Beberapa aturan dasar penulisan daftar pustaka dengan Harvard-APA Style yaitu:

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Beberapa aturan dasar penulisan daftar pustaka dengan Harvard-APA Style yaitu:"

Transkripsi

1 Penulisan daftar referensi atau daftar pustaka dalam sebuah penulisan karya ilmiah (jurnal, tugas akhir, tesis, disertasi, prosiding, laporan penelitian) menjadi hal yang penting untuk menyajikan secara detail sumber-sumber informasi dalam sebuah tulisan. Dimana penulisan daftar pustaka ternyata ada beberapa metode (style), diantaranya: (a) Turabian Style, (b) Harvard Style; (c) Vancouver Style; (d) American Psychological Association (APA) Style; (e) Chicago Style; atau (f) Kombinasi dari berbagai style. Masing-masing style penulisan sumber kutipan tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan, tetapi suatu style yang dipilih dan dianut harus diterapkan secara konsisten. Salah satu style yang sering dipakai oleh para penulis, peneliti, dan berbagai institusi pendidikan serta berbagai publikasi ilmiah adalah Harvard-APA Style. Gaya penulisan daftar pustaka menurut APA (American Psychological Association) adalah gaya yang mengikuti format Harvard. Aturan Penulisan Daftar Pustaka Harvard-APA Style Beberapa aturan dasar penulisan daftar pustaka dengan Harvard-APA Style yaitu: Sumber kutipan yang dinyatakan dalam karya ilmiah harus ada dalam Daftar Pustaka, dan sebaliknya. Daftar pustaka tidak dibagi-bagi menjadi bagian-bagian berdasarkan jenis pustaka, misalnya buku, jurnal, internet dan sebagainya. Ditulis satu spasi, berurutan secara alfabetis tanpa nomor berdasarkan nama akhir pengarang atau organisasi yang bertanggung jawab. Jika suatu referensi tidak memiliki nama pengarang maka judul referensi digunakan untuk mengurutkan referensi tersebut diantara referensi lain yang tetap diurutkan berdasarkan nama belakang pengarang. Jika literatur ditulis oleh satu orang, nama penulis ditulis nama belakangnya lebih dulu, kemudian diikuti singkatan (inisial) nama depan dan nama tengah, dilanjutkan penulisan tahun, judul dan identitas lain dari literatur/pustaka yang dirujuk. Apabila ada beberapa karya yang ditulis oleh pengarang yang sama, urutkan berdasarkan tanggal terbitnya (dimulai dari yang paling lama ke yang paling baru). Jika seorang pengarang mengeluarkan beberapa karya dalam tahun publikasi yang sama, maka diurutkan berdasarkan huruf kecil yang menyertai tanggal publikasi (contoh: 1988a, 1988b, 1988c, dst.). Tanggal publikasi dituliskan setelah nama(-nama) pengarang.

2 Judul referensi dituliskan secara italic, jika daftar pustaka ditulis tangan maka judul digarisbawahi. Cara penulisan setiap daftar pustaka berbeda-beda, bergantung pada jenis literatur/ pustaka yang menjadi referensi. Baca juga: Cara mendapatkan ISBN buku agar terhindar dari AGEN PENIPUAN! Cara Penulisan Daftar Pustaka Harvard-APA Style Pada dasarnya dalam pedoman Harvard-APA Style, penulisan daftar pustaka dipisahkan oleh koma dan diakhiri dengan tanda titik. Sementara untuk judul sumber kutipan (sitasi) menggunakan huruf kapital untuk setiap kata kecuali kata penghubung. Meskipun demikian, terdapat beberapa perbedaan dalam penulisannya sebagai berikut: 1. Buku Pola dasar penulisan referensi berjenis buku adalah: Nama Belakang Pengarang, Inisial tahun terbit, Judul buku (Edisi jika edisinya lebih dari satu), Tempat diterbitkan, Penerbit. Hal yang perlu diperhatikan adalah judul buku yang dituliskan secara italic dengan penggunaan huruf kapital mengikuti standar penulisan kalimat. Jumlah pengarang yang boleh didaftarkan di satu referensi maksimal berjumlah enam. Jika pengarang berjumlah lebih dari enam maka pengarang ketujuh dan selanjutnya dituliskan sebagai et al. Contoh:

3 Satu pengarang Conley, D 2002, The daily miracle: an introduction to journalism, Oxford University Press,New York. Dua pengarang Press, Jakarta. Anna, N & Santoso, CL 1997, Pendidikan anak, edk 5, Family Lebih dari dua pengarangkotler, P, Adam, S, Brown, L & Armstrong, G 2003, Principles of marketing, 2nd edn, Pearson Education Australia, Melbourne. Tidak ada nama pengarang Computer Graphics Inter-Facing 1996, 3rd edn, Modern technology Corporation, Minnepolis. Simak pula: Mengapa naskah Anda sering ditolak penerbit? Inilah sebabnya! 2. Artikel jurnal Penulisan untuk artikel jurnal yaitu, Nama belakang pengarang, inisial Tahun Publikasi, Judul artikel menggunakan tanda kutip tunggal, Nama jurnal menggunakan format italic, Nomor volume (ditulis vol.), Nomor halaman. Contoh: Pengarang tunggal Hall, M 1999, Breaking the silence: marginalisation of registered nurses employed in nursing homes, Contemporary Nurse, vol. 8, no. 1, hh Dua pengarang Davis, L, Mohay, H & Edwards, H 2003, Mothers involvement in caring for their premature infants: an historical overview, Journal of Advanced Nursing, vol. 42, no. 6, hh

4 Lebih dari dua pengarangwijaya, K, Phillips, M & Syarif, H 2002, Pemilihan sistem penyimpanan data skala besar, Jurnal Informatika Indonesia, vol. 1, no. 3, hh Tanpa pengarang Building human resources instead of landfills 2000, Biocycle, vol. 41, no. 12, hh Sementara, untuk penulisan jurnal online penulisannya adalah sama dengan jurnal full-text hanya pada jurnal online setelah penulisan nomor volume jurnal (vol.) selanjutnya ditambahkan dengan tanggal diakses dan alamat web. Adapaun penulisannya yaitu: Birbeck, D & Drummond, M 2006, Very young children s body image: bodies and minds under construction, International Education Journal, vol. 7, no.4, dilihat 12 Desember 2006, < 3. Halaman Web Penulisan daftar pustaka untuk artikel yang dikutip dari web polanya adalah: Nama pengarang atau editor atau penyusun Tahun, Judul Artikel (Italic), Nama lamam yang memuat, Tanggal akses, Alamat web. Contoh: desjardins, M 1998, How to succeed in postgraduate study, Applied Ecology Research Group, University of Canberra, dilihat 26 April 2001, < (Disarikan dari berbagai sumber). Untuk penulisan daftar pustaka yang bersumber dari selain sumber di atas, dapat melihat pedoman penulisan lebih lanjut di sini.

