SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL"

Transkripsi

1 PANDUAN PENGGUNAAN SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL UNTUK DOSEN UPT. PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL

2 PERSIAPAN PRASYARAT Untuk dapat menggunakan fasilitas Pembelajaran Elektronik Mikroskil, pengguna diharapkan memenuhi persyaratan berikut: 1. Memiliki akun MISO yang telah diaktifkan 2. Memiliki yang valid dan dapat digunakan Akun MISO dapat diaktifkan dengan cara: menghubungi Pusat Sistem Informasi (PSI) di Gedung A lantai 2 Mikroskil.

3 HALAMAN DEPAN Untuk menggunakan fasilitas Pembelajaran Elektronik Mikroskil, pengguna dapat mengakses browser dengan alamat URL dengan tampilan seperti berikut:

4 LOGIN Sebelum melakukan berbagai aktivitas di Pembelajaran Elektronik, pengguna harus melakukan login terlebih dahulu. Proses login dilakukan dengan menggunakan akun MISO yang telah diaktivasi. CARA LOGIN 1. Masuk ke halaman login melalui link Login yang terdapat di kanan atas halaman web. (Lihat gambar di bawah) 2. Akan muncul halaman login yang akan meminta Username dan Password pengguna sesuai dengan akun MISO yang telah diaktivasi. (Lihat gambar di bawah)

5 3. Jika proses login berhasil, maka [nama_pengguna] akan terlihat di kanan atas halaman web. (Lihat gambar di bawah) 4. Tambahan: Proses Logout dapat dilakukan dengan mengklik tanda panah disamping foto pengguna dan akan terlihat link Logout dan juga beberapa menu berupa fasilitas pengelolaan akun dari pengguna. (Lihat gambar di bawah)

6 MENGUBAH PROFIL Salah satu aktivitas yang dapat dilakukan oleh pengguna adalah mengubah profile pribadi pengguna, yang dapat berupa: First Name (Nama) Description (Deskripsi): pesan / kata-kata yang tampil di halaman profile pengguna User Picture (Foto pengguna) dan sejumlah atribut lainnya. Cara Mengubah Profile 1. Setelah login, klik link Nama Anda Sendiri yang terdapat di bagian Navigation -> Current Course -> KodeCourseAnda -> Participants di bagian kiri halaman web. (Lihat gambar di bawah) Cara lain yang dapat digunakan menuju halaman tersebut bisa juga dengan mengklik tanda panah disamping foto pengguna.

7 2. Lalu akan muncul halaman View Profile pengguna. Untuk mengedit profile, klik link Edit profile di bagian kanan halaman web (Lihat gambar di bawah). 3. Lalu akan muncul halaman yang berisi form profile pengguna. Ada 5 kelompok profile yang terdapat di halaman ini, yaitu: General: berisi informasi umum dari pengguna, seperti First Name, Surname, Address, Description, dan lain sebagainya. Additional Names :berisi informasi lengkap khusus untuk nama dari pengguna mulai dari First name, Surname, Middle name dan Alternate name User Picture: berisi fasilitas untuk memasukkan / mengubah / menghapus foto pengguna. User picture merupakan salah satu identitas diri akan muncul di halaman profile maupun pada saat pengguna melakukan posting pada forum. Interests: berisi list ketertarikan / hobi pengguna terhadap berbagai hal. Bagian ini dapat dikosongkan. Optional: berisi informasi kontak pengguna, seperti Web page, Skype ID, Yahoo ID, Mobile Phone, dan lain sebagainya. Bagian ini juga dapat dikosongkan. 4. Setelah selesai melakukan edit, klik tombol Update profile untuk mengaktifkan perubahan. (Lihat gambar di bawah) Setelah itu pengguna akan kembali ke halaman View profile sehingga dapat melihat perubahan yang telah diaktifkan. Tambahan: Setiap kolom informasi yang diberi tanda * berarti wajib diisi.

8 (Lihat rangkaian gambar di bawah sebagai gambaran dari penjelasan di atas)

9 MEMBUAT ENROLMENT KEY Enrolment key dapat diartikan sebagai password atau kunci yang diperlukan oleh mahasiswa untuk masuk pertama kali ke dalam course. Tujuan dibentuknya sebuah enrolment key adalah untuk memastikan agar mahasiswa yang masuk memang adalah mahasiswa yang tergabung di kelas yang diajarkan oleh dosen pengajar. Cara membuatnya adalah: 1. Setelah login dan masuk ke course, klik link Enrolment methods pada bagian Administration -> Course administration -> Users. (Lihat gambar di bawah) 2. Akan muncul halaman Enrolment methods. Jika pada halaman tersebut belum ada pilihan Self enrolment, tambahkan dengan cara Add methods -> Self enrolment (pilih)

10 3. Lalu akan muncul halaman Self enrolment seperti gambar di bawah. Pada halaman ini, bagian yang paling penting adalah field Enrolment key yang awalnya kosong. Pengajar dapat mengisinya sesuai keinginan. 4. Jika course akan dibagi ke dalam beberapa grup, maka pada bagian Use group enrollment key wajib dipilih Yes. (Lihat gambar di bawah) 5. Setelah selesai, klik Add method. Selanjutnya, sebuah field sebagai tempat mengisi enrolment key akan muncul di halaman mahasiswa saat pertama kali masuk ke course Catatan: Form enrolment key dapat ditambahkan menjadi lebih dari 1 dengan mengulangi kembali proses di atas.

11 MEMBUAT GRUP Fungsi group digunakan untuk mengatur kelompok dalam mata kuliah (course). Jika mahasiswa yang mengikuti course berasal dari kelas yang berbeda, dan dosen/pengajar ingin mengelompokkan ke dalam kelas masing-masing agar dapat memudahkan dalam mengelola dan membedakan masing-masing kelas. CARA MEMBUAT Group dapat dibuat pada saat awal, bahkan sebelum course ini diumumkan ke kelas. Caranya adalah seperti berikut. 1. Setelah masuk ke course page, klik link Groups yang terdapat di bagian Settings -> Course administration -> Users. (Lihat gambar di bawah) 2. Akan muncul halaman Groups terdiri dari 3 buah tab, antara lain: Groups: tempat untuk membuat maupun mengedit group Grouping: tempat untuk mengelompokkan beberapa group ke dalam sebuah pengelompokan lagi (disebut: Grouping) Overview: halaman yang berisi laporan / keterangan terhadap group / grouping yang tersedia.

12 3. Pada tab Group, untuk menambahkan group caranya adalah dengan mengeklik tombol Create group. Lalu akan muncul halaman Create group seperti gambar di bawah ini. 4. Field yang penting yang perlu diberi perhatian adalah: Group name: nama dari group. (misalnya: TI-A PAGI; SI-A SORE) Enrolment key: enrolment key khusus untuk group. Enrolment key ini berbeda dengan enrolment key umum untuk course ini. Siapapun yang masuk ke course dengan enrolment key untuk group ini akan secara otomatis masuk ke dalam group. 5. Setelah selesai, klik Save changes. Setelah pembuatan group selesai, maka jika pengajar membuat (misalnya) sebuah forum, maka opsi berikut akan dapat memberi pengaruh: No groups Seluruh kelas dapat melihat dan berpartisipasi dalam thread yang dibuka oleh mahasiswa manapun. Separate groups Setiap kelas hanya dapat melihat dan berpartisipasi pada thread yang dibuka oleh mahasiswa sekelas mereka / pengajar Visible groups - Setiap kelas hanya dapat melihat aktivitas grup lain. Partisipasi hanya diperbolehkan di thread yang dibuat oleh kelas sendiri.

13 MODUL PENGAJAR Salah satu role (peran) yang terdapat di dalam penggunaan Pembelajaran Elektronik Mikroskil sebagai fasilitas e-learning adalah pengajar ( Teacher ). Ada banyak fitur Pembelajaran Elektronik yang dapat digunakan oleh pengajar dalam menunjang proses pembelajaran. Bagian ini akan membahas beberapa di antaranya. COURSE Course merupakan mata kuliah per [beberapa] kelas yang dibuka dengan satu atau beberapa pengajar di dalamnya, tentu saja dengan sejumlah mahasiswa yang belakangan akan masuk ke course tersebut. Jika pengguna sebagai pengajar telah terdaftar (didaftarkan oleh UPT Pembelajaran Elektronik) ke dalam sebuah course, maka halaman HOME akan berisi daftar course tersebut. (Lihat contoh gambar di bawah) Untuk masuk ke dalam, klik nama course yang merupakan link menuju course tersebut.

