AQIDAH IKATAN TEKAD YG. KUAT JANJI

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "AQIDAH IKATAN TEKAD YG. KUAT JANJI"

Transkripsi

1

2 OLEH : ARIF MA RUF LC.

3 APA YANG DIMAKSUD AQIDAH?

4 DEFINISI AQIDAH Secara etimologis ( bahasa ) AQIDAH berarti : 1- Ar الر ب ب ط ط ( Robthu ) = Simpul / ikatan, 2- Al الع ھ ھ د د ( 'Ahdu ) = Sumpah / perjanjian dan 3- Al الج ز م م ( Jazmu ) = Kehendak / Tekad yang kuat.

5 AQIDAH IKATAN TEKAD YG. KUAT JANJI

6 AQIDAH ADALAH IKATAN Aqidah mengikat para pemeluknya. Dibalik ikatan tersebut banyak manfaat yang akan diperoleh manusia.

7 Seorang yang beraqidah harus merasa bahwa dirinya TERIKAT dengan aqidahnya. Seorang yang beraqidah Islam harus merasa bahwa dirinya TERIKAT dengan aturan aturan Islam

8 Bagaimana pendapat anda dengan ayat berikut ini? [ [البقرة : إ ك ر اه ف ي الد ين ال ( Tidak ada paksaan dalam agama )

9 TIDAK ADA PAKSAAN UNTUK MASUK ISLAM Tetapi setelah masuk Islam, seorang muslim harus terikat dengan aturan-aturan Islam.

10 AQIDAH ADALAH JANJI Seorang yang beraqidah Islam harus merasa bahwa dia telah berjanji kepada Allah SWT untuk melaksanakan aturan aturan Nya.

11 JANJI ADALAH HUTANG Janji adalah hutang, janji harus ditepati. Bagi yang ingkar janji akan mendapat hukuman. Ingkar janji adalah salah satu sifat munafiq.

12 Semua manusia sudah berjanji kepada Allah ketika dia didalam kandungan ibunya و ا ذ ا خ ذ ر ب ك م ن ب ني ا د م م ن ظه و ره م ذر ي ت ه م م ع لى ا ن فس ه م و ا ش ه د ه م بر ب كم قا لوا ب لى ا لس ت هد ن ا ش ن ت قو لوا ي و م ا لق ي ام ة ا ن ا كن ا ع ن ه ذا ا [172 : ين [الا عراف غاف ل

13 Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi." (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)",(al A rof : 172 )

14 Semua manusia dilahirkan dalam keadaan fithroh ا بي ه ر ي ر ة ر ض ي ال له ع ن ه قا ل قا ل الن بي ص لى ال له ال ل ه عن و س لم ك ل م و لود ي و لد ع لى ا لف طر ة ف ا ب و اه ي ه و د ا نه ي ه و د ا ن ه ع لي ه ي م ج س ا ن ه... ي ن ص ر ا نه ا و ا و ( البخاري ومسلم وغيرهما ) رواه

15 Dari Abu Huroiroh Ra. Ia berkata : Nabi Saw bersabda : Setiap bayi dilahirkan dalam keadaan fithroh, maka dua orang tuanyalah yang menjadikan dia yahudi atau nasroni atau majusi.. (HR. Bukhori Muslim dan yang lainnya)

16 AQIDAH ADALAH TEKAD YANG KUAT Seorang yang beraqidah Islam memiliki tekad dan semangat yang kuat dalam melaksanakan perintah-perintah Allah, memiliki semangat yang kuat dalam membela agama Allah dan dalam mempelajari ajaran ajaran agamanya.

17 DEFINISI AQIDAH Secara terminologis ( istilah ) : ر الت ي ت ص د ق ب ھ ا الن ف و س و ت ط م ئ ن إل ي ھ ا الق ل وب ب األم و ت ك و ن ي ق ين ا ع ند أص ح اب ھ ا ال ي م از ج ھ ا ر ي ب وال و ( ا ل ب ن ا ح س ن ). ش ك ك ي خ ال ط ھ ا AQIDAH adalah hal-hal yang diyakini kebenarannya oleh jiwa, mendatangkan ketentraman hati, menjadi keyakinan yang kokoh yang tidak bercampur sedikitpun dengan keragu-raguan raguan (Hasan Al Banna ).

18 م ن قض اي ا ا لحق الب د ي هي ة ا لمس لم ة بالع ق ل 2- م ج م وع ة ع و الف طر ة ي ع ق د ع لي ه ا الا ن س ان ق لبه و ي ث ني عليها و الس م ج ا زم ا بص ح ت ه ا قاط ع ا بو ج ود ه ا و ثب و ت ه ا لا ي ر ى ص د ره ا ب د ا.( ( ا ن ه ي ص ح ا و ي كو ن خ لافه ا لجز اي ري ا 2- AQIDAH adalah sejumlah persoalan (kebenaran) yang dapat diterima secara umum ( axioma ) oleh manusia berdasarkan akal, wahyu dan fithrah. Kebenaran itu dipatrikan didalam hati serta diyakini kesahihan dan keberadaannya (secara pasti) dan ditolak segala sesuatu yang bertentangan dengan kebenaran itu (Aljazaairi ).

19 AQIDAH ADALAH KEYAKINAN DALAM HATI Keyakinan itu ada dalam hati dan pikiran keyakinan tidak dapat dipaksakan ل ا لح ق م ن ر ب كم فم ن ش اء ف لي و م ن و م ن ش اء ف لي ك فر ر و ق [29 [الكهف :...

20 AQIDAH ADALAH SESUATU YANG AXIOMATIS BERDASARKAN FITHROH, AKAL DAN WAHYU Axioma ( badihiyah ) adalah segala sesuatu yang kebenarannya perlu dalil pembuktian, tetapi karena sudah sangat umum dan mendarah daging maka kebenaran itu tidak lagi perlu pembuktian. misalnya : sepertiga lebih sedikit dari dua pertiga, sebagian lebih sedikit dari seluruh.

21 Setiap manusia memiliki : - FITROH untuk mengakui kebenaran (bertuhan), - INDRA untuk mencari kebenaran, - AKAL untuk menguji kebenaran dan - WAHYU untuk menjadi pedoman menentukan mana yang benar dan mana yang tidak benar.

22 Aqidah merupakan keyakinan yang tidak tercampur sedikitpun dengan keraguan. إ ن م ا ال م ؤ م ن ون ال ذ ين آم ن وا ب ا و ر س ول ه ث م ل م م " (15 الحجرات: 15 "(الحجرات ت اب وا "( ي ر Sesungguhnya orang-orang beriman adalah orang orang yang beriman kepada Allah dan rasulnya kemudian tidak ada sekitpun keraguan dalam keimanan tersebut.

23 AQIDAH MENDATANGKAN KETENTRAMAN HATI ا م ن وا و ت طم ي ن ق لوب ه م بذ ك ر ال له ا لا ا لذ ين (28 الرعد: 28 (الرعد ك ر ال له ت طم ي ن ا ل ق لوب ب بذ Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah,hanya dengan mengingat Allah-lah lah hati menjadi tentram. (Ar Ro d : 28)

24 Seseorang yang pura-pura meyakini sesuatu tidak akan tentram jiwanya, karena dia harus melaksanakan sesuatu yang berlawanan dengan keyakinannya.

25 Bila seseorang sudah meyakini suatu kebenaran, dia harus menolak segala sesuatu yang bertentangan dengan kebenaran itu.

26 Tingkat keyakinan ( aqidah ) seseorang sangat tergantung kepada tingkat pemahaman terhadap dalil atau bukti yang dia peroleh.

27

28

29

30 Catatan: 1- Axioma ( badihiyah ) adalah segala sesuatu yang kebenarannya perlu dalil pembuktian, tetapi karena sudah sangat umum dan mendarah daging maka kebenaran itu tidak lagi perlu pembuktian. misalnya : sebagian lebih sedikit dari seluruh, sepertiga lebih sedikit dari dua pertiga. 2- Setiap manusia memiliki fithrah untuk mengakui kebenaran ( bertuhan ), indra untuk mencari kebenaran, akal untuk menguji kebenaran dan memerlukan wahyu untuk menjadi pedoman menentukan mana yang benar dan mana yang tidak.

