Penggunaan Teknologi Komputer di Bidang Perbankan. Disusun Oleh : : M. Agus Munandar : P

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Penggunaan Teknologi Komputer di Bidang Perbankan. Disusun Oleh : : M. Agus Munandar : P"

Transkripsi

1 Penggunaan Teknologi Komputer di Bidang Perbankan Disusun Oleh : Nama NPM : M. Agus Munandar : P

2 ATM (Automatic Teller Machine) ATM (Anjungan Tunai Mandiri / Automatic Teller Machine) merupakan salah satu teknologi yang menerapkan konsep Proses Data berbasis Digital. Device ini mempunyai dua bagian penting yaitu Hard-ware yang terdiri dari Unit Pemroses dalam hal ini PC, serta sistem device interface yang menghubungkan pemakai/user me-lalui suatu kartu magnetik, dan Software yang berfungsi sebagai interface yang men-ghubungkan User dengan Sistem dalam kaitan Data (Informasi).

3 CARA KERJA ATM ATM adalah merupakan sebuah terminal data yang mempunyai dua perangkat input dan empat perangkat output. Seperti halnya sebuah terminal data, ATM harus memiliki koneksi,terhubung, dan berkomunikasi melalui sebuah host processor (pusat proses). Pusat proses yang disertai oleh Internet service provider (ISP) yg berfungsi sebagai jalur gateway untuk menuju keberbagai macam jaringan ATM dan menjadikan berfungsi bagi si pemegang kartu ATM (orang yang menginginkan uang).

4 Mesin uang yang digunakan untuk membaca kartu dengan plastic magneticstrips ini kemudian dikenal sebagai ATM (Automated Teller Machine). Untuk meng-gunakannya Proses kerja ATM pada umum-nya sama dengan komputer melalui proses dan pengolahan data. Adapun proses kerja dari mesin ATM tersebut yaitu: Kartu ATM dimasukkan kedalam mesin ATM, maka kartu akan dibaca oleh mag-netic card reader yang ada didalam mesin. Fungsi dari magnetic card reader hanya sebagai pembaca dan penerima data. Setelah dibaca, lalu data tersebut dikirim ke sistem komputerisasi bank. Karena fungsinya hanya sebagai penerima data maka magnetic card reader tidak memiliki memory yang bisa menyimpan data nasabah. Saat mesin berhasil membaca data dalam Kartu ATM tersebut, maka mesin akan meminta data PIN (Personal Identi-fication Number). PIN ini tidak terdapat di dalam kartu ATM melainkan harus di input oleh nasabah Kemudian setelah PIN dimasukkan, maka data PIN tersebut akan diacak (di-encrypt) dengan rumus tertentu dan dikirim ke sistem komputerasi bank ber-sangkutan. Pengacakan data PIN ini di maksudkan agar data yang dikirim tidak bisa terbaca oleh pihak lain. PIN yang sudah diacak berikut isi data dari kartu akan dikirim langsung ke sistem kom-puter bank untuk diverifikasi. Setelah data selesai diproses di sistem komputer bank, maka data akan dikirim kembali ke ATM. Nasabah akan dapat-kan apa yang yang dimintanya di ATM

5 Gambar Proses Kerja ATM

6 Dampak Positif Dari Perkembangan Teknologi ATM Untuk memudahkan nasabah dalam pengambilan uang tunai tanpa harus ke bank. Pengoperasian mesin ATM yang relative mudah Praktis dan efisien dalam pelayanannya

7 Dampak Negatif Dari Perkembangan Teknologi ATM Pembobolan terhadap ATM Terjadinya Skimming Metode skimming dapat dipahami sebagai metode penyaringan data pada kartu ATM nasabah. Untuk kasus kejahatan dengan metode skimming digunakan alat yang disebut sebagai skimer Fungsi alat ini adalah untuk menyaring data-data yang terdapat di dalam kartu ATM nasabah.

8 Teknologi Komputer Pada Bidang Komunikasi Welly Edriansyah ( P) Oka Al Ayudi Butti ( )

9 Pembahasan Teknologi Komputer Pada Bidang Komunikasi * Surat elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris atau (ejaan Indonesila: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur Internet. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet.

10 Contoh Pembuatan langkah langkah membuat di yahoomail 1. Langkah pertama, kunjungi situs Yahoo mail 2. Klik tombol Buat Account Baru di bagian atas kanan halaman Yahoo mail.

11 3. Isi kolom-kolom yang disediakan dengan memasukkan data Anda: Nama : isi dengan nama lengkap Anda, nama depan dan nama belakang Pilih ID Yahoo! : pilih alamat yang Anda inginkan di Yahoo Pilih kata sandi : isi dengan sandi yang Anda inginkan dan mudah diingat Ketik ulang kata sandi : masukkan lagi sandi Anda Saya lahir pada : isi dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda Saya tinggal di : pilih negara dimana Anda tinggal Ponsel: isi dengan nomor HP Anda, untuk keamanan Alternatif : isi bila Anda punya lain, kosongkan bila memang tidak ada Klik tombol Buat akun saya

12 Langkah selanjutnya adalah mengisi pertanyaan rahasia, ini dibutuhkan untuk menjaga keamanan akun Yahoo Anda. Di sini Anda harus memilih pertanyaan dari pertanyaan 1 dan 2, serta tentukan jawaban Anda. Pilihlah pertanyaan yang jawabannya mudah Anda ingat. Dan jangan lupa mengisi nomor ponsel Anda pada kolom yang sudah disediakan. Pada halaman ini Anda juga perlu untuk memasukkan kode anti spam. Setelah selesai mengisi kolom-kolom yang disediakan, klik tombol Selesai.

13 4. Voila, Anda di Yahoo sudah selesai dibuat. Langkah selanjutnya Anda bisa klik tombol Persiapan Awal untuk masuk ke halaman Anda.

14 maka aku yahoo mail sudah dibuat

15 Penjelasan Lengkap Cara Kerja Server Garis Besarnya, Bagaimana Pergi dari Pengirim ke Penerima? Setiap pesan tidak lain adalah sebuah file teks ditambah lampiran. Sama seperti semua data yang melalui internet, juga dipecah menjadi paket-paket kecil. Ketika pengirim mengklik tombol kirim, semua paket di-upload ke komputer pusat (server ) pada host layanan . Layanan kemudian me-relay paket ini melalui internet ke server yang memegang layanan penerima. Mail server penerima mencari alamat -nya, menempatkan dan menempatkan dalam inbox. Penerima log ke account-nya dan mendownload .