14 MENGEDIT COURSE PAGE Setelah masuk ke sebuah course, maka yang akan terlihat adalah tampilan course page (Lihat gambar di bawah). Course page dapat diisi dengan daftar topik pembelajaran, kegiatan, referensi, maupun forum yang ada pada course tersebut, yang tentunya sepenuhnya dikelola oleh pengajar yang terdaftar. Pada awal penggunaan tidak ada apapun yang ada pada course page seperti pada gambar. Untuk mengedit isinya, mula-mula pengajar harus mengeklik tombol Turn editing on di bagian kanan atas halaman web. (Lihat gambar)

15 Tombol tersebut akan mengaktifkan berbagai opsi yang tersedia untuk melakukan edit terhadap course page. (Lihat gambar di bawah) Setelah opsi tersebut aktif (muncul) maka pengajar dapat melakukan banyak hal. Namun, yang akan dijelaskan pada bab ini hanyalah beberapa hal yang umum saja.

16 MENGUBAH TULISAN SECTION Untuk mengubah isi dari blok-blok berisi topik (disebut section), caranya adalah dengan mengeklik Edit -> Edit Section yang terdapat pada setiap bagian kanan section. (Lihat gambar) Maka akan muncul halaman edit untuk mengedit isi tulisan dari section. (Lihat gambar di bawah) Pengajar dapat menambahkan tulisan di dalam box Summary dengan berbagai efek teks, dapat pula menambahkan gambar di dalamnya. Secara default Section Name akan diceklish sebagai penanda menggunakan nama section default, untuk dapat mengubah section pastikan menghilangkan tanda tersebut terlebih dahulu. Setelah selesai, klik Save changes untuk menyimpan perubahan. Setelah itu layar akan kembali ke Course page dan perubahan sudah terlihat. (Lihat gambar di bawah)

17 UPLOAD MATERI KULIAH Jika pengajar ingin mengupload materi kuliah atau file tertentu, dapat ditambahkan pada section di minggu yang akan ditambahkan. Nama section mingguan dapat diatur seperti cara diatas, untuk menambahkan materi kuliah di minggu tersebut dengan cara: 1. Klik Add an activity or resource. (Lihat gambar di bawah). Lalu akan muncul tampilan seperti di bawah ini:

18 Di sini, pengajar dapat menambahkan berbagai hal (Quiz, Forum, Assignment, dll) seperti yang terlihat pada gambar di atas. Namun dalam konteks menambahkan file, caranya adalah dengan: 2. Scroll toolbar ke bawah untuk dapat memilih File pada bagian tab RESOURCES. Lalu klik Add dan akan terlihat seperti ini. (Lihat gambar di bawah) 3. Akan muncul bagian Adding a new file. Pada bagian ini pengajar dapat mengisi Name (nama file yang akan dipost), description (keterangan mengenai file tersebut), mengupload file, dan mengedit berbagai opsi lain. Untuk kelas online pengajar wajib menyediakan file berupa Lecture Note (LN) untuk setiap kelas online yang dilaksanakan. LN akan menjabarkan detail isi dari powert point yang disertakan berupa file.pdf atau.docx. Sangat disarankan menambahkan contoh soal untuk memudahkan mahasiswa memahami topik masalah. Pemberian nama LN mengikuti format: LectureNote_kelasOnlineNamaKelas_Topik.

19 4. Setelah selesai mengisi semua bagian dari upload file, pengguna dapat mengklik tombol SAVE AND RETURN TO COURSE atau SAVE AND DISPLAY.

20 MENAMBAH FORUM Forum adalah tempat pengajar dan mahasiswa melakukan diskusi. Untuk menambahkan forum dapat dilakukan di section yang diinginkan, caranya adalah: 1. Klik Add an activity or resource pada bagian yang akan ditambahkan forum. Maka akan muncul tampilan seperti dijelaskan pada bagian sebelumnya. 2. Pilih pilihan Forum pada bagian ACTIVITIES, lalu klik Add. (Lihat gambar di bawah) CATATAN: Forum default yang disediakan di awal course dengan nama Announcements hanya dapat digunakan sebagai forum untuk memberikan informasi (pengumuman) dan tidak dapat menerima reply dari mahasiswa. Jika ingin menambahkan forum umum yang dapat di-reply mahasiswa, maka pengguna dapat menambahkan forum di halaman depan course dengan cara seperti di atas (Mungkin hal ini lebih bermanfaat bagi course yang memiliki beberapa group). 3. Akan muncul halaman Adding a new Forum. Pada halaman ini pengajar dapat mengedit berbagai opsi yang berkaitan dengan forum yang akan dibuka tersebut. Untuk kelas online penamaan forum mengikuti format: Forum_kelasOnlineNamaKelas_Topik. (Lihat gambar di bawah)

21

22 Jika Group Mode diset No groups, maka semua isi di dalam forum tersebut akan dapat diakses oleh semua mahasiswa yang ikut dalam course tersebut. Namun jika pengajar ingin membuat forum yang berbeda untuk setiap kelas yang diajarkan caranya sama seperti diatas, bedanya Group Mode harus diset menjadi Separate Groups. (lihat gambar di bawah) Setelah penggunan menambahkan forum diatas maka akan tampil pada halaman depan course pengguna. Saat pengguna menambahkan thread ke dalam forum tersebut maka akan muncul pilihan filtering forum grup yang akan ditampilkan. Untuk menambahkan thread diskusi di dalam forum tersebut dengan menklik ADD A NEW DISCUSSION TOPIC. (lihat gambar di bawah)

23 Pada saat menambah thread akan terlihat perbedaan pada bagian group, semua daftar grup yang sudah pernan dibuat akan muncul sehingga pengguna dapat memilih grup yang dapat mengakses thread tersebut. (Lihat gambar di bawah.

24 MENGUMPULKAN TUGAS (ASSIGNMENT) Melalui Pembelajaran Elektronik, pengajar juga dapat memberikan tugas sekaligus juga menjadi tempat melakukan pengumpulan tugas. Caranya adalah sebagai berikut. 1. Klik Add an activities or resource. Maka akan muncul tampilan seperti yang dijelaskan pada bagian sebelumnya. 2. Pilih pilihan Assignment pada bagian ACTIVITIES, lalu klik Add. (Lihat gambar di bawah) 3. Akan muncul halaman Adding a new Assignment. Pada halaman ini pengajar dapat mengedit berbagai opsi yang berkaitan dengan tugas yang akan diberikan tersebut. (Lihat gambar di bawah)

25

26 MENGADAKAN KUIS / QUIZ Melalui Pembelajaran Elektronik, pengajar dapat mengadakan kuis bagi mahasiswa. Caranya adalah sebagai berikut. 1. Klik Add an activities or resource. Maka akan muncul tampilan seperti yang dijelaskan pada bagian sebelumnya. 2. Pilih pilihan Quiz pada bagian ACTIVITIES, lalu klik Add. (Lihat gambar di bawah) 3. Akan muncul halaman Adding a new Quiz. Pada halaman ini pengajar dapat mengedit berbagai opsi yang berkaitan dengan tugas yang akan diberikan tersebut. (Lihat gambar di bawah)

27 Untuk kelas online penamaan Quiz berupa multiple choice mengikuti format: Quiz_kelasOnlineNamaKelas_Topik.

28 4. Setelah menyimpan pengaturan di atas, maka sebuah quiz sudah terbentuk dan tampil di course page. (Lihat gambar di bawah) Langkah berikutnya adalah mengeklik quiz tersebut. 5. Maka akan muncul halaman quiz yang masih kosong (Lihat gambar di bawah) karena belum ada detail quiz. Pada halaman tersebut proses edit berupa memasukkan konten quiz perlu dilakukan. Caranya adalah dengan mengeklik tombol Edit quiz. 6. Akan muncul halaman Editing Quiz seperti gambar di bawah. Pada halaman ini pengajar dapat memasukkan soal-soal dan metode menjawab yang akan menjadi konten utama dan tujuan dibukanya quiz tersebut.

