PERATURAN DAN TATA TERTIB PERPUSTAKAAN

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "PERATURAN DAN TATA TERTIB PERPUSTAKAAN"

Transkripsi

1 PERATURAN DAN TATA TERTIB PERPUSTAKAAN Universitas Internasional Batam 2015

2 PASAL 1 PERATURAN UMUM 1.1. Jam buka Perpustakaan disesuaikan dengan jadwal perkuliahan Kuliah Normal Senin Kamis : Jum at : Sabtu : Kuliah Libur Senin Kamis : Jum at : Seluruh sivitas akademika UIB dapat menggunakan fasilitas Perpustakaan dengan menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), Kartu Pegawai, Kartu Tanda Anggota (KTA) Perpustakaan yang masih berlaku atas nama sendiri, khusus untuk penggunaan loker harus menggunakan KTP 1.3. Mahasiswa perguruan tinggi dan karyawan instansi lain dapat menggunakan fasilitas Perpustakaan dengan menunjukkan Kartu Tanda Anggota Luar Biasa (KTA LB) yang masih berlaku dan atas nama sendiri Anggota Luar Biasa tidak diperkenankan meminjam bahan pustaka untuk dibawa pulang, hanya dapat membaca di tempat dan memfotokopi koleksi melalui Perpustakaan Pemustaka tidak diperkenankan membawa tas, jaket, makanan, minuman ke dalam ruangan utama Perpustakaan, tas laptop, kecuali barang berharga seperti dompet, handphone, laptop, dan alat tulis Pemustaka tidak diperkenankan merokok di ruang Perpustakaan. PASAL 2 KEANGGOTAAN 2.1. Syarat Keanggotaan Perpustakaan UIB diatur sebagai berikut: Sivitas Akademika UIB 1. Mahasiswa S1 maupun S2 UIB yang aktif secara otomatis menjadi anggota Perpustakaan dengan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) sebagai Kartu Tanda Anggota (KTA). Masa aktif keanggotaan mengikuti masa aktif mahasiswa. 2. Dosen Tetap dan Karyawan UIB secara otomatis menjadi anggota Perpustakaan dengan Kartu Pegawai sebagai KTA. 3. Dosen Luar Biasa yang aktif mengajar harus mendapatkan rekomendasi dari Ketua Program Studinya untuk dapat menjadi anggota Perpustakaan. Masa

3 aktif keanggotaan Dosen Luar Biasa adalah 1 (satu) semester, setelah itu harus ada pembaharuan rekomendasi dari Ketua Program Studi bersangkutan Non Sivitas Akademika UIB 1. Kartu Tanda Anggota Luar Biasa (KTA LB) dapat diperoleh dengan menyerahkan fotokopi KTM/KTP yang masih berlaku, foto 3x4 2 lembar, dan mengisi formulir pendaftaran. 2. Pembuatan Kartu Tanda Anggota dikenakan biaya Rp ,- (Sepuluh Ribu Rupiah). 3. Masa berlaku KTA LB adalah satu semester atau 6 (enam) bulan. PASAL 3 HAK DAN KEWAJIBAN ANGGOTA 3.1. Hak anggota Perpustakaan UIB adalah sebagai berikut: Sivitas Akademika UIB Pemustaka sivitas akademika UIB berhak untuk melakukan peminjaman, pengembalian, dan perpanjangan serta pemesanan bahan pustaka di Perpustakaan. Menggunakan fasilitas komputer internet, ruang baca, akses WiFi tanpa dipungut biaya serta berhak untuk mendapatkan ketenangan selama berada di Perpustakaan Non Sivitas Akademika UIB Pemustaka non sivitas akademika UIB hanya berhak untuk meminjam bahan pustaka untuk difotokopi melalui Perpustakaan, tidak boleh meminjam untuk dibawa pulang, menggunakan komputer internet, serta berhak untuk mendapatkan ketenangan selama berada di Perpustakaan Setiap pemustaka diwajibkan untuk menjaga ketenangan antar pemustaka yang lain, menjaga kebersihan dan keutuhan fasilitas yang ada di Perpustakaan. Bagi pemustaka yang tidak menjaga ketenangan selama berada diruang perpustakaan akan mendapat teguran oleh pihak staf perpustakaan, jika sudah diberi peringatan tetapi tidak mengindahkan peringatan yang diberikan maka staf perpustakaan berhak untuk mengeluarkan pemustaka dari ruangan perpustakaan.

4 4.1. Buku Teks (Layanan Sirkulasi) PASAL 4 PEMANFAATAN FASILITAS DAN KOLEKSI Koleksi buku teks adalah koleksi yang terdiri dari buku teks wajib maupun penunjang yang relevan dengan kurikulum yang berlaku di UIB Batas jumlah dan lama peminjaman 1. Mahasiswa S1, dapat meminjam 3 (tiga) judul/eks dengan lama peminjaman maksimal 1 (satu) minggu. Dapat diperpanjang 1 (satu) kali selama tidak ada yang memesan, dan dapat dipinjam lagi setelah 3 (tiga) hari dari hari pengembalian. 2. Mahasiswa S2, dapat meminjam 4 (empat) judul/eks dengan lama peminjaman maksimal 2 (dua) minggu. Dapat diperpanjang 1 (satu) kali selama tidak ada yang memesan, dan dapat dipinjam lagi setelah 3 (tiga) hari dari hari pengembalian. 3. Dosen Tetap, Dosen Tidak Tetap dapat meminjam 4 (empat) judul/eks, dengan lama peminjaman selama 2 minggu dan dapat diperpanjang selama tidak ada pemesanan, dan dapat dipinjam lagi setelah3 hari dari hari pengembalian. 4. Karyawan Tetap dapat meminjam 3 (tiga) judul/eks dengan lama peminjaman maksimal 2 (dua) minggu. Dapat diperpanjang 1 (satu) kali selama tidak ada yang memesan, dan dapat dipinjam lagi setelah 3 (tiga) hari dari hari pengembalian. 5. Anggota Luar Biasa dapat meminjam 2 (dua) judul /eks untuk dibaca ditempat dan difotokopi. 6. Buku teks tidak boleh dibawa ke luar ruangan tanpa seijin petugas sirkulasi Sanksi Keterlambatan 1. Bagi seluruh anggota Perpustakaan yang terlambat mengembalikan buku akan dikenakan sanksi dengan sebesar Rp ,- (dua ribu lima ratus rupiah) per hari setiap buku. 2. Pembayaran denda dilakukan di counter Biro Keuangan dengan menunjukkan bukti denda.

5 4.2. Buku Referensi (Layanan Referensi) Buku Referensi adalah buku dalam jumlah terbatas yang dijadikan sebagai sumber utama kepustakaan. Buku Referensi hanya dapat dibaca ditempat dan difotokopi seijin petugas Perpustakaan Buku Reserve Buku Reserve merupakan buku kopi pertama dari keseluruhan koleksi buku di Perpustakaan. Buku Reserve hanya dapat dibaca ditempat dan difotokopi seijin petugas Perpustakaan. Buku Reserve ditandai dengan garis warna merah pada label punggung buku Karya Ilmiah Koleksi Karya Ilmiah adalah seluruh karya ilmiah yang dihasilkan oleh sivitas akademika UIB maupun luar sivitas. Karya tersebut meliputi Laporan Skripsi, Kerja Praktek, Thesis, Disertasi, Penelitian Dosen, Jurnal Ilmiah dan Proceeding Jenis layanan Koleksi Karya Ilmiah ini adalah sistem terbuka, pemustaka dapat langsung mengakses koleksi melalui Katalog atau OPAC atau langsung ke rak koleksi. Koleksi hanya dapat dibaca ditempat yang telah disediakan (Ruang Karya Ilmiah. Fotokopi koleksi harus seijin petugas dengan mengikuti peraturan fotokopi yang diatur dengan ketentuan tersendiri Bahan Bukan Buku (Non-Book Material) Perpustakaan UIB juga memiliki bahan pustaka bukan buku (non-book material) antara lain kaset video, CD-ROM, DVD, disket, dan peta. Ketentuan peminjaman bahan ini diatur sebagai berikut: 1. Peminjaman koleksi harus menunjukkan KTA/KTM/Kartu Pegawai UIB yang masih berlaku kepada petugas. 2. Koleksi tidak dapat dipinjam untuk dibawa pulang. 3. Khusus koleksi CD-ROM dan DVD dapat dipinjam atau dibawa pulang. CD- ROM/DVD yang dipinjamkan adalah CD-ROM/DVD backup. Kerusakan pada CD-ROM/DVD yang telah dipinjam dikenakan denda Rp ,- (lima belas ribu rupiah) Fasilitas Akses Komputer dan Internet Perpustakaan UIB menyediakan 26 unit komputer untuk keperluan pengerjaan tugas, akses internet, akses digital library atau akses e-journal yang dilanggan dimana pemanfaatannya diatur dengan ketentuan berikut: 1. Pemustaka tidak diperkenankan mengakses situs yang melanggar hukum dan undang-undang yang berlaku di Indonesia. 2. Tidak diperkenankan menggunakan komputer untuk keperluan game, membuka youtube untuk keperluan hiburan.

