING SMA TARAKANITA 1 KAMIS, 02 FEBRUARI 2017 JALUR PENERIMAAN MAHASISWA BARU PTN Jalur Undangan: SNMPTN PPKB/Talent Scouting UI Jalur Tulis: SBMPTN Ujian Mandiri (masing-masing PTN) S N

Lebih terperinci

PANDUAN PESERTA JMU 2010

PANDUAN PESERTA JMU 2010 PANDUAN PESERTA JMU 2010 PANITIA PELAKSANA JALUR MANDIRI UNSYIAH (JMU) TAHUN 2010 DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL... 1 DAFTAR ISI... 2 KATA PENGANTAR... 3 I. Dekripsi Seleksi Jalur Masuk Mandiri Unsyiah (JMU)

Lebih terperinci

LAMPIRAN II KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ANDALAS

LAMPIRAN II KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ANDALAS LAMPIRAN II KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ANDALAS NOMOR : 595/XIV/A/Unand-2015 TANGGAL : 9 Juli 2015 TENTANG : TATA CARA PENDAFTARAN CALON MAHASISWA BARU UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN AKADEMIK 2015/2016 MELALUI

Lebih terperinci

INFORMASI SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2012

INFORMASI SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2012 INFORMASI SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2012 PANITIA PELAKSANA SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI TAHUN 2012 KATA PENGANTAR Berdasarkan Peraturan Pemerintah

Lebih terperinci

P E N G U M U M A N NOMOR : 892/01313/2015

P E N G U M U M A N NOMOR : 892/01313/2015 P E N G U M U M A N NOMOR : 892/01313/2015 TENTANG PENERIMAAN CALON TARUNA SEKOLAH TINGGI TRANSPORTASI DARAT (STTD) POLA PEMBIBITAN TAHUN 2015 Pemerintah Kabupaten bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan

Lebih terperinci

BII Maybank Scholarship

BII Maybank Scholarship BII Maybank Scholarship Pertanyaan yang sering diajukan 2012 2013 Siapa saja yang dapat mengikuti program ini? Warga Negara Indonesia yang pada tahun 2013 duduk di kelas 3 (kelas 12) SMA/sederajat atau

Lebih terperinci

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI (PMDP) POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SEMARANG TAHUN AKADEMIK 2015/2016

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI (PMDP) POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SEMARANG TAHUN AKADEMIK 2015/2016 SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI (PMDP) POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SEMARANG TAHUN AKADEMIK 2015/2016 Tujuan Pendidikan Tenaga Kesehatan adalah menghasilkan tenaga

Lebih terperinci

Penetapan jumlah sks yang harus ditempuh ditetapkan pada awal semester sebelum registrasi akademik dilakukan.

Penetapan jumlah sks yang harus ditempuh ditetapkan pada awal semester sebelum registrasi akademik dilakukan. PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR SELEKSI MANDIRI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (SM-UPI) PROGRAM S-1 KEDUA BAGI GURU BK, PAUD DAN SD TAHUN AKADEMIK 2015/2016 A. PENDAHULUAN Undang-undang Republik

Lebih terperinci

Panduan Teknis Pengisian Sistem Informasi Seleksi Beasiswa Outreaching Untan

Panduan Teknis Pengisian Sistem Informasi Seleksi Beasiswa Outreaching Untan Panduan Teknis Pengisian Sistem Informasi Seleksi Beasiswa Outreaching Untan Dalam memulai melakukan pendaftaran SISBO secara online terlebih dahulu buka laman http://comdev-outreaching.untan.ac.id/sisbo.

Lebih terperinci

I. KETENTUAN UMUM PERSYARATAN PESERTA III. TATA CARA PENDAFTARAN. Pendataan / Rekomendasi

I. KETENTUAN UMUM PERSYARATAN PESERTA III. TATA CARA PENDAFTARAN. Pendataan / Rekomendasi PETUNJUK TEKNIS PELAKSANAAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SISTEM REAL TIME ONLINE ( RTO) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ( SMP), SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) KOTA CIREBON TAHUN

Lebih terperinci

Lampiran -1 KETENTUAN ADMINISTRASI DAFTAR ULANG MAHASISWA BARU TA 2015/2016

Lampiran -1 KETENTUAN ADMINISTRASI DAFTAR ULANG MAHASISWA BARU TA 2015/2016 Lampiran -1 KETENTUAN ADMINISTRASI DAFTAR ULANG A. KETENTUAN DAFTAR ULANG: Calon mahasiswa Gelombang 1 Program Beasiswa harus melakukan daftar ulang paling lambat Jumat, 7 November 2014 dengan memenuhi

