Studi Kasus No.1 Sistem Informasi Kontrakan Rumah (Si Komah)

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Studi Kasus No.1 Sistem Informasi Kontrakan Rumah (Si Komah)"

Transkripsi

1 Studi Kasus No.1 Sistem Informasi Kontrakan Rumah (Si Komah) Sebuah kontrakan membutuhkan sebuah Sistem Informasi Kontrakan Rumah (SI Komah) untuk mendata para penghuninya. Petugas kontrakan melakukan pendataan untuk semua penghuni kontrakan baik yang sudah keluar maupun yang masih di dalam kontrakan. Untuk penghuni yang masih menyewa rumah, petugas memberikan akun aktif agar mereka juga bisa login ke sistem. Setelah tidak menyewa, petugas menonaktifkan kembali akun penghuni. Petugas mengelola data kontrakan berupa alamat, foto kondisi rumah, dan informasi lain yang dapat dilihat oleh siapapun yang mengakses sistem. Data kontrakan ini dapat diupdate oleh petugas kapanpun. Selain itu, petugas juga memasukkan data uang sewa kontrakan per bulannya. Setiap tanggal 10 sistem menampilkan pesan kepada petugas kontrakan berupa namanama penghuni yang belum membayar sewa rumah. Para penghuni juga dapat menggunakan sistem ini untuk kebutuhan laporan bayar sewa yang telah dilakukannya serta untuk melakukan booking terhadap fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh kontrakan (misal: ruang seminar, ruang musik, dll). Sewa fasilitas ini akan berstatus booked jika pembayaran sudah dilakukan.. Petugas dan penghuni aktif harus melakukan login untuk menggunakan fitur mereka masing-masing. Calon penghuni atau masyarakat umum dapat mengakses sistem ini untuk melihat informasi mengenai kontrakan, seperti jumlah kamar, tipe-tipe kamar serta informasi mengenai ketersediaan kamar yang kosong sehingga calon penghuni bisa melakukan booking tanpa perlu login terlebih dahulu.

2 Studi Kasus No.2 Sistem Informasi Lapak Online (SI Lapon) Sekelompok anak muda jenius ingin membuat semacam portal dimana para pedagang dapat mempromosikan barang dagangannya tanpa harus menyewa/membangun sarana fisik untuk mempromosikan barang dagangannya ke para calon pembeli. Di sistem ini, para pedagang wajib mendaftar di portal dengan mengisi data pedagang yang sebenarnya. Pedagang yang terdaftar akan mempunyai semacam fasilitas untuk mengisi daftar dagangannya. Pedagang dapat upload foto dagangannya, memberikan informasi singkat tentang dagangannya, dan memasang harga jual untuk dagangannya. Calon pembeli dapat melakukan pencarian di portal (tanpa harus login) untuk barang yang mungkin dijual oleh para pedagang. Jika ingin membeli, calon pembeli harus mengisi data terlebih dahulu. Kemudian pembeli bisa melanjutkan transaksi dengan melakukan transfer ke suatu rekening yang dimiliki pedagang yang dimana setelah transfer harus dikonfirmasi oleh kedua belah pihak melalui sistem. Setelah itu barang baru dikirim. Para pedagang dan pembeli dapat memberikan semacam poin kepercayaan dan testimoni untuk setiap pedagang yang menandakan bahwa si pedagang ini dapat dipercaya. Pedagang dapat melihat daftar pembelinya selama ia aktif berjualan di portal ini. Dari daftar pembeli tersebut, pedagang dapat mengundang/invite para pembelinya jika ada produk baru atau promo barang dagangan. Pembeli dan pedagang bisa berinteraksi melalui fitur komentar di setiap data barang.

3 Studi Kasus No.3 Sistem Informasi Manajemen Hotel (SI Mano) Sebuah hotel di kota Dumai sedang berusaha untuk meningkatkan pelayanannya. Oleh karena itu Hotel ini berencana untuk membangun sebuah sistem informasi yang bisa membantu proses bisnisnya. Sistem ini nantinya diharapkan bisa membantu dalam menangani proses pengelolaan customer, pengelolaan kamar, dan proses penyewaan kamar. Pada proses penyewaan kamar, proses yang terlibat antara lain proses pemesanan, proses check-in dan proses check-out. Dengan dibangunnya sistem ini, customer diharapkan bisa melakukan pemesanan melalui sistem. Customer bisa melakukan pencarian terhadap kamar yang diinginkan yang masih tersedia. Setelah menentukan pilihan, customer perlu mengisi formulir yang tersedia yang berisi tentang data diri customer. Setelah proses pengisian data diri selesai, customer harus membayar dalam jangka waktu 24 jam setelah pemesanan. Jika dalam jangka waktu itu kamar tidak dibayar maka pemesanan dianggap batal (dibatalkan otomatis oleh sistem). Mekanisme pembayaran tidak dilakukan melalui sistem. Resepsionis selain melayani pemesanan dari customer yang datang langsung juga melayani pemesanan melalui sistem. Resepsionis akan mengecek pemesanan yang datang melalui sistem dan mengecek pembayarannya. Apabila pembayaran sudah dilakukan maka resepsionis akan mengubah status kamar menjadi booked. Pada pelayanan langsung, resepsionis bisa memasukkan data customer melalui sistem dan melakukan pencarian kamar yang available menggunakan sistem. Dalam sistem ini manajer bisa mendapatkan informasi jumlah penginap setiap hari dan pada periode tertentu manajer bisa mendapatkan laporan perkembangan bisnis yang memuat informasi jumlah penginap pada jangka waktu tertentu, dan informasi lainnya.

4 Studi Kasus No.4 Sistem Informasi Distro Pakaian (SI Dipa) CV. DiDu (Distro Dumai) merupakan perusahaan fashion pakaian yang berbasiskan keunikan produk. Untuk meningkatkan performa bisnisnya, CV. DiDu berencana membangun sistem distro pakaian. Pada proses pemesanan produk, kustomer bisa memesan produk secara langsung melalui sistem. Sistem menampilkan katalog desain produk yang bisa dipilih oleh customer. Setelah customer memilih produk, customer melakukan pemesanan dengan mengisi data diri terlebih dahulu. Setelah melakukan pemesanan, customer perlu melakukan pembayaran dalam jangka waktu 3x24jam. Jika tidak dilakukan pembayaran, maka pemesanan dianggap dibatalkan. Pembayaran tidak dilakukan melalui sistem. Pegawai dari CV. DiDu secara umum dibagi menjadi tiga kelompok, bagian manajerial dan bagian produksi. Bagian manajerial dapat melihat informasi laporan produksi dan penjualan sesuai waktu yang diinginkannya. Bagian produksi dapat mengecek daftar pesanan yang masuk melalui sistem, kemudian melakukan penjadawalan produksi melalui sistem. Sistem secara otomatis melakukan penjadwalan produksi berdasarkan kritetia tertentu seperti tanggal masuknya pesanan dan tanggal selesai pesanan yang diharapkan customer. Setelah membuat jadwal, bagian produksi akan melakukan penugasan ke pekerjapekerja bagian produksi untuk setiap pesanan. Untuk menentukan pekerja mana yang cocok, bagian produksi bisa melihat info pekerja yang menampilkan jumlah tugas yang sedang dia kerjakan. Setiap pekerja akan meng-update status pesanan menjadi selesai jika pesanan tersebut selesai dikerjakan. Bagian produksi kemudian melakukan proses pengiriman pesanan tersebut.

