Praktikum Dasar Pemrograman 2014 MODUL 3: Array dan String

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Praktikum Dasar Pemrograman 2014 MODUL 3: Array dan String"

Transkripsi

1 Praktikum Dasar Pemrograman 2014 MODUL 3: Array dan String Konsep Dasar Array Adalah kumpulan data bertipe sama yang menggunakan nama sama. Dengan menggunakan array, sejumlah variabel dapat memakai nama yang sama. Antara satu variabel dengan variabel lain di dalam array dibedakan berdasarkan indexnya. a. Array Satu Dimensi Merupakan kumpulan data yang bernama sama dengan pembeda sebuah indeks. Contoh penggunaan array satu dimensi: Array pertama kali dideklarasikan seperti halnya variabel biasa, tetapi dengan kapasitas di dalam kurung siku, isi array yang bisa diakses adalah antara 0 sampai kapasitas-1, jadi jika mendeklarasikan array berkapasitas 10, indeks yang bisa diakses hanya indeks 0 sampai 9. Kemudian assign dan akses isi array sama dengan variabel biasa, tetapi menggunakan indeks. Mengapa perlu array? Andaikan kita membutuhkan 1000 inputan data, kita tidak perlu membuat deklarasi variabel a1 hinga a1000, kita cukup menuliskan 1 variabel a dengan tipe array berkapasitas 1000.

2 Contoh program tanpa array: Bayangkan kita tidak hanya memasukkan 5 data, melainkan 1000 data, bagaimana kita mendeklarasikan semuanya dalam variable dan kemudian mencetaknya? Maka dari itulah array digunakan. Contoh program menggunakan array:

3 b. Array Multidimensi Array Multidimensi adalah array yang dapat menampung lebih dari satu array. Apabila array satu dimensi hanya memiliki sebuah index, array multidimensi memiliki dua atau lebih index untuk mengakses seluruh elemen dalam array tersebut. Contoh program dengan array dua dimensi: Apabila program diatas dibuat dengan menggunakan array satu dimensi, maka setiap baris pada matriks tersebut harus dideklarasikan sebagai variabel yang berbeda (misal: matriks1[100], matriks2[100], matriks3[100], dst). Tentunya hal ini akan sangat sulit diimplementasikan ditambah lagi apabila baris pada matriks ditentukan oleh user yang menggunakan program dan jumlah baris tersebut sangat besar.

4 Konsep Dasar String String adalah tipe data yang menyimpan kumpulan karakter/simbol. Dalam bahasa pemrograman C, suatu string dideklarasikan sebagai array yang bertipe char. Contoh pendeklarasian string (1): Contoh di atas akan mendeklarasikan string bernama array dengan kapasitas 5 karakter, di mana array[0] = H, array[1] = a, array[2] = l, array[3] = o, dan array[4] = \0. Perhatikan bahwa array[4] berisi karakter \0 (null character), padahal dalam konstanta string di atas tidak ada karakter tersebut. Dalam bahasa C, null character digunakan untuk menandakan akhir dari sebuah string. Contoh pendeklarasian string (2): Contoh di atas akan mendeklarasikan string bernama array yang dapat menampung maksimal 10 karakter, termasuk null character.

5 Untuk menerima inputan string dari user, kita dapat menggunakan scanf atau gets. Perintah scanf akan membaca inputan string dari user dan berhenti ketika ada spasi, enter (newline) ataupun interupsi dari pengguna. Sedangkan gets akan membaca satu baris kumpulan karakter hingga enter atau interupsi dari pengguna. Contoh source code penggunaan scanf untuk membaca string: Contoh di atas apabila dijalankan:

6 Contoh penggunaan gets untuk membaca string: Contoh di atas apabila dijalankan: String yang dibaca dengan mengunakan scanf atau gets akan secara otomatis memiliki null character di akhir stringnya.

7 Fungsi-Fungsi String Dalam bahasa pemrograman C, terdapat library yang dibuat dengan tujuan memudahkan pengguna dalam mengolah string. Library tersebut tersimpan dalam string.h, oleh karena itu, untuk mengakses library ini, diperlukan tambahan, yaitu: #include <string.h> Berikut adalah fungsi-fungsi yang dibagi berdasarkan kegunaannya dalam mengolah sebuah string (diambil dari 1. Copying : a. memcpy (Copy block of memory) b. memmove (Move block of memory) c. strcpy (Copy string) d. strncpy (Copy characters from string) 2. Concatenation : a. strcat (Concatenate strings) b. strncat (Append character from string) 3. Comparison : a. memcmp (Compare two blocks of memory) b. strcmp (Compare two strings) c. strcoll (Compare two strings using locale) d. strncmp (Compare characters of two strings) e. strxfrm (Transform string using locale) 4. Searching : a. memchr (Locate character in block of memory) b. strchr (Locate first occurrence of character in string) c. strcspn (Get span until character in string) d. strpbrk (Locate characters in string) e. strrchr (Locate last occurrence of character in string) f. strspn (Get span of character set in string) g. strstr (Locate substring) h. strtok (Split string into tokens) 5. Other : a. memset (Fill block of memory) b. strerror (Get pointer to error message string) c. strlen (Get string length)

8 a. Fungsi strcpy char * strcpy ( char * destination, const char * source ); Fungsi strcpy digunakan untuk melakukan copy dari sebuah string ke string lainnya. Contoh penggunaan dalam kode program: b. Fungsi strcat char * strcat ( char * destination, const char * source ); Fungsi strcat digunakan untuk melakukan penempelan sebuah string pada akhir suatu string tertentu. Contoh penggunaan dalam kode program:

9 c. Fungsi strcmp int strcmp ( const char * str1, const char * str2 ); Fungsi strcmp digunakan untuk melakukan pembandingan sebuah string dengan string yang lain. Return value dari fungsi ini dapat berupa bilangan negatif, nol ataupun positif. Jika fungsi ini mengembalikan nilai negatif, maka str1 memiliki tingkat leksikoglafi lebih kecil dari str2. Sedangkan jika fungsi ini mengembalikan nilai postifi, maka str1 memiliki tingkat leksikografi lebih besar dari str2. Terakhir, jika return value nya nol, maka str1 sama dengan str2. Berikut adalah contoh penggunaan fungsi ini dalam kode progam: d. Fungsi strlen size_t strlen ( const char * str ); Fungsi strlen digunakan untuk mengetahui panjang dari sebuah string.

10 Implementasi Array dan String Latihan 1: Mahasiswa Berprestasi Latihan 2: Matrix Spin Latihan 3: Mesin Pencari Latihan 4: String Combination Latihan 1: Mahasiswa Berprestasi Deskripsi Di suatu universitas, sedang berlangsung pemilihan mahasiswa berprestasi. Karena lagi sibuk dengan suatu hal lain, pihak universitas kewalahan untuk menentukan pemenangnya. Oleh karena itu, pihak universitas meminta bantuanmu untuk membuat program yang dapat menampilkan nilai mahasiswa dan menentukan rata-rata nilai akademik dari mahasiswa yang mendaftar menjadi mahasiswa berprestasi tersebut. Format Masukkan Baris pertama berisi N dan M, jumlah pendaftar dan banyaknya nilai dari masingmasing pendaftar, 1 <= N, M <= 10. N baris berikutnya berisi M bilangan yang menunjukkan nilai dari mahasiswa ke-i, nilai dari tiap mahasiswa antara 0 dan 100. Format Keluaran Keluaran berupa nilai serta rata-rata dari setiap mahasiswa. Langkah Pengerjaan 1. Buat source file baru dari IDE anda, beri nama misal mawapres.c 2. Deklarasikan variabel yang dibutuhkan untuk menampung nilai-nilai dari mahasiswa yang kita inginkan. 3. Buat perintah keluaran (printf) untuk memasukkan jumlah data yang diinginkan user. Serta, perintah masukkan (scanf) untuk menampung nilai variabel N dan M.

