MENGINSTAL BACKTRACK DI VIRTUALBOX WIN7

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "MENGINSTAL BACKTRACK DI VIRTUALBOX WIN7"

Transkripsi

1 MENGINSTAL BACKTRACK DI VIRTUALBOX WIN7 Kadangkala, ada suatu program tertentu yang ingin kita jalankan namun terkendala dengan kompatibiltas Operating System (OS). Misalnya ada aplikasi yang kita tahu dulu bisa berjalan di WinXP tapi kini setelah dicoba lagi di Win7 tidak bisa dibuka (crash). Atau bahkan bisa juga ada aplikasi khusus yang kita butuhkan untuk pekerjaan, namun teryata aplikasi tersebut hanya bisa berjalan di Windows sementara komputer kita berbasis Linux. Tentu saja, kita bisa menggunakan sistem Dual Booting untuk menanam dua OS dalam satu komputer. Tapi kadang cara ini kurang praktis karena banyak yang harus dipersiapkan seperti misalnya mengatur partisi, mengatur file, dll. Selain itu apabila suatu saat kita sudah tidak membutuhkan lagi OS yang kedua, maka proses uninstall-nya tidak mudah. Yang sering terjadi akhirnya malah format ulang, dan itu berarti atur partisi dan file lagi. Berikut langkah-langkah menginstall Backtrack di VirtualBox yang dijalankan pada Windows 7 Pertama download dulu installer-nya VirtualBox. Pilih sesuai dengan tipe OS yang Anda gunakan. Karena OS- Hostsnya Windows 7, maka pilih VirtualBox for Windows hosts

2 Setelah itu jalankan file installer-nya VirtualBox. Klik Next> pada saat VirtualBox Setup Wizard muncul. Selanjutnya Anda bisa memilih lokasi instalasinya. Klik Next> untuk melanjutkan.

3 Pilih di mana saja Anda ingin shortcut dibuat, lalu klik Next>. Biasanya akan muncul peringatan bahwa koneksi ke jaringan akan diputus sementara pada selama proses instalasi. Klik saja Next>.

4 Klik Install untuk memulai proses instalasi. Jika UAC muncul, klik saja Yes. Sampai disini Anda sudah berhasil meng-install VirtualBox. Klik Finish untuk menjalankan program VirtualBox.

5 SETUP VIRTUAL MACHINE & GUEST OS Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuat virtual machine-nya. Klik New di VirtualBox Manager untuk memulai. Anda akan disambut oleh New Virtual Machine Wizard. Klik Next untuk melanjutkan.

6 Di sini Anda akan memilih jenis OS apa yang akan Anda install sebagai Guest OS. Isi Kolom Name dengan Nama OS, pilih Type OS. Klik Next jika sudah selesai memilih jenis OS. Anda bisa menentukan berapa besar memory (RAM) untuk virtual machine ini nantinya. Geser slider ke angka yang inginkan, lalu klik Next.

7 Untuk pertama kali, pastikan Anda men-centang/contreng Start-up Disk dan juga memilih Create new hard disk, seperti ilustrasi di bawah ini. Jika sudah, klik Next. Selanjutnya Anda akan masuk ke Create New Virtual Disk Wizard, pilih VDI pada File Type. Klik Next untuk melanjutkan.

8 Anda bisa memilih apakah ukuran virtual disk storage ini nantinya besarnya bisa berubah atau selalu tetap. Untuk penghematan sebaiknya Anda memilih yang Dynamically Allocate. Klik Next jika sudah memilih. Di sini Anda bisa memilih lokasi dimana virtual disk storage ini akan dibuat, sekaligus juga menentukan ukuran maksimal hard disk (hard disk maximum size). VirtualBox secara default menyarankan ukuran sebesar 8 G. Namun Anda juga bisa men-set lebih kecil selama Anda yakin bahwa ukuran tersebut sudah cukup untuk kebutuhan Anda nantinya. Klik Next.

9 Ini adalah Summary dari proses Create New Virtual Disk Wizard. Klik Create. Ini adalah Summary dari proses pembuatan New Virtual Machine. Klik Create.

10 Terlihat bahwa Anda sudah mempunyai satu virtual machine bernama Backtrack, walaupun isinya masih kosong. Nah tugas selanjutnya adalah mengisi virtual machine ini dengan Guest OS. Dobel-klik pada entry Backtrack tersebut untuk memulai. Anda akan disambut oleh First Run Wizard. Klik saja Next.

11 Di sini Anda akan memilih media yang akan Anda gunakan sebagai sumber instalasi. Cari Folder tempat Backtrack.exe disimpan. Jika sudah, klik Next. Jika belum tersedia maka Ini adalah Summary dari First Run Wizard. Ada baiknya disini Anda sudah menyiapkan installer-nya ke Drive yang Anda pilih sebelumnya. Klik mulai untuk memulai proses instalasi.

12 Setelah berhasil booting dari media optik atau USB, diamkan sejenak agar komputer menjalankan BackTrack secara Live CD, hingga muncul tampilan konsol seperti gambar dibawah! Lalu ketikkan command "startx" Setelah muncul tampilan seperti gambar dibawah, pilihlah menu "Backtrack Text - Default Boot Text Mode " (seperti gambar di atas).

13 Selanjutnya akan tampil seperti ini, pilih jenis bahasa instalasi yang akan digunakan. jika sudah, klik tombol forward Kemudian pilih lokasi Anda, jika sudah klik tombol Forward.

14 Pilih jenis layout keyboard Anda. Klo buat kita sih disarankan milih model yang USA. Anda juga dapat melakukan ujicoba apakah papan keyboard Anda sudah memberikan hasil input yang tepat pada field kosong di bawah. Jika sudah yakin dengan pilihan layout keyboard Anda, silahkan klik tombol Forward untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya. Tahap ini adalah penentuan di partisi mana kita akan melakukan instalasi BackTrack di PC kita. Pilih "Specify partitions manually (advanced)" untuk melakukan pemilihan partisi yang akan diinstal BackTrack. Lalu klik tombol Forward sehingga muncul tampilan seperti ini:

15 Dari gambar di atas terlihat saat ini saya memiliki sebuah partisi kosong dengan ukuran 12 giga dan terformat FAT32. Karena saya hanya mempunyai size hardisk 12 giga, saya berencana akan membagi menjadi 2 bagian, yaitu 10 giga untuk lokasi data2 OS BackTrack, dan sisanya 2 giga untuk SWAP. Kemudian pilih partisi tersebut (/dev/sda1/) lalu klik tombol Change sehingga muncul tampilan berikut: Saya isi field-field yang tersedia seperti pada gambar di atas. Mungkin ada yang bertanya, bagian Mount Point kok diisi karakter "/", jawabannya karena partisi tersebut akan kita jadikan sebagai root atau media penyimpanan file sistem dari Linux. Setelah selesai, klik tombol "Ok". Maka akan muncul tampilan seperti berikut : dari gambar di atas, terlihat bahwa kita sudah berhasil menciptakan partisi baru dengan format ext4 dan memiliki size sekitar 10giga, namun ternyata masih ada free space sebesar 2884 MB. nah free space inilah yang akan saya jadikan SWAP. Ada yang bilang ukuran partisi untuk SWAP agar Linux dapat bekerja secara optimal adalah 2x ukuran RAM komputer kita. Pilih free space tersebut, lalu klik tombol "add"

16 Kemudian muncul tampilan seperti berikut: Lalu saya mengisi form yang tersedia seperti gambar di atas, dan klik tombol "Ok" jika sudah selesai. maka akan mucul tampilan sebagai berikut: Terlihat bahwa kita sudah memiliki 2 buah partisi baru dengan ektensi ext4 dan swap. Klik tombol "Forward" untuk melanjutkan tahap terakhir. Klik tombol "Install" untuk melakukan proses instalasi. silahkan tunggu beberapa menit.

