AQIDAH IKATAN TEKAD YG. KUAT JANJI

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "AQIDAH IKATAN TEKAD YG. KUAT JANJI"

Transkripsi

1

2 OLEH : ARIF MA RUF LC.

3 APA YANG DIMAKSUD AQIDAH?

4 DEFINISI AQIDAH Secara etimologis ( bahasa ) AQIDAH berarti : 1- Ar الر ب ب ط ط ( Robthu ) = Simpul / ikatan, 2- Al الع ھ ھ د د ( 'Ahdu ) = Sumpah / perjanjian dan 3- Al الج ز م م ( Jazmu ) = Kehendak / Tekad yang kuat.

5 AQIDAH IKATAN TEKAD YG. KUAT JANJI

6 AQIDAH ADALAH IKATAN Aqidah mengikat para pemeluknya. Dibalik ikatan tersebut banyak manfaat yang akan diperoleh manusia.

7 Seorang yang beraqidah harus merasa bahwa dirinya TERIKAT dengan aqidahnya. Seorang yang beraqidah Islam harus merasa bahwa dirinya TERIKAT dengan aturan aturan Islam

8 Bagaimana pendapat anda dengan ayat berikut ini? [ [البقرة : إ ك ر اه ف ي الد ين ال ( Tidak ada paksaan dalam agama )

9 TIDAK ADA PAKSAAN UNTUK MASUK ISLAM Tetapi setelah masuk Islam, seorang muslim harus terikat dengan aturan-aturan Islam.

10 AQIDAH ADALAH JANJI Seorang yang beraqidah Islam harus merasa bahwa dia telah berjanji kepada Allah SWT untuk melaksanakan aturan aturan Nya.

11 JANJI ADALAH HUTANG Janji adalah hutang, janji harus ditepati. Bagi yang ingkar janji akan mendapat hukuman. Ingkar janji adalah salah satu sifat munafiq.

12 Semua manusia sudah berjanji kepada Allah ketika dia didalam kandungan ibunya و ا ذ ا خ ذ ر ب ك م ن ب ني ا د م م ن ظه و ره م ذر ي ت ه م م ع لى ا ن فس ه م و ا ش ه د ه م بر ب كم قا لوا ب لى ا لس ت هد ن ا ش ن ت قو لوا ي و م ا لق ي ام ة ا ن ا كن ا ع ن ه ذا ا [172 : ين [الا عراف غاف ل

13 Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi." (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)",(al A rof : 172 )

14 Semua manusia dilahirkan dalam keadaan fithroh ا بي ه ر ي ر ة ر ض ي ال له ع ن ه قا ل قا ل الن بي ص لى ال له ال ل ه عن و س لم ك ل م و لود ي و لد ع لى ا لف طر ة ف ا ب و اه ي ه و د ا نه ي ه و د ا ن ه ع لي ه ي م ج س ا ن ه... ي ن ص ر ا نه ا و ا و ( البخاري ومسلم وغيرهما ) رواه

15 Dari Abu Huroiroh Ra. Ia berkata : Nabi Saw bersabda : Setiap bayi dilahirkan dalam keadaan fithroh, maka dua orang tuanyalah yang menjadikan dia yahudi atau nasroni atau majusi.. (HR. Bukhori Muslim dan yang lainnya)

16 AQIDAH ADALAH TEKAD YANG KUAT Seorang yang beraqidah Islam memiliki tekad dan semangat yang kuat dalam melaksanakan perintah-perintah Allah, memiliki semangat yang kuat dalam membela agama Allah dan dalam mempelajari ajaran ajaran agamanya.

17 DEFINISI AQIDAH Secara terminologis ( istilah ) : ر الت ي ت ص د ق ب ھ ا الن ف و س و ت ط م ئ ن إل ي ھ ا الق ل وب ب األم و ت ك و ن ي ق ين ا ع ند أص ح اب ھ ا ال ي م از ج ھ ا ر ي ب وال و ( ا ل ب ن ا ح س ن ). ش ك ك ي خ ال ط ھ ا AQIDAH adalah hal-hal yang diyakini kebenarannya oleh jiwa, mendatangkan ketentraman hati, menjadi keyakinan yang kokoh yang tidak bercampur sedikitpun dengan keragu-raguan raguan (Hasan Al Banna ).

18 م ن قض اي ا ا لحق الب د ي هي ة ا لمس لم ة بالع ق ل 2- م ج م وع ة ع و الف طر ة ي ع ق د ع لي ه ا الا ن س ان ق لبه و ي ث ني عليها و الس م ج ا زم ا بص ح ت ه ا قاط ع ا بو ج ود ه ا و ثب و ت ه ا لا ي ر ى ص د ره ا ب د ا.( ( ا ن ه ي ص ح ا و ي كو ن خ لافه ا لجز اي ري ا 2- AQIDAH adalah sejumlah persoalan (kebenaran) yang dapat diterima secara umum ( axioma ) oleh manusia berdasarkan akal, wahyu dan fithrah. Kebenaran itu dipatrikan didalam hati serta diyakini kesahihan dan keberadaannya (secara pasti) dan ditolak segala sesuatu yang bertentangan dengan kebenaran itu (Aljazaairi ).

19 AQIDAH ADALAH KEYAKINAN DALAM HATI Keyakinan itu ada dalam hati dan pikiran keyakinan tidak dapat dipaksakan ل ا لح ق م ن ر ب كم فم ن ش اء ف لي و م ن و م ن ش اء ف لي ك فر ر و ق [29 [الكهف :...

20 AQIDAH ADALAH SESUATU YANG AXIOMATIS BERDASARKAN FITHROH, AKAL DAN WAHYU Axioma ( badihiyah ) adalah segala sesuatu yang kebenarannya perlu dalil pembuktian, tetapi karena sudah sangat umum dan mendarah daging maka kebenaran itu tidak lagi perlu pembuktian. misalnya : sepertiga lebih sedikit dari dua pertiga, sebagian lebih sedikit dari seluruh.

21 Setiap manusia memiliki : - FITROH untuk mengakui kebenaran (bertuhan), - INDRA untuk mencari kebenaran, - AKAL untuk menguji kebenaran dan - WAHYU untuk menjadi pedoman menentukan mana yang benar dan mana yang tidak benar.

22 Aqidah merupakan keyakinan yang tidak tercampur sedikitpun dengan keraguan. إ ن م ا ال م ؤ م ن ون ال ذ ين آم ن وا ب ا و ر س ول ه ث م ل م م " (15 الحجرات: 15 "(الحجرات ت اب وا "( ي ر Sesungguhnya orang-orang beriman adalah orang orang yang beriman kepada Allah dan rasulnya kemudian tidak ada sekitpun keraguan dalam keimanan tersebut.

23 AQIDAH MENDATANGKAN KETENTRAMAN HATI ا م ن وا و ت طم ي ن ق لوب ه م بذ ك ر ال له ا لا ا لذ ين (28 الرعد: 28 (الرعد ك ر ال له ت طم ي ن ا ل ق لوب ب بذ Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah,hanya dengan mengingat Allah-lah lah hati menjadi tentram. (Ar Ro d : 28)

24 Seseorang yang pura-pura meyakini sesuatu tidak akan tentram jiwanya, karena dia harus melaksanakan sesuatu yang berlawanan dengan keyakinannya.

25 Bila seseorang sudah meyakini suatu kebenaran, dia harus menolak segala sesuatu yang bertentangan dengan kebenaran itu.

26 Tingkat keyakinan ( aqidah ) seseorang sangat tergantung kepada tingkat pemahaman terhadap dalil atau bukti yang dia peroleh.

27

28

29

30 Catatan: 1- Axioma ( badihiyah ) adalah segala sesuatu yang kebenarannya perlu dalil pembuktian, tetapi karena sudah sangat umum dan mendarah daging maka kebenaran itu tidak lagi perlu pembuktian. misalnya : sebagian lebih sedikit dari seluruh, sepertiga lebih sedikit dari dua pertiga. 2- Setiap manusia memiliki fithrah untuk mengakui kebenaran ( bertuhan ), indra untuk mencari kebenaran, akal untuk menguji kebenaran dan memerlukan wahyu untuk menjadi pedoman menentukan mana yang benar dan mana yang tidak.

