User Manual Pengisian Sistem Informasi Seleksi Beasiswa Outreaching (SISBO) Untan

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "User Manual Pengisian Sistem Informasi Seleksi Beasiswa Outreaching (SISBO) Untan"

Transkripsi

1 User Manual Pengisian Sistem Informasi Seleksi Beasiswa Outreaching (SISBO) Untan Dalam memulai melakukan pendaftaran SISBO secara online terlebih dahulu buka laman Anda akan menemukan tampilan seperti Gambar 1. Menu Utama Box Menu Gambar 1. Tampilan halaman muka SISBO Untan Pada bagian dashboard, akan ditemukan 5 menu utama: Home, Panduan, Daftar Prodi, Jadwal, dan Kontak. Tampilan yang dihadapi adalah menu Home. Menu Panduan berisi panduan pendaftaran beasiswa penuh Outreaching Untan Program Bidik Misi Tahun 2014 dan manual user pendaftaran SISBO. Keduanya dapat diunduh (download). Menu Daftar Prodi berisi daftar nama program studi di UNTAN yang tersedia bagi pelamar beasiswa penuh Outreaching Untan Program Bidimisi 2014 beserta kode program studi Menu Jadwal berisi agenda penting yang harus diperhatikan untuk pelamar beasiswa penuh Outreaching Untan untuk masing-masing mekanisme seleksi yang dipilih Menu Kontak berisi alamat kontak dan bantuan informasi online seputar penyeleksian Beasiswa Penuh Outreaching UNTAN Pada halaman yang sama, juga terdapat 4 box menu: Pendaftaran, Berkas Pendaftaran, Log in dan Ujian Keterampilan. Box Pendaftaran digunakan untuk melakukan input data pendaftaran online pada SISBO. Data-data yang harus dilengkapi pada pendaftaran SISBO dapat dipersiapkan dengan mengisi formulir pendaftaran SISBO terlebih dahulu. Formulir tersedia pada box Berkas Pendaftaran Box Berkas Pendaftaran digunakan untuk mengunduh file formulir SISBO dan file berkas pendaftaran lainnya yang harus dilengkapi dan disertakan dalam pengiriman berkas

2 Box Log in digunakan untuk melakukan perubahan input data pada SISBO dan mencetak formulir pendaftaran SISBO Box Tes Keterampilan digunakan untuk melihat informasi nama peserta yang dipanggil mengikuti ujian keterampilan khusus pada program studi tertentu (Pendidikan Dokter, Ilmu Keperawatan, Farmasi, Pendidikan Seni Tari dan Musik, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan serta Rekreasi) beserta jadwal pelaksanaannya. A. PENDAFTARAN SISBO Untuk melakukan pendaftaran di Sistem Informasi Seleksi Beasiswa Outreaching (SISBO) Untan, langkah yang harus dilaksanakan meliputi: 1. Klik Box Berkas Pendaftaran. 2. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti Gambar 2. Gambar 2. Tampilan box Pendaftaran Pada Gambar 2 akan tampak box user yang terdiri dari NISN, password, dan kode unik verifikasi pendaftaran yang harus dituliskan. Isikan data sebagai berikut: NISN : isikan nomor induk siswa nasional Password : buatlah password unik yang hanya diketahui oleh saudara (Ingat! Password yang Saudara ketikkan harus dapat diingat untuk log in dan nantinya mencetak bukti pendaftaran) Baca kode unik yang tampak pda layar, kemudian isikan pada kotak di bawahnya (misalnya pada contoh, isikan zzw92) Setelah mengisi dengan lengkap, klik Daftar 3. Setelah mengklik daftar, maka akan muncul tampilan seperti Gambar 3. Tampilan ini adalah tampilan Step-1 (langkah 1) dari 7 langkah pengisian data SISBO yang harus dilengkapi secara berurutan.

3 Gambar. 3. Tampilan halaman Step-1 Pengisian SISBO Isikan secara lengkap semua data yang diminta untuk diisikan. Apabila ada data yang tidak diisi, maka pengisian SISBO tidak dapat dilanjutkan untuk langkah berikutnya (step 2- step 7). Step-1 Data Pribadi Calon Penerima Beasiswa. Data-data yang diminta untuk diisikan adalah: (1) Tahun mendaftar : isikan periode pendaftaran beasiswa penuh Outreaching (2) Jalur seleksi : tuliskan jalur seleksi yang Saudara pilih untuk mendapatkan beasiswa penuh Outreaching Untan (SNMPTN, SBMPTN, dan atau Mandiri Outreaching Untan) (3) NIM : isikan nomor induk mahasiswa (NIM) bila Saudara memilih jalur seleksi SNMPTN atau SBMPTN, tidak perlu diisi bila Anda memilih jalur seleksi Mandiri Outreaching Untan (4) Nama : isikan nama lengkap sesuai Rapor/Ijazah Saudara (5) Jenis Kelamin : pilih salah satu jenis kelamin yang sesuai (6) Tinggi Badan (cm) : isikan tinggi badan dalam centi meter (cm) (7) Berat Badan (kg) : isikan sesuai berat badan dalam Kilogram (kg) (8) Tempat Lahir : isikan nama daerah tempat saudara dilahirkan (9) Kabupaten/Kota Lahir : isikan nama kabupaten/kota tempat saudara dilahirkan. (10) Tanggal Lahir : isikan tanggal lahir dengan urutan tangggal, bulan dan tahun saudara dilahirkan. (11) NISN : isikan Nomor Induk Siswa Nasional saudara. (12) KAP Bidikmisi : isikan nomor kode akses pendaftaran (KAP) yang tercantum pada kartu peserta Bidikmisi saudara (13) Jurusan di SMA/SMK/MA : isikan Jurusan anda di sekolah (14) Telepon Rumah : isikan nomor telepon rumah Saudara (bila ada) karena sangat penting untuk komunikasi proses penyeleksian. (15) HP : isikan nomor Handphone karena sangat penting untuk komunikasi proses penyeleksian. (16) Agama : isikan agama saudara. (17) Catatan Khusus Kesehatan : isikan catatan kesehatan yang anda punya, misalnya berkacamata, pernah menderita penyakit kronis (tipus), dll. Bila tidak terdapat catatan khusus berilah tanda strip (-)

4 Setelah data diisi dengan lengkap, maka lanjutkan dengan mengklik Box Selanjutnya pada halaman sebelah kiri bawah, sehingga Anda memasuki Step-2. Apabila ada data yang belum lengkap atau belum diisi, maka Saudara akan tetap berada di Step-1 hingga Saudara mengisikan data yang diminta. 4. Tampilan berikutnya adalah Step-2 seperti pada Gambar 4. Gambar. 4. Tampilan halaman Step-2 Pengisian SISBO Step-2 Data Alamat Calon Penerima Beasiswa. Pada Step-2, data yang diminta untuk diisikan adalah alamat asal (rumah tinggal), alamat sekarang (bila saudara bersekolah di daerah yang berbeda dengan daerah asal), alat transportasi dan rencana hidup di lokasi yang dituju. Secara detail, data yang diminta untuk diisikan adalah: Alamat Asal (1) Alamat Asal : isikan alamat tempat saudara tingal. (2) Propinsi Asal : pilih propinsi tempat saudara tinggal dengan cara mengklik tombol panah bawah di kolom yang tersedia. Bagi pendaftar yang berada di luar Kalimantan Barat selain mengisi kolom di sebelah kiri isilah kolom kabupaten, kecamatan, dan kelurahan yang berada di sebelah kanan. (3) Kabupaten Asal : pilihlah kabupaten asal saudara tinggal. (4) Kecamatan Asal : pilihlah kecamatan asal saudara tinggal. (5) Kelurahan Asal : pilihkah kelurahan asal saudara tinggal. (6) Kode Pos : isikan kode pos alamat asal. contoh: Jika tidak memiliki kode pos cantumkan Alamat Sekarang (1) Alamat Sekarang : isikan alamat sekarang tempat saudara tinggal, bagi saudara yang saat ini sedang merantau. Bagi saudara yang tinggal di tempat asal Saudara, tuliskan alamat asal Saudara di bagian ini. (2) Propinsi Sekarang: pilih propinsi tempat saudara tinggal. Bagi pendaftar yang tinggal di luar Kalimantan Barat, selain mengisi kolom di sebelah kiri isilah kolom kabupaten, kecamatan, dan kelurahan disebelah kanan. (3) Kabupaten Sekarang: pilih propinsi tempat saudara tinggal. Bagi yang berada di luar Kalbar selain mengisi kolom sebelah kiri isilah kolom kabupaten, kecamatan, dan kelurahan yang berada di sebelah kanan.