5 Studi Kasus No.5 Sistem Informasi Restoran (SI Resto) Suatu restoran ingin menambah pangsa pasarnya dengan meraih pelanggan yang tidak wajib datang ke lokasi tapi dengan memesan makanan secara online yang kemudian akan di antar ke rumah pelanggan. Tentunya sebelum pelanggan bisa memesan secara online, pihak restoran harus memasukkan daftar menu, foto makanan, beserta harga tiap menunya. Semua data menu, foto, dan harga dapat diubah dan hapus oleh pihak restoran kapanpun. Pelanggan tidak harus mendaftar ke sistem restoran, tapi jika memesan wajib memasukan data nama, alamat dan nomor telepon. Setelah pelanggan memilih makanan yang dipesan, sistem akan mengkalkulasi jumlah total yang harus dibayar beserta ongkos kirim yang nilainya rata untuk semua pemesanan. Tidak hanya memesan menu makanan untuk take away, pelanggan juga bisa memesan tempat dan menu makanan untuk dine in (makan di tempat restoran). Mekanisme pesan menunya sama antara take away dengan dine in. Sedangkan untuk pesan tempat, pelanggan dapat melihat denah dan no.meja yang masih tersedia/belum dipesan. Pelanggan yang sudah pernah memesan makanan (sudah terdaftar) dapat memberikan penilaian terhadap setiap menu makanan yang ada. Hasilnya, sistem secara otomatis mengupdate menu Top Dishes dengan menampilkan 5 menu terbaik setiap hari jumat jam 20:00 wib. Selain itu, terdapat pula fitur kritik dan saran yang dapat digunakan pelanggan.

6 Studi Kasus No.6 Sistem Informasi Bus antar Kota (SI Bukot) Sebuah perusahaan transportasi massal ingin mempunyai suatu aplikasi yang dapat memudahkan para calon pelanggan transportasi untuk menemukan transportasi yang sesuai dengan tujuannya. Petugas memasukkan dan mengelola data setiap kode bus dan jurusannya yang kemudian akan dilihat oleh pelanggan. Pelanggan harus registrasi data sebelum memesan tiket. Registrasi ini cukup dilakukan sekali pada saat mendapatkan akun di sistem. Setiap memesan tiket, pelanggan cukup memilih kode bus dan jurusan yang diinginkan. Pemesanan tiket Bus minimal 7 hari sebelum jadwal keberangkatan. Pembayaran tiket dilakukan dengan mekanisme transfer, kemudian penumpang melakukan konfirmasi pembayaran melalui sistem. Terdapat fitur pembatalan tiket dengan batas waktu maksimal 24 jam sebelum jadwal keberangkatan. Selain itu, dalam batas waktu tersebut penumpang juga dapat melakukan pergantian jadwal tiket (bus yang sama) atau pergantian jurusan bus. Sistem ini secara otomatis melakukan pengundian terhadap data penumpang yang paling sering menggunakan jasa bus ini untuk mendapatkan hadiah tiket gratis. Pengundian dilakukan setiap hari Jumat jam 15:00 wib. Selain itu, terdapat pula fitur kritik dan saran yang dapat digunakan penumpang untuk memberi testimoni tentang pelayanan yang diberikan oleh jasa transportasi ini. Hasil testimoni akan langsung dilihat oleh petugas melalui sistem.

7 Studi Kasus No.7 Sistem Informasi Akademik SMA (SIAK SMA) Perusahaan pengembang perangkat lunak berencana membuat sebuah Sistem Informasi Akademis untuk SMA yang nantinya akan dijual ke SMA-SMA yang ada di Indonesia. SIAK SMA digunakan untuk membantu proses akademis di SMA. Sistem Informasi akademis ini mempunyai fitur-fitur utama seperti menyimpan data siswa, mengelola nilai siswa, dan mengelola jadwal belajar mengajar sekolah. Dalam penggunaannya, bagian Tata Usaha mempunyai tugas untuk memasukkan data siswa ke SIAK. Data siswa tersebut bisa dilihat oleh staf tata usaha, siswa, guru, dan kepala sekolah. Siswa mempunyai akun untuk membuka profil mereka dan bisa mengubah data profil mereka jika ada kesalahan. Nantinya para guru bisa memasukkan nilai para siswa ke sistem sehingga siswa bisa melihat perkembangan nilainya melalui sistem. Kepala sekolah dan guru dapat melihat nilai dari semua siswa, sedangkan siswa hanya dapat melihat nilainya sendiri di sistem. Terdapat guru yang berperan sebagai wali kelas. Guru tersebut bisa memberikan pesan khusus melalui sistem ke siswa bimbingannya. Siswa bisa melihat pesan tersebut dan bisa membalas pesan melalui sistem. Guru juga bisa merencanakan jadwal terkait kegiatan belajar mengajar melalui sistem, misalnya menambahkan tanggal ujian atau deadline tugas. Siswa bisa melihat jadwal tersebut melalui sistem. Sistem diharapkan bisa memberikan laporan komprehensif tentang grafik nilai akademis siswa-siswa di sekolahnya. Laporan ini dibuat berdasarkan kriteria tanggal yang dimasukkan oleh Kepala sekolah.

