MAIL SERVER Oleh: Adam Kurniawan Margolang, S.Kom

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "MAIL SERVER Oleh: Adam Kurniawan Margolang, S.Kom"

Transkripsi

1 MAIL SERVER Oleh: Adam Kurniawan Margolang, S.Kom PENDAHULUAN Mail server adalah layanan yang digunakan agar satu pengguna bisa saling bertukar ke pengguna lainnya. Beberapa contoh perusahaan besar yang menggunakan mail server ini adalah Gmail. Jadi, Gmail yang dimiliki oleh Google menjalankan sebuah mail server untuk memfasilitasi seluruh penggunanya agar bisa saling bertukar tidak hanya ke sesama pengguna Gmail, namun juga ke pengguna yang tidak menggunakan Gmail. Adapun komponen yang dibutuhkan dalam membangun sebuah mail server adalah sebagai berikut: Layanan / Aplikasi MTA Mailbox Fungsi MTA (Mail Transfer Agent) adalah layanan yang bertugas untuk mengirim dan menerima . Adalah sebuah tempat dimana selruh disimpan. Setiap pengguna memiliki mailbox sendiri di dalam mail server. Keterangan Merupakan komponen utama pembangun mail server. Webmail Adalah sebuah layanan dimana kita sebagai pengguna dapat mengakses mailbox menggunakan web browser (Mozilla, Google Chrome, dll). Merupakan komponen tambahan pembangun mail server.

2 CARA KERJA MAIL SERVER Secara sederhana cara kerja dari mail server dapat dijelaskan sebagai berikut: 1. Pengguna A mengirimkan ke pengguna B. 2. Pengiriman yang dilakukan oleh pengguna A ke Pengguna harus melalui mail server. 3. Proses pengiriman dari pengguna A ke mail server adalah tugas dari MTA. 4. Mail server akan menerima tersebut dan melihat kemana tersebut ditujukan. 5. Setelah diketahui tujuan tersebut, maka tersebut akan disimpan ke dalam mailbox milik pengguna B yang ada di mail server. 6. Untuk melihat yang dikirim oleh pengguna A, maka pengguna B harus membukanya dengan bantuan dari webmail. 7. Webmail akan bekerja sama dengan MTA untuk mengakses mailbox milik pengguna B. 8. Maka pengguna B pun bisa membuka dari pengguna A. Dalam implementasi di lapangan, agar mail server bisa berjalan dan bisa mengirimkan atau menerima dari mail server yang lain, misalnya Gmail, Yahoo, dan lain-lain. Maka kamu harus memiliki sebuah IP Publik dan domain sendiri yang sudah dikonfigurasi sedemikian rupa. Pada praktek ini, kita hanya akan mencoba mengirim dan menerima dalam satu jaringan lokal saja. INSTALASI DAN KONFIGURASI Untuk menjalankan mail server ada beberapa aplikasi yang harus diinstal di Ubuntu Server. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 1. Login sebagai root 2. Instal aplikasi yang dibutuhkan. Ketikkan: apt install postfix courier-imap squirrelmail

3 Penjelasan: Nama Aplikasi Postfix Courierimap squirrelmail Fungsi Digunakan sebagai SMPT Server (Simple Mail Transfer Protocol) atau yang digunakan untuk mengirimkan keluar. Digunakan untuk menerima dari klien ke server. Digunakan untuk mengaktifkan web mail agar bisa diakses lewat web browser. 3. Lalu tekan: Y dilanjutkan dengan menekan Enter. Maka proses installasi akan berjalan 4. Ditengah-tengah proses instalasi akan ada beberapa konfigurasi yang harus dilakukan. Yang pertama muncul adalah konfigurasi courrier-base. Maksudnya adalah courrier menyediakan fitur dimana di masa depan konfigurasi bisa dilakukan via website, walaupun nantinya kita tidak akan menggunakannya, namun untuk berjaga-jaga jika suatu saat nanti akan dibutuhkan, maka pilih saja <Ya>. 5. Kemudian akan muncul tampilan konfigurasi untuk Postfix yang merupakan konfigurasi untuk mengirim , pilih Ok.

4 6. Pada bagian selanjutnya pilih Situs Internet. Ini artinya mail server kita bisa juga digunakan untuk mengirimkan pada jaringan internet, walaupun pada praktek ini kita tidak menggunakan jaringan internet. 7. Pada bagian selanjutnya, kita diminta untuk memasukkan System mail name. Masukkan domain yang kamu inginkan untuk kamu. Nama ini yang nantinya akan digunakan pada bagian Pada contoh ini kita masukkan saja yaspenda.mail, sehingga akun yang akan kita bangun nanti misalnya

5 8. Setelah instalasi selesai, kita perlu melakukan beberapa konfigurasi. Konfigurasi yang pertama kita lakukan adalah membuat direktori yang nantinya akan berisi - para user. Untuk melakukannya ketikkan: maildirmake /etc/skel/maildir. Lalu tekan Enter Maksud dan tujuan membuat folder Maildir di dalam direktori /etc/skel/ adalah karena direktori /etc/skel adalah direktori yang secara secara default pada saat kita membuat sebuah user, maka direktori yang ada di dalam skel (termasuk direktori Maildir) akan dicopy ke dalam folder home masing-masing pengguna yang dibuat. Sehingga, seluruh masing-masing pengguna akan masuk ke dalam folder /home/nama_pengguna/maildir, jadi penempatan akan lebih rapi. 9. Selanjutnya adalah melakukan konfigurasi file /etc/postfix/main.cf. Untuk melakukannya ketikkan perintah: nano /etc/postfix/main.cf 10. Langsung pergi ke baris paling bawah dan ketikkan: home_mailbox=maildir/ Hal ini ditujukan untuk memberitahu ke postfix bahwa kita akan meletakkan pengguna di folder tersebut.

6 11. Simpan pengaturan tersebut dengan menekan: Ctrl + O Tekan Enter Tekan Ctrl + X 12. Selanjutnya adalah melakukan konfigurasi ulang paket postfix karena ada beberapa konfigurasi yang perlu kita lakukan ulang. Ketikkan perintah: dpkg-reconfigure postfix 13. Akan muncul tampilan yang sama seperti sebelumnya, tekan Ok. 14. Piih Situs Internet. 15. Pastikan domainnya sesuai yang diinginkan. 16. Pada bagian Root and postmaster mail recipient diskosongkan saja karena kita tidak memerlukan root dan postmaster mail. 17. Pada bagian selanjutnya dibiarkan saja default. Pilih saja Ok. 18. Pada langkah selanjutnya sistem bertanya Paksa singkronisasi pembaruan pada antrean surel kita pilih Batal. karena jika dipilih Ya, maka tidak akan bisa masuk ke dalam server. Maka jika ada pengguna yang mengirimkan tidak akan berhasil. 19. Pada bagian selanjutnya, pastikan bahwa tidak ada opsi /0. Karena jika /0 ada, maka siapapun akan bisa menggunakan server kita sehingga akan rawan untuk disalahgunakan orang yang tidak bertanggung jawab. Lalu pilih Ok.