31 Catatan : 3- Aqidah merupakan keyakinan yang tidak tercampur sedikitpun dengan keraguan. ال م ؤ م ن ون ال ذ ين آم ن وا ب ا و ر س ول ه ث م ل م ي ر ت اب وا " إ ن م ا (15 الحجرات: 15 "( "(الحجرات Sesungguhnya orang-orang beriman adalah orang orang yang beriman kepada Allah dan rasulnya kemudian tidak ada sekitpun keraguan dalam keimanan tersebut.

32 Catatan : 4- Aqidah mendatangkan ketentraman jiwa. ال ذ ين آم ن وا و ت ط م ئ ن ق ل وب ھ م ب ذ ك ر أ ال ب ذ ك ر ت ط م ئ ن ن ال ق ل وب ب (الرعد: 28 ) Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah,hanya dengan mengingat Allah-lah lah hati menjadi tentram. 5- Seseorang yang pura-pura meyakini sesuatu tidak akan tentram jiwanya, karena dia harus melaksanakan sesuatu yang berlawanan dengan keyakinannya.

33 Catatan : 6- Bila seseorang sudah meyakini suatu kebenaran, dia harus menolak segala sesuatu yang bertentangan dengan kebenaran itu. 7- Tingkat keyakinan ( aqidah ) seseorang sangat tergantung kepada tingkat pemahaman terhadap dalil atau bukti yang dia peroleh.

34

35

36 Definisi Tauhid Makna tauhid secara bahasa adalah menjadikan sesuatu itu adalah tunggal, esa, atau satu-satunya satunya. Ini berarti bahwa tauhid adalah meyakini akan keesaan Allah Swt. Baik dalam RububiyahNya, UluhiyahNya dan Asma wasifatnya.

37 1- TAUHID RUBUBIYYAH Yaitu mengetahui dan meyakini bahwa Allah adalah satu-satunya satunya yang menciptakan, memberi rizki, yang menghidupkan dan mematikan. Tauhid rububiyyah ini belum membedakan antara mu;min dengan musyrik, karena kaum musyrikin juga mengakui bahwa yang menciptakan langit dan bumi, yang memberi rizki, yang menghidupkan dan yang mematikan adalah Allah swt

38 Allah berfirman : س ا لت ه م م ن خ لق الس م او ات و ا ل ا ر ض و س خ ر الش م س و ا ل قم ر و ا ل قم ر و لي ن ال ل ه لي قو لن ي و ف كو ن ف ا ن ى (العنكبوت: 61 ) Dan Sesungguhnya jika kamu tanyakan kepada mereka: "Siapakah yang menjadikan langit dan bumi dan menundukkan matahari dan bulan?" tentu mereka akan menjawab: "Allah", Maka betapakah mereka (dapat) dipalingkan (dari jalan yang benar).

39 ي و ف كو ن ال ل ه ال له ف ا ن ى س ا لت ه م م ن خ ل قه م م لي قو لن و لي ن (الزخرف: 87 ) Dan sungguh jika kamu bertanya kepada mereka: "Siapakah yang menciptakan mereka, niscaya mereka menjawab: "Allah", Maka bagaimanakah mereka dapat dipalingkan (dari menyembah Allah )?,

40 ل م ن ي ر ز ق كم م ن الس م اء و ا ل ا ر ض ا م ن ي م ل ك الس م ع ع ق و م ن ي خ رج ا لح ي م ن ا لم ي ت و ي خ رج ا لم ي ت م ن و ا ل ا ب ص ار ل ا فلا ت ت قو ن ن ال ل ه ال له ف ق و م ن ي د ب ر ا ل ا م ر ا ل ا م ر فس ي قو لو ا لح ي (يونس: 31 ) Katakanlah: "Siapakah yang memberi rezki kepadamu dari langit dan bumi, atau siapakah yang Kuasa (menciptakan) pendengaran dan penglihatan, dan siapakah yang mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup] dan siapakah yang mengatur segala urusan?" Maka mereka akan menjawab: "Allah". Maka Katakanlah "Mangapa kamu tidak bertakwa kepada-nya)?"

41 Namun meskipun demikian Allah tidak memasukkan mereka kepada golongan mu minin sebab mereka tidak merealisasikan keyakinan itu dalam bentuk amal.

42 2- TAUHID ULUHIYYAH Yaitu mengakui bahwa hanya Allah lah yang berhak ditujukan kepada Nya seluruh macam ibadah, sebab Allah tidak menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada Nya.

43 خ ل قت ا ل جن و ا لا ن س ا لا ل ي ع ب د ون ن و م ا (الذريات: 56 ) Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-ku.

44 Diantara macam-macam ibadah adalah : Cinta, cinta yang mengakibatkan penghambaan Tawakkal Takut Pengharapan Sholat,rukuk dan sujud Menyembelih binatang Nadzar

45 Thowaf Taubat Memohon perlindungan Memohon pertolongan Barangsiapa yang menyimpang/ mengarahkan ibadah ibadah tersebut kepada selain Allah Swt berarti ia telah menyekutukan Allah Swt. )

46 ل ا ن م ا ا ن ا ب ش ر م ث ل كم ي وح ى ا لي ا ن م ا ا له كم ا له و اح د فم ن ن ق ن ي ر ج وا ل قاء ر ب ه فل ي ع م ل ع م لا ص ال ح ا و لا ي ش رك بع ب اد ة كا ا ح د ا ر ب ه (الكهف: 110 ) Katakanlah: Sesungguhnya Aku Ini manusia biasa seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: "Bahwa Sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan yang Esa". barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, Maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya".

47 3- TAUHID ASMA WA SIFAT Yaitu mengakui dan meyakini terhadap nama- nama dan sifat-sifat Allah Swt yang sesuai dengan keagungan Nya yang telah ditetapkan didalam Al Qur an ataupun Hadits Rasulullah Shallahu 'alaihi Wa Sallam tanpa mengubah ( tahrif ), tanpa menafikan ma na-ma;na ma;na nya ( ta thil ), tanpa menanyakan bagaimana ( takyif ), dan tanpa menyerupakan ( tasybih ) dengan salah satu sifat makhluq Nya

48 ا ل ا س م اء ا لح س ن ى ف اد ع وه به ا و ذر وا ا لذ ين ي لح د و ن ف ي و ل له س ي ج ز و ن م ا كان وا ي ع م لو ن الا عراف: 180 ) ا س م اي ه ) Hanya milik Allah asmaa-ul husna, Maka bermohonlah kepada-nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang- orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-nya. nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang Telah mereka kerjakan.

49 Allah menetapkan bahwa Ia memiliki Tangan ( 48: 10 ) ا ي د ي هم فم ن ن ك ث ال ل ه ال له فو ق ن ا لذ ين ي ب ا يع ون ك ا ن م ا ي ب ا يع و ن ال له ال ل ه ي د ا ي ن ك ث ع لى ن فس ه و م ن ا و فى بم ا ع اه د ع لي ه ال له فس ي و ت ي ه ف ا ن م ا (10 الفتح: 10 (الفتح ع ظ يم ا ا ج ر ا Bahwasanya orang-orang yang berjanji setia kepada kamu Sesungguhnya mereka berjanji setia kepada Allah. Tangan Allah di atas tangan mereka, Maka barangsiapa yang melanggar janjinya niscaya akibat ia melanggar janji itu akan menimpa dirinya sendiri dan barangsiapa menepati janjinya kepada Allah Maka Allah akan memberinya pahala yang besar.

50 Kata tangan ي د د ( ) tersebut tidak boleh diubah artinya ( tahrif ) menjadi kekuasaan, atau disamakan ( tasybih ) dengan tangan salah satu makhluq Nya, atau menanyakan bagaimana bentuk ( takyif ) tangan Allah tersebut.

51 Diantara Nama-Nama Allah yang baik ( Al Asma-ul Husna ) adalah Ar Rahman yang berarti pengasih. seseorang tidak boleh berpendapat bahwa Allah bernama Ar Rahman tapi tidak menunjukkan bahwa Allah bersifat Ar Rahman, sebab hal itu menafikan ( Ta thil) makna yang dikandung oleh nama Allah tersebut, tetapi Allah bernama Ar Rahman juga bersifat Rahim ( pengasih ).