17 Maka akan muncul Loading (Installing system) pada tampilan berikutnya. Tunggu sampai proses instalasi selesai Setelah muncul pesan dialog (installasion complate). Lalu klik Restart Now, untuk mengakhiri proses instalasi dan untuk nenuju jendela berikutnya. Ketika sudah muncul tampilan seperti di atas, lepas media installasi (DVD/FlashDisk) dari PC/laptop anda, dan click Enter. Jika proses instalasi sudah selesai, restart kompi Anda. Jangan lupa atur ulang kompi Anda agar booting dari hardisk. Kemudian login OS BackTrack dengan user default "root" dan password "toor"

Instalasi BackTrack. 2. Siapkan CD atau USB installer BackTrack dan atur komputer Anda agar dapat melakukan booting dari CD atau USB.

Instalasi BackTrack. 2. Siapkan CD atau USB installer BackTrack dan atur komputer Anda agar dapat melakukan booting dari CD atau USB. Instalasi BackTrack Proses instalasi BackTrack cukup mudah, hampir sama dengan instalasi OS Linux lainnya. Yang harus diperhatikan, bahwa jenis format harddisk untuk Linux berbeda dengan Windows. Kalau

Lebih terperinci

Panduan Installasi Linux GnackTrack 10.04

Panduan Installasi Linux GnackTrack 10.04 Panduan Installasi Linux GnackTrack 10.04 Linux GnackTrack merupakan Linux BackTrack yang menggunakan base system Linux Ubuntu (Distro Turunan). Linux GnackTrack bisa disebut juga Linux BackTrack versi

Lebih terperinci

Sebelum melakukan instalasi Linux Ubuntu, kita lakukan instalasi VM VirtualBox dahulu. Berikut langkah langkahnya :

Sebelum melakukan instalasi Linux Ubuntu, kita lakukan instalasi VM VirtualBox dahulu. Berikut langkah langkahnya : Instalasi Linux Ubuntu pada VM VirtualBox Insani Ning Arum insani_arum@yahoo.com http://insani-arum.blogspot.com Lisensi Dokumen: Copyright 2003-2007 IlmuKomputer.Com Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com

Lebih terperinci

Masukkan CD/DVD yang sudah diburn dengan ubuntu lalu lakukan booting sampai keluar tampilan pada slide dibawah ini.

Masukkan CD/DVD yang sudah diburn dengan ubuntu lalu lakukan booting sampai keluar tampilan pada slide dibawah ini. INSTALASI LINUX Langkah langkah Instalasi Booting Live CD/DVD Masukkan CD/DVD yang sudah diburn dengan ubuntu lalu lakukan booting sampai keluar tampilan pada slide dibawah ini. Welcome Dalam tampilan

Lebih terperinci

Cara Menginstal Ubuntu dan Windows 7 dalam Satu Komputer - Dual Boot Mode

Cara Menginstal Ubuntu dan Windows 7 dalam Satu Komputer - Dual Boot Mode Cara Menginstal Ubuntu dan Windows 7 dalam Satu Komputer - Dual Boot Mode Tugas Oleh : Kania Khairunnisa 12/331233/PA/14519 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada 2012 PENDAHULUAN

Lebih terperinci

INSTALASI SlemanOS 2.01. Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman repo.slemankab.go.id

INSTALASI SlemanOS 2.01. Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman repo.slemankab.go.id INSTALASI SlemanOS 2.01 Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman Langkah yang harus dilakukan untuk melakukan pemasangan atau instalasi distro SlemanOS-2.01 adalah sebagai berikut : 1. Masukkan DVD instalasi

Lebih terperinci

Panduan Installasi Linux Ubuntu Desktop LTS (Lucid Lynx)

Panduan Installasi Linux Ubuntu Desktop LTS (Lucid Lynx) Panduan Installasi Linux Ubuntu Desktop 10.04.3 LTS (Lucid Lynx) Pada tanggal 29 April 2010, tim Ubuntu telah merilis versi terbaru dari distronya, yakni Ubuntu 10.04 LTS dengan nama kode Lucid Lynx. Sistem

Lebih terperinci

TUTORIAL PENGGUNAAN VIRTUAL BOX & VMWARE

TUTORIAL PENGGUNAAN VIRTUAL BOX & VMWARE TUTORIAL PENGGUNAAN VIRTUAL BOX & VMWARE Tulisan ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Praktikum Organisasi & Arsitektur Komputer Mohammad Rizky Alimansyah 3411141040 JURUSAN INFORMATIKA FAKULTAS

Lebih terperinci

Insani Ning Arum insani_arum@yahoo.com http://insani-arum.blogspot.com

Insani Ning Arum insani_arum@yahoo.com http://insani-arum.blogspot.com Instalasi Windows XP pada VM VirtualBox Insani Ning Arum insani_arum@yahoo.com http://insani-arum.blogspot.com Lisensi Dokumen: Copyright 2003-2007 IlmuKomputer.Com Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com

Lebih terperinci

Instalasi System Operasi Linux Ubuntu

Instalasi System Operasi Linux Ubuntu Instalasi System Operasi Linux Ubuntu 1. Masuk BIOS dengan menekan tombol Delete / F2 sesuai dengan jenis BIOS anda 2. Pastikan Harddisk dan CD-ROM sudah terdeteksi 3. Rubah urutan booting yang pertama

Lebih terperinci

4. Custom Setup. Klik Next. epentengker Page 1. kekeseen.wordpress.com

4. Custom Setup. Klik Next. epentengker Page 1. kekeseen.wordpress.com Virtual Box adalah software yang bisaa digunakan untuk melakukan ujicoba terhadap suatu Sistem Operasi sebelum akhirnya diinstall pada PC sesungguhnya. Dengan kata lain, Virtual Box adalah merupakan sebuah

Lebih terperinci

INSTALASI DAN PENGENALAN OS UBUNTU (LINUX) NAMA : ALFIAN STAMBUK : F KELAS : D

INSTALASI DAN PENGENALAN OS UBUNTU (LINUX) NAMA : ALFIAN STAMBUK : F KELAS : D INSTALASI DAN PENGENALAN OS UBUNTU (LINUX) NAMA : ALFIAN STAMBUK : F 551 13 136 KELAS : D PROGRAM STUDI S1 INFORMATIKA JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS TADULAKO 2013 1. Jelaskan cara membakar CD di Linux

