Panduan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIMPADU)

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Panduan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIMPADU)"

Transkripsi

1 Halaman 1 dari 8 Halaman Panduan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIMPADU) Untuk : Mahasiswa STIKES Nani Hasanuddin Andi Rahmat Prolog Panduan ini disusun berdasarkan fungsi & alur kegiatan yang akan dilakukan oleh mahasiswa dalam Sistem Informasi Akademik (SIMAK). Setiap materi disajikan maksimal 1 halaman disertai dengan gambar dan deskripsi. Berikut daftar panduan yang tersedia : Panduan Umum : 1. Panduan Login untuk Login Pertama Kali... Hal 2 2. Panduan Ubah Password Setelah Login Pertama Kali... Hal 3 3. Panduan Mengisi Profil Mahasiswa... Hal 4 4. Panduan Mengupload Dokumen - Foto Mahasiswa... Hal 5 Panduan Her-Registrasi Administrasi & Her-Registrasi Akademik Mahasiswa : 5. Panduan Panduan Pengisian KRS Online (Registrasi Mahasiswa - Semester)... Hal 6 Panduan Data Transaksi Akademik Mahasiswa : 6. Panduan Melihat Jadwal Kuliah, Kehadiran, dan Nilai... Hal 7 7. Panduan Chat ke Dosen Wali / Pembimbing Akademik (PA)... Hal 8 Versi 1.0 : Makassar, 14 Juli 2014 Copyright 2014 PT. Boegis Media

2 Halaman 2 dari 8 Halaman 1. Panduan Login untuk Login Pertama Kali Halaman login aplikasi SIMPADU silahkan melakukan login dan ubah password untuk login pertama kali dengan langkah-langkah sbb : 1. Pastikan komputer terkoneksi dengan internet, dengan menggunakan kabel, wifi atau modem. 2. Buka aplikasi internet browser yang terdapat pada komputer, misal : Firefox, Chrome, Internet Explorer, Opera, dst. 3. Pada field url ketikkan url aplikasi SIMPADU dan akhiri dengan tombol ENTER. 4. Ketik User ID dengan NIM/Nomor Induk Mahasiswa 5. Ketik Password default dengan Mahasiswa Klik tombol Log On untuk masuk ke dalam aplikasi. 7. Halaman awal setelah login untuk pertama kali berhasil. 8. Lanjutkan ke panduan berikutnya : Panduan Ubah Password untuk Login Pertama Kali.

3 Halaman 3 dari 8 Halaman 2. Panduan Ubah Password Setelah Login Pertama Kali Setelah login pertama kali, untuk dapat memulai menggunakan aplikasi setiap user diwajibkan mengganti password Mahasiswa2015 dengan password baru yang hanya diketahui oleh masing-masing user. Berikut beberapa hal penting untuk diketahui tentang pembuatan password baru : 1. Minimal 8 karakter, dan terdiri dari huruf besar, huruf kecil, dan angka. 2. Tidak boleh sama dengan 4 password terdahulu, jika sudah pernah mengganti password sebelumnya. 3. Memiliki masa aktif 180 hari (6 Bulan). Setelah masa 180 hari habis (expire) user hanya dapat menggunakan 4. Jika user hanya dapat melihat aplikasi "System" & "Kypass" artinya password lama sudah expire atau user baru pertama kali login. Untuk itu user harus melakukan ubah password. Berikut langkah-langkah untuk ubah password baru : 1. Klik menu Kypass pada bagian atas, lalu klik Ubah Password pada bagian kiri aplikasi. 2. Isi Password Baru dengan kriteria minimal 8 karakter, dan terdiri dari huruf besar, huruf kecil, dan angka. 3. Isi Konfirmasi Password Baru dengan mengetik ulang password yang sama pada langkah 2 untuk konfirmasi.

4 Halaman 4 dari 8 Halaman 4. Isi Masukkan Kode sesuai dengan huruf acak yang ditampilkan, klik RELOAD untuk mengganti kode acak yang mudah dibaca. 5. Klik pada field Tgl Password Expire dan akan otomatis terisi oleh sistem. 6. Setelah selesai akhiri dengan klik SIMPAN, akan muncul pemberitahuan Password lama berhasil diubah, klik OK. Selanjutnya silahkan klik Keluar atau Log Out di pojok kanan atas, dan login kembali dengan password yang baru. 7. Selesai,- 3. Panduan Mengisi Profil Mahasiswa Akses Aplikasi : Login ke Simpadu Simak menu : Profile Mhs Setelah berhasil melakukan ubah password maka hal pertama yang dapat dilakukan adalah mengisi Profil Mahasiswa. Pada form Profil Mahasiswa No. Stambuk/NPM Mahasiswa sudah terisi secara default, selanjutnya klik pada TAMPILKAN DETAIL untuk menampilkan data mahasiswa, akan muncul pemberitahuan Data Berhasil Ditemukan, Klik OK. Data mahasiswa yang dapat diisi/diupdate oleh mahasiswa adalah data yang bertanda, sedangkan data yang bertanda * artinya data harus diisi/tidak boleh kosong, data-data tersebut antara lain : 1. Data Pribadi : Alamat di Makassar, Propinsi, Kota, Kode Pos, No. Telp., No. HP, , Golongan Darah, dan Agama. 2. Data Sekolah Asal : Propinsi, Kota, Sekolah Asal, No. Ijazah, Tahun Lulus, Jurusan, dan NEM. 3. Data Orang Tua : Nama Bapak, Nama Ibu, Pekerjaan Bapak, Pekerjaan Ibu, Alamat Orang Tua, Propinsi, Kota, No. Telp. Orang Tua, dan No. Hp Orang Tua. Setelah ketiga jenis data tersebut di atas selesai diisi seluruhnya, maka data harus disimpan dengan menggunakan tombol Update Entry, dan muncul pemberitahuan Data Berhasil Disimpan, akhiri dengan klik OK.

5 Halaman 5 dari 8 Halaman Lanjutkan ke panduan berikutnya : Panduan Mengupload Dokumen Foto Mahasiswa. 4. Panduan Mengupload Dokumen Foto Mahasiswa. Akses Aplikasi : Login ke Simpadu Master menu : Mahasiswa Upload Document Setelah berhasil melakukan pengisian Profil Mahasiswa, maka hal berikutnya yang dapat dilakukan adalah Mengupload Dokumen Foto Mahasiswa. Yang harus dipersiapkan adalah file/softcopy pas foto berlatar belakang merah, format.jpg dengan ukuran/besar file maksimal 500 kb (kilobytes). Berikut panduannya : 1. Pada form Upload Document, isi field NPM dengan No. Stambuk Mahasiswa kemudian klik Cari untuk menampilkan data, akan muncul Data Berhasil Ditemukan, Klik OK. 2. Pada field Foto Mahasiswa klik Browse dan pilih file/softcopy foto yang telah disiapkan sebelumnya pada komputer, klik Open. 3. Setelah nama file terisi, simpan dengan klik Update Entry.

