DAFTAR PUSTAKA. Abdullah Abdurrahman Saleh, Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan Al-Quran, Jakarta: Rineka Cipta, 1990

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "DAFTAR PUSTAKA. Abdullah Abdurrahman Saleh, Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan Al-Quran, Jakarta: Rineka Cipta, 1990"

Transkripsi

1 DAFTAR PUSTAKA Abdullah Abdurrahman Saleh, Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan Al-Quran, Jakarta: Rineka Cipta, 1990 Agus, Bustanuddin, Buku pedoman Kuliah Mahasiswa untuk Mata Ajaran pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, Ahmadi, Abu dan Joko Prasetyo. Tri.Strategi Belajar Mengajar. Bandung, CV Pusaka Setia, 1997 dan Widodo Supritomo, Psikologi Belajar, Jakarta, PT. Rineka Cipta, Cet pertama. al-bukhary, Abu Abdullah Muhammad bin Isma il bin Ibrahim bin Mughirah bin Bardizbah, Shahih al-bukhary, Beirut: Darul Qalam, Ali, Mohammad Daud, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, Ali, Muhammad, Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo Bandung, 2000 Arikunto, Suharmi, Menajemen Pengajaran, Jakarta:Rineka Cipta, Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Asnawir dan M. Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers, 2002, Cet. I. Azhar, Lalu M. Proses Belajar Mengajar Pola CBSA,Surabaya, Usana Offset Printing Danim, Sudarman, Menjadi Peneliti Kualitatif, Bandung: CV. Pustaka Setia, Daradjat, Zakiah, dkk, Metodelogi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta,

2 85 Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. Strategi belajar mengajar. Jakarta, PT Rineka Cipta. 1996, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2010., Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Asdi Mahasatya, 2008, Cet. kedua Hamalik, Oemar, Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, Harjanto, Perencanaan Pengajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2005, Cet IV. Ibrahim, R dan Nana Syaudih, Perencanaan Pengajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta, Kamus Besar Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: pusat bahasa departemen pendidikan nasional, 2005 Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2012 Mufarokah, Anissatul, Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta, Penerbit Teras, 2009 Namsa, Yunus, Metodelogi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Pustaka Firdaus, Nasir, Sahilun A dan Hafi Anshari, Pokok-pokok Pendidikan Agama Islam di Perguruan tinggi, Surabaya: Usana Offset Printing,1984. Rohani, Ahmad dan Abu Ahmadi, pengelolaan pengajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta, Sabri, Ahmad. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Ciputat, PT Ciputat Press Sahilun A Nasir dan Hafi Anshari, Pokok-pokok Pendidikan Agama Islam di Perguruan tinggi, Surabaya: Usana Offset Printing,1984. Sardiman A.M, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 1986., Media pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007

3 86 Slameto, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, Soemanto, Wasty, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta, Sudjana, Nana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo, Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta, PT Bumi Aksara, Sukmadinata,Nana Syaodih, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009, Cet. V Suryusubroto, B, Proses belajar Mengajar di sekolah, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002., Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: PT. Asdi Mahasatya, 2009, Cet. Kedua Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional beserta Penjelasannya, Jakarta: Cemerlang, Usman, Moh. Uzer, Menjadi guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, Yusuf, Tayar dan Syaiful Anwar, Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,1997.

4 87 DAFTAR TERJEMAH No Bab Hal Terjemah Sesungguhnya setiap perbuatan bergantung pada niat. Dan sesungguhnya setiap orang akan dibalas berdasarkan apa yang diniatkan. Barangsiapa yang hijrah karena mengharap dunia maka ia akan mendapatkannya. Dan barangsiapa yang hijrahnya karena wanita maka ia akan menikahinya. Maka hijrah seseorang akan bernilai sebagaimana yang diniatkannya Motivasi adalah usaha yang disadari oleh pihak guru untuk menimbulkan motif-motif pada diri peserta didik/pelajar yang menunjang kegiatan ke arah tujuantujuan belajar

5 88 PEDOMAN WAWANCARA DENGAN KEPALA SEKOLAH 1. Sejak kapan ibu menjabat sebagai kepala sekolah di MAN 2 Model Banjarmasin ini? 2. Bagaimana sejarah awal berdirinya Madrasah Aliyah Negeri 2 Modedel Banjarmasin ini? 3. Siapa saja yang pernah menjabat di sekolah ini? 4. Apakah tenaga pengajar disini dari jurusan keguruan semua? 5. Menurut ibu apakah selama ini guru-guru di sekolah ini selalu memberikan motivasi belajar terhadap siswa? 6. Bagaimana pihak sekolah, apakah ikut berperan dalam memberikan motivasi belajar terhadap siswa? 7. Menurut ibu apa yang menjadi kendala ibu dalam meningkat motivasi belajar siswa di MAN 2 Model Banjarmasin? 8. Bagaimana ibu mengatasi kendala yang ada dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN 2 Model Banjarmasin? 9. Apakah sarana dan prasarana di MAN 2 Model Banjarmasin sudah lengkap dan menunjang penciptaan pendidikan?

6 89 PEDOMAN WAWANCARA DENGAN GURU MATA PELAJARAN AL-QUR AN HADITS 1. Apa latar belakang pendidikan ibu? 2. Sudah berapa lama ibu mengajar? 3. Menurut ibu apakah motivasi belajar siswa itu? 4. Bagaimna cara ibu memulai pelajaran? 5. Strategi apa saja yang telah ibu gunakan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dikelas X Agama MAN 2 Model Banjarmasin? 6. Apa saja metode yang ibu gunakan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa? 7. Bagaimana cara ibu untuk meningkatkan motivasi belajar dalam proses pembelajaran Al-Qur an hadits di kelas X Agama? 8. Ketika pembelajaran berlangsung apakah ibu menggunakan media/alat pembelajaran? 9. Media apa saja yang ibu gunakan? 10. Apakah ibu memberikan nilai terhadap tugas yang diberikan kepada siswa? 11. Apakah nilai tersebut langsung ibu bagikan kepada siswa? 12. Apakah ibu pernah memberikan hadiah kepada siswa? 13. Pada saat apa ibu memberikan hadiah kepada siswa? 14. Bentuk hadiah apa saja yang ibu berikan? 15. Apakah ibu sebelum memulai pembelajaran ada menyiapkan rencana pembelajaran (RPP)? 16. Bagaimana cara ibu dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam proses pembelajaran Al-Qur an hadits? 17. Apakah ibu selalu melakukan evaluasi setelah pembelajaran? 18. Bagaimana cara ibu dalam mengevaluasi hasil belajar peserta didik?