Lebih terperinci

LAPORAN PRAKTEK SISTEM OPERASI JARINGAN KOMPUTER

LAPORAN PRAKTEK SISTEM OPERASI JARINGAN KOMPUTER LAPORAN PRAKTEK SISTEM OPERASI JARINGAN KOMPUTER JOB I Instalasi Sistem Operasi Windows Server 2008 Di susun oleh: Nama : Winda Rizky Putri NIM : 3.33.10.1.21 Kelas : TK 3B PROGRAM STUDI TEKNIK TELEKOMUNIKASI

Lebih terperinci

LAPORAN AWAL Perangkat Lunak Jaringan 1 NAMA : DIAN BAYU NIM : KELAS : C

LAPORAN AWAL Perangkat Lunak Jaringan 1 NAMA : DIAN BAYU NIM : KELAS : C LAPORAN AWAL Perangkat Lunak Jaringan 1 NAMA : DIAN BAYU NIM : 2008 31 080 KELAS : C TEKNIK INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI TEKNIK PLN JAKARTA 2011 Bab 1. Installasi Linux CentOS 5.3 1.1 Persiapan Sebelum instalasi

Lebih terperinci

Cara Menginstall Ubuntu Dekstop bit Lewat Virtualbox

Cara Menginstall Ubuntu Dekstop bit Lewat Virtualbox Cara Menginstall Ubuntu Dekstop 14.04 32bit Lewat Virtualbox Oleh : David Adi Nugroho, 9 September 2014 20:00 XI-TKJ2 SMKN 7 SEMARANG 1. Siapkan perlengkapan untuk penginstalan berupa komputer / laptop

Lebih terperinci

LANKAH INSTALLASI LINUX REDHAT 9

LANKAH INSTALLASI LINUX REDHAT 9 LANKAH INSTALLASI LINUX REDHAT 9 Persiapan Instalasi Beberapa hal yang patut anda catat sebelum memulai instalasi adalah : 1. siapkan PC yang memungkinkan untuk menginstal linux 2. siapkan CD instalasi

Lebih terperinci

MODUL TRAINING INSTALASI UBUNTU LUCID LYNX DISELENGGARAKAN OLEH : FKIP INTERNET CENTER AND OPEN SOURCE UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

MODUL TRAINING INSTALASI UBUNTU LUCID LYNX DISELENGGARAKAN OLEH : FKIP INTERNET CENTER AND OPEN SOURCE UNIVERSITAS SEBELAS MARET. MODUL TRAINING INSTALASI UBUNTU 10.04 LUCID LYNX DISELENGGARAKAN OLEH : FKIP INTERNET CENTER AND OPEN SOURCE UNIVERSITAS SEBELAS MARET Penulis : NUR FIRSTIAWAN Supported by : Pendahuluan Materi yang akan

Lebih terperinci

Tugas Pengantar Sistem Operasi Dual Booting pada Virtual Box

Tugas Pengantar Sistem Operasi Dual Booting pada Virtual Box Tugas Pengantar Sistem Operasi Dual Booting pada Virtual Box Nama: Wasis Witjaksono 5214100196 Kelas E INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SEMESTER 2 PENGENALAN DUAL BOOT DAN APLIKASI YANG DIGUNAKAN Dual

Lebih terperinci

JURNAL PRAKTIKUM SISTEM OPERASI 2012/2013. NAMA : Adysta Galang Iman A. S NIM : ASISTEN : Rahman Dattebayo KELAS : H2 BAB Ke- : 1

JURNAL PRAKTIKUM SISTEM OPERASI 2012/2013. NAMA : Adysta Galang Iman A. S NIM : ASISTEN : Rahman Dattebayo KELAS : H2 BAB Ke- : 1 JURNAL PRAKTIKUM SISTEM OPERASI 2012/2013 NAMA : Adysta Galang Iman A. S NIM : 12523254 ASISTEN : Rahman Dattebayo KELAS : H2 BAB Ke- : 1 BAB 1 Sistem Operasi GNU/Linux Berikut merupakan instalasi system

Lebih terperinci

LANGKAH LANGKAH INSTALASI LINUX REDHAT

LANGKAH LANGKAH INSTALASI LINUX REDHAT LANGKAH LANGKAH INSTALASI LINUX REDHAT Persiapan Instalasi Beberapa hal yang patut anda catat sebelum memulai instalasi adalah : 1. siapkan PC yang memungkinkan untuk menginstal linux 2. siapkan CD instalasi

Lebih terperinci

PROSES INSTALASI LINUX DISTRO UBUNTU 11.10

PROSES INSTALASI LINUX DISTRO UBUNTU 11.10 PROSES INSTALASI LINUX DISTRO UBUNTU 11.10 Sediakan CD/DVD drive linux distro ubuntu, kita akan mulai proses menginstal Ubuntu 11.10. Masukkan CD/DVD Ubuntu 11.10 desktop kedalam CD/DVD drive, reboot komputer

Lebih terperinci

[DUALBOOT MS. WINDOWS XP & GNU/LINUX DEBIAN CODENAME SQUEEZE] August 28, 2013 DUAL BOOT WINDOWS XP DENGAN DEBIAN 6

[DUALBOOT MS. WINDOWS XP & GNU/LINUX DEBIAN CODENAME SQUEEZE] August 28, 2013 DUAL BOOT WINDOWS XP DENGAN DEBIAN 6 DUAL BOOT WINDOWS XP DENGAN DEBIAN 6 A. Tujuan 1. Siswa mengenal media penyimpanan installasi baik berupa CD/DVD, flashdisk dan media penyimpanan yang lain. 2. Siswa mampu melakukan konfigurasi BIOS. 3.

Lebih terperinci

TUGAS AOK BAB OS. Jalankan aplikasi virtualbox terlebih dahulu.