5 Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang te Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka Harvard Style / APA Daftar pustaka atau biasa disebut bibliografi merupakan salah satu unsur terpenting dalam sebuah karya ilmiah baik penelitian maupun skripsi. Daftar Pustaka sendiri adalah suatu daftar yang berisi semua sumber bacaan yang digunakan sebagai bahan acuan dalam penulisan karya ilmiah seperti Skripsi dan penelitian. Pemilihan daftar pustaka ini harus benar-benar sesuai dengan pokok permasalahan yang dibahas dalam makalah. Mahasiswa, Dosen, Siswa tidak boleh mencantumkan nama atau judul buku, artikel atau jurnal serta dokumen lainnya baik cetak maupun internet yang tidak terdapat dalam daftar pustaka ini. Sedangkan fungsi Daftar Pustaka salah satunya untuk memberikan referensi bagi pembaca buku tersebut untuk melakukan kajian ulang atau lanjutan sehubungan dengan tema buku. Juga sebagai bentuk penghargaan atau apresiasi terhadap penulis buku dalam Daftar Pustaka atas karyanya yang sudah mempunyai peranan dalam penulisan buku atau karya tulis. Daftar pustaka memang terlihat sangat simple dan sederhana, namun daftar pustaka sendiri sering dilupakan penulis. beberapa penulis sering lupa menuliskan sumber kutipan atau referensinya dari dari daftar pustaka. Tindakan tersebut sebenarnya sangat berbahaya, karena penulis dapat dianggap melakukan plagiat atau peniruan. Penulisan daftar pustaka sendiri memiliki auran yang telah ditetapkan sebagai standart keilmiahan dunia. Standar penulisan daftar pustaka menggunakan azas kemudahan bagi pembaca untuk menelusuri referensi yang digunakan. Standart yang ditetakan sebagai pedoman penulis daftar pustaka salah satunya adalah Harvard Style atau APA (American Psychological Association). Format daftar pustaka ini sangat populer pada karya ilmiah diindonesia. Berikut contoh penulisannya : Apabila sumber referensi atau kutipan berasal dari buku rumus : "Nama Belakang Pengarang, Inisial. (tahun penerbitan). Judul buku (Edisi jika edisinya lebih dari satu). Tempat diterbitkan: Penerbit, halaman." Yang perlu diperhatikan adalah: Jika kepustakaan diambil dari buku teks maka urutan penulisannya adalah: Nama penulis, tahun penerbitan buku, judul buku dicetak miring dan setiap permulaan kata ditulis huruf besar kecuali kata depan dan kata sambung, kemudian ditulis edisi ke berapa, kota, nama penerbit dan halaman (p untuk satu halaman dan pp untuk lebih dari satu halaman)

6 contoh : Guyton A.C Textbook of Medical Physiology. 5th ed. Philadelphia: WB Saunders, pp:25-9 Penulisan buku dengan editor disertai (Ed.) untuk satu editor dan (Eds.) untuk lebih dari satu editor. contoh: Dansser J., Colombani J. (eds) Histocompatibility Testing. Copenhagen Munksgrood, pp: 12-8 Apabila sumber referensi atau kutipan berasal dari penelitian terdahulu seperti skripsi, thesis dan desertasi hampir sama seperti penulisan daftar pustaka bersumber dari buku, hanya saja ditambahkan keterangan dibelakangnya contoh: Cairs R.B Infrared Spectroscopic Studies of Solid Oxygen. Barkley,California, University of California. Dissertation. Junaedi Y Study of Brain Development in Man and the Rat. England University of Surgery. PhD Thesis. Apabila sumber referensi atau kutipan berasal dari jurnal rumus ; "Nama Belakang Pengarang, Inisial. (tahun penerbitan). Judul artikel. Judul Jurnal, Nomor volume jika ada (Nomor issue), nomor halaman awal dan akhir dari artikel" Yang perlu diperhatikan adalah penulisan judul artikel dan judul jurnal. Huruf kapital pada penulisan judul artikel digunakan mengikuti standar penulisan kalimat. Huruf kapital pada penulisan judul jurnal dituliskan menuruti standar penulisan judul. Hanya judul jurnal yang dituliskan secara italic. contoh: Tseng, Y.C., Kuo, S.P., Lee, H.W., & Huang, C.F. (2004). Location tracking in a wireless sensor network by mobile agents and its data fusion strategies. The Computer Journal, 47(4), Apabila sumber referensi atau kutipan berasal dari artikel website rumus: "Nama Belakang Pengarang, Inisial. (tahun situs diproduksi atau tahun penerbitan dokumen). Judul dokumen. Retrieved from situs sumber" Aturan-aturan lain adalah: 1. Jika tanggal tidak ada maka gunakan n.d.

7 2. Jika nama pengarang tidak ada maka nama organisasi bisa dituliskan sebagai pengarang. 3. Jika pengarang sama sekali tidak ada maka awali referensi dengan judul dokumen. 4. Jika dokumen tersebut merupakan bagian dari situs web yang besar maka sebutkan nama organisasi dan departemen yang bersangkutan diikuti karakter : dan alamat situs.

FORMAT PENULISAN ARTIKEL ILMIAH JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT GEMASSIKA

FORMAT PENULISAN ARTIKEL ILMIAH JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT GEMASSIKA FORMAT PENULISAN ARTIKEL ILMIAH JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT GEMASSIKA 1. KETENTUAN UMUM a. Artikel merupakam hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kesehatan b. Artikel belum

Lebih terperinci

PANDUAN TUGAS AKHIR 2016

PANDUAN TUGAS AKHIR 2016 PANDUAN TUGAS AKHIR 2016 Dalam rangka pelaksanaan dan penyusunan laporan Tugas Akhir, maka disusun panduan ini sebagai pedoman bagi mahasiswa maupun dosen pembimbing. A. Pelaksanaan Bimbingan Tugas Akhir

Lebih terperinci

Gadjah Mada University. Vancouver Style. Citation

Gadjah Mada University. Vancouver Style. Citation Gadjah Mada University Vancouver Style Citation mummut Dec, 10 2012 Sebagai awal saya ingin memaparkan bahwa daftar pustaka merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah karya tulis ilmiah. Ini berarti

Lebih terperinci

Petunjuk Penulisan GIBS Science Fair 2018

Petunjuk Penulisan GIBS Science Fair 2018 Petunjuk Penulisan GIBS Science Fair 2018 1. Karya tulis ilmiah yang ditulis bertema natural science dan social science 2. Karya tulis merupakan karya asli dan ditulis sesuai dengan ejaan yang disempurnakan

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN NASKAH Jurnal Penelitian Komunikasi dan Pembangunan

PEDOMAN PENULISAN NASKAH Jurnal Penelitian Komunikasi dan Pembangunan PEDOMAN PENULISAN NASKAH Jurnal Penelitian Komunikasi dan Pembangunan 1. Standar Umum 1.1. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris maksimal 15 halaman (tidak termasuk lampiran). 1.2.

Lebih terperinci

Panduan Penulisan Artikel CR Journal creative research for west java development

Panduan Penulisan Artikel CR Journal creative research for west java development Panduan Penulisan Artikel CR Journal creative research for west java development Panduan penulisan artikel CR Journal berisi hal-hal yang harus dipenuhi oleh penulis agar artikel dapat diterbitkan dalam

Lebih terperinci

Petunjuk Penulisan LKTI SMA Se-Nasional UKM Penalaran. STKIP PGRI Jombang

Petunjuk Penulisan LKTI SMA Se-Nasional UKM Penalaran. STKIP PGRI Jombang Petunjuk Penulisan LKTI SMA Se-Nasional UKM Penalaran STKIP PGRI Jombang 1. Tulisan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 2. Abstrak Abstrak ditulis dengan format sebagai berikut: JUDUL MAKALAH

Lebih terperinci

KATA PENGANTAR. Kendari, Tim Penyusun

KATA PENGANTAR. Kendari, Tim Penyusun 1 KATA PENGANTAR Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wata ala, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas rahmat dan ridha-nya sehingga panduan penulisan skripsi ini dapat diwujudkan. Skripsi