6 Halaman 6 dari 8 Halaman 4. Selesai,- 5. Panduan Pengisian KRS Online (Registrasi Mahasiswa - Semester) Akses Aplikasi : Login ke Simpadu Simak menu : Registrasi Mahasiswa Semester. Kegiatan utama dalam proses Her-Registrasi Akademik Semester Mahasiswa adalah Pengisian KRS Online. Berikut Panduannya : 1. Pilih Tahun Semester, 1 = Semester 1 dan 2, 2 = Semester 3 dan 4, 3 = Semester 5 dan 6, 4 = Semester 7 dan Pada kolom sebelah kiri adalah Matakuliah yang ditawarkan pada semester tersebut. Klik tombol Ambil pada kelas matakuliah yang inginkan, dan selanjutnya matakuliah tersebut akan berpindah ke kolom sebelah kanan. 3. Gunakan tombol Batal pada kolom sebelah kanan jika ingin membatalkan atau mengganti kelas matakuliah yang telah diambil. 4. Gunakan tombol Refresh, untuk menampilkan isi kelas yang telah terisi oleh mahasiswa apakah sudah memenuhi kuota atau belum. Jika kelas sudah terisi penuh sesuai kuotanya maka mahasiswa harus memilih kelas matakuliah lain yang masih kosong dan tidak bentrok jadwalnya dengan kelas matakuliah lain yang telah diambil (lihat panduan nomor 7 pada daftar panduan mahasiswa untuk melihat jadwal kuliah). 5. Gunakan tombol Simpan Sementara jika masih berencana mengubah Matakuliah Yang Telah Diambil.

7 Halaman 7 dari 8 Halaman 6. Setelah semuanya selesai pastikan untuk klik Selesai Registrasi. Ini merupakan keharusan, jika tidak maka KRS Online yang diisi tidak dapat diapprove oleh Dosen Wali / Pembimbing Akademik (PA). Selesai,- 6. Panduan Melihat Jadwal Kuliah, Kehadiran, dan Nilai. Akses Aplikasi : 1. Jadwal : Login ke Simpadu Simak menu : Jadwal Kuliah 2. Kehadiran : Login ke Simpadu Simak menu : Kehadiran Kehadiran Mahasiswa. 3. Nilai : Login ke Simpadu Simak menu : Nilai Matakuliah. Dalam kegiatan perkuliahan sehari-hari mahasiswa dapat melihat data-data yang berkaitan dengan transaksi akademik secara berkala. Data transaksi akademik yang dimaksud, antara lain : 1. Jadwal Kuliah, berisi daftar jadwal kuliah yang dapat ditampilkan berdasarkan : Jadwal Per Hari, Jadwal Per Matakuliah, dan Jadwal Per Mahasiswa. Informasi yang dapat diperoleh berupa Nama Matakuliah beserta kelas, hari, jam, ruangan, dan nama dosen pengajarnya. 2. Kehadiran, berisi daftar rekapitulasi kehadiran mahasiswa (hadir/tidak hadir) sesuai dengan jadwal kuliah selama ± 14 kali pertemuan, dengan minimum kehadiran sesuai dengan peraturan akademik yang berlaku. 3. Nilai Matakuliah, berupa daftar nilai matakuliah yang terdiri dari : a. Nilai Lengkap, berisi daftar nilai lengkap seluruh semester yang pernah diregistrasikan oleh mahasiswa. b. Nilai KHS, Kartu Hasil Studi (Raport) berisi daftar nilai yang dikategorikan berdasarkan Semester yang pernah diregistrasikan oleh mahasiswa. c. Nilai Akhir, berisi daftar nilai akhir (terbaik/terakhir) yang telah diselesaikan oleh mahasiswa dan juga akan muncul pada transkrip akademik pada saat kelulusan. d. Nilai Transkrip, berisi daftar nilai final yang akan tercetak pada transkrip akademik mahasiswa pada saat kelulusan.

8 Halaman 8 dari 8 Halaman 7. Panduan Chat Ke Dosen Wali/Pembimbing Akademik (PA) Akses Aplikasi : Login ke Simpadu Simak menu : Perwalian Chat Ke Dosen Wali. Tahap akhir dalam masa Her-Registrasi Akademik setelah mahasiswa melakukan pengisian KRS Online dan telah melakukan klik Selesai Registrasi, maka Dosen Wali/Pembimbing Akademik (PA) perlu melakukan Approval agar mahasiswa tersebut terdaftar pada daftar hadir matakuliah pada semester aktif saat itu. Kegiatan ini umumnya disebut dengan kegiatan Perwalian atau Bimbingan Akademik. Kegiatan Perwalian atau Bimbingan Akademik ditujukan bagi mahasiswa agar dapat berkonsultasi dengan Dosen Wali/Pembimbing Akademik (PA) dalam menentukan Rencana Studi pada semester selanjutnya. Konsultasi Rencana Studi tersebut mencakup jumlah matakuliah, beban sks dan matakuliah konsentrasi/pilihan yang ditentukan berdasarkan Indeks Prestasi (IP) atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa secara keseluruhan. Pada Aplikasi Sistem Informasi Akademik, kegiatan Perwalian atau Bimbingan Akademik dapat diakomodasi dengan fitur Chat atau berkirim pesan antara Mahasiswa dengan Dosen Wali/Pembimbing Akademiknya. Isi pesan dapat berupa konsultasi secara langsung, atau sebagai media untuk membuat janji bertemu secara tatap muka antara Mahasiswa dengan Dosen Wali/Pembimbing Akademiknya dengan mengirimkan pesan tentang Waktu & Tempat Perwalian yang akan dilakukan. Berikut panduannya : 1. Pada form Kirim Pesan Ke Dosen Wali klik TAMPILKAN DOSEN WALI muncul pemberitahuan Data Berhasil Ditemukan klik OK, dan aplikasi akan memunculkan nama Dosen Wali yang dimaksud. 2. Ketikkan pesan field Isi Pesan dan klik New Entry kemudian Create New Entry untuk mengirimkan pesan tersebut. Gunakan tombol REFRESH untuk melihat jika ada pesan masuk.

Panduan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIMPADU) Untuk : Dosen & Dosen Wali/PA

Panduan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIMPADU) Untuk : Dosen & Dosen Wali/PA Halaman 1 dari 15 Halaman Panduan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIMPADU) Untuk : Dosen & Dosen Wali/PA Andi Rahmat http://www.boegismedia.com andirahmat@boegismedia.com Prolog Panduan ini disusun

Lebih terperinci

Panduan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIMPADU) Untuk : Operator Akademik

Panduan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIMPADU) Untuk : Operator Akademik Halaman 1 dari 15 Halaman Panduan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIMPADU) Untuk : Operator Akademik STIKES Nani Hasanuddin Andi Rahmat http://www.boegismedia.com andirahmat@boegismedia.com Prolog Panduan

Lebih terperinci

MANUAL KRS ONLINE http://simpadu.unm.ac.id

MANUAL KRS ONLINE http://simpadu.unm.ac.id MANUAL KRS ONLINE http://simpadu.unm.ac.id Sebelum mengisi KRS online baiknya Anda perhatikan petunjuk berikut ini Pastikan Anda telah membayar SPP karena syarat untuk mengisi KRS online adalah pembayaran

Lebih terperinci

MENU ENTRY Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) Entry judul skripsi dan data lainnya MENU INFORMASI

MENU ENTRY Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) Entry judul skripsi dan data lainnya MENU INFORMASI MENU ENTRY Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) Entry judul skripsi dan data lainnya MENU INFORMASI Informasi krs, khs dan transkrip Daftar jadual kuliah Daftar matakuliah Mencari data mahasiswa Pengumuman

Lebih terperinci

KRS OnLine (Kartu rencana Studi Online)

KRS OnLine (Kartu rencana Studi Online) KRS OnLine (Kartu rencana Studi Online) dengan urutan langkah-langkah sebagai berikut: 1. LOGIN MAHASISWA, Mahasiswa membuka internet dengan memasukkan alamat website www.unira.ac.id kemudian pilih krs

Lebih terperinci

TSM

TSM (Sistem Informasi Manajemen dan Akademik Trisakti School of Management versi 2.0) www.stietrisakti.ac.id www.tsm.ac.id 2017 TSM SIMATris 2.0 Panduan Penggunaan untuk Mahasiswa 1 dari 19 DAFTAR ISI Prosedur

Lebih terperinci

PANDUAN AKADEMIK dan SIA ONLINE Tahun Akademik 2017/2018 DAFTAR ISI I. LANGKAH ENTRY DATA SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIA-ONLINE)...