TUGAS AOK BAB OS. Jalankan aplikasi virtualbox terlebih dahulu. TUGAS AOK BAB OS 1. Windows Server 2008 Windows Server 2008 adalah nama sistem operasi untuk server dari perusahaan Microsoft. Sistem server ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang disebut

Lebih terperinci

PANDUAN INSTALASI UBUNTU 8.04

PANDUAN INSTALASI UBUNTU 8.04 PANDUAN INSTALASI UBUNTU 8.04 Sebelum melakukan instalasi ubuntu 8.04, persiapan untuk komputer yaitu: a) Memory / RAM Lebih dari 256 MB b) Space Harddisk untuk ubuntu diatas 4 GB Langkah 1: Siapkan CD

Lebih terperinci

Menginstal Operating System Linux Ubuntu pada VM Virtual Box

Menginstal Operating System Linux Ubuntu pada VM Virtual Box Menginstal Operating System Linux Ubuntu pada VM Virtual Box 4.2.6. Devi Nurfillah devinurfillah@gmail.com Abstrak Linux adalah software sistem operasi open source yang gratis untuk disebarluaskan di bawah

Lebih terperinci

Tuturial Dual Boot Windows - Linux. Nama : Muhammad Fikry Hazmi NRP :

Tuturial Dual Boot Windows - Linux. Nama : Muhammad Fikry Hazmi NRP : Tuturial Dual Boot Windows - Linux Nama : Muhammad Fikry Hazmi NRP : 5214100143 i Daftar Isi 1. Vitual Box, Windows, Linux 1 2. Menginstall Windows pada Virtual Box... 1 3. Menginstall Linux dengan dual

Lebih terperinci

TUGAS PRAKTIKUM Ke-2 DOSEN PEMBIMBING ASISTEN LAB. 1. Langkah membuat bootable flashdisk Ubuntu menggunakan Aplikasi Rufus

TUGAS PRAKTIKUM Ke-2 DOSEN PEMBIMBING ASISTEN LAB. 1. Langkah membuat bootable flashdisk Ubuntu menggunakan Aplikasi Rufus NAMA : DAUD YUDISTIRA N.B.I : 461304194 KELAS : B7 PRAKTIKUM : DASKOM TUGAS PRAKTIKUM Ke-2 DOSEN PEMBIMBING ASISTEN LAB 1. Langkah membuat bootable flashdisk Ubuntu menggunakan Aplikasi Rufus 1. Colokkan

Lebih terperinci

Tutorial Dual Boot Windows 7 dan Linux Ubuntu Menggunakan VirtualBox

Tutorial Dual Boot Windows 7 dan Linux Ubuntu Menggunakan VirtualBox Tutorial Dual Boot Windows 7 dan Linux Ubuntu Menggunakan VirtualBox Oleh Nody Risky Pratomo 5214100166 Sistem Informasi FTIF INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER DESKRIPSI SECARA UMUM Pada laporan ini,

Lebih terperinci

SPESIFIKASI YANG DISARANKAN Processor Pentium 133 Pentium 166 RAM 128 MB 256 MB Harddisk 2 GB dengan space bebas minimal 1 GB SPESFIKASI MINIMUM

SPESIFIKASI YANG DISARANKAN Processor Pentium 133 Pentium 166 RAM 128 MB 256 MB Harddisk 2 GB dengan space bebas minimal 1 GB SPESFIKASI MINIMUM 1 Instalasi merupakan langkah awal yang harus Anda pahami sebelum menggunakan Windows 2000 Server dalam jaringan. Kesempurnaan proses instalasi akan sangat mempengaruhi kinerja mesin server. Pemahaman

Lebih terperinci

Reza Lutfi Ananda

Reza Lutfi Ananda Install Proxmox VE di VM VirtualBox Reza Lutfi Ananda reza_lutfi19@yahoo.co.id http://erela19.blogspot.com Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan

Lebih terperinci

Modul 1 INSTALL DEBIAN 6 (SQUEEZE) MODE TEXT (CLI) PADA VIRTUALBOX

Modul 1 INSTALL DEBIAN 6 (SQUEEZE) MODE TEXT (CLI) PADA VIRTUALBOX Modul 1 INSTALL DEBIAN 6 (SQUEEZE) MODE TEXT (CLI) PADA VIRTUALBOX Pada kali ini kita akan membahas cara menginstall Debian 6 berbasis Text atau CLI (Command Line Interface) pada VirtualBox. Jika anda

Lebih terperinci

LANGKAH LANGKAH INSTALASI LINUX REDHAT

LANGKAH LANGKAH INSTALASI LINUX REDHAT LANGKAH LANGKAH INSTALASI LINUX REDHAT Persiapan Instalasi Beberapa hal yang patut anda catat sebelum memulai instalasi adalah : 1. siapkan PC yang memungkinkan untuk menginstal linux 2. siapkan CD instalasi

Lebih terperinci

LAPORAN PRAKTIKUM INSTALASI JARINGAN KOMPUTER INSTALASI LINUX

LAPORAN PRAKTIKUM INSTALASI JARINGAN KOMPUTER INSTALASI LINUX LAPORAN PRAKTIKUM INSTALASI JARINGAN KOMPUTER TENTANG INSTALASI LINUX Oleh : EMYLISA PARIZ 2007/91725 PRODI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2009 LAPORAN PRAKTIKUM

Lebih terperinci

E-Book. 1 Panduan Installasi Xenta OS Arok Arok Cinnamon

E-Book. 1 Panduan Installasi Xenta OS Arok Arok Cinnamon E-Book Panduan Installasi Xenta OS 1.3.1 Arok Cinnamon 1 Panduan Installasi Xenta OS Arok 1.3.1 Dindin Hernawan Copyright 2017 This E-Book Licenced by CC BY SA 4.0 Versi 0.0.3

Lebih terperinci

INSTALASI LINUX SuSE 9.1

INSTALASI LINUX SuSE 9.1 INSTALASI LINUX SuSE 9.1 Dalam Instalasi server ini penulis menggunakan Operating System Linux S.u.S.E versi 9.1. Semua instalasi yang dilakukan disini melalui media CD-ROM bukan dari Floppy Disk. Persiapan

Lebih terperinci

PROSES INSTALASI WINDOWS 7 DI VIRTUAL BOX

PROSES INSTALASI WINDOWS 7 DI VIRTUAL BOX PROSES INSTALASI WINDOWS 7 DI VIRTUAL BOX Pertama-tama setelah membuka/menjalankan aplikasi VirtuaBox, tahap merencanakan software system operasi yang akan diinstall. (1) klik New (seperti yang ditunjukkan

Lebih terperinci

SMK NEGERI 1 TAPIN SELATAN. Worksheet. Instalasi Windows Server 2008 JL. SRAGEN SAWANG KEC. TAPIN SELATAN, KAB. TAPIN KALIMANTAN SELATAN, 71181

SMK NEGERI 1 TAPIN SELATAN. Worksheet. Instalasi Windows Server 2008 JL. SRAGEN SAWANG KEC. TAPIN SELATAN, KAB. TAPIN KALIMANTAN SELATAN, 71181 I Worksheet Instalasi Windows Server 2008 2014 JL. SRAGEN SAWANG KEC. TAPIN SELATAN, KAB. TAPIN KALIMANTAN SELATAN, 71181 TUJUAN 1. Siswa mampu melaksanakan instalasi windows server 2008 ALAT DAN BAHAN

Lebih terperinci

MODUL 2 INSTALLASI DAN PENGENALAN OS UBUNTU (LINUX)

MODUL 2 INSTALLASI DAN PENGENALAN OS UBUNTU (LINUX) MODUL 2 INSTALLASI DAN PENGENALAN OS UBUNTU (LINUX) I. TUJUAN 1. Praktikan dapat melakukan instalasi operating system (OS) Linux. 2. Praktikan dapat mengetahui bagaimana caranya mempartisi harddisk dan

