UNIVERSITAS - SAK R I E

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "UNIVERSITAS - SAK R I E"

Transkripsi

1 UNIVERSITAS - SAK R I E

2 UB. 1S Juni 2013 UNIVERSITAS L BAKRIE P e-newsletter OPE HOUSE U VERSITAS BAKRIE L 'S EXPERIE CE THE REAL THINGS Universitas Bakrie kernbali gelar Open House. Sabtu (15/ 6!. Kegiatan yang berlangsung pukul WIB ini bertujuan untuk rneng enalkan 10 pro gra m studi di Universitas Bakrie beserta lmqkunqan dan Iasili tas-iasltitas yang dimili kinya. Dengan kegiatan ini, Universi tas Bakrie juga menjelaskan sistern pem belajara n yang drselenqqerakan di mana mahasiswa udak hanya belajar teori -teori, tetap i juga pener apannya dl dunia kerja. Pada kesem patan kali ini, Universitas Bakrie mengu ndang rnahaslswa-rnahasiswa serta Kegiatan yang dihadiri oleh calon mahasiswa. baik yang sudah diterima di para lulusan yang su kses meruu kanr mereka di bida ng non akadermk dan Uruversuas Bakn e maupun yang baru akan menqikun UJian Saringan entrepreneurship seperti Andi Firrnana a IManajemen Meuty [Akun tansl Masuk tanggal 22 Jum mendatang dibu a dengan penampil an dari Sharah (ManaJemen Eryk Budi [Teknik Informatika Wandha OWl Utan Illmu rnehasiswa-rnahasrswa asalsumatera Barat yangtergabung dalam Rang Komunikasi 2011I. Demas Aglllllmu Komum asi 2011I.Jihad lteknik Industn 2011I. Keval Mudo Minang IRMMI dan UKMa Band. Keglatan iru Juga dihadiri oleh liekmk Industn dan Ayu anda Maharani lllrnu Kornunikasi 2012) untuk rnenqts i re or Uruversuas Bakne. Prof.lr Sofia W. AlIs)ahbana. M.5c.. Ph.D.. dan talkshow rnenqenai keglatan mereka drluar ampus di ruang 1& 2 Univer sitas Bakne para e ua program stud i dl Umversl as Bakne.

3 UB.17 Juni 2013 Aburizal Bakrie Berikan Kuliah Umum Kewirausahaan di Universitas Bakrie Jika bisa, maka kalian bisa! Abun zal Ba ne ng rap dlpanggll ARB memben an Ceramah 0 J asi Kulla Umum Ke irausa aan epada para ma asiswa Unrversl as Ba ne pada han Sen,", 17 Jum 2013 pu ul 1015 S d Ruang & 2 UnI ersuas Ba ne. uuah umum drberi an sebagal ujud a ggung Jawab Abunzal Ba ne epada pendrdi an negara lndcnesra.r.h a Pa leal brsa, ma a allan blsa1i pesan Abunzal ditengah- engah pembenan mateo ulla umum ewlrausahaan Kullah umum yang dlhadln oleh Ra na Indira rrwan Ba ne sela u Ketua Yayasan Pendidi an Ba rre Hlsyam Sulaeman sela u Ketua Yayasan Sa ne Unlu egen. Emina Knsnaraga Syarfuan sela u Sekre ans Yayasan Pendld, an Ba ne. Prof. Ir Sofia AlisJahbana. Sc., Ph D. selaku Re lor Unlversl as Ba ne serta Dr Darrrun o. SA sela u WaklLRe lor Brdan on A adermk, dipenutu an usiasme oleh ralusan para rnahasrswa yang hadrrdalarn uhah umum tersebul. KuLiah umu m dibuka denga n menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Bakrieyang dipimp in ole h Paduan Suara Maha sisw a Universitas Bakrie. SebeLum sesi pembenan maten oleh Abun zal Bakrr e. terdapat pidato sambutan oleh Prof. Ir. Sof ia W. Alisjahbana, M.Sc.. Ph.D. se rta penandatanganan MoUantara Yayasan Pendidika n Bakrie dengan Yayasan Bakrie Untuk Negen yang disaksikan langsung ole h Abunzal Bak rie. Pem beria n ma te ri kulia h um um kewirausahaa n ole h Aburizal Bakrie diawali de nga n pem ap ara n pen ca paian para pemim pin ban gsa Indones ia ya ng lidak bole h dinegas i. Aburizal juga mencentakan secara singkat biogr afi Ayah a nda Aburizal Bak rie. Achmad Bakrie. ikuliah umu m ters eb ut menekankan dua pesan kepada para ma ha s iwa, yauu pe rlunya rne rrusa bkan uang perusahaan dengan uang pribadi serta janqan me mb iarka n hubunga n antarparlner da n anlarkeluarga rusak karena uang. Aburizal Bakrie bukan hanya mampu menarik an tusi asme para mahasiswa dengan pet uah da n mouva si yang diberikan, melainka n juga denga n candaan yang mampu membua t ge lak lawa. ikalian adalah ca lon pemimpin bangsa. calon bu pa ti, ca lon qube rnu r, ca lon presiden tapi jangan 2014 ya!i candanya yang disu sul denga n gelak tawa oleh pa ra mahas isw a dan para hadi rin. Achmad Bakn e yang hanya lulusan Se kola h Rakyat mampu meninggalka n ka ryawan. ka ha n harus mampu te bih da n Achmad Bak ne,itutur AburizalBakrie.

4 UB.1S Juni 2013 KULIAH UMUM GANJAR PRANOWO (GUBERNUR TERPILIH JATENG 2013) MEMIMPIN OAERAH 01 ERA OTONOMI Bertempat di Ruang 1-2, Program Studi IImu Politik Universitas Ba kr ie menyelenggarakan uliah umum dengan mengundang Ganjar Pranowo. Selasa 118/61. Sebagaimana diketahui, Ganjar bersama pasangann a Heru Sudjatrnoko adalah Gubemur Jateng terpilih Ganjar Pranowo memberikan k Ita di apan mahasis a dan Rek or dan Kepala Program Studi II ema ermmpm Daerah dj Era Otonomi yang dimoderatori oleh dosen program studi IImu Potitik, Andi a Kurniawan. S.Sos. M.A Ganjar mengawali kuliah umumnya dengan membeberkan kritik terhadap orde baru terutama dalam hat nepotisme. korupsi, arogansi aparat kepolisian dan militer petanggaran HAM dan pembatasan hak berpolitik, sehingga mengakibatkan tuntutan-tuntutan dalam agenda reformasi termasuk yang digaris-bawahi oleh Ganjar adatah otonomi daerah seluas-luas nya. Sa lah sa tu yang dibahas oleh Ganjar adalah proses politik pemilihan kepala daerah, sesuai dengan Pasal 18 aya t (41 UUD RRI, yait u Gubern ur, Bupa ti, Walikota dipilih secara demokratis, sehingga pada masa kini siapapun bisa menyalonkan dirinya dari artls, politlsl, sampai dengan pensiunan TNI/POLRIda n PNS, hal ini terkait denga n popul aritas, mahal (high cost politic], Otonom i daerah pasca re!or masl menghasilkan beberapa hal yang posilif dan juga negatif, hal-hal yan g positi! dlantaranya Perda lebih responsi!, eksistensi Ide ntltas lokal, per oleha n dana daerah lebih memadai, dan efisiensi dal am pelaya nan terhada p masyarakat. se men tara itu hal ya ng negatif berka ita n dengan memunculkan 'raja-raja' kedi di daerah, desentra lisasi KKN, isu separatisme dan trend pemekaran. Dengan menganut prinsip strong local leadership. Ganj ar merubah pa radigma lama yang dahulu pemimpln daerah harus berwibawa. se ka rang menjadi merakyat. dulu hanya orientasi pada hal-hal prosedural kini berani mengambil keputusan dan lebih ber-orientasi pada substansi, kini wakil rakyat juga lebih sederhana dan membaur.lebih melayani dan responsive sesuai dengan earifan lokal. Penampilan Ganjar yang humoris dan jauh dari kesan formal memu au peserta kuliah umum. Ganjar mengena an celana jeans dan sepatu kets tanpa kaus ka i. Gaya bicaranya cepat.iuqas, dengan selipanjoke di sana-sini.