PANDUAN AKADEMIK dan SIA ONLINE Tahun Akademik 2017/2018 DAFTAR ISI I. LANGKAH ENTRY DATA SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIA-ONLINE)... DAFTAR ISI I. LANGKAH ENTRY DATA SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIA-ONLINE)... A. Portal Akademik... B. Profil dan Password... C. Ambil KRS... D. Hapus KRS... E. Kartu Rencana Studi... F. Kartu Hasil Studi...

Lebih terperinci

TSM

TSM (Sistem Informasi Manajemen dan Akademik Trisakti School of Management versi 2.0) www.stietrisakti.ac.id www.tsm.ac.id 2017 TSM SIMATris 2.0 Panduan Penggunaan untuk Mahasiswa 1 dari 22 DAFTAR ISI Prosedur

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS TADULAKO MAHASISWA

Panduan Penggunaan SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS TADULAKO MAHASISWA Panduan Penggunaan SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS TADULAKO MAHASISWA SUB BAGIAN PENDIDIKAN & PENGAJARAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS TADULAKO 2016 Menjalankan Program Untuk menjalankan Siakad,

Lebih terperinci

Setelah anda mengklik link KRS ONLINE maka akan muncul halaman Sistem Informasi Akademik UNMER :

Setelah anda mengklik link KRS ONLINE maka akan muncul halaman Sistem Informasi Akademik UNMER : Pada buku panduan manual ini akan memandu anda dalam menjalankan aplikasi Sistem Informasi Akademik Universitas Merdeka Malang yang mencakup Kartu Rencana Study (KRS) Online, Kartu Hasil Study (KHS) Online

Lebih terperinci

Manual. Aplikasi SIA II.

Manual. Aplikasi SIA II. Manual Aplikasi SIA II tip@tipd 2017 1. Mengakses laman SIA II Laman SIA dapat di akses melalui alamat http://sia.iainkendari.ac.id Halaman depan SIA II ini terdiri dari : Menu Atas : Beranda digunakan

Lebih terperinci

2. Login Gunakan Username dan password masing-masing program studi.

2. Login Gunakan Username dan password masing-masing program studi. Program Studi 1. Buka browser dan ketik alamat Program Siakad Universitas Jambi : http://siakad.unja.ac.id atau untuk jaringan lokal ketik http://10.10.10.10 Maka muncul Laman sebagai berikut : 2. Login

Lebih terperinci

Panduan SIAM (Sistem Informasi Akademik Mahasiswa)

Panduan SIAM (Sistem Informasi Akademik Mahasiswa) Panduan SIAM (Sistem Informasi Akademik Mahasiswa) Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Informasi Universitas Brawijaya 2013 Panduan SIAM S I A M (Sistem Informasi Akademik Mahasiswa) http://siam.ub.ac.id

Lebih terperinci

Panduan AcSIS untuk Mahasiswa

Panduan AcSIS untuk Mahasiswa Panduan AcSIS untuk Mahasiswa Sistem Informasi Akademik (ACSIS) merupakan system informasi yang dibuat dengan tujuan untuk mempermudah administrasi Akademik dan Pelaporan EPSBED/PDPT. Sistem ini telah

Lebih terperinci

PELATIHAN OPERATOR SISTEM INFORMASI AKADEMIK

PELATIHAN OPERATOR SISTEM INFORMASI AKADEMIK Handout PELATIHAN OPERATOR SISTEM INFORMASI AKADEMIK Disusun oleh : Tim Teknis Gamatechno PT. GAMATECHNO INDONESIA 2013 1 Page DAFTAR ISI Pendahuluan... 4 Tinjauan Sistem... 4 Tujuan... 4 Flowchart...

Lebih terperinci

BUKU PETUNJUK SISTEM INFORMASI AKADEMIK SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AUB SURAKARTA

BUKU PETUNJUK SISTEM INFORMASI AKADEMIK SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AUB SURAKARTA User Guide (Untuk Mahasiswa) Sistem Informasi Manajemen Akademik Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AUB Surakarta Copyright 2015 PT Sentra Vidya Utama, All Rights Reserved Halaman i Copyright 2016 PT Sentra Vidya

Lebih terperinci

Aplikasi Portal Mahasiswa

Aplikasi Portal Mahasiswa Aplikasi Portal Mahasiswa User Manual Level Mahasiswa Versi 4.0 16 Agustus 2013 MODUL MAHASISWA DCISTEM UNPAD 2012 i PENDAHULUAN Aplikasi Portal Mahasiswa merupakan portal informasi bagi mahasiswa UNPAD.

Lebih terperinci

PDF Compressor Pro. Petunjuk Penggunaan. Sistem Informasi Akademik Universitas HKBP Nommensen. Pengguna : Mahasiswa

PDF Compressor Pro. Petunjuk Penggunaan. Sistem Informasi Akademik Universitas HKBP Nommensen. Pengguna : Mahasiswa Petunjuk Penggunaan Sistem Informasi Akademik Universitas HKBP Nommensen Pengguna : Mahasiswa Disusun Oleh : PUSAT SISTEM INFORMASI (PSI) UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN 2013 Daftar Isi Alamat Sistem

Lebih terperinci

Universitas PGRI Madiun

Universitas PGRI Madiun User Guide (Untuk Mahasiswa) Sistem Informasi Manajemen Akademik Universitas PGRI Madiun Copyright 2015 PT Sentra Vidya Utama, All Rights Reserved Halaman i Copyright 2017 PT Sentra Vidya Utama, All Rights

Lebih terperinci

User Manual SIA-Mahasiswa

User Manual SIA-Mahasiswa 2011 User Manual SIA-Mahasiswa Sistem Informasi Akademik Kemahasiswaan Akademik UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA M2011.07.13.01 USER MANUAL SISTEM INFORMASI AKADEMIK KEMAHASISWAAN Alamat web : http://sia.usd/mahasiswa/

Lebih terperinci

A. Alamat SIMAK Alamat SIMAK online untuk Dosen, Mahasiswa dan Alumni adalah :

A. Alamat SIMAK Alamat SIMAK online untuk Dosen, Mahasiswa dan Alumni adalah : MANUAL SISTEM INFORMASI AKADEMIK FKIP UNIDAR No. Dokumen : M-SIMAK-UNIDAR-10.04 Nama Dokumen : SIMAK UNTUK MAHASISWA Dibuat Tanggal : 25-10 2011 Tanggal Revisi : 01 03-2014 A. Alamat SIMAK Alamat SIMAK