6 3. Pemustaka wajib menjaga fasilitas yang digunakan. 4. Akses komputer dan internet tidak dikenakan biaya Fasilitas Akses Wifi Perpustakaan UIB dilengkapi dengan fasilitas hotspot Wifi, sehingga pemustaka dapat melakukan akses: internet, e-journal yang dilanggan, digital library dan lainnya menggunakan laptop atau notebook pribadi. Syarat dan ketentuan mengakses : 1. Pemustaka merupakan anggota sivitas akademika UIB. 2. Pemustaka harus memiliki account UIB berupa username dan password yang dapat ditanyakan pada petugas dengan menunjukkan KTM yang masih berlaku. 3. Pemustaka tidak diperkenankan mengakses situs dan melakukan hal yang melanggar hukum dan undang-undang yang berlaku di Indonesia. 4. Akses fasilitas Wifi tidak dikenakan biaya Fasilitas Locker Perpustakaan menyediakan fasilitas locker untuk menyimpan tas, jaket, makanan atau minuman, serta asesoris lainnya yang tidak diperkenankan untuk dibawa masuk ruang utama perpustakaan Kunci locker dapat dipinjam dengan menyerahkan KTP/SIM atau tanda pengenal lain yang masih berlaku (kecuali KTM) Barang yang disimpan di locker menjadi tanggung jawab Pemustaka sendiri. Perpustakaan tidak bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan terhadap barang Penggunaan fasilitas tersebut tidak dikenakan biaya Menghilangkan kunci locker dikenakan denda Rp ,- (Lima Puluh Ribu rupiah) Tidak diperkenankan menggunakan fasilitas locker lebih dari 1 (satu) hari kerja Membawa pulang kunci locker dikenakan denda Rp ,- /hari Fasilitas Jasa Layanan Scanning Dan Jasa Layanan Penelusuran Infromasi Jasa layanan scanning Bagi pemustaka yang membutuhkan layanan scanning dapat menemui staf perpustakaan yang ada dilantai 2 perpustakaan. Biaya scanning perlembar Rp. 2000, Jasa layanan penelusuran informasi Pemustaka yang ingin mendapatkan jasa layanan penelusuran informasi dapat mengisi form yang ada diperpustakaan atau di bagian administrasi S2 bagi mahasiswa S2. Biaya jasa penelusuran informasi per artikel sebesar Rp ,- Biaya dibayar jika artikel sudah ditemukan.

7 4.10 Fasilitas layanan foto kopi Pemustaka dapat memfoto kopi koleksi yang ada diperpustakaan dengan ketentuan sebagai berikut: 1. Memberikan koleksi yang ingin difoto kopi kepada staf perpustakaan 2. Tidak dibenarkan untuk memfoto kopi seluruh isi koleksi buku 3. Khusus untuk foto kopi skripsi, KP, tesis dapat melapor kebagian staf perpustakaan yang ada dilantai 2 perpustakaan 4. Koleksi yang difoto kopi dapat dibayar dan diambil keesokan harinya di foto kopi center yang telah ditentukan oleh perpustakaan PASAL 5 MENGHILANGKAN/MERUSAKKAN BAHAN PUSTAKA 5.1. Pemustaka yang menghilangkan bahan pustaka Perpustakaan UIB wajib melaporkan pada tanggal pengembaliannya. Apabila tidak, maka selain diwajibkan mengganti bahan pustaka yang hilang juga dikenakan sanksi denda keterlambatan. Adapun penggantian bahan pustaka yang hilang dapat memilih salah satu dari berikut: Mengganti dengan 1 (satu) eksemplar bahan pustaka yang sama (judul, kualitas dan nilai yang berlaku) Membayar seharga bahan pustaka yang hilang sesuai harga saat ini Penggantian sesuai butir 5.1 diatas harus sudah terlaksana paling lambat 1 (satu) bulan. Jika belum terlaksana, sementara itu pemustaka yang bersangkutan tidak diperkenankan meminjam bahan pustaka Pemustaka yang diketahui merusak, merobek, mengambil halaman-halaman tertentu dengan sengaja akan dikenakan sanksi mengganti bahan pustaka tersebut secara utuh, dan akses pemanfaatan, fasilitas dan jasa Perpustakaan akan diblokir selama 1 (satu) semester.

8 PASAL 6 MENGAMBIL/MENCURI BAHAN PUSTAKA DAN FASILITAS PERPUSTAKAAN 6.1. Pemustaka/pengguna Perpustakaan yang kedapatan mengambil bahan pustaka dan atau fasilitas Perpustakaan tanpa melalui prosedur peminjaman yang berlaku dapat dikategorikan mencuri, untuk itu akan dikenakan sanksi akademik 6.2. Pemustaka/pengguna yang terbukti bersalah melanggar ketentuan pada point 6.1 dapat dikenakan sanksi berupa skorsing selama 2 (dua) semester hingga dikeluarkannya dari UIB dan dengan demikian keanggotaan pemustaka akan dicabut selamanya. PASAL 7 BEBAS PUSTAKA 7.1. Bebas Pustaka dapat diberlakukan bagi setiap anggota dari sivitas akademika UIB antara lain: 1. Mahasiswa Program Sarjana maupun Pascasarjana yang telah menyelesaikan studi (lulus) dan akan mengikuti wisuda, atau mengundurkan diri, atau Drop Out (DO). 2. Dosen Tetap / Karyawan yang mengundurkan diri atau mendapat tugas keluar kota atau negara dalam jangka waktu lebih dari 1 (satu) tahun. 3. Dosen Tidak Tetap yang berhenti mengajar pada tengah semester, atau akhir semester Syarat mendapatkan Surat Keterangan Bebas Pustaka adalah sebagai berikut: Syarat khusus untuk Calon Wisudawan 1. Calon Wisudawan diwajibkan menyerahkan karya ilmiah berupa hardcopy dan softcopy Laporan Skripsi (S1), Thesis (S2) ke UPT. Perpustakaan UIB. 2. Calon Wisudawan wajib melakukan upload mandiri karya ilmiahnya (Skripsi, Thesis) masing-masing ke repository UIB, dengan menggunakan format yang telah ditentukan 3. Calon Wisudawan wajib menyelesaikan tanggungan berupa pinjaman, denda keterlambatan, dan lainnya di Perpustakaan bila ada Bagi Dosen Tetap, Dosen Tidak Tetap, dan Karyawan wajib menyelesaikan tanggungan berupa pinjaman, denda keterlambatan, dan lainnya di Perpustakaan bila ada. Hal-hal yang belum diatur dalam peraturan/tata tertib ini akan ditentukan kemudian. Peraturan ini berlaku mulai tanggal 9 Maret 2015.