29 7. Misalkan pengajar hendak menambah soal, maka caranya adalah melalui pilihan Add -> a new question. Lalu akan muncul pilihan berupa metode soal yang dikehendaki oleh pengajar. (Lihat gambar di bawah) JENIS SOAL Berikut ini adalah penjelasan singkat untuk sebagian jenis soal yang umum digunakan yang tersedia di elearning ini. Essay Jenis soal Essay adalah jenis soal yang membutuhkan jawaban berupa tulisan / penjelasan dari mahasiswa. Caranya adalah: 1. Setelah memilih jenis Essay pada pilihan quiz akan muncul halaman untuk mengisi berbagai keterangan untuk soal yang hendak dibuat. (Lihat gambar di bawah)

30 2. Setelah selesai, klik Save changes.

31 Matching Question Matching question adalah jenis soal yang cara pengerjaannya berupa penjodohan. Caranya adalah: 1. Setelah memilih jenis Matching pada pilihan quiz akan muncul halaman untuk mengisi berbagai keterangan untuk soal yang hendak dibuat. (Lihat gambar di bawah) 2. Setelah selesai, klik Save changes

32 Multiple Choiche Multiple choice adalah jenis soal yang bersifat pilihan ganda, dengan 1 atau lebih jawaban yang benar. Tiap pilihan juga dapat diberikan penilaian. Caranya adalah: 1. Setelah memilih jenis Multiple choice pada pilihan quiz akan muncul halaman untuk mengisi berbagai keterangan untuk soal yang hendak dibuat. (Lihat gambar di bawah) 2. Setelah selesai, klik Save changes.

33 Multiple Choice Dengan Meng-import Data Dari Bank Soal Multiple choice adalah jenis soal yang bersifat pilihan ganda, dengan 1 atau lebih jawaban yang benar. Tiap pilihan juga dapat diberikan penilaian. Caranya adalah: 1. Setelah mengikuti instruksi yang sama dengan cara di atas sehingga terlihat quiz sudah terbentuk dan tampil di course page. Untuk kelas online penamaan quiz mengikuti format: Quiz_kelasOnlineNamaKelas_Topik. (Lihat gambar di bawah) Langkah berikutnya adalah mengklik quiz tersebut. 2. Untuk menambahkan soal ke dalam quiz, terlebih dahulu soal harus ditambahkan ke dalam bank soal maka klik Question bank -> Import (Lihat gambar di bawah)

34 3. Terdapat beberapa jenis format file yang dapat ditambahkan ke dalam quiz (lihat gambar di bawah), Namun dalam panduan ini yang dijelaskan hanya untuk jenis format file Aiken Format. Sebelum menambahkan soal ke dalam bank soal, pengguna harus menyediakan file soal pilihan ganda beserta jawabannya yang harus disesuaiakan dengan format seperti di bawah ini. Untuk kelas online kelas jumlah soal minimal 10 (2 sks) dan 20 (4 sks). 4. Setelah file soal sudah ada, setelah pengguna mengklik Import pada Question bank maka pengguna dapat mengklik pilihan format file Aiken Format dan memasukkan file soal yang sudah ada kemudian klik IMPORT. (Lihat gambar di bawah)

35 5. Setelah proses diatas selesai dilakukan, maka akan muncul daftar soal yang akan ditambahkan sesuai dengan jumlah soalnya berupa daftar pertanyaan, kemudian klik CONTINUE. (lihat gambar di bawah)

36 6. Jika daftar pertanyaan sudah terlihat pada bagian Question bank berarti proses penambahan soal ke dalam bank soal telah berhasil dilakukan. (lihat gambar di bawah ini) 7. Untuk menambahkan soal ke dalam quiz secara massal maka caranya adalah melalui pilihan Add -> from question bank, lihat kembali langkah 2 untuk sampai ditahap ini. (Lihat gambar di bawah) 8. Seleksi soal yang akan ditambahkan ke dalam quiz, dalam hal ini semua soal (5) akan ditambahkan ke dalam quiz. (lihat gambar di bawah)

37 9. Untuk setiap soal, pengajar dapat mengatur nilai dari setiap soal dan nilai maksimum dari keseluruhan soal. Jika melakukan perubahan nilai ataupun tidak pengguna akan mengakhiri dengan mengklik SAVE. MEMBUAT CHAT Chat akan digunakan sebagai media untuk berkomunikasi/berdiskusi antara mahasiswa dengan pengajar/dosen. Cara untuk membuat chat ini sebagai berikut. 1. Klik Add an activities or resource. Maka akan muncul tampilan seperti yang dijelaskan pada bagian sebelumnya. 2. Pilih pilihan Chat pada bagian ACTIVITIES, lalu klik Add. (Lihat gambar di bawah)

38 3. Akan muncul halaman Adding a new chat. Pada halaman ini pengajar dapat mengedit berbagai opsi yang berkaitan dengan tugas yang akan diberikan tersebut. Untuk kelas online Pemberian nama chat mengikuti format: Chat_kelasOnlineNamaKelas_Topik. (Lihat gambar di bawah)

39 4. Link Chat akan terlihat di depan course sesuai dengan nama yang sdah diatur sebelumnya. Dosen dan mahasiswa dapat menggunakannya dengan meng-klik link dan memasuki chat online. (Lihat kedua gambar di bawah)

SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL

SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL PANDUAN PENGGUNAAN SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL http://elearning.mikroskil.ac.id/ UNTUK DOSEN UPT. PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL PERSIAPAN PRASYARAT Untuk dapat menggunakan fasilitas Pembelajaran

Lebih terperinci

SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL

SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL P A N D U A N P E N G G U N A A N SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL https://www.mikroskil.ac.id/elearning/ UNTUK DOSEN DITERBITKAN OLEH: UPT PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL (2013) Persiapan Prasyarat

Lebih terperinci

SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL

SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL PANDUAN PENGGUNAAN SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL http://elearning.mikroskil.ac.id/ UNTUK DOSEN UPT. PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL PERSIAPAN PRASYARAT Untuk dapat menggunakan fasilitas Pembelajaran

Lebih terperinci

SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL

SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL PANDUAN PENGGUNAAN SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL http://elearning.mikroskil.ac.id/ UNTUK MAHASISWA UPT. PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL PERSIAPAN PRASYARAT Untuk dapat menggunakan fasilitas

Lebih terperinci

TUTORIAL E-LEARNING POLTEKKES MAKASSAR

TUTORIAL E-LEARNING POLTEKKES MAKASSAR TUTORIAL E-LEARNING POLTEKKES MAKASSAR Untuk Dosen http://elearning.poltekkes-mks.ac.id/ OUTLINE 1. Membuat akun 2. Masuk ke halaman Kuliah 3. Menambahkan materi pada halaman kuliah 4. Membuat kantong

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN VCLASS PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA DOSEN

PANDUAN PENGGUNAAN VCLASS PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA DOSEN PANDUAN PENGGUNAAN VCLASS PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA DOSEN Akses Virtual Class - Buka browser - Ketikkan alamat - http://v-class.gunadarma.ac.id/ maka akan tampil halaman utama seperti terlihat pada

Lebih terperinci

MODUL PEMBELAJARAN E-LEARNING SMP Mitra Bintaro, Kota Tangerang

MODUL PEMBELAJARAN E-LEARNING SMP Mitra Bintaro, Kota Tangerang MODUL PEMBELAJARAN E-LEARNING SMP Mitra Bintaro, Kota Tangerang Disampaikan dalam rangka Pengabdian pada Masyarakat di SMP Mitra Bintaro tahun 2017 Disusun oleh Achmad Solichin achmatim@gmail.com DAFTAR

Lebih terperinci

REFERENSI SINGKAT (STEP BY STEP TUTORIAL)

REFERENSI SINGKAT (STEP BY STEP TUTORIAL) REFERENSI SINGKAT (STEP BY STEP TUTORIAL) SCELE FOR SCHOOL MODUL PENGAJAR WORKSHOP E-LEARNING FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS INDONESIA 17 JANUARI 2009 DAFTAR ISI DAFTAR ISI LOGIN 2 MENGUBAH PROFILE..

Lebih terperinci

Manual User. e-learning Fakultas Teknologi Informasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Program Studi : 1. Teknik Informatika 2.