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan Sistem Informasi Pengelolaan Akademik (SIPA)

Panduan Penggunaan Sistem Informasi Pengelolaan Akademik (SIPA) TIM SIPA UMRAH Panduan Penggunaan Sistem Informasi Pengelolaan Akademik (SIPA) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Untuk Mahasiswa 1. Sekilas Tentang SIPA Sistem Informasi Pengelolan Akademik (SIPA)

Lebih terperinci

Tampilan Perangkat PC, Laptop, Netbook, Tablet

Tampilan Perangkat PC, Laptop, Netbook, Tablet I. APLIKASI SIM PERENCANAAN Aplikasi SIM Perencanaan Pembangunan Daerah ini merupakan langkah lanjutan aplikasi yang berjalan menggunakan web browser dan tidak perlu mengintalnya terlebih dahulu, sehingga

Lebih terperinci

1. LOGIN NIM masing2 unwahasku

1. LOGIN NIM masing2 unwahasku 1. LOGIN - Mahasiswa mengakses halaman http://sikadu.unwahas.ac.id/sia untuk membuka sikadu (sistem akademik). - Setelah halaman tersebut muncul, mahasiswa mengisi user: NIM masing2 dan Password: unwahasku

Lebih terperinci

UPT. KOMPUTER UNIVERSITAS JAMBI

UPT. KOMPUTER UNIVERSITAS JAMBI Universitas Jambi UPT. KOMPUTER UNIVERSITAS JAMBI 2012 A. PENDAHULUAN Siakad (Sistem Informasi Akademik) merupakan Program Aplikasi berbasis Web yang dikembangkan oleh UPT Komputer Unja guna memberikan

Lebih terperinci

PANDUAN S.I.M.A.K ( SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN ) DOSEN

PANDUAN S.I.M.A.K ( SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN ) DOSEN D o c. # 0 0 5 / D O S / X I I / 2 0 1 5 Consultant PANDUAN S.I.M.A.K Pro ( SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN ) DOSEN Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Isti Ekatana Upaweda PANDUAN SIMAK

Lebih terperinci

d. Pilih menu HerRegistrasi Asesor yang terdapat di kanan atas layar

d. Pilih menu HerRegistrasi Asesor yang terdapat di kanan atas layar Langkah-langkah melakukan Her-Registrasi Asesor BAPSM Jatim 2017. Berkas yang harus dipersiapkan (dalam bentuk SCAN) 1. Pas Foto terakhir 2. Sertifikat kelulusan akademik (S1/S2/S3) 3. KTP yang masih berlaku

Lebih terperinci

Guide untuk Sistem Informasi Manajemen Akademik Mahasiswa Universitas Mercubuana

Guide untuk Sistem Informasi Manajemen Akademik Mahasiswa Universitas Mercubuana 1 Daftar Isi DAFTAR ISI... II 1 MELAKUKAN LOGIN ( LOGIN SEBAGAI MAHASISWA )... 1 1.1 Untuk Melakukan Proses Login...1 1.2 Untuk Melakukan Perubahan Password...2 1.3 Untuk Melihat Detail Mahasiswa...3 1.4

Lebih terperinci

1 Melakukan Login ( Login sebagai Dosen)

1 Melakukan Login ( Login sebagai Dosen) 1 Melakukan Login ( Login sebagai Dosen) a) Untuk melakukan proses Login Username : 11619 Password : password - Masukkan username dan password seperti dibawah ini: - Kemudian tekan tombol login - Maka,

Lebih terperinci

Universitas Nadhlatul Ulama Surabaya USER GUIDE SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK (UNUSA) MAHASISWA

Universitas Nadhlatul Ulama Surabaya USER GUIDE SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK (UNUSA) MAHASISWA Universitas Nadhlatul Ulama Surabaya USER GUIDE SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK (UNUSA) MAHASISWA 2014 Contents USER GUIDE... 0 1 BAGAIMANA CARA LOGIN SEBAGAI PENGGUNA?... 2 2 BAGAIMANA CARA MERUBAH

Lebih terperinci

User Guide. System Sertifikasi LSP TIK Indonesia LSP TIK INDONESIA

User Guide. System Sertifikasi LSP TIK Indonesia LSP TIK INDONESIA User Guide System Sertifikasi LSP TIK Indonesia LSP TIK INDONESIA DAFTAR ISI 1. Registrasi Akun... 2 2. Forgot Password... 8 3. Daftar Asesmen... 13 4. Asesmen Mandiri... 17 5. Pemeliharaan Sertifikat...

Lebih terperinci

Panduan Akses Informasi Akademik /Sisfokampus BIAAKSI 1

Panduan Akses Informasi Akademik /Sisfokampus BIAAKSI 1 Panduan Akses Informasi Akademik /Sisfokampus BIAAKSI ITP @2012 1 Panduan Penggunaan Akses Informasi Akademik Versi 1.1 @2012 User Level : Mahasiswa Portal Web Sisfokampus merupakan Sistem Informasi Manajemen

Lebih terperinci

Aplikasi Mahasiswa dan KRS Online

Aplikasi Mahasiswa dan KRS Online 2010 Aplikasi Mahasiswa dan KRS Online http://mahasiswa.unpad.ac.id USER MANUAL MAHASISWA MODUL MAHASISWA DCISTEM UNPAD 2010 Daftar Isi Daftar Isi... 2 Daftar Gambar... 3 ABSTRAK... 4 TUJUAN... 4 MEMULAI

Lebih terperinci

Buku Pedoman Situs Perwalian Versi User : Dosen Wali

Buku Pedoman Situs Perwalian Versi User : Dosen Wali Buku Pedoman Situs Perwalian Versi User : Dosen Wali Universitas Komputer Indonesia Direktorat ICT & Multimedia DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 1 PENDAHULUAN... 2 Latar Belakang... 2 SITUS PERWALIAN ONLINE...

Lebih terperinci

PANDUAN OPERASIONAL SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG SiAmus. Untuk Mahasiswa

PANDUAN OPERASIONAL SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG SiAmus. Untuk Mahasiswa PANDUAN OPERASIONAL SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG SiAmus Untuk Mahasiswa SEMARANG 2011 http://siamus.unimus.ac.id (in Unimus Network) PROSEDUR KRS ONLINE CEK KEWAJIBAN PADA

Lebih terperinci

1 Buku panduan penggunaan aplikasi akademik online bagi Dosen PA ver1.0. UP

1 Buku panduan penggunaan aplikasi akademik online bagi Dosen PA ver1.0. UP 1 Buku panduan penggunaan aplikasi akademik online bagi Dosen PA ver1.0. UP Aplikasi Akademik Online ini berbasis WEB, diperlukan koneksi internet untuk dapat mengakses aplikasi ini. Saat ini aplikasi

Lebih terperinci

SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa

SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Aplikasi SIAM diperuntukkan bagi mahasiswa untuk membantu kegiatan akademiknya serta kebutuhan akan KRS-Online dan berisi data mahasiswa beserta status tahun ajaran

Lebih terperinci

PANDUAN KRS ONLINE BAGI MAHASISWA. 1. Buka browser (Mozila Firefox, Opera, Chrome, dll) masukkan url :

PANDUAN KRS ONLINE BAGI MAHASISWA. 1. Buka browser (Mozila Firefox, Opera, Chrome, dll) masukkan url : PANDUAN KRS ONLINE BAGI MAHASISWA Bagi Para Mahasiswa yang belum mengetahui dan mengerti betul cara mengisi KRS secara Online agar dapat membaca isi Panduan KRS Online ini sebelum melakukan pengisian KRS