Lebih terperinci

PANDUAN PENULISAN LAPORAN KERJA PRAKTEK DAN TUGAS AKHIR PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS MERCU BUANA JAKARTA

PANDUAN PENULISAN LAPORAN KERJA PRAKTEK DAN TUGAS AKHIR PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS MERCU BUANA JAKARTA PANDUAN PENULISAN LAPORAN KERJA PRAKTEK DAN TUGAS AKHIR PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS MERCU BUANA JAKARTA I KERJA PRAKTEK 1.1 Pengertian dan Tujuan Kerja Praktek Pengertian Kerja Praktek Kerja

Lebih terperinci

e. Acuan berupa artikel di dalam majalah, format penulisannya Nama_Pengarang. (Thn_Publikasi). Judul_Artikel. Judul_Majalah, volume (nomor), halaman.

e. Acuan berupa artikel di dalam majalah, format penulisannya Nama_Pengarang. (Thn_Publikasi). Judul_Artikel. Judul_Majalah, volume (nomor), halaman. Daftar Pustaka Dalam pembuatan makalah, paper atau buku kita perlu mencantumkan referensireferensi atau sumber-sumber dari tulisan kita, itulah yang disebut dengan daftar pustaka. Daftar pustaka merupakan

Lebih terperinci

DAFTAR PUSTAKA : Format Penyusunan Oleh : Ubudiyah Setiawati

DAFTAR PUSTAKA : Format Penyusunan Oleh : Ubudiyah Setiawati DAFTAR PUSTAKA : Format Penyusunan Oleh : Ubudiyah Setiawati Abstrak Penyusunan daftar pustaka ini bertujuan untuk kemudahan bagi pembaca mencari sumber asli dari kutipan yang ada pada penelitian. Daftar

Lebih terperinci

PEDOMAN BAGI PENULIS ARTIKEL al-uqud : Journal of Islamic Economics

PEDOMAN BAGI PENULIS ARTIKEL al-uqud : Journal of Islamic Economics PEDOMAN BAGI PENULIS ARTIKEL al-uqud : Journal of Islamic Economics Agar naskah artikel dapat dimuat dalam Jurnal al-uqud, maka penulis perlu memperhatikan pedoman sebagai berikut: 1. Artikel yang dikirimkan

Lebih terperinci

Fungsi Daftar Pustaka

Fungsi Daftar Pustaka Pendahuluan Daftar pustaka dan catatan kaki dalam sebuah karangan ilmiah yang memuat pendapat, hasil penelitian, cuplikan dari sumber lain harus dicantumkan sumber informasi tersebut Sumber tersebut dicantumkan

Lebih terperinci

Indonesian Undergraduate Research Journal for Geoscience (IURJG) Guide for Authors (Pedoman untuk Penulis)

Indonesian Undergraduate Research Journal for Geoscience (IURJG) Guide for Authors (Pedoman untuk Penulis) Daftar Isi Persiapan Naskah... 2 Disiplin ilmu... 2 Bagian Naskah... 2 Judul... 2 Penulis... 2 Abstrak (Abstract)... 3 Keywords... 3 Tulisan... 3 Judul bagian... 3 Pendahuluan (Introduction)... 3 Data

Lebih terperinci

PHYSICS SUMMIT PAPER COMPETITION. JUDUL PAPER (Judul yang diajukan, ditulis sesuai EYD)

PHYSICS SUMMIT PAPER COMPETITION. JUDUL PAPER (Judul yang diajukan, ditulis sesuai EYD) LOGO PTN/PTS PHYSICS SUMMIT PAPER COMPETITION JUDUL PAPER (Judul yang diajukan, ditulis sesuai EYD) Diusulkan oleh : (nama ketua) (NIM) (Angkatan) (nama anggota 1) (NIM) (Angkatan) (nama anggota 1) (NIM)

Lebih terperinci

Pedoman Penulisan Tugas Akhir PROGRAM DIPLOMA-3

Pedoman Penulisan Tugas Akhir PROGRAM DIPLOMA-3 Pedoman Penulisan Tugas Akhir PROGRAM DIPLOMA-3 SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA PUTERA BATAM 2008 KATA PENGANTAR Setiap lulusan STMIK PUTERA BATAM dituntut mampu menulis karangan ilmiah secara benar.

Lebih terperinci

PANDUAN PENULISAN MANUSKRIP FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2012

PANDUAN PENULISAN MANUSKRIP FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2012 PANDUAN PENULISAN MANUSKRIP FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2012 TIM PENGEMBANG UNNES LAW JOURNAL 1 A. ALUR PEMBUATAN MANUSKRIP 2 B. RINCIAN PROSEDUR 1. Mahasiswa a. Mengajukan topik skripsi/tesis

Lebih terperinci

FORMAT KULIT MUKA USULAN KARYA TULIS ILMIAH (kertas cover buffalo, warna biru muda, soft cover, ukuran A-4, tanpa cover plastik) PROGRAM LKTI

FORMAT KULIT MUKA USULAN KARYA TULIS ILMIAH (kertas cover buffalo, warna biru muda, soft cover, ukuran A-4, tanpa cover plastik) PROGRAM LKTI PANDUAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH FORMAT KULIT MUKA USULAN KARYA TULIS ILMIAH (kertas cover buffalo, warna biru muda, soft cover, ukuran A-4, tanpa cover plastik) PROGRAM LKTI Logo Sekolah JUDUL (MAKS

Lebih terperinci

PANDUAN PENULISAN KARYA TULIS DOSEN UNIVERSITAS PELITA HARAPAN

PANDUAN PENULISAN KARYA TULIS DOSEN UNIVERSITAS PELITA HARAPAN PANDUAN PENULISAN KARYA TULIS DOSEN UNIVERSITAS PELITA HARAPAN PERPUSTAKAAN JOHANNES OENTORO UNIVERSITAS PELITA HARAPAN KARAWACI 2009 KATA PENGANTAR Sebagai salah satu persyaratan dalam kenaikan jenjang

Lebih terperinci

FORMAT PENELITIAN DOSEN

FORMAT PENELITIAN DOSEN FORMAT PENELITIAN DOSEN Proposal dan Laporan Hasil Penelitian dalam Program Penelitian Dosen ditulis menggunakan font Times New Roman ukuran 12 dengan jarak baris 1,5 spasi dan ukuran kertas A-4 dengan

Lebih terperinci

FORMAT MAKALAH LOMBA BETON NASIONAL CIVIL BRINGS REVOLUTION UNIVERSITAS LAMPUNG

FORMAT MAKALAH LOMBA BETON NASIONAL CIVIL BRINGS REVOLUTION UNIVERSITAS LAMPUNG FORMAT MAKALAH LOMBA BETON NASIONAL CIVIL BRINGS REVOLUTION UNIVERSITAS LAMPUNG 1. Makalah lengkap ditetapkan maksimum 30 halaman (termasuk lampiran, Log Book kegiatan, tabel, grafik dan gambar), spasi

Lebih terperinci

PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL TUGAS AKHIR

PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL TUGAS AKHIR PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL TUGAS AKHIR STIE MIKROSKIL MEDAN 2016 1 ISI PROPOSAL TUGAS AKHIR Isi dari Proposal Tugas Akhir terdiri dari: 1. Latar belakang Latar belakang menguraikan tentang masalah yang

Lebih terperinci

PETUNJUK PENYAJIAN ORAL PRESENTATION DAN POSTER SIMPOSIUM PENELITIAN BAHAN OBAT ALAMI XVI& MUKTAMAR PERHIPBA XII

PETUNJUK PENYAJIAN ORAL PRESENTATION DAN POSTER SIMPOSIUM PENELITIAN BAHAN OBAT ALAMI XVI& MUKTAMAR PERHIPBA XII PETUNJUK PENYAJIAN ORAL PRESENTATION DAN POSTER SIMPOSIUM PENELITIAN BAHAN OBAT ALAMI XVI& MUKTAMAR PERHIPBA XII TEMA: Potensi dan Tantangan Saintifikasi Jamu Dalam Rangka Menjadikan Jamu Sebagai Tuan

Lebih terperinci

ATURAN PENULISAN NASKAH ILMIAH JURNAL BIS A (BISNIS ADMINISTRASI)

ATURAN PENULISAN NASKAH ILMIAH JURNAL BIS A (BISNIS ADMINISTRASI) ATURAN PENULISAN NASKAH ILMIAH JURNAL BIS A (BISNIS ADMINISTRASI) I. UMUM 1. Jurnal Bisnis Administrasi (Jurnal BIS-A) adalah publikasi ilmiah berkala yang terbit 2 (dua) kali setahun yaitu Juni dan Desember.