31 Catatan : 3- Aqidah merupakan keyakinan yang tidak tercampur sedikitpun dengan keraguan. ال م ؤ م ن ون ال ذ ين آم ن وا ب ا و ر س ول ه ث م ل م ي ر ت اب وا " إ ن م ا (15 الحجرات: 15 "( "(الحجرات Sesungguhnya orang-orang beriman adalah orang orang yang beriman kepada Allah dan rasulnya kemudian tidak ada sekitpun keraguan dalam keimanan tersebut.

32 Catatan : 4- Aqidah mendatangkan ketentraman jiwa. ال ذ ين آم ن وا و ت ط م ئ ن ق ل وب ھ م ب ذ ك ر أ ال ب ذ ك ر ت ط م ئ ن ن ال ق ل وب ب (الرعد: 28 ) Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah,hanya dengan mengingat Allah-lah lah hati menjadi tentram. 5- Seseorang yang pura-pura meyakini sesuatu tidak akan tentram jiwanya, karena dia harus melaksanakan sesuatu yang berlawanan dengan keyakinannya.

33 Catatan : 6- Bila seseorang sudah meyakini suatu kebenaran, dia harus menolak segala sesuatu yang bertentangan dengan kebenaran itu. 7- Tingkat keyakinan ( aqidah ) seseorang sangat tergantung kepada tingkat pemahaman terhadap dalil atau bukti yang dia peroleh.

34

35

36 Definisi Tauhid Makna tauhid secara bahasa adalah menjadikan sesuatu itu adalah tunggal, esa, atau satu-satunya satunya. Ini berarti bahwa tauhid adalah meyakini akan keesaan Allah Swt. Baik dalam RububiyahNya, UluhiyahNya dan Asma wasifatnya.

37 1- TAUHID RUBUBIYYAH Yaitu mengetahui dan meyakini bahwa Allah adalah satu-satunya satunya yang menciptakan, memberi rizki, yang menghidupkan dan mematikan. Tauhid rububiyyah ini belum membedakan antara mu;min dengan musyrik, karena kaum musyrikin juga mengakui bahwa yang menciptakan langit dan bumi, yang memberi rizki, yang menghidupkan dan yang mematikan adalah Allah swt

38 Allah berfirman : س ا لت ه م م ن خ لق الس م او ات و ا ل ا ر ض و س خ ر الش م س و ا ل قم ر و ا ل قم ر و لي ن ال ل ه لي قو لن ي و ف كو ن ف ا ن ى (العنكبوت: 61 ) Dan Sesungguhnya jika kamu tanyakan kepada mereka: "Siapakah yang menjadikan langit dan bumi dan menundukkan matahari dan bulan?" tentu mereka akan menjawab: "Allah", Maka betapakah mereka (dapat) dipalingkan (dari jalan yang benar).

39 ي و ف كو ن ال ل ه ال له ف ا ن ى س ا لت ه م م ن خ ل قه م م لي قو لن و لي ن (الزخرف: 87 ) Dan sungguh jika kamu bertanya kepada mereka: "Siapakah yang menciptakan mereka, niscaya mereka menjawab: "Allah", Maka bagaimanakah mereka dapat dipalingkan (dari menyembah Allah )?,

40 ل م ن ي ر ز ق كم م ن الس م اء و ا ل ا ر ض ا م ن ي م ل ك الس م ع ع ق و م ن ي خ رج ا لح ي م ن ا لم ي ت و ي خ رج ا لم ي ت م ن و ا ل ا ب ص ار ل ا فلا ت ت قو ن ن ال ل ه ال له ف ق و م ن ي د ب ر ا ل ا م ر ا ل ا م ر فس ي قو لو ا لح ي (يونس: 31 ) Katakanlah: "Siapakah yang memberi rezki kepadamu dari langit dan bumi, atau siapakah yang Kuasa (menciptakan) pendengaran dan penglihatan, dan siapakah yang mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup] dan siapakah yang mengatur segala urusan?" Maka mereka akan menjawab: "Allah". Maka Katakanlah "Mangapa kamu tidak bertakwa kepada-nya)?"

41 Namun meskipun demikian Allah tidak memasukkan mereka kepada golongan mu minin sebab mereka tidak merealisasikan keyakinan itu dalam bentuk amal.

42 2- TAUHID ULUHIYYAH Yaitu mengakui bahwa hanya Allah lah yang berhak ditujukan kepada Nya seluruh macam ibadah, sebab Allah tidak menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada Nya.

43 خ ل قت ا ل جن و ا لا ن س ا لا ل ي ع ب د ون ن و م ا (الذريات: 56 ) Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-ku.

44 Diantara macam-macam ibadah adalah : Cinta, cinta yang mengakibatkan penghambaan Tawakkal Takut Pengharapan Sholat,rukuk dan sujud Menyembelih binatang Nadzar

45 Thowaf Taubat Memohon perlindungan Memohon pertolongan Barangsiapa yang menyimpang/ mengarahkan ibadah ibadah tersebut kepada selain Allah Swt berarti ia telah menyekutukan Allah Swt. )

46 ل ا ن م ا ا ن ا ب ش ر م ث ل كم ي وح ى ا لي ا ن م ا ا له كم ا له و اح د فم ن ن ق ن ي ر ج وا ل قاء ر ب ه فل ي ع م ل ع م لا ص ال ح ا و لا ي ش رك بع ب اد ة كا ا ح د ا ر ب ه (الكهف: 110 ) Katakanlah: Sesungguhnya Aku Ini manusia biasa seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: "Bahwa Sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan yang Esa". barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, Maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya".

47 3- TAUHID ASMA WA SIFAT Yaitu mengakui dan meyakini terhadap nama- nama dan sifat-sifat Allah Swt yang sesuai dengan keagungan Nya yang telah ditetapkan didalam Al Qur an ataupun Hadits Rasulullah Shallahu 'alaihi Wa Sallam tanpa mengubah ( tahrif ), tanpa menafikan ma na-ma;na ma;na nya ( ta thil ), tanpa menanyakan bagaimana ( takyif ), dan tanpa menyerupakan ( tasybih ) dengan salah satu sifat makhluq Nya

48 ا ل ا س م اء ا لح س ن ى ف اد ع وه به ا و ذر وا ا لذ ين ي لح د و ن ف ي و ل له س ي ج ز و ن م ا كان وا ي ع م لو ن الا عراف: 180 ) ا س م اي ه ) Hanya milik Allah asmaa-ul husna, Maka bermohonlah kepada-nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang- orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-nya. nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang Telah mereka kerjakan.

49 Allah menetapkan bahwa Ia memiliki Tangan ( 48: 10 ) ا ي د ي هم فم ن ن ك ث ال ل ه ال له فو ق ن ا لذ ين ي ب ا يع ون ك ا ن م ا ي ب ا يع و ن ال له ال ل ه ي د ا ي ن ك ث ع لى ن فس ه و م ن ا و فى بم ا ع اه د ع لي ه ال له فس ي و ت ي ه ف ا ن م ا (10 الفتح: 10 (الفتح ع ظ يم ا ا ج ر ا Bahwasanya orang-orang yang berjanji setia kepada kamu Sesungguhnya mereka berjanji setia kepada Allah. Tangan Allah di atas tangan mereka, Maka barangsiapa yang melanggar janjinya niscaya akibat ia melanggar janji itu akan menimpa dirinya sendiri dan barangsiapa menepati janjinya kepada Allah Maka Allah akan memberinya pahala yang besar.

50 Kata tangan ي د د ( ) tersebut tidak boleh diubah artinya ( tahrif ) menjadi kekuasaan, atau disamakan ( tasybih ) dengan tangan salah satu makhluq Nya, atau menanyakan bagaimana bentuk ( takyif ) tangan Allah tersebut.

51 Diantara Nama-Nama Allah yang baik ( Al Asma-ul Husna ) adalah Ar Rahman yang berarti pengasih. seseorang tidak boleh berpendapat bahwa Allah bernama Ar Rahman tapi tidak menunjukkan bahwa Allah bersifat Ar Rahman, sebab hal itu menafikan ( Ta thil) makna yang dikandung oleh nama Allah tersebut, tetapi Allah bernama Ar Rahman juga bersifat Rahim ( pengasih ).

