DOSA MENURUT TEOLOGI PAULUS

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "DOSA MENURUT TEOLOGI PAULUS"

Transkripsi

1 DOSA MENURUT TEOLOGI PAULUS Ir. Eben Munthe, S.Th I. PENGANTAR Dari semua tulisan dalam Perjanjian Baru, pendekatan Paulus dalam surat-suratnya merupakan suatu uraian yang paling dekat dengan apa yang disebut teologia mengenai dosa. Namun dasar pemikirannya sama dengan yang kita lihat dalam kitab-kitab Injil. Pertama-tama kita akan memperhatikan berbagai pengertian yang dipakai Paulus dalam mengungkapkan gagasan tentang dosa, kemudian membahas tema-tema yang memperlihatkan bahwa dosa itu dari suatu pribadi sampai mencakup semua orang. Selanjutnya kita akan melihat ajaran Paulus mengenai hubungan antar dosa dan daging, dosa dan maut, tanggung jawab, penghukuman dan asalusul dosa. Dengan cara itu kita akan menemukan gagasannya mengenai kebutuhan-kubutuhan dasar manusia. II. BERBAGAI HALTENTANG DOSA A. Pengertian dosa Paulus menggunakan beraneka ragam istilah untuk menjelaskan hakikat dosa, seperti juga dalam menjelaskan gagasan-gagasannya yang lain. Kita perlu memperhatikan istilah istilah ini, tapi ajaran Paulus tentang dosa memiliki dasar yang lebih luas dari pada istilah-istilah yang digunakannya. Sebenarnya, istilah-istilah itu hanya menunjukkan garis besar dari pengertiannya, yang dapat diselidiki lebih mendalam dengan cara-cara lain. Kata hamartia digunakan secara umum dalam pengertian perbuatan-perbuatan dosa dan dipakai dalam bentuk jamak dan tunggal. Bentuk jamak dari kata itu sering terdapat dalam tulisan-tulisan yang merupakan kutipan-kutipan Perjanjian Baru (misalnya, Roma 4:7; 11:27). Dalam Kolose 1:14 Paulus menggunakan istilah pengampunan dosa dan dalam Galatia 1:4 terdapat gagasan mengenai Kristus yang menyerahkan diri-

2 Jurnal Teologi/Kependetaan Nya karena dosa-dosa kita, dalam ayat ini bentuk jamak hamartiai mengungkapkan keseluruhan dosa secara umum.1 B e n t u k t u n g g a l d a r i h a m a r t i a i h a m p i r s e l a l u menggambarkan keadaan berdosa dan bukan berarti suatu tindakan membuat dosa. Karena itu Paulus dapat berbicara tentang kuasa dosa (Roma 3:9), pengenalan dosa (Roma 3:20), bertambahnya dosa (Roma 6:16), dan upah dosa (Roma 6:23). Kata lain dari dosa disebut paraptoma berarti langkah yang keliru, sebagai lawan dari langkah yang benar (Roma 4:25; Galatia 6:1). Istilah lain dari dosa adalah parabasis yang berarti melangkah ke samping, yaitu menyimpang dari jalan yang benar, biasanya istilah ini diterjemahkan dengan kata pelanggaran (Roma 2:23; 4:15; Galatia 3:19). Kata yang agak berhubungan dengan gagasan ini adalah kata anomia yang berarti kedurhakaan atau perbuatan jahat.2 1. Dosa sebagai utang Pengertian dosa sebagai utang yang harus ditebus dengan banyak melakukan perbuatan baik, sama sekali tidak terdapat dalam tulisan-tulisan Paulus. Bahkan pemikiran demikian dihapus sama sekali oleh ajaran Paulus mengenai anugerah (kasih karunia). 2. Dosa sebagai pelanggaran Paulus memakai kata parabasis sebanyak lima kali, dan dari pemakaian itu kita mendapat kesan bahwa dosa adalah gerakan membelot dari jalan yang lurus. Roma 2:23 menjelaskan bahwa orang-orang Yahudi telah melanggar Hukum Taurat istilah yang sama digunakan untuk menyebutkan tentang pelanggaran Adam (Roma 5:15) yang diakibatkan oleh penolakannya untuk mematuhi perintah Allah. 3. Dosa sebagai kedurhakaan Jika dosa merupakan penyimpangan dari jalan yang sudah diketahui, maka dosa dapat memburuk menjadi kedurhakaan sebagaimana tampak secara khusus dalam pemakaian kata anomia. Dalam Roma 6:19, Paulus mengingatkan pembacanya yang Kristen bahwa mereka 1 Donald Gutrie, Teologi Perjanjian Baru: Allah, Manusia dan Kristus, (Jakarta : BPK Gunung Mulia, 1999), hlm Ibid.hlm 218.

3 Dosa Menurut Teologi Paulus telah menyerahkan anggota tubuh mereka menjadi hamba kecemaran dan kedurhakaan yang membawa mereka kepada kedurhakaan, hal ini terlihat seolah-olah mempunyai akibat yang terus makin memburuk. Kedurhakaan mengakibatkan pemberontakan. Dalam 2 Korintus 6:14 anomia dipertentangkan secara langsung dengan kebenaran, dengan pemikiran bahwa orang-orang percaya merupakan bait Allah yang hidup, segala sesuatu yang bertentangan dengan Allah adalah kedurhakaan atau pelanggaran. Pelanggaran atau kedurhakaan merupakan kebiasaan manusia yang berdosa dan ia dapat dibebaskan dari kebiasaan ini hanya melalui tindakan Krisus dalam penebusan (Titus 2:14).3 B. Dosa Mencakup Perbuatan-Perbuatan Manusia Lahiriah Dan Sikap-Sikap Batin Paulus dan orang-orang Yahudi yang sejaman dengannya dengan sama-sama senang menyusun daftar perincian tentang d o s a, y a n g m e l i p u t i p e r b u a t a n d a n s i k a p. H a l i n i memperlihatkan betapa luasnya tafsiran Paulus mengenai dosa. Daftar yang terdapat dalam Roma 1:29-31 menggambarkan dengan baik gabungan antara dosa lahiriah dan dosa batiniah. Beberapa hal dalam daftar ini dapat dibuktikan secara obyektif, seperti pembunuhan perselisihan dan suka mengumpat. Tetapi yang lain seperti kedengkian, tidak berakal, tidak setia, tidak penyayang, tidak mengenal belas kasihan termasuk sikap dan bukan tindakan. Sangat jelaslah Paulus ingin memperlihatkan hakikat dosa dalam istilah yang khusus, dan juga ingin menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang mendasar antara berbagai jenis dosa, mulai dari tindakan kriminal seperti pembunuhan, sampai pada sikap hati seperti rasa iri dan rasa benci.4 C. Pengertian Tentang Dosa Sebagai Suatu Pribadi Pada waktu Paulus menjelaskan tentang dosa sebagai suatu pribadi, ia menekankan sifat-sifat dosa yang berbahaya. Digambarkan sebagai penguasa yang lalim. Di samping itu 3 Ibid, hlm Ibid. hlm 221.