5 (4) Kecamatan Sekarang: pilihlah kecamatan tempat saudara tinggal (5) Kelurahan Sekarang : pilihlah kelurahan tempat saudara tinggal (6) Kode Pos : isikan kode pos alamat sekarang. Jika tidak memiliki kode pos cantumkan contoh: Alat Transportasi (1) Transportasi dari alamat asal ke ibukota kecamatan: pilih jenis transportasi yang Saudara gunakan untuk berangkat dari tempat Saudara tinggal (alamat asal) ke ibukota kecamatan (2) Jarak perjalanan dari alamat asal ke ibukota kecamatan: pilih perkiraan jarak dari alamat asal ke ibu kota kecamatan (3) Lama perjalanan dari alamat asal ke ibukota kecamatan: pilih perkiraan lama perjalanan bila Saudara berangkat dari alamat asal ke ibu kota kecamatan (4) Jarak perjalanan dari alamat asal ke pusat kabupaten/kota: pilih perkiraan jarak dari alamat asal ke pusat kabupaten/kota (5) Lama perjalanan dari alamat asal ke pusat kabupaten/kota: pilih perkiraan lama perjalanan dari alamat asal ke pusat kabupaten/kota Rencana hidup di lokasi pendidikan yang dituju apabila diterima (1) Rencana tempat tinggal : pilih rencana tempat tinggal saudara apabila diterima sebagai penerima beasiswa bidikmisi. (2) Ada dukungan keluarga: pilih ya jika ada keluarga yang dapat membantu Saudara selama tinggal di Kota Pontianak dan tidak jika tidak ada keluarga yang dapat membantu Saudara selama tinggal di Kota Pontianak (3) Transport dari daerah asal : pilih jenis transportasi yang Saudara gunakan untuk berangkat dari daerah (alamat asal) Saudara ke lokasi pendidikan (Untan, Kota Pontianak) (4) Transport sehari-hari : pilih jenis alat transportasi yang akan anda gunakan ketika menjadi mahasiswa Setelah data diisi dengan lengkap, maka lanjutkan dengan mengklik Box Selanjutnya pada halaman sebelah kiri bawah. 5. Tampilan berikutnya adalah Step- 3 seperti pada Gambar 5. Step 3-Data Sekolah Calon Penerima Beasiswa Data yang diminta untuk diisikan pada Step-3 adalah data asal sekolah. Asal Sekolah 1. Provinsi Sekolah : pilih provinsi tempat asal sekolah Saudara. 2. Kabupaten Sekolah : pilih kabupaten tempat asal sekolah Saudara. Bila sekolah berada di luar Kalimantan Barat, isikan nama Kabupaten tempat sekolah Saudara di kolom sebelah kanan 3. Kecamatan Sekolah : pilih kecamatan tempat asal sekolah Saudara. Bila sekolah berada di luar Kalimantan Barat, isikan nama kecamatan tempat sekolah Saudara di kolom sebelah kanan 4. Kelurahan Sekolah : pilih kecamatan tempat asal sekolah Saudara. Bila sekolah berada di luar Kalimantan Barat, isikan nama kecamatan tempat sekolah Saudara di kolom sebelah kanan 5. Nama Asal Sekolah : pilih nama sekolah anda 6. NPSN : isikan Nomor Pokok Sekolah Nasional sekolah anda.

6 7. Akreditasi Sekolah : pilih jenis akreditasi sekolah anda 8. Taraf Standar Sekolah : pilih jenis standarisasi sekolah yang diterapkan di sekolah anda 9. Telepon Sekolah : isikan nomor telepon sekolah anda 10. Sekolah : isikan sekolah 11. Kepemilikan Sekolah : pilihlah kepemilikan sekolah anda (Pemerintah/masyarakat) 12. Jenis Sekolah : pilih jenis sekolah Saudara (SMA/SMK/MA/MAK) Gambar. 5. Tampilan halaman Step-3 Pengisian SISBO Setelah data diisi dengan lengkap, maka lanjutkan dengan mengklik Box Selanjutnya pada halaman sebelah kiri bawah. 6. Tampilan berikutnya adalah Step- 4 seperti pada Gambar 6. Step 4-Data Orangtua Calon Penerima Beasiswa Data yang diminta diisikan pada step 4 adalah data orangtua/wali termasuk data keluarga dan rumah tinggal. Secara detail, data tersebut adalah: Data Orang Tua/Wali (1) Jumlah Tanggungan : isikan jumlah anggota keluarga yang ditanggung oleh kepala keluarga (Ayah/Ibu/Wali). Jumlah anggota keluarga tanggungan adalah anggota keluarga yang berumur dibawah 21 tahun, belum menikah, atau masih sekolah/kuliah (isikan jumlah ini dengan angka). (2) Jumlah Anak : isikan jumlah keseluruhan anak dari orang tua/wali, baik yang masih tanggungan dan yang bukan tanggungan orang tua (isikan jumlah ini dengan angka). (3) Anak Ke : isikan urutan anak keberapa dari orangtua (isikan jumlah ini dengan angka)

7 Gambar. 6. Tampilan halaman Step-4 Pengisian SISBO Nama Orang Tua/Wali (1) Ayah : isikan nama Ayah pada tempat yang tersedia. Susunan huruf dan ejaan harus sesuai dengan nama yang tertulis di Kartu Tanda Penduduk. Nama yang lebih panjang dari 30 karakter disingkat nama yang paling belakang. (2) Ibu : isikan nama Ibu pada tempat yang tersedia. Susunan huruf dan ejaan harus sesuai dengan nama yang tertulis di Kartu Tanda Penduduk. Nama yang lebih panjang dari 30 karakter disingkat nama yang paling belakang. (3) Wali: isikan nama Wali (bila Anda tinggal dengan wali) pada tempat yang tersedia. Susunan huruf dan ejaan harus sesuai dengan nama yang tertulis di Kartu Tanda Penduduk. Nama yang lebih panjang dari 30 karakter disingkat nama yang paling belakang. Alamat Orang Tua/Wali (1) Ayah : isikan alamat tinggal Ayah Saudara pada tempat yang tersedia (2) Ibu : isikan alamat tinggal Ibu Saudara pada tempat yang tersedia (3) Wali : isikan alamat tinggal Wali Saudara pada tempat yang tersedia (4) Telepon/HP Orang Tua : isikan no HP atau telepon Orang Tua/Wali (penting untuk komunikasi proses penyeleksian). Pekerjaan Orang Tua/Wali (1) Ayah : pilihlah pekerjaan orang tua anda yang sesuai (2) Ibu : pilihlah pekerjaan orang tua anda yang sesuai (3) Wali : pilihlah pekerjaan wali anda yang sesuai Penghasilan Orang Tua/Wali (1) Ayah : pilih jumlah penghasilan orang tua anda yang sesuai (2) Ibu : pilih jumlah penghasilan orang tua anda yang sesuai

8 (3) Wali : pilih jumlah penghasilan wali anda yang sesuai Status Orang Tua (1) Ayah : pilih status ayah Saudara saat ini (2) Ibu : pilih status ibu Saudara saat ini Pendidikan Orang Tua : (1) Ayah : pilih pendidikan terakhir ayah Saudara (2) Ibu : pilih pendidikan terakhir ibu Saudara Orang Tua Kandung (1) Ayah : pilih status keberadaan ayah kandung Saudara (2) Ibu : pilih status keberadaan ibu kandung Saudara Rumah Tempat Tinggal Keluarga (1) Kepemilikan : pilih status kepemilikan rumah yang keluarga Saudara tinggali (2) Tahun Perolehan : isikan tahun perolehan kepemilikan rumah keluarga Saudara (3) Sumber Listrik : pilih sumber listrik yang Saudara gunakan dirumah (4) Luas Tanah : tulis luas tanah tempat tinggal Saudara dan keluarga (5) Luas Bangunan : tulis luas bangunan tempat tinggal Saudara dan keluarga (6) Mandi Cuci Kakus : pilih tipe mandi cuci kakus (MCK) yang Saudara gunakan (7) Sumber Air : pilih sumber air yang Saudara gunakan. Setelah data diisi dengan lengkap, maka lanjutkan dengan mengklik Box Selanjutnya pada halaman sebelah kiri bawah. 7. Tampilan berikutnya adalah Step-5 seperti pada Gambar 7. Gambar. 7. Tampilan halaman Step-5 Pengisian SISBO Step 5-Data Prestasi Sekolah Calon Penerima Beasiswa Data yang diminta diisikan pada step 5 adalah:

9 Prestasi Siswa Di Sekolah Prestasi Akademik (1) Jumlah prestasi akademik tingkat lokal: isikan jumlah prestasi akademik lokal (2) Keterangan prestasi akademik tingkat lokal: isikan keterangan peringkat (prestasi), tahun dan nama kegiatan akademik lokal yang diikuti (3) Jumlah prestasi akademik tingkat nasional: isikan jumlah prestasi akademik nasional (4) Keterangan prestasi akademik tingkat nasional: isikan keterangan peringkat (prestasi), tahun dan nama kegiatan akademik nasional yang diikuti (5) Jumlah prestasi akademik tingkat internasional: isikan jumlah prestasi akademik internasional (6) Keterangan prestasi akademik tingkat internasional: isikan keterangan peringkat (prestasi), tahun dan nama kegiatan akademik internasional yang diikuti Prestasi Non Akademik (1) Jumlah prestasi non akademik tingkat lokal: isikan jumlah prestasi non akademik lokal (2) Keterangan prestasi non akademik tingkat lokal: isikan keterangan peringkat, tahun dan nama kegiatan non-akademik lokal yang diikuti (3) Jumlah prestasi non akademik tingkat nasional: isikan jumlah prestasi non akademik nasional (4) Keterangan prestasi non akademik tingkat nasional: isikan keterangan peringkat, tahun dan nama kegiatan non-akademik nasional yang diikuti (5) Jumlah prestasi non akademik tingkat internasional: isikan jumlah prestasi non akademik internasional (6) Keterangan prestasi non akademik tingkat internasional: isikan keterangan peringkat, tahun dan nama kegiatan non-akademik internasional yang diikuti. Setelah data diisi dengan lengkap, maka lanjutkan dengan mengklik Box Selanjutnya pada halaman sebelah kiri bawah. 8. Tampilan berikutnya adalah Step-6 seperti pada Gambar 8. Step 6-Data Prestasi Kelas Calon Penerima Beasiswa Data yang diminta untuk diisikan adalah: Prestasi Siswa Di Sekolah (1) Tahun Kelulusan : isikan tahun kelulusan, untuk peserta yang telah lulus satu tahun sebelumnya (alumni), data peringkat kelas wajib diisi secara keseluruhan (hingga kelas XII semester 2), sedangkan untuk peserta yang akan lulus pada tahun pendaftaran (siswa), data wajib diisi hingga kelas XII semester 1. (2) Peringkat Kelas X a. SEMESTER 1 : Isikan peringkat Saudara di kelas pada saat kelas X semester 1. Isikan jumlah siswa di kelas Saudara. Isikan rata-rata rapor dalam puluhan. Jika rerata nilai rapor Saudara dalam bentuk satuan maka ubah terlebih dahulu dalam bentuk puluhan. Contoh : 7,5 diubah menjadi 75 b. SEMESTER 2 : Isikan peringkat Saudara di kelas pada saat kelas X semester 2. Isikan jumlah siswa di kelas Saudara. Isikan rata-rata rapor dalam puluhan. Jika rerata nilai rapor Saudara dalam bentuk satuan maka ubah terlebih dahulu dalam bentuk puluhan. Contoh : 7,5 diubah menjadi 75