7 Menurut ibu faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi untuk meningkatlkan motivasi belajara dalam pembelajaran akhlak di kelas X Agama MAN 2 Model Banjarmasin? 20. Menurut ibu bagaimana minat siswa kelas X Agama terhadap pelajaran Al- Qur an hadits? 21. Bagaimana semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran mata pelajaran yang ibu pegang? 22. Bagaimana sikap ibu menyikapi peserta didik yang pasif dalam pembelajaran? 23. Menurut ibu apakah sarana dan prasarana disekolah ini sudah cukup memadai untuk membantu proses pembelajaran? 24. Menurut ibu apakah lingkungan mempengaruhi motivasi peserta didik? 25. Menurut ibu bagaimana karakter siswa dikelas X Agama MAN 2 Model Banjarmasin?

8 91 PEDOMAN WAWANCARA DENGAN TATA USAHA 1. Bagaimana sejarah berdirinya MAN 2 Model Banjarmasin? 2. Fasilitas apa saja yang ada disekolah MAN 2 Model Banjarmasin? 3. Berapa jumlah ruangan yang ada? 4. Berapa jumlah tenaga pengajar disekolah ini? 5. Berapa jumlah tenaga administrasi disekolah ini? 6. Berapa jumlah seluruh siswa pada tahun 2015/2016? 7. Apa visi dan misi MAN 2 Model Banjarmasin?

9 92 PEDOMAN WAWANCARA DENGAN SISWA 1. Apakah anda berminat dengan pelajran Al-qur an hadits? 2. Apakah anda senang setiap pelajaran Al-Qur an hadits? 3. Apakah anda suka dengan guru pelajaran Al-Qur an hadits? 4. Apakah guru selalu membawa alat peraga ketika proses pembelajaran berlangsung? 5. Apakah guru selalu bemberi motivasi saat pelajaran Al-Qur an hadits? 6. Bagaimana strategi guru dalam memotivasi siswa 7. Apakah guru memperaktekkan apabila ada materi yang memerlukan praktek contohnya membaca Al-Qur an 8. Apakah guru langsung membagikan nilai tugas? 9. Ketika mengetahui nilai apakah anda termotivasi? 10. Pada saat apa guru memberikan hadiah? 11. Apakah anda termotivasi saat mendapatkan hadiah? 12. Apakah jam pelajaran mempengaruhi motivasi dalam belajar? 13. Apakah kendala yang kalian rasakan saat pembelajaran Al-Qur an hadits berlangsung? 14. Apakah metode dan strategi yang digunakan guru dalam proses pembelajaran membuat anda terbantu dalam menyerap materi pelajaran? 15. Apakah ada remedial untuk materi yang belum jelas? 16. Apakah ada saran dan kritik anda terhadap pelaksaan pembelajaran tersebut?

10 93 Pedoman Observasi 1. Mengamati lingkungan sekitar MAN 2 Model Banjarmasin 2. Mengamati kegiatan proses belajar mengajar dalam pembelajaran Al-Qur an hadits di kelas X Agama 3. Mengamati bentuk-bentuk respon yang dilakukan guru kepada siswa yang bersemangat dalam proses pembelajaran 4. Mengamati Bentuk-bentuk respon yang dilakukan guru kepada siswa yang kurang bersemangat dalam proses pembelajaran 5. Mengamati kemampuan guru dalam dalam upaya pemberian nilai 6. Mengamati kemampuan guru dalam upaya pemberian pujian 7. Mengamati kemampuan guru dalam upaya pemberian hadiah 8. Mengamati kemampuan guru dalam upaya pemberian kompetensi 9. Mengamati kemampuan guru dalam upaya pemberian nasehat 10. Mengamati kemampuan guru dalam upaya pemberian hukuman

11 Depan sekolahan MAN 2 Model Banjarmasin 94

12 95

13 Suasana saat pempelajaran Al-qur an hadits di kelas X agama 96

14 97

15 Wawancara dengan kepala sekolah 98

16 Wawancara dengan guru Al-Qur an Hadits 99

17 100 RIWAYAT HIDUP PENULIS 1. Nama Lengkap : Aulia Rahman 2. Tempat dan tanggal lahir : Banjarmasin,10 Oktobe Agama : Islam 4. Kebangsaan : Indonesia 5. Status perkawinan : Belum Kawin 6. Alamat : Jl. A. Yani KM. 3,5 Komp. Beringin Gg VI RT. 27 NO Pendidikan a. SDN Karang Mekar 3 Banjarmasin (2005) b. MTsN Mulawarman Banjarmasin (2008) c. MAN 2 Model Banjarmasin (2011) d. IAIN Antasari Banjarmasin (2016) 8. Organisasi : 9. Orang Tua Ayah Nama : M. Arsyad Tempat dan tanggal lahir Ayah : Barabai, 1965 Pekerjaan : - Alamat : Pandansari, Kec. Kintap. RT. 17 Ibu Nama : Hj. Hendra Yani Tempat dan tanggal lahir Ibu : Banjarmasin, 15 Desember 1969 Pekerjaan : Ibu Rumah Tangga Alamat : Jl. A. Yani KM. 3,5 Komp. Beringin Gg VI RT. 27 NO Saudara (jumlah saudara) : Tidak Ada Banjarmasin, Penulis,

DAFTAR PUSTAKA. Abdul Kadir Munsyi, dkk., Pedoman Mengajar (Bimbingan Praktis untuk Calon Guru), Surabaya: Al-ikhlas, 1991.

DAFTAR PUSTAKA. Abdul Kadir Munsyi, dkk., Pedoman Mengajar (Bimbingan Praktis untuk Calon Guru), Surabaya: Al-ikhlas, 1991. DAFTAR PUSTAKA Abdul Kadir Munsyi, dkk., Pedoman Mengajar (Bimbingan Praktis untuk Calon Guru), Surabaya: Al-ikhlas, 1991. Conny Setiawan dan AS Munandar, Memupuk Bakatdan Kreaktivitas Siswa Sekolah Umum,

Lebih terperinci

DAFTAR PUSTAKA. A. M, Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja

DAFTAR PUSTAKA. A. M, Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja DAFTAR PUSTAKA A. M, Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1996. A.M, Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Lebih terperinci

DAFTAR PUSTAKA. Ali, Muhammad, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 1987

DAFTAR PUSTAKA. Ali, Muhammad, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 1987 DAFTAR PUSTAKA Ali, Muhammad, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 1987 Aqib, Zainal, Model-Model Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif), Bandung: Yrama Widya,

Lebih terperinci

RIWAYAT HIDUP PENULIS

RIWAYAT HIDUP PENULIS RIWAYAT HIDUP PENULIS 1. NamaLengkap : Nurus Sifa 2. Tempatdantanggallahir : Gambut, 11 Agustus 1993 3. Agama : Islam 4. Kebangsaan : Indonesia 5. Status perkawinan : Belum Menikah 6. Alamat : Jln. A.Yani

Lebih terperinci

Mudjiono, dan Dimyati Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta. Mulyasa, E Menjadi Guru Profesional menciptakan Pembelajaran