4 Jurnal Teologi/Kependetaan disebut upah dosa adalah maut. Paulus seolah-olah berkata bahwa tubuh manusia seolah-olah telah menjadi milik dosa (Rom 6:6). Karena itu, dosa dalam bentuk tunggal merupakan suatu faktor yang lebih fatal dari pada perbuatan yang bersifat dosa. Sesungguhnya terletak antar dosa yang dimengerti sebagai suatu kuasa yang menjadi dasar perbuatan-perbuatan tertentu, dan dosa sebagai perbuatan tertentu yang melawan patokan yang sudah diketahui.5 Paulus sangat menyadari akan kuasa dosa. Dalam 1 Korintus 15:56, sekilas Paulus menyebutkan bahwa sengat maut ialah dosa, dan kuasa dosa adalah hukum Taurat. Dalam Roma 7:17, ia tampaknya mempertentangkan kuasa dosa dengan ketidak berdayaan manusia. Hal ini menimbulkan pertanyaan, apakah Paulus meninggalkan tanggung jawabnya atas dosa? Masalah ini akan dibahas pada bagian berikutnya. Tetapi tujuan utama dalam hal ini bukan untuk membebaskan manusia dari tanggung jawabnya, tetapi untuk menunjukkan betapa kuatnya cengkeraman dosa yang berlangsung sampai saat Yesus menang atasnya. D. Dosa Mencakup Semua Manusia Dalam surat-surat Paulus tidak ada pandangan yang menyatakan bahwa ada seseorang secara pribadi atau kelompok orang tertentu yang tidak berdosa Pernyataan terbaik dalam ini terdapat dalam Roma 1-3. Selanjutnya Paulus menegaskan bahwa seluruh dunia jatuh ke bawah hukuman Allah (Roma 3:19). Sesungguhnya berdasarkan keyakinan, bahwa semua manusia berdosa itu Paulus mengembangkan ajaranya tentang pembenaran melalui Kristus. Dalam buku yang berjudul Hamartologi, Jhon F. MacArthur JR, berkata bahwa dosa, kemerosotan, dan bencana rohani telah memenuhi masyarakat modern.6 E. Dosa Dan Daging Kita perlu memperhatikan hubungan antara dosa dan daging atau sarx, Paulus sering menyebut dengan keinginan 5 6 Donald Gutrie, Teologi Perjanjian Baru I: Allah, Manusia dan Kristus, (Jakarta : BPK Gunung Mulia, 1999), hlm 224. Jhon F. MacArthur, Hamartologi: Doktrin Alkitab Tentang Dosa, (Malang: Gandum Mas, 2000), hlm 15.

5 Dosa Menurut Teologi Paulus daging. Karena keinginan mengawali tindakan, maka Paulus memandang daging menjadi salah satu sumber dosa. Karena manusia berpaling dari Allah, menyimpang ke arah dosa, sebenarnya sarx itu sendiri tidak mempunyai sifat dosa. Paulus tidak menyatakan semua materi, temasuk jahat sifatnya sehingga dapat disebut sumber dosa, sebab ungkapan keinginan daging melibatkan manusia seutuhnya. Tetapi Karena sarx sudah dikuasai oleh dosa, maka sarx tidak dapat menghindarkan diri dari perbuatan berdosa. Karena alasan inilah maka Paulus berkeyakinan bahwa mereka yang hidup dalam daging tidak mungkin berkenan kepada Allah (Roma 8:8). Ia mengatakan bahwa keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah (Roma 8:7). F. Dosa Dan Tanggung Jawab Manusia Paulus berpendapat bahwa manusia bertanggung jawab atas dosa yang dilakukannya. Pemikiran tentang manusia sebagai alat yang tidak berdaya dari nasib yang tidak dapat dielakkan, sama sekali tidak terdapat dalam surat-surat Paulus. Tanggung jawab manusia terhadap Allah (Roma 3:19) yang secara khusus ditegaskan oleh Paulus, mencerminkan keyakinannya bahwa manusia harus mempertanggungjawabkan dosanya, terutama aspek dosa yang dipandang sebagai pembrontakan terhadap Allah.7 G. Dosa Dan Hukuman Paulus menuliskan tentang kedatangan suatu hari penghukuman Allah yang adil (Roma 2:5). Paulus menambahkan bahwa Allah akan membalas setiap orang menurut perbuatannya (Roma 2:6). Paulus banyak membahas tentang penghakiman Allah (Roma 2:2-3). Akibat dosa yang paling sering disebut Paulus adalah maut. Maut dianggap sebagai musuh yang terakhir (1 Korintus 15:26). Kematian yang merupakan satu-satunya kesudahan dosa (Roma 6:21) benar-benar bertentangan dengan kehidupan yang diberikan sebagai karunia melalui Kristus. Akibat dosa lain, yang tidak dapat dielakkan adalah putusnya hubungan antara Allah dan manusia. Paulus 7 Donald Gutrie, Teologi Perjanjian Baru I: Allah, Manusia dan Kristus, (Jakarta : BPK Gunung Mulia, 1999), hlm 226.

6 Jurnal Teologi/Kependetaan mengatakan sebelum, seseorang menjadi orang Kristen keadaanya menjadi seteru Allah (Roma 5:10). H. Asal Mula Dosa Dalam Diri Manusia Kemungkinan besar Paulus memegang prinsip tentang dosa asal. Dosa asal dalam konteks ini berarti kecenderungan berbuat dosa sebagai warisan turun temurun. Ada beberapa pengamatan umum yang perlu dikemukakan untuk menempatkan pembahasan ini dalam pandangan yang benar. 1. Tentu saja Paulus tidak beranggapan bahwa diciptakan dalam keadaan yang berdosa. Dia mempertahankan pandangan Perjanjian Lama, bahwa manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah (1 Korintus 11:7), yang tentunya berarti bahwa ia tidak jahat. Gambar ini menandakan sifat moral dari Allah. Manusia adalah makhluk yang bermoral, kenyataan yang membedakannya dari makhluk-makhluk lain, meskipun manusia telah merusak hakikat moralnya.8 2. Di atas telah dikatakan, bahwa seluruh manusia telah berbuat dosa, Paulus lebih mementingkan fakta bahwa semua manusia telah berdosa, dari pada mempersoalkan asal mula dosa atau penyebaran dosa. Meskipun ia mendukung pandangan bahwa dosa itu masuk melalui Adam (Roma 5:12) namun ia tidak mengatakan bahwa dosa menjalar dari satu orang kepada banyak orang, seolah-olah mereka membebankan tanggung jawab masing-masing orang di atas bahu Adam. Bahkan dia memulainya dari kenyataan bahwa dosa itu ada dalam setiap manusia. 3. Hubungan yang erat antara dosa dan maut (lihat bagian G), mempengaruhi pikiran Paulus, walaupun bukan dipastikan, namun bukanlah hal yang mustahil, bahwa Paulus dipengaruhi pandangan pada zaman antara Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru mengenai dorongan hati yang jahat, para rabi berpendapat, bahwa dorongan hati ini menjadi jahat hanya jika orang menyerah pada dorongan itu Ibid. hlm Ibid. hlm. 230.

7 Dosa Menurut Teologi Paulus Nampaknya Paulus menerima kenyataan bahwa semua orang mewarisi kecenderungan berbuat dosa melalui Adam, namun perbuatan dosa secara nyata itulah yang mendatangkan hukuman. Tapi Paulus mengetahui dan menyetujui bahwa kematian dan kebangkitan Kristus berkaitan dengan dosa manusia. Pokok pembicaraan yang dihasilkan dari survei terhadap tulisan Paulus adalah, bahwa peristiwa Kristus telah mematahkan panggung dosa (Galatia 1:4-5; 1 Korintus 15:3-4; Kolose 1:3-23).10 Alkitab dengan jelas menunjukkan, bahwa tidak mungkin Tuhan Allah menjadi sebab asal dosa. Kitab Perjanjian Lama telah memberitakan kepada kita, bahwa jauhlah dari Allah untuk melakukan kefasikan dan yang Maha Kuasa untuk berbuat curang (Ayub 34:10). Oleh sebab itu orang senantiasa dianjurkan untuk mendekati Allah (Mazmur 73:23), sebab Tuhan Allah tidak pernah berlaku curang, memihak atau pun menerima suap (2 Taw 19:7; Kel 23:6-8).11 III. KESIMPULAN 1. Dari penyelidikan di atas, nyatalah satu fakta bahwa manusia tidak hidup sebagaimana mestinya. Keadaan yang tidak semestinya ini dijelaskan dengan berbagai cara. Sifat dosa yang mencakup semua manusia terdapat dalam seluruh Perjanjian Baru, namun uraian yang paling jelas tentang hal itu terdapat dalam surat-surat Paulus. Penekanan pada sifat dosa secara batiniah yang dibedakan dari tindakan secara lahiriah disimpulkan dalam pandangan Yesus, bahwa hal-hal yang keluar dari diri manusia itulah yang menajiskannya. 2. Dosa manusia itu ditemukan dalam aneka ragam bentuk istilah, seperti utang, pelanggaran, kedurhakaan, perhambaan dan dusta. Manusia telah memberontak terhadap Allah. Dan tidak mentaati hukum Allah. Dia telah membiarkan dirinya menjadi hamba dosa, dan dengan usahanya sendiri ia tidak dapat melepaskan dirinya dari ikatan itu. Manusia digambarkan sebagai orang yang buta terhadap kemampuan dasarnya, karena dosa telah mengakibatkan manusia tidak memperdulikan Allah 10. C. Marvn Pate, The End Of the Age Has Come: Escatologi Paulus, ( Malang : Gandum Mas, 2004), hlm Harun Hadiwidjono, Iman Kristen, (Jakarta : BPK Gunug Mulia,1984), hlm. 227.