Lebih terperinci

CentOS Linux Installation for Dummies

CentOS Linux Installation for Dummies CentOS Linux Installation for Dummies Tedy Tirtawidjaja 13 Oktober 2007 Artikel ini mencontohkan bagaimana cara menginstal CentOS Linux. 2 Pengenalan Linux Linux(lebih tepat disebut GNU/LINUX) adalah sebuah

Lebih terperinci

VIRTUALISASI MIKROTIK ROUTEROS MENGGUNAKAN VIRTUALBOX

VIRTUALISASI MIKROTIK ROUTEROS MENGGUNAKAN VIRTUALBOX VIRTUALISASI MIKROTIK ROUTEROS MENGGUNAKAN VIRTUALBOX VirtualBox merupakan aplikasi virtualisasi yang bersifat cross-platform. Melalui virtualisasi dijalankan beberapa sistem operasi secara bersamaan (Sumber:

Lebih terperinci

Cara Install Mikrotik pada VirtualBox

Cara Install Mikrotik pada VirtualBox Cara Install Mikrotik pada VirtualBox maulida.arta@gmail.com http://artamaulida.worpress.com Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas

Lebih terperinci

PERCOBAAN 1 INSTALASI Tujuan: Membuat. Windows 7. Software installer: seperti gambar 1.

PERCOBAAN 1 INSTALASI Tujuan: Membuat. Windows 7. Software installer: seperti gambar 1. PERCOBAAN 1 INSTALASI NS2 PADAA UBUNTU 10.04 MENGGUNAKAN VIRTUAL BOX 1.1. Tujuan: Setelah melaksanakan praktikum ini mahasiswa diharapkan mampu: Melakukan instalasi paket NS2 pada lingkungan Linux Ubuntu

Lebih terperinci

Praktek Virtualisasi. Virtualiasi Guest yang Ringan 8 Mb RAM - 50 Mb Harddisk!!! 1.1 Persiapan & Konfigurasi

Praktek Virtualisasi. Virtualiasi Guest yang Ringan 8 Mb RAM - 50 Mb Harddisk!!! 1.1 Persiapan & Konfigurasi Praktek Virtualisasi Virtualiasi Guest yang Ringan 8 Mb RAM - 50 Mb Harddisk!!! Praktek virtualisasi pertama akan menggunakan sistem operasi yang sangat ringan hanya membutuhkan 8 Mb RAM, 50 Mb harddisk

Lebih terperinci

JURNAL PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER

JURNAL PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER JURNAL PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER 2012/ 2013 NAMA NIM ASISTEN KELAS BAB Ke- F. Akmal Subarkah :... 12523151 :.. :.. G1 :.. I :.. BAB I SISTEM OPERASI GNU / LINUX Assalamualaikum Wr. Wb. Pada tugas pertama

Lebih terperinci

Tutorial VirtualBox Oleh: Jon Kartago Lamida

Tutorial VirtualBox Oleh: Jon Kartago Lamida Tutorial VirtualBox Oleh: Jon Kartago Lamida jonkartagolamida@gmail.com http://www.sopwerenjiner.wordpress.com Dokumen ini bebas untuk diduplikasi, didistribusi, dimodifikasi dengan syarat mencantumkan

Lebih terperinci

Virtual PC dapat berjalan di Windows XP, Vista maupun Windows 7. Saya melakukan installasi pada Windows 7, 64 bit.

Virtual PC dapat berjalan di Windows XP, Vista maupun Windows 7. Saya melakukan installasi pada Windows 7, 64 bit. Power Pro Solution Technical Guide Installasi Microsoft Virtual PC Dokumen ini dimaksudkan untuk memberikan petunjuk bagaimana melakukan installasi Linux Ubuntu Server 9.10. Untuk mempermudah pelatihan,

Lebih terperinci

MODUL 1 PRAKTIKUM ADMINISTRASI JARINGAN. Pengenalan dan Instalasi Sistem Operasi Jaringan

MODUL 1 PRAKTIKUM ADMINISTRASI JARINGAN. Pengenalan dan Instalasi Sistem Operasi Jaringan MODUL 1 PRAKTIKUM ADMINISTRASI JARINGAN Pengenalan dan Instalasi Sistem Operasi Jaringan JURUSAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN PERSIAPAN AKADEMI KOMUNITAS SOLOK SELATAN PDD POLITEKNIK NEGERI PADANG 2014 Pengenalan

Lebih terperinci

TUTORIAL INSTALASI LINUX MINT DENGAN VIRTUALBOX

TUTORIAL INSTALASI LINUX MINT DENGAN VIRTUALBOX KELOMPOK 2 5 MUSTARI 201243500406 IRMA SOLIHAT 201243500246 Aziz RIYANTO 201243500342 RETNO SULISTYOWATI 201243500396 EKO WIDIATMOKO 201243500467 INDRA MAULANA 201243501464 TUTORIAL INSTALASI LINUX MINT

Lebih terperinci

Berikut adalah tutorial cara install windows 10 :

Berikut adalah tutorial cara install windows 10 : NB : Perlu kamu pastikan, segala kesalahan dalam proses instalasi bukan tanggung jawab kami. Silahkan baca kembali baik-baik tutorial ini. Jika kamu sudah mengikuti langkah-langkah ini dengan benar, pastinya

Lebih terperinci

A. Tujuan. B. Alat dan Bahan 1. Komputer multimedia. 2. Software Sistem Operasi Linux Ubuntu.

A. Tujuan. B. Alat dan Bahan 1. Komputer multimedia. 2. Software Sistem Operasi Linux Ubuntu. A. Tujuan 1. Dengan mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memahami fungsi dan peranan sistem operasi pada komputer. 2. Mahasiswa diharapkan mampu melakukan Partisi dan Format harddisk pada sistem

Lebih terperinci

VirtualBox adalah aplikasi virtualisasi untuk komputer x86 atau x64 Berfungsi sebagai aplikasi virtual machine pengganti fisik dari PC

VirtualBox adalah aplikasi virtualisasi untuk komputer x86 atau x64 Berfungsi sebagai aplikasi virtual machine pengganti fisik dari PC Victor Tengker VirtualBox adalah aplikasi virtualisasi untuk komputer x86 atau x64 Berfungsi sebagai aplikasi virtual machine pengganti fisik dari PC 2 Spesifikasi PC Host untuk menjalankan VirtualBox

Lebih terperinci

Berikut adalah tutorial cara install windows 10 :

Berikut adalah tutorial cara install windows 10 : Pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit bercerita bagaimana sih cara install windows 10? Baru saja Windows 10 Final dirilis, semua sudah sangat penasaran dan tertarik untuk mencobanya. Gampang banget

Lebih terperinci

LAPORAN PRAKTEK SISTEM OPERASI JARINGAN KOMPUTER

LAPORAN PRAKTEK SISTEM OPERASI JARINGAN KOMPUTER LAPORAN PRAKTEK SISTEM OPERASI JARINGAN KOMPUTER JOB I Instalasi Sistem Operasi Windows Server 2008 Di susun oleh: Nama : Gurandi Imam A.B NIM : 3.33.13.1.12 Kelas : TK 3B PROGRAM STUDI TEKNIK TELEKOMUNIKASI