Manual User. e-learning Fakultas Teknologi Informasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Program Studi : 1. Teknik Informatika 2. Manual User e-learning Fakultas Teknologi Informasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta Program Studi : 1. Teknik Informatika 2. Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN VCLASS PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA DOSEN

PANDUAN PENGGUNAAN VCLASS PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA DOSEN PANDUAN PENGGUNAAN VCLASS PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA DOSEN Akses elearning 1. Buka browser (disarankan menggunakan Mozilla) 2. Ketikkan alamat 3. http://papers.gunadarma.ac.id/vcla ss-stei/ maka akan

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN VCLASS PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA DOSEN

PANDUAN PENGGUNAAN VCLASS PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA DOSEN PANDUAN PENGGUNAAN VCLASS PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA DOSEN Akses elearning 1. Buka browser (disarankan menggunakan Mozilla) 2. Ketikkan alamat http://v-class.gunadarma.ac.id/ maka akan tampil halaman

Lebih terperinci

11/6/2015. Panduan Singkat E-Learning Untuk Dosen STMIK IM & STIE STAN IM

11/6/2015. Panduan Singkat E-Learning Untuk Dosen STMIK IM & STIE STAN IM 11/6/2015 Panduan Singkat E-Learning Untuk Dosen STMIK IM & STIE STAN IM Patah Herwanto 2015 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 1 Panduan Singkat Penggunaan e-learning... 2 STMIK IM & STIE STAN IM... 2 Alamat url

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan e-learning untuk Dosen Versi Dokumen Workshop E-Learning

Petunjuk Penggunaan e-learning untuk Dosen Versi Dokumen Workshop E-Learning Petunjuk Penggunaan e-learning untuk Dosen Versi Dokumen 1.9.1 Workshop E-Learning Dikompilasi dari Petunjuk Singkat Penggunaan Moodle bagi Pengajar versi dokumen: 1.7 / 16 Agustus 2006 Yudi Wibisono oleh

Lebih terperinci

PANDUAN MENGELOLA KELAS ONLINE

PANDUAN MENGELOLA KELAS ONLINE PANDUAN MENGELOLA KELAS ONLINE PENGANTAR Pada bagian sesi ini dibahas mengenai menggunakan fitur-fitur untuk mengelola kelas online. Fitur tersebut meliputi setting kelas, menu Administration, Mode edit,

Lebih terperinci

USU e-learning PANDUAN BAGI DOSEN. Pusat Sistem Informasi USU UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

USU e-learning PANDUAN BAGI DOSEN. Pusat Sistem Informasi USU UNIVERSITAS SUMATERA UTARA USU e-learning PANDUAN BAGI DOSEN Pusat Sistem Informasi USU - 2017 UNIVERSITAS SUMATERA UTARA PENDAHULUAN A. Apa Itu E-Learning Sistem pembelajaran online (E-Learning) merupakan sarana yang memungkinkan

Lebih terperinci

Panduan Umum SDLR LPKIA 2016

Panduan Umum SDLR LPKIA 2016 Panduan Umum SDLR LPKIA 2016 Pendahuluan SDLR (Student Digital Learning Resource) merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang dirancang untuk menjembatani proses pembelajaran antara dosen dengan mahasiswa

Lebih terperinci

Panduan e-learning Akademi Kebidanan Al-Su aibah

Panduan e-learning Akademi Kebidanan Al-Su aibah Panduan Untuk Dosen Panduan e-learning Akademi Kebidanan Al-Su aibah PENDAHULUAN Modul ini merupakan petunjuk singkat penggunaan fasilitas e-learning AKBID Al- Su aibah Bengkulu. ebook ini disusun dengan

Lebih terperinci

Sehingga akan muncul window baru seperti ini :

Sehingga akan muncul window baru seperti ini : 1. Mendaftar keanggotaan dalam e-learning Untuk dapat aktif dalam sistem pengelolaan e -learning dengan Learning Management System (LMS) Moodle yang digunakan di Universitas Ahmad Dahlan maka harus terdaftar

Lebih terperinci

Panduan e-learning Poltekkes Kemenkes Bengkulu

Panduan e-learning Poltekkes Kemenkes Bengkulu Panduan Untuk Dosen Panduan e-learning Poltekkes Kemenkes Bengkulu PENDAHULUAN Modul ini merupakan petunjuk singkat penggunaan fasilitas e-learning politeknik Kesehatan Kemenkes Bengkulu. ebook ini disusun

Lebih terperinci

Panduan Dosen Pengguna elearning Perbanas

Panduan Dosen Pengguna elearning Perbanas Panduan Dosen Pengguna elearning Perbanas Ed. 20150212 Daftar Isi Daftar Isi... 1 I. Login ke Elearning Perbanas... 2 II. Melihat Mata Kuliah Yang Diampu... 3 III. Melihat Daftar Mahasiswa... 4 IV. Mengubah

Lebih terperinci

Panduan Singkat Penggunaan Share ITS

Panduan Singkat Penggunaan Share ITS Panduan Singkat Penggunaan Share ITS Oleh: Tim Share ITS P3AI, Gedung Perpustakaan ITS Lt. 6 Nopember 2015 Platform elearning Share ITS dikembangkan dengan LMS Moodle versi 2.9.2+ Membuat Soal Bank soal

Lebih terperinci

Petunjuk Pengembangan Course dalam Elearning berbasis Moodle

Petunjuk Pengembangan Course dalam Elearning berbasis Moodle 1 Petunjuk Pengembangan Course dalam Elearning berbasis Moodle (Part I) Oleh: Herman Dwi Surjono, Ph.D. hermansurjono@uny.ac.id http://herman.elearning-jogja.org A. Pendahuluan Portal elearning kini banyak

Lebih terperinci

LANGKAH MEMILIH MATA KULIAH 1. Tampilan setelah berhasil login, akan terlihat login user profil pada sebelah kanan tampilan layar

LANGKAH MEMILIH MATA KULIAH 1. Tampilan setelah berhasil login, akan terlihat login user profil pada sebelah kanan tampilan layar LANGKAH MEMILIH MATA KULIAH 1. Tampilan setelah berhasil login, akan terlihat login user profil pada sebelah kanan tampilan layar 2. Langkah selanjutnya untuk melihat mata kuliah yang bapak/ibu ampu adalah

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN ELEARNING PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA TEACHER

PANDUAN PENGGUNAAN ELEARNING PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA TEACHER PANDUAN PENGGUNAAN ELEARNING PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA TEACHER Akses V-Class 1. Buka browser (disarankan menggunakan Mozilla) 2. Ketikkan alamat http://elearning.gunadarma.ac.id/ maka akan tampil

Lebih terperinci

REFERENSI SINGKAT (STEP BY STEP TUTORIAL)

REFERENSI SINGKAT (STEP BY STEP TUTORIAL) REFERENSI SINGKAT (STEP BY STEP TUTORIAL) SCELE FOR SCHOOL MODUL SISWA WORKSHOP E-LEARNING FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS INDONESIA 17 JANUARI 2009 DAFTAR ISI LOGIN 2 MENGUBAH PROFILE.. 3 MELIHAT PARTISIPAN

Lebih terperinci

MODUL UNTUK OPERATOR E-LEARNING UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MAB BANJARMASIN Oleh: Hamdan Husein Batubara, M.Pd.I

MODUL UNTUK OPERATOR E-LEARNING UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MAB BANJARMASIN Oleh: Hamdan Husein Batubara, M.Pd.I MODUL UNTUK OPERATOR E-LEARNING UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MAB BANJARMASIN Oleh: Hamdan Husein Batubara, M.Pd.I A. Mengenal E-Learning Moodle Moodle yang merupakan singkatan dari Modular Object Oriented

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan Elearning Kelas Karyawan UMB Untuk Mahasiswa

Petunjuk Penggunaan Elearning Kelas Karyawan UMB Untuk Mahasiswa 1 Petunjuk Penggunaan Elearning Kelas Karyawan UMB I. PENGANTAR Elearning PKSM UMB menggunakan aplikasi opensource Moodle. Kata Moodle adalah tingkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment.