10 (3) Peringkat Kelas XI a. SEMESTER 1 : Isikan peringkat Saudara di kelas pada saat kelas XI semester 1. Isikan jumlah siswa di kelas Saudara. Isikan rata-rata rapor dalam puluhan. Jika rerata nilai rapor Saudara dalam bentuk satuan maka ubah terlebih dahulu dalam bentuk puluhan. Contoh : 7,5 diubah menjadi 75 b. SEMESTER 2 : Isikan peringkat Saudara di kelas pada saat kelas XI semester 2. Isikan jumlah siswa di kelas Saudara. Isikan rata-rata rapor dalam puluhan. Jika rerata nilai rapor Saudara dalam bentuk satuan maka ubah terlebih dahulu dalam bentuk puluhan. Contoh : 7,5 diubah menjadi 75 (4) Peringkat Kelas XII a. SEMESTER 1 : Isikan peringkat Saudara di kelas pada saat kelas XII semester 1. Isikan jumlah siswa di kelas Saudara. Isikan rata-rata rapor dalam puluhan. Jika rerata nilai rapor Saudara dalam bentuk satuan maka ubah terlebih dahulu dalam bentuk puluhan. Contoh : 7,5 diubah menjadi 75 b. SEMESTER 2 : Isikan peringkat Saudara di kelas pada saat kelas XII semester 2. Isikan jumlah siswa di kelas Saudara. Isikan rata-rata rapor dalam puluhan. Jika rerata nilai rapor Saudara dalam bentuk satuan maka ubah terlebih dahulu dalam bentuk puluhan. Contoh : 7,5 diubah menjadi 75 Gambar 8. Tampilan halaman Step-6 Pengisian SISBO Setelah data diisi dengan lengkap, maka lanjutkan dengan mengklik Box Selanjutnya pada halaman sebelah kiri bawah. 9. Tampilan berikutnya adalah Step-7 seperti pada Gambar 9. Step 7-Data Pilihan Program Studi Calon Penerima Beasiswa Data yang diminta diisikan pada step 7 adalah data pilihan program studi di Untan. Saudara dapat memilih 2 program studi. Data seluruh program studi yang terdapat di Untan yang dibiayai dengan beasiswa penuh outreaching, dapat Saudara lihat pada Menu Daftar Prodi. Dalam memilih program studi, Saudara harus memperhatikan ketentuan khusus beberapa Fakultas (Fak.), yakni: 1. Fak. Teknik hanya menerima siswa dari SMA Jurusan IPA dan SMK yang sesuai

11 2. Fak. Pertanian (Agroteknologi) hanya menerima siswa dari SMA jurusan IPA atau SPMA 3. Fak. KIP Jurusan Pendidikan MIPA (P. Matematika, P. Biologi, P. Fisika, dan P. Kimia) hanya menerima siswa dari SMA Jurusan IPA 4. Fak. Kehutanan hanya menerima siswa dari SMA jurusan IPA dan dari SMK dengan latar belakang kehutanan atau SPMA 5. Fak. MIPA hanya menerima siswa dari SMA jurusan IPA dan SMAK (Analis Kimia) 6. Fak. Kedokteran untuk program studi Pendidikan Dokter dan Ilmu Keperawatan hanya menerima siswa dari SMA Jurusan IPA, sedangkan program studi Farmasi hanya menerima siswa dari SMA Jurusan IPA, SMF atau SAA. Pada saat Saudara memilih program studi pada SISBO, pastikan bahwa program studi yang Saudara pilih sama dengan program studi yang tertera di Formulir Pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan Program Bidikmisi (yang nantinya dikumpulkan bersama berkas pendaftaran lain). Perbedaan jenis program studi yang Saudara pilih berakibat pada tidak diprosesnya berkas Saudara. Gambar. 9. Tampilan halaman Step-7 Pengisian SISBO Setelah selesai menginput data pada Step-7, klik box Selesai. Maka Saudara akan kembali ke halaman awal (home) seperti tampilan pada Gambar-1 maupun Gambar-10 di halaman berikut.

12 B. PERUBAHAN DATA SISBO Untuk dapat melakukan perubahan data, Saudara harus mengklik box Login. Gambar 10. Tampilan halaman depan SISBO setelah selesai mengisikan data Setelah mengklik box Login, maka saudara akan melihat tampilan Login, yang meminta Saudara untuk memasukkan kembali NISN dan password. Pastikan bahwa password yang saudara masukkan di sini adalah password yang saudara buat pada awal pendaftaran (Gambar 11). Bila Saudara lupa password Saudara, hubungi administrator SISBO melalui alamat yang tersedia di bagian menu kontak. Pendaftaran untuk NISN yang sama tidak berlaku, sehingga Saudara dapat kehilangan kesempatan mendaftar jika tidak dapat mengingat password Saudara. Gunakan ini untuk melihat alamat kontak administrator SISBO Untan Gambar 11. Tampilan halaman login Saat Saudara telah berhasil melakukan login, maka Saudara akan melihat tampilan seperti pada Gambar 12.

13 Gunakan untuk keluar (exit) Klik Step mana yang ingin Saudara rubah datanya Gambar 12. Tampilan halaman perubahan data Setelah berhasil memasuki halaman perubahan data, Saudara dapat melakukan perubahan data atau melengkapi data step 1 sampai dengan step 7. Pilihan step data yang akan diperbaiki terdapat pada panel sebelah kiri (pada gambar: dalam box merah). Bila misalnya Saudara akan melakukan perbaikan data step 1, maka klik panel Data Pribadi (dicontohkan dengan panah). Selanjutnya Saudara akan menjumpai tampilan perubahan data seperti pada Gambar 13. Gambar 13. Tampilan halaman perubahan data Step 1 Bila saudara masih belum yakin dengan pengisian data, dan masih ingin memperbaikinya, Saudara dapat melakukan logout (ditunjukkan dengan panah pada Gambar 12.). Selanjutnya Saudara dapat melakukan perubahan data dengan cara melakukan log in kembali dengan mengulangi langkah yang sama yang telah dijelaskan di atas. C. CETAK BUKTI PENDAFTARAN SISBO Bila saudara telah mengisikan semua data yang diminta, maka tombol cetak bukti akan muncul (Gambar 14). Bila saudara tidak menjumpainya, setelah melakukan perubahan data, terlebih dahulu lakukan logout, kemudian login kembali.

14 Gambar 14. Tampilan halaman data dengan fasilitas Cetak Bukti Bila saudara telah yakin mengisikan semua data dengan benar, maka klik tombol Cetak Bukti. Pada saat Saudara melakukan cetak bukti, saudara tidak dapat merubah kembali isian data SISBO saudara. Contoh kartu pendaftaran SISBO dapat dilihat pada Gambar 15. Gambar 15. Tampilan Kartu Pendaftaran SISBO ID Registrasi Anda adalah nomor pendaftaran Anda di SISBO dan bersifat unik dan hanya akan diberikan pada saat Anda mencetak bukti. Nomor ini tidak dapat dipindahtangankan pada peseta lain. Nomor ID Registrasi ini nantinya akan digunakan oleh tim seleksi dalam merujuk data Anda di SISBO. Setelah Saudara melakukan cetak bukti, maka Saudara telah terdaftar dalam Sistem Informasi Seleksi Beasiswa Outreaching (SISBO) Untan. Aplikasi Saudara akan diproses lebih lanjut apabila formulir aplikasi saudara (yang diisi secara manual; dapat diunduh pada halaman depan di box Berkas Pendaftaran ) dan dilengkapi dengan bukti yang diminta disertai dengan fotokopi cetakan bukti pendaftaran SISBO saudara telah diterima oleh Unit Comdev-Outreaching Untan.

Panduan Teknis Pengisian Sistem Informasi Seleksi Beasiswa Outreaching Untan

Panduan Teknis Pengisian Sistem Informasi Seleksi Beasiswa Outreaching Untan Panduan Teknis Pengisian Sistem Informasi Seleksi Beasiswa Outreaching Untan Dalam memulai melakukan pendaftaran SISBO secara online terlebih dahulu buka laman http://comdev-outreaching.untan.ac.id/sisbo.

Lebih terperinci

Panduan Pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan Program Bidikmisi Tahun Akademik 2015/2016

Panduan Pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan Program Bidikmisi Tahun Akademik 2015/2016 Panduan Pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan Program Tahun Akademik 2015/2016 Universitas Tanjungpura (Untan) menyediakan beasiswa penuh Outreaching Untan Program untuk tahun akademik 2015/2016

Lebih terperinci

DAFTAR CEK KELENGKAPAN BERKAS APLIKASI

DAFTAR CEK KELENGKAPAN BERKAS APLIKASI DAFTAR CEK KELENGKAPAN BERKAS APLIKASI PROGRAM PENERIMAAN MAHASISWA BARU CALON PENERIMA BEASISWA PENUH OUTREACHING UNTAN TAHUN 2014 PROGRAM BIDIK MISI DAN LAINNYA Tiga (3) lembar pasfoto berwarna terbaru

Lebih terperinci

PANDUAN TATA CARA PENGISIAN FORM PENDAFTARAN PMB ONLINE ISI YOGYAKARTA http://pmb.isi.ac.id Kolom Agenda Kolom AGENDA memuat agenda Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2017/2018 seperti jadwal pendaftaran

Lebih terperinci

User Manual Sistem Bidikmisi 2014 SISWA. User Manual Sistem Bidikmisi. Siswa

User Manual Sistem Bidikmisi 2014 SISWA. User Manual Sistem Bidikmisi. Siswa User Manual Sistem Bidikmisi Siswa Tahun 2014 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... i DAFTAR GAMBAR... ii PROSES PENDAFTARAN... 1 1. Login... 1 2. Dashboard... 2 3. Pelengkapan Data... 3 3.1. Biodata... 3 3.2. Akademik...