BUKU PROFIL. The garden of knowledge resources. UPT. PERPUSTAKAAN Tahun Universitas Internasional Batam

BUKU PROFIL. The garden of knowledge resources. UPT. PERPUSTAKAAN Tahun Universitas Internasional Batam Universitas Internasional Batam BUKU PROFIL The garden of knowledge resources UPT. PERPUSTAKAAN Tahun 2016 Kampus UIB, Gedung A Lantai 3 Jl. Gajah Mada, Baloi Sei Ladi, Batam 29442 Telp. 0778-7437111 (Ext.

Lebih terperinci

BAB I KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA NO: Keanggotaan. Pasal 1 Anggota

BAB I KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA NO: Keanggotaan. Pasal 1 Anggota KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA NO: TENTANG Peraturan Tata Tertib Penggunaan Fasilitas Perpustakaan Universitas Kristen Indonesia REKTOR UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA Menimbang : a. Bahwa

Lebih terperinci

KETENTUAN-KETENTUAN LAYANAN SIRKULASI UPT. PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI

KETENTUAN-KETENTUAN LAYANAN SIRKULASI UPT. PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI KETENTUAN-KETENTUAN LAYANAN SIRKULASI UPT. PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI A. Syarat Keanggotaan a. Calon anggota perpustakaan (pemustaka) mengisi formulir keanggotaan perpustakaan. pada

Lebih terperinci

Lampiran 4 PEDOMAN FAKULTAS

Lampiran 4 PEDOMAN FAKULTAS Lampiran 4 KEPUTUSAN DEKAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA NOMOR : 2748/H27.1.23/PP/08 TENTANG PERATURAN PERPUSTAKAAN FAKULTAS PERTANIAN BAB I PERATURAN UMUM Pasal 1 Kewajiban Pengunjung

Lebih terperinci

KEPUTUSAN KETUA SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS Nomor : B-5982/Sti.05/OT.01.3/03/2017

KEPUTUSAN KETUA SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS Nomor : B-5982/Sti.05/OT.01.3/03/2017 KEPUTUSAN KETUA SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS Nomor : B-5982/Sti.05/OT.01.3/03/2017 TENTANG PERATURAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS TAHUN 2017 KETUA SEKOLAH TINGGI AGAMA

Lebih terperinci

PERATURAN PERPUSTAKAAN Library & Knowledge Center

PERATURAN PERPUSTAKAAN Library & Knowledge Center PERATURAN Library & Knowledge Center Institut Manajemen Telkom DAFTAR ISI : A. PERATURAN KEANGGOTAAN 1. ANGGOTA 2. MASA AKTIF KEANGGOTAAN B. PERATURAN PENGUNJUNG 1. TATA TERTIB PENGUNJUNG 2. PERATURAN

Lebih terperinci

Perpustakaan Universitas Bina Nusantara (Ubinus)

Perpustakaan Universitas Bina Nusantara (Ubinus) PROFIL Perpustakaan Universitas Bina Nusantara (Ubinus) Sejarah Nusantara telah dirintis sejak tahun 1982. guna mendukung kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu kegiatan belajar mengajar, penelitian,

Lebih terperinci

GAMBARAN UMUM. FISIP itu sendiri yang tergabung pada bulan Maret berguna bagi mahasiswa Universitas Lampung, khususnya Fakultas Ilmu Sosial

GAMBARAN UMUM. FISIP itu sendiri yang tergabung pada bulan Maret berguna bagi mahasiswa Universitas Lampung, khususnya Fakultas Ilmu Sosial IV. GAMBARAN UMUM 4.1 Gambaran Umum Objek Penelitian Ruang Baca Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung adalah penggabungan dari Ruang Baca Jurusan Ilmu Pemerintahan dan Ruang Baca FISIP

Lebih terperinci

PERATURAN PERPUSTAKAAN Tel-U Open Library

PERATURAN PERPUSTAKAAN Tel-U Open Library PERATURAN Tel-U Open Library Telkom University DAFTAR ISI : A. PERATURAN KEANGGOTAAN 1. ANGGOTA 2. MASA AKTIF KEANGGOTAAN B. PERATURAN PENGUNJUNG 1. TATA TERTIB PENGUNJUNG 2. PERATURAN TAMBAHAN UNTUK PENGUNJUNG

Lebih terperinci

DAFTAR ISI. KATAPENGANTAR... i DAFTAR ISI... iii BAB I PENDAHULUAN...1 BAB IIKEANGGOTAAN... 2 BAB IIIHAK DAN KEWAJIBAN... 3 BAB IVPELAYANAN...

DAFTAR ISI. KATAPENGANTAR... i DAFTAR ISI... iii BAB I PENDAHULUAN...1 BAB IIKEANGGOTAAN... 2 BAB IIIHAK DAN KEWAJIBAN... 3 BAB IVPELAYANAN... DAFTAR ISI KATAPENGANTAR... i DAFTAR ISI... iii BAB I PENDAHULUAN......1 BAB IIKEANGGOTAAN... 2 BAB IIIHAK DAN KEWAJIBAN... 3 BAB IVPELAYANAN... 4 BAB VSANKSI DAN TAGIHAN... 8 BAB VIKOLEKSI... 9 BAB VII

Lebih terperinci

PERATURAN PERPUSTAKAAN Telkom Open Library

PERATURAN PERPUSTAKAAN Telkom Open Library PERATURAN Telkom Open Library Telkom University DAFTAR ISI : A. PERATURAN KEANGGOTAAN 1. ANGGOTA 2. MASA AKTIF KEANGGOTAAN B. PERATURAN PENGUNJUNG 1. TATA TERTIB PENGUNJUNG 2. PERATURAN TAMBAHAN UNTUK

Lebih terperinci

Lampiran 4 SURAT KEPUTUSAN DEKAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA NOMOR : 77/UN27.7/PP/2012 TAHUN 2012

Lampiran 4 SURAT KEPUTUSAN DEKAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA NOMOR : 77/UN27.7/PP/2012 TAHUN 2012 Lampiran 4 SURAT KEPUTUSAN DEKAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA NOMOR : 77/UN27.7/PP/2012 TAHUN 2012 TENTANG PERATURAN PERPUSTAKAAN FAKULTAS PERTANIAN BAB I PERISTILAHAN PERTURAN

Lebih terperinci

Menimbang : a. bahwa dalam rangka penyesuaian dinamika akademik serta peningkatan

Menimbang : a. bahwa dalam rangka penyesuaian dinamika akademik serta peningkatan KEPUTUSAN KETUA SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS Nomor : B-5369/Sti.05/K-0/OT.01.3/04/2016 TENTANG PERATURAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS TAHUN 2016 KETUA SEKOLAH TINGGI

Lebih terperinci

PERATURAN DAN TATA TERTIB PERPUSTAKAAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MATARAM

PERATURAN DAN TATA TERTIB PERPUSTAKAAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MATARAM PERATURAN DAN TATA TERTIB PERPUSTAKAAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MATARAM PERATURAN DAN TATA TERTIB PERPUSTAKAAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MATARAM BAB I KEANGGOTAAN Pasal 1 Yang berhak menjadi anggota

Lebih terperinci

BUPATI TEMANGGUNG DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA BUPATI TEMANGUNG,

BUPATI TEMANGGUNG DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA BUPATI TEMANGUNG, BUPATI TEMANGGUNG PERATURAN BUPATI TEMANGGUNG NOMOR 11 TAHUN 2012 TENTANG PETUNJUK PELAKSANAAN PENYELENGGARAAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN UMUM KABUPATEN TEMANGGUNG DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA BUPATI

Lebih terperinci

BAGIAN XI SOP PERPUSTAKAAN

BAGIAN XI SOP PERPUSTAKAAN BAGIAN XI SOP PERPUSTAKAAN 880 Un-11.JSOPP-11-01.R0 SOP PENERBITAN KARTU ANGGOTA PERPUSTAKAAN 1 Tujuan SOP ini dibuat sebagai pedoman untuk membantu, mendorong, dan menunjang kelancaran proses belajar