5 Campus Recruitment Mahasiswa/l Universitas Bakrie oleh UBCareer Bekerjasama (Iengan PT. Mitra Adiperkasa UB.22 Ju ru 2013 UBCareer menvalurkan mahasiswa/i UB yang hompeten di dunia heria UNII'HISIUS gl LEAP BI\KRIE ~ e-newsletter Univer sitas Bakrie, dalam hal ini UBCare er bekerja sam a deng an PT Mitra Adiperkasa m en yelenggarakan Cam pus Recruitment mah asi swa/l Universita s Bakrie pada hari Sabtu, 22 Juni 2013, bertempat di Ruang 8 dan 9 di Universitas Bakrie. Acara Campus Recruitment ini dilkuti oleh puluhan maha siswa/i Universita s Bakrie yang berminat untuk bekerja di PT Mitra Adiperkasa, baik mereka yang sudah lulus maupun yang ma sih m enyu sun sk r ipsi. PT Mitra Adiperkasa sendir i adalah adalah sebuah perusahaan ritel dengan merek-merek kelas men engah atas di Indonesia. Mitra Adiperkasa pertama kali mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta pada 10 November Peru sahaan ini memiliki ja ringan ritel dengan total lua s ruangan lebih dari me. dengan 1395 ger ai di lokasi ritel utama pada 50 kota besar di Indon esia dengan lebih dari karyawan, beberapa toko yang di Indonesia hak waralabanya dipegang oleh PT Mitra Adiperkasa Tbk antara l ain terma suk didalamnya adalah food and beverage store 'Starbucks'. Acara recruitment itu sendir i diawali deng an pre sentasi dari Nani Novianty IManager Corporate Recruitmentl dan setelah it u dilanjutkan dengan pro ses interview dan tes psikologi para peserta campus r ecr uit ment. Dalam kesempatan itu juga orangtua murid yang sedang mengantar anakanak ny a untuk ikut Ujian Saringan Masuk di Universita s Bakrie berk esempatan melih at lang sung pro ses re cruitm ent ters ebut, se hingga mer eka dapat melihat langsung upaya dari UBCareer menyalurkan maha siswa/l Uni versitas Bakrie yang kompeten di dunia kerj a, sehingga mer eka tidak perlu khawatir lagi kelak apabila anak-anak mereka menjadi mahasiswa /l Universitas Bakrie, bahwa setela h tutus mereka akan disalurkan ke berbagai peru sahaan baik perusahaan nasiona l maupun multin asio nal, hal ini m enjadi sa lah sat u baro meter bahwa lulu san Universitas Bakrie ter serap dengan baik di dunia bisni s industri.

6 UB Ju ni 2013 Universitas Bakrie Mengadakan Workshop "Manufacturing Simulation Using Simufact Software" 8 ~ IF Pr ogram Studi Teknik Industri Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Bakrie bekerjasama dengan Advanced Manufacturing Technology Excellence Centre (AMTEx!. Universiti Teknologi Mara, Malaysia mengadakan workshop dengan tema "Manufacturing Simulation Using Simufact Software". AMTEx sendiri adalah pemegang lisensi dari software Simufact di Asia. Acara Workshop SIMUFACT 2013 ini berlangsung dari tanggal Juni 2013 dan bertempat di Universitas Bakrie. Rangkaian dari Workshop itu sendiri terdiri dari rangkaian seminar dan praktek secara langsung di Lab Komputer Universitas Bakrie. Acara yang diikuti oleh peserta dari berbagai Kelompok Usaha Bakrie, Universitas terkemuka di Jabodetabek dan juga perusahaan IT ini dibuka dengan sambutan dari Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Esa Haruman, Phd, yang pada kesempatan tersebut juga menjadi pembuka di acara workshop dengan tema seminar "Selection Criteria of Metals Manufacturing Processes for Finished Components" Sementara itu Direktur AMTEx, Yupiter HP Manurung mengawali acara workshop dengan judul "Applied Manufacturing for Research and Industry". SIMUFACT itu sendiri adalah software untuk simulasi manufaktur yang berbasis internasional dan berpusat di Hamburg, Jerman, dengan menerapkan software Simufact yang terdiri dari Simufact forming, Simufact welding dan Simufact premap, pengguna software ini diharapkan akan mendapatkan manfaat dari kualitas hasil produksi yang lebih baik, keseimbangan dalam proses manufaktur dan efisiensi waktu. -, "l1.\h1ul 'IoI'I'1 " (;,l IM. " <> " ----

7 Universitas Bakrie Bersinergi dengan Kelompok Usaha Bakrie (KUB) Melalui Sharing Session Forum SR Bakrie UB02 rcu 2013 Peserla Sharing Session Forum SR Bakr ie berfoto bersama Univer sitas Bakrie, setese 2 JuLi2013, diwakili ole h Lembaga Pengabdian Kepada Masyar akat yang dik epal ai oleh Dr. Didit Her awan menghadiri Forum SR ke VIII beru pa Shari ng Session antar selur uh Kelomp ok Usaha Bak rie. Foru m SR tersebul diselenggarakan dengan luan r umah antv. Forum SR ini diadakan secara ber kala ole h Yayasan Bakrie Unl uk Negeri sebagai l asilital or, koor dinator dan ko nsolidator bagi imp lement asi SR dan filantropi di KeLompok Usaha Bakrie IKUBI sehingga k omi t m en dan ger akan kel omp ok Bakrie dala m menja Lankan aklivitasnya untu k memberikan kontribusi kongkrit bagi pem bangunan kemanusiaan, Lingkunga n dan kesejaht eraan masyarak at Indonesia tercapai. Forum SR ke VIII ini dibuka oleh samb utan dari Hisyam Sula iman, sela ku Kelua Bakrie untu k Negeri. BeLia u dal am sam bul annya menga lakan bahwa Nabi Muhammad s.a.w. ber sabda, "Sebaik-balk man usia adala h orang yang paling bermanfaat bagi manusia l ain nya." Mak a diharap ka n KeLomp ok Usaha Bakrie datam menja Lanka n proses usaha nya, ti dak hanya memi kirkan pr ofil semata, namun j uga har us berm anfaat bagi masyarakal Indonesia, k husu snya ting ku ngan seki tar per usahaan te rse but melalu i comm unity devel opment. Semen lara it u, antv sebagai tuan ru mah didaulat unl uk me mberi kan present asi CSR antv, prese nlasi disampaikan oleh Zoraya Perucha, Head of Corpora te Communication, wanila yang kerap dipanggil mba Ucha ini memapar kan, bahwa dalam menjala nkan prog ram CSR-nya antv senanti asa ber pedoman kepada SOP (Standard Operation Procedure) dan IK (Instruksi Kerjal dan jug a sudah sesuai dengan ISO. Bahwa dalam imp Lementasinya antv mem bagi kegiala n CSR mere ka menja di dua bagian, yaitu dana yang merupa kan 100% dana CSR pe r usa haan dan dana yang berasal dari sum bangan masyarakat, biasanya untu k [enis perolehan dana yang kedua diperoleh setela h antv membuka rekening tanggap darurat untuk keadaan for ce majeure. Namun dalam hal pendist ribusian antv juga mengacu pada peraturan pemerintah No. 41 / 2012, bahwa rea Lisasi anggaran dana CSR dibebankan kepada perseroan. Acara yang dihadiri oleh Pimp inan, Manager dan Stal Divisi Cor porate SociaL Responsibility, Human Resources Depart ment, Salety HeaLthy and Envir onmenl dan Public Relation di Lingkungan KeLom pok Bakrie ini dit utup dengan sesi tany a jaw ab dan l oto bersama.

8 Keluarga Besar Universilas Bakrie Mengadakan DUling di Pancawali, Bogor Pada langgal Ju ni 2013 yan g lalu, Univer s itas Bakrie mengadakan outing ke Kaki Gunung Bungalow, Wisata Budaya Pancawati, Bogar. lni adalah kali pertama Universitas Bakrie mengadakan outin g bersama antara karyawan dan dosen. Kegiatan ini juga dilaksan akan untu k jali n kekompakan dan kebers amaan enter karyawan dan dosen juga mem bentu k individu yang berkualitas dan jug a diharapkan dapat membentuk suatu team wor k yang solid. Kegiatan ini diisi dengan suatu perma inan ketangkasan yang melibatkan selu ruh peserta yang berada dalam beberapa team I kelompok, masing - masing peserta diberi kesempatan yang sarna untuk berperan akt if dan mengakt ualisasikan diri d alam menyeles ai kan tuga s yang di b er i k a n pani tia p ad a kelompoknya.program acara ini selain berupa team building dan excellence service, namun juga sosialisasi internal bahwa Universitas Bakr ie tel ah melakukan re- branding menjadi Universitas yang mengedepankan pr insip Experience the Real Things, yaitu mahasiswa akan mend apatkan penqataman yang " Real Case& Real Practice" dalam suasana Real Business Environment. Kegiatan Outing ini diharapkan dapat memberikan suatu efek samping positi f datarn meningkat kan kepemimpinan individu datam kelompok, kemampuan untuk berkomunikasi, kemampuan untuk memb uat dan mengekse kusi suatu r encana, fle ksibelitas dal am bekerja, pendelegasia n peker jaan, team wor k, dan peningkatan motivasi, sehingga dapat menciptakan suatu team work yang solid yang didasarkan pada saling penqertian, kerjasama, koordinasi, menghargai perbedaan, mengut amakan tugas dtatas kepentingan pr ibadi ateu golongan. dan sikap