8 Jurnal Teologi/Kependetaan dan tidak mempunyai penilaian yang benar terhadap dirinya sendiri. 3. Dalam tulisan-tulisan Yohanes dan Paulus, dosa dipandang secara khusus sebagai sikap tidak percaya: ini membuat manusia bertanggungjawab penuh atas dosanya. Sikap ketidakpercayaan ini diungkapkan sebagai penolakan untuk percaya kepada Kristus. Dalam Perjanjian Baru tidak terdapat pembahasan secara formal tentang asal-usul dosa, tetapi sepertinya semua penulis Perjanjian Baru menerima kenyataan tentang kejatuhan manusia. Hal ini diterima sebagai kenyataan sejarah dan tidak dibahas secara teoritis. 4. Segi lain dari dosa yang dijelaskan dalam Perjanjian Baru adalah, bahwa dosa itu sewajarnya mengakibatkan hukuman. Adanya hukuman dosa yang adil oleh Allah merupakan titik tolak ajaran Perjanjian Baru tentang keselamatan dan hal ini harus dipertimbangkan dalam memahami misi Yesus secara tepat. Memang kebanyakan dari segi-segi dosa tertentu yang digambarkan dalam Perjanjian Baru membantu kita untuk mengerti karya Yesus. Jika dosa itu digambarkan sebagai perhambaan, Kristus membawa pembebasan, jika dosa itu digambarkan sebagai dusta, Kristus memberikan kebenaran, jika dosa digambarkan sebagai ketidaktaatan, Kristus menunjukkan jalan ketataatan, jika dosa itu sebagai penyimpangan dari kehendak Allah, maka Kristus merupakan teladan kebenaran yang sempurna. 5. Dosa akan selalu berdampak kepada hukuman. Paulus menuliskan tentang kedatangan suatu hari penghukuman Allah yang adil (Roma 2:5). Paulus menambahkan bahwa Allah akan membalas setiap orang menurut perbuatannya (Roma 2:6). Paulus banyak membahas tentang penghakiman Allah (Roma 2:2-3). Akibat dosa yang paling sering disebut Paulus adalah maut. Maut dianggap sebagai musuh yang terakhir (1 Korintus 15:26). Kematian yang merupakan satusatunya kesudahan dosa (Roma 6:21) benar-benar bertentangan dengan kehidupan yang diberikan sebagai karunia melalui Kristus. Akibat dosa yang lain yang tak dapat dielakkan adalah putusnya hubungan antara Allah dan manusia. Paulus mengatakan sebelum seseorang menjadi orang Kristen keadaanya menjadi seteru Allah (Roma 5:10).

9 Dosa Menurut Teologi Paulus DAFTAR PUSTAKA Alkitab, (Jakarta : Lembaga Alkitab Indonesia, 2009). 2. Gutrie Donald, Teologi Perjanjian Baru I, Allah, Manusia dan Kristus, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1999). 3. Hadiwidjono H., Iman Kristen, (Jakarta: BPK Gunug Mulia, 1984). 4. MacArthur Jhon F., Hamartologi: Doktrin Alkitab Tentang Dosa, (Malang: Gandum Mas, 2000). 5. Pate C. Marvin, The End Of The Age Has Come, Escatologi Paulus (Malang: Gandum Mas, 2

10 Jurnal Teologi/Kependetaan

11

MARILAH KITA PELAJARI RENCANA KESELAMATAN MENURUT ALKITAB. Kasih Allah Untuk Orang Berdosa

MARILAH KITA PELAJARI RENCANA KESELAMATAN MENURUT ALKITAB. Kasih Allah Untuk Orang Berdosa MARILAH KITA PELAJARI RENCANA KESELAMATAN MENURUT ALKITAB Kasih Allah Untuk Orang Berdosa Hari ini kita mau belajar tentang kasih Allah. Untuk menghargai kasih Allah kepada kita, kita harus pertama-tama

Lebih terperinci

Pertanyaan Alkitab (24-26)

Pertanyaan Alkitab (24-26) Pertanyaan Alkitab (24-26) Bagaimanakah orang Kristen Bisa Menentukan Dia Tidak Jatuh Dari Iman/Berpaling Dari Tuhan? Menurut Alkitab seorang Kristen bisa jatuh dari kasih karunia, imannya bisa hilang.

Lebih terperinci

Alkitab. Persiapan untuk Penelaahan

Alkitab. Persiapan untuk Penelaahan Persiapan untuk Penelaahan Alkitab Sekarang setelah kita membicarakan alasan-alasan untuk penelaahan Alkitab dan dengan singkat menguraikan tentang Alkitab, kita perlu membicarakan bagaimana menelaah Alkitab.

Lebih terperinci

GEREJA KRISTEN NAZARENE PASAL-PASAL TENTANG IMAN

GEREJA KRISTEN NAZARENE PASAL-PASAL TENTANG IMAN GEREJA KRISTEN NAZARENE PASAL-PASAL TENTANG IMAN I Allah Tritunggal Kami percaya kepada satu Allah yang tidak terbatas, yang keberadaan-nya kekal, Pencipta dan Penopang alam semesta yang berdaulat; bahwa

Lebih terperinci

Seri Iman Kristen (10/10)

Seri Iman Kristen (10/10) Seri Iman Kristen (10/10) Nama Kursus : DASAR-DASAR IMAN KRISTEN Nama Pelajaran : Menang Atas Keinginan Daging Kode Pelajaran : DIK-P10 Pelajaran 10 - MENANG ATAS KEINGINAN DAGING DAFTAR ISI Teks Ayat

Lebih terperinci

Surat Roma ini merupakan surat Paulus yang paling panjang, paling teologis, dan paling berpengaruh. Mungkin karena alasan-alasan itulah surat ini

Surat Roma ini merupakan surat Paulus yang paling panjang, paling teologis, dan paling berpengaruh. Mungkin karena alasan-alasan itulah surat ini Catatan: Bahan ini diambil dari http://www.sabda.org/sabdaweb/biblical/intro/?b=47, diakses tanggal 3 Desember 2012. Selanjutnya mahasiswa dapat melihat situs www.sabda.org yang begitu kaya bahan-bahan

Lebih terperinci

Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #20 oleh Chris McCann

Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #20 oleh Chris McCann Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #20 oleh Chris McCann Selamat malam dan selamat datang di pembahasan Alkitab EBible Fellowship dalam Kitab Wahyu. Malam ini adalah pembahasan #20 tentang Wahyu, pasal

Lebih terperinci

Yesus Adalah Korban Pendamaian Manusia. ingin mengikuti kehendak dan kemauan hati diri sendiri. Hal-hal yang dikejar

Yesus Adalah Korban Pendamaian Manusia. ingin mengikuti kehendak dan kemauan hati diri sendiri. Hal-hal yang dikejar Pelajaran Tujuh Yesus Adalah Korban Pendamaian Manusia Kita manusia sudah lama berlawanan dengan Tuhan Allah. Manusia biasanya ingin mengikuti kehendak dan kemauan hati diri sendiri. Hal-hal yang dikejar

Lebih terperinci

OTORITAS PAULUS DAN INJIL

OTORITAS PAULUS DAN INJIL OTORITAS PAULUS DAN INJIL Lesson 2 for July 8, 2017 Banyak orang yang percaya bahwa surat-surat Paulus diinspirasikan oleh Allah, namun yang lain tidak. Beberapa orang di Galatia menipu orangorang Kristen

Lebih terperinci

Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman BAGI MEREKA YANG ADA DI DALAM Kristus Yesus. Siapa yang merdeka?

Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman BAGI MEREKA YANG ADA DI DALAM Kristus Yesus. Siapa yang merdeka? Lesson 9 for December 2, 2017 Siapa yang merdeka? Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman BAGI MEREKA YANG ADA DI DALAM Kristus Yesus. (Roma 8:1) Hanya mereka yang memiliki hubungan yang erat dengan

Lebih terperinci

Dalam Galatia 5: 13-15, Paulus memperingatkan orang-orang Galatia supaya mereka jangan menggunakan kemerdekaan di dalam Kristus dengan tidak sopan.

Dalam Galatia 5: 13-15, Paulus memperingatkan orang-orang Galatia supaya mereka jangan menggunakan kemerdekaan di dalam Kristus dengan tidak sopan. Lesson 12 for September 16, 2017 Dalam Galatia 5: 13-15, Paulus memperingatkan orang-orang Galatia supaya mereka jangan menggunakan kemerdekaan di dalam Kristus dengan tidak sopan. Persoalan itu mungkin

Lebih terperinci

Seri Iman Kristen (3/10)

Seri Iman Kristen (3/10) Seri Iman Kristen (3/10) Nama Kursus : DASAR-DASAR IMAN KRISTEN Nama Pelajaran : S e t a n Kode Pelajaran : DIK-P03 Pelajaran 03 - S E T A N DAFTAR ISI Teks Alkitab Ayat Kunci 1. Asal usul Setan 2. Dosa

Lebih terperinci

Allah Adalah Pola Bagi Hidup Kita

Allah Adalah Pola Bagi Hidup Kita Allah Adalah Pola Bagi Hidup Kita Banyak negara yang memiliki peribahasa seperti "Air cucuran atap jatuhnya ke pelimbahan juga." Suatu hal yang menarik tentang keluarga ialah kemiripan antara anggotaanggota

Lebih terperinci

Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #34 oleh Chris McCann

Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #34 oleh Chris McCann Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #34 oleh Chris McCann Selamat malam dan selamat datang di pembahasan Alkitab EBible Fellowship dalam Kitab Wahyu. Malam ini adalah pembahasan #34 tentang Wahyu, pasal

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Permasalahan

BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Permasalahan BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Permasalahan Kebebasan merupakan hal yang menarik bagi hampir semua orang. Di Indonesia, kebebasan merupakan bagian dari hak setiap individu, oleh karena itu setiap

Lebih terperinci

Diberikan Allah dengan senang hati.

Diberikan Allah dengan senang hati. Diberikan Allah dengan senang hati. Jauh sebelum kita lahir dan bernapas, Pencipta kita telah membuktikan diri-nya sebagai pemberi yang terbaik dengan memberikan lebih dari apa pun yang pernah didambakan

Lebih terperinci

MEMPERBAHARUI PIKIRAN KITA

MEMPERBAHARUI PIKIRAN KITA MEMPERBAHARUI PIKIRAN KITA Pengantar Pernahkah Anda berharap bahwa Tuhan tidak memberi kita kehendak bebas? Bahwa Ia mengendalikan saja pikiran kita? Bahwa kita dapat taat kepada-nya tanpa pergumulan atau

Lebih terperinci

Belajar dari Kristus

Belajar dari Kristus SAAT TEDUH HARI KE-2 Belajar dari Kristus Bacaan Alkitab: Mazmur 33; Roma 6:5-11 supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu, dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah

Lebih terperinci

RENCANA ALLAH. Bagi Saudara. Tulislah dengan huruf cetak yang jelas! Nama Saudara... Alamat. Kota. Propinsi. Umur... Laki-laki/perempuan. Pekerjaan.

RENCANA ALLAH. Bagi Saudara. Tulislah dengan huruf cetak yang jelas! Nama Saudara... Alamat. Kota. Propinsi. Umur... Laki-laki/perempuan. Pekerjaan. RENCANA ALLAH Bagi Saudara CATATAN SISWA No. Tanggal Kirim Tulislah dengan huruf cetak yang jelas! Nama Saudara............................ Alamat. Kota. Propinsi. Umur....... Laki-laki/perempuan. Pekerjaan.

Lebih terperinci

Respon & Tanggung Jawab Umat Tebusan Tuhan 1 Ptr. 1:13-16 Ev. Calvin Renata

Respon & Tanggung Jawab Umat Tebusan Tuhan 1 Ptr. 1:13-16 Ev. Calvin Renata Respon & Tanggung Jawab Umat Tebusan Tuhan 1 Ptr. 1:13-16 Ev. Calvin Renata Dalam ayat 1 12, Petrus telah menjabarkan apa yang telah Allah kerjakan bagi kita: Allah telah melahirbarukan kita, memberikan

Lebih terperinci

Pembaptisan Air. Pengenalan

Pembaptisan Air. Pengenalan Pembaptisan Air Pengenalan Penting sekali bagi kita membaca Alkitab dan mempelajari apa yang Tuhan katakan kepada umatnya. Saya percaya kita perlu meneliti Kitab Suci secara menyeluruh untuk mengetahui

Lebih terperinci

Revelation 11, Study No. 38 in Indonesian Language. Seri Kitab Wahyu pasal 11, Pembahasan No.38, oleh Chris McCann

Revelation 11, Study No. 38 in Indonesian Language. Seri Kitab Wahyu pasal 11, Pembahasan No.38, oleh Chris McCann Revelation 11, Study No. 38 in Indonesian Language Seri Kitab Wahyu pasal 11, Pembahasan No.38, oleh Chris McCann Selamat malam dan selamat datang di pemahaman Alkitab EBible Fellowship dalam Kitab Wahyu.

Lebih terperinci

Dan di dalam mulut mereka tidak terdapat dusta; mereka tidak bercela.

Dan di dalam mulut mereka tidak terdapat dusta; mereka tidak bercela. Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #5 oleh Chris McCann Selamat malam dan selamat datang di pembahasan Alkitab EBible Fellowship dalam Kitab Wahyu. Malam ini adalah pembahasan #5 tentang Wahyu, pasal

Lebih terperinci

Seri Iman Kristen (4/10)

Seri Iman Kristen (4/10) Seri Iman Kristen (4/10) Nama Kursus : DASAR-DASAR IMAN KRISTEN Nama Pelajaran : Kejatuhan Manusia Kode Pelajaran : DIK-P04 Pelajaran 04 - KEJATUHAN MANUSIA DAFTAR ISI Ayat Alkitab Ayat Kunci 1. Larangan

Lebih terperinci

A. 3: 1-14, 3:1-5. B.

A. 3: 1-14, 3:1-5. B. Lesson 5 for July 29, 2017 Dalam Galatia 3: 1-14, Paulus menjelaskan bahwa Allah selalu hanya memiliki satu sarana keselamatan: iman. Mengapa orang-orang Galatia melupakan doktrin dasar itu? Bukankah mereka

Lebih terperinci

2. "Hiduplah dengan penuh hikmat terhadap orang-orang luar, pergunakanlah waktu yang ada. " Kolose 4:5.

2. Hiduplah dengan penuh hikmat terhadap orang-orang luar, pergunakanlah waktu yang ada.  Kolose 4:5. 1. "Tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus

Lebih terperinci

INJIL YESUS KRISTUS BAGI DUNIA. melainkan beroleh hidup yang kekal Yohanes 3:16. (Bahasa Indonesian)

INJIL YESUS KRISTUS BAGI DUNIA. melainkan beroleh hidup yang kekal Yohanes 3:16. (Bahasa Indonesian) (Bahasa Indonesian) INJIL BAGI DUNIA Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-nya tidak binasa, melainkan

Lebih terperinci

Injil Dari Dosa menuju Keselamatan

Injil Dari Dosa menuju Keselamatan Injil Dari Dosa menuju Keselamatan Seluruh pesan Alkitab dirangkum dengan indah di dalam dua ayat saja: Karena begitu besar kasih Yahuwah akan dunia ini, sehingga Ia mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal,

Lebih terperinci

Dikutip dari ALKITAB Terjemahan Baru (TB) LAI 1974

Dikutip dari ALKITAB Terjemahan Baru (TB) LAI 1974 Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. (Lukas 10:27)

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN I. LATAR BELAKANG PERMASALAHAN

BAB I PENDAHULUAN I. LATAR BELAKANG PERMASALAHAN BAB I PENDAHULUAN I. LATAR BELAKANG PERMASALAHAN Paulus merupakan seorang tokoh Alkitab yang mempunyai peranan cukup penting dalam sejarah kekristenan. Tulisan-tulisan (surat-surat) Paulus bisa dikatakan