52

ب س م االله الر ح من الر ح ي م

ب س م االله الر ح من الر ح ي م FATWA DEWAN SYARI AH NASIONAL NO: 71/DSN-MUI/VI/2008 Tentang SALE AND LEASE BACK (البيع مع الاستي جار) ب س م االله الر ح من الر ح ي م Dewan Syari ah Nasional, setelah: Menimbang : a. bahwa dalam masyarakat

Lebih terperinci

ب س م االله الر ح من الر ح ي م

ب س م االله الر ح من الر ح ي م 1 FATWA DEWAN SYARI'AH NASIONAL NO: 38/DSN-MUI/X/2002 Tentang SERTIFIKAT INVESTASI MUDHARABAH ANTARBANK (SERTIFIKAT IMA) ب س م االله الر ح من الر ح ي م Dewan Syari'ah Nasional setelah, Menimbang : a. bahwa

Lebih terperinci

ب س م االله الر ح من الر ح ي م

ب س م االله الر ح من الر ح ي م FATWA DEWAN SYARI AH NASIONAL NO: 69/DSN-MUI/VI/2008 Tentang SURAT BERHARGA SYARIAH NEGARA ب س م االله الر ح من الر ح ي م Dewan Syari ah Nasional, setelah: Menimbang : a. bahwa dalam rangka mendorong pengembangan

Lebih terperinci

DI BULAN SUCI RAMADHAN

DI BULAN SUCI RAMADHAN AMALAN-AMALAN DI BULAN SUCI RAMADHAN Disusun Oleh: Mohammad Iqbal Ghazali. MA Murajaah : Abu Ziyad ا عمال رمضانية Maktab Dakwah Dan Bimbingan Jaliyat Rabwah 1428 2007 AMALAN-AMALAN DI BULAN SUCI RAMADHAN

Lebih terperinci

ب س م االله الر ح من الر ح ي م

ب س م االله الر ح من الر ح ي م Dewan Syari ah Nasional setelah, FATWA DEWAN SYARI AH NASIONAL NO. 43/DSN-MUI/VIII/2004 Tentang GANTI RUGI (TA WIDH) ب س م االله الر ح من الر ح ي م Menimbang : a. bahwa lembaga keuangan syari ah (LKS)

Lebih terperinci

Oleh: Dr. H. Achmad Satori Ismail, MA

Oleh: Dr. H. Achmad Satori Ismail, MA Oleh: Dr. H. Achmad Satori Ismail, MA Dalam sejarah ulama salaf, diriwayatkan bahwa khalifah rasyidin ke V Umar bin Abdil Aziz dalam suatu shalat tahajjudnya membaca ayat 22-24 dari surat ashshoffat اح

Lebih terperinci

10 Pembatal Keislaman

10 Pembatal Keislaman 10 Pembatal Keislaman نو قض لا سلا [ Indonesia Indonesian ] Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab rahimahullah Terjemah : Muh. Iqbal Ahmad Ghazali Editor : Eko Haryanto Abu Ziyad 2010-1432 نو قض لا سلا» باللغة

Lebih terperinci

Sebab-Sebab Kecintaan Kepada Allah i

Sebab-Sebab Kecintaan Kepada Allah i Sebab-Sebab Kecintaan Kepada Allah i ii Sebab-Sebab Kecintaan Kepada Allah Sebab-Sebab Kecintaan Kepada Allah Oleh: Dzulqarnain M. Sunusi Sebab-Sebab Kecintaan Kepada Allah iii Judul Sebab-Sebab Kecintaan

Lebih terperinci

Tanda tanda Kebaikan dan Keburukan

Tanda tanda Kebaikan dan Keburukan Tanda tanda Kebaikan dan Keburukan بوادر اخلري وبوادر الرش ] إندوني [ Indonesia Indonesian Muhammad bin Abdullah bin Mu aidzir Terjemah : Muzaffar Sahidu Editor : Eko Haryanto Abu Ziyad 2011 1432 بوادر

Lebih terperinci

ADAB MEMINTA HUJAN (ISTISQA')

ADAB MEMINTA HUJAN (ISTISQA') ADAB MEMINTA HUJAN (ISTISQA') آداب الاستسقاء ] إندونيسي Indonesian [ Indonesia Penyusun : Majid bin Su'ud al Ausyan Terjemah : Muzafar Sahidu bin Mahsun Lc. Editor : Eko Haryanto Abu Ziyad 2009 1430 آداب

Lebih terperinci

HAL-HAL YANG MEMBATALKAN KEISLAMAN

HAL-HAL YANG MEMBATALKAN KEISLAMAN HAL-HAL YANG MEMBATALKAN KEISLAMAN نو قض لا سلا ABDUL AZIZ BIN ABDULLAH BIN BAZ عبد لعزيز بن عبد الله بن با Penerjemah: Abu Azka Faridy ترمجة: بو ىك فريد Murajaah: Muh. Mu inudinillah Muhammadun Abdul

Lebih terperinci

ADAB DI JALAN. Penyusun : Majid bin Su'ud al Ausyan. Terjemah : Muzafar Sahidu bin Mahsun Lc. Editor : Eko Haryanto Abu Ziyad

ADAB DI JALAN. Penyusun : Majid bin Su'ud al Ausyan. Terjemah : Muzafar Sahidu bin Mahsun Lc. Editor : Eko Haryanto Abu Ziyad ADAB DI JALAN آداب الطريق ] إندونيسي Indonesian [ Indonesia Penyusun : Majid bin Su'ud al Ausyan Terjemah : Muzafar Sahidu bin Mahsun Lc. Editor : Eko Haryanto Abu Ziyad 2009 1430 آداب الطريق» باللغة الا

Lebih terperinci

MUQADDIMAH KEUTAMAAN BULAN MUHARRAM

MUQADDIMAH KEUTAMAAN BULAN MUHARRAM MUQADDIMAH ا ل ح م د ل ل ه ر ب ال ع ال م ي ن و الص لاة و الس لام ع ل ى س ي د ن ا م ح م د س ي د ال م ر س ل ي ن إم ام المتقين وقاي د المجاهدين و ع ل ى آل ه و ص ح ب ه و م ن ت ب ع ه ب ا ح س ان ا ل ى ي و م

Lebih terperinci

Keutamaan basmallah untuk melindungi diri dari gangguan syaitan

Keutamaan basmallah untuk melindungi diri dari gangguan syaitan ال ح م د هلل و الص ال ة و الس ال م ع لى ر س و ل هلل و ع لى آل ه و ص ح ب ه و م ن و اال ه أ م ا ب ع د Keutamaan basmallah untuk melindungi diri dari gangguan syaitan بسم اهلل الرحمن الرحيم basmallah: Bacaan

Lebih terperinci

8 AKHLAK BAB. Dr. Marzuki, M.Ag. Dosen PKn dan Hukum FIS UNY STANDAR KOMPETENSI 11: Membiasakan perilaku terpuji.

8 AKHLAK BAB. Dr. Marzuki, M.Ag. Dosen PKn dan Hukum FIS UNY STANDAR KOMPETENSI 11: Membiasakan perilaku terpuji. Dr. Marzuki, M.Ag. Dosen PKn dan Hukum FIS UNY BAB 8 AKHLAK STANDAR KOMPETENSI 11: Membiasakan perilaku terpuji. KOMPETENSI DASAR: 11.1. Menjelaskan arti kerja keras, tekun, ulet, dan teliti. 11.2. Menampilkan

Lebih terperinci

ISLAM, SATU-SATUNYA AGAMA YANG BENAR

ISLAM, SATU-SATUNYA AGAMA YANG BENAR ISLAM, SATU-SATUNYA AGAMA YANG BENAR KHUTBAH PERTAMA إ ا ح ذ ح ذ و غ ز ؼ و غ ز ف ش و ؼ و ر ث بهلل ش ش و س أ ف غ ب و ع ئ بد أ ػ ب ب ذ اهلل ا ض و ض ا بد أ ش ذ أ ال إ إ ال اهلل و ح ذ ال ش ش ه و أ ش ذ أ ح

Lebih terperinci

TAFSIR SURAT ALAM NASYRAH

TAFSIR SURAT ALAM NASYRAH TAFSIR SURAT ALAM NASYRAH Oleh: رحمه اهلل Imam Ibnu Katsir Download > 300 ebook Islam, Gratis!!! kunjungi. سورة الشرح TAFSIR SURAT ALAM NASYRAH (Bukankah Kami telah Melapangkan) 1 "Dengan menyebut Nama

Lebih terperinci

ADAB DAN MANFAAT MENUNTUT ILMU

ADAB DAN MANFAAT MENUNTUT ILMU ADAB DAN MANFAAT MENUNTUT ILMU Oleh: Mohammad Fakhrudin Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu, Berlapang-lapanglah dalam majelis, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan

Lebih terperinci

Keindahan Nama-nama Allah

Keindahan Nama-nama Allah Keindahan Nama-nama Allah Keindahan Nama-nama Allah Oleh: Ustadz Abdullah bin Taslim al-buthoni, M.A Khotbah Pertama???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????.????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????.