9 Mahasiswi Ilkom UB Meraih Juara Harapan 1 CAMPUS FEST MNC TV JULI 201J MNC Group mengadakan Campus Festival untuk menjaring semua potens i mahasiswa/i yang tersembunyi di sekitar kampus. Campus Festival MNC TV kali ini diselenggarakan di Universitas Esa Unggul. Rangkaian aeara yang diadakan antara lain : Casting Penyiar Televisi, Workshop Jurnalistik TV. Lomba Feature s Televisi Meneerahkan dan Menginsp iras i, Bedah Program MNCTV. Universitas Bakrie pada kesempatan tersebut mendapat penghargaan sebagai Juara Harapan I Lomba Features Televisi " Features Meneerahkan dan Menginsp iras i" dengan tema "Di Balik Ondel-Ondel" karya Tia Putri, mahasiswi Prodi Ilkom 2011, yang menariknya tugas feature itu Tia buat ketika ia masih di Semester II sebagai bagian dari tugas Mata Kuliah Pengantar Ilmu Jurnalistik. Pada saat itu tema Ondel-Ondel diangka t, menu rut Tia karena pada saat itu menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-485 OKI Jakarta dan tema kebudayaan Betawi masi h jarang untuk dipublikasikan. Sementara itu, yang terp ilih menjadi Juara I adalah tuan rumah sendin, yaitu Univers itas Esa Unggul dengan tema "Jamu Gendong" sedangkan Juara II diraih oleh Universitas Kwik King Gie dan Juara III diraih oleh Universitas Pakuan Bogar, Juara Harapan II Universitas Mereu Buana, dan Harapan IIIIPB Bogor. Feature itu sendiri mengungkap kisah dibalik pembuatan Ondel-Ondel dan pelestariankebudayaan Ondel-Ondel yang merup.akan kebudayaan masyarakat Betawl, budaya tersebut diwariskan seeara generasi turun menurun, dan memberdayakan masyarakat sekitar, berdasa rkan hasil wawaneara Tia dengan Pak Hasyim, pengrajin Ondel-Ondel yang 5 Mahasiswa Universitas Bakrie Ukir Prestasi dalam Program You ng Leaders for Indonesia by McKinsey Indonesia JULl201J eorang Mahasiswa Universitas Bakrie IUB) terpilih untuk mengikuti Young Leaders for Indonesia (YLII McKinsey 2013 di Jakarta. Firman Ard iansyah IManajemen berhasil membawa nama harum UB dl kancah nasional. Dlrinya berhasil mengalahkan ratusan mahasiswa lainnya yang juga mendaftar pada program Young Leadersfor Indonesia Kampus2013 ini. Program Young Leaders for Indonesia Kampus 2013 yang diadakan oleh konsultan manajemen dun ia McKinsey merupakan tahun kelima program ini dilaksanakan, setelah sebelumnya sukses diadakan dengan hanya dlikutl mahasiswa ITB, UI, UGM, NTU, Malaya Univers ity dan NUS saja, tahun Ini Young Leaders for Indonesia diikuti oleh 60 mahaslswa dari 1S universitas negeri dan swasta di seluruh Indonesia. Mereka dipilih dengan cara seleksl berkas dengan poin penillan akademis, pengalaman organisasidan prestasl, rasa cinta terhadap Indonesia, serta diwajibkan untuk membuatletter of motivation tentang vis] pribad i, dan English Interview, seluruh seleksi ini diadakan online dan phone. Program Young Leaders for Indonesia ini diadakan dengan keseluruhan 6 bulan pelaksanaan dengan berbagal macam keglatan, seperti workshop kepemimpinan, personal project. team project dan supervisi dari coach Mckinsey Indonesia. Forum 1 yang dilaksanakan April2013, dilaksanakan dl Hutet B '-drill K~lIIdllY Jdkdlld. Ddldlll k~~~iiljjdldli ini McKinsey menghadirkan pematerl antara la in Ibu Tri Mumpun i (Director of IBECAI, Erwin Aksa (President Director Trikomsel, BTPN, of Bosowal dan Alex Rusli (President Director & CEOIndosat. Para pemateri Inl memberikan materi terkait kepemlmpinan dan bagaimana memberikan dampak pos it" kepemlmpinan pr ibadi pada lingkungan. Pada Forum 1 ini para peserta diwajibkan membuat Personal Leadership Project (PLP! sesuai minatnya masing -masing dan seluruh peserta diberikan personal coach dari Mckinsey. Untuk hasil darl PLP lnldlpresentasikan pada Forum 2yang diadakan 6-7 July2013 dl Hotel Grand Kemang Jakarta. Berbeda dengan Forum I, Forum 2 leb ih menggerakkan peserta akan project team, dengan kerjasama Mckinsey dengan beberapa strategic partner, seperti Standard Charetered, Navigat Energy, Indonesia Menga jar, beberapa lainnya, para peserta dibagi sesuai dengan strategic partner dan mengerjakan project dengan partner tersebut. terlihat dari program-programnya Young Leaders for Indonesia ini memang dipersiapkan secara matang untuk melatlh mahasiswa Indonesia untuk menjadi pemimpin di bidangnya masing masing. Dalam Forum 2, bertempat di Hotel Grand Kemang, McKinsey Indonesia fokus untuk melatih bagaimana menjadi pem impin tim yang efektif dalam situasi dinamis. Dalam kesempatan ini, Mc Kinsey menghadirkan pemateri antara lain Anies baswedan (Founder dari Indonesia Menga jarl, dan Handry Satriago (CEOGeneral Electric). Di Forum 2 ini, para peserta berkesempatan mempresentasikan hasii Personal Project Leadershipnya. Para peserta juga dibekali ilmu memberikan dan menerima tanggapan dari pihak la in. bagaimana membentuk tim yang berkinerja tingg i, dan pemecahan masalahdi dalam tim. Yang menarik ialah Forum 2 khusus mengadakan beberapa kompetis l antara la in pemilihan best young leader berdasarkan Personal Pro ject Leadership terbalk dan kompetisi Inovasi produk. Universitas Bakrie mengukir pre stasi dalam kompetls! ini. Firman Ardiansyah dlnobatkan sebagai Best Young Leader berdasarkan Personal Project Leadership terbaik dengan usahanya mengajak Petanipetanl di lingkungannya untuk menjadlkan Hama keong Mas dalam pembuatan makanan yang mem lliki value added. Selain Itu, terplllhnya Firman karena turut memberdayakan Ibu-ibu Menteng Atas, Jakarta yang memilikl keterbatasan dalam finansial untuk membuat cokelat dalam prod uk WE Chocs. Saya sebagai pem impin Indonesia dl masa depan merasa bersyukur mendapat kesempatan bela jar kepemimpinan di program ini. Di tangan pemudalah bangsa Indonesia ini akan diperjuangkan dan Dalam training ini, saya belajar berpikir ~1I dh~yi~ LI':IIlIlI~ITI~\.dhk.dllllld::»dldh ~t:h.dl d efektil dau di ~ddt yang bersamaan mampu unluk memlmpin dirl sendiri dan bekerjasama dengan orang lain. Harapan saya kedspan.iebih banyak mahasiswa UB yang mendapat kesempatan mengikuti program initahun depan.

10

PERATURAN WALIKOTA JAMBI NOMOR 37 TAHUN 2014 TENTANG LAGU MARS DAN HYMNE KOTA JAMBI DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA WALIKOTA JAMBI,

PERATURAN WALIKOTA JAMBI NOMOR 37 TAHUN 2014 TENTANG LAGU MARS DAN HYMNE KOTA JAMBI DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA WALIKOTA JAMBI, PERATURAN WALIKOTA JAMBI NOMOR 37 TAHUN 2014 TENTANG LAGU MARS DAN HYMNE KOTA JAMBI DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA Menimbang : a. bahwa dalam rangka membangkitkan semangat kebersamaan persatuan dan

Lebih terperinci

USAHA KONVEKSI PAKAIAN JADI

USAHA KONVEKSI PAKAIAN JADI P O L A P E M B I A Y A A N U S A H A K E C I L S Y A R I A H ( P P U K -S Y A R I A H ) U S A H A K O N V E K S I P A K A I A N J A D I P O L A P E M B I A Y A A N U S A H A K E C I L S Y A R I A H (

Lebih terperinci

LEMBARAN DAERAH KABUPATEN CIREBON NOMOR 88 TAHUN 2005 SERI B.6 PERATURAN DAERAH KABUPATEN CIREBON NOMOR 18 TAHUN 2005 TENTANG

LEMBARAN DAERAH KABUPATEN CIREBON NOMOR 88 TAHUN 2005 SERI B.6 PERATURAN DAERAH KABUPATEN CIREBON NOMOR 18 TAHUN 2005 TENTANG LEMBARAN DAERAH KABUPATEN CIREBON NOMOR 88 TAHUN 2005 SERI B.6 PERATURAN DAERAH KABUPATEN CIREBON NOMOR 18 TAHUN 2005 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN DAERAH KABUPATEN DT II CIREBON NOMOR 14 TAHUN 1996

Lebih terperinci

2. UNIVERSITAS GUNADARMA

2. UNIVERSITAS GUNADARMA ILLAH SAILAH TERIMA KASIH KEPADA YTH: 1. BAPAK MENTERI RISTEKDIKTI 2. PARA DIRJEN DAN SEKJEN 3. PARA PIMPINAN PTS 4. ABPTSI DAN APTISI ATAS KEHADIRAN DAN KERJASAMA SELAMA INI TERIMA KASIH KEPADA PENDUKUNG

Lebih terperinci

1 0 0 m 2 BUDIDAYA PEMBESARAN IKAN NILA

1 0 0 m 2 BUDIDAYA PEMBESARAN IKAN NILA P O L A P E M B I A Y A A N U S A H A K E C I L ( P P U K ) B U D I D A Y A P E M B E S A R A N I K A N N I L A P O L A P E M B I A Y A A N U S A H A K E C I L ( P P U K ) B U D I D A Y A P E M B E S A

Lebih terperinci

P r o f i l U s a h. a A s p e k P a s a r P e r m i n t a a n H a r g a...