Lebih terperinci

Baptisan. Mencuci Bersih Dosa HIDUP BARU BERSAMA KRISTUS

Baptisan. Mencuci Bersih Dosa HIDUP BARU BERSAMA KRISTUS HIDUP BARU BERSAMA KRISTUS Baptisan Mencuci Bersih Dosa GEREJA YESUS SEJATI Pusat Indonesia Jl. Danau Asri Timur Blok C3 number 3C Sunter Danau Indah Jakarta 14350 Indonesia Telp. (021) 65304150, 65304151

Lebih terperinci

INJIL YESUS KRISTUS. Bagi Dunia

INJIL YESUS KRISTUS. Bagi Dunia Alkitab mengatakan bahwa kita harus MEMILIH: untuk beribadah kepada Tuhan, atau untuk menolak-nya. Yosua 24:14-15 berbunyi, Oleh sebab itu, takutlah akan Tuhan dan beribadahlah kepada-nya dengan tulus

Lebih terperinci

The State of Incarnation : Humiliation (KEHINAAN KRISTUS)

The State of Incarnation : Humiliation (KEHINAAN KRISTUS) The State of Incarnation : Humiliation (KEHINAAN KRISTUS) Rudi Zalukhu, M.Th BGA : Filipi 2:1-1111 Ke: 1 2 3 APA YANG KUBACA? (Observasi: Tokoh, Peristiwa) APA YANG KUDAPAT? (Penafsiran: Pelajaran, Janji,

Lebih terperinci

SEMUA ORANG BERDOSA. Sebab tidak ada perbedaan. Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah.

SEMUA ORANG BERDOSA. Sebab tidak ada perbedaan. Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah. Lesson 3 for October 21, 2017 SEMUA ORANG BERDOSA Seperti ada tertulis: Tidak ada yang benar, seorang pun tidak. Tidak ada seorang pun yang berakal budi, tidak ada seorang pun yang mencari Allah. Semua

Lebih terperinci

Hukum Taurat Atau Anugerah 2/4 Wednesday, 27 July 2011

Hukum Taurat Atau Anugerah 2/4 Wednesday, 27 July 2011 Hukum Taurat Atau Anugerah 2/4 Wednesday, 27 July 2011 Sambungan Dari Bagian #1 Bab Dua "Kalau demikian apakah maksudnya hukum Taurat? Ia ditambahkan karena pelanggaran-pelanggaran sampai datang keturunan

Lebih terperinci

Siapakah Yesus Kristus? (4/6)

Siapakah Yesus Kristus? (4/6) Siapakah Yesus Kristus? (4/6) Nama Kursus : SIAPAKAH YESUS KRISTUS? Nama Pelajaran : Yesus adalah Juru Selamat dan Tuhan Kode Pelajaran : SYK-P04 Pelajaran 04 - YESUS ADALAH JURU SELAMAT DAN TUHAN DAFTAR

Lebih terperinci

LANGKAH-LANGKAH MENUJU PERTUMBUHAN ROHANI

LANGKAH-LANGKAH MENUJU PERTUMBUHAN ROHANI LANGKAH-LANGKAH MENUJU PERTUMBUHAN ROHANI KUNCI MENUJU PERTUMBUHAN ROHANI BAGI MEREKA YANG MEMBUAT KEPUTUSAN Saudara yang terkasih, pada waktu Saudara menerima Yesus Kristus menjadi Juruselamat pribadi,

Lebih terperinci

Bab Sembilan-Belas (Chapter Nineteen) Realitas dalam Kristus (In-Christ Realities)

Bab Sembilan-Belas (Chapter Nineteen) Realitas dalam Kristus (In-Christ Realities) Bab Sembilan-Belas (Chapter Nineteen) Realitas dalam Kristus (In-Christ Realities) Di seluruh suratan-suratan dalam Perjanjian Baru, kita temukan frase-frase seperti dalam Kristus, bersama Kristus, melalui

Lebih terperinci

INJIL YESUS KRISTUS BAGI DUNIA

INJIL YESUS KRISTUS BAGI DUNIA INJIL YESUS KRISTUS BAGI DUNIA Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-nya tidak binasa, melainkan

Lebih terperinci

Kematian Yahushua: Membatalkan Hukum?

Kematian Yahushua: Membatalkan Hukum? Kematian Yahushua: Membatalkan Hukum? Setan disebut bapa segala dusta. Yahushua sendiri menyatakan bahwa Iblis adalah pembunuh manusia sejak semula, dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia

Lebih terperinci

Lesson 8 for November 25, 2017 SIAPAKAH MANUSIA DALAM ROMA 7?

Lesson 8 for November 25, 2017 SIAPAKAH MANUSIA DALAM ROMA 7? Lesson 8 for November 25, 2017 SIAPAKAH MANUSIA DALAM ROMA 7? Baca Roma 7:1-6 Untuk memahami perbandingan ini dengan lebih baik, kita harus mengingat konteks surat Paulus kepada jemaat Roma. Orang-orang

Lebih terperinci

Pdt. Gerry CJ Takaria

Pdt. Gerry CJ Takaria ANUGERAH ALLAH YANG MENYELAMATKAN Alkitab menyatakan Allah yang menaruh perhatian atas keselamatan manusia. Anggota Keallahan bersatu dalam upaya membawa kembali manusia ke dalam persatuan dengan Pencipta

Lebih terperinci

PEMBERIAN SEBAGAI WUJUD PELAYANAN KASIH 2 Korintus 8:1-15 I Gede Puji Arysantosa

PEMBERIAN SEBAGAI WUJUD PELAYANAN KASIH 2 Korintus 8:1-15 I Gede Puji Arysantosa PEMBERIAN SEBAGAI WUJUD PELAYANAN KASIH 2 Korintus 8:1-15 I Gede Puji Arysantosa Tujuan: Jemaat memahami bahwa pemberian (sumber daya, ide, waktu, dana, dan materi) merupakan salah satu wujud perbuatan

Lebih terperinci

Apa arti dari Kristus adalah kegenapan hukum Taurat (Roma 10: 4)?

Apa arti dari Kristus adalah kegenapan hukum Taurat (Roma 10: 4)? Lesson 11 for December 16, 2017 Apa arti dari Kristus adalah kegenapan hukum Taurat (Roma 10: 4)? Kristus adalah tujuan atau maksud dari hukum Taurat. Kristus adalah pemenuhan hukum Taurat. Kristus adalah

Lebih terperinci

Surat-surat Petrus adalah surat-surat praktis. Ada lima tema utama di dalamnya: Bagaimanakah kita harus hidup?

Surat-surat Petrus adalah surat-surat praktis. Ada lima tema utama di dalamnya: Bagaimanakah kita harus hidup? Lesson 13 for June 24, 2017 Surat-surat Petrus adalah surat-surat praktis. Ada lima tema utama di dalamnya: Bagaimanakah kita harus hidup? Yesus Juruselamat kita yang menderita. Harapan pada Kedatangan

Lebih terperinci

Apakah Allah Mengharapkan Terlalu Banyak?

Apakah Allah Mengharapkan Terlalu Banyak? Apakah Allah Mengharapkan Terlalu Banyak?... Rencana-Nya begitu besar! Sam berumur tujuh belas tahun dan untuk pertama kalinya ia jauh dari rumah. Di kota kelahirannya dia telah menyelesaikan sekolah dasar

Lebih terperinci

Hukum dan iman. Roma 3:31. Iman Abraham. Roma 4:1-5. Iman Daud. Roma 4:6-8.

Hukum dan iman. Roma 3:31. Iman Abraham. Roma 4:1-5. Iman Daud. Roma 4:6-8. Lesson 5 for November 4, 2017 Pada tanggal 31 Oktober 1517, Martin Luther menempelkan 95 tesis pada pintu gereja Wittenberg. Tesis tersebut mempertanyakan keefektifan indulgensi dalam membawa keselamatan.