Lebih terperinci

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional 2008

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional 2008 MAKALAH WORKSHOP E-LEARNING PENGEMBANGAN KAPABILITAS MODEL PEMBELAJARAN VIRTUAL BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI (E-LEARNING) MENGGUNAKAN LECTURES MANAGEMENT SYSTEM (LMS) PADA PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI

Lebih terperinci

Panduan e-learning Bina Sarana Informatika (BSI e-learning System / BEST)

Panduan e-learning Bina Sarana Informatika (BSI e-learning System / BEST) Panduan e-learning Bina Sarana Informatika (BSI e-learning System / BEST) Akses laman e-learning dengan cara mengetik http://elearning.bsi.ac.id/ pada browser Internet, kemudian akan tampil halaman home

Lebih terperinci

E-Learning SMKN 2 Kediri PRAKTEK

E-Learning SMKN 2 Kediri PRAKTEK E-Learning SMKN 2 Kediri PRAKTEK Login dan Logout Course Administration Turn Editing On: Menu ini dipilih jika kita akan mengedit kelas seperti menambahkan materi dan aktivitas. Jika tidak diaktifkan,

Lebih terperinci

Petunjuk Singkat Penggunaan E-Learning Politeknik Negeri Batam

Petunjuk Singkat Penggunaan E-Learning Politeknik Negeri Batam Petunjuk Singkat Penggunaan E-Learning Politeknik Negeri Batam Pendahuluan Pada e-learning Politeknik Negeri Batam ini menggunakan suatu platform yang dikenal dengan Moodle. Moodle adalah salah satu e-learning

Lebih terperinci

PANDUAN E-ELEARNING FK UMM UNTUK TEACHER DAN COURSE CREATOR

PANDUAN E-ELEARNING FK UMM UNTUK TEACHER DAN COURSE CREATOR PANDUAN E-ELEARNING FK UMM UNTUK TEACHER DAN COURSE CREATOR MENGAKSES E-LEARNING FK UMM DAN LOGIN 1. Buka alamat situs http://kuliah-fk.umm.ac.id untuk mengakses e-learning Fakultas Kedokteran UMM, sehingga

Lebih terperinci

PANDUAN ELEARNING MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI EKUITAS BANDUNG

PANDUAN ELEARNING MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI EKUITAS BANDUNG ( 2 0 1 6, P a t a h H e r w a n t o & T e g u h W i h a r k o ) 1 PANDUAN ELEARNING MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI EKUITAS BANDUNG Jl. PH.H. Mustofa No.31, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa

Lebih terperinci

User Manual e-learning

User Manual e-learning User Manual e-learning Oleh: Dudut Lesmono 1 Contents User Manual Dosen... 4 Langkah Awal... 4 Menjalankan aplikasi... 4 Login Aplikasi... 4 Mengelola Profile... 5 Melihat Profile... 5 Mengedit Profile...

Lebih terperinci

ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA

ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA MANAJEMEN COURSE Disusun Oleh : Fajar Edyana, S.Kom ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA 2013 E-learning UPN Veteran Jakarta 1 MODUL 1 SESI 1 MANAJEMEN USER 2.1. Pendaftaran Keanggotaan

Lebih terperinci

Panduan Singkat Penggunaan Share ITS untuk Admin Jurusan

Panduan Singkat Penggunaan Share ITS untuk Admin Jurusan Panduan Singkat Penggunaan Share ITS untuk Admin Jurusan Oleh: Tim Share ITS P3AI, Gedung Perpustakaan ITS Lt. 6 Situsweb: http://p3ai.its.ac.id/ Email: p3ai@its.ac.id Telp. 031-5994419 Senin, 13 Februari

Lebih terperinci

ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA

ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA MANAJEMEN KONTEN ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA 2013 Elearning UPN Veteran Jakarta 1 MODUL 2 MANAJEMEN KONTEN 2.1. Membuat Label 2.1.1. Keterangan Label berfungsi untuk memberikan

Lebih terperinci

PANDUAN SINGKAT MENGELOLA MATA KULIAH : BAGIAN I

PANDUAN SINGKAT MENGELOLA MATA KULIAH : BAGIAN I PANDUAN SINGKAT MENGELOLA MATA KULIAH : BAGIAN I PERLU DIINGAT SEBELUM MELANJUTKAN MEMBACA PANDUAN SINGKAT INI: 1. TATA LETAK MENU dan BLOK pada tampilan laman sangat tergantung pada pengaturan THEME oleh

Lebih terperinci

PEDOMAN OPERASIONAL SISTEM E-LEARNING

PEDOMAN OPERASIONAL SISTEM E-LEARNING PEDOMAN OPERASIONAL SISTEM E-LEARNING POLITEKNIK NEGERI SEMARANG Edisi : Pedoman bagi Kaprodi Rev. 20150401 Oleh: Muhammad Anif, S.T., M.Eng. Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Politeknik Negeri

Lebih terperinci

MODUL PELATIHAN V.1.0 SISTEM E-LEARNING STT-HARAPAN BERBASIS MOODLE PENGGUNA : DOSEN

MODUL PELATIHAN V.1.0 SISTEM E-LEARNING STT-HARAPAN BERBASIS MOODLE PENGGUNA : DOSEN MODUL PELATIHAN V.1.0 SISTEM E-LEARNING STT-HARAPAN BERBASIS MOODLE PENGGUNA : DOSEN Disusun Oleh : Dedy Arisandi, ST, Mkom Tommy, ST, Mkom Ade Zulkarnain, ST, Mkom Adidtya Perdana, ST, Mkom SEKOLAH TINGGI

Lebih terperinci

http://3tell.stptrisakti.net Dibangun dengan menggunakan Course Management System Tutorial singkat bagi Pengajar

http://3tell.stptrisakti.net Dibangun dengan menggunakan Course Management System Tutorial singkat bagi Pengajar http://3tell.stptrisakti.net Dibangun dengan menggunakan Course Management System Tutorial singkat bagi Pengajar 1 MASUK KE SYSTEM 3TELL 1. Login ke http://3tell.stptrisakti.net/. Klik Login pada sisi

Lebih terperinci

ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA

ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA MANAJEMENT KONTENT Disusun Oleh : Septian Firman Sodiq, Skom ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA 2013 Elearning UPN Veteran Jakarta 1 MODUL 2 MANAJEMENT KONTEN 2.1. Membuat Label

Lebih terperinci

PANDUAN PLATFORM PDITT ITB BAGI MAHASISWA

PANDUAN PLATFORM PDITT ITB BAGI MAHASISWA PANDUAN PLATFORM PDITT ITB BAGI MAHASISWA UPT e-learning Institut Teknologi Bandung 2016 A. Mengubah Password 1. Ketik pditt.kuliah.itb.ac.id address bar 2. Klik login, kemudian klik lupa password 3. Fdsfd

Lebih terperinci

Panduan Mahasiswa. e-learning Bina Sarana Informatika

Panduan Mahasiswa. e-learning Bina Sarana Informatika Panduan Mahasiswa e-learning Bina Sarana Informatika Prosedur Perkuliahan e-learning 1. Perkuliahan e-learning Semester Ganjil 2016/2017 dilakukan mulai Senin, 03 Oktober 2016. 2. Perkuliahan dilakukan

Lebih terperinci

KUIS ONLINE DAN FORUM DISKUSI

KUIS ONLINE DAN FORUM DISKUSI KUIS ONLINE DAN FORUM DISKUSI Disusun Oleh : Septian Firman Sodiq, Skom ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA 2013 Elearning UPN Veteran Jakarta 1 MODUL 3 KUIS ONLINE DAN FORUM DISKUSI

Lebih terperinci

Panduan Dosen E-Learning Nusa Mandiri. Semester Ganjil 2017/2018

Panduan Dosen E-Learning Nusa Mandiri. Semester Ganjil 2017/2018 Panduan Dosen E-Learning Nusa Mandiri Semester Ganjil 2017/2018 Teacher terdiri dari Non Editing Teacher dan Teacher. Pada sistem elearning BSI yang akan diaktifkan adalah Teacher, dalam hal ini Teacher

Lebih terperinci

Gambar-01. Halaman login. Gambar-02. Halaman dashboard setelah login

Gambar-01. Halaman login. Gambar-02. Halaman dashboard setelah login A. Pengaturan Mata Pelajaran Pada saat admin telah membuat sebuah Mata Pelajaran maka ketika guru tersebut login akan muncul halaman dashboard dengan mata pelajaran yang di ampu nya, seperti gambar dibawah