Lebih terperinci

*** Syarat Amal Diterima

*** Syarat Amal Diterima Syarat Amal Diterima Kita telah mengetahui, bahwa Allah memerintahkan kepada kita untuk beribadah kepada-nya, setelah itu Allah Subhanahu wa Ta ala akan membalas pahala amal ibadah, sesuai dengan tingkatannya.

Lebih terperinci

PERSIAPAN MENUJU HARI AKHIR

PERSIAPAN MENUJU HARI AKHIR PERSIAPAN MENUJU HARI AKHIR KHUTBAH PERTAMA اى ح ذ ى ي اى ز خ ي ق اى ى د و اى ح بح ى ج ي ى م ؤ ن ؤ ح س ع ال و ج ع و ى ي ى ص ى ه إ ى ش ا ق و ا ح خ و ج ال. ؤ ش ه ذ ؤ ل إ ى إ ل اهلل و ح ذ ل ش ش ل ى ش ه بد

Lebih terperinci

ب س م االله الر ح من الر ح ي م

ب س م االله الر ح من الر ح ي م لا ا Sekretariat : Gedung MUI Lt.3 Jl. Proklamasi No. 51 Menteng - Jakarta 10320 Telp. (021) 392 4667 Fax: (021) 391 8917 FATWA DEWAN SYARIAH NASIONAL No : 75/DSN MUI/VII/2009 Tentang PEDOMAN PENJUALAN

Lebih terperinci

Mengapa Kita Harus Berdakwah? [ Indonesia Indonesian

Mengapa Kita Harus Berdakwah? [ Indonesia Indonesian Mengapa Kita Harus Berdakwah?? [ Indonesia Indonesian ] Penulis: Abu Mushlih Ari Wahyudi Editor : Eko Haryanto Abu Ziyad 2009-1430 ? : : 2009-1430 2 Mengapa Kita Harus Berdakwah? [1] Dakwah merupakan jalan

Lebih terperinci

Bid'ah-Bid'ah di Bulan Rajab

Bid'ah-Bid'ah di Bulan Rajab 1 Risalah Ilmiyah Ahlus Sunnah Bid'ah-Bid'ah di Bulan Rajab Fatwa-Fatwa Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah Pertanyaan 1: Apa hukum orang yang berpuasa di bulan Rajab selama satu bulan penuh seperti

Lebih terperinci

Tiga Kedustaan Yang Dilakukan Nabi Ibrahim alaihissalam

Tiga Kedustaan Yang Dilakukan Nabi Ibrahim alaihissalam Tiga Kedustaan Yang Dilakukan Nabi Ibrahim alaihissalam ] إندوني Indonesian [ Indonesia Abu Ishaq al-huwaini al-atsari Terjemah : Abu Umamah Arif Hidayatullah Editor : Eko Haryanto Abu Ziyad 2013-1434

Lebih terperinci

Hukum Meyakini Bahwa Rasulullah SHALALLHU ALAIHI WA SALLAM Ada Di Setiap Tempat Dan Mengetahui Perkara Gaib

Hukum Meyakini Bahwa Rasulullah SHALALLHU ALAIHI WA SALLAM Ada Di Setiap Tempat Dan Mengetahui Perkara Gaib Hukum Meyakini Bahwa Rasulullah SHALALLHU ALAIHI WA SALLAM Ada Di Setiap Tempat Dan Mengetahui Perkara Gaib ] إندوني Indonesian [ Indonesia Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah Baz rahimahullah Terjemah : Muhammad

Lebih terperinci

FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA Nomor: 52 Tahun 2012 Tentang HUKUM HEWAN TERNAK YANG DIBERI PAKAN DARI BARANG NAJIS

FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA Nomor: 52 Tahun 2012 Tentang HUKUM HEWAN TERNAK YANG DIBERI PAKAN DARI BARANG NAJIS FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA Nomor: 52 Tahun 2012 Tentang HUKUM HEWAN TERNAK YANG DIBERI PAKAN DARI BARANG NAJIS (MUI), setelah : Menimbang : 1. bahwa produk pangan ternak ada yang telah dikembangkan

Lebih terperinci

Mengobati Rasa Gelisah Dan Sedih

Mengobati Rasa Gelisah Dan Sedih Mengobati Rasa Gelisah Dan Sedih ] إندوني Indonesian [ Indonesia Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah Terjemah : Muhammad Iqbal A. Gazali Editor : Eko Haryanto Abu Ziyad 2011-1432 علاج الضيق والاكتي

Lebih terperinci

FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA Nomor 2 Tahun 2004 Tentang PENETAPAN AWAL RAMADHAN, SYAWAL, DAN DZULHIJJAH

FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA Nomor 2 Tahun 2004 Tentang PENETAPAN AWAL RAMADHAN, SYAWAL, DAN DZULHIJJAH 25 Penetapan Awal Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA Nomor 2 Tahun 2004 Tentang PENETAPAN AWAL RAMADHAN, SYAWAL, DAN DZULHIJJAH Majelis Ulama Indonesia, setelah : MENIMBANG :

Lebih terperinci

Khutbah Jum'at: Hakikat Iman dan Tanda-Tandanya

Khutbah Jum'at: Hakikat Iman dan Tanda-Tandanya Khutbah Jum'at: Hakikat Iman dan Tanda-Tandanya Khutbah Jumat berikut ini menjelaskan tentang hakikat iman beserta tanda-tandanya. bagaimanakah penjelasan lengkapnya dan sudahkah kita termasuk orang-orang

Lebih terperinci

شعر بنقص إيمانه واستثقال العبادة

شعر بنقص إيمانه واستثقال العبادة MERASAKAN KEIMANANNYA TURUN DAN BERAT DALAM BERIBADAH شعر بنقص إيمانه واستثقال العبادة ] إندوني - Indonesian [ Indonesia - Syekh Muhammad Shaleh Al-Munajjid الشيخ مد صالح ملنجد Penterjemah: www.islamqa.info

Lebih terperinci

B e r i lmu S e b e lu m B e rk a ta & B e ra m a l. Jangan dibaca saat Adzan berkumandang atau Khatib sedang Khutbah!