Lebih terperinci

LANGKAH-LANGKAH MENUJU PERTUMBUHAN ROHANI

LANGKAH-LANGKAH MENUJU PERTUMBUHAN ROHANI LANGKAH-LANGKAH MENUJU PERTUMBUHAN ROHANI LANGKAH-LANGKAH MENUJU PERTUMBUHAN ROHANI KUNCI MENUJU PERTUMBUHAN ROHANI BAGI MEREKA YANG MEMBUAT KEPUTUSAN Saudara yang terkasih, pada waktu Saudara menerima

Lebih terperinci

Apa yang telah Dipakukan di atas Salib? Sebuah Kajian terhadap Kolose 2

Apa yang telah Dipakukan di atas Salib? Sebuah Kajian terhadap Kolose 2 Apa yang telah Dipakukan di atas Salib? Sebuah Kajian terhadap Kolose 2 Diampuni!... Bebas!... Tidak bersalah! Pesan pengharapan yang menginspirasi telah disampaikan rasul Paulus kepada Bangsa-bangsa lain

Lebih terperinci

Level 3 Pelajaran 8. PENGGUNAAN YANG TEPAT DARI HUKUM ALLAH Oleh Don Krow

Level 3 Pelajaran 8. PENGGUNAAN YANG TEPAT DARI HUKUM ALLAH Oleh Don Krow Level 3 Pelajaran 8 PENGGUNAAN YANG TEPAT DARI HUKUM ALLAH Oleh Don Krow Suatu hari Joe dan saya sedang berbicara dengan Bill dan Steve dekat danau. Sebuah pertanyaan muncul, "Bagaimana orang bisa di minta

Lebih terperinci

KEBENARAN SEDERHANA untuk yang BARU PERCAYA. (Pertanyaan dan Jawaban)

KEBENARAN SEDERHANA untuk yang BARU PERCAYA. (Pertanyaan dan Jawaban) KEBENARAN SEDERHANA untuk yang BARU PERCAYA (Pertanyaan dan Jawaban) 1 TUHAN, MANUSIA DAN DOSA * Q. 1 Siapakah yang membuat anda? A. Tuhan yang membuat kita. Kejadian 1:26,27; Kejadian 2:7 Q. 2 Apa lagi

Lebih terperinci

KALENDER DOA DESEMBER 2016

KALENDER DOA DESEMBER 2016 KALENDER DOA DESEMBER 2016 Berdoa Bagi Wanita Agar Mengalami Kehidupan Kekal Hidup ini singkat. Sebaliknya kekekalan merupakan waktu yang sangat panjang. Satu hal yang pasti: 100 orang yang hidup saat

Lebih terperinci

PENGAMPUNAN. Pelajaran kita Yesus berceritera kepada para pendengar-nya tentang seorang raja yang ingin mengadakan perhitungan dengan hamba-hambanya.

PENGAMPUNAN. Pelajaran kita Yesus berceritera kepada para pendengar-nya tentang seorang raja yang ingin mengadakan perhitungan dengan hamba-hambanya. PENGAMPUNAN Pengantar Salahkah menyimpan sakit hati itu? Menolak untuk mengampuni orang yang bersalah kepada kita? Apakah kita harus selalu memberi kesempatan kepada orang-orang yang terus menerus membuat

Lebih terperinci

Gereja Membaptis Orang Percaya

Gereja Membaptis Orang Percaya Gereja Membaptis Orang Percaya Beberapa tahun lalu di daratan Cina ada beberapa orang Kristen yang sedang membicarakan pandangan berbagai gereja tentang baptisan. Salah seorang pemimpin awam mengatakannya

Lebih terperinci

Pelajaran ini akan menolong saudara... Menguraikan sifat dan akibat dosa. Menghargai pekerjaan Kristus untuk menghapus dosa manusia.

Pelajaran ini akan menolong saudara... Menguraikan sifat dan akibat dosa. Menghargai pekerjaan Kristus untuk menghapus dosa manusia. Dosa Bayangkanlah seakan-akan seorang teman telah memberikan sebuah istana indah penuh dengan harta benda kepada saudara. Semua itu milik saudara untuk dinikmati. Permintaan satu-satunya yang diajukan

Lebih terperinci

Lesson 6 for November 11, 2017

Lesson 6 for November 11, 2017 Lesson 6 for November 11, 2017 Dalam Roma pasal 5, Paulus menjelaskan masalah terbesar umat manusia dosa dan solusinya. Bagaimana dosa diperkenalkan ke bumi? Solusi apa yang Allah berikan? Mengapa Dia

Lebih terperinci

Yesus Adalah Juru Selamat Manusia. pertanyaan : Mengapa manusia perlu seorang juru selamat? Apa artinya

Yesus Adalah Juru Selamat Manusia. pertanyaan : Mengapa manusia perlu seorang juru selamat? Apa artinya Pelajaran Kedua Yesus Adalah Juru Selamat Manusia Apabila kita bicara tentang Juru Selamat, mungkin sementara orang mengajukan pertanyaan : Mengapa manusia perlu seorang juru selamat? Apa artinya diselamatkan?

Lebih terperinci

A J A R A N D I N A M I S

A J A R A N D I N A M I S 1. DOSA UNIVERSAL MANUSIA ROMA 1 : 18, 2, 16 2. PENEBUSAN ROMA 5 3. KELAHIRAN BARU YOHANES 3 4. PEMBENARAN OLEH IMAN EFESUS 2 : 1-10 & GALATIA 2 5. KRISTUS GEMBALA YANG BAIK YOHANES 10 : 1-18 6. KRISTUS

Lebih terperinci

Seri Kedewasaan Kristen (6/6)

Seri Kedewasaan Kristen (6/6) Seri Kedewasaan Kristen (6/6) Nama Kursus : ORANG KRISTEN YANG BERTANGGUNG JAWAB (OKB) Nama Pelajaran : Bertanggung Jawab dalam Hal Bersaksi dan Memuridkan Orang Lain Kode Pelajaran : OKB-T06 DAFTAR ISI

Lebih terperinci

Sudah Cukupkah Bila Kita Menjadi Orang Kristen?

Sudah Cukupkah Bila Kita Menjadi Orang Kristen? Sudah Cukupkah Bila Kita Menjadi Orang Kristen?... mungkin saya harus memeriksa tingkah lakuku. Usaha Pak Sutomo sangat berhasil dan bertambah maju. Dia tidak berkeberatan untuk bekerja keras dan sikap

Lebih terperinci

Alkitab menyatakan Allah yang menaruh perhatian atas keselamatan manusia. Anggota Keallahan bersatu dalam upaya membawa kembali manusia ke dalam

Alkitab menyatakan Allah yang menaruh perhatian atas keselamatan manusia. Anggota Keallahan bersatu dalam upaya membawa kembali manusia ke dalam Alkitab menyatakan Allah yang menaruh perhatian atas keselamatan manusia. Anggota Keallahan bersatu dalam upaya membawa kembali manusia ke dalam persatuan dengan Pencipta mereka. Yesus meninggikan kasih

Lebih terperinci

Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #12 oleh Chris McCann

Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #12 oleh Chris McCann Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #12 oleh Chris McCann Selamat malam dan selamat datang di pembahasan Alkitab EBible Fellowship dalam Kitab Wahyu. Malam ini adalah pembahasan #12 tentang Wahyu, pasal

Lebih terperinci

LATAR BELAKANG PERMASALAHAN

LATAR BELAKANG PERMASALAHAN BAB I PENDAHULUAN I. LATAR BELAKANG PERMASALAHAN Sejak manusia pertama (Adam) jatuh ke dalam dosa, seperti dikisahkan pada kitab Kejadian dari Alkitab Perjanjian Lama, maka pintu gerbang dunia terbuka

Lebih terperinci

MEMBERITAKAN INJIL DENGAN UTUH. Pembinaan Calon Pemimpin Kelompok Kecil UPEMKIP

MEMBERITAKAN INJIL DENGAN UTUH. Pembinaan Calon Pemimpin Kelompok Kecil UPEMKIP A. Hakikat Penginjilan 1 MEMBERITAKAN INJIL DENGAN UTUH Pembinaan Calon Pemimpin Kelompok Kecil UPEMKIP - 25062017 Menjadi saksi Kristus tidak hanya meliputi tingkah laku dan pola hidup sehari-hari, tetapi