16 Step by step, Bagaimana Bagian bagian Kecil Datang Bersama? Misal kita menggunakan layanan online seperti Gmail atau Yahoo untuk menulis , menambahkan lampiran dan file data lainnya. Juga, kita menggunakan software client seperti Thunderbird, Outlook Express, Outlook atau Mac OS X Mail.

17 1. Ketika kita mengirim , komputer kita terhubung ke server mail layanan kita. Server adalah sebuah komputer terpusat yang mengelola jenis layanan tertentu. Server misalnya, menangani . Server yang bertanggung jawab untuk mengirimkan disebut SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) Server. Satu server SMTP dapat meneruskan surat ke server SMTP lain dan menyampaikan ke tujuan melalui beberapa hop. 2. Setiap memiliki alamat pengirim (misalnya dan penerima dalam kolom (misalnya Ketika sebuah dikirim, client terhubung ke server SMTP dari layanan pengirim (misalnya mailserver.pengirimmail.com). Klien mengirimkan alamat pengirim, alamat penerima dan isi pesan.

18 3. Server SMTP pergi bekerja ke lokasi keberadaan penerima. Menggunakan surat ID penerima (yaitu itu menempatkan nama domain misal penerimamail.com. 4. Catatan: Jika ID penerima memiliki nama domain yang sama dengan pengirim, maka proses akan lebih sederhana. Server SMTP akan ditransfer mail ke server mail lokal (POP3 atau IMAP). 5. Setiap nama domain merupakan alamat Web yang unik, yang disebut Internet Protocol (IP) address. Anggap saja sebagai alamat pos internet. Hubungan antara nama domain ke alamat IP mereka disimpan dalam Nama Domain Registry. SMTP server yang kemudian kontak server dimana registri disimpan (DNS Server). Server DNS mengirimkan kembali alamat ke server SMTP.

19 6. Server SMTP (pengirim) kemudian mulai menyerahkan ke server SMTP dari layanan penerima (sebut saja mailserver.penerimamail.com). SMTP ini memeriksa server dan menegaskan bahwa surat yang ditujukan kepada 7. Post Office Protocol (POP3) server adalah server yang melakukan pekerjaan menerima mail. Angka 3 adalah nomor versi dari protokol yang digunakan. Server POP3 memiliki account (ID kita). Setiap mail account dipetakan ke kombinasi nama pengguna password. Setelah pesan tersebut diserahkan ke server POP3, itu disimpan dan disimpan di account sampai penerima log in dan memeriksa surat.

20 8. client terhubung ke server POP3 dan itu untuk memungkinkan download . Setelah di-download ke komputer lokal, kotak surat POP3 tidak menyimpan salinan . Dengan demikian, Anda tidak dapat memeriksa Anda dari PC lain karena sudah diunduh. Untuk mengatasi kesulitan ini, IMAP diperkenalkan. IMAP4 (Internet Message Access Protocol versi 4) hanya mempertahankan salinan di server. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengakses Anda dari lokasi manapun dengan koneksi internet. Itulah proses bagaimana server bekerja, bagaimana suatu dari pengirim bisa sampai ke penerima.

21 Keuntungan dan Kerugian Menggunakan A. Keuntungan Penggunaan 1. Nyaman 2. Cepat 3. Murah 4. Hemat Sumber Daya 5. Reliabel 6. Global 7. Memungkinkan Pengiriman Pesan Berformat Multimedia B. Kelemahan Penggunaan 1. Salah Kirim 2. Adanya Kemungkinan Pemalsuan Identitas 3. Kebanjiran 4. Sampah 5. Respon Terlambat

. : Monica Justiana. Kelas : XI IPA 1. No. Absen : 26

. : Monica Justiana. Kelas : XI IPA 1. No. Absen : 26 Nama : Monica Justiana Kelas : XI IPA 1 No. Absen : 26 EMAIL 1. Pengertian Email Surat elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam

Lebih terperinci

Our profile: Agata Dwitiara S Afifah Salwa R Devi Maula N

Our profile: Agata Dwitiara S Afifah Salwa R Devi Maula N EMAIL XI IPA 5 Our profile: g Agata Dwitiara S Afifah Salwa R Devi Maula N Indra Saputra Julffy Delia D Pengertian Email Surat elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos elektronik (disingkat

Lebih terperinci

Terdapat dua protokol utama yang sering digunakan dalam layanan E- Mail :

Terdapat dua protokol utama yang sering digunakan dalam layanan E- Mail : 1. Pengertian Mail server Adalah Perangkat lunak program yang mendistribusikan file atau informasi sebagai respons atas permintaan yang dikirim via email, juga digunakan pada bitnet untuk menyediakan layanan

Lebih terperinci

Bagian 2. Membuat

Bagian 2. Membuat Bagian 2. Membuat Email 2.1 Membuat Email di Yahoo (Yahoo Mail) E-mail (surat elektronik), salah satunya disediakan oleh Yahoo, digunakan untuk mengirim informasi/berita di internet, seperti halnya kita

Lebih terperinci

BlackBerry Internet Service. Versi: 4.5.1. Panduan Pengguna

BlackBerry Internet Service. Versi: 4.5.1. Panduan Pengguna BlackBerry Internet Service Versi: 4.5.1 Panduan Pengguna Diterbitkan: 2014-01-08 SWD-20140108163043169 Daftar Isi 1 Persiapan... 7 Tentang paket layanan pengiriman pesan untuk BlackBerry Internet Service...