Lebih terperinci

PENGENALAN PERPUSTAKAAN MAHASISWA BARU TAHUN 2015

PENGENALAN PERPUSTAKAAN MAHASISWA BARU TAHUN 2015 LOGO PENGENALAN PERPUSTAKAAN MAHASISWA BARU TAHUN 2015 BY UPT PERPUSTAKAAN UNSYIAH 2015 UPT PERPUSTAKAAN UNSYIAH MERAIH ISO 9001:2008 Sebuah pencapaian besar bagi Unsyiah Penghargaan ini menunjukkan standar

Lebih terperinci

BAB IV GAMBARAN UMUM UPT PERPUSTAKAAN POLITEKNIK NEGERI SEMARANG

BAB IV GAMBARAN UMUM UPT PERPUSTAKAAN POLITEKNIK NEGERI SEMARANG BAB IV GAMBARAN UMUM UPT PERPUSTAKAAN POLITEKNIK NEGERI SEMARANG 4.1 Sejarah dan Perkembangan UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang Politeknik Negeri Semarang awal mulanya merupakan bagian dari Universitas

Lebih terperinci

2014 BUKU PANDUAN PERPUSTAKAAN

2014 BUKU PANDUAN PERPUSTAKAAN 2014 BUKU PANDUAN PERPUSTAKAAN FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2014 Page i HALAMAN PENGESAHAN BUKU PANDUAN PERPUSTAKAAN Fakultas MIPA UNS Disusun oleh

Lebih terperinci

Lampiran 1 GAMBARAN UMUM PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) PADANGSIDIMPUAN

Lampiran 1 GAMBARAN UMUM PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) PADANGSIDIMPUAN Lampiran 1 GAMBARAN UMUM PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) PADANGSIDIMPUAN I. Sejarah Singkat Perpustakaan STAIN Padangsidimpuan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 11 tahun

Lebih terperinci

UPT PERPUSTAKAAN PROFIL SINGKAT VISI MISI

UPT PERPUSTAKAAN PROFIL SINGKAT VISI MISI UPT PERPUSTAKAAN PROFIL SINGKAT Perpustakaan tidak hanya sekedar menjadi sarana untuk menampung koleksi tercetak dan yang tidak tercetak, tetapi telah menjadi sarana guna mengakses dan mendapatkan sumber-sumber

Lebih terperinci

BUKU SAKU DIGITAL LIBRARY UNIVERSITAS NEGERI MEDAN UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

BUKU SAKU DIGITAL LIBRARY UNIVERSITAS NEGERI MEDAN UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN BUKU SAKU DIGITAL LIBRARY UNIVERSITAS NEGERI MEDAN UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Medan, Agustus 2017 KATA PENGANTAR Puji syukur disampaikan kepada Allah SWT Tuhan yang maha Esa, atas terbitnya

Lebih terperinci

BAB II GAMBARAN UMUM

BAB II GAMBARAN UMUM BAB II GAMBARAN UMUM II.1 Sejarah Perpustakaan STIESIA Perkembangan Perpustakaan STIESIA, mengikuti perkembangan STIESIA Surabaya, yaitu pada tahun 1972 berdiri Akademi Pajak dan Keuangan (APK) Surabaya,

Lebih terperinci

Kuesioner Penelitian. Identitas Responden

Kuesioner Penelitian. Identitas Responden Kuesioner Penelitian No. Kuesioner : FAKTOR-FAKTOR YANG MEMOTIVASI MINAT MAHASISWA MEMANFAATKAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS KATOLIK ST. THOMAS MEDAN Petunjuk Pengisian 1. Penelitian ini bertujuan untuk penyusunan

Lebih terperinci

lib.ugm.ac.id PERPUSTAKAAN PERPUST Univer Univ sit er as sit Gadjah Mada

lib.ugm.ac.id PERPUSTAKAAN PERPUST Univer Univ sit er as sit Gadjah Mada lib.ugm.ac.id PERPUSTAKAAN Universitas Gadjah Mada MATERI 1. Sekilas tentang Perpustakaan UGM 2. Waktu Layanan 3. Koleksi dan Layanan 4. Keanggotaan 5. Katalog Integrasi & Pinjam Antarperpustakaan 6. Mobile

Lebih terperinci

Lampiran 1 : Gambaran Umum Perpustakaan UNIMED 1. Sejarah Singkat UPT. Perpustakaan UNIMED Perpustakaan IKIP Medan pada mulanya adalah Perpustakaan

Lampiran 1 : Gambaran Umum Perpustakaan UNIMED 1. Sejarah Singkat UPT. Perpustakaan UNIMED Perpustakaan IKIP Medan pada mulanya adalah Perpustakaan Lampiran 1 : Gambaran Umum Perpustakaan UNIMED 1. Sejarah Singkat UPT. Perpustakaan UNIMED Perpustakaan IKIP Medan pada mulanya adalah Perpustakaan Fakultas yaitu Perpustakaan FKIP USU. Pada tahun 1959

Lebih terperinci

A. Sejarah dan Perkembangan Perpustakaan SMP Islam Al-

A. Sejarah dan Perkembangan Perpustakaan SMP Islam Al- BAB II DESKRIPSI TEMPAT MAGANG A. Sejarah dan Perkembangan Perpustakaan SMP Islam Al- Abidin SMP Islam Al-Abidin adalah Sekolah Menengah Pertama Islam yang berdiri dibawah naungan Yayasan Al-Abidin Surakarta.

Lebih terperinci

SELAMAT DATANG ORIENTASI PERPUSTAKAAN UPT PERPUSTAKAAN ITB UPT Perpustakaan / editor, Yoka Adam Nugrahaa, S.Sos. dan Ena Sukmana, S.Sos.

SELAMAT DATANG ORIENTASI PERPUSTAKAAN UPT PERPUSTAKAAN ITB UPT Perpustakaan / editor, Yoka Adam Nugrahaa, S.Sos. dan Ena Sukmana, S.Sos. SELAMAT DATANG ORIENTASI PERPUSTAKAAN UPT PERPUSTAKAAN ITB / editor, Yoka Adam Nugrahaa, S.Sos. dan Ena Sukmana, S.Sos. TUJUAN ORIENTASI PERPUSTAKAAN 2 Fasilitas perpustakaan Sumber informasi jenis koleksi

Lebih terperinci

PROFIL PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS WIDYATAMA : PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI SWASTA DI BANDUNG

PROFIL PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS WIDYATAMA : PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI SWASTA DI BANDUNG Profil Jurnal Pustakawan Indonesia Volume 13 No. 1 PROFIL PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS WIDYATAMA : PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI SWASTA DI BANDUNG Cucu Hodijah 1 1 Pustakawan pada Universitas Widyatama Email:

Lebih terperinci

Morality Intellectuality Entrepreneurship

Morality Intellectuality Entrepreneurship STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PERPUSTAKAAN Morality Intellectuality Entrepreneurship UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA Jl. Sutorejo 59 Surabaya Telp. 031-3811966 Fax. 0313813096 http://www.library.um-surabaya.ac.id,

Lebih terperinci

BUPATI BULUNGAN PROVINSI KALIMANTAN UTARA PERATURAN BUPATI BULUNGAN NOMOR 20 TAHUN 2016 TENTANG PENYELENGGARAAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN DAERAH

BUPATI BULUNGAN PROVINSI KALIMANTAN UTARA PERATURAN BUPATI BULUNGAN NOMOR 20 TAHUN 2016 TENTANG PENYELENGGARAAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN DAERAH SALINAN BUPATI BULUNGAN PROVINSI KALIMANTAN UTARA PERATURAN BUPATI BULUNGAN NOMOR 20 TAHUN 2016 TENTANG PENYELENGGARAAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN DAERAH DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA BUPATI BULUNGAN,

Lebih terperinci

BAB IV. PERPUSTAKAAN JURUSAN MATEMATIKA FMIPA Unnes. A.Gambaran Umum Perpustakaan Jurusan Matematika FMIPA Unnes

BAB IV. PERPUSTAKAAN JURUSAN MATEMATIKA FMIPA Unnes. A.Gambaran Umum Perpustakaan Jurusan Matematika FMIPA Unnes BAB IV PERPUSTAKAAN JURUSAN MATEMATIKA FMIPA Unnes A.Gambaran Umum Perpustakaan FMIPA Unnes Universitas Negeri Semarang (Unnes), sebelumnya adalah Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Semarang (IKIP Semarang).