Lebih terperinci

Eksposisi 1 Ptr. 2:9-10 Ev. Calvin Renata

Eksposisi 1 Ptr. 2:9-10 Ev. Calvin Renata Eksposisi 1 Ptr. 2:9-10 Ev. Calvin Renata Dalam ayat 4-8 Petrus memberikan kepada kita suatu Kristologi yang unik sekali dalam PB yang memberikan gambaran Kristus sebagai batu yang hidup, batu penjuru,

Lebih terperinci

Hukum Taurat Atau Anugerah 1/4 Wednesday, 27 July 2011

Hukum Taurat Atau Anugerah 1/4 Wednesday, 27 July 2011 Hukum Taurat Atau Anugerah 1/4 Wednesday, 27 July 2011 Awal dan akhir dari Hukum Taurat Bab Satu Karena semua orang, yang hidup dari pekerjaan hukum Taurat, berada dibawah kutuk. Sebab ada tertulis: "Terkutuklah

Lebih terperinci

SIAPAKAH? ; BAGAIMANAKAH? DAN MENGAPAKAH? sehubungan dengan. baptisan. telah dibaptis dalam kematian-nya? Dengan demikian kita telah dikuburkan

SIAPAKAH? ; BAGAIMANAKAH? DAN MENGAPAKAH? sehubungan dengan. baptisan. telah dibaptis dalam kematian-nya? Dengan demikian kita telah dikuburkan Dalam pelajaran ini kita teruskan pembahasan tentang baptisan dengan menguraikan : SIAPAKAH? ; BAGAIMANAKAH? DAN MENGAPAKAH? sehubungan dengan baptisan Satu nas yang menggambarkan Siapakah? dan Bagaimanakah?

Lebih terperinci

BUAH-BUAH ROH & KARUNIA ROH KUDUS

BUAH-BUAH ROH & KARUNIA ROH KUDUS MAKALAH 3 BUAH-BUAH ROH & KARUNIA ROH KUDUS Oleh Herlianto herlianto@yabina.org (Depok, Indonesia) ( Ya y a s a n b in a a w a m ) *) Makalah ini disampaikan dalam rangka Seminar Pneumatologi yang diselenggarakan

Lebih terperinci

Surat-surat Paulus DR Wenas Kalangit

Surat-surat Paulus DR Wenas Kalangit Surat-surat Paulus DR Wenas Kalangit 15 Januari 2008 Jakarta 1 Surat-surat Paulus Catatan Umum Hampir separuh PB, yakni 13 kitab, memakai nama Paulus sebagai penulisnya (= Suratsurat Paulus). Selain itu,

Lebih terperinci

Di kitab Kejadian, Tuhan pernah berfirman kepada

Di kitab Kejadian, Tuhan pernah berfirman kepada [KEMURAHAN ALLAH] Kemurahan Allah Di kitab Kejadian, Tuhan pernah berfirman kepada Adam tentang buah pohon yang ada di tengah-tengah Taman Eden: Jangan kamu makan atau raba buah itu, nanti kamu mati. Kemudian,

Lebih terperinci

PENGENALAN AKAN ROH KUDUS

PENGENALAN AKAN ROH KUDUS Sebagai orang yang sudah percaya harus mengetahui kebenaran tentang siapakah Roh Kudus itu maupun pekerjaannya. 1. Jelaskan bagaimanakah caranya supaya kita dapat menerima Roh Kudus? - Efesus 1 : 13-14

Lebih terperinci

Bagaimana kasih karunia menjadi BERLIMPAH-LIMPAH ketika dosa bertambah banyak? Kasih karunia cukup untuk mengampuni setiap dosa.

Bagaimana kasih karunia menjadi BERLIMPAH-LIMPAH ketika dosa bertambah banyak? Kasih karunia cukup untuk mengampuni setiap dosa. Lesson 7 for November 18, 2017 Tetapi hukum Taurat ditambahkan, supaya pelanggaran menjadi semakin banyak; dan di mana dosa bertambah banyak, di sana kasih karunia menjadi berlimpah-limpah, (Roma 5:20)

Lebih terperinci

Pelayanan Mengajar Bersifat Khusus

Pelayanan Mengajar Bersifat Khusus Pelayanan Mengajar Bersifat Khusus Dalam pelajaran dua kita melihat pentingnya mengajar, baik dalam Perjanjian Lama maupun dalam Perjanjian Baru. Sejarah pengajaran dalam Alkitab merupakan pedoman bagi

Lebih terperinci

Hukum dan janji. Galatia 3:21. Tetap dibawah hukum Taurat. Galatia 3: Hukum sebagai pembimbing kita. Galatia 3:24.

Hukum dan janji. Galatia 3:21. Tetap dibawah hukum Taurat. Galatia 3: Hukum sebagai pembimbing kita. Galatia 3:24. Lesson 7 for August 12, 2017 Bagaimana hukum dan iman berkaitan? Apa peran kedua hal ini dalam rencana keselamatan? Apa yang dimaksud dengan berada dibawah hukum? Apakah hukum itu tidak berlaku lagi setelah

Lebih terperinci

Seri Iman Kristen (6/10)

Seri Iman Kristen (6/10) Seri Iman Kristen (6/10) Nama Kursus : DASAR-DASAR IMAN KRISTEN Nama Pelajaran : Manusia Kedua dari Tuhan Kode Pelajaran : DIK-P06 Pelajaran 06 - MANUSIA KEDUA DARI TUHAN DAFTAR ISI Teks Alkitab Ayat Kunci

Lebih terperinci

Rahasia Keselamatan. Menjadi benar yaitu menjadi sesuai dengan Hukum Ilahi:

Rahasia Keselamatan. Menjadi benar yaitu menjadi sesuai dengan Hukum Ilahi: Rahasia Keselamatan Terkadang Firman dan ungkapan-ungkapan yang didengar atau dibaca dalam khotbah-khotbah tidak dipahami dengan jelas. Kebenaran oleh iman adalah salah satu ungkapan yang sering digunakan

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Permasalahan

BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Permasalahan BAB I PENDAHULUAN 1. 1 Latar Belakang Permasalahan Di dalam dogma Kristen dinyatakan bahwa hanya karena anugerah Allah di dalam Yesus Kristus, manusia dapat dibenarkan ataupun dibebaskan dari kuasa dan

Lebih terperinci

Level 2 Pelajaran 11

Level 2 Pelajaran 11 Level 2 Pelajaran 11 PERNIKAHAN (Bagian 2) Oleh Don Krow Hari ini kita akan kembali membahas mengenai pernikahan, dan satu pertanyaan yang muncul adalah, Apakah itu pernikahan? Apakah anda pernah memikirkan

Lebih terperinci

Level 3 Pelajaran 6. RAJA DAN KERAJAAN-NYA Oleh Don Krow

Level 3 Pelajaran 6. RAJA DAN KERAJAAN-NYA Oleh Don Krow Level 3 Pelajaran 6 RAJA DAN KERAJAAN-NYA Oleh Don Krow Di Perjanjian Lama, apa yang membedakan bangsa Israel dari bangsa-bangsa lain adalah mereka merupakan sebuah teokrasi. Dengan kata lain, mereka diperintah

Lebih terperinci

MENGHAKIMI ATAU TIDAK MENGHAKIMI?

MENGHAKIMI ATAU TIDAK MENGHAKIMI? MENGHAKIMI ATAU TIDAK MENGHAKIMI? Dr. Steven E. Liauw Salah satu hal yang sering saya dengar dari orang-orang Kristen, ketika saya sedang berdiskusi Alkitab dengan mereka, terutama ketika saya menunjukkan

Lebih terperinci

a. Pengajaran Perjanjian Baru mengenai otoritas Tuhan dalam Perjanjian Lama secara kesuluruhan

a. Pengajaran Perjanjian Baru mengenai otoritas Tuhan dalam Perjanjian Lama secara kesuluruhan Pewahyuan Dan Otoritas Perjanjian Lama Yesus dan rasul-rasul dalam berkhotbah sering mengambil ayat-ayat di dalam Perjanjian Lama, tetapi kadang-kadang kita sering mengabaikan tentang pengajaran Yesus

Lebih terperinci

KRISTUS TURUN DALAM KERAJAAN MAUT

KRISTUS TURUN DALAM KERAJAAN MAUT KRISTUS TURUN DALAM KERAJAAN MAUT Oleh: Ev. Wiwi Suwanto (1997) Penulis adalah Alumnus Sekolah Tinggi Teologi Reformed Injili Indonesia Ungkapan "Kristus turun dalam kerajaan maut" tidak terdapat di dalam

Lebih terperinci

Mengampuni dan Menerima Diri Sendiri 1

Mengampuni dan Menerima Diri Sendiri 1 Modul 9: Mengampuni dan Menerima Diri Sendiri Mengampuni dan Menerima Diri Sendiri 1 Diterjemahkan dari Out of Darkness into Light Wholeness Prayer Basic Modules 2014, 2007, 2005, 2004 Freedom for the

Lebih terperinci

Seperti Musa, Paulus rela kehilangan keselamatannya sendiri untuk menyelamatkan bangsa Israel.