52

KOMPETENSI DASAR: INDIKATOR:

KOMPETENSI DASAR: INDIKATOR: TRILOGI - AQIDAH KOMPETENSI DASAR: Menganalisis trilogi ajaran Islam dan kedudukan aqidah dalam agama Islam Menganalisis unsur-unsur dan fungsi aqidah bagi kehidupan manusia (umat Islam) INDIKATOR: Mendeskripsikan

Lebih terperinci

ب س م االله الر ح من الر ح ي م

ب س م االله الر ح من الر ح ي م FATWA DEWAN SYARI AH NASIONAL Nomor: 31/DSN-MUI/VI/2002 Tentang PENGALIHAN UTANG ب س م االله الر ح من الر ح ي م Dewan Syari ah Nasional, setelah Menimbang : a. bahwa salah satu bentuk jasa pelayanan keuangan

Lebih terperinci

ب س م االله الر ح من الر ح ي م

ب س م االله الر ح من الر ح ي م FATWA DEWAN SYARI AH NASIONAL NO: 71/DSN-MUI/VI/2008 Tentang SALE AND LEASE BACK (البيع مع الاستي جار) ب س م االله الر ح من الر ح ي م Dewan Syari ah Nasional, setelah: Menimbang : a. bahwa dalam masyarakat

Lebih terperinci

AL-WALA` DAN AL-BARA`

AL-WALA` DAN AL-BARA` AL-WALA` DAN AL-BARA` [ Indonesia ] Penyusun : Dr. Khalid bin Abdurrahman al-jeresy Terjemah : Muh. Iqbal Ahmad Gazali Editor: Eko Haryanto Abu Ziyad 2009-1430 : : : 2009 1430 2 AL-WALA` DAN AL-BARA` (Sikap

Lebih terperinci

Tauhid yang didakwahkan oleh para rasul dan diturunkan kitab-kitab karenanya ada dua:

Tauhid yang didakwahkan oleh para rasul dan diturunkan kitab-kitab karenanya ada dua: Tauhid, Keutamaan dan Macam-macamnya Tauhid, yaitu seorang hamba meyakini bahwa Allah SWT adalah Esa, tidak ada sekutu bagi-nya dalam rububiyah (ketuhanan), uluhiyah (ibadah), Asma` dan Sifat-Nya. Urgensi

Lebih terperinci

Amalan Setelah Ramadhan. Penulis: Al-Ustadz Saifuddin Zuhri, Lc.

Amalan Setelah Ramadhan. Penulis: Al-Ustadz Saifuddin Zuhri, Lc. Amalan Setelah Ramadhan Penulis: Al-Ustadz Saifuddin Zuhri, Lc. ا ن ال ح م د ل له ن ح م د ه و ن س ت ع ي ن ه و ن س ت غ ف ر ه و ن ع و ذ ب الله م ن ش ر و ر ا ن ف س ن ا و م ن س ي ي ات ا ع م ال ن ا م ن ي ه

Lebih terperinci

ف ان ت ه وا و ات ق وا الل ه ا ن الل ه ش د يد ال ع ق اب

ف ان ت ه وا و ات ق وا الل ه ا ن الل ه ش د يد ال ع ق اب 7 Aliran yang menolak sunah/hadis rasul Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia dalam sidangnya di Jakarta pada Tanggal 16 Ramadhan 1403 H. bertepatan dengan tanggal 27 Juni 1983 M., setelah : Memperhatikan

Lebih terperinci

ب س م االله الر ح من الر ح ي م

ب س م االله الر ح من الر ح ي م FATWA DEWAN SYARI'AH NASIONAL NO: 62/DSN-MUI/XII/2007 Tentang AKAD JU ALAH ب س م االله الر ح من الر ح ي م Dewan Syari'ah Nasional setelah: Menimbang Mengingat : a. bahwa salah satu bentuk pelayanan jasa,

Lebih terperinci

ب س م االله الر ح من الر ح ي م

ب س م االله الر ح من الر ح ي م 1 FATWA DEWAN SYARI'AH NASIONAL NO: 38/DSN-MUI/X/2002 Tentang SERTIFIKAT INVESTASI MUDHARABAH ANTARBANK (SERTIFIKAT IMA) ب س م االله الر ح من الر ح ي م Dewan Syari'ah Nasional setelah, Menimbang : a. bahwa

Lebih terperinci

ب س م االله الر ح من الر ح ي م

ب س م االله الر ح من الر ح ي م FATWA DEWAN SYARI AH NASIONAL Nomor: 55/DSN-MUI/V/2007 Tentang PEMBIAYAAN REKENING KORAN SYARI AH MUSYARAKAH ب س م االله الر ح من الر ح ي م Dewan Syari ah Nasional, setelah: Menimbang Mengingat : a. bahwa

Lebih terperinci

TAUHID. Aku ciptakan jin dan manusia tiada lain hanyalah untuk beribadah kepadaku (QS. Adz-Dzariyat : 56)

TAUHID. Aku ciptakan jin dan manusia tiada lain hanyalah untuk beribadah kepadaku (QS. Adz-Dzariyat : 56) www.ariefprawiro.co.nr TAUHID HAKEKAT DAN KEDUDUKANNYA Allah berfirman: Aku ciptakan jin dan manusia tiada lain hanyalah untuk beribadah kepadaku (QS. Adz-Dzariyat : 56) Dan sesungguhnya Kami ntelah mengutus

Lebih terperinci

ب س م االله الر ح من الر ح ي م

ب س م االله الر ح من الر ح ي م FATWA DEWAN SYARI AH NASIONAL NO: 69/DSN-MUI/VI/2008 Tentang SURAT BERHARGA SYARIAH NEGARA ب س م االله الر ح من الر ح ي م Dewan Syari ah Nasional, setelah: Menimbang : a. bahwa dalam rangka mendorong pengembangan

Lebih terperinci

حفظو هللا Oleh : Ustadz Muhammad Wasitho Abu Fawaz, Lc, MA. Publication : 1437 H_2016 M. Keutamaan Tauhid dan Bahaya Syirik

حفظو هللا Oleh : Ustadz Muhammad Wasitho Abu Fawaz, Lc, MA. Publication : 1437 H_2016 M. Keutamaan Tauhid dan Bahaya Syirik KEUTAMAAN TAUHID dan BAHAYA SYIRIK حفظو هللا Ustadz Muhammad Wasitho Abu Fawaz, Lc, MA Publication : 1437 H_2016 M Keutamaan Tauhid dan Bahaya Syirik حفظو هللا Oleh : Ustadz Muhammad Wasitho Abu Fawaz,

Lebih terperinci

DI BULAN SUCI RAMADHAN

DI BULAN SUCI RAMADHAN AMALAN-AMALAN DI BULAN SUCI RAMADHAN Disusun Oleh: Mohammad Iqbal Ghazali. MA Murajaah : Abu Ziyad ا عمال رمضانية Maktab Dakwah Dan Bimbingan Jaliyat Rabwah 1428 2007 AMALAN-AMALAN DI BULAN SUCI RAMADHAN

Lebih terperinci

Berkompetisi mencintai Allah adalah terbuka untuk semua dan tidak terbatas kepada Nabi.

Berkompetisi mencintai Allah adalah terbuka untuk semua dan tidak terbatas kepada Nabi. Berkompetisi mencintai Allah adalah terbuka untuk semua dan tidak terbatas kepada Nabi. اقتباس المشاركة: 81532 من الموضوع: Allah Berkompetisi mencintai adalah terbuka untuk semua dan tidak terbatas kepada

Lebih terperinci

ب س م االله الر ح من الر ح ي م

ب س م االله الر ح من الر ح ي م FATWA DEWAN SYARI AH NASIONAL NO: 64/DSN-MUI/XII/2007 Tentang SERTIFIKAT BANK INDONESIA SYARIAH JU ALAH ( SBIS JU ALAH ) ب س م االله الر ح من الر ح ي م Dewan Syariah Nasional setelah: Menimbang : a. bahwa

Lebih terperinci

PERAYAAN NATAL BERSAMA

PERAYAAN NATAL BERSAMA BIDANG SOSIAL DAN BUDAYA 5 PERAYAAN NATAL BERSAMA Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia, setelah : Memperhatikan : Menimbang : 1. Perayaan Natal Bersama pada akhir-akhir ini disalahartikan oleh sebagian

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. jawabanya dihadapan-nya, sebagaimana Allah SWT berfirman :