7 20. Bagian selanjutnya yaitu Batasan ukuran mailbox (bytes) dibiarkans saja 0, karena kita tidak ingin membatasi ukuran dari mailbox pengguna. Lalu klik Ok. 21. Pada bagian selanjutnya yaitu Karakter ekstensi alamat lokal biarkan saja secara default. Langsung pilih Ok. 22. Langkah berikutnya memilih Internet protocol to use, pilih ipv4, karena kita tidak menggunakan ipv6.

8 23. Jika rekonfigurasi ulang postfix sudah selesai, maka langkah selanjutnya adalah melakukan editing file /nano/etc/apache2/apache2.conf. dengan mengetikkan: nano /etc/apache2/apache2.conf Lalu tekan Enter. 24. Turun ke baris paling bawah, lalu tambahkan perintah ini: Include /etc/squirrelmail/apache.conf Guannya adalah agar squirrelmail atau webmail kita bisa ditampilan oleh webserver yang sudah kita buat, sehingga mail server kita bisa diakses lewat web browser. Jika sudah simpan dengan menekan: Ctrl + O Tekan Enter Tekan Ctrl + X 25. Agar squirrelmail mau ditampilkan di web server, maka kita juga harus melakukan konfigurasi squirrelmail nya. Untuk itu,yang harus dilakukan adalah mengetikkan perintah: squirrelmail-configure Lalu tekan Enter

9 26. Pada pilihan yang muncul antara 1-10, pilih nomor 2 dengan cara tekan angka 2 lalu tekan Enter. 27. Kita akan diarahkan ke halaman Server Settings. Disini tidak ada yang perlu dilakukan, biarkan saja semuanya default. Langsung simpan dengan menekan: Tombol S lalu tekan Enter. Lalu ketikkan Q dan tekan Enter. 28. Langkah selanjutnya adalah menjalankan service otentikasi dari mail servernya. Untuk melakukannya bisa dengan cara mengetikkan: systemctl start courier-authdaemon lalu tekan Enter. Fungsinya adalah agar setiap user yang login pada mail server yang kita bangun akan diotentikasi oleh service ini.

10 29. Selanjutnya pastikan bahwa service otentikasi selalu berjalan dengan otomatis saat sistem dinyalakan. Untuk melakukannya bisa dengan cara mengetikkan perintah: systemctl enable courier-authdaemon lalu tekan Enter. 30. Langkah selanjutnya kita lakukan restart seluruh service baik postfix, apache, courierimap, dan courier-authdaemon. Hal ini bisa dilakukan dengan mengetikkan: service postfix restart Lalu tekan Enter. service apache2 restart Lalu tekan Enter. service courier-imap restart Lalu tekan Enter. service courier-authdaemon restart Lalu tekan Enter. 31. Selesai. Dengan demikian, konfigurasi mail server sudah selesai. Selanjutnya adalah melakukan percobaan. MENAMBAH USER Sebelum melakukan percobaan kita harus membuat 2 buah user. 1. Buat user pertama misal dengan username pengguna1 dengan password 123. Maka yang harus diketikkan adalah: adduser pengguna1 Enter new unix password : 123 Retype new unix password : 123 Full Name [] : Room Number : Work Phone : Home Phone : Other :

11 Is the information is correct? [Y/n] Y 2. Lalu ulangi langkah di atas untuk menambahkan 1 user lagi dengan username pengguna2 dengan password 123. COBA MENGIRIM Untuk melakukan percobaan mengirim kamu bisa lakukan langkah berikut ini: 1. Buka browser kamu lalu ketikkan ip_server/squirrelmail, maka akan tampil halaman login pengguna. Pada contoh ini IP Server adalah maka ketikkan di browser /squirrelmail. 2. Kita akan coba mengirim dari pengguna1 ke pengguna Masukkan username dan password pengguna1.

12 4. Untuk membuat baru klik Compose 5. lalu masukkan tujuan , yaitu masukkan judul, dan isi , lalu klik Send. 6. Pastikan bahwa sudah masuk ke bagian Sent. 7. Lalu klik Sign Out.

13 8. Sekarang login mengguna akun pengguna2, lalu lihat apakah dari pengguna1 sudah masuk atau belum. 9. Kemudian coba masuk mengguna akun pengguna2, maka kamu akan mendapatkan masuk yang baru dikirim oleh pengguna Selesai.

ADMINISTRASI SERVER KELAS 11

ADMINISTRASI SERVER KELAS 11 Kegiatan Belajar 13 [Mengkonfigurasi Mail Server] ADMINISTRASI SERVER KELAS 11 Oleh Alimansyah Aprianto Tek. Komputer dan Jaringan Kegiatan Belajar 13 2 Kegiatan Belajar 7 3 Kegiatan Belajar 7 4 3 Kegiatan

Lebih terperinci

FTP SERVER MAIL SERVER WEBMAIL

FTP SERVER MAIL SERVER WEBMAIL ADMINISTRASI SERVER FTP SERVER MAIL SERVER WEBMAIL FTP Server File Transfer Protocol (FTP) adalah protocol yang digunakan untuk transfer file atau data melalui media jaringan. FTP termasuk dalam protocol

Lebih terperinci

Worksheet. Instalasi Mail Server pada Debian 7 I SMK NEGERI 1 TAPIN SELATAN

Worksheet. Instalasi Mail Server pada Debian 7 I SMK NEGERI 1 TAPIN SELATAN I Worksheet Instalasi Mail Server pada Debian 7 2014 JL. S R A G E N S A W A N G K E C. T A P I N S E L A T A N, K A B. T A P I N K A L I M A N T A N S E L A T A N, 71181 TUJUAN 1. Siswa mampu menambahkan

Lebih terperinci

Modul 8 INSTALL DAN KONFIGURASI MAIL DAN WEBMAIL SERVER

Modul 8 INSTALL DAN KONFIGURASI MAIL DAN WEBMAIL SERVER Modul 8 INSTALL DAN KONFIGURASI MAIL DAN WEBMAIL SERVER 1. Instalasi paket postfix, squirrelmail, imap (untuk SMTP), dan pop (untuk POP3) sekaligus. Jika ada pertanyaan, tekan y 2. Selanjutnya tekan ENTER

Lebih terperinci

SMK PASUNDAN 2 BANDUNG

SMK PASUNDAN 2 BANDUNG SMK PASUNDAN 2 BANDUNG TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN Modul 5 MAIL SERVER & WEB MAIL DI Linux Debian Oleh Syaiful Watoni, ST. 1 Sebelum membangun Mail Server dan Web Mail, pastikan Anda sudah membuat/membangun

Lebih terperinci

Terdapat dua protokol utama yang sering digunakan dalam layanan E- Mail :

Terdapat dua protokol utama yang sering digunakan dalam layanan E- Mail : 1. Pengertian Mail server Adalah Perangkat lunak program yang mendistribusikan file atau informasi sebagai respons atas permintaan yang dikirim via email, juga digunakan pada bitnet untuk menyediakan layanan

Lebih terperinci

Membuat Mail Server pada Ubuntu Server

Membuat Mail Server pada Ubuntu Server Membuat Mail Server pada Ubuntu 12.04 Server Mail server Adalah Perangkat lunak program yang mendistribusikan file atau informasi sebagai respons atas permintaan yang dikirim via email, juga digunakan