Lebih terperinci

BAB 1 PENYETINGAN AKUN

BAB 1 PENYETINGAN AKUN BAB 1 PENYETINGAN AKUN E-MAIL Jika aplikasi Mail belum pernah digunakan sebelumnya maka saat mengakses pertama kali aplikasi tersebut, sistem akan menanyakan beberapa pertanyaan seputar konfigurasi yang

Lebih terperinci

. Ahmad Hidayat Pengantar Komputer & Teknologi Informasi 2 C

. Ahmad Hidayat Pengantar Komputer & Teknologi Informasi 2 C Email Ahmad Hidayat Pengantar Komputer & Teknologi Informasi 2 C Apa itu E-mail????? Email E-mail = electronic mail (surat elektronik) Cepat, murah dan mudah. Mengirim pesan dari satu komputer ke komputer

Lebih terperinci

MENGIDENTIFIKASI BEBERAPA LAYANAN INFORMASI YANG ADA DI INTERNET. Nama : Ilham Dimas K Kelas : IX-4 No : 15

MENGIDENTIFIKASI BEBERAPA LAYANAN INFORMASI YANG ADA DI INTERNET. Nama : Ilham Dimas K Kelas : IX-4 No : 15 MENGIDENTIFIKASI BEBERAPA LAYANAN INFORMASI YANG ADA DI INTERNET Nama : Ilham Dimas K Kelas : IX-4 No : 15 Standart Kompetensi 2. Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi Kompetensi Dasar 2.2 Mengidentifikasi

Lebih terperinci

HTTP Protocol Ketika sebuah alamat web (atau URL) yang diketik ke dalam web browser, web browser melakukan koneksi ke web service yang berjalan pada

HTTP Protocol Ketika sebuah alamat web (atau URL) yang diketik ke dalam web browser, web browser melakukan koneksi ke web service yang berjalan pada Application Layer Application layer adalah lapisan yang menyediakan interface antara aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi dan jaringan yang mendasarinya di mana pesan akan dikirim. Layer ini berhubungan

Lebih terperinci

INTERNET & INTRANET E - Mail. Bambang Pujiarto

INTERNET & INTRANET E - Mail. Bambang Pujiarto INTERNET & INTRANET E - Mail Bambang Pujiarto E-mail/email/elektronik mail/surat elektronik (surel) teknologi surat menyurat, pertukaran informasi menggunakan media elektronik. Sarana kirim mengirim surat

Lebih terperinci

f. Tunggu proses download sampai selesai, di layar muncul tampilan sebagai berikut :

f. Tunggu proses download sampai selesai, di layar muncul tampilan sebagai berikut : f. Tunggu proses download sampai selesai, di layar muncul tampilan sebagai berikut : g. Tunggu sampai proses download selesai yang ditandai dengan munculnya kota form seperti berikut. 2. Download Menggunakan

Lebih terperinci

INTERNET DASAR, CARA MEMBUAT , DAN MENGIRIM DENGAN LAMPIRAN FILE

INTERNET DASAR, CARA MEMBUAT  , DAN MENGIRIM  DENGAN LAMPIRAN FILE INTERNET DASAR, CARA MEMBUAT EMAIL, DAN MENGIRIM EMAIL DENGAN LAMPIRAN FILE SMA NEGERI 1 HU U TAHUN 2014 1 Page A. PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI Teknologi Informasi (TI) sebagai bagian dari ilmu pengetahuan

Lebih terperinci

INTERNET DASAR DEFINISI INTERNET

INTERNET DASAR DEFINISI INTERNET INTERNET DASAR Modul Pelatihan dan Pendampingan Rumah Kreatif BUMN DEFINISI INTERNET Internet adalah jaringan besar yang saling berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan orangorang

Lebih terperinci

MODUL 1 PRAKTIKUM ADMINISTRASI JARINGAN. Pengenalan dan Instalasi Sistem Operasi Jaringan

MODUL 1 PRAKTIKUM ADMINISTRASI JARINGAN. Pengenalan dan Instalasi Sistem Operasi Jaringan MODUL 1 PRAKTIKUM ADMINISTRASI JARINGAN Pengenalan dan Instalasi Sistem Operasi Jaringan JURUSAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN PERSIAPAN AKADEMI KOMUNITAS SOLOK SELATAN PDD POLITEKNIK NEGERI PADANG 2014 Pengenalan

Lebih terperinci

Layanan ( service) Simple Mail Transport Protocol (SMTP)

Layanan  ( service)  Simple Mail Transport Protocol (SMTP) Layanan E-mail (E-mail service) E-mail adalah layanan untuk saling berkirim pesan antar pengguna internet di seluruh dunia. Sebenarnya e-mail sama dengan surat dalam kehidupan nyata. Perbedaannya adalah

Lebih terperinci

APPLICATION LAYER. Pengertian Application layer Service application layer (HTTP, DNS, SMTP)

APPLICATION LAYER. Pengertian Application layer Service application layer (HTTP, DNS, SMTP) APPLICATION LAYER Pengertian Application layer Service application layer (HTTP, DNS, SMTP) Domain Name System; DNS adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam

Lebih terperinci

Step By Step Menggunakan Yahoo! Mail

Step By Step Menggunakan Yahoo! Mail Step By Step Menggunakan Yahoo! Mail Oleh : Siyamta Email : [must_yamta@yahoo.com, yamta@vedcmalang.or.id] 1. Pengertian Email (Electronic Mail) merupakan suatu proses dan cara pengiriman pesan atau gambar

Lebih terperinci

Pertemuan III. Referensi Model TCP/IP

Pertemuan III. Referensi Model TCP/IP Pertemuan III Referensi Model TCP/IP Sasaran Pertemuan 3 - Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan metode pengendalian masukan dan keluaran beberapa definisi mengenai Interfacing Protokol Komunikasi Bahasa

Lebih terperinci

Cara Membuat Baru

Cara Membuat  Baru Cara Membuat Email Baru e-mail adalah alat komunikasi yang murah, cepat, dan efisien. Email adalah alat komunikasi berjenis surat dalam bentuk elektronik dan merupakan salah satu aplikasi internet yang

Lebih terperinci

Modul ke: Aplikasi Komputer. Pengantar Internet. Fakultas Teknik. Dian Anubhakti, M.Kom. Program Studi Teknik Arsitektur.