Lebih terperinci

PANDUAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) MAHASISWA AKADEMI KESEHATAN RAJEKWESI BOJONEGORO

PANDUAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) MAHASISWA AKADEMI KESEHATAN RAJEKWESI BOJONEGORO PANDUAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) MAHASISWA AKADEMI KESEHATAN RAJEKWESI BOJONEGORO Pengertian: Sistem Informasi Akademik atau SIAKAD adalah fasilitas yang digunakan untuk mempermudah transaksi

Lebih terperinci

PANDUAN INPUT PENGAJAR MATAKULIAH. Semester Ganjil Tahun Akademik 2015/2016

PANDUAN INPUT PENGAJAR MATAKULIAH. Semester Ganjil Tahun Akademik 2015/2016 PANDUAN INPUT PENGAJAR MATAKULIAH Semester Ganjil Tahun Akademik 2015/2016 Institut Pertanian Bogor Direktorat Integrasi Data dan Sistem Informasi Copyright DIDSI 2015 1 Input Pengajar Matakuliah Input

Lebih terperinci

PELATIHAN OPERATOR SISTEM INFORMASI AKADEMIK

PELATIHAN OPERATOR SISTEM INFORMASI AKADEMIK User Manual PELATIHAN OPERATOR SISTEM INFORMASI AKADEMIK Disusun oleh : Tim Academic Software PT. Gamatechno Indonesia UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA 2015 Daftar Isi Daftar Isi... 1 Pendahuluan...

Lebih terperinci

Sistem Informasi Akademik Akademi Kebidanan Borneo Medistra Balikpapan (SIAKAD AKBMB) merupakan sebuah sistem informasi berbasis website yang

Sistem Informasi Akademik Akademi Kebidanan Borneo Medistra Balikpapan (SIAKAD AKBMB) merupakan sebuah sistem informasi berbasis website yang Sistem Informasi Akademik Akademi Kebidanan Borneo Medistra Balikpapan (SIAKAD AKBMB) merupakan sebuah sistem informasi berbasis website yang dikembangkan dan diimplementasikan di Akademi Kebidanan Borneo

Lebih terperinci

APLIKASI KRS ONLINE. Fikom.ust.ac.id. User Manual. Level Mahasiswa. Versi September 2016

APLIKASI KRS ONLINE. Fikom.ust.ac.id. User Manual. Level Mahasiswa. Versi September 2016 APLIKASI KRS ONLINE Fikom.ust.ac.id User Manual Level Mahasiswa Versi 1.0 01 September 2016 Sistem Informasi Akademik (SIAK) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas SU Medan 2 0 1 6 P a

Lebih terperinci

Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Modul Mahasiswa. Tim Siakad Puskom UNY

Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Modul Mahasiswa. Tim Siakad Puskom UNY Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Modul Mahasiswa Tim Siakad Puskom UNY UPT Pusat Komputer Universitas Negeri Yogyakarta 2005 Login Untuk login ke SiAkad, ketikkan NIM dan password. Untuk pertamakali

Lebih terperinci

User Manual SIA-DPA. Sistem Informasi Akademik Dosen Pembimbing Akademik YOGYAKARTA M UNIVERSITAS SANATA DHARMA

User Manual SIA-DPA. Sistem Informasi Akademik Dosen Pembimbing Akademik YOGYAKARTA M UNIVERSITAS SANATA DHARMA 2011 User Manual SIA-DPA Sistem Informasi Akademik Dosen Pembimbing Akademik UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA M2011.05.18.01 USER MANUAL SISTEM INFORMASI AKADEMIK DPA Alamat web : http://sia.usd/dpa/

Lebih terperinci

MANUAL SISTEM INFORMASI AKADEMIK ( SIAKAD ) BAGI DOSEN. Oleh. Infokom

MANUAL SISTEM INFORMASI AKADEMIK ( SIAKAD ) BAGI DOSEN. Oleh. Infokom MANUAL SISTEM INFORMASI AKADEMIK ( SIAKAD ) BAGI DOSEN Oleh Infokom Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda 2015 Kata Pengantar Puji syukur kehadirat Allah SWT Penulis panjatkan, karena berkat rahmat, karunia

Lebih terperinci

BUKU PEDOMAN SITUS PERWALIAN Versi User : Sekretariat Jurusan

BUKU PEDOMAN SITUS PERWALIAN Versi User : Sekretariat Jurusan BUKU PEDOMAN SITUS PERWALIAN Versi User : Sekretariat Jurusan Universitas Komputer Indonesia Direktorat ICT & Multimedia DAFTAR ISI DAFTAR ISI... i PENDAHULUAN... 1 Latar Belakang... 1 SITUS PERWALIAN

Lebih terperinci

mystpt Panduan Mahasiswa Penggunaan Aplikasi Jl IKPN Bintaro No. 1, Pesanggrahan, Tanah Kusir, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta 12330

mystpt Panduan Mahasiswa Penggunaan Aplikasi Jl IKPN Bintaro No. 1, Pesanggrahan, Tanah Kusir, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta 12330 1 Panduan Mahasiswa Penggunaan Aplikasi mystpt Jl IKPN Bintaro No. 1, Pesanggrahan, Tanah Kusir, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta 12330 SEKOLAH TINGGI PARIWISATA TRISAKTI PANDUAN MAHASISWA PENGGUNAAN APLIKASI

Lebih terperinci

SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa

SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa www.stikesbhaktimulia.ac.id/siakad 1 S I A M Aplikasi SIAM diperuntukkan bagi mahasiswa untuk membantu kegiatan akademiknya serta kebutuhan akan KRS-Online dan

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan Sistem Informasi Akademik

Panduan Penggunaan Sistem Informasi Akademik UPT-TIK UNDIKSHA Panduan Penggunaan Sistem Informasi Akademik User: Kasubag Akademik Fakultas 17 Daftar Isi I. Memulai Aplikasi... 2 II. Menu Akademik Mahasiswa... 3 A. Pengisian Penawaran Mata Kuliah...

Lebih terperinci

Institut Agama Islam Negeri Surabaya USER GUIDE SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK (IAIN) MAHASISWA

Institut Agama Islam Negeri Surabaya USER GUIDE SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK (IAIN) MAHASISWA Institut Agama Islam Negeri Surabaya USER GUIDE SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK (IAIN) MAHASISWA 2013 Contents 1 BAGAIMANA CARA LOGIN SEBAGAI PENGGUNA?... 2 2 BAGAIMANA CARA MERUBAH PASSWORD LAMA DENGAN

Lebih terperinci

PANDUAN S.I.M.A.K ( SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN ) MAHASISWA

PANDUAN S.I.M.A.K ( SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN ) MAHASISWA D o c. # 0 0 5 / M H S / X II/ 2 0 1 5 Consultant PANDUAN S.I.M.A.K Pro ( SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN ) MAHASISWA Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Isti Ekatana Upaweda PANDUAN SIMAK

Lebih terperinci

BUKU MANUAL PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH

BUKU MANUAL PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH I. APLIKASI SIM PERENCANAAN Pengembangan aplikasi SIM Perencanaan Pembangunan Daerah ini merupakan langkah lanjutan aplikasi yang berjalan menggunakan web browser dan tidak perlu menginstalnya terlebih