Mudjiono, dan Dimyati Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta. Mulyasa, E Menjadi Guru Profesional menciptakan Pembelajaran DAFTAR RUJUKAN Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur

Lebih terperinci

BAB V PENUTUP. Penggunaan media pembelajaran pada materi Fikih kelas XI di MAN 5

BAB V PENUTUP. Penggunaan media pembelajaran pada materi Fikih kelas XI di MAN 5 BAB V PENUTUP A. Simpulan Berdasarkan data yang telah diperoleh dan dianalisis, maka penulis menyimpulkan bahwa: Penggunaan media pembelajaran pada materi Fikih kelas XI di MAN 5 Martapura, kegiatan pembelajaran

Lebih terperinci

BAB V PENUTUP. dengan kesimpulan oleh guru. 2. hasil belajar siswa menggunakan metode diskusi ini tidak memuaskan

BAB V PENUTUP. dengan kesimpulan oleh guru. 2. hasil belajar siswa menggunakan metode diskusi ini tidak memuaskan BAB V PENUTUP A. Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian dan uraian terdahulu, dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut : 1. Penerapan metode diskusi tidak efektif digunakan pada mata pelajaran Aqidah Akhlak

Lebih terperinci

BAB V KESIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN. maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:

BAB V KESIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN. maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: BAB V KESIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN A. Kesimpulan Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis yang dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1. Terdapat hubungan positif dan signifikan

Lebih terperinci

DAFTAR PUSTAKA. Abduh, Muhammad, Tafsir Juz Amma, Terjemah oleh Muhammad, Jakarta, Mizan, 1999.

DAFTAR PUSTAKA. Abduh, Muhammad, Tafsir Juz Amma, Terjemah oleh Muhammad, Jakarta, Mizan, 1999. DAFTAR PUSTAKA Abduh, Muhammad, Tafsir Juz Amma, Terjemah oleh Muhammad, Jakarta, Mizan, 1999. Ali, Muhammad, Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung, Sinar Baru Algesindo Offset, 2007 Arsyad, Azhar,

Lebih terperinci

DAFTAR TERJEMAH. No Bab / Halaman Terjemah

DAFTAR TERJEMAH. No Bab / Halaman Terjemah DAFTAR PUSTAKA Abu Ahmadi dan Ahmadi Rohani HM, Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 1991 Abu Ahmadi dan Widodo Suproyono,Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2001 Daryanto,

Lebih terperinci

DAFTAR PUSTAKA. Biologi Online https://zaifbio.wordpress.com/2015/10/21/penilaian-hasil-belajarberdasarkan aspek-kognitif-afektif-dan-psikomotor.

DAFTAR PUSTAKA. Biologi Online https://zaifbio.wordpress.com/2015/10/21/penilaian-hasil-belajarberdasarkan aspek-kognitif-afektif-dan-psikomotor. DAFTAR PUSTAKA Agus F. Tangyong, dkk, Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak,. Jakarta, Gramedia, 1990. Al-Rasyidin dan H. Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis Teoritis dan Praktis,

Lebih terperinci

DAFTAR PUSTAKA. Al-Qur an dan Terjemahnya, Departemen Agama Republik Indonesia, Semarang,

DAFTAR PUSTAKA. Al-Qur an dan Terjemahnya, Departemen Agama Republik Indonesia, Semarang, DAFTAR PUSTAKA Al-Qur an dan Terjemahnya, Departemen Agama Republik Indonesia, Semarang, Toha Putra, 2002 Djamarah Syaiful Bahri Drs., dan Drs. Aswan Zain., Strategi Belajar Mengajar, cet. Ke-II, Jakarta,

Lebih terperinci

BAB V PENUTUP. dilakukan, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: menggunakan alat peraga torso pada siklus I diperoleh rata-rata

BAB V PENUTUP. dilakukan, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: menggunakan alat peraga torso pada siklus I diperoleh rata-rata BAB V PENUTUP A. Kesimpulan Berdasarkan dari hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1. Pengelolaan pembelajaran dengan menerapkan metode demonstrasi

Lebih terperinci

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN BAB V KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru memilih bahan baku busana kelas

Lebih terperinci

SKRIPSI Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian Syarat Guna. Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.) Pada Jurusan PPKn OLEH:

SKRIPSI Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian Syarat Guna. Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.) Pada Jurusan PPKn OLEH: PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK DAN MOTIVASI EKSTRINSIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VII DI SMPN 1 BANYAKAN KEDIRI SKRIPSI Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian

Lebih terperinci

DAFTAR RUJUKAN. Aminuddin dkk Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi Umum. Bogor: Ghalia Indonesia.

DAFTAR RUJUKAN. Aminuddin dkk Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi Umum. Bogor: Ghalia Indonesia. DAFTAR RUJUKAN Aminuddin dkk. 2005. Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi Umum. Bogor: Ghalia Indonesia. Amiruddin, Zen. 2006.Ushul Fiqih. Surabaya: elkaf. Arifin, Zaenal. 2011. Evaluasi Pembelajaran

Lebih terperinci

BAB V PENUTUP. Kabupaten Barito Selatan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:

BAB V PENUTUP. Kabupaten Barito Selatan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: BAB V PENUTUP A. Simpulan Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan tentang pola interaksi dalam pembelajaran rumpun Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Barito Selatan,

Lebih terperinci

Hadi. Sutrisno, 1999, Metodologi Research II. (Jokjakarta:Andi Offset.1991) Mardalis. Metode Penelitian Suatu pendekatan proposal.

Hadi. Sutrisno, 1999, Metodologi Research II. (Jokjakarta:Andi Offset.1991) Mardalis. Metode Penelitian Suatu pendekatan proposal. DAFTAR PUSTAKA Al Qur an 58 : 11 M. Arifin, 1993 Ilmu Pendidikan Islam. (Jakarta: Bumi Aksara). Burke, Ray, 2004, 18 Kiat Membesarkan Anak Dengan Memanfaatkan Kecerdasan Emosional, (Batam: Interaksara,)

Lebih terperinci

BAB V PENUTUP. bab sebelumnya, maka peneliti dapat menyimpulkan sebagai berikut: pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MIS Al-Musyawarah kota

BAB V PENUTUP. bab sebelumnya, maka peneliti dapat menyimpulkan sebagai berikut: pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MIS Al-Musyawarah kota BAB V PENUTUP A. Simpulan Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah disajikan pada bab sebelumnya, maka peneliti dapat menyimpulkan sebagai berikut: 1. Penerapan metode bisik berantai untuk

Lebih terperinci

DAFTAR PUSTAKA. A. M, Sardirman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta : CV. Rajawali, 1986).