11 4. Buat perulangan untuk memasukkan nilai dari N mahasiswa, dengan masingmasingnya terdapat M nilai, mulai dari mahasiswa ke-0 sampai ke-(n-1), dan nilai ke-0 sampai dengan ke-(m-1). 5. Dari soal, diminta juga nilai rata-rata untuk setiap mahasiswa, masukkan ke variabel RRata. Modifikasi potongan kode pada langkah ke-4 untuk mendapatkan rata-rata tiap mahasiswa. Sehingga potongan kode dari langkah ke-4 menjadi seperti dibawah ini. 6. Buat perintah perulangan kembali untuk mencetak ke layar, variabel nilai ke-0 sampai M-1 untuk mahasiswa ke-0 sampai N-1, jangan lupa tampilkan juga ratarata dari tiap mahasiswa.

12 7. Ujilah keberhasilan program Anda! Latihan 2: Matrix Spin Deskripsi Pada suatu hari, adik anda yang duduk di bangu SMA, diberikan sebuah soal oleh guru Matematika nya. Diberikan sebuah matriks ukuran N x N, adik anda disuruh untuk memutar matriks tersebut 90 derajat searah jarum jam. Karena anda sedang belajar tentang pemrograman, anda tertantang untuk membuat versi console dari soal adik anda tersebut. Tentu saja, adik anda akan merasa terbantu dengan program yang Anda buat. Format Masukkan Baris pertama berisi N, ukuran dari matriks tersebut, 1 <= N <= 10. N baris berikutnya berisi N bilangan yang menunjukkan isi dari matriks tersebut, nilai dalam matriks tersebut berada di antara 0 dan Format Keluaran Keluaran berupa matriks yang telah diputar 90 derajat searah jarum jam. Contoh Input Contoh Output

13 Latihan 3: Mesin Pencari Deskripsi Anda adalah seorang programmer yang handal. Suatu hari, anda mendapatkan proyek dari seorang klien yang menginginkan sebuah mesin pencari kata dari jaringan internet yang hanya mau mencari kata-kata yang sama persis. Selain itu, klien juga meminta untuk mengetahui sebarapa populer-kah kata tersebut. Karena sedang membutuhkan uang, maka Anda pasti menerima proyek yang diberikan klien anda tersebut. Format Masukkan Baris pertama berisi sebuah integer N, banyaknya kata yang ada dalam sebuah jaringan internet. 1 <= N <= 100. N baris berikutnya berisi sebuah kata S, yang menunjukkan kata yang tersedia di sebuah jaringan internet. 1 <= S <= 20. Baris terakhir berisi sebuah kata Q, yang Anda masukkan untuk mencoba keberhasilan mesin pencari yang Anda buat. 1 <= Q <= 20. Format Keluaran Keluaran berupa jumlah kali muncul kata tersebut dalam jaringan internet yang ada. Langkah Pengerjaan 1. Buat source file baru dari IDE anda, beri nama misal searchengine.c 2. Deklarasikan variabel-variabel yang dibutuhkan dalam mesin pencari Anda. Jangan lupa untuk menambahkan library string.h yang salah satu fungsinya digunakan untuk membandingkan string.

14 3. Berikan prompt untuk menerima masukkan dari user sesuai permintaan klien, karena kata dalam jaringan internet tidak pasti, tergantung dari masukkan user, gunakan perulangan. 4. Lalu inputkan kata yang mau kita cari tingkat popularitasnya. Kemudian cari tingkat popularitas dari kata tersebut dengan membadingkan satu-persatu kata tersebut dalam jaringan internet yang ada. Jangan lupa menggunakan fungsi yang sudah disediakan. 5. Tampilkan tingkat popularitas dari kata tersebut. 6. Ujilah keberhasilan program Anda!

15 Latihan 4: String Combination Deskripsi Karena bosan dengan hal-hal yang sudah Anda alami selama ini, Anda menantang diri Anda untuk membuat program yang dapat mengkombinasikan kata yang ada menjadi kalimat-kalimat acak dengan menggunakan semua kata yang ada. Format Masukkan Baris pertama berisi N, banyaknya jumlah kata yang akan dikombinasikan oleh program anda. 2 <= N <= 3. N baris berikutnya berisi sebuah kata S, yang menunjukkan kata yang akan dikombinasikan nantinya. 0 <= S <= 20. Dianggap tidak akan ada kata yang sama persis. Format Keluaran Keluaran berupa kalimat-kalimat acak yang mungkin terbentuk dari kata-kata yang ada. Contoh Input 2 Aku Kamu Contoh Output Aku Kamu Kamu Aku Contoh Input 3 Aku Kamu <3 Contoh Output Aku Kamu <3 Aku <3 Kamu Kamu Aku <3 Kamu <3 Aku <3 Aku Kamu <3 Kamu AKu

PRAKTIKUM 10 STRING A B C D E \0. Gambar 11.1 Komposisi penyimpanan string dalam memori

PRAKTIKUM 10 STRING A B C D E \0. Gambar 11.1 Komposisi penyimpanan string dalam memori PRAKTIKUM 10 STRING A. Tujuan 1. Menjelaskan tentang konsep string 2. Menjelaskan operasi I/O pada string. 3. Menjelaskan cara mengakses elemen string 4. Menjelaskan berbagai fungsi mengenai string B.

Lebih terperinci

Algoritma Pemrograman & Struktur Data

Algoritma Pemrograman & Struktur Data MODUL PERKULIAHAN Algoritma Pemrograman & Struktur Data Array Fakultas Program Studi Tatap Muka Kode MK Disusun Oleh Fakultas Ilmu Informatika Komputer 02 87042 Abstract Penjelasan mengenai array dan penggunaannya

Lebih terperinci

Kurikulum Qt. { Basic OOP } Chapter 3. Array dan String

Kurikulum Qt. { Basic OOP } Chapter 3. Array dan String Kurikulum Qt { Basic OOP } Chapter 3 Array dan String. Agenda Pengantar Array Array 1 Dimensi Inisialisasi Array 1 Dimensi Pengalamatan dan Penyalinan Array 1 Dimensi Array multi dimensi Deklarasi Array

Lebih terperinci

BAB VII STRING Konstanta String Suatu konstanta string ditulis dengan diawali dan diakhiri tanda petik ganda, misalnya:

BAB VII STRING Konstanta String Suatu konstanta string ditulis dengan diawali dan diakhiri tanda petik ganda, misalnya: BAB VII STRING Tujuan : 1. Menjelaskan tentang konsep string 2. Menjelaskan operasi I/O pada string. 3. Menjelaskan cara mengakses elemen string 4. Menjelaskan berbagai fungsi mengenai string 7.1 Konstanta