Lebih terperinci

PANDUAN PENGISIAN BEASISWA BIDIK MISI DAN UNGGAH DOKUMEN DIRI BIDIKMISI 2016 UIN WALISONGO

PANDUAN PENGISIAN BEASISWA BIDIK MISI DAN UNGGAH DOKUMEN DIRI BIDIKMISI 2016 UIN WALISONGO PANDUAN PENGISIAN BEASISWA BIDIK MISI DAN UNGGAH DOKUMEN DIRI BIDIKMISI 2016 UIN WALISONGO Berdasarkan Standar Operasional Prosedur Tata Cara dan Proses Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Walisongo Tahun 2016

Lebih terperinci

USER MANUAL SISTEM BIDIKMISI

USER MANUAL SISTEM BIDIKMISI USER MANUAL SISTEM BIDIKMISI SISWA Petunjuk teknis penggunaan sistem bidikmisi untuk siswa calon pendaftar bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id DAFTAR ISI DAFTAR ISI... i DAFTAR GAMBAR... ii PROSES PENDAFTARAN...1

Lebih terperinci

PETUNJUK TEKNIS PENGISIAN BIODATA CALON MAHASISWA BARU UNIVERSITAS NEGERI PADANG

PETUNJUK TEKNIS PENGISIAN BIODATA CALON MAHASISWA BARU UNIVERSITAS NEGERI PADANG PETUNJUK TEKNIS PENGISIAN BIODATA CALON MAHASISWA BARU UNIVERSITAS NEGERI PADANG Buka browser dan ketikkan alamat http://spmb.unp.ac.id/biodata sehingga muncul halaman seperti contoh di bawah pada halaman

Lebih terperinci

PANDUAN REGISTRASI ONLINE JALUR SNMPTN 2017

PANDUAN REGISTRASI ONLINE JALUR SNMPTN 2017 PANDUAN REGISTRASI ONLINE JALUR SNMPTN 2017 1. Setiap calon mahasiswa wajib melihat pengumuman final Uang Kuliah Tunggal di laman http://sidakma.unila.ac.id 2. Setiap calon mahasiswa WAJIB membayar Uang

Lebih terperinci

PETUNJUK SINGKAT PROGRAM BIDIKMISI 2013

PETUNJUK SINGKAT PROGRAM BIDIKMISI 2013 PETUNJUK SINGKAT PROGRAM BIDIKMISI 2013 DEFINISI Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan pada mahasiswa baru yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik. Proses perekrutan

Lebih terperinci

Petunjuk Teknis Penggunaan Sistem Pendaftaran Bidikmisi untuk Sekolah/Madrasah

Petunjuk Teknis Penggunaan Sistem Pendaftaran Bidikmisi untuk Sekolah/Madrasah Petunjuk Teknis Penggunaan Sistem Pendaftaran Bidikmisi untuk Sekolah/Madrasah Proses pendaftaran bidikmisi tahun 2013 diawali dengan mengakses sistem pendaftaran melalui laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id.

Lebih terperinci

Petunjuk Teknis Penggunaan Sistem Pendaftaran Bidikmisi untuk Siswa

Petunjuk Teknis Penggunaan Sistem Pendaftaran Bidikmisi untuk Siswa Petunjuk Teknis Penggunaan Sistem Pendaftaran Bidikmisi untuk Siswa Proses pendaftaran bidikmisi tahun 2013 diawali dengan mengakses sistem pendaftaran melalui laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id.

Lebih terperinci

PANDUAN PENGISIAN DATA DIRI DAN UNGGAH DOKUMEN DIRI MAHASISWA BARU JALUR SNMPTN 2017 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ( UIN ) WALISONGO SEMARANG

PANDUAN PENGISIAN DATA DIRI DAN UNGGAH DOKUMEN DIRI MAHASISWA BARU JALUR SNMPTN 2017 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ( UIN ) WALISONGO SEMARANG PANDUAN PENGISIAN DATA DIRI DAN UNGGAH DOKUMEN DIRI MAHASISWA BARU JALUR SNMPTN 2017 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ( UIN ) WALISONGO SEMARANG Berdasarkan edaran Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan

Lebih terperinci

PANDUAN PENGISIAN DATA DIRI DAN UNGGAH DOKUMEN DIRI MAHASISWA BARU JALUR SNMPTN 2015 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ( UIN ) WALISONGO SEMARANG

PANDUAN PENGISIAN DATA DIRI DAN UNGGAH DOKUMEN DIRI MAHASISWA BARU JALUR SNMPTN 2015 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ( UIN ) WALISONGO SEMARANG PANDUAN PENGISIAN DATA DIRI DAN UNGGAH DOKUMEN DIRI MAHASISWA BARU JALUR SNMPTN 2015 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ( UIN ) WALISONGO SEMARANG Berdasarkan edaran Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan

Lebih terperinci

PANDUAN PENGISIAN FORM PMB ONLINE ISI YOGYAKARTA

PANDUAN PENGISIAN FORM PMB ONLINE ISI YOGYAKARTA PANDUAN PENGISIAN FORM PMB ONLINE ISI YOGYAKARTA Kolom Agenda Kolom agenda memuat agenda Penerimaan Mahasiswa Baru Periode Semester Ganjil 2015/2016 seperti jadwal pendaftaran dan jadwal test. Klik pada

Lebih terperinci

USER MANUAL SISTEM BIDIKMISI

USER MANUAL SISTEM BIDIKMISI USER MANUAL SISTEM BIDIKMISI SEKOLAH Petunjuk teknis penggunaan sistem untuk sekolah bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id Daftar isi Daftar isi... 1 Daftar Gambar... 2 User Manual Sekolah... 3 1. Registrasi

Lebih terperinci

Pendaftaran Online Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara 2016/2017

Pendaftaran Online Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara 2016/2017 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA Pendaftaran Online Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara 2016/2017 Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Online UMSU 2016 Panduan Pendaftaran Online UMSU 2016/2017

Lebih terperinci

User Manual Sistem Bidikmisi. Sekolah

User Manual Sistem Bidikmisi. Sekolah User Manual Sistem Bidikmisi Sekolah Tahun 2014 Daftar isi Daftar isi... i Daftar Gambar... ii User Manual Sekolah... 1 1. Registrasi Sekolah... 1 1.1. Belum Terdaftar... 2 1.2. Sudah Terdaftar... 6 2.

Lebih terperinci

PANDUAN PENDAFTARAN SPAN-PTKIN 2015

PANDUAN PENDAFTARAN SPAN-PTKIN 2015 PANDUAN PENDAFTARAN SPAN-PTKIN 2015 PANITIA PELAKSANA SPAN-PTKIN 2015 DAFTAR ISI 1. Panduan Untuk Sekolah... 1 1.1. Pendaftaran Sekolah... 1 1.2. Login Sekolah... 5 1.3. Mengisi Jurusan dan Jumlah Siswa

Lebih terperinci

PANDUAN PENDAFTARAN PPDB ONLINE SMK NEGERI PROVINSI BANTEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAAN

PANDUAN PENDAFTARAN PPDB ONLINE SMK NEGERI PROVINSI BANTEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAAN PANDUAN PENDAFTARAN PPDB ONLINE SMK NEGERI PROVINSI BANTEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAAN 1. Buka web browser (Mozila Firefox, Google Chrome, Internet Explorer maupun lainnnya)

Lebih terperinci

PETUNJUK PENDAFTARAN PENELUSURAN MINAT DAN KEMAMPUAN (PMDK)

PETUNJUK PENDAFTARAN PENELUSURAN MINAT DAN KEMAMPUAN (PMDK) PETUNJUK PENDAFTARAN PENELUSURAN MINAT DAN KEMAMPUAN (PMDK) 2014 UNIVERSITAS KATOLIK PARAHYANGAN BANDUNG 2014 PETUNJUK PENGISIAN FORMULIR PENDAFTARAN PMDK ONLINE UNIVERSITAS KATOLIK PARAHYANGAN BANDUNG

Lebih terperinci

Gambar 4.63 Halaman Jenis Download (buat baru) (Admin)

Gambar 4.63 Halaman Jenis Download (buat baru) (Admin) 143 Gambar 4.63 Halaman Jenis Download (buat baru) (Admin) Gambar di atas merupakan halaman kategori download (buat baru). Pada menu kategori download (buat baru) diatas digunakan untuk menambahkan kategori

Lebih terperinci

PENGISIAN PDSS DAN PENDAFTARAN SNMPTN 2017

PENGISIAN PDSS DAN PENDAFTARAN SNMPTN 2017 PENGISIAN PDSS DAN PENDAFTARAN SNMPTN 2017 TAHAPAN SNMPTN TAHAPAN PELAKSANAAN SNMPTN 2017 Pengisian PDSS oleh Sekolah 14 Januari s.d. 10 Februari 2017 Finalisasi PDSS oleh Sekolah 14 Januari s.d. 10 Februari

Lebih terperinci

PANDUAN PENGISIAN DATA DIRI DAN UNGGAH DOKUMEN DIRI MAHASISWA BARU JALUR MANDIRI 2014 IAIN WALISONGO

PANDUAN PENGISIAN DATA DIRI DAN UNGGAH DOKUMEN DIRI MAHASISWA BARU JALUR MANDIRI 2014 IAIN WALISONGO PANDUAN PENGISIAN DATA DIRI DAN UNGGAH DOKUMEN DIRI MAHASISWA BARU JALUR MANDIRI 2014 IAIN WALISONGO Berdasarkan Standar Operasional Prosedur Tata Cara dan Proses Penerimaan Mahasiswa Baru Ujian Jalur

Lebih terperinci

TATA CARA / INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU GELOMBANG III UNIVERSITAS HANG TUAH TAHUN AKADEMIK 2015/2016 PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA

TATA CARA / INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU GELOMBANG III UNIVERSITAS HANG TUAH TAHUN AKADEMIK 2015/2016 PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA TATA CARA / INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU GELOMBANG III UNIVERSITAS HANG TUAH TAHUN AKADEMIK 2015/2016 PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA A. JALUR MASUK MAHASISWA BARU Sistem rekrutmen mahasiswa baru UHT

Lebih terperinci

SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) yang mempunyai NPSN dan telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.

SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) yang mempunyai NPSN dan telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar. Ketentuan Umum - SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/SMK/MA atau sederajat

Lebih terperinci

A. Langkah Awal Pendaftaran

A. Langkah Awal Pendaftaran A. Langkah Awal Pendaftaran Langkah 1 : Jalankan Program Firefox dengan cara klik Start Menu All Programs Mozilla Firefox Mozilla Firefox. Langkah 2 : Ketikkan Alamat Situs Web http://rekrutmen-tni.ilmci.com/

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI PENDAFTARAN ONLINE PESERTA DIDIK BARU

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI PENDAFTARAN ONLINE PESERTA DIDIK BARU PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI PENDAFTARAN ONLINE PESERTA DIDIK BARU SMP SMA SANTA URSULA BSD TAHUN PELAJARAN 2016 2017 DAFTAR ISI Masuk ke Halaman Pendaftaran Online (Login)... 2 Registrasi Kode Pendaftaran...

Lebih terperinci

PANDUAN PENDAFTARAN DAN UNGGAH DOKUMEN BEASISWA TAHFIDZ UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ( UIN ) WALISONGO SEMARANG

PANDUAN PENDAFTARAN DAN UNGGAH DOKUMEN BEASISWA TAHFIDZ UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ( UIN ) WALISONGO SEMARANG PANDUAN PENDAFTARAN DAN UNGGAH DOKUMEN BEASISWA TAHFIDZ UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ( UIN ) WALISONGO SEMARANG Gambar 1. Tampilan awal Sistem Pendaftaran Beasiswa On-Line Berikut panduan input data dan unggah

Lebih terperinci

SURAT PERMOHONAN CALON PESERTA DIDIK MENGIKUTI JALUR PRESTASI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SURAT PERMOHONAN CALON PESERTA DIDIK MENGIKUTI JALUR PRESTASI TAHUN PELAJARAN 2015/2016 FORM 1 Kepada Yth. Kepala SMA Negeri 2 Demak SURAT PERMOHONAN CALON PESERTA DIDIK MENGIKUTI JALUR PRESTASI TAHUN PELAJARAN 2015/2016 c.q. Panitia PPDB Jalur Prestasi SMA Negeri 2 Demak Yang bertanda tangan

Lebih terperinci

PANDUAN PENDAFTARAN KEMBALI

PANDUAN PENDAFTARAN KEMBALI KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA Jalan Udayana Singaraja Bali Telp. ( 0362 ) 22570, Fax ( 0362 ) 25735 Kode Post 81116 Laman: www.undiksha.ac.id PANDUAN

Lebih terperinci

yang ditentukan oleh perguruan tinggi. perguruan tinggi. persyaratan yang ditentukan Universitas Jember.

yang ditentukan oleh perguruan tinggi. perguruan tinggi. persyaratan yang ditentukan Universitas Jember. Pada Tahun 2015, SNMPTN dilaksanakan melalui jalur Penelusuran Prestasi Akademik dengan menggunakan nilai rapor dan portofolio akademik sebagai dasar penerimaan mahasiswa baru. SNMPTN digunakan untuk menyeleksi

Lebih terperinci

LAMPIRAN II FORMULIR ISIAN

LAMPIRAN II FORMULIR ISIAN 1. FORMULIR REKOMENDASI KEPALA SEKOLAH / MADRASAH PETUNJUK PENGISIAN FORMULIR LAMPIRAN II FORMULIR ISIAN 1. Isikan dengan ball point tinta hitam dan huruf kapital / diketik komputer. Tulisan harus jelas

Lebih terperinci

CBT dan PBT. PANDUAN PENDAFTARAN SELEKSI MANDIRI S1 DAN D3 UJIAN TULIS ( Utul) H a l a m a n 2 18

CBT dan PBT. PANDUAN PENDAFTARAN SELEKSI MANDIRI S1 DAN D3 UJIAN TULIS ( Utul) H a l a m a n 2 18 H a l a m a n 1 18 PANDUAN PENDAFTARAN SELEKSI MANDIRI S1 DAN D3 UJIAN TULIS ( Utul) 2017 CBT dan PBT INFORMASI UMUM... 3 KETENTUAN PENDAFTAR... 3 DOKUMEN YANG DIPERSIAPKAN... 4 LANGKAH PENDAFTARAN...

Lebih terperinci

PANDUAN PENGISIAN FORMULIR PENDAFTARAN BEASISWA ONLINE UNIVERSITAS HASANUDDIN

PANDUAN PENGISIAN FORMULIR PENDAFTARAN BEASISWA ONLINE UNIVERSITAS HASANUDDIN Hal-Hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pendaftaran Online Beasiswa Unhas : 1. Menyiapkan file Foto Formal Berwarna (siap upload) dengan Ukuran 4cm x 6cm dan kapasitas file maksimal 100 Kb. 2.

Lebih terperinci

FORMULIR CALON MAHASISWA PROGRAM BEASISWA PRESTASI TAHUN AKADEMIK 2012/2013

FORMULIR CALON MAHASISWA PROGRAM BEASISWA PRESTASI TAHUN AKADEMIK 2012/2013 FORMULIR CALON MAHASISWA PROGRAM BEASISWA PRESTASI TAHUN AKADEMIK 2012/2013 POLITEKNIK MANUFAKTUR ASTRA Kampus: Komplek Astra International Gedung B Jl. Gaya Motor Raya No.8 Sunter II, Jakarta Utara 14330

Lebih terperinci

PANDUAN STEP-BY-STEP PPDB ONLINE SMA NEGERI 1 LASUSUA TAHUN 2016

PANDUAN STEP-BY-STEP PPDB ONLINE SMA NEGERI 1 LASUSUA TAHUN 2016 PANDUAN STEP-BY-STEP PPDB ONLINE SMA NEGERI LASUSUA TAHUN 06 PPDB Online SMA Negeri Lasusua Tahun 06 adalah salah satu terobosan Pemerintah Daerah Kolaka Utara pada umumnya dan stakeholder di SMA Negeri

Lebih terperinci

PANDUAN SELEKSI MAHASISWA BARU JALUR PMDK BIDIKMISI 2016 Untuk Siswa

PANDUAN SELEKSI MAHASISWA BARU JALUR PMDK BIDIKMISI 2016 Untuk Siswa PANDUAN SELEKSI MAHASISWA BARU JALUR PMDK BIDIKMISI 2016 Untuk Siswa RINGKASAN Dokumen ini berisi panduan bagi siswa untuk mengikuti seleksi mahasiswa baru jalur PMDK Bidikmisi Polban Tahun 2016. Panitia

Lebih terperinci

PANDUAN PENDAFTARAN KEMBALI

PANDUAN PENDAFTARAN KEMBALI KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA Jalan Udayana Singaraja Bali Telp. ( 0362 ) 22570, Fax ( 0362 ) 25735 Kode Post 81116 Laman: www.undiksha.ac.id PANDUAN

Lebih terperinci

MANUAL PROCEDURE PETUNJUK PENGOPERASIAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK. Pengguna: Mahasiswa

MANUAL PROCEDURE PETUNJUK PENGOPERASIAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK. Pengguna: Mahasiswa MANUAL PROCEDURE PETUNJUK PENGOPERASIAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK Pengguna: Mahasiswa UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2008 PENDAHULUAN Sistem Informasi Akademik dibangun untuk memudahkan struktur pengelolaan data

Lebih terperinci

FORMULIR PENDAFTARAN PROGRAM BIDIKMISI KEMENTERIAN RISET TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI 2016 (formulir diisi dengan huruf kapital)

FORMULIR PENDAFTARAN PROGRAM BIDIKMISI KEMENTERIAN RISET TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI 2016 (formulir diisi dengan huruf kapital) I. DATA DIRI 1. NAMA LENGKAP : FORMULIR PENDAFTARAN PASFOTO TERBARU 3 x 4 2. JENIS KELAMIN : 1. Laki Laki; 2. Perempuan 3. AGAMA : 1. Islam; 2. Protestan; 3. Katolik; 4. Hindu; 5. Buddha; 6. Konghucu 4.

Lebih terperinci

TATA CARA / INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS HANG TUAH TAHUN AKADEMIK 2016/2017 PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA

TATA CARA / INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS HANG TUAH TAHUN AKADEMIK 2016/2017 PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA TATA CARA / INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS HANG TUAH TAHUN AKADEMIK 2016/2017 PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA A. JALUR MASUK MAHASISWA BARU Sistem rekrutmen mahasiswa baru UHT dilakukan melalui

Lebih terperinci

1. Laki - Laki ; 2. Perempuan 1. Islam ; 2. Protestan ; 3. Katolik ; 4. Hindu ; 5. Buddha ; 6. Konghucu. - - Tanggal - Bulan - Tahun

1. Laki - Laki ; 2. Perempuan 1. Islam ; 2. Protestan ; 3. Katolik ; 4. Hindu ; 5. Buddha ; 6. Konghucu. - - Tanggal - Bulan - Tahun 7 1. Laki - Laki ; 2. Perempuan 1. Islam ; 2. Protestan ; 3. Katolik ; 4. Hindu ; 5. Buddha ; 6. Konghucu - - Tanggal - Bulan - Tahun - (Kode wilayah-no telepon) 1. PNS ; 2. Peg. Swasta ; 3. Wirausaha

Lebih terperinci

Berdasarkan ac.id.