BAB I PENDAHULUAN. jawabanya dihadapan-nya, sebagaimana Allah SWT berfirman : BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Anak adalah anugrah dan amanah dari Allah SWT yang harus dijaga dan dipelihara oleh orang tua, karena kelak akan di minta pertanggung jawabanya dihadapan-nya,

Lebih terperinci

FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA Nomor 4 Tahun 2003 Tentang PENGGUNAAN DANA ZAKAT UNTUK ISTITSMAR (INVESTASI)

FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA Nomor 4 Tahun 2003 Tentang PENGGUNAAN DANA ZAKAT UNTUK ISTITSMAR (INVESTASI) 24 Penggunaan Dana Zakat Untuk Istitsmar (Inventasi) FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA Nomor 4 Tahun 2003 Tentang PENGGUNAAN DANA ZAKAT UNTUK ISTITSMAR (INVESTASI) Majelis Ulama Indonesia, setelah MENIMBANG

Lebih terperinci

Maka dirikanlah shalat karena Rabbmu; dan berkorbanlah. (QS. al-kautsar:2)

Maka dirikanlah shalat karena Rabbmu; dan berkorbanlah. (QS. al-kautsar:2) Ditulis oleh slam Center FATWA-FATWA PLHAN (18) Hukum Menyembelih untuk selain Allah Pertanyaan: Apakah hukum menyembelih untuk selain Allah? Jawaban: Sudah kami jelaskan dalam kesempatan lain bahwa tauhid

Lebih terperinci

Post

Post اليهود والنصارى هم بنو ا سراي يل.. Yahudi dan Kristen adalah bani Israel (Ya qub) As بسم االله الرحمن الرحيم والصلاة والسلام على جدي محمد رسول االله وا له الا طهار وجميع ا نبياء االله وا لهم الا طهار لا

Lebih terperinci

ب س م االله الر ح من الر ح ي م

ب س م االله الر ح من الر ح ي م Dewan Syariah Nasional setelah, FATWA DEWAN SYARI AH NASIONAL NO. 44/DSN-MUI/VIII/2004 Tentang PEMBIAYAAN MULTIJASA ب س م االله الر ح من الر ح ي م Menimbang : a. bahwa salah satu bentuk pelayanan jasa

Lebih terperinci

2). Hukum Hukum melakukan sujud sahwi adalah sunah, sebagaimana hadis Rasulullah :

2). Hukum Hukum melakukan sujud sahwi adalah sunah, sebagaimana hadis Rasulullah : BAB 6 MACAM-MACAM SUJUD Standar Kompetensi Kompetensi Dasar 6. Memahami macam-macam sujud 6.1. Menjelaskan pengertian sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah 6.2. Menjelaskan tatacara sujud syukur,

Lebih terperinci

; ) ا ( alif Disebut mad thabi i (mad asli) apabila terdapat harakat fathah diikuti

; ) ا ( alif Disebut mad thabi i (mad asli) apabila terdapat harakat fathah diikuti BAB 10 HUKUM BACAAN MAD DAN WAQAF Standar Kompetensi 10. Menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf Kompetensi Dasar 10.1. Menjelaskan hukum bacaan mad dan waqaf 10.2. Menunjukkan contoh hukum bacaan mad dan

Lebih terperinci

FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA Nomor: 7/MUNAS VII/MUI/11/2005 Tentang PLURALISME, LIBERALISME DAN SEKULARISME AGAMA

FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA Nomor: 7/MUNAS VII/MUI/11/2005 Tentang PLURALISME, LIBERALISME DAN SEKULARISME AGAMA 12 Pluralisme, Liberalisme, DAN Sekularisme Agama FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA Nomor: 7/MUNAS VII/MUI/11/2005 Tentang PLURALISME, LIBERALISME DAN SEKULARISME AGAMA Majelis Ulama Indonesia (MUI), dalam

Lebih terperinci

Tauhid, keutamaan dan macam-macamnya

Tauhid, keutamaan dan macam-macamnya التوحيد فضله وا نواعه Tauhid, keutamaan dan macam-macamnya ] اللغة الا ندونيسية [ Para Da'i Muhammad bin Abdullah At Tuwaijry Penterjemah Team Islamhouse Editor Eko Haryanto Abu Ziyad 1428-2007 www.islamhouse.com

Lebih terperinci

Pembagian Tauhid. 1.Tauhid Rububiyah

Pembagian Tauhid. 1.Tauhid Rububiyah Pembagian Tauhid 1.Tauhid Rububiyah Pengertian tauhid rububiyah adalah mengesakan Allah dalam segala perbuatan-nya, dengan keyakinan bahwa Dialah satu-satunya Pencipta, Penguasa, Pengatur segala urusan

Lebih terperinci

Hukum mengingkari kehidupan akhirat

Hukum mengingkari kehidupan akhirat Hukum mengingkari kehidupan akhirat Pertanyaan: Hukum orang yang mengingkari kehidupan akhirat dan mengira bahwa hal itu termasuk khurafat-khurafat dari abad pertengahan? Dan bagaimana bisa menundukkan

Lebih terperinci

Sedekah Keutamaan dan Variannya

Sedekah Keutamaan dan Variannya Sedekah Keutamaan dan Variannya [ Indonesia Indonesian ] Ali Bin Muhammad ad-dihami Terjemah : Muhammad Khairuddin Editor : Eko Haryanto Abu Ziyad 2009-1430 : : 2009-1430 2 SEDEKAH, KEUTAMAAN DAN VARIANNYA

Lebih terperinci

Materi Halaqah Tarbawiyah Tamhidi TAFSIR SURAT AL-IKHLAS. Oleh: Abdul Aziz Abdul Wahid, Lc.

Materi Halaqah Tarbawiyah Tamhidi TAFSIR SURAT AL-IKHLAS. Oleh: Abdul Aziz Abdul Wahid, Lc. Materi Halaqah Tarbawiyah Tamhidi TAFSIR SURAT AL-IKHLAS Oleh: Abdul Aziz Abdul Wahid, Lc. QS. AL-IKHLAS 1-4 Tahsin Tilawah Tarjamah lafzhiyah T a f s i r ق ل ى و الل و أ ح د )1( الل و الص م د )2( ل م

Lebih terperinci

Oleh: Dr. H. Achmad Satori Ismail, MA

Oleh: Dr. H. Achmad Satori Ismail, MA Oleh: Dr. H. Achmad Satori Ismail, MA Dalam sejarah ulama salaf, diriwayatkan bahwa khalifah rasyidin ke V Umar bin Abdil Aziz dalam suatu shalat tahajjudnya membaca ayat 22-24 dari surat ashshoffat اح

Lebih terperinci

Mengenal Allah SWT Tuhan Semesta Alam

Mengenal Allah SWT Tuhan Semesta Alam Mengenal Allah SWT Tuhan Semesta Alam Tak kenal maka tak sayang, demikian bunyi pepatah. Banyak orang mengaku mengenal Allah, tapi mereka tidak cinta kepada Allah. Buktinya, mereka banyak melanggar perintah

Lebih terperinci

Keutamaan Kalimat Tauhid dan Syarat-Syaratnya

Keutamaan Kalimat Tauhid dan Syarat-Syaratnya Keutamaan Kalimat Tauhid dan Syarat-Syaratnya Khutbah Pertama:????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????.??????????????????????????????????????????????

