Universitas Pendidikan Indonesia

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Universitas Pendidikan Indonesia"

Transkripsi

1 A

2

3 Tentang Universitas Pendidikan Indonesia Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi menetapkan UPI sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH). Sebagai perguruan tinggi negeri badan hukum yang bersifat otonom, UPI bertekad menunaikan tugasnya secara bertanggung jawab, mandiri, berintegritas tinggi, dengan memperhatikan aspek transparansi, akuntabilitas, pertumbuhan, keselarasan, pemerataan, dan keterjangkauan. Dengan visi Pelopor dan Unggul (A Leading and Outstanding), UPI mengemban misi: a) Menyelenggarakan pendidikan dengan membina dan mengembangkan disiplin ilmu pendidikan dan pendidikan disiplin ilmu, serta disiplin ilmu agama, ilmu sosial, ilmu alam, ilmu formal, dan ilmu terapan secara proporsional untuk memperkuat disiplin ilmu pendidikan dan pendidikan disiplin ilmu; b) Menyelenggarakan penelitian untuk menciptakan dan mengembangkan teori dan praktik pendidikan serta keilmuan lain yang inovatif dan berakar pada kearifan lokal; c) Mengembangkan pendidikan profesional guru yang terintegrasi dalam pendidikan akademik dan profesi untuk semua jalur dan jenjang pendidikan; dan d) Menyebarluaskan pengalaman dan temuan inovatif dalam disiplin ilmu pendidikan, pendidikan disiplin ilmu, ilmu agama, ilmu humaniora, ilmu sosial, ilmu alam, ilmu formal, dan ilmu terapan demi kemajuan masyarakat. Dalam melaksanakan visi dan misinya, Universitas Pendidikan Indonesia menganut nilai keimanan dan ketakwaan; kebenaran hakiki; ilmiah, edukatif, dan religius; hak asasi manusia; demokrasi; dan silih asih, silih asah, serta silih asuh. Dengan menganut nilai tersebut, UPI bertujuan (a) Menghasilkan pendidik, tenaga kependidikan, ilmuwan dan tenaga ahli pada semua jenis dan program pendidikan tinggi, yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif global; dan (b) Menghasilkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penerimaan Mahasiswa Baru 2017 Universitas Pendidikan Indonesia menerima mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018 melalui tiga jalur. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN); Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN); Seleksi Mandiri Universitas Pendidikan Indonesia (SM-UPI).

4 SNMPTN 1. SNMPTN merupakan mekanisme seleksi nasional penerimaan mahasiswa berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi siswa SMA/MA dan SMK dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta Portofolio Akademik. 2. Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa. 3. Sekolah yang siswanya akan mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS. 4. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa nasional (NISN), memiliki prestasi unggul dan rekam jejak prestasi akademik, serta terdaftar di PDSS. 5. Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN yang dipilih tentang ketentuan yang terkait dengan penerimaan mahasiswa baru. 6. Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah: a. SMA/MA, SMK/MAK negeri maupun swasta, termasuk SRI di luar negeri yang mempunyai NPSN. b. Sekolah tersebut telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar. 7. Siswa yang berhak mengikuti SNMPTN adalah: a. Memiliki prestasi unggul, yaitu calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga, semester empat dan semester lima, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut: i. akreditasi A, 50% terbaik di sekolahnya; ii. akreditasi B, 30% terbaik di sekolahnya; iii. akreditasi C, % terbaik di sekolahnya; iv. akreditasi lainnya, 5% terbaik di sekolahnya. b. Memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS, c. Memiliki nilai rapor semester satu sampai semester lima (bagi siswa SMA/MA, SMK tiga tahun) atau nilai rapor semester satu sampai semester tujuh (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS. d. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN (dapat dilihat pada laman Tata cara mengikuti SNMPTN Tata cara mengikuti SNMPTN dilakukan melalui tiga tahap: 1. Pengisian PDSS oleh sekolah dan veri kasi oleh siswa; 2. Pemeringkatan; 3. Pendaftaran oleh siswa. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui web:

5 Jadwal SNMPTN Jadwal pelaksanaan SNMPTN adalah sebagai berikut: Pengisian PDSS : Januari Februari 2017 Veri kasi PDSS : 15 Januari 12 Februari 2017 Pendaftaran SNMPTN : Februari 6 Maret 2017 Pencetakan Kartu Tanda Peserta SNMPTN : Maret April 2017 Proses Seleksi : 15 Maret 15 April 2017 Pengumuman Hasil Seleksi : 26 April 2017 Proses veri kasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN masingmasing bagi yang lulus seleksi tanggal 16 Mei 2017 (bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2017). Biaya seleksi ditanggung Pemerintah, sehingga siswa pelamar tidak dikenai biaya seleksi Catatan : Siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi yang pendaftarannya dilakukan via laman Cerdas Istimewa dan Bakat Istimewa (CIBI) Melalui jalur SNMPTN 2017, UPI juga menyelenggarakan penerimaan calon mahasiswa baru UPI yang berasal dari siswa cerdas istimewa dan bakat istimewa, yaitu seleksi calon mahasiswa baru UPI yang diselenggarakan melalui penjaringan prestasi akademik istimewa dan bakat istimewa siswa SMA/MA/SMK/MAK. Prestasi akademik istimewa berupa kemampuan siswa yang istimewa dalam bidang akademik berupa perolehan prestasi akademik maupun kejuaraan dalam bidang akademik pada tingkat provinsi, nasional, maupun internasional. Bakat istimewa berupa kemampuan atau prestasi dalam bidang tertentu pada tingkat nasional atau internasional. Penerimaan calon mahasiswa baru yang berasal dari siswa dengan kecerdasan istimewa dan bakat istimewa ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa yang memiliki kecerdasan istimewa dan bakat istimewa menempuh pendidikan di UPI dan diharapkan mampu berkontribusi dalam bidang pendidikan secara optimal. Persyaratan Dokumen Penerimaan Calon Mahasiswa CIBI 1. Mengisi data pada PDSS 2017; 2. Mendaftar sebagai peserta SNMPTN 2017; 3. Surat rekomendasi Kepala Sekolah dengan melampirkan bukti pendaftaran pada SNMPTN (Kartu Peserta SNMPTN 2017) 4. Melampirkan fotocopy bukti prestasi/kejuaraan pada tingkat nasional dan internasional dilegalisir 5. Seluruh Dokumen dikirim ke Direktorat Akademik UPI Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung pada tanggal 15 Maret 2017 (Cap Pos)

6 Seleksi Daya tampung calon mahasiswa baru yang berasal dari siswa cerdas istimewa dan bakat istimewa maksimum 1% dari total penerimaan calon mahasiswa UPI tahun Proses penerimaan calon mahasiswa baru cerdas istimewa dan bakat istimewa bersifat objektif, transparan, akuntabel dan dilakukan seleksi secara ketat Seleksi Administrasi, meliputi: 1. Nilai raport; 2. Bukti prestasi atau kejuaraan yang dimiliki pada tingkat nasional dan internasional; 3. Rekomendasi Kepala Sekolah. Peserta melampirkan surat rekomendasi kepala sekolah serta menyampaikan portofolio khusus sesuai bidangnya, selain yang diupload pada laman SNMPTN. Biaya Pendaftaran Biaya SNMPTN ditanggung Pemerintah, sehingga Siswa Pendaftar tidak dipungut biaya apapun. SBMPTN SBMPTN 2017 adalah seleksi calon mahasiswa baru yang dilakukan oleh PTN secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (paper based testing) atau menggunakan komputer (computer based testing) atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa. Persyaratan Siswa Pendaftar 1. Bagi siswa lulusan tahun 2015 dan 2016 harus sudah memiliki ijazah. 2. Bagi siswa lulusan tahun 2017 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang- kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan dengan dibubuhi cap stempel yang sah. 3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi. Penerimaan di Universitas Pendidikan Indonesia Lulus Pendidikan Menengah, lulus SBMPTN 2017, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan Universitas Pendidikan Indonesia. Tata Pendaftaran 1. Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman

7 2. Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan ujian keterampilan dapat diunduh dari laman mulai tanggal 4 April Pendaftaran online Paper-Based Testing (PBT) dan Computer-Based Testing (CBT) dan dibuka dari tanggal April 2017 pukul WIB sampai dengan 5 Mei 2017 pukul WIB. Pendaftaran online CBT akan ditutup apabila jumlah kuota pendaftar telah terpenuhi. Jenis Ujian Ujian Tertulis (PBT atau CBT) Materi Ujian Tertulis terdiri dari: 1. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA). 2. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika. 3. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geogra, dan Ekonomi. Ujian Keterampilan Ujian Keterampilan diperuntukkan bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan terdiri dari : 1. Ujian Keterampilan seni rupa dengan mata uji tes menggambar, tes pengetahuan dan wawasan seni rupa. 2. Ujian Keterampilan seni tari dengan mata uji tes tari bentuk, tes kreati tas tari, tes imitasi gerak, serta tes pengetahuan dan wawasan seni tari (dalam bentuk wawancara). 3. Ujian Keterampilan seni musik dengan mata uji tes musikalitas, tes praktik instrumen, serta tes pengetahuan dan wawasan seni musik (dalam bentuk wawancara). 4. Ujian Keterampilan seni drama/teater dengan mata uji tes praktik monolog, tes pantomim, serta tes pengetahuan dan wawasan seni drama/teater (dalam bentuk wawancara) 5. Ujian Keterampilan olahraga dengan mata uji tes kesehatan dan tes keterampilan motorik. Peserta dapat mengikuti Ujian Keterampilan di PTN terdekat yang memiliki program studi yang sesuai dengan pilihan peserta. Daftar PTN penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap dapat dilihat di laman Kelompok Ujian Kelompok ujian SBMPTN terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu: 1. Kelompok Ujian Saintek dengan materi ujian TKPA dan TKD Saintek. 2. Kelompok Ujian Soshum dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum. 3. Kelompok Ujian Campuran dengan materi ujian TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.

8 Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, Soshum, atau Campuran. Urutan pilihan program studi menyatakan prioritas pilihan. Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi, dapat memilih program studi di PTN manapun. Peserta ujian yang memilih 2-3 program studi, salah satu program studi pilihan harus di PTN yang berada dalam satu wilayah pendaftaran dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi yang lain dapat di PTN di luar wilayah pendaftaran tempat peserta mengikuti ujian. Daftar wilayah pendaftaran, program studi, sesuai daya tampung, dan jumlah peminat program studi per PTN tahun 2017 dapat dilihat di laman mulai tanggal 4 April Biaya Seleksi Ujian Tertulis dan Ujian Keterampilan 1. Biaya seleksi yang ditanggung oleh peserta sebesar Rp ,(Dua ratus ribu rupiah). 2. Biaya seleksi dapat dibayarkan melalui salah satu bank berikut ini: a. Bank Mandiri, atau b. Bank BNI 3. Biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun. Jadwal Ujian Ujian Tertulis Computer-Based Testing (CBT) 16 Mei Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) 2. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) 3. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) Paper-Based Testing (PBT) 16 Mei Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) 2. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) 3. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) Ujian keterampilan Ujian Keterampilan dilaksanakan 18 Mei Pengumuman Hasil Seleksi Hasil ujian diumumkan pada hari Selasa 13 Juni 2017, mulai pukul 17:00 WIB dan dapat diakses di laman Biaya Pendaftaran Biaya SBMPTN ditanggung oleh peserta adalah sebesar Rp ,00 (dua ratus ribu rupiah) melalui salah satu bank berikut: Bank Mandiri atau Bank BNI.

9 Peserta Pelamar Program Bidikmisi 1. Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi melalui laman 2. Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu harus mendaftar ke laman 3. Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Dirjen Belmawa Kemenristekdikti akan memperoleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Identi cation Number (PIN) untuk mendaftar SBMPTN 2016 tanpa harus membayar biaya seleksi. 4. Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan tidak diterima SNMPTN 2017 dapat menggunakan KAP dan PIN yang dimiliki untuk mendaftar SBMPTN 2017 tanpa harus membayar biaya seleksi. Seleksi Mandiri UPI (SM-UPI) Ketentuan Pendaftaran Peserta ujian memiliki kemampuan akademik yang tinggi Peserta ujian Kependidikan, Non Kependidikan dan D3 Teknik dapat memilih dua program studi dalam satu kelompok ujian; 3. Peserta ujian PGSD dan PGPAUD hanya boleh memilih satu program studi di kampus tempat dilaksanakannya ujian; 4. Pendaftar diwajibkan terlebih dahulu membaca panduan pendaftaran Seleksi Mandiri Universitas Pendidikan Indonesia (SM-UPI) 2017 melalui website pmb.upi.edu Cara Pendaftaran Penda ftar melakukan pendaftaran secara online melalui website dengan tahapan sebagai berikut: 1. Pendaftar memilih program studi yang diinginkan. Di akhir proses, sistem akan memberikan Kode Bayar dan informasi besaran biaya pendaftaran yang harus dibayarkan; 2. Pendaftar menyetorkan uang pendaftaran ke Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) di mana pun dengan menyebutkan Kode Bayar SM-UPI; 3. Pihak Bank akan memberikan PIN dan bukti pembayaran; 4. Pendaftar kemudian melakukan pengisian biodata secara online kembali di website dengan memasukkan Kode Bayar dan PIN (yang diperoleh pada saat pendaftar telah melakukan pembayaran uang pendaftaran di bank); 5. Pendaftar mengikuti proses pengisian biodata, mengisi Form Kesediaan Membayar Biaya Pendidikan, dan melakukan upload photo;

10 6. 7. Pada akhir proses peserta akan mendapat nomor seleksi dan dapat mengunduh (download) kartu peserta ujian dan Form Kesediaan Membayar Biaya Pendidikan kemudian mencetaknya Form Kesediaan Membayar Biaya Pendidikan dikirim via pos ke Direktorat Akademik UPI dengan alamat Jln. Dr. Setiabudi No. 229 Bandung paling lambat tanggal 18 Juli 2017 Cap Pos. Catatan 1. Uang yang sudah disetor ke bank tidak dapat ditarik kembali; 2. Setiap pendaftar hanya diberikan satu kali kesempatan melakukan pendaftaran secara online; 3. Jika peserta ingin mengubah kembali pilihan program studi setelah proses pendaftaran selesai dilakukan, maka pendaftar harus melakukan proses dari awal serta melakukan pembayaran uang pendaftaran kembali ke bank. Ketentuan Umum Bagi calon mahasiswa lulusan SMA/SMK/MA/MAK/Paket C harus memenuhi persyaratan umum sebagai berikut: 1. Lulusan SMA/SMK/MA/MAK/Paket C tahun 2015, 2016, dan 2017; 2. Mempunyai kesehatan sik yang tidak menganggu kelancaran belajar di program studi pilihannya Persyaratan Khusus Peserta SM-UPI harus memenuhi persyaratan khusus sebagai berikut: 1. Pendaftar yang memilih program studi Pendidikan IPA (International Program of Science) harus mampu berbahasa Inggris secara aktif serta jika ada melampirkan fotocopy serti kat TOEFL. (Perkuliahan diselenggarakan dalam bahasa Inggris); 2. Bagi pendaftar yang memilih program studi Ilmu Pendidikan Agama Islam memiliki kemampuan membaca Al Quran dan pernah belajar Bahasa Arab. Jadwal SM-UPI Pendaftaran online Ujian Tulis Ujian Keterampilan Pengumuman Registrasi Administrasi Registrasi Akademik : 1 Mei - Juni 2017 : 5 - Juli 2017 : Juli 2017 :15 Juli 2017 : 20 - Juli 2017 : 2-4 Agustus 2017

11 Jadwal D3 SM-UPI Penjaringan Prestasi Akademik Mandiri Pendaftaran dan Pengiriman Berkas Proses Seleksi Pengumuman Registrasi Administrasi Registrasi Akademik Februari - 6 Maret April April Mei Mei 2017 Biaya Pendaftaran Biaya SM-UPI ditanggung oleh peserta sebesar Rp ,- (tiga ratus ribu rupiah) dan bagi yang mengikuti tes keterampilan dikenakan biaya tambahan Rp ,- (seratus lima puluh ribu rupiah) per orang per program studi dibayarkan bersama biaya pendaftaran. Lokasi Kampus UPI