Lebih terperinci

Pertemuan 9 Pemrograman Terstruktur

Pertemuan 9 Pemrograman Terstruktur Pertemuan 9 Pemrograman Terstruktur String 1 Dasar- dasar String String sebenarnya merupakan penggunaan tipe data char secara berkelompok Tipe data string merupakan array dari tipe data char 2 Deklarasi

Lebih terperinci

Algoritma & Pemrograman #11. by antonius rachmat c, s.kom, m.cs

Algoritma & Pemrograman #11. by antonius rachmat c, s.kom, m.cs Algoritma & Pemrograman #11 by antonius rachmat c, s.kom, m.cs Perkalian 2 buah Matriks Kedua matriks harus memiliki bentuk m x n untuk matriks A dan n x o untuk matriks B Sehingga matriks hasil akan memiliki

Lebih terperinci

VARIABEL & TIPE DATA PEMROGRAMAN C++

VARIABEL & TIPE DATA PEMROGRAMAN C++ VARIABEL & TIPE DATA PEMROGRAMAN C++ ruliriki@gmail.com VARIABEL Suatu nama yang menyatakan tempat dalam memori komputer Menyimpan nilai yang dapat diubah VARIABEL Pengenal (identifier) yang digunakan

Lebih terperinci

KARAKTER DAN STRING, ARRAY, STRUCT DAN REVIEW PADA BAHASA C

KARAKTER DAN STRING, ARRAY, STRUCT DAN REVIEW PADA BAHASA C KARAKTER DAN STRING, ARRAY, STRUCT DAN REVIEW PADA BAHASA C Disusun oleh: Bachtiar Maulana (58411782) Marlinda Dwi Cahya (54411318) Muh. Mahlani (5411622) Muzaky Bakri Salim (55411060) UNIVERSITAS GUNADARMA

Lebih terperinci

1. Konstanta String Kostanta ABCDE disimpan dalam memory secara berurutan, dengan komposisi sebagai berikut : Memory rendah.

1. Konstanta String Kostanta ABCDE disimpan dalam memory secara berurutan, dengan komposisi sebagai berikut : Memory rendah. Praktikum 10 STRING A. TUJUAN 1. Menjelaskan tentang konsep string 2. Menjelaskan operasi I/O pada string. 3. Menjelaskan cara mengakses elemen string 4. Menjelaskan berbagai fungsi mengenai string B.

Lebih terperinci

Algoritme dan Pemrograman

Algoritme dan Pemrograman Algoritme dan Pemrograman Karakter dan String Tipe data char Literal karakter ditulis di antara tanda kutip satu atau single quote ('), misalnya: 'A', '5',... Tipe data char (misalnya : char ch;) disimpan

Lebih terperinci

Suatu konstanta string ditulis dengan diawali dan diakhiri tanda petik ganda, misalnya:

Suatu konstanta string ditulis dengan diawali dan diakhiri tanda petik ganda, misalnya: No. LST/EKA/EKA255/07 Revisi : 00 Tgl : 8 Sept 2014 Hal 1 dari 14 1. Kompetensi a. Menjelaskan tentang konsep string 2. b. Menjelaskan operasi I/O pada string. c. Menjelaskan cara mengakses elemen string

Lebih terperinci

4. Arrays. int billy [5]; maka setiap elemen array billy akan di-inisialisasikan sebagai 0 :

4. Arrays. int billy [5]; maka setiap elemen array billy akan di-inisialisasikan sebagai 0 : 4. Arrays Obyektif Praktikum : Memahami penggunaan Array Dapat menerapkan array dengan elemen multidimensi Memahami penggunaan statement pada character dan string Array adalah himpunan elemen (variable)

Lebih terperinci

Pertemuan Arrays. Obyektif Praktikum : 1. Memahami penggunaan Array. 2. Dapat menerapkan array dengan elemen multidimensi

Pertemuan Arrays. Obyektif Praktikum : 1. Memahami penggunaan Array. 2. Dapat menerapkan array dengan elemen multidimensi Pertemuan 4 4. Arrays Obyektif Praktikum : 1. Memahami penggunaan Array 2. Dapat menerapkan array dengan elemen multidimensi 3. Memahami penggunaan statement pada character dan string P. 4.1 Array Array

Lebih terperinci

KONSEP STRING. Nilai string selalu diakhiri dengan tanda NULL (\0)

KONSEP STRING. Nilai string selalu diakhiri dengan tanda NULL (\0) PERTEMUAN IV STRING SASARAN Menjelaskan tentang konsep string Menjelaskan operasi I/O pada string. Menjelaskan cara mengakses elemen string Menjelaskan berbagai fungsi mengenai string KONSEP STRING String

Lebih terperinci

Seluruh elemen di dalam struktur array mempunyai tipe data yang sama. Random Access

Seluruh elemen di dalam struktur array mempunyai tipe data yang sama. Random Access 1 Array == Laci? 2 Data disimpan dalam suatu struktur, sedemikian rupa sehingga elemen-elemen di dalam struktur tersebut dapat diolah secara kelompok ataupun secara individu. Sifat - sifat Array Homogen

Lebih terperinci

P11 Array. A. Sidiq Purnomo Program Studi Teknik Informatika Universitas Mercu Buana Yogyakarta

P11 Array. A. Sidiq Purnomo Program Studi Teknik Informatika Universitas Mercu Buana Yogyakarta P11 Array A. Sidiq Purnomo Program Studi Teknik Informatika Universitas Mercu Buana Yogyakarta Tujuan Mahasiswa mampu mengetahui dan memahami : Mengetahui Perintah Array Mengetahui dan Memahami Array Satu

Lebih terperinci

MODUL 4 PERULANGAN A. TUJUAN

MODUL 4 PERULANGAN A. TUJUAN MODUL 4 PERULANGAN A. TUJUAN 1. Memahami teori perulangan pada bahasa pemrograman C/C++ 2. Memahami teknik perulangan pada bahasa pemrograman C/C++ 3. Mampu membuat aplikasi C/C++ yang melibatkan operasi

Lebih terperinci

Algoritma dan Pemrograman

Algoritma dan Pemrograman Algoritma dan Pemrograman bagian 2 2009 Modul ini menjelaskan tentang bahasa C dan apa saja yang dibutuhkan bila kita akan menulis suatu program dengan bahasa C. Editor yang dipakai adalah Turbo C++ 4.5.