Berdasarkan   ac.id. SNMPTN Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010

Lebih terperinci

PETUNJUK PENDAFTARAN PENELUSURAN MINAT DAN KEMAMPUAN (PMDK) 2017

PETUNJUK PENDAFTARAN PENELUSURAN MINAT DAN KEMAMPUAN (PMDK) 2017 PETUNJUK PENDAFTARAN PENELUSURAN MINAT DAN KEMAMPUAN (PMDK) 2017 UNIVERSITAS KATOLIK PARAHYANGAN BANDUNG PETUNJUK PENGISIAN FORMULIR PENDAFTARAN PMDK VIA WEBSITE UNIVERSITAS KATOLIK PARAHYANGAN BANDUNG

Lebih terperinci

TINGGI NEGERI SNMPTN 2013 PANITIA SPMB UNIVERSITAS SEBELAS MARET (UNS) SURAKARTA TAHUN 2013

TINGGI NEGERI SNMPTN 2013 PANITIA SPMB UNIVERSITAS SEBELAS MARET (UNS) SURAKARTA TAHUN 2013 SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI SNMPTN 2013 PANITIA SPMB UNIVERSITAS SEBELAS MARET (UNS) SURAKARTA TAHUN 2013 PeraturanPemerintahNo. 66 Th2010 Penerimaan mahasiswa baru di PTN dilaksanakan

Lebih terperinci

FORMULIR CALON MAHASISWA PROGRAM BEASISWA PRESTASI ASTRA TAHUN AKADEMIK 2014/2015

FORMULIR CALON MAHASISWA PROGRAM BEASISWA PRESTASI ASTRA TAHUN AKADEMIK 2014/2015 FORMULIR CALON MAHASISWA PROGRAM BEASISWA PRESTASI ASTRA TAHUN AKADEMIK 2014/2015 POLITEKNIK MANUFAKTUR ASTRA Kampus: Komplek Astra International Gedung B Jl. Gaya Motor Raya No.8 Sunter II, Jakarta Utara

Lebih terperinci

5. Klik Formulir Pendaftaran pada bagian bawah atau menu Pendaftaran pada bagian atas, setelah itu tampil halaman berikut :

5. Klik Formulir Pendaftaran pada bagian bawah atau menu Pendaftaran pada bagian atas, setelah itu tampil halaman berikut : Panduan Pendaftaran SNMPTN SMAN 1 Gadingrejo 2015 1. Buka Google Chrome, inget Google Chrome bukan yang lain! 2. Pada addres bar ketik alamat berikut https://web.snmptn.ac.id/siswa/login 3. Kemudian akan

Lebih terperinci

User Guide. System Sertifikasi LSP TIK Indonesia LSP TIK INDONESIA

User Guide. System Sertifikasi LSP TIK Indonesia LSP TIK INDONESIA User Guide System Sertifikasi LSP TIK Indonesia LSP TIK INDONESIA DAFTAR ISI 1. Registrasi Akun... 2 2. Forgot Password... 8 3. Daftar Asesmen... 13 4. Asesmen Mandiri... 17 5. Pemeliharaan Sertifikat...

Lebih terperinci

PANITIA SNMPTN /24/2014 SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2014 PERSYARATAN PENERIMAAN PERSYARATAN PENDAFTARAN

PANITIA SNMPTN /24/2014 SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2014 PERSYARATAN PENERIMAAN PERSYARATAN PENDAFTARAN SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2014 SISTEM penerimaan mahasiswa baru ptn 2014 SNMPTN BERDASAR PRESTASI AKADEMIK SISWA (RAPOR, UN DAN PRESTASI LAINNYA) BIAYA DITANGGUNG PEMERINTAH

Lebih terperinci

PANDUAN PMB ISBI BANDUNG DESKRIPSI DOKUMEN PANDUAN PMB ISBI BANDUNG TAHUN Sekretariat Pelaksana Penerimaan Mahasiswa Baru (P3MB) ISBI Bandung

PANDUAN PMB ISBI BANDUNG DESKRIPSI DOKUMEN PANDUAN PMB ISBI BANDUNG TAHUN Sekretariat Pelaksana Penerimaan Mahasiswa Baru (P3MB) ISBI Bandung DESKRIPSI DOKUMEN PANDUAN PMB ISBI BANDUNG TAHUN 2017 Sekretariat Pelaksana Penerimaan Mahasiswa Baru (P3MB) ISBI Bandung PANDUAN PMB ISBI BANDUNG PMB ONLINE DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 1 I. WEBSITE PMB ISBI

Lebih terperinci

Kementerian Kesehatan RI Politeknik Kesehatan Jakarta III. Tata Cara Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur PMDP Tahun 2016

Kementerian Kesehatan RI Politeknik Kesehatan Jakarta III. Tata Cara Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur PMDP Tahun 2016 Kementerian Kesehatan RI Politeknik Kesehatan Jakarta III Tata Cara Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur PMDP Tahun 2016 TATA CARA PENDAFTARAN 1. Pendaftaran penerimaan mahasiswa baru jalur PMDP

Lebih terperinci

PANDUAN SELEKSI MAHASISWA BARU JALUR PMDK AKADEMIK 2016 Untuk Siswa

PANDUAN SELEKSI MAHASISWA BARU JALUR PMDK AKADEMIK 2016 Untuk Siswa PANDUAN SELEKSI MAHASISWA BARU JALUR PMDK AKADEMIK 2016 Untuk Siswa RINGKASAN Dokumen ini berisi panduan bagi siswa untuk mengikuti seleksi mahasiswa baru jalur PMDK Akademik Polban Tahun 2016. Panitia

Lebih terperinci

DINAS PENDIDIKAN KOTA SEMARANG PPD ONLINE 2010 KOTA SEMARANG

DINAS PENDIDIKAN KOTA SEMARANG PPD ONLINE 2010 KOTA SEMARANG DINAS PENDIDIKAN KOTA SEMARANG PPD ONLINE 2010 KOTA SEMARANG PENDAFTARAN ONLINE CALON PESERTA DIDIK DALAM KOTASEMARANG TAHUN LULUS SEBELUM 2010 1. Akses situs publik PPD Online 2010 Kota Semarang pada

Lebih terperinci

PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI, KEBIDANAN DAN KESEHATAN LINGKUNGAN POLITEKNIK BANJARNEGARA TAHUN AKADEMIK

PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI, KEBIDANAN DAN KESEHATAN LINGKUNGAN POLITEKNIK BANJARNEGARA TAHUN AKADEMIK PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI, KEBIDANAN DAN KESEHATAN LINGKUNGAN POLITEKNIK BANJARNEGARA TAHUN AKADEMIK 2014/2015 Melalui PROGRAM PENELUSURAN MINAT DAN KEMAMPUAN (PMDK) I. Program

Lebih terperinci

Panduan Pendaftaran dan Pengisian Formulir Jalur PMDP-GAKIN

Panduan Pendaftaran dan Pengisian Formulir Jalur PMDP-GAKIN Panduan Pendaftaran dan Pengisian Formulir Jalur PMDP-GAKIN 1. Langkah pertama Calon Pendaftar mengirimkan berkas : a. Surat Keterangan miskin dari kelurahan (asli) dan /atau Surat Keterangan mendapat

Lebih terperinci

1. NAMA LENGKAP : 2. JENIS KELAMIN : 1. Laki laki; 2. Perempuan. 3. AGAMA : 1. Islam; 2. Protestan; 3. Katolik; 4. Hindu; 5. Budha; 6.

1. NAMA LENGKAP : 2. JENIS KELAMIN : 1. Laki laki; 2. Perempuan. 3. AGAMA : 1. Islam; 2. Protestan; 3. Katolik; 4. Hindu; 5. Budha; 6. FORMULIR PENDAFTARAN PROGRAM BIDIKMISI DIKTI KEMDIKBUD 2013 POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN TAHUN AKADEMIK 2013/2014 (formulir diisi dengan huruf kapital) Pas Foto Terbaru 3 x 4 I. DATA DIRI 1. NAMA LENGKAP

Lebih terperinci

LAMPIRAN 2 : FORMULIR PENDAFTARAN PROGRAM BIDIK MISI DIKTI KEMDIKNAS 2011 (formulir diisi dengan huruf kapital)

LAMPIRAN 2 : FORMULIR PENDAFTARAN PROGRAM BIDIK MISI DIKTI KEMDIKNAS 2011 (formulir diisi dengan huruf kapital) I. DATA DIRI 1. NAMA LENGKAP : LAMPIRAN 2 : FORMULIR PENDAFTARAN PASFOTO TERBARU 3 x 4 2. JENIS KELAMIN : 1. Laki Laki; 2. Perempuan 3. AGAMA : 1. Islam; 2. Protestan; 3. Katolik; 4. Hindu; 5. Buddha;

Lebih terperinci

SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) PANITIA PELAKSANA SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI TAHUN 2013

SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) PANITIA PELAKSANA SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI TAHUN 2013 SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) PANITIA PELAKSANA SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI TAHUN 2013 Riwayat SNMPTN Seleksi Rapor Seleksi Ujian Tulis 2013 SNMPTN x SBM-PTN

Lebih terperinci

INFORMASI PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU SMAMDA SIDOARJO TAHUN AJARAN 2017/2018

INFORMASI PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU SMAMDA SIDOARJO TAHUN AJARAN 2017/2018 INFORMASI PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU SMAMDA SIDOARJO TAHUN AJARAN 2017/2018 A. Peminatan 1. Peminatan program studi yang ditawarkan kepada calon siswa baru : a. Peminatan Ilmu Bahasa dan Budaya (IBB)