12 Kuota Daya Tampung 2017 No Program Studi SNMPTN SBMPTN SM-UPI Total Daya Tampung FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN 1 A ADMINISTRASI PENDIDIKAN - 2 A BIMBINGAN DAN KONSELING - 3 A01 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - 4 A PENDIDIKAN KHUSUS - 5 A TEKNOLOGI PENDIDIKAN A PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR A PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - 8 A PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI A PSIKOLOGI FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL B PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN - B PENDIDIKAN SEJARAH - 12 B01 - PENDIDIKAN GEOGRAFI - 13 B ILMU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM - B PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL - 15 B51 - PENDIDIKAN SOSIOLOGI - 16 B MANAJEMEN RESORT DAN LEISURE - 17 B51 - MANAJEMEN PEMASARAN PARIWISATA B MANAJEMEN INDUSTRI KATERING - 19 B SURVEY PEMETAAN DAN INFORMASI GEOGRAFIS - D3 20 B ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA C PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA - 22 C PENDIDIKAN BAHASA DAERAH - 23 C01 - PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS - C PENDIDIKAN BAHASA ARAB - 25 C PENDIDIKAN BAHASA JEPANG - 26 C PENDIDIKAN BAHASA JERMAN - 27 C PENDIDIKAN BAHASA PERANCIS - 31 C BAHASA DAN SASTRA INGGRIS - C BAHASA DAN SASTRA INDONESIA - 33 C51 - PENDIDIKAN BAHASA KOREA FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM 34 D PENDIDIKAN MATEMATIKA - D PENDIDIKAN FISIKA - D01 - PENDIDIKAN BIOLOGI - 37 D PENDIDIKAN KIMIA - 38 D PENDIDIKAN ILMU KOMPUTER - 39 D PENDIDIKAN IPA (INTERNATIONAL PROGRAM OF SCIENCE) - 40 D MATEMATIKA - 41 D FISIKA - 42 D BIOLOGI - 43 D51 - KIMIA - 44 D ILMU KOMPUTER

13 Kuota Daya Tampung 2017 No Program Studi SNMPTN SBMPTN SM-UPI Total Daya Tampung FAKULTAS PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN 45 E PENDIDIKAN TEKNIK ARSITEKTUR - 46 E PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN - 47 E PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO - E PENDIDIKAN TEKNIK MESIN - 49 E PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA - 50 E PENDIDIKAN TATA BOGA - 51 E PENDIDIKAN TATA BUSANA - 52 E PENDIDIKAN TEKNOLOGI AGROINDUSTRI - 53 E TEKNIK ELEKTRO - 54 E TEKNIK ARSITEKTUR - 55 E523 - TEKNIK ELEKTRO - D3 56 E533 - TEKNIK MESIN - D3 57 E TEKNIK SIPIL FAKULTAS PENDIDIKAN OLAHRAGA DAN KESEHATAN 58 F PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA F PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI F PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR PENDIDIKAN JASMANI - 61 F ILMU KEOLAHRAGAAN F513 - KEPERAWATAN - D FAKULTAS PENDIDIKAN EKONOMI DAN BISNIS 63 L PENDIDIKAN AKUNTANSI - 64 L PENDIDIKAN MANAJEMEN BISNIS - 65 L01 - PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN - 66 L PENDIDIKAN EKONOMI - 67 L MANAJEMEN - 68 L AKUNTANSI - 69 L ILMU EKONOMI DAN KEUANGAN ISLAM FAKULTAS PENDIDIKAN SENI DAN DESAIN M PENDIDIKAN SENI RUPA - 71 M PENDIDIKAN SENI TARI - M01 - PENDIDIKAN SENI MUSIK KAMPUS CIBIRU 73 G PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR G PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KAMPUS SUMEDANG 75 H PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR H PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR PENDIDIKAN JASMANI KAMPUS PURWAKARTA 77 I PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR I PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

14 Kuota Daya Tampung 2017 No Program Studi SNMPTN SBMPTN SM-UPI Total Daya Tampung KAMPUS TASIKMALAYA 79 J PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR J PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KAMPUS SERANG 81 K PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR K PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI JUMLAH Jumlah TOP PEMINAT PROGRAM STUDI PMB UPI ILMU KOMUNIKASI ILMU KOMPUTER PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS PSIKOLOGI BIMBINGAN DAN KONSELING BIOLOGI MANAJEMEN BAHASA DAN SASTRA INGGRIS TEKNIK SIPIL TEKNIK ARSITEKTUR

15

16

PANDUAN PESERTA SELEKSI MANDIRI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (SM-UPI) TAHUN 2014

PANDUAN PESERTA SELEKSI MANDIRI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (SM-UPI) TAHUN 2014 PANDUAN PESERTA SELEKSI MANDIRI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (SM-UPI) TAHUN 2014 A. TUJUAN Seleksi Mandiri Universitas Pendidikan Indonesia (SM-UPI) bertujuan untuk memperoleh calon mahasiswa unggul

Lebih terperinci

BIMBINGAN KONSELING SMA TARAKANITA 1 KAMIS, 02 FEBRUARI 2017

BIMBINGAN KONSELING SMA TARAKANITA 1 KAMIS, 02 FEBRUARI 2017 BIMBINGAN KONSELING SMA TARAKANITA 1 KAMIS, 02 FEBRUARI 2017 JALUR PENERIMAAN MAHASISWA BARU PTN Jalur Undangan: SNMPTN PPKB/Talent Scouting UI Jalur Tulis: SBMPTN Ujian Mandiri (masing-masing PTN) S N

Lebih terperinci

KATA PENGANTAR. Bandung, 11 April 2016 Panitia SM-UPI 2016 Ketua Pelaksana, Dr. H. Agus Taufiq, M.Pd. NIP

KATA PENGANTAR. Bandung, 11 April 2016 Panitia SM-UPI 2016 Ketua Pelaksana, Dr. H. Agus Taufiq, M.Pd. NIP KATA PENGANTAR Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tingggi,

Lebih terperinci

KATA PENGANTAR. Bandung, 11 Juni Panitia SM-UPI 2015 Ketua Pelaksana, Dr. H. Agus Taufiq, M.Pd. NIP

KATA PENGANTAR. Bandung, 11 Juni Panitia SM-UPI 2015 Ketua Pelaksana, Dr. H. Agus Taufiq, M.Pd. NIP 1 KATA PENGANTAR Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tingggi,

Lebih terperinci

INFORMASI SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SBMPTN) 2018

INFORMASI SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SBMPTN) 2018 INFORMASI SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SBMPTN) 2018 PANITIA PUSAT SNMPTN DAN SBMPTN TAHUN 2018 PRAKATA Penyelenggaraan penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada Perguruan Tinggi

Lebih terperinci

SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) yang mempunyai NPSN dan telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.

SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) yang mempunyai NPSN dan telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar. Ketentuan Umum - SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/SMK/MA atau sederajat

Lebih terperinci

PANDUAN PESERTA SELEKSI MANDIRI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (SM-UPI) TAHUN 2012

PANDUAN PESERTA SELEKSI MANDIRI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (SM-UPI) TAHUN 2012 PDU PESERTA SELEKSI MDIRI UIVERSITAS PEDIDIK IDOESIA (SM-UPI) TAHU 2012 A. TUJU Seleksi Mandiri Universitas Pendidikan Indonesia (SM-UPI) bertujuan untuk memperoleh calon mahasiswa unggul dengan memberi

Lebih terperinci

SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) DAN SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SBMPTN) TAHUN 2016

SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) DAN SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SBMPTN) TAHUN 2016 SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) DAN SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SBMPTN) TAHUN 2016 LANDASAN KONSEPTUAL SN-SBMPTN 2016 Membangun satu kesatuan sistem pendidikan

Lebih terperinci

INFORMASI SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) 2018

INFORMASI SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) 2018 INFORMASI SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) 2018 PANITIA PUSAT SNMPTN DAN SBMPTN TAHUN 2018 PRAKATA Penyelenggaraan penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada Perguruan Tinggi

Lebih terperinci

SISTEM SELEKSI SNMPTN dan SBMPTN 2017

SISTEM SELEKSI SNMPTN dan SBMPTN 2017 SISTEM SELEKSI SNMPTN dan SBMPTN 2017 KETUA UMUM Jakarta, 13 Januari 2017 LANDASAN KONSEPTUAL SNMPTN DAN SBMPTN 2017 1. Membangun satu kesatuan sistem pendidikan nasional melalui integrasi vertikal pendidikan

