Taat Pada Aturan dan Etos Kerja

Save this PDF as:

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Taat Pada Aturan dan Etos Kerja"

Transkripsi

1

2 Taat Pada Aturan dan Etos Kerja Isi Materi Kata Pengantar Kontak Kami

3 VIDEO VIDEO PROLOG DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT 3

4 Kompetensi Inti PEMERINTAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT 3 Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah; 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

5 Kompetensi Dasar 3.12 Menganalisis makna Q.S. al-maidah (5) : 48; Q.S. an-nisa (4): 59, dan Q.S. at- Taubah (9): 105 serta Hadis tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja Membaca Q.S. al-maidah (5) : 48; Q.S. an-nisa (4): 59, dan Q.S. at- Taubah (9): 105 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-maidah (5) : 48; Q.S. an-nisa (4): 59, dan Q.S. at-taubah (9): 105 dengan fasih dan lancar Menyajikan perintah berkompetisi dalam kebaikan dan kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan Q.S. al-maidah (5) : 48; Q.S. an-nisa (4): 59, dan Q.S. at-taubah (9): 105

6 Indikator Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. Al- Maidah/5 : 48; Q.S. An Nisa/4: 59, dan Q.S. At Taubah/9 : 105 Menafsirkan makna Q.S. Al-Maidah/5 : 48; Q.S. An- Nisa/4: 59, dan Q.S. At Taubah/9 : 105, serta hadis tentang taat pada aturan, kompetisi dala m kebaikan dan etos kerja. Menyajikan keterkaitan antara perintah berkompetisi dalam kebaikan dengan taat aturan

7 Materi A. Taat Aturan Membaca Surat An Nisa

8 b. Makna An nisa 59 Wajib taat kepada Allah dan Rasul Nya serta para penguasa muslim, baik para hakim atau ulama fikih, karena taat kepada Rasul adalah termasuk taat kepada Allah, dan taat kepada penguasa termasuk taat kepada Rasul SAW.

9 c. Berprilaku taat pada aturan 1. Taat pada Allah SWT dan Rasul-Nya Sesungguhnya persatuan dan kesatuan umat islam akan dapat terjalin dengan erat karena ketaatan mereka mengikuti aturan yang telah di tetapkan Allah dan Rasul-Nya. Sebelum kepegiannya, Rasulullah SAW telah mengamanatkan Al- Qur an dan As-Sunah, maka hendaklah hal itu dijadikan pedoman hidup kita dan ikutilah para pemimpin. Jika kemudian terjadi perbedaan pendapat tentang sesuatu, maka kembalilah kepada Al-Qur an dan As- Sunah. 2. Taat pada Pemimpin Taat kepada pimpinan merupakan kewajiban sekalipun pimpinan kita itu tidak berasal dari suku bangsa yang sama dengan kita, tidak memiliki status sosial ataupun ekonomi yang sama dengan status sosial dan ekomoni kita, sekalipun ia memiliki warna kulit yang berbeda. Sepanjang aturan dan perintahnya itu tidak menyimpang dari aturan dan perintah Allah dan Rasul-Nya, maka kita wajiab mengikutinya.

10 Mutiara Hadist Dari Abu Hurairah,RA ia berkata bahwa Rasulullah SAW. bersabda, Hendaklah engkau dengar dan taat kepada pemimpinmu, baik dalam keadaan sulit maupun dalam keadaan mudah, baik dalam keadaan rela ataupun dalam keadaan tidak suka, dan saat ia lebih mengutamakan haknya daripada engkau. (HR. Muslim No. 1836)

11 c. Berprilaku taat pada aturan 3. Taat Aturan di Lingkungan Keluarga a. Setiap Anggota keluarga harus saling menghormati satu sama lain b. Senantiasa menjaga nama baik keluarga c. Serta menggunakan fasilitas keluarga secara baik dan bertanggung jawab d. Ayah sebagai kepala keluarga harus selalu mengarahkan anggota keluarga kepada hal-hal yang baik dan poditif, dan lain-lainnya. 4. Taat aturan di Lingkungan Sekolah a. Datang sekolah tepat waktu b. Memakai seragam lengkap c. Bersikap Sopan kepada guru d. Menjalin kerjasama dan hubungan baik dengan teman e. menjaga kebersihan lingkungan sekolah f. Dan, disiplin dalam melakukan kegiatan belajar mengajar, dan masih banyak lagi.

12 c. Berprilaku taat pada aturan 5. Taat Aturan di Lingkungan Masyarakat, antara lain: a. Menjaga nama baik lingkungan masyarakat b. Menghormati sesama warga masyarakat c. Taat dan patuh terhadap aturan-aturan masyarakat d. Tidak bertindak diluar norma-norma, e. Selalu memelihara ketertiban, keamanan, dan ketentraman. 6.Taat Aturan di Negara, antara lain: a. Membayar pajak b. Saling hormat-menghormati antar sesama warga c. Mengutamakan kepentingan umum daripada pribadi d. Mengutamakan musyawarah untuk mufakat.

13 Materi B. Berkompetisi dalam kebaikan 1. Membaca Qs. Al-Maidah 48 Sesuai Kaidah Tajwid

14 Arti Almaidah : 48 Artinya : Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, Yaitu Kitab-Kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian[421] terhadap Kitab-Kitab yang lain itu; Maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. untuk tiap-tiap umat diantara kamu[422], Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-nya kepadamu, Maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu. (QS. Al-Maidah 48)

15 Makna Al Miadah 48 Ayat ini membahas tentang keimanan dan anjuran untuk berlomba-lomba dalam berbuat kebajikan. Keimanan merupakan hal yang paling mendasar dari kehidupan seorang muslim. Stelah seorang hamba menyatakan bahwa dirinya beriman, unsur yang kedua adalah amal, yakni perbuatan atau aksi. Pertanyaannya, apakah sama perbuatan baik dan amal sholeh? Di dalam Al- Qur an, yang ditekankan adalah amal sholeh, bukan perbuatan baik. Sekarang, kita lihat apakah perbuatan baik orang yang tidak beriman seperti menolong ornag lain yang didasarkan pada rasa iba, ingin menghilangkan rasa bersalah, atau melepaskan beban diri, bisa dikatagorikan dalam amal sholeh? Jawabannya adalah tidak. Perbuatan tersebut hanya didasarkan pada kepentingan dirinya. Perbuatan baik memiliki tingkatan hewani dan insani. Rasa iba dan kasihan ada dalam tingkatan hewani. Buaya melindungi anaknya dengan mempertaruhkan nyawanya. Seperti halnya manusia, seorang ayah memberi makan anaknya itu adalah hal yang biasa atau wajar karena merupakan kewajiban dan sesungguhnya manusia memiliki rasa kemanusian yang membuat dirinya meras puas dan tenang.