Lebih terperinci

PETUNJUK TEKNIS SELEKSI MASUK PERGURUAN TINGGI

PETUNJUK TEKNIS SELEKSI MASUK PERGURUAN TINGGI PETUNJUK TEKNIS SELEKSI MASUK PERGURUAN TINGGI SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI ENAM-ENAM STIE-66 KENDARI KAMPUS II STIE-66 KENDARI TEAM PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN 2013 1 KATA PENGANTAR Penerimaan Mahasiswa

Lebih terperinci

PEMERINTAH KABUPATEN BLITAR DINAS PENDIDIKAN

PEMERINTAH KABUPATEN BLITAR DINAS PENDIDIKAN PEMERINTAH KABUPATEN BLITAR DINAS PENDIDIKAN SMA NEGERI 1 KESAMBEN Jalan Bromo, Kesamben 66191, Telepon (0342) 331397 Website: www.sman1kesamben.com. Email: info@sman1kesamben.com PENGUMUMAN PENERIMAAN

Lebih terperinci

UNIVERSITAS AIRLANGGA

UNIVERSITAS AIRLANGGA UNIVERSITAS AIRLANGGA Kampus C Mulyorejo Surabaya 60115 Telp. (031) 5914042, 5914043, 5912546, 5912564 Fax (031) 5981841 Website : http://www.unair.ac.id ; email : rektor@unair.ac.id PENGUMUMAN REKTOR

Lebih terperinci

P E N G U M U M A N Nomor : 376/Peng/UN7/2011 TENTANG

P E N G U M U M A N Nomor : 376/Peng/UN7/2011 TENTANG P E N G U M U M A N Nomor : 376/Peng/UN7/2011 TENTANG CALON MAHASISWA BARU UNIVERSITAS DIPONEGORO YANG LOLOS SELEKSI MELALUI UJIAN MANDIRI (UM) TAHUN AKADEMIK 2011/2012 Rektor Universitas Diponegoro dengan

Lebih terperinci

PENGUMUMAN No. 6487/PL.6.3.1/PU/2013. Tentang

PENGUMUMAN No. 6487/PL.6.3.1/PU/2013. Tentang PENGUMUMAN No. 6487/PL.6.3.1/PU/2013 Tentang PENERIMAAN MAHASISWA BARU UJIAN MASUK PROGRAM DIPLOMA TIGA (D-III) REKOGNISI PEMBELAJARAN LAMPAU (RPL) POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA I LATAR BELAKANG Pendidikan

Lebih terperinci

BAB II PENERIMAAN MAHASISWA BARU

BAB II PENERIMAAN MAHASISWA BARU PANDUAN UMUM DAN AKADEMIK PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN PERATURAN REKTOR UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN NOMOR : 351/H23/DT/2009 TGL 31 AGUSTUS 2009 BAB I KETENTUAN UMUM Pasal 1 Dalam

Lebih terperinci

INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS GALUH T.A. 2013/2014 Jl. R.E. Martadinata No. 150, Ciamis / Tlp

INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS GALUH T.A. 2013/2014 Jl. R.E. Martadinata No. 150, Ciamis / Tlp INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS GALUH T.A. 2013/2014 Jl. R.E. Martadinata No. 150, Ciamis / Tlp. 0265-776787 info@unigal.ac.id Universitas Galuh Ciamis pada tahun Akademik 2013/2014 akan

Lebih terperinci

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM) Jalan Semarang 5, Malang Telepon/Faksimili: Laman:

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM) Jalan Semarang 5, Malang Telepon/Faksimili: Laman: KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM) Jalan Semarang 5, Malang 65145 Telepon/Faksimili: 0341551312 Laman: www.um.ac.id PENGUMUMAN Nomor : 10413/UN32/DT/2014 PENERIMAAN MAHASISWA

Lebih terperinci

UNIVERSITAS UDAYANA TAHUN 2016

UNIVERSITAS UDAYANA TAHUN 2016 PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM PROFESI DAN PASCASARJANA UNIVERSITAS UDAYANA TAHUN 2016 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Kualitas calon mahasiswa (input) sangat mempengaruhi kualitas lulusan