Manual Book For Customer

Manual Book For Customer Manual Book For Customer Daftar isi... 1 Pendaftaran member... 2 Login member... 3 Manajemen akun member... 8 Profil... 9 Ubah kata sandi... 9 Invoice... 9 Pesan admin... 10 Konfirmasi pembayaran... 10

Lebih terperinci

PANDUAN UMUM PENGGUNAAN APLIKASI ONLINE SHOP TOKOMOBILE (Android)

PANDUAN UMUM PENGGUNAAN APLIKASI ONLINE SHOP TOKOMOBILE (Android) PANDUAN UMUM PENGGUNAAN APLIKASI ONLINE SHOP TOKOMOBILE (Android) Aplikasi Online Shop Tokomobile (Android) adalah aplikasi yang ditujukan untuk para pelanggan yang menggunakan Android Smartphone. Aplikasi

Lebih terperinci

LAMPIRAN. Tampilan layar detail home Halaman ini menampilkan detail info dari layar home

LAMPIRAN. Tampilan layar detail home Halaman ini menampilkan detail info dari layar home L1 LAMPIRAN Tampilan layar home Fungsi halaman Home adalah sebagai halaman pertama atau pembuka yang menampilkan ucapan selamat datang bagi user. Pada layar info terdapat beberapa menu berupa icon di bagian

Lebih terperinci

BAB IV. Hasil dan Pembahasan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebuah website yang menampilkan produk-produk

BAB IV. Hasil dan Pembahasan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebuah website yang menampilkan produk-produk BAB IV Hasil dan Pembahasan 4.1 Hasil Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebuah website yang menampilkan produk-produk perusahaan pada CV. Indah Jati dan memberikan informasi mengenai produk yang

Lebih terperinci

20. Halaman Detail Produk Setelah Login

20. Halaman Detail Produk Setelah Login 178 20. Halaman Detail Produk Setelah Login Gambar 4.20 Layar Customer-Detail Produk Setelah Login Halaman detail produk menampilkan informasi lengkap tentang produk beserta spesifikasinya dan harga. Terdapat

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN PENGGUNAAN APLIKASI MCBI. (Mobile Commerce Berbasis Internet)

PETUNJUK PENGGUNAAN PENGGUNAAN APLIKASI MCBI. (Mobile Commerce Berbasis Internet) MANUAL BOOK Rev. 10 Mei 2017 PETUNJUK PENGGUNAAN PENGGUNAAN APLIKASI MCBI (Mobile Commerce Berbasis Internet) Web Developer CV. Dhia Nailah www.dhianailah.com A. KONTEN SISTEM MCBI Secara garis besar MCBI

Lebih terperinci

Prosedur Penggunaan Program Gambar 4.7 Halaman Home

Prosedur Penggunaan Program Gambar 4.7 Halaman Home Prosedur Penggunaan Program Gambar 4.7 Halaman Home Tampilan di atas merupakan halaman home atau halaman awal pada website Hotel Peony. Pada tampilan ini, di bagian kiri atas terdapat logo Hotel Peony,

Lebih terperinci

sebelumnya, yaitu hasil Aplikasi Pemesanan Kamar pada Hotel Relasi (php) yang bertujuan untuk membuat suatu aplikasi web pemasaran pada Hotel

sebelumnya, yaitu hasil Aplikasi Pemesanan Kamar pada Hotel Relasi (php) yang bertujuan untuk membuat suatu aplikasi web pemasaran pada Hotel 70 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Hasil Dalam bab ini akan dijelaskan mengenai hasil dari rancangan dalam bab sebelumnya, yaitu hasil Aplikasi Pemesanan Kamar pada Hotel Relasi Palembang dimana aplikasi

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1. HASIL Berdasarkan rancangan pada Bab terdahulu maka dapat dihasilkan suatu sistem sistem informasi yang terdiri dari dua rancangan, rancangan pertama yaitu rancangan menu

Lebih terperinci

BAB III. PERANCANGAN SISTEM

BAB III. PERANCANGAN SISTEM 22 BAB III. PERANCANGAN SISTEM 3.1 Rancangan DFD Diagram arus data dari sistem informasi website CV Saint De Valo terdiri dari : a. Registrasi dan Login Proses ini merupakan proses awal ketika user mengakses

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. semakin maju karena untuk mempermudah manusia melakukan berbagai. kegiatan dalam kehidupan. Misal kemajuan dalam bidang pendidikan,

BAB I PENDAHULUAN. semakin maju karena untuk mempermudah manusia melakukan berbagai. kegiatan dalam kehidupan. Misal kemajuan dalam bidang pendidikan, BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Masalah Dalam era globalisasi saat ini perkembangan teknologi informasi semakin maju karena untuk mempermudah manusia melakukan berbagai kegiatan dalam kehidupan.

Lebih terperinci

Universitas Islam Negeri Surabaya USER GUIDE SISTEM PENDAFTARAN ONLINE PENERIMAAN MAHASISWA BARU ONLINE (UINSA) PENDAFTAR

Universitas Islam Negeri Surabaya USER GUIDE SISTEM PENDAFTARAN ONLINE PENERIMAAN MAHASISWA BARU ONLINE (UINSA) PENDAFTAR Universitas Islam Negeri Surabaya USER GUIDE SISTEM PENDAFTARAN ONLINE PENERIMAAN MAHASISWA BARU ONLINE (UINSA) PENDAFTAR 2014 Contents 1 BAGAIMANA MENGAKSES PENERIMAAN MAHASISWA BARU ONLINE?... 2 2 BAGAIMANA

Lebih terperinci

Bab IV HASIL DAN ANALISIS

Bab IV HASIL DAN ANALISIS Bab IV HASIL DAN ANALISIS 4.1 Implementasi Dari tahap-tahap yang telah dilakukan, didapatkan hasil Sistem Informasi Pemesanan Tiket Bus Berbasis Web. Berikut adalah tampilan yang dihasilkan: a. Halaman

Lebih terperinci

I.1 Latar Belakang Masalah

I.1 Latar Belakang Masalah BAB I PENDAHULUAN I.1 Latar Belakang Masalah Dewasa ini kebutuhan akan transportasi terus meningkat. Jarak yang menjadi masalah pada awalnya, tidak menjadi masalah lagi dengan banyaknya jenis transportasi.

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan Sistem Reservasi Online Kebun Raya Cibodas LIPI

Petunjuk Penggunaan Sistem Reservasi Online Kebun Raya Cibodas LIPI Petunjuk Penggunaan Sistem Reservasi Online Kebun Raya Cibodas LIPI 1. Buka Sistem Reservasi Online Kebun Raya Cibodas LIPI melalui browser Anda dengan alamat http://krcibodas.lipi.go.id/reservasi atau

Lebih terperinci

PANDUAN SMART ONLINE

PANDUAN SMART ONLINE PANDUAN SMART ONLINE I. REGISTRASI 2 II. III. PEMESANAN 1. Permintaan Pemesanan 4 2. Konfirmasi Pemesanan Oleh Pengguna 5 3. Persetujuan Atasan 8 ALUR KERJA SMART ONLINE SYSTEM 1. Alur Registrasi 10 2.