Modul ke: Aplikasi Komputer. Pengantar Internet. Fakultas Teknik. Dian Anubhakti, M.Kom. Program Studi Teknik Arsitektur. Modul ke: Aplikasi Komputer Pengantar Internet Fakultas Teknik Dian Anubhakti, M.Kom Program Studi Teknik Arsitektur www.mercubuana.ac.id Pengertian Internet Aplikasi Komputer Pengantar Internet Pengertian

Lebih terperinci

A I S Y A T U L K A R I M A

A I S Y A T U L K A R I M A A I S Y A T U L K A R I M A STANDAR KOMPETENSI Pada akhir semester, mahasiswa mampu merancang, mengimplementasikan dan menganalisa sistem jaringan komputer Mengimplementasikan FTP Mengimplementasikan telnet

Lebih terperinci

Panduan Webmail GMAIL. Webmail GMAIL

Panduan Webmail GMAIL. Webmail GMAIL Webmail GMAIL Gmail merupakan webmail berbasis dari search engine Google (www.google.com). Menurut pengalaman penulis, saat ini Gmail merupakan free webmail terbaik yang pernah ditemui sepanjang perjalanan

Lebih terperinci

(Electronic Mail)

(Electronic Mail) E-MAIL (Electronic Mail) Kelompok 5 Rifan Bawoel, Stefani Tangkuman, Deasry Potangkuman, Risky Radjamuda Email (surat elektronik) merupakan fasilitas lain dalam dunia internet yang dalam proses pengirimannya

Lebih terperinci

BAHAN AJAR KKPI KELAS XII

BAHAN AJAR KKPI KELAS XII KTSP SMK i DAFTAR ISI Daftar Isi... i BAB 3 MENGOPERASIKAN SOFTWARE E-MAIL CLIENT Kompetensi dan Ruang Lingkup... 1 I. Pengertian... 2 II. Langkah-Langkah Membuat Alamat Email... 2 A. Mengoperasikan Email

Lebih terperinci

CARA MEMBUAT . Oleh : Adi

CARA MEMBUAT  . Oleh : Adi CARA MEMBUAT EMAIL Oleh : Adi www.lenterahati.co.cc MENU UTAMA Apa itu Email? Cara membuat Email Membuat Email di Yahoo Membuat Email di Plasa Membuat Email di Gmail Apa itu Email? Email atau e-mail adalah

Lebih terperinci

Gambar.3.2. Desain Topologi PLC Satu Terminal

Gambar.3.2. Desain Topologi PLC Satu Terminal BAB III PERANCANGAN SISTEM 3.1 Desain Topologi Jaringan Gambar.3.1 Desain Topologi Sharring File Topologi diatas digunakan saat melakukan komunikasi data digital secara peer to peer sehingga PLC ataupun

Lebih terperinci

Pertemuan III. Referensi Model TCP/IP

Pertemuan III. Referensi Model TCP/IP Pertemuan III Referensi Model TCP/IP Protokol Komunikasi Bahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi. Tatacara komunikasi yang harus disepakati oleh komputer yang ingin melaksanakan komunikasi. Komputer-komputer

Lebih terperinci

Perbedaan dan Kelebihan serta Kekurangan Gmail dan Yahoo Mail

Perbedaan dan Kelebihan serta Kekurangan Gmail dan Yahoo Mail Perbedaan dan Kelebihan serta Kekurangan Gmail dan Yahoo Mail Nurman Fhirmanda manda.cowo@gmail.com Abstrak Pada saat ini penggunaan pengiriman e-mail sudah menjadi salah satu alternatif dalam pengiriman

Lebih terperinci

PERTEMUAN I CARA MEMBUAT DARI GOOGLE & YAHOO

PERTEMUAN I CARA MEMBUAT  DARI GOOGLE & YAHOO PERTEMUAN I CARA MEMBUAT E-MAIL DARI GOOGLE & YAHOO SUMBER MATERI http://www.multibisnis.com/cara.membuat.email.gratis.dari.yahoo.dan.google.php 1 CARA MEMBUAT E-MAIL DARI Apa itu E-mail...? GOOGLE & YAHOO

Lebih terperinci

Tutorial Step By Step

Tutorial Step By Step Email Tutorial Step By Step Untuk mulai menggunakan email yang telah anda beli, anda bisa menggunakan email tersebut dari berbagai macam platform, seperti Smartphone, Email client (Outlook, thunderbird),

Lebih terperinci

Menguasai Internet I. Created by ALFITH,S.Pd,M.Pd Page 1

Menguasai Internet I. Created by ALFITH,S.Pd,M.Pd Page 1 Ekstension File adalah segalanya yang mengikuti akhir nama dokumen yang menjadi indikasi dari software yang digunakan untuk membuat file. Ekstension File terdapat pada tiga huruf terakhir sesudah titik,

Lebih terperinci

Internet. Pendalaman komponen internet. Rahma Farah N, M.Kom. Sistem Informasi Modul ke: Fakultas Ilmu Komputer.

Internet. Pendalaman komponen internet. Rahma Farah N, M.Kom. Sistem Informasi  Modul ke: Fakultas Ilmu Komputer. Modul ke: Internet 14 Pendalaman komponen internet Fakultas Ilmu Komputer Rahma Farah N, M.Kom Program Studi Sistem Informasi www.mercubuana.ac.id Fasilitas Internet E mail (electronic mail) Merupakan

Lebih terperinci

FTP SERVER MAIL SERVER WEBMAIL

FTP SERVER MAIL SERVER WEBMAIL ADMINISTRASI SERVER FTP SERVER MAIL SERVER WEBMAIL FTP Server File Transfer Protocol (FTP) adalah protocol yang digunakan untuk transfer file atau data melalui media jaringan. FTP termasuk dalam protocol

Lebih terperinci

Pertemuan 3. PENGENALAN INTERNET Oleh : Julham Afandi

Pertemuan 3. PENGENALAN INTERNET Oleh : Julham Afandi Pertemuan 3 PENGENALAN INTERNET Oleh : Julham Afandi Konsep Internet Internet singkatan dari International Networking. Internet adalah kumpulan dari jaringan komputer yg ada di seluruh dunia. Dlm hal ini

Lebih terperinci

Making Provisions for Applications and Services

Making Provisions for Applications and Services Making Provisions for Applications and Services Ketika seseorang mengakses informasi pada suatu perangkat (device), baik itu PC, laptop, PDA, ponsel, atau device lain yang terhubung ke jaringan, data tidak

Lebih terperinci

KEGIATAN BELAJAR I I. MENGENAL E MAIL

KEGIATAN BELAJAR I I. MENGENAL E MAIL 3 I. MENGENAL E MAIL KEGIATAN BELAJAR I Apakah anda tahu tentang e mail atau elektronik mail? Atau apakah anda mempunyai keluarga atau teman yang jauh dari kota anda? Lalu bagaimanakah anda berkomunikasi

Lebih terperinci

merupakan kepanjangan dari Elektronic Mail, yang berarti

merupakan kepanjangan dari Elektronic Mail, yang berarti E-Mail merupakan kepanjangan dari Elektronic Mail, yang berarti surat elektronik. Dikatakan sebagai surat elektronik karena media pengirimannya dengan piranti elektronik yaitu komputer melalui internet.