Lebih terperinci

http://davidnakoko.wordpress.com Step by Step Instalasi Dual Operating Sistem (OS) Microsoft Windows XP Profesional & Ubuntu 8.04 Dalam Satu Hardisk e mail:davidnakoko@gmail.com Part 2 Partitioning Part

Lebih terperinci

Pilih Local CDROM karena proses instalasi a. Seting boot Priority yang pertama adalah CD/DVD Room pada BIOS

Pilih Local CDROM karena proses instalasi a. Seting boot Priority yang pertama adalah CD/DVD Room pada BIOS I. Tahapan Install ClearOS Pilih Local CDROM karena proses instalasi a. Seting boot Priority yang pertama adalah CD/DVD Room pada BIOS menggunakan CD Drive. h. Memilih tipe instalasi b. Masukkan CD Installer

Lebih terperinci

d. Pilih partisi atau hard disk untuk menginstall windows Xp. setelah itu tekan enter untuk melanjutkan, tekan tombol C untuk membuat partisi baru

d. Pilih partisi atau hard disk untuk menginstall windows Xp. setelah itu tekan enter untuk melanjutkan, tekan tombol C untuk membuat partisi baru 1. Tuliskan langkah langkah install windows xp Jawaban: a. Masukkan DVD instalasi windows XP ke DVD-ROM Drive atau masukkan USB Flash Drive ke USB Port. Ketika sistem menyala lihat pesan Press any key

Lebih terperinci

Pertama, Anda perlu booting komputer Anda menggunakan media instalasi Windows 8 berupa CD atau DVD

Pertama, Anda perlu booting komputer Anda menggunakan media instalasi Windows 8 berupa CD atau DVD Langkah langkah Cara menginstall windows 8 Pertama, Anda perlu booting komputer Anda menggunakan media instalasi Windows 8 berupa CD atau DVD Windows 8 membutuhkan waktu beberapa saat untuk memuat file

Lebih terperinci

Septina Budi Kurniawati

Septina Budi Kurniawati Install Windows8 on VirtualBox 4.2.6 Septina Budi Kurniawati septinabeqa@gmail.com http://septinabeqa.blogspot.com Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan

Lebih terperinci

BAB III PEMBAHASAN. 3.1 Pembuatan Perancangan Sistem Jaringan Komputer

BAB III PEMBAHASAN. 3.1 Pembuatan Perancangan Sistem Jaringan Komputer BAB III PEMBAHASAN 3.1 Pembuatan Perancangan Sistem Jaringan Komputer Berikut adalah perancangan kriteria yang diperlukan untuk membuat jaringan pada STMIK BIDAKARA. A. Pada Ruang STAFF INTERNET Modem

Lebih terperinci

Budi Permana, S.Kom Pendahuluan

Budi Permana, S.Kom Pendahuluan Tutorial Menginstall Linux Garuda One Di VirtualBox Budi Permana, S.Kom nobiasta@gmail.com Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Org dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas

Lebih terperinci

MODUL INSTALasi WINDOWS XP

MODUL INSTALasi WINDOWS XP MODUL INSTALasi WINDOWS XP Disusun oleh: Riswanto FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA 2008 dari 26 2 A.RANCANG BANGUN MICROSOFT WINDOWS XP PROFESSIONAL Sistem

Lebih terperinci

INSTALASI SLACKWARE 14.1

INSTALASI SLACKWARE 14.1 1 INSTALASI SLACKWARE 14.1 Hallo Friends, lama gak nulis disini nih :), oke kali ini gua bakalan ngasih sedikit instruksi/panduan dalam instalasi slackware di komputer/laptop kalian. Gak jauh berbeda dari

Lebih terperinci

Budi Dwi O.

Budi Dwi O. Android di PC Menggunakan VirtualBox Budi Dwi O. budi436@gmail.com Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial

Lebih terperinci

Sebelum kita mempelajari tentang perintah perintah dasar MikrotikOS, kita lakukan instalasi MikrotikOS terlebih dahulu, berikut langkah langkahnya :

Sebelum kita mempelajari tentang perintah perintah dasar MikrotikOS, kita lakukan instalasi MikrotikOS terlebih dahulu, berikut langkah langkahnya : Belajar Perintah Dasar MikrotikOS di VirtualBox Dengan menggunakan sebuah virtual machine, kita dapat menginstal suatu sistem operasi secara virtual. Sehingga kita tidak perlu menyiapkan hardware yang

Lebih terperinci

MODUL PRAKTIKUM DASAR KOMPUTER

MODUL PRAKTIKUM DASAR KOMPUTER MODUL PRAKTIKUM DASAR KOMPUTER DOSEN PENGAMPU Agus Priyanto, S.Kom., M.Kom Dwi Januarita Ardianing Kusuma, ST LABORATORIUM KOMPUTER ST3 TELKOM PURWOKERTO JL. DI. PANJAITAN 128 PURWOKERTO 2015 1 MODUL I

Lebih terperinci

Ghandie Kurnia Widi Lisensi Dokumen:

Ghandie Kurnia Widi  Lisensi Dokumen: Instalasi Linux Debian pada Virtual Machine (Mode GUI) Ghandie Kurnia Widi gandie.kw@gmail.com http://frekuensiinspirasi.blogspot.com Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan,

Lebih terperinci

Cara Menginstall Operating System Windows 8 Menggunakan Software Virtualbox

Cara Menginstall Operating System Windows 8 Menggunakan Software Virtualbox Cara Menginstall Operating System Windows 8 Menggunakan Software Virtualbox Nama Penulis rhezaadip@gmail.com http://rhezaadip.blogspot.com Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan,

Lebih terperinci

Cara Instalasi Ubuntu pada Virtual Box

Cara Instalasi Ubuntu pada Virtual Box Cara Instalasi Ubuntu pada Virtual Box Rr. Binar Novicha P binar_np@yahoo.com http://binarnovv.blogspot.com Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan

Lebih terperinci

Worksheet. Instalasi Debian 7 Berbasis Text I SMK NEGERI 1 TAPIN SELATAN

Worksheet. Instalasi Debian 7 Berbasis Text I SMK NEGERI 1 TAPIN SELATAN I Worksheet Instalasi Debian 7 Berbasis Text 2014 JL. S R A G E N S A W A N G K E C. T A P I N S E L A T A N, K A B. T A P I N K A L I M A N T A N S E L A T A N, 71181 TUJUAN 1. Siswa mampu melaksanakan

Lebih terperinci

Install Mikrotik di VirtualBox

Install Mikrotik di VirtualBox Install Mikrotik di VirtualBox Agung Nugroho Agung.nugroho@raharja.info :: http://ngapainbingung.com Abstrak Mikrotik merupakan OS jaringan sekaligus perangkat yang banyak digunakan untuk mengelola jaringan