Lebih terperinci

PELAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN IPB. Oleh: Ir. Rita Komalasari

PELAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN IPB. Oleh: Ir. Rita Komalasari PELAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN IPB Oleh: Ir. Rita Komalasari PERPUSTAKAAN ISNTITUT PERTANIAN BOGOR 2004 PENDAHULUAN Seiring perkembangan jaman, Perpustakaan IPB semakin maju dan diakui keberhasilannya

Lebih terperinci

BAB IV GAMBARAN UMUM PERPUSTAKAAN IKIP PGRI SEMARANG. A. Sejarah Perpustakaan IKIP PGRI Semarang

BAB IV GAMBARAN UMUM PERPUSTAKAAN IKIP PGRI SEMARANG. A. Sejarah Perpustakaan IKIP PGRI Semarang BAB IV GAMBARAN UMUM PERPUSTAKAAN IKIP PGRI SEMARANG A. Sejarah Semarang Berdasarkan buku Pedoman Pendidikan Sejarah Perjuangan PGRI (1998), sejarah IKIP PGRI Semarang berdiri pada tahun 1981 yang pada

Lebih terperinci

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

BAB II TINJAUAN PUSTAKA BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Perpustakaan Perguruan Tinggi 2.1.1 Pengertian Perpustakaan Perguruan Tinggi Perpustakaan perguruan tinggi merupakan perpustakaan yang tergabung dalam lingkungan lembaga pendidikan

Lebih terperinci

BAB III PELAKSANAAN MAGANG. Jl. Ring Road Utara, Condong Catur, Depok, Kec. Sleman, Daerah Istimewa

BAB III PELAKSANAAN MAGANG. Jl. Ring Road Utara, Condong Catur, Depok, Kec. Sleman, Daerah Istimewa 30 BAB III PELAKSANAAN MAGANG A. Pelaksanaan Magang Kuliah Kerja Pusdokinfo (KKP) dilaksanakan mulai 22 Februari sampai dengan 24 Maret 2016 di Amikom Resource Center yang beralamat di Jl. Ring Road Utara,

Lebih terperinci

STAF PERPUSTAKAAN SB-IPB

STAF PERPUSTAKAAN SB-IPB STAF PERPUSTAKAAN SB-IPB Tati Yani Iyan Titi Lia Lokasi Gedung B Kapasitas Tempat Duduk Untuk 52 Orang Luas Bangunan 180 m2 Waktu Pelayanan Hari Senin Kamis: 08.00 20.00 WIB Hari Jumat : 08.00 12.30

Lebih terperinci

Profil Perpustakaan STMIK AKAKOM

Profil Perpustakaan STMIK AKAKOM Profil Perpustakaan STMIK AKAKOM Gbr. Gedung Perpustakaan STMIK AKAKOM menyatu dengan lab terpadu Disusun Oleh : Dison Librado.,S.E.,M.Kom. Sri Wahyuni.,SIP. SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

Lebih terperinci

PELAYANAN PENGGUNA PADA PERPUSTAKAAN POLITEKNIK NEGERI MEDAN

PELAYANAN PENGGUNA PADA PERPUSTAKAAN POLITEKNIK NEGERI MEDAN PELAYANAN PENGGUNA PADA PERPUSTAKAAN POLITEKNIK NEGERI 3.1 Sejarah Singkat Perpustakaan MEDAN Perpustakaan Politeknik Negeri Medan didirikan pada tahun 1983 dengan nama Perpustakaan Politeknik. Pada tahun

Lebih terperinci

PROSEDUR MUTU PEMINJAMAN, PENGEMBALIAN, DAN PENAGIHAN BAHAN PUSTAKA

PROSEDUR MUTU PEMINJAMAN, PENGEMBALIAN, DAN PENAGIHAN BAHAN PUSTAKA 6.3.0 1 Juli 010 1/6 O1. Tujuan Prosedur ini memberikan pedoman untuk pelaksanaan peminjaman, pengembalian, dan penagihan bahan pustaka perpustakaan.. Ruang Lingkup Prosedur ini berlaku untuk pelaksanaan

Lebih terperinci

UPT PERPUSTAKAAN INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL

UPT PERPUSTAKAAN INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL UPT PERPUSTAKAAN INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL SELAMAT DATANG DI UPT PERPUSTAKAAN ITENAS GEDUNG 9 APA ITU UPT? UPT merupakan kependekan dari Unit Pelayanan Teknis, dimana di Itenas terdapat tiga UPT yaitu

Lebih terperinci

Selayang Pandang UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS JEMBER SIAP MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI ANDA

Selayang Pandang UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS JEMBER SIAP MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI ANDA h t t p : / / l i b r a r y. u n e j. a c. i d Selayang Pandang UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS JEMBER SIAP MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI ANDA PRESENTASI TERDIRI 6 BAGIAN 1. BAGIAN 1 : PENGERTIAN DAN FUNGSI

Lebih terperinci

- 1 - LINA PERATURAN BUPATI BERAU NOMOR 8 TAHUN 2013 TENTANG PEDOMAN PENYELENGGARAAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN UMUM KABUPATEN BERAU

- 1 - LINA PERATURAN BUPATI BERAU NOMOR 8 TAHUN 2013 TENTANG PEDOMAN PENYELENGGARAAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN UMUM KABUPATEN BERAU - 1 - SALINAN Desaign V. Santoso, 4 April 2013 LINA PERATURAN BUPATI BERAU NOMOR 8 TAHUN 2013 TENTANG PEDOMAN PENYELENGGARAAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN UMUM KABUPATEN BERAU DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

Lebih terperinci

STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE (SOP) RUANG BACA TEKNIK GEOLOGI

STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE (SOP) RUANG BACA TEKNIK GEOLOGI STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE (SOP) RUANG BACA TEKNIK GEOLOGI KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS HASANUDDIN, FAKULTAS TEKNIK DEPARTEMEN TEKNIK GEOLOGI SOP PERPUSTAKAAN TEKNIK

Lebih terperinci

BAB III PELAKSANAAN MAGANG

BAB III PELAKSANAAN MAGANG BAB III PELAKSANAAN MAGANG A. Laporan Kegiatan Berdasarkan pelaksanakan Kuliah Kerja PUSDOKINFO (KKP) di UPT Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta, kegiatan yang dilakukan penulis sebagai berikut:

Lebih terperinci

STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE (SOP) RUANG BACA TEKNIK GEOLOGI

STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE (SOP) RUANG BACA TEKNIK GEOLOGI STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE (SOP) RUANG BACA TEKNIK GEOLOGI KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS HASANUDDIN, FAKULTAS TEKNIK DEPARTEMEN TEKNIK GEOLOGI JAM BUKA DAN LAYANAN

Lebih terperinci

Kuesioner Penelitian RELEVANSI KOLEKSI PERPUSTAKAAN DENGAN KEBUTUHAN PENGGUNA DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 2 MEDAN

Kuesioner Penelitian RELEVANSI KOLEKSI PERPUSTAKAAN DENGAN KEBUTUHAN PENGGUNA DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 2 MEDAN Kuesioner Penelitian RELEVANSI KOLEKSI PERPUSTAKAAN DENGAN KEBUTUHAN PENGGUNA DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 2 MEDAN Dengan hormat, Saya mengaharapkan ketersediaan Saudara untuk dapat berpartisipasi dalam

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Universitas Sumatera Utara

BAB I PENDAHULUAN. Universitas Sumatera Utara BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Perpustakaan merupakan suatu lembaga yang mengumpulkan, merawat, menyimpan, mengatur dan melestarikan bahan-bahan perpustakaan yang selanjutnya digunakan masyarakat