Lebih terperinci

Desain Sistem ANALISA KEBUTUHAN

Desain Sistem ANALISA KEBUTUHAN ANALISA KEBUTUHAN 1. Diperlukan Satu Sistem yang dapat mengatur penggunaan Alamat Internet Protocol (IP) baik secara dinamik maupun statik dari Server 2. Dapat mengatur segmentasi jaringan berdasarkan

Lebih terperinci

PENGENALAN INTERNET. Pertemuan X Konsep Internet Kegunaan Internet Sejarah Internet

PENGENALAN INTERNET. Pertemuan X Konsep Internet Kegunaan Internet Sejarah Internet 10.1. Konsep Internet Pertemuan X PENGENALAN INTERNET Internet singkatan dari International Networking. Internet adalah kumpulan dari jaringan komputer yg ada di seluruh dunia. Dlm hal ini komputer yg

Lebih terperinci

Sukses Membuat Toko Online di Dunia Maya

Sukses Membuat Toko Online di Dunia Maya Sukses Membuat Toko Online di Dunia Maya Membuat toko online memang merupakan salah satu prospek bisnis yang cerah untuk masa depan. Alasannya sederhana. Manusia semakin terkoneksi dengan jaringan internet,

Lebih terperinci

Menggunakan FileZilla FTP Client. Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman repo.slemankab.go.id

Menggunakan FileZilla FTP Client. Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman repo.slemankab.go.id Menggunakan FileZilla FTP Client Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman FTP client adalah perangkat yang digunakan untuk melakukan transfer file dalam lingkungan internet menggunakan standar dari FTP (File

Lebih terperinci

BlackBerry Desktop Software. Versi: 7.1. Panduan Pengguna

BlackBerry Desktop Software. Versi: 7.1. Panduan Pengguna BlackBerry Desktop Software Versi: 7.1 Panduan Pengguna Diterbitkan: 2012-06-05 SWD-20120605130857705 Daftar Isi Dasar-dasar... 7 Tentang BlackBerry Desktop Software... 7 Menyetel ponsel cerdas Anda dengan

Lebih terperinci

TUTORIAL LANGKAH LANGKAH

TUTORIAL LANGKAH LANGKAH TUTORIAL LANGKAH LANGKAH www.speed-property.com 1. MASUKKAN ALAMAT WEB : www.speed-property.com 2. KLIK MEMBER AREA untuk LOGIN 1. ISI USER ID NAME ANDA 2. ISI PASSWORD ANDA 3. KLIK CAPTCHA / PENGAMAN

Lebih terperinci

CARA MEMBUAT HUSNI IDRIS

CARA MEMBUAT  HUSNI IDRIS CARA MEMBUAT EMAIL HUSNI IDRIS MENU UTAMA Apa itu Email? Cara membuat Email Membuat Email di Yahoo Membuat Email di Plasa Membuat Email di Gmail Apa itu Email? Email atau e-mail adalah singkatan untuk

Lebih terperinci

Menggunakan Aplikasi Zimbra Desktop

Menggunakan Aplikasi Zimbra Desktop Setting Email Acount Menggunakan Aplikasi Zimbra Desktop Zimbra Desktop adalah salah satu aplikasi mail client gratis (freeware), walaupun aplikasi ini dapat di download secara gratis namun Zimbra Desktop

Lebih terperinci

Dosen Pengampu : Muhammad Riza Hilmi, ST.

Dosen Pengampu : Muhammad Riza Hilmi, ST. Model OSI DAN TCP/IP PROTOKOL Konsep Dasar Komunikasi Data Konsep Protokol Jaringan OSI Model Enkapsulasi dan Dekapsulasi TCP/IP Model Protocol Suite TCP/IP Dosen Pengampu : Muhammad Riza Hilmi, ST. Email

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang

BAB I PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Layanan push email adalah layanan multimedia yang memungkinkan pengguna layanan menerima email langsung ke perangkat mobile yang di miliki secara real time. Push email

Lebih terperinci

Laporan Minggu Kedua Jaringan Komputer dan Komunikasi Data

Laporan Minggu Kedua Jaringan Komputer dan Komunikasi Data Laporan Minggu Kedua Jaringan Komputer dan Komunikasi Data P 2 6 8 A c h m a d J u n a n t o A r v ino D o n i S e t y a w a n G i g i n A n u g e r a h P r a s e t o A g u n g S Magister Teknologi Informasi

Lebih terperinci

Worksheet. Instalasi Mail Server pada Debian 7 I SMK NEGERI 1 TAPIN SELATAN

Worksheet. Instalasi Mail Server pada Debian 7 I SMK NEGERI 1 TAPIN SELATAN I Worksheet Instalasi Mail Server pada Debian 7 2014 JL. S R A G E N S A W A N G K E C. T A P I N S E L A T A N, K A B. T A P I N K A L I M A N T A N S E L A T A N, 71181 TUJUAN 1. Siswa mampu menambahkan

Lebih terperinci

JENIS-JENIS APLIKASI UNTUK SERVER MENGADMINISTRASI SERVER DALAM JARINGAN. Pembahasan: Habib Ahmad Purba. 0 P a g e

JENIS-JENIS APLIKASI UNTUK SERVER MENGADMINISTRASI SERVER DALAM JARINGAN. Pembahasan: Habib Ahmad Purba. 0 P a g e MENGADMINISTRASI SERVER DALAM JARINGAN Pembahasan: JENIS-JENIS APLIKASI UNTUK SERVER Habib Ahmad Purba 0 P a g e APLIKASI SERVER A. Tujuan Pembelajaran 1. Secara mandiri kita dapat menjelaskan pengertian

Lebih terperinci

SURAT ELEKTRONIK. Surat Elektronik. Mengirim.

