BAB 1 PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "BAB 1 PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang"

Transkripsi

1 BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Medan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia, yang terus berkembang dengan pesat dari waktu ke waktu. Perkembangan kota Medan terlihat dengan terus bertambahnya bangunan-bangunan perhotelan, pusat perbelanjaan serta lokasi-lokasi yang menjadi tempat hiburan bagi warga kota Medan. Pesatnya perkembangan kota Medan, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke Medan. Hal ini tentunya menjadi keuntungan bagi bidang pariwisata kota Medan, karena wisatawan yang berkunjung akan menambah pemasukan bagi kas kota Medan. Pemerintah Kota khususnya bidang pariwisata juga semakin gencar mengadakan kegiatan-kegiatan untuk terus menarik wisatawan agar datang ke kota Medan. Selain daripada tempat-tempat hiburan, Medan juga merupakan kota yang memiliki banyak nilai sejarah. Terdapat banyak tempat-tempat di Medan yang menyimpan sejarah tentang asal usul kota Medan. Sayangnya, saat ini tidak banyak di temukan media yang memberikan informasi tentang keberadaan situs situs bersejarah tersebut. Padahal, apabila tempat-tempat ini lebih diperhatikan lagi, tentunya akan memberikan nilai tambah bagi sektor pariwisata kota Medan. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah media informasi untuk lebih memperkenalkan lagi wisata sejarah di kota Medan. Media informasi ini akan memanfaatkan teknologi Augmented Reality yang sedang berkembang pada saat ini. Augmented Reality (AR) adalah suatu teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata (Adom, 2014). AR adalah cara baru dan menyenangkan dimana manusia berinteraksi dengan komputer

2 2 karena dapat membawa objek virtual ke lingkungan pengguna, memberikan pengalaman visualisasi yang alami dan menyenangkan. Dengan diciptakannya media berteknologi Augmented Reality ini, diharapkan dapat menjadi sumber informasi wisata sejarah yang lebih interaktif dan tentunya bermanfaat bagi wisatawan yang berkunjung ke kota Medan. Berdasarkan latar belakang yang telah penulis uraikan diatas, maka akan dilakukan penelitian dengan judul Implementasi Augmented Reality Dalam Pembuatan Media Informasi Wisata Sejarah Kota Medan Pada Platform Android. Penelitian akan dilakukan di beberapa tempat bersejarah di Kota Medan. 1.2 Rumusan Masalah Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mengimplementasikan teknologi Augmented Reality untuk membuat suatu media yang menampilkan informasi wisata sejarah di kota Medan dalam bentuk 3D, dan tentunya lebih menarik dan interaktif. 1.3 Batasan Masalah Batasan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Aplikasi yang dibangun berjalan pada sistem operasi Android dengan menggunakan bahasa pemrograman C# dan Unity 3D sebagai pembangun aplikasi. 2. Perancangan bangunan tempat bersejarah dibuat model 3D dengan Blender 3D sebagai software perancangan model dan menggunakan library Vuforia SDK 3. Sistem yang dibangun menggunakan marker yang bersifat markerless dan telah diregistrasikan pada situs pengembang Vuforia ( 4. Output yang dihasilkan adalah model bangunan bersejarah di kota Medan dalam bentuk 3D sebanyak 5 objek bangunan dan 1 buah video. 5. Sistem yang dihasilkan memiliki fitur rotate, zoom in dan zoom out. 6. Proses pelacakan marker menggunakan teknik multi target tracking, dimana beberapa marker dilacak secara bersamaan dan akan memunculkan objek 3D secara bersamaan.

3 3 7. Sistem menggunakan kamera smartphone sebagai alat inputnya yang sudah diintegrasikan dengan aplikasi Augmented Reality untuk menangkap citra yang telah ditentukan (diregistrasikan). 1.4 Tujuan Penelitian Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun sebuah aplikasi media informasi wisata sejarah kota Medan dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality berbasis android. 1.5 Manfaat Penelitian Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah 1. Sistem yang dibuat dapat mempermudah penyampaian informasi kepada wisatawan mengenai wisata sejarah yang ada di kota Medan, Serta menampilkan informasi mengenai sejarah dari masing masing bangunan. 2. Sistem dapat menampilkan model bangunan - bangunan bersejarah yang ada di kota Medan, sehingga para wisatawan atau user dapat membayangkan bentuk bangunan bersejarah di kota Medan. 3. Sistem dapat digunakan untuk mempromosikan sisi pariwisata kota Medan. 1.6 Metodologi Penelitian Metode penelitian yang akan digunakan adalah: 1. Studi Literatur Pada tahap ini dilakukan pembelajaran terhadap buku-buku Android, artikel-artikel, jurnal-jurnal, serta beberapa penelitian tentang Augmented Reality.

4 4 2. Analisis dan Perancangan Pada tahap ini dilakukan analisis terhadap masalah, proses, cara kerja, dan solusi dalam Augmented Reality, lalu dilakukan perancangan untuk menyelesaikan masalah yang ditemukan pada analisis. 3. Implementasi Pada tahap ini dilakukan pembuatan program dengan menggunakan Adobe Photoshop CS 4, dan Blender 3D, Unity 5, Vuforia, Android SDK. 4. Pengujian Dilakukan pengujian terhadap sistem yang telah dibuat berdasarkan analisis dan perancangan sebelumnya. Apakah aplikasi dapat berjalan sesuai teori dan tujuan dari penelitian. Jika ditemukan kesalahan maka akan dilakukan perbaikan terhadap aplikasi. 5. Dokumentasi Dokumentasi dibuat sebagai laporan hasil penelitian dalam bentuk skripsi sesuai dengan format penulisan penelitian yang sudah ditentukan. 1.7 Sistematika Penulisan Adapun langkah-langkah dalam menyelesaikan penelitian ini adalah sebagai berikut: BAB 1 : PENDAHULUAN Bab ini akan menjelaskan mengenai latar belakang pemilihan judul skripsi Implementasi Augmented Reality Dalam Pembutan Media Informasi Wisata Sejarah Kota Medan Pada Platform Android, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, metodologi penelitian, dan sistematika penulisan.. BAB 2 : LANDASAN TEORI Bab ini membahas mengenai teori-teori yang berkaitan dengan perancangan aplikasi historicar. BAB 3 : ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM Bab ini menjelaskan analisis yang dilakukan terhadap permasalahan dan penyelesaian persoalan tentang perancangan sistem.

5 5 BAB 4 : IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN Bab ini berisi implemetasi perancangan sistem yang telah dibuat serta pengujian sistem untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari sistem yang sudah dibuat. BAB 5 : KESIMPULAN DAN SARAN Bab ini berisi kesimpulan yang didapat dari keseluruhan uraian pada bab sebelumnya dan saran yang diharapkan dapat bermanfaat dalam pengembangan penelitian berikutnya.