B e r i lmu S e b e lu m B e rk a ta & B e ra m a l. Jangan dibaca saat Adzan berkumandang atau Khatib sedang Khutbah! Booklet Da wah.: Jum at, 20 Muharram 1433H / 16 Desember 20111 B e r i lmu S e b e lu m B e rk a ta & B e ra m a l MALAIKAT, MANUSIA DAN JIN TIDAK DAPAT MENGETAHUI YANG GHAIB ا ل ح م د الله و الص لا ة

Lebih terperinci

KELUARGA SAMARA BERSAMA RADIO IMSA. Topik 2: TERUS TERANG DAN BATASANNYA

KELUARGA SAMARA BERSAMA RADIO IMSA. Topik 2: TERUS TERANG DAN BATASANNYA KELUARGA SAMARA BERSAMA RADIO IMSA Modul IV: MENGATASI MASALAH HUBUNGAN SUAMI/ISTRI Topik 2: TERUS TERANG DAN BATASANNYA Dr. Agus Sofyan A. JUJUR: Jujur atau terusterang merupakan sifat yang sangat dianjurkan

Lebih terperinci

FATWA MAJLIS ULAMA INDONESIA Tentang Perayaan Natal Bersama

FATWA MAJLIS ULAMA INDONESIA Tentang Perayaan Natal Bersama FATWA MAJLIS ULAMA INDONESIA Tentang Perayaan Natal Bersama Menimbang: 1) Ummat Islam perlu mendapat petunjuk yang jelas tentang Perayaan Natal Bersama. 2) Ummat islam agar tidak mencampur-adukkan Aqidah

Lebih terperinci

FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA Nomor: 26 Tahun 2013 Tentang STANDAR KEHALALAN PRODUK KOSMETIKA DAN PENGGUNAANNYA

FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA Nomor: 26 Tahun 2013 Tentang STANDAR KEHALALAN PRODUK KOSMETIKA DAN PENGGUNAANNYA FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA Nomor: 26 Tahun 2013 Tentang STANDAR KEHALALAN PRODUK KOSMETIKA DAN PENGGUNAANNYA Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), setelah : MENIMBANG : a. bahwa kosmetika telah

Lebih terperinci

Kaidah-kaidah Utama tentang Asma` dan Sifat Allah

Kaidah-kaidah Utama tentang Asma` dan Sifat Allah Kaidah-kaidah Utama tentang Asma` dan Sifat Allah ( باللغة اإلندونيسية ) Disusun Oleh: Muh. Iqbal Ghazali Murajaah : Abu Ziyad القواعد يف األمساء والصفات إعداد: حممد إقبال غزايل مراجعة: إيكو أبو زياد Maktab

Lebih terperinci

Hukum Memakai Celana Panjang yang Lebar

Hukum Memakai Celana Panjang yang Lebar Hukum Memakai Celana Panjang yang Lebar ] إندوني - Indonesian [ Indonesia - Syaikh Muhammad bin Shalih al-utsaimin Dinukil dari Buku Kumpulan Fatwa Untuk Wanita Muslimah (hal. 851-852) Disusun oleh : Amin

Lebih terperinci

Beberapa Manfaat dan Keutamaan Istighfar

Beberapa Manfaat dan Keutamaan Istighfar 1 Risalah Ilmiyah Ahlus Sunnah Beberapa Manfaat dan Keutamaan Istighfar Oleh: Al Ustadz Dzulqarnain bin Muhammad Sanusi Berikut beberapa penjelasan manfaat yang akan diraih oleh hamba dengan beristighfar.

Lebih terperinci

ب س م االله الر ح من الر ح ي م

ب س م االله الر ح من الر ح ي م FATWA DEWAN SYARI'AH NASIONAL NOMOR: 20/DSN-MUI/IV/2001 Tentang PEDOMAN PELAKSANAAN INVESTASI UNTUK REKSA DANA SYARI'AH ب س م االله الر ح من الر ح ي م Dewan Syari'ah Nasional setelah, Menimbang Memperhatikan

Lebih terperinci

Kewajiban Haji dan Beberapa Peringatan Penting dalam Pelaksanaannya

Kewajiban Haji dan Beberapa Peringatan Penting dalam Pelaksanaannya Kewajiban Haji dan Beberapa Peringatan Penting dalam Pelaksanaannya Dan mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang memiliki kemampuan. Barangsiapa kafir atau mengingkari

Lebih terperinci

Memuji Orang-Orang Shalih dan Mendorong Mereka Agar Terus Berjalan Lurus

Memuji Orang-Orang Shalih dan Mendorong Mereka Agar Terus Berjalan Lurus Memuji Orang-Orang Shalih dan Mendorong Mereka Agar Terus Berjalan Lurus ] ندونييس Indonesian [ Indonesia Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Bâz Terjemah : Muhammad Iqbal A. Gazali Editor : Eko Haryanto

Lebih terperinci

Orang yang Terakhir Masuk Surga dan yang Paling Rendah

Orang yang Terakhir Masuk Surga dan yang Paling Rendah Orang yang Terakhir Masuk Surga dan yang Paling Rendah ] إندوني Indonesian [ Indonesia Abu Ishaq al-huwaini al-atsari Terjemah : Abu Umamah Arif Hidayatullah Editor : Eko Haryanto Abu Ziyad 2013-1434 من

Lebih terperinci

www.fiqhindonesia.com

www.fiqhindonesia.com 6 196 Daftar Bahasan Pengertian Anjuran Melakukan Hukum Syarat-Syarat Waktu di Sepuluh Malam Terakhir Bulan Ramadhan Hikmah di Balik Anjuran Hal-Hal yang Dibolehkan Bagi Orang yang Hal-Hal yang Membatalkan

Lebih terperinci

الوجيز KEMUDAHAN DI DALAM SIFAT WUDHU NABI

الوجيز KEMUDAHAN DI DALAM SIFAT WUDHU NABI الوجيز في صفة الوضوء KEMUDAHAN DI DALAM SIFAT WUDHU NABI الا ستاذ إعداد : ابو عبد المحسن الصرنجي Disusun Oleh : Al-Ustadz Abu Abdil Muhsin as-soronji, Lc, [Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Islam Madinah]

Lebih terperinci

Keharaman Zina dan Sebab-Sebabnya

Keharaman Zina dan Sebab-Sebabnya Keharaman Zina dan Sebab-Sebabnya حتريم لزنا سبابه [ Indonesia Indonesian ندنيn ] Karya: Dr. Amin bin Abdullah asy-syaqawi Terjemah : Muzaffar Sahidu Editor : Eko Haryanto Abu Ziyad 2010-1431 حتريم لزنا

Lebih terperinci

LAKSANA BULAN DAN BINTANG ا ل ح م د الله و الص لا ة و الس لا م ع لى ر س و ل االله و ع لى ا ل ه و م ن و الا ه و ب ع د :

LAKSANA BULAN DAN BINTANG ا ل ح م د الله و الص لا ة و الس لا م ع لى ر س و ل االله و ع لى ا ل ه و م ن و الا ه و ب ع د : Booklet Da wah.: Jum at, 23 Rajab 1432H / 24 Juni 2011M 1 B e r i lmu S e b e lu m B e rk a ta & B e ra m a l LAKSANA BULAN DAN BINTANG ا ل ح م د الله و الص لا ة و الس لا م ع لى ر س و ل االله و ع لى ا

Lebih terperinci

BAGAIMANA SEORANG MUSLIM MEMBINA DIRINYA SENDIRI كيفية تر ية ملسلم لفسه

BAGAIMANA SEORANG MUSLIM MEMBINA DIRINYA SENDIRI كيفية تر ية ملسلم لفسه BAGAIMANA SEORANG MUSLIM MEMBINA DIRINYA SENDIRI كيفية تر ية ملسلم لفسه ] إندوني - Indonesian [ Indonesia - Syekh Muhammad Shaleh Al-Munajjid الشيخ مد صالح ملنجد Penterjemah: www.islamqa.info Pengaturan:

Lebih terperinci

SURAT PERTAMA Dari Rasul YOHANES

SURAT PERTAMA Dari Rasul YOHANES SURAT PERTAMA Dari Rasul YOHANES 1 62:1:1 Itu yang sudah ada dari permulaan, yang sudah kami dengar, yang sudah kami lihat dengan mata kami, yang sudah kami pandang, dan yang tangan kami sudah pegang dari

Lebih terperinci

I TIKAF. Pengertian I'tikaf. Hukum I tikaf. Keutamaan Dan Tujuan I tikaf. Macam macam I tikaf

I TIKAF. Pengertian I'tikaf. Hukum I tikaf. Keutamaan Dan Tujuan I tikaf. Macam macam I tikaf I TIKAF Pengertian I'tikaf Secara harfiyah, I tikaf adalah tinggal di suatu tempat untuk melakukan sesuatu yang baik. Dengan demikian, I tikaf adalah tinggal atau menetap di dalam masjid dengan niat beribadah

Lebih terperinci

Valentine Hari Kasih Yang Semu

Valentine Hari Kasih Yang Semu Valentine Hari Kasih Yang Semu Disusun Oleh: Erwandi Tarmizi. MA Murajaah : Abu Ziyad عيد الحب ا يروانديترمذي Maktab Dakwah Dan Bimbingan Jaliyat Rabwah 1428 2007 VALENTINE HARI KASIH YANG SEMU Memasuki

Lebih terperinci

!!" #$ % &' &()*+&, -./ +0 &'!1 2 &3/" 4./" 56 * % &' &()*+&, " "# $ %! #78*5 9: ;<*% =7" >1?@*5 0 ;A " 4! : B C*5 0 D % *=75E& 2 >1?@*5 0 4. "/ 4!