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN NASKAH JURNAL BHUMI

PEDOMAN PENULISAN NASKAH JURNAL BHUMI PEDOMAN PENULISAN NASKAH JURNAL BHUMI 1. Topik naskah berkisar pada isu tentang agraria/pertanahan dan tata ruang yang mendorong temuan, pemahaman baru dan diskusi yang dihasilkan dari hasil penelitian,

Lebih terperinci

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT NASIONAL (LKTIN) KREATIVITAS MESIN BRAWIJAYA (KMB) 2017

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT NASIONAL (LKTIN) KREATIVITAS MESIN BRAWIJAYA (KMB) 2017 PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT NASIONAL (LKTIN) KREATIVITAS MESIN BRAWIJAYA (KMB) 2017 A. Nama Lomba Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional (LKTIN) Kreativitas Mesin Brawijaya (KMB) 2017 B.

Lebih terperinci

. B a B hasa 4. Paragraf

. B a B hasa 4. Paragraf TEKNIK PENULISAN ILMIAH 1. Kertas Gunakan kertas kuarto A4 berat 80 gram 2. Ketikan Gunakan huruf Times New Roman 12 dan spasi ganda. Batas pengetikan 4 cm dari pinggir kiri dan atas, dan 3 cm dari pinggir

Lebih terperinci

Format dan Rambu-Rambu ebook FK UNS

Format dan Rambu-Rambu ebook FK UNS Format dan Rambu-Rambu ebook FK UNS Prof. dr. Bhisma Murti, MPH, MSc, PhD Institute of Health Economic and Policy Studies (IHEPS), Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya 2015 FORMAT PENULISAN JURNAL Kata-Kata Kunci LATAR BELAKANG METODE HASIL DISKUSI

Lebih terperinci

PANDUAN PENULISAN BUSINESS PROJECT

PANDUAN PENULISAN BUSINESS PROJECT PRASETIYA MULYA BUSINESS SCHOOL 2013 1 PANDUAN PENULISAN BUSINESS PROJECT S1 Bisnis Prasetiya Mulya Laporan Business Project terdiri dari: Bagian Awal, Bagian Utama dan Bagian Akhir. I. Bagian Awal Bagian

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN MANUSKRIP JURNAL KOMUNITAS

PEDOMAN PENULISAN MANUSKRIP JURNAL KOMUNITAS PEDOMAN PENULISAN MANUSKRIP JURNAL KOMUNITAS Persyaratan Umum Penulisan Manuskrip Pedoman bagi penulis manuskrip dapat dijabarkan sebagai berikut. a) Manuskrip ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa

Lebih terperinci

TAMPLATE DAN GAYA SELINGKUNG Penulisan Artikel Untuk Tugas HTN TA

TAMPLATE DAN GAYA SELINGKUNG Penulisan Artikel Untuk Tugas HTN TA TAMPLATE DAN GAYA SELINGKUNG Penulisan Artikel Untuk Tugas HTN TA 2017-2018 [JUDUL ARTIKEL, TIMES NEW ROMAN 12, BOLD, CENTER, KAPITAL] [Nama Penulis 1] dan [Nama Penulis 2] [Program Studi, Nama Fakultas,

Lebih terperinci

SISTEMATIKA LAPORAN PROGRAM PREVENSI PSIKOLOGI KLINIS

SISTEMATIKA LAPORAN PROGRAM PREVENSI PSIKOLOGI KLINIS SISTEMATIKA LAPORAN PROGRAM PREVENSI PSIKOLOGI KLINIS 1. MEDIA PENULISAN DAN PENGETIKAN A. Kertas menggunakan kertas A4 B. Sampul Sampul tidak usah dijilid, namun menggunakan kertas yang berwarna. Untuk

Lebih terperinci

PEDOMAN SISTEMATIKA PENULISAN: ARTIKEL BERASAL HASIL PENELITIAN DENGAN UJI HIPOTESIS STATISTIK (PENELITIAN PENGARUH DAN HUBUNGAN ANTAR VARIABEL)

PEDOMAN SISTEMATIKA PENULISAN: ARTIKEL BERASAL HASIL PENELITIAN DENGAN UJI HIPOTESIS STATISTIK (PENELITIAN PENGARUH DAN HUBUNGAN ANTAR VARIABEL) PEDOMAN SISTEMATIKA PENULISAN: ARTIKEL BERASAL HASIL PENELITIAN DENGAN UJI HIPOTESIS STATISTIK (PENELITIAN PENGARUH DAN HUBUNGAN ANTAR VARIABEL) Artikel ditulis dengan urutan sebagai berikut: JUDUL Judul

Lebih terperinci

METLIT 6 LITERATUR REVIEW SITASI ATAU PENYITIRAN

METLIT 6 LITERATUR REVIEW SITASI ATAU PENYITIRAN METLIT 6 LITERATUR REVIEW SITASI ATAU PENYITIRAN SITASI ATAU PENYITIRAN Sitasi (citation) di dalam penulisan ilmiah sangat penting. Dalam penulisan ilmiah penulis memerlukan bahan pustaka (literatur review)

Lebih terperinci

MEMBUAT SITASI DAN DAFTAR PUSTAKA Oleh Purwani Istiana, SIP., M.A. Pustakawan Fak. Geografi- UGM Intisari

MEMBUAT SITASI DAN DAFTAR PUSTAKA Oleh Purwani Istiana, SIP., M.A. Pustakawan Fak. Geografi- UGM Intisari MEMBUAT SITASI DAN DAFTAR PUSTAKA Oleh Purwani Istiana, SIP., M.A. Pustakawan Fak. Geografi- UGM nina@ugm.ac.id Intisari Salah satu bentuk pengakuan atas ide, pendapat orang lain dalam sebuah karya tulis

Lebih terperinci

JURNAL MANAJEMEN & KEWIRAUSAHAAN PROGRAM STUDI MANAJEMEN, FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN PETRA SURABAYA

JURNAL MANAJEMEN & KEWIRAUSAHAAN PROGRAM STUDI MANAJEMEN, FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN PETRA SURABAYA JURNAL MANAJEMEN & KEWIRAUSAHAAN PROGRAM STUDI MANAJEMEN, FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN PETRA SURABAYA PROSEDUR PENGIRIMAN NASKAH ARTIKEL TERBITAN BERKALA ILMIAH JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN

Lebih terperinci

MERANGKUM DAN MENGUTIP DALAM PENULISAN KARYA ILMIAH. Oleh Kastam Syamsi FBS Universitas Negeri Yogyakarta