16 Makna Al Miadah 48 Hal itu berbeda dengan orang yang menolong orang lain yang didasarkan pada iman, cinta, dan ketaatan kepada Allah SWT. Hal itu dilakukan di luar dari rasa iba dan rasa bersalah yang bersandar pada kepentingan pribadi, melainkan dari perintah Allah. Misalnya, seseorang mentaati Allah dengan mengeluarkan hartanya. Hal itu di lakukan berdasarkan pada risalah yang mengatakan, Di dalam hartamu ada hak orang lain. Jadi, amal sholeh adalah semua perbuatan baik yang didasarkan pada iman dengan memperhatikan syarat-syarat berikut. a. Amal sholeh harus dilandasi niat karena Allah SWT semata. b. Amal sholeh hendaknya dikerjakan dengan berpedoman pada Al-Qur an dan Al-Hadist c. Amal sholeh henfaknya dilakukan dengan mengetahui ilmunya. Dapat disimpulkan bahwa amal sholeh merupakan wujud dari keimanan seseorang. Artinya, orang yang beriman kepada Allah SWT harus menampakkan keimanannya adalam bentuk amal sholeh. Iman dan amal sholeh bagaikan dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Mereka bersatu padu dalam suatu bentuk yang menyebabkan. Iman tanpa amal sholeh dapat diibaratkan pohon tanpa buah.

17 Materi Makna Berkompetisi dalam kebaikan a. Makna berkompetisi dalam kebaikan Jika seseorang yang telah menyatan bahwa dirinya beriman kepada Allah SWT dan Rasul-Nya, maka hendaklah berpegang kepada tali agama Allah dengan menjadikan Al-Qur an dan Hadist sebagai pedoman hidupnya serta senantiasa mengamalkan apa yang ada didalamnya. Derajat tertinggi seorang hamba di hadapan Allah dilihat dari nilai Taqwanya. Hamba yang bertaqwa maksudnya hamba yang selalu menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-nya. Salah satu perintah Allah adalah hendaknya selalu mengerjakan amal sholeh. Dengan berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan di mana saja mereka berada. Sehingga setiap muslim yang beriman seyogianya mengedepankan sikap optimis dan selalu siap berkompetisi dalam melakukan kebajikan dengan penuh semangat dan senantiasa menghindari perbuatan yang tidak di Ridhoi Allah SWT.

18 Materi PEMERINTAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT B. Etos Kerja Artinya : Dan Katakanlah: "Bekerjalah kamu, Maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) yang mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.

19 Makna Kerja Keras Materi Qs. At-Taubah 105 mengandung perintah untuk bekerja. Maksud dari bekerja adalah mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan jasmani, baik sandang, papan, dan pangan. Kita pernah mendengar Pernyataan berikut. Beribadahlah kamu seolah-olah kamu akan mati besuk dan bekerjalah kamu seolah-olah kamu akan hidup selamanya. Pernyataan diatas adalah motivasi kita untuk lebih giat bekerja tanpa melupakan yang lebih urgen dalam hidup, yaitu ibadah yang merupakan penyeimbang antara kepentingan dunia dan akhirat. Tiga hal positif yang harus dilakukan untuk mencapai kesejahteraan hidup a) Selalu menggunakan akal b) Menumbuhkan sikap yang akan membawa kesuksesan, semangat untuk mencoba, tidak buang-buang waktu, menjadikan kesalahan sebagai pelajaran, dll. c) Memanfaatkan indra yang dikaruniakan Allah SWT. Untk bekerja

20 Materi 2.Etika Islam dalam Bekerja a) Melandasi setiap kegiatan kerja semata-mata ikhlas karena Allah. b) Mencintai pekerjaannya c) Mengawali setiap kegiatan kerja dengan ucapan basmallah d) Melaksanakan setiap kegiatan kerjanya dengan cara halal. e) Memiliki sifat-sifat terpuji.

Merawat Jenazah. Kata Pengantar. Kontak Kami. Isi Materi

Merawat Jenazah. Kata Pengantar. Kontak Kami. Isi Materi Merawat Jenazah Isi Materi Kata Pengantar Kontak Kami VIDEO VIDEO PROLOG DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT 3 Kompetensi Inti PEMERINTAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT 1 Menghayati

Lebih terperinci

Menuntut Ilmu. Kata Pengantar. Kontak Kami. Isi Materi

Menuntut Ilmu. Kata Pengantar. Kontak Kami. Isi Materi Menuntut Ilmu Isi Materi Kata Pengantar Kontak Kami PEMERINTAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT VIDEO VIDEO PROLOG DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT 3 Kompetensi Inti PEMERINTAH PROVINSI

Lebih terperinci

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH/SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (SMA/MA/SMK/MAK)

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH/SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (SMA/MA/SMK/MAK) KOMPETENSI INTI DAN SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH/SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (SMA/MA/SMK/MAK) MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KEMENTERIAN PENDIDIKAN

Lebih terperinci

40. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMA/MA/SMK/MAK

40. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMA/MA/SMK/MAK 40. KOMPETENSI INTI DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMA/MA/SMK/MAK KELAS: X Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan

Lebih terperinci

Al-Qur an dan Hadis. Kata Pengantar. Kontak Kami. Isi Materi

Al-Qur an dan Hadis. Kata Pengantar. Kontak Kami. Isi Materi Al-Qur an dan Hadis Isi Materi Kata Pengantar Kontak Kami VIDEO VIDEO PROLOG DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT 3 Kompetensi Dasar 1.8 Meyakini al-qur an, Hadis dan ijtihad sebagai