Lebih terperinci

Makna Islam dan iman

Makna Islam dan iman معنى الا سلام والا يمان Makna Islam dan iman ] اللغة الا ندونيسية [ Para Da'i Muhammad bin Abdullah At Tuwaijry Penterjemah Team Islamhouse Editor Eko Haryanto Abu Ziyad 1428-2007 www.islamhouse.com Makna

Lebih terperinci

KOMPETENSI DASAR: INDIKATOR:

KOMPETENSI DASAR: INDIKATOR: SYARIAH - IBADAH KOMPETENSI DASAR: Menganalisis kedudukan dan fungsi Syariah dan Rukun Islam Menganalisis fungsi masing-masing unsur dari Rukun Islam bagi kehidupan umat Islam INDIKATOR: Mendeskripsikan

Lebih terperinci

KHUTBAH GERHANA MATAHARI

KHUTBAH GERHANA MATAHARI KHUTBAH GERHANA MATAHARI Khotbah I ا ل ح م د ل له ر ب ال ع ال م ي ن ا ل ذ ي خ ل ق ا لا ن س ان خ ل ي ف ة ف ي ا لا ر ض و ال ذ ي ج ع ل ك ل ش ي ي إ ع ت ب ار ا ل ل م ت ق ي ن و ج ع ل ف ى ق ل و ب ال م س ل م ي

Lebih terperinci

10 Pembatal Keislaman

10 Pembatal Keislaman 10 Pembatal Keislaman نو قض لا سلا [ Indonesia Indonesian ] Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab rahimahullah Terjemah : Muh. Iqbal Ahmad Ghazali Editor : Eko Haryanto Abu Ziyad 2010-1432 نو قض لا سلا» باللغة

Lebih terperinci

Al-Ahad dan Al-Wahid*

Al-Ahad dan Al-Wahid* Al-Ahad dan Al-Wahid* Yang Maha Esa حفظو هللا Syaikh Prof. Dr. Abdur Rozzaq bin Abdul Muhsin al-badr Publication : 1436 H_2015 M Al-Ghalib dan An-Nashir Allah Maha Menang dan Maha Penolong خفظو هللا Oleh

Lebih terperinci

Amar Ma'ruf dan Nahi Munkar

Amar Ma'ruf dan Nahi Munkar Amar Ma'ruf dan Nahi Munkar [ Indonesia Indonesian ] Abdul Malik Al-Qasim Terjemah : Muhammad Khairuddin Editor : Eko Haryanto Abu Ziyad 2009-1430 : : 2009-1430 2 AMAR MA RUF & NAHI MUNKAR Darul Qasim

Lebih terperinci

Oleh : Syaikh Salim bin Ied al-hilali

Oleh : Syaikh Salim bin Ied al-hilali Oleh : Syaikh Salim bin Ied al-hilali Allah Subhanahu wa Ta ala berfirman : ي ا ا ي ه ا ا لذ ي ن ا م ن وا كت ب ع لي كم الص ي ام كم ا كت ب ع لى ا لذ ي ن م ن قب ل كم لع ل كم ت ت قو ن ا ي ام ا م ع د و د ات

Lebih terperinci

ISLAM IS THE BEST CHOICE

ISLAM IS THE BEST CHOICE KULIAH FAJAR MASJID AL-BAKRI TAMAN RASUNA KUNINGAN - JAKARTA SELATAN ISLAM IS THE BEST CHOICE Disusun oleh : Agus N Rasyad Sabtu, 16 Maret 2013 INTRODUCTION BEBERAPA CIRI KETETAPAN HATI, BAHWA ISLAM PILIHAN

Lebih terperinci

<المصدر> ] لمتابعة رابط المشاركة. ikuti postingan asal keterangan ini. الا مام ناصر محمد اليماني Al-Imam Naser Mohammed Al-Yamani.

<المصدر> ] لمتابعة رابط المشاركة. ikuti postingan asal keterangan ini. الا مام ناصر محمد اليماني Al-Imam Naser Mohammed Al-Yamani. ] لمتابعة رابط المشاركة الا صلي ة للبيان [ ikuti postingan asal keterangan ini الا مام ناصر محمد اليماني Al-Imam Naser Mohammed Al-Yamani page 1 / 40 1433-07 - 30 ه 2012-06 - 20 م 03:56 صباحا

Lebih terperinci

Mengenal Nama-Nama dan Sifat-Sifat Allah

Mengenal Nama-Nama dan Sifat-Sifat Allah Mengenal Nama-Nama dan Sifat-Sifat Allah Khutbah Pertama:???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????.??????????????????????????????????????????????

Lebih terperinci

. Agama Islam ada tiga tingkatan: Islam, iman dan ihsan. Dan setiap tingkatan mempunyai rukun.

. Agama Islam ada tiga tingkatan: Islam, iman dan ihsan. Dan setiap tingkatan mempunyai rukun. Makna slam dan iman Ditulis oleh slam Center Makna slam dan man Tidak ada keberuntungan bagi umat manusia di dunia dan akhirat kecuali dengan slam. Kebutuhan mereka terhadapnya melebihi kebutuhan terhadap

Lebih terperinci

ب س م االله الر ح من الر ح ي م

ب س م االله الر ح من الر ح ي م Dewan Syari ah Nasional setelah, FATWA DEWAN SYARI AH NASIONAL NO. 43/DSN-MUI/VIII/2004 Tentang GANTI RUGI (TA WIDH) ب س م االله الر ح من الر ح ي م Menimbang : a. bahwa lembaga keuangan syari ah (LKS)

Lebih terperinci

Kiat Memperlakukan Buah Hati

Kiat Memperlakukan Buah Hati Kiat Memperlakukan Buah Hati كيف تربي أولاد ك? ] إندونيسي Indonesian [ Indonesia Ayip Syafruddin Abu al Faruq Editor : Eko Haryanto Abu Ziyad 2009 1430 كيف تربي أولاد ك?» باللغة الا ندونيسية «تا ليف: آيب

Lebih terperinci

Bolehkah melaksanakan perkawinan seorang perempuan dengan seorang laki laki yang bapak keduanya saudara sekandung, yaitu seayah dan seibu?

Bolehkah melaksanakan perkawinan seorang perempuan dengan seorang laki laki yang bapak keduanya saudara sekandung, yaitu seayah dan seibu? "kemal pasa", k_pasa03@yahoo.com Pertanyaan : Bolehkah melaksanakan perkawinan seorang perempuan dengan seorang laki laki yang bapak keduanya saudara sekandung, yaitu seayah dan seibu? Jawaban : Tidak

Lebih terperinci

Urgensi (Pentingnya) Tauhid dan Pembagiannya. Urgensi (Pentingnya) Tauhid dan Pembagiannya

Urgensi (Pentingnya) Tauhid dan Pembagiannya. Urgensi (Pentingnya) Tauhid dan Pembagiannya Urgensi (Pentingnya) Tauhid dan Pembagiannya Ketika manusia lalai dari tujuan ini dan mengalihkan ibadah mereka kepada selain Allah, maka Allah Subhanahu wa Ta ala mengutus para rasul dan menurunkan kitab-kitab

Lebih terperinci

S U R G A. Diterjemahkan dari: Where do I Start oleh Bint. Mhahmood Islam4Kids.com. Alih Bahasa: Ummu Abdullah

S U R G A. Diterjemahkan dari: Where do I Start oleh Bint. Mhahmood Islam4Kids.com. Alih Bahasa: Ummu Abdullah S U R G A Diterjemahkan dari: Where do I Start oleh Bint. Mhahmood Islam4Kids.com Alih Bahasa: Ummu Abdullah S U R G A Ada sebuah tempat Muslim yang baik akan pergi Ketika Mereka meninggal Tahukah kamu?

Lebih terperinci

ب س م االله الر ح من الر ح ي م

ب س م االله الر ح من الر ح ي م Dewan Syari ah Nasional setelah FATWA DEWAN SYARI AH NASIONAL NO: 07/DSN-MUI/IV/2000 Tentang PEMBIAYAAN MUDHARABAH (QIRADH) ب س م االله الر ح من الر ح ي م Menimbang : a. bahwa dalam rangka mengembangkan

Lebih terperinci

AL-HAFIIDH DAN AL-HAAFIDH Syaikh Amin bin Abdullah asy-syaqawi

AL-HAFIIDH DAN AL-HAAFIDH Syaikh Amin bin Abdullah asy-syaqawi Memahami Nama Allah AL-HAFIIDH DAN AL-HAAFIDH Syaikh Amin bin Abdullah asy-syaqawi Publication : 1437 H_2016 M Memahami Nama Allah: Al-Hafiidh dan Al-Haafidh Oleh : Syaikh Amin bin Abdullah asy-syaqawi

Lebih terperinci

ب س م االله الر ح من الر ح ي م

ب س م االله الر ح من الر ح ي م Dewan Syari'ah Nasional setelah: Menimbang Mengingat FATWA DEWAN SYARI'AH NASIONAL NO: 21/DSN-MUI/X/2001 Tentang PEDOMAN UMUM ASURANSI SYARI AH ب س م االله الر ح من الر ح ي م : a. bahwa dalam menyongsong