Lebih terperinci

Konfigurasi DNS, MAIL dan WEBMAIL SERVER pada Debian 5.3 Jobsheet and Tutorial Oleh Ahmad Sanusi, S.Sos.I

Konfigurasi DNS, MAIL dan WEBMAIL SERVER pada Debian 5.3 Jobsheet and Tutorial Oleh Ahmad Sanusi, S.Sos.I Konfigurasi DNS, MAIL dan WEBMAIL SERVER pada Debian 5.3 Jobsheet and Tutorial Oleh Ahmad Sanusi, S.Sos.I ahsanhajie@gmail.com Untuk lebih mudah dan singkat berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan

Lebih terperinci

Modul 8 INSTALL DAN KONFIGURASI MAIL SERVER

Modul 8 INSTALL DAN KONFIGURASI MAIL SERVER Modul 8 INSTALL DAN KONFIGURASI MAIL SERVER 1. Instalasi paket postfix, squirrelmail, imap (untuk SMTP), dan pop (untuk POP3) sekaligus. Jika ada pertanyaan, tekan y 2. Selanjutnya tekan ENTER 3. Pilih

Lebih terperinci

Konfigurasi Mail Server Menggunakan Postfix dan Squirrelmail

Konfigurasi Mail Server Menggunakan Postfix dan Squirrelmail Konfigurasi Mail Server Menggunakan Postfix dan Squirrelmail Postfix adalah mail transfer agent bebas dan terbuka. Postfix merupakan mail transfer agent default untuk sejumlah sistem operasi bertipe Unix.

Lebih terperinci

MODUL PRAKTIKUM TEKNOLOGI OPEN SOURCE II

MODUL PRAKTIKUM TEKNOLOGI OPEN SOURCE II MODUL PRAKTIKUM TEKNOLOGI OPEN SOURCE II MAIL SERVER STMIK AMIK RIAU TAHUN AJARAN 2014/2015 PENGERTIAN Mail server atau yang sering disebut juga E-mail server digunakan untuk mengirim surat melalui internet.

Lebih terperinci

Kemudian akan muncul menu PopUp, dan sesuaikan dengan konfigurasi di bawah ini;

Kemudian akan muncul menu PopUp, dan sesuaikan dengan konfigurasi di bawah ini; KONFIGURASI WEB MAIL DEBIAN 5 MAIL Server Mail Server atau yang sering disebut juga E-Mail server, digunakan untuk mengirim surat melalui Internet. Dengan begitu, dapat mempermudah dalam penggunanya, karena

Lebih terperinci

Administrasi Server Dasar Bagian 2. Modul. Andri Priyanto 15 Juni 2016 Pelatihan Server Labnet CS UPI

Administrasi Server Dasar Bagian 2. Modul. Andri Priyanto 15 Juni 2016 Pelatihan Server Labnet CS UPI Administrasi Server Dasar Bagian 2 Modul Andri Priyanto 15 Juni 2016 Pelatihan Server Labnet CS UPI Administrasi Server Dasar Bagian 2 Andri Priyanto (andri.priyanto@windowslive.com) Versi 1.0 Mei 2016

Lebih terperinci

Webmail Server 1. Virtual Alias = mail.sekolah.sch.id 2. Metode = courier imap dan courier pop. switch

Webmail Server 1. Virtual Alias = mail.sekolah.sch.id 2. Metode = courier imap dan courier pop. switch TUTORIAL MEMBUAT DNS SERVER DAN WEB MAIL SERVER DENGAN DEBIAN 4 Oleh : Victor Tengker victortengker@gmail.com Disampaikan dalam Pembekalan Teknis UKK TKJ 2011 SMK Kristen 2 Tomohon Ilustrasi Soal : 1.

Lebih terperinci

LAPORAN RESMI PRAKTIKUM ADMIN DAN MANAJEMEN JARINGAN Mail Server

LAPORAN RESMI PRAKTIKUM ADMIN DAN MANAJEMEN JARINGAN Mail Server LAPORAN RESMI PRAKTIKUM ADMIN DAN MANAJEMEN JARINGAN Mail Server Mata Kuliah : Admin dan Manajemen Jaringan Dosen Pengampu : Ferry Astika Saputra, S.T, M.Sc. Departemen : Departemen Teknik Informatika

Lebih terperinci

MEMBANGUN DNS, MAIL DAN WEBMAIL SERVER. Pengetikan password tidak ditunjukkan demi keaamanan. Maka ketik saja password sampai selesai kemudian ENTER

MEMBANGUN DNS, MAIL DAN WEBMAIL SERVER. Pengetikan password tidak ditunjukkan demi keaamanan. Maka ketik saja password sampai selesai kemudian ENTER 1 Membangun DNS Server, Mail Server dan Webmail Server MEMBANGUN DNS, MAIL DAN WEBMAIL SERVER LANGKAH-LANGKAH : # -- > MEMBANGUN DNS SERVER DNS Server merupakan computer atau program yang berfungsi melayani

Lebih terperinci

KONFIGURASI MAIL SERVER PADA DEBIAN 5

KONFIGURASI MAIL SERVER PADA DEBIAN 5 KONFIGURASI MAIL SERVER PADA DEBIAN 5 13.1 Tujuan Instruksi Khusus Setelah menyelesaikan praktek ini mahasiswa dapat : a. Mengetahui paket Mail Server pada system operasi linux debian 5 b. Menginstal paket

Lebih terperinci

3. Proses pertama adalah memilih bahasa. Pilih bahasa yang menurut anda mudah untuk melanjutkan instalasi. Sebaiknya pilih bahasa inggris.

3. Proses pertama adalah memilih bahasa. Pilih bahasa yang menurut anda mudah untuk melanjutkan instalasi. Sebaiknya pilih bahasa inggris. Instalasi Debian 5 1. Boot komputer, laptop atau notebook pada BIOS harus diatur DVD-ROM yang booting pertama. Setelah itu masukkan DVD Debian 5.0 ke dalam DVD ROOM, lalu Simpan pengaturan pada BIOS. Tetapi

Lebih terperinci

ADMINISTRASI JARINGAN DEBIAN SERVER

ADMINISTRASI JARINGAN DEBIAN SERVER ADMINISTRASI JARINGAN DEBIAN SERVER Login sebagai Administrator : root Cek setting ipaddress : ifconfig Setting ipaddress : /sbin/ifconfig eth0 192.168.1.3 netmask 255.255.255.0 Restart Networking : /etc/init.d/networking

Lebih terperinci

KONFIGURASI DEBIAN SERVER

KONFIGURASI DEBIAN SERVER KONFIGURASI DEBIAN SERVER TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN Syah Acbar & Ibnu T. Dessetiadi From Information Communication dan Technology Center SMK NEGERI 2 MANOKWARI Computer and Network Enginering SMK Negeri

Lebih terperinci

LAPORAN DEBIAN 7 ( DNS SERVER, WEB SERVER, MAIL SERVER, DHCP )