Lebih terperinci

Panduan Pendaftaran Seleksi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2014/2015 POLITEKNIK NEGERI BANDUNG

Panduan Pendaftaran Seleksi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2014/2015 POLITEKNIK NEGERI BANDUNG Panduan Pendaftaran Seleksi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2014/2015 POLITEKNIK NEGERI BANDUNG Daftar Isi HAL - HAL YANG WAJIB DIKETAHUI OLEH PENDAFTAR:... 1 LAMAN UTAMA http://smb.polban.ac.id... 3 Laman

Lebih terperinci

FORMULIR PENDAFTARAN JALUR PENELUSURAN MINAT DAN BAKAT POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN TAHUN AKADEMIK 2013/2014 (formulir diisi dengan huruf kapital)

FORMULIR PENDAFTARAN JALUR PENELUSURAN MINAT DAN BAKAT POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN TAHUN AKADEMIK 2013/2014 (formulir diisi dengan huruf kapital) FORMULIR PENDAFTARAN JALUR PENELUSURAN MINAT DAN BAKAT POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN TAHUN AKADEMIK 2013/2014 (formulir diisi dengan huruf kapital) Pas Foto Terbaru 3 x 4 I. DATA DIRI 1. NAMA LENGKAP :

Lebih terperinci

BUKU PETUNJUK PENGOPERASIAN APLIKASI PMDK-PN (Untuk Sekolah)

BUKU PETUNJUK PENGOPERASIAN APLIKASI PMDK-PN (Untuk Sekolah) 2015 BUKU PETUNJUK PENGOPERASIAN APLIKASI PMDK-PN (Untuk Sekolah) PANITIA PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR PMDK POLITEKNIK NEGERI Daftar Isi Daftar Isi...2 1. Petunjuk Umum PMDK-PN...3 1.1. Login Sekolah...3

Lebih terperinci

Daftar Isi. Login Sekolah... 2 Informasi Sekolah... 6 Data Siswa... 9 Data Prestasi Siswa Informasi Hasil Seleksi

Daftar Isi. Login Sekolah... 2 Informasi Sekolah... 6 Data Siswa... 9 Data Prestasi Siswa Informasi Hasil Seleksi Daftar Isi Daftar Isi Login Sekolah... 2 Informasi Sekolah... 6 Data Siswa... 9 Data Prestasi Siswa... 13 Informasi Hasil Seleksi... 16 Halaman 1 dari 17 1. Login Sekolah Requirement 1) Sekolah yang memiliki

Lebih terperinci

PANDUAN PENDAFTARAN SNMPTN 2016

PANDUAN PENDAFTARAN SNMPTN 2016 PANDUAN PENDAFTARAN SNMPTN 2016 Untuk Siswa RINGKASAN Dokumen ini berisi panduan pendaftaran SNMPTN 2016 yang harus dilakukan oleh siswa Panitia Pelaksanan SNMPTN 2016 Februari 2016 DAFTAR ISI Pendahuluan...

Lebih terperinci

Panduan Pendaftaran dan Pengisian Formulir Jalur PMDP 1. Langkah pertama Calon Pendaftar mengirimkan berkas : a. Surat Keterangan miskin dari kelurahan (asli) dan /atau Surat Keterangan mendapat beasiswa

Lebih terperinci

SOSIALISASI SNMPTN 2014

SOSIALISASI SNMPTN 2014 UNIVERSITAS ANDALAS SOSIALISASI SNMPTN 2014 1 SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) UU 12/2012 PP 66/ 2010 LANDA- SAN HUKUM SNMPTN PP 32/2013 PERMEN DIKBUD 34/2010 UU-PT No. 12 /2012

Lebih terperinci

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNJANI PROGRAM SARJANA DAN DIPLOMA-3 TAHUN 2015

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNJANI PROGRAM SARJANA DAN DIPLOMA-3 TAHUN 2015 I. PENDAHULUAN PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNJANI PROGRAM SARJANA DAN DIPLOMA-3 TAHUN 2015 Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) dilakukan secara online melalui web

Lebih terperinci

Informasi Umum SNMPTN 2016

Informasi Umum SNMPTN 2016 Latar Belakang Informasi Umum SNMPTN 2016 Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip adil, akuntabel, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras,

Lebih terperinci

PANDUAN PESERTA JMU 2011

PANDUAN PESERTA JMU 2011 PANDUAN PESERTA JMU 2011 PANITIA PELAKSANA JALUR MANDIRI UNSYIAH (JMU) TAHUN 2011 DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL...1 DAFTAR ISI...2 KATA PENGANTAR...3 A. Dekripsi Seleksi Jalur Masuk Mandiri Unsyiah (JMU) Tahun

Lebih terperinci

FORMULIR PENDAFTARAN POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN TAHUN AKADEMIK 2015/2016 (formulir diisi dengan huruf kapital)

FORMULIR PENDAFTARAN POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN TAHUN AKADEMIK 2015/2016 (formulir diisi dengan huruf kapital) FORMULIR PENDAFTARAN POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN TAHUN AKADEMIK 2015/2016 (formulir diisi dengan huruf kapital) Pas Foto Terbaru 3 x 4 I. DATA DIRI 1. NAMA LENGKAP : 2. JENIS KELAMIN : 1. Laki laki; 2.

Lebih terperinci

B. PEMBAYARAN BIAYA PENDIDIKAN

B. PEMBAYARAN BIAYA PENDIDIKAN LAMPIRAN II KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ANDALAS NOMOR : 637/XIV/A/Unand-2016 TANGGAL : 28 Juni 2016 TENTANG : TATA CARA PENDAFTARAN CALON MAHASISWA BARU UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN AKADEMIK 2016/2017 MELALUI

Lebih terperinci

PBSB Kementerian Agama RI Government Office Jalan Lapangan Banteng Barat No. 3 4 (021)

PBSB Kementerian Agama RI Government Office Jalan Lapangan Banteng Barat No. 3 4 (021) 1 PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI PBSB 2016 Buku Petunjuk Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi Kementrian Agama RI Tahun 2016 http://103.7.12.157/pendaftaran/ Kementerian Agama RI Government Office

Lebih terperinci

SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2014 PANITIA SNMPTN 2014 DENPASAR, 9 DESEMBER 2014

SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2014 PANITIA SNMPTN 2014 DENPASAR, 9 DESEMBER 2014 SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2014 PANITIA SNMPTN 2014 DENPASAR, 9 DESEMBER 2014 UU 12/2012 PP 66/ 2010 LANDA- SAN HUKUM SNMPTN PP 32/2013 PERMEND IKBUD 34/2010 UU-PT No.

Lebih terperinci

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI Manual Guide Aplikasi Registrasi Online Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI Panduan Penggunaan Bagi Admin Prodi Hal 2 dari 15 halaman 1. Pendahuluan

Lebih terperinci

PEDOMAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU POLITEKNIK NEGERI TANAH LAUT TA. 2017/2018

PEDOMAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU POLITEKNIK NEGERI TANAH LAUT TA. 2017/2018 PEDOMAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU POLITEKNIK NEGERI TANAH LAUT TA. 2017/2018 POLITEKNIK NEGERI TANAH LAUT Jl. A.Yani Km 6 Desa Panggung Kec. Pelaihari Kab. Tanah Laut Kalimantan Selatan 70815 Telp:0512-2021065

Lebih terperinci

Sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN 2011)

Sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN 2011) Sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN 2011) Landasan Hukum Peraturan Pemerintah No. 66 Tahun 2010 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan

Lebih terperinci

PANDUAN PENDAFTARAN SELEKSI MASUK JALUR UJIAN TULIS TAHUN AKADEMIK 2016/2017 POLITEKNIK NEGERI BANDUNG

PANDUAN PENDAFTARAN SELEKSI MASUK JALUR UJIAN TULIS TAHUN AKADEMIK 2016/2017 POLITEKNIK NEGERI BANDUNG PANDUAN PENDAFTARAN SELEKSI MASUK JALUR UJIAN TULIS TAHUN AKADEMIK 2016/2017 POLITEKNIK NEGERI BANDUNG Daftar Isi KETENTUAN UMUM... 1 LAMAN UTAMA http://smb.polban.ac.id... 5 Laman Prosedur Daftar... 5

Lebih terperinci

Panduan Pengisian PDSS dan Pendaftaran Pendaftaran SPAN PTKIN Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2017

Panduan Pengisian PDSS dan Pendaftaran Pendaftaran SPAN PTKIN Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2017 Panduan Pengisian PDSS dan Pendaftaran Pendaftaran SPAN PTKIN 2017 Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2017 Kontak Agenda SPAN PTKIN 2017 Pengisian Pendaftara Seleksi Pengumuman Daftar Ulang PDSS

Lebih terperinci

SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2014 PANITIA SNMPTN 2014 DENPASAR, 9 DESEMBER /9/2014 UU 12/2012 PP 32/2013

SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2014 PANITIA SNMPTN 2014 DENPASAR, 9 DESEMBER /9/2014 UU 12/2012 PP 32/2013 SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2014 PANITIA SNMPTN 2014 DENPASAR, 9 DESEMBER 2014 UU 12/2012 PP 66/ 2010 LANDA- SAN HUKUM SNMPTN PP 32/2013 PERMEND IKBUD 34/2010 1 UU-PT

Lebih terperinci

PENGUMUMAN Nomor : / Peng / 2013

PENGUMUMAN Nomor : / Peng / 2013 PENGUMUMAN Nomor : / Peng / 2013 Berdasarkan Pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun Akademik 2013/2014, bagi siswa yang diterima di Universitas Brawijaya diwajibkan

Lebih terperinci

LAMPIRAN II KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ANDALAS

LAMPIRAN II KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ANDALAS LAMPIRAN II KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ANDALAS NOMOR : 595/XIV/A/Unand-2015 TANGGAL : 9 Juli 2015 TENTANG : TATA CARA PENDAFTARAN CALON MAHASISWA BARU UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN AKADEMIK 2015/2016 MELALUI