Lebih terperinci

KUIS ONLINE DAN FORUM DISKUSI

KUIS ONLINE DAN FORUM DISKUSI KUIS ONLINE DAN FORUM DISKUSI Disusun Oleh : Septian Firman Sodiq, Skom ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA 2013 Elearning UPN Veteran Jakarta 1 MODUL 3 KUIS ONLINE DAN FORUM DISKUSI

Lebih terperinci

UAI E-learning System Versi 2.2

UAI E-learning System Versi 2.2 Buku Pedoman Singkat Versi 2.2 Pusat Komputer dan Sistem Informasi Universitas Al Azhar Indonesia 21 Pebruari 2012 Daftar Isi Riwayat Revisi........ ii 1. Pendahuluan....... 1 Apa yang disebut Course Management

Lebih terperinci

Kata Pengantar. Singaraja, 7 Agustus a.n Tim pelaksana I b M MGMP Model Asinkronus Kabupaten Buleleng Ketua,

Kata Pengantar. Singaraja, 7 Agustus a.n Tim pelaksana I b M MGMP Model Asinkronus Kabupaten Buleleng Ketua, Daftar Isi Daftar Isi... 2 Kata Pengantar... 3 I. Teknologi Informasi Asinkronus Bagi MGMP Se-Kabupaten Buleleng... 4 A. Tentang Web MGMP... 4 B. Peran Aktor dalam Web MGMP... 6 II. Login dan Mengubah

Lebih terperinci

PEDOMAN OPERASIONAL SISTEM E-LEARNING

PEDOMAN OPERASIONAL SISTEM E-LEARNING PEDOMAN OPERASIONAL SISTEM E-LEARNING POLITEKNIK NEGERI SEMARANG Edisi : Pedoman bagi Dosen Rev. 20150526 Oleh: Muhammad Anif, S.T., M.Eng. Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Politeknik Negeri

Lebih terperinci

Pengaturan Mata Kuliah

Pengaturan Mata Kuliah Department of Information Systems Tutorial Share ITS Pengaturan Mata Kuliah Amna Shifia Nisafani amna@is.its.ac.id Setting Matakuliah Section Hak Akses Matakuliah Fitur News Forum/Announcement Backup Matakuliah

Lebih terperinci

PANDUAN PEMANFAATAN ELEARNING FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2015 Salamun Rohman Nudin

PANDUAN PEMANFAATAN ELEARNING FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2015 Salamun Rohman Nudin PANDUAN PEMANFAATAN ELEARNING FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2015 Salamun Rohman Nudin A. AKTIVASI PENGGUNA (USER) Pengguna elearning Fakultas Teknik adalah dosen dan mahasiswa yang aktif

Lebih terperinci

PANDUAN MENGAKSES LMS KULIAH ONLINE BAGI MAHASISWA. UPT e-learning ITB

PANDUAN MENGAKSES LMS KULIAH ONLINE BAGI MAHASISWA. UPT e-learning ITB PANDUAN MENGAKSES LMS KULIAH ONLINE BAGI MAHASISWA UPT e-learning ITB A. Memanfaatkan Kuliah Online 1. Mahasiswa Umum 2. Mahasiswa Program TPB B. LOG IN KE SITUS LMS KULIAH ONLINE Setiap user, baik Dosen

Lebih terperinci

Panduan Tutor Website LJJ PUSDIKLAT APARATUR Kemenkes RI

Panduan Tutor Website LJJ PUSDIKLAT APARATUR Kemenkes RI Panduan Tutor Website LJJ PUSDIKLAT APARATUR Kemenkes RI 1. Masuk Ke Halaman Utama Ketika masuk pada halaman awal dari website LJJ PUSDIKLAT APARATUR maka akan muncul tampilan gambar seperti berikut: Untuk

Lebih terperinci

Manual E-Learning Dosen Universitas Sahid Jakarta

Manual E-Learning Dosen Universitas Sahid Jakarta Manual E-Learning Dosen Universitas Sahid Jakarta Direktorat Penjaminan Mutu dan Sistem Informasi Versi 9 Maret 2010 L1 Klik Tombol e-usahidnet 1. Ketik pada browser anda www.usahid.ac.id, jika tidak dapat

Lebih terperinci

MODUL CYBER LEARNING 2011

MODUL CYBER LEARNING 2011 DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN... 1 BAB II MODUL DOSEN... 2 I Masuk Homepage Fakultas... 2 II Membuat Forum... 6 III Membuat Assignment (Tugas)... 10 IV Membuat Kuis... 12 4.1 Quiz pilihan ganda... 15 4.2

Lebih terperinci

Software User Manual E-Learning Panduan Bagi Mahasiswa

Software User Manual E-Learning Panduan Bagi Mahasiswa Software User Manual E-Learning Panduan Bagi Mahasiswa [E-learning Mahasiswa] Page 0 KATA PENGANTAR Pendidikan merupakan salah satu pilar bangsa yang perlu diselenggarakan dan ditingkatkan pelaksanaannya.

Lebih terperinci

PANDUAN MENGAKSES LMS KULIAH ONLINE BAGI MAHASISWA. UPT e-learning ITB

PANDUAN MENGAKSES LMS KULIAH ONLINE BAGI MAHASISWA. UPT e-learning ITB PANDUAN MENGAKSES LMS KULIAH ONLINE BAGI MAHASISWA UPT e-learning ITB A. Memanfaatkan Kuliah Online 1. Mahasiswa Umum 2. Mahasiswa Program TPB B. LOG IN KE SITUS LMS KULIAH ONLINE Setiap user, baik Dosen

Lebih terperinci

OLYMPIA TEACHER USER GUIDE. Create Quiz

OLYMPIA TEACHER USER GUIDE. Create Quiz OLYMPIA TEACHER USER GUIDE Create Quiz 1 Daftar Isi 1. Menampilkan menu add activity 2. Konfigurasi Form Quiz 2.1. Form Adding new Quiz. 2.2. General 2.3. Timing 2.4. Grade 2.5. Layout 2.6. Question behaviour

Lebih terperinci

PENGGUNAAN APLIKASI E-LEARNING BERBASIS MOODLE BAGI DOSEN. Oleh: Retno Sayekti

PENGGUNAAN APLIKASI E-LEARNING BERBASIS MOODLE BAGI DOSEN. Oleh: Retno Sayekti PENGGUNAAN APLIKASI E-LEARNING BERBASIS MOODLE BAGI DOSEN Oleh: Retno Sayekti Pendahuluan E-Learning IAIN Sumatera Utara Melakukan pendaftaran akun pada aplikasi Mengedit setting profil Memasukkan poto

Lebih terperinci

Pengembangan E-learning dengan Moodle

Pengembangan E-learning dengan Moodle Pengembangan E-learning dengan Moodle Oleh: Herman Dwi Surjono, Ph.D. hermansurjono@uny.ac.id http://herman.elearning-jogja.org 1. Pendahuluan Moodle merupakan salah satu LMS (learning Management System)

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI KURIKULUM 2013

PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI KURIKULUM 2013 PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI KURIKULUM 2013 Untuk Operator Sekolah Dasar Modul 1 Registrasi, Login, Ubah Profil, dan Logout A. Registrasi 1. Buka web browser dan ketikkan pada url kurtilas.org/register.

Lebih terperinci

COURSE MANAGEMENT SYSTEM MOODLE. Pengisian Content CMS Moodle

COURSE MANAGEMENT SYSTEM MOODLE. Pengisian Content CMS Moodle COURSE MANAGEMENT SYSTEM MOODLE Pengisian Content CMS Moodle Memasukan materi 1. Isi langsung Dengan cara isi langsung, materi dimasukan dengan mengetikkannya langsung melalui situs. Langkah langkah :

Lebih terperinci

Login. Halaman Utama. Jika berhasil terotorisasi, maka akan terlihat halaman utama dari SCeLE.

Login. Halaman Utama. Jika berhasil terotorisasi, maka akan terlihat halaman utama dari SCeLE. Login Untuk masuk kehalaman pengajar, sebelumnya account pengajar tersebut harus sudah didaftarkan oleh administrator. Jika account tersebut sudah ada, maka masuk kehalaman login kemudian memasukkan username

Lebih terperinci

Untuk mengedit judul dan deskripsi topik, klik icon bergambar tangan.