Lebih terperinci

Modul Praktikum 4 Pemograman Berorientasi Objek

Modul Praktikum 4 Pemograman Berorientasi Objek Modul Praktikum 4 Pemograman Berorientasi Objek 1. Judul : Array 2. Tujuan Percobaan : Diakhir praktikum, mahasiswa diharapkan mampu : Mendeklarasikan dan membuat array Mengakses elemen-elemen didalam

Lebih terperinci

LAPORAN RESMI PEMROGRAMAN WEB

LAPORAN RESMI PEMROGRAMAN WEB LAPORAN RESMI PEMROGRAMAN WEB Operasi String Oleh Nama : Muhammad Rizal Fauzy Kelas : 1 D4 IT B NRP : 2110151052 POLITEKNIK ELEKTRONIKA NEGERI SURABAYA 2015-2016 Operasi String 1. Percobaan 1 : Contoh

Lebih terperinci

Algoritma dan Pemrograman

Algoritma dan Pemrograman Algoritma dan Pemrograman Konsep Pemrograman C/C++ Ptputraastawa@gmail.com Ptputraastawa.wordpress.com Sejarah bahasa pemrograman C Bahasa C hasil kreasi dari Dennis M. Ritchie (1972) di Bell Telephone

Lebih terperinci

12/29/2011 ILKOM IPB 1. Algoritme dan Pemrograman. Char. Karakter dan bilangan

12/29/2011 ILKOM IPB 1. Algoritme dan Pemrograman. Char. Karakter dan bilangan Algoritme dan Pemrograman Kuliah #10 Karakter dan String Char Literal karakter ditulis di antara tanda kutip satu atau single quote ('), misalnya: 'A', '5',... Tipe data char (misalnya : char ch;) disimpan

Lebih terperinci

A B C D E \0. Gambar Komposisi penyimpanan string dalam memori

A B C D E \0. Gambar Komposisi penyimpanan string dalam memori Praktikum 9 (1/3) STRING A. TUJUAN 1. Memahamkan konsep tipe data string 2. Memahamkan string sebagai array dari karakter 3. Dapat memasukkan dan menampilkan isi variabel string B. DASAR TEORI Konstanta

Lebih terperinci

String 1 A. TUJUAN PEMBELAJARAN

String 1 A. TUJUAN PEMBELAJARAN PRAKTIKUM 21 String 1 A. TUJUAN PEMBELAJARAN 1. Memahamkan konsep tipe data string 2. Memahamkan string sebagai array dari karakter 3. Dapat membuat berbagai user defined function untuk manipulasi string

Lebih terperinci

STRING DASAR PEMROGRAMAN

STRING DASAR PEMROGRAMAN STRING DASAR PEMROGRAMAN TUJUAN Menjelaskan tentang konsep string Menjelaskan operasi I/O pada string. Menjelaskan cara mengakses elemen string Menjelaskan berbagai fungsi mengenai string KONSEP STRING

Lebih terperinci

Array 1 A. TUJUAN PEMBELAJARAN

Array 1 A. TUJUAN PEMBELAJARAN PRAKTIKUM 18 Array 1 A. TUJUAN PEMBELAJARAN 1. Memahami konsep array dan penyimpanannya dalam memori 2. Mempelajari pengunaan variabel array berdimensi satu 3. Memahami penggunaan variabel array berdimensi

Lebih terperinci

ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2. 3 SKS By : Sri Rezeki Candra Nursari

ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2. 3 SKS By : Sri Rezeki Candra Nursari ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2 3 SKS By : Sri Rezeki Candra Nursari MATERI Teks/string Pointer Struktur Kelas Konstruktor dan Destruktor Kelas dan Obyek Overloading Operator Inheritance (Pewarisan) Polimorfisme

Lebih terperinci

BAB 4 PENGENALAN BAHASA C

BAB 4 PENGENALAN BAHASA C Bab 4 Pengenalan Bahasa C 35 BAB 4 PENGENALAN BAHASA C TUJUAN PRAKTIKUM 1. Mengetahui sejarah perkembangan bahasa C. 2. Mengerti struktur program bahasa C. 3. Mengerti konsep tipe data, variabel, & operator

Lebih terperinci

Cara pertama adalah pada saat deklarasi variabel ditambahkan ke- yword const sebelum nama tipe data seperti

Cara pertama adalah pada saat deklarasi variabel ditambahkan ke- yword const sebelum nama tipe data seperti KONSTANTA Menghitung besaran-besaran fisis dalam bidang fisika memerlukan suatu konstantakonstanta. Bahasa C dan C++ menyediakan tipe data tambahan sehingga variabel yang kita gunakan merupakan konstanta

Lebih terperinci

PERTEMUAN 3 KONSEP TIPE DATA

PERTEMUAN 3 KONSEP TIPE DATA PERTEMUAN 3 KONSEP TIPE DATA KONSEP TIPE DATA C++ Pembagian tipe data : I. Tipe Sederhana (simple type) Int,Bool,Char Tipe Float II. Tipe String Operasi string III. Tipe Terstruktur (structured type) Array,

Lebih terperinci

Konstanta String. Setiap karakter pada konstanta string menempati memori sebesar 1 byte Selalu diakhiri dengan karakter NULL atau \0

Konstanta String. Setiap karakter pada konstanta string menempati memori sebesar 1 byte Selalu diakhiri dengan karakter NULL atau \0 STRING Konstanta String Setiap karakter pada konstanta string menempati memori sebesar 1 byte Selalu diakhiri dengan karakter NULL atau \0 h a l o \0 Bila string hanya berisi karakter NULL, maka disebut

Lebih terperinci

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LABSHEET ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LABSHEET ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA Hal 1 dari 14 A. KOMPETENSI 1. Mampu memahami jenis-jenis dan penggunaan tipe dasar di dalam C++ 2. Mendefinisikan tipe data bentukan (array, struktur, dan enumerasi) 3. Memahami null terminated string

Lebih terperinci

MODUL V POINTER DAN STRING

MODUL V POINTER DAN STRING MODUL V POINTER DAN STRING I TUJUAN 1 Mahasiswa dapat menjelaskan tentang konsep dari variabel pointer 2 Mahasiswa dapat menjelaskan tentang pointer dan string 3 Mahasiswa dapat menjelaskan tentang pointer

Lebih terperinci

TUGAS PENDAHULUAN MODUL I PERKENALAN MIKU, COMPILER BAHASA C, DAN STANDARD INPUT-OUTPUT

TUGAS PENDAHULUAN MODUL I PERKENALAN MIKU, COMPILER BAHASA C, DAN STANDARD INPUT-OUTPUT TUGAS PENDAHULUAN MODUL I PERKENALAN MIKU, COMPILER BAHASA C, DAN STANDARD INPUT-OUTPUT Prepared by: Bagus Hanindhito (20-02-2015) Problem 1 : Hello World! Pada problem ke-1 ini, kita akan mencoba melakukan

Lebih terperinci

Turbo C adalah tool yang dipakai untuk membuat code program dalam bahasa C ataupun C++. Berikut adalah jendela utama Turbo C

Turbo C adalah tool yang dipakai untuk membuat code program dalam bahasa C ataupun C++. Berikut adalah jendela utama Turbo C 1. Pendahuluan Lingkungan Turbo C++ 4.5 Turbo C++ 4.5 adalah tool yang dipakai untuk membuat code program dalam bahasa C ataupun C++. Berikut adalah jendela utama Turbo C++ 4.5. 1 2 3 4 1 : Menu Utama

Lebih terperinci

Algoritma Pemrograman 2B (Pemrograman C++)

Algoritma Pemrograman 2B (Pemrograman C++) Algoritma Pemrograman 2B (Pemrograman C++) Jurusan Sistem Komputer Dr. Lily Wulandari Materi 2 INPUT DAN OUTPUT PADA C++ 1 Outline Basic Input dan Output Fungsi Cin dan Cout Komentar Macam-macam manipulator