P r o f i l U s a h. a A s p e k P a s a r P e r m i n t a a n H a r g a... P O L A P E M B I A Y A A N U S A H A K E C I L S Y A R I A H ( P P U K -S Y A R I A H ) I N D U S T R I S O H U N P O L A P E M B I A Y A A N U S A H A K E C I L S Y A R I A H ( P P U K -S Y A R I A H

Lebih terperinci

- 1 - DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA KEPALA LEMBAGA SANDI NEGARA,

- 1 - DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA KEPALA LEMBAGA SANDI NEGARA, - 1 - PERATURAN KEPALA LEMBAGA SANDI NEGARA NOMOR 14 TAHUN 2016 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN KEPALA LEMBAGA SANDI NEGARA NOMOR OT.001/PERKA.122/2007 TENTANG ORGANISASI DAN TATA KERJA LEMBAGA SANDI

Lebih terperinci

MENTER!KEUANGAN REPUBLIK JNDONESIA SALIN AN

MENTER!KEUANGAN REPUBLIK JNDONESIA SALIN AN MENTER!KEUANGAN REPUBLIK JNDONESIA SALIN AN PERA TURA N ME N TER! KEUA NGA N REPUBLI K INDO NESIA NOMOR 127 /PMK.010/2016 TE NTA NG PE NGAMPU NA N PAJA K BERDASARKA N UNDA NG -UNDA NG NO MOR 11 TA HU N

Lebih terperinci

P R O G R A M K ER J A T A H U N A N TIM P EN G G ER A K P K K D E SA P R IN G G O W IR A W A N TA H U N 2011

P R O G R A M K ER J A T A H U N A N TIM P EN G G ER A K P K K D E SA P R IN G G O W IR A W A N TA H U N 2011 P R O G R A M K ER J A T A H U N A N TIM P EN G G ER A K P K K D E SA P R IN G G O W IR A W A N TA H U N 2011 P O K JA IV NO B ID G PR O GR A M T U JU SA SA R K EG IATA N D A K ET 1 2 3 4 5 6 7 8 1 K E

Lebih terperinci

3. PARA PIMPINAN PTS ATAS KEHADIRAN DAN KERJASAMA SELAMA INI RAKERDA 2015 KOPWIL III JAKARTA

3. PARA PIMPINAN PTS ATAS KEHADIRAN DAN KERJASAMA SELAMA INI RAKERDA 2015 KOPWIL III JAKARTA LAPORAN KOORDINATOR KOPERTIS WILAYAH III J AKARTA ILLAH S AILAH TERIMA KAS IH KEPADA YTH: 1. MENTERI RISTEKDIKTI 2. PARA DIRJ EN DAN SEKJ EN 3. PARA PIMPINAN PTS 4. ABPTSI DAN APTISI ATAS KEHADIRAN DAN

Lebih terperinci

BAB III GAMBARAN UMUM OBJEK PRAKTIK KERJA LAPANGAN. 3.1 Gambaran Singkat Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah

BAB III GAMBARAN UMUM OBJEK PRAKTIK KERJA LAPANGAN. 3.1 Gambaran Singkat Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah BAB III GAMBARAN UMUM OBJEK PRAKTIK KERJA LAPANGAN 3.1 Gambaran Singkat Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Jawa Barat Instansi / suatu badan yang menangani pembangunan daerah provinsi

Lebih terperinci

a yobic a ra s a a il.

a yobic a ra s a a il. http://ayurai.wordpress.com/bidankusahabatku http://ayurai.blog.friendster.com/sekretaris,komunikasi,humas a yobic a ra s a ntun@ym a il.c om Ma na je m e n ra pa t Mengelola pertemuan: membuat agenda

Lebih terperinci

BUPATI POHUWATO PROVINSI GORONTALO PERATURAN DAERAH KABUPATEN POHUWATO NOMOR IOTAHUN 2015

BUPATI POHUWATO PROVINSI GORONTALO PERATURAN DAERAH KABUPATEN POHUWATO NOMOR IOTAHUN 2015 BUPATI POHUWATO PROVINSI GORONTALO PERATURAN DAERAH KABUPATEN POHUWATO NOMOR IOTAHUN 2015 TENTANG PERTANGGUNGJAWABAN PELAKSANAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH TAHUN ANGGARAN 2014 DENGAN RAHMAT

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang Penelitian. Generasi muda menjadi tolak ukur pembangunan suatu bangsa. Bangsa yang maju

BAB I PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang Penelitian. Generasi muda menjadi tolak ukur pembangunan suatu bangsa. Bangsa yang maju BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Penelitian Generasi muda menjadi tolak ukur pembangunan suatu bangsa. Bangsa yang maju ialah bangsa yang memiliki pemuda- pemudi berkualitas, yang akan memimpin bangsa

Lebih terperinci

Wirausaha Binaan Shell LiveWIRE Ciptakan 218 Lapangan Kerja bagi Masyarakat Sekitar

Wirausaha Binaan Shell LiveWIRE Ciptakan 218 Lapangan Kerja bagi Masyarakat Sekitar UNTUK DITERBITKAN SEGERA: 11 FEBRUARI 2011 Wirausaha Binaan Shell LiveWIRE Ciptakan 218 Lapangan Kerja bagi Masyarakat Sekitar Dua puluh delapan wirausaha binaan Shell LiveWIRE berhasil menciptakan 218

Lebih terperinci

5 S u k u B u n g a 1 5 %

5 S u k u B u n g a 1 5 % P O L A P E M B I A Y A A N U S A H A K E C I L ( P P U K ) U S A H A A B O N I K A N P O L A P E M B I A Y A A N U S A H A K E C I L ( P P U K ) U S A H A A B O N I K A N B A N K I N D O N E S I A K A

Lebih terperinci

KETETAPAN DEWAN PERWAKILAN MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA NOMOR 12/TAP/DPM UI/III/2015

KETETAPAN DEWAN PERWAKILAN MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA NOMOR 12/TAP/DPM UI/III/2015 KETETAPAN DEWAN PERWAKILAN MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA NOMOR 12/TAP/DPM UI/III/2015 TENTANG MEKANISME PEMILIHAN KETUA PANITIA PELAKSANA ORIENTASI KEHIDUPAN KAMPUS UNIVERSITAS INDONESIA DENGAN RAHMAT

Lebih terperinci

IDENTIFIKASI PERAN DAN FUNGSI HUMAS DALAM PELAYANAN INFORMASI PUBLIK KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

IDENTIFIKASI PERAN DAN FUNGSI HUMAS DALAM PELAYANAN INFORMASI PUBLIK KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA IDENTIFIKASI PERAN DAN FUNGSI HUMAS DALAM PELAYANAN INFORMASI PUBLIK KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA SKRIPSI Diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh Gelar Sarjana Strata 1 (S 1) Komunikasi

Lebih terperinci

Manual Prosedur PELAKSANAAN SEMESTER PENDEK (SP)

Manual Prosedur PELAKSANAAN SEMESTER PENDEK (SP) Manual Prosedur PELAKSANAAN SEMESTER PENDEK (SP) FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2011 Manual Prosedur Pelaksanaan Semester Pendek (SP) Fakultas Pertani an Universi tas Brawijay a Kode Dokumen

Lebih terperinci

INSTRUKSI KERJA OPEN RECRUITMENT ASISTEN LABORATORIUM SIMULASI DAN APLIKASI INDUSTRI

INSTRUKSI KERJA OPEN RECRUITMENT ASISTEN LABORATORIUM SIMULASI DAN APLIKASI INDUSTRI INSTRUKSI KERJA OPEN RECRUITMENT ASISTEN LABORATORIUM SIMULASI DAN APLIKASI INDUSTRI JURUSAN TEKNIK INDUSTRI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA 2014 INSTRUKSI KERJA OPEN RECRUITMENT ASISTEN LABORATORIUM

Lebih terperinci

GUBERNUR JAWA BARAT PERATURAN GUBERNUR JAWA BARAT NOMOR 5 TAHUN 2016

GUBERNUR JAWA BARAT PERATURAN GUBERNUR JAWA BARAT NOMOR 5 TAHUN 2016 SALINAN GUBERNUR JAWA BARAT PERATURAN GUBERNUR JAWA BARAT NOMOR 5 TAHUN 2016 TENTANG BANTUAN KEUANGAN DUKUNGAN PENGAWASAN KEPADA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA GUBERNUR JAWA BARAT, Menimbang Mengingat

Lebih terperinci

NOMOR: SERI: E PERATURAN DAERAH KABUPATEN BEKASI NOMOR 4 TAHUN 2006 TENTANG B A D A N P E R M U S Y A W A R A T A N D E S A

NOMOR: SERI: E PERATURAN DAERAH KABUPATEN BEKASI NOMOR 4 TAHUN 2006 TENTANG B A D A N P E R M U S Y A W A R A T A N D E S A LEMBARAN DAERAH KABUPATEN BEKASI NOMOR: 3 2006 SERI: E PERATURAN DAERAH KABUPATEN BEKASI NOMOR 4 TAHUN 2006 TENTANG B A D A N P E R M U S Y A W A R A T A N D E S A Mengingat : D EN GA N R AHMAT TUH AN

Lebih terperinci

Love Lifts Us Up Where We Belong. A. Soehartono H.