Lebih terperinci

PANDUAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNTUK MAHASISWA

PANDUAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNTUK MAHASISWA PANDUAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNTUK MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI WIDYA GAMA LUMAJANG Jl. Jend. Gatot Subroto No. 4 Lumajang DAFTAR ISI Halaman Daftar Isi... 1 1. Login pada sistem informasi

Lebih terperinci

Buku Pedoman Situs Perwalian Versi User : Jurusan

Buku Pedoman Situs Perwalian Versi User : Jurusan Buku Pedoman Situs Perwalian Versi User : Jurusan Universitas Komputer Indonesia Direktorat ICT & Multimedia Versi : 06-Juni-2011 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... i PENDAHULUAN... 1 Latar Belakang... 1 SITUS PERWALIAN

Lebih terperinci

BUKU MANUAL PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH

BUKU MANUAL PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH I. APLIKASI SIM PERENCANAAN Pengembangan aplikasi SIM Perencanaan Pembangunan Daerah ini merupakan langkah lanjutan aplikasi yang berjalan menggunakan web browser dan tidak perlu menginstalnya terlebih

Lebih terperinci

BAB I. PORTAL MAHASISWA

BAB I. PORTAL MAHASISWA BAB I. PORTAL MAHASISWA Portal mahasiswa merupakan sistem infomasi yang dirancang khusus untuk kemudahan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan akademik. Untuk itu, maka dibuatkan fitur seperti berikut

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) MODUL MAHASISWA

SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) MODUL MAHASISWA SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) MODUL MAHASISWA TIM SIAKAD PUSKOM STKIP MRM Jl. Antang Raya No. 45 Makassar Telp. 0411-490303 www.stkipmegarezky.ac.id Email. stkip_mrm@yahoo.co.id PETUNJUK PENGGUNAAN

Lebih terperinci

1 Panduan penggunaan aplikasi akademik online bagi Mahasiswa ver1.0. UP

1 Panduan penggunaan aplikasi akademik online bagi Mahasiswa ver1.0. UP 1 Panduan penggunaan aplikasi akademik online bagi Mahasiswa ver1.0. UP Aplikasi Akademik Online ini berbasis WEB, diperlukan koneksi internet untuk dapat mengakses aplikasi ini. Saat ini aplikasi dapat

Lebih terperinci

USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENERIMA) VERSI 1.1

USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENERIMA) VERSI 1.1 USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENERIMA) VERSI 1.1 KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN REPUBLIK INDONESIA Copyright @ 2017 Daftar Isi Daftar

Lebih terperinci

Cetak Biodata dan Transkrip Nilai PANDUAN REGISTRASI. Mahasiswa. fisipupr.com

Cetak Biodata dan Transkrip Nilai PANDUAN REGISTRASI. Mahasiswa. fisipupr.com Halaman 1 PANDUAN REGISTRASI 1. Syarat Registrasi Fakultas a. Formulir Biodata Mahasiswa (Didapatkan Secara Online melalui halaman Website http://fisipupr.com/ ) b. Transkrip Nilai yang diinput dan dicetak

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SIKADU UNIVERSITAS WAHID HASYIM HAK AKSES : MAHASISWA

PETUNJUK PENGGUNAAN SIKADU UNIVERSITAS WAHID HASYIM HAK AKSES : MAHASISWA PETUNJUK PENGGUNAAN SIKADU UNIVERSITAS WAHID HASYIM HAK AKSES : MAHASISWA 1. LOGIN - Mahasiswa mengakses halaman http://sikadu.unwahas.ac.id/sia untuk membuka sikadu (sistem akademik). - Setelah halaman

Lebih terperinci

2. Setelah muncul tampilan halaman web browser, pada kotak address ketikan. 3. Setelah itu maka akan muncul halaman siakad STIT Pringsewu.

2. Setelah muncul tampilan halaman web browser, pada kotak address ketikan. 3. Setelah itu maka akan muncul halaman siakad STIT Pringsewu. 1. PENGERTIAN SIAKAD SIAKAD adalah sebuah sistem khusus untuk keperluan pengelolaan data-data Akademik dengan penerapan teknologi komputer baik hardware maupun software. Yang dimaksud hardware (perangkat

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan Sistem Perwalian Online (E-KRS) Untuk Mahasiswa Angkatan

Panduan Penggunaan Sistem Perwalian Online (E-KRS) Untuk Mahasiswa Angkatan Panduan Penggunaan Sistem Perwalian Online (E-KRS) Untuk Mahasiswa Angkatan 2004-2010 STMIK STIKOM Bali Tahun Ajaran 2011/2012 Panduan Penggunaan Sistem Perwalian On Line (E-KRS) (2011/2012) Pendahuluan

Lebih terperinci

KEMENTRIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI

KEMENTRIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI KEMENTRIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI Daftar Isi Daftar Isi... i Pendahuluan... 1 1 Alur Sistem PDDIKTI... 1 2 Cara Masuk Ke Aplikasi...

Lebih terperinci

PROSEDUR MANUAL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2012 PENDAHULUAN PETUNJUK PENGOPERASIAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK. Pengguna : Mahasiswa

PROSEDUR MANUAL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2012 PENDAHULUAN PETUNJUK PENGOPERASIAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK. Pengguna : Mahasiswa PROSEDUR MANUAL PETUNJUK PENGOPERASIAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK Pengguna : Mahasiswa FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2012 PENDAHULUAN Sistem Informasi Akademik (SIMAK) Fakultas Teknik merupakan

Lebih terperinci

Alur Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru

Alur Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru Alur Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru Petunjuk Penggunaan Portal Akademik Login Sebelum memasuki Halaman Utama Portal Akademik, mahasiswa harus login dulu ke dalam sistem dengan cara memasukkan Username

Lebih terperinci

PANDUAN PORTAL MAHASISWA (Manual Student Portal) Versi 1.0

PANDUAN PORTAL MAHASISWA (Manual Student Portal) Versi 1.0 PANDUAN PORTAL MAHASISWA (Manual Student Portal) Versi 1.0 SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BALI Denpasar - 2017 Daftar Isi BAGIAN I PENDAHULUAN... 1 1.1. Sekilas Tentang Portal Student... 1 1.2. Lingkup

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK (UNIVERSITAS ESA UNGGUL)

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK (UNIVERSITAS ESA UNGGUL) Universitas Esa Unggul QUICK GUIDE SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK (UNIVERSITAS ESA UNGGUL) MAHASISWA 2014 Contents QUICK GUIDE... 0 1 BAGAIMANA CARA LOGIN SEBAGAI PENGGUNA?... 2 2 BAGAIMANA CARA MERUBAH

Lebih terperinci

PANDUAN PORTAL MAHASISWA (Manual Student Portal) Versi 1.0

PANDUAN PORTAL MAHASISWA (Manual Student Portal) Versi 1.0 PANDUAN PORTAL MAHASISWA (Manual Student Portal) Versi 1.0 AKADEMI KEPERAWATAN NGESTI WALUYO Parakan - 2017 Daftar Isi BAGIAN I PENDAHULUAN... 1 1.1. Sekilas Tentang Portal Student... 1 1.2. Lingkup Kerja

Lebih terperinci

USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENGIRIM) VERSI 1.1

USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENGIRIM) VERSI 1.1 USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENGIRIM) VERSI 1.1 KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN REPUBLIK INDONESIA Copyright @ 2017 Daftar Isi Daftar

Lebih terperinci

USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENERIMA) VERSI 1.0

USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENERIMA) VERSI 1.0 USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENERIMA) VERSI 1.0 KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN REPUBLIK INDONESIA Copyright @ 2016 Daftar Isi Daftar

Lebih terperinci

PENDAHULUAN. Universitas Medan Area memiliki 7 (tujuh) fakultas, yaitu:

PENDAHULUAN. Universitas Medan Area memiliki 7 (tujuh) fakultas, yaitu: PENDAHULUAN Sistem Informasi (AOC) Academic Online Campus ini dibangun untuk memudahkan struktur pengelolaan data elektronik untuk data-data administrasi akademik seluruh mahasiswa Universitas Medan Area.