LAPORAN DEBIAN 7 ( DNS SERVER, WEB SERVER, MAIL SERVER, DHCP ) LAPORAN DEBIAN 7 ( DNS SERVER, WEB SERVER, MAIL SERVER, DHCP ) Proses instalasi sampai konfigurasi server pada modul ini menggunakan DVD. Pendaftaran CD/DVD dilakukan satu-satu dengan cara memasukkan CD/DVD

Lebih terperinci

TUGAS PENDAHULUAN 1. Jelaskan cara kerja dari Mail Server 2. Sebutkan beberapa software yang dipakai untuk mengamankan dari spam dan virus

TUGAS PENDAHULUAN 1. Jelaskan cara kerja dari Mail Server 2. Sebutkan beberapa software yang dipakai untuk mengamankan  dari spam dan virus MODUL 9 EMAIL SECURITY (INSTALL EMAIL DAN ANTI SPAM) TUJUAN PEMBELAJARAN: 1. Mengenalkan pada mahasiswa tentang Email Secrity di linux 2. Mahasiswa mampu melakukan installasi dan konfigurasi anti email

Lebih terperinci

KONFIGURASI PROXY & MAIL SERVER DENGAN DEBIAN 5 BERBASIS VMWARE

KONFIGURASI PROXY & MAIL SERVER DENGAN DEBIAN 5 BERBASIS VMWARE KONFIGURASI PROXY & MAIL SERVER DENGAN DEBIAN 5 BERBASIS VMWARE Oleh : Riski Rinando 3IA11 Dosen Pembimbing : Dra. Susi Indrati, MM. Pengertian Linux Debian Linux adalah sistem operasi komputer bertipe

Lebih terperinci

DNS SERVER & WEB MAIL ( ROUNDCUBE )

DNS SERVER & WEB MAIL ( ROUNDCUBE ) DNS SERVER & WEB MAIL ( ROUNDCUBE ) TEKNIK KOMPUTER & JARINGAN ( TKJ 1 ) SMK NE GE RI 3 BUDURAN AGUS SETYAWAN A. Pesiapan 1. Download 5 iso Debian 8 Jessie ( satu sebagai iso utama + dua sebagai iso tambahan

Lebih terperinci

SMK NEGERI 3 PALU SERVER WITH DEBIAN. Konfigurasi : Urutan Konfigurasi :

SMK NEGERI 3 PALU SERVER WITH DEBIAN. Konfigurasi : Urutan Konfigurasi : SERVER WITH DEBIAN Urutan Konfigurasi : 1. Instalasi Debian 5.0 2. Menginstall SSH (bisa di install atau tidak) 3. Install bind9 4. FTP Server 5. Web Server 6. Instalasi Joomla! 7. Mail Server 8. Web Mail

Lebih terperinci

Membangun Mail Server pada Linux Redhat 9

Membangun Mail Server pada Linux Redhat 9 Membangun Mail Server pada Linux Redhat 9 Setelah sebelumnya saya sempat menulis cara tentang Membangun WEB Server pada Linux Redhat 9, kali ini saya akan menyambungnya dengan Membangun Mail Server pada

Lebih terperinci

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SMK MA ARIF PURBOLINGGO LAMPUNG TIMUR

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SMK MA ARIF PURBOLINGGO LAMPUNG TIMUR MODUL DEBIAN 7.8.0 i386 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SMK MA ARIF PURBOLINGGO LAMPUNG TIMUR BIDANG STUDY : ADMINISTRASI SERVER by. Ghy City Com LEMBAGA PENDIDIKAN MA ARIF NU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SMK MA

Lebih terperinci

LAPORAN PROJECT UAS ADVANCED NETWORKING MEMBANGUN MAIL SERVER MENGGUNAKAN POSTFIX PADA LINUX DEBIAN. Tugas untuk memenuhi nilai UAS Jarkom Lanjut

LAPORAN PROJECT UAS ADVANCED NETWORKING MEMBANGUN MAIL SERVER MENGGUNAKAN POSTFIX PADA LINUX DEBIAN. Tugas untuk memenuhi nilai UAS Jarkom Lanjut LAPORAN PROJECT UAS ADVANCED NETWORKING MEMBANGUN MAIL SERVER MENGGUNAKAN POSTFIX PADA LINUX DEBIAN Tugas untuk memenuhi nilai UAS Jarkom Lanjut Kelas Jaringan Komputer Lanjut 32 Kelompok IV Andrian Ramadhan

Lebih terperinci

SELURUH TUTORIAL INI ADALAH HAK CIPTA DARI PT. CILSY FIOLUTION INDONESIA UNTUK EBOOK DAN TUTORIAL BERKUALITAS LAINNYA SILAHKAN KUNJUNGI

SELURUH TUTORIAL INI ADALAH HAK CIPTA DARI PT. CILSY FIOLUTION INDONESIA UNTUK EBOOK DAN TUTORIAL BERKUALITAS LAINNYA SILAHKAN KUNJUNGI SELURUH TUTORIAL INI ADALAH HAK CIPTA DARI PT. CILSY FIOLUTION INDONESIA UNTUK EBOOK DAN TUTORIAL BERKUALITAS LAINNYA SILAHKAN KUNJUNGI WWW.CILSY.ID. SILAHKAN MEMBACA DAN MEMBAGIKAN EBOOK INI TANPA MENGUBAH

Lebih terperinci

Mail Server (Postfix,Squirrelmail)

Mail Server (Postfix,Squirrelmail) PRAKTIKUM 9 Mail Server (Postfix,Squirrelmail) 1 Praktikum 10 Mail Server (Postfix,Squirrelmail) TUJUAN PRAKTIKUM : Setelah mempelajari materi dalam bab ini, mahasiswa diharapkan mampu : 1. Mahasiswa memahami

Lebih terperinci

DATABASE SERVER WEB SERVER SUBDOMAIN

DATABASE SERVER WEB SERVER SUBDOMAIN ADMINISTRASI SERVER DATABASE SERVER WEB SERVER SUBDOMAIN Database Server Database berfungsi sebagai media penyimpanan data-data ataupun informasi penting. Pada web server yang kompleks, biasanya diperlukan

Lebih terperinci

PANDUAN MENGGUNAKAN LUMAJANGKAB.GO.ID

PANDUAN MENGGUNAKAN  LUMAJANGKAB.GO.ID PANDUAN MENGGUNAKAN EMAIL LUMAJANGKAB.GO.ID Penggunaan Webmail Zimbra webmail adalah salah satu fasilitas yang diberikan oleh Zimbra untuk mengakses email. Selain menggunakan webmail, email Zimbra juga

Lebih terperinci

Step By Step LKS Nasional. Oleh. Umi Malihah XII TKJ

Step By Step LKS Nasional. Oleh. Umi Malihah XII TKJ Step By Step LKS Nasional Oleh Umi Malihah XII TKJ Pelaihari, 25-02 Februari 2013 Tehknik Komputer Dan Jaringan Keterangan 1. Hostname :Umy 2. User :Umy 3. Password :1 Install Debian Lakukan booting dari

Lebih terperinci

Daftar Isi. Membangun Mail Server Berbasis Debian 5 (Lenny) TKJ Level 3 (10) Tokoh Teknologi Informasi (9) Trik dan Tips Blog (5) ubuntu (1)