Love Lifts Us Up Where We Belong. A. Soehartono H. Love Lifts Us Up Where We Belong A. Soehartono H. A. Soehartono H. SEKILAS TENTANG KACAMATA BARUKU Apakah Anda pernah atau sedang merasakan keadaan tidak nyaman, gelisah, ra gu-ragu, hilang semangat,

Lebih terperinci

USAHA PENANGKAPAN IKAN PELAGIS DENGAN ALAT TANGKAP GILLNET

USAHA PENANGKAPAN IKAN PELAGIS DENGAN ALAT TANGKAP GILLNET P O L A P E M B I A Y A A N U S A H A K E C I L ( P P U K ) P E N A N G K A P A N I K A N P E L A G I S D E N G A N A L A T T A N G K A P G I L L N E T P O L A P E M B I A Y A A N U S A H A K E C I L (

Lebih terperinci

INSTRUKSI KERJA PEREKRUTAN ASISTEN BARU DI LABORATORIUM PERANCANGAN KERJA DAN ERGONOMI

INSTRUKSI KERJA PEREKRUTAN ASISTEN BARU DI LABORATORIUM PERANCANGAN KERJA DAN ERGONOMI INSTRUKSI KERJA PEREKRUTAN ASISTEN BARU DI LABORATORIUM PERANCANGAN KERJA DAN ERGONOMI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA 2011 INSTRUKSI KERJA PEREKRUTAN ASISTEN BARU DI LABORATORIUM PERANCANGAN KERJA

Lebih terperinci

Program Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi. Kode Dokumen:

Program Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi. Kode Dokumen: Program Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi Kode Dokumen: 01102 03000 JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2011 1 Program Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi Kode

Lebih terperinci

Hari : Jumat-Sabtu, 5-6 Juni 2015 Tempat : Fave Hotel Melawai Jakarta Waktu : wib

Hari : Jumat-Sabtu, 5-6 Juni 2015 Tempat : Fave Hotel Melawai Jakarta Waktu : wib Hari : Jumat-Sabtu, 5-6 Juni 2015 Tempat : Fave Hotel Melawai Jakarta Waktu : 09.00-17.00 wib Topik Kunci Paradigma Supervisor Efektif PDCA Mengelola Kinerja & Tehnik Coaching DISC Profile Menghadirkan

Lebih terperinci

Seminar Nasional Hasil PPM Tahun 2016

Seminar Nasional Hasil PPM Tahun 2016 Seminar Nasional Hasil PPM Tahun 2016 Inovasi untuk Kedaulatan Pangan Dalam proses penjaminan mutu, LPPM selalu mengevaluasi kinerja PPM yang selama ini berlangsung sebagai upaya perbaikan terus menerus

Lebih terperinci

MODUL BABAK PERTAMA INDUSTRIAL INSPIRING COMPETITION TAHUN AKADEMIK 2011 / 2012

MODUL BABAK PERTAMA INDUSTRIAL INSPIRING COMPETITION TAHUN AKADEMIK 2011 / 2012 MODUL BABAK PERTAMA INDUSTRIAL INSPIRING COMPETITION TAHUN AKADEMIK 2011 / 2012 HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS KRISTEN PETRA Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya 60236 Ruang S-110, Telp.

Lebih terperinci

KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK Norma dan Implementasi

KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK Norma dan Implementasi KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK Norma dan Implementasi Alamsyah Saragih saragihalamsyah@gmail.com Jogjakarta, 18 Oktober 2013 PERSPEKTIF HAK ATAS INFORMASI Merupakan Hak Asasi Manusia yang bersifat negatif

Lebih terperinci

A s p e k P a s a r P e r m i n t a a n... 9

A s p e k P a s a r P e r m i n t a a n... 9 P O L A P E M B I A Y A A N U S A H A K E C I L S Y A R I A H ( P P U K -S Y A R I A H ) U S A H A K E R U P U K I K A N P O L A P E M B I A Y A A N U S A H A K E C I L S Y A R I A H ( P P U K -S Y A R

Lebih terperinci

0,8 9 0,9 4 1,2 4 7,1 6 %

0,8 9 0,9 4 1,2 4 7,1 6 % P O L A P E M B I A Y A A N U S A H A K E C I L ( P P U K ) E M P I N G M E L I N J O P O L A P E M B I A Y A A N U S A H A K E C I L ( P P U K ) E M P I N G M E L I N J O B A N K I N D O N E S I A K A

Lebih terperinci

LAPORAN SURVEI. Survei: Kesadaran Merk Bakrie School of Management (BSM) di Kalangan Anak SMA se Jabodetabek

LAPORAN SURVEI. Survei: Kesadaran Merk Bakrie School of Management (BSM) di Kalangan Anak SMA se Jabodetabek LAPORAN SURVEI Survei: Kesadaran Merk Bakrie School of Management (BSM) di Kalangan Anak SMA se Jabodetabek Bidang Pemasaran Dra. Rochyati M. Pd. NIDN: 0315106304 Universitas Bakrie Kompleks GOR Soemantri

Lebih terperinci

PERATURAN DAERAH KOTA MALANG NOMOR 8 TAHUN 2011 TENTANG PENYERTAAN MODAL PADA PT. BANK JATIM DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA WALIKOTA MALANG,

PERATURAN DAERAH KOTA MALANG NOMOR 8 TAHUN 2011 TENTANG PENYERTAAN MODAL PADA PT. BANK JATIM DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA WALIKOTA MALANG, SALINAN NOMOR 3, 2011 PERATURAN DAERAH KOTA MALANG NOMOR 8 TAHUN 2011 TENTANG PENYERTAAN MODAL PADA PT. BANK JATIM DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA WALIKOTA MALANG, Menimbang : a. ba h wa pen yerta a

Lebih terperinci

Jumlah penduduk Kabupaten Kerinci berdasarkan hasil SP2010 adalah sebanyak orang dengan laju pertumbuhan sebesar 0,36 persen per tahun

Jumlah penduduk Kabupaten Kerinci berdasarkan hasil SP2010 adalah sebanyak orang dengan laju pertumbuhan sebesar 0,36 persen per tahun Jumlah penduduk Kabupaten Kerinci berdasarkan hasil SP2010 adalah sebanyak 229 387 orang dengan laju pertumbuhan sebesar 0,36 persen per tahun Sekapur Sirih Sebagai pengemban amanat Undang-undang Nomor

Lebih terperinci

HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN IBU TENTANG GARAM BERYODIUM DENGAN PEMILIHAN GARAM DI KELURAHAN BANARAN KECAMATAN BOYOLALI

HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN IBU TENTANG GARAM BERYODIUM DENGAN PEMILIHAN GARAM DI KELURAHAN BANARAN KECAMATAN BOYOLALI HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN IBU TENTANG GARAM BERYODIUM DENGAN PEMILIHAN GARAM DI KELURAHAN BANARAN KECAMATAN BOYOLALI KARYA TULIS ILMIAH Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Menyelesaikan

Lebih terperinci

Deskripsi karya Komposisi MARS WIJAYA KUSUMA SURABAYA

Deskripsi karya Komposisi MARS WIJAYA KUSUMA SURABAYA Deskripsi karya Komposisi MARS WIJAYA KUSUMA SURABAYA Karya : Heni Kusumawati /heni_kusumawati@uny.ac.id NIP : 19671126 199203 2 001 Latar Belakang Penciptaan Lagu Mars Wijaya Kusuma dibuat karena pada

Lebih terperinci

PUSAT PELATIHAN PEGAWAI DAN TENAGA PROGRAM. CB-M : Elly/P3TP/07

PUSAT PELATIHAN PEGAWAI DAN TENAGA PROGRAM. CB-M : Elly/P3TP/07 PUSAT PELATIHAN PEGAWAI DAN TENAGA PROGRAM 1 (Poerwanto, 2001) VISION MISSION VALUES Alignment z Shared values, norms, power z Equality z Mutual benefits z Networking z Collaboration Commitment z Valid

Lebih terperinci

1. S1 PRASETIYA MULYA

1. S1 PRASETIYA MULYA 1 S1 PRASETIYA MULYA Universitas Prasetiya Mulya adalah sekolah bisnis pertama di Indonesia yang menyelenggarakan Program MBA Sekolah ini didirikan tahun 1982 oleh sekelompok pengusaha dan pemimpin bisnis

Lebih terperinci

PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 38 TAHUN 2010 TENTANG PEDOMAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DASAR POLISI PAMONG PRAJA

PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 38 TAHUN 2010 TENTANG PEDOMAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DASAR POLISI PAMONG PRAJA MENTERI DALAM NEGERI REPUBLIK INDONESIA PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 38 TAHUN 2010 TENTANG PEDOMAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DASAR POLISI PAMONG PRAJA DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA

Lebih terperinci

1. S1 PRASETIYA MULYA

1. S1 PRASETIYA MULYA 1 S1 PRASETIYA MULYA Universitas Prasetiya Mulya adalah sekolah bisnis pertama di Indonesia yang menyelenggarakan Program MBA Sekolah ini didirikan tahun 1982 oleh sekelompok pengusaha dan pemimpin bisnis

Lebih terperinci

PEDOMAN PENYELENGGARAAN KARYA AKHIR PROGRAM PASCASARJANA MANAJEMEN DAN BISNIS INSTITUT PERTANIAN BOGOR

PEDOMAN PENYELENGGARAAN KARYA AKHIR PROGRAM PASCASARJANA MANAJEMEN DAN BISNIS INSTITUT PERTANIAN BOGOR PEDOMAN PENYELENGGARAAN KARYA AKHIR PROGRAM PASCASARJANA MANAJEMEN DAN BISNIS INSTITUT PERTANIAN BOGOR I. PENDAHULUAN 1.1 Dasar Pemikiran Globalisasi di berbagai sektor ekonomi dan bisnis membawa konsekuensi

Lebih terperinci

Sambutan Pengantar Presiden RI pada Sidang Kabinet Paripruna, Jakarta, 27 Oktober 2011 Kamis, 27 Oktober 2011