DAFTAR PUSTAKA. A. M, Sardirman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta : CV. Rajawali, 1986). DAFTAR PUSTAKA A. M, Sardirman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta : CV. Rajawali, 1986). Abror, Abdurrahman, Psikologi Pendidikan, (Yogyakarta: Tiara Wacana, 1993. Ali, Muhammad, Strategi

Lebih terperinci

DAFTAR PUSTAKA. Abdurrahman Abror, Psikologi Pendidikan, (Yogyakarta: Tiara Kencana, 1993) Agus Sujanto, Psikologi Umum, (Jakarta: Bumi Aksara, 1993)

DAFTAR PUSTAKA. Abdurrahman Abror, Psikologi Pendidikan, (Yogyakarta: Tiara Kencana, 1993) Agus Sujanto, Psikologi Umum, (Jakarta: Bumi Aksara, 1993) DAFTAR PUSTAKA Abdurrahman Abror, Psikologi Pendidikan, (Yogyakarta: Tiara Kencana, 1993) Agus Sujanto, Psikologi Umum, (Jakarta: Bumi Aksara, 1993) Anas sudiono, pengantar statistik pendidikan. (Jakarta:

Lebih terperinci

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN BAB V KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya, dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: Penggunaaan media gambar dalam pembelajaran IPS dapat

Lebih terperinci

DAFTAR PUSTAKA. Ahmad, M Pengembangan Kurikulum. Bandung: Pustaka Setia.

DAFTAR PUSTAKA. Ahmad, M Pengembangan Kurikulum. Bandung: Pustaka Setia. DAFTAR PUSTAKA Ahmad, M. 1998. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Pustaka Setia. Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetyo. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. Ali, Muhammad. 1992. Strategi

Lebih terperinci

RIWAYAT HIDUP PENULIS

RIWAYAT HIDUP PENULIS RIWAYAT HIDUP PENULIS 1. Nama Lengkap : Noor Jannah 2. Tempat / Tgl. Lahir : Tumbang Lahung, 19 Oktober 1993 3. Agama : Islam 4. Kebangsaan : Indonesia 5. Status Perkawinan : Belum Kawin 6. Alamat : Jl.

Lebih terperinci

DAFTAR PUSTAKA. Al-Maraghi, Ahmad Musthafa Terjemah Tafsir Al-Maraghi Juz V, Semarang:

DAFTAR PUSTAKA. Al-Maraghi, Ahmad Musthafa Terjemah Tafsir Al-Maraghi Juz V, Semarang: 88 DAFTAR PUSTAKA Abdullah, Abdurrahman Saleh. 1998. Teori-teori Pendidikan Berdasarkan Al- Qur an. Bandung: Remaja Rodakarya. Al-Maraghi, Ahmad Musthafa. 1993. Terjemah Tafsir Al-Maraghi Juz V, Semarang:

Lebih terperinci

BAB V PENUTUP. membuat perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. SLB Wacana Asih Padang adalah sebagai berikut:

BAB V PENUTUP. membuat perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. SLB Wacana Asih Padang adalah sebagai berikut: BAB V PENUTUP A. KESIMPULAN Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SLB Wacana Asih Padang tentang proses pembelajaran PAI pada anak berkebutuhan khusus, dari segi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi

Lebih terperinci

BAB IV PENUTUP. jumlah skor rata-rata berada pada klasifikasi sedang, yakni antara

BAB IV PENUTUP. jumlah skor rata-rata berada pada klasifikasi sedang, yakni antara BAB IV PENUTUP A. Kesimpulan Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1. Bahwa profesionalisme guru Bahasa Arab di MTs Al Fithrah Surabaya berada pada kualifikasi

Lebih terperinci

c. SMA Negeri 1 Gambut d. IAIN Antasari Banjarmasin 8. Organisasi : Kammi Komsat IAIN Antasari Banjarmasin 9. Orang Tua : Ayah :

c. SMA Negeri 1 Gambut d. IAIN Antasari Banjarmasin 8. Organisasi : Kammi Komsat IAIN Antasari Banjarmasin 9. Orang Tua : Ayah : 109 RIWAYAT HIDUP PENULIS 1. Nama Lengkap : Muhammad Gunawan Santoso 2. Tempat & tanggal lahir : Aluh-Aluh, 16 Oktober 1989 3. Agama : Islam 4. Kebangsaan : Indonesia 5. Status perkawinan : Menikah 6.

Lebih terperinci

BAB V PENUTUP. 1. Hasil belajar matematika siswa di kelas eksperimen dengan menggunakan

BAB V PENUTUP. 1. Hasil belajar matematika siswa di kelas eksperimen dengan menggunakan BAB V PENUTUP A. Simpulan Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1. Hasil belajar matematika siswa di kelas eksperimen dengan menggunakan media permainan

Lebih terperinci

DAFTAR PUSTAKA. Anwar, Moch. Idochi, Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan Teori, Konsep dan Isu, Bandung : Alfabeta, 2004.

DAFTAR PUSTAKA. Anwar, Moch. Idochi, Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan Teori, Konsep dan Isu, Bandung : Alfabeta, 2004. 101 DAFTAR PUSTAKA Anwar, Moch. Idochi, Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan Teori, Konsep dan Isu, Bandung : Alfabeta, 2004. Arikunto, Suharsimi, Organisasi dan Administrasi; Pendidikan

Lebih terperinci

DAFTAR PUSTAKA. Ahmadi, If Khoiru dkk Strategi Pembelajaran Berorientasi KTSP. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

DAFTAR PUSTAKA. Ahmadi, If Khoiru dkk Strategi Pembelajaran Berorientasi KTSP. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya. DAFTAR PUSTAKA Ahmadi, If Khoiru dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi KTSP. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya. Ali, Mohammad. 1993. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa. Ananda Santoso.

Lebih terperinci

BAB V PENUTUP A. Simpulan B. Saran

BAB V PENUTUP A. Simpulan B. Saran BAB V PENUTUP A. Simpulan Berdasarkan analisis di atas, dapat ditarik simpulan sebagai berikut : 1. Implementasi media Audio Visual untuk meningkatkan pembelajaran Fikih peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah

Lebih terperinci

DAFTAR KEPUSTAKAAN. Ali, Muhammad, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Cet. Ke-12, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2004.

DAFTAR KEPUSTAKAAN. Ali, Muhammad, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Cet. Ke-12, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2004. DAFTAR KEPUSTAKAAN Ali, Muhammad, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Cet. Ke-12, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2004. Arcaro, Jerome S., Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah

Lebih terperinci

BAB V PENUTUP. Berdasarkan seluruh uraian pembahasan skripsi di atas. Kiranya penulis

BAB V PENUTUP. Berdasarkan seluruh uraian pembahasan skripsi di atas. Kiranya penulis BAB V PENUTUP A. Simpulan Berdasarkan seluruh uraian pembahasan skripsi di atas. Kiranya penulis dapat menyimpulkan secara sederhana mengenai Kompetensi Pedagogik Guru Mata PelajaranSejarah Kebudayaan

Lebih terperinci

DAFTAR PUSTAKA. Ardy Wiyani, Novan. Manajemen Kelas; Teori dan Aplikasi Untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif. Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

DAFTAR PUSTAKA. Ardy Wiyani, Novan. Manajemen Kelas; Teori dan Aplikasi Untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif. Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2013. DAFTAR PUSTAKA Ardy Wiyani, Novan. Manajemen Kelas; Teori dan Aplikasi Untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif. Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2013. Arikunto, Suharsimi. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta:

Lebih terperinci

DAFTAR PUSTAKA. Arifin, Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara 1991).