Lebih terperinci

Menambah Barang Baru dengan Bulk Import

Menambah Barang Baru dengan Bulk Import Panduan Konektifa Panduan Umum REGISTRASI LOGIN DASHBOARD INVENTORI Menambah Barang Baru Menambah Varian Barang Menambah Barang Baru dengan Bulk Import Menambah Stok Barang Mengurangi Stok Barang PENJUALAN

Lebih terperinci

TUGAS UAS. Rekayasa Perangkat Lunak

TUGAS UAS. Rekayasa Perangkat Lunak TUGAS UAS Rekayasa Perangkat Lunak Disusun Oleh : Vilio Rossy : G.131.13.0063 Fakultas Teknologi Informatika Informasi Universitas Semarang Use Case Diagram SISTEM RESERVASI ONLINE PALACE FINE CUISINE

Lebih terperinci

TUTORIAL PENGGUNAAN APLIKASI maufutsal.com UNTUK PEMILIK LAPANGAN

TUTORIAL PENGGUNAAN APLIKASI maufutsal.com UNTUK PEMILIK LAPANGAN TUTORIAL PENGGUNAAN APLIKASI maufutsal.com UNTUK PEMILIK LAPANGAN Sejalan dengan perkembangan teknologi Informasi yaitu teknologi data, maka seluruh kegiatan aktivitas bisnis dapat diintegrasikan dalam

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. semakin penting karena sangat dibutuhkan. Misalnya, teknologi sistem informasi

BAB I PENDAHULUAN. semakin penting karena sangat dibutuhkan. Misalnya, teknologi sistem informasi 1 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Penelitian Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini lebih pesat dari tahun tahun sebelumnya. Peranan teknologi dalam berbagai bidang juga sudah semakin

Lebih terperinci

KATEGORI NO PERTANYAAN

KATEGORI NO PERTANYAAN KATEGORI NO PERTANYAAN JAWABAN 1 Apa itu Ruparupa? Ruparupa merupakan toko online pertama dari Kawan Lama Group yang dapat diakses 7 x 24 jam melalui situs. Produk-produk yang dijual disitus ini dapat

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. dirasakan dibidang informasi adalah teknologi internet.

BAB I PENDAHULUAN. dirasakan dibidang informasi adalah teknologi internet. BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Perkembangan sistem informasi begitu pesat yang mengakibatkan banyak perubahan disegala bidang dalam kehidupan manusia. Salah satu dampak yang dirasakan dibidang

Lebih terperinci

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN 20 BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN Dalam bab ini akan dibahas analisis dan perancangan aplikasi info rumah kost berbasis web. Perancangan ini merupakan kelanjutan dari studi literatur tentang aplikasi

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Dalam merancang dan membangun sistem penjualan online ini ada

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Dalam merancang dan membangun sistem penjualan online ini ada BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1. Implementasi Sistem Dalam merancang dan membangun sistem penjualan online ini ada beberapa spesifikasi perangkat lunak dan perangkat keras yang dibutuhkan. Perangkat

Lebih terperinci

BAB IV HASIL RANCANGAN

BAB IV HASIL RANCANGAN BAB IV HASIL RANCANGAN 4.1 Perancangan Kebutuhan Sistem Dalam merancang Sistem Reservasi dan Tracking dibutuhkan beberapa spesifikasi Hardware dan Software diantaranya : 4.1.1 Spesifikasi Hardware Dalam

Lebih terperinci

USER GUIDE tripioonline.com Halaman awal

USER GUIDE tripioonline.com Halaman awal USER GUIDE tripioonline.com Halaman awal 1. Keranjang Belanja, menampung jenis dan jumlah item yang akan di beli. 2. Checkout, proses lanjutan dari keranjang belanja, setelah barang dipilih, maka lakukan

Lebih terperinci

ABACA-MYDCARD.COM. Buku Petunjuk. V1.1 Mei 2016

ABACA-MYDCARD.COM. Buku Petunjuk. V1.1 Mei 2016 ABACA-MYDCARD.COM Buku Petunjuk V1.1 Mei 2016 Table of Content 1 PENDAHULUAN... 1 1.1 Tipe-Tipe Pembeli... 1 1.2 Diskon...1 2 PENDAFTARAN... 2 3 LOGIN... 5 4 BELANJA... 6 4.1 Tas Belanja...7 4.2 INFO PENGIRIMAN...

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. 1 Universitas Kristen Maranatha

BAB I PENDAHULUAN. 1 Universitas Kristen Maranatha BAB I PENDAHULUAN Kegiatan-kegiatan pelayanan jasa di berbagai perusahaan sudah mengalami kemajuan yang pesat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini ditandai dengan semakin berkembangnya pemakaian

Lebih terperinci

Gambar 1 Tampilan Homepage

Gambar 1 Tampilan Homepage Prosedur penggunaan aplikasi a. Homepage Employer dan Jobseeker Gambar 1 Tampilan Homepage Employer dan jobseeker berbagi tampilan utama yang sama, pada tampilan awal tersebut employer dan jobseeker dapat

Lebih terperinci

Berikut merupakan prosedur penggunaan pada non-login :

Berikut merupakan prosedur penggunaan pada non-login : Prosedur Penggunaan Berikut merupakan prosedur penggunaan pada non-login : 1. Beranda untuk Umum Gambar 4.1 Beranda Untuk Umum Pada halaman ini, user dapat membaca pengumuman yang telah diterbitkan oleh

Lebih terperinci

PANDUAN PENDAFTARAN https://www.mikroskil.ac.id/pmbp (Update: )

PANDUAN PENDAFTARAN https://www.mikroskil.ac.id/pmbp (Update: ) PANDUAN PENDAFTARAN https://www.mikroskil.ac.id/pmbp (Update: 2017-06-05) PROSEDUR PENDAFTARAN MAHASISWA BARU 1. Calon Mahasiswa Buat Akun 2. Calon Mahasiswa Aktivasi Akun. No Virtual Account Biaya Pendaftaran

Lebih terperinci

BAB 1 PENDAHULUAN. 20 Universitas Kristen Maranatha

BAB 1 PENDAHULUAN. 20 Universitas Kristen Maranatha BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Pada jaman sekarang, teknologi internet sudah berkembang pesat. Komunikasi antar manusia pun dapat dimudahkan dengan adanya teknologi ini. Pencarian informasi pun dapat

Lebih terperinci

CARA MENJALANKAN PROGRAM

CARA MENJALANKAN PROGRAM CARA MENJALANKAN PROGRAM 1. Tiket Pesawat Buka browser ketik localhost/thykatravel/ maka akan tampil program halaman utama da nada beberapa halaman diantaranya halaman tiket pesawat, tiket kereta api dan

Lebih terperinci

BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN. berikut analisa sistem lama yang berjalan:

BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN. berikut analisa sistem lama yang berjalan: BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN 3.1. Analisa Sistem Lama Pada saat ini, Toko Fadhil adalah sebuah toko yang menjual berbagai perlengkapan bayi. Transaksi pembelian yang berjalan masih konvensional, berikut

Lebih terperinci

Tutorial Menggunakan webpraktis profil bisnis

Tutorial Menggunakan webpraktis profil bisnis Tutorial Menggunakan webpraktis profil bisnis 1. Kunjungi Webpraktis.com dan klik tombol Buat Website 2. Pilih Jenis Template Setelah klik buat website,pilih template yang ingin Anda gunakan dari kategori