Lebih terperinci

VIII MANIPULASI STRING

VIII MANIPULASI STRING Manipulasi String 97 VIII.1 Pendahuluan VIII MANIPULASI STRING - String merupakan bentuk data yang dapat digunakan untuk menampung dan memanipulasi data teks. - Dalam bahasa C, string bukan merupakan tipe

Lebih terperinci

Tipe Data dan Operator

Tipe Data dan Operator Tipe Data dan Operator Dasar Algoritma dan Pemrogrman Eka Maulana, ST, MT, MEng. Klasifikasi Tipe Data 1 Tipe Data Tipe data adalah jenis data yang dapat diolah oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam

Lebih terperinci

Makalah. STRUKTUR DATA ( Array )

Makalah. STRUKTUR DATA ( Array ) Makalah STRUKTUR DATA ( Array ) Wahyu Fajrin Mustafa 15.12.8627 STIMIK AMIKOM YOGYAKARTA INFORMATION SYSTEMS 2016/2017 KATA PENGANTAR Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Esa kiranya telah diberikan kesehatan

Lebih terperinci

DISUSUN OLEH BAB X. String pemrogram dapat menampilkan. string. sebuah string. byte dalm. memori. Catatan dikatakan. dan.

DISUSUN OLEH BAB X. String pemrogram dapat menampilkan. string. sebuah string. byte dalm. memori. Catatan dikatakan. dan. DISUSUN OLEH : ADAM MUKHARIL BACHTIAR, S..Kom. DIKTAT MATAA KULIAH PEMROGRAMAN I BAB X STRING DAN MANIPULASINYA IF Pendahuluan String String adalah sebuah array bertipe char (karakter) yang diakhiri dengan

Lebih terperinci

Algoritma Pemrograman. Fery Updi,M.Kom

Algoritma Pemrograman. Fery Updi,M.Kom Algoritma Pemrograman Fery Updi,M.Kom 1 Kompetensi Detail Mampu menjelaskan Prinsip-prinsip Algoritma Mampu menjelaskan Konsep Bahasa Pemrograman Mampu membuat Flowchart dan Pseudocode Mampu menjelaskan

Lebih terperinci

Pengantar dalam Bahasa Pemrograman Turbo Pascal Tonny Hidayat, S.Kom

Pengantar dalam Bahasa Pemrograman Turbo Pascal Tonny Hidayat, S.Kom Pengantar dalam Bahasa Pemrograman Turbo Pascal Tonny Hidayat, S.Kom Pengantar Bahasa Pemrograman Pascal Page 1 / 11 Pengenalan Pascal Pascal merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi. Pemrograman

Lebih terperinci

KURSUS ONLINE JASA WEBMASTERS

KURSUS ONLINE JASA WEBMASTERS KURSUS ONLINE JASA WEBMASTERS C++ File Header JASA WEBMASTERS Jl. Ringin Raya No 124A Condong Catur, Sleman, Yogyakarta Apakah itu File Header? Bahasa pemrograman memiliki cara yang tersendiri untuk mendapatkan

Lebih terperinci

Konsep Pemrograman. Bab 10. String. Konsep Pemrograman Politeknik Elektronika Negeri Surabaya 2006 PENS-ITS. Umi Sa adah

Konsep Pemrograman. Bab 10. String. Konsep Pemrograman Politeknik Elektronika Negeri Surabaya 2006 PENS-ITS. Umi Sa adah Bab 10. String Konsep Pemrograman Politeknik Elektronika Negeri Surabaya 2006 Overview Pendahuluan Konstanta String Variabel String Inisialisasi String Input Output Data String Memasukkan Data String Menampilkan

Lebih terperinci

Pengenalan Bahasa C. Yuli Sun Hariyani D3 Teknik Telekomunikasi Institut Teknologi Telkom

Pengenalan Bahasa C. Yuli Sun Hariyani D3 Teknik Telekomunikasi Institut Teknologi Telkom Pengenalan Bahasa C Yuli Sun Hariyani D3 Teknik Telekomunikasi Institut Teknologi Telkom Algoritma & Bahasa C Algoritma Program luaspersegi Kamus sisi : integer Luas : integer Algoritma output( Masukkan

Lebih terperinci

Untuk menyimpan string sepanjang 10, kita perlu menyediakan tempat sepanjang 11 karakter : char NPM[11];

Untuk menyimpan string sepanjang 10, kita perlu menyediakan tempat sepanjang 11 karakter : char NPM[11]; Bab 9 String String merupakan sekumpulan karakter. Dalam bahasa C, string direpresentasikan dengan array of char yang diakhiri dengan karakter null (null terminated string). Deklarasi String String dedeklarasikan

Lebih terperinci

Larik/ Array int a1, a2, a3, a4, a5;

Larik/ Array int a1, a2, a3, a4, a5; Matakuliah : Struktur Data Versi : 1.0.0 Materi : Larik/ Array Penyaji : Zulkarnaen NS 1 Larik/ Array Variabel digunakan hanya untuk menyimpan 1 (satu) buah nilai dengan tipe data tertentu. Misalnya: int

Lebih terperinci

ilmu bahasa pemrograman ilmu c++ Copyright izie ilmu c++

ilmu bahasa pemrograman ilmu c++ Copyright izie  ilmu c++ ilmu c++ Tutorial ini untuk siapa saja, walaupun anda belum pernah melakukan pemrograman, atau jika andapun berpengalaman dalam pemrograman dengan bahasa pemrograman lain tapi ingin mempelajari bahasa

Lebih terperinci

BAB 5 PERULANGAN DAN ARRAY

BAB 5 PERULANGAN DAN ARRAY Bab 5 Perulangan dan Array 66 BAB 5 PERULANGAN DAN ARRAY TUJUAN PRAKTIKUM 1. Praktikan mengerti apa yang dimaksud dengan perulangan 2. Praktikan mengerti apa yang dimaksud dengan seleksi kondisi 3. Praktikan

Lebih terperinci

POINTER. Praktikum 10 (3/5) A. TUJUAN 1. Menjelaskan tentang Pointer to Array 2. Menjelaskan tentang Pointer to String

POINTER. Praktikum 10 (3/5) A. TUJUAN 1. Menjelaskan tentang Pointer to Array 2. Menjelaskan tentang Pointer to String Praktikum 10 (3/5) POINTER A. TUJUAN 1. Menjelaskan tentang Pointer to Array 2. Menjelaskan tentang Pointer to String B. DASAR TEORI Pointer dan Array (pointer to array) Hubungan antara pointer dan array

Lebih terperinci

Bahasa C-M6 By Jamilah, Skom 1

Bahasa C-M6 By Jamilah, Skom 1 BAB 1 KONSEP DASAR BAHASA C 1.1 SEJARAH DAN STANDAR C Akar dari bahasa C adalah bahasa BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richard pada tahun 1967. Bahasa ini memberkan ide kepada ken thompson yang kemudian

Lebih terperinci

MODUL 1 STANDAR INPUT DAN OUTPUT

MODUL 1 STANDAR INPUT DAN OUTPUT MODUL 1 STANDAR INPUT DAN OUTPUT A. TUJUAN 1. Memahami input dan output dasar pada bahasa pemrograman C/C++ 2. Memahami operasi dasar untuk input dan output pada bahasa pemrograman C/C++ 3. Mampu menciptakan