Lebih terperinci

Insani Ning Arum

Insani Ning Arum Menginstal Linux Ubuntu di VMware Workstation Insani Ning Arum insani_arum@yahoo.com http://insani-arum.blogspot.com Lisensi Dokumen: Copyright 2003-2007 IlmuKomputer.Com Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com

Lebih terperinci

TUTORIAL INSTALASI WINDOWS 7 MENGGUNAKAN MEDIA VIRTUALBOX

TUTORIAL INSTALASI WINDOWS 7 MENGGUNAKAN MEDIA VIRTUALBOX TUTORIAL INSTALASI WINDOWS 7 MENGGUNAKAN MEDIA VIRTUALBOX 1. pertama buka virtual box pada all programs lalu pilih oracle vm virtualbox 2. berikut ini adalah tampilannya 3. lalu klik baru 4. lalu ketikan

Lebih terperinci

Membuat Virtual Machine Windows XP Menggunakan VMWare

Membuat Virtual Machine Windows XP Menggunakan VMWare Membuat Virtual Machine Windows XP Menggunakan VMWare Mega Elinda A. lynda.loverscake@gmail.com http://nunalinda.blogspot.com Lisensi Dokumen: Copyright 2003-2007 IlmuKomputer.Com Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com

Lebih terperinci

Instalasi ubuntu. Langkah pertama boot ubuntu installer pada PC anda. pilih start or install ubuntu

Instalasi ubuntu. Langkah pertama boot ubuntu installer pada PC anda. pilih start or install ubuntu Instalasi ubuntu Proses instalasi base system Ubuntu sangat mudah, karena tidak menawarkan banyak pilihan, cukup mengikuti langkah satu dua tiga, dan voila! Ubuntu terinstall di PC anda Langkah pertama

Lebih terperinci

Cara Instal Linux Ubuntu lts di Komputer atau di Laptop

Cara Instal Linux Ubuntu lts di Komputer atau di Laptop Cara Instal Linux Ubuntu 12.04 lts di Komputer atau di Laptop ELVITASARI HERIYANTHI elvitasari.heriyanthi@gmail.com Abstrak Linux merupakan free open source yang artinya software ini bisa digunakan dan

Lebih terperinci

Contoh yang digunakan untuk membuat tulisan ini adalah pemasangan OS Mandriva Linux Free yang berasal dari majalah Info Linux.

Contoh yang digunakan untuk membuat tulisan ini adalah pemasangan OS Mandriva Linux Free yang berasal dari majalah Info Linux. PROSES INSTALL MANDRIVA LINUX Untuk memasang Mandriva Linux pada komputer, terlebih dahulu harus memperhatikan urutan booting konfigurasi yang terdapat pada BIOS Configuration. Untuk masuk ke BIOS, dilakukan

Lebih terperinci

KOMPETENSI PROFESIONAL

KOMPETENSI PROFESIONAL 2.02 KOMPETENSI PROFESIONAL PAKET KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN KELOMPOK KOMPETENSI C GURU SMK 1 2 1 2 Tujuan Melalui diskusi peserta diklat dapat menganalisis kebutuhan Hardware dan Software untuk

Lebih terperinci

LANGKAH-LANGKAH INSTALASI WINDOWS XP :

LANGKAH-LANGKAH INSTALASI WINDOWS XP : LANGKAH-LANGKAH INSTALASI WINDOWS XP : 1. Siapkan CD Windows XP 2. Nyalakan komputer 3. Masuk ke dalam BIOS dengan cara menekan tombol DELETE atau F2 pada keyboard. 4. Setting booting pada BIOS di PC dengan

Lebih terperinci

CARA INSTAL WINDOWS 7

CARA INSTAL WINDOWS 7 CARA INSTAL WINDOWS 7 Sebelum melakukan Instal ulang Sistem Operasi Windows 7 langkah awal yaitu: Siapkan Master CD/DVD Windows 7 AIO (All in One) X86/X64 Bit Mengatur BIOS dengan menekan pada keyboard

Lebih terperinci

BAB 2 INSTALASI DEBIAN ETCH

BAB 2 INSTALASI DEBIAN ETCH BAB 2 INSTALASI DEBIAN ETCH Instalasi debian etch sudah tersedia dalam mode GUI dan mode text yang tidak dijumpai pada proses instalasi debian versi sebelumnya. Berikut proses instalasi debian etch dalam

Lebih terperinci

JANUARY INSTAL WINDOWS 10 CARA INSTAL WINDOWS 10 MENGGUNAKAN FLASHDISK DAN DVD

JANUARY INSTAL WINDOWS 10 CARA INSTAL WINDOWS 10 MENGGUNAKAN FLASHDISK DAN DVD JANUARY - 2017 INSTAL WINDOWS 10 CARA INSTAL WINDOWS 10 MENGGUNAKAN FLASHDISK DAN DVD Apa yang kita pelajari? (What we learn?) Bagaimana cara Instal Windows 10 Menggunakan Flashdisk dan DVD dengan mudah

Lebih terperinci

3. Instalasi Operating System

3. Instalasi Operating System 3. Instalasi Operating System Obyektif : Instalasi Single OS Instalasi Multiple OS Definisi : Ada dua metode instalasi Windows 2000, yaitu : Modul Latihan : Single OS Metode ini adalah menggunakan kapasitas

Lebih terperinci

ANALISIS PADA JARINGAN KOMPUTER DENGAN METODE VIRTUALISASI

ANALISIS PADA JARINGAN KOMPUTER DENGAN METODE VIRTUALISASI ANALISIS PADA JARINGAN KOMPUTER DENGAN METODE VIRTUALISASI Agung Galih Setiawan, A11.2008.04434 Email : galihboncel@yahoo.co.id Abstraksi pada jurnal ini akan dibahas Perkembangan teknoligi informatika

Lebih terperinci

Laporan Praktek Debian Server

Laporan Praktek Debian Server Laporan Praktek Debian Server 1. Instalasi Debian Melalui Virtual Box 2. Konfigurasi IP pada Debian 3. Konfigueasi DNS Server Debian 4. Konfigurasi Web Server Debian Oleh Riki Arjun Pratama Kelas XII TKJ

Lebih terperinci

Laporan. Disusun Oleh: M. Luthfi Fathurrahman. Kelas: X TKJ 2

Laporan. Disusun Oleh: M. Luthfi Fathurrahman. Kelas: X TKJ 2 Laporan Disusun Oleh: M. Luthfi Fathurrahman Kelas: X TKJ 2 1. Cek spesifikasi computer melalui: a. Bios 1. Masuk ke menu bios dengan menekan F2 2. Spek dalam Bios Tanggal dan waktu komputer Spek komponen

Lebih terperinci

Tutorial Installasi Red Hat Enterprise Linux 4 pada VMWare Server Console

Tutorial Installasi Red Hat Enterprise Linux 4 pada VMWare Server Console %:947, $ 8902 507,8 #0/,9390757 80 3: 5,/, ',70$07;074384 0 Oke, sebelumnya terima kasih karena telah mengunjungi blog saya di fajarsupernova.wordpress.com pastikan semua yang kamu perlukan tersedia seperti