Lebih terperinci

Perilaku Jujur. Kata Pengantar. Kontak Kami. Isi Materi

Perilaku Jujur. Kata Pengantar. Kontak Kami. Isi Materi Perilaku Jujur Isi Materi Kata Pengantar Kontak Kami 2 PEMERINTAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT VIDEO VIDEO PROLOG DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT 3 Kompetensi Inti PEMERINTAH

Lebih terperinci

SILABUS (Sesuai Permendikbud no 24 tahun 2016)

SILABUS (Sesuai Permendikbud no 24 tahun 2016) Satuan Pendidikan : sekolahpai.com Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kelas : XI (sebelas) Kompetensi Inti : SILABUS (Sesuai Permendikbud no 24 tahun 2016) (K1) : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama

Lebih terperinci

Iman Kepada Malaikat. Kata Pengantar. Kontak Kami. Isi Materi

Iman Kepada Malaikat. Kata Pengantar. Kontak Kami. Isi Materi Iman Kepada Malaikat Isi Materi Kata Pengantar Kontak Kami 2 VIDEO VIDEO PROLOG DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT 3 Kompetensi Inti PEMERINTAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT 4 Menghayati

Lebih terperinci

Haji, Zakat dan Wakaf

Haji, Zakat dan Wakaf Haji, Zakat dan Wakaf Isi Materi Kata Pengantar Kontak Kami VIDEO VIDEO PROLOG DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT 3 Kompetensi Inti PEMERINTAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT Menghayati

Lebih terperinci

Standar Kompetensi : 3. Membiasakan perilaku terpuji.

Standar Kompetensi : 3. Membiasakan perilaku terpuji. Standar Kompetensi : 3. Membiasakan perilaku terpuji. Kompetensi Dasar: 3.1. Menjelaskan pengertian adil, perintah berbuat adil, dan pentingnya berbuat adil 3.2. Menjelaskan pengertian ridha, perintah

Lebih terperinci

31. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMP/MTs

31. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMP/MTs 31. KOMPETENSI INTI DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMP/MTs KELAS: VII Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan

Lebih terperinci

1.1 Kompetensi Dasar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti a. Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti KELAS: X

1.1 Kompetensi Dasar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti a. Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti KELAS: X C. Kompetensi Dasar Kompetensi dasar dirumuskan untuk mencapai kompetensi inti. Rumusan kompetensi dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu

Lebih terperinci

Hukum Zina. Kata Pengantar. Kontak Kami. Isi Materi

Hukum Zina. Kata Pengantar. Kontak Kami. Isi Materi Hukum Zina Isi Materi Kata Pengantar Kontak Kami VIDEO VIDEO PROLOG DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT 3 Kompetensi Inti PEMERINTAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT 1 3 Memahami dan

Lebih terperinci

Menutup Aurat. Kata Pengantar. Kontak Kami. Isi Materi

Menutup Aurat. Kata Pengantar. Kontak Kami. Isi Materi Menutup Aurat Isi Materi Kata Pengantar Kontak Kami 2 VIDEO VIDEO PROLOG DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT 3 Kompetensi Inti PEMERINTAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT 4 Menghayati

Lebih terperinci

Hari Kiamat. Kata Pengantar. Kontak Kami. Isi Materi

Hari Kiamat. Kata Pengantar. Kontak Kami. Isi Materi Hari Kiamat Isi Materi Kata Pengantar Kontak Kami VIDEO VIDEO PROLOG DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT 3 Kompetensi Inti PEMERINTAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT 1 Menghayati dan

Lebih terperinci

Pendidikan Agama Islam

Pendidikan Agama Islam Modul ke: Pendidikan Agama Islam Kesalehan Sosial Fakultas EKONOMI Dr. Saepudin S.Ag. M.Si. Program Studi Manajemen www.mercubuana.ac.id PENGERTIAN KESALEHAN SOSIAL Kesalehan sosial adalah suatu perilaku

Lebih terperinci

A. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMALB AUTIS

A. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMALB AUTIS - 1914 - A. KOMPETENSI INTI DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMALB AUTIS KELAS: X Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan

Lebih terperinci

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)/MADRASAH ALIYAH (MA)

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)/MADRASAH ALIYAH (MA) KOMPETENSI INTI DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)/MADRASAH ALIYAH (MA) KELAS: X KOMPETENSI INTI 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya 1.1 Membaca

Lebih terperinci

Pendidikan Agama Islam

Pendidikan Agama Islam Pendidikan Agama Islam Modul ke: Etos Kerja Islam Fakultas PSIKOLOGI Program Studi Psikologi www.mercubuana.ac.id Dian Febrianingsih, M.S.I Pengantar Etos kerja dalam arti luas adalah berkaitan dengan

Lebih terperinci

A. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMALB TUNAGRAHITA

A. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMALB TUNAGRAHITA - 1062 - A. KOMPETENSI INTI DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMALB TUNAGRAHITA KELAS: X Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan

Lebih terperinci

1.A SILABUS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

1.A SILABUS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI 1.A SILABUS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam Kelas : X (sepuluh) Kompetensi Inti : KI 1

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah : SMK AMSIR 1 PAREPARE Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam Kelas/Semester : X / Ganjil Alokasi Waktu : Menit ( X P ) A. Kompetensi Inti : KI 1 : Menghayati

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SMK AL BASYARIAH Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam Kelas / Semester : XI / Genap Materi Pembelajaran : Prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.