Seperti Musa, Paulus rela kehilangan keselamatannya sendiri untuk menyelamatkan bangsa Israel. Lesson 10 for December 9, 2017 Aku mengatakan kebenaran dalam Kristus, aku tidak berdusta. Suara hatiku turut bersaksi dalam Roh Kudus, bahwa aku sangat berdukacita dan selalu bersedih hati. (Roma 9:1-2)

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang Masalah

BAB I PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang Masalah BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Perbedaan pandangan mengenai masalah iman dan perbuatan dalam hubungannya dengan keselamatan memang sudah ada sejak dulu kala 1. Pada satu pihak, ada orang

Lebih terperinci

Cerita besar hidup manusia

Cerita besar hidup manusia Cerita besar hidup manusia Jeffrey Lim Hidupku dari mana dan siapakah aku? Pernahkah Anda berpikir dari mana hidup dan asal usul Anda, dan ke mana hidup ini menuju? Apakah Anda dengan sendirinya tiba-tiba

Lebih terperinci

Penelaahan Tiap Kitab Secara Tersendiri

Penelaahan Tiap Kitab Secara Tersendiri Penelaahan Tiap Kitab Secara Tersendiri Mungkin kelihatannya lebih mudah untuk mengandalkan beberapa ayat Alkitab yang kita gemari untuk membimbing dan menguatkan kita secara rohani. Akan tetapi, kita

Lebih terperinci

BAB 27 Berdiam Diri dalam Pertemuan- Pertemuan Jemaat

BAB 27 Berdiam Diri dalam Pertemuan- Pertemuan Jemaat Dikutip dari buku: UCAPAN PAULUS YANG SULIT Oleh : Manfred T. Brauch Penerbit : Seminari Alkitab Asia Tenggara - Malang - 1997 Halaman 161-168 BAB 27 Berdiam Diri dalam Pertemuan- Pertemuan Jemaat Sama

Lebih terperinci

Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #19 oleh Chris McCann

Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #19 oleh Chris McCann Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #19 oleh Chris McCann Selamat malam dan selamat datang di pembahasan Alkitab EBible Fellowship dalam Kitab Wahyu. Malam ini adalah pembahasan #19 tentang Wahyu, pasal

Lebih terperinci

I M A N Bagian ke-1. Bahkan, ketika Yesus menderita kesakitan di atas kayu salib, para pencemooh-nya masih terus menuntut tanda.

I M A N Bagian ke-1. Bahkan, ketika Yesus menderita kesakitan di atas kayu salib, para pencemooh-nya masih terus menuntut tanda. I M A N Bagian ke-1 Pengantar Tuhan telah memilih untuk menjadikan iman sebagai salah satu batu pondasi hubungan kita dengan Dia. Tetapi seberapa banyak kita benar-benar mengerti tentang iman? Dari manakah

Lebih terperinci

Pertanyaan Alkitabiah Pertanyaan Bagaimanakah Orang Yang Percaya Akan Kristus Bisa Bersatu?

Pertanyaan Alkitabiah Pertanyaan Bagaimanakah Orang Yang Percaya Akan Kristus Bisa Bersatu? Pertanyaan Alkitabiah Pertanyaan 21-23 Bagaimanakah Orang Yang Percaya Akan Kristus Bisa Bersatu? Orang-orang yang percaya kepada Kristus terpecah-belah menjadi ratusan gereja. Merek agama Kristen sama

Lebih terperinci

Andaikata Jum at Agung tidak ada, atau andaikata Kristus tidak mati di salib untuk menebus dosa kita, apa yang terjadi?

Andaikata Jum at Agung tidak ada, atau andaikata Kristus tidak mati di salib untuk menebus dosa kita, apa yang terjadi? KEBAKTIAN PASKAH G. K. R. I. GOLGOTA (Jl. Dinoyo 19b, lantai 3) Minggu, tgl 12 April 2009, pk 17.00 Oleh: Pdt. Budi Asali, M.Div. Andaikata Jum at Agung tidak ada, atau andaikata Kristus tidak mati di

Lebih terperinci

Pertentangan Akhir antara Kristus dan Setan adalah latar belakang di seluruh Alkitab. Hal ini terutama muncul dalam kitab Ayub. Pertentangan Akhir.

Pertentangan Akhir antara Kristus dan Setan adalah latar belakang di seluruh Alkitab. Hal ini terutama muncul dalam kitab Ayub. Pertentangan Akhir. Lesson 2 for October 8, 2016 Pertentangan Akhir antara Kristus dan Setan adalah latar belakang di seluruh Alkitab. Hal ini terutama muncul dalam kitab Ayub. Pertentangan Akhir. Pertentangan dimulai. Pertentangan

Lebih terperinci

Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #32 oleh Chris McCann

Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #32 oleh Chris McCann Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #32 oleh Chris McCann Selamat malam dan selamat datang di pembahasan Alkitab EBible Fellowship dalam Kitab Wahyu. Malam ini adalah pembahasan #32 tentang Wahyu, pasal

Lebih terperinci

Hari Raya Korban? (Idul Adha)

Hari Raya Korban? (Idul Adha) Hari Raya Korban? (Idul Adha) Ini merupakan cerita yang terkenal pada saat Allah bertanya pada Abraham untuk mengorbankan anaknya. Juga merupakan cerita seorang anak muda yang dihukum mati oleh Tuhan.

Lebih terperinci

Surat-surat Am DR Wenas Kalangit

Surat-surat Am DR Wenas Kalangit Surat-surat Am DR Wenas Kalangit 22 Januari 2008 Jakarta 1 Surat-surat Ibrani dan Am Catatan Umum Delapan surat terakhir dalam PB disebut juga dengan nama: Surat-surat Am atau Umum. Disebut demikian karena

Lebih terperinci

Musa menulis kitab Ayub dan kitab Kejadian ketika ia tinggal di Midian. Dengan demikian kitab Ayub adalah salah satu buku paling awal dalam Alkitab. B

Musa menulis kitab Ayub dan kitab Kejadian ketika ia tinggal di Midian. Dengan demikian kitab Ayub adalah salah satu buku paling awal dalam Alkitab. B Lesson 4 for October 22, 2016 Musa menulis kitab Ayub dan kitab Kejadian ketika ia tinggal di Midian. Dengan demikian kitab Ayub adalah salah satu buku paling awal dalam Alkitab. Berbeda dengan buku-buku

Lebih terperinci

The Nature of Sin : The essential character of sin and various type of sin. Rudi Zalukhu, M.Th

The Nature of Sin : The essential character of sin and various type of sin. Rudi Zalukhu, M.Th The Nature of Sin : The essential character of sin and various type of sin Rudi Zalukhu, M.Th BGA : Mark. 3:20-30 Ke: 1 2 3 APA YANG KUBACA? (Observasi: Tokoh, Peristiwa) APA YANG KUDAPAT? (Penafsiran:

Lebih terperinci

Effects of Sin Rudi Zalukhu, M.Th

Effects of Sin Rudi Zalukhu, M.Th Effects of Sin Rudi Zalukhu, M.Th BGA : Ibrani 10:26-31 Ke: 1 2 3 APA YANG KUBACA? (Observasi: Tokoh, Peristiwa) APA YANG KUDAPAT? (Penafsiran: Pelajaran, Janji, Teladan, Perintah, Nasehat, Larangan) APA

Lebih terperinci