Lebih terperinci

KESESATAN TAUHID WAHABI (VERSI DIALOG) Digitized by: Alkhoirot.Com

KESESATAN TAUHID WAHABI (VERSI DIALOG) Digitized by: Alkhoirot.Com KESESATAN TAUHID WAHABI (VERSI DIALOG) Digitized by: Alkhoirot.Com WAHABI: Mengapa Anda menilai kami kaum Wahabi termasuk aliran sesat, dan bukan Ahlussunnah Wal-Jama ah. Padahal rujukan kami sama-sama

Lebih terperinci

Oleh: Shahmuzir bin Nordzahir

Oleh: Shahmuzir bin Nordzahir Oleh: Shahmuzir bin Nordzahir www.muzir.wordpress.com shahmuzir@yahoo.com Diturunkan pada Lailatul-Qadr إ ن ا أ ن ز ل ن اه ف ي ل ي ل ة ال ق د ر Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam

Lebih terperinci

ج اء ك م ر س ول ن ا ي ب ي ن ل ك م ك ث ير ا م ما ك ن ت م ت خ ف و ن م ن ال ك ت اب و ي ع ف و ع ن ك ث ير ق د ج اء ك م م ن الل ه ن ور و ك ت اب

ج اء ك م ر س ول ن ا ي ب ي ن ل ك م ك ث ير ا م ما ك ن ت م ت خ ف و ن م ن ال ك ت اب و ي ع ف و ع ن ك ث ير ق د ج اء ك م م ن الل ه ن ور و ك ت اب KARAKTERISTIK ETIKA ISLAM 1. Al Qur an dan Sunnah Sebagai Sumber Moral Sebagai sumber moral atau pedoman hidup dalam Islam yang menjelaskan kriteria baik buruknya sesuatu perbuatan adalah Al Qur an dan

Lebih terperinci

Tafsir Depag RI : QS Al Baqarah 284

Tafsir Depag RI : QS Al Baqarah 284 Tafsir Depag RI : QS 002 - Al Baqarah 284 ل ل ه م ا ف ي الس م او ات و م ا ف ي ال ا ر ض و ا ن ت ب د وا م ا ف ي ا ن ف س ك م ا و ت خ ف وه ي ح اس ب ك م ب ه الل ه ف ي غ ف ر ل م ن ي ش اء و ي ع ذ ب م ن ي ش اء

Lebih terperinci

KITAB KELENGKAPAN BAB DZIKIR DAN DO'A

KITAB KELENGKAPAN BAB DZIKIR DAN DO'A KITAB KELENGKAPAN BAB DZIKIR DAN DO'A ب اب ا لذ ك ر و الد ع اء Hadits No. 1567 Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Allah berfirman: Aku selalu bersama hamba-ku selama ia mengingat-ku dan kedua bibirnya

Lebih terperinci

Edisi: 11/9/1/1437 KHUTBAH PERTAMA م ع اش ر ال م س ل م ي ن ر ح م ن ي ور ح م ك م الل ه. Alloh Subhanahu wa Ta'ala berkata di dalam Al-Qur'an:

Edisi: 11/9/1/1437 KHUTBAH PERTAMA م ع اش ر ال م س ل م ي ن ر ح م ن ي ور ح م ك م الل ه. Alloh Subhanahu wa Ta'ala berkata di dalam Al-Qur'an: Edisi: 11/9/1/1437 KHUTBAH PERTAMA ب س م الل ه الر ح م ن الر ح يم إ ن ال ح م د ل ل ه ن ح م د ه و ن س ت ع ي ن ه و ن س ت غ ف ر ه و ن ع وذ ب اهلل م ن ش ر و ر أ ن ف س ن ا و م ن س ي ئ ات أ ع م ال ن ا م ن ي

Lebih terperinci

TCPDF Example 006 by Nicola Asuni - Tecnick.com

TCPDF Example 006 by Nicola Asuni - Tecnick.com Hadis-hadis pilihan dari Rasulullah SAW yang shahih ini menunjukkan pintu-pintu pahala dan amal shaleh beserta keutamaannya, agar anda dapat bangkit dari kelalaian dan mengusir debu kemalasan serta sikap

Lebih terperinci

Konsisten dalam kebaikan

Konsisten dalam kebaikan Konsisten dalam kebaikan Disusun Oleh: Mahmud Muhammad al-khazandar Penerjemah : Team Indonesia Murajaah : Eko Haryanto Abu Ziyad المداومة على فعل المعروف محمود محمد الخزندار Maktab Dakwah Dan Bimbingan

Lebih terperinci

KRITERIA MASLAHAT. FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA Nomor: 6/MUNAS VII/MUI/10/2005 Tentang KRITERIA MASLAHAT

KRITERIA MASLAHAT. FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA Nomor: 6/MUNAS VII/MUI/10/2005 Tentang KRITERIA MASLAHAT 40 KRITERIA MASLAHAT FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA Nomor: 6/MUNAS VII/MUI/10/2005 Tentang KRITERIA MASLAHAT Majelis Ulama Indonesia (MUI), dalam Musyawarah Nasional MUI VII, pada 19-22 Jumadil Akhir 1426

Lebih terperinci

AQIDAH ISLAMIAH. ILMU TAUHID (Kepentingan Dalam Kehidupan) 16/08/2015. (Sesi Pertama)

AQIDAH ISLAMIAH. ILMU TAUHID (Kepentingan Dalam Kehidupan) 16/08/2015. (Sesi Pertama) AQIDAH ISLAMIAH (Sesi Pertama) ILMU TAUHID (Kepentingan Dalam Kehidupan) 16/08/2015 MUQODDIMAH ILMU TAUHID DEFINISI TAUHID Tauhid secara etimologi: Tauhid berasal dari akar kata Arab ( - ) yang berarti

Lebih terperinci

dan 3 ماضي juga dapat di-tashrif (diubah) berdasarkan kata ganti, baik dalam bentuk المزيد

dan 3 ماضي juga dapat di-tashrif (diubah) berdasarkan kata ganti, baik dalam bentuk المزيد Pelajaran 2 تصريف الا فعال المزيدة ا لى الضم اي ر Perubahan Kata kerja berimbuhan berdasarkan kata ganti Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini! 1. الس ح ر الن اس ن ي ع لم و الشياطين Setan-setan itu mengajarkan

Lebih terperinci

ب س م االله الر ح من الر ح ي م

ب س م االله الر ح من الر ح ي م Dewan Syari ah Nasional, setelah: Menimbang FATWA DEWAN SYARI AH NASIONAL Nomor: 57/DSN-MUI/V/2007 Tentang LETTER OF CREDIT (L/C) DENGAN AKAD KAFALAH BIL UJRAH ب س م االله الر ح من الر ح ي م : a. bahwa

Lebih terperinci

Yang berhak disembah hanya Allah SWT semata, dan ibadah digunakan atas dua hal;

Yang berhak disembah hanya Allah SWT semata, dan ibadah digunakan atas dua hal; Makna dan Hakikat Ibadah Pengertian ibadah: Yang berhak disembah hanya Allah semata, dan ibadah digunakan atas dua hal; 1. Pertama: menyembah, yaitu merendahkan diri kepada Allah dengan melakukan segala

Lebih terperinci

TAFSIR SURAT AN-NAS Oleh: Abdul Aziz Abdul Wahid, Lc.

TAFSIR SURAT AN-NAS Oleh: Abdul Aziz Abdul Wahid, Lc. Materi Halaqah Tarbawiyah Tamhidi TAFSIR SURAT AN-NAS Oleh: Abdul Aziz Abdul Wahid, Lc. QS. AN-NAAS : 1-6 Tahsin Tilawah Tarjamah lafzhiyah T a f s i r ) 2( ق ل أ ع وذ ب ر ب الن اس )1( م ل ك الن اس )

Lebih terperinci

BAB 13 SALAT JAMAK DAN QASAR

BAB 13 SALAT JAMAK DAN QASAR BAB 13 SALAT JAMAK DAN QASAR STANDAR KOMPETENSI 13. Memahami tatacara shalat jama dan qashar KOMPETENSI DASAR 13.1. Menjelaskan shalat jama dan qashar 13.2. Mempraktekkan shalat jama dan qashar A. Shalat

Lebih terperinci

سورة الكافرون SURAH AL-KAFIRUN

سورة الكافرون SURAH AL-KAFIRUN سورة الكافرون SURAH AL-KAFIRUN Surah Orang-orang Kafir Surah (109) - Makkiyah - 6 ayat ب س م ال له ال رح م ن ال رح يم Dengan nama Allah Yang Maha Penyayang dan Maha Pengasih. ق ل ي ا ا يه ا ا ل كاف ر و

Lebih terperinci

KOMPETENSI DASAR INDIKATOR:

KOMPETENSI DASAR INDIKATOR: AL-QURAN KOMPETENSI DASAR Menganalisis kedudukan dan fungsi al-quran dalam agama Islam Mengidentifikasi berbagai karakteristik yang melekat pada al-quran INDIKATOR: Mendeskripsikan kedudukan dan fungsi

Lebih terperinci

BAB II TINJAUAN UMUM TENTANG WASIAT WAJIBAH. wasiat dan wajib adalah sebagai berikut.