Lebih terperinci

[PANDUAN PENGGUNAAN WEB REPORT]

[PANDUAN PENGGUNAAN WEB REPORT] 2015 PT. Bimasakti Multi Sinergi [PANDUAN PENGGUNAAN WEB REPORT] Web report adalah website yang wajib digunakan oleh mitra loket Fastpay, dalam melakukan pengecekan transaksi, mutasi saldo, pembelian perangkat

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Agar aplikasi berjalan sesuai harapan, dalam kegiatan implementasi

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Agar aplikasi berjalan sesuai harapan, dalam kegiatan implementasi BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Kebutuhan Sistem Agar aplikasi berjalan sesuai harapan, dalam kegiatan implementasi aplikasi membutuhkan keras dan lunak. 4.1.1 Kebutuhan Perangkat Keras Kebutuhan

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Informasi merupakan salah satu kebutuhan yang sangat. penting bagi masyarakat di era globalisasi seperti sekarang ini.

BAB I PENDAHULUAN. Informasi merupakan salah satu kebutuhan yang sangat. penting bagi masyarakat di era globalisasi seperti sekarang ini. BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Informasi merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat di era globalisasi seperti sekarang ini. Kini masyarakat semakin mudah mendapatkan informasi,

Lebih terperinci

UKDW BAB 1 PENDAHULUAN

UKDW BAB 1 PENDAHULUAN BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Yogyakarta merupakan salah satu tempat pariwisata yang banyak dikunjungi wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Dalam berwisata ke Yogyakarta seringkali wisatawan-wisatawan

Lebih terperinci

Gambar 4.22 Layar Tambah Instruktur Admin

Gambar 4.22 Layar Tambah Instruktur Admin 270 Gambar 4.22 Layar Tambah Instruktur Admin Layar ini merupakan layar Tambah Instruktur untuk admin yang telah melakukan login. Layar ini berisi formulir pengisisan data-data diri instruktur. Tombol

Lebih terperinci

Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Laptop

Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Laptop Analisis dan Perancangan Informasi Penjualan Laptop Disusun oleh: Bram Dermawan 13121020 Rendy Rangga Yudha 13121005 Program Studi Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Lebih terperinci

User Guide Membership.

User Guide Membership. User Guide Membership www.iapi.or.id Menu Membership LOGIN www.iapi.or.id/login LOGIN dibagi menjadi 2 kategori: 1. Login Member IAPI Menu ini digunakan untuk masuk ke dalam akun keanggotaan. Setiap anggota

Lebih terperinci

Bab IV. HASIL DAN ANALISIS

Bab IV. HASIL DAN ANALISIS Bab IV. HASIL DAN ANALISIS 4.1 Hasil Karya / Implementasi Dari tahap-tahap yang telah dilakukan sebelumnya, maka dihasilkan website Jual Pintu dan Jendela Rumah. Berikut adalah tampilan website : 1. Halaman

Lebih terperinci

PORTAL Akademik. Panduan Penggunaan Portal Mahasiswa. Politeknik Negeri Medan

PORTAL Akademik. Panduan Penggunaan Portal Mahasiswa. Politeknik Negeri Medan PORTAL Akademik Panduan Penggunaan Portal Mahasiswa Politeknik Negeri Medan 2015 1 Perubahan Profil 1. Lakukan Login melalui aplikasi https://pendaftaran.polmed.ac.id/portal 1.Diisi denga NIM 2.Diisi denga

Lebih terperinci

Prosedur Menjalankan Program

Prosedur Menjalankan Program Prosedur Menjalankan Program Terima kasih bagi pengguna aplikasi sistem penjualan berbasis web pada Sun Pratama Mandiri. Berikut merupakan langkah-langkah dalam penggunaan aplikasi. Disini kami akan menampilkan

Lebih terperinci

Manual Registrasi TBO dan Pemesanan. Untuk Mahasiswa dan Umun

Manual Registrasi TBO dan Pemesanan. Untuk Mahasiswa dan Umun Manual Registrasi TBO dan Pemesanan Untuk Mahasiswa dan Umun 2013 PETUNJUK TEKNIS MODUL PELANGGAN TBO... 2 I. REGISTRASI.... 2 1. Halaman Depan Aplikasi TBO.... 2 2. Formulir Pendaftaran.... 3 3. Konfirmasi

Lebih terperinci

- Pengoperasian program mudah untuk dijalankan. - Tampilan program aplikasi cukup baik Konversi Data, Backup dan Recovery Data

- Pengoperasian program mudah untuk dijalankan. - Tampilan program aplikasi cukup baik Konversi Data, Backup dan Recovery Data 344 4.3.4 Evaluasi Sistem Berikut adalah hasil evaluasi kepada para pengguna terhadap sistem yang telah kami buat, yaitu: - Aplikasi yang ada membuat pekerjaan mereka yang lebih mudah - Pengoperasian program

Lebih terperinci

Modul Panduan. tokobagus.com. albert

Modul Panduan. tokobagus.com. albert Modul Panduan tokobagus.com albert TENTANG TOKOBAGUS Tokobagus adalah sebuah situs dimana perusahaan dan perorangan dapat menjual dan membeli produk maupun jasa. Tokobagus sangat mudah untuk digunakan

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Dalam mengimplementasikan sistem yang dijalankan, maka diperlukan beberapa

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Dalam mengimplementasikan sistem yang dijalankan, maka diperlukan beberapa BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1. Implementasi 4.1.1. Sumberdaya yang Dibutuhkan Dalam mengimplementasikan sistem yang dijalankan, maka diperlukan beberapa kebutuhan yang harus disiapkan. Kebutuhan-kebutuhan

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Usaha pelayanan jasa penyewaan peralatan pesta yang menawarkan

BAB I PENDAHULUAN. Usaha pelayanan jasa penyewaan peralatan pesta yang menawarkan 1 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Usaha pelayanan jasa penyewaan peralatan pesta yang menawarkan berbagai macam produk-produk seperti tenda, sound system, catering, dan dekorasi dari waktu ke waktu

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Rental Daras Corporation adalah suatu rental mobil yang terletak Jl.