Lebih terperinci

SILABUS. Satuan Pendidikan : sekolahpai.com Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam : XII (dua belas) Kompetensi Inti :

SILABUS. Satuan Pendidikan : sekolahpai.com Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam : XII (dua belas) Kompetensi Inti : Satuan Pendidikan : sekolahpai.com Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam Kelas : XII (dua belas) Kompetensi Inti : (K1) : (K2) : SILABUS Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya Mengembangkan

Lebih terperinci

REVIEW. Disampaikan pada perkuliahan PENDIDIKAN AGAMA ISLAM kelas PKK. Dr. Dede Abdul Fatah, M.Si. Modul ke: Fakultas EKONOMI. Program Studi AKUNTANSI

REVIEW. Disampaikan pada perkuliahan PENDIDIKAN AGAMA ISLAM kelas PKK. Dr. Dede Abdul Fatah, M.Si. Modul ke: Fakultas EKONOMI. Program Studi AKUNTANSI REVIEW Modul ke: Disampaikan pada perkuliahan PENDIDIKAN AGAMA ISLAM kelas PKK Fakultas EKONOMI Dr. Dede Abdul Fatah, M.Si Program Studi AKUNTANSI www.mercubuana.ac.id Akhlak Sosial Islami Manusia sejak

Lebih terperinci

MENELADANI PERJUANGAN RASULULLAH SAW. DI MEKAH. Kata Pengantar. Kontak Kami. Isi Materi

MENELADANI PERJUANGAN RASULULLAH SAW. DI MEKAH. Kata Pengantar. Kontak Kami. Isi Materi MENELADANI PERJUANGAN RASULULLAH SAW. DI MEKAH Isi Materi Kata Pengantar Kontak Kami PEMERINTAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT VIDEO VIDEO PROLOG DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

Lebih terperinci

Silabus Smkn 21 Jakarta

Silabus Smkn 21 Jakarta SILABUS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam Kelas : XII (dua belas) Kompetensi Inti : KI 1

Lebih terperinci

Adab Makan dan Minum. Di unduh dari : Bukupaket.com. Aspek Akhlak

Adab Makan dan Minum. Di unduh dari : Bukupaket.com. Aspek Akhlak Aspek Akhlak 12 Adab Makan dan Minum Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari bab ini, kalian diharapkan dapat menjelaskan adab makan dan minum, menampilkan contoh adab makan dan minum serta dapat mempraktikkan

Lebih terperinci

Pendidikan Agama Islam (Wajib)

Pendidikan Agama Islam (Wajib) Buku Pendamping Sesuai Kurikulum 2013 Program Tahunan Program Semester Silabus Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Materi, Soal, dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam (Wajib) untuk SMA/MA dan SMK/MAK

Lebih terperinci

Iman Kepada Kitab-Kitab Allah swt.

Iman Kepada Kitab-Kitab Allah swt. Iman Kepada Kitab-Kitab Allah swt. Isi Materi Kata Pengantar Kontak Kami VIDEO VIDEO PROLOG DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT 3 Kompetensi Inti PEMERINTAH PROVINSI NUSA TENGGARA

Lebih terperinci

Pengertian dan Hukum Nikah

Pengertian dan Hukum Nikah Pengertian dan Hukum Nikah Isi Materi Kata Pengantar Kontak Kami VIDEO VIDEO PROLOG DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT 3 Kompetensi Inti PEMERINTAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

Lebih terperinci

"PEMIMPIN ADIL NEGARA MAKMUR"

PEMIMPIN ADIL NEGARA MAKMUR "PEMIMPIN ADIL NEGARA MAKMUR" Saya menyeru agar kita bersama-sama meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dengan melaksanakan segala perintah-nya dan meninggalkan segala larangan-nya. Kepimpinan di

Lebih terperinci

BAB V KESIMPULAN, SARAN DAN PENUTUP

BAB V KESIMPULAN, SARAN DAN PENUTUP BAB V KESIMPULAN, SARAN DAN PENUTUP A. Kesimpulan Proses pengkaian dan analisis terhadap isi kandungan Surat Al-Fatihah ayat 5 tentang proses pendidikan tauhid uluhiyah keseluruhannya mendukung kepada

Lebih terperinci

Oyo Kita Hormati Orang Tua Dan Guru Kita

Oyo Kita Hormati Orang Tua Dan Guru Kita bab 7 Oyo Kita Hormati Orang Tua Dan Guru Kita http://amyadria.blogspot.com Dalam hidup seorang manusia pasti tidak lepas dari peran dan jasa orang tua. Orang tua adalah dua sosok yang banyak mencurahkan

Lebih terperinci

Prinsip dan Praktik Ekonomi Islam

Prinsip dan Praktik Ekonomi Islam Prinsip dan Praktik Ekonomi Islam Isi Kata Pengantar Kontak Kami VIDEO VIDEO PROLOG DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT 3 Prinsip dan praktik ekonomi islam Kompetensi Inti PEMERINTAH

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Tema Alokasi Waktu : MTs Al Asror Semarang : Aqidah Akhlak : VII/Ganjil : Ikhlas, Ta at, Khauf dan Taubat : 2 Jam Pelajaran

Lebih terperinci

Urgensi Berakhlaq Islami Dalam Bisnis

Urgensi Berakhlaq Islami Dalam Bisnis AKHLAQ BISNIS ISLAMI تا ا ق ا Rikza Maulan Lc M.Ag Urgensi Berakhlaq Islami Dalam Bisnis (1) Barometer Kataqwaan Seseorang: Allah SWT berfirman (QS. 2 : 188) ن - 2 # 5 وا 2 6 + س 3% "! ا ا ال ا # & م %

Lebih terperinci

P.J.O.K HIV/AIDS. Kata Pengantar. Kontak Kami. Isi Materi

P.J.O.K HIV/AIDS. Kata Pengantar. Kontak Kami. Isi Materi P.J.O.K HIV/AIDS Isi Kata Pengantar Kontak Kami VIDEO PROLOG DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT 4 KOMPETENSI INTI Tujuan pembelajaran sebagaimana dinyatakan dalam kurikulum, berbentuk

Lebih terperinci

SILABUS. Satuan Pendidikan : SekolahPAI.com Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam : X (sepuluh) Kompetensi Inti :

SILABUS. Satuan Pendidikan : SekolahPAI.com Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam : X (sepuluh) Kompetensi Inti : Satuan Pendidikan : SekolahPAI.com Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam Kelas : X (sepuluh) Kompetensi Inti : SILABUS (K1) : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya (K2) : Menunjukkan

Lebih terperinci

KISI KISI SOAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS UTS GENAP KELAS VII (TUJUH) (untuk memperkaya wawasan WAJIB BACA BUKU PAKET)

KISI KISI SOAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS UTS GENAP KELAS VII (TUJUH) (untuk memperkaya wawasan WAJIB BACA BUKU PAKET) KISI KISI SOAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS UTS GENAP KELAS VII (TUJUH) (untuk memperkaya wawasan WAJIB BACA BUKU PAKET) SEJARAH NABI MUHAMMAD DI MAKKAH BACA DI BUKU PAKET HALAMAN 109 126 (lebih lengkap)