BAB II TINJAUAN UMUM TENTANG WASIAT WAJIBAH. wasiat dan wajib adalah sebagai berikut. 16 BAB II TINJAUAN UMUM TENTANG WASIAT WAJIBAH A. Pengertian Wasiat Wajibah Wasiat wajibah berasal dari dua kata, yaitu wasiat dan wajib. Secara umum, wasiat artinya adalah pesan. Sedangkan wajib artinya

Lebih terperinci

APA PEDOMANMU DALAM BERIBADAH KEPADA ALLAH TA'ALA?

APA PEDOMANMU DALAM BERIBADAH KEPADA ALLAH TA'ALA? APA PEDOMANMU DALAM BERIBADAH KEPADA ALLAH TA'ALA? Publication : 1436 H_2015 M Apa Pedomanmu dalam Beribadah Kepada Allah Ta'ala? Disalin dari Majalah as-sunnah Ed.05 Thn.XIX_1436H/2015M e-book ini didownload

Lebih terperinci

ISLAM DIN AL-FITRI. INDIKATOR: 1. Mendeskripsikan Islam sebagai agama yang fitri

ISLAM DIN AL-FITRI. INDIKATOR: 1. Mendeskripsikan Islam sebagai agama yang fitri KOMPETENSI DASAR: 1. Menganalisis agama Islam sebagai agama yang fitri 2. Mengidentifikasi ciri-ciri yang menjadi karakterstik agama Islam sebagai agama yang fitri INDIKATOR: 1. Mendeskripsikan Islam sebagai

Lebih terperinci

Urgensi Berakhlaq Islami Dalam Bisnis

Urgensi Berakhlaq Islami Dalam Bisnis AKHLAQ BISNIS ISLAMI تا ا ق ا Rikza Maulan Lc M.Ag Urgensi Berakhlaq Islami Dalam Bisnis (1) Barometer Kataqwaan Seseorang: Allah SWT berfirman (QS. 2 : 188) ن - 2 # 5 وا 2 6 + س 3% "! ا ا ال ا # & م %

Lebih terperinci

PENGANTAR EDISI PRAKTIS

PENGANTAR EDISI PRAKTIS PENGANTAR EDISI PRAKTIS Buku ini merupakan Edisi Praktis dari buku kami MANASIK HAJI & UMRAH. Isinya insyaallah tidak berbeda, namun di sini hanya menyajikan hal-hal praktis saja yang bersangkutpaut dengn

Lebih terperinci

lagi. Allah tidak akan mengampuni pelakunya dan Allah pasti akan

lagi. Allah tidak akan mengampuni pelakunya dan Allah pasti akan Bahaya syirik Ketika umat ditimpa berbagai macam krisis, baik krisis ekonomi, moral, akhlaq maupun aqidah, mulailah berbagai macam organisasi dakwah dan tokoh-tokoh para dai mencari solusi. Mereka berupaya

Lebih terperinci

HUKUM MEMBERI NAMA DENGAN NAMA MUKMIN ح م سمية لرب د لا لكرتو باسم ملو من

HUKUM MEMBERI NAMA  DENGAN NAMA MUKMIN ح م سمية لرب د لا لكرتو باسم ملو من HUKUM MEMBERI NAMA EMAIL DENGAN NAMA MUKMIN ح م سمية لرب د لا لكرتو باسم ملو من ] إندوني [ Indonesia - Indonesian - Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajid مد صالح املنجد Penterjemah: www.islamqa.info Pengaturan:

Lebih terperinci

Adab makan berkaitan dengan apa yang dilakukan sebelum makan, sedang makan dan sesudah makan.

Adab makan berkaitan dengan apa yang dilakukan sebelum makan, sedang makan dan sesudah makan. ADAB ISLAMI : ADAB SEBELUM MAKAN Manusia tidak mungkin hidup tanpa makan. Dengan makan manusia dapat menjaga kesinambungan hidupnya, memelihara kesehatan, dan menjaga kekuatannya. Baik manusia tersebut

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu aspek penting dalam

BAB I PENDAHULUAN. Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu aspek penting dalam BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan, bahkan termuat dalam undang-undang pendidikan nasional, karena pendidikan agama mutlak

Lebih terperinci

Iman Kepada KITAB-KITAB

Iman Kepada KITAB-KITAB Iman Kepada KITAB-KITAB رمحو هللا Syaikh Muhammad bin Shalih al-utsaimin Publication : 1437 H, 2016 M Iman Kepada KITAB-KITAB Oleh : Syaikh Muhammad bin Shalih al-utsaimin Disalin dari Kitab 'Aqidah AhlusSunnah

Lebih terperinci

Ketahuilah wahai saudaraku sesungguhnya syariah Islam itu terbagi dua bagian:

Ketahuilah wahai saudaraku sesungguhnya syariah Islam itu terbagi dua bagian: Banyak di antara kaum muslimin yang kurang memperhatikan masalah aqidah pada kehidupannya dan kehidupan saudaranya (muslim) yang lain. Untuk itu tulisan berikut ingin sedikit mengingatkan kita, khususnya

Lebih terperinci

Golongan yang Dicintai Allah di Dalam Al-Qur an Oleh: Ahmad Pranggono

Golongan yang Dicintai Allah di Dalam Al-Qur an Oleh: Ahmad Pranggono Golongan yang Dicintai Allah di Dalam Al-Qur an Oleh: Ahmad Pranggono إ ن ا ل م د ل ل ه ن م د ه و ن س ت ع ي ن و و ن س ت غ ف ر ه و ن ع و ذ ب هلل م ن ش ر و ر أ ن ف س ن ا و س ي ئ ات أ ع م ال ن ا م ن ي ه د

Lebih terperinci

Ya Allah, Dzat yang memalingkan hati teguhkanlah hati kami kepada ketaatan beribadah kepada-mu. HR Muslim no 2654

Ya Allah, Dzat yang memalingkan hati teguhkanlah hati kami kepada ketaatan beribadah kepada-mu. HR Muslim no 2654 1 الل ه م م صر ف ال ق ل وب صر ف ق ل وب ن ا لى ط اع ت ك Ya Allah, Dzat yang memalingkan hati teguhkanlah hati kami kepada ketaatan beribadah kepada-mu. HR Muslim no 2654 م ق ل ب ال ق ل وب ث ب ت ق ل بى لى

Lebih terperinci

ا لمو اع ظ الغ ال ي ة م ن ر س اي ل الا م ام م ال ك ل ه ار و ن الر ش ي د

ا لمو اع ظ الغ ال ي ة م ن ر س اي ل الا م ام م ال ك ل ه ار و ن الر ش ي د ا لمو اع ظ الغ ال ي ة م ن ر س اي ل الا م ام م ال ك ل ه ار و ن الر ش ي د NASEHAT BERHARGA Imam Malik Kepada Harun ar-rasyid Oleh : Al-Imam Malik bin Anas Rahimahullahu- Penterjemah : Wafi Marzuqi Ammar,

Lebih terperinci

HAK-HAK. SYEKH MUHAMMAD BIN SHALEH AL-UTSAIMIN Rahimahullah. Terjemah Abdullah Haidir. Publication : 1428, Jumadi Tsani 13 / 2007, Juni 30