Untuk mengedit judul dan deskripsi topik, klik icon bergambar tangan. Untuk mengedit judul dan deskripsi topik, klik icon bergambar tangan. Isi deskripsi topik, lalu tekan Simpan Perubahan Deskripsi ini akan muncul di bagian atas topik Beberapa fasilitas yang lain seputar

Lebih terperinci

UB Virtual Learning. Selanjutnya akan dijelaskan langkah-langkah menggunakan UBVL : Gambar 1

UB Virtual Learning. Selanjutnya akan dijelaskan langkah-langkah menggunakan UBVL : Gambar 1 UB Virtual Learning UBVL adalah sistem learning management system berbasis perangkat lunak moodle. Sistem ini ditujukan sebagai pendukung/pengganti sistem pembelajaran konvensional dengan berbagai fitur

Lebih terperinci

Panduan E-Learning Untuk Dosen S2 S1 D-IV DIII

Panduan E-Learning Untuk Dosen S2 S1 D-IV DIII Panduan E-Learning Untuk Dosen S2 S1 D-IV DIII YAYASAN PENDIDIKAN DAN SOSIAL HELVETIA (EDISI REVISI) PANDUAN TM ONLINE A. Cara Mengakses Situs E-Learning Langkah pertama adalah menjalankan Internet Browser.

Lebih terperinci

PANDUAN PENERAPAN E-LEARNING BERBASIS RUMAH BELAJAR (JEJAK BALI) PROVINSI BALI

PANDUAN PENERAPAN E-LEARNING BERBASIS RUMAH BELAJAR (JEJAK BALI) PROVINSI BALI PANDUAN PENERAPAN E-LEARNING BERBASIS RUMAH BELAJAR (JEJAK BALI) PROVINSI BALI 2018 0 0 DAFTAR ISI DAFTAR ISI...1 PENGENALAN...2 Langkah-langkah membuat account guru di jejak bali..9 Langkah-langkah login

Lebih terperinci

Petunjuk Singkat Penggunaan Kuantum Gama bagi Pengajar. Yudi Wibisono Yohanes Suyanto versi dokumen: 30 Maret 2008

Petunjuk Singkat Penggunaan Kuantum Gama bagi Pengajar. Yudi Wibisono Yohanes Suyanto versi dokumen: 30 Maret 2008 Petunjuk Singkat Penggunaan Kuantum Gama bagi Pengajar Yudi Wibisono yudi@upi.edu Yohanes Suyanto yanto@ugm.ac.id versi dokumen: 30 Maret 2008 ... 2 Pendahuluan... 3 Membuka Situs E-Learning Kuantum Gama...

Lebih terperinci

MATERI PELATIHAN E-LEARNING PETUNJUK BAGI PENGAJAR. Muhamad Ali, MT Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY

MATERI PELATIHAN E-LEARNING PETUNJUK BAGI PENGAJAR. Muhamad Ali, MT Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY MATERI PELATIHAN E-LEARNING PETUNJUK BAGI PENGAJAR Muhamad Ali, MT Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY http://muhal.wordpress.com A. Pendahuluan Pengajar (guru, instruktur maupun dosen) merupakan

Lebih terperinci

TUTORIAL. Tutorial Moodle. Membuat Pertanyaan Quiz Berbentuk soal True-False. By: NUR ALAMSYAH NURDIN

TUTORIAL. Tutorial Moodle. Membuat Pertanyaan Quiz Berbentuk soal True-False. By: NUR ALAMSYAH NURDIN TUTORIAL Tutorial Moodle Membuat Pertanyaan Quiz Berbentuk soal True-False By: NUR ALAMSYAH NURDIN langkah-langkahnya: MEMBUAT PERTANYAAN QUIS TRUE-FALSE DI MOODLE 1. Yang pertama adalah koneksikan ke

Lebih terperinci

Langkah-langkah memulai menggunakan e-learning Lab Komputer dengan cara : 1. Klik Login di sudut kanan atas

Langkah-langkah memulai menggunakan e-learning Lab Komputer dengan cara : 1. Klik Login di sudut kanan atas Jhonas Fahran Arif Moodle adalah e-learning platform yang dapat digunakan secara gratis dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan karena source codenya tersedia (open source). Kelebihan utama Moodle adalah

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN E-LEARNING

PANDUAN PENGGUNAAN E-LEARNING U N DIKSHA Universitas Pendidikan Ganesha PANDUAN PENGGUNAAN E-LEARNING SMA NEGERI BALI MANDARA DALAM RANGKA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DENGAN JUDUL PENERAPAN DAN PELATIHAN PENGOPERASIAN E-LEARNING DI

Lebih terperinci

.:: PENDAHULUAN. sipoel ver

.:: PENDAHULUAN. sipoel ver .:: PENDAHULUAN Penerapan sistem pembelajaran berbasis web (sipoel Unimed) telah diterapkan di Universitas Negeri Medan (Unimed) sejak tahun 2007 yang lalu. Pada versi awalnya sipoel Unimed telah dilengkapi

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan. Elearning Universitas Almuslim untuk Dosen. M. Rezeki Muamar

Panduan Penggunaan. Elearning Universitas Almuslim untuk Dosen. M. Rezeki Muamar Panduan Penggunaan Elearning Universitas Almuslim untuk Dosen M. Rezeki Muamar 2016 Panduan Penggunaan elearning Universitas Almuslim untuk Dosen Penulis M. Rezeki Muamar Program Studi Pendidikan Biologi

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN ELEARNING UNIVERSTAS PENDIDIKAN GANESHA

PANDUAN PENGGUNAAN ELEARNING UNIVERSTAS PENDIDIKAN GANESHA PANDUAN PENGGUNAAN ELEARNING UNIVERSTAS PENDIDIKAN GANESHA Oleh: UPT-TIK Universitas Pendidikan Ganesha Tahun 2017 DAFTAR ISI 1. PENGANTAR E-LEARNING... 1 2. MENGAKSES E-LEARNING... 2 a. Eksplorasi Menu

Lebih terperinci

BAB II MODUL DOSEN. Gambar 1.1 Halaman utama Cyber Learning Unissula

BAB II MODUL DOSEN. Gambar 1.1 Halaman utama Cyber Learning Unissula BAB I PENDAHULUAN Cyber Learning adalah suatu lingkungan pembelajaran online berpusat pada peserta didik yang dikembangkan Universitas Islam Sultan Agung, untuk memfasilitasi kegiatan e- learning/distance

Lebih terperinci

LANGKAH LANGKAH AKTIVASI USER ELEARNING POLITEKNIK NEGERI BANYUWANGI

LANGKAH LANGKAH AKTIVASI USER ELEARNING POLITEKNIK NEGERI BANYUWANGI LANGKAH LANGKAH AKTIVASI USER ELEARNING POLITEKNIK NEGERI BANYUWANGI Langkah langkah aktivasi user elearning Politeknik Negeri Banyuwangi 1. Buka halaman https://elearning.poliwangi.ac.id. 2. Silahkan

Lebih terperinci

Panduan Elearning UNTUK MAHASISWA STMIK IM & STIE STAN IM. Patah herwannto JL. JAKARTA NO 79 BANDUNG 40272,

Panduan Elearning UNTUK MAHASISWA STMIK IM & STIE STAN IM. Patah herwannto JL. JAKARTA NO 79 BANDUNG 40272, Panduan Elearning UNTUK MAHASISWA STMIK IM & STIE STAN IM Patah herwannto - 2015 JL. JAKARTA NO 79 BANDUNG 40272, ADMIN@STMIK-IM.AC.ID TEKNIS PELAKSANAAN 1. Pelaksanaan Perkuliahan 1) Perkuliahan dilaksanakan

Lebih terperinci

Langkah langkah aktivasi user elearning Politeknik Negeri Banyuwangi

Langkah langkah aktivasi user elearning Politeknik Negeri Banyuwangi Langkah langkah aktivasi user elearning Politeknik Negeri Banyuwangi 1. Buka halaman https://elearning.poliwangi.ac.id. 2. Silahkan login menggunakan user dan password yang sudah terdaftar pada proxies.poliwangi.ac.id.

Lebih terperinci

Daftar Isi Pendahuluan Tujuan ILearn Unand Kompetensi Situs ILearn Unand Edit Profil Pribadi... 4

Daftar Isi Pendahuluan Tujuan ILearn Unand Kompetensi Situs ILearn Unand Edit Profil Pribadi... 4 Daftar Isi Daftar Isi... 0 Pendahuluan... 1 Tujuan ILearn Unand... 1 Kompetensi... 2 Situs ILearn Unand... 2 Edit Profil Pribadi... 4 Memulai menggunakan ILearn Unand Sebagai Course Creator... 4 Mendaftarkan

Lebih terperinci

PENGANTAR MOODLE. Apa itu Moodle?