Lebih terperinci

Modul 5 Menginstal Linux Mandrake 9.2. I. Tujuan Praktikan dapat menginstal sistem operasi Linux Mandrake 9.2

Modul 5 Menginstal Linux Mandrake 9.2. I. Tujuan Praktikan dapat menginstal sistem operasi Linux Mandrake 9.2 Modul 5 Menginstal Linux Mandrake 9.2 I. Tujuan Praktikan dapat menginstal sistem operasi Linux Mandrake 9.2 II. Landasan Teori Saat ini linux menjadi system operasi alternatif yang tengah mengalami perkembangan

Lebih terperinci

Setting Client Pada PC (OS Windows 7 SP1) Last Update: 19 Agustus 2015

Setting  Client Pada PC (OS Windows 7 SP1) Last Update: 19 Agustus 2015 Setting Email Client Pada PC (OS Windows 7 SP1) Last Update: 19 Agustus 2015 File installer Mozilla Thunderbird bisa didownload pada halaman https://www.mozilla.org/en- US/thunderbird/ atau di http://cloud.mikroskil.ac.id

Lebih terperinci

Install Slackware 13.0

Install Slackware 13.0 Install Slackware 13.0 1. Sebelum menginstall laptop atau pc anda dengan system operasi linux berbasis server, lebih baik anda cek dulu performa atau spesifikasi dari pada laptop atau pc anda, jika performa

Lebih terperinci

Nirwan Salim. Abstrak. oleh Mati. untuk. telah. ilmuti.org Seluruh disertakan dalam. Copyright setiap

Nirwan Salim. Abstrak. oleh Mati. untuk. telah. ilmuti.org Seluruh disertakan dalam. Copyright setiap CARA MENGINSTALLL LINUX BACK TRACK 5 Nirwan Salim nirwansalim01@ @gmail.comm :: http:/ncorp.blogspot.com Abstrak Belakangan inii distro linux semakin banyak dan dilengkapi dengan fungsi yang berbeda-beda

Lebih terperinci

Praktuktim Sistem Operasi I MODUL 1. Instalasi Sistem Operasi Microsoft Windows XP

Praktuktim Sistem Operasi I MODUL 1. Instalasi Sistem Operasi Microsoft Windows XP Media & Alat Yang Dibutuhkan : Praktuktim Sistem Operasi I MODUL 1 Instalasi Sistem Operasi Microsoft Windows XP 1. CD WINDOWS XP lengkap dengan Serial Numbernya 2. CD DRIVER MOTHERBOARD 3. 1 Unit PC Langkah-langkah

Lebih terperinci

LAPORAN INSTALASI SISTEM OPERASI DEBIAN 6. pada VIRTUAL BOX

LAPORAN INSTALASI SISTEM OPERASI DEBIAN 6. pada VIRTUAL BOX LAPORAN INSTALASI SISTEM OPERASI DEBIAN 6 pada VIRTUAL BOX Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Cimahi Teknik Komputer dan Jaringan Jl. Mahar Martanegara No. 48 Leuwigajah Tahun Ajaran 2014/2015 Mata Pelajaran

Lebih terperinci

LANGKAH LANGKAH INSTALASI LINUX DEBIAN 4 BERBASIS GUI

LANGKAH LANGKAH INSTALASI LINUX DEBIAN 4 BERBASIS GUI LANGKAH LANGKAH INSTALASI LINUX DEBIAN 4 BERBASIS GUI 1. Masuk BIOS dengan menekan tombol Delete / F2 sesuai dengan jenis BIOS anda 2. Pastikan Harddisk dan CD-ROM sudah terdeteksi 3. Rubah urutan booting

Lebih terperinci

2. Pilih Bahasa yang ingin Digunakan, option Bahasa disini saya Gunakan Bahasa ENGLISH

2. Pilih Bahasa yang ingin Digunakan, option Bahasa disini saya Gunakan Bahasa ENGLISH 1. Pilih Install lalu Tekan Tombol ENTER 2. Pilih Bahasa yang ingin Digunakan, option Bahasa disini saya Gunakan Bahasa ENGLISH 3. Selanjutnya Pemiihan Negara atau territorial Area, karna INDONESIA tidak

Lebih terperinci

Instalasi opensuse 11.2

Instalasi opensuse 11.2 Tutorial Instalasi opensuse 11.2 Operating System Linux opensuse merupakan salah satu distribusi linux dengan jumlah pengguna cukup banyak baik di Indonesia maupun luar negeri. Sistem operasi yang berasal

Lebih terperinci

Qemu, Virtual Machine yang Ringan

Qemu, Virtual Machine yang Ringan Qemu, Virtual Machine yang Ringan Alif Zulfa Khasanah alief.alfarih@gmail.com http://aliefngeshare.blogspot.com/ Lisensi Dokumen: Copyright 2003-2007 IlmuKomputer.Com Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com

Lebih terperinci

Instalasi Linux Redhat 7.0

Instalasi Linux Redhat 7.0 Praktikum 2 Instalasi Linux Redhat 7.0 A. T U J U A N 1. Mampu melakukan instalasi system operasi Linux Redhat 7.0 2. Mampu melakukan setting konfigurasi hardware dan system komputer 3. Mengetahui cara

Lebih terperinci

JURNAL PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER 2012/2013. NAMA : Aulia Fadli Ersan NIM : ASISTEN : Swarna Restu Fadilah KELAS : G2 BAB Ke- : 1

JURNAL PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER 2012/2013. NAMA : Aulia Fadli Ersan NIM : ASISTEN : Swarna Restu Fadilah KELAS : G2 BAB Ke- : 1 JURNAL PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER 2012/2013 NAMA : Aulia Fadli Ersan NIM : 1252 3249 ASISTEN : Swarna Restu Fadilah KELAS : G2 BAB Ke- : 1 BAB 1 Installasi Operating Sistem FEDORA menggunakan Vmware Workstation

Lebih terperinci

Membuat File Server Sederhana Dengan Turnkey File Server

Membuat File Server Sederhana Dengan Turnkey File Server Membuat File Server Sederhana Dengan Turnkey File Server Kenapa saya harus memakai file server? Apakah harddisk PC saya penuh? Apakah khawatir file-file saya rusak karena virus? Pertama, Management file

Lebih terperinci

I. Tujuan - Agar siswa dapat memahami dan melakukan Instalasi OS Debian dengan benar dan tepat dengan menggunakan mesin VM Virtual Box

I. Tujuan - Agar siswa dapat memahami dan melakukan Instalasi OS Debian dengan benar dan tepat dengan menggunakan mesin VM Virtual Box Minggu, 14 September 2014 Sandy Djuda Pratama XI TKJ A Tugas OS Jaringan Install Debian Paraf : Adi Setiadi Trimans Yogiana I. Tujuan - Agar siswa dapat memahami dan melakukan Instalasi OS Debian dengan

Lebih terperinci