Lebih terperinci

Pendidikan Agama Islam

Pendidikan Agama Islam Pendidikan Agama Islam Modul ke: 06Fakultas Ekonomi dan Bisnis Akhlak Sosial Islam Dr. Achmad Jamil, M.Si Program Studi S1 Manajemen Akhlak Sosial Islami Terkait dengan hidup sosial bersama orang lain,

Lebih terperinci

Daftar Riwayat Hidup. : Sofian Efendi, S.Ag Tempat Tgl Lahir : Tenggarong, 06 Agustus 1976

Daftar Riwayat Hidup. : Sofian Efendi, S.Ag Tempat Tgl Lahir : Tenggarong, 06 Agustus 1976 Daftar Riwayat Hidup : Sofian Efendi, S.Ag Tempat Tgl Lahir : Tenggarong, 06 Agustus 1976 Agama : Islam Kebangsaan : Indonesia Status Perkawinan : Kawin Alamat : Jl. Loa Ipuh Gg Nusa Indah RT 48 No 34

Lebih terperinci

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) EKONOMI KETENAGAKERJAAN

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) EKONOMI KETENAGAKERJAAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) EKONOMI KETENAGAKERJAAN Kata Pengantar Isi Kontak Kami VIDEO PROLOG DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT 4 1 dan 2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,

Lebih terperinci

Pendidikan Agama Islam

Pendidikan Agama Islam Pendidikan Agama Islam Modul ke: 07Fakultas Ekonomi dan Bisnis Etos Kerja Islam Dr. Achmad Jamil, M.Si Program Studi S1 Manajemen Etos Kerja Islam Etos kerja dapat diartikan sebagai pandangan bagaimana

Lebih terperinci

= DAILY MOTIVATION SKILL = disampaikan oleh

= DAILY MOTIVATION SKILL = disampaikan oleh = DAILY MOTIVATION SKILL = disampaikan oleh Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang Ini bukan pelajaran Agama Yang disampaikan ini sifatnya Universal, di semua Agama ada Menggunakan kaidah Agama

Lebih terperinci

KARAKTER PEMIMPIN DALAM ISLAM. HM. Khoir Hari Moekti

KARAKTER PEMIMPIN DALAM ISLAM. HM. Khoir Hari Moekti KARAKTER PEMIMPIN DALAM ISLAM HM. Khoir Hari Moekti 4 MACAM PEMIMPIN Imam al-auza iy berkata kepada Khalifah Abu Ja far al-manshur, Sesungguhnya, Umar bin Khaththab ra pernah berkata, Pemimpin itu ada

Lebih terperinci

Bagaimana Caranya Kita Bersyukur? Wednesday, 15 May :39

Bagaimana Caranya Kita Bersyukur? Wednesday, 15 May :39 Kata syukur memiliki kisaran makna pujian atas kebaikan atau penuhnya sesuatu. Dalam Al-Qur an kata syukur biasa ditandingkan dengan kata kufur, jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu,

Lebih terperinci

Memahami Akidah Islam

Memahami Akidah Islam bab 1 Memahami Akidah Islam AKHLAK Islam terdiri dari akidah, ibadah dan akhlak. Akidah adalah pondasi Akidah adalah pokok (us l) dan dasar dalam agama. Ajaran Islam meliputi tiga hal, yaitu akidah, syari

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Bagi umat muslim, shalat merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat fundamental dan esensial. Shalat merupakan sarana untuk berkomunikasi dengan Allah SWT

Lebih terperinci

Jihad Palsu, Amalan Yang Menipu

Jihad Palsu, Amalan Yang Menipu Jihad Palsu, Amalan Yang Menipu Khutbah Pertama:?????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????.????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????.

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) : Menjaga Martabat Manusia dengan Menjauhi Pergaulan Bebas dan Zina

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) : Menjaga Martabat Manusia dengan Menjauhi Pergaulan Bebas dan Zina RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah Mata pelajaran Kelas / Semester Materi Pokok Alokasi waktu : SMA N 1 Nan Sabaris : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti : X / II (dua) : Menjaga Martabat

Lebih terperinci

Modul ke: Kesalehan Sosial. Fakultas. Rusmulyadi, M.Si. Program Studi.

Modul ke: Kesalehan Sosial. Fakultas. Rusmulyadi, M.Si. Program Studi. Modul ke: Kesalehan Sosial Fakultas Rusmulyadi, M.Si. Program Studi www.mercubuana.ac.id Secara bahasa makna kesalehan sosial adalah kebaikan atau keharmonisan dalam hidup bersama, berkelompok baik dalam

Lebih terperinci

Mempersembahkan... SEQ. Training Kewirausahaan. Menjadi Pebisnis Amanah & Tawadhu

Mempersembahkan... SEQ. Training Kewirausahaan. Menjadi Pebisnis Amanah & Tawadhu Mempersembahkan... SEQ Training Kewirausahaan Menjadi Pebisnis Amanah & Tawadhu ENTREPRENEUR CENTER Amalan Agama Yang Membawa Keberuntungan Sabda Rasulullah: Setiap amal tergantung pada niatnya. Dan setiap

Lebih terperinci

1223/2 LATIH TUBI PENDIDIKAN ISLAM 2004 SET 3

1223/2 LATIH TUBI PENDIDIKAN ISLAM 2004 SET 3 Kertas ini mengandungi lima soalan. Jawab semua soalan. 1 a) Tuliskan semula petikan ayat al-quran berikut dan letakkan tanda baris dengan sempurna. b) Firman Allah swt. : ( Surah al-taubah : 128 ) (Surah

Lebih terperinci

Qana ah dan Tasamuh. Aspek Akhlak

Qana ah dan Tasamuh. Aspek Akhlak Aspek Akhlak 4 Qana ah dan Tasamuh Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari bab ini, siswa akan mengetahui tentang pengertian qanaah dan tasamuh, menampilkan contoh perilaku qanaah dan tasamuh serta dapat

Lebih terperinci

Menyanyi lagu Nasional sebelum memulai pembelajaran dikelas XI MIPA 5 Pukul WIB ( Jum at 26 Agustus 2016)