Lebih terperinci

PENGENALAN BAHASA C. A. Struktur Kode Program dalam Bahasa C Secara garis besar, suatu kode program dalam bahasa C memiliki struktur umum seperti ini:

PENGENALAN BAHASA C. A. Struktur Kode Program dalam Bahasa C Secara garis besar, suatu kode program dalam bahasa C memiliki struktur umum seperti ini: PENGENALAN BAHASA C A. Struktur Kode Program dalam Bahasa C Secara garis besar, suatu kode program dalam bahasa C memiliki struktur umum seperti ini: Kebanyakan pemrogram jarang memberikan keterangan/

Lebih terperinci

LAPORAN PRAKTIKUM ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA Searching ( Pencarian ) Modul III

LAPORAN PRAKTIKUM ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA Searching ( Pencarian ) Modul III LAPORAN PRAKTIKUM ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA Searching ( Pencarian ) Modul III UNTUK MEMENUHI TUGAS MATAKULIAH PRAKTIKUM ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA yang dibina oleh Bapak Didik Dwi Prasetya Oleh: Adhe

Lebih terperinci

ALGORITMA (2) Mengupas Kentang

ALGORITMA (2) Mengupas Kentang Rosa Ariani Sukamto ROSA ARIANI SUKAMTO Blog: http://udinrosa.wordpress.com Website: http://www.gangsir.com Facebook: https://www.facebook.com/rosa.ariani.sukamto Email: rosa_if_itb_01@yahoo.com ALGORITMA

Lebih terperinci

Pointer 2 A. TUJUAN PEMBELAJARAN. 1. Memahami tentang Pointer to Array 2. Memahami tentang Pointer to String

Pointer 2 A. TUJUAN PEMBELAJARAN. 1. Memahami tentang Pointer to Array 2. Memahami tentang Pointer to String PRAKTIKUM 25 Pointer 2 A. TUJUAN PEMBELAJARAN 1. Memahami tentang Pointer to Array 2. Memahami tentang Pointer to String B. DASAR TEORI Pointer dan Array (pointer to array) Hubungan antara pointer dan

Lebih terperinci

SOAL C++ Created by Yuli Astuti,S.Kom Copyright 2009

SOAL C++ Created by Yuli Astuti,S.Kom Copyright 2009 SOAL C++ 1. Penulisan Preprocessor yang benar di awali dengan tanda pound atau tanda : a. # c. @ b. & d. = 2. Contoh penulisan file header yang benar yaitu : a. &include c. =include

Lebih terperinci

BAB 3 SEARCHING A. TUJUAN

BAB 3 SEARCHING A. TUJUAN BAB 3 SEARCHING A. TUJUAN 1. Mahasiswa dapat melakukan perancangan aplikasi menggunakan struktur Searching (Pencarian) 2. Mahasiswa mampu melakukan analisis pada algoritma Searching yang dibuat 3. Mahasiswa

Lebih terperinci

LANGKAH-LANGKAH MENULISKAN PROGRAM DALAM TURBO C++

LANGKAH-LANGKAH MENULISKAN PROGRAM DALAM TURBO C++ I.PENDAHULUAN 1. 1. ALGORITMA Algoritma adalah urutan aksi-aksi yang dinyatakan dengan jelas dan tidak rancu untuk memecahkan suatu masalah dalam rentang waktu tertentu. Setiap aksi harus dapat dikerjakan

Lebih terperinci

PHP (HYPERTEXT PREPROCESSOR)

PHP (HYPERTEXT PREPROCESSOR) LAPORAN PRAKTIKUM MODUL 4 PEMROGRAMAN WEB PHP (HYPERTEXT PREPROCESSOR) Disusun Oleh: Deny Kurniawan Novianto (130533608222) PTI OFF B UNIVERSITAS NEGERI MALANG FAKULTAS TEKNIK JURUSAN TEKNIK ELEKTRO PROGRAM

Lebih terperinci

BAHASA PEMROGRAMAN 1 (PERTEMUAN 3)

BAHASA PEMROGRAMAN 1 (PERTEMUAN 3) BAHASA PEMROGRAMAN 1 (PERTEMUAN 3) ARRAY KUMPULAN SOAL LATIHAN PREPARED BY CHANDRA 092110187 05 06 2010 (REVISED) PENGENALAN ARRAY Array dari Pesawat Array dari Serangga Array dari Kartu Array dari Karakter

Lebih terperinci

Kuliah III - Dasar Pemrograman

Kuliah III - Dasar Pemrograman 17 September 2013 Kuliah III - Dasar Pemrograman Struktur program dalam bahasa C Kompilasi Variabel Statement : Deklarasi & Assignment statement, Inisialisasi Masukan dan Keluaran Contoh 1. assign.c /*

Lebih terperinci

Pengantar Pemrograman Dengan C++

Pengantar Pemrograman Dengan C++ Pengantar Pemrograman Dengan C++ Pengantar Apa itu program? Bagaimanakah membuatnya? Jika sudah dibuat, apakah gunanya? Mungkin itu adalah pertanyaan pertanyaan dari orang orang yang baru saja mengenal

Lebih terperinci

PENGENALAN BAHASA C DAN C++

PENGENALAN BAHASA C DAN C++ PRAKTIKUM KE 1 PENGENALAN BAHASA C DAN C++ TUJUAN PRAKTIKUM 1. Praktikan mengetahui sejarah bahasa C dan C++. 2. Praktikan mengerti struktur program bahasa C / C++. 3. Praktikan mengerti konsep tipe data

Lebih terperinci

BAB III Pengenalan Tipe Data dan Bahasa Pemrograman C/C++

BAB III Pengenalan Tipe Data dan Bahasa Pemrograman C/C++ BAB III Pengenalan Tipe Data dan Bahasa Pemrograman C/C++ Pendahuluan Pada bab ini dileaskan tipe data dan operasi baca tulis data, juga dijelaskan struktur pemrograman pada bahasa C/C++ Penyajian 31 Tipe

Lebih terperinci

Pemrograman Fery Updi,M.Kom

Pemrograman Fery Updi,M.Kom Pemrograman Fery Updi,M.Kom 1 Pokok Bahasan Array 2 Tujuan Mahasiswa mampu: Mendeklarasikan dan membuat array Mengakses elemen-elemen array Menentukan jumlah elemen dalam sebuah array Mendeklarasikan dan

Lebih terperinci

ARRAY 1-DIMENSI, CHARACTER DAN STRING

ARRAY 1-DIMENSI, CHARACTER DAN STRING Modul V Array 1-Dimensi, Character dan String MODUL V ARRAY 1-DIMENSI, CHARACTER DAN STRING V.1 ARRAY 1-DIMENSI Array adalah susunan data dengan jumlah tertentu yang bertipe sama dan bernama sama. Setiap

Lebih terperinci

Kuliah Online : TEKKOM [2013/VI]

Kuliah Online : TEKKOM [2013/VI] Kuliah Online : TEKKOM [2013/VI] Sumber Perancangan Bahasa Pemrograman Bahasa alami (natural language) Konstruksi yang diturunkan dari bahasa alami, karena bahasa alami dapat digunakan sebagai panduan