Lebih terperinci

PANDUAN PELAKSANAAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU) POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA JALUR KELAS KARYAWAN TAHUN AKADEMIK 2015/2016

PANDUAN PELAKSANAAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU) POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA JALUR KELAS KARYAWAN TAHUN AKADEMIK 2015/2016 PANDUAN PELAKSANAAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU) POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA JALUR KELAS KARYAWAN TAHUN AKADEMIK 2015/2016 POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN 2015 PANDUAN PELAKSANAAN

Lebih terperinci

KATA PENGANTAR. Bandung, 11 April 2016 Panitia SM-UPI 2016 Ketua Pelaksana, Dr. H. Agus Taufiq, M.Pd. NIP

KATA PENGANTAR. Bandung, 11 April 2016 Panitia SM-UPI 2016 Ketua Pelaksana, Dr. H. Agus Taufiq, M.Pd. NIP KATA PENGANTAR Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tingggi,

Lebih terperinci

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS DIPONEGORO Jalan Prof. H. Soedarto, S.H. Tembalang Semarang Kotak Pos 1269 Telp: (024) 7460020 Fax: (024) 7460013 laman : undip.ac.id SALINAN KEPUTUSAN

Lebih terperinci

BEASISWA EKONOMI LEMAH Disediakan bagi calon yang berekonomi lemah tapi masih sanggup mengusahakan kelangsungan biaya pendidikannya sampai selesai

BEASISWA EKONOMI LEMAH Disediakan bagi calon yang berekonomi lemah tapi masih sanggup mengusahakan kelangsungan biaya pendidikannya sampai selesai BEASISWA EKONOMI LEMAH Disediakan bagi calon yang berekonomi lemah tapi masih sanggup mengusahakan kelangsungan biaya pendidikannya sampai selesai I. Persyaratan yang harus dipenuhi Ya Tdk (diisi petugas

Lebih terperinci

JALUR PENELUSURAN MINAT DAN KEMAMPUAN (PMDK)

JALUR PENELUSURAN MINAT DAN KEMAMPUAN (PMDK) INFO PMDK 2014/2015 1 DAFTAR ISI Kelebihan Jalur PMDK... Persyaratan Dan Jadwal PMDK... Akademik... Persyaratan Umum... Persyaratan Khusus... Persyaratan Ijazah... Administrasi... Jadwal PMDK 2014/2015...

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU STT-PLN

BUKU PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU STT-PLN BUKU PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU STT-PLN TAHUN AKADEMIK 2016/2017 MENARA PLN, JL.LINGKAR LUAR BARAT, DURI KOSAMBI, CENGKARENG JAKARTA BARAT 11750 Telp. 021-5440342 KATA PENGANTAR Dengan memanjatkan

Lebih terperinci

PROGRAM BANTUAN KULIAH SISWA MISKIN

PROGRAM BANTUAN KULIAH SISWA MISKIN PETUNJUK PELAKSANAAN PROGRAM BANTUAN KULIAH SISWA MISKIN KABUPATEN GRESIK TAHUN 2016 Lampiran I : Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik Nomor : 421.3 / 3417 /437.53/2016 Tanggal : 1 Agustus

Lebih terperinci

DINAS PENDIDIKAN Jl. ARIEF RAHMAN HAKIM NO.02 GRESIK,TELP(031) , Website :

DINAS PENDIDIKAN Jl. ARIEF RAHMAN HAKIM NO.02 GRESIK,TELP(031) , Website : PEMERINTAH KABUPATEN GRESIK DINAS PENDIDIKAN Jl. ARIEF RAHMAN HAKIM NO.02 GRESIK,TELP(031) 3981315,3978404 Website : www.dispendik-gresik.com Email : info@dispendik-gresik.com KEPUTUSAN KEPALA DINAS PENDIDIKAN

Lebih terperinci

ALUR DAFTAR ULANG MAHASISWA BARU UNIVERSITAS NU SURABAYA TAHUN AKADEMIK

ALUR DAFTAR ULANG MAHASISWA BARU UNIVERSITAS NU SURABAYA TAHUN AKADEMIK ALUR DAFTAR ULANG MAHASISWA BARU UNIVERSITAS NU SURABAYA TAHUN AKADEMIK 20152016 LIHAT INFO DAFTAR ULANG DAN MENGISI FORMULIR BIODATA MABA SECARA ONLINE MELAKUKAN PEMBAYARAN KE TELLER BANK SYARIAH MANDIRI

Lebih terperinci