BAB I PENDAHULUAN. Rental Daras Corporation adalah suatu rental mobil yang terletak Jl. BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Rental Daras Corporation adalah suatu rental mobil yang terletak Jl. Merkuri Selatan II No. 17 Margahayu Raya Bandung Jawa Barat 40286. Rental Daras Corporation

Lebih terperinci

PANDUAN AGEN MENJADI. Edisi 2.0/2/2016/II. Kudoplex Jl. Yado 1 No. 7, Radio Dalam Jakarta Selatan

PANDUAN AGEN MENJADI. Edisi 2.0/2/2016/II. Kudoplex Jl. Yado 1 No. 7, Radio Dalam Jakarta Selatan Edisi 2.0/2/2016/II PANDUAN MENJADI AGEN PT Kudo Teknologi Indonesia Kudoplex Jl. Yado 1 No. 7, Radio Dalam Jakarta Selatan 12140 +62 21 2751 3980 www.kudo.co.id Kudo Indonesia Kudo Indonesia Kudo Indonesia

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. Aplikasi yang dibuat ini akan digunakan oleh admin terlebih dahulu

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. Aplikasi yang dibuat ini akan digunakan oleh admin terlebih dahulu BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 4.1 Implementasi Program Aplikasi yang dibuat ini akan digunakan oleh admin terlebih dahulu dengan membuat account, kemudian calon pendaftar mengakses halaman yang

Lebih terperinci

Lampiran Activity diagram. Gambar Activity Diagram Registrasi

Lampiran Activity diagram. Gambar Activity Diagram Registrasi Lampiran Activity diagram Gambar Activity Diagram Registrasi A1 Gambar Activity Diagram Login A2 Gambar Activity Diagram Edit Profile A3 Gambar Activity Diagram Change Password A4 Gambar Activity Diagram

Lebih terperinci

CARA PENDAFTARAN MEMBER TOKOCATLANCAR.CO.ID. Cara mendaftar sebagai member Tokocatlancar.co.id

CARA PENDAFTARAN MEMBER TOKOCATLANCAR.CO.ID. Cara mendaftar sebagai member Tokocatlancar.co.id CARA PENDAFTARAN MEMBER TOKOCATLANCAR.CO.ID Cara mendaftar sebagai member Tokocatlancar.co.id 1. Masuk pada URL https://tokocatlancar.co.id/register, kemudian akan tampil halaman pendaftaran member seperti

Lebih terperinci

Gambar 4.78 Rancangan Layar History Faktur Penjualan Konsinyasi

Gambar 4.78 Rancangan Layar History Faktur Penjualan Konsinyasi 122 Memilih No Faktur Penjualan Konsinyasi yang telah disimpan Gambar 4.78 Rancangan Layar History Faktur Penjualan Konsinyasi Masuk ke dalam layar Buat Surat Tagih Masuk ke dalam layar History Surat Tagih

Lebih terperinci

1. Pembeli wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh IDEWIDY. Pembeli melakukan pembayaran dengan menggunakan metode

1. Pembeli wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh IDEWIDY. Pembeli melakukan pembayaran dengan menggunakan metode 1. Pembeli wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh IDEWIDY. Pembeli melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Pembeli,

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e-purchasing ALAT MESIN PERTANIAN (ALSINTAN) PANITIA

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e-purchasing ALAT MESIN PERTANIAN (ALSINTAN) PANITIA PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e-purchasing ALAT MESIN PERTANIAN (ALSINTAN) PANITIA Update 27 Februari 2014 Daftar Isi 1 Pendahuluan... 2 1.1 Alur Proses e-purchasing Alsintan Pemerintah Dalam Aplikasi...

Lebih terperinci

Bab III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM

Bab III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM Bab III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM 1.1 Tentang perusahaan Perusahaan otobus Sumber Alam hingga saat ini sudah mengalami beberapa kali transformasi dalam perkembangannya. Pada kisaran tahun 1969 dibentuklah

Lebih terperinci

BAB III DESAIN. Untuk mendapatkan requirement gathering penulis menyebarkan. kuesioner secara online melalui media sosial selama 1 bulan pada tabel

BAB III DESAIN. Untuk mendapatkan requirement gathering penulis menyebarkan. kuesioner secara online melalui media sosial selama 1 bulan pada tabel BAB III DESAIN 3.1 Requirement Gathering Untuk mendapatkan requirement gathering penulis menyebarkan kuesioner secara online melalui media sosial selama 1 bulan pada tabel 3.1 menunjukan modus(hasil paling

Lebih terperinci

Bab III PERANCANGAN SISTEM

Bab III PERANCANGAN SISTEM Bab III PERANCANGAN SISTEM 1.1 Analisa Kebutuhan Telah dijelaskan dibab satu tentang masalah yang muncul dalam proses pemesanan tiket bus, dengan memanfaatkan fasilitas internet yaitu website. Penulis

Lebih terperinci

Gambar 4.1. Running Apache dan MySQL

Gambar 4.1. Running Apache dan MySQL BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 1.1 Pembangunan Sistem 1.1.1 Instalasi Aplikasi Server Langkah pertama dalam pembangunan aplikasi ini adalah melakukan instalasi aplikasi server yaitu menggunakan XAMPP. Setelah

Lebih terperinci

TUGAS ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM PENJUALAN LAPTOP

TUGAS ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM PENJUALAN LAPTOP TUGAS ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM PENJUALAN LAPTOP Disusun oleh : Bram Dermawan 13121020 Rendy Rangga Yudha 13121005 FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS MERCUBUANA YOGYAKARTA 2016 DAFTAR ISI Contents

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. perkembangan teknologi internet pada bidang perdagangan. E-commerce

BAB I PENDAHULUAN. perkembangan teknologi internet pada bidang perdagangan. E-commerce BAB I PENDAHULUAN I.1 Latar belakang masalah Electronic commerce atau e-commerce adalah salah satu dampak perkembangan teknologi internet pada bidang perdagangan. E-commerce memberikan berbagai kemudahan

Lebih terperinci

Manual Penggunaan Aplikasi POS Kuliner UKM

Manual Penggunaan Aplikasi POS Kuliner UKM 1. Halaman Login Manual Penggunaan Aplikasi POS Kuliner UKM Di bawah ini merupakan halaman login baik admin ataupun user. Gambar Halaman Login Terdapat Username, Password dan Status. Di dalam status terdapat

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN ANALISA

BAB IV HASIL DAN ANALISA BAB IV HASIL DAN ANALISA 4.1 Hasil Karya / Implementasi Hasil karya yang penulis buat ini adalah sebuah aplikasi informasi yang berbasis web yang berisi tentang informasi penjualan sepatu yang bertujuan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 43 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Batasan Implementasi 1. Sistem informasi manajemen wedding organizer dikembangkan dalam lingkungan perangkat keras komputer yang memiliki spesifikasi sebagai berikut:

Lebih terperinci

MANUAL REGISTRASI INDIVIDU

MANUAL REGISTRASI INDIVIDU MANUAL REGISTRASI INDIVIDU Copyright 2014 Simian Group. All rights reserved. PARTICIPANT REGISTRATION LOGIN FORM Untuk bisa mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh APRDI anda harus jadi terdaftar menjadi