MERANGKUM DAN MENGUTIP DALAM PENULISAN KARYA ILMIAH. Oleh Kastam Syamsi FBS Universitas Negeri Yogyakarta MERANGKUM DAN MENGUTIP DALAM PENULISAN KARYA ILMIAH Oleh Kastam Syamsi FBS Universitas Negeri Yogyakarta Dalam penulisan karya ilmiah, termasuk buku ajar, sering ditemui rangkuman dan pengutipan dari berbagai

Lebih terperinci

FORMULIR PENDAFTARAN PEMAKALAH

FORMULIR PENDAFTARAN PEMAKALAH FORMULIR PENDAFTARAN PEMAKALAH No Penerimaan Abstrak : Judul : Nama Lengkap (dengan gelar) : Institusi : Telp/Fax / HP : Email : Dengan ini saya menyatakan: 1. Kesediaan hadir saat pemaparan makalah*)

Lebih terperinci

TATA CARA PENULISAN ARTIKEL PROSIDING. TEMA KEGIATAN Profesionalisme Tenaga Profesi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

TATA CARA PENULISAN ARTIKEL PROSIDING. TEMA KEGIATAN Profesionalisme Tenaga Profesi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan TATA CARA PENULISAN ARTIKEL PROSIDING TEMA KEGIATAN Profesionalisme Tenaga Profesi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SUB TEMA KEGIATAN 1. Kebijakan Peningkatan Profesionalisme Guru PJOK 2. Sertifikasi

Lebih terperinci

TEKNIS PENYUSUNAN KTI

TEKNIS PENYUSUNAN KTI TEKNIS PENYUSUNAN KTI A. BOBOT KTI : SETIAP JURUSAN DAPAT MENENTUKAN NILAI KREDIT SEMESTER (SKS) B. SYARAT MAHASISWA DALAM PENULISAN KTI 1. Lulus semua mata kuliah 2. Lulus PPS 3. Telah mengikuti KKN Terpadu

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Universitas Sumatera Utara

BAB I PENDAHULUAN. Universitas Sumatera Utara BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Teknologi Informasi (TI) mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan itu memberikan dampak, baik dampak positif maupun dampak negatif. Dampak perkembangan

Lebih terperinci

TATA CARA PENULISAN MAKALAH SEMINAR NASIONAL TERPADU FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

TATA CARA PENULISAN MAKALAH SEMINAR NASIONAL TERPADU FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO TATA CARA PENULISAN MAKALAH SEMINAR NASIONAL TERPADU FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO 1. PEDOMAN UMUM a. Naskah sudah ditulis dalam bentuk format Ms. Word yang sudah jadi dan siap

Lebih terperinci

PETUNJUK UNTUK PRESENTASI ORAL

PETUNJUK UNTUK PRESENTASI ORAL 1 IMPORTANT DATE : Pengumpulan naskah : 16 Juni 2016 Penerimaan naskah : 17 Juni 2016 Pengembalian naskah hasil reviewer : 24 Juni 2016 Penerimaan Revisi hasil reviewer tanggal : 2 Juli 2016 PETUNJUK UNTUK

Lebih terperinci

Format Penulisan Laporan Praktikum Statistik Industri Periode Genap 2014/2015

Format Penulisan Laporan Praktikum Statistik Industri Periode Genap 2014/2015 1. Format Umum Format Penulisan Laporan Praktikum Statistik Industri Periode Genap 2014/2015 Kertas yang dipakai kertas A4 80 gr. Margin pengetikan laporan sebagai berikut: 3 cm dari sisi kiri kertas,

Lebih terperinci

KARYA TULIS PENGUTIPAN SITI SALAMAH AZZAHRA

KARYA TULIS PENGUTIPAN SITI SALAMAH AZZAHRA KARYA TULIS PENGUTIPAN SITI SALAMAH AZZAHRA BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Tuntutan seserang yang berkelut di bidang pendidikan khususnya adalah mampu mencipatakan karya ilmiah baik tuntutan tugas

Lebih terperinci

PROPOSAL SKRIPSI. JUDUL PROPOSAL SKRIPSI DALAM BAHASA INDONESIA DITULIS SECARA SIMETRIS (Studi Kasus: Tempat Penelitian Tesis-jika ada, optional)

PROPOSAL SKRIPSI. JUDUL PROPOSAL SKRIPSI DALAM BAHASA INDONESIA DITULIS SECARA SIMETRIS (Studi Kasus: Tempat Penelitian Tesis-jika ada, optional) PROPOSAL SKRIPSI JUDUL PROPOSAL SKRIPSI DALAM BAHASA INDONESIA DITULIS SECARA SIMETRIS (Studi Kasus: Tempat Penelitian Tesis-jika ada, optional) Nama : NIM : Disusun oleh: PROGRAM STUDI S1 TEKNIK INFORMATIKA

Lebih terperinci

PROPOSAL TUGAS AKHIR

PROPOSAL TUGAS AKHIR Cover PROPOSAL TUGAS AKHIR IMPLEMENTASI ADAPTIVE NEURO FUZZY INFERENCE SYSTEM (ANFIS) PADA SISTEM PENGENDALIAN AUTOPILOT PADA KAPAL NOAH Oleh: Wiro Sableng Nrp. 69090400xx PROGRAM STUDI TEKNIK OTOMASI

Lebih terperinci

Jurusan,Fakultas, Universitas Alamat Instansi

Jurusan,Fakultas, Universitas Alamat Instansi FORMAT NASKAH MAKALAH PROSIDING SEMINAR NASIONAL From Basic Science to Comprehensive Education Makassar, 26 Agustus 2016 JURUSAN BIOLOGI, FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN ALAUDDIN MAKASSAR 1. Naskah ditulis

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN AGRIEKONOMIKA JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN KEBIJAKAN PERTANIAN ISSN e ISSN

PEDOMAN PENULISAN AGRIEKONOMIKA JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN KEBIJAKAN PERTANIAN ISSN e ISSN PEDOMAN PENULISAN AGRIEKONOMIKA JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN KEBIJAKAN PERTANIAN ISSN 2301-9948 KETENTUAN UMUM: 1. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan format yang ditentukan.

Lebih terperinci

Hanif Fakhrurroja, MT

Hanif Fakhrurroja, MT Metodologi Penelitian: Teori dan Sumber Pustaka Hanif Fakhrurroja, MT PIKSI GANESHA, 2012 Hanif Fakhrurroja @hanifoza hanifoza@gmail.com http://hanifoza.wordpress.com Pendahuluan Literatur review berisi

Lebih terperinci

PANDUAN PENULISAN JURNAL HASIL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

PANDUAN PENULISAN JURNAL HASIL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PANDUAN PENULISAN JURNAL HASIL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DISUSUN OLEH OLEH : LPPM UNPAM LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS PAMULANG 2016 FORMAT PENULISAN

Lebih terperinci

P A N D U A N P E N U L I S A N JURNAL PENELITIAN KOMUNIKASI DAN PEMBANGUNAN

P A N D U A N P E N U L I S A N JURNAL PENELITIAN KOMUNIKASI DAN PEMBANGUNAN P A N D U A N P E N U L I S A N JURNAL PENELITIAN KOMUNIKASI DAN PEMBANGUNAN 1. STANDAR UMUM 1.1. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris maksimal 15 halaman (tidak termasuk lampiran).