Lebih terperinci

Informasi Umum SNMPTN 2016

Informasi Umum SNMPTN 2016 Latar Belakang Informasi Umum SNMPTN 2016 Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip adil, akuntabel, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras,

Lebih terperinci

SOSIALISASI SNMPTN dan SBMPTN Jakarta, 12 Januari 2018

SOSIALISASI SNMPTN dan SBMPTN Jakarta, 12 Januari 2018 SOSIALISASI SNMPTN dan SBMPTN 2018 Jakarta, 12 Januari 2018 MATERI LANDASAN KONSEPTUAL DAN LANDASAN HUKUM DESKRIPSI POLA PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM SARJANA PADA PTN 2018 SELEKSI DAN ALOKASI DAYA

Lebih terperinci

SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) DAN SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SBMPTN) TAHUN 2016

SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) DAN SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SBMPTN) TAHUN 2016 SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI () DAN SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SBMPTN) TAHUN 2016 1 LANDASAN KONSEPTUAL SN SBMPTN 2016 1.Membangunsatukesatuansistempendidikannasional

Lebih terperinci

BIMBINGAN KONSELING SNMPTN dan SBMPTN

BIMBINGAN KONSELING SNMPTN dan SBMPTN YAYASAN WIDYA BHAKTI SEKOLAH MENENGAH ATAS SANTA ANGELA TERAKREDITASI A Jl. Merdeka No. 24 Bandung 022. 4214714 Fax.022. 4222587 http//: www.smasantaangela.sch.id, e-mail : smaangela@yahoo.co.id 043 URS

Lebih terperinci

yang ditentukan oleh perguruan tinggi. perguruan tinggi. persyaratan yang ditentukan Universitas Jember.

yang ditentukan oleh perguruan tinggi. perguruan tinggi. persyaratan yang ditentukan Universitas Jember. Pada Tahun 2015, SNMPTN dilaksanakan melalui jalur Penelusuran Prestasi Akademik dengan menggunakan nilai rapor dan portofolio akademik sebagai dasar penerimaan mahasiswa baru. SNMPTN digunakan untuk menyeleksi

Lebih terperinci

U N I V E R S I T A S R I A U

U N I V E R S I T A S R I A U U N I V E R S I T A S R I A U SNMPTN (50%) BERDASAR PRESTASI AKADEMIK SISWA (RAPOR, HASIL UN DAN PRESTASI YANG LAINNYA) BIAYA DITANGGUNG PEMERINTAH MINIMAL 50% KUOTA DAYA TAMPUNG SETIAP PTN SBMPTN (30%)

Lebih terperinci

Panduan Umum Jalur Ujian Tertulis/Ketrampilan SNMPTN 2011

Panduan Umum Jalur Ujian Tertulis/Ketrampilan SNMPTN 2011 Panduan Umum Jalur Ujian Tertulis/Ketrampilan SNMPTN 2011 PERSYARATAN DAN KETENTUAN 1. Seleksi 1. Lulus Ujian Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2009, 20010 dan

Lebih terperinci

PENGISIAN PDSS DAN PENDAFTARAN SNMPTN 2017

PENGISIAN PDSS DAN PENDAFTARAN SNMPTN 2017 PENGISIAN PDSS DAN PENDAFTARAN SNMPTN 2017 TAHAPAN PELAKSANAAN SNMPTN 2017 Pengisian PDSS oleh Sekolah 14 Januari s.d. 10 Februari 2017 Finalisasi PDSS oleh Sekolah 14 Januari s.d. 10 Februari 2017 Verifikasi

Lebih terperinci

Panduan Peserta Seleksi Penerimaan Mahasiswa Universitas Bengkulu (SPMU) 2013 Program Sarjana Reguler

Panduan Peserta Seleksi Penerimaan Mahasiswa Universitas Bengkulu (SPMU) 2013 Program Sarjana Reguler Panduan Peserta Seleksi Penerimaan Mahasiswa Universitas Bengkulu (SPMU) 2013 Program Sarjana Reguler PANITIA PELAKSANA SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA UNIVERSITAS BENGKULU (SPMU) PROGRAM SARJANA REGULER

Lebih terperinci

INFORMASI SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2012

INFORMASI SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2012 INFORMASI SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2012 PANITIA PELAKSANA SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI TAHUN 2012 KATA PENGANTAR Berdasarkan Peraturan Pemerintah

Lebih terperinci

PENGISIAN PDSS DAN PENDAFTARAN SNMPTN 2017

PENGISIAN PDSS DAN PENDAFTARAN SNMPTN 2017 PENGISIAN PDSS DAN PENDAFTARAN SNMPTN 2017 TAHAPAN SNMPTN TAHAPAN PELAKSANAAN SNMPTN 2017 Pengisian PDSS oleh Sekolah 14 Januari s.d. 10 Februari 2017 Finalisasi PDSS oleh Sekolah 14 Januari s.d. 10 Februari

Lebih terperinci

TERSEDIA dari TOTAL BEASISWA BIDIKMISI S1/D3. Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes

TERSEDIA dari TOTAL BEASISWA BIDIKMISI S1/D3. Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes Universitas Konservasi TERSEDIA 300 1.500 dari TOTAL BEASISWA BIDIKMISI S1/D3 Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) merupakan seleksi mandiri yang diselenggarakan

Lebih terperinci

SOSIALISASI SNMPTN 2014

SOSIALISASI SNMPTN 2014 UNIVERSITAS ANDALAS SOSIALISASI SNMPTN 2014 1 SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) UU 12/2012 PP 66/ 2010 LANDA- SAN HUKUM SNMPTN PP 32/2013 PERMEN DIKBUD 34/2010 UU-PT No. 12 /2012

Lebih terperinci

PANDUAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA UNIVERSITAS BENGKULU (SPMU) PROGRAM S1 REGULER DAN DIPLOMA TAHUN 2016

PANDUAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA UNIVERSITAS BENGKULU (SPMU) PROGRAM S1 REGULER DAN DIPLOMA TAHUN 2016 PANDUAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA UNIVERSITAS BENGKULU (SPMU) PROGRAM S1 REGULER DAN DIPLOMA TAHUN 2016 UNIVERSITAS BENGKULU 2016 I. DESKRIPSI SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA UNIVERSITAS BENGKULU (SPMU)

Lebih terperinci

SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2014 PANITIA SNMPTN 2014 DENPASAR, 9 DESEMBER 2014

SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2014 PANITIA SNMPTN 2014 DENPASAR, 9 DESEMBER 2014 SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2014 PANITIA SNMPTN 2014 DENPASAR, 9 DESEMBER 2014 UU 12/2012 PP 66/ 2010 LANDA- SAN HUKUM SNMPTN PP 32/2013 PERMEND IKBUD 34/2010 UU-PT No.

Lebih terperinci

SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2014 PANITIA SNMPTN 2014 DENPASAR, 9 DESEMBER /9/2014 UU 12/2012 PP 32/2013

SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2014 PANITIA SNMPTN 2014 DENPASAR, 9 DESEMBER /9/2014 UU 12/2012 PP 32/2013 SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2014 PANITIA SNMPTN 2014 DENPASAR, 9 DESEMBER 2014 UU 12/2012 PP 66/ 2010 LANDA- SAN HUKUM SNMPTN PP 32/2013 PERMEND IKBUD 34/2010 1 UU-PT

Lebih terperinci

SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) PANITIA PELAKSANA SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI TAHUN 2013

SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) PANITIA PELAKSANA SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI TAHUN 2013 SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) PANITIA PELAKSANA SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI TAHUN 2013 Riwayat SNMPTN Seleksi Rapor Seleksi Ujian Tulis 2013 SNMPTN x SBM-PTN

Lebih terperinci

Berdasarkan ac.id.