DAFTAR PUSTAKA. Arifin, Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara 1991). 99 DAFTAR PUSTAKA Arifin, Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara 1991).., Pedoman Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan Agama, (Jakarta: PT.Golden Trayon Press, Cet 5, 1994). Ahmad, Tafsir Ilmu

Lebih terperinci

DAFTAR PUSTAKA. Anonim, (t.th). Alqur an dan Terjemahannya. Yayaasan Penyelenggara Penterjemah/Penafsiran Al-Qur an.

DAFTAR PUSTAKA. Anonim, (t.th). Alqur an dan Terjemahannya. Yayaasan Penyelenggara Penterjemah/Penafsiran Al-Qur an. DAFTAR PUSTAKA Anonim, (t.th). Alqur an dan Terjemahannya. Yayaasan Penyelenggara Penterjemah/Penafsiran Al-Qur an. Anonim, (2004). Pedoman Penulisan Skripsi / Karya Ilmiah. Jambi: IAIN Sultan Thaha Syaifuddin.

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. siswa. Secara ideal seorang guru semestinya memiliki kemampuan dalam

BAB I PENDAHULUAN. siswa. Secara ideal seorang guru semestinya memiliki kemampuan dalam 1 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kesenjangan antara kemampuan guru dalam mengajar dengan prestasi belajar yang dicapai oleh siswa. Secara ideal

Lebih terperinci

IMPLEMENTASI MEDIA SIMULASI KAMERA DIGITAL MATA KULIAH PENGEMBANGAN MEDIA FOTO

IMPLEMENTASI MEDIA SIMULASI KAMERA DIGITAL MATA KULIAH PENGEMBANGAN MEDIA FOTO IMPLEMENTASI MEDIA SIMULASI KAMERA DIGITAL MATA KULIAH PENGEMBANGAN MEDIA FOTO Andi Kristanto, S.Pd., M.Pd Dosen Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu pendidikan, Universitas Negeri Surabaya andi.unesa@yahoo.com

Lebih terperinci

BAB V PENUTUP. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil beberapa

BAB V PENUTUP. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil beberapa BAB V PENUTUP A. Simpulan Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1. Pembelajaran matematika berbasis media CD Learning (CD Pembelajaran) efektif

Lebih terperinci

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa BAB V KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil pengembangan media gambar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas

Lebih terperinci

DAFTAR KEPUSTAKAAN. Alamsyah, Maurizal, Kiat Jitu Meningkatkan Prestasi Dengan Mind Mapping,

DAFTAR KEPUSTAKAAN. Alamsyah, Maurizal, Kiat Jitu Meningkatkan Prestasi Dengan Mind Mapping, DAFTAR KEPUSTAKAAN Alamsyah, Maurizal, Kiat Jitu Meningkatkan Prestasi Dengan Mind Mapping, Yogyakarta: Mitra Pelajar, 2009. Arif, Arimai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat

Lebih terperinci

RIWAYAT HIDUP PENULIS

RIWAYAT HIDUP PENULIS RIWAYAT HIDUP PENULIS 1. Nama Lengkap : M. Zainal Ma rufi 2. Tempat dan Tanggal Lahir : Handil Manarap, 25 September 1990 3. Agama : Islam 4. Kebangsaan : Indonesia 5. Status Perkawinan : Belum Kawin 6.

Lebih terperinci

DAFTAR PUSTAKA. al-madrasati wa al-mujtama (Beirut : Dar al Fikr, 2013) Abin Syamsudin, Pendekatan Pendidikan (Bandung: IKIP, 2010), h. 13.

DAFTAR PUSTAKA. al-madrasati wa al-mujtama (Beirut : Dar al Fikr, 2013) Abin Syamsudin, Pendekatan Pendidikan (Bandung: IKIP, 2010), h. 13. DAFTAR PUSTAKA A Djazuli, Ilmu Fiqh Penggalian, Perkembangan dan Penerapan Hukum Islam (Jakarta : Kencana, 2014) Abdurrahman Al-Nahlawi, Ushul al-tarbiyah al-islamiyah fi al-baiti wa al-madrasati wa al-mujtama

Lebih terperinci

DAFTAR PUSTAKA. Al-Barry, Dahlan, Kamus Induk Istilah Ilmiah, Surabaya : Target Press, 2003

DAFTAR PUSTAKA. Al-Barry, Dahlan, Kamus Induk Istilah Ilmiah, Surabaya : Target Press, 2003 DAFTAR PUSTAKA Al-Barry, Dahlan, Kamus Induk Istilah Ilmiah, Surabaya : Target Press, 2003 Amin,Saiful model pembelajaran make a match dalam http://s4iful4min.blogspot.com/2011/02/metode-make-match-tujuanpersiapan-dan.html,

Lebih terperinci

BAB V PENUTUP. Berdasarkan analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa : a. Pengelolaan pembelajaran menggunakan metode eksperimen pada materi

BAB V PENUTUP. Berdasarkan analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa : a. Pengelolaan pembelajaran menggunakan metode eksperimen pada materi 116 BAB V PENUTUP A. Kesimpulan Berdasarkan analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa : a. Pengelolaan pembelajaran menggunakan metode eksperimen pada materi pokok tekanan diperoleh persentasi

Lebih terperinci

DAFTAR PUSTAKA. Ali,Muhammad, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru

DAFTAR PUSTAKA. Ali,Muhammad, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru DAFTAR PUSTAKA Ali,Muhammad, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru Algesindo, 996 AM, Sardiman,Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007 Arifin,M.,Ilmu

Lebih terperinci

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN. dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1. Terdapat pengaruh positif dan signifikan Perhatian Orang Tua terhadap

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN. dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1. Terdapat pengaruh positif dan signifikan Perhatian Orang Tua terhadap BAB V KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpulan Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis yang dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1. Terdapat pengaruh positif dan signifikan Perhatian

Lebih terperinci

BAB V SIMPULAN DAN SARAN. Berdasar hasil pembahasan analisis data melalui pembuktian terhadap

BAB V SIMPULAN DAN SARAN. Berdasar hasil pembahasan analisis data melalui pembuktian terhadap BAB V SIMPULAN DAN SARAN A. Simpulan Berdasar hasil pembahasan analisis data melalui pembuktian terhadap hipotesis dari permasalahan yang diangkat mengenai Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar

Lebih terperinci

BAB V PENUTUP. di MI Nurul Islam Banjarmasin serta faktor-faktor yang mempengaruhinya, maka

BAB V PENUTUP. di MI Nurul Islam Banjarmasin serta faktor-faktor yang mempengaruhinya, maka BAB V PENUTUP A. Simpulan Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap penggunaan metode fonik dalam kegiatan remedial membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Nurul Islam

Lebih terperinci

DAFTAR PUSTAKA. Ahmadi, Abu. SBM ( Strategi Belajar Mengajar). Bandung: Pustaka Setia, 2005.