Lebih terperinci

Perbandingan Publikasi Internasional Indonesia di Scopus Periode 2010-April 2016

Perbandingan Publikasi Internasional Indonesia di Scopus Periode 2010-April 2016 Perbandingan Publikasi Internasional Indonesia di Scopus Periode 2010-April 2016 Perbandingan Publikasi Internasional Indonesia di Web of Science (Thomson) Saat ini Publikasi internasional peneliti

Lebih terperinci

S O P Unggah Karya Artikel Ilmiah (Hasil Skripsi/Tesis) Pada Repository ISI Denpasar

S O P Unggah Karya Artikel Ilmiah (Hasil Skripsi/Tesis) Pada Repository ISI Denpasar S O P Unggah Karya Artikel Ilmiah (Hasil Skripsi/Tesis) Pada Repository ISI Denpasar I. PENDAHULUAN Penulisan karya ilmiah merupakan cermin kualitas lulusan pada perguruan tinggi. Karya ilmiah harus memenuhi

Lebih terperinci

FORMAT PENULISAN LAPORAN PRAKTIKUM TERINTEGRASI III

FORMAT PENULISAN LAPORAN PRAKTIKUM TERINTEGRASI III FORMAT PENULISAN LAPORAN PRAKTIKUM TERINTEGRASI III 1. FORMAT UMUM a. Batas pengetikan laporan atau margin adalah Inside 3,5 cm, Outside 2,5cm, Top 2,5 cm, Bottom 2,5 cm dengan menggunakan mirror margin.

Lebih terperinci

A. SISTEMATIKA PENULISAN ARTIKEL PKM-P, PKM T DAN PKM KC

A. SISTEMATIKA PENULISAN ARTIKEL PKM-P, PKM T DAN PKM KC A. SISTEMATIKA PENULISAN ARTIKEL PKM-P, PKM T DAN PKM KC Artikel dibatasi maksimum 10 halaman, nomor halaman diletakkan di bagian kanan bawah, setiap halaman diberi header berisi nama belakang penulis

Lebih terperinci

MEKANISME DAN KETENTUAN LOMBA KARYA ILMIAH. 2. Jurnal yang dikirim bukan skripsi, tesis ataupun disertasi

MEKANISME DAN KETENTUAN LOMBA KARYA ILMIAH. 2. Jurnal yang dikirim bukan skripsi, tesis ataupun disertasi MEKANISME DAN KETENTUAN LOMBA KARYA ILMIAH TEMA LOMBA KARYA ILMIAH Tema Lomba Karya Ilmiah : BEBAS (TERKAIT DIALISIS) I. KETENTUAN UMUM 1. Peserta adalah anggota PD IPDI JATIM 2. Jurnal yang dikirim bukan

Lebih terperinci

Petunjuk untuk Penulis

Petunjuk untuk Penulis International Conference on Public Health Best Western Premier Hotel, Solo, Indonesia Petunjuk untuk Penulis Abstrak dan Artikel Penelitian International Conference on Public Health International Conference

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN PAPER DI JURNAL CKI ON SPOT

PEDOMAN PENULISAN PAPER DI JURNAL CKI ON SPOT PEDOMAN PENULISAN PAPER DI JURNAL CKI ON SPOT 1. PEDOMAN UMUM a. Naskah merupakan ringkasan hasil penelitian yang belum pernah dimuat maupun dalam proses pengajuan dalam publikasi ilmiah lain. b. Naskah

Lebih terperinci

Metodologi Riset. Pertemuan 5 : Literatur Review. Safitri Juanita, M.T.I

Metodologi Riset. Pertemuan 5 : Literatur Review. Safitri Juanita, M.T.I Metodologi Riset Pertemuan 5 : Literatur Review Safitri Juanita, M.T.I Literatur Review / Tinjauan Pustaka Uraian tentang Teori, Temuan dan Bahan Penelitian Lain sebagai landasan kegiatan penelitian Digunakan

Lebih terperinci

FORMAT UMUM LAPORAN SATISTIKA INDUSTRI 2

FORMAT UMUM LAPORAN SATISTIKA INDUSTRI 2 FORMAT UMUM LAPORAN SATISTIKA INDUSTRI 2 BAGIAN I BENTUK FISIK LAPORAN Berikut merupakan format umum untuk semua laporan praktikum Statistika Industri 2. 1. Semua laporan ditulis pada kertas HVS A4 70

Lebih terperinci

Rujukan dan Daftar Pustaka

Rujukan dan Daftar Pustaka Rujukan dan Daftar Pustaka 1 Kutipan Langsung Soebronto (1990:123) menyimpulkan ada hubungan yang erat antara faktor sosial ekonomi dengan kemajuan belajar atau Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN DINAS BINA MARGA DAN PENGAIRAN KABUPATEN BENGKALIS

SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN DINAS BINA MARGA DAN PENGAIRAN KABUPATEN BENGKALIS Proposal Tugas Akhir SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN DINAS BINA MARGA DAN PENGAIRAN KABUPATEN BENGKALIS Sebagai Salah

Lebih terperinci

METLIT 6 LITERATUR REVIEW SITASI ATAU PENYITIRAN

METLIT 6 LITERATUR REVIEW SITASI ATAU PENYITIRAN METLIT 6 LITERATUR REVIEW SITASI ATAU PENYITIRAN SITASI ATAU PENYITIRAN Sitasi (citation) di dalam penulisan ilmiah sangat penting. Dalam penulisan ilmiah penulis memerlukan bahan pustaka (literatur review)

Lebih terperinci

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA NASIONAL PAKUAN EDUCATION, ART, CULTURE AND ENVIRONMENT FESTIVAL

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA NASIONAL PAKUAN EDUCATION, ART, CULTURE AND ENVIRONMENT FESTIVAL PAKUAN EDUCATION, ART, CULTURE AND ENVIRONMENT FESTIVAL Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa dilaksanakan tingkat nasional. Kegiatan ini merupakan seruan bagi mahasiswa se-indonesia agar menuangkan buah

Lebih terperinci

PANDUAN LKTI HMJ PLS UNESA 2017 KABINET REVITALISASI. Bersinergis, Cerdas, Profesional

PANDUAN LKTI HMJ PLS UNESA 2017 KABINET REVITALISASI. Bersinergis, Cerdas, Profesional PANDUAN LKTI HMJ PLS UNESA 2017 KABINET REVITALISASI Bersinergis, Cerdas, Profesional TERM OF REFERENCE Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat SMA/SMK sederajat Se-Jawa Timur Pendidikan Luar Sekolah Universitas

Lebih terperinci

[JUDUL ARTIKEL, TIMES NEW ROMAN 12, BOLD, CENTER, KAPITAL] [Nama Penulis 1] dan [Nama Penulis 2]

[JUDUL ARTIKEL, TIMES NEW ROMAN 12, BOLD, CENTER, KAPITAL] [Nama Penulis 1] dan [Nama Penulis 2] 1 1 [JUDUL ARTIKEL, TIMES NEW ROMAN 12, BOLD, CENTER, KAPITAL] [Nama Penulis 1] dan [Nama Penulis 2] [Konsentrasi/Peminatan Studi, Fakultas Hukum, Nama Universitas] [Alamat lengkap Kampus meliputi jalan,

Lebih terperinci

KAJIAN TUGAS AKHIR STRATA SATU (S1) FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS INDONESIA

KAJIAN TUGAS AKHIR STRATA SATU (S1) FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS INDONESIA KAJIAN TUGAS AKHIR STRATA SATU (S1) FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS INDONESIA Shinta T. Effendy 1, Rahmat M. Samik Ibrahim 2 1 Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia (shintaeffendy

Lebih terperinci

SISTEMATIKA LAPORAN PENELITIAN ANTROPOLOGI

SISTEMATIKA LAPORAN PENELITIAN ANTROPOLOGI SISTEMATIKA LAPORAN PENELITIAN ANTROPOLOGI 1. MEDIA PENULISAN DAN PENGETIKAN A. Kertas menggunakan kertas A4 B. Sampul Sampul tidak usah dijilid, namun menggunakan kertas yang berwarna. Untuk memudahkan

Lebih terperinci

UNDANGAN TERBUKA. Naskah dapat dikirimkan atau diserahkan secara langsung kepada: Redaksi Jurnal RechtsVinding

UNDANGAN TERBUKA. Naskah dapat dikirimkan atau diserahkan secara langsung kepada: Redaksi Jurnal RechtsVinding UNDANGAN TERBUKA Dengan ini diinformasikan bahwa Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Hukum Nasional Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) akan menerbitkan Jurnal Rechtsvinding sebanyak 3 (tiga) edisi

Lebih terperinci

Gambar 1. Pengaturan halaman dengan format mirror margin.