!! #$ % &' &()*+&, -./ +0 &'!1 2 &3/ 4./ 56 * % &' &()*+&,  # $ %! #78*5 9: ;<*% =7 >1?@*5 0 ;A  4! : B C*5 0 D % *=75E& 2 >1?@*5 0 4. / 4! [ ] E٤٩١ J٤٨٧ W F : : Dan berbuat baiklah sebagaimana Allah berbuat baik kepadamu. Sesungguhnya agama mewajibkan kepada para pengikutnya (berbuat baik) dalam segala hal dan tidak ridha dari para pengikutnya

Lebih terperinci

Dan barangsiapa yang bersyukur, maka sesungguhnya ia bersyukur demi (kebaikan) dirinya sendiri [An-Naml : 40]

Dan barangsiapa yang bersyukur, maka sesungguhnya ia bersyukur demi (kebaikan) dirinya sendiri [An-Naml : 40] Apakah Anda sudah puas dengan keadaan hidup saat ini? Apakah keinginan Anda sudah terpenuhi? Apakah anda sudah bisa membahagian semua orang yang pernah berjasa kepada Anda? Apakah anda sudah jadi orang

Lebih terperinci

Lalu apa saja empat bulan suci tersebut? Dari Abu Bakroh, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

Lalu apa saja empat bulan suci tersebut? Dari Abu Bakroh, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda : Dalam agama Islam, perhitungan tahun baru Hijriyah, diawali dengan bulan Muharram yang dikenal oleh orang Jawa dengan sebutan bulan Suro. Dalam Islam bulan Muharram merupakan salah satu bulan diantara

Lebih terperinci

FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA Nomor 17 Tahun 2013 Tentang BERISTRI LEBIH DARI EMPAT DALAM WAKTU BERSAMAAN

FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA Nomor 17 Tahun 2013 Tentang BERISTRI LEBIH DARI EMPAT DALAM WAKTU BERSAMAAN FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA Nomor 17 Tahun 2013 Tentang BERISTRI LEBIH DARI EMPAT DALAM WAKTU BERSAMAAN (MUI), setelah : MENIMBANG : a. bahwa dalam Islam, pernikahan adalah merupakan bentuk ibadah yang

Lebih terperinci

السلم عليكم ورحمة ا وبركاته. Oleh: M. Danusiri MANFAAT CIPTAAN : AKSIOLOGI ALAM SEMESTA

السلم عليكم ورحمة ا وبركاته. Oleh: M. Danusiri MANFAAT CIPTAAN : AKSIOLOGI ALAM SEMESTA MANFAAT CIPTAAN : AKSIOLOGI ALAM SEMESTA السلم عليكم ورحمة ا وبركاته Oleh: M. Danusiri Disampaikan dalam kajian studi Islam di Rusunawa Unimus,29 Juni 2011, Semua ciptaan ada manfaatnya (Yaitu) orang-orang

Lebih terperinci

: Dzikir dan Do a setelah Sholat. : Ummu Abdillah al-buthoniyyah. Disebarluaskan melalui: website: http://www.raudhatulmuhibbin.

: Dzikir dan Do a setelah Sholat. : Ummu Abdillah al-buthoniyyah. Disebarluaskan melalui: website: http://www.raudhatulmuhibbin. Judul Penyusun Desain Sampul : Dzikir dan Do a setelah Sholat : Ummu Abdillah al-buthoniyyah : MRM Graph Disebarluaskan melalui: website: http://www.raudhatulmuhibbin.org e-mail: redaksi@raudhatulmuhibbin.org

Lebih terperinci

Da i Nusantara SIFAT SHALAT NABI TATA CARA SHALAT. Shalatlah kalian, seperti kalian melihatku shalat. (HR. al-bukhari dan Muslim)

Da i Nusantara SIFAT SHALAT NABI TATA CARA SHALAT. Shalatlah kalian, seperti kalian melihatku shalat. (HR. al-bukhari dan Muslim) SIFAT SHALAT NABI S halat adalah media interaktif antara hamba dengan Robbnya, Alloh. Orang yang berdiri shalat seakanakan ia berada di hadapan Alloh, bermunajat, berdoa kepada-nya dan mendekatkan diri

Lebih terperinci

PENJELASAN TENTANG PRINSIP-PRINSIP DASAR KEIMANAN

PENJELASAN TENTANG PRINSIP-PRINSIP DASAR KEIMANAN PENJELASAN TENTANG PRINSIP-PRINSIP DASAR KEIMANAN Karya : MUHAMMAD BIN SHALEH AL- UTSAIMIN Penerjemah : ALI MAKHTUM ASSALAMY Murajaah : MUNIR FUADI RIDWAN, MA DR.MUH.MU INUDINILLAH BASRI, MA ERWANDI TARMIZI

Lebih terperinci

Meraih Sifat Qona ah (Merasa Kecukupan)

Meraih Sifat Qona ah (Merasa Kecukupan) Meraih Sifat Qona ah (Merasa Kecukupan) Khutbah Pertama:?????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????.????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????.

Lebih terperinci

Gaya Hidup Islami dan Jahili

Gaya Hidup Islami dan Jahili Gaya Hidup Islami dan Jahili Dalam pandangan Islam gaya hidup dapat dikelompokkan menjadi dua golongan, yaitu: 1) gaya hidup Islami, dan 2) gaya hidup jahili. Gaya hidup Islami mempunyai landasan yang

Lebih terperinci

DI ANTARA SEBAB-SEBAB ISTIQAMAH DI JALAN ALLAH

DI ANTARA SEBAB-SEBAB ISTIQAMAH DI JALAN ALLAH Booklet Da wah.: Jum at, 16 Rajab 1432H / 17 Juni 2011M 1 B e r i lmu S e b e lu m B e rk a ta & B e ra m a l DI ANTARA SEBAB-SEBAB ISTIQAMAH DI JALAN ALLAH ا ل ح م د الله و الص لا ة و الس لا م ع لى ر

Lebih terperinci

Hukum Sebab Dan Akibat, Serta Bergantung Kepada Sebab

Hukum Sebab Dan Akibat, Serta Bergantung Kepada Sebab Hukum Sebab Dan Akibat, Serta Bergantung Kepada Sebab بالا سبا حكعلق ملسببا لا سبا [ Indonesia Indonesian ند نيn ] Syaikh Muhammad Bin Shalih al-'utsaimin rahimahullah Terjemah :Muhammad Iqbal A.Gazali

Lebih terperinci

Panduan Ramadhan BEK AL MER AIH. R amadhan PENUH BERK AH

Panduan Ramadhan BEK AL MER AIH. R amadhan PENUH BERK AH Panduan Ramadhan BEK AL MER AIH R amadhan PENUH BERK AH Panduan Ramadhan Bekal Meraih Ramadhan Penuh Berkah Penulis Muhammad Abduh Tuasikal Desain Muka Tim Pustaka Muslim Perwajahan Isi Tim Pustaka Muslim

Lebih terperinci

Aplikasi Yufid: Telah tersedia aplikasi Kisah Muslim untuk iphone. Lihat aplikasi lainnya di www.yufid.org

Aplikasi Yufid: Telah tersedia aplikasi Kisah Muslim untuk iphone. Lihat aplikasi lainnya di www.yufid.org Aplikasi Yufid: Dapatkan kisah-kisah nyata penggugah jiwa. Di KisahMuslim.com, Anda akan mendapatkan: Kisah para nabi, sahabat, orang-orang shalih, para ulama. Kehidupan mereka adalah kisah indah, hingga