Lebih terperinci

BAB IV PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA

BAB IV PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA 33 BAB IV PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA A. Sejarah Singkat Perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta berdiri pada tanggal 1 Juni 1975. Jumlah tenaga, koleksi, sarana prasarana yang

Lebih terperinci

ORIENTASI PERPUSTAKAAN

ORIENTASI PERPUSTAKAAN ORIENTASI PERPUSTAKAAN Setiap mahasiswa ITB Isi Formulir Keanggotaan (Bag. Depan) menjadi anggota perpustakaan dengan syarat: Isi Formulir Keanggotaan (Bag. Depan) 20512001 FMIPA Vivian Dwiyanti Jl. Tubagus

Lebih terperinci

ORIENTASI PERPUSTAKAAAN BAGI MAHASISWA BARU TA 2017/2018 CREW PERPUSTAKAAN

ORIENTASI PERPUSTAKAAAN BAGI MAHASISWA BARU TA 2017/2018 CREW PERPUSTAKAAN ORIENTASI PERPUSTAKAAAN BAGI MAHASISWA BARU TA 2017/2018 CREW PERPUSTAKAAN AGENDA Website Perpustakaan Info tentang Perpustakaan UBL Bagaimana menjadi anggota Perpustakaan? Sumber informasi yang ada di

Lebih terperinci

PEDOMAN PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN

PEDOMAN PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN i PEDOMAN PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS HAMZANWADI 2016 ii KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan inayah-nya, Pedoman Pengelolaan dan Pengembangan

Lebih terperinci

PELAKSANAAN DAN TATA TERTIB UJIAN

PELAKSANAAN DAN TATA TERTIB UJIAN TUJUAN: 1. Memberikan penjelasan tentang tata tertib dan pelaksanaan ujian di Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik UNDIP 2. Sebagai pedoman bagi pengelola jurusan, dosen, panitia ujian, dan mahasiswa dalam

Lebih terperinci

PEDOMAN PELAYANAN ADMINISTRASI DAN PERPUSTAKAAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI APOTEKER JURUSAN FARMASI FMIPA UNIVERSITAS UDAYANA

PEDOMAN PELAYANAN ADMINISTRASI DAN PERPUSTAKAAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI APOTEKER JURUSAN FARMASI FMIPA UNIVERSITAS UDAYANA PEDOMAN PELAYANAN ADMINISTRASI DAN PERPUSTAKAAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI APOTEKER JURUSAN FARMASI FMIPA UNIVERSITAS UDAYANA i KATA PENGANTAR Atas Asung Kerta Wara Nugraha Ida Sang Hyang Widi Wasa / Tuhan

Lebih terperinci

BAB III GAMBARAN UMUM UPT PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN MUHAMMADIYAH KLATEN

BAB III GAMBARAN UMUM UPT PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN MUHAMMADIYAH KLATEN BAB III GAMBARAN UMUM UPT PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN MUHAMMADIYAH KLATEN 3.1 Sejarah Singkat UPT Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Klaten Perpustakaan sebagai sumber

Lebih terperinci

KEPUTUSAN KEPALA KANTOR PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH KABUPATEN LOMBOK BARAT NOMOR : 040/871/ KPAD/ 2015

KEPUTUSAN KEPALA KANTOR PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH KABUPATEN LOMBOK BARAT NOMOR : 040/871/ KPAD/ 2015 PEMERINTAH KABUPATEN LOMBOK BARAT KANTOR PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH Jln. Raya BIL Km 21 - Gerung Telp. (0370) 681239 Fax. (0370) 681520 Homepage : http./www.perpustakaandaerah.lombokbaratkab.go.id E-Mail

Lebih terperinci

PROSEDUR OPERASIONAL BAKU

PROSEDUR OPERASIONAL BAKU PROSEDUR OPERASIONAL BAKU I. Latar Belakang Tidak efisiennya penggunaan laboratorium disebabkan oleh berbagai hal seperti tidak teraturnya administrasi laboratorium. Penyebab lainnya yaitu operasional

Lebih terperinci

STANDAR OPERATING PROCEDURE

STANDAR OPERATING PROCEDURE PELAYANAN PEMINJAMAN BAHAN PUSTAKA/ BUKU DI PERPUSTAKAAN FMIPA UNS PEMINJAM MENCARI BUKU KE RUANG KOLEKSI MENYERAHKAN BUKU DAN KARTU ANGGOTA KE PETUGAS SCANNING BARCODE KARTU ANGGOTA KEMUDIAN BARCODE BUKU

Lebih terperinci

BAB II DESKRIPSI TEMPAT MAGANG. Awal berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Kusuma

BAB II DESKRIPSI TEMPAT MAGANG. Awal berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Kusuma BAB II DESKRIPSI TEMPAT MAGANG 2.1 Sejarah Awal berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Kusuma Husada Surakarta dimulai oleh berdirinya Akademi Keperawatan (AKPER) dan Akademi Kebidanan (AKBID)

Lebih terperinci

PERPUSTAKAAN BAITUL HIKMAH

PERPUSTAKAAN BAITUL HIKMAH PERPUSTAKAAN BAITUL HIKMAH SMA Insan Cendekia Al Muslim Yayasan Al Muslim PENDAHULUAN Peningkatan mutu pendidikan Sekolah menengah Atas telah menjadi kebijakan pemerintah yang harus diwujudkan sebaik-baiknya.

Lebih terperinci

STANDAR PELAYANAN MINIMAL KANTOR PERPUSTAKAAN UMUM KABUPATEN KULON PROGO

STANDAR PELAYANAN MINIMAL KANTOR PERPUSTAKAAN UMUM KABUPATEN KULON PROGO STANDAR PELAYANAN MINIMAL KANTOR PERPUSTAKAAN UMUM KABUPATEN KULON PROGO PEMERINTAH KABUPATEN KULON PROGO KANTOR PERPUSTAKAAN UMUM Jl. Sanun No. 4 Terbah Wates. Telp. 774553 STANDAR PELAYANAN MINIMAL LAYANAN

Lebih terperinci

STIE IEU YOGYAKARTA THE CAMP FOR CREATING ENTREPRENEUR

STIE IEU YOGYAKARTA THE CAMP FOR CREATING ENTREPRENEUR STIE IEU YOGYAKARTA THE CAMP FOR CREATING ENTREPRENEUR PANDUAN AKADEMIK SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI IEU YOGYAKARTA KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat serta hidayah-nya

Lebih terperinci

PEMERINTAH PROPINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTAJAKARTA KEPUTUSAN GUBERNUR PROPINSI DAERAH KHUSUS NOMOR 94 TAHUN 2004 TENTANG

PEMERINTAH PROPINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTAJAKARTA KEPUTUSAN GUBERNUR PROPINSI DAERAH KHUSUS NOMOR 94 TAHUN 2004 TENTANG PEMERINTAH PROPINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA KEPUTUSAN GUBERNUR PROPINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTAJAKARTA NOMOR 94 TAHUN 2004 TENTANG PENGATURAN JAM KERJA LAYANAN DAN KEANGGOTAAN PERPUSTAKAAN UMUM DI

Lebih terperinci

Oleh Tim Perpustakaan UNY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Oleh Tim Perpustakaan UNY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Oleh Tim Perpustakaan UNY Buku Art Lapen DTS Koleksi elektronik Memuat informasi bibliografi semua koleksi buku informasi artikel dari majalah, surat kabar dan jurnal memuat informasi mengenai laporan

Lebih terperinci

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEDAN AREA

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEDAN AREA STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEDAN AREA UNIVERSITAS MEDAN AREA MEDAN 2015 KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, Tuhan semesta alam, atas berkah rahmat

Lebih terperinci

2ot4 Nomor 76, Tambahan Lembaran Negara Republik

2ot4 Nomor 76, Tambahan Lembaran Negara Republik SALINAN PERATURAN REKTOR UNIVERSITAS NEGERI MALANG NOMOR 1 TAHUN 2OI7 TENTANG TATA TERTIB PELAYANAN PERPUSTAKAAN PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG DENGAN RAHMAT TUHAN YANG