Sambutan Pengantar Presiden RI pada Sidang Kabinet Paripruna, Jakarta, 27 Oktober 2011 Kamis, 27 Oktober 2011 Sambutan Pengantar Presiden RI pada Sidang Kabinet Paripruna, Jakarta, 27 Oktober 2011 Kamis, 27 Oktober 2011 SAMBUTAN PENGANTAR PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA PADA ACARA SIDANG KABINET PARIPURNA DI GEDUNG

Lebih terperinci

praktek Kurikulum Elektronika Komunikasi STM Nege

praktek Kurikulum Elektronika Komunikasi STM Nege BAB III RANCANGAN PENELITIAN A. Tujuan Penelitian Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1. Relevansi antara mata kuliah di dalam Kurikulum Elektronika Komunikasi FPTK IKIP Bandung dengan ma ta

Lebih terperinci

PERATURAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 15 TAHUN 2014 TENTANG PERUBAHAN BENTUK PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN

PERATURAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 15 TAHUN 2014 TENTANG PERUBAHAN BENTUK PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN PERATURAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 15 TAHUN 2014 TENTANG PERUBAHAN BENTUK PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA, Menimbang Mengingat

Lebih terperinci

SISTEM ANALISIS SENTIMEN PRODUK OPERATOR SELULER PADA PESAN TWITTER BERBAHASA INDONESIA TUGAS AKHIR

SISTEM ANALISIS SENTIMEN PRODUK OPERATOR SELULER PADA PESAN TWITTER BERBAHASA INDONESIA TUGAS AKHIR SISTEM ANALISIS SENTIMEN PRODUK OPERATOR SELULER PADA PESAN TWITTER BERBAHASA INDONESIA TUGAS AKHIR Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Jurusan Teknik Informatika Oleh : Annisa

Lebih terperinci

USAHA PEMBUATAN GULA AREN

USAHA PEMBUATAN GULA AREN P O L A P E M B I A Y A A N U S A H A K E C I L ( P P U K ) G U L A A R E N ( G u l a S e m u t d a n C e t a k ) P O L A P E M B I A Y A A N U S A H A K E C I L ( P P U K ) G U L A A R E N ( G u l a S

Lebih terperinci

PEDOMAN PELAKSANAAN UPACARA BENDERA HARI GURU NASIONAL TAHUN 2014 DAN HUT KE-69 PGRI

PEDOMAN PELAKSANAAN UPACARA BENDERA HARI GURU NASIONAL TAHUN 2014 DAN HUT KE-69 PGRI PEDOMAN PELAKSANAAN UPACARA BENDERA HARI GURU NASIONAL TAHUN 2014 DAN HUT KE-69 PGRI KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KEMENTERIAN AGAMA PENGURUS BESAR PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2014

Lebih terperinci

PENDIDIKAN TECHNOPRENEURSHIP DI UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA (UMN) Dr. Ir. Winarno, M.Kom.

PENDIDIKAN TECHNOPRENEURSHIP DI UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA (UMN) Dr. Ir. Winarno, M.Kom. PENDIDIKAN TECHNOPRENEURSHIP DI UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA (UMN) Dr. Ir. Winarno, M.Kom. Latar Belakang Visi UMN: Menjadi Universitas Unggulan di bidang information and communication technology (ICT),

Lebih terperinci

PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 27 TAHUN 2014 TENTANG JARINGAN INFORMASI GEOSPASIAL NASIONAL DENGAN RAHMATTUHAN YANG MAHA ESA

PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 27 TAHUN 2014 TENTANG JARINGAN INFORMASI GEOSPASIAL NASIONAL DENGAN RAHMATTUHAN YANG MAHA ESA PERATURAN PRESIDEN NOMOR 27 TAHUN 2014 TENTANG JARINGAN INFORMASI GEOSPASIAL NASIONAL DENGAN RAHMATTUHAN YANG MAHA ESA PRESIDEN, Menimbang a. bahwa untuk memberikan kemudahan dalam berbagi pakai dan penyebarluasan

Lebih terperinci

1, 1 PENANGKAPAN IKAN DENGAN PURSE SEINE

1, 1 PENANGKAPAN IKAN DENGAN PURSE SEINE P O L A P E M B I A Y A A N U S A H A K E C I L ( P P U K ) P E N A N G K A P A N I K A N D E N G A N P U R S E S E I N E P O L A P E M B I A Y A A N U S A H A K E C I L ( P P U K ) P E N A N G K A P A

Lebih terperinci

PERATURAN MENTERI PEMUDA DAN OLAHRAGA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 0059 TAHUN 2013 TENTANG PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN PEMUDA

PERATURAN MENTERI PEMUDA DAN OLAHRAGA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 0059 TAHUN 2013 TENTANG PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN PEMUDA PERATURAN MENTERI PEMUDA DAN OLAHRAGA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 0059 TAHUN 2013 TENTANG PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN PEMUDA DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA MENTERI PEMUDA DAN OLAHRAGA REPUBLIK INDONESIA,

Lebih terperinci

RENCANA OPERASIONAL PERIODE PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI

RENCANA OPERASIONAL PERIODE PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI RENCANA OPERASIONAL PERIODE 2009-2013 PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL UNIVERSITAS BRAWIJAYA FAKULTAS TEKNIK PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI MALANG 2008 KATA PENGANTAR Puji syukur

Lebih terperinci

1. Buku tentang GCG AKHIRNYA TERBIT JUGA.

1. Buku tentang GCG AKHIRNYA TERBIT JUGA. Ini adalah buku yang disusun oleh Muhammad Arief Effendi - Pak Lurah, yang sudah memasuki edisi cetakan ke 2, dan segera akan terbit dalam edisi Bahasa Inggris, hard cover version. Mohon doanya semoga

Lebih terperinci

PENDEKATAN SISTEM. masalah. Solusi

PENDEKATAN SISTEM. masalah. Solusi PENDEKATAN SISTEM 1. Pemecahan Masalah Masalah m eru pa ka n s u a tu kon disi ya n g m em iliki poten s i u n tu k m en im bu lkan keru gian lu ar biasa atau m en gh asilkan keu n tu n gan lu ar bia s

Lebih terperinci

6 S u k u B u n g a 1 5 % 16,57 % 4,84 tahun PENGOLAHAN IKAN BERBASIS FISH JELLY PRODUCT

6 S u k u B u n g a 1 5 % 16,57 % 4,84 tahun PENGOLAHAN IKAN BERBASIS FISH JELLY PRODUCT P O L A P E M B I A Y A A N U S A H A K E C I L ( P P U K ) P E N G O L A H A N I K A N B E R B A S I S F I S H J E L L Y P R O D U C T ( O T A K -O T A K d a n K A K I N A G A ) P O L A P E M B I A Y

Lebih terperinci

Eco Office: SEIKETSU RAWAT

Eco Office: SEIKETSU RAWAT Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program Edisi 29/Juli 2013 Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi Penyimpanan Terpusat Permudah Penelusuran Arsip Sistem Baru Orientasi Maba ITS Akhirnya Disepakati

Lebih terperinci

PER A T U R A N D A ER A H KA BU PA T EN SER D A N G BED A G A I

PER A T U R A N D A ER A H KA BU PA T EN SER D A N G BED A G A I LE M B A R A N D A E R A H K A B U P A TE N S E R D A N G B E D A G A I N O M O R 9 T A H U N 200 6 PER A T U R A N D A ER A H KA BU PA T EN SER D A N G BED A G A I N O M O R 9 T A H U N 2006 T EN T A

Lebih terperinci

BUPATI PURWOREJO P E R A T U R A N BUPATI P U R W O R E J O. N O M O R : 1 8 T A H U N 2006 T E N T A N G

BUPATI PURWOREJO P E R A T U R A N BUPATI P U R W O R E J O. N O M O R : 1 8 T A H U N 2006 T E N T A N G SALINAN 1 BUPATI PURWOREJO P E R A T U R A N BUPATI P U R W O R E J O. N O M O R : 1 8 T A H U N 2006 T E N T A N G K O D E D A N D A T A W I L A Y A H A D M I N I S T R A SI P E M E R I N T A H A N K

Lebih terperinci

BAB 5 HASIL DAN PEMBAHASAN DESAIN. Secara keseluruhan desain yang diterapkan dalam perancangan ulang kemasan produk

BAB 5 HASIL DAN PEMBAHASAN DESAIN. Secara keseluruhan desain yang diterapkan dalam perancangan ulang kemasan produk BAB 5 HASIL DAN PEMBAHASAN DESAIN Secara keseluruhan desain yang diterapkan dalam perancangan ulang kemasan produk enye-enye Ny. Ing ini menggunakan elemen-elemen desain yang dapat mendukung tone and manner

Lebih terperinci

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA WALIKOTA MALANG,

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA WALIKOTA MALANG, SALINAN NOMOR 13/2014 PERATURAN DAERAH KOTA MALANG NOMOR 8 TAHUN 2014 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN DAERAH KOTA MALANG NOMOR 5 TAHUN 2012 TENTANG ORGANISASI DAN TATA KERJA SEKRETARIAT DAERAH, SEKRETARIAT

Lebih terperinci

LAMPIRAN I PERATURAN BUPATI SLEMAN NOMOR TAHUN 2016 TENTANG RENCANA KERJA PEMERINTAH DAERAH TAHUN 2017 BAB I PENDAHULUAN. 1.1.