Lebih terperinci

Ruang Lingkup Kerja Wanita

Ruang Lingkup Kerja Wanita Ruang Lingkup Kerja Wanita ] إندوني - Indonesian [ Indonesia - Diambil dari kitab: "Masuliyatul Marah al Muslimah" Abdullah bin Jarullah bin Ibrahim al-jarullah Terjemah : Abu Umamah Arif Hidayatullah

Lebih terperinci

[ ] E٣٢٧ J٣١٩ W F : : Al- HAYA' (Sifat PEMALU) "al Haya' ( Rasa malu) tidak datang kecuali dengan kebaikan." Sesungguhnya di antara fenomena keseimbangan dan tanda-tanda kesempurnaan dalam tarbiyah bahwa

Lebih terperinci

Definisi Khutbah Jumat

Definisi Khutbah Jumat Definisi Khutbah Jumat 1. Definisi khotbah Definisi secara bahasa Khotbah, secara bahasa, adalah 'perkataan yang disampaikan di atas mimbar'. Adapun kata khitbah yang seakar dengan kata khotbah (dalam

Lebih terperinci

LAMPIRAN 4 Pertanyaan dengan Kata Tanya Dimana. Pertanyaan: Dimana pohon-pohon tumbuh? Jawaban Skor Keterangan An-Naaziaat (30, 31, 32, 33)

LAMPIRAN 4 Pertanyaan dengan Kata Tanya Dimana. Pertanyaan: Dimana pohon-pohon tumbuh? Jawaban Skor Keterangan An-Naaziaat (30, 31, 32, 33) LAMPIRAN 4 Pertanyaan dengan Kata Tanya Dimana Pertanyaan: Dimana pohon-pohon tumbuh? An-Naaziaat (30, 31, 32, 33) أ لا و أ ل أ ل د حاه وا ( ٣٠ أ ل م أ لنه وا ما ءه وا م أ ل عاه وا ( ٣١ أ ل ا ا أ ل ساه

Lebih terperinci

Peringatan Agar Tidak Tertipu dengan Kenikmatan Dunia

Peringatan Agar Tidak Tertipu dengan Kenikmatan Dunia Peringatan Agar Tidak Tertipu dengan Kenikmatan Dunia Khutbah Jumat ini berisi nasihat agar kita tidak terlena dengan kenikmatan yang kita peroleh di dunia. Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia

Lebih terperinci

TUNTUNAN IBADAH PADA BULAN RAMADHAN

TUNTUNAN IBADAH PADA BULAN RAMADHAN TUNTUNAN IBADAH PADA BULAN RAMADHAN Disusun Oleh: Yogyakarta 1432 H / 2011 M Tuntunan Ibadah pada Bulan Ramadhan Disusun Oleh Percetakan Desain sampul : Agung SSG Tata letak isi : Bagus W. Cetakan Pertama,

Lebih terperinci

Sifat Ibadurrahman. Muhammad Abduh Tuasikal. Layout oleh Azrul Azwar

Sifat Ibadurrahman. Muhammad Abduh Tuasikal. Layout oleh Azrul Azwar Sifat Ibadurrahman Muhammad Abduh Tuasikal Layout oleh Azrul Azwar Sifat Ibadurrahman... 4 Memiliki sifat tawadhu'... 4 Bersikap lemah lembut meski mendapatkan perlakuan kasar... 5 Rajin shalat malam...

Lebih terperinci

BAB XV K E A D I L A N

BAB XV K E A D I L A N A. PENGERTIAN TENTANG KEADILAN BAB XV K E A D I L A N Keadilan berasal dari kata adil yang memiliki arti : a. Dapat menempatkan sesuatu dengan tempatnya, sesuai dengan fungsinya. Contoh : ke sekolah membawa

Lebih terperinci

Sesungguhnya Agama Itu Mudah

Sesungguhnya Agama Itu Mudah Sesungguhnya Agama Itu Mudah ] õ µõý û Indonesian [ Indonesia û Ummu Malik Editor : Eko Haryanto Abu Ziyad 2013-1435 ßÝõ ÐË Ãßß ÃßÃõ µõýëý ½ Ò ÒÃß ÒÐà : µ Êà ݵ ÕÃÐÃõ µ 2013-1435 Sesungguhnya Agama Itu

Lebih terperinci

Peristiwa Bi`r Ma unah dan Awal Mula Qunut Nazilah

Peristiwa Bi`r Ma unah dan Awal Mula Qunut Nazilah Peristiwa Bi`r Ma unah dan Awal Mula Qunut Nazilah Al-Ustadz Abu Muhammad Harits Abrar Thalib Sebuah peristiwa tragis kembali menimpa kaum muslimin. 70 shahabat pilihan yang merupakan para qurra` (ahli

Lebih terperinci

Apa yang Dianjurkan Setelah Selesai Witir

Apa yang Dianjurkan Setelah Selesai Witir Apa yang Dianjurkan Setelah Selesai Witir ] إندوني - Indonesian [ Indonesia - DR. Muhammad bin Fahd al-furaih Dinukil dari Buku Masalah-Masalah Shalat Malam (hal. 71-75) 0Terjemah0T 0T: 0TMuhammad Iqbal

Lebih terperinci

Sifat Shalat Istisqa (Minta Hujan)

Sifat Shalat Istisqa (Minta Hujan) Sifat Shalat Istisqa (Minta Hujan) Syaikh Muhammad bin Shalih al-utsaimin Terjemah : Muhammad Iqbal A. Gazali Editor : Eko Haryanto Abu Ziyad 2012-1433 صفة صلاة الاستسقاء» باللغة الا ندونيسية «الشيخ مد

Lebih terperinci

Mengagungkan Allah subhanahu wa ta ala Dan Hukum Orang Yang Mencela-Nya

Mengagungkan Allah subhanahu wa ta ala Dan Hukum Orang Yang Mencela-Nya Mengagungkan Allah subhanahu wa ta ala Dan Hukum Orang Yang Mencela-Nya ] إندوني Indonesian [ Indonesia Syaikh Abdul Aziz bin Marzuq ath-thuraify Terjemah : Muhammad Iqbal A. Gazali Editor : Eko Haryanto

Lebih terperinci

Oleh: Rokhmat S. Labib, M.E.I.

Oleh: Rokhmat S. Labib, M.E.I. Oleh: Rokhmat S. Labib, M.E.I. Maka apakah orang yang berpegang pada keterangan yang datang dari Tuhannya sama dengan orang yang (setan) menjadikan dia memandang baik perbuatannya yang buruk itu dan mengikuti

Lebih terperinci

Kebaikan Palsu (riya )

Kebaikan Palsu (riya ) Kiat-kiat melawan sifat riya Penderita penyakit parah ini (riya) biasanya tidak sadar bahwa ia tertekan karenanya, sehingga membuat segala perbuatan baiknya tidak bearti. Godaan iblis dan egonya sedemikian

Lebih terperinci

Kisah Orang Botak, Orang Tuli, dan Orang yang Sakit Kusta

Kisah Orang Botak, Orang Tuli, dan Orang yang Sakit Kusta Kisah Orang Botak, Orang Tuli, dan Orang yang Sakit Kusta ] إندوني Indonesian [ Indonesia Abu Ishaq al-huwaini al-atsari Terjemah : Abu Umamah Arif Hidayatullah Editor : Eko Haryanto Abu Ziyad 2013-1434

Lebih terperinci

Syarat-Syarat Hijab Syar'i

Syarat-Syarat Hijab Syar'i Syarat-Syarat Hijab Syar'i ] إندوني - Indonesian [ Indonesia - Diambil dari kitab: "Masuliyatul Marah al Muslimah" Abdullah bin Jarullah bin Ibrahim al-jarullah Terjemah : Abu Umamah Arif Hidayatullah

Lebih terperinci

قام بعملية تغي جلنس من رجل ىل امرأة فهل ل خللوة بالنساء. Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajid مد صالح ملنجد