Lebih terperinci

PROSEDUR PENGADAAN, PENGELOLAAN, SIRKULASI, PENYIANGAN DAN KERJASAMA PERPUSTAKAAN

PROSEDUR PENGADAAN, PENGELOLAAN, SIRKULASI, PENYIANGAN DAN KERJASAMA PERPUSTAKAAN Halaman : 01 dari 07 1. TUJUAN Prosedur ini dibuat untuk menjamin bahwa semua dokumen sistem mutu digunakan dan dikendalikan secara efektif. 2. RUANG LINGKUP Prosedur ini diterapkan dalam menerbitkan,

Lebih terperinci

BAB II DESKRIPSI TEMPAT MAGANG

BAB II DESKRIPSI TEMPAT MAGANG BAB II DESKRIPSI TEMPAT MAGANG 2.1 Sejarah Universitas Sahid Surakarta Universitas Sahid merupakan suatu lembaga perguruan tinggi swasta di kota Surakarta yang didirikan oleh Prof. DR. H. Sukamdani Sahid

Lebih terperinci

Prosedur SOP LAYANAN KARTU TANDA ANGGOTA (KTA) keanggotaan Perpustakaan

Prosedur SOP LAYANAN KARTU TANDA ANGGOTA (KTA) keanggotaan Perpustakaan Calon Anggota Petugas pelayanan Prosedur SOP LAYANAN KARTU TANDA ANGGOTA (KTA) Pelaksanaan Petugas Kasie keanggotaan Peran Kepala SKPD Kelengkapan Waktu Output 1. Petugas Pelayanan menyampaikan formulir

Lebih terperinci

STANDARD OPERATING PROCEDURES (SOP) PERPUSTAKAAN

STANDARD OPERATING PROCEDURES (SOP) PERPUSTAKAAN STANDARD OPERATING PROCEDURES (SOP) PERPUSTAKAAN Pembuatan perencanaan pembinaan dan pengembangan perpustakaan setiap awal tahun akademik : 1 Menyusun rencana kebijakan Ketua/ Sekretaris Program Studi

Lebih terperinci

GUBERNUR KALIMANTAN TENGAH

GUBERNUR KALIMANTAN TENGAH GUBERNUR KALIMANTAN TENGAH PERATURAN GUBERNUR KALIMANTAN TENGAH NOMOR 55 TAHUN 2006 TENTANG PETUNJUK PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH PROVINSI KALIMANTAN TENGAH NOMOR 5 TAHUN 2006 TENTANG PELAYANAN DAN RETRIBUSI

Lebih terperinci

BAB IV GAMBARAN UMUM LOKASI PENELITIAN. A. Sejarah Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Daerah (BPAD)

BAB IV GAMBARAN UMUM LOKASI PENELITIAN. A. Sejarah Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Daerah (BPAD) 37 BAB IV GAMBARAN UMUM LOKASI PENELITIAN A. Sejarah Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Daerah (BPAD) Pada awalnya perpustakaan yang berlokasi di Jl. W. Monginsidi ini disebut Perpustakaan Wilayah

Lebih terperinci

BAB IV GAMBARAN UMUM PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS DIPONEGORO

BAB IV GAMBARAN UMUM PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS DIPONEGORO 30 BAB IV GAMBARAN UMUM PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS DIPONEGORO 4.1 Sejarah dan Perkembangan Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Usaha pendirian Perpustakaan Fakultas

Lebih terperinci

Brawijaya University Library ; come. reach. feel

Brawijaya University Library  ;    come. reach. feel Brawijaya University Library http://digilib.ub.ac.id ; www.lib.ub.ac.id Email : library@ub.ac.id come. reach. feel PERPUSTAKAAN UB Library is the heart of Academic and Research Institution VISI PERPUSTAKAAN

Lebih terperinci

Universitas Sumatera Utara-TPSDP USU-Perpustakaan

Universitas Sumatera Utara-TPSDP USU-Perpustakaan 1 Laporan Pelaksanaan Magang di Bidang Automasi Pelayanan (Sirkulasi) Pada Perpustakaan Universitas Indonesia 1. PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang

Lebih terperinci

MANUAL PERPUSTAKAAN PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN

MANUAL PERPUSTAKAAN PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN MANUAL PERPUSTAKAAN PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN TIM PENYUSUN : SRI SUMIYATI, ST, MSi. GANJAR SAMUDRO, ST, MT. LOKAKARYA RENCANA STRATEGIS DAN MANUAL PROSEDUR PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN TANGGAL

Lebih terperinci

BAB III PELAKSANAAN MAGANG DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM BATIK SURAKARTA

BAB III PELAKSANAAN MAGANG DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM BATIK SURAKARTA BAB III PELAKSANAAN MAGANG DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM BATIK SURAKARTA Pelaksanaan Magang di UPT Perpustakaan Universitas Islam Batik Surakarta di Jl. H. Agus Salim No.10 Surakarta dimulai dari

Lebih terperinci

BAB IV GAMBARAN UMUM PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS DIPONEGORO

BAB IV GAMBARAN UMUM PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS DIPONEGORO BAB IV GAMBARAN UMUM PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS DIPONEGORO A. Sejarah dan Perkembangan Perpustakaan Perpustakaan Fakultas Sastra berdiri seiring dengan berdirinya Fakultas Sastra Universitas

Lebih terperinci

PANITIA PEMILIHAN RAYA IKATAN KELUARGA MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA

PANITIA PEMILIHAN RAYA IKATAN KELUARGA MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA PANITIA PEMILIHAN RAYA IKATAN KELUARGA MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA PERATURAN PANITIA PEMILIHAN RAYA IKATAN KELUARGA MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA NOMOR 02 TAHUN 2014 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN Profil Perpustakaan Institut Manajemen Telkom

BAB I PENDAHULUAN Profil Perpustakaan Institut Manajemen Telkom BAB I PENDAHULUAN 1.1. Gambaran Umum Objek Penelitian 1.1.1. Profil Perpustakaan Institut Manajemen Telkom Perpustakaan IM Telkom merupakan fasilitas yang diperuntukkan bagi mahasiswa dan para dosen IM

Lebih terperinci

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO F O R T A M A Forum Ta aruf Mahasiswa UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO TAHUN AJARAN 2017-2018 UPT PERPUSTAKAAN Gedung Perpustakaan KAMPUS 1 KAMPUS 2 PERPUSTAKAAN??? Adalah sebuah ruangan bagian dari sebuah

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN PESERTA UJI KOMPETENSI MANAJEMEN RISIKO

BUKU PANDUAN PESERTA UJI KOMPETENSI MANAJEMEN RISIKO BUKU PANDUAN PESERTA UJI KOMPETENSI MANAJEMEN RISIKO Edisi Januari 2009 1 PANDUAN PESERTA UJI KOMPETENSI MANAJEMEN RISIKO Pendaftaran Uji Kompetensi Manajemen Risiko dapat dilakukan secara kolektif dari

Lebih terperinci

PEMERINTAH KOTA MALANG KANTOR PERPUSTAKAAN UMUM DAN ARSIP KOTA MALANG

PEMERINTAH KOTA MALANG KANTOR PERPUSTAKAAN UMUM DAN ARSIP KOTA MALANG PEMERINTAH KOTA MALANG KANTOR PERPUSTAKAAN UMUM DAN ARSIP KOTA MALANG Lampiran Keputusan Kepala Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang Nomor : 188.45/208/35.73.502/2007 Tanggal : 15 Januari 2007

Lebih terperinci

Nomor Induk Mahasiswa :. Jenis Kelamin :.