DAFTAR PUSTAKA. Ahmadi, Abu. SBM ( Strategi Belajar Mengajar). Bandung: Pustaka Setia, 2005. DAFTAR PUSTAKA Ahmadi, Abu. SBM ( Strategi Belajar Mengajar). Bandung: Pustaka Setia, 2005. Al-Qaththan Syaikh Manna. Pengantar Studi Ilmu Al-Qur an. Jakarta: Pustaka Al-Qautsar, 2005. Arsyad,Azhar. Media

Lebih terperinci

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan BAB V KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpulan Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran guru Sekolah Dasar Negeri se Gugus Diponegoro di Kecamatan

Lebih terperinci

1 I 2 Artinya: Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang

1 I 2 Artinya: Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang NO BAB HLM DAFTAR TERJEMAH 1 I 2 Artinya: Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah. Yang mengajar

Lebih terperinci

DAFTAR PUSTAKA. Abdul Aziz, Shaleh dan Aziz Abdul Majid, Abdul, At-Tarbiyah Wa Thuruqut Tadris Juz 1, Mesir: Darul Maarif, tth.

DAFTAR PUSTAKA. Abdul Aziz, Shaleh dan Aziz Abdul Majid, Abdul, At-Tarbiyah Wa Thuruqut Tadris Juz 1, Mesir: Darul Maarif, tth. DAFTAR PUSTAKA Abdul Aziz, Shaleh dan Aziz Abdul Majid, Abdul, At-Tarbiyah Wa Thuruqut Tadris Juz 1, Mesir: Darul Maarif, tth. Abdul Hamid Jabir, Jabir, Sikulujiyah at Ta allum, Mesir: Daarun Nahdhoh al

Lebih terperinci

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN. Berdasarkan analisis data yang telah dijelaskan pada bab IV, maka dapat

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN. Berdasarkan analisis data yang telah dijelaskan pada bab IV, maka dapat BAB V KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpulan Berdasarkan analisis data yang telah dijelaskan pada bab IV, maka dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar membuat blus pada mata pelajaran Keterampilan Tata Busana

Lebih terperinci

DAFTAR PUSTAKA. Abdurrahman, Maman dan Muhibbin, Sambas Ali, Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian, Bandung : CV Pustaka Setia, 2007.

DAFTAR PUSTAKA. Abdurrahman, Maman dan Muhibbin, Sambas Ali, Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian, Bandung : CV Pustaka Setia, 2007. DAFTAR PUSTAKA Abdurrahman, Maman dan Muhibbin, Sambas Ali, Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian, Bandung : CV Pustaka Setia, 2007. Ahmad, Muhammad Abdul Qodir, Metodologi Pengajaran

Lebih terperinci

DAFTAR PUSTAKA. Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetya. Strategi Belajar Mengajar: Untuk Fakultas. Tarbiyah Komponen MKDK. Bandung: Pustaka Setia

DAFTAR PUSTAKA. Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetya. Strategi Belajar Mengajar: Untuk Fakultas. Tarbiyah Komponen MKDK. Bandung: Pustaka Setia 139 DAFTAR PUSTAKA Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetya. Strategi Belajar Mengajar: Untuk Fakultas Tarbiyah Komponen MKDK. Bandung: Pustaka Setia. 2005. Arifin, M. Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis

Lebih terperinci

DAFTAR PUSTAKA. Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetyo, Strategi Belajar Mengajar, (Bandung:

DAFTAR PUSTAKA. Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetyo, Strategi Belajar Mengajar, (Bandung: DAFTAR PUSTAKA Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetyo, Strategi Belajar Mengajar, (Bandung: Pustaka Setia, 1997). Aifin, Zainal, Evaluasi Intstruksional (Prinsip-Teknik-Prosedur), (Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Lebih terperinci

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN. dikumpulkan melalui penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN. dikumpulkan melalui penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar BAB V KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpulan Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan terhadap data yang dikumpulkan melalui penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar matematika berpengaruh signifikan

Lebih terperinci

DAFTAR PUSTAKA. Ny. Y. Singgih D. Gunarsa, Psikologi Untuk Membimbing, (Penerbit PT.BPK Gunung

DAFTAR PUSTAKA. Ny. Y. Singgih D. Gunarsa, Psikologi Untuk Membimbing, (Penerbit PT.BPK Gunung DAFTAR PUSTAKA Ny. Y. Singgih D. Gunarsa, Psikologi Untuk Membimbing, (Penerbit PT.BPK Gunung Mulia, Jakarta 987) Kartini Kartono, Peranan Keluarga Memandu Anak, (CV Rajawali, Jakarta, 989) Sardiaman A.M,

Lebih terperinci

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan tentang hubungan antara

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan tentang hubungan antara BAB V KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpulan Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan tentang hubungan antara minat belajar dan persepsi siswa tentang pemberian tugas dengan hasil belajar IPS siswa kelas

Lebih terperinci

BAB V PENUTUP A. Simpulan

BAB V PENUTUP A. Simpulan BAB V PENUTUP A. Simpulan Simpulan hasil penelitian ini sebagai berikut : 1. Prestasi belajar Akidah Akhlak siswa MTs Al-Islah Pageruyung Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2014/2015 tergolong baik. Data

Lebih terperinci

BAB V PENUTUP. siswa. 2) Guru menyajikan materi sebagai pengantar. 3) Guru. menunjukkan gambar-gambar yang berkaitan dengan materi.

BAB V PENUTUP. siswa. 2) Guru menyajikan materi sebagai pengantar. 3) Guru. menunjukkan gambar-gambar yang berkaitan dengan materi. BAB V PENUTUP A. Kesimpulan Sebagai penutup dalam pembahasan skripsi ini maka akan dikemukakan kesimpulan yang diperoleh dari paparan data, temuan penelitian dan pembahasan yang diambil dari penelitian

Lebih terperinci

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN. berikut: Terdapat Hubungan Positif dan Signifikan Kebiasaan Belajar

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN. berikut: Terdapat Hubungan Positif dan Signifikan Kebiasaan Belajar BAB V KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpulan Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis yang dilakukan maka kesimpulan yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Terdapat

Lebih terperinci

BAB V PENUTUP. 1. Rata-rata hasil belajar menggunakan media pembelajaran geogebra. pada materi Transformasi berada pada kualifikasi baik.