LAMPIRAN I PERATURAN BUPATI SLEMAN NOMOR TAHUN 2016 TENTANG RENCANA KERJA PEMERINTAH DAERAH TAHUN 2017 BAB I PENDAHULUAN. 1.1. LAMPIRAN I PERATURAN BUPATI SLEMAN NOMOR TAHUN 2016 TENTANG RENCANA KERJA PEMERINTAH DAERAH TAHUN 2017 RENCANA KERJA PEMERINTAH DAERAH TAHUN 2017 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Rencana Kerja Pemerintah

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Bintaro Sektor 9. Jl. Jend. Sudirman Blok B9/1-05. Tangerang Selatan. 1

BAB I PENDAHULUAN. Bintaro Sektor 9. Jl. Jend. Sudirman Blok B9/1-05. Tangerang Selatan. 1 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Masalah Lee Cooper merupakan salah satu merek denim yang paling pertama di Eropa. Banyak di gandrungi dan di pakai di seluruh dunia. Lee Cooper telah hadir di 85 negara.

Lebih terperinci

PERATURAN WALIKOTA MALANG NOMOR 25 TAHUN 2013 TENTANG TARIP TAKSI ARGOMETER DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA WALIKOTA MALANG,

PERATURAN WALIKOTA MALANG NOMOR 25 TAHUN 2013 TENTANG TARIP TAKSI ARGOMETER DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA WALIKOTA MALANG, SALINAN NOMOR 25, 2013 PERATURAN WALIKOTA MALANG NOMOR 25 TAHUN 2013 TENTANG TARIP TAKSI ARGOMETER DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA WALIKOTA MALANG, Menimbang : a. ba h wa den ga n a da n ya kenaikan

Lebih terperinci

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA WALIKOTA MALANG,

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA WALIKOTA MALANG, 1 SALINAN NOMOR 11/2014 PERATURAN DAERAH KOTA MALANG NOMOR 4 TAHUN 2014 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN DAERAH KOTA MALANG NOMOR 17 TAHUN 2002 TENTANG PERUSAHAAN DAERAH RUMAH POTONG HEWAN DENGAN RAHMAT

Lebih terperinci

Student Journalism 2015

Student Journalism 2015 PROPOSAL Student Journalism 2015 KOMUNITAS PERS INTERN (KOPI) FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS PADJADJARAN 2015 www.kopi-s1.feb.unpad.ac.id LATAR BELAKANG KEGIATAN Jurnalistik memberi banyak kontribusi

Lebih terperinci

levan dengan dokumen Kurikulum Elektronika Komuni-

levan dengan dokumen Kurikulum Elektronika Komuni- BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASANNYA A. Kesimpulan Hasil Penelitian Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan terhadap Kurikulum Elektronika Komunikasi FPTK IKIP Bandung maupun Kurikulum

Lebih terperinci

MENTER! KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA SALIN AN PERATURAN MENTER! KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA 41/PMK.OS/2015 TENTANG

MENTER! KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA SALIN AN PERATURAN MENTER! KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA 41/PMK.OS/2015 TENTANG MENTER! KEUANGAN SALIN AN PERATURAN MENTER! KEUANGAN NOMOR 41/PMK.OS/2015 TENTANG TARIF LAYANAN BADAN LAYANAN UMUM UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA PADA KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI DENGAN

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. berhubungan erat dengan teknologi informasi, dimana. penerapannya mengarah kepada kemajuan teknologi masa depan.

BAB I PENDAHULUAN. berhubungan erat dengan teknologi informasi, dimana. penerapannya mengarah kepada kemajuan teknologi masa depan. 1 BAB I PENDAHULUAN Ilmu Teknik Informatika adalah suatu ilmu yang sangat berhubungan erat dengan teknologi informasi, dimana penerapannya mengarah kepada kemajuan teknologi masa depan. Perkembangan dunia

Lebih terperinci

S U RV E Y I ND I KATOR A K SES DAN P E NGG UN AAN T IK PA DA RU MA H TAN GGA

S U RV E Y I ND I KATOR A K SES DAN P E NGG UN AAN T IK PA DA RU MA H TAN GGA B U KU S AK U S U RV E Y I ND I KATOR A K SES DAN P E NGG UN AAN T IK PA DA RU MA H TAN GGA TA H U N 2 0 1 4 K E M E N T E R I A N KO M U N I KA S I DA N I N F O R M AT I KA B U KU SAK U S U RV E Y I ND

Lebih terperinci

CONSOLIDATION DÉMOCRATIQUE ET D ENRACINEMENT DE LA BONNE GOUVERNANCE

CONSOLIDATION DÉMOCRATIQUE ET D ENRACINEMENT DE LA BONNE GOUVERNANCE LAPORAN KEGIATAN BKSAP DPR RI MENJADI NARA SUMBER DALAM SEMINAR INTERNASIONAL : PROSES DAN TUJUAN DENGAN TEMA CONSOLIDATION DÉMOCRATIQUE ET D ENRACINEMENT DE LA BONNE GOUVERNANCE TANGGAL 10-11 JUNI 2013,

Lebih terperinci

RANCANGAN ANGGARAN DASAR ORGANISASI PEMERINTAHAN MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA PEMBUKAAN

RANCANGAN ANGGARAN DASAR ORGANISASI PEMERINTAHAN MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA PEMBUKAAN RANCANGAN ANGGARAN DASAR ORGANISASI PEMERINTAHAN MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA PEMBUKAAN Bahwa sesungguhnya pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban

Lebih terperinci

KETETAPAN DEWAN PERWAKILAN MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA NOMOR 09/TAP/DPM UI/III/2013

KETETAPAN DEWAN PERWAKILAN MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA NOMOR 09/TAP/DPM UI/III/2013 KETETAPAN DEWAN PERWAKILAN MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA NOMOR 09/TAP/DPM UI/III/2013 TENTANG MEKANISME SELEKSI HAKIM MAHKAMAH MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA DEWAN

Lebih terperinci

JOB DESCRIPTION KOORDINATOR ASSISTEN LSAI

JOB DESCRIPTION KOORDINATOR ASSISTEN LSAI JOB DESCRIPTION KOORDINATOR ASSISTEN LSAI IDENTITAS JABATAN Job Title : Koordinator Assisten Division / Department : - Reports to : Kepala Laboratorium Last Updated : Oktober 2015 TUJUAN JABATAN Membantu

Lebih terperinci

PENUMBUHAN WIRAUSAHA BARU INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH

PENUMBUHAN WIRAUSAHA BARU INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH PENUMBUHAN WIRAUSAHA BARU INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH PERKEMBANGAN DAN PROGRAM KEGIATAN DIREKTORAT JENDERAL INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH Disampaikan oleh: Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Pada

Lebih terperinci

PEMERINTAH KABUPATEN KUBU RAYA

PEMERINTAH KABUPATEN KUBU RAYA PEMERINTAH KABUPATEN KUBU RAYA PERATURAN DAERAH KABUPATEN KUBU RAYA NOMOR 1 TAHUN 2008 TENTANG LAMBANG DAERAH KABUPATEN KUBU RAYA DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA BUPATI KUBU RAYA, Menimbang : a bahwa

Lebih terperinci

BAB II TUGAS DAN FUNGSI SEKRETARIAT DAERAH

BAB II TUGAS DAN FUNGSI SEKRETARIAT DAERAH BAB II TUGAS DAN FUNGSI SEKRETARIAT DAERAH II.1. Struktur Organisasi B A G A N O R G A NIS A S I S E K R E T A R IA T D A E R A H K A B U P A T E N P E L A L A W A N B u p a t i W a kil Bup ati S e kr

Lebih terperinci

EVALUASI KINERJA TRANSJAKARTA BUSWAY KORIDOR I RUTE (BLOK M-KOTA) Oleh : ANINDITO PERDANA ( )

EVALUASI KINERJA TRANSJAKARTA BUSWAY KORIDOR I RUTE (BLOK M-KOTA) Oleh : ANINDITO PERDANA ( ) EVALUASI KINERJA TRANSJAKARTA BUSWAY KORIDOR I RUTE (BLOK M-KOTA) Oleh : ANINDITO PERDANA (3105.100.056) DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN BAB II TINJAUAN PUSTAKA BAB III METODOLOGI BAB IV DATA DAN PEMBAHASAN

Lebih terperinci

Make It Happen! - Siapakah Thomas...

Make It Happen! - Siapakah Thomas... 62 2. Apa itu entrpreneur$ Menyadari potensi bisnis ini yang demikian dahsyat dan luar biasa, sebagai pendiri dan pemilik agency, saya dan Pak Rudy Theios, sangat menyadari arti dari kualitas dan reputasi

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. satu sumber informasi yang bersifat satu arah, linear communication.