Lebih terperinci

Pemrograman Dasar C. Minggu 6

Pemrograman Dasar C. Minggu 6 Pemrograman Dasar C Minggu 6 Latihan Soal Buatlah program yang meminta seseorang untuk memasukkan angka bilangan riil sebanyak 3 kali, dan program akan menampilkan jumlah total dan rata-ratanya. Bilangan

Lebih terperinci

Bab 9 Pointer. 9.1 Pendeklarasian pointer

Bab 9 Pointer. 9.1 Pendeklarasian pointer Bab 9 Pointer 9.1 Pendeklarasian pointer Pointer adalah variabel yang menyimpan alamat memori dari variabel yang lain. Pointer juga memiliki tipe seperti halnya variabel biasa. Pointer dideklarasikan dengan

Lebih terperinci

DAY 11 OPERASI STRING LAPORAN RESMI. Day 11 Operasi String. Dini Yuniasri D4 Teknik Informatika B

DAY 11 OPERASI STRING LAPORAN RESMI. Day 11 Operasi String. Dini Yuniasri D4 Teknik Informatika B LAPORAN RESMI Day 11 Operasi String Dini Yuniasri 2110151054 1 D4 Teknik Informatika B PERCOBAAN 1 (CONTOH PENGGABUNGAN STRING) Untuk menggabung string, ada beberapa cara yang dapat digunakan user. Mulanya,

Lebih terperinci

Kurikulum Qt. Chapter 3 Array dan String. Array. Array 1 Dimensi

Kurikulum Qt. Chapter 3 Array dan String. Array. Array 1 Dimensi Chapter 3 Array dan String Array Array adalah suatu tipe data terstuktur yang berupa sejumlah data sejenis (bertipe data sama) yang jumlahnya tetap dan diberi suatu nama tertentu. Elemen-elemen array tersusun

Lebih terperinci

MODUL ARSIKOM POINTER DAN ARRAY. Disusun oleh : Afif Setyo Nugroho ( ) Agus Setyawan ( ) Maulana Akhsan ( )

MODUL ARSIKOM POINTER DAN ARRAY. Disusun oleh : Afif Setyo Nugroho ( ) Agus Setyawan ( ) Maulana Akhsan ( ) MODUL ARSIKOM POINTER DAN ARRAY Disusun oleh : Afif Setyo Nugroho (4611412001) Agus Setyawan (4611412001) Maulana Akhsan (4611412010) Imam Ahmad Ashari (4611412015) Ahmad Asif Qolbi (4611412026) JURUSAN

Lebih terperinci

PERTEMUAN V PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR DENGAN VISUAL C Setiap bahasa C mempunyai satu fungsi dengan nama main (program utama).

PERTEMUAN V PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR DENGAN VISUAL C Setiap bahasa C mempunyai satu fungsi dengan nama main (program utama). PERTEMUAN V PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR DENGAN VISUAL C++ 6.0 STRUKTUR BAHASA C Setiap bahasa C mempunyai satu fungsi dengan nama main (program utama). Setiap program akan dieksekusi dimulai dari statement

Lebih terperinci

BAB 1 KONSEP DASAR BAHASA C

BAB 1 KONSEP DASAR BAHASA C BAB 1 KONSEP DASAR BAHASA C 1. Sejarah dan Standar C Akar dari bahasa C adalah bahasa BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richard pada tahun 1967. Bahasa ini memberikan ide kepada Ken Thompson yang kemudian

Lebih terperinci

BAB VI BAHASA C Pendahuluan

BAB VI BAHASA C Pendahuluan BAB VI BAHASA C2 6.1 Pendahuluan Bahasa C merupakan evolusi dari bahasa BCPL yang dibuat oleh Martin Richards pada tahun 1967. Bahasa ini memberikan ide kepada Ken Thompson yang kemudian mengembangkan

Lebih terperinci

1. Mempelajari konsep dasar array, array ganda, pengiriman array ke fungsi dan string 2. Membuat program menggunakan array, array ganda

1. Mempelajari konsep dasar array, array ganda, pengiriman array ke fungsi dan string 2. Membuat program menggunakan array, array ganda Pertemuan ke-8 Array TUJUAN 1. Mempelajari konsep dasar array, array ganda, pengiriman array ke fungsi dan string 2. Membuat program menggunakan array, array ganda 8. 1. PENDAHULUAN Array adalah sebuah

Lebih terperinci

Laporan Praktikum TMD02 Algoritma dan Struktur Data dengan C. Coding 1. NIM/ No. Reg. : : Mhd. Syarif. :

Laporan Praktikum TMD02 Algoritma dan Struktur Data dengan C. Coding 1. NIM/ No. Reg. : : Mhd. Syarif. : Laporan Praktikum TMD02 Algoritma dan Struktur Data dengan C NIM/ No. Reg. : 49013075 Nama Email Blog/Website Laporan : Mhd. Syarif : mhdsyarif.ms@gmail.com : www.mhdsyarif.com : Modul V Coding 1 Source

Lebih terperinci

A. TEORI ARRAY 1 DIMENSI

A. TEORI ARRAY 1 DIMENSI MODUL 7 ARRAY Dalam pendeklarasian variabel, seringkali menggunakan sebuah tipe data beserta nama variabel atau identifier yang unik. Apabila kita ingin menggunakan variabel tersebut, kita akan memanggil

Lebih terperinci

Modul Praktikum Algoritma dan Struktur Data

Modul Praktikum Algoritma dan Struktur Data BAB 4 SEARCHING A. TUJUAN 1. Mahasiswa dapat melakukan perancangan aplikasi menggunakan struktur Searching (Pencarian) 2. Mahasiswa mampu melakukan analisis pada algoritma Searching yang dibuat 3. Mahasiswa

Lebih terperinci

STRUKTUR DASAR PHP ASUMSI 02/10/2014

STRUKTUR DASAR PHP ASUMSI 02/10/2014 STRUKTUR DASAR PHP 1 ASUMSI Anda telah mengenal dengan cukup baik komputer Anda, dan juga bisa mengoperasikannya. Jadi Anda seharusnya sudah mengerti perbedaan file dan direktori, bagaimana menyimpan file

Lebih terperinci

ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA POINTER DAN FUNCTION

ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA POINTER DAN FUNCTION ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA POINTER DAN FUNCTION POINTER POINTER ADALAH SUATU VARIABEL PENUNJUK, BERISI NILAI YANG MENUNJUK ALAMAT SUATU LOKASI MEMORI TERTENTU. JADI POINTER TIDAK BERISI NILAI DATA, MELAINKAN

Lebih terperinci

BAB VII. FUNCTION. A. Pengantar Function. #include <iostream.h> #include <conio.h> { clrscr(); // detail function

BAB VII. FUNCTION. A. Pengantar Function. #include <iostream.h> #include <conio.h> { clrscr(); // detail function BAB VII. FUNCTION Dalam pemrograman, string merupakan kumpulan dari beberapa karakterkarakter. Untuk membedakan string dengan karakter, dalam C++ dibedakan penulisannya. Suatu nilai merupakan string apabila

Lebih terperinci

ARRAY/LARIK. Pertemuan 06, 07, dan 09. Deskripsi Tujuan Instruksional String Array 1 Dimensi Array Multi Dimensi