Lebih terperinci

LEMBAGA PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNIVERSITAS JAMBI

LEMBAGA PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNIVERSITAS JAMBI PANDUAN PENGGUNAAN SISTEM APLIKASI PELAKSANAAN PERKULIAHAN SEMESTER PENDEK YANG TERINTEGRASI DENGAN SIAKAD PADA SUB.BAGIAN AKADEMIK FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS JAMBI LEMBAGA PENGEMBANGAN TEKNOLOGI

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN APLIKASI PEMANTAUAN BEASISWA

PANDUAN PENGGUNAAN APLIKASI PEMANTAUAN BEASISWA PANDUAN PENGGUNAAN APLIKASI PEMANTAUAN BEASISWA SISTEM INFORMASI MANAJAMEN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PUSBINDIKLATREN BAPPENAS UNTUK KARYASISWA 2017 0 Kata Pengantar Puji dan syukur kita panjatkan 1 Daftar

Lebih terperinci

MANUAL SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIKAD) BAGI MAHASISWA. Oleh. Infokom

MANUAL SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIKAD) BAGI MAHASISWA. Oleh. Infokom MANUAL SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIKAD) BAGI MAHASISWA Oleh Infokom Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda 2011 Infokom Pedoman Sistem Informasi Akademik Bagi Mahasiswa 1 MANUAL SISTEM INFORMASI AKADEMIK

Lebih terperinci

User Guide. Oleh : Untuk Mahasiswa. Departemen Sistem Teknologi Informasi Universitas Narotama Revisi 00

User Guide. Oleh : Untuk Mahasiswa. Departemen Sistem Teknologi Informasi Universitas Narotama Revisi 00 User Guide Untuk Mahasiswa Oleh : Departemen Sistem Teknologi Informasi Universitas Narotama - 2012 Revisi 00 Petunjuk Penggunaan Sistem Informasi Akademik UNNAR (Untuk Mahasiswa) 1 Daftar Isi DAFTAR ISI...

Lebih terperinci

Halaman muka Sistem Informasi Akademik Universitas Lampung (https://siakad.unila.ac.id/)

Halaman muka Sistem Informasi Akademik Universitas Lampung (https://siakad.unila.ac.id/) Halaman muka Sistem Informasi Akademik Universitas Lampung (https://siakad.unila.ac.id/) Masukkan LOGIN dan PASSWORD pada kolom LOGIN AREA. Dimana untuk login menggunakan Nomor NPM masing-masing serta

Lebih terperinci

USER MANUAL AKTIVASI SINGLE SIGN ON (SSO) Panduan Aktivasi Single Sign On (SSO) Untuk Mahasiswa Baru

USER MANUAL AKTIVASI SINGLE SIGN ON (SSO) Panduan Aktivasi Single Sign On (SSO) Untuk Mahasiswa Baru USER MANUAL AKTIVASI SINGLE SIGN ON (SSO) Untuk Mahasiswa Baru Panduan Aktivasi Single Sign On (SSO) Untuk Mahasiswa Baru Versi 1.0 (15 Agustus 2014) https://igracias.telkomuniversity.ac.id Kampus Universitas

Lebih terperinci

Sistem Informasi Terpadu

Sistem Informasi Terpadu Lecturer s Guide Panduan Dosen Panduan Penggunaan Portal Akademik Universitas Gadjah Mada Sistem Informasi Terpadu Universitas Gadjah Mada DAFTAR ISI Sistem Informasi Terpadu 0 DAFTAR ISI 1 1 Tentang Portal

Lebih terperinci

Sistem Aplikasi Persetujuan Iklan

Sistem Aplikasi Persetujuan Iklan Sistem Aplikasi Persetujuan Iklan untuk Industri/Perusahaan U s e r M a n u a l VERSI 1.0 COPYRIGHT @2015 Daftar Isi Daftar Isi... i Pendahuluan... 3 Aplikasi SIAPIK... 3 Halaman Beranda Aplikasi SIAPIK...

Lebih terperinci

PENDAFTARAN KELAS BAGI MAHASISWA

PENDAFTARAN KELAS BAGI MAHASISWA 1 PENDAFTARAN KELAS BAGI MAHASISWA Sebelum semester yang baru dimulai, setiap mahasiswa wajib mendaftarkan kelas yang ingin diambil pada semester yang baru. Bila mahasiswa tidak melakukan pendaftaran kelas

Lebih terperinci

Panduan Portal Mahasiswa

Panduan Portal Mahasiswa Panduan Portal Mahasiswa (http://mmtc.ac.id) 1. Login SIA STMM Tampilan awal dari SIA STMM Yogyakarta adalah sebagai berikut : Gambar 1: Halaman utama http://mmtc.ac.id Keterangan 1. Browser diarahkan

Lebih terperinci

Lalu masukkan user name anda yang telah diberitahukan oleh administrator anda, misalnya seperti contoh dibawah ini.

Lalu masukkan user name anda yang telah diberitahukan oleh administrator anda, misalnya seperti contoh dibawah ini. 1. Penggunaan Aplikasi Untuk menjalankan aplikasi ini, anda dapat mengetik http://dosen.bundamulia.ac.id/ pada browser Internet Explorer. Setelah itu, maka akan tampil Menu Login seperti dibawah ini :

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan Sistem Perwalian Online (E-KRS) Untuk Mahasiswa Angkatan 2011 ( Non Transfer )

Panduan Penggunaan Sistem Perwalian Online (E-KRS) Untuk Mahasiswa Angkatan 2011 ( Non Transfer ) Panduan Penggunaan Sistem Perwalian Online (E-KRS) Untuk Mahasiswa Angkatan 2011 ( Non Transfer ) STMIK STIKOM Bali Tahun Ajaran 2011/2012 Panduan Penggunaan Sistem Perwalian On Line (E-KRS) (2011/2012)

Lebih terperinci

PANDUAN PELAMAR BADAN PEMERIKSA KEUANGAN

PANDUAN PELAMAR BADAN PEMERIKSA KEUANGAN PANDUAN PELAMAR BADAN PEMERIKSA KEUANGAN Petunjuk Umum 1. Yakinkan bahwa Anda telah : Mengakses laman SSCN pada https://sscnakun.bkn.go.id,memahami alur pendaftaran dan telah membuat username (NIK) dan

Lebih terperinci

Buku Panduan Aplikasi (user manual) STISI Telkom

Buku Panduan Aplikasi (user manual) STISI Telkom Buku Panduan Aplikasi (user manual) STISI Telkom STISI Telkom Daftar Isi 1. PENDAHULUAN... 3 1.1. Tujuan Pembuatan Dokumen... 3 1.2. Deskripsi Umum Aplikasi... 3 2. Menu dan Cara Penggunaan... 4 2.1. Struktur

Lebih terperinci

Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Modul Dosen. Tim Siakad Puskom UNY

Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Modul Dosen. Tim Siakad Puskom UNY Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Modul Dosen Tim Siakad Puskom UNY UPT Pusat Komputer Universitas Negeri Yogyakarta 2005 Siakad UNY pengembangan terbaru ini adalah sebuah sistem informasi berbasis web.