Daftar Isi. Membangun Mail Server Berbasis Debian 5 (Lenny) TKJ Level 3 (10) Tokoh Teknologi Informasi (9) Trik dan Tips Blog (5) ubuntu (1) Top 10 Post Cara Download Menggunakan Torrent Tips Mengetahui PSU Pure Watt dan Fake Watt Jaringan LAN, MAN, dan WAN Connectify 3.2.0 Review & Free Download Tips Mengisi Tinta pada CL-811 Cara Menghitung

Lebih terperinci

Mail Server. Cara Kerja Mail Server. Secara umum, aplikasi di klasifikasikan menjadi tiga jenis :

Mail Server. Cara Kerja Mail Server. Secara umum, aplikasi  di klasifikasikan menjadi tiga jenis : Mail adalah salah suatu layanan internet yang popular. Layanan ini menggunakan arsitekture client-server, artinya ada aplikasi client mengakses server email. Protocol yang umum digunakan adalah protocol

Lebih terperinci

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

A. TUJUAN PEMBELAJARAN PRAKTIKUM 9 MAILING LIST A. TUJUAN PEMBELAJARAN 1. Memahami cara kerja dari daemon mailing list 2. Mampu menginstall aplikasi mailing list (Mailman) 3. Mampu menkonfigurasi aplikasi mailing list 4. Mengujicoba

Lebih terperinci

Mengakses Server Melalui SSH Menggunakan PuTTY di Windows

Mengakses Server Melalui SSH Menggunakan PuTTY di Windows Mengakses Server Melalui SSH Menggunakan PuTTY di Windows SSH (Secure Shell) adalah protokol jaringan yang digunakan untuk komunikasi data yang aman antara server dan klien (anda) untuk melakukan pengelolaan

Lebih terperinci

Modul 4 INSTALASI DAN KONFIGURASI WEB SERVER

Modul 4 INSTALASI DAN KONFIGURASI WEB SERVER Modul 4 INSTALASI DAN KONFIGURASI WEB SERVER 1. Terlebih dahulu install apache (sebagai web server) dan links (sebagai web browser) Jika ada pertanyaan Do you want to continue [Y/n]? Tekan tombol y dan

Lebih terperinci

2. Perangkat Jaringan (Kabel UTP, Switch/Hub,Ethernet) Perangkat Lunak 1. Sistem Operasi (WindowsXP, Windows 2000, Windows 2003, Linux)

2. Perangkat Jaringan (Kabel UTP, Switch/Hub,Ethernet) Perangkat Lunak 1. Sistem Operasi (WindowsXP, Windows 2000, Windows 2003, Linux) Bab I Installasi Untuk menjalankan dan mempraktekan Web Site Sekolah ini ada 2 tahapan installasi yang harus diinstall di komputer: Installasi Web Server. Installasi Web Sekolah. A. Installasi Web Server

Lebih terperinci

Hal yang paling utama dalam proses pembuatan web server adalah memilih software mana yang akan digunakan sebagai web server yang akan digunan.

Hal yang paling utama dalam proses pembuatan web server adalah memilih software mana yang akan digunakan sebagai web server yang akan digunan. Web Server???? Web Server (Server web) adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya

Lebih terperinci

A. MENGATUR IP ADDRESS #pico /etc/network/interfaces

A. MENGATUR IP ADDRESS #pico /etc/network/interfaces A. MENGATUR IP ADDRESS #pico /etc/network/interfaces B. SAMBA SERVER 1. INSTALASI PAKET SAMBA #apt-get install samba 2. BUAT USER SAMBA #adduser user001 #smbpasswd a user001 3. BUAT DIREKTORI UNTUK USER

Lebih terperinci

Tutorial. Membuat Mengirim dan Membuka . Edited By : Rudi Muryanta.

Tutorial. Membuat  Mengirim  dan Membuka  . Edited By : Rudi Muryanta. Tutorial Membuat Email Mengirim Email dan Membuka Email Edited By : Rudi Muryanta r4dimu@gmail.com http://kedaiscript.com Copyright 2012 Tutorial Membuat dan Mengelola Email Kedaiscript.com -1 Pengantar

Lebih terperinci

2.1 Instalasi Joomla Secara Lokal

2.1 Instalasi Joomla Secara Lokal Instalasi Joomla Sebelum belajar membuat web, kita perlu menginstal perangkat lunak yang dibutuhkan oleh Joomla. Sebenarnya Anda dapat menginstal perangkat lunak komponen Joomla secara terpisah, tetapi

Lebih terperinci

Nama : Bambang H. Program Study : TKJ SMTP-AUTH. Instruktur : Pak Dodi dan Pak Trimans. No. Eksperimen : 10

Nama : Bambang H. Program Study : TKJ SMTP-AUTH. Instruktur : Pak Dodi dan Pak Trimans. No. Eksperimen : 10 Program Study : TKJ Eksperimen : Admin Server No. Eksperimen : 10 SMTP-AUTH Nama : Bambang H. Kelas : XII TKJ B Instruktur : Pak Dodi dan Pak Trimans I. TUJUAN a. Siswa dapat mengerti pengertian mail server.

Lebih terperinci

Metode Akses Mail dari Client

Metode Akses Mail dari Client Metode Akses Mail dari Client MTA 1. Web mail: Client akses mail server via browser (port 80) 2. POP3/POP3S: Client akses mail server via mail client (port 110/995) 3. IMAP/IMAPS: Client akses mail server

Lebih terperinci

Mata Pelajaran : Materi Kompetensi Tahun Pelajaran 2011/2012. : Membangun PC Router dan Internet Gateway (edisi.1)

Mata Pelajaran : Materi Kompetensi Tahun Pelajaran 2011/2012. : Membangun PC Router dan Internet Gateway (edisi.1) Satuan Pendidikan : SMK Al-Muhtadin Depok Mata Pelajaran : Materi Kompetensi Tahun Pelajaran 2011/2012 Judul Kompetensi Sistem Operasi Program Keahlian Disusun Oleh E-Mail : Membangun PC Router dan Internet

Lebih terperinci

MENGOPI DAFTAR KONTAK

MENGOPI DAFTAR KONTAK MENGOPI DAFTAR KONTAK DARI PONSEL LAMA Tanya: Pak, BlackBerry saya tipe Gemini 8520. Saya ingin mengkopikan semua kontak lama yang ada di Nokia E63. Saya coba cara kopi lewat SIM card, namun tidak semua

Lebih terperinci

Web Server A. DASAR TEORI

Web Server A. DASAR TEORI Web Server A. DASAR TEORI Web server merupakan perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs

Lebih terperinci

Tutorial Step By Step

Tutorial Step By Step Email Tutorial Step By Step Untuk mulai menggunakan email yang telah anda beli, anda bisa menggunakan email tersebut dari berbagai macam platform, seperti Smartphone, Email client (Outlook, thunderbird),

Lebih terperinci

Domain Name Service (DNS)

Domain Name Service (DNS) Domain Name Service (DNS) Sistem Penamaan Domain atau DNS (Domain Name service) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host dan nama domain dalam bentuk database terdisdtribusi didalam

Lebih terperinci

MAIL SERVER. Konfigurasi Mail Server dengan Squirrelmail Webmail

MAIL SERVER. Konfigurasi Mail Server dengan Squirrelmail Webmail NAMA : VINCENSIUS YUDHISTIRA LINDUNG SETIYANA E-mail : vyls.smartleader@gmail.com FB : www.facebook.com/spirit.lindung Blog : www.vylsordinary.wordpress.com MAIL SERVER Konfigurasi Mail Server dengan Squirrelmail

Lebih terperinci

KATA PENGANTAR. 1. Kedua Orang Tua Penulis, yang sudah memberikan motivasi, doa, dan dukungan baik moral maupun materil serta perhatiannya selama ini.