BAB V PENUTUP. 1. Rata-rata hasil belajar menggunakan media pembelajaran geogebra. pada materi Transformasi berada pada kualifikasi baik. BAB V PENUTUP A. Simpulan Berdasarkan penelitian yang telang dilakukan dapat diambil simpulan sebagai berikut: 1. Rata-rata hasil belajar menggunakan media pembelajaran geogebra pada materi Transformasi

Lebih terperinci

DAFTAR PUSTAKA. Ahmadi, Abu dan Nur Ubiyati, Ilmu Pendidikan. Jakarta, Rineka Cipta, 2002.

DAFTAR PUSTAKA. Ahmadi, Abu dan Nur Ubiyati, Ilmu Pendidikan. Jakarta, Rineka Cipta, 2002. DAFTAR PUSTAKA Ulwan, Abdullah Nashih, Tarbiyatul Auladfil Islam. Diterjemahkan oleh Arif Rahman Hakim, Pendidikan Anak dalam Islam. Cet. 6, Solo, Insan Kamil, 2015. Abu Abdillah Muhammad bin Isma il bin

Lebih terperinci

BAB V PENUTUP. Berdasarkan dari hasil penelitian yang penulis lakukan, setelah dianalisa

BAB V PENUTUP. Berdasarkan dari hasil penelitian yang penulis lakukan, setelah dianalisa 55 BAB V PENUTUP A. Kesimpulan Berdasarkan dari hasil penelitian yang penulis lakukan, setelah dianalisa dapat disimpulkan bahwa mengulang pelajaran siswa (variabel X) dengan prestasi belajar (variabel

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. hlm. 74.

BAB I PENDAHULUAN. hlm. 74. BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Al-Qur an hadits yang merupakan bagian dari pendidikan agama Islam turut memberikan sumbangan tercapainya pendidikan nasional. Tugas pendidikan tidak hanya menuangkan

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang A. Latar Belakang BAB I PENDAHULUAN Mata pelajaran al-qur an Hadits di Madrasah Aliyah adalah salah satu mata pelajaran pendidikan Agama Islam yang merupakan peningkatan dari al- Qur an Hadits yang telah

Lebih terperinci

( Word to PDF Converter - Unregistered ) DAFTAR PUSTAKA

( Word to PDF Converter - Unregistered )  DAFTAR PUSTAKA ( Word to PDF Converter - Unregistered ) http://www.word-to-pdf-converter.net DAFTAR PUSTAKA Abdullah AD-Duweisy Muhammad,Menjadi Guru Yang Sukses dan Berpengaruh Surabaya: PT. elba Fitrah Mandiri Sejahtera

Lebih terperinci

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI-B SD NEGERI 38 AMPENAN FLORA. Guru SD Negeri 38 Ampenan

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI-B SD NEGERI 38 AMPENAN FLORA. Guru SD Negeri 38 Ampenan PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI-B SD NEGERI 38 AMPENAN ABSTRAK FLORA Guru SD Negeri 38 Ampenan e-mail: flora.60@yahoo.com Untuk mengatasi masalah rendahnya

Lebih terperinci

BAB V PENUTUP A. Kesimpulan

BAB V PENUTUP A. Kesimpulan BAB V PENUTUP A. Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian pada bab sebelumnya, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1. Penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran Fiqih materi shalat jamak pada

Lebih terperinci

BAB V PENUTUP A. Simpulan

BAB V PENUTUP A. Simpulan BAB V PENUTUP A. Simpulan Peningkatan prestasi belajar Akidah Akhlak materi akhlak terpuji merupakan tingkat kemampuan siswa yang dimiliki setelah pembelajaran Akidah Akhlak. Sehingga dalam pelaksanaan

Lebih terperinci

BAB V PENUTUP. data, maka kesimpulan yang diperoleh sebagai berikut: 1. Dalam pelaksaanaan program remedial teaching di SMA Swasta se

BAB V PENUTUP. data, maka kesimpulan yang diperoleh sebagai berikut: 1. Dalam pelaksaanaan program remedial teaching di SMA Swasta se BAB V PENUTUP A. Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan penulis pada analisis data, maka kesimpulan yang diperoleh sebagai berikut: 1. Dalam pelaksaanaan program remedial teaching

Lebih terperinci

DAFTAR PUSTAKA. Abror, Abd. Rachman, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: PT. Tiara Wacana Yogya, 1993, Cet. IV.

DAFTAR PUSTAKA. Abror, Abd. Rachman, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: PT. Tiara Wacana Yogya, 1993, Cet. IV. DAFTAR PUSTAKA Abror, Abd. Rachman, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: PT. Tiara Wacana Yogya, 1993, Cet. IV. Ahsin W. Al Hafidz, Bimbingan Praktis Menghafal al Quran, Jakarta: Bumi Aksara, 2000, Cet. 2.

Lebih terperinci

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN 118 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan metode

Lebih terperinci

PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP KESIAPAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII di MTs NEGERI GEGESIK

PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP KESIAPAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII di MTs NEGERI GEGESIK PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP KESIAPAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII di MTs NEGERI GEGESIK SKRIPSI Diajukan sebagai Salah Satu Syarat untuk Memenuhi Gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) pada Jurusan

Lebih terperinci

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN. maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Sleman, hal ini dibuktikan dari nilai r hitung lebih besar dari r tabel

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN. maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Sleman, hal ini dibuktikan dari nilai r hitung lebih besar dari r tabel BAB V KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpulan Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis yang dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1. Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi

Lebih terperinci

IMPLEMENTASI TEKNIK-TEKNIK MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 33 BANDA ACEH. ImraatusShalihah, Mahmud, M.

IMPLEMENTASI TEKNIK-TEKNIK MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 33 BANDA ACEH. ImraatusShalihah, Mahmud, M. IMPLEMENTASI TEKNIK-TEKNIK MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 33 BANDA ACEH ImraatusShalihah, Mahmud, M.NasirYusuf Miraatus201@gmail.com ABSTRAK Dalam konteks pembelajaran dikelas,

Lebih terperinci

DAFTAR PUSTAKA. Arikunto, Suharsimi (2006), Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

DAFTAR PUSTAKA. Arikunto, Suharsimi (2006), Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta. DAFTAR PUSTAKA Arikunto, Suharsimi (2006), Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta., (2003), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara. Danim, Sudarman (2002), Inovasi

Lebih terperinci

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN. dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN. dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan BAB V KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dari penelitian tindakan kelas (PTK) pada siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Tempel dapat disimpulkan bahwa pembelajaran

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. seyogyanya lebih memperhatikan komponen-komponen pengajaran seperti. sarana dan prasarana pengajaran serta evaluasi pengajaran.