Nomor Induk Mahasiswa :. Jenis Kelamin :. Lampiran 1 ANGKET PENELITIAN Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna terhadap Layanan Perpustakaan dengan Menggunakan Metode LibQual (Studi Kasus pada Perpustakaan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh) Dengan

Lebih terperinci

Panduan Akademik Program Pendidikan Profesi Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNIVERSITAS GADJAH MADA

Panduan Akademik Program Pendidikan Profesi Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNIVERSITAS GADJAH MADA Panduan Akademik 2008-2009 Program Pendidikan Profesi Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNIVERSITAS GADJAH MADA I. Admisi Untuk calon mahasiswa Profesi Akuntansi A. Pendaftaran (registrasi) a. Menyerahkan

Lebih terperinci

STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL. Mendaftar anggota Perpustakaan IPB secara terpadu untuk menjaga ketertiban dalam pelayanan keanggotaan perpustakaan

STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL. Mendaftar anggota Perpustakaan IPB secara terpadu untuk menjaga ketertiban dalam pelayanan keanggotaan perpustakaan PERPUSTAKAAN IPB STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL Hal : Revisi ke : Tgl. Efektif : Modul : Layanan Anggota Perpustakaan Kode : 01X/TPD/PERP-IPB/06 Tujuan : Mendaftar anggota Perpustakaan IPB secara terpadu

Lebih terperinci

PANDUAN PERPUSTAKAAN JADIKAN PERPUSTAKAAN TEMPAT BELAJAR SEPANJANG HAYAT

PANDUAN PERPUSTAKAAN JADIKAN PERPUSTAKAAN TEMPAT BELAJAR SEPANJANG HAYAT PANDUAN PERPUSTAKAAN JADIKAN PERPUSTAKAAN TEMPAT BELAJAR SEPANJANG HAYAT Puri Imperium Office Plaza, UG-16 Jl. Kuningan Madya Kav. 5-6 Jakarta Selatan 12980 WWW.DANLEVLIBRARY.NET email: kontak@danlevlibrary.net

Lebih terperinci

Manual Prosedur Pelayanan Ruang Baca

Manual Prosedur Pelayanan Ruang Baca Manual Prosedur Pelayanan JURUSAN TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2014 Manual Prosedur Pelayanan Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi

Lebih terperinci

NOMOR 04 TAHUN 2015 TENTANG PEDOMAN TEKNIS PEMUNGUTAN SUARA DAN PENGHITUNGSN SUARA PEMILIHAN RAYA IKATAN KELUARGA MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA

NOMOR 04 TAHUN 2015 TENTANG PEDOMAN TEKNIS PEMUNGUTAN SUARA DAN PENGHITUNGSN SUARA PEMILIHAN RAYA IKATAN KELUARGA MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA PANITIA PEMILIHAN RAYA IKATAN KELUARGA MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA PERATURAN PANITIA PEMILIHAN RAYA IKATAN KELUARGA MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA NOMOR 04 TAHUN 2015 TENTANG PEDOMAN TEKNIS PEMUNGUTAN

Lebih terperinci

PANITIA PEMILIHAN RAYA IKATAN KELUARGA MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA

PANITIA PEMILIHAN RAYA IKATAN KELUARGA MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA PANITIA PEMILIHAN RAYA IKATAN KELUARGA MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA PERATURAN PANITIA PEMILIHAN RAYA IKATAN KELUARGA MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA NOMOR 01 TAHUN 2014 TENTANG PENDAFTARAN CALON PESERTA

Lebih terperinci

PEMERINTAH KOTA BUKITTINGGI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN Jalan Perwira III No. 10 Belakang Balok Bukittinggi Telepon (0752)

PEMERINTAH KOTA BUKITTINGGI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN Jalan Perwira III No. 10 Belakang Balok Bukittinggi Telepon (0752) PEMERINTAH DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN Jalan Perwira III No. 10 Belakang Balok Bukittinggi Telepon (0752) 624391 KEPUTUSAN KEPALA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN NOMOR 189 / 04 / DPK - 2017 TENTANG

Lebih terperinci

KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ISLAM 45 (UNISMA) BEKASI NOMOR: 061/SK/UNISMA/RT/VIII/2010 TENTANG

KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ISLAM 45 (UNISMA) BEKASI NOMOR: 061/SK/UNISMA/RT/VIII/2010 TENTANG KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ISLAM 45 (UNISMA) BEKASI NOMOR: 061/SK/UNISMA/RT/VIII/2010 TENTANG REVISI PERATURAN REGISTRASI MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM 45 (UNISMA) BEKASI Menimbang : 1. Bahwa dalam rangka

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN. SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (Pengguna Admin Unit Kerja) Disusun oleh: Tim Pengembang Aplikasi dan Sistem Informasi

BUKU PANDUAN. SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (Pengguna Admin Unit Kerja) Disusun oleh: Tim Pengembang Aplikasi dan Sistem Informasi BUKU PANDUAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (Pengguna Admin Unit Kerja) Disusun oleh: Tim Pengembang Aplikasi dan Sistem Informasi UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS GADJAH MADA 2014 DAFTAR ISI BUKU PANDUAN...1

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 57 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Hasil Program 4.1.1 Halaman Utama Pada halaman utama berisikan sejarah, visi dan misi, staf perpustakaan, katalog buku dan area Login Member. Tampilan halaman utama dapat

Lebih terperinci

Target 2017 Jumlah Eksemplar Koleksi 1 (Keseluruhan) No INDIKATOR

Target 2017 Jumlah Eksemplar Koleksi 1 (Keseluruhan) No INDIKATOR SASARAN MUTU UPT. PERPUSTAKAAN (TOTAL) No INDIKATOR 01 014 015 016 Target 017 Jumlah Eksemplar Koleksi 1 (Keseluruhan) 9.05 104.0 109.7 115.74 118.958 4 5 6 Jumlah Eksemplar Penambahan Koleksi Baru Unknown

Lebih terperinci

BAB III PELAKSANAAN MAGANG. dalam melakukan kegiatan di perpustakaan WIB WIB

BAB III PELAKSANAAN MAGANG. dalam melakukan kegiatan di perpustakaan WIB WIB BAB III PELAKSANAAN MAGANG Pelaksanaa Kuliah Kerja Pusdokinfo (KKP) di UPT Perpustakaan IAIN Surakarta yang terletak di Jalan Pandawa Pucangan, Kartosura, Sukoharjo. Selama disini banyak sekali ilmu yang

Lebih terperinci

BAB 3 ANALISIS SISTEM YANG SEDANG BERJALAN

BAB 3 ANALISIS SISTEM YANG SEDANG BERJALAN BAB 3 ANALISIS SISTEM YANG SEDANG BERJALAN 3.1 Latar Belakang Organisasi 3.1.1 Sejarah Organisasi Perpustakaan Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta berada pada

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. misi yang diembannya. Secara umum, fungsi dari perpustakaan yaitu

BAB I PENDAHULUAN. misi yang diembannya. Secara umum, fungsi dari perpustakaan yaitu BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Penelitian Fungsi perpustakaan selalu dikaitkan dengan jenis perpustakaan dan misi yang diembannya. Secara umum, fungsi dari perpustakaan yaitu penyimpanan, pelestarian,

Lebih terperinci

Semoga laporan tengah tahunan ini dapat bermanfaat untuk kebaikan dimasa mendatang dan mendapat tanggapan.

Semoga laporan tengah tahunan ini dapat bermanfaat untuk kebaikan dimasa mendatang dan mendapat tanggapan. KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat ALLAH s.w.t. bahwa laporan tengah tahunan tahun 2013 Sub Bidang Layanan Sirkulasi telah selesai disusun salah satu bentuk pertanggung jawaban kerja dan

Lebih terperinci

BAB III LANDASAN TEORI. Terdapat dua kelompok di dalam mendefinisikan sistem, yaitu yang

BAB III LANDASAN TEORI. Terdapat dua kelompok di dalam mendefinisikan sistem, yaitu yang BAB III LANDASAN TEORI 3.1 Konsep Dasar Sistem Terdapat dua kelompok di dalam mendefinisikan sistem, yaitu yang menekankan pada prosedurnya dan yang menekankan pada komponennya atau elemennya. Pendekatan

Lebih terperinci