KATA PENGANTAR. 1. Kedua Orang Tua Penulis, yang sudah memberikan motivasi, doa, dan dukungan baik moral maupun materil serta perhatiannya selama ini. KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa karena atas kehendak-nya Karya Akhir berjudul ini dapat terselesaikan. Penelitian ini dibuat dalam rangka memenuhi salah satu

Lebih terperinci

Praktikum POSTFIX MAIL SERVER

Praktikum POSTFIX MAIL SERVER Praktikum POSTFIX MAIL SERVER I. Tujuan Praktikan diharapkan mampu memahami cara kerja dari sebuah mail server, serta mampu melakukan instalasi, konfigurasi pada sebuah mail server. II. Keperluan a. Komputer

Lebih terperinci

MANUAL BOOK UNDIKSHA

MANUAL BOOK  UNDIKSHA 2017 MANUAL BOOK EMAIL UNDIKSHA DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 1 Pengantar Email... 2 Prosedur Pembuatan Email Institusi Undiksha... 2 Kontak:... 3 Cara Login Email... 3 Mengganti Password Default... 4 Memulai

Lebih terperinci

Cara instal dan konfigurasi FTP SERVER

Cara instal dan konfigurasi FTP SERVER Cara instal dan konfigurasi FTP SERVER Cara instal dan konfigurasi FTP SERVER di Linux UBUNTU SERVER POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA E-Learning POLSRI Apa Itu FTP? FTP (File Transfer Protocol) adalah mekanisme

Lebih terperinci

Bagian 2. Membuat

Bagian 2. Membuat Bagian 2. Membuat Email 2.1 Membuat Email di Yahoo (Yahoo Mail) E-mail (surat elektronik), salah satunya disediakan oleh Yahoo, digunakan untuk mengirim informasi/berita di internet, seperti halnya kita

Lebih terperinci

Konfigurasi DNS Server pada Linux Redhat

Konfigurasi DNS Server pada Linux Redhat Konfigurasi DNS Server pada Linux Redhat 1. Pastikan paket DNS servernya telah terinstall. Untuk mengeceknya dengan perintah berikut: # rpm qa grep bind 2. Lakukan konfigurasi pada file named.conf. dengen

Lebih terperinci

Praktikum 11. Mailman TUJUAN PRAKTIKUM : DASAR TEORI :

Praktikum 11. Mailman TUJUAN PRAKTIKUM : DASAR TEORI : PRAKTIKUM 9 Mailman 1 Praktikum 11 Mailman TUJUAN PRAKTIKUM : Setelah mempelajari materi dalam bab ini, mahasiswa diharapkan mampu : 1. Mahasiswa memahami cara kerja daemon mailing list. 2. Mahasiswa mampu

Lebih terperinci

Written by Administrator Wednesday, 15 June :49 - Last Updated Thursday, 20 December :10

Written by Administrator Wednesday, 15 June :49 - Last Updated Thursday, 20 December :10 Ada beberapa opsi dalam menginstall Moodle. Moodle dapat diinstall pada sistem operasi Windows juga bisa diinstall pada Linux dan Mac OS X. Untuk keperluan pembelajaran dan adanya kendala akses internet

Lebih terperinci

LAMPIRAN Gambar Pemberitahuan proses instalasi

LAMPIRAN Gambar Pemberitahuan proses instalasi LAMPIRAN Berikut akan dijelaskan langkah langkah dalam pemasangan web server pada modul Cubieboard2. 1. Pastikan modul Cubieboard2 sudah terhubung dengan koneksi internet. 2. Pada terminal, ketik perintah

Lebih terperinci

Prepared By : Victor Epen Tengker

Prepared By : Victor Epen Tengker Prepared By : Victor Epen Tengker Opsi konfigurasi : IP Address 1. ns.sekolah.sch.id = 192.168.10.1/24 2. www.sekolah.sch.id = 192.168.10.2/24 3. mail.sekolah.sch.id = 192.168.10.3/24 4. PC Client = 192.168.10.4/24

Lebih terperinci

DAFTAR ISI. -- Prepared by IT -- BAHASA INDONESIA PT. Sejahtera Buana Trada. TITLE : Manual Book Corporate

DAFTAR ISI. -- Prepared by IT -- BAHASA INDONESIA PT. Sejahtera Buana Trada. TITLE : Manual Book  Corporate Revision No. : 1.5 (06-09-2016) Page : 0 of 18 DAFTAR ISI 1. Mengakses Email 1.1. Mengakses email dari web... 1 1.2. Mengganti Email Password... 1-3 1.3. Membaca Email di Webmail... 4 2. Konfigurasi Email

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN WEBMAIL IKIP PGRI MADIUN. https://mail.ikippgrimadiun.ac.id

PANDUAN PENGGUNAAN WEBMAIL IKIP PGRI MADIUN. https://mail.ikippgrimadiun.ac.id PANDUAN PENGGUNAAN WEBMAIL IKIP PGRI MADIUN https://mail.ikippgrimadiun.ac.id PENGGUNAAN WEBMAIL Zimbra webmail adalah salah satu fasilitas yang diberikan oleh Zimbra untuk mengakses email. Selain menggunakan

Lebih terperinci

MODUL 14 PRAKTIKUM ADMINISTRASI JARINGAN

MODUL 14 PRAKTIKUM ADMINISTRASI JARINGAN MODUL 14 PRAKTIKUM ADMINISTRASI JARINGAN Web Server dan FTP WINDOWS SERVER 2008 Oleh: Nani Setyo Wulan S.Pd. Nelyetti S.Kom. JURUSAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN PERSIAPAN AKADEMI KOMUNITAS SOLOK SELATAN PDD

Lebih terperinci

Laporan 5 Mail dan Web Mail

Laporan 5 Mail dan Web Mail Laporan 5 Mail dan Web Mail Sistem Operasi Jaringan Oleh : Muhammad Luthfi Aliva - [11/1107011] PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2013 1 A. Tujuan 1. Dengan mengikuti perkuliahan

Lebih terperinci

Bagaimanakah cara untuk mengetahui apakah aplikasi -client sudah terinstal atau belum pada mesin Linux?