SURAT ELEKTRONIK. Surat Elektronik. Mengirim. BAB 8 SURAT ELEKTRONIK Peta Konsep Surat Elektronik Mengenal E-Mail Membuat Alamat E-Mail Menyertakan Lampiran pada E-Mail Keuntungan dan Kerugian E-Mail Membaca E-Mail Membalas dan Meneruskan E-Mail yang

Lebih terperinci

BAHAN MATERI KELAS 9 INTERNET

BAHAN MATERI KELAS 9 INTERNET BAHAN MATERI KELAS 9 INTERNET Click to edit Master subtitle style Oleh : Ujang Ridwan Hakim, S.Pd 1. INTERNET (Interconnected Networking) adalah gabungan jaringan komputer di seluruh dunia yang membentuk

Lebih terperinci

Daftar Ulang Online. Daftar Ulang Mahasiswa PENS secara ONLINE dilakukan dengan 2 Langkah yaitu:

Daftar Ulang Online. Daftar Ulang Mahasiswa PENS secara ONLINE dilakukan dengan 2 Langkah yaitu: Daftar Ulang Online Daftar Ulang Mahasiswa PENS secara ONLINE dilakukan dengan 2 Langkah yaitu: 1. Pembayaran di Bank Mandiri dengan 3 metode atau cara yaitu pembayaran melalui: a. Internet Banking b.

Lebih terperinci

Dasar Penggunaan Internet Untuk Kelas IX

Dasar Penggunaan Internet Untuk Kelas IX 2015 Dasar Penggunaan Internet Untuk Kelas IX Berisi materi tentang pengenalan layanan internet dan tutorial cara membuat e-mail hingga cara mengelola suatu (Web Log) Blog Anggar Anugrah Satria Wiratama

Lebih terperinci

Pengenalan Internet. Ivan Maurits Fakultas Ilmu Komputer Gunadarma University Jakarta - Indonesia

Pengenalan Internet. Ivan Maurits Fakultas Ilmu Komputer Gunadarma University Jakarta - Indonesia Pengenalan Internet Ivan Maurits Fakultas Ilmu Komputer Gunadarma University Jakarta - Indonesia Internet Internet : Sistem jaringan komputer global yang saling terhubung dengan menggunakan standard internet

Lebih terperinci

Panduan Pengunaan Google Apps

Panduan Pengunaan Google Apps Panduan Pengunaan Google Apps Google Apps menawarkan seperangkat alat bantu yang dapat dimanfaatkan oleh semua individu baik dalam sebuah Organisasi atau Instansi. Baik besar maupun kecil. Dengan Google

Lebih terperinci

Laporan Praktikum Keempat

Laporan Praktikum Keempat Agung Hartono 1341177004191 Judul Percobaan: JARINGAN dan APLIKASI PACKET TRACER Dasar Teori: A. Jaringan Jaringan Komputer (Computer Network) dapat diartikan sebagai dua buah komputer atau lebih yang

Lebih terperinci

Manual Cpanel Domains Addon Domains

Manual Cpanel Domains Addon Domains Manual Cpanel Domains Addon Domains Addon Domain fungsinya sama seperti subdomain, bisa dibuat link (diarahkan) ke sebuah direktori/folder, sehingga dengan addon domain memungkinkan sebuah account hosting,

Lebih terperinci

TUGAS KOMUNIKASI DATA Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) Disusun oleh: Lusia Pusvita Dewi Feti Fuji Astuti Andi Rofik Adi Wijaya Kusuma Yayan Jaya

TUGAS KOMUNIKASI DATA Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) Disusun oleh: Lusia Pusvita Dewi Feti Fuji Astuti Andi Rofik Adi Wijaya Kusuma Yayan Jaya TUGAS KOMUNIKASI DATA Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) Disusun oleh: Lusia Pusvita Dewi Feti Fuji Astuti Andi Rofik Adi Wijaya Kusuma Yayan Jaya FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PRODI TEKNIK INFORMATIKA

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. service yang tidak bisa dilepaskan dari segala aktivitas yang terjadi di dunia maya,

BAB I PENDAHULUAN. service yang tidak bisa dilepaskan dari segala aktivitas yang terjadi di dunia maya, BAB I PENDAHULUAN I.1 Latar Belakang Electronic Mail atau biasa yang disebut Email merupakan salah satu jenis service yang tidak bisa dilepaskan dari segala aktivitas yang terjadi di dunia maya, penggunaan

Lebih terperinci

I.I Pengertian & Kinerja SECURITY. Overview. Tujuan

I.I Pengertian & Kinerja   SECURITY. Overview. Tujuan EMAIL SECURITY Overview Pada pemakaian internet,setelah browsing, e-mail merupakan aplikasi yang paling sering dipergunakan. Layanan basic e-mail ternyata tidak seaman perkiraan kita Email sebagai salah

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN UJI COBA

BAB IV IMPLEMENTASI DAN UJI COBA BAB IV IMPLEMENTASI DAN UJI COBA 4.1 Implementasi Perangkat Lunak Dalam implementasi aplikasi alat pengendali rumah jarak jauh (smart home) penulis tidak mengunakan ip public/vpn melainkan menggunakan

Lebih terperinci

PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang Masalah

PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang Masalah PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Dalam kehidupan sehari-hari, kita sudah akrab dengan ATM. Dengan perkembangan teknologi yang pesat saat ini,fasilitas yang disediakan ATM cukup memadai mulai dari

Lebih terperinci

TELNET & ROUTING INTERNET

TELNET & ROUTING INTERNET TELNET & ROUTING INTERNET Sistem pelayanan informasi pada jaringan INTERNET, sebagian besar bekerja dengan konsep client-server, dimana program client akan meminta server untuk melakukan suatu tugas (misalnya

Lebih terperinci

Pertemuan IX Client-Server Computing

Pertemuan IX Client-Server Computing Pertemuan IX Client-Server Computing Arsitektur Jaringan Terdapat dua arsitektur dalam jaringan yang menjelaskan bagaimana sebuah jaringan dibangun, yaitu : 1.Peer to peer (workgroup) 2.Client Server (Domain)

Lebih terperinci

Cara Menyinkronkan akun UI dengan Windows 8 Mail Apps

Cara Menyinkronkan akun UI dengan Windows 8 Mail Apps Cara Menyinkronkan akun UI dengan Windows 8 Mail Apps Dokumen ini membicarakan bagaimana mengakses surel UI dengan menggunakan Windows 8 Mail Apps, pembaca surel bawaan Windows 8. Sistem operasi yang digunakan

Lebih terperinci

Kegiatan Belajar 8: Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui penerapan pengetahuan komunikasi dalam jaringan asinkron

Kegiatan Belajar 8: Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui penerapan pengetahuan komunikasi dalam jaringan asinkron Kelas X SMK Gondang Kegiatan Belajar 8: Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui penerapan pengetahuan komunikasi dalam jaringan asinkron A. Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti pembelajaran,