ARRAY/LARIK. Pertemuan 06, 07, dan 09. Deskripsi Tujuan Instruksional String Array 1 Dimensi Array Multi Dimensi ARRAY/LARIK Pertemuan 06, 07, dan 09 Overview Deskripsi Tujuan Instruksional String Array 1 Dimensi Array Multi Dimensi Jurusan Teknik Informatika III - 2 Universitas Widyatama 1 Deskripsi Materi ini mempelajari

Lebih terperinci

Chapter 1 KONSEP DASAR C

Chapter 1 KONSEP DASAR C Chapter 1 KONSEP DASAR C Sejarah Dan Standar C Akar dari bahasa C adalah BCPL (dikembangkan oleh Martin Richard tahun 1967). Kemudian Tahun 1970, Ken Thompson mengembangkan bahasa tersebut yang di kenal

Lebih terperinci

I.1. MEMBUAT PROGRAM C DENGAN VISUAL C

I.1. MEMBUAT PROGRAM C DENGAN VISUAL C MODUL I MEMULAI BAHASA C I.1. MEMBUAT PROGRAM C DENGAN VISUAL C++ 2008 Microsoft Visual C++ 2008 (MVC++ 2008) adalah IDE (Integrated Development Environtment) yang digunakan dalam kuliah ini. Ikuti langkah-langkah

Lebih terperinci

A R R A Y. Bentuk umum deklarasi array : type nama_array[ukuran] tipe : menyatakan tipe dasar array ukuran : menyatakan banyaknya elemen pada array

A R R A Y. Bentuk umum deklarasi array : type nama_array[ukuran] tipe : menyatakan tipe dasar array ukuran : menyatakan banyaknya elemen pada array 1 A R R A Y Array adalah deretan variabel yang berjenis sama dan mempunyai nama sama. Pada bahasa C, array mempunyai lokasi yang bersebelahan. Alamat terkecil menunjuk ke elemen pertama dan alamat terbesar

Lebih terperinci

DIKTAT MATA KULIAH PEMROGRAMAN I BAB X STRING & MATH

DIKTAT MATA KULIAH PEMROGRAMAN I BAB X STRING & MATH DIKTAT MATA KULIAH PEMROGRAMAN I BAB X STRING & MATH IF Dasar Teori String merupakan bentuk data yang biasa dipakai dalam bahasa pemrograman keperluan menampung dan memanipulasi data teks. Misalnya untuk

Lebih terperinci

ARRAY PENGANTAR PROGRAM STUDI. Institut Teknologi Sumatera

ARRAY PENGANTAR PROGRAM STUDI. Institut Teknologi Sumatera ARRAY PENGANTAR PROGRAM STUDI Institut Teknologi Sumatera TUJUAN PERKULIAHAN Mahasiswa memahami konsep dan cara kerja array Mahasiswa mampu membuat program sederhana menggunakan array satu dimensi PRE

Lebih terperinci

LARIK (ARRAY) Latar Belakang Array

LARIK (ARRAY) Latar Belakang Array LARIK (ARRAY) Latar Belakang Array Sejauh ini cuplikan program yang kita pelajari masih sangat terbatas, karena statement assignment hanya berupa pemberian satu nilai pada satu variabel Padahal sering

Lebih terperinci

MODUL I PENGENALAN IDE C++, ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN

MODUL I PENGENALAN IDE C++, ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN MODUL I PENGENALAN IDE C++, ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN A. TUJUAN Setelah mempelajari bab ini diharapkan mahasiswa akan mampu : 1. Mengenali dan menggunakan IDE C++ dengan baik. 2. Mengenal dan memahami

Lebih terperinci

Algoritma & Pemrograman #3

Algoritma & Pemrograman #3 Algoritma & Pemrograman #3 by antonius rachmat c, s.kom, m.cs Tentukan nama variabel yang benar : 1. 9kepala 2. _nilaimax 3. data nilai 4. _4445 5. a_b Review: Deklarasi Identifier Variabel Bentuk umum:

Lebih terperinci

PRAKTIKUM 9 ARRAY. ARRAY BERDIMENSI SATU Suatu array berdimensi satu dideklarasikan dalam bentuk umum berupa :

PRAKTIKUM 9 ARRAY. ARRAY BERDIMENSI SATU Suatu array berdimensi satu dideklarasikan dalam bentuk umum berupa : PRAKTIKUM 9 ARRAY A. Tujuan 1. Menjelaskan tentang array berdimensi satu 2. Menjelaskan tentang array berdimensi dua 3. Menjelaskan tentang array berdimensi banyak 4. Menjelaskan tentang inisialisasi array

Lebih terperinci

Struktur Data. PDE - Struktur Data 1

Struktur Data. PDE - Struktur Data 1 Struktur Data Copyright@Ihsan Jatnika PDE - Struktur Data 1 Objektif Mengetahui maksud struktur data dan menjelaskan penggunaannya dalam pemrograman Mengetahui operasi yang terkait dengan struktur data

Lebih terperinci

Tabel Informasi. Hal di atas dapat dilakukan dengan menambah dan mengambil atribut identifier yang digunakan pada program, melalui tabel informasi.

Tabel Informasi. Hal di atas dapat dilakukan dengan menambah dan mengambil atribut identifier yang digunakan pada program, melalui tabel informasi. Tabel Informasi Tabel informasi atau tabel simbol berguna untuk mempermudah pada saat pembuatan dan implementasi dari analisa semantik (semantic analyzer). Pada proses translasi, tabel informasi dapat

Lebih terperinci

MODUL 1 PENGENALAN ENVIROMENT C++

MODUL 1 PENGENALAN ENVIROMENT C++ MODUL 1 PENGENALAN ENVIROMENT C++ I. TUJUAN 1. Memahami lingkungan dasar C++, IDE, serta cara meng-compile dan menjalankan program 2. Mampu membuat program sederhana menggunakan bahasa C++ untuk menampilkan

Lebih terperinci

E STRUKTUR DATA & E PRAKTIK STRUKTUR DATA. Pointer & Function. Alfa Faridh Suni, S.T., M.T. PTIK

E STRUKTUR DATA & E PRAKTIK STRUKTUR DATA. Pointer & Function. Alfa Faridh Suni, S.T., M.T. PTIK E3024015 - STRUKTUR DATA & E3024016 PRAKTIK STRUKTUR DATA Pointer & Function Alfa Faridh Suni, S.T., M.T. PTIK - 2014 Pointer Pointer adalah suatu variabel penunjuk, berisi nilai yang menunjuk alamat suatu

Lebih terperinci

JAVA BASIC PROGRAMMING Joobshet

JAVA BASIC PROGRAMMING Joobshet JAVA BASIC PROGRAMMING Joobshet 1. KOMPETENSI Mahasiswa dapat memahami jenis jenis tipe data Mahasiswa dapat memahami jenis jenis variable Mahasiswa dapat memahami jenis jenis seleksi kondisi Mahasiswa

Lebih terperinci

Laporan Praktikum TMD04 Pemrograman C++ NIM/ No. Reg. : 49013075 Nama : Mhd. Syarif Email Blog : : mhdsyarif.ms@gmail.com www.mhdsyarif.com Laporan : Modul 1 Coding 1 Source Code Modul 1_1: /*Program pertama

Lebih terperinci