Bagaimanakah cara untuk mengetahui apakah aplikasi  -client sudah terinstal atau belum pada mesin Linux? MENGOPERASIKAN PIRANTI LUNAK EMAIL KLIEN E-MAIL Bagaimanakah cara untuk mengetahui apakah aplikasi email-client sudah terinstal atau belum pada mesin Linux? dengan mengklik start menu kemudian melihat

Lebih terperinci

MODUL JOOMLA! oleh: Putu A. Widhiartha dan Made J. Wiranatha BAB II INSTALASI JOOMLA

MODUL JOOMLA! oleh: Putu A. Widhiartha dan Made J. Wiranatha BAB II INSTALASI JOOMLA MODUL JOOMLA! oleh: Putu A. Widhiartha dan Made J. Wiranatha BAB II INSTALASI JOOMLA Installasi Joomla dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu secara online dan offline. Jika anda hendak melakukan installasi

Lebih terperinci

BUKU MANUAL PENGGUNA WEB MAIL WONOGIRIKAB.GO.ID

BUKU MANUAL PENGGUNA WEB MAIL WONOGIRIKAB.GO.ID 1. PENDAHULUAN Dalam rangkat meningkatkan kinerja Pemerintahan Daerah Kabupaten Wonogiri dalam berkordinasi dan berkomunikasi menjadi lebih cepat dan efisien sekarang ini sudah tersedia layanan webmail

Lebih terperinci

Panduan Webmail GMAIL. Webmail GMAIL

Panduan Webmail GMAIL. Webmail GMAIL Webmail GMAIL Gmail merupakan webmail berbasis dari search engine Google (www.google.com). Menurut pengalaman penulis, saat ini Gmail merupakan free webmail terbaik yang pernah ditemui sepanjang perjalanan

Lebih terperinci

BAB 2 Hosting dan Domain

BAB 2 Hosting dan Domain BAB 2 Hosting dan Domain Membuat toko online sudah sangat populer untuk para technopreuneur. Untuk membuat toko online dengan website, Anda perlu memiliki hosting dan domain. Hosting adalah salah satu

Lebih terperinci

Instalasi Ubuntu Server

Instalasi Ubuntu Server Instalasi Ubuntu Server Download Ubuntu Server 14.04.X LTS Anda bisa mendownload pada situs resmi Ubuntu di halaman http://releases.ubuntu.com/14.04/. Lihat bagian Server install image, ada 2(dua) pilihan

Lebih terperinci

Apa yang dimaksud dengan Web Hosting :

Apa yang dimaksud dengan Web Hosting : Membuat WEB Hosting Profesional sendiri menggunakan ISP Panel dan Sistem Operasi OpenSUSE 10.3 Artikel ISP Panel Untuk OpenSUSE.or.id Apa yang dimaksud dengan Web Hosting : Web Hosting adalah salah satu

Lebih terperinci

BlackBerry Internet Service. Versi: 4.5.1. Panduan Pengguna

BlackBerry Internet Service. Versi: 4.5.1. Panduan Pengguna BlackBerry Internet Service Versi: 4.5.1 Panduan Pengguna Diterbitkan: 2014-01-08 SWD-20140108163043169 Daftar Isi 1 Persiapan... 7 Tentang paket layanan pengiriman pesan untuk BlackBerry Internet Service...

Lebih terperinci

Installasi Web Server Pada Linux Debian (GUI) Nama : Abdul Rohman Wahid Kelas : XI TKJ A No / NIS : 01 / 13986

Installasi Web Server Pada Linux Debian (GUI) Nama : Abdul Rohman Wahid Kelas : XI TKJ A No / NIS : 01 / 13986 Installasi Web Server Pada Linux Debian (GUI) Nama : Abdul Rohman Wahid Kelas : XI TKJ A No / NIS : 01 / 13986 SMK Negeri 2 Depok Sleman 2013 KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat

Lebih terperinci

Silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

Silahkan ikuti langkah-langkah berikut : Silahkan ikuti langkah-langkah berikut : 1. Yang perlu dipersiapkan adalah pastikan anda sudah mem-burning OS Linux Ubuntu 16.04 ke DVD-R atau DVD-RW. Silahkan booting ke CD dari PC anda, jika anda benar

Lebih terperinci

Desain Sistem ANALISA KEBUTUHAN

Desain Sistem ANALISA KEBUTUHAN ANALISA KEBUTUHAN 1. Diperlukan Satu Sistem yang dapat mengatur penggunaan Alamat Internet Protocol (IP) baik secara dinamik maupun statik dari Server 2. Dapat mengatur segmentasi jaringan berdasarkan

Lebih terperinci

Konfigurasi Dns Server

Konfigurasi Dns Server Konfigurasi Dns Server Domain Name System (DNS) Server adalah konfigurasi sistem komputer yaitu hardware dan software pada model client server. Dimana DNS merupakan tempat berkumpulnya Domain dan IP address.

Lebih terperinci

TKJ SMK Negeri 1 Bangli

TKJ SMK Negeri 1 Bangli Administrator Jaringan 6.1. Lab - Instalasi dan Konfigurasi Mail Server Introduction Mail server bisa diartikan sebagai aplikasi yang menerima e-mail masuk dari pengguna lokal dan untuk pengiriman e-mail

Lebih terperinci

Membuat Web dengan CMS Joomla Sumber dari

Membuat Web dengan CMS Joomla Sumber dari Membuat Web dengan CMS Joomla Sumber dari www.ahmadyunus.com Membuat Web dengan CMS Joomla sebenarnya gampang-gampang mudah, asalkan kita mau belajar. Saya sendiripun sebenarnya masih pemula sekali dalam

Lebih terperinci

MODUL TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN MIKROTIK CISCO DEBIAN WINDOWS SMK INFORMATIKA PESAT BOGOR

MODUL TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN MIKROTIK CISCO DEBIAN WINDOWS SMK INFORMATIKA PESAT BOGOR MODUL TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN MIKROTIK CISCO DEBIAN WINDOWS SMK INFORMATIKA PESAT BOGOR Gambar Topologi Yang Akan Di Buat Disini kita akan memberitahukan langkah-langkah menggabungkan Debian Server,Mikrotik,dan

Lebih terperinci

Cara Belajar Xampp Pada Mysql untuk Php

Cara Belajar Xampp Pada Mysql untuk Php Cara Belajar Xampp Pada Mysql untuk Php Euis Sutinah euissutinah@ymail.com Abstrak MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL, Jika dalam bahasa Inggris adalah database management

Lebih terperinci

Memulai Google+ 2.1 Registrasi Google+

Memulai Google+ 2.1 Registrasi Google+ Memulai Google+ Layanan Gmail memang seolah-olah merupakan pintu gerbang untuk masuk ke berbagai layanan Google yang lain. Untuk memulai Google+ juga demikian. Jadi mula-mula, bukalah terlebih dahulu akun

Lebih terperinci

CARA MEMBUAT . Oleh : Adi

CARA MEMBUAT  . Oleh : Adi CARA MEMBUAT EMAIL Oleh : Adi www.lenterahati.co.cc MENU UTAMA Apa itu Email? Cara membuat Email Membuat Email di Yahoo Membuat Email di Plasa Membuat Email di Gmail Apa itu Email? Email atau e-mail adalah

Lebih terperinci

Cara Membuat Baru

Cara Membuat  Baru Cara Membuat Email Baru e-mail adalah alat komunikasi yang murah, cepat, dan efisien. Email adalah alat komunikasi berjenis surat dalam bentuk elektronik dan merupakan salah satu aplikasi internet yang