Lebih terperinci

APPLICATION LAYER. Oleh : Reza Chandra

APPLICATION LAYER. Oleh : Reza Chandra APPLICATION LAYER Oleh : Reza Chandra Sebagian besar dari kita berpengalaman menggunakan Internet melalui World Wide Web, layanan e-mail, dan file-sharing. Aplikasi ini, dan banyak lainnya, menyediakan

Lebih terperinci

2.1. Prosedur operasional baku ini mencakup prosedur penggunaan layannan IPB

2.1. Prosedur operasional baku ini mencakup prosedur penggunaan layannan  IPB 1. TUJUAN 1.1. Menetapkan standard dan prosedur layanan email 1.2. Memberikan pedoman keamaan layanan email IPB 2. RUANG LINGKUP 2.1. Prosedur operasional baku ini mencakup prosedur penggunaan layannan

Lebih terperinci

CARA PENDAFTARAN ACOUNT DI

CARA PENDAFTARAN ACOUNT  DI CARA PENDAFTARAN ACOUNT EMAIL DI WWW.GMAIL.COM Internet Explorer adalah salah satu software web browser yang sangat terkenal dan banyak digunakan. Untuk menjalankan Internet Explorer tidak berbeda dengan

Lebih terperinci

Teknik-teknik Kriptografi untuk Menangkal Praktek Phishing

Teknik-teknik Kriptografi untuk Menangkal Praktek Phishing Teknik-teknik Kriptografi untuk Menangkal Praktek Phishing Imam Habibi, Keeghi Renandy, Yohanes Seandy Sunjoko Departemen Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung Jalan Ganesha 10 Bandung 40132 E-mail

Lebih terperinci

Waspadai Penipuan Bermodus Phishing. Apa itu phishing? Bagaimana phishing dilakukan?

Waspadai Penipuan Bermodus Phishing. Apa itu phishing? Bagaimana phishing dilakukan? Waspadai Penipuan Bermodus Phishing Hati-hati jika Anda akan mereply e-mail yang meminta informasi tentang rekening Anda, seperti User ID, PIN, nomor rekening/nomor kartu ATM, atau pemberitahuan untuk

Lebih terperinci

DAFTAR ISTILAH / SINGKATAN

DAFTAR ISTILAH / SINGKATAN DAFTAR ISTILAH / SINGKATAN CCTV : Closed Circuit Television adalah surveillance camera system / kamera pengawas, yang terdiri dari kamera dan system DVR (Digital Video Recording) untuk menampilkan dan

Lebih terperinci

Security. Tutun Juhana STEI ITB

Security. Tutun Juhana STEI ITB E-mail Security Tutun Juhana STEI ITB E-mail Risks Serangan terhadap e-mail berfokus pada : Pengiriman dan eksekusi malicious code (malcode) Basic e-mail hanya berupa teks ASCII yang tidak dapat langsung

Lebih terperinci

PANDUAN MENGGUNAKAN LUMAJANGKAB.GO.ID

PANDUAN MENGGUNAKAN  LUMAJANGKAB.GO.ID PANDUAN MENGGUNAKAN EMAIL LUMAJANGKAB.GO.ID Penggunaan Webmail Zimbra webmail adalah salah satu fasilitas yang diberikan oleh Zimbra untuk mengakses email. Selain menggunakan webmail, email Zimbra juga

Lebih terperinci

MANUAL BEL SEKOLAH OTOMATIS [BOIS]

MANUAL BEL SEKOLAH OTOMATIS [BOIS] MANUAL PENGGUNAAN BEL SEKOLAH OTOMATIS (BOIS) 1. Proses pendaftaran a. Buka halaman web http://belotomatis.web.id dan klik tombol Registrasi sehingga akan terbuka http://belotomatis.web.id/registrasi b.

Lebih terperinci

Dokumen ini menerangkan cara penggunaan dan fitur-fitur yang terdapat pada system registrasi koperasi online ini.

Dokumen ini menerangkan cara penggunaan dan fitur-fitur yang terdapat pada system registrasi koperasi online ini. PROSES REGISTRASI ULANG KOPERASI Untuk mempermudah proses registrasi ulang koperasi-koperasi di seluruh Indonesia, Sistem Elektronik Administrasi dan Layanan Badan Hukum Koperasi (SALBH-KOP) menyediakan

Lebih terperinci

IP Address. Dedi Hermanto

IP Address. Dedi Hermanto IP Address Dedi Hermanto TCP/IP Sekumpulan protokol yang terdapat di dalam jaringan komputer (network) yang digunakan untuk berkomunikasi atau berhubungan antar komputer. TCP/IP merupakan protokol standar

Lebih terperinci

Mohammad Jeprie

Mohammad Jeprie Integrasi email gratis yahoo.com dan Outlook 2007 Mohammad Jeprie mjeprie@gmail.com Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk

Lebih terperinci

TUGAS PENGELOLAAN INSTALASI KOMPUTER

TUGAS PENGELOLAAN INSTALASI KOMPUTER TUGAS PENGELOLAAN INSTALASI KOMPUTER Disusun Oleh Nama : Yose Frenza Nim : 09070303015 Program Studi : Teknik Komputer Dosen Pembimbing : Deris Setiawan.M.T. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya

Lebih terperinci

Materi Sim Dig KD 3.2 Menerapkan Komunikasi Daring (1. Melaksanakan Komunikasi Daring Asinkron)

Materi Sim Dig KD 3.2 Menerapkan Komunikasi Daring (1. Melaksanakan Komunikasi Daring Asinkron) Materi Sim Dig KD 3.2 Menerapkan Komunikasi Daring (1. Melaksanakan Komunikasi Daring Asinkron) A. Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti pembelajaran, siswa mampu untuk : menjelaskan bentuk komunikasi

Lebih terperinci

Membangun Aplikasi Layanan Pengiriman to SMS dan. SMS to berbasis SMS Gateway TUGAS AKHIR. Disusun Oleh : SYAIFUL ALAM NPM.