Gambar 1. Pengaturan halaman dengan format mirror margin. PEDOMAN PENULISAN NASKAH SEMINAR NASIONAL SNTEKPAN IV Th. 2016 Aturan Umum 1. Naskah berupa hasil penelitian penulis dan belum pernah dipublikasikan di media cetak lain. 2. Naskah dapat ditulis dalam bahasa

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN NASKAH

PEDOMAN PENULISAN NASKAH PEDOMAN PENULISAN NASKAH Jurnal Ilmiah STIKes U Budiyah adalah publikasi ilmiah yang terbit setiap 2 kali dalam setahun dan menerima tulisan ilmiah di bidang kesehatan, baik laporan penelitian (original

Lebih terperinci

FORMAT PENULISAN PKL UNTUK MAHASISWA

FORMAT PENULISAN PKL UNTUK MAHASISWA FORMAT PENULISAN PKL UNTUK MAHASISWA DEPARTEMEN ILMU KOMPUTER/INFORMATIKA FAKULTAS SAINS DAN MATEMATIKA UNIVERSITAS DIPONEGORO 2016 DAFTAR ISI I. FORMAT PENULISAN SECARA UMUM... 2 1.1. Bahasa Penulisan...

Lebih terperinci

PENGACUAN, CATATAN KAKI, CATATAN AKHIR, DAN BIBLIOGRAFI. Ali Saukah

PENGACUAN, CATATAN KAKI, CATATAN AKHIR, DAN BIBLIOGRAFI. Ali Saukah PENGACUAN, CATATAN KAKI, CATATAN AKHIR, DAN BIBLIOGRAFI Ali Saukah alisaukah@yahoo.com DEFINISI (1) Pengacuan adalah pengutipan secara langsung (persis seperti aslinya), parafrase (mengambil idenya dengan

Lebih terperinci

Catatan Akhir adalah sistem pengacuan dengan cara menempatkan informasi tentang identitas lengkap suatu sumber rujukan di bagian akhir sebuah artikel

Catatan Akhir adalah sistem pengacuan dengan cara menempatkan informasi tentang identitas lengkap suatu sumber rujukan di bagian akhir sebuah artikel PENGACUAN, CATATAN KAKI, CATATAN AKHIR, DAN BIBLIOGRAFI Ali Saukah alisaukah@yahoo.com DEFINISI (1) Pengacuan adalah pengutipan secara langsung (persis seperti aslinya), parafrase (mengambil idenya dengan

Lebih terperinci

Petunjuk bagi Calon Penulis Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

Petunjuk bagi Calon Penulis Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Petunjuk bagi Calon Penulis Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 1. Artikel yang ditulis untuk JPP meliputi hasil penelitian (paling lama 5 tahun saat naskah diajukan) dan pemikiran dalam bidang pendidikan

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG. 2. Penulisan Judul, Nama dan Alamat Penulis

PEDOMAN PENULISAN FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG. 2. Penulisan Judul, Nama dan Alamat Penulis PEDOMAN PENULISAN Jurnal LITIGASI (p-issn: 0853-7100; e-issn: 2442-2274; http://journal.unpas.ac.id/index.php/litigasi) adalah jurnal peer-review diterbitkan oleh Fakultas Hukum Universitas Pasundan Bandung

Lebih terperinci

PEDOMAN RINGKAS CARA MENGUTIP DAN MENYAJIKAN REFERENSI. Tesis. Dosen Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Narotama

PEDOMAN RINGKAS CARA MENGUTIP DAN MENYAJIKAN REFERENSI. Tesis. Dosen Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Narotama 0 PEDOMAN RINGKAS CARA MENGUTIP DAN MENYAJIKAN REFERENSI UNTUK PAPER ILMIAH Sumber: APA Publication Manual 6 th ed. Tesis Referensi Artikel Jurnal Skripsi Kutipan Disusun oleh: Dr. Dewi Fitriasari, CSRS,

Lebih terperinci

PANDUAN PRESENTASI PEMAKALAH

PANDUAN PRESENTASI PEMAKALAH PANDUAN PRESENTASI PEMAKALAH 1. Alokasi waktu untuk masing-masing presenter adalah 15 menit (presentasi 10 menit, pertanyaan dan jawaban 5 menit). 2. Presenter dimohon sudah menyerahkan materi presentasi

Lebih terperinci

KETENTUAN PUBLIKASI JURNAL MEDIKA RESPATI P3M UNRIYO

KETENTUAN PUBLIKASI JURNAL MEDIKA RESPATI P3M UNRIYO KETENTUAN PUBLIKASI JURNAL MEDIKA RESPATI P3M UNRIYO A. Ketentuan Umum Format penulisan naskah Jurnal adalah sebagai berikut: 1. Buletin Jurnal Medika Respati memuat tulisan Ilmiah dalam bidang Kesehatan,

Lebih terperinci

PENJELASAN TEMA DAN PANDUAN PENULISAN KARYA TULIS ANTIKORUPSI

PENJELASAN TEMA DAN PANDUAN PENULISAN KARYA TULIS ANTIKORUPSI PENJELASAN TEMA DAN PANDUAN PENULISAN KARYA TULIS ANTIKORUPSI A. Penjelasan Tema Tema Utama: Mahasiswa Cerdas, Mahasiswa Berintegritas Deskripsi integritas yaitu menunjukkan kejujujuran, komitmen dan kesesuaian

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN LAPORAN PENELITIAN STIA MUHAMMADIYAH SELONG

PEDOMAN PENULISAN LAPORAN PENELITIAN STIA MUHAMMADIYAH SELONG PEDOMAN PENULISAN LAPORAN PENELITIAN STIA MUHAMMADIYAH SELONG LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (LPP) STIA MUHAMMADIYAH SELONG TAHUN 2013 PEDOMAN PENULISAN LAPORAN PENELITIAN A. PENGANTAR Program penelitian

Lebih terperinci

Judul Artikel [Arial, 14, Bold, Centered, Title Case]

Judul Artikel [Arial, 14, Bold, Centered, Title Case] Judul Artikel [Arial, 14, Bold, Centered, Title Case] Penulis Utama 1, Rekan Penulis 2 1 Jurusan/Program Studi, Institusi Alamat, Email: email@domain.ac.id (wajib ada) 2 Jurusan/Program Studi, Institusi

Lebih terperinci

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL UNIVERSITAS SRIWIJAYA FAKULTAS ILMU KOMPUTER

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL UNIVERSITAS SRIWIJAYA FAKULTAS ILMU KOMPUTER Nomor : /H9.1.9/LL/2008 10 November 2008 Lampiran : 3 halaman Perihal : Pemberitahuan Pengumpulan Laporan Yth. Bapak/Ibu.. Jurusan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya di Palembang Dengan Hormat,