Lebih terperinci

Mikrotik Hotspot FreeRadius + MySQL

Mikrotik Hotspot FreeRadius + MySQL 2014 Mikrotik Hotspot FreeRadius + MySQL MUHAMMAD HANIF http://iamhanif.wordpress.com Tutorial singkat ini berisi step by step bagaimana mengimplementasikan AAA (Authentication, Authorization, dan Accounting)

Lebih terperinci

CARA MEMBUAT HUSNI IDRIS

CARA MEMBUAT  HUSNI IDRIS CARA MEMBUAT EMAIL HUSNI IDRIS MENU UTAMA Apa itu Email? Cara membuat Email Membuat Email di Yahoo Membuat Email di Plasa Membuat Email di Gmail Apa itu Email? Email atau e-mail adalah singkatan untuk

Lebih terperinci

WEBMAIL SERVER SQUIRRELMAIL DENGAN MENGGUNAKAN MAIL SERVER POSTFIX DAN DOVECOT PADA LINUX DEBIAN

WEBMAIL SERVER SQUIRRELMAIL DENGAN MENGGUNAKAN MAIL SERVER POSTFIX DAN DOVECOT PADA LINUX DEBIAN WEBMAIL SERVER SQUIRRELMAIL DENGAN MENGGUNAKAN MAIL SERVER POSTFIX DAN DOVECOT PADA LINUX DEBIAN Oleh: CYNTHIA IRENE OROH BAB I PENDAHULUAN Mail server adalah sistem yang memungkinkan pengguna (user) untuk

Lebih terperinci

A. Membuat Active Directory dan User

A. Membuat Active Directory dan User A. Membuat Active Directory dan User Membuat Active Directory 1. Jalankan Windows Run lalu ketik dcpromo lalu tekan tombol enter 2. Berikutnya akan muncul jendela untuk membuat active directory, lalu klik

Lebih terperinci

Step-Step dalam pembuatan Web

Step-Step dalam pembuatan Web Step-Step dalam pembuatan Web Langkah-langkah pembuatannya tidak terlalu sulit. Yang pertama dilakukan adalah kita harus menginstall web servernya yaitu misalnya XAMPP. Setelah itu, kita langsung bisa

Lebih terperinci

Pembahasan UKK 2017 Paket 1

Pembahasan UKK 2017 Paket 1 2017 Pembahasan UKK 2017 Paket 1 Afit SMK ARDJUNA 1 MALANG 2/22/2017 TOPOLOGI JARINGAN Internet Eth1 IP : static 192.168.100.1/25 Eth0 IP : DHCP Server : Linux debian 7 DNS Server Web Server FTP Server

Lebih terperinci

BAB IV PEMBAHASAN. dapat dilakukan dengan memasukkan IP address sesuai dengan IP address yang telah

BAB IV PEMBAHASAN. dapat dilakukan dengan memasukkan IP address sesuai dengan IP address yang telah BAB IV PEMBAHASAN Pada bab pembahasan ini akan dibahas tentang hasil dari Kerja Praktek yang telah dibuat berdasarkan materi yang didapat dari berbagai buku sehingga terbentuk menjadi sebuah web dan dapat

Lebih terperinci

Instalasi Web Server WAMP 5 versi Pemrograman Web

Instalasi Web Server WAMP 5 versi Pemrograman Web Instalasi Web Server WAMP 5 versi.1.7.4 Pemrograman Web Bahan ajar yang menerangkan proses menginstall software web server ke komputer pribadi sebagai web server stand alone atau offline. Berguna untuk

Lebih terperinci

LAMPIRAN. Lampiran Halaman Depan Web Hosting. Menu Hosting L-1

LAMPIRAN. Lampiran Halaman Depan Web Hosting. Menu Hosting L-1 LAMPIRAN Lampiran Halaman Depan Web Hosting Menu Hosting L-1 Menu Dedicated Hosting Menu Domain L-2 Menu Reseller Menu VPS (Virtual Private Server) L-3 1. Instalasi Apache Web server adalah sebuah sistem

Lebih terperinci

Copy Right 2009 Not right to copy without permission

Copy Right 2009 Not right to copy without permission Oleh: Nestoriko http://tutorial-website.blogspot.com http://nestoriko.co.cc Copy Right 2009 Not right to copy without permission INSTALASI XAMPP UNTUK LOCALHOST Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan

Lebih terperinci

Instalasi & Konfigurasi MySQL Server

Instalasi & Konfigurasi MySQL Server Instalasi & Konfigurasi MySQL Server 1. Download MySQL Download MySQL Community Server 5.6 dari : http://dev.mysql.com/downloads/mysql/ Pada halaman berikutnya, pilih MySQL Installer yang berukuran besar

Lebih terperinci

Modul Mata Kuliah Laboratorium Jaringan Komputer (Teknik Informatika UNIKOM)

Modul Mata Kuliah Laboratorium Jaringan Komputer (Teknik Informatika UNIKOM) MAIL SERVER Selain web, layanan internet yang paling banyak digunakan adalah layanan E-Mail. INSTALASI MAIL SERVER MDAEMON Untuk menginsall Mail Server dalam hal ini Mdaemon, maka langkah-langkahnya adalah

Lebih terperinci

Untuk pembuatan web offline ada beberapa cara dan juga alat/software yang digunakan antara lain: 1. INSTALLASI XAMPP

Untuk pembuatan web offline ada beberapa cara dan juga alat/software yang digunakan antara lain: 1. INSTALLASI XAMPP Untuk pembuatan web offline ada beberapa cara dan juga alat/software yang digunakan antara lain: 1. Xampp 2. Phpmyadmin 3. Wordpress Dan untuk cara pembuatannya kita lanjut ke pembahasan selanjutnya. 1.

Lebih terperinci

CARA INSTALL DAN REMOVE APLIKASI. Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman repo.slemankab.go.id

CARA INSTALL DAN REMOVE APLIKASI. Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman repo.slemankab.go.id CARA INSTALL DAN REMOVE APLIKASI Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman cara menginstal dan remove/uninstall aplikasi ada beberapa cara yang akan dijelaskan dalam panduan ini terutama adalah linux yang menggunakan

Lebih terperinci

BAB IV DISKRIPSI KERJA PRAKTIK. Bab ini membahas tentang proses instalasi VMWare Workstation dan

BAB IV DISKRIPSI KERJA PRAKTIK. Bab ini membahas tentang proses instalasi VMWare Workstation dan BAB IV DISKRIPSI KERJA PRAKTIK Bab ini membahas tentang proses instalasi VMWare Workstation dan Zimbra Collaboration Suite dengan menampilkan hasil pembuatan mail server yang telah dikerjakan. 4.1 Instalasi

Lebih terperinci

Luqman Sungkar

Luqman Sungkar Ldap.adsis.edu 1. Install slapd dan ldap-utils, kemudian ikuti langkah konfigurasi seperti pada gambar-gambar berikut. Jika konfigurasi tidak muncul, coba ketikkan dpkg-reconfigure slapd. 2. Setelah melakukan

Lebih terperinci