BAB I PENDAHULUAN. seyogyanya lebih memperhatikan komponen-komponen pengajaran seperti. sarana dan prasarana pengajaran serta evaluasi pengajaran. BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Masalah pendidikan dan pengajaran merupakan masalah yang cukup kompleks karena banyak factor yang ikut mempengaruhinya. Salah satu faktor antara lain adalah

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN. metodologi kualitatif adalah segala prosedur penelitian yang menghasilkan

BAB III METODE PENELITIAN. metodologi kualitatif adalah segala prosedur penelitian yang menghasilkan BAB III METODE PENELITIAN A. Pendekatan Penelitian Pendekatan penelitian merupakan usaha dalam merencanakan dan menentukan segala kemungkinan dan perlengkapan yang diperlukan dalam penelitian kualitatif.

Lebih terperinci

Daftar Terjemah. No Bab Kutipan Hal. Terjemah

Daftar Terjemah. No Bab Kutipan Hal. Terjemah Lampiran 1. Daftar Terjemah Daftar Terjemah No Bab Kutipan Hal. Terjemah 1. I Qur an Surah Al Alaq 3 Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal

Lebih terperinci

DAFTAR PUSTAKA. Mulyono Abdurrahman, Pendidikan bagi anak berkesulitan Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 1999), hlm. 37.

DAFTAR PUSTAKA. Mulyono Abdurrahman, Pendidikan bagi anak berkesulitan Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 1999), hlm. 37. DAFTAR PUSTAKA Standar isi mata pelajaran Al-Quran Hadits Mulyono Abdurrahman, Pendidikan bagi anak berkesulitan Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 1999), hlm. 37. Asep Jihad dan Abdul Haris, Evaluasi Belajar,

Lebih terperinci

BAB V PENUTUP A. Simpulan

BAB V PENUTUP A. Simpulan BAB V PENUTUP A. Simpulan Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti menghasilkan beberapa simpulan antara lain: 1. Penerapan model pembelajaran TGT (Time Games Tournament) Pendidikan

Lebih terperinci

DAFTAR RUJUKAN. Ali, Muhammad Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo. cet. 12.

DAFTAR RUJUKAN. Ali, Muhammad Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo. cet. 12. DAFTAR RUJUKAN Ali, Muhammad. 2004. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo. cet. 12. Anonim. Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar, dalam http://lenterakecil.com/pembelajaran-matematika-di-sekolah-dasar-sd/

Lebih terperinci

DAFTAR PUSTAKA. Arifin Muzayim, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1999.

DAFTAR PUSTAKA. Arifin Muzayim, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1999. DAFTAR PUSTAKA Arifin Muzayim, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1999. Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Faktor Media, 2003. Imam Abi al Husain Muslim

Lebih terperinci

DAFTAR RUJUKAN. Ahmadi, Abu Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

DAFTAR RUJUKAN. Ahmadi, Abu Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta. 123 DAFTAR RUJUKAN Ahmadi, Abu. 2002. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta. Akhyak. 2005. Profil Pendidik Sukses Sebuah Formulasi Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: Elkaf. Aqib,

Lebih terperinci

BAB V PENUTUP. A. Simpulan Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil beberapa. kesimpulan sebagai berikut:

BAB V PENUTUP. A. Simpulan Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil beberapa. kesimpulan sebagai berikut: 79 BAB V PENUTUP A. Simpulan Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1. Penggunaan alat peraga kartu aljabar terbukti lebih meningkatkan hasil belajar

Lebih terperinci

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN. sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan bahwa: faktor eksternal siswa yang sebesar 44,75%. Gedung di SMK N 1 Seyegan.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN. sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan bahwa: faktor eksternal siswa yang sebesar 44,75%. Gedung di SMK N 1 Seyegan. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian yang telah dibahas dalam bab sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan bahwa: 1. Daya serap belajar siswa jurusan Teknik Gambar Bangunan

Lebih terperinci

ASMUNI UPTD Pendidikan TK dan SD Kec. Pagu Kab. Kediri

ASMUNI UPTD Pendidikan TK dan SD Kec. Pagu Kab. Kediri KORELASI ANTARA KEMAMPUAN PENDIDIK PAUD DALAM MEMANFAATKAN MEDIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK DIDIK DI PAUD AISYIYAH DESA KAMBINGAN KECAMATAN PAGU KABUPATEN KEDIRI ASMUNI UPTD Pendidikan TK dan SD Kec.

Lebih terperinci

2. Pelaksanaan evaluasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam mata

2. Pelaksanaan evaluasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam mata 107 A. Kesimpulan BAB V PENUTUP Berdasarkan hasil penelitian dan uraian terdahulu dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut. 1. Perencanaan evaluasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang ada di SDIT

Lebih terperinci

DAFTAR PUSTAKA. Aqib, Zainal Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, TK. (Bandung: Yrama Widy).

DAFTAR PUSTAKA. Aqib, Zainal Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, TK. (Bandung: Yrama Widy). 84 DAFTAR PUSTAKA Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, TK. (Bandung: Yrama Widy). Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya). Arikunto, Suharsini.

Lebih terperinci

BAB VI PENUTUP. semester 1 di MTsN 1 Model Palangka Raya di peroleh nilai rata-rata 3,12

BAB VI PENUTUP. semester 1 di MTsN 1 Model Palangka Raya di peroleh nilai rata-rata 3,12 BAB VI PENUTUP A. Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1. Pengelolaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif

Lebih terperinci

DAFTAR RUJUKAN. A.M, Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar,Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2007

DAFTAR RUJUKAN. A.M, Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar,Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2007 DAFTAR RUJUKAN A.M, Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar,Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2007 Afifudin,dkk, Psikologi Pendidikan Anak Usia Sekolah Dasar, Solo:Harapan Massa,1988 Ahmad,

Lebih terperinci

BAB V SIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN A.

BAB V SIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN A. BAB V SIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN A. Simpulan Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang telah dijelaskan bagian sebelumnya, dapat disusun simpulan hasil penelitian sebagai berikut: 1. Dengan penerapan

Lebih terperinci

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN. 1. Terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar terhadap Prestasi

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN. 1. Terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar terhadap Prestasi BAB V KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpulan Berdasarkan pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1. Terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar terhadap

Lebih terperinci

BAB V PENUTUP. 1. Penggunaan media gambar pada mata pelajaran IPA materi Bumi dan. media gambar dapat kita simpulkan berada pada kategori tinggi

BAB V PENUTUP. 1. Penggunaan media gambar pada mata pelajaran IPA materi Bumi dan. media gambar dapat kita simpulkan berada pada kategori tinggi 85 BAB V PENUTUP A. Kesimpulan Berdasarkan uraian diatas dan analisis bab sebelumnya, maka dapat ditari kesimpulan sebagai berikut: 1. Penggunaan media gambar pada mata pelajaran IPA materi Bumi dan Cuaca

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Islam dari sumber utamanya yaitu Al-Qur an dan Hadits, melalui kegiatan

BAB I PENDAHULUAN. Islam dari sumber utamanya yaitu Al-Qur an dan Hadits, melalui kegiatan BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Pendidikan Agama Islam adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati hingga mengimani, bertakwa, dan berakhlak

Lebih terperinci