Membangun Aplikasi Layanan Pengiriman  to SMS dan. SMS to  berbasis SMS Gateway TUGAS AKHIR. Disusun Oleh : SYAIFUL ALAM NPM. Membangun Aplikasi Layanan Pengiriman E-mail to SMS dan SMS to E-mail berbasis SMS Gateway TUGAS AKHIR Disusun Oleh : SYAIFUL ALAM NPM. 0534010137 JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI

Lebih terperinci

A. Menambahkan akun UB di perangkat ios Menggunakan IMAP atau POP3

A. Menambahkan akun  UB di perangkat ios Menggunakan IMAP atau POP3 POP3 vs IMAP Ketika Anda menggunakan aplikasi mail client (Thunderbird/Outlook/aplikasi email di perangkat ponsel/aplikasi lain) untuk menjalankan email, maka Anda dapat memilih untuk melakukan pengaturan

Lebih terperinci

Management Server. Aditya Mahendra Saputra KA34

Management Server. Aditya Mahendra Saputra KA34 Management Server Aditya Mahendra Saputra 10110199 4KA34 Server Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor

Lebih terperinci

Mohammad Jeprie

Mohammad Jeprie Integrasi Gmail dan Outlook 2007 Mohammad Jeprie mjeprie@gmail.com Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial

Lebih terperinci

Praktikum POSTFIX MAIL SERVER

Praktikum POSTFIX MAIL SERVER Praktikum POSTFIX MAIL SERVER I. Tujuan Praktikan diharapkan mampu memahami cara kerja dari sebuah mail server, serta mampu melakukan instalasi, konfigurasi pada sebuah mail server. II. Keperluan a. Komputer

Lebih terperinci

Sebelumnya dibahas mengenai settting outlook express 2003 disini. lalu bagaimana Setting Outlook 2013?, berikut tutorialnya:

Sebelumnya dibahas mengenai settting outlook express 2003 disini. lalu bagaimana Setting Outlook 2013?, berikut tutorialnya: Setting Outlook 2013 Sebelumnya dibahas mengenai settting outlook express 2003 disini lalu bagaimana Setting Outlook 2013?, berikut tutorialnya: 1. Buka program Outlook 2013 2. Masuk ke menu Add accounts

Lebih terperinci

Membuat Server pada Windows 2003 Server

Membuat  Server pada Windows 2003 Server Membuat E-Mail Server pada Windows 2003 Server Dede Kurniadi E-Mail : teknisoftgarut@yahoo.com dede.kurniadi@gmail.com Weblog : http://dedekurniadi.web.id Website : http://www.teknisoft.net Lisensi Dokumen:

Lebih terperinci

KEAMANAN . Subianto AMIK JTC SEMARANG

KEAMANAN  . Subianto AMIK JTC SEMARANG KEAMANAN EMAIL Subianto AMIK JTC SEMARANG Pendahuluan Email merupakan aplikasi yang paling utama di jaringan Internet. Hampir setiap orang yang menggunakan Internet memiliki alamat email. Saat ini akan

Lebih terperinci

Petunjuk Teknis Aplikasi E-Licensing Perbankan bagi User External

Petunjuk Teknis Aplikasi E-Licensing Perbankan bagi User External Petunjuk Teknis Aplikasi E-Licensing Perbankan bagi User External OTORITAS JASA KEUANGAN (OJK) 2015 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 1 PENDAHULUAN... 2 TEKNOLOGI PENDUKUNG... 3 TOMBOL, NOTASI DAN FUNGSI PADA APLIKASI

Lebih terperinci

Frequently Asked Question (FAQ)

Frequently Asked Question (FAQ) Frequently Asked Question (FAQ) Bidang Teknologi Informasi Sistem Informasi Penerimaan OJK (SIPO) Glossary 1. SIPO SIPO atau Sistem Informasi Penerimaan OJK adalah sistem informasi / aplikasi berbasis

Lebih terperinci

BAB XI TEKNOLOGI PERBANKAN

BAB XI TEKNOLOGI PERBANKAN BAB XI TEKNOLOGI PERBANKAN A. Indikator Teknologi Sistem Informasi Perbankan Indikator teknologi sistem informasi perbankan yaitu: 1. Platform perangkat computer (main frame, minicomputer, PC LAN) 2. Media

Lebih terperinci

Petunjuk Pengisian Layanan Paspor Online Versi 2.9

Petunjuk Pengisian Layanan Paspor Online Versi 2.9 Petunjuk Pengisian Layanan Paspor Online Versi 2.9 1. Bagaimana cara membuat pra permohonan paspor 24 Halaman? Pra Permohonan paspor 24 Halaman sudah tidak dapat dilakukan melalui Aplikasi Pra Permohonan

Lebih terperinci

TUGAS JARINGAN KOMPUTER

TUGAS JARINGAN KOMPUTER TUGAS JARINGAN KOMPUTER Visualisasi Layanan Yang Berjalan Pada Protokol UDP Dan TCP Nama : Alfiansyah Nim : 09011281520131 SISTEM KOMPUTER FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERISTAS SRIWIJAYA 2017/2018 1. Layanan

Lebih terperinci

Bagaimanakah cara untuk mengetahui apakah aplikasi -client sudah terinstal atau belum pada mesin Linux?

Bagaimanakah cara untuk mengetahui apakah aplikasi  -client sudah terinstal atau belum pada mesin Linux? MENGOPERASIKAN PIRANTI LUNAK EMAIL KLIEN E-MAIL Bagaimanakah cara untuk mengetahui apakah aplikasi email-client sudah terinstal atau belum pada mesin Linux? dengan mengklik start menu kemudian melihat

Lebih terperinci

Sejak awal perkembangan budaya manusia, berkirim

Sejak awal perkembangan budaya manusia, berkirim BAB E-MAIL 7 Sejak awal perkembangan budaya manusia, berkirim berita, berkirim surat merupakan sebuah budaya yang telah mendarah daging pada manusia. Surat memungkinkan komunikasi tertulis yang membutuhkan

Lebih terperinci

M. Choirul Amri

M. Choirul Amri Kuliah Umum IlmuKomputer.Com Mengelola Mail Server dengan MDaemon M. Choirul Amri choirul@bsmdaemon.com Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan

Lebih terperinci

Hubungan Aplikasi dan Transport

Hubungan Aplikasi dan Transport Application Layer Pendahuluan Berurusan dengan program komputer yang digunakan oleh user. Program komputer yang berhubungan hanya program yang melakukan akses jaringan, bukan program standalone Contoh:

Lebih terperinci

Nama Penulis.

Nama Penulis. Protokol E-mail Nama Penulis inungf@ymail.com http://inungandthenotes.blogspot.com Lisensi Dokumen: Copyright 2003-20013 IlmuKomputer.Com Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi

Lebih terperinci