Berdasarkan   ac.id. SNMPTN Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010

Lebih terperinci

INFORMASI AWAL SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2011 JALUR UNDANGAN & JALUR UJIAN TERTULIS/KETERAMPILAN

INFORMASI AWAL SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2011 JALUR UNDANGAN & JALUR UJIAN TERTULIS/KETERAMPILAN INFORMASI AWAL SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2011 JALUR UNDANGAN & JALUR UJIAN TERTULIS/KETERAMPILAN PANITIA PELAKSANA SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI TAHUN

Lebih terperinci

Sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN 2011)

Sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN 2011) Sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN 2011) Landasan Hukum Peraturan Pemerintah No. 66 Tahun 2010 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan

Lebih terperinci

TINGGI NEGERI SNMPTN 2013 PANITIA SPMB UNIVERSITAS SEBELAS MARET (UNS) SURAKARTA TAHUN 2013

TINGGI NEGERI SNMPTN 2013 PANITIA SPMB UNIVERSITAS SEBELAS MARET (UNS) SURAKARTA TAHUN 2013 SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI SNMPTN 2013 PANITIA SPMB UNIVERSITAS SEBELAS MARET (UNS) SURAKARTA TAHUN 2013 PeraturanPemerintahNo. 66 Th2010 Penerimaan mahasiswa baru di PTN dilaksanakan

Lebih terperinci

JALUR MASUK UI TA 2018/2019

JALUR MASUK UI TA 2018/2019 JALUR MASUK UI TA 2018/2019 POLA PENERIMAAN MAHASISWA BARU SNMPTN BERDASARKAN PRESTASI AKADEMIK SISWA (RAPOR DAN PRESTASI YANG LAINNYA) BIAYA DITANGGUNG PEMERINTAH S1 REGULER SBMPTN BERDASARKAN HASIL TES

Lebih terperinci

INFORMASI TEKNIS Penjaringan Calon Mahasiswa di PTN Tahun 2015 Asep Sutiadi

INFORMASI TEKNIS Penjaringan Calon Mahasiswa di PTN Tahun 2015 Asep Sutiadi INFORMASI TEKNIS Penjaringan Calon Mahasiswa di PTN Tahun 2015 Asep Sutiadi Staf Pengajar Fisika UPI Panlok 34 Bandung aseps@upi.edu Sejarah SNMPTN Tahun 1976: SKALU (Sekretariat Kerjasama Antar Lima Universitas)

Lebih terperinci

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR UJIAN MASUK UNIVERSITAS JEMBER (UM-UNEJ) TAHUN AKADEMIK 2013/2014

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR UJIAN MASUK UNIVERSITAS JEMBER (UM-UNEJ) TAHUN AKADEMIK 2013/2014 U N I V E R S I T A S J E M B E R Jl. Kalimantan Kampus Tegalboto No.37 Jember - 68121 (0331) - 330224, 333147, 334267, 339029 Fax (0331) - 339029 E-mail : humas@unej.ac.id ; akademik@uj.ac.id PANDUAN

Lebih terperinci

L/O/G/O SBMPTN

L/O/G/O SBMPTN L/O/G/O SBMPTN 2013 PENGERTIAN SBMPTN adalah jalur penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tertulis dengan atau tanpa ujian keterampilan. LANDASAN HUKUM UU 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi 1 Permendiknas

Lebih terperinci

PEDOMAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR REGULER PMDP (PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI) POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018

PEDOMAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR REGULER PMDP (PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI) POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018 PEDOMAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR REGULER PMDP (PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI) POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018 A. Seleksi PMDP Sipenmaru Jalur Reguler PMDP adalah

Lebih terperinci

Panduan Peserta SBMPTN 2014 KATA PENGANTAR

Panduan Peserta SBMPTN 2014 KATA PENGANTAR KATA PENGANTAR Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17

Lebih terperinci

PANDUAN SELEKSI CALON MAHASISWA PROGRAM NON REGULER/EKSTENSI DAN PROGRAM DIPLOMA TAHAP II (PERIODE JULI AGUSTUS) 2014

PANDUAN SELEKSI CALON MAHASISWA PROGRAM NON REGULER/EKSTENSI DAN PROGRAM DIPLOMA TAHAP II (PERIODE JULI AGUSTUS) 2014 PANDUAN SELEKSI CALON MAHASISWA PROGRAM NON REGULER/EKSTENSI DAN PROGRAM DIPLOMA TAHAP II (PERIODE JULI AGUSTUS) 2014 PANITIA SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS UDAYANA 2014 1 KATA PENGANTAR

Lebih terperinci

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI SE-BESUKI RAYA (SBMPTBR) TAHUN AKADEMIK 2017/2018

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI SE-BESUKI RAYA (SBMPTBR) TAHUN AKADEMIK 2017/2018 FORUM SILATURRAHIM PTN-PTS SE BESUKI RAYA Sekretariat: Jalan Kalimantan 37 Kampus Tegal Boto Kotak Pos 159 Jember 68121 Telp. (0331) 330224, 3340426, 337422, 333147 * Fax: (0331) 339029 Laman : www.unej.ac.id

Lebih terperinci

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI SE-BESUKI RAYA (SBMPTBR) TAHUN AKADEMIK 2017/2018 GELOMBANG II

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI SE-BESUKI RAYA (SBMPTBR) TAHUN AKADEMIK 2017/2018 GELOMBANG II FORUM SILATURRAHIM PTN-PTS SE BESUKI RAYA Sekretariat: Jalan Kalimantan 37 Kampus Tegal Boto Kotak Pos 159 Jember 68121 Telp. (0331) 330224, 3340426, 337422, 333147 * Fax: (0331) 339029 Laman : www.unej.ac.id

Lebih terperinci

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PENDAFTARAN MAHASISWA BARU JALUR SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) UNIVERSITAS RIAU

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PENDAFTARAN MAHASISWA BARU JALUR SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) UNIVERSITAS RIAU STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PENDAFTARAN MAHASISWA BARU JALUR SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI () UNIVERSITAS RIAU Identitas Pembuatan Tanggal Terbit Edisi I : 4 Desember 2017 Tanggal

Lebih terperinci

REKTOR UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG,

REKTOR UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG, PENGUMUMAN Nomor 6947/UN37/DT/2012 TENTANG HASIL SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA UNNES (SPMU) PROGRAM SARJANA DAN DIPLOMA BAGI PESERTA CADANGAN TAHUN 2012 REKTOR UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG, Dengan ini mengumumkan

Lebih terperinci

INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU STAIN CURUP SECARA ONLINE SPMB PTAIN TAHUN 2013 BAGIAN 1

INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU STAIN CURUP SECARA ONLINE SPMB PTAIN TAHUN 2013 BAGIAN 1 INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU STAIN CURUP SECARA ONLINE SPMB PTAIN TAHUN 2013 BAGIAN 1 JALUR PRESTASI AKADEMIK A. Latar Belakang Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010

Lebih terperinci

PANITIA SNMPTN /24/2014 SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2014 PERSYARATAN PENERIMAAN PERSYARATAN PENDAFTARAN

PANITIA SNMPTN /24/2014 SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2014 PERSYARATAN PENERIMAAN PERSYARATAN PENDAFTARAN SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2014 SISTEM penerimaan mahasiswa baru ptn 2014 SNMPTN BERDASAR PRESTASI AKADEMIK SISWA (RAPOR, UN DAN PRESTASI LAINNYA) BIAYA DITANGGUNG PEMERINTAH

Lebih terperinci

PENGUMUMAN REKTOR UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG Nomor 5138/UN37/PP/2011 TENTANG HASIL SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA UNNES (SPMU) TAHUN 2011

PENGUMUMAN REKTOR UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG Nomor 5138/UN37/PP/2011 TENTANG HASIL SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA UNNES (SPMU) TAHUN 2011 PENGUMUMAN REKTOR UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG Nomor 5138/UN37/PP/2011 TENTANG HASIL SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA UNNES (SPMU) TAHUN 2011 REKTOR UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG, Dengan ini mengumumkan kepada

Lebih terperinci

SBMPTN Info Day Acara Sosialisasi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun Dr. Emil Budianto Ketua Pantia Lokal SBMPTN Jakarta

SBMPTN Info Day Acara Sosialisasi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun Dr. Emil Budianto Ketua Pantia Lokal SBMPTN Jakarta SBMPTN Info Day 2013 Acara Sosialisasi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2013 Dr. Emil Budianto Ketua Pantia Lokal SBMPTN Jakarta SELEKSI MAHASISWA MASUK PTN PRESTASI AKADEMIK KEBIJAKAN

Lebih terperinci

UNIVERSI RS TAS A S SE S BE B LAS A S MARE

UNIVERSI RS TAS A S SE S BE B LAS A S MARE UNIVERSITAS SEBELAS MARET SPMB UNS TAHUN Panitia SPMB UNS SEKILAS TENTANG UNS Universitas Sebelas Maret (UNS Solo) dalam beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan yang pesat menuju World Class University,