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN ANALISIS

BAB IV HASIL DAN ANALISIS 52 BAB IV HASIL DAN ANALISIS 4.1 Hasil Karya / Implementasi Dari tahap-tahap perancangan yang telah dilakukan sebelumnya, maka dihasilkan Pembuatan Website Pada Distro Happy Sunday Sebagai Media Promosi

Lebih terperinci

FLEXIBLE & SIMPLE E-COMMERCE MANUAL SISTEM MANAJEMEN KONTEN (CMS) ONLINE SHOP. Copyright 2016 by Flimmerce

FLEXIBLE & SIMPLE E-COMMERCE MANUAL SISTEM MANAJEMEN KONTEN (CMS) ONLINE SHOP. Copyright 2016 by Flimmerce FLEXIBLE & SIMPLE E-COMMERCE MANUAL SISTEM MANAJEMEN KONTEN (CMS) ONLINE SHOP Copyright 2016 by Flimmerce 1 DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL... 1 DAFTAR ISI... 2 HALAMAN LOGIN... 4 Melakukan Login... 4 Lupa Password

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PEJABAT PENGADAAN

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PEJABAT PENGADAAN PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PEJABAT PENGADAAN Update 18 Februari 2015 Daftar Isi 1 Pendahuluan... 2 1.1 Alur Proses e- Purchasing Produk Barang/Jasa Pemerintah

Lebih terperinci

Penjualan Buku Online Toko Buku Gramedia Jember

Penjualan Buku Online Toko Buku Gramedia Jember Penjualan Buku Online Toko Buku Gramedia Jember Disusun oleh : 1. Eko Ribut Santoso (0910651221) 2. Wahyudi Harnowo (0910651222) 3. Ahmad Eko Budi P (0910651228) 4. Mahfud Hamsyah (0910651253) JURUSAN

Lebih terperinci

Expedia Collect. Selamat datang di Expedia

Expedia Collect. Selamat datang di Expedia Selamat datang di Expedia Selamat datang di Expedia Terima kasih telah bergabung bersama Expedia, jaringan penyedia layanan perjalanan internasional yang terdiri dari berbagai merek besar dunia. Terima

Lebih terperinci

3. Silahkan isi nama hotel / nama kota, tanggal check-in, jumlah malam dan jumlah kamar yang di pesan lalu klik CARI HOTEL

3. Silahkan isi nama hotel / nama kota, tanggal check-in, jumlah malam dan jumlah kamar yang di pesan lalu klik CARI HOTEL Panduan Reservasi Hotel Untuk Hotel Pemesanan nya langsung Issued (potong deposit), tidak bisa di booking terlebih dahulu. Ada 2 cara untuk Reservasi Hotel, yang pertama lewat menu Booking Hotel dan yang

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN BARANG/JASA PEMERINTAH PEJABAT PENGADAAN

PETUNJUK PENGGUNAAN BARANG/JASA PEMERINTAH PEJABAT PENGADAAN PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e-purchasing PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PEJABAT PENGADAAN Update 25 Mei 2015 Daftar Isi 1 Pendahuluan... 2 1.1 Alur Proses e-purchasing Produk Barang/Jasa Pemerintah Dalam

Lebih terperinci

Manual Book. PG Online

Manual Book. PG Online Manual Book PG Online WWW.PG-AM.COM I. PENDAFTARAN NASABAH BARU (New Customer) 1. Buka browser Anda dan masukan alamat link : https://www.pgonline.co.id 2. Maka akan tampil gambar seperti dibawah ini ;

Lebih terperinci

BAB 1. PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang Masalah

BAB 1. PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang Masalah Tabel 3. 60 Kamus Data Provinsi... 76 Tabel 3. 61 Kamus Data Rating Harga... 76 Tabel 3. 62 Kamus Data Rating Kebersihan... 77 Tabel 3. 63 Kamus Data Rating Pelayanan... 77 Tabel 3. 64 Kamus Data Reservasi...

Lebih terperinci

Prosedur Penggunaan Aplikasi. 1. Prosedur Penggunaan Aplikasi Client. a. Menu Utama

Prosedur Penggunaan Aplikasi. 1. Prosedur Penggunaan Aplikasi Client. a. Menu Utama Prosedur Penggunaan Aplikasi 1. Prosedur Penggunaan Aplikasi Client a. Menu Utama Gambar Tampilan Menu Utama Ketika pelanggan ingin memesan makanan, pelanggan pertama kali akan dihadapkan dengan Menu Utama

Lebih terperinci

PANDUAN SMART ONLINE

PANDUAN SMART ONLINE PANDUAN SMART ONLINE I. REGISTRASI 2 II. III. PEMESANAN 1. Permintaan Pemesanan 3 2. Konfirmasi Pemesanan Oleh Pengguna 5 3. Persetujuan Atasan 6 ALUR KERJA SMART ONLINE SYSTEM 1. Alur Registrasi 7 2.

Lebih terperinci

Panduan Member Area. Turorial dari Pembuatan , Pendaftaran sampai penggunaan sub2 menu pada member Area

Panduan Member Area. Turorial dari Pembuatan  , Pendaftaran sampai penggunaan sub2 menu pada member Area Panduan Member Area Turorial dari Pembuatan email, Pendaftaran sampai penggunaan sub2 menu pada member Area Cara Membuat E-mail di Gmail Cara Membuat Email Baru Di Gmail (Google Mail) Gratis! Cara membuat

Lebih terperinci

Gambar 4.35 Halaman Contact Us

Gambar 4.35 Halaman Contact Us 256 Gambar 4.35 Halaman Contact Us Pada gambar 4.35 dapat dilihat menu Contact Us, dimana pelanggan dapat memberikan saran, kritik, ataupun komentar melalui menu Contact Us tersebut. Pada halaman ini juga

Lebih terperinci

BAB 1 PENDAHULUAN. PT. Antonindo Surya Astra merupakan suatu instansi atau perusahaan yang bergerak

BAB 1 PENDAHULUAN. PT. Antonindo Surya Astra merupakan suatu instansi atau perusahaan yang bergerak BAB 1 PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang PT. Antonindo Surya Astra merupakan suatu instansi atau perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa yaitu perhotelan dengan nama Antoni Hotel, yang terletak di Jl.