Lebih terperinci

Petunjuk Penulisan Makalah Jurnal Itenas Rekayasa Institut Teknologi Nasional

Petunjuk Penulisan Makalah Jurnal Itenas Rekayasa Institut Teknologi Nasional Jurnal Itenas Rekayasa LPPM Itenas No.1 Vol. XVI ISSN: 1410-3125 Januari 2012 Petunjuk Penulisan Makalah Jurnal Itenas Rekayasa Institut Teknologi Nasional Nama Penulis 1, Nama Penulis 2, dst 1 Jurusan

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN JURNAL ILMIAH SEKOLAH TINGGI ILMU PERTANIAN GRAHA KARYA MUARA BULIAN

PEDOMAN PENULISAN JURNAL ILMIAH SEKOLAH TINGGI ILMU PERTANIAN GRAHA KARYA MUARA BULIAN PEDOMAN PENULISAN JURNAL ILMIAH SEKOLAH TINGGI ILMU PERTANIAN GRAHA KARYA MUARA BULIAN YAYASAN PENDIDIKAN SERENTAK BAK REGAM SEKOLAH TINGGI ILMU PERTANIAN GRAHA KARYA MUARA BULIAN 2017 KATA PENGANTAR Puji

Lebih terperinci

LAPORAN KERJA PRAKTEK JUDUL KEGIATAN KERJA PRAKTEK

LAPORAN KERJA PRAKTEK JUDUL KEGIATAN KERJA PRAKTEK 1 LAPORAN KERJA PRAKTEK JUDUL KEGIATAN KERJA PRAKTEK NAMA MAHASISWA NIM PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DAYANU NIKHSANUDDIN BAUBAU TAHUN 2 LEMBAR PENGESAHAN Judul :. Nama :.

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL JURNAL HUKUM ACARA PERDATA ADHAPER ISSN

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL JURNAL HUKUM ACARA PERDATA ADHAPER ISSN PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL JURNAL HUKUM ACARA PERDATA ADHAPER ISSN 2442 9090 Panduan penulisan artikel ini bertujuan untuk menjaga konsistensi format setiap artikel dalam Jurnal Hukum Acara Perdata ADHAPER

Lebih terperinci

K R E A N O J u r n a l M a t e m a t i k a K r e a t i f- I n o v a t i f

K R E A N O J u r n a l M a t e m a t i k a K r e a t i f- I n o v a t i f K R E A N O J u r n a l M a t e m a t i k a K r e a t i f- I n o v a t i f http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano ATURAN PENULISAN NASKAH A. ATURAN UMUM Pada aturan umum, disampaikan hal-hal terkait

Lebih terperinci

Kriteria Kontributor. Materi Naskah dan Proses Seleksi

Kriteria Kontributor. Materi Naskah dan Proses Seleksi Kriteria Kontributor 1. Kontributor adalah individu atau kelompok dengan jumlah anggota 2 sampai 3 orang. 2. Mahasiswa Universitas Indonesia program S1 dan vokasi. 3. Masih berstatus mahasiswa aktif pada

Lebih terperinci

Oleh Dr. Ir. Hj. KHODIJAH ISMAIL, M.Si

Oleh Dr. Ir. Hj. KHODIJAH ISMAIL, M.Si PENGGUNAAN APLIKASI MENDELEY DALAM PENULISAN KARYA ILMIAH Oleh Dr. Ir. Hj. KHODIJAH ISMAIL, M.Si Tempat / Tgl. Lahir: Bengkalis, 23 April 1969 RIWAYAT SINGKAT C:\USERS\MY MINE\DESKTOP\CURRICULUM VITAE

Lebih terperinci

TATA CARA PENULISAN LAPORAN

TATA CARA PENULISAN LAPORAN TATA CARA PENULISAN LAPORAN 1. Ukuran dan Jenis Kertas Ukuran kertas yang digunakan untuk menyusun naskah adalah A4 (21 cm x 29,7 cm). Jenis kertas yang digunakan untuk menyusun naskah adalah kertas HVS

Lebih terperinci

DAFTAR PUSTAKA/BIBLIOGRAFI. Disampaikan Pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia. FIK, Udinus. Oleh : Fajrul Falah, S. Hum.

DAFTAR PUSTAKA/BIBLIOGRAFI. Disampaikan Pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia. FIK, Udinus. Oleh : Fajrul Falah, S. Hum. DAFTAR PUSTAKA/BIBLIOGRAFI Disampaikan Pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia. FIK, Udinus. Oleh : Fajrul Falah, S. Hum. PENGERTIAN DAFTAR PUSTAKA DAFTAR PUSTAKA ADALAH SEBUAH DAFTAR YANG BERISI JUDUL BUKU,

Lebih terperinci

DAFTAR ISI. Hal I. FORMAT PENULISAN SECARA UMUM... 1 II. BAGIAN-BAGIAN TUGAS AKHIR... 6

DAFTAR ISI. Hal I. FORMAT PENULISAN SECARA UMUM... 1 II. BAGIAN-BAGIAN TUGAS AKHIR... 6 DAFTAR ISI Hal I. FORMAT PENULISAN SECARA UMUM... 1 1. 1. Bahasa Penulisan... 1 1. 2. Format penulisan... 1 1. 3. Penomoran Halaman... 3 1. 4. Tabel, gambar, grafik, skema, dan objek lainnya... 3 1. 5.

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG

BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG Artikel ilmiah merupakan sejenis tulisan yang menyajikan atau menganalisis suatu topik secara ilmiah. Keilmiahan suatu tulisan didasarkan pada ragam bahasa yang digunakannya

Lebih terperinci

Teknik Penulisan. Metodologi Penelitian. Materi: Dosen Pengampu: Heri Sismoro, M.Kom.

Teknik Penulisan. Metodologi Penelitian. Materi: Dosen Pengampu: Heri Sismoro, M.Kom. Teknik Penulisan Materi: Metodologi Penelitian Dosen Pengampu: Heri Sismoro, M.Kom. Teknik Penulisan Sistematika Penulisan Cara Merujuk dan Menulis Daftar Rujukan Tabel dan Gambar Sistematika Penulisan

Lebih terperinci

Vol. 1 No. 2 September BIODATA PENULIS

Vol. 1 No. 2 September BIODATA PENULIS http://ejournal.sthb.ac.id/index.php/jwy BIODATA PENULIS 1. Iqbal Martin, S.H., Praktisi Hukum. Sarjana Hukum (S1) diperolehnya dari Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) Bandung, saat

Lebih terperinci

Drg. Rochman Mujayanto, Sp.PM. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Islam Sultan Agung. Pendahuluan

Drg. Rochman Mujayanto, Sp.PM. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Islam Sultan Agung. Pendahuluan Sitasi (Citation) Drg. Rochman Mujayanto, Sp.PM Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Islam Sultan Agung Pendahuluan Sitasi (citation) adalah identitas sumber pustaka ilmiah yang dikutip dalam penulisan

Lebih terperinci

MODEL AMERICAN PSYCHOLOGICAL ASSOCIATION (APA)

MODEL AMERICAN PSYCHOLOGICAL ASSOCIATION (APA) MODEL AMERICAN PSYCHOLOGICAL ASSOCIATION (APA) sebuah model penulisan sumber acuan (I) MAKALAH disampaikan dalam lokakarya Standarisasi Penulisan Sumber Acuan diselenggarakan oleh Pusat Penelitian Kebudayaan

Lebih terperinci