Lebih terperinci

PENGUMUMAN Nomor 5381/UN37/DT/2012 Tentang Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) Tahun 2012

PENGUMUMAN Nomor 5381/UN37/DT/2012 Tentang Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) Tahun 2012 KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG Gedung H, Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang 50229 Telepon: (024) 8508092 psw. 25, Faksimili: (024) 8508084 Laman: www.unnes.ac.id, E-mail:

Lebih terperinci

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI SE-BESUKI RAYA (SBMPTBR) TAHUN AKADEMIK 2017/2018

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI SE-BESUKI RAYA (SBMPTBR) TAHUN AKADEMIK 2017/2018 FORUM SILATURRAHIM PTN-PTS SE BESUKI RAYA Sekretariat: Jalan Kalimantan 37 Kampus Tegal Boto Kotak Pos 159 Jember 68121 Telp. (0331) 330224, 3340426, 337422, 333147 * Fax: (0331) 339029 Laman : www.unej.ac.id

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN PERSYARATAN SELEKSI CALON MAHASISWA PROGRAM NON REGULER/EKSTENSI DAN PROGRAM DIPLOMA

BUKU PANDUAN PERSYARATAN SELEKSI CALON MAHASISWA PROGRAM NON REGULER/EKSTENSI DAN PROGRAM DIPLOMA BUKU PANDUAN PERSYARATAN SELEKSI CALON MAHASISWA PROGRAM NON REGULER/EKSTENSI DAN PROGRAM DIPLOMA PANITIA UNIVERSITAS UDAYANA 2012 1 KATA PENGANTAR Buku Panduan ini disusun untuk memberikan informasi tentang

Lebih terperinci

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNJANI PROGRAM SARJANA DAN DIPLOMA-3 TAHUN 2015

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNJANI PROGRAM SARJANA DAN DIPLOMA-3 TAHUN 2015 I. PENDAHULUAN PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNJANI PROGRAM SARJANA DAN DIPLOMA-3 TAHUN 2015 Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) dilakukan secara online melalui web

Lebih terperinci

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI BESUKI RAYA (SBMPTBR) TAHUN AKADEMIK 2015/2016

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI BESUKI RAYA (SBMPTBR) TAHUN AKADEMIK 2015/2016 FORUM SILATURRAHIM PTN-PTS SE BESUKI RAYA Sekretariat: Jalan Kalimantan 37 Kampus Tegal Boto Kotak Pos 159 Jember 68121 Telp. (0331) 330224, 3340426, 337422, 333147 * Fax: (0331) 339029 Laman : www.unej.ac.id

Lebih terperinci

SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) UNNES TAHUN 2008

SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) UNNES TAHUN 2008 SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) UNNES TAHUN 2008 TUJUAN Penyelenggaraan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi bertujuan untuk memperoleh mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik

Lebih terperinci

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNJANI PROGRAM SARJANA DAN DIPLOMA-3 TAHUN 2016

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNJANI PROGRAM SARJANA DAN DIPLOMA-3 TAHUN 2016 PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNJANI PROGRAM SARJANA DAN DIPLOMA-3 TAHUN 2016 I. PENDAHULUAN Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) dilakukan secara online melalui web

Lebih terperinci

KERJA SAMA DAERAH DAN INDUSTRI

KERJA SAMA DAERAH DAN INDUSTRI KERJA SAMA DAERAH DAN INDUSTRI 2008 bv KERJA SAMA DAERAH DAN INDUSTRI DENGAN UNIVERSITAS INDONESIA Dalam program ini, ditawarkan 54 program studi jenjang pendidikan sarjana yang secara integratif berada

Lebih terperinci

Panduan Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Baiturrahmah (PMB-Unbrah) Tahun Akademik 2017/2018 Jalur Ujian Tulis

Panduan Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Baiturrahmah (PMB-Unbrah) Tahun Akademik 2017/2018 Jalur Ujian Tulis Panduan Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Baiturrahmah (PMB-Unbrah) Tahun Akademik 2017/2018 Jalur Ujian Tulis I. Pendahuluan PMB-Unbrah dapat diikuti oleh siswa lulusan pendidikan menengah

Lebih terperinci

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM) Jalan Semarang 5, Malang Telepon/Faksimili: Laman:

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM) Jalan Semarang 5, Malang Telepon/Faksimili: Laman: KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM) Jalan Semarang 5, Malang 65145 Telepon/Faksimili: 0341551312 Laman: www.um.ac.id PENGUMUMAN Nomor : 10413/UN32/DT/2014 PENERIMAAN MAHASISWA

Lebih terperinci

II. PERSYARATAN DAN TATA CARA PENDAFTARAN 2.1 JALUR PMDK

II. PERSYARATAN DAN TATA CARA PENDAFTARAN 2.1 JALUR PMDK II. Farmasi, Psikologi, Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Metalurgi, Kimia, dan Informatika. (Akan dikonfirmasi ulang pada test kesehatan mahasiswa baru) h. Seleksi tahap 2 akan diberlakukan bagi pendaftar

Lebih terperinci

INFO, SHARING & STRATEGI MENUJU PTN

INFO, SHARING & STRATEGI MENUJU PTN INFO, SHARING & STRATEGI MENUJU PTN 1 2 3 ALUR WAKTU MENUJU PERGURUAN TINGGI SMP Kelas X Kelas XI Kelas XII SEM - I SEM 2 SEM 3 SEM 4 SEM 5 SEM 6 SEKOLAH MENENGAH ATAS SNMPTN UN APR INTENSIF 3-5MINGGU

Lebih terperinci

1. Bimbingan dan Konseling 2. Administrasi Pendidikan, dengan orientasi : Manajemen Sekolah Manajemen Pendidikan Tinggi 3.

1. Bimbingan dan Konseling 2. Administrasi Pendidikan, dengan orientasi : Manajemen Sekolah Manajemen Pendidikan Tinggi 3. PENGUMUMAN Nomor: 1417/UN35/AK/2015 Tentang Penerimaan Calon Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Gelombang II Tahun Akademik 2015/2016 Semester Juli - Desember 2015 di Lingkungan Universitas Negeri Padang

Lebih terperinci

SMAN 8 JAKARTA SMA NEGERI 8 JAKARTA TAHUN PELAJARAN Jakarta, 23 Januari 2015

SMAN 8 JAKARTA SMA NEGERI 8 JAKARTA TAHUN PELAJARAN Jakarta, 23 Januari 2015 SMAN 8 JAKARTA SMA NEGERI 8 JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014-2015 Jakarta, 23 Januari 2015 NO STATUS JUMLAH 1 Pegawai Negeri Sipil (PNS) 47 2 Honorer (Non PNS) 30 Jumlah 77 Keluar 1. menyelesaikan seluruh

Lebih terperinci

CBT dan PBT. PANDUAN PENDAFTARAN SELEKSI MANDIRI S1 DAN D3 UJIAN TULIS ( Utul) H a l a m a n 2 18

CBT dan PBT. PANDUAN PENDAFTARAN SELEKSI MANDIRI S1 DAN D3 UJIAN TULIS ( Utul) H a l a m a n 2 18 H a l a m a n 1 18 PANDUAN PENDAFTARAN SELEKSI MANDIRI S1 DAN D3 UJIAN TULIS ( Utul) 2017 CBT dan PBT INFORMASI UMUM... 3 KETENTUAN PENDAFTAR... 3 DOKUMEN YANG DIPERSIAPKAN... 4 LANGKAH PENDAFTARAN...