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang

BAB I PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Perkembangan teknologi menyebabkan bertambahnya kebutuhan manusia akan informasi. Saat ini teknologi informasi memegang peranan penting dan telah banyak di pakai untuk

Lebih terperinci

BAB III ANALISIS DAN DESAIN SISTEM

BAB III ANALISIS DAN DESAIN SISTEM BAB III ANALISIS DAN DESAIN SISTEM III.1. Analisis Sistem yang Sedang Berjalan Sebuah sistem informasi dapat efektif jika sistem tersebut dapat memberikan gambaran secara detail dari karakteristik informasi

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN COORBY BISNIS

PANDUAN PENGGUNAAN COORBY BISNIS PANDUAN PENGGUNAAN COORBY BISNIS 1. Daftar Akun Jika belum punya akun, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar terlebih dahulu, caranya yaitu dengan mengklik daftar disini yang ditunjukkan

Lebih terperinci

Totalitas Dalam Pelayanan Menjadi Kebanggaan. Rabu, 28 Januari 2015

Totalitas Dalam Pelayanan Menjadi Kebanggaan. Rabu, 28 Januari 2015 1. Masuk kedalam halaman login sistem www.mmbc-royalasia.com/login 2. Isi Username dengan login ID anda 3. Isi Password dengan password anda Menggunakan Sistem Reservasi Online (SOR) 1. Isi rute asal kota

Lebih terperinci

BAB 3 RANCANGAN ARSITEKTUR

BAB 3 RANCANGAN ARSITEKTUR 24 BAB 3 RANCANGAN ARSITEKTUR E-payment merupakan salah satu metode pembayaran barang atau jasa yang dilakukan secara online. Dalam pengembagan suatu e-payment terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan

Lebih terperinci

Bab III. PERANCANGAN SISTEM

Bab III. PERANCANGAN SISTEM Bab III. PERANCANGAN SISTEM 3.1 Analisis Sistem Secara umum pengertian dari sistem adalah sekelompok elemen atau komponen yang saling berhubungan dan bekerjasama dalam mencapai suatu tujuan tertentu. Elemen-elemen

Lebih terperinci

BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN 3.2 SEJARAH RUMAH HIJAU PT. PRIMA ANDRIYANI LESTARI

BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN 3.2 SEJARAH RUMAH HIJAU PT. PRIMA ANDRIYANI LESTARI 39 BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN 3.1 TINJAUAN ORGANISASI Organisasi adalah suatu sistem yang paling berpengaruh, mempengaruhi diantara orang dalam kelompok berkerjasama untuk mencapai suatu tujuan tertentu

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. dioperasikan. Pada tahap ini akan dijelaskan mengenai sistem yang dirancang

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. dioperasikan. Pada tahap ini akan dijelaskan mengenai sistem yang dirancang BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM 5.1. Implementasi Implementasi merupakan tahap meletakkan sistem supaya siap untuk dioperasikan. Pada tahap ini akan dijelaskan mengenai sistem yang dirancang dan

Lebih terperinci

PETUNJUK PEMESANAN TIKET KERETA API DENGAN LAYANAN CALL CENTER DAN PERBANKAN

PETUNJUK PEMESANAN TIKET KERETA API DENGAN LAYANAN CALL CENTER DAN PERBANKAN PETUNJUK PEMESANAN TIKET KERETA API DENGAN LAYANAN CALL CENTER DAN PERBANKAN PT. KERETA API (PERSERO) Untuk melayani kebutuhan pelanggan akan kemudahan membeli tiket kereta api, PT. Kereta Api Indonesia

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan Pendaftaran Online

Petunjuk Penggunaan Pendaftaran Online Pendaftaran Online Untuk daftar menjadi santri Pondok Pesantren Gadingmangu pertama kali yang dilakukan adalah memilih sekolah mana yang anda tuju baik yang bertempat tinggal di asrama ataupun selain di

Lebih terperinci

IMPLEMENTASI E-COMMERCE BUSINESS TO COSTUMER (B2C) SEBAGAI SOLUSI PENJUALAN KOMPUTER PADA IT SOLUTION BANJARMASIN BERBASIS WEB.

IMPLEMENTASI E-COMMERCE BUSINESS TO COSTUMER (B2C) SEBAGAI SOLUSI PENJUALAN KOMPUTER PADA IT SOLUTION BANJARMASIN BERBASIS WEB. Jurnal Teknik Mesin UNISKA Vol. 02 No. 02 Mei 2017 IMPLEMENTASI E-COMMERCE BUSINESS TO COSTUMER (B2C) SEBAGAI SOLUSI PENJUALAN KOMPUTER PADA IT SOLUTION BANJARMASIN BERBASIS WEB Budi Setiadi Fakultas Teknologi

Lebih terperinci

BUKU PETUNJUK PENGOPERASIAN APLIKASI UMPN (Untuk Siswa)

BUKU PETUNJUK PENGOPERASIAN APLIKASI UMPN (Untuk Siswa) 2016 BUKU PETUNJUK PENGOPERASIAN APLIKASI UMPN (Untuk Siswa) PANITIA PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR UMPN Daftar Isi Daftar Isi... 2 1. Petunjuk Umum UMPN... 3 1.1. Tahapan Pendaftaran... 3 1.2. Kompresi

Lebih terperinci

SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa

SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Aplikasi SIAM diperuntukkan bagi mahasiswa untuk membantu kegiatan akademiknya serta kebutuhan akan KRS-Online dan berisi data mahasiswa beserta status tahun ajaran

Lebih terperinci

BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM. permasalahan yang ada sebagai dasar untuk membuat sebuah solusi yang

BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM. permasalahan yang ada sebagai dasar untuk membuat sebuah solusi yang BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM 3.1 Analisis Masalah Langkah awal dalam pembuatan sistem adalah mengidentifikasi permasalahan yang ada sebagai dasar untuk membuat sebuah solusi yang disajikan dalam

Lebih terperinci

Y o u C a n S e e, Y o u C a n E a t, Y o u C a n B u y

Y o u C a n S e e, Y o u C a n E a t, Y o u C a n B u y Y o u C a n S e e, Y o u C a n E a t, Y o u C a n B u y PANDUAN PORTAL UKM XT TAHAP 1 Pendaftaran Akun TAHAP 1 Pendaftaran Akun Masuk ke portal UKM melalui web browser, ketik alamat url : ukm.xtsquare.co.id

Lebih terperinci

BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 5.1 Pengujian Sistem Pengujian merupakan bagian yang penting dalam pembangunan sebuah perangkat lunak, pengujian ditujukan untuk menemukan kesalahan-kesalahan pada

Lebih terperinci

Cara Menjalankan Program

Cara Menjalankan Program Cara Menjalankan Program a. Cara Kerja Sistem Implementasi sistem ini menampilkan tentang hasil-hasil program yang nantinya akan dipakai oleh admin dan Kasir dalam menjalankan programnya. b. Menjalankan

Lebih terperinci

Pendaftaran BlakBlakan.

Pendaftaran BlakBlakan. Pendaftaran BlakBlakan www.blakblakan.com Mendaftarkan Teman Atau Orang Lain Yang Anda Sponsori Secara Offline Anda dapat mendaftarkan teman atau orang lain yang Anda sponsori secara offline (bukan lewat

Lebih terperinci