PENGANTAR MOODLE. Apa itu Moodle? PENGANTAR MOODLE Apa itu Moodle? Moodle adalah perangkat lunak pengelola course (kuliah) yang open source dan berbasis web. Moodle sering disebut sebagai Course Management System (CMS) yang saat ini telah

Lebih terperinci

PANDUAN PERKULIAHAN KELAS MAYA 1

PANDUAN PERKULIAHAN KELAS MAYA 1 PANDUAN PERKULIAHAN KELAS MAYA 1 DAFTARISI 3 A. Memulai Perkuliahan Kelas Maya 4 B. Mengelola Kelas dalam Perkuliahan Maya 8 C. Mengelola Kegiatan Belajar dalam Perkuliahan Kelas Maya 11 D. Mengelola Alur

Lebih terperinci

Panduan Singkat Penggunaan Share ITS untuk Dosen Oleh: Tim Share ITS P3AI, Gedung Perpustakaan ITS Lt. 6

Panduan Singkat Penggunaan Share ITS untuk Dosen Oleh: Tim Share ITS P3AI, Gedung Perpustakaan ITS Lt. 6 Panduan Singkat Penggunaan Share ITS untuk Dosen Oleh: Tim Share ITS P3AI, Gedung Perpustakaan ITS Lt. 6 http://p3ai.its.ac.id/, Telepon/Fax. 031-5994419, p3ai@its.ac.id Februari 2016 Platform elearning

Lebih terperinci

Petunjuk Pengembangan Course dalam Elearning berbasis Moodle

Petunjuk Pengembangan Course dalam Elearning berbasis Moodle 1 Petunjuk Pengembangan Course dalam Elearning berbasis Moodle (Part II) Oleh: Herman Dwi Surjono, Ph.D. http://blog.uny.ac.id/hermansurjono http://herman.elearning-jogja.org A. Pendahuluan Portal elearning

Lebih terperinci

Prosedur Pemakaian Program:

Prosedur Pemakaian Program: Prosedur Pemakaian Program: Agar lebih jelas dalam memahami aplikasi yang telah dibuat, maka berikut adalah petunjuk cara pengoperasian aplikasi. Gambar 1 Halaman Login Pada halaman ini, user diminta untuk

Lebih terperinci

Petunjuk Singkat Penggunaan Moodle bagi Pengajar. Yudi Wibisono versi dokumen: 1.7 / 16 Agustus 2006

Petunjuk Singkat Penggunaan Moodle bagi Pengajar. Yudi Wibisono versi dokumen: 1.7 / 16 Agustus 2006 Petunjuk Singkat Penggunaan Moodle bagi Pengajar Yudi Wibisono yudi@upi.edu versi dokumen: 1.7 / 16 Agustus 2006 Universitas Pendidikan Indonesia 2006 DAFTAR ISI Pendahuluan... 3 Fitur Moodle... 4 Membuka

Lebih terperinci

PANDUAN PELATIHAN E LEARNING DASAR

PANDUAN PELATIHAN E LEARNING DASAR 2009 I. PANDUAN PELATIHAN E LEARNING DASAR Fakultas Ekonomi Univesitas Muhammadiyah Yogyakarta 29/Agustus/2009 PENDAHULUAN Selamat datang di e:learning Community (elcom) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Lebih terperinci

Panduan. i-learn Unand. Interactiv Learning Universitas Andalas

Panduan. i-learn Unand. Interactiv Learning Universitas Andalas Panduan i-learn Unand Interactiv Learning Universitas Andalas Tutorial i-learn Universitas Andalas Halaman depan i-learn Universitas Andalas Dalam pengembangan ilearn yang dilakukan pada 2015 maka frontpage

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN E-LEARNING UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA. Divisi Web Administrasi

PETUNJUK PENGGUNAAN E-LEARNING UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA. Divisi Web Administrasi PETUNJUK PENGGUNAAN E-LEARNING UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA Divisi Web Administrasi UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA BANDUNG 2007 DAFTAR ISI I. Memilih Situs E- Learning Maranatha... 1 II. Login ke E-Learning...

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN ELEARNING UNTUK STAF PENGAJAR

PANDUAN PENGGUNAAN ELEARNING UNTUK STAF PENGAJAR PANDUAN PENGGUNAAN ELEARNING UNTUK STAF PENGAJAR FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ACEH 2014 PANDUAN SINGKAT ELEARNING UNTUK DOSEN Berikut adalah tahap-tahap teknis pengelolaan sumber dan aktifitas

Lebih terperinci

MODUL PELATIHAN E-LEARNING #1

MODUL PELATIHAN E-LEARNING #1 MODUL PELATIHAN E-LEARNING #1 BIDANG PENGEMBANGAN E-LEARNING DEPARTEMEN TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DR. SOETOMO SURABAYA 2017 E-Learning bukan hanya sekedar proses mendownload materi yang sudah disediakan

Lebih terperinci

PANDUAN DASAR UBAYA LEARNING SPACE (ULS)

PANDUAN DASAR UBAYA LEARNING SPACE (ULS) PANDUAN DASAR UBAYA LEARNING SPACE (ULS) BUKU 1: LOGIN, SETUP COURSE, ADDING RESOURCES (FILES), STUDENT' SELF-ENROLLMENT Panduan singkat ini disusun untuk pelatihan dan self-learning penggunaan moodle

Lebih terperinci

V.2.0. Panduan Pengelolaan Website

V.2.0. Panduan Pengelolaan Website Panduan Pengelolaan Website V.2.0 0 LOGIN DASHBOARD Silahkan masuk ke url : http://namadomain.com/wp-admin Username dan password telah kami kirim ke email Anda. Setelah login, anda akan melihat tampilan

Lebih terperinci

Mengelola Kelas Virtual

Mengelola Kelas Virtual Mengelola Kelas Virtual Panduan Pemanfaatan Kuliah ITB bagi Dosen UPT e-learning ITB Daftar Isi A. Mengatur Header Section... 2 1. Menambah Deskripsi Pengenalan Course... 2 2. Mengupload file silabus...

Lebih terperinci

User Manual Guide Salesman USER MANUAL GUIDE. Salesman. E-Learning PT. Suzuki Indomobil Sales E-Learning SIS Page 1 of 19

User Manual Guide Salesman USER MANUAL GUIDE. Salesman. E-Learning PT. Suzuki Indomobil Sales E-Learning SIS Page 1 of 19 USER MANUAL GUIDE Salesman E-Learning PT. Suzuki Indomobil Sales 2015 E-Learning SIS Page 1 of 19 Table of Contents 1. LOGIN... 3 2. RESET PASSWORD... 3 3. DISCUSSION FORUM... 5 4. E-LEARNING NEWS... 7

Lebih terperinci

Learning Management System untuk Pengajar. Imam Fahrur Rozi Ridwan Rismanto

Learning Management System untuk Pengajar. Imam Fahrur Rozi Ridwan Rismanto Learning Management System untuk Pengajar Imam Fahrur Rozi Ridwan Rismanto 1 Mengakses LMS Polinema 2 Navigasi Utama Pengajar 3 Mengelola Matakuliah - User Enrollment - Edit Matakuliah - Mengelola Topik

Lebih terperinci

TAMPILAN E-LEARNING (biothink.web.id) BESERTA FITURNYA

TAMPILAN E-LEARNING (biothink.web.id) BESERTA FITURNYA TAMPILAN E-LEARNING (biothink.web.id) BESERTA FITURNYA 1. Tampilan awal e-learning (biothink.web.id) Log in untuk administrator dari e-learning pada bagian kiri, sedangkan untuk member baru (peserta didik),

Lebih terperinci

Modul Pengguna SCeLE

Modul Pengguna SCeLE Modul Pengguna SCeLE Halaman utama SCeLE SCeLE adalah sistem yang berbasis web, sehingga untuk dapat menggunakannya dibutuhkan web browser (Internet Explorer / Mozilla / Netscape / Opera / dll). Untuk

Lebih terperinci