Lebih terperinci

Lampiran 2. PANDUAN PENGISIAN BORANG PENDAFTARAN ELEKTRONIK (e-pdf)

Lampiran 2. PANDUAN PENGISIAN BORANG PENDAFTARAN ELEKTRONIK (e-pdf) Lampiran 2. PANDUAN PENGISIAN BORANG PENDAFTARAN ELEKTRONIK (e-pdf) 1. TATA CARA PENDAFTARAN ONLINE a. Setelah mendapatkan KAP dan PIN SBMPTN 2013, buka laman http://ujian.sbmptn.or.id, bacalah petunjuk

Lebih terperinci

LAMPIRAN II. FORMULIR ISIAN

LAMPIRAN II. FORMULIR ISIAN LAMPIRAN II. FORMULIR ISIAN 1. FORMULIR REKOMENDASI KEPALA SEKOLAH / MADRASAH PETUNJUK PENGISIAN FORMULIR 1. Isikan dengan ball point hitam dan huruf kapital / diketik komputer. Tulisan harus jelas dan

Lebih terperinci

Launching SPAN : 10 Pebruari 2016 Pengisian PDSS : 24 Februari 31 Maret 2016 Pendaftaran & Cetak kartu : 9 Maret 30 April 2016 Proses Seleksi : 6 19

Launching SPAN : 10 Pebruari 2016 Pengisian PDSS : 24 Februari 31 Maret 2016 Pendaftaran & Cetak kartu : 9 Maret 30 April 2016 Proses Seleksi : 6 19 Launching SPAN : 10 Pebruari 2016 Pengisian PDSS : 24 Februari 31 Maret 2016 Pendaftaran & Cetak kartu : 9 Maret 30 April 2016 Proses Seleksi : 6 19 Mei 2016 Pengumuman Hasil Seleksi : 23 Mei 2016 Registrasi

Lebih terperinci

FORMULIR PENDAFTARAN

FORMULIR PENDAFTARAN UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA Jl. Babarsari 44 Yogyakarta 55281 Kotak Pos 1086 Telp. (0274) 487711 (hunting) Ext. 2222/2131, Hp.085290002222, E-mail : admisi@mail.uajy.ac.id FORMULIR PENDAFTARAN PENERIMAAN

Lebih terperinci

Pertanyaan Silahkan Hubungi Kami di Telp. 0711-373104, Email: sipenmaru@poltekkespalembang.ac.id atau Facebook: www.facebook.com/poltekkes.

Pertanyaan Silahkan Hubungi Kami di Telp. 0711-373104, Email: sipenmaru@poltekkespalembang.ac.id atau Facebook: www.facebook.com/poltekkes. Pertanyaan Silahkan Hubungi Kami di Telp. 0711-373104, Email: sipenmaru@poltekkespalembang.ac.id atau Facebook: www.facebook.com/poltekkes.palembang PENJELASAN RINCI MEKANISME ALUR PENDAFTARAN Langkah

Lebih terperinci

PANDUAN PENDAFTARAN SM-SBMPTN UNY 2017

PANDUAN PENDAFTARAN SM-SBMPTN UNY 2017 H a l a m a n 1 16 PANDUAN PENDAFTARAN SM-SBMPTN UNY 2017 INFORMASI UMUM... 2 JADWAL... 2 DOKUMEN YANG DISIAPKAN... 3 PEGAMBILAN KODE PENDAFTARAN... 4 TATA CARA PEMBAYARAN DI BANK... 7 PENGISIAN FORMULIR

Lebih terperinci

PANDUAN SINGKAT SISTEM INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA (SIAM UB) BAGI ORANG TUA MAHASISWA

PANDUAN SINGKAT SISTEM INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA (SIAM UB) BAGI ORANG TUA MAHASISWA PANDUAN SINGKAT SISTEM INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA (SIAM UB) BAGI ORANG TUA MAHASISWA PPTI UB 2012 Panduan SIAM UB bagi Orang Tua/Wali Mahasiswa SIAM UB (Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Universitas

Lebih terperinci

PANDUAN PELAMAR. 1. Ruang Lingkup. 2. Petunjuk Umum

PANDUAN PELAMAR. 1. Ruang Lingkup. 2. Petunjuk Umum PANDUAN PELAMAR 1. Ruang Lingkup Tahun ini BPS mengadakan kembali penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dengan formasi 2013. Seperti tahun sebelumnya, tahun ini pendaftaran CPNS BPS juga dilakukan

Lebih terperinci

31 Maret 2017 Lampiran : 1 (satu) gabung. Penelusuran Minat dan Bakat Tahun 2017

31 Maret 2017 Lampiran : 1 (satu) gabung. Penelusuran Minat dan Bakat Tahun 2017 KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS PENDIDIKANN GANESHA Alamat : Jalan Udayana Singaraja Telp. (0362) 22570 Fax. (0362) 25735 Website: www.undiksha.ac.idd Email:humas@undiksha.ac.id

Lebih terperinci

PANDUAN PENDAFTARAN PESERTA PROGRAM PPG PRAJABATAN SARJANA MENDIDIK DI DAERAH TERDEPAN, TERLUAR, DAN TERTINGGAL (SM-3T) TAHUN 2012

PANDUAN PENDAFTARAN PESERTA PROGRAM PPG PRAJABATAN SARJANA MENDIDIK DI DAERAH TERDEPAN, TERLUAR, DAN TERTINGGAL (SM-3T) TAHUN 2012 PANDUAN PENDAFTARAN PESERTA PROGRAM PPG PRAJABATAN SARJANA MENDIDIK DI DAERAH TERDEPAN, TERLUAR, DAN TERTINGGAL (SM-3T) TAHUN 2012 A. Akses Sistem Sistem pendaftaran calon peserta SM-3T dapat diakses melalui

Lebih terperinci

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pendaftaran Akun Member Dengan model sistem online ini, perusahaan wajib mendaftarkan petugas/pic untuk mendapatkan akun member, melakukan proses pendaftaran perusahaan, dan permohonan layanan lebih lanjut.

Lebih terperinci

Panduan Pengisian Formulir Online Peserta JMU

Panduan Pengisian Formulir Online Peserta JMU KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KULA DARUSSALAM BANDA ACEH www.jmu.unsyiah.ac.id www.unsyiah.ac.id Panduan Pengisian Formulir Online Peserta JMU PANITIA PELAKSANA JALUR MANDIRI

Lebih terperinci

Panduan Pendaftaran SNMPTN 2011 Jalur Undangan pada Laman

Panduan Pendaftaran SNMPTN 2011 Jalur Undangan pada Laman Panduan Pendaftaran SNMPTN 2011 Jalur Undangan pada Laman http://undangan.snmptn.ac.id I. PERSIAPAN Pendaftaran SNMPTN 2011 Jalur Undangan dilakukan secara online. Pendaftaran menggunakan komputer yang

Lebih terperinci

FORMULIR PENDAFTARAN JALUR UJIAN TULIS (NASIONAL) POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN TAHUN AKADEMIK 2013/2014 (formulir diisi dengan huruf kapital)

FORMULIR PENDAFTARAN JALUR UJIAN TULIS (NASIONAL) POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN TAHUN AKADEMIK 2013/2014 (formulir diisi dengan huruf kapital) Lembar 1 FORMULIR PENDAFTARAN JALUR UJIAN TULIS (NASIONAL) POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN TAHUN AKADEMIK 2013/2014 (formulir diisi dengan huruf kapital) Pas Foto Terbaru 3 x 4 I. DATA DIRI 1. NAMA LENGKAP

Lebih terperinci

PETUNJUK PENDAFTARAN

PETUNJUK PENDAFTARAN PETUNJUK PENDAFTARAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU POLITEKNIK KEUANGAN NEGARA STAN 2017 DAFTAR ISI Perhitungan Nilai untuk calon lulusan 2017 (RAPOR)... 2 Perhitungan Nilai untuk calon lulusan 2016 (Ijazah)...

Lebih terperinci

PANDUAN PPDB ONLINE KHUSUS UNTUK CALON PESERTA

PANDUAN PPDB ONLINE KHUSUS UNTUK CALON PESERTA PANDUAN PPDB ONLINE KHUSUS UNTUK CALON PESERTA Masuk dihalaman website : http://lpi-hidayatullah.or.id/beranda Masuk ke LINK PPDB ONLINE Akan ada menu tampilan Klik DAFTAR PPDB 2016 Pilihlah kolom jenjang

Lebih terperinci

PANDUAN REGISTRASI ULANG PESERTA SBMPTN ONLINE DESKRIPSI DOKUMEN PANDUAN REGISTRASI ULANG PESERTA SBMPTN ONLINE ISBI BANDUNG TAHUN 2017

PANDUAN REGISTRASI ULANG PESERTA SBMPTN ONLINE DESKRIPSI DOKUMEN PANDUAN REGISTRASI ULANG PESERTA SBMPTN ONLINE ISBI BANDUNG TAHUN 2017 DESKRIPSI DOKUMEN PANDUAN REGISTRASI ULANG PESERTA SBMPTN ONLINE ISBI BANDUNG TAHUN 2017 Sekretariat Pelaksana Penerimaan Mahasiswa Baru (P3MB) ISBI Bandung PANDUAN REGISTRASI ULANG PESERTA SBMPTN ONLINE

Lebih terperinci

User Manual. Van Deventer-Maas Stichting Netherlands foundation supporting education in Indonesia since 1913

User Manual. Van Deventer-Maas Stichting Netherlands foundation supporting education in Indonesia since 1913 User Manual Van Deventer-Maas Stichting Netherlands foundation supporting education in Indonesia since 1913 REGISTER YOURSELF ers.vdms-scholarship.org Starting on 10 th FEBRUARY up to 15 MARCH 2016 Representative

Lebih terperinci