Menyanyi lagu Nasional sebelum memulai pembelajaran dikelas XI MIPA 5 Pukul WIB ( Jum at 26 Agustus 2016) Menyanyi lagu Nasional sebelum memulai pembelajaran dikelas XI MIPA 5 Pukul 07.15 WIB ( Jum at 26 Agustus 2016) Proses pembelajaran dikelas Observasi pertama (Jum at 26 Agustus 2016) Siswa menjawab pertanyaan

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan : Mata Pelajaran Kelas/Semester : X/2 Matei Pokok Alokasi Waktu RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) : Al Qur an Hadits : Pengertian Hadis, Sunah, Khabar, Dan Atsar. : 4 45 menit (2

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Materi Pokok : MAN 1 BUKITTINGGI : TAFSIR ILMU TAFSIR : MEMAHAMI PENGERTIAN AL-QUR AN Kelas/Semester : X 8 / 1 Pertemuan Ke : 1 sampai

Lebih terperinci

Khatamul Anbiya (Penutup Para Nabi)

Khatamul Anbiya (Penutup Para Nabi) Muhammad SAW adalah seorang nabi terakhir yang diutus ke bumi oleh Allah SWT. Sebagai seorang nabi dan rasul, nabi Muhamad SAW membawakan sebuah risalah kebenaran yaitu sebuah agama tauhid yang mengesakan

Lebih terperinci

A. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMPLB AUTIS

A. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMPLB AUTIS - 1813 - A. KOMPETENSI INTI DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMPLB AUTIS KELAS: VII Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS A. Pelaksanaan Pembayaran Upah Buruh Tani Oleh Pemberi Kerja

BAB IV ANALISIS A. Pelaksanaan Pembayaran Upah Buruh Tani Oleh Pemberi Kerja BAB IV ANALISIS A. Pelaksanaan Pembayaran Upah Buruh Tani Oleh Pemberi Kerja Berdasarkan hasil wawancara dengan bapak Samlawi selaku sesepuh desa Tanjung Anom, dan masyarakat setempat lainnya. Pada dasarnya

Lebih terperinci

P.J.O.K RENANG. Kata Pengantar. Kontak Kami. Isi Materi

P.J.O.K RENANG. Kata Pengantar. Kontak Kami. Isi Materi P.J.O.K RENANG Isi Kata Pengantar Kontak Kami VIDEO PROLOG DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT 1 4 Memahami, menerapkan, menganalisis pengeta-huan faktual, konseptual, prosedural

Lebih terperinci

Berpegang Teguh dengan Alquran dan Sunnah

Berpegang Teguh dengan Alquran dan Sunnah Berpegang Teguh dengan Alquran dan Sunnah Khutbah Pertama:??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????.??????????????????????????

Lebih terperinci

Ingatlah, hanya dengan berdzikir kepada Allah sajalah hati akan menjadi tenteram (QS Ar Ra d : 28).

Ingatlah, hanya dengan berdzikir kepada Allah sajalah hati akan menjadi tenteram (QS Ar Ra d : 28). MENCARI KEBAHAGIAN Secara naluri setiap manusia menginginkan kebahagian, menginginkan sesuatu yang baik terjadi pada dirinya. Siapapun dia dan apapun latar belakangnya. Walaupun ukuran kebahagian masing-masing

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP. 8) : : : : :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP. 8) : : : : : RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP. 8) Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Kelas / Semester Materi Pokok Alokasi Waktu : : : : : SMP Negeri 3 gunung talang Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti VII (Tujuh)

Lebih terperinci

BAB IV DASAR PERTIMBANGAN MAHKAMAH AGUNG TERHADAP PUTUSAN WARIS BEDA AGAMA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

BAB IV DASAR PERTIMBANGAN MAHKAMAH AGUNG TERHADAP PUTUSAN WARIS BEDA AGAMA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM BAB IV DASAR PERTIMBANGAN MAHKAMAH AGUNG TERHADAP PUTUSAN WARIS BEDA AGAMA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM A. Dasar Pertimbangan Hakim Mahkamah Agung Terhadap Putusan Waris Beda Agama Kewarisan beda agama

Lebih terperinci

BAB IV. A. Analisis Tentang Kriteria Memilih Calon Menantu di Kalangan Warga. Muhammadiyah Kelurahan Semolowaru Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya

BAB IV. A. Analisis Tentang Kriteria Memilih Calon Menantu di Kalangan Warga. Muhammadiyah Kelurahan Semolowaru Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya BAB IV ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP KRITERIA MEMILIH CALON MENANTU DI KALANGAN WARGA MUHAMMADIYAH KELURAHAN SEMOLOWARU KECAMATAN SUKOLILO KOTA SURABAYA. A. Analisis Tentang Kriteria Memilih Calon Menantu

Lebih terperinci

DAFTAR TERJEMAH No Halaman BAB Terjemah

DAFTAR TERJEMAH No Halaman BAB Terjemah DAFTAR TERJEMAH No Halaman BAB Terjemah 1 4 I Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat

Lebih terperinci

Modul ke: ETOS KERJA. Fakultas FEB. H. JAZULI SURYADHI, MS.i (HJS) Program Studi MANAJEMEN.

Modul ke: ETOS KERJA. Fakultas FEB. H. JAZULI SURYADHI, MS.i (HJS) Program Studi MANAJEMEN. Modul ke: ETOS KERJA Fakultas FEB H. JAZULI SURYADHI, MS.i (HJS) Program Studi MANAJEMEN www.mercubuana.ac.id Etos Kerja adalah pandangan bagaimana melakukan kegiatan yang bertujuan mendapatkan hasil atau

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Qur an sendiri menganjurkan supaya manusia memperdalam berbagai bidang

BAB I PENDAHULUAN. Qur an sendiri menganjurkan supaya manusia memperdalam berbagai bidang BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Seiring dengan perkembangan zaman, kehidupan umat manusia mengalami perubahan yang sangat pesat. Perubahan ini tidak hanya berdampak positif pada ranah kehidupan

Lebih terperinci

P.J.O.K SOFTBALL. Kata Pengantar. Kontak Kami. Isi Materi

P.J.O.K SOFTBALL. Kata Pengantar. Kontak Kami. Isi Materi P.J.O.K SOFTBALL Isi Kata Pengantar Kontak Kami VIDEO PROLOG DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT KOMPETENSI INTI Kompetensi Inti : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