Lebih terperinci

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PENDAFTARAN MAHASISWA BARU JALUR SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SBMPTN) UNIVERSITAS RIAU

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PENDAFTARAN MAHASISWA BARU JALUR SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SBMPTN) UNIVERSITAS RIAU STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PENDAFTARAN MAHASISWA BARU JALUR SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI () UNIVERSITAS RIAU Identitas Pembuatan Tanggal Terbit Edisi I : 4 Desember 2017 Tanggal

Lebih terperinci

PANDUAN PESERTA USM 2011 UNIVERSITAS SRIWIJAYA PANITIA PELAKSANA

PANDUAN PESERTA USM 2011 UNIVERSITAS SRIWIJAYA PANITIA PELAKSANA PANDUAN PESERTA USM 2011 UNIVERSITAS SRIWIJAYA PANITIA PELAKSANA PENGANTAR Buku panduan ini disusun untuk menyampaikan informasi dan petunjuk mengenai segala sesuatu yang berkenaan dengan Ujian Saringan

Lebih terperinci

PENGELOLAAN BERSAMA SELEKSI MAHASISWA BARU

PENGELOLAAN BERSAMA SELEKSI MAHASISWA BARU PENGELOLAAN BERSAMA SELEKSI MAHASISWA BARU PENGALAMAN MENGELOLA PANITIA NASIONAL SNMPTN SBMPTN 2014 (disampaikan pada acara Sounding Juknis Sipenmaru Poltekes TA 2014/2015 oleh Bambang Hermanto-Sekretariat

Lebih terperinci

PANDUAN USMU 2011 PANITIA PELAKSANA USMU TAHUN

PANDUAN USMU 2011 PANITIA PELAKSANA USMU TAHUN PANDUAN USMU 2011 PANITIA PELAKSANA USMU TAHUN 2011 1 KATA PENGANTAR Dalam rangka memperluas dan mempermudah akses masyarakat untuk mengikuti pendidikan di Universitas Syiah Kuala dengan tetap mengedepankan

Lebih terperinci

A. SEJARAH DAN HARI JADI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

A. SEJARAH DAN HARI JADI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA 14 II. INFORMASI UMUM A. SEJARAH DAN HARI JADI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA Setelah Indonesia merdeka, pemerintah Indonesia merasakan kurangnya tenaga kependidikan di semua jenjang dan jenis lembaga pendidikan.

Lebih terperinci

DAFTAR UANG KULIAH TUNGGAL (UKT) KATEGORI 5, 6, 7, dan 8 Jenjang S1 di UNESA

DAFTAR UANG KULIAH TUNGGAL (UKT) KATEGORI 5, 6, 7, dan 8 Jenjang S1 di UNESA DAFTAR UANG KULIAH TUNGGAL (UKT) KATEGORI 5, 6, 7, dan 8 Jenjang S1 di UNESA No. Periode Kode Kemampuan Nilai Tarif Keterangan Program Studi 1 2017 K8 6700000 Kategori 8 S1 Bimbingan Konseling 2 2017 K5

Lebih terperinci

PENGUMUMAN TENTANG PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR MANDIRI PROGRAM SARJANA (S1)

PENGUMUMAN TENTANG PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR MANDIRI PROGRAM SARJANA (S1) PENGUMUMAN TENTANG PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR MANDIRI PROGRAM SARJANA (S1) 1. Pendaftaran Ujian Seleksi Mandiri tahun 2017 akan diselenggarakan tanggal 22 Mei- 20 Juni 2017; 2. Seleksi Ujian Mandiri

Lebih terperinci

PENGUMUMAN TENTANG PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR MANDIRI PROGRAM SARJANA (S1)

PENGUMUMAN TENTANG PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR MANDIRI PROGRAM SARJANA (S1) PENGUMUMAN TENTANG PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR MANDIRI PROGRAM SARJANA (S1) 1. Pendaftaran Ujian Seleksi Mandiri tahun 2017 akan diselenggarakan tanggal 22 Mei-20 Juni 2017; 2. Seleksi Ujian Mandiri

Lebih terperinci

PANDUAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA PROGRAM VOKASI UNIVERSITAS BENGKULU TAHUN 2017

PANDUAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA PROGRAM VOKASI UNIVERSITAS BENGKULU TAHUN 2017 PANDUAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA PROGRAM VOKASI UNIVERSITAS BENGKULU TAHUN 2017 UNIVERSITAS BENGKULU 2017 I. DESKRIPSI SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA PROGRAM VOKASI UNIVERSITAS BENGKULU TAHUN 2017 A.TUJUAN

Lebih terperinci

Semua anak usia sekolah memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan pada satuan pendidikan.

Semua anak usia sekolah memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan pada satuan pendidikan. I. Pendahuluan Satuan Pendidikan merupakan institusi pendidikan yang mempunyai peran yang sangat vital untuk menyiapkan sumber daya manusia yang ideal sebagaimana tertuang dalam tujuan pendidikan Nasional,

Lebih terperinci

PERATURAN MENTERI RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 22 TAHUN 2015 TENTANG

PERATURAN MENTERI RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 22 TAHUN 2015 TENTANG SALINAN PERATURAN MENTERI RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 22 TAHUN 2015 TENTANG BIAYA KULIAH TUNGGAL DAN UANG KULIAH TUNGGAL PADA PERGURUAN TINGGI NEGERI DI LINGKUNGAN

Lebih terperinci

UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM)

UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM) KEMENTERIAN RISET,TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM) Jalan Semarang 5, Malang 65145 Telepon/Faksimili: 0341-551312 Laman: www.um.ac.id PENGUMUMAN Nomor: 9.3.24/UN32/DT/2015

Lebih terperinci

UNIVERSITAS NEGERI MALANG

UNIVERSITAS NEGERI MALANG UNIVERSITAS NEGERI MALANG Mengapa Memilih UM..? UM adalah satu-satunya Perguruan Tinggi di Indonesia yang mengandalkan statusnya sebagai The Learning University. UM yang lahir dan tumbuh berkembang sejak

Lebih terperinci

LAMPIRAN II KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ANDALAS

LAMPIRAN II KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ANDALAS LAMPIRAN II KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ANDALAS NOMOR : 755/XIV/A/Unand-2016 TANGGAL : 31 Juli 2016 TENTANG : TATA CARA PENDAFTARAN CALON MAHASISWA BARU UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN AKADEMIK 2016/2017 MELALUI

Lebih terperinci

PENGUMUMAN Nomor: 979/UN35/AK/2016

PENGUMUMAN Nomor: 979/UN35/AK/2016 PENGUMUMAN Nomor: 979/UN35/AK/2016 Tentang Penerimaan Calon Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Tahun Akademik 2016/2017 di Lingkungan Universitas Negeri Padang Universitas Negeri Padang Tahun Akademik

Lebih terperinci

MENTERI RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA

MENTERI RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA SALINAN MENTERI RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA PERATURAN MENTERI RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 90 TAHUN 2017 TENTANG PENERIMAAN MAHASISWA

Lebih terperinci

PERATURAN MENTERI RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 22 TAHUN 2015 TENTANG

PERATURAN MENTERI RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 22 TAHUN 2015 TENTANG SALINAN PERATURAN MENTERI RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 22 TAHUN 2015 TENTANG BIAYA KULIAH TUNGGAL DAN UANG KULIAH TUNGGAL PADA PERGURUAN TINGGI NEGERI DI LINGKUNGAN

Lebih terperinci

PANDUAN PESERTA JMU 2010

PANDUAN PESERTA JMU 2010 PANDUAN PESERTA JMU 2010 PANITIA PELAKSANA JALUR MANDIRI UNSYIAH (JMU) TAHUN 2010 DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL... 1 DAFTAR ISI... 2 KATA PENGANTAR... 3 I. Dekripsi Seleksi Jalur Masuk Mandiri Unsyiah (JMU)

Lebih terperinci

PANDUAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA PROGRAM VOKASI UNIVERSITAS BENGKULU TAHUN 2018

PANDUAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA PROGRAM VOKASI UNIVERSITAS BENGKULU TAHUN 2018 PANDUAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA PROGRAM VOKASI UNIVERSITAS BENGKULU TAHUN 2018 UNIVERSITAS BENGKULU 2018 I. DESKRIPSI SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA PROGRAM VOKASI UNIVERSITAS BENGKULU TAHUN 2018 A.TUJUAN

Lebih terperinci

BROSUR PANDUAN PPDB MAN 3 MALANG TAHUN PELAJARAN

BROSUR PANDUAN PPDB MAN 3 MALANG TAHUN PELAJARAN PANDUAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) MADRASAH TERPADU MAN 3 MALANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Sekretariat: Jl. Bandung No. 7 Malang Tlp. (0341) 551357 Fax. 559779 A. Latar Belakang Penerimaan Peserta

Lebih terperinci

PANDUAN PESERTA UJIAN SARINGAN MASUK BERSAMA (USMB) TAHUN 2017 (UNSRI UIGM UPGRI UTP) PANITIA PELAKSANA

PANDUAN PESERTA UJIAN SARINGAN MASUK BERSAMA (USMB) TAHUN 2017 (UNSRI UIGM UPGRI UTP) PANITIA PELAKSANA PANDUAN PESERTA UJIAN SARINGAN MASUK BERSAMA (USMB) TAHUN 2017 (UNSRI UIGM UPGRI UTP) PANITIA PELAKSANA PENGANTAR Buku panduan ini disusun untuk menyampaikan informasi dan petunjuk mengenai hal-hal yang