Lebih terperinci

NARASI. Tutorial Singkat Khusus Dosen. Aplikasi KRS OnLine. Versi 1.0. Pusat Komputer dan Sistem Informasi. Universitas Al Azhar Indonesia

NARASI. Tutorial Singkat Khusus Dosen. Aplikasi KRS OnLine. Versi 1.0. Pusat Komputer dan Sistem Informasi. Universitas Al Azhar Indonesia NARASI Tutorial Singkat Khusus Dosen Aplikasi KRS OnLine Versi 1.0 Pusat Komputer dan Sistem Informasi Universitas Al Azhar Indonesia 11 Agustus 2011 Daftar Isi 1 Pendahuluan...1 2 Cara Akses Sistem KRS

Lebih terperinci

KATA PENGANTAR. Semarang, 22 Oktober 2014 Rektor. DR. Bambang Triono, MM

KATA PENGANTAR. Semarang, 22 Oktober 2014 Rektor. DR. Bambang Triono, MM KATA PENGANTAR Puji syukur senantiasa kami panjatkan keharidat Allah SWT, atas selesainya penyusunan buku Panduan Penggunaan IVETIA IKIP Veteran Semarang ini. Sesuai dengan namanya, maka tujuan penerbitan

Lebih terperinci

Halaman 0 PANDUAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI BUKU PELAUT ONLINE

Halaman 0 PANDUAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI BUKU PELAUT ONLINE Halaman 0 Halaman 1 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 1 DAFTAR GAMBAR... 2 PENDAHULUAN... 4 PERANGKAT YANG DIBUTUHKAN... 5 ALUR PERMOHONAN BUKU PELAUT... 6 CARA MEMBUKA SITUS... 7 MENU BUKU PELAUT... 14 A. GENERAL...

Lebih terperinci

BAGIAN 1 TINGKATAN PEMAKAI... 3 1.1. MAHASISWA... 3 BAGIAN 2 FASILITAS UTAMA... 4

BAGIAN 1 TINGKATAN PEMAKAI... 3 1.1. MAHASISWA... 3 BAGIAN 2 FASILITAS UTAMA... 4 Daftar Isi BAGIAN 1 TINGKATAN PEMAKAI... 3 1.1. MAHASISWA... 3 BAGIAN 2 FASILITAS UTAMA... 4 2.1. HALAMAN DEPAN... 4 2.1.1. Berita dan Pengumuman... 5 2.1.2. Jadwal Kuliah... 5 2.1.3. Forum... 7 2.1.4.

Lebih terperinci

Aplikasi KRS Online. User Manual Level Mahasiswa. Versi Desember 2011

Aplikasi KRS Online. User Manual Level Mahasiswa. Versi Desember 2011 Aplikasi KRS Online User Manual Level Mahasiswa Versi 2.0 27 Desember 2011 MODUL MAHASISWA DCISTEM UNPAD 2011 DAFTAR ISI DAFTAR ISI.. 2 DAFTAR GAMBAR. 3 PENDAHULUAN. 4 MEMULAI APLIKASI MAHASISWA DAN KRS

Lebih terperinci

USER GUIDE Peminat/ Pendaftar. Sistem Informasi Manajemen Pendaftaran Mahasiswa Baru. Sekolah Tinggi Teknik Ibnu Sina

USER GUIDE Peminat/ Pendaftar. Sistem Informasi Manajemen Pendaftaran Mahasiswa Baru. Sekolah Tinggi Teknik Ibnu Sina USER GUIDE Peminat/ Pendaftar Sistem Informasi Manajemen Pendaftaran Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Teknik Ibnu Sina . Informasi yang terdapat pada dokumen ini adalah rahasia dan diatur oleh legalitas antara

Lebih terperinci

USER MANUAL SISTEM INFORMASI MONITORING DAN EVALUASI ELEKTRONIK KABUPATEN BLORA. Panduan bagi Pengguna Aplikasi E-MONEV Kab. Blora

USER MANUAL SISTEM INFORMASI MONITORING DAN EVALUASI ELEKTRONIK KABUPATEN BLORA. Panduan bagi Pengguna Aplikasi E-MONEV Kab. Blora USER MANUAL SISTEM INFORMASI MONITORING DAN EVALUASI ELEKTRONIK KABUPATEN BLORA Panduan bagi Pengguna Aplikasi E-MONEV Kab. Blora Pemerintah Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah 2017 1. Pendahuluan Sistem

Lebih terperinci

Daftar Isi Langkah-langkah untuk sorting data : Filtering Data... 9

Daftar Isi Langkah-langkah untuk sorting data : Filtering Data... 9 Daftar Isi Daftar Isi... i Pendahuluan... 1 1 Alur Sistem PDDIKTI... 1 2 Persiapan Generate Data Awal... 2 3 Cara Masuk Ke Aplikasi... 6 4 Cara Keluar Dari Aplikasi... 7 5 Cara Sorting Dan Filtering Untuk

Lebih terperinci

USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENGANGKUT) VERSI 1.0

USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENGANGKUT) VERSI 1.0 USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENGANGKUT) VERSI 1.0 KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN REPUBLIK INDONESIA Copyright @ 2016 Daftar Isi Daftar

Lebih terperinci

PANDUAN KRRS ONLINE UNIVERSITAS TARUMANAGARA

PANDUAN KRRS ONLINE UNIVERSITAS TARUMANAGARA Puskom Universitas Tarumanagara PANDUAN KRRS ONLINE UNIVERSITAS TARUMANAGARA KEGIATAN YANG MENDUKUNG PELAKSANAAN KRRS ONLINE Prosedur Umum Pengisian KRRS 1. Kunjungi Situs http://lintar.tarumanagara.ac.id

Lebih terperinci

USER MANUAL MAHASISWA AKTIVASI AKUN & REGISTRASI MATA KULIAH

USER MANUAL MAHASISWA AKTIVASI AKUN & REGISTRASI MATA KULIAH USER MANUAL MAHASISWA AKTIVASI AKUN & REGISTRASI MATA KULIAH 1 User Manual Ac va on SSO Account Token Token merupakan suatu kombinasi huruf kecil dan kapital dari huruf ( a s.d z ) dan angka (0 s.d 9)

Lebih terperinci

Microsoft Internet Explorer 7 atau versi diatas (direkomendasikan) Mozilla FireFox 3.6 atau versi diatas (direkomendasikan)

Microsoft Internet Explorer 7 atau versi diatas (direkomendasikan) Mozilla FireFox 3.6 atau versi diatas (direkomendasikan) Cara Input Kasus Pada etb Manager e-tb Manager merupakan sistem berbasis web, oleh karena itu memerlukan penjelajah jaringan (web browser) untuk dapat menggunakan. Banyak terdapat program penjelajah jaringan

Lebih terperinci