Lebih terperinci

DAHULUKAN BEKERJA IMBALAN KEMUDIAN

DAHULUKAN BEKERJA IMBALAN KEMUDIAN DAHULUKAN BEKERJA IMBALAN KEMUDIAN Pendahuluan Dahulukan Bekerja Imbalan Kemudian itulah sebuah ungkapan bijak. Koordinator Kopertais Wilayah II Jabar Banten, disela sambutan Silaturahmi dengan Pimpinan

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. yang juga memiliki kedudukan yang sangat penting. Akhlak merupakan buah

BAB I PENDAHULUAN. yang juga memiliki kedudukan yang sangat penting. Akhlak merupakan buah BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Akhlak merupakan salah satu dari tiga kerangka dasar ajaran Islam yang juga memiliki kedudukan yang sangat penting. Akhlak merupakan buah yang dihasilkan dari

Lebih terperinci

P.J.O.K TOLAK PELURU. Kata Pengantar. Kontak Kami. Isi Materi

P.J.O.K TOLAK PELURU. Kata Pengantar. Kontak Kami. Isi Materi P.J.O.K TOLAK PELURU Isi Kata Pengantar Kontak Kami VIDEO PROLOG DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT 1 4 Memahami, menerapkan, menganalisis pengeta-huan faktual, konseptual, prosedural

Lebih terperinci

12. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR EKONOMI SMA/MA

12. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR EKONOMI SMA/MA 12. KOMPETENSI INTI DAN EKONOMI SMA/MA KELAS: X Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut

Lebih terperinci

Mendidik Anak Menuju Surga. Ust. H. Ahmad Yani, Lc. MA. Tugas Mendidik Generasi Unggulan

Mendidik Anak Menuju Surga. Ust. H. Ahmad Yani, Lc. MA. Tugas Mendidik Generasi Unggulan Mendidik Anak Menuju Surga Ust. H. Ahmad Yani, Lc. MA Tugas Mendidik Generasi Unggulan Pendidikan merupakan unsur terpenting dalam proses perubahan dan pertumbuhan manusia. Perubahan dan pertumbuhan kepada

Lebih terperinci

KELAS: X. 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KELAS: X. 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya 20. PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SEKOLAH MENENGAH ATAS/ MADRASAH ALIYAH/SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (SMA/MA/SMK/MAK) KELAS: X KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) 1. Menghayati

Lebih terperinci

BAB IV PERILAK TERPUJI

BAB IV PERILAK TERPUJI BAB IV Standar Kompetensi (Akhlak) 4. Membiasa kan Perilaku Terpuji Kompetensi Dasar 4.1 Menjelaskan pengertian tawadlu, taat, qana ah, dan sabar. 4.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadlu, taat,

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN. Sumber Belajar (1) (2) (3) (4) (5) (6) 1.1. Meyakini Al-Qur an sebagai pedoman hidup

SILABUS PEMBELAJARAN. Sumber Belajar (1) (2) (3) (4) (5) (6) 1.1. Meyakini Al-Qur an sebagai pedoman hidup SILABUS PEMBELAJARAN Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Kelas/Program Semester : Madrasah Aliyah : -Hadits : X (Sepuluh) : Ganjil Kompetensi Inti : KI-1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

Lebih terperinci

BAB V PEMBAHASAN. A. Nilai pendidikan Agama Islam pada program Adiwiyata kegiatan bank. sampah di UPTD SMKN 2 Boyolangu Tulungagung

BAB V PEMBAHASAN. A. Nilai pendidikan Agama Islam pada program Adiwiyata kegiatan bank. sampah di UPTD SMKN 2 Boyolangu Tulungagung BAB V PEMBAHASAN A. Nilai pendidikan Agama Islam pada program Adiwiyata kegiatan bank sampah di UPTD SMKN 2 Boyolangu Tulungagung Banyak cara yang digunakan untuk mengurangi kerusakan alam. Salah satunya

Lebih terperinci

??????????????????????????????????:?????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????.

??????????????????????????????????:?????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????. Hakikat Ibadah Khutbah Pertama:??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????.????????????:??????????????????????????????????:?????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????.

Lebih terperinci

BAB V IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH

BAB V IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH Standar Kompetensi (Aqidah) BAB V IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH : 2. Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah. Kompetensi Dasar : 2.1. Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah. 2.2.

Lebih terperinci

Ketika harga BBM melambung naik

Ketika harga BBM melambung naik Ketika harga BBM melambung naik ( ) Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah (Al Ma arij: 19-20) GELISAH KARENA HARGA BBM NAIK Naiknya

Lebih terperinci

Berpegang kepada Al-Qur'an dan As-Sunnah, dan tidak bertaqlid kepada seseorang

Berpegang kepada Al-Qur'an dan As-Sunnah, dan tidak bertaqlid kepada seseorang MAJLIS TAFSIR AL-QUR AN (MTA) PUSAT http://www.mta-online.com e-mail : humas_mta@yahoo.com Fax : 0271 661556 Jl. Serayu no. 12, Semanggi 06/15, Pasarkliwon, Solo, Kode Pos 57117, Telp. 0271 643288 Ahad,

Lebih terperinci

Ayo Kita Jenguk Saudara Kita Yang Sakit

Ayo Kita Jenguk Saudara Kita Yang Sakit bab 13 Ayo Kita Jenguk Saudara Kita Yang Sakit www.antarafoto.com Menjenguk orang sakit adalah perbuatan yang sangat mulia Menjenguk orang sakit bagian dari adab Islam yang mulia dan sangat dianjurkan.