BAB I PENDAHULUAN. satu sumber informasi yang bersifat satu arah, linear communication. BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Televisi merupakan salah satu dari sekian banyak sumber hiburan yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari kita. Televisi juga merupakan bagian yang tidak dapat

Lebih terperinci

SAMBUTAN KUNCI MENTERI KOORDINATOR BIDANG POLITIK, HUKUM DAN KEAMANAN PADA PERTEMUAN BAKOHUMAS TINGKAT NASIONAL DAN ANUGERAH MEDIA HUMAS TAHUN 2013

SAMBUTAN KUNCI MENTERI KOORDINATOR BIDANG POLITIK, HUKUM DAN KEAMANAN PADA PERTEMUAN BAKOHUMAS TINGKAT NASIONAL DAN ANUGERAH MEDIA HUMAS TAHUN 2013 SAMBUTAN KUNCI MENTERI KOORDINATOR BIDANG POLITIK, HUKUM DAN KEAMANAN PADA PERTEMUAN BAKOHUMAS TINGKAT NASIONAL DAN ANUGERAH MEDIA HUMAS TAHUN 2013 Solo, 20 November 2013 Yth. Menteri Komunikasi dan Informatika

Lebih terperinci

AKT IVITA S PE NGE LOL AA N 5: SUMBER DAYA MANUSIA

AKT IVITA S PE NGE LOL AA N 5: SUMBER DAYA MANUSIA SUMBER DAYA MANUSIA Dalam implementasi manajemen sumber daya manusia, kami menerapkan budaya sharing session sebagai bentuk aktivitas mempertajam nilai organisasi Perseroan. Hasil positif yang dicapai

Lebih terperinci

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA WALIKOTA MALANG,

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA WALIKOTA MALANG, SALINAN NOMOR 34, 2013 PERATURAN WALIKOTA MALANG NOMOR 34 TAHUN 2013 TENTANG PERUBAHAN KEDUA ATAS PERATURAN WALIKOTA MALANG NOMOR 20 TAHUN 2013 TENTANG TATA CARA PEMBAYARAN, PENYETORAN, TEMPAT PEMBAYARAN,

Lebih terperinci

RENCANA STRATEGIS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA

RENCANA STRATEGIS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA RENCANA STRATEGIS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2014-2018 Kata Pengantar RENCANA STRATEGIS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN

Lebih terperinci

company profile Untitled-1.indd 1 01/09/ :51:55

company profile Untitled-1.indd 1 01/09/ :51:55 company profile Untitled-1.indd 1 01/09/2009 16:51:55 Untitled-1.indd 2 01/09/2009 16:51:55 LATAR BELAKANG INSTITUT ASESMEN INDONESIA (IAI) didirikan di Jakarta pada tahun 2007 oleh Jahja Umar Ph.D, IAI

Lebih terperinci

JADW AL ACARA MU S YAW AR AH DAE R AH I DH AR MA W ANI T A P ER S AT U AN P R OVI NS I DKI JAKARTA

JADW AL ACARA MU S YAW AR AH DAE R AH I DH AR MA W ANI T A P ER S AT U AN P R OVI NS I DKI JAKARTA JADW AL ACARA MU S YAW AR AH DAE R AH I DH AR MA W ANI T A P ER S AT U AN P R OVI NS I DKI JAKARTA H ar i Pertama S elas a, 3 Mei 2005 A. 08.00-10.00 P E MB U K AAN MU S DA I 2. Pembukaan Hymne Dharma

Lebih terperinci

Shopfloor Leadership

Shopfloor Leadership Company LOGO PROPOSAL In- House Training Shopfloor Leadership Prepared By : PT INDO HUMAN RESOURCE www.corphr.com Profil Perusahaan PT. Indo Human Resource berdiri pada tanggal 16 Agustus 2005 di Jakarta

Lebih terperinci

Training Needs Analysis. Jakarta,2 Maret 2017 Hotel Ashley Wahid Hasyim Pkl wib

Training Needs Analysis. Jakarta,2 Maret 2017 Hotel Ashley Wahid Hasyim Pkl wib Training Needs Analysis Jakarta,2 Maret 2017 Hotel Ashley Wahid Hasyim Pkl 13.00-17.00 wib 1 Latar Belakang Training Need Analysis (TNA) atau Analisis Kebutuhan Pelatihan adalah proses mengidentifikasi

Lebih terperinci

TERMS OF REFERENCE DREAM MAKER

TERMS OF REFERENCE DREAM MAKER TERMS OF REFERENCE DREAM MAKER A. TENTANG THE LEADER The Leader adalah sebuah perkumpulan pemuda yang ada di Banda Aceh dan terbentuk tanggal 27 Desember 2012. The Leader beranggotakan sepuluh pemuda dari

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS PROSES SIARAN DAKWAH DI RRI (RADIO REPUBLIK INDONESIA) PRO 2 SEMARANG

BAB IV ANALISIS PROSES SIARAN DAKWAH DI RRI (RADIO REPUBLIK INDONESIA) PRO 2 SEMARANG 74 BAB IV ANALISIS PROSES SIARAN DAKWAH DI RRI (RADIO REPUBLIK INDONESIA) PRO 2 SEMARANG 4.1. Analisis Proses Siaran Dakwah Pada Program Acara Zona Religi di RRI (Radio Republik Indonesia) Pro 2 Semarang.

Lebih terperinci

BAB IV GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN. komunitas itu maka wadah untuk berkarya pun semakin jelas dan terarah.

BAB IV GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN. komunitas itu maka wadah untuk berkarya pun semakin jelas dan terarah. 4.1 Sejarah Instansi BAB IV GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN Berawal dari komunitas Blender Indonesia pada tahun 2009. Muncullah sebuah motivasi dari para animator Surabaya yang sekaligus anggita dari Blender

Lebih terperinci

: 12/K/-/VIII/2014 : Undangan Seminar Nasional Konsorsium Rumpun Ilmu Bidang Infokom & Metode Pembelajaran Inovatif dan Halal Bi Halal

: 12/K/-/VIII/2014 : Undangan Seminar Nasional Konsorsium Rumpun Ilmu Bidang Infokom & Metode Pembelajaran Inovatif dan Halal Bi Halal No Hal Lampiran : 12/K/-/VIII/2014 : Undangan Seminar Nasional Konsorsium Rumpun Ilmu Bidang Infokom & Metode Pembelajaran Inovatif dan Halal Bi Halal : 2 eksemplar Kepada Yth. Ketua Institusi / Kaprodi

Lebih terperinci

A. VISI DAN MISI JURUSAN

A. VISI DAN MISI JURUSAN A. VISI DAN MISI JURUSAN Berdasarkan statuta Universitas Negeri Malang dan buku Pedoman Pendidikan UM Edisi 2006, Jurusan Matematika merupakan unsur pelaksana akademik FMIPA Universitas Negeri Malang,

Lebih terperinci

ITS Raih Medali Perak Kompetisi 5R se-jawa Timur

ITS Raih Medali Perak Kompetisi 5R se-jawa Timur Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program Edisi 01/Januari 2014 Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi ITS Raih Medali Perak Kompetisi 5R se-jawa Timur Kurikulum 2014, Selaraskan KKNI dan Visi

Lebih terperinci

Kebijakan dan Langkah Strategis Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia Unggul

Kebijakan dan Langkah Strategis Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia Unggul Term of Reference Seminar dan Diskusi Nasional: Kebijakan dan Langkah Strategis Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia Unggul Kamis, 13 Agustus 2015 Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat

Lebih terperinci

BAB II DESKRIPSI OBJEK PENELITIAN

BAB II DESKRIPSI OBJEK PENELITIAN BAB II DESKRIPSI OBJEK PENELITIAN A. Sejarah Carrefour Carrefour Indonesia memulai sejarahnya di Indonesia pada bulan Oktober 1998 dengan membuka unit pertama di Cempaka Putih. Pada saat yang sama, Continent,

Lebih terperinci

BAB 1 PENDAHULUAN. kelebihan pencari kerja. Solusi utama mengatasi kemiskinan dan pengangguran adalah

BAB 1 PENDAHULUAN. kelebihan pencari kerja. Solusi utama mengatasi kemiskinan dan pengangguran adalah BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Indonesia masih kekurangan sumber daya manusia pencipta lapangan kerja dan kelebihan pencari kerja. Solusi utama mengatasi kemiskinan dan pengangguran adalah menciptakan

Lebih terperinci

SOSIALISASI BEASISWA BIDIKMISI DAN BANTUAN BIAYA PENDIDIKAN PENINGKATAN PRESTASI AKADEMIK TAHUN Kopertis Wilayah III Jakarta, 24 Juni 2014

SOSIALISASI BEASISWA BIDIKMISI DAN BANTUAN BIAYA PENDIDIKAN PENINGKATAN PRESTASI AKADEMIK TAHUN Kopertis Wilayah III Jakarta, 24 Juni 2014 SOSIALISASI BEASISWA BIDIKMISI DAN BANTUAN BIAYA PENDIDIKAN PENINGKATAN PRESTASI AKADEMIK TAHUN 2014 Kopertis Wilayah III Jakarta, 24 Juni 2014 Beasiswa BPP- PPA B- PPA Bidik misi Beasiswa Dasar Undang-Undang

Lebih terperinci

BUKU GURU UNTUK PAKET CERDAS KB

BUKU GURU UNTUK PAKET CERDAS KB BUKU GURU UNTUK PAKET CERDAS KB JUDUL BUKU : SOBEK TEMPEL HALAMAN : 1-2 KELOMPOK : KB KARAKTER : Tolong Menol TEMA : Diri Sendiri Sama, Gotong NO MATERI URAIAN WAKTU SUMBER * Bermain lempar tangkap bola

Lebih terperinci

Successful Recruitment (Jurus Jitu mendapatkan Karyawan Berkualitas) Agustus 2009 Apartemen Batavia, Jakarta Pkl wib -17.

Successful Recruitment (Jurus Jitu mendapatkan Karyawan Berkualitas) Agustus 2009 Apartemen Batavia, Jakarta Pkl wib -17. Service Leadership Workshop Successful Recruitment (Jurus Jitu mendapatkan Karyawan Berkualitas) 11-12 Agustus 2009 Apartemen Batavia, Jakarta Pkl. 09.00 wib -17.00 wib Kesuksesan dari sebuah perusahaan

Lebih terperinci