قام بعملية تغي جلنس من رجل ىل امرأة فهل ل خللوة بالنساء. Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajid مد صالح ملنجد Seteleh Operasi Kelamin dari Laki-laki Menjadi Perempuan Apakah DiPerbolehkan Dia Berduaan Dengan Wanita? قام بعملية تغي جلنس من رجل ىل امرأة فهل ل خللوة بالنساء ] إندوني - Indonesian [ Indonesia - Syaikh

Lebih terperinci

[ ] E١٩٠ J١٨١ W F : : SIFAT TERUS TERANG Tidak ada kebaikan padamu apabila kamu tidak mengatakannya Apakah di antara konsekuensi berterus terang adalah adab yang buruk, membangkitkan fitnah, mengungkap

Lebih terperinci

Masyarakat Merdeka. Buku Masyarakat Muslim Dalam Perspektif Al Quran dan Sunnah. Muhammad Ali al-hasyimi. Terjemah : Muzaffar Sahidu

Masyarakat Merdeka. Buku Masyarakat Muslim Dalam Perspektif Al Quran dan Sunnah. Muhammad Ali al-hasyimi. Terjemah : Muzaffar Sahidu Masyarakat Merdeka Buku Masyarakat Muslim Dalam Perspektif Al Quran dan Sunnah [ Indonesia Indonesian ] Muhammad Ali al-hasyimi Terjemah : Muzaffar Sahidu Editor : Muhammad Thalib 2009-1430 ملسلم ملسلم

Lebih terperinci

Hari Besar Orang-Orang Kafir

Hari Besar Orang-Orang Kafir Hari Besar Orang-Orang Kafir Disusun Oleh: Munir Fuadi Ridwan MA Murajaah : Abu Ziyad ا عياد الكفار منيرفو اديرضوان Maktab Dakwah Dan Bimbingan Jaliyat Rabwah 1428 2007 Hari Besar Orang-Orang Kafir Dalam

Lebih terperinci

PENCABUTAN HAK MILIK PRIBADI UNTUK KEPENTINGAN UMUM

PENCABUTAN HAK MILIK PRIBADI UNTUK KEPENTINGAN UMUM 41 PENCABUTAN HAK MILIK PRIBADI UNTUK KEPENTINGAN UMUM FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA Nomor: 8/MUNAS VII/MUI/12/2005 Tentang PENCABUTAN HAK MILIK PRIBADI UNTUK KEPENTINGAN UMUM Majelis Ulama Indonesia (MUI),

Lebih terperinci

Ini Dalilnya Bantahan buku Mana Dalilnya 1

Ini Dalilnya Bantahan buku Mana Dalilnya 1 Ini Dalilnya Bantahan buku Mana Dalilnya 1 Ustadz Abu Hudzaifah Al Atsary, Lc Muslim.or.id Manakah Bid ah dan Manakah Sunnah?... 6 Pengantar Redaksi Muslim.or.id:... 6 Bahagian Pertama: Memahami Akar Permasalahan

Lebih terperinci

TAHUN B - Pesta Keluarga Kudus Yesus, Maria dan Yusuf 28 Desember 2015

TAHUN B - Pesta Keluarga Kudus Yesus, Maria dan Yusuf 28 Desember 2015 TAHN B - Pesta Keluarga Kudus Yesus, Maria dan Yusuf 28 Desember 2015 LTRG SABDA Bacaan pertama (Kej. 15 :1-6; 21:1-3) Anak kandungmulah yang akan menjadi ahli warismu. Bacaan diambil dari Kitab Kejadian:

Lebih terperinci

KEPELOPORAN PEJABAT DALAM MELAKSANAKAN IBADAH

KEPELOPORAN PEJABAT DALAM MELAKSANAKAN IBADAH 2 KEPELOPORAN PEJABAT DALAM MELAKSANAKAN IBADAH Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia yang bersidang pada tanggal 20 Oktober 1975, 1 Nopember 1975, 4 Nopember 1975, 26 Januari 1976 dan tanggal 26 Februari

Lebih terperinci

TIGA LANDASAN UTAMA. [ Indonesia ] MUHAMMAD BIN ABDUL WAHAB. Penerjemah : M. YUSUF HARUN, MA. Murajaah :

TIGA LANDASAN UTAMA. [ Indonesia ] MUHAMMAD BIN ABDUL WAHAB. Penerjemah : M. YUSUF HARUN, MA. Murajaah : TIGA LANDASAN UTAMA [ Indonesia ] ثلاثة الا صول وأدلتها ] اللغة الا ندونيسية [ MUHAMMAD BIN ABDUL WAHAB Penerjemah : M. YUSUF HARUN, MA ترجمة: محمد يوسف هارون Murajaah : MUNIR F. RIDWAN, MA DR.MUH.MU INUDINILLAH

Lebih terperinci

BAB II KONSEP PROMOSI PENJUALAN DALAM ISLAM

BAB II KONSEP PROMOSI PENJUALAN DALAM ISLAM ``````````````````````` 12 BAB II KONSEP PROMOSI PENJUALAN DALAM ISLAM A. Promosi Penjualan Dalam Islam 1. Pengertian Promosi Penjualan Dalam Islam ````````````````````````````````````````` Promosi penjualan

Lebih terperinci

[ ] : : : : : Ibnul Qayyim rahimahullah menguraikan wasiat Nabi Yahya bin Zakariya alaihimassalam yang berbunyi : Artinya: Dan aku memerintahkan kamu untuk shalat, jika kamu shalat maka janganlah kamu

Lebih terperinci

Pelayanan Mengajar itu Penting

Pelayanan Mengajar itu Penting Pelayanan Mengajar itu Penting Dalam Pelajaran 1 kita belajar tentang pengajaran Kristen sebagai suatu pelayanan. Kita membicarakan perbedaan antara mengajar, berkhotbah, dan memberi kesaksian. Kita juga

Lebih terperinci

TEMAN WANITA BARU MASUK ISLAM, APAKAH PERLU DIBERITAHU TENTANG HARAMNYA TETAP HIDUP BERSAMA SUAMINYA YANG KAFIR

TEMAN WANITA BARU MASUK ISLAM, APAKAH PERLU DIBERITAHU TENTANG HARAMNYA TETAP HIDUP BERSAMA SUAMINYA YANG KAFIR TEMAN WANITA BARU MASUK ISLAM, APAKAH PERLU DIBERITAHU TENTANG HARAMNYA TETAP HIDUP BERSAMA SUAMINYA YANG KAFIR أسلمت صديقتها حديثا فهل ربها بتحر م بقاي ها مع زوجها لاكفر ] إندوني - Indonesian [ Indonesia

Lebih terperinci

Keluarnya Dajjal, Ya juj dan Ma juj Serta Turunnya Nabi Isa alaihissalam

Keluarnya Dajjal, Ya juj dan Ma juj Serta Turunnya Nabi Isa alaihissalam Keluarnya Dajjal, Ya juj dan Ma juj Serta Turunnya Nabi Isa alaihissalam ] إندوني Indonesian [ Indonesia Abu Ishaq al-huwaini al-atsari Terjemah : Abu Umamah Arif Hidayatullah Editor : Eko Haryanto Abu

Lebih terperinci

$! " # %& ' ( ) * &+, -. /0 1 &+ 23 4 52 6 27! "#$

$!  # %& ' ( ) * &+, -. /0 1 &+ 23 4 52 6 27! #$ [ ] : : : Ikhtilaf Ulama, Sebab dan Sikap Kita Terhadapnya Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kepada kita nikmat iman dan islam serta kesehatan, karunia yang tiada taranya yang telah diberikan-nya

Lebih terperinci

Oleh: Rokhmat S. Labib, M.E.I.

Oleh: Rokhmat S. Labib, M.E.I. Oleh: Rokhmat S. Labib, M.E.I. Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan

Lebih terperinci

Apakah Allah Benar benar Mempunyai Rencana?

Apakah Allah Benar benar Mempunyai Rencana? ~, Apakah Allah Benar benar Mempunyai Rencana?.. begitu banyak hal yang agaknya terjadi secara kebetulan! Di Mesir terdapat monumen-monumen besar yang dinamakan piramide. Piramide-piramide itu sangat besar

Lebih terperinci