HAK-HAK. SYEKH MUHAMMAD BIN SHALEH AL-UTSAIMIN Rahimahullah. Terjemah Abdullah Haidir. Publication : 1428, Jumadi Tsani 13 / 2007, Juni 30 حقوق دعت ا ليها الفطرة وا كد ا الشريعة HAK-HAK YANG SESUAI DENGAN FITROH DAN DIKUATKAN OLEH SYARI AT SYEKH MUHAMMAD BIN SHALEH AL-UTSAIMIN Rahimahullah Terjemah Abdullah Haidir Publication : 1428, Jumadi

Lebih terperinci

ZAKAT PENGHASILAN. FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA Nomor 3 Tahun 2003 Tentang ZAKAT PENGHASILAN

ZAKAT PENGHASILAN. FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA Nomor 3 Tahun 2003 Tentang ZAKAT PENGHASILAN 23 ZAKAT PENGHASILAN Majelis Ulama Indonesia, setelah FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA Nomor 3 Tahun 2003 Tentang ZAKAT PENGHASILAN MENIMBANG : a. bahwa kedudukan hukum zakat penghasilan, baik penghasilan

Lebih terperinci

ب س م االله الر ح من الر ح ي م

ب س م االله الر ح من الر ح ي م FATWA DEWAN SYARI AH NASIONAL NO: 58/DSN-MUI/V/2007 Tentang HAWALAH BIL UJRAH ب س م االله الر ح من الر ح ي م Dewan Syari ah Nasional setelah Menimbang : a. bahwa fatwa DSN No.12/DSN-MUI/IV/2000 tentang

Lebih terperinci

Jawaban yang Tegas Dari Yang Maha Mengetahui dan Maha Merahmati

Jawaban yang Tegas Dari Yang Maha Mengetahui dan Maha Merahmati Jawaban yang Tegas Dari Yang Maha Mengetahui dan Maha Merahmati Imam Mahdi Nasser Mohammad Al-Yamani -Akal Yang Menerima Al Qur an, dan Akal adalah page 1 / 27 Hakim Yang Adil Tidakkah kalian tahu bahwa

Lebih terperinci

MANAJEMEN JATIDIRI ( MJ )

MANAJEMEN JATIDIRI ( MJ ) ب س م اهلل الر ح م ن الر ح ي م ا لس ال م ع ل ي ك م و ر ح م ة اهلل و ب ر ك ات ه MANAJEMEN JATIDIRI ( MJ ) HOW TO MANAGE OUR SELF TO BE A GOOD MOSLEM Motto : Menterjemahkan Bahasa Al-Qur an ke dalam Bahasa

Lebih terperinci

Mensyukuri Nikmat Al Quran

Mensyukuri Nikmat Al Quran Mensyukuri Nikmat Al Quran إ ن ا م د ل م د و ن س ت ع ي و ن س ت غ ف ر و ن ع و ذ ب اه م ن ش ر و ر أ ن ف س ا و م ن س ي ئ ات أ ع م ال ا م ن ي ه د ه ف ا م ض ل ل و م ن ي ض ل ل ف ا اد ي ل أ ش ه د أ ن ا إ ل إ

Lebih terperinci

ع لاج الا م ر اض ب ال قر ا ن و الس ن ة

ع لاج الا م ر اض ب ال قر ا ن و الس ن ة ع لاج الا م ر اض ب ال قر ا ن و الس ن ة MENGOBATI PENYAKIT DENGAN AL-QUR QUR AN DAN AS-SUNNAH SUNNAH Oleh : Syaikh Abdul Majid Bin Abdul Aziz Az-Zahim Muraja ah : Syaikh Abdul Muhsin Bin Nashir Al-Ubaikan

Lebih terperinci

: :

: : [ ] : Syaikh Muhammad bin Shalih Al- Utsaimin Tim Indonesia : : MAKNA SYAHADATAIN Fadhilatus Syaikh Muhammad bin Shalih Al- Utsaimin ditanya tentang Syahadatain Jawab: Syahadat Laa Ilaha Illallah ( ) dan

Lebih terperinci

Jika kamu mengikuti kebanyakan manusia di bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. [Q.S. 6 : 116]

Jika kamu mengikuti kebanyakan manusia di bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. [Q.S. 6 : 116] Untuk selamat dari siksa neraka, mungkin adalah suatu yang sangat mustahil bagi kita karena memang Mayoritas manusia memang tersesat.dalam Al-Qur an sendiri sudah menegaskan hal itu. Jika kamu mengikuti

Lebih terperinci

Sebab-Sebab Kecintaan Kepada Allah i

Sebab-Sebab Kecintaan Kepada Allah i Sebab-Sebab Kecintaan Kepada Allah i ii Sebab-Sebab Kecintaan Kepada Allah Sebab-Sebab Kecintaan Kepada Allah Oleh: Dzulqarnain M. Sunusi Sebab-Sebab Kecintaan Kepada Allah iii Judul Sebab-Sebab Kecintaan

Lebih terperinci

0 Judul Bertemu Rasulullah di Telaga Penulis Brilly Y. W. Copyright 1432 by Brilly Y. W. All rights reserved Hak cipta dilindungi undang-undang Editor IslamiaEd Layout IslamiaArt Cover IslamiaArt Cetakan

Lebih terperinci

Tauhid untuk Anak. Tingkat 1. Oleh: Dr. Saleh As-Saleh. Alih bahasa: Ummu Abdullah. Muraja ah: Andy AbuThalib Al-Atsary. Desain Sampul: Ummu Zaidaan

Tauhid untuk Anak. Tingkat 1. Oleh: Dr. Saleh As-Saleh. Alih bahasa: Ummu Abdullah. Muraja ah: Andy AbuThalib Al-Atsary. Desain Sampul: Ummu Zaidaan Tauhid untuk Anak Tingkat 1 Oleh: Dr. Saleh As-Saleh Alih bahasa: Ummu Abdullah Muraja ah: Andy AbuThalib Al-Atsary Desain Sampul: Ummu Zaidaan Sumber: www.understand-islam.net Disebarluaskan melalui:

Lebih terperinci

ADAB MEMINTA HUJAN (ISTISQA')

ADAB MEMINTA HUJAN (ISTISQA') ADAB MEMINTA HUJAN (ISTISQA') آداب الاستسقاء ] إندونيسي Indonesian [ Indonesia Penyusun : Majid bin Su'ud al Ausyan Terjemah : Muzafar Sahidu bin Mahsun Lc. Editor : Eko Haryanto Abu Ziyad 2009 1430 آداب

Lebih terperinci

KEWARISAN SAUDARA KANDUNG LAKI-LAKI/ SAUDARA SEBAPAK LAKI-LAKI BERSAMA ANAK PEREMPUAN TUNGGAL

KEWARISAN SAUDARA KANDUNG LAKI-LAKI/ SAUDARA SEBAPAK LAKI-LAKI BERSAMA ANAK PEREMPUAN TUNGGAL 33 KEWARISAN SAUDARA KANDUNG LAKI-LAKI/ SAUDARA SEBAPAK LAKI-LAKI BERSAMA ANAK PEREMPUAN TUNGGAL FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA Nomor: 4 Tahun 2004 Tentang KEWARISAN SAUDARA KANDUNG LAKI-LAKI/ SAUDARA SEBAPAK

Lebih terperinci

DAFTAR TERJEMAH. Alquran No Halaman Bab Terjemah 1

DAFTAR TERJEMAH. Alquran No Halaman Bab Terjemah 1 DAFTAR TERJEMAH Alquran No Halaman Bab Terjemah 1 2 1 Katakanlah: "Hai manusia Sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu semua, Yaitu Allah yang mempunyai kerajaan langit dan bumi; tidak ada Tuhan

Lebih terperinci

There are no translations available.

There are no translations available. There are no translations available. Manakala seorang hamba berbuat dosa, durhaka, kesalahan atau keburukan, Allah berfirman kepadanya, "Wahai hamba-ku, kembalilah kepada-ku. Bertaubatalah niscaya Aku

Lebih terperinci

Create PDF with GO2PDF for free, if you wish to remove this line, click here to buy Virtual PDF Printer

Create PDF with GO2PDF for free, if you wish to remove this line, click here to buy Virtual PDF Printer JAGALAH ALLAH NISCAYA ALLAH MENJAGAMU Dari Abul Abbas Abdullah bin Abbas ra ia mengatakan, Pada suatu hari ak pernah dibonceng dibelakang Nabi Shalallahu Alaihi Wassalam, lalu beliau bersabda, Wahai anak

Lebih terperinci