Lebih terperinci

PANDUAN PENYELENGGARAAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA PROGRAM DIPLOMA TIGA (D3) GELOMBANG-2 TAHUN 2017

PANDUAN PENYELENGGARAAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA PROGRAM DIPLOMA TIGA (D3) GELOMBANG-2 TAHUN 2017 1 2 PANDUAN PENYELENGGARAAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA PROGRAM DIPLOMA TIGA (D3) GELOMBANG-2 TAHUN 2017 A. TUJUAN Seleksi mahasiswa baru melalui seleksi mandiri program

Lebih terperinci

Tata Cara Daftar Online SNMPTN 2017

Tata Cara Daftar Online SNMPTN 2017 Tata Cara Daftar Online SNMPTN 2017 PMB Jalur SNMPTN, Pendaftaran SNMPTN Online, Penyortiran alternatif Penerimaan Praja Baru Jalur SNMPTN, Nas Pendaftaran On line SNMPTN, Teknik Pendaftaran On line SNMPTN,

Lebih terperinci

A. TATA CARA PRA PENDAFTARAN

A. TATA CARA PRA PENDAFTARAN LAMPIRAN II KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ANDALAS NOMOR : 1150/XIV/R/KPT/2017 TANGGAL : 26 April 2017 TENTANG : PENETAPAN CALON MAHASISWA BARU UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN AKADEMIK 2017/2018 MELALUI SELEKSI

Lebih terperinci

Jadwal Ujian Tulis UGM (UTUL) T.A. 2016/2017. Pengertian. Ujian Tulis UGM 2016

Jadwal Ujian Tulis UGM (UTUL) T.A. 2016/2017. Pengertian. Ujian Tulis UGM 2016 Jadwal Ujian Tulis UGM (UTUL) T.A. 2016/2017 Pengertian Ujian Tulis UGM 2016 Jalur seleksi ini merupakan seleksi masuk UGM dengan menggunakan pola ujian tertulis yang diselenggarakan oleh UGM. Pola ini

Lebih terperinci

Cara Daftar Online SNMPTN 2017

Cara Daftar Online SNMPTN 2017 Cara Daftar Online SNMPTN 2017 PMB Jalur SNMPTN, Pengajuan SNMPTN Online, Opsi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN, Nas Pendaftaran Online SNMPTN, Teknik Pendaftaran On line SNMPTN, Wasiat dan Jadwal

Lebih terperinci

PERATURAN REKTOR UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG NOMOR 10 TAHUN 2007 TENTANG GELAR DAN SEBUTAN BAGI LULUSAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

PERATURAN REKTOR UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG NOMOR 10 TAHUN 2007 TENTANG GELAR DAN SEBUTAN BAGI LULUSAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG PERATURAN REKTOR UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG NOMOR 10 TAHUN 2007 TENTANG GELAR DAN SEBUTAN BAGI LULUSAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA REKTOR UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG,

Lebih terperinci

Panduan Pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan Program Bidikmisi Tahun Akademik 2015/2016

Panduan Pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan Program Bidikmisi Tahun Akademik 2015/2016 Panduan Pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan Program Tahun Akademik 2015/2016 Universitas Tanjungpura (Untan) menyediakan beasiswa penuh Outreaching Untan Program untuk tahun akademik 2015/2016

Lebih terperinci

31 Maret 2017 Lampiran : 1 (satu) gabung. Penelusuran Minat dan Bakat Tahun 2017

31 Maret 2017 Lampiran : 1 (satu) gabung. Penelusuran Minat dan Bakat Tahun 2017 KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS PENDIDIKANN GANESHA Alamat : Jalan Udayana Singaraja Telp. (0362) 22570 Fax. (0362) 25735 Website: www.undiksha.ac.idd Email:humas@undiksha.ac.id

Lebih terperinci

Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) Program Diploma IV Tahun Akademik 2012/2013. Pengantar

Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) Program Diploma IV Tahun Akademik 2012/2013. Pengantar SELEKS SI PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM DIPLOMA IV TAHUN AKADEM MIK 2012/2013 JALUR UM UM IKATAN DINASS & TUGAS BELAJAR INSTANSI NON BPS B Pengantar... 2 Ketentuan Jalur Umum Ikatann Dinas... 3 Ketentuan

Lebih terperinci

PENGUMUMAN REKTOR UNP Nomor: 865/UN35/AK/2014

PENGUMUMAN REKTOR UNP Nomor: 865/UN35/AK/2014 PENGUMUMAN REKTOR UNP Nomor: 865/UN35/AK/2014 Tentang Penerimaan Calon Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Tahun Akademik 2014/2015 Semester Juli - Desember 2014 Universitas Negeri Padang Universitas Negeri

Lebih terperinci

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM DIPLOMA IV TAHUN AKADEMIK 2013/2014

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM DIPLOMA IV TAHUN AKADEMIK 2013/2014 SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM DIPLOMA IV TAHUN AKADEMIK 2013/2014 JALUR IKATAN DINAS & TUGAS BELAJAR INSTANSI NON BPS Pengantar... 2 Ketentuan Jalur Ikatan Dinas... 3 Ketentuan Jalur Tugas

Lebih terperinci

UJIAN MASUK UNIVERSITAS JEMBER (UM-UNEJ)

UJIAN MASUK UNIVERSITAS JEMBER (UM-UNEJ) UJIAN MASUK UNIVERSITAS JEMBER (UM-UNEJ) Jalur UM-UNEJ memberi kesempatan kepada lulusan SMTA untuk mengikuti pendidikan pada Program S1 dan D3. Pada tahun 2011, penerimaan mahasiswa baru jalur UM-UNEJ

Lebih terperinci

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI (PMDP) POLITEKNIK KESEHATAN SEMARANG TAHUN AKADEMIK 2012/2013

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI (PMDP) POLITEKNIK KESEHATAN SEMARANG TAHUN AKADEMIK 2012/2013 SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI (PMDP) POLITEKNIK KESEHATAN SEMARANG TAHUN AKADEMIK 2012/2013 Dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan tenaga kesehatan yang bermutu

Lebih terperinci

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI SE-BESUKI RAYA (SBMPTBR) TAHUN AKADEMIK 2016/2017

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI SE-BESUKI RAYA (SBMPTBR) TAHUN AKADEMIK 2016/2017 FORUM SILATURRAHIM PTN-PTS SE BESUKI RAYA Sekretariat: Jalan Kalimantan 37 Kampus Tegal Boto Kotak Pos 159 Jember 68121 Telp. (0331) 330224, 3340426, 337422, 333147 * Fax: (0331) 339029 Laman : www.unej.ac.id

Lebih terperinci

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR MANDIRI POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SEMARANG TAHUN AKADEMIK 2017/2018

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR MANDIRI POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SEMARANG TAHUN AKADEMIK 2017/2018 SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR MANDIRI POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SEMARANG TAHUN AKADEMIK 2017/2018 Tujuan Pendidikan Tenaga Kesehatan adalah untuk menghasilkan tenaga yang profesional dan

Lebih terperinci

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIDKAN TINGGI UNIVERSITAS DIPONEGORO PENGUMUMAN

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIDKAN TINGGI UNIVERSITAS DIPONEGORO PENGUMUMAN KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIDKAN TINGGI UNIVERSITAS DIPONEGORO Jalan Prof. H. Soedarto, S.H. Tembalang Semarang Kotak Pos 1269 Telp: (024) 7460020 Fax: (024) 7460013 laman : undip.ac.id PENGUMUMAN

Lebih terperinci

PENGUMUMAN Nomor: 1855/UN32.9/DT/2013 PENERIMAAN MAHASISWA BARU PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM) SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2013/2014

PENGUMUMAN Nomor: 1855/UN32.9/DT/2013 PENERIMAAN MAHASISWA BARU PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM) SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2013/2014 KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM) PASCASARJANA Jalan Semarang 5, Malang 65145 Telepon/Faksimili: 0341-551334 Laman: pasca.um.ac.id PENGUMUMAN Nomor: 1855/UN32.9/DT/2013

Lebih terperinci