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Agama Islam merupakan agama yang membawa kesejahteraan, kedamaian,

BAB I PENDAHULUAN. Agama Islam merupakan agama yang membawa kesejahteraan, kedamaian, BAB I PENDAHULUAN 1.1 LATAR BELAKANG MASALAH Agama Islam merupakan agama yang membawa kesejahteraan, kedamaian, menciptakan suasana sejuk dan harmonis bukan hanya di antara sesama umat manusia tetapi juga

Lebih terperinci

Kemandirian Dalam Beramal dan Memilih Pemimpin

Kemandirian Dalam Beramal dan Memilih Pemimpin Kemandirian Dalam Beramal dan Memilih Pemimpin Oleh : H.M. Sazli Nasution MANUSIA diciptakan dari tanah, dari diri yang satu yakni Nabi Adam Alaihissalam. Kemudian diciptakan pula istrinya Hawa dari pasangan

Lebih terperinci

Pendidikan Agama Islam

Pendidikan Agama Islam Pendidikan Agama Islam Modul ke: Sukses Hidup dalam Islam Fakultas PSIKOLOGI Program Studi Psikologi www.mercubuana.ac.id Dian Febrianingsih, M.S.I Pengantar Setiap individu memiliki paradigma yang berbeda

Lebih terperinci

ج اء ك م ر س ول ن ا ي ب ي ن ل ك م ك ث ير ا م ما ك ن ت م ت خ ف و ن م ن ال ك ت اب و ي ع ف و ع ن ك ث ير ق د ج اء ك م م ن الل ه ن ور و ك ت اب

ج اء ك م ر س ول ن ا ي ب ي ن ل ك م ك ث ير ا م ما ك ن ت م ت خ ف و ن م ن ال ك ت اب و ي ع ف و ع ن ك ث ير ق د ج اء ك م م ن الل ه ن ور و ك ت اب KARAKTERISTIK ETIKA ISLAM 1. Al Qur an dan Sunnah Sebagai Sumber Moral Sebagai sumber moral atau pedoman hidup dalam Islam yang menjelaskan kriteria baik buruknya sesuatu perbuatan adalah Al Qur an dan

Lebih terperinci

Modul ke: Etos Kerja. Fakultas. Rusmulyadi, M.Si. Program Studi.

Modul ke: Etos Kerja. Fakultas. Rusmulyadi, M.Si. Program Studi. Modul ke: Etos Kerja Fakultas Rusmulyadi, M.Si. Program Studi www.mercubuana.ac.id Pengertian Etos Kerja Etos berasal dari bahasa Yunani (etos) yang memberikan arti sikap, kepribadian, watak, karakter,

Lebih terperinci

BAB V PEMBAHASAN. yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan :

BAB V PEMBAHASAN. yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan : BAB V PEMBAHASAN Setelah peneliti melakukan penelitian secara langsung dengan menyebarkan angket yang diajukan kepada karyawan muslim di PT. Bina Megah Indowood dan diisi dengan keadaan yang sebenarnya,

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN Gambar 1.1 Persentase Penduduk Miskin di Kota Bandung Tahun Sumber: Badan Pusat Statistik (BPS)

BAB I PENDAHULUAN Gambar 1.1 Persentase Penduduk Miskin di Kota Bandung Tahun Sumber: Badan Pusat Statistik (BPS) 1 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Penelitian Persoalan kemiskinan merupakan salah satu persoalan krusial yang tengah dihadapi oleh berbagai daerah di Indonesia. Kota Bandung merupakan salah satu daerah

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Secara garis besar pendidikan Agama Islam yang diberikan di sekolah atau. keimanan dan ketaqwaan peserta didik kepada Allah Swt.

BAB I PENDAHULUAN. Secara garis besar pendidikan Agama Islam yang diberikan di sekolah atau. keimanan dan ketaqwaan peserta didik kepada Allah Swt. BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Secara garis besar pendidikan Agama Islam yang diberikan di sekolah atau pondok pesantren pada prinsipnya dalam rangka menanamkan dasar-dasar keimanan dan ketaqwaan

Lebih terperinci

Bab 4 Belajar Mendirikan Shalat Berlatih Akhlak Mulia Membangun Kesejahteraan Umat

Bab 4 Belajar Mendirikan Shalat Berlatih Akhlak Mulia Membangun Kesejahteraan Umat Bab 4 Belajar Mendirikan Shalat Berlatih Akhlak Mulia Membangun Kesejahteraan Umat Al Qur an merupakan petunjuk dari Allah Swt bagi makhluknya, jin dan manusia, yang harus diikuti sebagai pedoman dalam

Lebih terperinci

DAFTAR TERJEMAH No. BAB Hal Terjemah

DAFTAR TERJEMAH No. BAB Hal Terjemah DAFTAR TERJEMAH No. BAB Hal Terjemah 1 1 Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi). (QS. Az-Zumar: 54).

Lebih terperinci

Meraih Kehidupan Yang Baik

Meraih Kehidupan Yang Baik Meraih Kehidupan Yang Baik Ada banyak permintaan yang kita panjatkan kepada Allah swt dalam doa kita sehari-hari dan salah satunya adalah memohon agar dianugerahkan kehidupan yang baik samada di dunia

Lebih terperinci

TALIM MADANI #12 IMAN KEPADA ALLAH (PERBEDAAN MALAIKAT DAN MANUSIA)

TALIM MADANI #12 IMAN KEPADA ALLAH (PERBEDAAN MALAIKAT DAN MANUSIA) TALIM MADANI #12 IMAN KEPADA ALLAH (PERBEDAAN MALAIKAT DAN MANUSIA) KAJIAN DALIL (AL-Qur an & Hadits) 30. ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat: "Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang

Lebih terperinci

BAB V KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

BAB V KESIMPULAN DAN REKOMENDASI 117 BAB V KESIMPULAN DAN REKOMENDASI Bab terakhir ini berisikan uraian kesimpulan penelitian yang telah dilakukan. Selain itu diajukan beberapa rekomendasi yang telah berpedoman pada hasil penelitian untuk

Lebih terperinci

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Jerman

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Jerman KELAS : X Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Jerman KOMPETENSI INTI 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LINGKUNGAN KELUARGA DALAM MEMBENTUK AKHLAQUL KARIMAH PADA REMAJA DI DUSUN KAUMAN PETARUKAN PEMALANG

BAB IV ANALISIS PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LINGKUNGAN KELUARGA DALAM MEMBENTUK AKHLAQUL KARIMAH PADA REMAJA DI DUSUN KAUMAN PETARUKAN PEMALANG 77 BAB IV ANALISIS PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LINGKUNGAN KELUARGA DALAM MEMBENTUK AKHLAQUL KARIMAH PADA REMAJA DI DUSUN KAUMAN PETARUKAN PEMALANG A. Analisis Tentang Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam

Lebih terperinci